Pencarian

Pendekar Cengeng 9

Pendekar Cengeng Karya Kho Ping Hoo Bagian 9


"Ilmu silat Tu kui tung hoat?" ilmu pukulan Sin kong ciang ".. Hei, Pendekar Cengeng ada hubungan apa engkau dengan Han ong ya (
sebutan untuk Raja Muda Han it Kong ) ?"
"Sin kong ciang Han It Kong adalah suhu ku yang mulia," jab Yu Lee.
Panglima itu menggerakkan alisnya, wajah nya menjadi agak pucat, "Ah.... ! Kiranya begitu "
Sungguh tidak kebetulan bagiku ! Han ong ya adalah bekas junjunganku, juga setengah guruku karena beliaulah yang memberi banyak petunjuk dan bimbingan kepadaku. Andaikata Han ong ya sendiri yang kini datang menghadapikn, aku Ouw 588
Beng Tat bukan seorang yang tak kenal budi. Aku akan menyerahkan jiwa ragaku kepada beliau?"
Terkejut juga Yu Lee mendengar pengakuan ini.
Gurunya dahulu tidak pernah bicara tentang panglima yang kosen ini. Yu Lee seorang pemuda cerdik, ia hendak menggunakan kesempatan itu demi keuntungan teman temannya, maka cepat ia menjura dan berkata, "Nah, kalau begitu, kita adalah orang orang sendiri, bahkan ciangkun masih terhitung suheng (kakak seperguruan) dariku. Mengingat akan budi suhu, hendaknya ciangkun sudi mengalah dan membebaskan semua pejuang agar diantara kita tidak usah ada pertentangan lagi."
Ouw Beng Tat termenung sampai agak lama.
Semua orang menanti dengan hati cemas dan penuh harapan. Akan tetapi panglima itu menggeleng kepala dan berkata, suara nya tegas dan parau.
"Tidak bisa ! Tidak bisa ! Pertama, kalau aku membatalkan pertandingan, orang akan menyangka bahwa aku Ouw Beng Tat takut bertanding melawan Pendekar Cengeng! Kedua, aku berhutang budi kepada Han ong ya, bukan kepada muridnya. Ketiga aku masih belum yakin karena belum ada bukti bahwa engkau adalah murid Han ong ya."
"Ouw ciangkun, engkau sudah menyaksikan Tu kui tung hwat dan Sin kong ciang, bukti apa lagi yang engkau kehendaki?"
"Hemm, belum meyakinkan. Kalau engkau benar murid tersayang Han ong ya, engkau tentu 589
akan dapat mengalahkan aku, barulah aku akan percaya bahwa engkau murid Han ong ya!"
Panas juga hati Yu Lee. Orang ini tak mungkin dapat diajak berunding secara damai lagi, pikirnya, maka dengan sikap dingin ia berkata, "Begitukah kehendakmu" Nah menunggu apa lagi" Aku sudah siap menghadapimu Ouw ciangkun."
"Singgg "!" Pedang yang tercabut itu mengeluarkan suara mendesing keras dan nyaring.
Baru sekarang Ouw Beng Tat benar benar hendak menggunakan kepandaiannya, tadi semua lawan ia robohkan hanya deagan serangan senjata rahasianya yang ampuh saja. Pedang itu masih menggetar ujungnya ketika ia pegang dengan tangan kanan di atas kepala dengan lengan melengkung adapun tangan kiri meraba dada sendiri, dekat kantong piauw, kedua kaki memasang kuda kuda, siap menerjang maju, sepasang matanya memandang tajam ke arah Yu Lee.
Pendekar Cengeng yang maklum akan kelihaian lawan, juga tidak mau memandang rendah. Ia segera memasang kuda kuda, ranting yang dipegang tangan kanan itu melintang di dada, tangan kiri dengan jari jari terbuka miring di depan dahi, kedua kaki di pentang lebar depan belakang, matanya memandang tajam ke depan, dicurahkan kepada gerakan lawan yang akan datang. Melihat tangan kiri lawan, pemuda ini maklum bahwa betapapun berbahaya pedang panjang lawan itu namun yang lebih berbahaya lagi adalah tangan 590
kiri yang setiap saat, dalam detik detik tak terduga, dapat menyambitkan piauw dari kantong itu.
Di lain fihak, Ouw Beng Tat kini tidak lagi berani memandang rendah pemuda ini. Kalau benar pemuda ini murid terkasih Han It Kong akan sukarlah baginya untuk mencapai kemenangan, ia sudah tahu betapa hebatnya ilmu ilmu Sin kong ciang dan Ta kui tung hoat yang tak mungkin ia dapat tandingi. Dia pernah digembleng Han It Kong ketika men jadi anak buah raja muda perkasa itu, akan tetapi karena bukan muridnya, maka raja muda itu tidak menurunkan kepadanya kedua macam ilmu kesaktian yang menjadi inti dari pada Han It Kong itu. Ia tahu bahwa ranting kecil itu lebih berbahaya dari pada senjata macam apapun juga, maka ia tidak mau memandang ringan apa lagi tangan kiri yang terbuka itu karena ilmu pukulan Sin kong ciang amat dahsyat dan sudah mengangkat tinggi nama besar Han It Kong di dunia kang ouw.
Semua orang menahan napas menyaksikan kedua orang jago, yang seorang muda yang seorang tua dan saling berhadapan memasang kuda kuda tanpa bergerak atau berkedip sedikit pun. Ouw Beng Tat maklum bahwa pemuda itu amat hati hati, tentu tidak akan suka menyerangnya terlebih dahulu ia menanti saat yang baik menanti pemuda itu berkedip atau bergerak salah satu bagian syarafnya. Namun betapa kagum hatinya menyaksikan pemuda itu diam tak bergerak seperti arca batu sikap nya tenang sekali dan teguh kokoh kuat sukar dicari kelemahannya. Maka ia lalu berteriak keras sekali dan mulailah ia menerjang 591
dengan gerakan dahsyat pedangnya berdesing desing ketika ia gerakkan dalam penyerangan berantai, yaitu pedangnya itu berputaran seper kitiran angin, demikian cepatnya sehingga membentuk segalung sinar yang berkeredepan dan bertubi tubi menyambar ke arah tubuh Yu Lee.
Pemuda itu menggunakan keringanan
tubuhnya bergerak lincah mengelak setiap kali gerakan gerakan sinar pedang itu menyambar ke arahnya, akan tetapi karena pedang itu berputar cepat maka tiap kali dielakkan sudah datang lagi, membuat pemuda itu sibuk dan terdesak dalam usahanya menghindarkan diri ini Yu Lee maklum bahwa tidak baik bagi kedudukannya kalau mengelak terus, maka bergeraklah rantingnya, bukan langsung menangkis pedang melainkan pada sepersepuluh detik setelah pedang menyambar lewat pengelakannya, rantingnya meluncur menotok pergelangan tangan yang memegang pedang. Totokan bukan sembarangan totokan, melainkan totokan dari jurus ilmu Tongkat Ta kui tung hoat sehingga kalau mengenai sasaran, biarpun orang selihai Ouw Beng Tat tentu akan melepaskan pedangnya karena urat nadinya putus !
Ouw Beng Tat mengenal bahaya. Cepat ia menarik tangannya dan berhentilah putaran pedangnya. Namun tidak berhenti serangan nya.
Sambil menarik tangan ia menggerakkan pergelangan tangan dan pedangnya dari atas menyambar ke bawah, mengancam leher Yu Lee dengan bacokan dahsyat yang mengeluarkan suara berdesing. Kembali Yu Lee dengan mudahnya 592
mengelak cepat dan sinar bergulung gulung dari gerakan rantingnya yang melakukan serangan balasan bertubi tubi mengurung semua gerakan tubuh Ouw Beng Tat. Kini panglima itulah yang menjadi sibuk sekali, mengelak dan menangkis karena ia maklum betapapun kecilnya ranting itu, namun sekali ia tersentuh, akan celakalah dia. Ia menggertak gigi dan memutar pedang melindungi tubuh, pedangnya seolah olah berubah menjadi benteng baja yang menyelimuti dirinya.
Makin lama makin seru pertandingan itu, makin dahsyat dan berjalan cepat sekali sehingga dalam waktu tidak berapa lama mereka saling serang sebanyak lima puluh jurus! Keduanya diam diam merasa kagum dan harus mengakui bahwa baru sekali ini mereka menghadapi lawan yang benar benar hebat. Bagi Yu Lee, baru pertama kali ini ia menghadapi lawan yang benar benar tangguh, yang dapat menandingi Ta kui tung hwat sampai lima puluh jurus. Sebaliknya Ouw Beng Tat yang melakukan pertandingan entah berapa ribu kali selama ia hidup, harus mengakui pula bahwa belum pernah ia menghadapi lawan semuda Pendekar cengeng dengan kepandaian sehebat itu.
Makin lama Ouw Beng Tat menjadi makin penasaran. Betapapun lihai pemuda lawannya ini bahkan biarpun dia murid Han It Kong sekalipun, pemuda ini belum lahir ketika ia sudah jagoan!
Masa ia tidak mampu mengalahkannya" Dengan hati penuh kemarahan dan penasaran ouw Beng Tat mengeluarkan seruan nyaring dan menerjang dengan mempercepat gerakannya. Tubujnya yang tinggi besar sampai lenyap terbungkus gulungan 593
sinar pedangnya yang membentuk lingkaran lingkaran lebar! Yu Lee mengimbanginya dan terdengarlah lengking panjang kemudian lenyap pula bentuk tubuh pendekar sakti ini, terbungkus sinar kehijauan dari ranting yang diputar cepat.
Yang tampak kini hanya dua gulungan sinar saling belit, saling tindih saling himpit dan hanya kadang kadang tampak bayangan tubuh mereka atau berkelebatnya kaki yang menginjak tanah menimbulkan debu mengebul di sekeliling tempat itu. Saking hebatnya hawa sakti yang keluar dari dua gulungan sinar itu daun daun pohon yang berdekatan melayang layang turun dengan gagang yang cepat seperti dibabat dengan senjata yang tajam !
"Siingggg". plakkkk". Plakkkk". Brettt".!!"
Tidak ada yang dapat mengikuti jalannya pertandingan dengan jelas, bahkan dua orang sakti seperti Dewi Suling dan Thian te Sin kiam juga menjadi pening menyaksikan pertandingan itu dan berusaha mengikuti dengan pandangan mata.
Tahu tahu kini keduanya mencelat ke belakang gulungan sinar lenyap dan tampak Ouw Beng Tat menyumpah dan meraba paha kirinya. Belakang pahanya tampak karena celananya telah robek kulit paha itu terdapat guratan membiru. Kiranya ranting dengan ilmu tongkat Ta kui tung hwat telah membuktikan keampuhannya, yaitu dapat menerjang tubuh belakang lawan dari depan.
Biarpun hanya terobek celananya dan tergurat kulitnya namun hal ini cukup mengagetkan Ouw Beng Tat sehingga ia meloncat ke belakang yang diturut pula oleh Yu Lee. Pemuda ini amat hati 594
hati, tidak mau sembarangan mendesak karena loncatan musuh ke belakang itu dapat juga dijadikan perangkap. Kini mereka saling berhadapan agak jauh, terpisah kurang lebih sepuluh meter. Kembali separti tadi pada saat awal pertandingan mereka saling pandang dengan sinar mata tajam. Hanya tampak perbedaan pada keduanya Yu Lee agak berubah wajahnya, agak pucat tetapi sikapnya masih teriang, tidak tampak napasnya terengah, juga hanya pada leher dan dahinya saja agak basah oleh peluh. Di lain fihak, Ouw Beng Tat kelihatan merah sekali mukanya, merah karena marah, muka penuh dengan keringat yang masih menetes netes turun, napasnya agak terengah engah.
"Kau hebat, Pendekar Cengeng. Akan tetapi jangan tertawa dulu, kau lihat seranganku!" Tiba tiba panglima itu mengeluarkan suara gerengan yang seperti harimau marah, keluar dari perut melalui kerongkongannya. Tubuh nya melayang ke atas, lalu menukik ke depan tangan kirinya borgerak cepat. "Cat cat cat cat!" tujuh batang piauw mengeluarkan suara berkerincingan ketika menyambar ke bawah ke arah Yu Lee yang menjadi terkejut sekali. Di serang dari jarak begitu dekat dengan ancaman piauw dan pedang musuh, benar benar tidak boleh dibuat main main. Ia mengelak, lalu menjatuhkan diri bergulingan, akan tetapi setiap saat menghadap ke atas, mengelak lagi dan ketika pedang lawan datang menyambar, ia menangkis dari samping dengan rantingnya, meminjam tenaga lawan ini untuk mencelat ke atas bangun berdiri dan pada saat terakhir, dengan 595
pukulan Sin kong Ciang ia berhasil meruntuhkan sebatang piauw yang menyusul paling akhir.
