Legend 4

Legend Karya Marie Lu Bagian 4


Komandan Jameson tidak akan senang aku melakukan ini, pikirku. Kubuka situs pencarian dan kuarahkan menuju sebuah URL rahasia.
Skor akhir Ujian bisa diakses siapa saja, tapi dokumen Ujian yang sebenarnya tidak pernah dimunculkan ke publik bahkan tidak ke penyelidik kejahatan. Tapi, kakakku adalah Metias, dan kami tak pernah mendapat kesulitan me nemukan jalan menuju basis data Ujian dengan kemampuan hacking-nya. Kupejamkan mata, mengingat kembali apa yang sudah dia ajarkan padaku.
Tentukan sistem operasinya dan dapatkan akses ke akun utamanya. Lihat apakah kau bisa mencapai sistem pengendalinya. Ketahui targetmu, dan amankan mesinmu.
Aku menemukan portal terbuka dalam sistem itu setelah satu jam memindai dan mengambil alih akun utama. Si tus tersebut berbunyi bip sekali sebelum menampilkan se buah kotak pencarian. Tanpa suara kuketikkan nama Day di mejaku.
DANIEL ALTAN WING. 237 Halaman muka dari hasil Ujiannya muncul. Skornya masih 674/1500. Aku beralih ke halaman selanjutnya. Ja - wab an-jawaban Day. Beberapa dari pertanyaan tersebut ada lah pilihan ganda, sementara yang lainnya uraian. Kulihat se kilas lembar-lembar berjumlah 32 halaman itu sebelum aku yakin bahwa memang ada sesuatu yang sangat aneh.
Tidak ada coretan tinta merah. Faktanya, setiap jawaban Day tidak diapa-apakan. Hasil Ujiannya terlihat sama aslinya dengan milikku.
Aku kembali ke halaman pertama, kemudian kubaca se tiap pertanyaan dengan hati-hati dan kujawab dalam hati. Bu tuh satu jam untuk menyelesaikannya.
Semua jawaban cocok. Saat aku mencapai bagian akhir dokumen Ujiannya, ku lihat nilai hasil tes wawancara dan tes isiknya yang ditulis terpisah. Kedua-duanya sempurna. Satu-satunya yang aneh adalah catatan singkat yang ditulis di sebelah nilai tes wawan cara nya: Perhatikan.
Day tidak gagal dalam Ujiannya. Sama sekali tidak. Fak ta nya, dia mendapat skor yang sama denganku: 1500/ 1500. Aku bukan lagi satu-satunya remaja genius di Repub - lik yang mendapat nilai sempurna.[]
BERSIAPLAH. SEKARANG SAATNYA.
Popor senapan memukul tulang igaku, membuatku tersentak bangun dari tidurku yang penuh mimpi pertamatama tentang Ibu mengantarku ke sekolah dasar, kemudian tentang iris mata Eden yang berdarah dan angka merah di bawah serambi kami. Dua pasang tangan menyeretku sebelum aku bisa melihat dengan jelas. Aku menjerit saat kakiku berusaha menopang berat tubuhku. Kupikir tidak mungkin luka itu lebih sakit daripada kemarin, tapi ternyata begitulah adanya. Saat pandanganku menajam, aku melihat kakiku membengkak di balik perban. Aku ingin menjerit lagi, tapi mulutku terlalu kering.
Para tentara mengeluarkanku dari sel. Komandan yang mengunjungiku sehari sebelumnya menunggu kami di lorong, dan ketika dia melihatku, dia tersenyum. Selamat pa gi, Day, sapanya. Bagaimana keadaanmu"
Aku tidak membalas. Salah satu tentara ber henti untuk memberi hormat cepat pada komandan itu.
Komandan Jameson, ujarnya, apakah Anda siap mem proses dia ke pengadilan"
Si Komandan mengangguk. Ikut aku. Dan tolong sumbat mulutnya, kalau kau tak keberatan. Kita tidak ingin dia meneriakkan kata-kata kotor sepanjang waktu, kan"
239 Serdadu itu memberi hormat lagi, kemudian menyumpal kan kain ke dalam mulutku.
Kami berjalan menyusuri lorong yang panjang. Sekali lagi kami melewati pintu ganda dengan angka merah kemu dian beberapa pintu di bawah penjagaan ketat dan bebe rapa yang lainnya dengan panel kaca besar. Pikiranku ber pu tar. Aku butuh cara untuk membuktikan tebakanku, se buah cara untuk bicara dengan seseorang. Aku lemah ka rena dehidrasi, dan rasa sakit itu menjalar sampai perut ku.
Kadang-kadang, aku melihat seseorang di dalam se buah ruangan berpanel kaca, diborgol ke dinding dan ber te riak. Dari seragam compang-camping mereka, aku tahu orangorang itu adalah tawanan perang dari Koloni. Ba gai mana kalau John ada di dalam salah satu ruangan itu" Apa yang akan mereka lakukan padanya"
Setelah beberapa saat yang seperti selamanya, kami me langkah masuk ke sebuah aula utama yang sangat besar dengan langit-langit tinggi. Di luar, ada kerumunan yang sedang meneriakkan sesuatu, tapi aku tidak bisa menangkap kata-katanya. Tentara-tentara memagari deretan pintu yang mengarah ke bagian depan gedung.
Kemudian, para tentara itu memisahkan diri dan kami pun berada di luar. Cahaya matahari siang membutakanku, dan aku mendengar teriakan beratus-ratus orang. Komandan Jameson mengangkat sebelah tangan, kemudian me - noleh ke sebelah kanannya sementara para tentara me nyeretku ke sebuah mimbar.
240 Akhirnya, aku bisa melihat tempatku berada seka rang. Aku berada di depan sebuah bangunan di jantung Ba talla, sektor militer di Los Angeles. Kerumunan besar orang telah berkumpul untuk menontonku, ditahan dan diawasi oleh sekelompok tentara yang membawa senapan, yang jumlahnya hampir sama dengan satu peleton besar.
Aku tak punya gambaran kenapa orang-orang sebanyak ini cukup peduli untuk melihatku secara langsung hari ini. Ku angkat kepala setinggi yang kubisa dan kulihat layar Jum bo Trons diletakkan di sekeliling gedung. Setiap layar me nam pilkan wajahku secara penuh, disertai dengan berita uta ma yang gila-gilaan.
KRiMinaL BEREPutaSi BuRuK Yang Di - KEnaL SEBagai DaY
tELaH DitangKaP Dan aKan DiaDiLi Ha Ri ini
Di LuaR auLa BataLLa anCaMan BERBaHaYa Bagi MaSYaRaKat aKHiR nYa DitangKaP
REMaJa PEMBEROntaK Yang DiKEnaL SE- Ba gai DaY MEnYataKan Dia BERgERaK SEn DiRi, tiDaK aDa HuBungan DEngan KE LOM POK PatRiOt
Kutatap wajahku di JumboTrons. Aku berdarah-darah, le bam, dan lesu. Secoreng darah terang menodai sejumput he laian tebal rambutku, melukis sebuah coretan merah gelap di situ. Pasti ada luka di kulit kepalaku.
241 Untuk sesaat, aku senang ibuku tidak hidup untuk me lihatku seperti ini.
Para tentara mendorongku menuju sebuah balok semen yang mencuat di tengah-tengah mimbar. Di sebelah kananku, seorang hakim dalam balutan jubah merah tua ber kancing emas menunggu di belakang sebuah podium. Ko mandan Jameson berdiri di sebelah hakim itu, dan di se belah kanannya ada si Gadis. Dia kembali berpakaian seragam lengkap, tenang dan waspada. Wajahnya yang tanpa ekspresi menatap ke kerumunan massa tapi sekali, hanya sekali, dia menoleh untuk menatapku sebelum cepat-cepat mengalihkan pandangan.
Tenang! Tenang, semuanya! suara hakim bergaung dari pengeras suara JumboTrons. Namun, orang-orang terus berteriak, dan para tentara harus menahan mereka. Ba ris an paling depan penuh dengan reporter. Kamera dan mi kro fon mereka terarah padaku.
Akhirnya, salah satu tentara meneriakkan komando. Kulihat dia. Orang itu adalah kapten muda yang menembak ibuku. Bawahannya mengeluarkan beberapa tembakan ke udara. Tindakan ini menertibkan kerumunan. Hakim menung gu beberapa detik untuk meyakinkan suasana tetap he ning, kemudian membetulkan letak kacamatanya.
Terima kasih atas kerja sama Anda, dia memulai. Say a tahu pagi ini agak hangat, jadi kita akan menyelesaikan peng adil an ini dengan cepat. Seperti yang Anda lihat, tentara-tentara kami hadir di sini dan siap meyakinkan Anda se mua untuk tetap tenang selama proses peradilan berlang sung. Saya akan mulai dengan pengumuman resmi
242 bahwa pada tanggal 21 Desember pukul 08.36 Waktu Stan dar Samudra, kriminal berusia lima belas tahun yang di kenal sebagai Day telah ditangkap dan dijebloskan ke pen jara militer.
Sorak-sorai riuh meledak. Ini sudah kuduga, tapi aku juga mendengar sesuatu yang mengejutkanku, yaitu sua ra cemoohan tak setuju. Beberapa banyak orang di kerumun an tidak mengangkat kepalan tangan mereka ke udara. Beberapa yang protes dengan suara lebih keras didatangi polisi, diringkus, dan diseret pergi.
Salah seorang serdadu yang menahanku memukul pung gungku dengan senapannya, membuatku terjatuh. Saat kakiku yang luka membentur semen, aku menjerit se keras yang kubisa. Suara jeritan itu teredam oleh sumbat di mu lutku. Rasa sakitnya membutakan mataku kakiku yang beng kak gemetar sebagai imbasnya, dan aku bisa merasa kan da rah merembes ke perbanku. Aku hampir ja tuh pingsan se belum para tentara menopangku. Waktu aku menoleh pada si Gadis, kulihat keningnya berkerut menyaksikan pe man dangan keadaanku. Lalu, dia mengalihkan pan dang an ke tanah.
Sang Hakim mengabaikan keributan itu. Dia mulai men daftar kejahatanku, kemudian memberi kesimpulan, Mengingat kejahatan masa lalu terdakwa dan, khususnya, serangan terdakwa melawan negara Republik kita yang agung, pengadilan tinggi California menjatuhkan putusan be rikut. Dengan ini Day dihukum mati
Massa bersorak-sorai lagi. Para tentara kembali menahan mereka.
243 oleh regu penembak. Eksekusinya akan dilakukan em pat hari dari sekarang, pada tanggal 27 Desember pukul enam sore Waktu Standar Samudra, di lokasi rahasia
Empat hari. Bagaimana aku bisa menyelamatkan kakak dan adikku sebelum itu" Kuangkat kepala dan kutatap ke ru mun an massa.
dan akan disiarkan langsung ke seluruh penjuru kota. Para penduduk sipil dianjurkan untuk tetap waspada ter hadap segala aktivitas kriminal yang mungkin terjadi se belum dan sesudah peristiwa tersebut
Mereka akan menjadikanku contoh.
dan segera melaporkan segala aktivitas yang mencuriga kan ke markas polisi terdekat. Ini adalah kesimpulan resmi pengadilan kami.
Sang Hakim menegakkan tubuh dan melangkah turun da ri podium. Kerumunan massa masih terus menekan pa ra ten tara. Mereka berteriak, bersorak, mengejek. Aku me rasa kan diriku dipaksa berdiri. Sebelum mereka membawa ku kembali ke dalam Aula Batalla, kulihat sekilas si Ga dis se dang menatapku. Ekspresinya tampak kosong & tapi di ba lik itu, ada sesuatu berkelip. Emosi yang sama de - ngan yang kulihat di wajahnya sebelum dia tahu identitas asli ku. Na mun, emosi itu hanya ada sebentar di wajahnya dan ke mu dian menghilang.
Seharusnya aku membencimu atas apa yang kau laku kan, pikirku. Tapi, matanya berlama-lama menatapku de ngan cara yang membuatku tak bisa membencinya.
?"?" 244 Usai pengadilan, Komandan Jameson tidak membiarkan para tentaranya membawaku kembali ke selku. Alih-alih demikian, kami masuk ke lift yang dijalankan oleh roda peng gerak dan rantai besar. Kami naik satu lantai, lalu naik lagi, dan lagi. Lift itu membawa kami ke atap Aula Batalla di lan tai dua belas, tempat bayangan bangunan-bangunan lain di se keliling gedung ini tidak melindungi kami dari sinar ma ta hari.
Komandan Jameson memimpin para tentaranya menuju tiang di atas sebuah bundaran datar di te ngah-tengah atap. Untaian rantai berat dipasang di sekeliling tiang itu. Si Gadis berjalan di belakang aku ma sih bisa merasakan tatapannya di punggungku. Saat ka mi mencapai pusat bundaran, para tentara memaksaku ber diri, sementara me reka mengikat kaki dan tanganku yang terborgol ke ran tai berat itu.
Dua hari ini biarkan dia di sini, kata Komandan Jameson. Sinar matahari sudah memburamkan penglihatanku, dan dunia tampak bermandikan kabut berlian yang berki lauan. Para tentara melepaskanku. Aku jatuh ke tanah, di to pang oleh tangan serta lututku yang sehat. Rantai berke lontangan saat aku bergerak.
Agen Iparis, kuserahkan ini padamu. Periksa dia seka rang dan pastikan dia tidak mati sebelum tanggal ek sekusi nya.
Ya, Komandan. Si Gadis menyahut.
Dia hanya diperbolehkan minum secangkir air setiap harinya. Juga satu ransum makanan. Si Komandan tersenyum, lalu mengencangkan sarung tangannya. Kalau kau
245 mau, pintar-pintarlah memilih cara untuk memberikan jatah makanannya. Aku akan bertaruh kau bisa membuatnya memohon padamu.
Ya, Komandan. Bagus. Komandan Jameson bicara padaku untuk yang terakhir kalinya. Kelihatannya kau akhirnya berkelakuan baik. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Ke mu dian, dia berjalan pergi dan menghilang ke dalam lift ber sama si Gadis, meninggalkan para tentara yang tersisa untuk menjagaku.
