Pencarian

Pedang Sinar Emas 6

Pedang Sinar Emas Kim Kong Kiam Karya Kho Ping Hoo Bagian 6


Bun Sam menarik napas panjang. "Untuk menjadi sahabatnya saja aku masih kurang cukup berharga"." katanya seperti kepada dirinya sendiri. "Dia terlalu agung, terlalu cantik, terlalu pandai dan puteri seorang panglima pula. Dan aku.... ?" Bun Sam, kau harus tahu diri, kau seorang kelana yang miskin, lebih daripada pengemis jembel, seorang yatim piatu. Sungjah harus malu!" Sambil berkata demikian, Bun Sam benar benar merasa amat berduka dan wajahnya yang tampan menjadi pucat.
Sian Hwa mengangkat mukanya. "Mengapa kau mengeluarkan kata kata seperti itu" Aku selama nya tidak pernah berwatak sombong dan tinggi. Aku hanya mengemukakan kenyataan tentang perbedaan keadaan dan kehidupan kita. Aku sendiri.... aku. .." Sian Hwa memaksa diri menelan kembali kata katanya ini karena hampir saja ia membuka rahasianya sendiri bahwa dia pun seorang yang tak berayah pula.
Bun Sm tersenyum pahit. "Nona, memang aku yang bodoh. Bagaikan seekor anjing merindukan bulan menggonggong dengan sia sia. Bagaimana pemuda seperti aku dapat menjadi sahabatmu" Ah, sudahlah ku tarik kembali omonganku tadi nona. Aku hanya mengganggumu, kau seorang yang mulia, yang berbahagia, bagaimana aku berani mengganggu mu" Aku menghaturkan selamat atas pertunanganmu dengan pemuda gagah she Liem itu putera dari Pat jiu Giam ong. Selamat berbahagia dan selamat tinggal, nona!" Setelah berkata demikian, Bun Sam memutar tubuhnya dan hendak melompat keluar dari tempat itu.
Akan tetapi, tiba tiba ia menahan kedua kakinya. Salahkah pendengarannya" Tidak! Benar benar ia mendengar isak tangis di belakangnya. Bun Sam cepat memutar kembali tabuhnya dan memandang ke arah Sian Hwa. Gadis itu telah menangis. Menangis sedih dengan terisak isak dan menutup mukanya dengan ujung ikat pinggang sutera barwarna kuning keemasan. Basah oleh air mata ujung ikat pinggang itu dan kedua pundaknya bergoyang goyang dalam sedu sedannya.
Bun Sam berdiri terpaku, kedua matanya terbuka lebar.
"Nona .... Sian Hwa .... kenapa kau?" Ia melangkah maju mendekati nona itu. Akan tetapi Sian Hwa makin tersedu sedu tangisnya.
Luluh hati Bun Sam yang tadi sudah mengeras. Tadinya ia hendak mengeraskan hati dan hendak melupakan gadis yang telah merampas kalbunya ini dengan anggapan bahwa ia adalah seorang gadis bangsawan yang sombong, yang mempunyai ayah hebat. Akan tetapi melihat gidis ini menangis tersedu sedu, hancur luluh semua kekerasan yang dibangun di dalam hatinya. Ia menjatuhkan diri berlutut di depan Sian Hwa.
"Nona, jangan rarnangis. Ah, aku telah menyakiti hatimu. Nona, cabutlah pedangmu dan penggal saja leherku. Aku Song Bun Sam takkan melawan, takkan mengelak. Aku telah menyinggung perasaanmu yang halus, telah membuat kau berduka."
Sian Hwa mengangkat mukanya dan dengan air mata mengalir turun dari kedua matanya. Ia memandang kepada pemuda itu. Ia merasa terharu sekali dan tak terasa pula ia menyentuh pundak Bun Sam.
"Berdirilah, taihiap. Tak pantas bagi searang gagah seperti engkau berlutut di depanku. Bangunlah, sikapmu ini membuat aku merasa tak enak sekali."
Bun Sam bangkit dan berkata dengan perlahan. "Nona Sian Hwa, aku benar benar tadi tak sengaja berkata keras kepadamu. Maafkanlah aku. Aku telah mendengar percakapanmu dengan Liem Swee dan tahu pula bahwa pertunangan itu tidak kau setujui dan dipaksakan kepadamu. Namun aku masih menyakiti hatimu dengan kata kata tadi. Ah, mengapakah aku menjadi seorang begini gila" Aku sendiri tak dapat menguasai hati, pikiran mulutku. Apakah yang terjadi dengan aku!"
Sian Hwa juga berdiri dan mereka berpandangan. Wajah gadis itu masih basah oleh air matanya sendiri. "Jadi kau sudah tahu" Kalau begitu tak perlu dibicarakan lagi. Kau tahu, hidupku juga banyak menderita. Kau masih belum mengetahui semuanya. Kalau kau tahu keadaanku, kau akan tahu bahwa bukan hanya kau yang hidup menderita. Mungkin aku lebih menderita daripadamu."
"Nona, siapa yang berani mengganggumu" Apakah pertunangan itu yang membuat kau merasa berduka" Kalau perlu, aku akan pergi mencari dan menghajar pemuda she Liem itu, agar dia membatalkan pertunangan paksaan ini!" seru Bun Sam dengan suara sungguh sungguh, sehingga di dalam hatinya, pemuda ini benar benar merasa heran mengapa ia bisa berhal demikian ia merasa seakan akan semua bicara dan sikapnya tadi tidak seperti dia sejati, seakan akan ia melihat orang lain yang berperasaan lemah. Ke mana perginya kekuatan batinnya" Mengapa ia menjadi demikian lemah" Ia tidak tahu bahwa hati dan pikirannya sedang berada di dalam genggaman dewa asmara yang luar biasa hebat kekuasaannya. Betapapun gagah seorang manusia, kalau sudah termasuk dalam cengkeraman asmara, ia akan menjadi lemah tak berdaya!
"Song taihiap, dia adalah suhengku!"
"Lebih lebih seorang suheng sama dengan seorang kakak, tidak boleh memaksa sumoinya untuk menjadi calon isteri kalau sumoinya itu tidak suka!" Suara Bun Sam makin mengeras tanda bahwa ia marah kepada Liem Swee.
"Hush, dia adalah putera tunggal dari Pat jiu Giam ong!" kata Sian Hwa pula dan aneh sekali melihat sikap dan pembelaan pemuda ini wajahnya yang tadi muram kini menjadi berseri gembira, kedua matanya yang bening seperti mata burung hong itu bersinar sinar ketika ia memandang kepada Bun Sam.
"Aku tidak takut! Biar dia putera Pat jiu Giam ong, kalau tidak benar sepak terjangnya, akan kulawan juga. Biar aku mengadu nywa dangan Pat jiu Giam ong untuk membelamu, nona!"
"Hus.... jangan keras keras bicaramu!" Sian Hwa berisik dan kini senyum manis sekali mulai membayang pada bibirnya. "Kau baik hati dan gagah sekali, taihiap. Benar benar aku kagum padamu."
Mereka kembali saling memandang sampai lama tanpa mengeluarkan kata kata, kemudian Sian Hwa menundukkan mukanya dan berkata perlahan. "Katakanlah, mengapa kau demikian mati matian hendak membelaku?"
Ditanya demikian Bun Sam rnelengak dan menjadi bingung bagaimana harus menjawabnya. Apalagi ketika Sian Hwa yang tidak mendapat jawaban lalu mengangkat muka memandangnya dengan mata penuh selidik.
"Karena.... karena.... . barangkali karena kau telah bersikap baik kepadaku dan kepada suheng, karena kau.... kau berbeda, jauh dengan semua orang yang pernah kujumpai."
Sian Hwa tidak puas. "Hanya karena itu saja dan kau lalu berani hendak mengorbaakan nyawa untukku ?"
Bun Sam merasa mukanya menjadi panas. Memang tadi ia tidak mengaku terus terang. Kini didesak oleh Sian Hwa dan melihat betapa pandangan mata nona itu seperti menggodanya, tahulah ia bahwa Sian Hwa sudah mengerti baik apa yang terkandung di dalam hatinya. Hal ini mendatangkan keberaniannya.
"Terus terang saja, karena aku cinta kepada mu, Siao Hwa !" Ucapan ini dikalnarkan dengan dada diangkat dan kepala ditegakkan.
Kini Sian Hwa yang tersipu sipu mendengar pengakuan sejujurnya ini. Mukanya menjadi merah lagi sampai ke leher dan telinganya.
"Kau ..... kau.... apa .?" hanya kata kata ini yang dapat keluar dari mulutnya, seakan akan ia masih belum percaya akan pengakuan pemuda itu.
"Aku cinta kepadamu!"
"Cinta.... ?"" Kata kata ini sudah sering kali didengung dengungkan oleh Liem Swee kepadanya, akan tetapi sekarang mendengar kata kata ini diucapkan oleh Bun Sam, terdengar bagaikan kata kata yang baru pertama kali didengarnya selama hidupnya. Terdengar demikian halus, suci dan merdu. Tanpa disadarinya Sian Hwa tertunduk lagi di atas batu dan ia meramkan matanya!
Ketika ia merasa betapa kedua tangannya dipegang orang, ia menjadi kaget dan membuka matanya. Ternyata Bun Sam telah berlutut dan memegang kedua tangannya itu. Hati Sian Hwa memberontak terhadap perbuatan Bun Sam yang merangsang seluruh dirinya ini, terdorong oleh kesadarannya yang tidak membenarkan seorang pemuda memegang tangannya, akan tetapi perasaannya yang sudah penuh dengan simpati dan kasih sayang terhadap Bun Sam, membuat ia merasa lumpuh dan lemah. Betapapun juga, dengan keseluruh tenaga batinnya, ia mengambil keputusan bahwa kalau pemuda itu berlaku kurang sopan, ia akan menghantam dan menyerangnya dengan pukulan maut !
Akan tetapi Bun San bukanlah pemuda macam itu. Ia berlutut dan memegang kedua tangan gadis itu sekali kali bukan terdorong oleh nafsu kurang ajar, melainkan karena ia merasa khawatir kalau kalau gadis ini menderita pukulan batin. Melihat wajah Sian Hwa yang tiba tiba pucat dan gadis itu memeramkan matanya, ia buru buru memegang kedua tangan gadis itu dan mengerahkan tenaga lweekangnya untuk disalurkan melalui telapak tangan Sian Hwa, maksudnya hanya untuk membantu gadis itu memulihkan peredaran jalan darahnya belaka.
Sian Hwa tentu saja merasa betapa dari telapak tangan pemuda ini mengalir hawa hangat yang kuat sekali, membuat debaran jantungnya menjadi makin berdebar. Karena ia tidak membutuhkan bantuan ini, maka kalau dilanjutkan bahkan akan membahayakannya, maka ia lalu membuka matanya dan tersenyum kepada Bun Sam. Melihat hal ini, pemuda itu menjadi jengah sendiri dan cepat menyimpan kembali tenaga yang disalurkannya, akan tetapi dua pasang tangan saling belai penuh kasih sayang yang tidak dinyatakan berterang.
"Sian Hwa.... " bisik Bun Sam dan bukan main bahagia rasa hatinya karena in mendapat kenyataan bahwa ia tidak bertepuk sebelah tangan dan bahwa cintanya dibalas oleh nona ini.
"Kau baik sekali, saudara Bun Sam...." kata gadis itu dengan suara lembut dan pandangan mata mesra.
"Aku cinta kepadamu, Sian Hwa...." jawab Bun Sam sebagai penolakan pujian itu atau dengan kata kata lain hendak menyatakan bahwa kebaikannya itu hanya karena ia mencintai Sian Hwa.
Dengan perlahan Sian Hwa menarik kedua tangannya dari genggaman tangan Bun Sam. Lalu ia menrik napas panjang dan berkata. "Bagaimana mungkin" Aku sudah menjadi tunangan orang lain...." Kembali gadis ini menjadi berduka dan menundukkan mukanya.
Mendengar ucapan yang mengingatkannya kembali tentang keadaan gadis pujaannya, perih rasa hati Bun Sam. Sebagai seorang pemuda yang menjunjung tinggi kesopanan, tentu saja ia maklum bahwa tidak mungkin ia berjodoh dengan seorang gadis yang sudah menjadi calon isteri orang lain. Iapun lalu menundukkan mukanya dan mengingat betapa ia tak mungkin berkumpul dengan orang yang dicintainya ini, dua titik air mata melompat keluar dari kedua matanya. Ia menggigit bibirnya untuk menahan kesedihan hatinya ini, agar jangan sampai ia menjadi lemah.
Ketika Sian Hwa menengadah dan mdihat betapa pemuda itu menjadi basah matanya, ia menjadi terharu sekali. Terdorong oleh rasa haru dan cinta, ia lalu bangkit berdiri dan memagang kedua tangan Bun Sam.
"Bun Sam.... memang tidak mungkin bagi kita untuk.... untuk menjadi jodoh di dunia ini.... akan tetapi pecayalah selama hidup aku takkan sudi menjadi isteri orang lain" Biar mereka memaksaku sampai mati, aku takkan suka menjadi isteri suheng! Di dalam hatiku, hanya kaulah...... jodohku, Bun Sam dan kalau di dunia kita tidak berjodoh, biarlah kita bertemu di alam baka..... atau di lain penjelmaan!"
Naiklah sedu sedan dari leher Bun Sam ketika ia mendengar ucapan yang baginya amat suci, mulia dan mengharukan ini. Ia merangkul Sian Hwa dan untuk srsaat keduanya tenggelam dalam keharuan.
Tiba tiba keduanya saling melepaskan pelukan ketika mendengar suara ribut ribut di luar taman. Terdengar keruan Bucuci.
"Sian Hwa, di mana kau?" Lekas keluar dan bantu menangkap maling besar yang mencuri pedang pusaka dari istana!" Nampak berkelebat banyak bayangan orang di luar tembok taman dan terdengar bunyi kerincingan pakaian perang Panglima Bucuci.
"Bun Sam, selamat berpisah. Inilah pertemuan terakhir kita," kata Sian Hwa sambil bersiap siap untuk melompat keluar.
Ban Sam maklum akan maksud kata kata kekasihnya ini. Sekali lagi ia menggenggam tangan kanan gadis itu, lalu berkata dengan suara tenang karena ia telah berhasil memhan perasaan hatinya. "Kau benar Sian Hwa. Kita tak berdnya dan juga tidak boleh kita melanggar peraturan adat. Selamat berpisah, ingatlah selalu bahwa Bun Sam hanya dapat mercinta satu kali saja kepada seorang wanita, yakni kepadamu !"
"Aku takkan dapat lupa kepadamu selama hidupku!" jawab gadis itu.
Bun Sam lalu melompat dan menghilang di dalam gelap. Sian Hwa melompat ke atas pagar tembok, akan tetapi tiba ta muncul ayahnya yang datang datang terus menuding serta membentaknya. "Siapa yang baru saja pergi tadi" Ayoh bilang, siapa dia?""