Serangan hebat itu gagal dan dengan seruan kecewa, tiba tiba panglima itu menggulingkan diri, terus kini bergulingan ke arah Yu Lee, tangan kirinya tetap bergerak dan, "cat cat cat"!" kembali tujuh batang piauw menyambar ke arah pemuda itu, kini dari bawah menyambar ke arah bagian bagian tubuh terpenting lalu disusul tubuhnya sendiri mencelat ka atas menyusul serangan tujuh batang piauw itu dengan babatan pedangnya!
Hebat bukan main serangan tujuh batang piauw itu, lebih berbahaya dari pada jurus pertama yang menyerang dari atas tadi. Yu Lee maklum bahwa ia menghadapi saat yang gawat, terutama sekali oleh susulan serangan pedang yang membebat, cepat mengerahkan sinkang, disalurkan ke arah ranting di tangannya lalu dari samping ia menangkis, terus menggunakan tenaga menempel dan mendorong pedang lawan, menambah tenaga luncuran pedang sehingga pedang itu menyeleweng ke kiri dan membabat lengan Ouw Beng Tat yang kiri! Cepat bukan main terjadinya sehingga sukar diduga dan sukar pula diikuti dengan pandangan mata. Tujuh batang piauw dapat dielakkan oleh Yu Lee dan dikebut dengan pukulan Sin kong ciang, akan tetapi kiranya panglima tua itu masih menyembunyikan sebatang piauw lagi yang dengan jari jari tangan kiri disentil sedemikian rupa sehingga piauw itu menyambar ke dada Yu Lee! Yu Lee yang sedang mengerahkan tenaga menempel pedang dan modorong, kaget dan miringkan tubuhnya.
596 "Capp". crokk
".!!"
Ouw Beng Tat mengeluarkan teriakan serak seperti suara binatang liar, tangan kiri nya sebatas pergelangan tangan telah terbabat putus oleh pedangnya sendiri sehingga ia terhuyung huyung ke belakang, wajahnya pucat memandang lengannya yang sudah buntung, darah muncrat muncrat. Sebaliknya, biarpun sudah miringkan tubuh, Yu Lee masih tak dapat menghindarkan piauw itu yang menancap di bahu kanannya.
Pemuda inipun terhuyung huyung ke belakang, mencabut piauw dan membuangnya. Darah mengucar dari bahunya, akan tetapi tentu saja keadaannya tidak sehebat Ouw Beng Tat.
"Tangan kirimu terlalu jahat .... terpaksa dilenyapkan" ciangkun".!" kata Yu Lee terengah engah menahan rasa nyeri di bahunya. "Apakah ciangkun masih belum mau mengalah ?"
Sejenak Ouw Beng Tat diam, melotot dan menggereng gereng perlahan, kemudian ia membungkuk menyambar tangan kirinya yang menggeletak di atas tanah itu dengan tangan kanan setelah menggigit padangnya, memandang tangan itu sebentar lalu mengantonginya. Setelah itu, dengan darah dingin ia menotok jalan darah di lengan kirinya menghentikan aliran darah sehingga tidak mengucur keluar dan menotok jalan darah yang mengurangi rasa nyeri, kemudian mengambil pula pedangnya di tangan kanan.
"Belum ".! Aku belum kalah........ hayo teruskan.......!" Setelah berkata demikian, ia menggunakan pedangnya menubruk maju.
597 "Luar biasa sekali engkau ciangkun !" Seru Yu Lee. Pemuda ini, seperti juga semua orang yang menyaksikan pertandingan hebat itu me mandang penuh kagum kepada pangltma tua itu yang benar besar amat gagah perkasa.
Terpaksa pamuda ini menghadapi lawannya dengan tenang. Setelah kini lawannya tak dapat lagi menggunakan tangan kiri untuk menyerang dengan piauw tentu saja dia jauh lebih unggul.
Biarpun pundaknya terluka piauw tadi namun Yu Lee masih cukup kuat untuk menggerakkan ranting menangkis pedang, kemudian tangan kirinya menyusul dengan pukulan Sin kong ciang.
Pukulan yang tidak menyentuh kulit lawan, namun hawa pukulan sakti itu cukup hebat sehingga Ouw Beng Tat terjengkang dan terguling guling !
"Masih belum cukupkah ciangkun?" tanya Yu Lee, suaranya sunsguh sungguh, sama sekali tidak mengandung maksud mengejek.
"Aku belum kalah?" Ouw Beng Tat sudah meloncat bangun lagi sambil menyerang hebat.
Panglima tua ini merasa betapa tubuh nya lemas, separoh tubuh bagian kiri sakit menusuk nusuk jantung, akan tetapi sesuai dengan wataknya yang pantang mundur dan pantang menyerah selama ia masih mampu melawan, ia terus nekad menerjang, Yu Lee merasa kagum juga penasaran. Kakek ini benar benar keras hati dan keras kepala, pikir nya, ia maklum bahwa kalau kakek ini belum dibikin tak berdaya, tentu takkan mau mengaku kalah.
Pedang yang panjang itu menyambar dengan kekuatan dan kecepatan dahsyat yang sukar untuk 598
dihindarkan oleh lawan pandai sekalipun. Namun Yu Lee yang bersikap tenang itu sengaja berlaku lambat. Baru setelah pedang menyambar dekat leher ia secara tiba tiba merendahkan tubuhnya dan tongkat ranting di tangannya menyambar, tatapi sekali ini menotok ketiak kanan lawan hingga pedang yang dipegang tangan yang tertotok ini terlepas. Tangan kirinya cepat mendorong dengan Sin kong ciang dan hanya menyentuh sedikit dada Ouw Beng Tat, namun sekali ini cukuplah. Pedang panglima itu terampas dan tubuh yang tinggi itu terjengkang lalu terbanting ke atas tanah!
Ouw Beng Tat mengeluh perlahan, berusaha bangkit akan tetapi tidak sanggup, sehingga ia hanya mampu duduk sambil mengelus elus dadanya dengan tangan kanan. Napasaya serasa terhenti oleh sentuhan pukulan Sin kong ciang tadi. Satelah napasnya agak normal kembali, ia memandang Yu Lee dan berkata suaranya tersendat sendat.
?". kau hebat... Sin kong ciam dan Ta kui tung hwat benar benar hebat... engkau benar muridnya" murid Han ong ya.... aku mengaku kalah....."
Yu Lee menjura dengan hormat, "Ouw ciangkun juga hebat, gagah perkasa sukar dicari bandingannya. Apakah sekarang ciangkun suka membebaskan teman pejuang yang berada di sini ini?"
Ouw Beng Tat menarik napas panjang. "Aku seorang panglima, membebaskan para 599
pemberontak berarti sebuah kedosaan terhadap pemerintah dan biarlah aku akan hadapi hukumannya karena akupun seorang yang menjunjung kegagahan dan tidak akan menjilat ludah kembali. Aku telah berjanji". aku sudah kalah ". orang muda, kau ajaklah teman temanmu pergi dari sini..... kubebaskan kalian". "
"Terima kasih, Ouw ciangkun." Yu Lee menjura lalu ia menghampiri teman temannya dan minta kepada mereka supaya cepat cepat pergi meninggalkan hutan ini.
Ketika para pejuang itu dengan pimpinan masing masing membawa teman yang terluka dan
?"". mereka meninggalkan ?".. didiamkan saja oleh pasukan Mongol. Yu Lee ditegur oleh Thian te Sin kiam.
"Mengapa engkau mengaku sebagai Aliok kepada Siok Lan " Ah, apa pula artinya sandiwara itu".."
Yu Lee yang sejak tadi mencari dengan matanya
?"". pertanyaan ini karena memerlukan jawaban panjang lebar, bahkan ia balas bertanya,
"Liem locianpwe, di mana dia ?"
"Hemnm, dia telah pergi melarikan diri ke selatan sana setelah mendapat kenyataan bahwa pelayannya Aliok itu tarnyata adalah Pendekar Cengeng, Dewi Suling tadi telah menyusulnya...... "
"Ah, maaf locianpwe. Saya harus mengejar nya
!" Setelah berkata demikian, tubuh Yu Lee berkelebat dan lenyap dari depan kakek itu.
600 Thian te Sin kiam Liem Kwat Ek menggeleng geleng kepala sambil menarik napas panjang.
Teringat ia akan semua pengalamannya di masa muda dahulu dan tahulah ia apa yang sedang dirasakan oleh orang orang muda itu, maka sambil berjalan perlahan agak terpincang meninggalkan tempat itu bersama para pejuang lainnya ia berkata perlahan seorang diri, "
hem " orang
muda.... dan cinta"."
Sian li Eng cu Liem Siok Lan lari secepatnya sambil menangis terisak isak, air matanya bercucuran seperti air hujan menuruni kedua pipinya tanpa ia perdulikan. Ada butir butir air mata yang setiba di pipi, di kanan kiri mulut, menyeleweng mengikuti lekuk pipi terus ke ujung bibirnya, terasa asin, tetapi inipun tidak ia perdulikan dan ia lari terus
Hatinya terasa tidak keruan. Dia sendiri tidak tahu mengapa ia menangis dan melarikan diri !
Kalau ia meneliti perasaan hati dan jalan pikirannya, ia bisa gila! Betapa tidak" Dia seharusnya merasa girang mendapat kenyataan bahwa Aliok pemuda yang dicintainya itu ternyata bukanlah seorang pelayan biasa saja, dan juga bukan seorang bodoh, melainkan dialah pendekar sakti yang dikagumi semua orang, yaitu Pendekar Cengeng, itulah sebetulnya pribadi Aliok yang hanya sebuah nama samaran saja. Dan Yu Lee atau pendekar Cengeng ini jelas mencintainya, sudah pernah menciumnya sudah beberapa kail 601
melindunginya, membelanya, berkorban untuk nya, membiarkan dadanya terluka untuknya.
Semestinya ia girang dm bahagia Akan tetapi, Pendekar Cengeng adalah oraug yang selama ini ia benci sekali karena telah menganggap dan memandang rendah kepadanya sebagai seorang calon jodoh. Mengapa Yu Lee berpura, pura menjadi Aliok" Apakah semua itu bukan untuk mempermainkannya" Untuk mengejek" Dan terhadap Aliok ia sudah mengungkapkan semua perasaan bencinya kepada Yu Lee ! Alangkuh memalukan hal ini! Dia merasa girang, jaga marah juga malu! Beberapa kali Siok Lan berhenti dan mem banting banting kaki sambil menangis, lalu teringat kalau kalau ia dikejar "pelayan" itu maka ia lari lagi secepatnya. Ia lari tanpa tujuan dan tidak lagi lurus menuju ke selatan, melainkan membelok belok tidak karuan karena dia sendiri tidak tahu harus pergi ka mana, pokoknya asal lari pergi menjauhi laki laki yang ducinta dan dibencinya, yang menimbulkan gembira dan marah itu.
Dalam keadaan kacau perasaan dan pikirannya seperti itu, Siok Lan kehilangan kewaspadaannya.
Ia tidak tahu bahwa sejak tadi ada belasan pasang mata memandangnya dan ada belasan orang mengikuti setiap gerak geriknya lalu membayanginya. Ia tidak tahu bahwa makin lama ia tersesat makin jauh di daerah yang sama sekali tidak dikenalnya, tanpa tujuan. Ia terus berlari dan berjalan sampai hari menjadi hampir gelap dan daerah yang dilaluinya makin lama makin liar dan tidak tampak seorangpun manusia.
602 Sesungguhnya gadis ini bagaikan seekor katak telah memasuki guha sarang ular berbisa. Daerah itu menjadi tempat rahasia di mana orang orang yang bertugas sebagai mata mata pemerintah Mongol bersarang.
Memang pemerintah Mongol amat pandai.
Selain mengandalkan pasukan pasukannya yang besar dan kuat, juga pemerintah berhasil menarik hati orang orang pandai. Diantara orang orang pindai ini ada yang diangkat menjadi petugas sipil maupun militer seperti halnya Ouw Beng Tat, akan tetapi ada pula yang diberi tugas untuk bekerja sebagai penyelidik dan mata mata rahasia sehingga tidak saja pemerintah penjajah ini dapat mengetahui semua peristiwa dan keadaan para pejuang yang mereka sebut pemberontak juga dapat mengetahui keadaan sehingga mudah untuk kelak menindasnya.
Diantara sekian banyak pasukan mata mata yang bekerja secara rahasia ada kelompok yang bersarang di daerah yang kini dimasuki Siok Lan tanpa disadarinya itu ! Semenjak ia masuk daerah ini, ia telah diikuti secara diam diam oleh belasan orang yang bergerak ringan dan gesit, tanda bahwa mereka itu memiliki kepandaiannya yang tinggi juga. Akan tetapi agaknya mereka ini menerima tugaas rahasia sehingga tidak turun tangan menangkap atau menawan Siok Lan hanya mengikuti dari jauh dan meneliti untuk mendapat kepastian bahwa gadis ini memasuki daerah itu seorang diri saja tidak membawa kawan kawan seperjuangan.