Siang itu sunyi. Kesadaranku timbul tenggelam. Kakiku yang terluka ber denyut seirama detak jantungku, kadang cepat dan kadang lambat, kadang sangat keras sampai kupikir aku akan ping san. Mulutku berderak setiap kali kugerakkan. Kucoba me mi kirkan kemungkinan tempat Eden berada lab Rumah Sakit Pusat, atau divisi medis Aula Batalla, atau bahkan mung kin di kereta api menuju medan perang. Satu yang kuyakini, mereka akan membiarkannya hidup. Republik tidak akan mem bunuh Eden sampai wabah itu melakukannya.
Tapi John. Aku hanya bisa mengira-ngira apa yang telah me reka lakukan terhadapnya. Mungkin mereka mem biarkan nya hidup sebagai sandera, kalau-kalau me reka ingin memeras lebih banyak informasi dariku. Mung kin kami berdua akan dieksekusi pada saat yang sama. Atau, mungkin saja dia sudah mati. Sebersit rasa sakit lain merasuk ke dada ku. Kuingat kembali hari ketika aku mengikuti Uji an, saat John datang untuk menjemputku pulang dan me lihatku
246 dimasukkan ke dalam sebuah kereta bersama anak-anak lain yang gagal. Setelah aku berhasil kabur dari lab dan mengembangkan kebiasaan baru menonton ke luar ga ku dari kejauhan, kadang-kadang aku melihat John du duk di ruang makan. Kepalanya tertelungkup di meja, ber bantalkan tangan. Dia menangis.
Dia tidak pernah mengatakannya keras-keras, tapi kupikir dia menyalahkan dirinya atas apa yang terjadi pa da ku. Dia berpikir seharusnya dia lebih melindungiku, membantuku belajar lebih keras. Apalah, apa pun.
Kalau bisa kabur, aku masih punya waktu untuk menye lamatkan mereka. Aku masih bisa menggunakan ke dua lenganku. Dan, aku masih punya sebelah kaki yang se hat. Aku masih bisa melakukannya & kalau saja aku tahu di ma na me reka berada ....
Dunia terasa pudar. Kepalaku merosot di tiang semen, dan lenganku terkulai tak bergerak pada rantai berat. Ingatan tentang hari Ujianku melintas.
Stadion. Anak-anak lain. Tentara-tentara menjaga se - tiap pintu masuk dan keluar. Tali beledu yang tetap mem - buat kami terpisah dengan anak-anak dari keluarga kaya. Tes isik. Tes tertulis. Tes wawancara.
Tes wawancara, lebih dari segalanya. Aku ingat orangorang yang menanyaiku satu kelompok yang terdiri dari enam orang psikiatris dan petugas yang memimpin mereka, seorang pria bernama Chian. Dia mengenakan seragam yang dihiasi berbagai bintang kehormatan. Dialah yang paling banyak bertanya.
247 Bagaimana bunyi sumpah nasional Republik" Bagus, sangat bagus. Menurut rapor sekolahmu, kau suka sejarah. Ta hun berapa Republik resmi terbentuk" Kegiatan apa yang kau sukai di sekolah" Membaca & ya, sangat bagus. Se orang guru pernah bilang kau menyusup ke area terlarang di perpustakaan, mencari buku teks militer tua. Bisa kah kau memberitahuku kenapa kau melakukan itu" Apa yang kau pikirkan tentang Elector Primo kita yang ter masyhur" Ya, tentu saja beliau adalah pria yang baik, dan pe mim pin yang hebat. Tapi, kau salah memanggilnya se perti itu, Nak. Dia bukan laki-laki biasa seperti kau dan aku. Ca ra yang tepat untuk memanggilnya adalah bapak ka mi yang agung. Ya, permintaan maafmu diterima.
Dia terus menanyakan lusinan pertanyaan lain, ma kin ke sini makin menjebak sampai-sampai aku tak yakin kenapa aku menjawab seperti yang sudah terucap. Sepanjang waktu Chian menulis catatan di laporan tes wawancaraku, se mentara salah seorang asistennya merekam sesi tanyajawab ini dengan sebuah mikrofon kecil.
Kupikir aku menjawab dengan cukup baik. Setidaknya, aku berhati-hati untuk mengatakan hal-hal yang kupikir akan membuatnya senang.
Tapi kemudian, mereka membawaku ke kereta, dan kereta itu membawa kami ke lab.
Kenangan itu membuatku menggigil, bahkan saat mata hari semakin meninggi dan membakar kulitku sampai sa kit. Aku harus menyelamatkan Eden, kuulang-ulang ka li - mat itu. Eden akan berumur sepuluh tahun & dalam se bu-
248 lan. Saat dia sembuh dari wabah itu, dia harus mengikuti Ujian ....
Rasanya luka di kakiku bisa meledak keluar dari perban dan membengkak seukuran atap ini.
Jam demi jam berlalu. Aku sudah tidak tahu waktu lagi. Para tentara bergantian menjaga sesuai giliran mereka. Ma ta hari berubah posisi.
Kemudian, persis ketika matahari dengan baiknya mulai terbenam, aku melihat seseorang muncul dari lift dan ber jalan ke arahku.[]
a ku hamPir tiDak mengenali Day mes ki Pun Baru tujuh jam berlalu sejak vonisnya dijatuhkan. Dia terbaring roboh di tengah bundaran tiang. Kulitnya tam pak lebih gelap, dan rambutnya sepenuhnya kusut ka rena keringat. Darah kering masih melekat pada salah satu he lai rambutnya, seolaholah dia memilih untuk mewar nai nya. Sekarang, warnanya ke lihat an hampir hitam. Dia me noleh ke arahku saat aku men dekat. Meskipun aku tidak yakin dia bisa melihatku, ka re na matahari belum se pe nuh nya terbenam dan sinarnya mung kin membutakan peng lihat an nya.
Seorang genius lain bukan sekadar rata-rata. Aku pernah bertemu anak-anak genius lainnya, tapi sudah jelas bukan yang Republik sembunyikan. Khususnya yang menda pat nilai sempurna.
Salah satu para tentara yang berbaris di sekeliling bundar an bertiang memberi hormat padaku. Dia berkeringat. Topi tentaranya tidak melindungi kulitnya dari sengatan mata hari. Agen Iparis, katanya. (Aksennya dari sektor Ruby, dan deretan kancing di seragamnya baru saja disemir. Dia pasti memperhatikan detail.)
Aku menatap sekilas para tentara lain sebelum kembali memandangnya. Kalian bubar sekarang. Beri tahu orang-
250 orangmu untuk mengambil air dan berteduhlah. Dan suruh pengganti kalian datang lebih awal.
Ya, Nona. Serdadu itu mengentakkan tumitnya bersama an sebelum meneriakkan perintah pembubaran pada tentara lainnya.
Ketika mereka meninggalkan atap dan aku sendirian bersama Day, kulepas jubahku lalu berlutut untuk menatap wajahnya lebih jelas. Dia mengerjap padaku, tapi tidak berkata apa-apa. Bibirnya sangat kering dan ada sedikit darah menetes ke dagunya. Dia terlalu lemah untuk bicara. Aku memandangi kakinya yang luka. Tidak mengejutkan melihat lukanya sekarang lebih buruk dari tadi pagi, dan luka itu membengkak dua kali ukuran normal. Pasti infeksi. Darah menetes keluar dari pinggir perbannya.
Tanpa sadar kusentuh luka tusukan pisau di pinggangku. Sekarang, lukanya sudah tidak begitu sakit lagi.
Kami harus memeriksa kakinya. Aku mendesah, lalu meng ambil pelples yang tergantung di ikat pinggangku. Ini. Minumlah. Aku belum mengizinkanmu mati. Kukucurkan air ke bibirnya. Mulanya dia menjauhkan diri, tapi kemudian membuka mulutnya dan membiarkanku menuang air lebih banyak. Aku menunggu sementara dia menelan (dia butuh banyak waktu untuk itu), kemudian membiarkannya minum lagi yang banyak.
Trims, bisiknya. Dia tertawa kering. Kau bisa pergi sekarang.
Selama beberapa saat, kupelajari keadaannya. Kulitnya terbakar dan wajahnya basah kuyup oleh keringat, tapi
251 matanya masih cerah, meski sedikit tidak fokus. Mendadak aku teringat saat pertama kali aku melihatnya. Debu di ma na-mana & dan dari dalamnya muncul pemuda elok ini de ngan mata paling biru yang pernah kulihat, mengulurkan ta ngannya untuk menolongku berdiri.
Di mana saudara-saudaraku" bisiknya. Apa mereka ber dua hidup"
Aku mengangguk. Ya. Dan apakah Tess selamat" Tidak ada yang menangkapnya"
Setahuku tidak. Apa yang mereka lakukan pada Eden"
Aku memikirkan apa yang homas katakan padaku bah wa para jenderal dari medan perang datang untuk melihat nya. Entahlah.
Day memalingkan wajah dan memejamkan mata. Dia berkonsentrasi untuk bernapas. Jangan bunuh mereka, gu mam nya. Mereka tidak melakukan apa-apa & dan Eden & dia bukan kelinci percobaan, kau tahu. Dia diam selama se menit. Aku tak pernah tahu namamu. Sekarang sudah bu kan masalah, kan" Kau sudah tahu namaku. Aku membelalak padanya. Namaku June Iparis. June, gumamnya. Aku merasakan kehangatan yang aneh pada penyebutan namaku di bibirnya. Dia menoleh pa da ku. June, aku menyesal atas kakakmu. Aku tak tahu akan terjadi sesuatu padanya.
Aku dilatih untuk tidak mendengarkan kata-kata seorang tawanan aku tahu mereka akan berbohong, me reka
252 akan mengatakan apa pun yang mereka bisa untuk membuat mu mudah diserang. Tapi yang ini terasa berbeda. Entah bagaimana & dia terdengar sangat sungguh-sungguh, sa ngat serius. Bagaimana kalau dia mengatakan yang sebe nar nya" Bagaimana kalau ada sesuatu yang lain terjadi pa da Metias malam itu" Aku menghela napas panjang dan me maksa di ri ku menatapnya. Logika di atas segalanya, aku berkata pa da diri sendiri. Logika akan menyelamatkanmu saat tak ada lagi yang bisa.
Hei. Sekarang, aku teringat sesuatu. Buka matamu lagi dan tatap aku.
Dia melakukan apa yang kuminta. Aku mencondongkan tubuh untuk mempelajarinya. Ya, masih ada di sana. Cacat kecil aneh di salah satu matanya, sebuah riak dalam iris biru laut. Bagaimana hal itu ada di matamu" Aku memberi isya rat. Ketidaksempurnaan itu"
Pasti ada sesuatu yang terdengar lucu karena Day ter tawa sebelum terbatuk-batuk. Ketidaksempurnaan itu ada lah hadiah dari Republik.
Apa maksudmu" Dia ragu-ragu. Kulihat dia kesulitan menyusun pikirannya. Kau tahu" Sebelumnya aku pernah berada di lab Ru mah Sakit Pusat. Pada malam aku mengikuti Ujian. Dia coba mengangkat sebelah tangannya untuk menunjuk ke arah matanya, tapi rantai pengikatnya berkelontangan dan membuat lengannya terjatuh kembali. Mereka menyuntik kan sesuatu.
253 Keningku berkerut. Pada malam ulang tahunmu yang kesepuluh" Apa yang kau lakukan di lab" Seharusnya kau se dang berada di jalan menuju kamp buruh.
Day tersenyum seakan-akan dia hampir jatuh tertidur. Kupikir kau pintar ....
Ternyata matahari belum membakar semua sikapnya. Dan bagaimana dengan luka lama di lututmu"
Republikmu juga memberikan itu padaku, pada ma - lam yang sama aku mendapat ketidaksempurnaan itu di ma ta ku.
Kenapa Republik memberimu luka-luka itu, Day" Ke - napa mereka ingin melukai seseorang yang mendapat nilai sempurna 1500 dalam Ujiannya"
Hal ini menarik perhatian Day. Apa yang kau bicarakan" Aku tidak lulus Ujian.
Dia juga tidak tahu. Tentu saja dia tidak tahu. Kurendah kan suaraku menjadi bisikan. Tidak. Kau mendapat ni lai sem purna.
Apa ini jebakan" Day sedikit menggerakkan kaki nya yang terluka dan menegang kesakitan. Nilai sempurna & hah. Aku tak tahu ada orang yang pernah mendapat 1500.
Aku melipat lengan. Aku.
Dia mengangkat sebelah alisnya ke arahku. Kau" Kau anak genius dengan nilai sempurna"
Ya. Aku mengangguk padanya. Dan ternyata, kau ju ga.
254 Day memutar mata dan kembali mengalihkan pandangan. Itu menggelikan.
Aku mengangkat bahu. Terserah.
Tak masuk akal. Tidakkah seharusnya aku berada di po sisimu" Bukankah itu inti Ujian kalian yang berharga" tam paknya Day ingin berhenti, tapi dia bimbang sejenak dan kemudian melanjutkan. Mereka menyuntikkan sesuatu ke dalam salah satu mataku yang rasanya seperti disengat ra cun tawon. Mereka juga membelah lututku dengan pisau bedah. Lalu, mereka menyuapiku semacam obat secara paksa, dan hal berikutnya yang kutahu & aku berbaring di ru ang ba wah tanah rumah sakit bersama banyak mayat. Ta pi, aku tidak mati. Dia tertawa lagi. Kedengarannya sa ngat lemah. Ulang tahun yang hebat.
Mereka melakukan percobaan terhadapnya, kemungkin an untuk militer. Sekarang, aku yakin tentang hal ini, dan pi kiran itu membuatku sakit. Mereka mengambil sampel ja ring an kecil dari lututnya, juga dari jantung dan matanya. Lututnya: mereka pasti ingin mempelajari kemampuan i sik nya yang tidak biasa, kecepatan dan kelincahannya. Ma ta nya: mungkin itu bukan injeksi melainkan ekstraksi, se suatu untuk mengetes kenapa penglihatannya sangat tajam. Jantungnya: mereka memberinya obat untuk melihat se be rapa lambat detak jantungnya bisa berdegup, dan kemung kinan mereka kecewa saat jantungnya berhenti berde tak sementara. Saat itulah mereka kira dia mati. Alasan di lakukannya semua itu menjadi jelas mereka ingin mengem bang kan sampel jaringan tersebut menjadi sesuatu,
255 aku tak tahu apa pil, lensa kontak, atau apalah yang bisa me ningkatkan kemampuan tentara kami. Untuk membuat mereka bisa lari lebih cepat, melihat lebih jelas, berpikir lebih cerdas, dan bertahan dalam kondisi yang lebih keras.
