Pencarian

Tiga Dara Pendekar Siauw-lim 2

Tiga Dara Pendekar Siauw-lim Karya Kho Ping Hoo Bagian 2


"Anak kecil banyak tingkah!" pemuda itu tidak mau kalah memaki dan segera maju menyerang. Akan tetapi, oleh karena ia mengira bahwa Sui Lan hanyalah seorang gadis yang memiliki ilmu silat rendah saja, ia hanya bermaksud untuk mendorong atau menamparnya sebagai pembalasan kekurang ajarannya tadi. Serangannya yang pertama adalah gerak tipu yang ringan saja, yakni gerakan Harimau Lapar Menubruk Kambing. Akan tetapi, kepalan tangan yang seharusnya memukul dada, ia robah menjadi serangan dengan jari tangan terbuka yang ditujukan ke arah pundak Sui Lan dengan maksud mencengkeram pundak atau mendorong.
Biarpun tadi melihat gerakan melompat yang indah dari pemuda itu ketika turun dari kuda, akan tetapi setelah kini melihat cara pemuda ini menyerangnya dengan gerakan Go-houw-pok-yang (Harimau Lapar Tubruk Kambing) itu, tak terasa lagi ia tersenyum menyindir dan menduga bahwa pemuda ini hanya memiliki ilmu silat pasaran belaka! Maka dengan enaknya ia mengelak ke samping dan tiba-tiba berseru keras,
"Tua bangka! Rasakan tendangan cucumu!" kaki kirinya lalu bergerak cepat menendang ke arah pantat pemuda itu dari samping kiri! Gerakan ini bukan main cepatnya sehingga pemuda itu merasa terkejut sekali karena untuk menangkis atau mengelak sudah tidak ada waktu lagi. Tak pernah disangka bahwa gadis kecil yang hanya memiliki "ilmu silat rendah" ini ternyata dapat bergerak begitu cepat dan aneh. Terpaksa lalu ia mengerahkan lwee-kangnya ke arah bagian tubuh yang menerima tendangan.
"Buk!" kaki Sui Lan dengan tepat mengenai bagian tubuh belakang pemuda itu dan kali ini dara itulah yang terkejut bukan main. Tubuh bagian belakang yang banyak dagingnya itu seharusnya empuk dan ia hanya mengerahkan sedikit tenaga untuk membuat pemuda itu terpental saja tanpa melukainya, tidak tahunya, ketika kakinya mengenai tubuh lawannya, bagian tubuh yang tertendang itu terasa keras bagaikan batu karang sehingga kakinya yang menendang terpental kembali!
"Aya...!" serunya sambil melompat mundur dengan terheran-heran. Tak disangka sama sekali bahwa pemuda yang hanya memiliki "ilmu silat pasaran" ini ternyata memiliki lwee-kang yang demikiat hebat! Juga pemuda itu melihat betapa kaki gadis itu tidak apa-apa ketika terbentur oleh tubuhnya yang mengandung tenaga kuat. Demikianlah, dua orang muda-mudi yang tadinya saling memandang rendah itu, kini sebaliknya mengagumi lawan masing-masing dan berlaku hati-hati.
"Tendanganmu seperti tahu!" pemuda itu menyindir sambil tersenyum, membuat Sui Lan merasa gemas sekali.
"Begitu" Nah, rasakanlah tahu ini!" dan kini Sui Lan mengirim tendanga lagi yang jauh bedanya dengan tendangan tadi, karena kini ia mengeluarkan tendangan berantai yang disebut Kim-kong-twi. Tendangan ini dilakukan dengan kedua kaki secara bertubi-tubi dan susul menyusul, dilakukan cepat sekali dan sama sekali tidak memberi kesempatan kepada lawan untuk melakukan serangan balasan. Yang hebat adalah bahwa setiap tendangan kaki ini diisi dengan lwee-kang yang tinggi sehingga jangankan kulit dan daging bahkan batu karang yang keras akan menjadi hancur terkena tendangan ini!
Bukan main terkejutnya pemuda itu. Tidak saja tendangan ini dilakukan dengan sempurna sekali, akan tetapi sebelum tendangan datang dekat, angin tendangan itu telah terasa olehnya! Ia memandang dengan mata terbelalak hampir tak percaya bahwa gadis semuda ini telah memiliki ilmu kepandaian yang begini lihai!
"Kim-kong-twi yang hebat!" serunya sambil mempertahankan diri dengan gerakan Tiu-po-lian-hoan (Tindakan Mundur Berantai) secara cepat dan tepat sekali sehingga tendangan Sui Lan selalu mengenai tempat kosong. Dara ini merasa kagum dan heran, karena pemuda itu ternyata baru segebrakan saja telah mengenal ilmu tendangnya, bahkan mempergunakan gerakan Tiu-po-lian-hoan untuk menghadap Kim-kong-twi, yakni gerakan mundur sambil mengelak, gerakan yang memang paling tepat untuk menghindarkan diri dari serangan Kim-kong-twi ini. Akan tetapi, ia tidak begitu gemas lagi, karena sebagai pengganti sindiran bahwa tendangannya adalah tendangan "tahu", kini pemuda itu memujinya dan menyebut tendangannya "hebat"! Nah, tahu rasa kau sekarang, pikirnya. Ia lalu merubah serangannya dan kini ia mulai menyerang dengan pukulan paling lihai. Pertama-tama ia menyerang dengan gerak tipu Pek-wan-hian-ko (Lutung Putih Persembahkan Buah) dengan tangan kanan menyambar ke arah lawan dan tangan kiri menyusul menotok jalan darah di bagian pundak kiri, yakni jalan darah Kin-ceng-hiat!
Pemuda itu maklum akan kehebatan serangan ini maka ia cepat menyelematkan kepalanya dengan mengelak dalam gerakan Hong-hong-tiam-thouw (Burung Hong Menganggukkan Kepala), dan untuk totokan dara itu ke arah pundaknya, ia menangkis dengan gerakan tangan kanan. Tangkisannya bukanlah tangkisan biasa, karena ia melakukan itu sambil membuka tangannya untuk mempergunakan gerakan Eng-jiauw-kang (Pukulan Kuku Garuda) untuk mencengkeram atau menangkap pergelangan tangan yang menotok itu.
Sui Lan tentu saja tidak membiarkan tangannya terpegang, maka ia lalu menarik kembali tangan kirinya dan tangan kanannya kembali menyerang dan dipukulkan ke arah pemuda itu. Melihat perubahan yang cepat dan tak terduga dalam ilmu silat gadis itu, pemuda ini makin kagum saja dan menduga-duga siapakah gerangan gadis muda yang demikian lihai itu! Ketika ia melihat pukulan ke arah dadanya demikian cepat dan kuat, ia lalu mengulur tangan yang dibuka telapaknya dan dengan berani ia lalu mengerima pukulan itu dengan telapak tangannya. Maksudnya untuk mencoba tenaga gadis itu.
Sui Lan merasa gemas dan ingin memberi "rasa" kepada lawannya, maka ia tidak menarik kembali tangannya, bahkan lalu mengerahkan tenaga Thai-lek Gin-kong-cu, yakni tenaga lwee-kang yang dikerahkan dalam perut sehingga kekuatan pukulannya menjadi berlipat kali lebih hebat. Tenaga ini mempunyai daya dorong yang sanggup mendorong batu yang ribuan kati beratnya! Ia tidak tahu bahwa diam-diam pemuda itu mengerahkan tenaga Ban-kin-lat (Tenaga Selaksa Hati).
"Bluk!!" telapak tangan mereka bertemu, membawa dua tenaga raksasa yang hebat sekali. Keduanya merasa betapa tangannya bergetar, akan tetapi oleh karena bhe-si (kuda-kuda) kedua orang ini kuat dan teguh sekali, maka benturan tenaga itu hanya membuat mereka terhuyung-huyung ke belakang sampai empat lima langkah. Hal ini tak pernah diduga oleh kedua pihak sehingga mereka saling pandang dengan penuh kekaguman dan keheranan.
Pada saat itu, terdengar bentakan nyaring dari jauh, "Bangsat hina-dina! Jangan kau berani mengganggu adikku!" berbareng dengan suara ini, muncullah dua dara jelita dengan gerakan luar biasa cepatnya. Pemuda itu melihat dengan kagum dan heran karena dua orang dara itu wajahnya demikian sama seperti kembar. Yang membentak tadi adalah Hwe Lan, akan tetapi sebelum ia bergerak, ia telah didahului encinya. Siang Lan merasa khawatir kalau Hwe Lan akan berlaku sembrono, maka ia mendahului melompat ke tempat pertempuran itu dan menyangka bahwa Sui Lan telah dikalahkan oleh pemuda itu.
Melihat lompatan yang hebat ini, yang dilakukan dengan gerakan burung walet menembus awan, pemuda itu kembali terkejut. Akan tetapi ketika ia tadi mendengar bentakan yang menyatakan bahwa yang datang ini enci dari gadis yang tadi bertempur dengan dia, maka ia menyangka bahwa Siang Lan hendak menyerangnya. Oleh karena itu, ia mendahului dengan sebuah tamparan untuk menggagalkan serangan gadis itu. Siang Lan merasa penasaran melihat betapa orang ini datang-datang menyerangnya, maka iapun menangkis dengan tangannya yang digerakkan dengan tenaga sepenuhnya. Ketika dua tangan itu beradu, pemuda itu menahan seruannya dan ia terhuyung-huyung mundur, sedangkan Siang Lan hanya melangkah setindak saja ke belakang. Ternyata tenaga lwee-kang dari gadis ini bahkan lebih hebat dari Sui Lan, dan lebih kuat dari pemuda itu.
Celaka, demikian pemuda itu berpikir. Yang seorang ini bahkan lebih lihai lagi daripada yang nakal tadi! Ia baru saja sebulan lebih turun gunung dari pegunungan Kun-lun-san dan kini sedang menuju pulang, tak disangkanya dia di jalan bertemu dengan gadis yang luar biasa lihainya ini! Maka pemuda itu lalu mengambil keputusan untuk "cao" (melarikan diri) saja yang dianggapnya lebih aman dan selamat daripada menghadapi bidadari berbahaya ini! Ia lalu berseru, "Maafkan siauw-te yang lancang!" dan tubuhnya lalu melompat ke belakang dengan cepatnya, berpoksai (membuat salto) beberapa kali lalu turun setelah berada di atas kudanya. Tentu saja ketiga dara muda itu memandang dengan kagum, akan tetapi Hwe Lan yang mengira bahwa adiknya diganggu pemuda itu, masih merasa penasaran melihat pemuda itu hendak melarikan kudanya.
"Tinggalkan dulu daun telingamu!" teriak Hwe Lan yang segera mengerahkan kedua tangannya. "Ser! Ser!" dua buah thi-lian-ci dengan cepatnya menyambar ke kanan kiri kepala pemuda itu, mengarah daun telinga dengan jitu dan cepat sekali.
Pemuda itu terkejut bukan main dan segera menundukkan kepalanya. Dua butir thi-lian-ci itu lewat di dekat telinganya dan angin sambarannya terasa pada daun telinga. Akan tetapi, kembali telah menyusul dua butir thi-lian-ci yang baru lagi dan menyambar kedua daun telinganya, terpaksa pemuda itu membuang diri ke kiri sambil melarikan kudanya dan berhasil mengelak. Namun, dua butir lagi telah menyambar dan mengejar telinganya. Ia cepat membuang diri ke kanan dan mendengar suara thi-lian-ci yang berturut-turut menyambar tiada hentinya itu, ia menjadi ngeri sekali. sambil berseru keras ia mencambuk kudanya yang lari makin cepat dan ketika dari belakang ia mendengar beberapa butir thi-lian-ci menyambar lagi, ia melompat ke atas dan melayang ke depan sehingga enam butir thi-lian-ci yang kini terbang menyambar, lewat di bawah kakinya. Pemuda itu lalu melayang ke bawah dan tepat pula duduk di atas kudanya yang masih berlari. Benar-benar gerakan yang bukan main indahnya sehingga Hwe Lan menjadi bengong karena kagumnya dan lupa untuk mempergunakan thi-lian-ci lagi.
Pemuda itu mengeluarkan keringat dingin dari punggungnya, hebat, pikirnya. Gadis ketiga ini lebih berbahaya lagi! Ah, untung dia bisa cepat melarikan diri, karena kalau ia harus bertanding melawan tiga orang dara manis itu, tentu ia akan dapat celaka! Baru kali ini semenjak turun gunung ia bertemu dengan gadis-gadis secantik dan semuda mereka, juga yang memiliki kepandaian selihai itu! Pernah ia bertemu dengan perampok sampai tiga kali, akan tetapi dengan mudahnya ia menggempur dan mengobrak-abrik perampok itu, bahkan telah berhasil merampas seekor kuda yang baik dari kepala rampok yang sekarang menjadi kuda tunggangannya. Akan tetapi gadis-gadis tadi...! Ia bergidik kalau memikirkannya. Gadis pertama yang cantik seperti bidadari dan jenaka nakal itu mempunyai kepandaian silat yang belum tentu berada di bawah tingkatnya, kemudian gadis yang memiliki tenaga lwee-kang luar biasa itu, dan akhirnya gadis yang dapat menyambit sedemikian mengerikan dengan menggunakan thi-lian-ci! Sungguh-sungguh merupakan lawan yang bukan main tangguhnya.
Betapapun juga, bayangan Sui Lan tak pernah lenyap dari depan matanya. Senyum yang manis itu, sinar mata yang demikian bening, jenaka dan pandangannya yang kocak. Ah, ia maklum bahwa dunia ini tak mungkin ia akan dapat menjumpai seorang gadis sehebat itu.
Sementara itu, Siang Lan dan adik-adiknya setelah melihat pemuda itu melarikan diri cepat, lalu berkumpul di bawah pohon dan beristirahat.
"Sui-moi, siapakah orang tadi dan mengapa kau bertempur dengan dia?" tanya Siang Lan kepada adiknya.
Sui Lan tertawa geli dan dengan tingkah lucu ia menceritakan sebab-sebab perkelahiannya. Tentu saja ia tidak mengaku salah dan menyatakan bahwa ia mengganggu pemuda itu oleh akrena melihat pemuda itu duduk dengan pasang aksi, "Aku menjadi gemas dan mendongkol melihatnya!" katanya kemudian membela diri ketika encinya memandang penuh teguran. "Ia duduk di atas kudanya yang berjalan lenggak-lenggok dan ketika ia lewat di dekatku, sama sekali tidak melihat seakan-akan seorang raja muda melihat seekor cacing! Aku benci manusia sombong, maka aku lalau menyambit pantat kudanya dengan buah busuk!"
Kedua encinya tertawa melihat kenakalan adiknya yang terkasih itu.
"Sui-moi, lain kali janganlah kau mencari perkara seperti itu. Kalau pemuda itu seorang biasa sih tidak akan menjadikan sesuatu yang berbahaya, akan tetapi kalau bertemu dengan seorang seperti dia tadi...! Ah, dia benar-benar memiliki ilmu kepandaian yang tinggi. Entah anak dan murid siapakah dia?" kata Siang Lan.
"Baru saja turun gunung bertemu dengan seorang lawan yang demikian tangguhnya. Apakah di dunia kang-ouw masih banyak orang-orang pandai seperti itu?" berkata Hwe Lan yang diam-diam juga memuji ketika menyaksikan betapa pemuda itu dapat menghindarkan diri dari sambitan thi-lian-ci yang dilepaskannya tadi.
"Ah, menghadapi orang macam itu saja aku tidak takut!" kata Sui Lan sambil tertawa menyombong. "Jangankan satu semacam dia, biar ditambah lima lagi aku tidak gentar!"
"Sombong!" seru Siang Lan.
"Aku tidak sombong, benar-benar aku berani menghadapi orang-orang semacam dia, biar ada lima sekalipun!"
"Adik Sui Lan, kau membohong! Kepandaian orang tadi belum tentu di bawah tingkat kepandaianmu!" kata Hwe Lan sambil memandang tajam.