603 Siok Lan merasa lelah dan lapar. Hari sudah mulai gelap, ia memasuki hutan dan bermaksud mencari pengisi perut dan air minum. Selagi ia celingukan mencari cari dengan pandang matanya, dari jauh tampak berkelebat bayangan dua orang dan terdengar orang memanggil.
"Sian li Eng cu ".!"
Siok Lan meraba gagang pedangnya, siap menghadapi segala kemungkinan. Akan tetapi setelah dua sosok bayangan itu mendekat, ia melepaskan gagang pedangnya dan memandang dengan hati lega. Kiranya yang muncul itu adalah seorang pemuda tampan berbaju biru, berusia dua puluh sembilan tahun, yaitu Pui Tiong murid Kim hong pay yang pernah ia temui dalam perjamuan di tempat Hoang ho San liong. Adapun orang kedua adalah Can Bwee, suci pemuda itu yang berusia tiga puluh tahun, pendiam dan cantik.
"Ah, kiranya ji wi (kalian) yang memanggil, sampai terkejut hatiku. Eh, bagaimana ji wi dapat tiba tiba muncul di tempat sunyi ini" Dan kenapa ji wi tidak muncul ketika kami para pejuang menghadapi musuh dan hampir saja terbasmi habis?"
Pui Tiong menjura dan berkata. "Ah, nona tidak tahu barangkali. Memang kami dan kawan kawan seperjuangan menjadikan tempat ini markas kami.
Kami mendengar tentang pertempuran pertempuran di sana, akan tetapi karena kami sendiri menghadapi musuh disebelah sini, kami belum dapat membantu."
604 Can Bwee menggandeng tangan Siok Lan
"Marilah, adik yang gagah. Mari singgah di tempat kami, makan minum sambil bercerita. Aku ingin mendengar bagaimana keadaan teman teman seperjuangan di sana. Aku mendengar di sana pasukaa pejuang diperkuat oleh Pendekar Cengeng dan Dewi Suling" Apakah mereka banyak berhasil mengacau Thian an bun" Dan setelah Thian an bun dipimpin Ouw ciangkun, mengapa tidak ada gerakan lagi?"
Siok Lan adalah seorang gadis yang masih belum dapat meneliti dan mengenal watak orang, ia tidak merasa heran melihat betapa Can Bwee yang biasanya pendiam itu kini dapat bersikap ramah dan sekaligus menghujankan pertanyaan demikian banyak seperti lagak seorang penceloteh yang cerewet.
Ia membiarkan dirinya ditarik karena kata kata
"makan minum" tadi membangkitkan seleranya dan membuat perutnya makin lapar, lehernya makin haus. "Memang di sana ada Pendeka Cengeng dan Dewi Suling, tapi".. tapi baru saja kami disergap dan dikurung oleh pasukan besar yang dipimpin sendiri oleh Ouw beng Tat."
"Ahhh?"" Enci adik seperguruan itu saling pandang kemudian Can Bwee mempercepat langkahnya sambil menggandeng Siok Lan. "Adik Siok Lan marilah kita cepat cepat ke markas dan di sana kau ceritakanlah semua nya tentu amat menarik ceritamu. Marilah."
Mereka bergegas memasuki hutan yang gelap dan di tengah hutan itu terdapat sebuah pondok 605
besar. Ke pondok itulah mereka ini masuk. Hanya ada tiga orang yang bersikap seperti pelayan berada di pondok dan melayani mereka makan minum. Siok Lan memandang ke kanan kiri. "Di mana teman teman seperjuanganmu?"
"Ah, pasukan kami tidak berapa besar dan mereka itu berpencaran di dalam hutan. Biarlah kupanggil mereka yang kebetulan berada dekat pondok ini !" Kata Pui Tiong sambil berdiri. Dia membawa dua buah jari ke dalam mulutnya lalu bersuit keras sekali tiga kali kemudian ia baru daduk lagi.
Tak lama kemodian, bermunculan belasan orang dari pintu pondok. Mereka ini rata rata masih muda, dan delapan orang laki laki dan empat orang wanita yang usianya antara dua puluh lima sampai tiga puluh tahun sikap mereka rata rata gagah dan tangkas sehingga Siok Lan memandang kagum. Ia bangkit berdiri dan memberi hormat yang dibalas oleh semua orang.
Seorang diantara mereka berkata, "Harap Sian li Eng cu banyak baik dan silakan mengaso dan makan minum."
Siok Lan tersenyum dan duduk kembali.
Belasan orang itu lalu mengaso di dalam pondok.
Ada yang berdiri bersandar ke dinding ada yang jongkok, dan duduk di mana saja dan ada pula yang "..
"Silakan, nona!" kata Pui Tiong
"Eh bagaimana aku bisa makan minum sendiri"
Hayo kalian semua menemani aku!"
606 "Kami semua sudah makan. Biarlah suci dan aku saja menemanimu. Marilah."
Siok Lan bukanlah seorang pemalu! Karena memang ia lapar dan haus, ia segera mulai menyikat hidangan di atas meja dan mendorongnya masuk ke perut dengan arak atau minuman teh yang disediakan di situ. Pui Tiong dan Can Bwee menemaninya hanya minum saja karena sudah makan. Sambil makan minum, mulailah Siok Lan menceritakan keadaan pertempmn di hutan yang dijadikan sarang pejuang. Ia menceritakan betapa para pejuang suka akan perubahan peraturan yang diadakan Ouw Beng Tat maka tidak mengacau di Thian an bun lagi. Kemudian dia menceritakan munculnya Ouw Beng Tat dengan pasukan besar yang mengurung pasukan pejuang, kemudian tentang pertandingan perorangan di mana Ouw Beng Tat menewaskan tujuh orang pemimpin pejuang.
Diceritakan pula tentang munculnya Pendekar Cengeng dan dalam menceritakan sepak terjang Pendekar Cengeng ini, Siok Lan mengandung kebanggaan !
"Hebat sekali Pendekar Cengeng jauh lebih hebat dari pada Ouw Beng Tat!" kata Siok Lan dengan mata bersinar sinar karena pada saat ia berkata itu ia menganggap bahwa Pendekar Cengeng adalah tunangannya. "Dengan kesaktian nya yang hebat ia membalas dan membunuh tujuh orang perwira pembantu Ouw Beng Tat dalam waktu singkat! Kemudian Pendekar Cengeng menantang Ouw Beng Tat untuk bertanding dengan taruhan bahwa jika Ouw Beng Tat kalah, 607
panglima itu harus membebaskan semua pejuang yang terkurung.
"Aiihhh".!" Can Bwee mengeluarkan seruan kaget, akan tetapi cepat disambungnya dengan kata kata berlawanan, "Bagus sekali! Pendekar Cengeng benar benar hebat sekali! Kemudian bagaimana" Siapa yang kalah...." "
"Tentu saja Pendekar Cengeng menang. Akan tetapi aku tidak tahu, aku lalu pergi meninggalkan tempat itu, hanya aku yakin dia pasti menang".. "
JILID XIV MEREKA telah selesai makan dan Siok Lan merasa amat lelah dan mengantuk. Dua kali ia menguap, ditutupnya mulut dengan punggung tangan.
"Selain Pendekar Cengeng dan Dewi Suling, siapa lagi di antara tokoh pejuang yang hadir di sana?"
Pertanyaan Pui Tiong ini mengandung desakan, seolah olah pemuda ini tidak perduli bahwa Siok Lan sudah amat lelah dan mengantuk, akan tetapi Siok Lan tak meroperhatikan ini hanya menganggap bahwa cerita nya amat menarik hati dan orang muda yang baik hati hati itu.
"Kakekku juga datang bersama Siauw bin mo dan Tho tee kong yang menjadi korban"."
"Thian te Sin kiam juga di sana...?"?" Ucapan ini terdengar dari luar pondok dan masuklah seorang tosu yang tinggi kurus dan bermuka 608
kuning Siok Lan tidak mengenal tosu itu dan memandang tak acuh mengira bahwa ini tentu seorang diantar teman seperjuangan yang berada di situ. Akan tetapi Pui Tiong dan Can Bwee bangkit dan menjura sambil berkata hormat.
"Suhu?"
Siok Lan terkejut dan memandang penuh perhatian. Dia sudah pernah bertemu dengan tosu ini ketika tosu ini berkunjung kepada kakaknya, akan tetapi hal itu sudah terjadi tujuh tahun yang lalu sehingga ia sudah hampir upa. Kini barulah ia tahu bahwa tosu ini adalah Gwat Kong Tosu dan ia mulai teringat. Sudah banyak ia mendengar perihal tosu bekas murid Kun lun pai yang pernah
"menyeleweng" ini dari kakeknya dn segera ia berbangkit untuk menjura dan berkata,
"Harap totiang banyak baik?" Akan tetapi tiba tiba Siok Lan mengeluh, tubuhnya menjadi lemas dan ia terhuyung. Can Bwee cepat memeluknya dan Siok Lan sudah lemas dipelukan Can Bwee, setengah pingsan, kepalanya pening sekali dan segala apa tampak berputaran sehingga cepat cepat ia meramkan mata. Biarpun ia sudah lemas, akan tetapi lapat lapat telinganya masih dapat menangkap percakapan mereka. Terdengar suara tosu itu.
"Bagus, kalian sudah dapat merobohkannya Masukkan di dalam sumur kering, akan tetapi jaga jangan sampai mati kelaparan. Dengan dia sebagai umpan, kita akan dapat mengangkap Thian te Sin kiam dan terutama sekai Pendekar Cengeng !"
609 "Baik, suhu. Memang tujuan kita adalah menangkap Thian te Sin kiam dan terutama Pendekar Cengeng." Terdengar Pui Tiong berkata.
Kemudian Siok Lan yang menjadi terkejut mendengar ini berusaha meronta, akan tetapi tahu tahu ia merasakan tubuhnya tak dapat bergerak karena ditotok oleh Can Bwee. Kini mengertilah ia bahwa di dalam makanan itu dicampuri obut bius, dalam keadaan tertotok dan setengah pingsan Siok Lan masih dapat mengetahui dia dibawa ke sebelah belakang pondok dan setelah dimasukau sebuah karung, tubuhnya lalu dikerek masuk ke dalam sumur yang amat dalam. Akhirnya ia pingsan setelah tubuhnya menyentuh dasar sumur yang gelap sekali.
Ketika Siok Lan siuman dari pingsan, ternyata malam telah berganti pagi. Ada sedikit sinar matahari pagi memasuki sumur itu sehingga ia dapat memperhatikan keadaan di mana ia berada.
Tubuhnya sudah dapat digerakkan, kepalanya tidak pening lagi ini tandanya bahwa obat bius yang tercampur dalam makanannya malam tadi tidaklah berbahaya, dan bahwa totokan itu sudah buyar sendiri ketika ia tidur setengah pingsan. Di dekatnya tampak sebuah panci tertutup berisi makanan dan sebuah botol berisi air minum. Akan tetapi ia tidak perdulikan makanan dan minuman ini, lalu meloncat bangun. Pedangnya sudah tidak ada, tentu dirampas.
"Keparat jahanam"..!" Ia mengutuk, tahu sekarang bahwa Pui Tiong dan Can Bwee adalah pengkhianat pengkhianat yang berpura pura 610
menjadi pejuang. Juga guru mereka itu. Dan ia dapat menduga bahwa orang orang muda yang mengaku pejuang itu tentulah anak murid Kim hong pai dan bahwa Kim hong pai tentu membantu pemerintah Mongol! Kiranya kehadiran Pui Tiong dan Can Bwee sebagai "anggauta" pejuang yang baru itu hanyalah penyeludupan belaka. Dan ia kini ditawan sebagai umpan untuk menjebak kakeknya dan Pendekar Cengeng.
"Terkutuk tujuh turunan !" kembali ia memaki sambil memperhatikan dasar sumur. Ternyata biarpun di atasnya tidak begitu lebar hanya bergaris tengah satu setengah meter, namun dasar sumur ini amat lebar, bergaris tengah tidak kurang dari empat meter. Mungkin sumur buatan yang sengaja dipergunakan untuk mengeram tawanan.
Amat dalam sumur itu entah berapa meter sukar ditaksir, akan tetapi dari bawah tampak tinggi sekali mulut sumur itu sehingga keadaannya mengerikan. Hanya seekor burung saja yang agaknya akan dapat keluar dari dalam sumur !
"Pengkhianat terkutuk! pengecut jahanam!"