"Aku tidak tahu, ayah!" jawab Sian Hwa dengan tenang, karena betapapun juga, ia tak akan mengaku siapa adanya pemuda tadi yang bayangannya mungkin terlihat oleh Bucuci.
"Sian Hwa, bukankah kau anakku" Mengapa tidak mengaku" Jangan jangan dialah malingnya yang mencuri pedang Pek lek kiam dari istana kaisar!"
"Ayah.... !" Tiba tiba hati Sian Hwa menjadi panas dan marah sekali mendengar kekasihnya dituduh mencuri pedang pusaka.
"Hem, siapa tahu pencuri itu tadi berhasil memasuki taman dan bersembunyi di sini. Dan kau....kau anakku bahkan membantunya bersembunyi dan sekarang membelanya!"
"Ayah jangan menuduh sembarangan saja!" gadis itu berkata dan mendengar suara Sian Hwa mengandung kemarahan besar serta mata anak ita bersinar sinar, Bucuci menahan mulutnya. Akhir akhir ini ia melihat Sian Hwa sering kali memandang kepadanya dengan mata menakutkan.
"Sudahlah, kalau kau betul betul tidak tahu, mari lekas membantuku mencari maling itu. Kau tahu pedang Pek lek Kiam yang disimpan di dalam gedung pusaka istana kaisar, telah diambil orang dan para penjaga tidak berdaya sama sekali menghadapinya. Malingnya seorang kakek yang menyeramkan dan seperti berotak miring, akan tetapi kepandaiannya tinggi sekali."
Diam diam Sian Hwa menjadi geli jua mendengar penuturan ayahnya ini. Bagaimana ayah tirinya berani menyangka Bun Sam yang menjadi malingnya" Bun Sam bukan seorang kakek tua berwajah menyeramkan, sama sekali bukan!
"Mari kita mencoba mengejar maling itu, ayah," kata Sian Hwa ketika melihat betapa kota raja menjadi gempar dan setiap orang yang memiliki kepandaian tinggi telah berada di atas genteng genteng rumah dan bayangan bayangan gesit bersimpang siur.
Sian Hwa mempergunakan ginkangnya yang tinggi untuk melompat ke atas genteng dan berlari memeriksa dan melihat lihat kalau kalau ia akan berhadapan dengan maling sakti itu. Ketika ia bertemu dengan para panglima kerajaan yang melakukan pengejaran, ia mendengar bahwa maling ini telah lenyap seakan akan memiliki kepandaian menghilangkan diri dari pandang mata manusia!.
"Semua pintu gerbang telah di jaga rapat dan jalan keluar tidak ada. Hampir semua rumah telah diperiksa teliti, namun maling itu tidak nampak bayangannya. Ia menghilang bersama pedang pusaka Pek lek kiam!" berkata seorang panglima tua yang bertemu dengan Sian Hwa di atas genteng.
Gadis ini menjadi heran mendengar akan kelihaian maling itu dan diam diam iapun merasa khawatir akan keselamatan Bun Sam kekasihnya. Pemuda itupun telah terlihat oleh para panglima dan dianggap sebagai seorang yang harus diawasi, karena pernah bertempur melawan Pat jiu Giam ong. Kalau semua jalan keluar tertutup, bagaimana Bun Sam akan dapat keluar dari kota raja tanpa diganggu oleh para penjaga"
Tiba tiba ia melihat Liem Swee yang juga ikut mencari dengan pedang di tangan. Biarpun ia pada saat seperti itu tidak suka bicara dengan Liem Swee, suheng dan tunangannya ini, akan tetapi karena ia ingin tahu lebih banyak tentang maling itu ia lalu bertanya Kepada Liem Swee apakah maling itu telah tertangkap.
"Siapa yang bisa menangkapnya!" kata Liem Swee dengan wajah memperlihatkan kekecewaan.."Malingnya adalah seorang siluman!"
Sian Hwa menjadi terkejut dan memandang heran. Tadinya disangkanya bahwa Liem Swee bergurau, karena pemuda ini memang suka bergurau. Akan tetapi, pemuda itu nampak bersungguh sungguh dan pula setelah tadi dikecewakan hatinya oleh Sian Hwa, agaknya tidak muduh bagi Liem Swee untuk bergurau pada malam itu.
"Suheng, apakah artinya ucapanmu tadi" Seorang siluman?" tanyanya tidak percaya.
Liem Swee mengangguk anggukkan kepalanya. "Ya, seorang siluman. Kalau orang biasa saja, tak mungkin ia terlepas dari ringkusan ayah."
"Apa" Suhu telah turun tangan sendiri dan tidak berhasil menangkapnya?" tanya Sian Hwa dengan hati amat tertarik.
"Ya, ayah sudah bertemu dengan maling itu di atas genteng istana. Aku yang menyertai ayah melihat betapa maling itu berwajah menyeramkan dan pakaiannya compang camping. Pedang Pek lek kiam dikempitnya dan ia berlari cepat sekali. Ketika ayah menghadang, ia lalu melawan. Akan tetapi mana ia bisa menang menghadapi ayahku" Setelah bertempur lebih tiga puluh jurus ia tidak kuat bertahan lagi lalu hendak melarikan diri. Aku hendak maju, akan tetapi tidak boleh oleh ayah karena memang penjahat itu lihai sekali. Dengan terjangan Siu eng na jiu hwat, ayah berhasil meringkusnya, akan tetapi sungguh hebat. Maling itu dapat melepaskan diri, entah dengan ilmu apa, sehingga ayah sendiri berseru keras terheran heran. Tahu tahu maling itu telah lari lagi dan biarpun dalam hal ilmu silat ia kalah oleh ayah, namun larinya cepat sekali dan sebentar saja menghilang di dalam gelap!"
Sian Hwa mendengar dengan terheran heran. Ia telah mempelajari Sin eng na jiu hwat dan mengetahui akan kehebatan ilmu lilai ini. Apalagi dimaiakan oleh gurunya, siapakah orangnya yang dapat melepaskan dirinya dari ringkusan gurunya ini" Benar benar maling yang hebat luar biasa.
Pada saat itu, datang panglima Ang Seng Tong, kepala Gi lim kun yang juga ikut meronda. Ketika melihat Liem Swee dan Sian Hwa, ia lalu memberitahukan bahwa kedua orang muda itu dicari oleh Pat jiu Giam ong dan diminta datang pada malam hari itu juga.
Setelah Liem Swee dan Sian Hwa menghadap, Pat jiu Giam ong yang kelihatan bersungguh sungguh itu lalu berkata. "Mulai sekarang, kalian berdua harus belajar lebih rajin lagi. Menurut dugaanku maling itu tentu ada hubungannya dengan BuTek Kiam ong. Aku melihat beberapa jurus ilmu silat Bu Tek Kiam ong ketika orang itu bertempur dengan aku. Munculnya seorang kawan Bu Tek Kiam ong menandakan bahwa, Bu Tek Kiam ong masih hidup dan dia merupakan lawan yang paling kuat di antara tokoh tokoh lain. Maka, berhati hatilah dan pergiatlah latihan ilmu silat kalian Jangan mencari permusuhan, karena kalian sudah tahu bahwa banyak sekali orang pandai berkeliaran di daerah ini pada waktu sekarang."
Demikianlah, seluruh kota raja geger karena pedang pusaka milik kaisar telah dicuri orang dan tak seorangpun berhasil menangkap pencurinya. Bahkan Tat jiu Giam ong sendiri tidak berhasil membekuknya. Siapakah sebenarnya pencuri yang sakti itu" Benarkah dugaan Pat jio Giam ong bahwa orang itu mempunyai hubungan dengan Bu Tek Kiam ong. Raja Pedang yang telah lama tidak muncul di dunia ramai dan yang dianggap telah tewas tanpa ada orang lain yang mengetahui itu" Untuk mengetahui dan menjawab hal ini, marilah kita mengikut perjalanan Bun Sam, karena secara kebetulatn sekali pemuda ini bertemu dengan maling sakti yang oleh Liem Swee disebut siluman itu.
Dengan hati amat berat, Bun Saw meninggalkan taman bunga di mana kekasihnya berada. Ia tahu bahwa inilah pertemuan dan juga sekaligus perpisahan yang terakhir ia berjumpa dengan Sian Hwa, jatuh cinta, lantas dua hati bertemu, akan tetapi bertemu hanya sekali saja untuk selanjutnya berpisah. Harus berpisah, sungguhpun di dalam batin mereka telah terjalin ikatan yang erat dan yang takkan dapat dipisahkan oleh maut sekalipun. Pahit dan perih rasa hati Bun Sam, pemuda remaja yang menjadi korban asmara ini. Ia hendak pergi secepat mungkin, malam ini juga. Tak tahan ia harus berada di kota raja, di mana kekasihnya tinggal. Tak kuat hatinya memikirkan hatinya dekat dengan Sian Hwa namun tidak mungkin menemuinya tak dapat melihat wajah yang telah terukir di dalam hatinya itu, tak dapat mendengarkan suara yang telah bergema selalu di dalam anak telinganya.
Ia ingin pergi keluar dari kota raja malam itu juga dan hendak melanjutkan perjalanan, pulang ke Oei san, tempat tinggal suhunya, ia takkan turun gunung lagi, akan tinggal saja bersama dengan suhunya di Oei san, menjadi pertapa untuk mencari obat bagi batinnya yang terluka.
Ketika ia sedang berlari cepat sekali melalui wuwungan rumah orang orang kota raja, ia melihat pula para panglima berlari lari mengejar maling yang mencuri barang pusaka. Bun Sam yang sedang semua dan melanjutkan perjalanannya, memilih tempat sepi agar jangan bertemu dengan para pengejar maling itu.
Tiba tiba ia melihat bayangan hitam berkelebat di depannya, mendatang dari jurusan lain dan ketika ia memandang, ternyata bahwa orang itu adalah seorang kakek yang berwajah liar. Rambutnya awut awutan, sebagian banyak menutup muka nya yang bewajah liar. Cambang dan jenggotnya panjang tidak terpelihara, tumbuh liar di seluruh mukanya. Pakaiannya serba hitam dan compang camping, sama tidak terpelihara dengan rambut dan cambang bauknya. Sepasang kakinya telanjang dan jari jari kakinya besar besar. Yang amat menarik perhatian Bun Sam adalah pedang bersarung emas yang dikempit di bawah lengan kirinya. Tahulah ia bahwa orang inilah yang mencuri pedang pusaka dari istana kaisar.
"Maling pedang, serahkan pedang itu kepadaku !" seru Bun Sam sambil menghadang di depan orang itu. Biarpun tidak memperdulikan urusan pencurian itu, namun darah mudanya tidak mengizinkan ia berpeluk tangan saja setelah secara kebetulan bertemu muka dengan maling yang aneh ini!
Kakek ini memandangnya dengan mata berputar putar, kemudian mengeluarkan suara ha ha. Bun Sam tercengang melihat ini karena tahu bahwa kakek ini adalah orang gagu seperti suhengnya. Iapun lalu menggerak gerakkan jari tangannya membalas isarat pada kakek itu. Ia menyatakan bahwa kakek itu telah melakukan pelanggaran besar terhadap kaisar dan mengapa kakek itn mencuri sebuah pedang. Kakek itu kembali mengeluarkan suara ha ha hu hu dan dengan isarat jari tangan ia menyuruh Bun Sam pergi dan jangan mencampuri urusannya. Akan tetapi, nyata bahwa ia gembira melihat pemuda tampan di depannya ini pandai "bicara" dalam bahasa gerak jari seperti seorang gagu.
Melihat Bun Sam bersitegang tidak mau melepaskannya, kakek itu menjadi marah dan tiba tiba ia mendorong pemuda itu supaya minggir. Mana Bun Sam mau diperlakukan begitu saja " Ia cepat mengelak dan ketika kakek itu hendak melompat pergi, ia lalu mengulur tangan kanannya, menotok ke arah pundak kakek itu dengan maksud merampas pedang.
Akan tetapi ia menjadi terkejut sekali. Dengan jelas ia melihat betapa totokannya sudah berhasil tepat, akan tetapi kakek itu tidak menjadi lumpuh, sebaliknya ia bahkan merasa jari tangan nya merasa sakit! Bukan main! Kalaupun kakek ini mengerti ilmu menutup jalan darah, tidak nanti jari tangannya sampai merasa sakit. Hal ini hanya menandakan bahwa lweekang dari kakek ini benar benar tinggi sekali.
Sebaliknya, ketika kakek itu melihat pemuda ini menyerangnya, lalu mengeluarkan suara marah dan secepat kilat ia membalikkan tubuhnya, tidak jadi berlari dan berbalik menyerang Bun Sam dengan ilmu pukulan yang aneh dan dahsyat! Bun Sam terkejut sekali dan cepat ia lalu mengelak dan melihat kakek itu terus mendesaknya dengan pukulan bertubi tubi dan hebat sekali, ia segera mainkan Ilmu Silat Thai lek Kim kong jiu, warisan dari suhunya, yakni Kim Kong Taisu.
Si gagu ini menjadi terketjut sekali dan nampaknya tercengang menyaksikan ilmu silat ini. Beberapa kali ia mengeluarkan suara yang menyatakan keheranan dan kekagetannya, kemudian dengan gembira ia menghadapi Bun Sam dengan ilmu silat nya yang aneh. Ketika lengan Bun Sam beradu dengan lengan kakek itu, pemuda ini menjadi makin terkejut karena ia merasa tangannya seakan akan bertemu dengan besi panas! Ia pernah mendengar dari suhunya bahwa ada ilmu pukulan yang disebut Ang thiat ciang (Tangan Besi Merah), akan tetapi karena ilmu pukulan ini hanya dimiliki oleh seorang tokoh besar yang sudah tidak ada lagi di dunia, maka mustahil kalau kini kakek ini dapat memilikinya. Apakah ini tokoh yang sudah lenyap dari dunia kang ouw itu" Tak mungkin, pikir Bun Sam, karena tokoh itu yang disebut oleh suhunya sebagai Raja Pedang, digambarkan oleh suhunya sebagai seorang yang biarpun sederhana namun selalu berpakaian bersih dan menjaga dirinya dengan baik.
Karena terdesak terus oleh ilmu pukulan lawannya yang aneh dan sakti ini biarpun lawan nya hanya mempergunakan tangan kanan saja karena tangan kirinya untuk memegang pedang curiannya, Bun Sam lalu berseru keras dan mengeluarkan ilmu pukulan Soan hong pek lek jiu yang dipelajarinya dari Mo bin Sin kun!
Jilid VIII KEMBALI kakek gagu itu nampak terkejut dan mengeluarkan seruan seruan orang gagu yang dikenal oleh Bun Sam sebagai seruan kaget dari heran. Kemudian kakek itu menjadi tambah bersemangat saja menghadapi Bun Sam dan kegembiraannya memuncak. Bahkan kini mulai tertawa tawa! Akan tetapi yang mengherankan Bun Sam, pukulan Soan hong pek lek jiu agaknya juga tidak "mempan" terhadap kakek yang lihai ini! Dan pada saat ia mengeluarkan pukulan yang ke tujuh, tiba tiba kakek itu menerima pukulan ini dengan dadanya, tanpa mengelak atau menangkis, bahkan lalu mengulurkan tangan kanannya menangkap Bun Sam!