Sui Lan lalu mengangkat dada dan bertolak pinggang dengan gagah sekali. "Kalian tidak percaya" Boleh, boleh lekar sekarang juga kalian datangkan lima orang seperti dia! Aku Yap Sui Lan takkan mundur selangkahpun!"
Tentu saja kedua encinya tidak mungkin mendatangkan lima orang seperti pemuda itu tadi, maka tahulah kedua encinya mengapa ia berani menyombong macam itu.
"Ah, lagakmu! Kalau orangnya tidak ada, tentu saja mudah menantang. Jangan-jangan kalau orangnya datang, kau akan bersembunyi di belakang punggung Hwe Lan!" kata Siang Lan sambil melerok dan ketiga dara itu tertawa-tawa gembira. Memang Siang Lan dan adik-adiknya yang tidak mengetahui she (nama keturunan) sendiri itu, lalu menggunakan she dari Yap Sian Houw sebagai penghormatan dan pernyataan bakti dan kasih sayang terhadap orang tua yang berbudi itu.
Kemudian mereka melanjutkan perjalanan dan tak lama kemudian mereka bertemu dengan dusun pertama di kaki bukit Liong-cu-san. Meerka berhenti untuk membeli makanan dan bahkan membeli roti kering untuk bekal jalan. Orang-orang di dalam dusun itu memandang dengan kagum kepada tiga orang dara yang selain cantik jelita, juga bersikap gagah dan gembira. Belum pernah dusun mereka didatangi tiga orang dara seperti ini.
Kemudian Siang Lan mengajak kedua adiknya untuk melanjutkan perjalanan dengan cepat. Menurut pesan Yap Sian Houw dulu, apabila sudah tiba waktunya mereka turun gunung, mereka diharuskan menengok makam seorang pendekar bernama Nyo Hun Tiong yang oleh Yap Sian Houw disebut sebagai penolong nyawa mereka bertiga. Tiga orang dara ini sama sekali tidak ingat kepada orang yang bernama Nyo Hun Tiong, juga tidak ingat betapa dulu mereka hampir saja dibunuh orang she Nyo itu. Hal ini yang mengetahui hanya Nyo Hun Tiong sendiri, karena tiga orang anak yang hendak dibunuhnya itu tidak ingat lagi akan hal ini.
Dan oleh karena tempat pertama yang dituju, yakni makam Nyo Hun Tiong ini, masih jauh sekali, maka Siang Lan mengajak adik-adiknya untuk melakukan perjalanan dengan cepat.
Setelah melakukan perjalanan dengan cepat beberapa hari lamanya, sampailah Siang Lan dan adik-adiknya di hutan pohon siong dan liu di mana menurut penuturan Yap Sian Houw terdapat makam Nyo Hun Tiong.
"Makamnya berada di sebuah hutan siong dan liu, di kaki bukit yang bentuknya seperti harimau tidur, di kaki sebelah barat. Di dalam hutan itulah jenazahnya dikubur dan aku memberi tanda sebuah pohon pek di atas makamnya. Kalau kalian bisa sampai di tempat itu, tentu akan kalian lihat bahwa batang pohon pek itu terdapat ukiran pedangku, menuliskan nama Nyo Hun Tiong." Demikian pesan mendiang Yap Sian Houw dulu.
Ketika ketiga orang gadis itu tiba di luar hutan, hari telah menjadi senja dan udara tertiup awan hitam sehingga menjadi gelap. Mereka agak ragu-ragu memasuki hutan yang gelap itu, karena bagaimana bisa mencari sebatang pohon pek yang ada ukiran tulisannya di dalam hutan yang penuh pohon itu"
Pada saat mereka masih ragu, tiba-tiba mereka mendengar suara kaki kuda menderap keluar dari hutan itu. Siang Lan cepat mengajak adiknya bersembunyi di balik batang pohon dan mengintai karena mereka menyangka ada perampok dalam hutan ini.
Dua orang penunggang kuda keluar dari hutan dan ternyata mereka ini berpakaian sebagai perwira-perwira Kaisar dengan baju yang bersulam benang emas. Siang Lan dan adik-adiknya pernah mendengar penuturan Yap Sian Houw dan diberi gambaran yang jelas tentang keadaan kota raja berikut pakaian-pakaian yang dipakai oleh barisan Kim-i-wi, maka melihat dua orang penunggang kuda itu, maklumlah mereka bahwa kedua orang ini adalah anggota Kim-i-wi.
"Kita harus melaporkan ini kepada Thio-ciangkun!" seorang di antara mereka berkata ketika kuda mereka lewat di dekat gadis-gadis itu bersembunyi.
"Tentu!" jawab orang kedua. "Menemukan pemberontak Nyo Hun Tiong hidup atau mati, bukanlah jasa yang kecil! Kita tentu akan mendapat hadiah."
Setelah dua orang penunggang kuda itu pergi jauh, Siang Lan berkata kepada adik-adiknya, "Kebetulan sekali, perwira tadi agaknya baru saja menemukan kuburan Nyo-enghiong (Pendekar she Nyo). Biarlah kita bermalam di luar hutan dan besok kita mencari kuburan itu, sekalian melihat apa yang akan dilakukan oleh perwira Kim-i-wi itu."
"Mengapa tidak kita gempur saja dua orang tikus Kaisar tadi, enci Lan?" kata Hwe Lan dengan muka mendendam dan benci kepada semua perwira Kaisar yang dianggap telah merusak kehidupan mereka, telah membunuh orang-orang yang mereka cintai dan pendekar-pendekar yang telah membela rakyat.
"Mengapa kita bunuh mereka" Kau harus sabar dan ingatlah pesan suthai sebelum kita tutun gunung, Hwe Lan. Kita boleh turun tangan apabila membuktikan kejahatan mereka. Kalau tidak terjadi sesuatu perbuatan jahat, tak selayaknya kita memukul orang, itu namanya sewenang-wenang dan mengandalkan kepandaian untuk menghina orang lain."
"Akan tetapi mereka itu anggota Kim-i-wi yang jahat, enci Lan!" Sui Lan membela Hwe Lan.
Siang Lan tersenyum. "Belum tentu semua perwira itu jahat, pasti ada kecualinya. Siapa tahu kalau kedua orang tadi justru perwira-perwira berhati mulia" Kalau belum ada bukti kejahatan seseorang, kita tak boleh menyebutnya jahat. Memang, pasukan Kim-i-wi terkenal jahat dan kejam, akan tetapi harus diingat bahwa mereka ini sebagian besar hanya menjalankan perintah belaka."
Kedua adiknya tak berani membantah dan di dalam hati mereka dapat membenarkan pandangan encinya yang luas ini akan tetapi betapapun juga, Hwe Lan merasa kurang puas. Menurutkan hatinya, ingin ia membasmi semua perwira yang dijumpainya!
Malam hari itu, tiga dara pendekar ini bermalam di luar hutan, di bawah sebatang pohon besar. Mereka membuat api unggun dan bergantian berjaga, karena di tempat terbuka itu mereka harus berlaku hati-hati. Baiknya tak terjadi sesuatu dan pada keesokan harinya, pagi-pagi setelah udara menjadi terang, mereka memasuki hutan itu dan mulai mencari kuburan Nyo Hun Tiong, pendekar Siauw-lim-pai yang menolong mereka.
Tidak sukar bagi mereka untuk mencari pohon pek yang telah menjadi besar itu, karena di tempat ini jarang terdapat pohon pek. Setelah mendapat pohon pek yang dicari-cari, mereka berdiri di depan gundukan tanah yang penuh rumpur dan membaca tulisan yang diukit dengan pedang oleh Yap Sian Houw di batang pohon itu. Tulisan ini berbunyi, "MAKAM NYO HUN TIONG, PATRIOT SEJATI".
Biarpun tidak ingat lagi bagaimana wajah Nyo Hun Tiong dan bagaimana pendekar itu menolongmereka, akan tetapi setelah berdiri di depan makam itu, Siang Lan, Hwe Lan dan Sui Lan merasa terharu. Inilah pendekar gagah perkasa yang menurut penuturan Yap Sian Houw, telah mengorbankan nyawa karena menolong mereka bertiga, melepaskan mereka dari ancaman perwira-perwira jahat dan kejam yang dipimpin oleh perwira Lee Song Kang! Dan penolong mereka tewas di tangan Lee Song Kang, demikian pula guru mereka Yap Sian Houw tewas oleh anak panah perwira she Lee itu! Pikiran ini membuat rasa sakit hati mereka semakin berkobar dan Hwe Lan lalu menjatuhkan diri berlutut di depan makam itu sambil berkata,
"Nyo-inkong (Tuan Penolong Nyo), teecu bersumpah untuk membawa kepala bangsat she Lee itu ke depan makammu!"
Pada saat itu, terdengarlah derap banyak kaki kuda yang mendatangi tempat itu.
"Mari kita sembunyi!" kata Siang Lan. "Mereka itu mungkin perwira-perwira Kim-i-wi yang hendak memeriksa makam ini."
Setelah mereka melompat dan bersembunyi di dalam gerombolan pohon, benar saja muncul delapan ekor kuda yang ditunggangi oleh perwira Kim-i-wi yang bertubuh tinggi besar dan bersikap gagah. Yang berada di depan dan paling indah pakaiannya adalah seorang bertubuh tinggi kurus berusia empat puluh tahun lebih. Muka orang ini hitam seperti pantat periuk dan matanya sipit sekali hingga nampaknya seperti dipejamkan. Di pinggangnya tergantung sebatang golok bergagang emas. Perwira ini bukan lain adalah Thio Kim Cai yang berjuluk Kim-to (Golok Emas), seorang murid yang tangguh dari Pek Bi Tojin Ketua Go-bi-pai!
Kemarin siang, dua orang si-wi, yakni anak buahnya, melaporkan bahwa mereka telah melihat makam pemberontak Nyo Hun Tiong di dalam hutan ini, maka ia segera membawa tujuh orang anak buahnya untuk memeriksa kebenaran laporan itu. Nama Nyo Hun Tiong ini kebanyakan bagi perwira amat terkenal, bukan karena pimpinan pemberontak ini amat lihai, akan tetapi ada hubungannya dengan Lee-ciangkun, seorang perwira yang menjadi bu-su di kota raja. Telah lama sekali bu-su itu mencari-cari Nyo Hun Tiong, bahkan menjanjikan hadiah yang amat besar, yakni sepuluh ribu tail perak bagi mereka yang dapat menangkap orang she Nyo itu. Tak seorangpun tahu, kecuali kawan-kawan terdekat dan di antaranya Thio Kim Cai ini, apa alasannya maka perwira she Lee itu demikian beraninya memberi hadiah bagi penangkap Nyo Hun Tiong, hanya kawan-kawan terdekatnya yang tahu bahwa Nyo Hun Tiong telah menculik tiga anak perempuan dari perwira besar itu.
Tentu saja Thio Kim Cai merasa girang sekali ketika menerima laporan tentang diketemukannya kuburan Nyo Hun Tiong, biarpun kegirangan itu dibarengi dengan kekecewaan mendengar bahwa pemberontak itu telah mati. Ia memang pernah mendengar dari Lee-busu, yakni Lee Song Kang yang berpangkat bu-su itu, bahwa Nyo Hun Tiong telah terkena anak panahnya, akan tetapi pemberontak itu masih dapat melarikan diri sambil membawa ketiga orang anaknya.
Setelah tiba di depan makam Nyo Hun Tiong, Thio Kim Cai turun dari kudanya, diturut pula anak buahnya yang berjumlah tujuh orang itu. Thio Kim Cai mendekati pohon pek dan membaca tulisan yang dilakukan dengan ukiran pedang itu.
"Bongkar kuburan ini!" kata Thio Kim Cai kepada anak buahnya.
Anggota Kim-i-wi itu memandang dengan mata terbelalak. "Untuk apa, Thio-ciangkun?" tanya seorang di antara mereka.
"Jangan banyak bertanya. Bongkar saja dan keluarkan isi kuburan itu. Aku, Thio Kim Cai, tidak sudi ditipu oleh segala macam akal bangsat para pemberontak itu. Aku ingin menyaksikan apakah benar-benar Nyo Hun Tiong telah mampus."
Hwe Lan yang bersembunyi dengan dua saudaranya, menahan seruan marah ketika mendengar nama Thio Kim Cai ini. Hm, jadi inikah anak buah murid Go-bi-pai yang menurut penuturan Yap Sian Houw, telah menjadi seorang perwira kerajaan, bahkan yang telah membuka rahasia Yap Sian Houw sehingga dikeroyok dan mendapat luka parah" Untung Siang Lan cepat memegang tangannya, kalau tidak, ia tentu telah bergerak dan melompat keluar untuk menerjang perwira itu.
Siang Lan menyuruh saudaranya bersabar dulu untuk melihat perkembangan selanjutnya. Ternyata bahwa para anggota Kim-i-wi itu merasa ragu-ragu untuk melakukan perintah itu. Betapapun juga, mereka adalah perwira yang berkedudukan tinggi, bagaimana kini mereka harus menjalankan pekerjaan yang demikian rendahnya, yakni membongkar kuburan orang" Akan tetapi, untuk menolak, mereka tidak berani dan terpaksa mereka lalu maju mendekati kuburan itu untuk mulai melakukan pekerjaan yang amat berat itu. Karena mereka tidak mempunyai alat-alat penggali, maka mereka mencabut senjata tajam seperti golok dan lain-lain untuk menggali kuburan itu.
Kini Siang Lan tidak sabar lagi. Ia memberi tanda dan tiga dara itu bergerak, disusul dengan berkelebatnya beberapa butir thi-lian-ci ke arah tujuh orang perwira yang sedang menggali kuburan itu.
"Awas!" teriak Thio Kim Cai yang melihat sinar am-gi (senjata rahasia) ini untuk memberi peringatan kepada kawan-kawannya.
Tujuh orang anggota Kim-i-wi itu bukanlah orang-orang sembarangan dan mereka rata-rata mempunyai ilmu kepandaian yang cukup baik, maka biarpun andaikata Thio Kim Cai tidak memberi peringatan, mereka dapat juga melihat datangnya sinar senjata rahasia yang menyambar ke arah mereka. Dengan seruan kaget mereka lalu melompat ke sana ke mari untuk menghindarkan diri dari sambaran peluru kecil itu. Akan tetapi, sambitan thi-lian-ci yang dilepas dari gerombolan pohon itu benar-benar cepat sekali sehingga dua orang di antara mereka kena tersambar kulitnya dan mereka mengaduh-aduh.
Thio Kim Cai dan kawan-kawannya menjadi marah sekali dan semua orang dengan senjata di tangan memandang ke arah gerombolan pohon di depan itu.
"Penjahat kurang ajar yang bermata buta dari manakah berani bermain gila terhadap kami?" Thio Kim Cai berseru sambil mencabut goloknya yang lebar dan berkilauan saking tajamnya.
Baru saja ia mengeluarkan makian ini, tiba-tiba dari balik batang pohon-pohon itu berlompatan tiga orang yang membuat para perwira berdiri melongo dan memandang dengan mata terbelalak. Tiga orang gadis yang cantik jelita dari kahyangan.
Akan tetapi mereka tak diberi kesempatan terlalu lama untuk berdiri melongo dan memandang kagum, karena mereka segera harus berlaku cepat karena tiga dara itu datang-datang tanpa banyak cakap lagi lalu mencabut pedang dan mengamuk. Gerakan pedang di tangan tiga dara itu demikian hebat dan cepatnya sehingga para perwira seakan-akan melihat cahaya kilat menyambar-nyambar di atas kepala mereka dalam hujan badai.
Hwe Lan dan Sui Lan segera dikeroyok oleh tujuh orang perwira, sedangkan Siang Lan memutar pedangnya menyerang Thio Kim Cai yang maju menyambut dan menggerakkan goloknya dengan keras sekali karena ia bermaksud untuk membuat pedang gadis itu terpental dari pegangannya. Oleh karena ini ia sengaja menggerakkan goloknya dengna mengerahkan gwa-kang (tenaga kasar) sehingga goloknya itu mengeluarkan suara angin ketika menggempur pedang di tangan Siang Lan. Akan tetapi gadis itu dengan tenangnya tidak menarik kembali pedangnya, bahkan lalu memapaki sambaran golok lawan.