Siok Lan memaki maki dengan suara keras sambil mendongak memandang ke mulut sumur di atas, kemudian menghela napas panjang dan duduk bersila di tengah dasar sumur untuk memulihkan tenaga dan menenteramkan hati. Ia perlu memulihkan tenaganya, perlu ia menenteramkan hatinya karena ia tahu bahwa ia menghadapi bahaya maut. Seluruh dinding sumur itu di bagian bawahnya, setinggi empat meter lebih, terlapis besi sehingga tidak mungkinlah baginya untuk menggali, pendeknya tidak ada jalan keluar lagi 611
baginya ! Akan tetapi ia yakin bahwa ia tidak akan dibunuh, setidaknya dalam beberapa lama ini karena kalau mereka menghendaki nyawanya, tentu dengan mudah ia sudah dibunuh ketika pingsan. Pula, ia dilawan untuk memancing Thian te Sin kiam dan Pendekar Cengeng, maka ia belum putus asa.
Demikianlah dengan amat tekunnya Siok Lan bersamadhi dan perlahan napasnya menjadi normal kembali dan tubuhnya terasa hangat dan segar, pikirannya tidak kacau balau lagi. Kini yang dipikir olehnya hanya mencegah agar kedua orang itu terutama sekali kakek nya tentu saja, tidak sampai terjebak. Ia harus dapat memperingaktan kedua orang itu apabila mereka muncul di mulut sumur. Setelah hatinya tenang ia membuka tutup panci dan mulailah ia mengisi parutnya dengan makanan dan minuman air. Ia perlu menjaga kesehatannya dan tidak perdulikan apakah makanan dan minuman itu diberi racun. Dan ternyata tidak, karena memang apa perlunya meracuni seorang tawanan yang sudah tak berdaya apa apa lagi"
Yu Lee menggunakan kepandaiannya untuk berlari cepat. Hatinya terasa tidak enak karena ia belum dapat menyusul Siok Lan. Kini ia tahu bahwa ia tidak akan dapat menyembunyikan rahasia dirinya lagi. Kinilah tiba saatnya harus berterus terang kepada gadis yang dicintainya itu.
Dahulupun ia sama sekali tidak bermaksud membohong dan mempermainkan Siok Lan, hanya 612
untuk mercegah agar gadis yang keras hati itu tidak memusuhinya, maka terpaksa ia terus menggunakan nama samaran di depan Siok Lan.
Semalam suntuk Yu Lee tak pernah berhenti mencari. Karena tidak ada tanda tanda yang ditinggalkan sebagai jejak gadis itu, ia tersesat jauh, kembali lagi mencari di sekeliling tempat yang ia duga dapat dicapai oleh Siok Lan pada malam itu, namun sia sia belaka. Barulah pada pagi harinya, ketika mata hari telah bersinar, ia melihat sesuatu yang amat mengguncangkan hatinya. Pedang Siok Lan menggeletak diatas tanah, di luar sebuah hutan !
"Lan moi"!" ia berbisik. Jantungnya berdebar sambil dipungutnya pedang itu diteliti. Tak salah lagi. inilah pedang kekasihnya. Sudah lama ia berdekatan dengan gadis itu se hingga hafal olehnya semua benda milik nona itu Dari pakaiannya sampai pita rambutnya, sepatu dan pedang perak serta jarum peraknya.
Ia mengenl bahwa kalau nona itu sudah melepaskan pedang, berarti dia telah kalah dalam menghadapi lawan. Ia meloncat bangun, mencari cari dengan pandang matanya.
"Akhh...!" ia melihat sebatang jarum, jarum perak berkilauan di atas tanah tertimpa sinar matahari pagi. Cepat ia meloncat dan dipungutnya jarum itu. Jarum milik Siok Lan ! Ternyata bukan hanya sebarang, disebelah depan ada lagi dan terus ada lagi terpisah kira kira sepuluh meter.
Jarum itu seperti tercecer atau memang sengaja dilempar lempar untuk meninggalkan jejak! Makin 613
berdebar jantung Yu Lee. Ia tahu betapa cerdiknya kekasihnya itu. Mungkin Siok Lan kalah oleh musuh, tertawan dan sengaja melempar lemparkan jarum nya agar dia dapat mengikuti jejaknya.
Jejak itu masuk ke dalam hutan yang besar !
Akhirnya jarum itu habis dan sebagai gantinya tampaklah sehelai kain, robekan kain yang kecil sekali hanya setengah jari lebarnya ! Yu Lee meneliti dan hatinya gelisah. Robekan kain dari baju Siok Lan ! Tidak salah lagi. Siok Lan ditahan musuh dan meninggalkan jarum jarumnya dan kemudian setelah jarum jarumnya habis, gadis ini mulai merobek robek bajunya dan meninggalkan robekan robekan baju ini di sepanjang jalan !
"Lan moi" !" Kembali ia mengeluh dan kini ia dapat maju dengan lebih cepat karena robekan robekan kain itu lebih mudah ditemukan. Jejak itu membawa masuk sampai ke tengah hutan dan tiba tiba tampaklah olehnya pondok di tengah hutan itu dan robekan kain pun habis sampai di depan pondok.
Yu Lee menjadi marah dan juga timbul harapannya untuk menemukan Siok Lan di dalam pondok ia mengerahkan sinkangnya kemudian telah meloncat ia telah meluncur ke depan, ditendangnya pintu pondok dan ia melompat masuk. Pondok itu kosong, dan di sekitar pondokpun kosong, tidak ada bayangan seorang pun manusia. Ia menjadi kecewa dan penasaran.
Ditelitinya tanah di sebelah belakang dan tampak olehnya jejak jejak kaki manusia. Jejak sepatu dan kaki itu besar tanda bahwa itu adalah jejak kaki 614
seorang pria. Jelas jejak itu yang terus ia ikuti.
Jejak itu berhenti sampai di dekat sebuah sumur dan di tempat sunyi itu di dekat sumur, terdapat sepulung tali.
Yu Lee cepat menghampiri mulut sumur dan menjenguk ke bawah. Ia merasa ngeri. Alangkah dalamnya snmur ini pikirnya, tidak seperti sumur biasa sempit dan amat dalam lima enam kali sedalam sumur biasa. Akan tetapi mengapa tidak ada airnya" Tiba tiba ia bergidik. Tentu tempat tahanan !
"Siok Lan......!!" ia berteriak memanggil ke dalam sumur, dan alangkah girangnya ketika ia melihat bayangan manusia di bawah, di tengah dasar sumur kemudian dari dalam sumur itu terdengar suara Siok Lan nyaring sekali akan tetapi terbungkus gema suara yang membuat suara itu tidak dapat terdengar jelas oleh Yu Lee dari atas sumur. Dari atas, Yu Lee hanya melihat bayangan manusia di bawah itu, tidak begitu jelas hanya tampak warna hijau pupus dan hal ini saja sudah meyakinkan hatinya ia tahu warna itu adalah warna kesayangan Siok Lan sehingga boleh dibilang semua pakaian gadis itu berwarna hijau pupus. Juga robekan robekan kain yang menuntunnya ke tempat itu juga berwarna hijau pupus.
"Tunggulah dan tenangkan hatimu, moi moi"
Aku akau menolongmu".!"
Yu Lee meneliti keadaan d sekeliling tempat itu.
Ia harus berhati hati dan menghindarkan jebakan musuh ia meloncat ke atas pohon yang tertinggi di 615
situ dan dari atas puncak ia melakukan pemeriksaan. Sunyi sekitar tempat itu tidak tampak bayangan manusia, hanya berkelebatnya binatang binatang hutan yang mencari makan dan burung burung beterbangan di antata pohon pobon. Ia merasa lega lalu meloncat turun kembali, kemudian tanpa ragu ragu sedikitpun, ia mengambil gulungan tali dan mengikatkan ujungnya ke batang pohon yang tumbuh dekat sumur. Dilepasnya gulungan tali memasuki sumur dan ternyata bahwa tali itu panjang sekali, namun tidak cukup panjang untuk mencapai dasar sumur.
"Lan moi".! Dipatkah kau mencapai ujung tali?" Yu Lee berseru keras dan nyaring, akan tetapi ia sendiri tidak dapat mendengar suaranya karena segera tersusul suara gema yang riuh rendah.
Dilihatnya bayangan kecil di bawah itu bergerak gerak dan meloncat loncat akan tetapi tetap saja tidak dapat mencapai ujung tali yang tergantung itu, Yu Lee kembali mencari cari dengan paandang matanya Tidak ada benda untuk menyambung tali itu, dan kalau ia harus mencari lebih dulu, akan terlalu lama Siok Lan harus cepat cepat ditolong, dikeluarkan dari dalam sumur. Ia harus memasuki sumur itu. Melihat dinding sumur ia parcaya bahwa dengan ilmu Sin kong ciang ia dapat merayap ke atas kembali sampai dapat mencapai tali, atau kalau perlu, sampai ke mulut sumur.
Siapa tahu di bawah sana Siok Lan terancam bahaya maut !
616 Tanpa ragu ragu Yu Lee lalu menyambar tali yang tergantung ke dalam sumur itu dan cepat merayap turun melalui tali itu. Terdengar olehnya betapa suara suara dari bawah makin nyaring, seolah olah gadis di bawab itu berkata kata dalam keadaan tegang. Akan tatapi telinganya yang penuh dengan gema suara yang tidak karuan itu membuat ia tidak dapat menangkap kata kata Siok Lan dan mengira bahwa gadis itu menyuruh ia cepat cepat menolongnya. Karena berpikir demikian, Yu Lee mempercepat gerakannya meluncur turun sehingga ia tiba di ujung tali.
Kiranya ujung tali itu masih agak jauh dari dasar sumur. Pantas saja Siok Lan tidak dapat mencapainya. Kini mulailah ia mendengar ucapan gadis itu.
"Ah, kiranya engkau... Kukira kong kong".!
Kau pergilah....! Cepat kau kembali ke atas...... kau sedang terjebak.....!"
Yu Lee terkejut. Selagi ia tidak tahu harus kembali ke atas atau terus ke bawah, tiba tiba terdengar suara ketawa terbahak dari atas.
Sesosok bayangan kelihatan di mulut sumur dan sekali bayangan itu menggerakkan tangan, tali itu putus dan tuhuh Yu Lee melayang ke bawah. Yu Lee cepat mengerahkan ginkangnya dan ia berhasil menusukkan jari jari tangannya ke dinding sumur, kemudian ia merayap turun sambil menyelidiki keadaan dinding yang ternyata di bagian bawah kurang lebih empat meter tingginya dilapisi baja. Ia meloncat dan berada di dasar sumur, berhadapan dengan Siok Lan.
617 Mereka saling pandang, kini sinar matahari sudah cukup banyak memasuki sumur sehingga mereka dapat sailng pandang dengan jelas. Sejenak mereka lupa bahwa mereka berada di dasar sumur, lupa bahwa mereka berada dalam ancaman bencana dan maut. Yang teringat dan tampak hanya orang yang berdiri di depannya. Akhirnya, Siok Lan terisak dan membanting bantingkan kakinya, mulutnya berkata gemetar.
"Kau" !Kau"! Ah, betapa benciku padamu !"
Ya Lee menundukkan mukanya. "Adik Siok Lan kau maafkanlah aku" hanya bila terpaksa aku telah ". telah membodohimu seolah olah mempermainkanmu"."
Makin marah tampaknya gadis itu. Kini dua titik air mata meloncat ke atas pipinya yang kemerahan. Ia mengertak gigi dengan gemas lalu melangkah maju, tangan kanannya menyambar,
"Plakk plakk plakk"!!!" Tiga kali pipi Yu Lee ditamparnya dengan keras sehingga ada bekas tapak tangan merah membayang di pipi pamuda itu.
"Kau".! Kau".! Tidak hanya memandang rendah keluargaku, mengingkari janji orang tua, acuh tak acuh karena merasa sebagai seorang berderajat tinggi dan berkepandaian tinggi. Semua itu masih ditambah dengan mempermainkan aku, diam diam menertawakanku, membuat aku seperti seorang badut menggelikan ! Kau ...!.... kau"!"
Siok Lan lalu menutupi muknya dengan kedua tangan dan menangis !
618 Sejenak Yu Lee memandang bengong. Pipinya yang kini masih terasa panas akan tamparan keras tadi, akan tetapi hatinya mencair melihat Siok Lan menangis seperti itu. Gadis yang keras hati ini, yang seperti api, kiranya dapat menangis seperti seorang wanita yang cengeng. Hatinya mencair dan terharu sehingga tak dapat tahan lagi air matanyapun berhamburan turun.