Pukulan itu tepat mengenai dada kakek itu. Pukulan Soan hong pek lek jiu benar benar hebat dan biarpun kakek itu tenaga lweekangnya jauh melebihi Bun Sam namun ia tak dapat, menahan pukulan ini dan terpental mundur sampai tiga tindak! Kemudian ia batuk batuk tanda bahwa biar pun tidak terluka berat namun pukulan ini "terasa" juga olehnya dan dapat membobolkan benteng pertahanannya yang kuat. Bun Sam sudah mulai merasa girang, akan tetapi tiba tiba sekali, bagaikan seekor kera saja gesitnya, kakek itu menubruk maju dan sebelum Bun Sam dapat mengelak, ia telah disambar dan diringkus di dalam pelukan kakek itu. Ia mencoba untuk memberontak, akan tetapi makin keras ia berusaha, makin sakitlah tulang tulangnya. Ia kaget sekali karena tidak disangkanya bahwa kakek ini selain memiliki tenaga lweekang yang tinggi, juga memiliki tenaga gwakang (tenaga otot) yang besar sekali.
Karena tahu bahwa kalau ia berkeras, kulit kulit tubuhnya akan lecet dan tulang tulangnya akan remuk, maka Bun Sam tidak berani berkutik lagi dan membiarkan saja dirinya dibawa berlari lari seperti terbang cepatnya oleh kakek itu! Makin kagumlah Bun Sam ketika mendapat kenyataan bahwa ilmu tari cepat dari kakek ini agaknya tidak berada di bawah tingkat kepandaian suhunya sendiri!
Dalam keadaan tertotok dan payah karena lapar sekali, Bun Sam dibawa pergi oleh sigagu itu sampai tiga hari tiga malam. Kakek itu mendaki sebuah bukit yang penuh dengan hutan liar. Gunung ini adalah Gunung Hek mo san (Gunung Iblis Hitam) dan di puncak gunung yang belum pernah dikunjungi orang lain ini terdapat sebuah gua yang terkenal di dunia kangouw sebagai gua siluman. Pernah ada beberapa orang kangouw yang iseng iseng mengunjungi bukit dan gua ini, akan tetapi mereka lenyap tak meninggalkan bekas, sehingga akhirnya tempat ini merupakan tempat yang ditakuti orang dan tak ada lagi orang gagah yang berani main main di tempat ini.
Ketika iba di depan sebuah gua yang besar dan hitam gelap, kakek itu menurunkan Bun Sam di atas tanah, memetik tiga butir buah yang kemerahan, melemparkan buah itu kepada Bun Sam lalu membebaskan totokannya, sehingga pemuda itu dapat bergerak lagi walaupun masih lemah. Dengan isyarat tangannya, ia minta supaya Bun Sam makan buah itu.
Pemuda ini tidak tahu buah apakah yang kemerahan itu akan tetapi karena perutnya lapar sekali, ia lalu mencoba menggigitnya. Alangkah girangnya ketika mendapat kenyataan bahwa buah itu selain manis dan segar, juga berbau harum. Sebentar saja habislah tiga butir buah itu dan ia mendapatkan tenaganya kembali.
"Awas, jangan kau berani lari dari sini atau melakukan sesuatu tanpa perintahku. Kalau melanggar, aku akan membunuhmu." Kakek itu bicara melalui gerak jari tangannya.
Bun Sam memang amat tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tantang kakek ini, maka biarpun tidak diancam, ia tidak berniat hendak pergi dari situ. Kakek ini terang sekali adalah seorang yang sakti dan berkepandaian tinggi sekali, maka kalau dapat bergaul dan dekat dengan dia dan dapat memetik beberapa ilmu silat dari padanya, bukankah itu baik sekali" Harus diakui bahwa watak kakek ini keras dan buruk sekali, akan tetapi hal inipun dapat dhadapinya dengan penuh kesabaran. Tidak percuma Bun Sam semenjak kecil menjadi murid dari Kim Kong Taisu kalau ia tidak dapat menguasai perasaan dan tidak memiliki kesabaran yang besar sekali.
Setelah makan, kakek gagu itu lalu mengajaknya memasuki gua yang hitam gelap itu.
"Di dalam ada seorang kakek lumpuh yang hendak menciptakan ilmu pedang untukku. Kau jangan mengganggunya dan jangan mengajak ia bicara di luar kehendakku!" kembali kakek gagu ini mengancam dengan gerak jari tangannya. Bun Sam hanya mengangguk, akan tetapi hatinya berdebar tegang ketika ia melihat gerak jari tangan kakek ini dan mengetahui maksudnya. Siapakah kakek lumpuh yang berada di dalam gua?" Mendengar bahwa kakek lumpuh itu hendak menciptakan ilmu pedang ia menduga duga. Apakah kakak itu yang disebut oleh suhunya sebagai Raja Pedang" Dan untuk inikah gerangan kakek gagu itu mencuri pedang pusaka dari dalam istana kaisar"
Gua itu selain luas dan gelap menghitam, juga ternyata dalam sekali. Setelah meraba raba maju sampai kira kira sepuluh tombak dalamnya, mereka berhadapan dengan dinding batu karang. Kali ini diketahui oleh Bun Sam dengan rabaan tangannya. Tiba tiba, entah bagaimana cara membukanya, terbukalah sebuah pintu di dinding batu itu, pintu yang hanya dapat dimasuki oleh tubuh satu orang yang tidak terlalu gemuk. Kakek itu memberi isarat supnya Bun Sam masuk lebih dulu, baru kemudian ia masuk di belakang pemuda itu dan menutupkan pintu tanpa dilihat oleh pemuda itu. Ketika Bun Sam mengerling, ia tidak melihat lagi adanya pintu. Sungguh merupakan sebuah pintu rahasia yang luar biasa sekali.
Mereka berjalan terus dan kini di ruang ini tidak gelap seperti tadi, melainkan terang, mendapat penerangan matahari yang bersinar turun melalui lobang lobang di sebelah atas. Jalan berliku liku diapit oleh tebing batu karang yang tingginya tak dapat diukur lagi, seakan akan kedua tebing di kanan kiri itu menyundul langit!
Tak lama kemudian, tibalah mereka di sebuah ruangan yang bersih dan luas dan di sudut ruangan itu terlihat oleh Bun Sam seorang kakek yang sudah tua sekali duduk bersila dan diam tak bergerak seperti orang sedang tidur atau sebuah patung batu yang tak bergerak. Rambutnya yang putih itu panjang sekali sampai menutupi kedua pundaknya, terus bergantungan sampai di perutnya, ia memakai pakaian putih yang nampak bersih sekali, demikianpun di sekeliling tempat ia duduk, nampak bersih sekali seakan akan setiap saat disapu dengan teliti. Kira kira tiga tombak di sekelilingnya yang bersih, di luar itu agak kotor karena daun daun kering yang melayang jatuh dari atas kedua tebing. Di sebelah kiri dari kakek itu terdapat buah keranjang besar yang berisi buah buahan kemerahan seperti yang dimakan oleh Bun Sam tadi, sebanyak setengah keranjang.
Melihat wajah kakek itu pucat dan nampaknya demikian lemah, timbul hati kasihan dalam dada Bun Sam. Akan tetapi kakek itu ternyata sama sekali tidak lemah karena pendengarannya masih tajam sekali. Hal ini terbukti bahwa biarpun kakek gagu dan Bun Sam masuk tanpa mengeluarkan suara sedikitpun dan biarpun kakek baju putih itu tidak membuka matanya, ia telah mengetahui kedatangannya itu. Ia bicara dengan suara halus.
"Lo koai, apakah Pek lek kiam telah dapat kau bawa ke sini" Dan tamu siapakah yang ikut datang bersamamu?" Setelah berkata demikian, kakek baju putih itu membuka matanya. Terkejutlah hati Bun Sam ketika ia melihat mata kakek ini te lah buta. Biji matanya hanya kelihatan putih saja sungguh mengerikan sekali.
Kakek gagu yang sebetulnya bernama atau mendapat nama julukan Ah Lo koai (Setan Tua Gagu) ini tentu saja tidak dapat menjawab dan juga tidak akan ada gunanya kalau ia bicara dengan gerak jari tangan karena kakek baju putih itu tidak dapat melihat. Maka ia lalu memberi tanda dengan jari tangan kepada Bun Sam dan minta pemuda itu menjadi "juru bahasa" menyampaikan jawabannya kepada kakek buta itu. Sekarang tahulah Bun Sam bahwa ia diculik untuk dijadikan juru bahasa. Akan tetapi dugaannya ini sebetulnya tidak tepat betul. Ada maksud yang lain dan yang lebih hebat lagi dari kakek gagu itu, maka ia membawa Bun Sam ke tempat ini.
Setelah kakek gagu itu selesai bicara dengan gerak tangan, Bun Sam menjadi makin terkejut dan heran karena benar saja bahwa kekek buta ini bukan lain adalah Bu Tek Kiam ong si Raja Pedang yang dulu sering disebut sebut dan dipuji puji oleh suhunya, ia lalu menjatuhkan diri berlutut di depan kakek sakti itu dan berkata untuk menyampaikan jawaban si kakek gagu.
"Teccu yang bodoh bernama Song Bun Sam, dibawa datang ke sini oleh Ah locianpwe (kakek gagah yang gagu). Adapun Ah locianpwe telah berhasil mendapatkan pedang Pek lek kiam. Ah locianpwe minta teecu menyampaikan kepada locianpwe bahwa ilmu pedang itu harus segara diselesaikan dan diturunkan kepadanya, karena kalau tidak, leher locianpwe dan leher teecu akan dipenggal dengan pedang pusaka itu. Bun Sam menterjemahkan bahasa jari tangan Ah Lokoai dan diam diam ia merasa heran sekali mengapa ada terjadi perkara yang aneh ini antara Ah Lokoai dan Bu Tek Kiam ong. Tentu saja ia hanya dapat menduga duga dan tidak berani banyak bertanya, ia melihat Ah Lokoai kembali menggerak gerakkan jari tangannya dan kagetlah ia ketika mengerti akan maksud kakek gagu itu. Akan tetapi melihat pandangan mata yang menyeramkan dari kakek gagu yang agaknya berotak miring ini ia cepat menyampaikannya kepada Bu Tek Kiam ong.
"Ah locianpwe memberi waktu tiga bulan kepada locianpwe untuk menciptakan dan menyelesaikan ilmu pedang yang tiada lawannya di dalam dunia kang ouw. Lewat dari tiga bulan, locianpwe takkan dapat hidup lagi dan bersama teecu akan dimasukkan ke dalam sumur ular berbisa !"
Bu Tek Kiam ong tertawa geli mendengar ancaman ancaman yang hebat ini. "Lokoai benar benar lucu. Siapakah yang takut mati" Kalau bukan ingin meninggalkan ilmu pedang yang akan merajai di seluruh dunia kang ouw, siang siang aku sudah mengambil nyawaku sendiri dari tubuh yang bobrok ini !"
Bun Sam melihat Ah Lokoai menggerak gerakkan jari tangannya, maka ia cepat menterjemahkannya. "Ah locianpwe bilang bahwa dia sudah banyak memelihara locianpwe, mencarikan buah buahan. Kalau tidak ada dia, locianpwe tentu mati kelaparan, maka sudah sepatutnya kalau dia yang menerima warisan ilmu pedang itu."
Kembali Bu tek Kiam ong gelak tertawa. "Ha, ha, ha, sungguh Ah Lokoai seperti badut melawak. Mataku sempat buta, perbuatan siapakah itu" Kedua kakiku sampai lumpuh, kejahatan siapa pula itu" Apa artinya dibandingkan dengan pemeliharaan selama lima tahun" Ha, ha, sungguh lucu, aku memang hendak mencipta ilmu pedang dengan pek lek kiam, akan tetapi ilmu pedang ini akan dimiliki oleh seorang yang benar benar gagah dan berbudi luhur."
Mendengar ucapan ini, tiba tiba Ah Lokoai mengeluarkan seruan keras yang menyeramkan sekali dan ia lalu menubruk maju, menyerang Bu tek Kiam ong dengan sebuah pukulan maut ke arah kepala kakek rambut putih itu. Melihat hal ini, Bun Sam tentu saja tidak mau berpeluk tangan saja. Pemuda ini dengan cepat pula lalu menyambar maju dan dengan kedua tangannya ia menangkis pukulan Ah Lokoai.
"Duk"!" Bun Sam terpental dua tombak lebih dan tubuhnya tertumbuk pada dinding batu karang. Demikian hebat tenaga raksasa yang keluar dari pukulan Ah Lokoai tadi. Baiknya pemuda ini telah melatih dengan baik ilmu lweekangnya, sehingga ia telah dapat menutup hawa dan melindungi jalan darahnya maka biarpun adu tenaga itu membuat kepalanya pening dan benturan dengan dinding membuat kulitnya lecet lecet, namun ia tidak mengalami luka di dalam tubuh. Namun ia untuk sementara tak dapat bangkit lagi dan hanya rebah sambil memandang ke arah Ah Lokoai. Kakek gagu ini tadi juga terdesak mundur sampai dua tindak ketika lengannya terbentur dengan kedua lengan Bun Sam. Kini ia tertawa tawa melihat Bun Sam terlempar, kemudian dengan serentak ia lalu mengirim pukulan lagi ke arah kepala Bu tek Kiam ong.
Bun Sam merasa ngeri karena mana bisa kepala kakek yang lumpuh dan lemah itu menahan pukulan maut ini" Akan tetapi, ia sendiri masih merasa lemah dan sakit sakit tubuhnya, sehingga tak berdaya menolong.
Akan tetapi, kakek buta itu sekarang menengok ke arah Bun Sam dengan wajah berseri dan tanpa memperhatikan serangan Ah Lokoai ia mengangkat tangan ke arah kakek gagu sambil berseru. "Lokoai, tahan dulu! Aku tidak takut mati, akan tetapi kalau aku sampai mati, siapa yang akan mengajarmu ilmu pedang untuk menghadapi mereka?"
Mendengar seruan ini, Ah Lokoai menahan pukulannya dan cepat menggerak gerakkan jari tangannya sambi memandang ke arah Bun Sam, matanya mengeluarkan perintah agar pemuda itu menyampaikan kata katanya kepada Bu Tek Kiam ong.
"Si gagu bertanya, apakah locianpwe suka menurunkan ilmu pedang itu kepadanya?" kata Bun Sam yang kini tidak menyebut Ah locianpwe lagi kepada kakek gagu, melainkan menyebut si gagu saja!
"Tentu, tentu," Bu Tek Kiam ong berkata dan wajahnya makin berseri girang. "Aku berjanji untuk mengajar ilmu pedang kepadanya, akan tetapi harus diketahui bahwa ilmu pedang yang hendak kuciptakan ini sedikitnya harus dilatih selama tiga tahun! Dan satelah aku memberi janjiku, iapun harus berjanji takkan mengganggu anak muda ini!"
Ah Lokoai menjadi girang dan mengangguk angguk puas sambil menyeringai.