"Trang!" bunga api berpancaran keluar ketika dua batang senjata ini bertemu dengan hebatnya. Thio Kim Cai menjadi terkejut sekali karena bukan saja pedang gadis itu tidak terpental, bahkan ia merasa telapak tangannya bergetar karena sambutan tenaga lwee-kang yang amat besar. Untung tenaga gwa-kangnya cukup besar dan kuat iapun segera menyalurkan tenaga lwee-kangnya agar goloknya tidak terlempar, akan tetapi pengalaman ini cukup mengagetkan hatinya.
"Eh, siapa kau dan apa maksudmu menyerang kami perwira-perwira istana?" ia membentak.
"Orang she Thio! Jangan banyak cakap lagi, ketahuilah bahwa kami datang untuk membalaskan sakit hati Yap Sian Houw dan kamit ak akan membiarkan orang-orang kejam tak berperikemanusiaan macam kau dan kawan-kawanmu ini, membongkar makam suci seorang pendekar besar seperti Nyo Hun Tiong!"
"Kau... kalian dari... Siauw-lim-pai?" tanya Thio Kim Cai terheran-heran.
Siang Lan tersenyum mengejek. "Memang kami bertiga adalah murid-murid Siauw-lim-pai." Ia sengaja berkata demikian karena tahu bahwa orang she Thio ini adalah anak murid Go-bi-pai dan ia teringat akan pesan gurunya, Toat-beng Sian-kouw yang melarangnya mengaku sebagai muridnya apabila menghadapi lawan dari cabang lain.
"Bagus!" seru Thio Kim Cai yang segera menyerang dengan goloknya. Serangannya kuat dan cepat, tanda bahwa selain tenaganya besar, ia juga memiliki ilmu golok yang tinggi dan pengalaman bertempur yang luas. Akan tetapi dengan tenang Siang Lan menyambut serangannya dan bahkan membalas dengan serangan-serangan yang cepat sekali. Kini Thio Kim Cai benar-benar merasa kaget dan tercengang. Anak ini benar-benar lihai sekali, pikirnya. Ketika ia mencoba untuk mengerling ke arah kawan-kawannya yang mengeroyok dua dara lain itu, ia makin terkejut sekali karena tujuh orang kawannya itu didesak hebat oleh dua batang pedang di tangan dua orang gadis itu yang menggerakkan pedang mereka dengan cara istimewa sekali!
Celaka, pikir perwira she Thio ini. Benar-benar tiga dara yang muda dan cantik jelita ini merupakan lawan yang amat tangguh. Ia menggigit bibir dan mengerahkan seluruh tenaga dan kepandaiannya, akan tetapi Siang Lan tetap saja dapat mematahkan semua serangannya dengan ketenangan yang amat mengagumkan. Thio-ciangkun menyerang dengan menggunakan tipu-tipu gerakan yang paling lihai. Dengan teriakan keras, ia menggerakkan goloknya dengan tipu Kim-so-tui-te (Kunci Emas Jatuh di Tanah). Goloknya jatuh ke tanah mengeluarkan bunyi "tring" karena ujungnya mengenai sebutir batu dan dari bawah, golok itu menyerbu dengan tusukan maut ke arah dada Siang Lan. Melihat datangnya serangan hebat ini, Siang Lan lalu menggunakan gerakan dari ilmu pedang Tat Mo Kiam-hwat dari cabang Siauw-lim-pai. Tubuhnya miring ke kiri dan pedangnya digerakkan dari kiri ke kanan menangkis arah golok yang meluncur ke arah dada itu. Akan tetapi mereka tidak berhenti sampai di situ saja, karena dari pertemuan pedang dan golok itu ia sengaja membuat pedangnya terpental untuk diteruskan dengan gerak tipu Duri Menusuk Dari Bawah Bunga. Pedangnya menyerbu di bawah golok dan menuju ke dada lawan dengan amat cepatnya.
Gerakan ini benar-benar di luar dugaan Thio Kim Cai yang menjadi gugup dan terkejut sekali. Ia berseru keras dan sambil menarik goloknya kembali ia mencoba untuk menjatuhkan diri ke belakang agar terlepas dari serangan berbahaya ini. Akan tetapi ia kurang cepat dan ujung pedang Siang Lan masih menyerempet dan melukai lengannya.
Kali ini Thio Kim Cai benar-benar terkejut dan gentar. Belum pernah ia menghadapi seorang murid Siauw-lim-pai yang selihai ini. Bahkan ketika dulu menghadapi Yap Sian Houw, tokoh Siauw-lim-pai yang terkenal itu, ia masih dapat melakukan perlawanan karena ia dapat menduga bagaimana perkembangan gerakan lawan itu. Akan tetapi, terhadap gadis cantik ini ia benar-benar merasa bingung karena gadis ini selain mempunyai kepandaian jauh melampaui dugaannya, juga mempunyai ilmu pedang yang amat cepat dan aneh gerakan-gerakannya.
Pada saat itu, Thio Kim Cai mendengar teriakan-teriakan susul menyusul dari kawan-kawannya dan ketika ia mengerling, dua kawannya telah roboh mandi darah menjadi korban pedang kedua gadis yang mereka keroyok! Hal ini membikin semangat Thio-ciangkun menjadi semakin kecil, maka ia lalu melompat cepat dan tahu-tahu ia telah berada di atas kudanya untuk melarikan diri secepatnya.
"Bangsat she Thio jangan lari!" Siang Lan berseru marah dan ketika melihat lawannya telah melompat ke atas kuda, gadis itu lalu merogoh kantong thi-lian-ci di pinggangnya dan sekali tangan kirinya bergerak, tiga butir thi-lian-ci menyambar ke arah tubuh Thio Kim Cai! Perwira itu terkejut sekali dan menyampok dengan goloknya sehingga tiga buah senjata rahasia yang dilepas oleh Siang Lan itu terlempar ke atas tanah, akan tetapi kembali tiga butir thi-lian-ci yang lain menyambar dengan cepat sekali.
Thio Kim Cai menjadi sibuk sekali dan berpikir bahwa kalau ia berada di atas kuda, tak mungkin dapat melarikan diri dan bahkan berbahaya sekali, maka ia lalu menggulingkan tubuhnya dari atas kuda dan melarikan diri sambil melompat ke belakang pohon.
Dengan cara demikian, perwira she Thio itu dapat menghindarkan diri dari serangan senjata gelap, akan tetapi Siang Lan masih merasa penasaran kalau belum dapat merobohkan perwira yang menjadi biang keladi kematian Yap Sian Houw itu, maka ia lalu mengejar secepatnya.
Sementara itu, setelah merobohkan dua orang perwira lagi sehingga kini yang mengeroyoknya hanya tingga tiga orang, Hwe Lan dan Sui Lan melihat betapa enci mereka mengejar perwira muka hitam itu, merasa khawatir akan keselamatan Siang Lan.
"Sui-moi!" kata Hwe Lan sambil memutar-mutar pedangnya. "Kau susul enci Siang Lan, biar aku sendiri yang bikin mampus tiga anjing kecil ini!"
Sui Lan maklum bahwa encinya ini takkan kalah menghadapi tiga orang perwira yang sudah terdesak hebat itu, maka ia lalu melompat jauh dan mengejar ke arah Siang Lan yang berlari. Ia tadi melihat Siang Lan mengejar ke arah utara, maka secepatnya ia lalu menuju ke utara. Setelah berlari beberapa lamanya, Sui Lan merasa heran mengapa ia tidak melihat bayangan Siang Lan maupun perwira yang dikejar oleh encinya itu. Dengan heran dan gelisah, Sui Lan mencari-cari sampai beberapa lama, berlari ke sana ke mari, kadang-kadang berdiri untuk mendengarkan dengan penuh perhatian. Akan tetapi yang didengarnya di dalam hutan itu hanyalah suara burung-burung berkicau.
Karena merasa penasaran, Sui Lan mencari pohon yang tertinggi di tempat itu, kemudian melompat ke atas cabang yang terendah, dan memanjat terus ke atas. Ia berdiri di atas cabang yang paling atas dan memandang sekelilingnya terutama ke arah utara untuk mencari bayangan Siang Lan. Akhirnya ia dapat melihat bayangan Siang Lan berlari-lari mengejar perwira muka hitam itu, akan tetapi mereka telah jauh sekali. Ia telah terlalu banyak membuang waktu di dalam hutan sedangkan encinya itu telah mengejar naik ke bukit kecil di luar hutan.
Sui Lan hendak turun dari pohon itu. Tiba-tiba ia mendengar suara mendesis keras dan ketika ia menengok, alangkah kagetnya karena yang mendesis itu seekor ular yang amat besar. Ular tadi sudah semenjak tadi melingkar pada cabang pohon, dekat dengan cabang yang diinjaknya, dan ia tidak melihat sama sekali karena selain ular itu sama sekali tidak bergerak, juga warna kulitnya hampir sama dengan kulit pohon.
Ular yang terkejut dan marah itu membuka mulutnya lebar-lebar dan mengeluarkan suara mendesis berikut uap keputih-putihan yang disemburkan ke arah Sui Lan. Gadis ini merasa jijik dan terkejut sekali, maka untuk sesaat ia hanya memandang dengan mata terbelalak. Belum pernah ia melihat ular sebesar ini, akan tetapi ketika ular itu tiba-tiba menggerakkan leber dan mulutnya yang lebar itu menyambar ke arah kaki Sui Lan, gadis itu dengan cepat melompat ke atas cabang yang lebih bawah. Akan tetapi, bukan main kagetnya ketika buru saja kakinya menginjak cabang ini, dari atas ia merasa angin menyambar dan tahu-tahu ular itu telah mengejarnya dan dengan mulut terbuka menyerang ke arah lehernya!
Karena ketika melompat ke atas pohon tadi, Sui Lan menyimpan pedangnya, maka ia tidak dapat menggunakan pedang itu dalam keadaan terdesak dan tidak leluasa maka kembali ia menggerakkan tubuhnya dan melompat ke bawah. Ular itu tetap mengejar dengan kecepatan yang mengerikan. Akhirnya Sui Lan dapat juga melompat sampai ke atas tanah dan cepat gadis ini mencabut pedangnya lalu menanti datangnya binatang buas itu.
"Turunlah, cacing pohon!" teriaknya sambil melambai-lambai dengan tangan kirinya. "Apa kau kira aku takut padamu?"
Ular itu telah melilitkan tubuhnya pada cabang yang paling rendah dan agaknya merasa ragu-ragu untuk menyerang turun. Kepalanya dijulurkan ke bawah dan lidahnya keluar masuk dengan cepatnya di ujung mulutnya.
"Ayo turun kalau ingin mampus!" kembali Sui Lan berseru. Dara ini merasa marah dan gemas karena tadi telah menderita kekagetan dan melihat ular itu hanya memandang dan mempermainkan lidahnya yang panjang dan merah itu, ia lalu merogoh kantung thi-lian-ci dan menyambitkan dua butir biji teratai besi ke arah kepala ular itu, membidik ke arah matanya. Akan tetapi ular itu dapat menggerakkan kepalanya ke samping dan thi-lian-ci itu tidak mengenai sasaran. Namun Sui Lan sebagai ahli senjata rahasia, telah menyiapkan dua butir lagi tangannya dan begitu serangan pertama luput ia telah menyusul lagi dengan serangan kedua!
Kali ini, biarpun kepalanya mengelak, akan tetapi thi-lian-ci kedua yang ditujukan ke arah perutnya, mengenai dengan tepat dan menancap terus ke dalam perut ular itu! Ular itu agaknya merasa kesakitan karena lingkaran pada batang pohon menjadi mengendur. Memang tubuh binatang lebih kuat dari pada manusia dan biarpun biji teratai itu telah memasuki tubuhnya bagian perut, agaknya ular itu tidak tepengaruh geraknya. Ia mendesis-desis lagi menyatakan marahnya dan tiba-tiba kepala lehernya meluncur ke bawah, ke arah kepala Sui Lan. Panjang ular itu tidak kurang dari sepuluh kaki dan dengan melilitkan ekornya pada cabang pohon, kepalanya dapat bergantung ke bawah sampai ke tanah!
Sebetulnya Sui Lan tidak takut sama sekali terhadap binatang itu, hanya merasa ngeri dan jijik. Kini melihat ular itu menyambar turun ke arahnya, ia cepat melangkah ke kiri untuk mengelak dan ketika kepala ular itu menyambar lewat, pedangnya cepat bergerak, disabetkan ke arah leher tepat di belakang kepalanya.
"Crak!" pedang yang digerakkan dengan kuat sekali itu menabas leher ular dan Sui Lan cepat melompat ke kiri. Gerakan ini baik sekali karena ular yang telah dipenggal lehernya itu terlepas lilitan ekornya pada cabang dan tubuhnya yang panjang jatuh ke bawah, dari lehernya yang putus muncrat darah yang berbau amis sekali!
Sui Lan memandang ekor ular yang biarpun sudah tak berkepala lagi, akan tetpai masih dapat menggeliat itu. Hatinya menjadi geli dan jijik, lalu ia bersihkan pedangnya pada batang pohon dan menyimpannya kembali pada sarung pedangnya. Kemudian ia teringat akan maksudnya mencari Siang Lan, maka ia segera melompat dan berlari ke arah utara untuk keluar dari hutan itu dan mengejar ke bukit kecil di mana ia melihat encinya tadi berlari-lari mengejar perwira muka hitam.
Akan tetapi kembali ia kecewa dan bingung karena setelah tiba di tempat itu, ia tidak melihat lagi bayangan Siang Lan maupun Si Muka Hitam! Ia mencari bahkan berteriak-teriak memanggil, akan tetapi hanya gema suaranya sendiri saja yang menjawabnya. Sui Lan mulai merasa gelisah ke manakah encinya pergi" Tak mungkin encinya tidak dapat menyusul perwira muka hitam, karena ia maklum akan kelihaian encinya. Dan kalau sudah tersusul, tentu perwira itu binasa. Akan tetapi mengapa tidak ada jawaban ketika ia memanggil encinya, suaranya itu dapat terdengar sampai jauh, maka tak mungkin Siang Lan tidak dapat mendengar suaranya.
Apakah Siang Lan mendapat bencana" Sui Lan makin bingung dan karena tidak tahu ke mana akan mencari kakaknya ia pikir lebih baik kembali pada Hwe Lan dulu untuk kemudian mencari bersama. Ia lalu berlari kembali ke dalam hutan tadi untuk memberitahukan hasil penyusulannya kepada Hwe Lan.
Ketika ia tiba di tempat pertempuran tadi, yakni di depan kuburan Nyo Hun Tiong, Sui Lan terkejut sekali karena di situ telah sunyi dan tidak nampak bayangan Hwe Lan, bahkan para perwira yang tadi menjadi korban pedangnya dan Hwe Lan, tidak ada lagi di situ. Yang ada adalah bekas-bekas pertempuran, darah berceceran di sana sini, rumput rusak terinjak-injak dan jejak kaki kuda memenuhi tempat itu. Yang hebat adalah keadaan kuburan itu, karena tanah kuburannya telah dibongkar dan ketika ia menjenguk ke dalam kuburan, di situ telah kosong! Agaknya rangka dari tubuh Nyo Hun Tiong telah ada yang mencuri dan membawa pergi.
Sui Lan benar-benar merasa bingung dan gelisah sekali. Apakah yang telah terjadi pada Hwe Lan" Kekhawatirannya memuncak dan membuat wajahnya yang cantik dan biasanya berseri gembira itu menjadi pucat. Kedua matanya mulai basah air mata. Siang Lan pergi tanpa meninggalkan jejak, dan kini Hwe Lan lenyap pula!