Semua itu melayang di kepalaku selama semenit sebelum aku bisa menghentikannya. Tidak. Ini tidak cocok dengan nilai-nilai Republik. Kenapa mereka menyia-nyiakan seorang anak genius dengan cara ini"
Kecuali, mereka melihat sesuatu yang berbahaya dalam dirinya. Sepercik sifat menantang, sesuatu yang sama dengan semangat pemberontakan yang dia punya saat ini. Sesuatu yang membuat mereka berpikir akan lebih berisiko untuk men didiknya daripada mengorbankan kontribusi yang mung kin bisa diberikannya pada masyarakat. Tahun lalu, ada 38 orang meraih skor lebih tinggi dari 1400. Mungkin Republik ingin yang satu ini lenyap. Tapi, Day bukan anak genius biasa. Dia mendapat nilai sem pur na. Apakah hal ini yang membuat mereka gelisah"
Sekarang bisakah aku bertanya pada-mu" tanya Day. Su dah giliranku"
Ya. Aku mengecek lift. Para penjaga yang mendapat giliran sekarang baru saja tiba. Aku mengangkat sebelah ta ngan dan memberi tahu mereka untuk tetap di tempat. Kau boleh bertanya.
Aku ingin tahu kenapa mereka membawa Eden. Wabah itu. Aku tahu, kalian orang-orang kaya bisa menda patkan vaksinasi wabah baru setiap tahun dan obat apa pun yang kalian butuhkan dengan mudah. Tapi, tak pernahkah
256 kau bertanya-tanya & tak pernahkah kau ingin tahu kenapa wabah itu tidak hilang-hilang" Atau, kenapa datangnya wa bah itu sangat teratur"
Pandanganku segera kembali padanya. Apa yang kau coba katakan"
Day berusaha membuat matanya fokus padaku. Apa yang kucoba katakan adalah & kemarin, saat mereka mengeluar kanku dari sel, aku melihat angka nol merah tercetak di beberapa pintu ganda di Aula Batalla. Aku juga pernah me lihat angka-angka seperti itu di Lake. Kenapa mereka mun cul di sektor kumuh" Apa yang mereka lakukan di sana apa yang mereka masukkan ke sektor-sektor itu"
Aku menyipitkan mata. Kau pikir Republik dengan se nga ja meracuni orang-orang" Day, kau tidak dalam situasi yang tepat untuk berkata begitu.
Tapi, Day tidak berhenti. Alih-alih begitu, intonasi sua ra nya semakin menyuratkan pentingnya hal ini. Itulah ke napa mereka menginginkan Eden, kan" bisiknya. Untuk me lihat hasil dari virus wabah yang mereka mutasikan" Apa lagi selain itu"
Mereka ingin mencegah apa pun penyakit baru yang sedang berjangkit.
Day tertawa, tapi lagi-lagi hal itu membuatnya terba tuk-batuk. Tidak. Mereka memanfaatkannya. Mereka me manfaatkannya. Suaranya memelan. Mereka memanfaat kan nya .... Matanya memberat. Rasa tegangnya sewaktu ber bicara telah membuatnya lelah.
257 Kau gila, balasku. Tapi, sementara sentuhan homas se karang membuatku jijik, perasaanku pada Day tidak berubah. Seharusnya berubah, tapi tidak. Kebohongan seperti itu adalah makar terhadap Republik. Lagi pula, kenapa Kong res harus mengesahkan hal semacam itu"
Day tidak mengalihkan pandangan dariku. Dan, saat kupikir dia telah kehilangan kekuatan untuk merespons, dia bicara dan bahkan terdengar lebih mendesak. Coba pikirkan dengan cara ini. Bagaimana mereka tahu vaksin apa yang harus mereka berikan padamu setiap tahunnya" Mereka selalu bekerja. Tidakkah kau merasa aneh mereka bisa membuat vaksin yang cocok dengan wabah baru yang mun cul" Bagaimana mereka bisa memprediksi vaksin yang mana yang akan mereka butuhkan"
Aku duduk bersimpuh. Aku tak pernah mempertanyakan vaksinasi tahunan yang kami butuhkan tak pernah punya alasan untuk meragukannya. Dan, kenapa aku harus me ragu kannya" Dulu ayahku bekerja di balik pintu ganda itu, be kerja keras untuk menemukan cara memberantas wabah. Ti dak. Aku tidak bisa mendengar ini lebih jauh. Kupungut jubah ku dan kusampirkan di lengan.
Satu hal lagi, bisik Day saat aku berdiri. Kutatap dia se kilas. Pandangan matanya membara. Kau pikir kami per gi ke kamp buruh kalau kami gagal" June, satu-satunya kamp bu ruh adalah ruang jenazah di lantai bawah tanah ru mah sakit.
Aku tidak berani berlama-lama di situ. Sebagai gantinya, aku berjalan pergi dari bundaran itu, jauh dari Day.
258 Tapi, jantungku berdebar keras. Para tentara yang menunggu di de kat lift berdiri lebih tegak saat aku mendekat. Kuatur wa jahku dalam ekspresi kejengkelan yang murni.
Lepaskan rantainya, perintahku pada salah seorang ser dadu. Bawa dia turun ke sayap rumah sakit dan sembuhkan lututnya. Beri dia makanan dan air. Kalau tidak begitu, ma lam ini dia tidak akan bertahan.
Serdadu itu memberi hormat padaku, tapi aku tidak mem buang waktu untuk menatapnya sebelum menutup pintu lift.[]
AKU BERMIMPI BURUK LAGI. KALI INI SEMUANYA TENTANG TESS.
Aku berlari di jalanan Lake. Di suatu tempat di de panku, Tess juga berlari, tapi dia tidak tahu di mana aku. Dia ber belok ke kiri dan kanan, putus asa mencari-cari aku, tapi yang dia temukan hanya orang-orang asing, polisi, dan pa ra ten tara. Aku berteriak memanggilnya. Namun, kakiku ham pir tidak dapat bergerak, seolah-olah aku sedang mengarungi lautan lumpur.
Tess! Teriakku. Aku di sini, tepat di belakangmu! Dia tidak bisa mendengarku. Putus asa, kusaksikan dia berlari tepat menuju seorang serdadu. Saat dia coba ber balik, serdadu itu mencengkeramnya dan menja tuh kannya ke tanah. Aku menjerit. Serdadu tersebut meng ang kat senapannya ke arah Tess. Kemudian, kulihat bah wa itu bu kan Tess, melainkan ibuku, yang terbaring di ku bang an darah. Ku coba berlari ke arahnya. Tapi alih-alih be gitu, aku tetap ber sembunyi di belakang cerobong asap di atap, mering kuk seperti pengecut. Dia mati karena kesalah an ku.
Lalu, tiba-tiba aku kembali berada di lab rumah sa kit. Para dokter dan perawat berdiri mengelilingiku. Aku mengerjap pada cahaya yang membutakan. Rasa sakit menjalari kakiku. Mereka membedah lututku lagi, menarik dagingku untuk mengeluarkan tulang di dalamnya, lalu mengikisnya
260 dengan pisau bedah mereka. Aku melengkungkan punggung dan menjerit. Salah seorang perawat berusaha menahanku. Lenganku yang memukul-mukul mengenai sebuah asbak, membuatnya terlempar ke suatu tempat.
Tenanglah! Diam dulu Nak, aku tidak akan melukaimu.
Butuh semenit bagiku untuk bangun. Pemandangan di depanku berubah menjadi rumah sakit yang buram, dan ku sadari aku sedang menatap lampu neon yang sama. Seorang dokter berdiri di dekatku. Dia mengenakan goggle dan masker wajah. Aku berteriak dan mencoba bangun un tuk lari, tapi aku diikat di meja operasi dengan sepasang ikat pinggang.
Dokter itu mendesah dan menurunkan masker wajahnya. Harus mengobati penjahat sepertimu saat aku bisa me nolong para tentara dari medan perang. Hei, lihat aku.
Kebingungan, kutatap sekelilingku. Para penjaga berderet di dinding ruangan rumah sakit ini. Seorang perawat sedang mencuci peralatan penuh darah di wastafel. Di ma na aku"
Si Dokter memandangku tak sabar. Kau ada di sayap rumah sakit Aula Batalla. Agen Iparis menyuruhku menyembuh kan kakimu. Rupanya kami tidak boleh membiarkanmu mati sebelum eksekusi resmimu.
Kuangkat kepala sejauh yang kubisa untuk menatap kaki ku. Perban bersih membalut lukanya. Saat kucoba ber gerak sedikit, dengan terkejut kusadari bahwa rasa
261 sakitnya sudah jauh berkurang. Aku menoleh ke si Dokter. Apa yang sudah kau lakukan"
Dia hanya mengangkat bahu, kemudian melepas sarung tangannya dan mulai mencuci tangan di salah satu was tafel. Hanya sedikit menjahit lukamu. Kau akan bisa ber diri pada saat eksekusimu. Dia berhenti sebentar. Ent ah apakah kau ingin mendengar itu.
Kurebahkan kembali kepalaku ke tempat tidur dorong, lalu kupejamkan mata. Berkurangnya rasa sakit di ka ki ku adalah suatu kelegaan yang kucoba syukuri, tapi po tong an-potongan mimpi burukku masih tak mau pergi dari pikir an ku. Mimpi itu terlalu jelas untuk dilupakan. Di ma na Tess se karang" Dapatkah dia bertahan hidup tanpa se se orang un tuk mengawasinya" Dia rabun jauh. Siapa yang akan me nolongnya kalau dia tidak bisa melihat dalam ke g el ap an malam"
Dan tentang ibuku & saat ini aku tidak cukup kuat un tuk memikirkannya.
Seseorang mengetuk pintu keras-keras. Buka, seru se orang pria. Komandan Jameson datang untuk melihat si Tawanan.
Si Tawanan. Aku tersenyum mendengarnya. Para tentara bahkan tidak suka memanggilku dengan namaku.
Penjaga-penjaga di ruangan ini nyaris tak punya waktu un tuk membuka pintu dan bergerak menyingkir karena Ko man dan Jameson keburu mendobrak masuk, jelas-jelas kesal. Dia membunyikan buku-buku jarinya.
Lepaskan anak ini dari tempat tidur itu dan rantai dia, ge ram nya. Kemudian, dia menyorongkan satu jari ke dada-
262 ku. Kau. Kau hanya anak-anak kau bahkan tak pernah kuliah, kau tidak lulus Ujian! Bagaimana kau bisa mengakali para ten tara di jalanan" Bagaimana kau bisa menimbulkan be gitu banyak masalah" Dia memperlihatkan giginya padaku. Aku tahu kau akan menjadi pengganggu yang lebih me nyu sah kan, tak sebanding dengan hargamu. Kau benarbenar ahli dalam membuang-buang waktu anak buahku. Belum lagi tentara-tentara di bawah komandan lain.
Aku harus menggertakkan gigi untuk menahan diri agar ti dak balik berteriak padanya. Para tentara segera men dekati ku dan mulai melepas ikatanku di tempat tidur do rong.
Di sebelahku, si Dokter menundukkan kepala. Kalau Anda tidak keberatan, Komandan, ujarnya, ada apa" Apa yang terjadi"
Komandan Jameson mengalihkan pandangan marahnya pada dokter itu, yang segera menjauh. Ada demo di depan Aula Batalla, teriaknya. Mereka menyerang polisi.
Para tentara menarikku turun dari tempat tidur. Dahiku mengernyit saat berat tubuhku ditopang oleh kakiku yang sakit waktu aku mulai berdiri. Ada demo"
Ya. Pemberontak. Komandan Jameson mencengkeram wajahku. Anak buahku telah dipanggil untuk membantu me nangani itu, yang berarti seluruh jadwalku berantakan. Tadi salah satu prajurit terbaikku kembali dengan wajah ter luka. Penjahat kotor sepertimu tidak tahu bagaimana mem perlakukan serdadu-serdadu kami. Dengan jijik, dia men dorong wajahku menjauh dan membalikkan tubuh.
263 Ba wa dia pergi, serunya pada tentara-tentara yang memegangi ku. Lakukan dengan cepat.
Kami keluar dari ruangan rumah sakit itu. Para ten tara berderap cepat dan keluar dari lorong. Komandan Jameson tetap menempelkan sebelah tangan di telinganya, men de ngar kan dengan tekun, lalu meneriakkan perintahpe rin tah. Saat aku digiring ke lift, kulihat beberapa layar be sar sesuatu yang membuatku berhenti sejenak untuk me nga gu mi nya, karena aku belum pernah melihat yang se perti ini di sektor Lake menyiarkan apa yang Komandan Ja me son bilang. Aku tidak bisa mendengar suaranya, tapi teks berita yang ada di situ tidak mungkin salah: Gangguan di luar Aula Batalla. Semua unit harap menanggapi. Tunggu pe rintah lebih lanjut.
Aku sadar, itu bukan siaran publik. Video itu menayangkan alun-alun di depan Aula Batalla yang dipenuhi sekian ratus orang. Aku melihat barisan tentara berpakaian hitam berusaha menahan massa di depan. Yang lainnya berlari di sepanjang bubungan atap dan langkan bangunan, bersiap di posisi masing-masing dengan senapan mereka.
Saat melewati layar terakhir, aku bisa melihat jelas be be rapa pendemo yang berkerumun di bawah lampu ja lan an. Beberapa dari mereka mengecat secoreng garis me rah darah di rambut mereka.
Kemudian, kami tiba di lift dan para tentara mendorongku masuk. Orang-orang itu berdemo karena aku. Pikiran ter se but membuatku dipenuhi kegembiraan sekaligus ketakut an. Pihak militer tidak mungkin membiarkan hal ini
264 be gitu saja. Mereka akan menutup semua sektor kumuh dan me nang kap setiap pemberontak di alun-alun sampai tak ber sisa.