"Dia setuju, locianpwe!" kata Bun Sam.
Tanpa memperdulikan lagi kepada Ah Lokoai Bu Tek Kiam ong lalu mengeluarkan tangannya ke arah Bun Sam sambil berkata. "Anak muda kau majulah ke sini, biarkan aku meraba muka dan tubuhmu !"
Dengan tubuh masih terasa sakit sakit, Bun Sam lalu menghampiri kakek itu dan berlutut di depannya. Bu tek Kiam ong lalu mengulurkan tangannya, meraba raba kepala, muka, kedua lengan dan pundak Bun Sam sambil mengangguk angguk puas. Semua ini dilihat oleh Ah Lokoai dengan mata tajam. Ia memperhatikan betul betul dan merasa khawatir kalau kalau kedua orang itu akan membuat persekutuan diam diam. Akan tetapi Bu tek Kiam ong tidak menyatakan sesuatu hanya bertanya.
"Anak muda, namamu Song Bun Sam" Bagus, sekarang katakan, apakah kau tadi bukan melakukan gerakan dari Kim kong pek lek jiu ketika menyambut pukulan Ah Lokoai?"
Bun Sam terkejut sekali. Bagaimana seorang buta dapat menduga gerakan pukulannya ketika ia menangkis pukulan Ah Lokoai tadi"
"Benar, locianpwe, memang teecu adalah murid dari Kim Kong Taisu."
Pada saat itu Ah Lokoai menggerak gerakkan tangannya dan Bun Sam berkata, "Si gagu memberitahukan bahwa selain menjadi murid Kim Kong Taisu, teecu juga menjadi murid dari Mo bin Sin kun. Hal ini memang ada betulnya, karena teecu pernah menerima latihan ilmu pukulan dari Mo bin Sin kun."
Mendengar ucapan itu Bu tek Kiam ong menjadi makin girang, ia menepuk nepuk pahanya dan berkata "Ah, tahulah aku sekurang mengapa Lokoai membawamu ke sini! Bagus, bagus agaknya Lokoai hendak berusaha benar benar untuk mengalahkan Kim Kong Taisu dan Mo bin Sin kun. Ha, ha, ha!" Kakek buta ini lalu tertawa terbahak bahak seperti orang yang merasa geli dan juga gembira sekali dan tiada hentinya tangannya mengusap usap kepala Bun Sam penuh kasih sayang.
Mendengar kata kata dan melihat sikap kakek ini, timbul keheranan dan juga rasa simpati terhadap Bu tek Kiam ong dalam hati Bun Sam.
"Locianpwe, bolehkah teecu mengetahui apakah sebetulnya arti daripada semua ini! Mengapa Ah Lokoai memusuhi suhu Kim Kong Taisu dan Mo bin Sin kun" Dan mengapa pula locianpwe diharuskan menciptakan ilmu pedang untuknya" Juga apakah hubungan pedang Pek lek kiam dari istana dan kehadiran teecu di sini dengan persoalan ini" Teecu merasa bingung sekali locianpwe dan mohon penjelasan."
Bu tek Kiam ong menarik napas panjang, lalu menjawab, "Kalau Lokoai menyetujui, baru aku dapat menceritakan semua kepadamu, Bun Sam."
Bun Sam lalu berkata dengan gerak jari tangannya kepada Ah Lokoai. "Aku telah kaupaksa ikut ke tempat ini dan aku berada di dalam kekuasaanmu. Akan tetapi sebagai orang ketiga di tempat asing ini, aku harus mengetahui persoalannya. Kalau tidak, biar kau akan membunuhku, aku takkan suka membantumu menjadi juru bahasa!"
Tadinya Ah Lokoai memandang marah sekali, akan tetapi akhirnya ia memberikan persetujuan nya. Maka dengan suara tenang dan nyata, berceriteralah Bu tek Kiam ong dengan ringkas yang membuat Bun Sam menjadi marah sekali kepada Ah Lokoai.
Menurut penuturan Bu tek Kiam ong, belasan tahun yang lalu, bahkan kurang lebih duapuluh tahun yang lalu, lima orang tokoh besar dunia persilatan yang disebut Lima Besar, yakni Kim Kong Taisu, Lam hai Lo mo Seng Jin Siansu, Pat jiu Giam ong Liem Po Coan, Mo bin Sin kun dan Bu Tek Kiam ong mengadakan perjanjian untuk bertemu di puncak Thaisan untuk berdemontrasi ilmu silat dan menentukan siapa yang memiliki kepandaian tertinggi diantara mereka berlima.
Pertemuan antara Lima Besar yang dianggap sebagi tokoh tokoh paling terkemuka di dunia persilatan tentu saja menarik perhatian tokoh kang ouw dari semu penjuru. Oleh karena itu, pada saat yang telah ditentukan, tidak saja Lima Besar ini yang hadir di puncak Gunung Thaisan, bahkan banyak sekali ciangbunjin (ketua) dan tokoh tokoh cabang persilatan seperti Go bi pai, Kun lun pui, Hoa San pai, Bu Tong pai dan Siauw lim pai juga memelukan hadir untuk menyaksikan pertandingan persahabatan yang tentu saja akan menarik sekali itu. Diantara mereka itu, semua menyatakan setuju di dalam hati bahwa pertemuan ini disebut pertemuan Lima Tokoh Terbesar, karena mereka semua sudah maklum bahwa tingkat kepandaian orang orang ini memang benar benar lebih tinggi daripada tingkat kepandaian mereka.
Akan tetapi ada seorang tokoh aneh yang merasa penasaran dan tidak puas dengan adanya sebutan Lima Tokoh Terbesar itu karena ia merasa bahwa ilmu kepandaiannya sendiri pun cukup tinggi dan ia tidak mau kalah. Orang ini adalah seorang gagah yang semenjak kecil telah menderita penyakit gagu dan nama nya lebih terkenal dengan sebutan Ah Lokoai, seorang yang berkeliaran di dunia kang ouw wilayah selatan. Memang untuk daerah selatan, nama Ah Lokoai telah amat terkenal, tidak saja karena ilmu kepandaiannya yang amat tinggi, akan tetapi juga karena kegalakan dan keganasannya serta kegilaannya.
Ketika lima orang tokoh besar itu sudah berkumpul, tiba tiba muncullah Ah Lokoai yang dengan suara ah ah uh uh dan ha ha hu hu menyatakan pendapatnya bahwa di dalam pibu itu ia harus dibawa pula untuk menetapkan siapa yang lebih unggul. Pendeknya, dengan caranya sendiri ia mengusulkan agar sebutan Lima Besar dirobah menjadi Enam Besar.
Tokoh tokoh kang ouw yang berada di situ tak dapat menahan ketawa mereka mendengar usulan ini. Ah Lokoai yang melihat dirinya ditertawakan orang, menjadi marah sekali dan ia menantang Lima Besar seorang demi seorang.
Untuk menjaga nama mereka, Lima Tokoh Terbesar tentu saja menerima tantangan ini dan Lam hai Lo mo Seng Jin Siansu yang berwatak jenaka itu bahkan menyatakan bahwa kalau tidak dapat mengalahkan Ah Lokoai dalam sepuluh jurus lebih baik mundur saja dan jangan menyebut diri menjadi seorang diantara Lima Besar. Pendeknya, kepandaian Ah Lokoai hendak dijadikan bahan ujian!
Majulah mereka seorang demi seorang menghadapi Ah Lokoai dan benar saja. Ah Lokoai dijatuhkan lima kali oleh Lima Besar itu dalam pertempuran kurang dari sepuluh jurus! Riuh rendah sorak dan ejekan para tokoh kang ouw yang dilontarkan kepada Ah Lokoai dan orang gagu ini dengan perasaan malu sekali lalu meninggalkan puncak Thai san. Kemudian ia dilupakan orang.
Tidak tahunya bahwa si gagu ini menanam bibit kebencian dan dendam yang meluap luap. Ia menyembunyikan dirinya dan melatih ilmu silat tinggi sampai belasan tahun. Kemudian setelah merasa dirinya kuat benar benar, ia lalu mencari Bu tek Kiam ong lagi untuk menantang berkelahi !
Akhirnya, di kaki Gunung Hek mo san, ia dapat bertemu dengan Bu tek Kiam ong yang sudah lama mengasingkan diri di tempat sunyi ini, tidak mau mencampuri urusan dunia ramai. Melihat kedatangan Ah Lokoai, BuTek Kiam ong memberi nasehat nasehat, akan tetapi si gagu itu tetap saja penasaran dan menantangnya untuk mengadu kepandaian karena ia hendak menebus kekalahannya yang dahulu belasan tahun yang lalu.
Bukan main ramainya pertempuran antara mereka. Ah Lokoai benar benar telah mendapat kemajuan pesat sekali dan ilmu, kepandaiannya jika dibandingkan dengan dulu berbeda jauh sekali. Bu tek Kiam ong harus mengakui hal ini dan kalau saja ia tidak mengandalkan permainan pedangnya yang hebat luar biasa, agaknya dalam seratus jurus belum tentu ia dapat merobohkan Ah Lokoai. Namun, Bu tek Kiam ong dikenal sebagai Raja Pedang, setelah ia memainkan pedang nya, akhirnya Ah Lokoai terpaksa haus mengaku kalah untuk kedua kalinya terhadap Raja Pedang ini. Ah Lokoai lalu menjatuhkan diri berlutut dan mohon diterima menjadi murid, Bu tek Kiam ong adalah seorang tua yang bertabiat sabar dan berbudi mulia. Melihat keadaan Ah Lokoai, ia menaruh hati kasihan, ia bukan tidak tahu bahwa Ah Lokoai adalah seorang yang penderita penyakit jiwa, akan tetapi ia tidak tega untuk menolak permohonan Ah Lokoai. Ia menyatakan bahwa ia tidak akan menerima murid. Akan tetapi, ah Lokoai mendesak bahwa ia rela penjadi bujang yang melayani segala keperluan orang tua itu asal saja diberi pelajaran satu dua macam ilmu silat!
Akhirnya Bu tek Kiam ong menerimanya dan demikianlah semenjak hari itu Ah Lokoai tak pernah berpisah dari Bu tek Kiam ong. Akan tetapi, tentu saja Raja Pedang itu tidak mau menurunkan ilmu kepandaian yang paling tinggi karena ia tahu bahwa ilmu kepandaian yang jatuh dalam tangan orang gila seperti Ah Lokoai, hanya akan merupakan bahaya belaka bagi umat manusia. Ia hanya mengajarkan kepandaian silat biasa kepada Ah Lokoai.
Di luarnya, Ah Lokoai kelihatan biasa dan menerima, akan tetapi di dalam hati ia merasa mendongkol sekali. Akhirnya, kesempatan baginya tiba, ia mencampuri bisa ular dalam makanan Bu tek Kiam ong dan setelah Raja Pedang ini makan masakan itu, ia roboh pingsan!
Tadinya Ah Lokoai hendak segera membunuh Raja Pedang ini sebagai pembalasan dendam, akan tetapi tiba tiba si gagu yang berotak miring ini mendapat sebuah pikiran yang baik sekali, ia lalu membawa Bu tek Kiam ong yang pingsan itu ke atas puncak Gunung Hek mo san dan membawanya masuk ke dalam gua siluman yang memang menjadi tempat tinggalnya ketika ia mengasingkan diri. Di situ ia membuat Bu tek Kiam ong tidak berdaya dengan jalan menggosok mata Raja Pedang ini dengan bubuk batu karang sampai menjadi buta dan kemudian membikin putus otot otot besar pada kedua kakinya! Semenjak saat yang mengerikan itu, Bu tek Kiam ong menjadi seorang manusia cacat yang tidak berdaya lagi dan yang lebih hebat, ia berada dalam cangkeraman seorang gila yang jahat seperti Ah Lokoai !
Dengan ancaman ancaman dan bujukan bujukan, Ah Lokoai berusaha memaksa Bu tek Kiam ong untuk menurunkan ilmu pedangnya kepada si gagu ini, karena cita cita terakhir dalam hidupnya, ialah mencari Kim Kong Taisu, Mo bin Sin kun, Lam hai Lo mo, Seng Jin Siansu dan Pat jiu Giam ong Liem Po Coan untuk membalas atas kekalahannya yang dulu! Akhirnya, setelah dapat mempertahankan diri dari ancaman ancaman, siksaan siksaan dan bujukan bujukan Ah Lokoai sampai selama lima tahun di dalam gua siluman itu, Bu tek Kiam ong yang putus asa lalu menyatakan bahwa ia tidak akan mungkin menciptakan ilmu pedang yang akan mengatasi kepandaian empat orang tokoh besar itu kalau tidak ada pedang pusaka Pek lek kiam di dalam tangannya!
Sebetulnya memang Bu tek Kiam ong bercita cita menciptakan ilmu pedang yang paling hebat, yang dipelajarinya dan dibikin matang di dalam otaknya selama lima tahun ia berada dalam cengkeraman Ah Lokoai. Akan tetapi, tentu saja ia tidak bermaksud menurunkan ilmu pedang itu kepada Ah Lokoai, bahkan dengan pedang Pek lek kiam di tangan, ia akan berusaha membunuh Ah Lokoai yang gila tetapi cerdik itu.
Seperti telah diceritakan di bagian depan, ketika mencuri pedang Pek lek kiam dan bertemu dengan Bun Sam hati Ah Lokoai tertarik. Pemuda ini adalah murid dari Mo bin Sin kun dan Kim Kong Taisu, maka perlu sekali pemuda ini dibawa untuk menyempurnakan ilmu pedang yang hendak diciptakan oleh Bu tek Kiam ong dan untuk dapat diuji sampai di mana kelihaian ilmu pedang itu kalau menghadapi dua tokoh besar itu yang sekarang diwakili oleh muridnya!
Tentu saja, penuturan Bu tek Kiam ong kepada Bun Sam tidak secara terus terang seperti yang dituturkan di atas.
"Karena aku sudah tua sekali tinggal menanti maut," katanya kepada Bun Sam, "terpaksalah aku menuruti permintaan Lokoai. Aku menyuruhnya mencuri pedang Pek lek kiam untuk dipergunakan dalam menciptakan ilmu pedang dan kemudian Lokoai akan mempelajarinya. Dengan demikian biarpun aku mati hatiku akan puas karena kepandaian telah kutinggalkan kepada dunia dan dapat dipergunakan untuk membasmi kejahatan!"
Mendengar ucapan terakhir ini, Ah Lokoai mengangguk angguk dan nampak puas, sedangkan Bun Sam yang berotak cerdik itu dapat menangkap ejekan yang terkandung dalam kata kata ini. Sudah jelas bahwa Ah Lokoai adalah seorang gila yang melakukan kejahatan, bagaimana Bu tek Kiam ong dengan jelas menyatakan bahwa ilmu pedangnya ditinggalkan agar dapat dipergunakan untuk membasmi kejahatan" Kalau yang disindirkan sebagai kejahatan itu adalah diri Ah Lokoai, maka bukankah guru besar ini bermaksud untuk menurunkan ilmu pedang itu kepadanya agar ia dapat melenyapkan Ah Lokoai si jahat dari muka bumi"
"Ah, sekarang teecu mengerti, locianpwe," kata Bun Sam. "Jadi teecu dibawa ke sini agar ilmu pedang itu dapat disesuaikan dengan ilmu silai yang teecu dapat dari kedua guru teecu, sehingga dapat mengatasi kepandaian mereka?"