"Enci Hwe Lan...!" ia memanggil dengan suara keras. Akan tetapi yang menjawab hanyalah bunyi kresekan daun tertiup angin. Daun-daun itu seakan menceritakan sesuatu, menceritakan apa yang telah terjadi dengan Hwe Lan. Beberapa kali Sui Lan memanggil lagi sekerasnya, akan tetapi, tetap tidak ada yang menjawab. Akhirnya dara ini menjatuhkan diri di atas tanah dan menangis. Ia benar-benar merasa bingung dan sedih. Baru kali ini ia ditinggal seorang diri dan tidak tahu harus berbuat apa, harus pergi ke mana!
Akhirnya ia dapat menetapkan hatinya dan menganggap saat seperti itu tidak tepat kalau diisi dengan kesedihan dan kebingungan. Ia harus berusaha. Gadis ini lalu bangun berdiri, menyusut air matanya kemudian ia mencoba untuk mencari jejak Hwe Lan. Ia hanya melihat banyak jejak kaki kuda di tempat itu dan dengan dada berdebar ia menduga bahwa tentu datang banyak sekali orang berkuda di tempat ini. Mungkin sekali Hwe Lan dikeroyok dan ditawan oleh mereka! Ia merasa menyesal mengapa tadi meninggalkan encinya untuk mencari Siang Lan.
"Enci Siang Lan!" bibirnya bergerak ketika teringat kepada encinya yang sulung ini. Ah, lebih baik ia mencari lagi Siang Lan, siapa tahu kali ini ia akan bertemu. Kalau saja di situ ada seorang di antara kedua kakaknya itu, tentu ia tak sebingung ini.
Sui Lan lalu lari lagi keluar dari hutan untuk mencari Siang Lan di bukit yang berada di sebelah utara hutan ini. Demikianlah, sehari itu ia lewatkan dengan mencari kedua encinya di sekitar tempat itu dengan hati bingung.
Sebetulnya ke manakah perginya Siang Lan" Oleh karena kini tiga dara itu telah terpisah, maka agar lebih jelas mari kita ikuti pengalaman mereka seorang demi seorang.
Sebagaimana telah diketahui, Siang Lan mengejar Thio Kim Cai, anak murid Go-bi-pai yang menjadi kepala perwira pasukan Kim-i-wi itu. Ia melarikan diri secepatnya untuk menghindarkan diri dari bahaya maut, akan tetapi Siang Lan tetap mengejarnya dengan sama cepatnya pula. Ilmu lari cepat perwira itu cukup tinggi, karena ia memiliki ilmu lari cepat dari Go-bi-pai, yakni ilmu lati Liok-tr-hui-teng (Lari Terbang di Atas Bumi). Oleh karena itu untuk beberapa lama ia berhasil menjauhkan diri dari Siang Lan yang tetapi mengejarnya. Biarpun dalam hal ilmu berlari cepat, Siang Lan tak kalah dengan perwira itu, akan tetapi karena Thio Kim Cai lebih kenal keadaan tempat itu, maka untuk beberapa lama Siang Lan belum dapat menyusul lawannya dan hendak mengejar dari belakang, sungguhpun jarak di antara mereka masih tetap tak berubah.
Mereka berkejaran sampai ke bukit sebelah utara hutan itu. Thio-ciangkun merasa bingung sekali melihat betapa gadis yang mengejarnya itu tetap tak mau melepaskannya, sedangkan ia telah lelah. Kalau ia terus mendekati bukit di depan itu, tentu ia akan tersusul. Jalan satu-satunya hanya ke kiri di mana terdapat sebuah rawa yang amat lebar dan luas. Thio Kim Cai bergidik melihat rawa ini. Ia tahu bagaimana cara menyeberangi rawa ini, akan tetapi ia tahu pula bahwa di seberang rawa ini adalah sarang gerombolan penjahat yang amat berbahaya.
Akan tetapi tidak ada jalan lain baginya, maka tiba-tiba ia melompati sebuah jurang di sebelah kiri dan berlari terus menuju rawa yang lebar itu. Siang Lan tetap mengejar dengan hati keheranan. Mengapa musuhnya berlari menuju ke rawa"
Ketika tiba di pinggir rawa, tiba-tiba perwira muka hitam itu melompat ke tengah rawa dan berlari cepat sambil berlompatan. Hal ini sangat mengherankan hati Siang Lan yang masih mengejar di belakan. Apakah benar-benar orang Go-bi-pai itu dapat berjalan di atas air rawa" Ia cepat mengejar ke pinggir yawa dan ketika ia sampai di tepi rawa itu, ia tersenyum. Pantas saja orang yang dikejarnya dapat berlari di atas rawa, karena di situ terdapat bambu-bambu panjang yang mengapung di atas air rawa itu, sambung-sambung merupakan jembatan terapung-apung. Hanya orang yang memiliki gin-kang tinggi saja yang berani melintasi rawa dengan cara berjalan di atas bambu itu, dan orang yang gin-kangnya belum tinggi, tentu takkan berani berlari di atas jembatan aneh ini, karena selain bambu yang terkena air itu licin sekali, juga bambu yang hanya satu itu benar-benar tidak mudah digunakan sebagai jembatan. Sekali saja tergelincir, orangnya akan jatuh ke dalam air rawa yang berbahaya. Bambu yang hanya sebatang itu apabila diinjak, bisa bergoyang dan berputar ke sana ke mari.
Melihat betapa Thio Kim Cai dapat berlompatan dan berlari dia tas bambu itu, dapat diukur bagaimna lihainya murid Go-bi-pai itu. Akan tetapi Siang Lan tidak menjadi gentar menghadapi jembatan darurat itu. Ketika ia masih berada di bawah gemblengan gurunya, Toat-beng Sian-kouw Si Dewi Pencabut Nyawa, ia dan adik-adiknya mendapat latihan gin-kang yang luar biasa dan jauh lebih berbahaya dari pada bambu di atas air ini. Pernah suhunya melatihnya untuk menyeberangi jembatan yang terbuat dari ujung tombak yang runcing. Ia harus berlompat-lompatan di atas ujung tombak itu dan apabila ilmu gin-kangnya belum sempurna, tentu sepatunya akan tertusuk tembus oleh ujung tombak itu!
Siang Lan tak mau membuang waktu lagi dan segera melompat ke atas bambu, terus mengejar sambil berlompatan dan berlari cepat. Ketika tiba di tengah rawa yang airnya bercampur lumpur, ia melihat banyak sekali kepala binatang buas seperti buaya tersembul di kanan kirinya dengan mulut celangap dan gigi-gigi yang runcing dan tajam berkilauan! Ia bergidik juga dengan hati jijik karena kalau saja ia tergelincir dan jatuh ke dalam air rawa, tentu binatang ini akan memperebutkan dagingnya.
Ketika Thio Kim Cai melihat betapa gadis itu tetapi mengejarnya, ia menjadi makin sibuk. Ia maklum bahwa kalau ia melanjutkan perjalanannya, ia akan langsung memasuki daerah sarang penjahat yang dipimpin oleh Ang-hoa Siang-mo (Sepasang Iblis Bunga Merah) yang amat jahat dan terkenal sebagai penjahat iblis yang lihai sekali. Oleh karena itu Thio Kim Cai lalu mengambil keputusan nekat untuk mengadu nyawa dengan gadis Siauw-lim-pai itu.
Melihat Thio Kim Cai berdiri di seberang rawa dengan golok di tangan menanti kedatangannya, Siang Lan tertawa dan melompat keluar dari rawa itu ke depan musuhnya.
"Orang she Thio, akhirnya kau menyerah juga! Kau harus menerima pembalasan atas kejahatanmu dan atas pembunuhan terhadap diri Yap Sian Houw."
Dengan marah Thio Kim Cai berkata, "Anak perempuan yang bandel, sebetulnya siapakah kau" Ada hubungan apakah kau dengan Yap Sian Houw si pemberontak?"
"Yap Sian Houw adalah orang tuaku!" jawab Siang Lan yang segera maju menyerang dengan pedangnya. Perwira muka hitam itu menangkis dengna goloknya dan mereka lalu bertempur mati-matian di pinggir rawa itu. Kali ini karena sudah kepepet dan tidak ada jalan keluar lagi, Thio Kim Cai mengerahkan seluruh kepandaiannya dan melakukan serangan yang amat berbahaya. Akan tetapi ia benar-benar harus mengakui keunggulan pedang Siang Lan. Terutama yang amat mengagumkan hati perwira itu adalah ketenangan gadis ini. Dengan amat tenang dan tetap ujung pedang gadis itu bergerak menangkis setiap gerakan dan membalas dengan desakan yang membuat perwira itu mulai main mundur. Belum cukup tiga puluh jurus mereka bertempur, Thio Kim Cai sudah mandi keringat, bukan hanya karena lelah, akan tetapi karena merasa cemas sekali. Ia maklum bahwa murid Siauw-lim-pai ini takkan mau mengampuninya, dan iapun insyaf berapa banyak murid Siauw-lim-pai yang telah ia tumpas dan binasakan, baik dengan tangan sendiri maupun dengan bantuan anak buahnya, yakni para pasukan Kim-i-wi. Akan tetapi ia merasa heran mendengar gadis ini adalah anak dari Yap Sian Houw oleh karena sepanjang pengetahuannya dan pendengarannya, Yap Sian Houw belum pernah menikah dan selama hidupnya membujang, bagaimana sekarang tiba-tiba muncul seorang anaknya"
Thio Kim Cai yang berjuluk Kim-to (Golok Emas) ini dan yang selama beberapa tahun telah membuat ia disegani dan juga dibenci anak murid Siauw-lim-pai yang masih hidup, kini benar-benar merasa ketakutan ketika pedang Siang Lan berkali-kali mengancam nyawanya. Biarpun dengan permainan goloknya ia masih dapat mempertahankan diri, akan tetapi ia maklum bahwa lambat tapi pasti, ia akan roboh juga oleh lawannya yang masih amat muda, tetapi memiliki keahlian yang mengerikan hatinya itu. Maka diam-diam perwira muka hitam ini memutar otak mencari jalan keluar.
Ia melihat betapa binatang air yang buas itu kini berenang ke pinggir dan berada di dekat tepi rawa. Hal ini mendatangkan sebuah akal yang hendak dijalankan untuk mengalahkan Siang Lan. Ketika Siang Lan menusuk ke arah dadanya dengan gerak tipu Siang-jin-jit-lou (Dewa Menunjukkan Jalan), Thio Kim Cai mengelak sambil menggulingkan tubuh ke atas tanah, kemudian sambil menggunakan gerakan Yan-cu-hoan-sin (Burung Walet Putar-putar Badan) ia bergulingan dan mainkan Te-tong-to, yakni ilmu golok yang dimainkan dengan cara bergulingan di atas tanah dna menyerang musuhnya dengan golok diputar sedemikian rupa menyerang ke bagian kaki lawan! Ilmu golok ciptaan cabang Go-bi-pai ini benar-benar lihai sekali dan Siang Lan terpaksa menggunakan gin-kangnya untuk melompat tinggi dan menjauhkan dirinya dari serangan ilmu golok yang amat berbahaya itu!
Siang Lan merasa gemas sekali dan membentak, "Bangsat pengecut, kau hendak lari ke mana?" iapun melompat dan mengejar di atas bambu itu. Sesungguhnya, mudahlah bagi Siang Lan untuk menjatuhkan musuh itu dengan thi-lian-ci, akan tetapi gadis ini memiliki sifat yang gagah dan tidak mau melakukan kecurangan dalam pertempuran di mana ia tidak berada di pihak terdesak itu.
Ketika gadis itu mengejar dekat, Thio Kim Cai yang sengaja tidak mau berlari cepat, menanti sampai Siang Lan menginjak bamu yang berada di belakangnya. Ketika Siang Lan sudah melompat di atas bambu yang diinjak oleh perwira muka hitam itu, Thio Kim Cai tiba-tiba berhenti berlari dan dengan hati girang sekali melihat tipu muslihatnya berhasil, ia berjongkok di atas bambunya dan memegang ujung bambu yang diinjak oleh Siang Lan, lalu ia angkat tinggi-tinggi dan menggulingkan bambu itu sehingga Siang Lan yang berada di atas bambu itu, yakni di tengah-tengah, tak dapat menguasai imbangan tubuhnya lagi dan jatuh terguling!
"Ha-ha-ha! Mampus kau, setan perempuan Siauw-lim! Ha-ha!" Thio Kim Cai berdiri di atas bambunya sambil tertawa girang, akan tetapi tiba-tiba ketawanya berhenti dan berganti dengan jerit kesakitan dan mukanya menjadi pucat menyeramkan sekali ketika ia melihat betapa kakinya telah digigit oleh dua ekor buaya rawa! Ternyata saking girangnya, Thio Kim Cai tidak memperhatikan sebelah bawah. Harus diketahui bahwa buaya-buaya rawa itu memang selalu menanti saat baik untuk menggigit orang yang berani menyeberangi rawa itu. Mereka tak berdaya apabila orang yang menyeberang menggunakan ilmu lari cepat karena ia tidak mendapat kesempatan untuk menggigit. Akan tetapi, ketika Thio Kim Cai tertawa terkekeh-kekeh, ia berdiri diam di atas bambu sehingga dengan mudahnya buaya itu menyambarkan mulutnya yang panjang dan lebar itu menggigit kaki Thio Kim Cai dengan gigi mereka yang tajam berbentuk gigi gergaji! Thio Kim Cai berusaha melepaskan kakinya, akan tetapi makin banyak binatang buas itu datang mengeroyoknya sehingga ia tak kuat lagi menahan. Dengan mengeluarkan teriakan menyeramkan sekali, perwira muka hitam itu kini terguling ke dalam air dan segera diseret oleh puluhan buaya. Habislah riwayat perwira she Thio ini, lenyap seluruh daging, tulang dan bahkan seluruh pakaiannya. Hanya warna merah yang menodai air rawa itu, menjadi bukti bahwa ia telah mati dan terkubur di dalam perut binatang-binatang itu.
Sementara itu, ketika tadi terlempar jatuh, Siang Lan mempergunakan ilmu entengkan badan. Ia tidak mau terjatuh dalam keadaan membahayakan keselamatannya, maka dengan menggerakkan tubuhnya, ia dapat mengatur sedemikian rupa sehingga ia jatuh ke bawah dengan kaki dahulu. Ia melihat beberapa ekor buaya dengan kepala yang mengerikan itu tersembul di permukaan air rawa. Dengan tenang dan berani sekali, Siang Lan menurunkan kakinya tepat di atas kepala buaya! Dan sebelum buaya yang lain dapat menyerangnya, ia menggunakan kepalanya itu sebagai batu loncatan dan pada saat Thio Kim Cai diseret ke dasar rawa, ia telah dapat melompat dengan selamat ke atas sebatang bambu.
Betapapun juga, hatinya merasa ngeri melihat keadaan Thio Kim Cai, maka ia menutup matanya dan segera berlari meninggalkan tempat itu, kembali ke pinggir rawa di mana ia tadi bertempur dengan perwira itu. Ia sama sekali tidak tahu bahwa daerah itu dikuasai oleh segerombolan perampok jahat di bawah pimpinan Ang-hoa Siang-mo yang ganas dan lihai! Sebetulnya, Siang Lan ingin lekas kembali ke hutan untuk berkumpul dengan kedua adiknya lagi, akan tetapi karena tadi jalan pulang terhalang oleh peristiwa ngeri yang menimpa diri Thio Kim Cai, maka saking ngerinya, gadis ini melompat ke pinggir rawa. Setelah keadaan air rawa menjadi tenang kembali, ia lalu berjalan ke pinggir dam hendak melompat ke atas bambu untuk menyeberangi kembali lalu mencari adik-adiknya.
Akan tetapi, baru saja ia hendak melangkahkan kakinya menginjak bambu pertama, tiba-tiba sebuah benda hitam menyambar bambu itu dan dengan mengeluarkan suara keras, bambu itu terpukul oleh benda tadi sehingga melintang di atas air! Berbarengan dengan itu, terdengar suara ketawa yang nyaring di belakang gadis itu.