Atau, mereka akan membunuh para pemberontak itu.[]
w aktu aku masih keCil , terkaDang me tias DiPanggil per gi un tuk menangani pemberontak an-pemberontakan kecil, dan setelah itu dia akan bercerita padaku tentang hal itu. Ceritanya selalu sama: selusin atau lebih rakyat jelata (biasanya remaja, tapi kadang-kadang le bih tua) membuat masalah di salah satu sektor, marah kar ena karantina wabah atau pajak. Kemudian, ada beberapa bom debu, lalu mereka semua ditangkap dan dibawa ke peng adil an.
Tapi, aku tidak pernah melihat pemberontakan seperti yang satu ini, dengan ratusan orang membahayakan nyawa mereka. Bahkan, tidak ada satu pun mendekati ini.
Ada apa dengan orang-orang ini" tanyaku pada homas. Mereka pasti sudah gila.
Kami berdiri di atas mimbar menjulang di luar Aula Batalla. Seluruh kelompok patroli homas sedang menghadapi kerumunan massa di depan kami, sementara kelompok patroli lain yang sama-sama bawahan Komandan Jameson sedang memukul mundur orang-orang itu dengan perisai dan tongkat.
Tadi pagi, aku sempat mengintip saat dokter mengoperasi kaki Day. Aku bertanya-tanya apakah dia sudah sa dar dan melihat kekacauan ini dari layar-layar di lorong. Ku ha rap tidak. Tak ada gunanya dia melihat apa yang su dah
266 dia mulai. Pikiran tentangnya dan tuduhannya ten tang Re publik bahwa Republik menciptakan wabah dan membu nuh anak-anak yang gagal dalam Ujian membuatku di penuhi kemarahan. Kutarik pistolku. Lebih baik siap un tuk segala kemungkinan.
Kau pernah melihat sesuatu seperti ini" tanyaku, men coba membuat suaraku tetap mantap.
homas menggeleng. Hanya sekali. Itu pun sudah sa ngat lama. Beberapa helai rambutnya jatuh menutupi wajah. Dia tidak menyisirnya serapi biasa pasti tadi dia sudah keluar menghadapi massa. Sebelah tangannya te tap bertumpu pada pistol yang terikat di ikat pinggang, sementara tangan yang satu lagi memegang tali senapan yang di se lem pangkan di bahu. Dia tidak menatapku. Dia belum me na tapku tepat di mata sejak dia mencoba menciumku ma lam itu.
Kumpulan orang bodoh, sahutnya. Kalau mereka ti dak segera menyerah, para komandan akan membuat me re ka menyesal.
Aku menoleh cepat untuk melihat beberapa komandan berdiri di salah satu balkon Aula Batalla. Terlalu gelap untuk bisa yakin, tapi kurasa Komandan Jameson tidak bersama mereka. Dia memberi perintah lewat mikrofon se bab homas mendengarkan sungguh-sungguh dengan satu ta ngan menempel di telinga. Tapi, apa pun yang Komandan ka takan hanya homas yang tahu, dan aku tak punya gam bar an apa yang dia katakan.
267 Kerumunan massa di bawah kami terus mendesak maju. Aku tahu dari pakaian mereka kemeja dan celana panjang robek-robek, serta sepatu bolong yang tidak serasi bahwa hampir sebagian besar dari mereka berasal dari sektor-sektor kumuh di dekat danau. Diam-diam aku ingin membubarkan mereka. Cepat pergi dari sini sebelum segalanya memburuk.
homas mencondongkan tubuh ke arahku dan mengedik kan kepala pada pusat kerumunan. Lihat sekelompok orang menyedihkan itu"
Aku sudah memperhatikan apa yang dia tunjukkan, ta pi dengan sopan aku tetap menoleh ke situ. Sekelompok pen demo telah mencoreng rambut mereka dengan warna merah tua, meniru noda darah pada rambut Day waktu dia berdiri di luar sini untuk menghadapi vonisnya.
Pilihan menyedihkan untuk menjadi pahlawan, lanjut homas. Day akan mati dalam kurang dari seminggu. Aku mengangguk sekali, tapi tidak berkata apa-apa. Beberapa jeritan bergaung dari kerumunan. Salah satu kelompok patroli telah memutar ke belakang alun-alun, dan se karang mereka mengepung kerumunan itu di pu sat alun-alun. Aku mengerutkan dahi. Ini bukan tata cara resmi untuk menangani rakyat banyak yang sukar diken dali kan. Di sekolah, kami diajari bahwa bom debu atau gas air mata sudah lebih dari cukup untuk menangani hal ini. Tapi, tidak ada tanda-tanda keduanya tidak ada tentara yang me ngenakan masker gas. Dan sekarang, kelompok pat roli lain belum mulai mengejar orang-orang yang me lari kan diri ke jalan, yang berkumpul di luar alun-alun. Ja lan an terlalu
268 kacau dan sempit untuk melakukan protes se bagai mana mes tinya.
Apa yang Komandan Jameson katakan padamu" tanya ku pada homas.
Rambut gelap homas jatuh melintangi matanya, menu tupi ekspresinya. Komandan menyuruhku tetap di sini dan menunggu perintahnya.
Selama setengah jam, kami tidak melakukan apa-apa. Sebelah tanganku berada di dalam saku, tanpa sadar menggosok-gosok bandul Day. Entah bagaimana, kerumun an ini mengingatkanku pada Skiz. Mungkin di bawah sana ada be berapa orang yang sama.
Saat itulah aku melihat para tentara berlari di sepanjang bagian atas bangunan di alun-alun. Sebagian berderap cepat di langkan, sementara yang lainnya berjajar menjadi satu ba risan lurus melintasi atap. Ini aneh. Para tentara biasanya memiliki rumbai hitam dan sebaris kancing perak pada jaket mereka. Lencana di lengan mereka berwarna biru laut atau merah atau perak atau emas. Tapi, jaket para tentara ini ti dak berkancing. Alih-alih demikian, sebuah strip putih menyilang di dada mereka dan ikatan lengan me reka berwarna abu-abu. Detik berikutnya aku sadar mereka siapa.
homas. Aku menepuk bahunya dan menunjuk ke atap. Itu regu pengeksekusi.
Tiada kekagetan di wajahnya, tiada emosi di matanya. Dia berdeham. Memang.
269 Apa yang mereka lakukan" Suaraku meninggi. Aku me na tap sekilas ke para pendemo di alun-alun, lalu kembali ke atap. Ti dak ada tentara yang membawa bom debu atau gas air mata. Alih-alih demikian, ada senapan yang di se - lempangkan pa da ba hu setiap orang. Mereka tidak membubarkan orang-orang itu, Thomas. Mereka menjebak orang-orang itu.
homas memandangku tajam. Tenanglah, June. Perhati kan kerumunan itu.
Sembari pandanganku tetap tertuju ke atap, kusadari bahwa Komandan Jameson melangkah keluar ke salah satu bagian atas Aula Batalla yang diapit tentara. Dia berbicara lewat mikrofonnya.
Beberapa detik berlalu. Sebersit perasaan ngeri terbentuk di dadaku aku tahu apa yang akan terjadi.
Mendadak homas membisikkan sesuatu ke mikrofonnya. Sebuah respons terhadap komando. Aku menatapnya. Se lama sedetik kami berpandangan, kemudian dia berpaling pada sisa kelompok patroli yang berdiri di mimbar bersama kami. Tembak sesuka kalian! serunya.
homas! aku ingin berkata lebih banyak, tapi dalam wak tu sesaat itu suara tembakan terdengar dari atap dan mimbar. Aku menerjang ke depan. Aku tak tahu apa yang akan kulakukan melambaikan tangan di depan para tentara" tapi homas mencengkeram bahuku sebelum aku bisa melangkah maju.
Tetap di tempat, June! 270 Suruh orang-orangmu berhenti, teriakku, berjuang un tuk melepaskan diri dari cengkeramannya. Suruh mereka
Saat itulah homas mendorongku sangat keras sampai aku jatuh. Kurasakan luka di pinggangku membuka lagi. Diam, June, katanya. Tetap di tempat!
Mengejutkan betapa lantai tempatku jatuh terasa dingin. Aku meringkuk di situ, tak bisa bergerak dan tak tahu harus melakukan apa. Aku tidak terlalu mengerti apa yang baru saja terjadi. Kulit di sekeliling lukaku rasanya terbakar. Peluru menghujani alun-alun. Orang-orang di kerumunan massa itu berjatuhan seperti tanggul pada saat banjir. homas, hentikan. Tolong hentikan. Aku ingin bangun dan menjerit di depan wajahnya, entah bagaimana membuatnya terluka. Metias akan membunuhmu karena ini, homas, kalau dia ma sih hidup. Namun alih-alih melakukan itu, aku menutup te lingaku. Suara tembakan sangat menulikan.
Rentetan tembakan itu hanya bertahan selama semenit, percayalah tapi kelihatannya seperti selamanya. homas akhirnya meneriakkan perintah untuk berhenti menembak. Orang-orang di kerumunan massa yang tidak tertembak du duk menjatuhkan diri dan mengangkat tangan mereka di atas kepala. Para tentara bergerak cepat memborgol ke dua tangan mereka di punggung dan memaksa mereka ber kumpul dalam kelompok-kelompok.
Aku berusaha bangun. Di telingaku masih terdengar sua ra tembakan. Kupandangi pemandangan itu: darah, ma yat, dan tawanan. Ada 97, 98 orang yang mati. Tidak,
271 se ku rang-kurangnya 120. Ratusan yang lain ditangkap. Aku tidak bisa cukup berkonsentrasi untuk menghitung jum lah mereka.
homas menatapku sekilas sebelum melangkah pergi dari mimbar wajahnya suram, bahkan terlihat merasa bersalah. Namun, dengan perasaan tenggelam kusadari bahwa rasa bersalah yang dirasakannya muncul hanya karena telah mendorongku sampai jatuh, bukan karena pembantaian yang dilakukannya. Dia kembali menuju Aula Batalla ber sa ma beberapa serdadu lain. Aku memalingkan wajah se hing ga tak perlu menatapnya.[]
KAMI NAIK BEBERAPA LANTAI SAMPAI KUDENGAR rantairantai lift mendecit berhenti. Dua serdadu membawaku keluar dari lift menuju lorong yang tidak asing. Kurasa mereka akan mengembalikanku ke selku, setidaknya saat ini. Untuk pertama kalinya sejak sadar dari operasi, kusadari bahwa aku lelah.
Kutundukkan kepalaku. Dokter itu pasti te lah menyuntikku dengan sesuatu yang mencegahku mem be rontak sela ma operasi lutut. Segala sesuatu di sekelilingku terlihat kabur, seolah-olah aku sedang berlari.
Lalu, tiba-tiba para tentara berhenti mendadak saat ka mi masih setengah jalan menyusuri koridor, cukup jauh dari selku. Aku menengadah, sedikit heran. Kami berdiri di luar salah satu ruangan yang pernah kulihat, yaitu ruanganruangan dengan jendela kaca bening. Ruang interogasi. Rupanya mereka menginginkan lebih banyak informasi sebelum mengeksekusiku.
Bunyi gemeresik, disusul sebuah suara, datang dari ear piece salah seorang serdadu. Orang itu mengangguk. Bawa tawanan ini masuk, katanya. Kapten bilang dia akan datang sebentar lagi.
Aku berdiri di dalam, menunggu menit demi menit. Para penjaga berdiri di dekat pintu dengan ekspresi kosong, sementara dua orang yang lain memegangi tanganku yang
273 di bor gol. Aku tahu seharusnya ruangan ini kedap suara & tapi aku bersumpah aku mendengar suara tembakan, ge tar an, dan jeritan dari jauh. Jantungku berdebar-debar. Pas ti para tentara menembaki kerumunan massa di alunalun. Apa mereka mati gara-gara aku"
Lebih banyak waktu berlalu. Aku menunggu dengan ke lo pak mata memberat. Tidak ada lagi yang kuinginkan se lain bergelung di sudut selku dan tidur.
Akhirnya, aku mendengar langkah kaki mendekat. Pintu berayun membuka, memperlihatkan seorang pria muda ber pakaian hitam dengan rambut gelap jatuh menutupi mata. Terdapat epolet perak di kedua bahunya. Para tentara yang lain mengentakkan tumit mereka bersamaan.
Pria itu melambaikan tangan ke arah mereka, menyuruh bubar. Sekarang, aku mengenalinya. Dia adalah kapten yang menembak ibuku. Sebelumnya June sudah menyebutnyebut tentangnya. Thomas. Pasti Komandan Jameson yang mengirimnya kemari.
Mr. Wing, ujarnya. Dia mendekatiku dan melipat le ngan nya. Aku senang bisa bertemu denganmu secara res mi. Aku mulai khawatir aku tak akan pernah mendapat ke sem patan itu.
Kubuat diriku tetap diam. Dia terlihat tidak nyaman berada satu ruangan bersamaku, dan ekspresinya menunjukkan bahwa dia benar-benar membenciku.
Komandanku ingin aku menanyaimu beberapa per tanya an standar sesuai dengan prosedur sebelum kau di ekse kusi. Kita akan mencoba melakukan ini dalam suasana
274

Legend Karya Marie Lu di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

ramah-tamah meskipun tentu saja kita sudah memulainya dengan buruk.
Tanpa bisa ditahan, tawaku meledak. Benarkah" Kau pikir begitu"
Thomas tidak membalas, tapi aku melihatnya menelan ludah dalam usaha untuk menahan diri bereaksi. Dia mengambil sebuah remote abu-abu kecil dari dalam jubahnya dan mengarahkannya ke dinding kosong ruangan ini. Sebuah proyeksi muncul, menampilkan beberapa laporan ke polisian dengan foto orang-orang yang tidak kukenal.
Aku akan menunjukkan beberapa foto kepadamu, Mr. Wing, katanya. Orang-orang yang akan kau lihat adalah para tersangka yang terlibat dalam kelompok Patriot.