Ah Lokoai menggerakkan jari tangannya dan berkata. "Memang kau harus membantu, kalau tidak, kau akan kulemparkan ke dalam sumur ular!"
Adapun Bu tek Kiam ong lalu menepuk nepuk punggung Bun Sam sambil berkata, "Untuk menyempurnakan ciptaan ilmu pedangku, aku mengandalkan bantuanmu, orang muda." Bun Sam terkejut sekait ketika punggungnya ditepuk tepuk, karena ternyata bahwa kakek buta itu dapat tahu bahwa ia menyembunyikan pedang di dalam bajunya di bagian punggung. Pedang tipis kecil pemberian suhunya, yakni bedang Kim kong kiam. Dari ucapan itu terang bahwa Bu tekt Kiam ong mengharapkan bantuannya, tentu saja untuk membasmi Ah Lokoai yang jahat.
"Teecu bersiap sedia, membantu, suhu." Ia sengaja mengubah sebutan locianpwe menjadi "suhu" atau guru, untuk memberitahukan kepada Bu tek Kiam ong bahwa ia diam diam telah mengangkat guru kepada kakek ini.
Baiknya Ah Lokoai tidak memperhatikan perubahan sebutan ini, karena kakek gagu yang gila ini telah menjadi demikian gembira mendengar percakapan antara Bu tek Kiam ong dan Bun Sam sehingga ia menari nari kegirangan di dalam gua itu. Sungguh pemandangan yang amat menyeramkan.
Ketika Bu tek Kiam ong minta pedang Pek lek kiam, Ah Lokoai merasa ragu ragu untuk memberikannya, akan tetapi akhirnya ia memberikan pedang itu melalui tangan Bun Sam sambil menyuruh pemuda ini menyampaikan ancamannya.
"Kalau Bu tek Kiam ong hendak mengandalkan pedang itu untuk melawannya, ia akan memenuhi gua ini dengan ular ular berbisa dan kemudian menutup pintu gua untuk selamanya."
Ucapan ini menyatakan bahwa biarpun sudah lumpuh dan buta, namun Bu tek Kiam ong yang berjuluk Raja Padang ini amat ditakuti oleh Ah Lokoai apabila kakek buta ini memegang pedang. Bu tek Kiam ong hanya tersenyum saja mendengar ancaman ini. Ia menerima Pek lek kiam dan tangan Bun Sam, mencabutnya dari sarung pedang, berkeredepan sinar putih ketika pedang ini dicabut dan ketika Bu tek Kiam ong menggerak gerakkan pedang itu di tangannya, maka mata Bun Sam menjadi silau.
"Pedang bagus!" Bu tek Kiam ong berseru girang sambil tangan kirinya mengelus elus pedang pusaka itu. "Lokoai, sekarang kau harus tinggalkan aku seorang diri di dalam gua ini selama tiga bulan lamanya, agar aku dapat menyelesaikan ciptaan ilmu pedangku. Biarkan Bun Sam melayani segala keperluanku."
Ah Lokoai nampak kurang percaya kepada Bun Sam dan sambil bersungut sungut ia menyatakan keberatannya, akan tetapi akhirnya ia setuju juga. Betapapun juga ia tak pernah meninggalkan pintu gua dan selalu mengamat amati gerak gerik Bun Sam dan Bu tek Kiam ong dengan amat teliti, sehingga tidak ada kesempatan bagi kedua orang ini untuk bicara tanpa terdengar atau terlihat oleh Ah Lokoai! Selama tiga bulan itu, tiga orang itu bekerja dalam bidang masing masing tanpa banyak bicara. Pekerjaan Bu tek Kiam ong hanya menggerak gerakkan pedang, berkemak kemik, berpikir pikir dan kadang kadang mencorat coret dengan pedangnya di atas tanah di depannya atau kalau badan lelah ia lalu bersamadhi.
Pekerjaan Bun Sam melayani kakek ini, keperluan makan dan minumnya dan biarpun diam diam pemuda ini memperhatikan gerakan dan corat coret yang berbentuk aneh sekali, juga corat coret itu berbentuk aneh, huruf bukan lukisanpun bukan.
Ah Lokoai selama tiga bulan itu selalu menjaga dengan teliti sekali, ia hanya mau tidur kalau melihat Bun Sam sudah pulas, atau kalau ia lelah sekali ia lebih dulu menotok pemuda ini membuatnya tidak berdaya, barulah ia tidur di luar gua! Tentu saja Bun Sam amat mendongkol, akan tetapi apakah dayanya" Kepandaian kakek gagu itu benar benar berada di sebelah atas tingkat kepandaiannya sendiri dan seandainya ia melawan, itu berarti ia hanya akan mencari kematian sendiri, mungkin kematian yang amat menyeramkan, ia pernah melihat sumur yang penuh dengan ular ular berbisa itu dan membayangkan dengan hati ngeri betapa hebatnya kalau sampai terjerumus ke dalam sumur neraka itu! Tiga bulan terlewat dengan cepatnya dan seakan akan tidak terasa bagi Bu tek Kiam ong. Akan tetapi terasa amat lama bagi Bun Sam yang hidup sepeti di dalam penjara. Gua itu tertutup oleh sebuah pintu rahasia dan biarpun sudah beberapa kali ia mencoba untuk mencari rahasia pintu ini, sia sia belaka. Juga terasa amat lama bagi Ah Lokoai yang sudah tak sabar lagi ingin cepat cepat mewarisi ilmu pedang yang sedang dirangkai oleh Bu tek Kiam ong Si Raja Pedang.
Akhirnya Bu tek Kiam ong memanggil Ah Lokoai dan Bun Sam menghadap. "Ilmu pedangku sudah selesai," katanya, "dan ilmu pedang ini akan menjagoi di seluruh dunia asal saja berada di tangan seorang yang berhati mulia."
"Lekas ajarkan kepadaku." kata Ah Lokoai dengan jari tangannya yang segera disampaikan kepada kakek rambut putih itu oleh Bun Sam.
"Boleh, boleh, nah lihatlah baik baik. Jurus jurus pertama kusesuaikan dengan ilmu pedang dari Kim Kong Taisu untuk dapat mengimbangi ilmu silat dari orang tua itu. Lihatlah, Ah Lokoai, ilmu pedang Kim Kong Taisu yang berdasarkan ilmu Silat Kim kong Pek lek jiu hwat yang paling lihai adalah bagian dari jurus ke tigabelas sampai tujuhbelas. Bukankah begitu, Bun Sam?"
Pemuda ini terkejut, sekali karena memang, pernyataan kakek ini cocok sekali. Ilmu pedang yang ia pelajari dari gurunya memang mempunyai tujuhpuluh jurus dan yang paling lihai gerakannya memang jurus ke tigabelas sampai ke tujuhbelas yang menurut suhunya, jarang dapat dihadapi oleh ilmu pedang lain, maka ia lalu menjawab.
"Ucapan suhu tidak salah sedikitpun juga."
"Nah, Lokoai, kau perhatikan baik baik. Aku sengaja memilih jurus yang terlihat dari calon lawanmu, sehingga kau takkan dapat dikalahkan. Lihatlah dulu, jurus ke tigabelas sampai tujuhbelas dari ilmu pedang Kim Keng Taisu adalah begini!" Bu tek Kiam ong sambil duduk lalu menggerakkan pedang Pek lek kiam, memainkan jurus ilmu pedang itu.
Hampir saja Bun Sam tak dapat menahan ketawanya dan seruan herannya ketika ia melihat Bu tek Kiam ong memainkan ilmu pedang itu. Memang gerakan kedua tangannya amat sempurna, bahkan melebihi kepandaian Kim Kong Taisu sendiri, akan tetapi semua gerakan itu terbalik sama sekali. Kalau jurus ke tigabelas yang disebut Ang hong koan jit (Bianglala Merah Menutup Matahari) dilakukan dengan pedang disabetkan dari kiri ke kanan kemudian dilanjutkan dengan serangan melengkung dari atas ke bawah, adalah gerakan Bu tek Kiam ong ini sebaliknya, yaitu pedang disabetkan dari kanan ke kiri kemudian disusul dengan gerakan melengkung dari bawah ke atas. Kemudian, jurus ke empatbelas yang bernama Po in gan goat (Sapu Awan Melihat Bulan) seharusnya pedang diputar mengandalkan pergelangan tangan di depan muka. terputar dari kanan ke kiri, kemudian setelah tujuh putaran lalu tiba tiba meluncur ke depan menyerang bagian leher lawan akan tetapi Bu tek Kiam ong memutarnya dari kiri ke kanan dan setelah lima putaran saja lalu tiba tiba meluncur ke depan menyerang ke arah lambung lawan. Demikian selanjutnya sampai jurus ke tujuhbelas dimainkan, semuanya terbalik, sungguhpun digerakkan dengan cara yang luar biasa gesitnya, sehingga mendatangkan angin dari pedang Pek lek kiam menjadi segulung sinar yang menyilaukan mata.
"Nah, kau sudah melihat, Lokoai" Ilmu pedang Kim Kong Taisu memang hebat asal saja dimainkan dengan baik oleh seorang murid yang baik pula, sehingga permainannya tidak terbalik. Akan tetapi aku telah menyusun ilmu pedang yang menjadi timpalan dari semua Ilmu silat calon calon lawanmu. Sekarang kau lihat supaya kau percaya kepadaku, suruhlah murid Kim kong Taisu itu memainkan ilmu pedang yang baru saja kumainkan, apakah betul atau tidak. Kalau dia yang memainkan tentu lebih tepat karena kau dapat melihat pergerakan kakinya."
Mendengar ini, Lokoai lalu menggerakkan jari tangannya menyuruh Bun Sam memenuhi permintaan Bu tek Kiam ong. Bun Sam lalu menepuk panggungnya dan mengeluarkan pedang Kim kong kiam. Lokoai menjadi tertegun karena tak pernah disangkanya bahwa pemuda itu menyimpan pedang di bawah bajunya. Akan tetapi ia tidak menaruh hati khawatir, karena maklum bahwa kepandaiannya jauh lebih tinggi daripada kepandaian Bun Sam.
Setelah melihat kakek gagu itu tidak marah. Bun Sam lalu menggerakkan pedangnya dan dengan tepat sekali ia meniru semua gerakan Bu tek Kiam ong tadi. Bahkan untuk menyesuaikan dengan cara bersilat yang dibalik itu, ia pun membalikkan pula kedudukan kakinya. Kalau seharusnya kaki kanan di depan, sekarang ia merobah dan menaruh kaki kanan di belakang.
Dengan kening dikerutkan dan penuh perhatian Bu tek Kiam ong memasang telinganya mendengarkan angin gerakan pedang pemuda itu. Ketika ia menangkap angin pedang yang tepat seperti yang dimainkannya tadi, wajahnya menjadi gembira sekali.
"Bagus, bagus, anak ini benar benar pandai! Lokoai, tidakkah sama permainan pedangnya dengan yang kuperlihatkan tadi" Nah sekarang perhatikanlah baik baik jurus jurus pertama sampai ke sepuluh dari ilmu pedangku, yang sekaligus dapat mengatasi lima jurus ilmu pedang Kim Kong Taisu yang kau saksikan tadi. Awas, lihat baik baik!" Setelah berkata demikian, kakek ini lalu memainkan ilmu pedangnya sampai sepuluh jurus. Ilmu pedangnya ini hebat luar biasa, akan tetapi agak kacau dan aneh. Ah Lokoai memandang dengan penuh perhatian dan dengan gembira sekali. Sebaliknya, Bun Sam diam diam menanam dalam otaknya ilmu pedang yang dimainkan oleh kakek ini dan otaknya yang cerdik telah mendapatkan sesuatu yang membuat hatinya berdebar debar. Ilmu pedang yang dimainkan ini, kalau dipergunakan untuk menghadapi ilmu pedangnya jurus ke tigabelas sampai tujuhbelas, terang sekali akan mengalami kekalahan! Akan tetapi, ketika ia mencoba untuk memandang ilmu pedang itu dengan terbalik, ia mendapat kenyataan bahwa ilmu pedang itu selain hebat dan sempurna sekali, juga benar benar mempunyai bagian bagian yang menutup atau menindih ilmu pedang dari suhunya bagian jurus ke tigabelas sampai ke tujuhbelas!
Dengan hati girang sekali, pemuda ini dapat membuka rahasia dari Bu tek Kiam ong. Ternyata kakek yang sakti ini telah sengaja memainkan ilmu pedangnya dengan terbalik agar dengan demikian Ah Lokoai mewarisi ilmu pedang dengan cara terbalik dan sama sekali tidak sempurna!
Akan tetapi Ah Lokoai tidak tahu akan hal ini dan semenjak hari itu, ia melatih diri dengan tekun sekali, mempelajari ilmu pedang yang terbalik! Dan Bun Sam mengambil sikap yang sesuai dengan kehendak Bu tek Kiam ong, yakni ia selalu memainkan ilmu pedang atau ilmu silatnya dengan cara terbalik apabila Ah Lokoai minta kepadanya untuk bersilat sebagai imbangan daripada latihannya. Karena Bun Sam tidak pernah memberontak dan tidak menimbulkan kecurigaan dalam hati Ah Lokoai, juga karena kakek gagu ini membutuhkan Bun Sam untuk melatih Ilmu pedangnya sana untuk memaksa pemuda itu untuk bekerja sebagai pelayan di dalam gua, maka ia tidak membunuhnya.
Dengan hati hati sekali, di waktu Ah Lokoai tidur, Bun Sam diam diam mempelajari ilmu pedang ciptaan Bu tek Kiam ong, akan tetapi bukan seperti cara Ah Lokoai mempelajarinya, sebaliknya ia sengaja mempelajarinya dengan terbalik. Oleh karena tidak leluasa dan tidak dapat melatih diri, khawatir diketahui oleh Ah Lokoai, maka pelajaran ini amat lambat majunya.
Sebaliknya, Ah Lokoai yang amat bernafsu untuk menguasai seluruh ilmu pedang yang semuanya berjumlah seratus dua jurus ini, berlatih dengan terburu buru dan semua jurus jurus itu seakan akan ditelannya saja! Dalam setahun saja ia telah dapat mempelajari dan memainkan seratus dua jurus dengan lengkap! Adapun Bun Sam di dalam setahun itu baru mempelajari tigapuluh jurus saja, itupun hanya dihafal di dalam otak, tidak dapat dimainkan dengan pedang!