"Lan moi". engkau tidak tahu, engkau telah keliru menduga. Aku sama sekail tidak pernah memandang rendah keluargamu, apalagi mengingkari janji. Aku bersumpah, sebelum bertemu dengan engkau sebelum engkau menceritakan tentang hubungan keluargamu dengan keluargaku aku tidak tahu! Agaknya keluargaku tidak sempat menceritakan hal itu kepadaku keburu taerbasmi habis".!" Yu Lee berhenti dan menyusut air matanya. Kini Siok Lan sudah melepaskan tangannya dan dengan muka basah memandang kepadanya. "Setelah mendengar dari penuturanmu, aku mencari keluargamu, aku menghadap ayah dan kong kongmu kuceriterakan semua.....dan aku minta maaf ... kong kongmu tahu akan semua hal. Lan moi, sungguh aku Yu Lee biarlah dikutuk Thian kalau tadinya mengetahui akan ikatan jodoh itu dan mengabaikan mu. Adapun tentang Aliok .....
tadinya aku tidak sengaja memparmainkanmu"
kita bertemu di kuburan keluargaku, terhadap para musuh aku mengaku pelayan, kau datang membantuku.... kemudian kau menyatakan bencimu terhadap Yu Lee, tentu saja aku terus 619
menyamar sebagai Aliok, karena aku ..... karena aku mencintaimu moi moi."
Berubah pandangan Siok Lan Matanya redup setengah terpejam. Pipinya masih basah dan seperti tadi ketkka ia menampar, kini iapun melangkah maju dan merangkul leher Yu Lee Diusapnya pipi yang masih merah bekas tamparan tadi, kemudian ia menarik leher yang diraihnya itu mencium pipi yang tadi ditamparnya.
"Aliok" kau maafkan aku....... aku pun mencintaimu, Aliok?"
Yu Lee mengeluarkan suara setengah menangis setengah tertawa. Ia memeluk dan mendekap kepala gadis iiu, diangkatnya muka itu dan diciumnya mata yang terpejam, mulur yang masih menahan isak.
"Siok Lan, jangan kau menggodaku terus aku sudah minta ampun". kau adalah Liem Siok Lan dan aku adalah Yu Lee. Engkau tunanganku calon tsteriku.... bagaimana mungkin kau tergila gila kepada Aliok...
?" Siok Lan membuka matanya dan ia bersandar kepada dada yang bidang itu lalu katanya manja,
"Biar aku tunangan Yu Lee sejak kecil, aku tidak mencinta Yu Lee. Buat apa pemuda yang cengeng itu" Biar pendekar besar, akan tetapi Pendekar Cengeng. Aku mencintai Aliok?"
"Lan moi hentikan itu ! Aku bisa cemburu kepada Aliok si pelayan tolol ! Biarpun tolol ia setia dan mencintaiku!"
620 "Sudah, sudah, biar sekarang kuoper kesetiaan dan kecintaan Aliok. Kalau tidak aku akan datangi Aliok dan akan kubunuh dia karena cemburu!"
Siok Lan tersenyum manja dan mereka saling rangkul penuh kemesraan, lupa bahwa mereka masih berada di dasar sumur. Sampai lama mereka terbuai cinta kasih yang meng gelora yang mereka terima seperti bunga di musim kering menerima turunnya hujan pertama. Ketika mendengar bergemanya suara ketawa dari atas sumur barulah mereka terkejut, sadar akan keadaan mereka dan otomatis meraka saling melepaskan pelukan.
"Lan moi, kita harus keluar dari sini !"
"Bagaimana, koko" Bagaimana mungkin"."
"Jangan khawatir. Aku akan menggunakan Sin kong ciang sehingga dapat merayap melalui dinding sumur. Kauikatkan ujung tali ini pada pinggangmu dan kaupun merayap naik kubantu dengan tali ini." Yu Lee memungut tali yang tadi dipotong dari atas dan jatuh ke dasar sumur.
Siok Lan cepat mengikatkan ujung tali pada pinggangnya ia mempunyai kepercayaan sepenuhnya kepada Yu Lee. Bukankah pemuda ini Aliok, pemuda yang amat mencintainya dan amat setia kepadanya dan yang rela membelanya dengan seluruh jiwa raganya" Bukankah pemuda ini juga Yu Lee si Pendekar Cengeng yang memiliki kesaktian hebat"
Yu Lee lalu mengunakan kedua tangan nya yang diisi getaran hawa sakti dari Sin kong ciang 621
untuk mulai merayap naik. Dengan tingkat kepandaiannya biarpun tidak sekuat dan secepat Yu Lee, Siok Lan juga dapat melakukan ilmu merayap seperti itu akan tetapi untuk melakukan hal itu dia akan terlaju banyak membuang tenaga dalam, ia menanti sampai Yu Lee berada agak tinggi sehingga ia dapat menggantung dan merayap naik melalui tali yang akan dipanjatnya.
"Awas"!!" Tiba tiba Yu Lee yang baru merayap setinggi tiga meter itu berseru kaget dan meloncat turun kembali, mengejutkan Siok Lan. Tanpa memberi penjelasan lagi karena tidak sempat lagi, Yu Lee menabrak Siok Lan dan membawa gadis itu tiarap di atas tanah di dasar sumur.
Tiga buah benda yang dilontarkan dari atas terbanting di atas dasar sumur mengeluarkan suara ledakan tiga kali dan....... asap putih mengebul tebal, memenuhi tempat itu.
"Gas racun...! Tahan napas....!" Yu Lee berseru sambil mendekap kepala kekasihnya yang ia lindungi dengan tubuhnya.
Yu Lee dan Siok Lan menahan napas dan terbaring mepet di dinding lubang sumur itu di bagian atas sempit di bagian bawah lebar sehingga dengan mepet di dinding, mereka tidak tampak dari atas dan tidak diserang senjata rahasia Akan tetapi betapapun saktinya, Yu Lee dan terutama Siok Lan hanyalah manusia manusia biasa saja.
Bagaimana mungkin mereka dapat menahan napas sampai berjam jam" Benda yang meledak dan mengandung gas yang dilemparkan dari atas itu adalah buatan Mongol diisi racun pembius yang 622
kuat, yang dibuat oleh Gwat Kong Tosu. Kakek ketua Kim hong pai ini selain lihai ilmu silatnya juga terkenal sebagai ahli racun. Dan kini benda benda itu terus dilempar ke bawah sehingga asap tebal tak pernah mengurang. Akhirnya setelah melindungi Siok Lan yang sudah pingsan lebih dulu, Yu Lee tidak kuat menahan lagi, ia terengah dan asap memasuki paru paru berikut bau harum yang aneh dan pingsanlah Pendekar Cengeng dengan tubuh masih melindungi tubuh kekasihnya.
Siok Lan sadar lebih dahulu dari pada pingsannya. Gadis ini membuka matanya da menggerakkan kaki tangannya akan tetapi kaki tangannya terikat. Ia kini sadar betul dan mendapatkan dirinya tidak berada di dasar sumur lagi, melainkan di dalam pondok rebah di atas sebuah dipan bambu. Di sudut ia melihat Yu Lee rebah pula masih pingsan dan dalam keadaan terikat kaki tangannya pula. Dan di situ penuh dengan murid Kim hong pai, juga tampak Gwat Kong Tosu ketua Kim hong pai duduk di atas kursi.
Siok Lan mengerahkan tenaga, berusaha meronta dan memberontak agar terlepas dari belenggu kaki tangan. Namun sia sia karena ternyata selain dibelenggu juga tubuhnya dalam keadaan tertotok sehingga kaki tangannya menjadi setengah lumpuh, tak dapat ia mengerahkan sin kang. Maka dengan kemarahan meluap ia menoleh ke arah Gwat Kong Tosu yang tertawa melihat ia berusaha meronta tadi, lalu memaki, "Engkau tosu tua bangka keparat ! Siapa menduga bahwa engkau sekarang menjadi seorang jahat yang 623
terkutuk, curang dan pengecut. Kalau kong kong tahu...... ah betapa dia akan heran, kecewa dan marah!"
"Ha ha ha"! cucu Liem Kwat Ek mulutnya sungguh tajam, seperti kakeknya! Juateru mengingat akan ketajaman mulut kakekmu dahulu yang membuat pinto (aku) terlempar keluar dari Kun lun pai, maka hari ini engkau yang membayar, bocah! Engkau dan Pendekar Cengeng kekasihmu, ha ha ha?"
Tiba tiba kedua pipi Siok Lan menjadi merah sekali teringat akan keadaannya dengan Yu Lee yang tadi saling menumpahkan kasih sayang dan agaknya kakek keparat ini mengetahuinya, maka kini ia diam saja tidak mau bicara lagi.
Gwat Kong Tosu lalu mengeluarkan dua batang jarum yang berwarna hijau. Sambil tersenyum ia berkata lagi kepada Siok Lan yang membuang muka tidak mau memandang nya. "He he he, nona muda! Kini hanya ada dua jalan bagi kalian.
Pertama, menaluk dan tunduk kepada pemerintah Goan sehingga selain memperoleh kebebasan, juga tentu akan diberi kedudukan yang sesuai dengan kepandaian kalian. Terutama Pendekar Cenceng.
Jalan kedua adalah jalan maut jika kalian menolak karena andaikata kalian dapat membebaskan diri sekalipun, kalian tidak mampu menyelamatkan nyawa dari jarum jarumku ini Ha ha Ha !"
Mau tidak mau Siok Lan menoleh ke arah dipan bambu di mana Pendekar Cengeng menggeletak pingsan ketika ia mendengar kakek itu melangkah meaghampiri tunangannya. Matanya terbelalak dan 624
mukanya menjadi pucat sekali ketika melihat betapa Gwat Kong Tosu menusukkan jarum ke arah punggung Yu Lee yang masih pingsan.
"Kau tua bangka iblis pengecut ! Kalau berani lepaskan belenggu dan mari kita bertanding sampai mampus !" Siok Lan meronta ronta lagi dan memaki maki akan tetapi tentu saja semua itu sia sia belaka karena rontaannya itu hanya menghasilkan sedikit gerak pada kaki tangannya.
Kemudian sambil tersenyum lebar Gwa Kong Tosu menghampiri, dengan tangan kiri mendorong tubuhnya miring dan tiba tiba Siok Lan merasa punggungnya sakit dan panas ketika kakek itu menusukkan jarum kedua ke punggung gadis ini.
Jarum itu ditusukkan sampai dalam sehingga ujungnya rata dengan kulit punggung ! Pada saat Siok Lan menggigit bibir menahan rasa nyeri ini terdengar Yu Lee mengerang perlahan dan kini pemuda itupun sudah siuman dari pingsannya.
Tiba tiba suara Yu Lee terhenti dan pemuda itu sudah tahu akan keadaan dirinya dan kini memandang ke arah Gwat Kong Tosu dengan mata tajam. Terdengar suara Yu Lee penuh ketenangan.
"Gwat Kong Totiang, sebagai ketua Kim hong pai tentu totiang tidak melakukan sesuatu hal dengan sembrono dan selalu ada maksud dan dasarnya yang kuat. Totiang menawan nona Liem Siok Lan kemudian menjebak aku menggunakan gas beracun, kemudian kalau aku tidak salah, menusukkan jarum racun ngo tok ciam ke punggungku. Apakah artinya semua ini?"
625 Ada sinar kagum terbayang di wujah tosu itu.
Pemuda ini benar benar hebat, pikirnya begitu siuman dari pingsan telah mengetahui segalanya dan sikap serta kata katanya demikian tenang seperti seorang tokoh yang sudah berpengalaman puluhan tahun saja. Benar benar merupakan tenaga yang hebat kalau mau disuruh mengabdi kepada pemerintah Goan.
"Ah, Yu taihiap benar benar mengagumkan.
Setelah mengenal ngo tok ciam (jarum lima racun) yang lihai tentu maklum bahwa selain dari pinto, tidak ada obat penawarnya terhadap racun itu.
Sedangkan untuk menyedotnya, tak mungkin dilakukan dengan mulut karena hal ini akan menewaskan si penyedotnya. Jelas bahwa nyawa kalian berdua berada di tangan pinto dan kalian tidak perlu dibelenggu lagi. Ha ha ha !" Gwat Kong Tosu melangkah maju, menggerakkan tangan beberapa kali ke arah belenggu kaki tangan Yu Lee yang segera terbebas. Demikian pula kakek ini membebaskan Siok Lan dari pada belenggu dan totokan.
Siok Lan menjadi beringas. Begitu kaki tangarmya bebs ia meloncat turun dan menerjang ke arah Gwat Kong Tosu.
"Lan moi, jangan". !"
Siok Lan terguling roboh tanpa disentuh Gwat Kong Tosu dan cepat cepat Yu Lee menghampiri dan mengangkatnya bangun. Wajah Siok Lan pucat. Tadi ketika ia meanerjang maju. Ia mengerahkan lweekang dari pusar naik ka atas, akan tetapi tiba tiba ketika hawa lewat di 626
punggung, punggungnya itu seperti dibakar membuat seluruh tubuhnya lemas dan ia terguling.
Kini Yu Lee yang memegang pundaknya berkata halus dan perlahan, "Lan moi kita berada dalam cengkeraman racun hebat, jangan kau mengerahkan tenaga. Tenang dan bersabarlah kurasa Gwat Kong Totiang tidak mempunyai niat jahak terhadap kita."