Kelompok Patriot sudah mencoba merekrutku. Catatan samar yang ditulis di dinding gang di atas tempatku tidur. Seorang kurir di sudut jalan yang menyelipkan secarik pe san ke dalam tanganku. Bungkusan kecil berisi uang, plus sebuah rencana. Sia-sia saja. Setelah mengabaikan ta waran mereka selama beberapa waktu, aku tidak mendengar tentang mereka lagi.
Aku tidak pernah bekerja dengan Patriot, seruku. Ka lau aku pernah membunuh, aku akan melakukannya sen diri.
Mungkin kau menyatakan tidak berailiasi dengan mereka, tapi bisa jadi beberapa dari mereka pernah bersilang jalan denganmu. Barangkali kau bersedia membantu kami menemukan mereka.
Oh, tentu saja. Kau membunuh ibuku. Silakan mengkha yal aku mati-matian untuk membantumu.
275 Thomas berusaha mengabaikanku lagi. Dia menatap sekilas foto pertama yang terproyeksi di dinding. Kau kenal orang ini"
Aku menggeleng. Tidak pernah lihat.
Thomas memencet tombol remote. Sebuah foto lain mun cul. Bagaimana dengan yang ini"
Tidak. Foto lain. Yang ini" Tidak.
Orang asing lainnya muncul di dinding. Pernah lihat gadis ini"
Seumur hidup aku tak pernah melihatnya. Lebih banyak wajah lain yang tak kukenal. Thomas te rus melanjutkan tanpa berkedip sedikit pun atau memper ta nya kan jawabanku. Benar-benar boneka negara yang bodoh. Aku memperhatikannya sembari kami terus melanjut kan, berharap diriku tidak dirantai sehingga aku bisa me mu kul nya sampai jatuh.
Lebih banyak foto. Lebih banyak wajah asing. Thomas sama sekali tidak mempertanyakan satu pun dari responsrespons pendekku. Faktanya, dia terlihat tidak sabar ingin segera keluar dari ruangan ini dan jauh-jauh dariku.
Kemudian, muncul sebuah foto yang kukenali. Gambar buram itu menampilkan seorang gadis dengan rambut pan jang lebih panjang daripada potongan model bob yang ku ingat, juga belum ada tato yang merambat. Rupanya Kae de seorang Patriot.
Aku tidak berani menampilkan tanda-tanda pengenalan di wajahku. Dengar, kataku. Kalau aku mengenal salah
276 satu orang-orang ini, apa kau pikir aku akan mem beritahu mu"
Thomas berusaha sangat keras untuk tetap tenang. Sudah selesai, Mr. Wing.
Oh ayolah, ini belum selesai. Aku tahu kau akan mem berikan apa pun untuk bisa memukulku sekali saja. La ku kanlah! Aku menantangmu.
Matanya menunjukkan kilau kemarahan, tapi dia ma sih bertahan. Aku diperintahkan untuk menanyakan be be rapa pertanyaan, ujarnya tegas. Itu saja. Kita sudah se lesai sekarang.
Kenapa" Kau takut padaku atau apa" Cuma berani me nem bak ibu orang"
Thomas menyipitkan mata, lalu mengangkat bahu. Dia hanya salah satu dari orang kumuh untuk ditangani. Aku mengepalkan tinju dan meludah tepat di wajah-
nya. Sepertinya hal ini mematahkan tekadnya untuk tetap tenang. Kepalan tangan kirinya meninjuku keras di rahang. Ke palaku terpental ke samping. Pandanganku dipenuhi le dakan titik-titik.
Kau pikir kau seorang bintang" katanya. Hanya ka rena kau membuat beberapa lelucon dan berperan se ba gai dermawan bagi para sampah jalanan" Biar aku mem beri tahumu sebuah rahasia. Aku juga berasal dari sek tor kumuh. Tapi, aku mematuhi aturan. Aku bekerja keras dan memperoleh respek negaraku. Sedangkan kalian ha nya duduk-duduk, protes, dan menyalahkan negara atas ke tidak beruntungan kalian. Dasar sekelompok pemalas
277 kotor. Dia menonjokku lagi, membuatku sempoyongan. Kurasa kan darah di mulutku. Tubuhku bergetar kesakitan. Dia mencengkeram kerah bajuku dan menarikku mendekat. Borgolku bergerincing.
Miss Iparis memberitahuku apa yang kau lakukan padanya di jalanan dulu. Berani-beraninya kau memaksakan hal itu pada orang dengan kedudukan seperti dia.
Ah. Jadi ini yang membuatnya sangat berang kurasa dia sudah tahu tentang ciuman itu. Aku tak bisa menahan diri untuk nyengir meskipun wajahku menjerit kesakitan. Awww. Apa itu yang membuatmu marah" Aku sudah bisa me lihat bagaimana kau memandang June. Kau sangat meng ingin kannya, kan" Apa itu juga termasuk sesuatu yang kau coba peroleh" Maaf mengecewakanmu, tapi aku ti dak me mak sanya melakukan apa pun.
Kemarahan membuat wajahnya menjadi merah tua. Dia tidak sabar menunggu saat eksekusimu, Mr. Wing. Aku jamin itu.
Aku tertawa. Sekarang, kau jadi pecundang yang ma rah. Sini, aku akan membuatmu merasa lebih baik. Akan ku beri tahu kau selengkapnya, seperti apa kejadian itu. Men de ngar tentang itu adalah hal terbaik berikutnya, kan"
Thomas mencekik leherku dengan tangan bergetar. Aku akan berhati-hati kalau aku jadi kau, Nak, dia meludah. Mungkin kau lupa, kau masih punya dua saudara. Keduanya berada dalam belas kasih Republik. Perhatikan lidahmu, kalau tidak kau akan melihat mayat mereka berdua di sebelah mayat ibumu.
278 Dia memukulku lagi, kemudian menyodokkan sebelah lututnya ke perutku. Aku terengah-engah mencari udara. Ku bayangkan Eden dan John, lalu kupaksa diriku untuk tenang dan membuang rasa sakitku. Tetaplah kuat. Jangan biar kan dia memancing amarahmu.
Dia memukulku dua kali lagi. Sekarang, dia terengahengah. Dengan usaha keras, dia menurunkan lengan dan meng embuskan napas. Sudah selesai, Mr. Wing, ujarnya dalam suara rendah. Aku akan melihatmu lagi pada hari eksekusimu.
Aku tidak bisa bicara karena rasa sakit ini, jadi aku ha nya mencoba tetap memfokuskan pandangan padanya. Ekspresinya aneh, seolah-olah dia marah atau kecewa karena aku telah memaksanya meninggalkan sikap tenangnya.
Dia berbalik dan meninggalkan ruangan tanpa bicara sepatah kata pun.[]
m alam itu , thomas menghaBiskan satu se tengah jam berdiri di depan pintu apartemenku, mencoba lusinan cara berbeda untuk minta maaf. Dia be nar-benar menyesal. Dia tidak ingin aku terluka. Dia tidak ingin aku menentang pe rintah Komandan Jameson. Dia tidak ingin membuatku ber ada dalam masalah. Dia mencoba melindungiku.
Aku duduk bersama Ollie di sofa, melamun. Aku tidak bisa menghilangkan suara tembakan-tembakan itu dari kepalaku. homas selalu saja disiplin.
Hari ini pun tidak berbeda. Dia tidak ragu tidak se de tik pun untuk mematuhi komandan kami. Dia meng em ban tugas pembantaian itu seolah-olah dia sedang me nyiapkan pembersihan wabah rutin atau penjagaan sema lam di lapangan udara. Aku tak tahu lebih buruk yang ma na, apakah karena dia mengikuti perintah dengan begitu taatnya atau karena dia tak tahu bahwa aku ingin dia minta maaf karena hal ini"
June, kau dengar aku"
Aku berkonsentrasi menggaruk belakang telinga Ollie. Jur nal-jurnal lama Metias masih bertebaran di me ja kopi bersama album-album foto orangtua kami. Kau membuangbuang waktumu, aku balas berteriak pada nya. Tolong biarkan aku masuk. Aku ingin menemuimu.
280 Aku akan menemuimu besok.
Aku tidak akan lama, aku janji. Aku benar-benar menyesal.
homas, aku akan menemuimu besok. June
Kutinggikan suaraku. Kubilang aku akan menemuimu besok.
Hening. Aku menunggu selama semenit sambil mencoba mengalihkan pikiranku dengan terus menggaruk Ollie. Setelah beberapa saat, aku bangkit dan melihat melalui lubang intip di pintu. Lorong depan kosong.
Ketika akhirnya aku yakin dia sudah pergi, selama sejam berikutnya aku tidur-tiduran di sofa. Pikiranku berputar ce pat, mulai dari kejadian di alun-alun, penampilan Day di atas atap, pernyataannya yang keterlaluan tentang wabah dan Ujian, dan kemudian kembali ke homas. homas yang mematuhi perintah Komandan Jameson tanpa mempertanya kannya adalah homas yang berbeda dengan orang yang meng kha watir kan keselamatanku waktu di sektor Lake. Sam pai dewasa pun homas tetap kaku tapi selalu so pan, khu sus nya padaku.
Atau mungkin akulah yang berubah. Saat aku menangkap keluarga Day dan menyaksikan homas menembak ibunya, saat hari ini aku melihat kerumunan massa ditembaki di alun-alun & pada kedua kejadian itu, aku hanya berdiri tan pa melakukan apa-apa.
281 Apakah hal itu membuatku sama seperti homas" Apakah kami melakukan hal yang benar dengan menjalankan pe rin tah" Tentunya Republik tahu yang terbaik, kan"
Dan mengenai hal yang Day katakan padaku & emosiku meninggi saat memikirkan itu. Ayahku dulu bekerja di ba lik pintu ganda itu dan Metias menjadi anak buah Chian da lam mengawasi Ujian. Kenapa kami harus meracuni dan mem bunuh rakyat kami sendiri"
Aku mendesah, lalu duduk. Kuambil salah satu jurnal Metias dari meja kopi.
Jurnal ini bercerita tentang satu minggu melelahkan gara-gara tugas pembersihan yang dilakukan setelah Ba dai Elijah menghantam Los Angeles. Tulisan lainnya menguraikan minggu pertamanya dalam kelompok patroli Komandan Jameson. Tulisan yang ketiga pendek, hanya terdiri dari satu paragraf panjang. Isinya merupakan keluhan karena bekerja dua shif malam berturut-turut. Membaca ini membuatku ter se nyum. Aku masih ingat kata-katanya.
Aku nyaris tertidur, Metias memberi tahu ku setelah shif malamnya yang pertama berakhir. Apa Ko mandan benar-benar ber pikir kami bisa menjaga apa pun setelah bergadang semalaman" Hari ini aku benar-be nar me ngan tuk sampai nyaris tidak sadar. Bahkan, bisa jadi aku tak akan tahu seandainya Kanselir Koloni masuk ke Aula Ba talla.
Kurasakan air mata di pipiku. Buru-buru aku menghapus nya. Di sampingku, Ollie mendengking. Kubenamkan tanganku ke dalam bulu tebal putih di sekeliling lehernya, dan dia merebahkan kepala ke pangkuanku.
282 Metias memang cerewet terhadap hal-hal kecil seperti
itu. Mataku mulai memberat saat aku meneruskan membaca. Kata-kata yang tertulis pada halaman itu mulai kabur, sam pai aku tak bisa lagi menangkap makna dari setiap tulisan. Akhirnya, kuletakkan jurnal itu dan tidur.
Day muncul dalam mimpiku. Dia menggenggam tangan ku, dan jantungku berdebar-debar karena sentuhannya. Ram butnya jatuh ke bahunya seperti tirai sutra, dengan sebuah ga ris corengan darah berwarna merah tua. Tatapannya se dih. Aku tidak membunuh kakakmu. Dia menarikku mende kat. Aku bersumpah, bukan aku.
Saat terbangun, aku tetap berbaring selama beberapa wak tu sambil membiarkan kata-kata Day terngiang-ngiang di kepalaku. Pandanganku berkelana dan jatuh ke arah komputer di meja. Sebenarnya bagaimana kejadian pada malam yang menentukan itu" Kalau pisau Day mengenai bahu Me tias, kenapa pisau itu berakhir di dada kakakku" Pikiran se saat ini membuat hatiku sakit. Aku memandang Ollie.
Siapa yang ingin melukai Metias" kutanya dia. Ollie balas memandangku dengan tatapan pilu. Dan kenapa"
Beberapa menit kemudian, aku turun dari sofa, lalu me nuju meja dan menyalakan komputer.
Aku membuka laporan peristiwa kematian Metias da ri Ru mah Sakit Pusat yang berupa empat halaman teks dan satu halaman penuh foto. Foto-foto itulah yang ingin ku lihat lebih jelas. Bagaimanapun, Komandan Jameson ha nya memberiku beberapa menit untuk menganalisis je na zah Metias,
283 dan aku tidak menggunakannya dengan baik bagaimana aku bisa berkonsentrasi" Aku tidak pernah meragukan ada orang lain yang membunuhnya selain Day. Aku belum per nah mempelajari foto-foto itu lekat-lekat se per ti yang se ha rus nya kulakukan.
Sekarang, aku mengklik foto pertama dua kali dan mem per besarnya menjadi layar penuh. Pemandangan yang ada di situ membuatku pusing. Wajah Metias yang dingin tak bernyawa miring ke langit, dan rambutnya menyebar da lam sebuah lingkaran kecil di bawah kepalanya. Darah me no dai bajunya.
Aku menghela napas panjang, memejamkan mata, dan me nyuruh diriku untuk berkonsentrasi kali ini. Aku se lalu ber hasil membaca seluruh teks laporan, tapi aku tak per nah mempelajari foto-foto ini. Sekarang, aku harus melakukan - nya. Kubuka mataku dan kembali fokus pada mayat ka kakku. Ku harap dulu aku lebih teliti mempelajari lukanya saat pu nya ke sem patan itu.
Pertama-tama kuyakinkan bahwa pisau di foto itu be nar-benar tertancap di dadanya. Sedikit darah menodai pang kal pisau, tapi aku tidak bisa melihat bagian utama pisau nya. Kemudian, aku memperhatikan bahu Metias.