Setelah menamatkan pelajarannya. Ah Lokoai tadinya hendak membunuh saja Bu tek Kiam ong dan Bun Sam, akan tetapi tiba tiba otaknya yang tidak waras ini mendapat sebuah pikiran yang amat baik, ia memang agak curiga kepada Bu tek Kiam ong atas pelajaran ilmu pedangnya, hanya ia tidak dapat membuktikan bahwa kakek rambut putih itu mempermainkannya. Oleh karena itu ia hendak mencoba dulu ilmu pedang itu untuk melawan seorang diantara Lima Tokoh Terbesar! Maka ia lalu menyatakan kepada Bun Sam bahwa ia hendak pergi tak lama dan diminta supnya pemuda itu suka melayani segala keperluan Bu tek Kiam ong. Kemudian ia lalu pergi, meninggalkan Bun Sam bersama Bu tek Kiam ong dan menutup pintu rahasia itu dari luar.
Setelah Ah Lokoai pergi, Bun Sam lalu menjatuhkan diri berlutut di depan Bu tek Kiam ong.
"Suhu, terima kasih atas segala petunjukmu tentang ilmu pedang itu. Dan mohon petunjuk selanjutnya, karena sekembalinya Ah Lokoai tentu kita akan dibunuhnya!"
Bu tek Kiam ong mengelus elus kepala Bun Sam. "Anak baik, aku girang sekali kau datang. Memang itulah yang kuinginkan, maka aku menyuruh Lokoai mencuri pedang di kota raja, yakni untuk menarik perhatian seseorang, hingga aku dapat menurunkan ilmu pedangku kepada yang patut menerima, jangan kau khawatir, muridku yang baik. Kau tentu telah mengerti bahwa Lokoai mempelajari ilmu pedang itu secara terbalik."
"Teecu mengerti, suhu, bahkan diam diam teecu telah mempelajari ilmu pedang itu dari jurus pertama sampai jurus ke tigapuluh dalam cara yang betul. Sayangnya teecu tidak mempunyai kesempatan untuk melatihnya."
"Bagus, bagus! Aku telah menduga demikian. Kalau tidak memiliki kecerdikan seperti itu, kau tidak pantas mewarisi ilmu pedang yang kunamakan Tee coen liok kiam sut (Enam Mmu Pedang Lingkaran Bumi). Biarpun kau baru mempelajari tiga puluh jurus dan itupun hanya kauwkoat saja (teori), namun itu berarti bahwa kau lelah hampir menguasai dua bagian daripada enam ilmu pedang ini. Ketahuilah, sebetulnya pada pokoknya, ilmu pedang yang kuciptakan ini hanya terdiri daripada enam bagian. Setiap bagian dipecah menjadi tujuh belas jurus, dengan demikian semua menjadi seratus dua jurus. Setiap bagian sedikitnya harus dipelajari sampai matang betul dalam waktu setengah tahun. Jadi untuk menyempurnakan seluruh ilmu pedang ini, membutuhkan waktu tiga tahun. Kau telah memiliki dua bagian yang empat bagian dapat kau pelajari dalam waktu dua tahun. Sekarang, coba kau mainkan dua bagian pertama itu untuk kudengarkan apakah ada yang keliru."
Bun Sam lalu mengeluarkan Kim kong kiam dan mulailah ia bersilat menurut pelajaran yang diam diam telah dlhafalkannya. Gerakannya tentu saja kaku karena tidak pernah dilatih, akan tetapi setelah memainkan sepuluh jurus lebih, ia mulai dapat menguasai kelincahan ilmu pedang itu dan Bu tek Kiam ong menjadi gembira sekali.
"Bagus, kau patut benar menjadi muridku. Kaulah kelak yang akan mewarisi Tee coan liok kiam sut dan biarpun aku harus mati sekarang, aku tidak penasaran lagi."
Bun Sam menjatuhkan diri berlutut dan berkata dengah sedih. "Akan tetapi, suhu, kita harus ingat bahwa masih ada Ah Lokoai yang tak lama lagi tentu akan datang dan membunuh kita kalau ia mendapat kenyataan bahwa ilmu pedang yang dipelajarinya itu sebetulnya tidak ada gunanya sama sekali.
"Belum tentu ia akan kembali, Bun Sam. Ia hendak menggunakan ilmu pedang yang dipelajarinya itu untuk mengalahkan seorang diantara Lima Besar. Tentu ia akan kalah dan roboh binasa."
Bun Sam menggelengkan kepalanya. "Kalau dia mencari Mo bin Sin kun, atau Lam hai Lo mo, atau Pat jiu Giam ong, mungkin ia takkan diampuni dan roboh binasa. Akan tetapi kalau ia bertemu dengan suhu Kim Kong Taisu, ia pasti takkan dibunuh dan diperbolehkan pergi lagi setelah dikalahkan."
Bu tek Kiam ong menarik napas panjang. "Memang gurumu itu sejak dulu berhati lemah. Apalagi membunuh Ah Lokoai, membunuh seekor cacing saja menjadi pantangan besar bagi Kim Kong Taisu. Akan tetapi jangan kau gelisah, muridku. Kau sekarang berlatihlah baik baik dengan ilmu pedang yang telah kau hafal itu. Dengan tiga puluh jurus yang kau miliki saja, Lokoai agaknya takkan mampu mengalahkanmu.
"Lagi pula, suhu seandainya Lokoai tidak kembali, bagaimana kita keluar dari tempat ini" Pintu rahasia itu amat sukar dicari dan sampai sekarang teecu belum dapat membukanya."
"Lokoai memang jahat sekali," Bu tek Kiam ong menghela napas, "memang gua ini tempat sembunyinya dan aku sendiri pun tidak tahu bagaimana harus membukanya. Sudahlah jangan pikirkan hal itu lagi. Sebelum pergi Ah Lokoai telah meninggalkan buah buahan tiga keranjang penuh, cukup untuk dimakan satu bulan lamanya. Sekarang jangan pikirkan apa apa, lekas kau berlatih ilmu pedang sebaiknya !"
Demikianlah, dengan amat tekun dan tak kenal lelah Bun Sam lalu melatih diri dengan Ilmu Pedang Tee coan liok kiam sut itu, di bawah pengawasan suhunya yang baru. Selama setahun berada di dalam gua, tubuh Bun Sam menjadi kurus dan kulitnya menjadi agak pucat karena kekurangan cahaya matahari. Akan tetapi batinnya mendapat kekuatan baru yang timbul daripada kepahitan dan penderitaan hidup. Kadang kadang, dan ini merupakan gangguan terhebat baginya, terbayanglah wajah Sian Hwa dan akhirnya ia maklum bahwa lama hidupnya ia takkan dapat melupakan gadis itu, dan kesedihan ini selamanya takkan dapat meninggalkan ruang dadanya.
Dua puluh hari kemudian, tiba tiba pintu gua itu terbuka dan Ah Lokoai muncul dengan muka pucat. Pakaiannya yang compang camping itu lebih tidak karuan lagi. Tangannya memegang pedang Pek lek kiam dan dadanya terluka, mengeluarkan darah.
Bun Sam menghentikan latihan ilmu pedangnya dan memandang dengan dada berdebar. Pedang Kim kong kiam masih terpegang di tangannya. Juga Bu tek Kiam ong mendengarkan dengan penuh perhatian dan wajahnya menegang.
Setelah melompat masuk, Ah Lokoai menjadi demikian marah sehingga ia lupa untuk menutupkan pintu gua kembali. Ia memaki maki dengan bahasa jari tangannya yang bergerak gerak cepat sekali. Dengan teliti Bun Sam memandang gerak jari tangan itu dan tahulah ia bahwa kakek gagu ini benar benar dikalahkan oleh Lam hai Lo mo, ia menuduh Bu tek Kiam ong menipu dirinya dan tiba tiba ia menghampiri kakek itu.
"Kau telah menipuku, tua bangka. Oleh karena itu kau harus mampus di dalam sumur ular!" Setelah berkata demikian ia mengeluarkan sehelai tambang sutera yang kuat sekali dan sekali ia mengayunkan tambang itu, benda itu melihat tubuh Bu tek Kiam ong dan mengikatnya, kemudian ia menyeret tambang itu, sehingga tubuh kakek itu terseret ke arah sumur ular. Bu tek Kiam ong yang lumpuh dan buta itu tidak berdaya, akan tetapi biarpun ia terseret keadaan tubuhnya masih duduk bersila. Ah Lokoai harus mengeluarkan seluruh tenaganya untuk menyeretnya terus dan tak lama kemudian tubuh Bu tek Kiam ong telah berada di pinggir sumur ular yang mengerikan itu.
Bun Sam yang semenjak tadi melihat dengan kedua mata terbelalak tak dapat menahan kemarahannya lagi. Ia berlaku nekat dan berseru.
"Lokoai, jangan kau membunuh guruku!" Sambil berseru demikian, ia menyerang Ah Lokoai dengan pedang Kim kong kiam.
Ah Lokoai marah sekali. Cepat ia melepaskan tambang dan menghadapi Bun Sam dengan serangan serangan maut, ia tidak mempergunakan Ilmu Pedang Tee coan liok kiam sut yang dipelajarinya secara terbalik itu, melainkan mengeluarkan kepandaiannya sendiri yang juga amat lihai.
Bun Sam tahu bahwa kalau ia memainkan ilmu silatnya yang dahulu, ia masih takkan dapat menangkan kakek gagu yang kosen ini, maka ia lalu mulai memainkan Tee coan liok kiam sut bagian pertama. Melihat gerakan ilmu pedangnya, Ah Lokoai menjadi terkejut, terheran dan kemudian marah sekali. Kini tahulah kakek gagu ini bahwa selama ini ia telah ditipu mentah mentah, bahwa bukan dia yang mewarisi ilmu pedang itu, melainkan anak muda ini. Maka ia lalu memutar Pek lek kiam dan menyerang kalang kabut dengan nekat sekali.
Dalam hal ilmu pedang, setelah menguasai sebagian dari Tee coan liok kiam sut, tentu saja Bun Sam lebih unggul, akan tetapi ia masih kalah jauh dalam hal lweekang maupun ginkang, maka sebentar saja ia menjadi terdesak hebat. Hanya ilmu pedangnya yang luar biasa saja yang membuat ia masih dapat bertahan sampai limapuluh. jurus. Beberapa kali ia terhindar dari pada bahaya maut ketika pedang Pek lek kiam menyambar nyambar bagaikan kilat di atas kepalanya.
Adapun Bu tek Kiam ong memiringkan kepala memasang pendengarannya baik baik untuk mengikuti jalannya pertempuran ini, ia mengerti bahwa muridnya terdesak hebat dan akhirnya tentu takkan dapat bertahan lagi, maka ia lalu berseru. "Bun Sam, lekas kau melompat ke belakangku!"
Memang pada saat itu Bun Sam sudah payah sekali, didesak hebat dan hanya dengan kegesitan saja ia dapat menghindarkan diri dari bahaya, berlerompat lompatan ke sana ke mari, akan tetapi tentu takkan lama lagi pedang Pek lek kiam yang tajam menamatkan riwayat hidupnya. Ketika mendengar seruan gurunya, ia lalu melompat ke belakang dan bersembunyi di belakang Bu tek Kiam ong.
Sekali saja Bu tek Kiam ong mengulur tangan, maka pedang Kim kong kiam telah ia rampas dari tangan Bun Sam. Pada saat itu, Ah Lokoai telah menjadi marah sekali dan menubruk maju sambil menyerang Bu tek Kiam ong. Nampak sinar keemasan berkelebat dan tahu tahu Ah Lokoai menjerit kesakitan dan pedang Pek lek kiam terlempar ke atas lantai. Sebelum pedang itu jatuh ke dalam sumur ular, Bu tek Kiam ong telah mengulur pedang Kim kong kiam dan berhasil memukul pedang pek lek kiam itu ke samping. Bun Sam cepat melompat dan mengambil pedang itu.
Ah Lokoai makin marah. Tangan kanannya yang tadi memegang pedang kini telah berdarah, tergores oleh pedang Kim kong kiam yang tadi digerakkan secara luar biasa sekali oleh Bu tek Kiam ong. Ia melihat Bu tek Kiam ong memegang pedang Kim kong kiam dan Bun Sam memegang pedang Pek lek kiam ia menghadapi dua orang lawan yang tangguh dan bersenjata. Akan tetapi saking marahnya, kakek gagu ini menjadi nekat. Sambil mengeluarkan suara seperti seekor binatang buas yang amat menyeramkan, ia menubruk ke arah Bu tek Kiam ong, sama sekali tidak memperdulikan keselamatan dirinya sendiri.
Bu tek Kiam ong tidak tega untuk menusukkan pedangnya maka ia dapat terpegang pundaknya oleh Ah Lokoai. Si kakek gagu menarik sekuat tenaga, hendak melemparkan Bu tek Kiam ong ke dalam sumur ular sedangkan kakek rambut putih itu mempertahankan diri. Mereka saling membetot, dan akhirnya Ah Lokoai yang sudah nekat sekali itu bahkan hendak mengajak Bu tek Kiam ong bersama sama memasuki sumur ular itu! Bu tek Kiam ong hampir kalah tenaga karena maklumlah kedua kakinya sudah lumpuh. Untuk menyerang kakek gagu ini dengan pedangnya memang mudah sekali, akan tetapi ia tidak sampai hati melakukan hal ini.
Melihat betapa keadaan suhunya amat terancam, Bun Sam lalu melompat dan sekali ia menusukkan pedangnya ke arah pergelangan tangan Ah Lokoai, pegangan Ah Lokoai terlepas. Karena ia tadi mempergunakan seluruh tenaganya membetot, maka kini satelah pegangannya terlepas, tubuhnya terhuyung huyung ke belakang dan tak dapat dicegah lagi ia terjeblos ke dalam sumur itu. Bun Sam cepat menutup kedua telinganya agar jangan mendengar jeritan jeritan orang gagu yang amat mengerikan itu. Adapun Bu tek Kiam ong memejamkan kedua matanya sambil menutup kedua telinganya dengan bersamadhi.
Akhirnya tidak terdengar suara apa apa lagi. Ular ular di dalam sumur telah menamatkan riwayatnya Ah Lokoai. Setelah itu, terdengar Bu tek Kiam ong menarik napas panjang, lalu berkata.
"Kasihan, ia mati karena nafsu dendamnya yang membuatnya menjadi gila, Bun Sam bawa aku keluar dari gua busuk ini. Mulai sekarang kau harus berlatih Ilmu Pedang Tee coan liok kiam sut di luar di udara bebas sampai sempurna betul."
Bun Sam menggendong suhunya keluar dari gua yang sudah terbuka pintunya itu dan setelah berada di luar, ia lalu membuat sebuah pondok dari kayu kayu hutan untuk tempat tinggal suhunya. Dan mulai hari itu, di puncak Bukit Hek mo san, di luar gua siluman Bun Sam melatih Ilmu Pedang Tee coan liok kiam sut di bawah pengawasan suhunya. Selain ilmu pedang juga pemuda ini mendapat gemblengan dalam hal gin kang dan lweekang, sehingga kepandaiannya menjadi maju dengan pesatnya.
Kurang lebih dua tahun kemudian, setelah Bun Sam menamatkan ilmu pedang yang hebat itu Bu tek Kiam ong meninggal dunia karena usia tuanya. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, kakek sakti ini berpesan kepada Bun Sam untuk mengembalikan pedang Pek lek kiam kepada kaisar di kota raja.