"Tidak punya niat buruk apa" Monyet tua bangka hina dan tak tahu malu ini. Dia hendak memaksa kita menjadi kaki tangan penjajah, si keparat !"
Gwat Kong Tosu tetap tenang dan tersenyum, sama sekali tidak memperdulikan kemarahan Siok Lan yang memaki makinya ia menghadapi Yu Lee dan berkata. "Yu taihiap seorang yang berpandangan luas. Naik turunnya kerajaan dan kaisar adalah urusan yang sudah ditentukan Tuhan. Manusia mana mampu mencegah kehendak Tuhan" Sudah ditakdirkan bahwa pemerintah Goan timbul, maka sudah menjadi kewajiban kita orang orang gagah untuk mendukung kehendak Tuhan ini dan membantu pemerintah baru mengatur ketenangan dan tenteraman. Ouw ciangkun adalah seorang demikian gagah perkasa, namun beliau dapat melihat kenyataan dan"."
"Cukup, lotiang Dalam hal ini, kita berbeda pendapat dan akan sia sia belaka kalau totiang hendak membujuk kami. Kami tetap tidak rela menyaksikan negara dan bangsa dijajah bangsa Mongol, dan andaikata kami tidak berdaya 627
menentang sekalipun, di dalam hati kami tetap akan menentang. Kurasa semua orang gagah berpendapat demikian dan hanya menanti saat dan kesempatan untuk mengusir penjajah dari tanah air."


Pendekar Cengeng Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Wah, kau keras kepala dan sombong seperti kakekmu Yu Tiang Sin. Yu Lee, apakah kau belum sadar bahwa nyawamu berada di telapak tanganku" Tidak akan sayangkah engkau yang masih muda ini mati secara konyol dan sia sia"
Dan tunanganmu ini" Bukankah kau
mencintainya" Relakah kau melihat tunanganmu yang kau cinta ini mati konyoi pula ?"
Yu Lee tersenyum sambil memandang
kekasihnya, "Totiang, engkau agaknya tidak dapat menyelami jiwa orang orang gagah sejati, juga tidak pernah tahu agaknya akan isi hati dua orang yang saling mencinta! Ketahuilah betapa besar bahayanya, namun seorang gagah lebih baik mati daripada mengkhianati tanah air dan bangsanya sendiri dan dua orang yang saling mencinta dengan murni lebih rela melihat kekasihnya tewas sebagai seorang patriot dari pada hidup makmur sebagai seorang pengkhianat. Sadarlah bahwa kami berdua mati demi tanah air kami, totiang."
Siok Lan girang dan bangga sekali kepada kekasihnya. Sungguh cocok dengan isi hatinya.
Maka ia memandang Yu Lee dengan sinai mata penuh cinta kasih mesra, bibirnya tersenyum matanya membasah ia rela seribu kali mati bersama kekasihnya yang hebat ini !
628 Gwat Kong Toeu menjadi marah. Ia merasa mukanya seperti ditampar. Teringat ia akan semua pengalamannya dahulu. Dahulu ketika ia menjadi murid Kun lun pai, ia melakukan pelanggaran, yaitu ia melakukan hubungan jina dengan seorang wanita yang tinggal di lereng, wanita yang sudah menjadi isteri seorang petani. Ketika si petani, suami wanita itu, mempergoki perbuatan mereka, dalam keadaan tertangkap basah dan gugup ia memukul dada petani itu sehingga si petani menderita luka dalam. Kemudian si petani bertemu dengan Liem Kwat Ek yang merupakan seorang murid Kun lun pai yang gagah, melaporkan perbuatannya itu kepada pimpinan Kun lun pai sehingga ia lalu ditendang keluar dari Kun lun pai dengan tidak hormat ia mendendam sakit hati dan perasaan akan tetapi hal ini ditahan dan disembunyikan pada hatilnya, ia seolah olah menyesali kedosaannya, bersikap haik terhadap Kun lun pai maupun terhadap Liem Kwat Ek.
Bahkan ketika terjadi pergolakan ia ikut pula menentang gelombang orang Mongol dan membawa semua muridnya untuk melakukan perlawanan bersama para pejuang lainnya. Akan tetapi setelah melihat betapa kekuasaan Mongol makin kuat, ia lalu "membalik". Dahulu ia dihina Liem Kwat Ek, sekarang kembali ia merasa dihina oleh cucu musuh besarnya itu bersama tunangannya.
"Seret mereka keluar! Ikat pada tonggak di tengah lapangan! Biarkan mereka kepanasan dan kehausan. Kalau masih berkepala batu, kita seret ke kota raja sebagai tawanan !" katanya lalu melangkah keluar dan pondok dengan muka 629
sebentar pucat sebentar merah. Para murid Kim hong pai yang kini kesemuanya telah menjadi kaki tangan pemerintah Mongol, lalu menangkap Yu Lee dan Siok Lan yang tidak berani melakukan perlawanan. Dua orang muda ini lalu diikat pada tonggak yang berdiri di sebuah lapangan luas yang pohon pohonnya telah ditebang semua. Tempat itu terbuka dan matahari dapat menimpa tempat itu sepenuhnya, Yu Lee dan Siok Lau diikat pada tonggak yang membelakangi Hati mereka girang karena dengan demikian jari jari tangan mereka dapat saling sentuh dan selama mereka itu berdekatan, hati mereka besar. Kemudian mereka ditinggalkan serta diawasi dari jauh. Anak buah Kim hong pai maklum akan kehebatan racun ngo tok ciam. Sekali memasuki tubuh lawan, hanya guru mereka saja yang mampu
menyelamatkannya. Andaikata dua orang itu terbebas sekalipun dari mereka, tetap saja keduanya takkan terbebas dari maut.
"Koko .... benarkah kita tidak ada harapan untuk hidup lagi?"
Yu Lee yang pada lahirnya tetap tenang itu, menekan perasaannya ia terharu dan merasa kasihan kepada kekasihnya. Masih begitu muda, begitu cantik jelita dan sekali ini agaknya memang tiada harapan lagi. "Jangan hilang harapan selama kita masih hidup, Lan moi. Memang racun ngo tok ciam hebat sekali. Akan tetapi, belum tentu tidak dapat disembuhkan. Kau tenang saja, biarpun kita tidak boleh mengerahkan lweekang, agaknya dengan tenaga luar aku dapat melepaskan belenggu tangan kita. Akan tetapi, mereka tentu 630
mengintai dan menjaga, maka kita tunggu sampai malam nanti."
Sehari itu penderitaan kedua orang muda ini amat hebat. Panas amat teriknya dan sejak mereka terjerumus ke dalam sumur malam tadi, mereka merasa amat lelah, lapar dan haus. Kelelahan dan kelaparan masih dapat mereka tahan akan tetapi rasa haus benar benar amat menyiksa. Leher terasa kering mencekik, mulut kering dan napas mereka serak, melihat penderitaan kekasihnya. Yu Lee menjadi kasihan sekali. Biarpun Siok Lan tidak pernah mengeluh dan tidak pernah nenyatakan rasa hausnya yang dapat membuat orang menjadi gila, namun Yu Lee maklum bahwa tentu gadis itu tidak beda dengan keadaannya, dicekik dan disiksa oleh rasa haus.
"Lan moi".."
"Hemmm"." Suara Siok Lan lemah dan hanya berbisik.
"Engkau lelah dan lapar....?"
"Tidak, koko. Hanya". haus setengah mati !"
Dalam mengucapkan kata kata ini, terdengar kemarahan gadis itu, marah kepada musuh musuhnya yang membuatnya sengsara.
"Memang akupun haus. Akan tetapi kita harus bersabar, moi moi. Eh, baru kemarin aku mendapatkan sebuah tomat yang masaknya bukan main karena lapar ku makan buah itu. Wah, seluruh urat dalam mulutku sampai kaku karena masamnya. Tahukah engkau buah yang lebih masam dari pada buah tomat yang ini ?"
631 Siok Lan mengingat ingat segala buah masam yang dikenalnya. Kemudian ia menyebutkan beberapa macam buah dan akhirnya mengomel,
"Koko, bagaimana sih engkau ini! Dalam keadaan begini masih membicarakan" heee, mendadak mulutku menjadi basah mengingat buah buah masam itu...!" Siok Lan meegecap ngecap mulutnya dan menelan ludah sendiri sehingga kerongkongannya tidak sekering tadi. Kini mengertilah ia akan akal tunangannya itu. Dengan mengingat buah maasam timbul air liur yang membasahi mulut dan biarpun hal ini bukan merupakan pertolongan besar, namun sedikitnya mencegah mulut dan kerongkongan menjadi kering.
Setelah hari berganti senja, Gwat Kong Tosu datang membawa secawan besar air jernih. Sambil memegangi cawan itu ia berkata, "Bagaimana, apakah kalian masih juga berkeras kepala ?"
"Totiang, engkau seorang tosu yang menyeleweng daripada kebenaran. Sudah bulat keputusan kami, lebih baik mati sebagai seorang gagah dari pada hidup seperti engkau, seorang pengkhianat pengecut!" kata Yu Lee.
"Tosu bau yang terkutuk ! Biar berpakaian begitu namun lebih jahat dari pada iblis, lebih keji dan hina diripida semua penjahat yang paling hina
!" Siok Lan yaog lebih pandai memaki itu menyambung.
Gwat Kong Tosu tertawa dan minum air dari cawan sampai air itu tertumpah. Siok Lan dan Yu Lee yang menoleh ke arah tosu itu mau tidak mau 632
menelan ludah yang tidak ada lagi, akan tetapi kekerasan hati mereka dapat mengatasi keinginan ini dan mereka membuang muka.
"Baik, kalian memang lebih suka sengsara !"
gerutu kakek itu lalu memerintahkan anak muridnya, "Jaga mereka baik baik, biarkan malam ini mereka menderita terus, besok baru kita seret mereka ke kota raja. Dan bagaimana yang mencari Pui Tiong dan Can Bwee?"
"Sudah teecu cari ke mana mana tidak ada suhu."
"Goblok, hayo cari lagi. Bukankah tadipun mereka ikut berjaga jaga?"
Kembaii Siok Lan dan Yu Lee ditinggal dan dijaga dari jauh. Setelah malam tiba, Yu Lee berbisik. "Moi moi akan kulepaskan ikatan ini.
Kalau sudah bebas, biar aku melarikan diri ke selatan, memancang mereka mengejarku agar engkau dapat melarikan diri, sebaliknya engkau lari ke barat, memasuki hutan yang lebih lebat"."
"Tidak ! Aku tidak mau berpisah dari sampingmu, toto. Kita berdua sudah keracunan, tinggal menanti mati. Kalau matipun, aku ingin bersamamu"
"Moi moi"." Yu Lee terharu dan terisak.
"Ihhh....! Engkau tidak boleh lagi meruntuhkan air mata, koko. Kalau tetap begitu, aku selamanya tidak akan mencinta Yu Lee, melainkan lebih mencinta Aliok. Aku tidak suka melihat.... eh, kekasihku cengeng !"
633 Mau tak mau Yu Lee tersenyum. Dengan Siok Lan disampingnya, dunia ini akan selalu merupakan sebuah tempat yang menyenangkan dan menggembirakan sehingga iapun tidak akan mendapat kesempatan untuk menangis lagi. Iapun maklum akan kekerasan hati Siok Lan, dibujuk dipaksa pun akan percuma.
"Baiklah kita lari bersama mudah mudahan dapat melarikan diri dalam gelap. Jika Thian menghendaki kita akan berhasil."
Yu Lee lalu mulai berusaha mematahkan ikatan. Biarpun ia tidak berani mengerahkan sinkangnya karena hal ini berarti akan membuat racun di punggungnya mengamuk, namun tubuh pemuda ini tergembleng sejak kecil sehingga dia memiliki otot yang kuat. Setelah berusaha beberapa lama, akhirnya jari jari tangannya berhasil merenggut lepas ikatan tangannya. Ia masih membelakangi Siok Lan ketika ia mulai berusaha membebaskan kekasihnya. Ia melakukan hal ini secara diam diam tidak berani merobah kedudukan karena tahu bahwa mereka diawasi orang orang Kim hong pai dari jauh. Setelah bebas, keduanya berdiri diam beberapa lama untuk membiarkan jalan darah di pergelangan tangan pulih kembali. !
"Sekarang.....!" bisik Yu Lee dan sambil menggandeng tangan kekasihnya, pemuda ini lalu mengajak Siok Lan lari dari situ. Keduanya tidak berani mempergunakan ginkang karena hal ini pun akan mencelakakan mereka, maka mereka hanya lari dengan menggunakan otot otot kaki saja.
634 "Heii, mau lari ke mana".?"