Meskipun tertutup lengan baju, aku bisa me lihat ada lingkaran darah yang cukup besar menodai kain di situ. Tidak mungkin darah itu berasal dari darah yang di dada pasti ada luka lain. Kuperbesar foto itu lagi. Tidak bisa, terlalu kabur. Bahkan, kalau ada luka yang seperti irisan
284 pisau di lengan atas bahunya, aku tidak bisa melihatnya dari sudut ini.
Kututup foto itu, lalu mengklik foto lainnya. Saat itulah aku menyadari sesuatu. Semua foto ini diambil dari satu sudut. Aku hampir tidak bisa menguraikan detail di bahunya dan bahkan pada pisau. Dahiku berkerut. Benar-benar fotograi yang payah. Kenapa tidak ada foto yang menampilkan luka sebenarnya dari dekat"
Kulihat lagi seluruh dokumen itu, mencari halaman yang mungkin kulewati. Tapi itu sudah semua. Aku kembali ke ha laman yang sama, kemudian mencoba memahaminya.
Mungkin foto-foto yang lain rahasia. Apa Komandan Jameson mengambilnya agar aku terhindar dari kesedihan" Aku menggeleng. Tidak, itu bodoh. Kalau memang begitu, dia tidak akan mengirimkan satu foto pun bersama lapor an ini. Aku memelototi layar, lalu memberanikan diri me mikir kan alternatif lain.
Apa Komandan Jameson mengambilnya untuk menyem bunyikan sesuatu dariku"
Tidak, tidak. Aku duduk lagi dan kembali memandangi foto pertama. Kenapa Komandan Jameson ingin menyembunyi kan detail-detail pembunuhan kakakku dariku" Dia menyayangi anak buahnya. Dia sakit hati atas kematian Metias bahkan dia mengatur pemakamannya. Dia mengingin kan Metias dalam kelompok patrolinya. Dialah yang men jadikan Metias kapten.
285 Namun, aku ragu fotografer peristiwa kejahatan ini se be gitu terburu-burunya sampai dia mengambil kumpulan foto yang buruk.
Aku memikirkannya dari beberapa sudut pandang, tapi kesimpulannya tetap sama. Laporan ini tidak lengkap. Aku mengusap rambutku frustrasi, tak mengerti.
Mendadak aku melihat pisau di foto itu lebih dekat. Fotonya kasar sehingga detail-detailnya nyaris mustahil diuraikan, tapi sesuatu memicu kembali sebuah ingatan lama yang membuat perutku bergolak.
Darah di pangkal pisau itu gelap, tapi ada sebuah tan da lain di sana, sesuatu yang lebih gelap daripada darah. Tadi nya kupikir tanda itu adalah bagian dari corak tipis pada pi sau itu, tapi tanda itu berada di atas noda darah. Tanda itu ter lihat hitam, tebal, dan bertekstur. Kucoba mengingatngi ngat seperti apa pisau itu pada malam peristiwa tersebut ter ja di, saat aku punya kesempatan melihatnya langsung.
Tanda hitam itu terlihat seperti semir senapan. Hampir serupa dengan coretan semir di dahi homas saat per tama kali aku melihat sosoknya malam itu.[]
KETIKA JUNE MENGUNJUNGIKU LAGI KEESOKAN PAGINYA, bahkan dia pun tampak terkejut meski hanya sedetik pada sosokku yang merosot di dinding selku. Kumiringkan kepalaku ke arahnya. Dia kelihatan ragu sejenak waktu melihatku, tapi segera mendapatkan kembali ketenangannya.
Kuduga kau membuat seseorang marah, katanya, ke mu dian menggertakkan jari-jarinya ke arah para tentara. Se muanya keluar. Aku ingin bicara dengan tawanan ini se cara pribadi. Dia mengedikkan kepala pada kamera ke amanan yang terdapat di setiap sudut. Dan matikan itu semua.
Serdadu kepala memberi hormat. Ya, Nona. Ketika beberapa dari mereka cepat-cepat mematikan kamera, kulihat dia mengeluarkan dua bilah pisau dari sa rung di ikat pinggangnya. Entah bagaimana, aku pasti juga telah membuatnya marah. Gelak tawa keluar dari teng gorokanku dan berubah menjadi batuk. Yah, kurasa kami memang harus menyelesaikan ini semua.
Saat para tentara pergi dan pintu tertutup di belakang June, dia mendekat dan berjongkok di sampingku. Aku menguatkan diri untuk merasakan pisau di kulitku. Day.
287 Dia tidak bergerak. Alih-alih demikian, dia taruh kembali pisaunya ke ikat pinggang, lalu mengeluarkan satu pel ples berisi air. Kurasa pisau itu hanya pemandangan untuk para tentara. Dia memercikkan air dingin ke wajahku. Mu la nya aku menjauhkan diri, tapi kemudian kubuka mulut ku agar sebagian air itu bisa kutelan. Air tak pernah te rasa seenak ini.
June menuangkan air itu langsung ke dalam mulutku, lalu menyingkirkan pelplesnya. Wajahmu terlihat mengerikan. Ada kekhawatiran dan sesuatu yang lain dalam eks presinya. Siapa yang melakukan ini padamu"
Senang mendengarmu bertanya. Aku heran dia peduli. Terima kasih untuk kaptenmu.
Thomas" Ya, dia. Kurasa dia tidak begitu senang karena aku mendapat ciuman darimu sedangkan dia belum. Jadi, dia meng interogasiku tentang kelompok Patriot. Ternyata Kaede seorang Patriot. Dunia ini sempit, ya"
Kemarahan melintas di wajah June. Thomas tidak me nyebut-nyebut hal ini padaku. Semalam dia yah, aku akan membicarakan masalah ini dengan Komandan Jame son.
Trims. Aku mengerjap untuk menghilangkan tetesan air yang tadi masuk ke mataku. Tadi aku bertanya-tanya kapan kau datang. Aku bimbang sejenak. Apa sudah ada yang kau ketahui tentang Tess" Apa dia masih hidup"
June menunduk. Maaf, sahutnya. Aku tak punya cara untuk mengetahui keberadaannya sekarang. Seharusnya dia selamat, selama dia tetap di jalanan. Aku tak pernah
288 menyebut-nyebut tentang dia pada siapa pun. Namanya belum muncul pada berita penangkapan atau & berita kematian baru-baru ini.
Aku frustrasi mendengar berita yang tidak memuaskan itu, tapi juga lega pada saat bersamaan. Bagaimana saudara-saudaraku"
June mengatupkan bibir. Aku tidak punya akses ke Eden meskipun aku yakin dia masih hidup. Sedangkan John berkelakuan sebaik yang bisa kita harapkan darinya. Saat dia mengangkat kepala lagi, aku melihat kebingungan dan kesedihan di matanya. Aku menyesal kau harus bermasalah dengan Thomas kemarin.
Terima kasih, bisikku. Apa ada alasan khusus kenapa hari ini kau jadi lebih baik"
Aku tidak mengira June akan memikirkan pertanyaan ini dengan serius, tapi dia benar-benar melakukannya. Dia me mandangiku, kemudian duduk di depanku dengan kaki terlipat di bawah tubuhnya. Hari ini dia terlihat berbeda. Lu nak, mungkin, atau bahkan sedih. Tak yakin. Sebuah eks presi yang belum pernah kulihat sebelumnya, bahkan ke tika aku pertama kali bertemu dengannya di jalanan. Ada sesuatu yang mengganggumu"
June cukup lama terdiam, matanya melihat ke bawah. Akhirnya, dia menatapku. Dia sedang mencari sesuatu, kusadari hal itu. Apakah dia sedang mencoba menemukan cara untuk memercayaiku"
Semalam aku mempelajari laporan peristiwa kematian kakakku lagi. Suaranya mengecil menjadi bisikan sehingga aku harus mencondongkan tubuh untuk mendengarnya.
289 Dan" sahutku. Mata June menjelajahi mataku. Dia kembali ragu. Day, bisakah kau bilang sejujurnya dengan sungguh-sungguh & bahwa kau tidak membunuh Metias"
Pasti dia telah menemukan sesuatu dan dia menginginkan sebuah pengakuan. Malam ketika aku di rumah sakit me lintas lagi di pikiranku penyamaranku, Metias yang mem per hati kanku waktu aku masuk ke rumah sakit, dokter muda yang kusandera, peluru-peluru yang memantul dari pintu lemari pendingin. Terjun bebasku. Kemudian, berhadap an dengan Metias, lalu melempar pisauku ke arahnya. Aku melihat pisau itu mengenai bahunya, sangat jauh dari dadanya sehingga tidak mungkin membunuhnya. Kupandang June lekat-lekat.
Aku tidak membunuh kakakmu. Kujulurkan tangan untuk menyentuh tangannya. Aku mengernyit karena rasa sakit yang menjalari lenganku. Aku tidak tahu siapa yang me lakukannya. Meski begitu, aku minta maaf karena sudah melukainya tapi aku harus menyelamatkan hidupku. Kuha rap aku punya lebih banyak waktu untuk berpikir dalamda lam tentang hal itu.
June mengangguk tanpa kata. Ekspresi di wajahnya terlihat sangat menyayat hati. Selama sedetik kuharap aku bisa memeluknya. Seseorang harus memeluknya.
Aku benar-benar merindukannya, dia berbisik. Kupikir dia akan selalu ada di sampingku untuk waktu yang la ma. Kau tahulah, seseorang yang selalu bisa ku san dari. Ha nya dia satu-satunya yang kupunya. Dan se ka rang dia pergi. Ku harap aku tahu kenapa. Dia menggeleng kan ke-
290 pala nya perlahan, seolah-olah telah kalah. Pan dang an nya kembali bertemu denganku. Anehnya, kesedih an mem buatnya tampak sangat cantik, layaknya salju yang menye limuti daratan tandus.
Dan aku tidak tahu kenapa. Itulah bagian terburuknya, Day. Aku tak tahu kenapa dia tewas. Kenapa ada orang meng inginkannya mati"
Kata-katanya begitu sama dengan pikiranku tentang ibuku yang hampir membuatku tak bisa bernapas. Aku ti dak tahu apakah June sudah kehilangan orangtuanya meskipun seharusnya aku sudah menebaknya dari caranya mengurus diri sendiri. June bukan orang yang menembak ibuku, bukan pula yang membawa wabah itu ke rumahku. Dia hanya se orang gadis yang kehilangan kakaknya, dan seseorang telah mem buatnya percaya bahwa aku yang melakukannya. Dan dalam kesedihannya, dia memburuku. Kalau aku ber ada di posisinya, mungkinkah aku melakukan hal yang ber be da"
Sekarang dia menangis. Aku tersenyum kecil padanya, kemudian duduk lebih tegak dan mengulurkan tanganku ke wajahnya. Borgol yang membelenggu kedua pergelangan ta nganku bergerincing. Kuusap air mata dari bawah salah satu matanya.
Tidak ada yang bicara di antara kami. Tak perlu. Dia se dang berpikir & kalau aku benar tentang kakaknya, aku benar tentang hal apa lagi"
Setelah beberapa saat, June meraih tanganku dan me me gang nya di pipinya. Sentuhannya mengalirkan keha ngat an padaku. Dia sangat manis. Saat ini aku ingin
291 se kali menariknya ke pelukanku, menciumnya dan menghilangkan kesedihan di matanya. Kuharap aku bisa kem bali ke malam di gang kecil itu selama sedetik saja.
Akulah yang pertama kali bicara. Mungkin kau dan aku punya musuh yang sama, kataku. Dan mereka telah meng adu domba kita.
June menghela napas panjang. Aku belum yakin, ujar nya, meskipun dari suaranya aku tahu bahwa dia setuju de nganku. Berbahaya bagi kita kalau bicara seperti ini. Dia berpaling, mengambil jubahnya, lalu mengeluarkan se suatu yang kupikir telah hilang di rumah sakit. Ini. Aku ingin mengembalikannya padamu. Aku sudah tidak memerlu kan nya.
Aku ingin merampas benda itu dari tangannya, tapi rantai ini menahanku. Pada telapak tangannya terda pat kalung bandulku. Tonjolan-tonjolan halus pada permukaannya tergores dan kotor. Namun, bagian kalungnya lebih ku r ang masih utuh, menjadi suatu tumpukan di telapak ta ngannya.
Kau memilikinya, bisikku. Malam itu kau menemukan nya di rumah sakit, ya, kan" Begitulah caramu mengenaliku saat akhirnya kau menemukanku aku pasti telah berusaha meraihnya di leherku.
June mengangguk tanpa kata, kemudian memegang ta nganku dan meletakkan kalung bandul itu di telapak tanganku. Aku memandangi benda itu takjub.
Ayahku. Saat ini, ketika menatap kalung bandulku, aku tak bisa menyingkirkan ingatan tentangnya. Aku teringat hari saat Ayah mengunjungi kami setelah enam bulan tiada
292 kabar. Waktu Ayah sudah berada di dalam rumah de ngan aman dan kami telah menurunkan tirai di jendela, Ayah me lingkarkan tangan ke sekeliling tubuh Ibu dan menciumnya lama sekali. Sebelah tangannya memegang perut Ibu, lembut dan melindungi.
John menunggu dengan sabar untuk menyapanya. Ke dua tangannya dimasukkan ke dalam saku. Aku sendiri masih terlalu kecil untuk memeluk kaki Ayah. Eden be lum lahir dia masih berada di perut Ibu yang semakin membesar.
Bagaimana kabar putra-putraku" kata Ayah setelah melepaskan Ibu. Dia menepuk pipiku dan tersenyum pada John.
John nyengir lebar padanya, memperlihatkan giginya. Dia telah berhasil memanjangkan rambutnya, cukup panjang untuk bisa mengikatnya dalam satu kuncir ekor kuda. Dia memegang sebuah sertiikat. Lihat! serunya. Aku lu lus Ujian!
Kau lulus! Ayah menepuk punggung John dan menjabat tangannya seolah-olah John adalah pria dewasa. Aku masih ingat sinar kelegaan yang terpancar di matanya, juga getar kebahagiaan dalam kata-katanya. Sebelumnya, kami semua khawatir John akan gagal dalam Ujian, mengingat dia bermasalah dalam membaca. Aku bangga padamu, Johnny. Kerja bagus.