Siang Lan segera berpaling dan ia melihat seorang wanita berusia kurang lebih empat puluh tahun, wajahnya masih nampak cantik, dengan pakaian yang ringkas yang terbuat dari bahan pakaian yang indah dan mewah, berwarna hijau dengan berkembang merah. Wanita itu selain berpakaian aneh, juga pada kepalanya dihias penuh dengan bunga-bunga merah sehingga ia seakan-akan terkurung oleh warna merah yang menyilaukan!
"Hi-hi-hi!" suara tertawanya penuh ejekan dan tarikan mulutnya mendatangkan rasa seram karena membayangkan kekejaman hebat. "Orang yang sudah berani lancang masuk ke sini, tidak boleh pergi begitu saja, harus meninggalkan dulu barangnya yang paling indah dan berharga!"
Siang Lan bertanya kepada diri sendiri, apakah ia menghadapi seorang perampok atau seorang gila.
"Barang apakah yang kau anggap paling indah dan berharga?" ia bertanya dan masih bersikap tenang.
"Ha-ha-ha! Yang paling indah hanya kepalamu! Kau harus tinggalkan kepalamu! Ha-ha-ha!" sambil berkata demikian wanita itu menggerakkan kedua tangannya dan tahu-tahu ia telah mencabut keluar siang-kiam (sepasang pedang) dari punggungnya.
"Hm, kau mencari penyakit!" kata Siang Lan yang juga mencabut pedangnya sambil menanti dengan sikap tenang. "Sebetulnya kau ini siapakah maka bersikap demikian kurang ajar terhadap seseorang yang belum kau kenal?"
Wanita itu nampak tercengang melihat sikap Siang Lan yang tetap tenang seakan-akan tidak merasa takut sama sekali. Kedua matanya berubah sungguh-sungguh dan tajam sinarnya ketika ia memandang lagi dan berkata, "Bukan aku yang kurang ajar, tetapi kau sendiri yang tidak tahu aturan! Kau menginjak daerah kekuasaan orang lain tanpa minta ijin terlebih dahulu!"
Siang Lan merasa makin heran. "Daerah siapakah ini dan aku harus minta ijin kepada siapa?"
"Anak bodoh dan hijau seperti kau mengapa keluar masuk seorang diri sambil membawa pedang" Tidak tahukah bahwa daerah ini berada di bawah kekuasaan Ang-hoa Siang-mo" Sekarang kebetulan sekali kau bertemu dengan aku, Ang-hoa Mo-li (Iblis Perempuan Bunga Merah), kalau kau bertemu dengan anak buahku, jangan harap diberi kesempatan buka mulut! Sekarang melihat bahwa kau seorang anak-anak yang masih bodoh dan hijau maka aku memberi kesempatan hidup kepadamu dengan syarat bahwa kau harus menghadapi sepasang pedangku ini sampai tiga puluh jurus! Kalau dalam tiga puluh jurus kau dapat melawanku tanpa terluka, kau boleh keluar dari tempat ini dengan aman!"
"Kalau aku tidak tahan melawnamu dalam tiga puluh jurus, lalu bagaimana?" tanya Siang Lan.
Ang-hoa Mo-li tertawa terkekeh-kekeh ketika menjawab, "Anak bodoh! Kalau begitu halnya, tentu saja kau menggelinding di atas tanah ini tanpa berkepala lagi! Ha-ha-ha-ha!"
Kini Siang Lan dapat menduga bahwa perempuan ini tentulah seorang penjahat yang kejam dan ganas dan patus saja disebut Ang-hoa Mo-li atau Iblis Perempuan Bunga Merah, karena kekejamannya memang seperti seorang iblis saja yang mempermainkan orang lain sesuka hatinya. Maka ia menjadi mendongkol juga dan berkata dengan tenang,
"Ang-hoa Mo-li, kau orang tua yang tak patut dihormati. Ketahuilah bahwa aku sedikitpun tidak takut kepadamu dan mari kita mencoba-coba kepandaian, hendak kulihat apakah kau kuat menghadapiku sampai tiga puluh jurus!"
Dengan marah sekali Ang-hoa Mo-li mendengar ucapan ini, sudah menjadi kebiasaannya mempermainkan orang lain, dan belum pernah ada orang yang berani mengucapkan tantangan seperti gadis ini yang bahkan membalikkan ucapan tadi dan kini menyindir bahwa ia takkan kuat menghadapi gadis ini dalam tiga puluh jurus!
Ang-hoa Mo-li mengeluarkan seruan nyaring dan tubuhnya lalu menubruk maju sambil memutar sepasang pedangnya. Melihat gerakan iblis perempuan ini cukup gesit, maka Siang Lan berlaku hati-hati, menangkis serangan lawannya dan maju membalas dengan serangan yang tak kalah cepat. Mula-mula Ang-hoa Mo-li menganggap ringan kepada gadis muda itu, dan ia hanya melakukan serangan biasa saja, hendak mengandalkan tenaganya untuk merobohkan Siang Lan dalam beberapa jurus saja, akan tetapi setelah berkali-kali ia menyerang tanpa hasil bahkan pedang lawan itu dengan gerakan yang luar biasa melakukan serangan balasan yang sukar sekali ditangkis, ia mengeluarkan seruan tertahan saking kagum dan merubah gerakannya dengan cepat. Kini ia memainkan ilmu pedang yang cepat dan ganas sekali gerakannya. Kedua pedang di tangan menyambar ke kanan ke kiri dan seakan-akan mengurung tubuh Siang Lan dengan sinar pedang itu.
Akan tetapi kembali Ang-hoa Mo-li terkejut sekali karena tiba-tiba ia lihat sinar pedang alwannya itupun dirubah dan dimainkan dengan lebih cepat lagi daripada gerakannya sendiri! Kedua pedang di tangannya selalu tertumbuk dengan pedang tunggal di tangan gadis itu dan yang membuatnya makin terkejut adalah rasa kesemutan yang terasa oleh telapak tangannya tiap kali pedangnya beradu dengan pedang gadis itu! Makin cepat ia mainkan pedang di kedua tangannya, makin cepat pula gerakan lawannya sehingga akhirnya ia tidak dapat melihat lagi bayangan lawannya, karena sinar pedang di tangan Siang Lan benar-benar dimainkan dengan cepat sekali!
Barulah Ang-hoa Mo-li maklum orang macam apakah sebenarnya gadis muda yang cantik jelita ini dan ia mengeluh. Jangankan merobohkan dalam tiga puluh jurus, bahkan seperti yang dikatakan gadis tadi, belum tentu ia dapat mempertahankan diri sampai tiga puluh jurus! Setelah pertempuran berjalan dua puluh jurus, pedang di tangan Siang Lan perlahan-lahan mulai mendesak dengan hebat dan permainan siang-kiam dari iblis perempuan itu mulai menjadi kacau.
Pada saat itu, terdengar seruan keras, "Niocu, jangan takut aku membantumu!"
Siang Lan memandang dan melihat seorang laki-laki tinggi kurus yang usianya sebaya dengan perempuan itu, memakai pakaian yang aneh dan di kepalanya juga terhias kembang-kembang merah. Ia dapat menduga bahwa ini tentulah suami perempuan ganas itu, karena menurut kata Ang-hoa Mo-li tadi, yang menguasai daerah ini adalah Siang-mo atau sepasang iblis. Memang benar dugaannya, laki-laki yang baru datang ini berjuluk Ang-hoa Sin-mo (Iblis Bunga Merah) atau suami dari Ang-hoa Mo-li. Ang-hoa Sin-mo memegang senjata yang panjang dan berbahaya yakni yang disebut Coa-kut-thi-pian (Pecut Besi Tulang Ular). Pecut ini adalah sebatang rantai besi yang semakin ke ujungnya semakin kecil, sedangkan sambungannya disambung seperti tulang ular sehingga dapat digerakkan seperti ular.
Ketika Ang-hoa Sin-mo menggerakkan thi-pian itu, membantu isterinya, Siang Lan merasa angin pukulannya menyambar dengan ganas dan keras, maka ia cepat mengelak dan berlaku hati-hati sekali. Karena dari serangan ini saja maklumlah bahwa laki-laki ini memiliki kepandaian dan tenaga yang lebih lihat dari isterinya. Ia lalu memainkan ilmu pedang yang khusus diciptakan oleh gurunya, yakni Toat-beng Sian-kouw, yang mendasarkan ilmu pedang ini kepada ilmu pedang dari Siauw-lim-pai, Thai-kek, Kun-lun dan lain-lain ilmu pedang yang pernah dipelajari oleh wanita pertapa yang sakti itu.
Seperti juga Ang-hoa Mo-li tadi, Sin-mo ini terkejut sekali melihat gerakan pedang gadus muda yang cantik ini dan ia berusaha untuk menggunakan thi-piannya untuk menggempur pedang Siang Lan dan mengandalkan tenaganya yang besar untuk merampas pedang itu. Akan tetapi Siang Lan yang cerdik dan bersikap amat tenang itu tidak membiarkan pedangnya bertemu dengan pecut besi yang berat dan kuat, maka dengan menandalkan kegesitannya dan ketenangan gerakannya, ia dapat mengimbangi keroyokan suami isteri iblis bunga merah ini!
Ang-hoa Siang-mo, suami isteri itu ketika melihat betapa lihainya nona ini, menjadi penasaran sekali. Sin-mo lalu memutar thi-piannya dengan cepat sekali dan mengerahkan seluruh kepandaiannya, sedangkan Mo-li tiba-tiba mengeluarkan suara bersuit nyaring sekali. Tak lama kemudian, muncullah belasan orang yang tinggi besar dan bersikap buas. Mereka berteriak dan mengurung Siang Lan yang menjadi terkejut karena maklum bahwa yang datang ini tentu anak buah iblis bunga merah itu! Akan tetapi, Siang Lan dapat menenangkan hatinya dan melawan dengan mati-matian.
Ang-hoa Sin-mo berseru melarang orang-orangnya yang hendak maju mengeroyok, karena ia merasa penasaran sekali. Benarkah ia dan isterinya yang telah terkenal sebagai sepasang suami isteri yang berkepandaian tinggi tak dapat merobohkan anak kecil ini" Ia benar-benar penasaran, dan pada saat dia menahan pedang lawannya dengan cambuk besinya, ia berseru,
"Tahan dulu!" "Apa kehendakmu?" tanya Siang Lan dengan tenang sehingga Ang-hoa Sin-mo merasa kagum sekali. Belum pernah ia melihat seorang gadis muda yang berkepandaian selihai dan bersikap setenang ini walaupun ia telah dikurung oleh Ang-hoa Siang-mo dan anak buahnya yang menggemparkan dunia liok-lim (dunia perampok).
"Kau yang semuda dan selihai ini sebenarnya anak murid siapakah" Mungkin aku telah kenal gurumu dan melihat muka gurumu aku akan dapat memberi ampun kepadamu."
Siang Lan tersenyum manis sungguhpun pandangan matanya mengandung ejekan. "Ang-hoa Siang-mo, kalian sombong dan sama kasarnya, dan kalian berdua memang cocok untuk berpasangan. Jangan kau main gertak, aku sedikitpun tidak takut kepadamu atau kepada semua kawan-kawanmu ini. Kalau kau ingin tahu keadaanku, aku adalah anak murid Siauw-lim-pai. Lebih baik kau jangan menggangguku dan membiarkan aku pergi dari sini, karena kalau kau lanjutkan kekurang ajaran kalian, kurasa kau akan menderita dan akan menyesal."
Biarpun Ang-hoa Siang-mo merasa kagum sekali dan heran melihat masih ada anak murid Siauw-lim-pai yang demikian lihai dan begitu berani keluar ke dunia kang-ouw, akan tetapi sebagai seorang tokoh persilatan besar tentu saja ia tidak sudi mengalah begitu saja.
"Aha, sombong benar kau! Benarkah kau tidak takut kepada kami" Beranikah kau menghadapi Ang-hoa-tin (Barisan Bunga Merah) kami?"
Siang Lan adalah seorang gadis yang tabah dan tenang sungguhpun ia belum pernah mengenal tentang barisan Ang-hoa-tin ini, akan tetapi ia merasa malu untuk mundur.
"Kalau memang kalian ingin mengeroyok aku, mengapa mesti menggunakan alasan pura-pura" Tak usah banyak cakap, mau mengeroyok, keroyoklah, aku sedikutpun tidak takut!"
"Sombong sekali!" seru Ang-hoa Mo-li yang menggerakkan siang-kiamnya lagi, akan tetapi suaminya mencegah dan berkata lagi kepada Siang Lan.
"Kami akan membentuk Ang-hoa-tin dan kalau kau benar-benar dapat keluar dari kepungan kami, tidak saja kau akan dibebaskan, bahkan kami semua akan mengaku kau sebagai guru kami!" kata Ang-hoa Sin-mo yang segera memberi aba-aba kepada kawan-kawannya.
Anak buah Ang-hoa Siang-mo ini berjumlah sebelas orang, sehingga bersama kedua suami isteri yang menjadi pimpinan itu, mereka berjumlah tiga belas orang. Dengan cepat setelah menerima aba-aba ini, mereka bergerak mengurung Siang Lan dengan lingkaran yang lebar. Semua orang mengeluarkan senjata masing-masing yang berupa pedang dan golok dan sebelum bergerak, mereka lebih dulu mengeluarkan bunga-bunga merah dari saku baju dan memakainya di atas kepala.
Siang Lan memasang kuda-kuda dengan tenang dan memperhatikan para pengurungnya dengan penuh kewaspadaan. Mereka itu berjalan perlahan-lahan mengitarinya dengan senjatanya siap di tangan, akan tetapi sama sekali tidak menyerang. Siang Lan berdiri diam saja dengan urat-urat menegang, siap menghadapi gempuran mereka. Akan tetapi mereka sama sekali tidak menyerang, hanya bergerak mengelilinginya dengan langkah makin lama makin cepat.
Melihat orang-orang yang mengepungnya itu sekarang berlari-lari mengelilinginya, pusing juga pandangan mata Siang Lan, maka ia tidak mau memperhatikan mereka. Akan tetapi, gerakan yang sedang berlari berputar itu tiba-tiba berhenti dan gerakan itu berbalik, kalau putaran tadi bergerak dari putaran tadi bergerak dari kiri ke kanan, kini bergerak dari kanan ke kiri!
Siang Lan tiba-tiba merasa kedua matanya kabur dan kepalanya pening melihat gerakan ini, dan ia lalu menyerang dengan pedangnya kepada Ang-hoa Siang-mo yang mengepalai barisan berputar itu. Akan tetapi, baru saja ia menggerakkan pedangnya, dari belakang dan kanan kirinya, tiga buah senjata menyerangnya dengan berbareng dan teratur sekali, yakni yang sebelah kiri menyerang kakinya, yang belakang menyerang pinggangnya dan yang kanan menyerang kepalanya! Terpaksa ia menggagalkan serangannya dan menggerakkan pedang menangkis tiga serangan lawan itu sekaligus.
Setelah bergebrak sejurus ini, barisan Bunga Merah itu tetap berlari-lari dengan teratur, sebentar bergerak dari kiri ke kanan, sebentar kemudian berbalik dari kanan ke kiri dan tiap kali Siang Lan menyerang, ia selalu mendapat serangan seperti tadi!
Siang Lan terkurung dalam barisan yang disebut Ang-hoa-tin (Barisan Bunga Merah) yang benar-benar berbahaya sekali. Barisan itu tidak menyerangnya, hanya mengurungnya sambil berlari-larian dengan teratur sekali sehingga dara yang dikurungnya itu makin lama makin merasa pening kepalanya. Tiap kali ia hendak mencari jalan keluar dari kepungan dengan melakukan serangan untuk membobolkan kepungan itu, selalu serangannya itu didahului oleh serangan dari tiga penjuru yang dilakukan dengan gerakan teratur sehingga terpaksa ia harus menarik kembali serangannya tadi untuk melindungi tubuhnya dari tiga serangan lawan. Keadaan dara ini benar-benar berbahaya karena maksud dari barisan yang berlari-lari itu memang hendak membikin gadis yang terkepung itu menjadi pusing dulu hingga menjadi lemah, baru kemudian hendak diserang sekaligus!