Dua orang muda itu lari ke arah selatan dan muncullah empat orang murid Kim hong pai yang menjaga di selatan. Yang lain lain juga melihat kedua orang itu lari, akan tetapi karena mereka semua sudah maklum akan akibat racun ngo tok ciam, mereka memandang rendah dua orang muda itu yang tidak mungkin lagi mempergunakan tenaga dalam mereka. Inilah yang menyebabkan mereka menjaga di tempat masing masing dan menyerahkan kepada empat orang saudara mereka yang menjaga di selatan untuk menangkap kembali dua orang tawanan itu.
Andaikata Yu Lee dapat bergerak dan mempergunakan hawa sakti tubuhnya seperti biasa, jangankan hanya empat orang murid Kim hong pai, biar ada empat puluh orang sekalipun tentu dapat ia atasi dengan mudah. Bahkan Siok Lan sendiri saja akan dapat mengalahkan empat orang ini dengan mudah. Akan tetapi mereka kini terpaksa hanya mengandalkan tenaga kasar tangan kaki mereka, bahkan kegesitan mereka, banyak berkurang karena tidak dapat menggunakan ginkang. Mereka bergerak dan empat orang itu roboh, akan tetapi dapat cepat meloncat bangkit kembali dan menyerang kalang kabut mengeroyok dan menubruk dari kanan kiri.
Yu Lee mempergunakan ilmu silatnya, mengelak dan membalas, akan tetapi pukulan tenaga kasar tidak mempengaruhi empat orang anak buah Kim hong pai yang sudah terlatih itu. Siok Lan marah dan menerjang maju, dalam hatinya hendak sekali serang menewaskan empat orang lawan lunak itu.
635 Saking marahnya ia terlupa dan dalam penyerangannya ini ia mengerahkan lweekangnya.
"Desss dessss".!" Dua orang pengeroyok roboh dengan kepala pecah terkena pukulan tangan Siok Lan, akan tetapi gadis itu menjerit dan roboh, muntah darah!
Yu Lee terkejut sekali, cepat berjongkok hendak menolong kekasihnya. Saat itu dipergunakan oleh dua orang murid Kim hong pai yang lain untuk menerjangnya, membuat Yu Lee terguling guling dan luka di punggung nya menghebat. Pemuda inipun pingsan di samping Siok Lan.
Pada saat itu, berkelebat bayangan putih dan terdengar teriakan ngeri dua orang Kim hong pai tadi yang roboh tak bergerak lagi, mati seperti dua orang temannya yang terbunuh oleh Siok Lan.
bayangan putih ini bukan lain adalah Dewi Suling yang cepat menyambar tubuh Yu Lee dan Siok Lan, lalu meloncat dan menghilang di dalam gelap.
"Kejar". ! Tangkap".!"
Gegerlah orang orang Kim hong pai. Obor obor dinyalakan dan mereka ini dipimpin oleh Gwat Kong Tosu yang marah marah lalu melakukan pengejaran. Akan tetapi gerakan Dewi Suling cepat sekali. Wanita sakti itu sudah lenyap dan para anggauta Kim hong pai lalu mencari cari diseluruh hutan. Jauh dipinggir hutan diantara para pencari ini menemukan mayat dua orang saudara mereka yang merupakan murid murid terpandai dari Gwat Kong Tosu yaitu Pui Tiong dan Can Bwee !
636 Apakah yang telah terjadi" Siapa pembunuh Pui Tiong dan Can Bwee, dua orang murid pilihan Kim hong pai yang telah berhasil menjebak Siok Lan dan Yu Lee" Dan mengapa pula Dewi Suling yang tadinya mengajar Siok Lan dpat muncul tiba tiba di malam hari itu"
Pembunuh kedua orang murid Kim hong pai itu bukan lain adalah Dewi Suling. Seperti telah kita ketahui Dewi Suling membantu Thian te Sin kiam pergi mengejar dan mencari Siok Lan yang melarikan diri. Karena jarak diantara mereka amat jauh Dewi suling tidak tahu ke mana perginya Siok Lan dan ia mencari cari sampai menyeleweng jauh.
Ia melampaui hutan di mana Siok Lan ditawan, kemudian setelah amat jauh tersesat, ia kembali lagi dan sore hari itu di pinggir hutan ia melihat berkelebatnya dua orang manusia. Ia cepat menyelinap dan mengintai, kemudian berindap menghampiri ketika mendengar suara pria dan wanita bersenda gurau dan ketawa cekikikan.
Kiranya dua bayangan itu adalah Pui Tiong dan Can Bwee. Dua orang muda yang masih saudara seperguruan ini kiranya mempunyai hubungan cinta secara rahasia. Kini di tempat yang mereka anggap sunyi tidak ada manusia lain itu, mereka dapat menumpahkan cinta kasih mereka dengan bebas. Mereka bersembunyi di balik rumpun bunga, bercakap cakap dan becumbu mesra. Tentu orang akan merasa heran sekali kalau melihat betapa di tempat umum kedua orang ini saling menghormat dan seolah olah tidak ada hubungan apa apa di antara mereka. Pui Tiong sebagai sute 637
yang baik dan Can Bwee sebagai suci yang pendiam.
Namun Dewi Suling tidak heran, hanya marah bukan main ketika mendengar percakapan mereka karena mereka membicarakan Siok Lan dan Yu Lee.
"Kau gila! Kaukira aku tertarik kepada Sian li Eng cu" Huh, biar dia cantik dia amat galak dan dibandingkan dengan engkau, kekasihku bagaikan bumi dan langit. Sepatutnya engkau yang tertarik kepada Pendekar Cengeng"." kata Pui Tiong sambil mencium bibir Can Bwee.
Sejenak mereka tenggelam dalam kemesraan, kemudian Can Bwee melepaskan diri dan mencubit dagu Pui Tiong sambil berkata cemberut. "Cih kau cemburu" Kalau aku tertarik kepada segala laki laki, masa aku masih sudi melayanimu" Kau tahu betapa besar cintaku kepadamu, betapa setiaku
".." Kembali mereka berpelukan.
Dewi Suling menanti dengan sabar. Ia ingin mendengar tentang Siok Lan yang dicari cari nya dan tentang Yu Lee yang juga sudah mengejar dan agaknya pendekar itu lebih beruntung, lebih dulu bertemu dengan Siok Lan.
"Hi hik, gadis cantik itu tidak cantik lagi sekarang. Kulihat tadi betapa dia kehausan.
Kenapa suhu tidak membunuh saja Siok Lan dan Pendekar Cengeng" Mengapa mesti menanti nanti lagi?"
"Ihhh, kenapa kau begini bodoh,....?"
638 Can Bwee mencubitnya "Kurang ajar, aku ini kakak seperguruanmu, tahu" Kau berani memaki bodoh?"
Pui Tiong cepat cepat berlutut, "Ampun kan aku, suciku yang manis".."
"Cih" ceriwis kau" !" Kembali mereka bercumbuan sehingga hampir saja Dewi Suling kehabisan kesabarannya.
"Suhu mengharapkan mereka. Terutama Pendekar Cengeng suka takluk dan membantu pemerintah. Kalau suhu berhasil, bukan kecil jasa Kim hong pai terhadap pemerintah."
"Ah mana mungkin! Dia keras kepala apa lagi gadis galak itu. Orang orang macam mereka lebih baik lekas dibunuh, karena kalau sampai terlepas dapat menimbulkan kekacauan,"
"Mana mungkin terlepas?" Pui Tiong membantah "Kau mengerti sendiri, orang yang sudah terkena ngo tok ciam, apalagi di tusukkan pada jalan darah di punggung seperti mereka itu tentu akan mati kalau tidak ditolong oleh suhu sendiri. Mereka itu terpaksa harus menakluk kalau tidak mau mati. Andaiakata dapat lolos juga tentu mati. Siapa orangnya mau menolong" Ngo tok ciam itu hanya dapat dicabut dengan mulut dan menggunakan khikang dan sinkang juga racunnya dapat disedot keluar dengan pengerahkan sin kang yang tinggi. Akan tetapi penyedotnya tentu akan mati dan siapa mau mengobati mereka secara begitu" Kecuali hanya suhu yang tahu cara mengobatinya, sedangkan kita sendiri saja tidak 639
diberi tahu akan rahasia penyembuhan Ngo tok ciam itu,"
Sudah cukup bagi Dewi Suling percakapan itu.
Ia tahu bahwa Siok Lan dari Yu Lee tertawan musuh dan telah terluka hebat, berada di ambang pintu kematian. Marahlah Dewi Suling. Terdengar suara melengking ketika ia meloncat ke balik semak semak rumpun kembang itu disusul jeritan mengerikan dari kedua orang muda yang sedang bermain cinta, berkasih kasihan dengan mesra itu tak dapat menghindarkan diri dari pada serangan maut Dewi Suling!
Dewi Suling lalu memasuki hutan itu dan mencari cari. Akhirnya ia melihat betapa Yu Lee dan Siok Lan berusaha melarikan diri dan dikeroyok empat orang anak murid Kim hong pai.
Ia terheran heran menyaksikan kelemahan dua orang itu, padahal ia tahu bahwa orang orang Kim hong pai itu tidak dapat dianggap lihai. Melihat betapa Siok Lan yang menyerang dengan pengerahan sinkang lalu roboh sendiri muntah darah. Mengertilah Dewi Suling bahwa dua orang itu telah keracunan hebat sehingga tidak boleh mengerahkan sinkang dan mengertilah ia mengapa dua orang itu kelihatan begitu lemah. Maka ia cepat turun tangan membunuh dua orang Kim hong pai dan menyambar tubuh kedua orang itu yang dikempitnya dengan kedua lengan lalu ia meloncat dan melarikan diri dengan cepat.
Dewi Suling maklum bahwa keadaan dua orang itu amat berbahaya, sungguhpun ia belum tahu pasti apa sebabnya dan mengapa mereda 640
keracunan karena ia belum mendapat waktu dan kesempatan untuk memeriksa, ia harus lebih dahulu menyelamatkan diri mereka dari pengejaran orang orang Kim hong pai yang ia tahu diketuai oleh Gwat Kong Tosu yang cukup lihai.
Maka ia lari terus semalam itu tak pernah berhenti, keluar masuk hutan dan naik turun gunung. Setelah malam berganti pagi dan matahari telah bersinar, ia tiba di dalam sebuah hutan yang liar. Barulah ia berhenti menurunkan dua orang itu dari kempitannya dan merebahkan mereka di atas tanah berumput. Dan mulailah ia memeriksa mereka yang masih pingsan, ketika ia menemukan jarum yang menancap di punggung dan melihat betapa kulit dan daging sekitar luka itu hitam kehijauan, ia terkejut sekali.
Dewi Suling juga tahu akan racun karena gurunya, Hek siauw Kui bo adalah seorang ahli racun pula, dan iapun ahli menggunakan jarum jarum beracun. Akan tetapi baru sekarang ia menyaksikan akibat racun yang begini hebat.
Mukanya menjadi pucat ketika ia teringat akan cerita gurunya akan hebatnya lima racun ngo tok yang dicampur tehineca menjadi adonan racun yang amat jahat. Untuk menyedot racun ngo tok ini, hanyalah dapat dilalukan dengan pertolongan batu pek seng (bintang putih). Kalau disedot dengan mulut mempergunakan sin kang, akan berhasil juga akan tetapi selain harus mengerahkan sinkang yang amat kuat, juga racun itu sedemikian bebatnya sehingga kalau memasuki mulut si penyedot, tentu ia akan mati !
641 Sejenak Dewi Suling memandang wajah Yu Lee yang masih rebah pingsan. Wajah yang semenjak ia kembali ke jalan benar, selalu menjadi kembang mimpi, selalu terkenang dan teringat. Wajah orang yang amat dikasihinya, ia melihat betapa wajah Yu Lee yang pingsan itu tenang seperti orang sudah mati. Tak tertahankan lagi ia menubruk pundak dan terisak, menciumi muka pemuda itu.
Kemudian keharuan hatina rela dan ia menoleh kearah Siok Lan. Gadis yang masih remaja, segar dan bersih. Sungguh tepat menjadi isteri Yu Lee, pikirnya. Tidak, ia tidak cemburu, tidak iri hati.
Dia memang sama sekali tidak patut bersanding dengan Yu Lee. Teringat ia akan semua perbuatannya di masa muda, jantungnya terasa hendak putus. Dia dahulu jahat, jahat sekali. Dia telah kotor, tak mungkin dicuci bersih sehingga patut menjadi sisihan Yu Lee. Biar di cuci dengan perbuatan perbuatan baik sekalipun! Ia harus mempertanggung jawabkan segala perbuatannya di depan Thian! Dan Yu Lee akan sengsara hidupnya kalau kehilangan Siok Lan.
Makin dipikir, makin nelangsa hatinya dan tanpa ragu ragu lagi, bahkan agak beringas seperti laku orang nekad, ia lalu membungkuk, merobek baju Siok Lan yang ia miringkan tubuhnya, kemudian menempelkan mulutnya pada luka di punggung Siok Lan. Ia menahan napas, mengerahkan khikang dan menyalurkan sinkang menyedot luka itu sampai mulutnya terasa beku.