"Kalau aku tidak salah." kakek sakti yang sudah mendekati ajalnya dan yang agaknya memiliki mata batin yang awas dan waspada itu berkata, "sekarang Lam hai Lo mo dengan bantuan sutenya Pat jiu Giam ong telah mulai memperluas kekuasaannya. Memang semenjak dulu kakek gagu ini mempunyai cita cita untuk menguasai dunia. Kepandaiannya memang tinggi sekali maka kedua gurumu saja agaknya takkan dapat menahan kemurkaannya. Sudah menjadi kewajibanmulah untuk membendung gelombang kejahatan itu demi untuk ketentraman penghidupan rakyat jelata."
Setelah Bun Sam mengubur jenazah gurunya dan berkabung selama tiga hari di hadapan makam suhunya Bun Sam lalu turun gunung. Telah tiga tahun ia berada di puncak Hek mo san itu yakni setahun lebih di dalam gua siluman dan dua tahun di luar gua. Kini ia telah menjadi seorang pemuda yang jauh lebih masak jiwanya daripada dahulu ketika dibawa oleh Ah Lokoai ke tempat itu. Usia nya telah duapuluh tahun dan pengalaman pahit getir telah membuat ia menjadi seorang pemuda yang berpemandangan luas dan bersikap tenang, ia merasa rindu sekali kepada dunia ramai, kepada Yap Bouw yang menjadi guru juga sebagai suheng dan terutama sekali sebagai pengganti orang tuanya. Juga ia merasa rindu kepada Kim Kong Taisu dan kedua binatang peliharaannya Siauw liong dan Sin tiauw yakni ular dan burung rajawali di atas Bukit Oei san. Akan tetapi, yang paling dirindukan semenjak ia berada di Gunung Hek mo san ini bukan lain adalah wajah seorang dara berbaju merah berkembang yang amat cantik manis, wajah dari Sian Hwa pujaan hatinya. Tiap kali wajah itu terbayang di depan matanya Bun Sam menarik napas panjang berkali kali dan bibirnya berkemak kemik menyebut nama gadis ini kemudian ia berusaha selalu untuk mengusir bayangan itu. Ia maklum bahwa selama hidupnya ia takkan dapat bertemu dengan gadis itu, karena Sian Hwa telah menjadi calon isteri orang lain, bagaimana ia masih dapat mengharapkan untuk bertemu" Sering kali ia mencela kelemahan batinnya sendiri dan mencoba untuk membayangkan wajah gadis lain, terutama sekali wajah Lan Giok gadis manis yang centil nakal itu, akan tetapi tetap saja wajah Lan Giok yang manis tak mampu mengusir wajah Sian Hwa dari lamunannya.
Kini ia telah turun gunung. Telah tiga tahun ia lenyap dari dunia ramai. Kemungkinan untuk segera bertemu muka dengan Yap Bouw dan orang orang lain, membuat hatinya berdebar gembira dan ia berjalan makin cepat menuruni gunung yang liar itu. Bagaikan seekor garuda terbang, ia berlompat lompatan dan berlari turun cepat sekali karena kepandaian ginkangnya sekarang sudah meningkat hebat, jauh lebih tinggi daripada ketika ia dibawa naik oleh Ah Lokoai tiga tahun yang lalu.
Tubuhnya tegap dan berisi, karena setelah tinggal di luar gua ia mendapatkan kesegaran kembali. Wajahnya yang tampan itu kini makin menarik karena terbayang kecerdikan, ketabahan dan ketenangan yang matang pada kedua matanya dan lekuk mulutnya. Hanya pakaiannya saja yang sudah buruk. Sudah habis pakaian itu ditambal tambalnya selama tiga tahun ini. Di sakunya tidak terdapat sepotong uangpun. Hanya pedang Kim kong kiam yang tersembunyi di balik bajunya, sedangkan pedang Pek lek kiam juga tergantung di pinggangnya. Akan tetapi selama berada di puncak gunung ia tidak khawatir akan kelaparan karena banyak sekali buah buahan yang dapat dimakannya di sepanjang jalan.
Baik kita tinggalkan dulu Bun Sam yang menuruni Bukit Hek mo san dalam perjalanannya kembali ke dunia ramai dan mari kita menengok keadaan Sian Hwa, gadis yang tak pernah terlupakan olehnya itu.
Semenjak pertemuannya yang terakhir dengan Bun Sam, Sian Hwa menjadi yakin bahwa ia tidak mungkin dapat menjadi isteri Liem Swee, suhengnya. Atau juga pemuda yang mana saja, karena ia tahu bahwa kebahagiaan hidupnya hanya terletak dalam tangan Bun Sam yang telah merampas hati dan cinta kasihnya. Ia menjadi makin murung dan berduka dan merasa bahwa hidupnya amat sengsara.
Kemurungannya ini membuat ia berhati keras dan mudah marah dan diambilnya keputusan untuk menyelidiki tentang ucapan Ngo jiauw eng sebelum orang ini terbunuh oleh Bucuci. Beberapa pekan kemudian setelah terjadinya pencurian pedang Pek lek kiam yang menghebohkan, Sian Hwa berkemas untuk meninggalkan rumah dengan diam diam. Ia bermaksud untuk pergi ke Tong seng kwan, di mana Ngo jiauw eng tinggal dan untuk menyelidiki keadaan Ngo jiauw eng, terutama di waktu perwira itu masih menjadi pemimpin barisan Ang bi tin yang terkenal. Oleh karena ia maklum bahwa kalau ia bilang terus terang kepada ayah ibunya, ia takkan mendapat perkenan, maka ia bangun dengan diam diam dan hendak pergi secara sembunyi. Dibawanya sebuntal pakaian dan uang bekal, tak lupa pula dibawanya pedangnya, lalu ia melompat keluar menuju ke taman bunga. Keadaan di taman sunyi dan teringatlah ia kepada Bun Sam yang beberapa pekan yang lalu bercakap cakap dengan dia di dalam hutan itu.
Tak terasa lagi dua titik air mata membasahi pipinya dan bagaikan dalam mimpi, ia mengucapkan sajak kuno yang pernah dibacanya :
"Kalau saja kau bukan kau
dan aku bukan aku, tentu takkan begini jadinya"
Sehati sejiwa, namun kelahiran memisahkan kita,
apa daya" Seperti bulan merindukan matahari,
matahari mencari bulan sia sia, tak mungkin bersua muka.
Hanya saling pandang merana
Jauh". terhalang awan"."
Kembali dara itu menarik napas panjang. Kemudian ia lalu menggerakkan kedua kakinya melompat ke atas dinding tembok yang mengelilingi taman. Tiba tiba terdengar teguran orang dan beberapa sosok bayangan melompat keluar dari tempat sembunyinya. Mereka ini adalah penjaga penjaga yang diam diam ditugaskan oleh Bucuci untuk menjaga sekeliling taman itu pada malam hari! Memang semenjak melihat bayangan di dalam taman pada malam tercurinya pedang istana, Bucuci menaruh hati curiga kepada anak tirinya, maka diam diam ia lalu mengatur penjagaan ini.
Ketika para penjaga melihat bahwa yang melompat keluar dari taman adalah Sian Hwa, seorang diantara mereka berkata. "Ah, tidak tahunya siocia (nona) yang hendak keluar. Siocia, hari sudah jauh malam begini hendak pergi ke mana?"
Sian Hwa cemberut dan mendongkol sekali.
"Kalian ini bekerja apakah di sini" Siapa yang menyuruh kalian mengelilingi taman bungaku" Dan perduli apakah kalian dengan apa yang hendak kulakukan?"
Para penjaga itu telah mengetahui akan kelihaian Sian Hwa dan mereka ini tentu saja tidak berani berlaku lancang terhadap puteri majikannya sendiri. Akan tetapi mengingat akan pesan Panglima Bucuci kepada mereka, terpaksa mereka menjawab.
"Maaf, siocia. Ayahmu telah berpesan kepada kami agar menjaga di sini setiap malam. Karena khawatir kalau kalau ada penjahat yang masuk melalui taman. Pedang pusaka di istana saja dapat hilang dicuri orang nona, maka hampir semua gedung pembesar setiap malam dijaga kuat" Sementara itu, diam diam seorang diantara para penjaga yang menjadi kepercayaan Bucuci dan yang telah mendapat pesan khusus bahwa kalau ia melihat Sian Hwa hendak keluar harus memberi laporan, telah pergi membuat laporan kepada Bucuci yang sedang tidur.
Maka pada saat Sian Hwa bersitegang dengan para penjaga, terdengar bunyi kerincingan pakaian Bucuci dan tahu tahu panglima itu telah melompat dan berada di tempat itu.
"Sian Hwa, kau hendak pergi ke mana?" tanya Panglima Bucuci dengan suara mengandung penuh dakwakan.
"Ayah, pantaskah kita bicara di depan mereka ini" ia menuding ke arah para penjaga.
"Pergi dari sini!" Bucuci membentak penjaga yang belasan orang banyaknya itu. Bagaikan anjing dibentak oleh majikannya, para penjaga itu lalu menjauhkan diri sambil diam diam mengomel.
"Nah, sekarang bicaralah! Tengah malam buta membawa bungkusan dan pedang, melalui taman seperti laku seorang pencuri, kau hendak pergi ke manakah?"
"Aku hendak pergi ke Tong seng kwan," jawab Sian Hwa dengan suara dingin. Pada saat itu, entah mengapa, perasaannya terhadap Bucuci menjadi lain sama sekali. Saat saat di wakru ia masih kecil dan seringkali digendong dan ditimang timang oleh Bucuci, telah terlupa lagi dan dalam pandangannya, Bucuci adalah seorang asing yang mencurigakan.
"Ke Tong seng kwan" Malam malam buta begini" Kalau hendak pergi ke sana saja apakah tidak bisa dilakukan besok pagi" Dan pula kau hendak pergi kepada siapa ?" Pandangan mata nya tiba tiba penuh selidik dan ia maju setindak lalu memegang tangan puterinya.
"Sian Hwa, tentu ada seorang yang menantimu di sana. Ayoh kau katakan siapa yang hendak kau jumpai di Tongseng kwan?"
Dengan sekali renggut, Sian Hwa melepaskan tangannya yang terpegang oleh Bucuci. Panglima Mongol yang pendek ini menjadi murah sekali dan membanting banting kaki kanannya.
"Sian Hwa, beginikah sikap seorang anak terhadap ayahnya" Kau tidak boleh menyimpan sesuatu rahasia!" Kemudian suaranya melembut seperti seorang ayah memberi nasehat kepada puterinya yang tersayang.
"Sian Hwa, kau masih muda dan belum berpengalaman, jangan kau main main dengan orang kang ouw. Kau mudah tergelincir dan terjebak dalam perangkap orang jahat, maka beritahukanlah kepada ayahmu apa yang kau alami, sehingga aku dapat memberi jalan dan nasehat yang baik."
Kini sepasang mata gadis itu memancarkan sinar berapi ketika ia memandang kepada Bucuci.
"Ayah, bukan aku yang menyimpan sesuatu rahasia, melainkan engkau sendirilah. Juga ibu. Aku tidak suka diriku diselimuti oleh rahasia, maka aku hendak membongkar rahasia itu."
"Eh, eh, Sian Hwa, apakah kau mengimpi" Apa yang kau maksudkan dengan kata katamu itu" Rahasia apakah yang kusimpan bersama ibumu" Jangan kau menuduh yang bukan bukan nak, tidak baik seorang anak mencurigai orang tua, itu namanya puthauw (tidak berbakti)!"
"Ayah, tidak ada gunanya berpura pura lagi. Aku bukan anak kecil dan selain memiliki mata yang dapat melihat, akupun mempunyaj pikiran, ayah telah membunuh Ngo jiauw eng Lui Hai Siong, pada saat Ngo jiauw eng sedang membuat pengakuan bahwa adalah yang menjadi pembunuh ayahku. Padahal semenjak dahulu, Ngo jiauw eng lah pembantumu dalam barisan Ang bi tin. Mengapa, ayah" Mengapa kau membunuhnya?"
Kalau saja kegelapan malam tidak melindungi dan menutupi wajah Bucuci, tentu akan terlihat betapa pucatnya mendengar tuduhan Sian Hwa tadi. Baiknya taman itu hanya diterangi oleh lampu lampu teng merah cahayanya, sehingga kepucatan dan perobohan air mukanya tidak terlihat oleh Sian Hwa.
"Sian Hwa, apa kau gila" Kau menuduh yang bukan bukan. Bukankah kau melihat sendiri dengan jelas bahwa yang membunuh Ngo jiauw eng adalah murid dari Mo bin Sin kun" Bagaimana kau bisa memutarbalikkan kenyataan dan bahkan menuduh ayahmu sendiri?"
Sian Hwa tersenyum pahit sambil merogoh saku bajunya.
"Ayah, aku takkan begitu kurang ajar untuk memutarbalikkan sesuatu tanpa bukti. Penyangkalan ayah ini membuktikan bahwa ayah menyembunyikan sesuatu tentang riwayat diriku dan ayahku. Kenalkah ayah akan barang ini?" Sambil berkata demikian ia menyodorkan tangannya dan pada telapak tangannya yang berkulit putih halus itu kini nampak sebuah benda kecil yang bundar lonjong, yakni kerincingan baju besi ayahnya.
"Apa" apa artinya ini, Sian Hwa?" tanya Bucuci sambil memandang ke arah benda yang dikenalnya baik itu.
"Apa artinya! Ayah, kaulah yang harus menjawab apa artinya ini dan mengapa kau mempergunakan senjata rahasia ini untuk menewaskan Ngo jiauw eng yang sedang membuat pengakuannya. Kau agaknya tidak mau membiarkan Ngo jiauw eng membuka rahasia yang sengaja hendak kau tutup tutupi! Ayah mengapa ayahku dibunuh oleh Ngo jiauw eng yang menjadi pembantumu" Mengapa ayahku dibunuh oleh Ang bi tin" Dan mengapa pula kau sampai hati membunuh Ngo jiauw eng hanya untuk mencegah dia membuka rahasia ini kepadaku?"


Pedang Sinar Emas Kim Kong Kiam Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Bucuci benar benar kaget dan bingung. Akan tatapi dia adalah seorang yang sudah banyak makan asam garam dunia dan sudah banyak pengalaman yang membuatnya menjadi cerdik sekali. Setelah dapat menetapkan hatinya yang berguncang, ia lalu menarik napas berkali kali, kemudian berkata halus.
"Baiklah, Sian Hwa. Agaknya tidak perlu lagi rahasia ini kusembunyikan padamu. Akan tetapi pengakuan ini takkan sempurna kalau tidak dilaku kan di depan ibumu. Marilah kita kembali k rumah dan besok pagi pagi akan kubuka rahasia mu ini."
"Tidak, ayah. Harus sekarang, sudah terlalu lama aku bersabar. Kau bukalah rahasia itu sekarang juga tanpa mengganggu ibu yang sedang tidur, atau kalau kau sungkan akupun takkan memaksa. Aku dapat menyelidikinya sendiri!"