Pada saat yang amat berbahaya bagi keselamatan Siang Lan itu, tiba-tiba dari luar kepungan terdengar suara orang tertawa dan disusul dengan kata-kata ejekan,
"Ha-ha, tak tahunya Ang-hoa Siang-mo yang ditakuti orang itu tak lain hanyalah sepasang suami isteri pengecut yang biasanya hanya mengeroyok orang! Sungguh tak tahu malu, mengeroyok orang! Sungguh tak tahu malu, dengan mengandalkan kawan-kawan sebanyak tiga belas orang! Ha-ha-ha! Orang-orang di dunia kang-ouw bisa berdiri bengong saking herannya melihat kejanggalan ini!"
Biarpun Ang-hoa Siang-mo mendengar sindiran ini, akan tetapi mereka tidak peduli, seakan-akan tidak mendengar ucapan itu, oleh karena dalam barisan Ang-hoa-tin ini, pantangan terbesar ialah kalau anggota barisan itu mencurahkan perhatian ke lain jurusan. Hal ini akan merupakan kelemahan yang mencelakakan karena barisan tak dapat bergerak secara otomatis lagi. Oleh karena itulah, maka mereka menahan sabar dan tetap mengurung Siang Lan yang sudah hampir tak kuat menahan kepeningannya itu.
Akan tetapi, tiba-tiba orang yang baru datang itu berkata lagi,
"Ang-hoa Siang-mo, kalau kalian tidak mau menyambutku, baiklah aku mulai saja dari lluar!" Orang itu lalu mencabut pedangnya dan menyerang Ang-hoa Siang-mo dengan tusukan yang tak boleh dipandang ringan!
Ang-hoa Siang-mo tentu saja tidak membiarkan tubuhnya disate, maka ia lalu menggerakkan thi-piannya menangkis sambil berseru kepada kawan-kawannya, "Tahan dulu!" Ia sendiri melompat keluar dari barisan, diikuti oleh kawan-kawannya yang menahan senjata masing-masing.
Siang Lan merasa lega sekali dan ia melompat tinggi keluar dari kepungan itu dan berdiri di bawah pohon sambil memeramkan mata sejenak untuk membikin tenang hatinya dan menghilangkan kepeningan otaknya. Ia merasa betapa segala apa di sekelilingnya, pohon-pohon dan daun-daun, berputaran tadi. Maka cepat ia meramkan matanya lagi dan mengatur napasnya. Tak lama kemudian ia menjadi sembuh kembali dan dengan marah ia memandang ke arah kedua iblis itu. Akan tetapi mereka itu sedang berhadapan dengan seorang pemuda berpakaian serba putih yang memegang pedang di tanga. Ia teringat akan ucapan yang ia juga dengar tadi dan menduga bahwa pemuda ini tentulah orangnya yang datang mengganggu Ang-hoa-tin, maka biarpun pemuda itu tidak sengaja menolongnya, akan tetapi ia merasa tertolong dan bersyukur sekali. Ia berdiri diam dan mendengarkan percakapan mereka.
Pemuda itu masih muda, paling banyak tentu baru berusia dua puluh tahun, wajahnya tampan dan gagah, mukanya mundar dan sepasang alisnya tebal dan panjang. Pada saat itu, ia tengah memandang kepada Ang-hoa Mo-li dengan mata penuh selidik, sehingga iblis perempuan itu menjadi merah mukanya dan berkata,
"Anak muda, siapakah kau" Melihat matamu, aku rasanya pernah bertemu dengan engkau, akan tetapi entah di mana!"
Suaminya lalu berkata dengan keras, "Niocu, ucapanmu mengingatkan aku pula. Pemuda ini mukanya seperti pernah kukenal. Eh, anak muda, siapakah kau dan apa maksudmu berlaku lancang datang ke tempat ini dan mengganggu urusan kami?"
Pemuda itu tersenyum dan nampak senang sekali mendengar ucapan mereka. "Tentu saja kau pernah melihat orang yang mukanya hampir sama dengan aku. Masih ingatkah kalian pada seorang pendekar bernama Kui Bok Beng?"
Mendengar disebutnya nama itu, tiba-tiba suami isteri Ang-hoa Siang-mo melangkah mundur dua tindak dan Ang-hoa Sin-mo memandang dengan mata terbelalak, sedangkan isterinya tiba-tiba menjadi pucat sekali.
"Anak muda, ada hubungan apakah kau dengan Kui Bok Beng?" tanya Ang-hoa Sin-mo dengan suara parau.
"Dia adalah ayahku! Kau berhutang nyawa kepada ayahku dan sekarang akulah yang datang menagihnya!" jawab pemuda itu.
Wajah Ang-hoa Sin-mo menjadi pucat dan terbayanglah olehnya peristiwa yang terjadi beberapa belas tahun yang lalu. Kui Bok Beng adalah sute (adik seperguruan) dari Ang-hoa Sin-mo yang bernama Lim Pok, menyerbu sarang perampok di Bukit Te-an-san. Ternyata bahwa gerombolan perampok itu dipimpin oleh seorang perampok wanita muda yang bukan lain ialah Ang-hoa Mo-li, seorang gadis anak perampok berusia dua puluh dua tahun dan berwajah cantik! Terpikatlah hati Kui Bok Beng. Ang-hoa Mo-li pun merasa tertarik, akan tetapi juga melihat kegagahannya. Dengan tulus ikhlas, Ang-hoa Mo-li menyatakan takluk dan menyerang terhadap dua orang gagah itu. Terjalinlah rasa cinta kasih antara Ang-hoa Mo-li dan Kui Bok Beng.
Akan tetapi, di luar prasangka kedua orang muda itu diam-diam Lim Pok juga tergila-gila kepada Ang-hoa Mo-li! Ang-ho Mo-li yang semenjak kecil ikut ayahnya menjadi perampok, membujuk agar supaya Kui Bok Beng suka menjadi kepala rampok di gunung itu, akan tetapi tentu saja Kui Bok Beng tidak mau. Sebaliknya Lim Pok menyatakan bahwa ia suka menjadi perampok di situ sehingga antara dua orang saudara seperguruan ini timbul perselisihan pendapat.
Telah setengah bulan mereka berada di puncak bukit itu, Kui Bok Beng berkasih-kasihan dengan Ang-hoa Mo-li, sedangkan Lim Pok diam-diam menaruh hati iri dan benci kepada sutenya, akan tetapi ia tidak berani menyatakan berterang karena merasa malu. Kebetulan sekali pada malam hari ke lima belas, sepasukan tentara negeri menyerbu sarang perampok di bukit itu sehingga terjadilah pertempuran hebat. Dalam keributan inilah terjadi perpecahan antara Lim Pok dan Kui Bok Beng. Menurut Kui Bok Beng, mereka tak seharusnya melawan dan ia hendak mengajak Ang-hoa Mo-li melarikan diri dari jurusan lain, akan tetapi Lim Pok berkeras hendak melawan, bahkan lalu mengepalai anak buah perampok melakukan perlawanan!
Kui Bong Bek merasa penasaran melihat suhengnya menjadi tersesat dan berbalik pikir seperti itu, maka terjadilah percekcokan di antara mereka dalam keributan itu sehingga akhirnya mereka bertempur sendiri! Kepandaian Kui Bok Beng kalah setingkat apabila dibandingkan dengan Lim Pok yang menjadi kakak seperguruannya, maka akhirnya ia tewas dalam tangan suhengnya sendiri! Setelah membunuh sutenya, Lim Pok lalu mengajak Ang-hoa Mo-li melarikan diri dan membiarkan anak buahnya dihancurkan oleh tentara negeri.
Ternyata bahwa Ang-hoa Mo-li memang bukan seorang wanita baik-baik, karena setelah melihat kematian Kui Bok Beng, ia menerima menjadi isteri Lim Pok, bahkan dengan orang she Lim ini ia merasa lebih cocok! Lim Pok amat dipengaruhi oleh isterinya yang cantik, maka setelah mereka mendapatkan tempat yang cocok di seberang rawa itu, mereka menjadi perampok dan mempunyai beberapa anak buah, kemudian atas anjuran isterinya, Lim Pok membuang namanya dan menggantinya dengan Ang-hoa Sin-mo, sehingga mereka berdua menjadi terkenal dengan sebutan Ang-hoa Siang-Mo (Sepasang Iblis Bunga Merah)! Kedua orang itu lalu mencipta ilmu silat Ang-hoa kun dan anak buahnya dilatih pula untuk mainkan ilmu silat ini sehingga mereka dapat membentuk sebuah Ang-hoa-ti yang lihai!
Putera Kui Bok Beng yang pada waktu itu masih kecil, baru berusia enam tahun dan dititipkan oleh Kui Bok Beng kepada seorang bibinya, tahu pula akan kematian ayahnya maka anak ini lalu berlatih ilmu silat tinggi dan bercita-cita membalas dendam. Anak ini adalah Kui Hong An, yaitu pemuda yang telah berhasil mendapatkan tempat tinggal musuh dan yang kini telah berhadapan dengan Ang-hoa Siang-mo itu! Kedatangan Kui Hong An secara kebetulan sekali merupakan pertolongan bagi Siang Lan yang sedang te rdesak hebat dalam barisan Ang-hoa-tin.
Ang-hoa Sin-mo dan Ang-hoa Mo-li yang mendengar bahwa pemuda baju putih yang tampan dan gagah ini adalah putera dari Kui Bok Beng, maklum bahwa pertempuran mati-matian takkan dapat dihindarkan lagi. Akan tetapi mereka sama sekali tidak merasa takut, bahkan Ang-hoa Sin-mo lalu tertawa mengejek dan berkata,
"Anak muda, kalau begitu aku adalah supekmu sendiri. Ayahmu telah tewas karena ia tak tahu diri dan berani melawanku, maka kalau kau suka mendengar nasihatku, lebih baik kau pergi dan lupakanlah urusan yang terjadi antara ayahmu dan kami berdua, karena urusan itu adalah urusan antara kakak dan adik seperguruan! Kalau kau berkeras hendak membalas berarti kau hanya mengantarkan jiwamu untuk mati di tempat ini. Bukankah itu sayang sekali?"
Kui Hong An tersenyum. "Aku telah datang ke tempat ini setelah bertahun-tahun mencari kamu berdua. Setelah sekarang bertemu, apakah artinya kematian bagiku" Ang-hoa Sin-mo, bersiaplah untuk menerima pembalasan ayahku!" Setelah berkata demikian, pemuda baju putih melangkah maju dengan sikap mengancam.
"Nanti dulu!" Ang-hoa Sin Mo berkata, "Ketika kau datang, kami sedang hendak membereskan seorang gadis liar yang ingin mampus, maka kalau kau pun tak tahu diri dan ingin mampus pula, kau majulah bersama dengan gadis itu menghadapi Ang-hoa-tin kami!"
Pemuda itu tertawa mengejek. "Semua ucapan itu hanya menunjukkan betapa curang dan pengecut sifatmu, orang she Lim! Kau merasa ngeri untuk maju seorang diri, maka hendak menggunakan keroyokan dengan mengajukan barisanmu Ang-hoa-tin, dan untuk menutup rasa malu, kausuruh aku dan nona itu maju. Ha-ha-ha! Nona itu boleh jadi takut kepada Ang-hoa-tin, akan tetapi aku Kui Hong Ang, sama sekali tidak takut!"
Mendengar ucapan ini Siang Lan melompat dengan mata memandang marah. "Siapa bilang aku takut?" Sepasang mata nona itu menatap wajah Hong An dengan marah. Pemuda itu memandangnya sambil tersenyum, lalu berkata,
"Kalau Nona benar-benar tidak takut, mari kita hancurkan Ang-hoa-tin ini!"
Siang Lan tidak menjawab, hanya mempersiapkan diri dengan pedang dilintangkan di depan dada. Ang-hoa Sin-mo tidak mau banyak bicara lagi, lalu memberi tanda kepada kawan-kawannya dan mulailah tiga belas orang itu bergerak mengurung dua orang muda itu, dan mulai pula berlari-lari memutari kedua orang yang terkepung. Ang-hoa Sin-mo hanya mencurahkan perhatiannya kepada Siang Lan yang sudah diketahui kelihaiannya, dan ia memandang rendah pemuda itu, karena ayah pemuda itu hanya seorang sutenya yang kepandaiannya masih kalah olehnya, apalagi puteranya.
Namun ketika Hong An melihat barisan itu telah bergerak, ia berseru, "Lim Pok, lihat pedang!" dan ia menyerang ke arah Ang-hoa Sin-mo dengan pedangnya.
"Pergilah!" bentak Ang-hoa Sin-mo sambil menggerakkan Coa-kut-thi-pian (Cambuk Besi Tulang Ular) dengan sekuat tenaga untuk menangkis pedang itu karena ia percaya bahwa dengan sekali tangkis saja pedang itu akan terlempar. Akan tetapi, ia menjadi kaget sekali ketika terdengar suara keras dari pertemuan antara cambuk besi dan pedang itu.
"Trang!" dan ketika Ang-hoa Sin-mo memandang, ternyata ujung cambuknya telah terpotong! Baiknya pada saat itu dari kanan kiri pemuda itu, dua orang anggota Ang-hoa-tin telah menubruk maju sehingga Hong An tak dapat melanjutkan dan terpaksa menangkis serangan dari kanan, sedangkan serangan dari kirinya ditangkis oleh Siang Lan yang tak dapat mendiamkan saja pemuda itu diserang dari kanan kiri.
Hong An memandangnya dan berkata, "Terima kasih!" Akan tetapi Siang Lan dengan mulut cemberut lalu membalikkan tubuh dan menyerang pengurung yang berada di belakangnya! Juga Hong An lalu menggerakkan pedangnya lagi menyerang Ang-hoa Sin-mo yang kini tidak berani memandang rendah lagi!
Dua orang muda di dalam kurangan Ang-hoa-tin itu dengan berdiri saling membelakangi mulai melakukan serangan, akan tetapi kembali Ang-hoa-tin memperlihatkan ketangguhannya. Ketika Siang Lan dan Hong An mulai menyerang, barisan itu bergerak berputaran lagi dan dengan demikian, maka serangan-serangan kedua anak muda itu saling dihadapi oleh orang kedua atau ketiga dalam barisan. Misalnya, Ang-hoa Sin-mo berputar sampai ke depan Sian Lan dan gadis ini dengan gemas menyerangnya, Iblis Bunga Merah ini melanjutkan pergerakannya memutar sehingga serangan itu dihadapi oleh orang yang berada di belakangnya yang menangkis dengan bantuan orang ketiga, sedangkan Ang-hoa Sin-mo dari samping membarengi serangan Siang Lan itu dengan serangan pula.
Demikianlah, barisan Ang-hoa-tin itu selalu menyambut setiap serangan dengan serangan-serangan pula dan tiap kali Siang Lan atau Hong An menyerang, ia langsung akan berhadapan dengan tiga atau empat orang! Yang lebih menyukarkan Siang Lan dan Hong An adalah karena di dalam kurungan yang sempit itu, mereka berdua tak dapat bergerak leluasa dan untuk memecahkan kurungan itu bukanlah hal yang mudah. Sudah beberapa kali Siang Lan atau Hong An mencoba untuk membobolkan kurungan akan tetapi tak berhasil karena ke mana saja mereka bergerak, kurungan tiga belas orang yang terus berlari memutar itu secara otomatis telah mengurung mereka pula.
"Jangan bergerak, kita mencari akal!" Tiba-tibaa Hong An berkata kepada Siang Lan. Gadis ini menurut dan mereka berdiri saling membelakangi dengan pedang disiapkan untuk menangkis serangan, akan tetapi sebagaimana tadi ketika Siang Lan dikeroyok, barisan itu tidak mau menyerang dan hanya berputaran untuk membuat pening dan kabur pandangan mata kedua orang muda itu. Hong An memandang dengan penuh perhatian, demikian pun Siang Lan.