Cepat ia meludahkan darah biasa yang mengandung racun itu, kemudian menyedot lagi.
642 Tiga kali ia menyedot sampai akhirnya darah yang disedotnya adalah darah merah yang segar.
Pening kepala Dewi Suling. Pandangan matanya berkunang, mulutnya kaku tak dapat di gerakkan.
Lidahnya mengembung hampir memenuhi mulut.
Mukanya berubah agak kehijauan. Ia cepat meninggalkan tubuh Siok Lan yang ia tahu telah terbebas daripada cengkeraman maut, lalu ia bersila bersemadi mengatur napas, nrrenyedot sebanyaknya hawa segar dan berusaha menentang racun yang mulai menguasainya. Setelah kepalanya tidak begitu pening lagi dan ia telah dapat memulihkan tenaganya ia lalu menghampiri tubuh Yu Lee yang masih rebah terlentang. Ia mendorong miring tubuh laki laki yang dicintainya ini, dibuka bajunya dan dikecupnya luka itu, seperti tadi ia menggigit jarum mencabutnya keluar. Alangkah kagetnya ke'ika ia mendapat kenyataan bahwa luka di punggung Yu Lee lebih berat dari pada luka di punggung Siok Lan.
Agaknya ketua Kim hong pai yang tahu bahwa pemuda ini amat lihai, menusukkan jarum yang lebih banyak racunnya di punggung pemuda ini.
Dewi Suling mengerahkan tenaganya menyedot.
Baru setelah tujuh kali menyedot racun itu habis dan ia menyedot darah segar
"Ahh"." Yu Lee mengeluh membuka mata dan bangkit duduk. Begitu melihat Dewi Suling duduk di dekatnya dan muka wanita ini kehitaman, mulutnya membengkak ia kaget sekali dan tahulah ia akan apa yang telah dilalukan telah dilakukan wanita ini. Ia melirik ke arah Siok Lan. Gadis itu 643
sudah sembuh pula mukanya tidak
membayangkan keracunan, napas nya teratur, dan dalam tidur pulas
"Kau".?"
Dewi Suling yang duduk bersila meramkau mata dan bangkit duduk, Yu Lee bergidik. Mata itupun bersinar kehitaman, penuh hawa racun!
Dewi Suling menggoyang kepala berkata lemah suaranya pelo karena lidahnya membengkak.
"Himpun tenagamu.... bersamadhi ". lekas"."
Yu Lee maklum bahwa keadaannyapun sudah selamat dan pada cengkeraman bahaya akan tetapi ia masih lemah iapun maklum dengan sekali pandang saja bahwa tidak ada kekuataan manusia di dunia ini yang dapat menolong Dewi Suling yang seolah.olah telah mengoper semua hawa beracun dari tubuh dia dan Siok Lan. Bukan main terharu hatinya, akan tetapi ia tidak mau menyia nyiakan pengorbankan Dewi Suling, ia lalu berisila dan duduk bersamadhi untuk memulihkan tenaga.
Akan tetapi betapa sukarnya sekali ini mengheningkan cipta. Air mata mengalir dari kedua pipinya, membasahi kedua pipinya.
Perbuatan dan pengorbanan Dewi Suling selalu teringat dan terbayang, ia membuka matanya kembali lalu merangkul wanita itu, teringat akan cinta kasih yang demikian besar ia mencium dahi Dewi Suilng.
Dewi Suling membuka mata dan meneteslah beberapa air matanya, mulut yang bengkak itu mencoba tersenyum, lalu menggeleng kepala lagi, minta dengan pandangan matanya agar Yu Lee 644
bersamadhi. Pemuda itu setelah mencium dahi dengan penuh perasaan sukur, terbaru dan berterima kasih, lalu duduk bersamadhl dan kali ini ia berhasil.
Siok Lan mengeluh perlahan, membuka mata dan pertama tama yang dilihatnya adalah Dewi Suling yang bermuka kehitaman dan bermulut bengkak, duduk bersila tak jauh dari situ. Ia terkejut sekali, dan segera menoleh ke arah kiri di mana ia lihat Yu Lee juga duduk bersamadhi.
Wajah kekasihnya itu terang dan tenang, jelas telah bersih dari pada hawa racun ia menengok keadaannya sendiri, melihat bajunya yang robek, cepat cepat dibenarkan, lalu meraba punggung dan tahulah ia bahwa, iapun telah sembuh, terbebas dari pada racun! Ia mencoba pernapasannya, menahan napas mengerahkan sinkang. Ia benar benar telah sembuh! Rasa girang menyelubungi hatinya akan tetapi begitu ia memandang kembali kepada Dewi Suling, wajahnya menjadi pucat.
Mengertilah Siok Lao, tentu Dewi Suling telah menolong dia dan Yu Lee, menolng dengan jalan menyedot racun dari luka luka mereka. Dewi Suling menolong mereka dan mengorbankan dirinya, ia bergidik. Wajah Dewi Suling yang semula cantik manis itu kini jadi mengerikan, seperti wajah iblis sendiri! Karena tahu bahwa dua orang itu bersamadhi, Siok Lan pun lalu bersila dan meramkan mata mengatur pernapasan memulihkan tenaga.
Belum lama mereka bersamadhi, terdengar suara banyak orang dan tahu tahu Gwat Kong Tosu bersama dua puluh orang anak muridnya 645
telah mengurung tempat itu! Tosu ini begitu melihat keadaan tiga orang duduk bersila, maklum bahwa racunnya telah dipunahkan oleh wanita yang kini keracunan hebat.
"Dia Dewi Suling"..!" kata seorang di antara anak buahnya.
Marahlah Gwat Kong Tosu "Tangkap".!"
Akan tetapi tiba tiba wanita bermuka iblis itu meloncat ke atas, terdengar suara melengking hebat dan belasan batang jarum berhamburan menyerang kepada mereka yang mengurung, empat orang anak murid Kim hong pai menjerit dan roboh tak dapat bangkit kembali. Gwat Kong Tosu setelah menyampok jarum jarum dengan ujung lengan bajunya, mencabut pedang dan menerjang Dewi Suling. Murid muridnya membantu dan dikeroyoklah Dewi Suling.
Akan tetapi Dewi Suling yang mukanya berubah seperti setan itu berkelahi dengan kenekatan luar biasa, kenekatan orang yang tahu bahwa ia akan mati. Dalam beberapa gebrakan saja, tiga orang anak murid Kim hong pai lainnya terguling oleh hantaman dan totokan sulingnya. Akan tetapi Dewi Suling pundak nya tergores ujung pedang Gwat Kong Tosu.
Yu Lee dan Siok Lan juga sudah meloncat bangun, akan tetapi mereka itu masih lemah sekali, masih belum dapat mempergunakan kekuatan dalam. Kini mereka dikurung dan di keroyok sehingga Yu Lee dan Siok Lan tidak dapat membantu Dewi Suling seperti yang mereka kehendaki.
646 Dewi Suling mengamuk makin hebat, akan tetapi kini kepalanya pening sekali, kedua kakinya gemetaran dan berkali kali ia terkena pedang Gwat Kong Tosu dan murid muridnya. Seluruh pakaiannya robek robek berikut kulitnya dan tubuhnya sudah penuh luka akan tetapi ia masih terus mengamuk dan bunyi melengking itu makin lama makin jarang. Akhirnya Dewi Suling terhuyung huyung, tubuhnya basah semua oleh darah, suling masih terpegang di tangannya, pakaiannya yang putih kini menjadl merah. Ia terhuyung ke belakang, didesak Gwat Kong Tosu.
Pada saat itu, terdengar bentakan keras, "Gwat Kong, kau benar benar telah menyeleweng jauh!"
Dan berkelebatlah bayangan orang yang mempergunakan pedang menangkis pedang Gwat Kong Tosu. Ternyata bayangan ini adalah Thian te Sin kiam yang datang menyusul bersama empat orang muda perkasa, yaitu Ouwyang Tek, Gui Siong, Lauw Ci Sian dan Tan Li Ceng. Empat orang muda ini mengamuk dengan pedang masing masing, membuat para anak murid Kim hong pai yang tadi mengeroyok Yu Lee dan Siok Lan menjadi kacau balau dan banyak yang roboh. Dewi Suling sejenak berdiri memandang pertandingan dahsyat antara Gwat Kong Tosu melawan Thian te Sin kiam yang mendesaknya, kemudian ia tersenyum dan roboh terguling !
Pertempuran itu tidak berlangsung lama, Gwat Kong Tosu, bekas anak murid Kun lun pai, tentu saja tidak dapat mengatasi ilmu pedang Thian te Sin kiam Liem Kwat Ek seorang tokoh Kun lun yang lebih tinggi tingkatnya. Belum sampai tiga 647
puluh jurus pedang Thian te Sin kiam telah menusuk amblas ke dalam dadanya, dan ketika pedang di cabut, ketua Kim hong pai itu berteriak keras roboh berkelojotan. Anak anak muridnya pun kocar kacir dan akhirnya tak seorangpun diantara mereka dapat lolos, semua tewas dalam tangan Thian te Sin kiam dan empat orang muda yang gagah.
Yu Lee dan Siok Lan menghampiri Dewi Suling berlutut di dekat tubuh wanita itu. Yu Lee mengangkat kepala Dewi Suling dan
menyandarkannya di dadanya. Dewi Suling berada dalam keadaan mengerikan sekali. Siok Lan terisak menangis, tidak tega menyaksikan wanita yang telah mengorbankan diri untuknya dan untuk kekasihnya ini. Dewi Suling menggerakkan bibir, terpaksa Yu Lee dan Siok Lan mendekatkan telinga Bibir yang membengkak itu berbisik lirih
"... bahagialah " kalian " aku hanya". Minta
". doa ... semoga Thian sudi .... mengampuni dosa dosaku." Tubuh itu lemas dan napasnyapun terhenti.
Sejenak Yu Lee meramkan mata mencegah air matanya, akan tetapi tetap saja air mata nya mengalir turun. Siok Lan sudah menangis terisak dan terdengar suara Yu Lee perlahan.
"Dewi Suling". biarlah air mataku ini merupakan tangis penghabisan kali, tanda untukmu. Engkau pernah menyeleweng, akan tetapi engkau mengakhiri hidupmu sebagai seorang gagah seorang budiman dan seorang 648
pejuang " semoga Thian mengampuni dosa dosa mu.."
Jenazah Dewi Suling ". dan Thian te Sin kiam menghela napas panjang mendengar pengalaman mereka yang amat mengharukan dan pengorbanan Dewi Suling. Kemudian bersama mereka meninggalkan tempat itu.
Keadaan para pekerja kini menjadi jauh lebih baik dan karenanya pemberontak pemberontak juga berkurang banyak. Hal ini bukan berarti bahwa para pendekar dan patriot rela tanah airnya dijajah bangsa Mongol, hanya karena belum terdapat kerjasama baik maka mereka belum juga berhasl menggulingkan pemerintahan penjajah.
Semangat perjuangan tak pernah terlepas dari benak budi masing masing.
Dengan upacara sederhana, Yu Lee si Pendekar Cengeng menikah dengan Sian li Eng cu Liem Siok Lan. Hidup bahagia di San si. Adapun Ouwyang Tek dan Gui Siong menjadi pengantin kembar dengan Lauw Ci Sian dan Tan Li Ceng, dirayakan oleh orang tua Tan Li ceng yang agak mampu keadaannya.
Demikianlah cerita ini selesai sampai di sini, dengan catatan ?""betapapun jauh manusia menyeleweng dari pada kebenaran dan tersesat dalam kemaksiatan, masih belum terlambat baginya kalau SEKARANG JUGA dia sadar akan segala penyelewengannya, bertaubat tidak akan mengulangi semua kemaksiatan, dan kejahatan lalu memutar kemudi hidup sembilan puluh derajat dibelokkan ke arah pemupukan kebaikan 649
antara manusia. Pengarang berpendapat bahwa jauh lebih baik, baik bagi diri pribadi maupun bagi keluarga, mengawali hidup dalam penyelewengan, namun mengakhirinya dalam kebaikan dari pada mengawali hidup dalam kebaikan namun mengakhirinya dalam kejahatan. Betapapun juga tentu saja paling baik adalah kalau manusia dapat selama hidupnya dapat membersihkan diri dari pada kemaksiatan dan hidup sebagai hamba kebajikan dan memupuk kasih sayang antara manusia. Jalan menuju kemaksiatan itu mudah dan yang menuju kebajikan itu sukar. Sukar"
Memang, akan tetapi hidup adalah belajar, dan marilah bersama pengarang kita ini belajar hidup benar dan haik! Mudah mudahan !
TAMAT 650 Memanah Burung Rajawali 32 Istana Kumala Putih Karya O P A Kisah Si Bangau Putih 9
^