Bucuci menghela napas lagi. "Hem, kau benar benar keras kepala! Kau sendiri yang memaksa minta penjelasan, baiklah, jangan salahkan aku kalau kau mendengar kenyataan kenyataan yang pahit bagimu. Ayahmu adalah seorang kauwsu (guru silat) she Can yang membantu pemberontak! Ayahmu membantu perwira pemberontak yang jahat maka oleh Ang bi tin ia dianggap sebagai penjahat pula dan tewas dalam pertempuran. Yang merobohkan ayahmu itu memang Ngo jiauw eng. Tadinya kau dan... ibumu juga hendak dibunuh pula, akan tetapi aku keburu datang. Melihat engkau dan ibumu, timbul kasihan di dalam hatiku, maka aku lalu membawa kau dan ibumu ke rumahku dan akhirnya ibumu menjadi isteriku dan kau menjadi anakku."
"Mengapa kau membunuh Ngo jiauw eng?"
"Tidak dapat mengertikah kau" Aku telah berpesan kepada semua anggota Ang bi tin yang mengetahui peristiwa itu agar supaya menyimpan rahasia ini dari padamu. Aku tidak suka mendengar kenyataan tentang ayahmu. Ngo jiau eng melanggar pesanku dan demi kesayanganku kepadamu, aku membunuh orang yang memang sudah akan mati itu."
"Kau" kau memaksa ibu menjadi isterimu ?" tanya Sian Hwa dengan wajah pucat karena hati kecilnya menyatakan bahwa tak mungkin ibunya yang cantik jelita itu suka kepada seorang perwira pendek yang telah membunuh suami ibunya.
Bucuci memaksa tersenyum. "Tidak, Sian Hwa. Kami menikah atas dasar suka sama suka. Ibumu berterima kasih karena kutolong, maka ia suka menjadi isteriku."
"Setelah kau atau anak buahmu membunuh suaminya" Ah...." Sian Hwa menjadi makin pucat dan perasaan muak memenuhi dadanya. Benar benarkah ibunya demikian tidak setia" Ayahnya dibunuh oleh Ang bi tin, sedangkan Bucuci adalah seorang pemimpin Ang bi tin, akan tetapi toh ibunya suka menjadi isteri Bucuci.
"Di mana ayahku dimakamkan?" tanyanya dengan bibir gemetar kepada perwira pendek di depannya yang selama ini dianggap seperti ayahnya, akan tetapi yang pada malam ini ia menganggap nya sebagai pembunuh ayahnya!
"Siapa tahu" Pada waktu itu, setelah para pemberontak dibasmi, kami tidak mengurus pemakaman mereka."
"Di mana ayah terbunuh?"
"Di Tong seng kwan...."
"Aku yang akan mencari dan mengurusnya!" kata Sian Hwa dengan singkat dan sekali berkelebat ia telah melompati pagar tembok taman.
"Sian Hwa, tunggu".!" Bucuci berseru bingung. "Jangan, kau merendahkan dirimu mencari cari makam seorang pemberontak yang dianggap penjahat. Kau akan merendahkan dirimu sendiri dan nama baik ibumu akan tercemar. Sian Hwa, tunggu....!"
Akan tetapi gadis itu berlari terus dan hanya menjawab dari jauh. "Urusan ayahku tidak ada hubungannya dengan kau! Kalau ibu merasa malu juga dia tidak mempunyai hubungan dengan urusan ini!"
Bucuci hendak mengejar terus, akan tetapi ia maklum bahwa kepandaian Sian Hwa sudah melebihi kepandaiannya sendiri, bahkan ginkangnya takkan dapat melebihi gadis itu. Maka dengan bingung ia lalu pergi ke gedung Liem goanswe atau Pat jiu Giam ong yang menjadi guru dan juga calon mertua dari Sian Hwa. Hanya Pat jiu Giam ong yang dapat mencegah gadis itu berbuat sekehendak hatinya.
Di sebelah selatan kota Tong seng kwan terdapat sebidang tanah kuburan yang amat buruk dan miskin. Tempat ini selain hongsuinya (kedudukan tanahnya) buruk dan tidak layak menjadi tempat makam, juga diasingkan dari kota. Pengunjung makam makam yang berada di tempat inipun hanya orang orang miskin belaka, yang hanya mampu menyembahyangi kuburan kuburan itu dengan tiga batang dupa tanpa hidangan sesuatu, kecuali beberapa potong roti kering dan arak campur air.
Puluhan makam yang terkumpul malang melintang tak teratur di tempat itu, tidak ada yang terpelihara baik. Sesungguhnya memang pernah ada yang memperbaiki makam makam ini, akan tetapi oleh pemerintah setempat, bong pai (batu nisan) yang bagus bagus itu dihancurkan kembali dan diadakan larangan untuk memperbaiki makam makam itu. kecuali hanya sekedar tulisan tentang nama jenazah yang dikubur di situ.
Kuburan ini adalah tempat dikuburkannya orang orang yang oleh pemerintah Coan dianggap pemberontak pemberontak dan penjahat penjahat, sebagian besar adalah perwira perwira dan orang orang gagah yang menjadi korban keganasan Ang bi tin. Keluarga korban korban ini, jurang ada yang berani mengunjunginya, apalagi mereka yang kini sudah mendapat kedudukan baik sebagai pegawai maupun sebagai pedagang. Memang berbahaya sekali kalau mengunjungi tempat ini, karena sekali saja pembesar setempat mengetahui bahwa hartawan itu mempunyai keluarga yang di kuburan itu, tentu ia akan diperasnya habis habisan, dengan ancaman bahwa kalau tidak mau memberi suapan ia akan dilaporkan sebagai keluarga pemberontak yang harus diawasi atau ada kemungkinan ditangkap!
Oleh karena inilah, maka pengunjung dari kuburan itu hanyalah orang orang miskin yang bagi para pembesar setempat merupakan tulang tulang kering yang tak dapat diisap lagi. Atau ada juga orang orang kang ouw yang gagah, orang orang pengembara yang tidak mudah diperas oleh pembesar setempat, selain karena kegagahannya juga karena tidak tentu tempat tinggalnya.
Pada hari itu, pagi sekali sudah banyak pengunjung di kuburan terasing itu. Tidak mengherankan karena memang hari itu kebetulan hari Menyambangi Kuburan yang sudah menjadi tradisi bagi orang orang yang masih menjunjung tinggi aturan lama. Tidak saja kuburan miskin ini yang penuh pengunjung, bahkan kuburan kuburan para hartawan dan pembesar di tempat lain kuburan yang indah sekali bangunnanya, juga penuh pengunjung pada hari itu. Seperti biasa, pengunjung pengunjung kuburan para pemberontak itu berpakaian biasa dan sederhana, bahkan sebagian besar berpakaian seperti pengemis jembel. Di antara banyak pengunjung ini terdapat pula orang orang miskin yang dibayar oleh para hartawan yang mempunyai keluarga terkubur di sini, untuk mewakili mereka bersembahyang dan membersihkan rumput yang memenuhi kuburan.
Makin tinggi matahari naik, makin banyak orang mengunjungi kuburan ini dan akhirnya hanya ada dua buah makam yang masih belum mendapat kunjungan orang. Dua buah makam ini agaknya memang tak pernah mendapat pengunjung. Karena rumput di situ sudah penuh, sehingga gundukan tanah itu tertutup sama sekali dan di situ tidak terdapat tulisan nama jenazah sama sekali. Hanya bedanya, gundukan tanah yang sebelah kanan berbentuk bundar dan yang kiri segi empat dan nampaknya sudah tua sekali. Memang ada beberapa batang gagang hio di depan kedua makam ini, agaknya ditancapkan oleh para pengunjung kuburan lain yang merasa kasihan kepada dua makam ini.
Seperti telah disebutkan di bagian depan, para pengunjung makam itu terdiri dari orang orang miskin yang sederhana, maka tentu saja semua orang itu menjadi melongo dan terheran heran ketika tiba tiba melihat seorang gadis yang berpakaian indah, gadis cantik seperti bidadari yang masuk ke halaman makam yang terlantar itu! Semua orang memandang dan mereka heran sekali seakan akan melihat seorang bidadari turun dari langit yang menaruh kasihan kepada makam makam itu.
Gadis ini bukan lain adalah Sian Hwa. Ia telah tiba di Tong seng kwan pada waktu fajar menyingsing. Melihat orang orang pada membeli di toko toko, ia lalu bertanya tanya dan mendapat keterangan bahwa orang orang itu hendak mengunjungi kuburan untuk bersembahyang. Tergeraklah hatinya karena kalau ayahnya meninggal dunia di kota ini, tentulah kuburan ayahnya berada diantara kuburan kuburan yang lain. Maka iapun membeli sebungkus hio yang dimasukkan ke dalam buntalan pakaiannya, kemudian ia mengikuti arus manusia itu menuju ke kuburan. Ketika ia memasuki kuburan yang mewah dan indah, ia mencari cari, akan tetapi diantara semua batu nisan itu tidak terdapat tulisan seorang she Can yang menjadi she dari ayahnya. Maka ia lalu pergi meninggalkan kuburan indah itu dan mendapatkan keterangan bahwa di sebelah selatan kota masih terdapat sebuah tanah kuburan yang miskin. Maka ia lalu pergi mengunjungi kuburan ini.
Ketika melihat keadaan kuburan ini dan keadaan para pengunjung yang amat miskin, hati Sian Hwa terharu bukan main. Baru saja ia menyaksikan kuburan yang bernisan indah berukir huruf huruf emas dan para pengunjungnya yang berpakaian indah indah pula, dan sekarang ia melhat keadaan yang sama sekali menjadi kebalikan daripada pemandangan tadi. Ah, pikirnya penuh keharuan, tidak hanya orang hidup yang mendapatkan kedudukan berbeda, bahkan, sesudah matipun masih nampak jelas perbedaan itu, sungguhpun hanya perbedaan luar saja karena di bawah semua kuburan itu, baik yang indah maupun yang buruk, keadaannya tentu tak berbeda! Sungguh mata manusia telah menjadi buta karena silau akan mengkilatnya emas dan perak!
Sian Hwa tidak rnemperdulikan pandangan mata semua orang. Tadi ketika ia mencari cari nama ayah nya diantara nisan nisan yang berukir dengan huruf huruf emas, banyak mata memandangnya. Terutama sekali, mata para pengunjung pria, baik yang muda maupun yang tua, yang memandang kepadanya dengan sinar mata kurang ajar. Kini banyak mata memandangnya dengan takut takut, curiga dan juga kagum. Ia tidak memperdulikan semua ini, hanya segera mencari dan membaca setiap nama yang terukir di batu nisan yang kasar. Akan tetapi tidak sebuahpun batu nisan yang diukir nama ayahnya atau nama seorang she Can. Ia hampir menjadi putus asa dan merasa amat berduka. Akhirnya ia tiba di depan dua buah kuburan yang tidak terawat dan amat sengsara keadaannya itu.
Sian Hwa menjadi amat terharu melihat keadaan dua buah makam yang terlantar ini. Ia membuka buka rumput yang tebal untuk mencari kalau kalau terdapat batu nisannya akan tetapi makam itu benar benar miskin dan tidak ada tanda sesuatu. Makin terharu hati dara ini. Ia mencari cari dari tidak mendapatkan makam ayahnya, berbeda dengan semua orang yang mengunjungi tempat itu yang kesemuanya mengunjungi makam keluarga masing masing. Dan dua buah makam ini sama sekail tidak dikunjungi orang, berbeda dari semua makam yang berada di situ. Jika diingat, keadaannya sesuai benar dengan keadaan dua buah makam ini, sama sama terlantar tidak ada yang perduli.
Karena hatinya tergerak sekali, Sian Hwa lalu mengeluarkan hio (dupa) yang dibawanya, ia melihat ke kanan kiri dan ketika melihat seorang kakek sedang bersembahyang di depan kuburan yang berada dekat dengan makam itu, ia lalu minta api kepada kakek itu untuk menyalakan dupanya Kemudian ia bersembahyang di depan dua makam itu dan membagi dupanya menjadi dua, yang sebagian ditancapkan di depan makam bundar, yang sebagian lagi ditancapkan di depan makam segi empat. Kemudian ia duduk di dekat makam itu dan melamun.
"Maaf, siocia," suara yang halus ini menyadarkannya dari lamunan. Ia menengok dan melihat kakek yang dimintai api tadi.
"Eh, ada apa, lopek?" tanyanya sambil bangkit berdiri. Kakek itu sudah tua sekali dan pakaiannya menyatakan bahwa ia adalah seorang petani miskin.
"Maaf kalau aku lancang bertanya, apakah siocia keluarga dari dua orang gagah yang dimakamkan di sini?" Sambil berkata demikian, kakek itu menudingkan jarinya ke arah dua buah makam yang terlantar itu.
Sian Hwa menggelengkan kepalanya. "Bukan, lopek. Aku tidak kenal siapa yang dimakamkan di sini dan mengapa pula makam makam di sini demikian tak terurus dan miskin. Aku hanya merasa kasihan karena dua makam ini sama sekali tidak didatangi pengunjung."
Kakek itu menghela napas panjang. "Demikianlah nasib orang orang gagah bangsa kita, siocia. Mereka semua yang tertanam di sini dahulunya adalah orang orang gagah dan perwira perwira yang berkepandaian tinggi dan berjiwa patriot, yang gugur sebagai pahlawan pahlawan bangsa. Akan tetapi, kau melihat sendiri, keadaan makam mereka begini buruk." Kembali ia menarik napas panjang.
Hati Sian Hwa berdebar mendengar kata kata ini. Tak salah lagi, makam ayahnya tentu berada di kuburan ini, entah yang mana. Ia memandang lagi kepada dua buah makam itu dan sambil menahan nafsu ia bertanya.
"Lopek, kau mengunjungi makam siapakah?""
"Makam putera tunggalku, siocia. Dia dahulu adalah seorang perajurit yang tewas ketika tentara Mongol menyerbu ke sini."
"Dan dua makam yang tidak berbatu ini...... kenalkah kau makam siapakah ini?" Sambil memandang kakek itu, Sian Hwa menanti jawaban dengan hati berdebar.
Kakek itu. mengerutkan keningnya. "Mereka ini adalah dua orang yang paling gagah di antara semua yang terkubur di sini, siocia. Sayang sekali nasib mereka amat buruk, sehingga agaknya mereka sekeluarga telah dibasmi habis oleh" Ang bi tin...." ketika mengucapkan kata kata Ang bi tin kakek itu menengok ke kanan kiri dan bicaranya perlahan sekali, seakan akan takut kalau kalau terdengar orang lain.
Mendengar ini, hati Sian Hwa makin bergelora, akan tetapi dengan sekuat tenaga ia menekan perasaan hatinya agar tidak menggigil dan suaranya tidak menggetar ketika ia bertanya lagi.
"Lopek yang baik, kuburan siapakah dua makam ini" Tolong kau beritahukan siapa nama mereka, karena aku benar benar amat tertarik dan kasihan, melihat kuburan yang terlantar ini."
Hina Kelana 11 Kisah Pedang Bersatu Padu Karya Okt Senopati Pamungkas 2
^