Kemudian Ayah menatapku. Aku ingat, aku mempelajari wajahnya. Tentu saja pekerjaan resmi Ayah untuk Republik adalah membereskan kekacauan yang dihasilkan tentara Republik usai berperang, tapi selalu ada petunjuk bahwa
293 pekerjaan itu bukan satu-satunya yang dia lakukan. Petun juk-petunjuk itu seperti kadang-kadang dia bercerita ten tang Koloni dan kota-kota mereka yang gemerlapan, tek nologi mereka yang maju, serta perayaan-perayaan hari libur me reka. Aku ingin bertanya padanya kenapa dia selalu pergi bah kan setelah rotasi petugas di medan perang, pada hal seharusnya dia pulang. Aku ingin tanya kenapa dia tidak pernah menjenguk kami.
Tapi, sesuatu yang lain mengalihkan perhatianku. Ada sesuatu di saku rompi Ayah, kataku. Tidak aneh aku tahu hal itu, sebab ada sebuah tonjolan berbentuk bulat yang me nempel di balik bajunya.
Ayah tertawa kecil, lalu mengeluarkan benda itu. Kau benar, Daniel. Ditatapnya Ibu sekilas. Dia sangat cerdas, ya"
Ibu tersenyum padaku. Ayah ragu-ragu sejenak, lalu menyuruh kami semua ma suk ke kamar. Grace, dia berkata pada Ibu, lihat apa yang kutemukan.
Ibu memperhatikan benda itu lekat-lekat. Apa itu" Bukti lain. Mulanya Ayah mencoba untuk memperlihatkan benda itu hanya pada Ibu, tapi aku berhasil melihat le bih jelas saat Ayah membalik benda itu di tangannya. Ada burung di salah satu sisi benda tersebut, dan gambar seorang pria di sisi lainnya. Tulisan AMERIKA SERIKAT, IN GOD WE TRUST, QUARTER DOLLAR terukir di satu sisi, serta LIBERTY dan 1990 pada sisi yang satunya.
Lihat" Ini bukti. Ayah meletakkan benda itu ke telapak tangan Ibu.
294 Di mana kau menemukannya" tanya Ibu. Di daratan rawa selatan di antara dua medan perang. Benda ini benar-benar koin asli dari tahun 1990. Kau lihat namanya" Amerika Serikat. Itu sungguhan.
Mata Ibu berbinar-binar senang, tapi dia tetap memandang Ayah dengan tatapan suram. Berbahaya memiliki benda ini, bisiknya. Kita tidak akan menyimpannya di ru mah.
Ayah mengangguk. Tapi, kita tidak bisa menghancurkannya. Kita harus menjaganya seperti yang kita semua tahu, benda ini mungkin adalah koin terakhir dari jenisnya yang masih ada di dunia. Beliau melipat jari-jari Ibu menutupi koin itu. Aku akan membuat selubung logam untuk koin ini, sesuatu yang bisa menutup kedua sisinya. Aku akan mengelas selubung itu sehingga koin ini aman di da lam nya.
Apa yang akan kita lakukan setelah itu" Kita sembunyikan di suatu tempat. Ayah berhenti seje nak, kemudian menatap John dan aku. Mungkin tempat terbaik untuk menyembunyikannya adalah tempat yang terlihat jelas bagi setiap orang. Berikan benda itu pada sa lah satu dari anak-anak kita, mungkin sebagai kalung. Orang-orang akan mengira benda itu hanya ornamen anakanak. Tapi, kalau para tentara menemukannya tersembunyi di bawah papan lantai saat ada razia, mereka akan yakin be tapa pentingnya benda ini.
Aku diam saja. Bahkan pada umur segitu, aku mengerti kekhawatiran ayahku. Sebelum-sebelumnya rumah kami sering dirazia oleh para tentara pada inspeksi rutin, seperti
295 setiap rumah lain di jalan ini. Kalau Ayah menyembunyikan sesuatu di sini, mereka akan menemukannya.
Keesokan harinya Ayah pergi pagi-pagi sekali, sebelum matahari terbit. Kami hanya melihatnya sekali lagi sejak saat itu. Beliau tidak pernah pulang lagi.
Kenangan ini melintas cepat di pikiranku. Aku menengadah menatap June. Terima kasih sudah menemukan ini. Aku ingin tahu apakah dia bisa merasakan kesedihan da lam suaraku. Terima kasih sudah mengembalikannya pa daku. []
a ku tiDak Bisa Berhenti memikirkan Day .
Siang ini, saat aku berbaring di apartemenku untuk beristi rahat sejenak, aku bermimpi tentangnya. Aku ber mim pi Day melingkarkan lengannya di sekeliling tubuhku. Waktu aku terbangun dan menemukan diriku sen dirian lagi, aku hampir tidak bisa bernapas.
Kata-katanya berputar terus di pikiranku sampai-sampai aku tidak bisa memahaminya lagi & bahwa ada se seorang yang membunuh Metias, bahwa Republik se ngaja menyebarkan wabah di sektor-sektor kumuh. Aku ingat ba gai mana Day dulu di jalanan Lake, ketika dia membahaya kan keamanannya sendiri karena aku harus istirahat. Dan hari ini, dia menyeka air mata dari pipiku.
Aku tak bisa menemukan kemarahan yang seharusnya ku rasakan terhadapnya. Dan, jika aku menemukan bukti bah wa ada orang lain yang membunuh Metias untuk alas an apa pun, aku sama sekali tidak punya alasan untuk mem ben ci Day. Dulu aku pernah terpesona oleh legenda ten tang diri nya dari semua cerita yang kudengar sebelum aku ber te mu de ngan nya. Sekarang, aku kembali merasakan ke ka gum an tersebut.
Kubayangkan mata birunya yang cerah dan tulus, juga wajahnya yang tetap elok meskipun tampak kesakitan, ter-
297 sik sa dan sedih. Aku malu mengakui bahwa aku menikmati saat-saat singkatku bersamanya di sel tadi. Suaranya dapat mem buatku lupa akan semua detail yang melintas di pikir an ku. Di dalam suara itu terdapat emosi yang berupa ke ingin an alih-alih ketakutan, kadang-kadang bahkan ke ma rah an. Yang jelas, selalu menyiratkan sesuatu yang sebel umnya tidak ada di situ.
P ukul 19.12. s ektor t anagashi . 78" F ahrenheit .
Kudengar siang ini kau bicara berdua saja dengan Day, kata homas padaku saat kami duduk bersama sambil makan semangkuk edame di sebuah kafe. Kafe itu adalah kafe yang sama dengan yang dulu kami kunjungi waktu Metias masih hidup. Lokasi pilihan homas ini tidak menenangkan pikiranku. Aku tetap tak bisa melupakan semir senapan yang tercoreng di pangkal pisau pembunuh kakakku.
Mungkin dia sedang mengujiku. Mungkin dia tahu apa yang kucurigai.
Aku menggigit sepotong daging sehingga aku ti dak harus menjawab pertanyaannya. Aku senang kami ber dua duduk terpisah cukup jauh. homas telah berusaha sangat keras untuk membujukku memaafkan dirinya, jadi kubiarkan dia mengajakku makan malam. Kenapa dia melakukan ini, aku tak bisa yakin. Untuk mendesakku bicara" Untuk membuatku tidak sengaja mengatakan sesuatu" Un tuk melihat kalau-kalau aku menolak, lalu melaporkan
298 informasi ini pada Komandan Jameson" Tak perlu banyak usaha untuk mulai menginvestigasi seseorang. Mung kin acara jalan-jalan kami sepanjang sore ini hanyalah um pan.
Tapi, mungkin juga dia benar-benar ingin berbaikan denganku.
Entahlah. Jadi, kuputuskan untuk berhati-hati. homas memperhatikanku makan. Apa yang kau kata kan padanya"
Ada kecemburuan dalam suaranya. Aku menjawab nya dengan tenang dan netral. Tak usah pikirkan itu, ho mas. Kuulurkan tangan dan kusentuh lengan nya un tuk mengalih kan pikirannya. Jika ada seseorang membunuh orang yang kau cintai, tidakkah kau akan terus mencoba untuk men cari ta hu kenapa dia melakukannya" Kupikir dia akan bi cara de ngan ku kalau para penjaga tidak ada. Tapi, aku ang kat ta ngan terhadapnya. Aku akan lebih bahagia waktu dia mati.
homas sedikit rileks, tapi dia masih mempelajari wa jah ku. Mungkin kau harus berhenti menemuinya, dia me nya ran kan setelah lama terdiam. Kelihatannya tidak ada gu na nya kau melakukan itu. Aku bisa meminta Komandan Jame son mengirim orang lain untuk memberi minum pada Day. Aku tak suka kau banyak berinteraksi dengan pembunuh kakakmu.
Aku mengangguk setuju dan menggigit edame lagi. Tetap diam akan terlihat buruk. Bagaimana kalau aku sedang makan malam dengan pembunuh kakakku" Logika. Waspada dan gunakan logika. Dari sudut mataku, kulirik tangan ho-
299 mas. Bagaimana kalau tangan itulah yang menusuk jantung Metias"
Kau benar, kataku tanpa ragu. Kubuat diriku terdengar penuh syukur sambil berpikir. Aku belum menemukan apa pun yang berguna dari dirinya. Lagi pula dia akan segera mati.
homas mengangkat bahu. Aku senang kau berpikir begitu. Dia meletakkan lima puluh Notes di meja kami saat seorang pelayan lewat. Day hanya seorang penjahat yang sebentar lagi akan dihukum mati. Seharusnya katakatanya tidak berarti apa-apa bagi seorang gadis dengan posisi seperti dirimu.
Aku menggigit edame-ku lagi sebelum menjawab. Memang tidak berarti apa-apa, sahutku. Aku seperti bicara pada anjing saja. Tapi dalam hati aku membatin, Kata-kata Day akan sangat berarti kalau dia mengatakan yang sebenarnya.
Lama setelah homas mengantarku kembali ke apartemen, dan lama setelah tengah malam berlalu, aku masih duduk terjaga di depan komputer untuk mempelajari laporan peris tiwa kematian Metias. Aku sudah melihat foto-foto itu cukup sering sehingga kini aku tidak perlu mengalihkan pan dangan lagi, tapi tetap saja menatap gambar-gambar itu me ninggalkan perasaan mual di perutku. Setiap foto diambil dari sudut yang tidak menghadap lukanya. Semakin lama aku menatap coretan hitam pada pangkal pisau, semakin aku yakin bahwa coretan itu adalah bekas semir senapan.
300 Saat aku tidak sanggup melihat foto itu lagi, aku kembali ke sofa dan menyelidiki jurnal-jurnal Metias lagi. Jika kakakku punya musuh lain, pasti ada petunjuk di suatu tem pat dalam tulisannya. Tapi, Metias juga bukan orang bo doh. Dia tidak akan pernah menulis sesuatu yang bisa di guna kan sebagai barang bukti.
Kubaca halaman demi halaman dari tulisan-tulisan lama nya. Semuanya mengenai hal-hal biasa yang tidak berhubungan dengan apa yang kucari. Terkadang, dia menulis ten tang kami berdua. Aku mengalami kesulitan lebih untuk mem baca tulisan-tulisan tersebut.
Sebuah tulisan bercerita tentang malam upacara pelantik an nya ke dalam pasukan Komandan Jameson, saat aku ja tuh sakit. Tulisan lain berkisah tentang perayaan yang ka mi lakukan bersama waktu aku mendapat skor 1500 dalam Ujian. Kami memesan es krim dan dua ayam utuh, ke mu dian sore itu aku bereksperimen dengan membuat sand wich ayam dan es krim. Ide itu bukan ide terbaik yang per nah kucetuskan. Aku masih bisa mendengar suara tawa kami berdua, masih bisa mencium aroma hangat ayam pang gang dan roti segar.
Aku menekan kepalan tangan ke mataku yang terpejam, lalu menghela napas panjang. Apa yang kulakukan" bisikku pada Ollie, yang memiringkan kepalanya ke arahku da ri tempatnya berbaring di sofa. Aku berteman dengan pen ja hat dan mengesampingkan orang yang sudah kukenal se pan jang hidupku.
301 Ollie balas menatapku dengan kebijaksanaan ala anjing, kemudian segera kembali tertidur. Selama beberapa saat, aku memandanginya. Dulu, Metias akan tidur-tidur ayam di situ dengan tangannya di punggung Ollie. Aku bertanya-tanya apakah saat ini Ollie membayangkan hal itu.
Butuh beberapa saat bagiku untuk menyadari sesuatu. Kubuka mata, lalu melihat kembali ke halaman terakhir yang kubaca di jurnal Metias. Kupikir aku melihat sesuatu & di situ. Kusipitkan mata di bagian bawah halaman.
Ada kata yang salah eja. Keningku berkerut. Ini aneh, ujarku keras-keras. Kata itu adalah pendingin dalam frasa lemari pendingin, yang ditulis dengan huruf g ekstra. Lemari pendinggin.
Seumur hidup aku tak pernah melihat Metias salah meng eja kata apa pun. Kupelajari kesalahan itu sedikit le b ih lama. Kemudian, aku menggelengkan kepala dan me mu tus kan untuk terus membaca. Kucatat halaman itu da lam hati.
Sepuluh menit kemudian, kutemukan kesalahan lain. Kali ini yang salah adalah kata peninggian. Metias menulisnya peninggien.
Ada dua ejaan yang salah. Kakakku tak akan pernah melakukan ini tanpa sengaja. Aku melihat sekeliling, seolah-olah ada kamera pengintai di ruangan ini. Kemudian, kucondongkan tubuh ke arah meja kopi dan mulai menyelidiki semua halaman jurnal Metias. Kuingat-ingat ejaan yang
302 salah itu di kepalaku. Aku tidak bisa menulisnya di kertas. Bisa-bisa ada orang menemukannya.
Kutemukan kata ketiga: borjuis, yang ditulis borjwis. Lalu yang keempat: bermula, ditulis bernula.
Jantungku mulai berdebar-debar.