"Ah, ada jalan untuk memecahkannya!" Tiba-tiba Hong An berkata.
"Aku pun mempunyai jalan yang baik!" kata Siang Lan. Mereka berdua ini bicara dengan tubuh saling membelakangi, jadi tidak dapat saling pandang. Mendengar ucapan Siang Lan yang kedengarannya tak mau kalah itu, Hong An tersenyum seorang diri dan bertanya,
"Apakah jalanmu?"
"Katakan dulu apa jalanmu!" jawab Siang Lan tak mau kalah.
Kemudian Hong An tersenyum, alangkah tinggi hati gadis ini, pikirnya.
"Kita harus ikut berlari ke arah berlawanan dengan mereka, dengan demikian mereka menjadi kacau pergerakannya dan perhatian mereka terpecah, kalau sudah demikian baru kita menyerang!"
"Jalanku lain lagi! Aku hendak mempergunakan thi-lian-ci untuk menghajar mereka dari dalam!"
"Bagus, sambil berlari kau menghajar mereka dengan thi-lian-ci dan aku menyerang dengan pedang sehingga kurungan ini terbuka!" kata pula Hong An.
Demikianlah, dua orang muda yang sama sekali tidak saling kenal dan secara kebetulan berada dalam keadaan yang sama ini, kini tanpa melihat muka masing-masing, telah mengadakan perundingan seperti dua orang kawan senasib!
Tiga belas orang anggota barisan Ang-hoa-tin itu menjadi heran dan curiga melihat dua orang yang mereka kurung hanya bercakap-cakap dan berbisik-bisik. Selagi Ang-hoa Sin-mo hendak memberi aba-aba untuk mulai dengan serangannya, tiba-tiba dua orang muda itu mulai bergerak dan berlari-lari dengan arah yang berlawanan! Tentu saja semua anggota barisan itu menjadi bingung dan tidak tahu harus berbuat bagaimana. Belum pernah mereka mengalami hal ini dan belum pernah ada orang yang mereka hadapi melakukan hal yang aneh ini.
"Serang mereka bergantian!" Tiba-tiba terdengar Ang-hoa Sin-mo memberi aba-aba karena dengan berlari-larinya kedua orang muda itu, berarti bahwa usaha membuat mereka menjadi pening telah gagal sama sekali! Kini mereka mulai menggerakkan senjata dan mulai menyerang setelah lebih dulu berhenti berlari.
"Bagus!" seru Hong An dan Siang Lan hampir berbareng karena setelah ketiga belas orang itu tidak berlari-lari lagi, mudahlah bagi mereka untuk bergerak. Dengan berbareng pula, Hong An memutar pedangnya menangkis serangan lawan, sedangkan Siang Lan melompat ke tengah dan tangan kirinya menyambar. Beberapa butir thi-lian-ci menyambar keluar dari tangan itu menuju ke arah ketiga orang anggota barisan itu yang menjadi terkejut sekali dan cepat mengelak. Akan tetapi kembali beberapa butir thi-lian-ci menyambar lagi dengan kecepatan luar biasa. Dua orang di antara mereka masih dapat mengelak dan menyampok dengan golok, akan tetapi yang seorang kurang cepat gerakannya sehingga sebutir thi-lian-ci dengan cepat memasuki daging di pundaknya, membuat ia menjerit kesakitan! Siang Lan tidak mau membuang waktu lagi dan cepat melompat dengan pedang diputar, mendesak orang yang telah terluka itu. Tiga orang kawannya membantunya dan menghadang untuk mencegah Siang Lan keluar dari kepungan akan tetapi kembali tangan kiri Siang Lan bergerak. Kini sembilan butir thi-lian-ci dengan cepatnya menyambar ke arah tiga orang itu yang cepat harus melompat jauh untuk menghindarkan diri dari senjata rahasia yang berbahaya itu. Saat ini digunakan oleh Siang Lan untuk menerjang orang yang terluka pundaknya tadi. Orang itu mencoba u ntuk menangkis dengan goloknya, akan tetapi ia kalah cepat dan biarpun ia berhasil menangkis pedang Siang Lan, namun tendangan gadis itu yang menyusul gerakan pedangnya dengan cepat mengenai dadanya sehingga ia menjerit kesakitan dan tubuhnya bergulingan di atas tanah!
Kini pecahlah kepungan di bagian Siang Lan dan gadis itu melompat keluar siap menanti serbuan lawan dengan pedang di tangan. Adapun Hong An yang juga bergerak cepat dengan pedangnya di tangan telah dikeroyok oleh empat orang, yakni Ang-hoa Sin-mo, Ang-hoa Mo-li dan dua orang anak buah mereka. Gerakan pedang ini demikian cepat dan hebat sehingga Ang-hoa Sin-mo diam-diam mengeluh. Ternyata bahwa pemuda ini memiliki kepandaian yang jauh lebih tinggi dari Kui Bok Beng, dan sama sekali tidak memiliki ilmu silat cabangnya, yakni cabang Bu-tong-pai yang telah banyak dirubah. Melihat ilmu pedangnya, Ang-hoa Sin-mo dapat menduga bahwa Hong An tentu murid dari Kun-lun-pai yang terkenal memiliki ilmu pedang yang terkenal tangguh dan lihai.
Biarpun permainan cambuk besi dari Ang-hoa Sin-mo dan siang-kiam dari Ang-hoa Mo-li cukup tangguh, dibantu pula oleh dua orang anak buah mereka yang cukup tinggi ilmu silatnya, namun ilmu pedang Kui Hong An dapat mengimbangi serangan mereka, bahkan dapat membuat kacau permainan kedua orang anak buah perampok itu. Untuk menghadapi sambaran cambuk besi dari Ang-hoa Sin-mo yang lihai dan sepasang pedang dari Ang-hoa Mo-li yang ganas, Hong An mempergunakan kegesitan dan gin-kangnya. Ia bergerak cepat dan tubuhnya berkelebat ke sana kemari, didahului oleh sinar pedangnya yang berkilauan.
Sementara itu, Siang Lan hanya menghadapi keroyokan tujuh orang anak buah perampok, menghadapi mereka dengan enak dan tenang. Dua orang di antara anak buah perampok telah rebah di tanah, yakni yang tadi ia tendang dan seorang lagi yang terkena pedangnya pada saat mereka menyerbu setelah ia keluar dari kepungan. Dengan robohnya dua orang, maka kini yang menghadapinya masih ada tujuh orang lagi. Gadis ini sama sekali tidak merasa gentar dan pedangnya dimainkan sedemikian rupa sehingga pedang itu selain merupakan sinar gemilang yang melindungi seluruh tubuhnya, juga kadang-kadang melesai panjang dan jauh menyerang. Ia juga menggunakan thi-lian-ci, maka kacau balau para pengeroyoknya. Dua orang berteriak mengaduh-aduh dan mundur dari pertempuran karena perut mereka kemasukan biji-biji besi itu! Hal ini membuat lima orang pengeroyok lain menjadi pucat ketakutan dan permainan mereka makin kacau balau lagi. Akan tetapi mereka ini masih membandel dan terus menyerang dengan buas.
Melihat kebandelan mereka, Siang Lan merasa gemas juga. Ia tidak mau membunuh banyak orang dan tidak suka pula melayani orang-orang kasar ini lebih lama lagi, maka ia berseru keras dan segera gerakan pedangnya dirubah cepat. Gerakan pedangnya timbul dari tenaga lwee-kangnya, dan permainannya pun luar biasa, karena ia mainkan ilmu pedang Tat-mo Kiam-hwat, yakni ilmu pedang ciptaan Tat Mo Couwsu yang sakti. Terdengar teriakan-teriakan terkejut karena begitu Siang Lan menggerakkan pedangnya dengan luar biasa ini, dua orang pengeroyok melempar pedang dan memegangi tangan kanannya yang mengalirkan darah, sedangkan seorang lagi mengeluh kesakitan karena pundaknya terbabat oleh ujung pedang gadis pendekar itu!
Mereka kini menjadi takut betul-betul dan ketika menengok ke arah pemimpin-pemimpin mereka ternyata bahwa keadaan pemimpin mereka juga terdesak sekali maka dua orang pengeroyok yang masih belum terluka segera berseru, "Lari...!" Orang yang telah menderita luka itu terhuyung-huyung lalu berlari cepat pergi dari situ, menyusul dua orang kawannya yang telah melarikan diri terlebih dulu.
Siang Lan tersenyum dan memandang ke arah pemuda yang masih bertempur itu. Ia menjadi kagum melihat betapa pemuda itu telah berhasil pula merobohkan dua orang kawan Ang-hoa Siang-mo sehingga kini ia hanya menghadapi suami isteri Iblis Kembang Merah itu. Sekali pandang saja maklumlah Siang Lan bahwa pemuda itu adalah seorang anak murid Kun-lun-pai yang memiliki gerakan cepat sekali sehingga diam-diam ia merasa kagum. Tiba-tiba Siang Lan merasa betapa matanya menjadi merah ketika darah hangat menyerbut naik ke mukanya karena perasaan jengah dan malu mendorongnya. Mengapa ia merasa kagum dan tertarik kepada pemuda ini" Tak pantas bagi seorang gadis mempunyai perasaan semacam ini terhadap seorang pemuda yang baru saja dijumpainya.
Ia melihat betapa Hong An mendesak hebat suami isteri itu dengan pedangnya, bahkan kini Ang-hoa Mo-li hanya bermain dengan satu pedang saja karena pedang di tangan kirinya telah terlempar ketika ia menangkis pedang Hong An. Tiba-tiba Ang-hoa Mo-li melompat keluar dari kalangan pertempuran itu sambil berseru,
"Lim Pok, kau hadapi sendiri dia! Kaulah yang dulu bermusuhan dengan Bok Beng, bukan aku!" Setelah berkata demikian Ang-hoa Mo-li lari pergi dari situ!
Siang Lan merasa gemas sekali melihat ketidak setiaan iblis perempuan itu terhadap suaminya, maka ia mengambil segenggam thi-lian-ci dan disambitkan ke arah tubuh Ang-hoa Mo-li yang hendak melarikan diri.
"Ang-hoa Mo-lli bawalah hadiah ini dariku!" teriaknya. Ang-hoa Mo-li cepat mengelak, akan tetapi karena sambitan thi-lian-ci yang dilepas oleh Siang Lan ini memang cepat sekali sambarannya, juga dilepas secara istimewa sehingga biji-biji teratai besi itu menyambar ketiga jurusan yakni tepat ke arah punggung dan sebagian ke arah kanan kiri tubuh Ang-hoa Mo-li, maka ketika iblis perempuan itu mengelak ke kiri, masih saja sebutir thi-lian-ci mengenai tangan kanannya! Ia menjerit kesakitan, membalikkan tubuh dan memandang marah kepada Siang Lan. Akan tetapi, melihat gadis gagah itu berdiri dengan tersenyum mengejek, ia menjadi ngeri karena maklum bahwa kepandaiannya takkan dapat menangkan lawan tangguh ini, maka ia berseru,
"Dasar anak murid Siauw-lim-pai yang jahat! Hati-hati kau, lain kali akan datang saatnya aku membalas kekurangajaranmu ini!" Setelah berkata demikian, ia melompat maju dan melarikan diri.
Sementara itu, ketika melihat betapa isterinya lari meninggalkannya, hati Ang-hoa Sin-mo menjadi bingung sekali, dibantu oleh isterinya pun dia masih tak dapat menangkan pemuda ini, apalagi kalau menghadapinya seorang diri! Biarpun ia telah memutar-mutar cambuk besinya dengan nekat, namun tetap saja terdesak.
Pada saat yang baik, Hong An mendesaknya dengan serangan Po-in-kian-cit (Menyapu Awan Melihat Matahari), ujung pedangnya bagaikan kilat secepatnya menyabet ke arah leher Ang-hoa Sin-mo yang segera menangkis dengan cambuknya. Akan tetapi ketika pedang itu bertemu dengan cambuk, Hong An memutar pedangnya sehingga cambuk itu menggubat pedang. Ang-hoa Sin-mo mengerahkan tenaga dan membetotnya dengan maksud untuk merampas pedang lawan, akan tetapi ternyata bahwa tenaga Hong An juga besar sekali sehingga jangankan untuk merampas pedang lawan, akan tetapi ternyata bahwa tenaga Hong An juga besar sekali sehingga jangankan untuk merampas pedang, menggerakkannya saja pun Ang-hoa Sin-mo tidak sanggup! Pada saat itu Hong An melancarkan serangan dengan kakinya yang bergerak bergantian dalam ilmu tendang Sa-tak-twi (Tendangan Segitiga). Ilmu tendang yang amat lihai dan cepat ini tak dapat dihindarkan oleh Ang-hoa Sin-mo sehingga dalam dua jurus saja pergelangan tangannya yang memegang thi-pian telah kena tendang sehingga senjatanya terlepas dan terlempar ke udara!
Ang-hoa Sin-mo terkejut sekali dan karena tidak ada harapan untuk menang, ia lalu melarikan diri ke arah rawa! Dengan sekali lompatan jauh, ia telah berada di pinggir rawa dan segera meloncat ke atas bambu yang terdekat.
"Lim Pok, jangan lari! Hutangmu belum lunas!" teriak Hong An mengejar dan tanpa sangsi lagi melompat ke atas bambu di mana Lim Pok Si Iblis Bunga Merah telah berdiri.
Mendengar seruan ini dan maklum bahwa pemuda itu mengejarnya, tiba-tiba Ang-hoa Sin-mo lalu membalikkan tubuh dan tangan kanannya bergerak melemparkan sesuatu ke arah Hong An. Pemuda itu cepat menggerakkan tubuhnya sehingga miring dan sambitan itu tidak mengenai sasaran. Ternyata yang disambitkan oleh Ang-hoa Sin-mo itu adalah hiasan emas berbentuk bunga merah yang tadinya menghias rambutnya. Memang di antara bunga-bunga merah yang asli yang menghias dan memenuhi rambutnya, terdapat beberapa bunga terbuat dari emas yang indah sekali.
Biarpun Hong An dapat mengelakkan diri dari sambitan itu, akan tetapi karena ia menggerakkan tubuh sebelum menginjak bambu, kini ia turun tidak tepat di atas bambu! Seekor buaya yang berada di dekat tempat itu ketika melihat tubuh pemuda itu jatuh dari atas lalu mengangkat kepalanya tinggi-tinggi dari atas permukaan air dengan mulut terbuka lebar!
"Bagus!" Hong An memuji dengan girang oleh karena binatang ini merupakan penolong baginya. Ia menurunkan kakinya yang sebelah kanan lebih dulu ke arah mulut yang terbuka itu sebagai umpan! Ketika buaya itu menggerakkan mulut yang ditutup dengan tiba-tiba, Hong An menarik kaki dan kini kaki kirinya menginjak mulut yang telah terkatup itu dan secepat kilat ia menggunakan kepala buaya itu sebagai panjatan dan melompat lagi ke atas bambu itu.
Ang-hoa Sin-mo tadinya telah bergirang hati karena menyangka bahwa pemuda itu pasti akan mati di dalam mulut buaya. Alangkah terkejutnya melihat betapa dengan berani sekali pemuda itu dapat menghindarkan serangan buaya bahkan mempergunakan binatang buas itu sebagai jembatan! Ia merasa menyesal mengapa ia berhenti untuk melihat hasil serangannya. Kini untuk melarikan diri sudah tidak ada waktu lagi karena Hong An segera menyerbunya. Terjadilah perang tanding yang mati-matian di atas sebatang bambu yang terapung di atas air! Sementara itu, melihat betapa bambu itu tenggelam di bawah permukaan air karena terlalu berat bebannya, buaya-buaya di kanan kiri bambu itu dengan cepat berenang mendekat dengan mulut dibuka lebar-lebar.