Ketika selesai memeriksa kedua belas jurnal Metias, aku telah menemukan 24 kata salah eja. Semuanya berasal dari jurnal yang ditulis pada bulan-bulan belakangan ini.
Aku kembali bersandar di sofa, lalu memejamkan mata sehingga aku bisa menggambarkan kata-kata itu dalam pikiranku. Banyak ejaan yang salah dari Metias hanya berarti satu hal, yaitu sebuah pesan untukku satu-satunya orang yang paling mungkin membaca tulisan-tulisannya.
Sebuah kode rahasia. Pasti karena inilah dia mengeluarkan semua kotak tempat menyimpan barang-barang ini dari lemarinya pada siang itu, sebelum dia terbunuh. Mungkin inilah hal penting yang ingin dia bicarakan.
Kuacak kata-kata tadi dalam pikiranku, berusaha memben tuk sebuah kalimat yang masuk akal. Tidak berhasil. La lu, kucoba memindahkan huruf-hurufnya untuk melihat apakah setiap kata tersebut adalah anagram atau yang lain.
Tetap tidak ada apa-apa. Aku memijat kening. Kemudian, kucoba cara lain bagaimana kalau Metias ingin aku menjejerkan huruf-huruf yang hilang pada setiap kata atau yang seharusnya tidak ada di kata itu" Tanpa suara kubuat daftar huruf-huruf tersebut di kepalaku, dimulai dari huruf g pada lemari pendinggin.
303 g t w d w u n i k a j w u t c u e u o i o k m b Dahiku berkerut. Tetap tidak masuk akal. Terus-menerus kuacak huruf-huruf itu di kepalaku, mencoba menemu kan bermacam kombinasi kata. Waktu aku kecil, Metias bermain permainan kata bersamaku dia melemparkan ba nyak balok huruf ke meja dan menanyaiku, kata apa saja yang bisa kubentuk dari balok-balok itu. Sekarang, kucoba memainkan permainan ini lagi.
Kumainkan huruf-huruf itu selama beberapa saat sebelum aku tersandung pada sebuah kombinasi yang membuka mataku.
june bug. Itu adalah panggilan Metias untukku. Aku menelan ludah dan mencoba untuk tetap tenang. Perlahan, kususun huruf yang tersisa dan kucoba membentuk kata. Berbagai kombinasi melintas di pikiranku sampai salah satu dari kombinasi-kombinasi itu membuatku tertegun. ikuti aku june bug.
Huruf yang tersisa tinggal tiga W dan CTOOMD, yang hanya menyisakan satu pilihan logis.
www ikuti aku june bug dot com
Sebuah situs. Kuacak kembali huruf-huruf itu dalam pikiranku beberapa kali lagi, untuk memastikan asumsiku benar. Kemudian kutatap komputerku.
Pertama-tama kuakses Internet dengan mengetik cara hack ala Metias. Kubuat dinding pertahanan dan pelindung yang diajarkannya padaku selalu ada orang yang mematamatai jaringan. Kemudian, kunonaktifkan riwayat browserku, lalu kuketikkan URL dengan jari bergetar.
304 Muncul sebuah halaman putih. Hanya ada satu teks ter tera di atas.
Ulurkan tanganmu, dan akan kuulurkan tanganku. Aku tahu betul apa yang Metias ingin aku lakukan. Tan pa ragu, kuulurkan tangan dan kutempelkan rata di layar.
Mulanya tidak terjadi apa-apa. Kemudian, aku mendengar suara klik dan melihat cahaya redup memindai kulitku. Halaman putih itu lalu menghilang, digantikan oleh sesuatu yang tampak seperti blog. Napasku tersumbat di tenggorokan. Ada enam tulisan singkat di situ. Kucondongkan tubuh dari kursiku, lalu mulai membaca.
Apa yang kulihat membuatku pusing karena ngeri.
12 Juli Ini hanya untuk June. June, kau bisa menghapus semua jejak di blog ini kapan pun dengan menempelkan te lapak tangan kananmu ke layar sambil menekan tom bol Ctrl+Shift+S+F. Tak ada tempat lain untuk menulis ini, jadi aku akan menulisnya di sini. Untuk mu.
Kemarin adalah hari ulang tahunmu yang kelima belas. Meski begitu, kuharap kau lebih tua, karena aku benar-benar tidak sampai hati untuk memberi tahu ga dis lima belas tahun tentang apa yang kutemukan ini apalagi saat kau seharusnya merayakan ulang ta hun mu.
Hari ini aku menemukan foto yang diambil ayah kita. Foto itu adalah foto paling terakhir di album pa ling 305
terakhir yang mereka punya, dan sebelumnya aku tidak pernah memperhatikannya karena Ayah me nyem bunyi kannya di balik foto yang lebih besar.
Kau tahu aku terus-terusan melihat foto-foto orang - tua kita. Aku suka membaca catatan kecil me re ka, ra sa nya seperti mereka masih bisa bicara padaku. Ta pi, kali ini kuperhatikan bahwa foto terakhir di album ter akhir itu tidak biasanya terasa tebal. Waktu ku pe rik sa foto tersebut, foto rahasia ini jatuh.
Ayah telah mengambil foto di tempat kerjanya, di lab Aula Batalla. Ayah tak pernah membicarakan pe kerja an nya pada kita, tapi dia mengambil foto ini. Foto nya memang kabur dan pekat, tapi aku masih bisa melihat bentuk seorang pria muda di tempat tidur dorong yang memohon untuk dibiarkan hidup. Ada tan da biohazard 3 tercetak di baju rumah sakit yang di kena kannya.
Kau tahu apa yang Ayah tulis di bawah foto itu" Berhenti, 6 April.
Ayah kami mencoba berhenti dari pekerjaannya sehari sebelum dia dan Ibu terbunuh dalam kecelakaan mobil.
15 September Aku sudah mencoba mencari petunjuk selama ber minggu-minggu. Tidak ada apa-apa. Siapa yang
3 Biohazard adalah tanda untuk zat kimia amat berbahaya yang diambil dari suatu organisme. Zat ini menular dan bisa mengakibatkan perubahan pada manusia. Tandanya berbentuk tiga bulatan tak penuh yang disatukan membentuk segitiga. (sumber: diolah dari Google)
306 me ngira ternyata sulit sekali membobol basis data pen duduk sipil"
Tapi aku belum menyerah. Ada sesuatu di balik ke mati an orangtua kita, dan aku akan mencari tahu apa itu.
17 November Kau bertanya padaku kenapa hari ini suasana hatiku terlihat sangat buruk. June, kalau kau membaca ini, mungkin kau ingat hari itu, dan sekarang kau akan tahu kenapa.
Aku telah mencari-cari petunjuk sejak tulisan ter - akhir ku di sini. Selama berbulan-bulan terakhir, ku - coba menanyakan beberapa pertanyaan samar pa da pe kerja lain di lab, juga pada teman-teman lama Ayah. Aku juga mencari informasi di Internet. Dan, hari ini aku menemukan sesuatu.
Akhirnya, hari ini aku berhasil membobol basis data penduduk sipil yang sudah meninggal di Los Angeles. Itu adalah hal paling sulit yang pernah kulakukan. Aku sempat hampir salah.
Ada lubang keamanan di server mereka yang se be lum nya tidak kuperhatikan karena mereka me - nyem bunyi kannya di balik berbagai macam hal. Mes ki demikian, dari lubang itulah aku bisa masuk. Dan, betapa terkejutnya aku saat akhirnya kutemukan laporan tentang kecelakaan orangtua kita.
Kecuali itu bukan kecelakaan, June. Aku takkan per nah bisa mengatakan ini padamu keras-keras, jadi aku sangat berharap kau melihatnya sendiri di sana.
307 Komandan Baccarin, murid lama Chian (kau ingat Chian, kan"), yang mengajukan laporan itu. Laporan ter sebut menyatakan bahwa Dr. Michael Iparis telah mem bangkitkan kecurigaan para pengelola lab Aula Batalla saat dia pertama kali mempertanyakan tujuan sebenarnya dari risetnya. Tentu saja Ayah selalu bekerja dalam pemahaman bahwa risetnya untuk virus wabah, tapi dia pasti telah menemukan sesuatu yang membuatnya cukup marah sehingga diam-diam Ayah mengajukan perubahan dalam pekerjaannya. Kau ingat itu, June" Hal itu terjadi hanya beberapa minggu sebelum kecelakaan.
Sisa laporan itu tidak memberitakan tentang wa bah, tapi yang tertulis di sana memberitahuku apa yang perlu kuketahui. June, pengelola lab Aula Ba talla memerintahkan Komandan Baccarin untuk meng awasi ayah kita. Saat Ayah mencoba untuk da pat di pin dah tugas kan, Baccarin tahu bahwa Ayah te lah me ne mu kan rahasia di balik alasan riset yang se be nar nya. Seperti yang bisa kau bayangkan, hal ini tidak berakhir dengan baik. Komandan Baccarin di pe rin tah kan untuk menemukan cara halus untuk me nye lesa i kan seluruh perkara . Laporan itu berakhir dengan catatan bahwa perkaranya telah selesai tanpa korban militer.
Tertanggal sehari setelah kecelakaan. Mereka membunuh orangtua kita.
18 November Mereka sudah membetulkan lubang keamanan di server. Aku harus mencari cara lain untuk masuk.
308 22 November Ternyata basis data penduduk sipil yang sudah me ninggal memiliki lebih banyak informasi tentang wa bah daripada perkiraanku. Tentu saja seharusnya aku sudah tahu akan hal itu, karena wabah telah membu nuh ratusan orang setiap tahunnya. Tapi, aku selalu berpikir bahwa wabah itu spontan. Ternyata tidak.
June bug, kau harus tahu ini. Aku tak tahu kapan kau akan menemukan blog ini, tapi aku tahu pada akhirn ya kau akan menemukannya. Dengarkan aku baik-baik: saat kau selesai membaca, jangan beri tahu aku bahwa kau tahu. Aku tak ingin kau ter gesa-gesa melakukan sesuatu. Mengerti" Pikirkan keselamat anmu. Aku tahu kau bisa menemukan cara untuk men cari bantuan. Kalau orang lain bisa, kau pasti bisa. Tapi, demi aku, jangan lakukan apa pun yang bisa membuat mereka memperhatikanmu. Aku akan bunuh diri kalau Republik menghabisimu karena kau bereaksi atas penge tahuan yang kuberikan padamu.
Kalau kau ingin memberontak, memberontaklah dari dalam sistem. Itu lebih kuat daripada memberontak dari luar sistem. Dan, jika kau memutuskan untuk mem be rontak, ajak aku bersamamu.
Ayah mendapati Republik merekayasa wabah tahunan.


Legend Karya Marie Lu di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Mereka memulainya dari tempat yang paling jelas. Kau tahu" Kebanyakan daging yang kita makan bukan berasal dari gedung-gedung pabrik bertingkat yang pe nuh dengan hewan-hewan ternak itu. Harusnya aku 309
sudah menebaknya. Republik punya ribuan pa b rik ra hasia untuk hewan-hewan, ratusan meter di ba wah tanah. Mulanya Kongres tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap virus gila yang terus berkem bang di bawah sana dan membunuh seluruh hewan yang dibudidayakan. Menyusahkan, bukan"
Tapi, kemudian mereka ingat perang dengan Koloni. Jadi, setiap kali ada virus baru yang muncul di pa b rik daging, para ilmuwan mengambil sampel dan meng olah nya menjadi virus yang bisa menginfeksi manu sia. Kemudian, mereka mendistribusikan vaksinasi wa jib pada setiap orang, kecuali di beberapa sektor ku muh. Rumor yang disebar adalah terdapat bibit pe nya kit ba ru yang berkembang di Lake, Alta, dan Win ter.
Mereka menyebarkan virus itu ke sektor-sektor ku muh melalui sistem pipa saluran bawah tanah. Ter ka dang ke dalam suplai air, terkadang langsung ke ru mah-rumah tertentu untuk melihat bagaimana virus itu menyebar. Mereka memulai ronde wabah baru. Ketika mereka pikir mereka sudah cukup melihat buk ti mengenai apa yang virus penyakit tersebut bisa lakukan, diam-diam mereka menyuntikkan obat untuk orang yang masih hidup di sektor-sektor itu pada saat inspeksi rutin, sehingga wabahnya musnah sampai tes pe nyakit yang berikutnya. Mereka juga melakukan eks perimen wabah secara pribadi pada anak-anak yang gagal dalam Ujian. Anak-anak itu tidak pergi ke kamp buruh, June. Tidak ada yang ke sana. Mereka se mua mati.
310 Apa kau bisa menangkap maksudku" Mereka meng guna kan wabah itu untuk menyisihkan populasi yang memiliki gen buruk, dengan cara yang sama dengan bagaimana Ujian mencari gen terbaik. Tapi, mereka juga membuat virus untuk digunakan melawan Ko loni. Selama bertahun-tahun, mereka telah menggu na kan senjata biologis dalam perang dengan Koloni. Aku tak peduli apa yang terjadi pada Koloni atau apa tepatnya yang Republik ingin timbulkan pada me reka tapi June, rakyat kita sendiri adalah kelinci per co ba an.
Ayah bekerja di lab-lab itu, dan waktu dia mencoba keluar, mereka membunuhnya, juga membunuh Ibu. Mereka pikir Ayah dan Ibu akan memberi tahu semua orang. Siapa yang mau ada kekacauan massal" Yang pasti bukan Kongres.
Kita semua akan mati seperti ini, June, jika tidak ada yang bertindak. Suatu hari nanti, akan ada virus yang tak terkendali, dan tidak ada vaksin atau obat yang bisa menghentikannya.
26 November Thomas tahu. Dia tahu apa yang kucurigai, bahwa kupikir pemerintah mungkin telah membunuh orangtua kita dengan sengaja.
Aku terus bertanya-tanya bagaimana dia bisa tahu aku membobol basis data penduduk sipil yang su dah meninggal. Kurasa aku meninggalkan jejak, dan teknisi yang membetulkan lubang keamanan menemukan jejak itu dan mengatakannya pada Thomas. Tadi 311
Crazy 5 The Devil In Black Jeans Karya Aliazalea Pendekar Negeri Tayli 1
^