"Kalau bukan kau, tentu aku!" Tiba-tiba Ang-hoa Sin-mo berseru keras dengan menggerakkan tubuhnya menubruk dengan sepasang tangannya dipentang lebar ke arah lawannya! Hong An hanya berdiri di atas sebatang bambu, maka tentu saja sukar baginya untuk menghindarkan diri dari terkaman nekat ini. Ia melihat betapa jari tangan dari lawannya itu dibuka bagaikan kuku garuda dan maklum bahwa ia tidak dapat menyambut serangan ini dengan pukulan atau tendangan, karena tentu orang yang nekat itu akan menangkap kaki atau tangannya dan mengajaknya mati bersama di dalam air yang penuh buaya buas itu! Jalan lain tidak ada lagi bagi Hong An, maka ia lalu berseru keras dan tubuhnya mencelat ke atas dengan cepat bagaikan menyambar kilat! Ang-hoa Sin-mo menubruk tempat kosong dan tentu saja gerakannya yang hebat dan nekat ini membuat tubuhnya meluncur ke depan dan akhirnya jatuh ke dalam air mengeluarkan suara bercebur ketika air muncrat ke atas. Buaya-buaya buas yang telah menanti-nanti korban itu segera memburu dengan mulut terbuka lebar! Ang-hoa Sin-mo menggerakkan kedua tangannya dan dua ekor buaya terpukul ke kanan kiri! Memang hebat pukulan Ang-hoa Sin-mo ini, akan tetapi di dalam air menghadapi sekian banyaknya binatang buas, ia tak berdaya dan tak lama kemudian terdengar pekik ngeri dan tubuhnya diseret ke dasar rawa!
Sementara itu, tubuh Hong An yang melompat ke atas itu, ketika melayang turun ke bawah kembali, agaknya juga akan mengalami nasib yang sama pula dengan Ang-hoa Sin-mo, karena di bawahnya tidak ada sesuatu yang dapat menahan tubuhnya. Sekali ia terjatuh di dalam air, akan tamatlah riwayatnya. Pemuda itu memandang ke bawah dengan mata terbelalak lebar. Ia tidak merasa takut, akan tetapi tak berdaya. Kalau saja ada seekor buaya yang kebetulan timbul di permukaan air itu, tentu ia bisa mempergunakannya sebagai batu loncatan. Akan tetapi sebagian besar binatang itu sedang berpesta di dasar rawa dan sebagian pula berenang di dalam air.
Tiba-tiba dari pinggir rawa, melayang sebatang bambu yang jatuh tepat di bawah pemuda itu! Hong An turun dan menginjak bambu itu untuk melompat kembali ke arah bambu yang berada di pinggir rawa, kemudian dengan dua kali lompatan lagi, sampailah ia di depan Siang Lan dan menjura dengan wajah berseri.
"Nona, terima kasih, aku Kui Hong An berhutang budi dan nyawa kepadamu, terimalah hormat dan terima-kasihku."
Memang yang melontarkan bambu untuk menolong Hong An tadi adalah Siang Lan. Kini menghadapi pemuda yang menjura dan menghaturkan terima kasihnya itu, kembali Siang Lan merasa betapa mukanya menjadi merah karena hatinya berdebar keras.
Ia membalas memberi hormat dengan mengangkat kedua tangan ke dada sambil berkata, "Tak usah bicara tentang budi dan terima kasih. Kalau kau tidak cepat datang tadi ketika aku dikeroyok, tentu aku telah tewas dan kau sekarang akn tewas pula di dalam rawa! Saling bantu dalam usaha menghadapi si jahat, sudah menjadi keharusan yang sepantasnya. Perlu apa banyak upacara lagi?"
Hong An tersenyum dan mengangkat mukanya memandang. Kebetulan sekali Siang Lan juga sedang menatap wajahnya, maka tanpa disengaja dua pasang mata bertemu pandang. Entah mengapa, dua pasang mata itu seakan-akan tertarik oleh sesuatu yang mempunyai pengaruh sihir, empat buah mata itu terbuka lebar dan sampai lama tidak berkedip! Akhirnya Siang Lan yang mengalihkan pandangan matanya lebih dulu, sedangkan Hong An lalu bertanya,
"Bolehkah aku mengetahui nama Nona dan mengapa pula Nona bermusuhan dengan Ang-hoa Siang-mo?"
Semenjak pertemuan pandang mata tadi, Siang Lan merasa jantungnya masih berdebar tidak karuan sehingga ia maklum bahwa kalau ia bicara, suaranya tentu terdengar gemetar. Oleh karena itu ia tidak menjawab, bahkan lalu menggerakkan kaki menuju ke pinggir rawa.
Hong An merasa heran dan mengejarnya. "Eh, Nona, mengapa kau seperti orang marah" Kalau aku tidak boleh mengetahui namamu, tidak apa, akan tetapi jangan marah kepadaku!" Siang Lan menggigit bibirnya. "Siapa marah" Dan tentang nama.., apa perlu kau yang tidak kukenal mengetahuinya. Aku bertempur dengan Ang-hoa Siang-mo karena mereka penjahat-penjahat kejam! Sudahlah aku harus pergi dari sini!" Ia lalu melompat ke atas bambu dan segera menyeberangi rawa itu untuk mencari kedua orang adiknya!
Hong An berdiri bengong di pinggir rawa, mengikuti bayangan nona yang jelita itu dengan pandang matanya sampai bayangan Siang Lan lenyap dari pandangan. Ia menarik napas panjang berulang-ulang.
"Sayang....sayang....aku tak kenal namanya."
Sekarang baiklah kita mengikuti pengalaman Hwe Lan gadis yang keras hati itu. Sebagaimana telah dituturkan di bagian pertama, ketika melihat Siang Lan mengejar perwira muka hitam, Hwe Lan menyuruh adiknya, Sui Lan, untuk menyusul encinya itu karena ia merasa tidak enak hati melihat encinya itu mengejar musuhnya seorang diri. Perwira-perwira Kim-i-wi yang mengeroyok tinggal tiga orang lagi dan mereka ini bukan apa-apa bagi Hwe Lan yang gagah perkasa. Setelah Sui Lan pergi untuk menyusul encinya Hwe Lan lalu memutar-mutar pedangnya sedemikian rupa sehingga dalam beberapa jurus saja kembali seorang perwira roboh mandi darah tertusuk oleh pedangnya.
Dua orang perwira yang masih mengeroyoknya kehabisan semangat dan keberanian, maka mereka lalu memutar badan lari tunggang-langgang! Akan tetapi Hwe Lan tidak membiarkan mereka melarikan diri dari sebelah selatan. Sibuklah kedua orang perwira itu ketika melihat bahwa nona yang kosen itu mengejarnya.
Pada saat itu, dari jauh datang tiga bayangan orang berlari-lari secepat terbang. Seorang di antara mereka, yang lari paling depan adalah seorang kaki pendek gemuk yang berkepala gundul akan tetapi pakaiannya ganjil sekali, karena di luar ia memakai jubah pendeta namun di sebelah dalam ia mengenakan pakaian perwira tinggi! Kakek ini larinya cepat sekali biarpun ia nampak berjalan seenaknya. Di ketiak kirinya terkempit sebatang tongkat yang pada kedua ujungnya bulat seperti bola. Kakek ini bukanlah orang sembarangan, karena ia bukan lain adalah Wai Ong Koksu atau guru negara, karena sesungguhnya kakek ini adalah seorang sakti dari Bu-tong-san, dan ilmu silatnya sudah mencapai tingkat tinggi sekali. Wai Ong Koksu ini adalah seorang tokoh besar Bu-tong-oai yang menjadi kakak seperguruan dari tokoh Bu-tong-pai yang bernama Pang To Tek! Memang telah lama Wai Ong Hosiang ini mengasingkan diri di atas pegunungan sebelah utara. Ketika ia mendengar bahwa Kaisar memerlukan seorang guru silat dan juga penasehat, ia lalu turun gunung dan berhasil mendapatkan kedudukan tinggi itu. Pangkat Koksu ini dikehendaki oleh banyak sekali jago-jago silat dan tokoh-tokoh kang-ouw, akan tetapi, mereka semua terpaksa mundur ketika melihat Wai Ong Hosiang karena maklum akan kelihaian kakek gundul ini. Beberapa orang jago silat yang belum mengetahuinya dan mencoba untuk merebut kedudukan itu, seorang demi seorang jatuh dalam tangan Wai Ong Hosiang yang lihai. Sayang sekali bahwa seorang pendeta yang sakti dan berkepandaian setinggi dia ini, masih mempunyai kelemahan terhadap kedudukan tinggi dan harta serta kemuliaan!
Orang kedua adalah seorang perwira tinggi dari kerajaan yang berpangkat bu-su dan juga merangkap menjadi pelatih para perwira. Tubuhnya tinggi besar dan mukanya kuning membayangkan kekejaman hati. Matanya tajam tanda bahwa ia berotak cerdik. Dia ini juga bukan orang sembarangan dan tidak kalah terkenal di kalangan perwira kerajaan, karena ia adalah Gui Kok Houw yang berpangkat bu-su semenjak belasan tahun yang lalu dan mendapat kepercayaan penuh dari Kaisar. Sungguhpun Gui Kok Houw masih kalah pengaruhnya jika dibandingkan dengan Wai Ong Koksu, akan tetapi di antara semua perwira, boleh dibilang ia menduduki tingkat paling tinggi dan pengaruhnya paling besar. Juga ilmu silat Gui Kok Houw amat lihai, karena selain mengerti banyak macam ilmu silat dari pedalaman, ia pun mengerti pula dengan baiknya tentang ilmu silat dari Mongol. Senjata yang biasa dipakainya juga amat luar biasa dan sukar dilawan, yakni tiga butir bola-bola berduri terbuat dari baja yang diikat dengan tali-tali baja. Apabila ia mainkan bola-bola berduri ini, maka tiga bola itu akan menjadi beberapa belas banyaknya dalam pandangan lawan, dan lihainya bukan main!
Orang ke tiga yang larinya paling akhir adalah seorang pemuda yang berpakaian seperti bangsawan. Usianya kurang lebih sembilan belas tahun, wajahnya tampan sekali sehingga kalau ia mengenakan pakaian wanita, tentu ia akan menjadi seorang gadis yang amat cantik sekali. Gerak-geriknya lemah lembut dan sopan-santun, tanda bahwa ia mendapat pendidikan baik dan telah mempelajari kebudayaan dan kesusasteraan. Namun, tindakan kakinya cukup gesit dan menunjukkan bahwa ia telah memiliki bu-ge (ilmu silat) yang cukup lihai. Orang ini adalah seorang putera pangeran yang paling berkuasa di waktu itu, yakni Pangeran Souw Bun Ong yang selain kaya raya juga menduduki pangkat tinggi di istana dan menjadi tangan kanan Kaisar sendiri. Pemuda putera Pangeran Souw ini bernama Souw Cong Hwi, putera tunggal yang amat dimanja, seorang pemuda bangsawan yang selain tampan, juga dapat disebut seorang bun-bu-cwan-jai (ahli sastra dan ahli silat).


Tiga Dara Pendekar Siauw-lim Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Dua orang perwira yang dikejar-kejar oleh Hwe Lan dan sedang berlari ketakutan itu, tadinya telah merasa putus harapan ketika melihat gadis yang lihat itu mengejar dengan cepatnya. Akan tetapi ketika mereka melihat bayangan Wai Ong Koksu, mereka menjadi gembira sekali dan segera berteriak-teriak,
"Koksu yang mulia, tolonglah jiwa kami..." Akan tetapi belum habis mereka berteriak, mereka menjerit dan roboh dengan punggung mereka bolong-bolong karena ditembusi beberapa butir thi-lian-ci yang dilepas oleh Hwe Lan secara luar biasa sekali!
"Omitohud! Ganas sekali...!" Wai Ong Koksu berseru melihat sepak terjang Hwe Lan ini. "Gadis liar dari manakah kau berani sekali mencelakai perwira-perwira kerajaan?"
Akan tetapi, ketika melihat bahwa tiga orang yang datang ini juga pihak musuh, karena yang dua berpakaian seperti perwira, Hwe Lan tidak banyak cakap dan kembali tangannya bergerak menyebar thi-lian-ci ke arah Wai Ong Koksu dan Gui Busu yang datang lebih dulu.
Gui Kok Houw melompat ke kiri dan mengelakkan diri dari sambaran thi-lian-ci, akan tetapi Wai Ong Koksu tidak mengelak dan hanya mengebutkan tangan bajunya ke arah dua butir thi-lian-ci yang menuju ke arah matanya. Thi-lian-ci yang lain, yakni ada dua butir lagi yang menuju ke arah dadanya, ia biarkan saja dan ketika dua butir biji teratai besi mengenai badannya, senjata rahasia kecil ini terpental dan runtuh ke atas tanah!
Hwe Lan menjadi terkejut sekali melihat kelihaian perwira tua yang gundul ini. ia telah menyambit dengan membidik jalan-jalan darah, akan tetapi ternyata sambaran thi-lian-ci yang dilepaskannya tadi mengenai bagian anggota badan lain. Ia takkan heran melihat kekebalan kakak itu, akan tetapi karena ia maklum bahwa senjata rahasianya dengan tepat menghantam jalan darah, maka ia dapat menduga dengan terkejut bahwa kakek ini tentulah memiliki ilmu Pi-ki-hu-hiap (Menutup Hawa Melindungi Jalan Darah), semacam ilmu khi-kang yang baru saja diajarkan oleh gurunya dan baik ia sendiri, maupun kedua saudaranya, belum dapat mempergunakannya dengan baik! Ia maklum bahwa kini ia menghadapi lawan yang bukan main lihainya, sedangkan gerakan Gui Kok Houw ketika mengelak sambaran thi-lian-ci tadi saja cukup menunjukkan bahwa orang tinggi besar muka kuning ini pun memiliki ilmu kepandaian yang tinggi.
Akan tetapi, Hwe Lan memang seorang gadis yang mempunyai keberanian yang luar biasa dan memang sudah menjadi wataknya tidak mau kalah terhadap lawan, maka ia sama sekali tidak merasa takut dan bersiap sedia menghadapi pertempuran yang bagaimana berbahayanya pun!
Pada saat itu, seorang di antara dua orang perwira yang tadi roboh oleh thi-lian-ci yang disambitkan Hwe Lan, dapat merangkak bangun dan segera berseru,
"Koksu....dia...perempuan itu...dia adalah pemberontak Siauw-lim-pai...!"
Mendengar ucapan ini, berubalah wajah Wai Ong Koksu. Dia memang menaruh hati dendam dan membenci Siauw-lim-pai, apalagi sebagai guru negara ia harus membasmi setiap pemberontak.
"Bagus, biar aku tangkap dia!" Sambil berkata demikian, tiba-tiba tubuh kakek tua ini berkelebat dan sepasang ujung lengan bajunya menyambar ke arah kedua pundak Hwe Lan menyerang jalan darah Kin-ceng-hiat. Serangan ujung lengan baju ini demikian keras, sehingga sebelum pukulan sampai, angin pukulannya telah terasa oleh Hwe Lan.
Gadis ini terkejut sekali dan maklum bahwa tenaga khi-kang kakek ini tak boleh dibuat main-main, maka ia lalu mengandalkan ilmu meringankan tubuh, mengelak ke kiri dengan cepat, kemudian dari kiri ia membalas dengan serangan pedang dalam gerak tipu merak sakti mematuk cacing. Pedangnya dari arah kiri meluncur cepat bagaikan anak panah menusuk lambung lawan. Wai Ong Koksu cepat memutar lengan bajunya dengan sabetan keras. Ia bermaksud untuk melibat pedang gadis muda itu untuk kemudian dirammpas, akan tetapi ia menjadi terkejut sekali karena gadis itu dengan gerakan yang luar biasa cepatnya menarik kembali pedangnya dan kini menusuk lagi ke arah mata!
Pendekar Kelana 8 Pedang Inti Es Peng Pok Han Kong Kiam Karya Okt Memanah Burung Rajawali 13
^