Pencarian

Pendekar Pemanah Rajawali 30

Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong Bagian 30


Habis menotok itu, It Teng duduk untuk beristirahat.
Sesudah itu, sesudah Kwee Ceng menyulut sebatang hio yang lain, ia mulai bekerja pula. Kali ini dia menotok duapuluh lima jalan darah yang disebut bagian nadi dim-meh. Pula kali ini, totokan dilakukan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
dengan kesebatan, gerakannya bagaikan sesapung menyambar-nyambar air, ia seperti menahan napas.
Yang hebat, semua totokan itu tidak pernah gagal.
"Sungguh hebat, di kolong langit ini ada kepandaian seperti ini," kata Kwee Ceng di dalam hatinya saking kagum.
Kemudian It Teng Taysu menotok pula empatbelas jalan darah yang disebut im-wie-meh. Juga totokan itu dilakukan dengan lain cara, dengan gerak-gerik kaki
"jalan naga" dan "tindakannya harimau", hingga sikapnya nampak sangat angker, hingga dimatanya Kwee Ceng, dia bukan lagi seorang pendeta suci dan alim, hanya seorang raja dari berlaksa rakyat negeri.
Sekali ini It Teng tidak beristirahat lagi, ia meneruskan menotok tigapuluh dua jalan darah dari yang-wie-meh.
Totokan ini dari jarak sedikit jauh. Umpama ketika ia menotok jalan darah hongtie-hiat di leher si nona, ia berlompatan dari jarak setombak, habis itu terus ia lompat mundur pula, demikian seterusnya.
Menampak cara menotok itu, Kwee Ceng kata di
dalam hatinya: "Kalau kita lagi bertempur sama musuh yang tangguh, apabila bertempur dengan rapat
berbahaya, bolehlah kita pakai cara jauh ini. Dengan begitu, sambil menyerang untuk merebut kemenangan, kita juga dapat membela diri dengan sempurna."
Demikian, sembari menonton, anak muda ini
mengingati baik-baik setiap totokan itu, bagaimana sikapnya, dari bersiap sampai menotok dan sampai sesudahnya itu, untuk mulai dengan lain-lain totokan lagi. Diam-diam ia juga mengutuk dirinya, yang dikatakan bebal sekali, yang gampang lupa, hingga ada yang baru dilihat lalu tak teringat lagi.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Setelah menukar lagi dua batang hio, It Teng sudah selesai menotok dua bagian jalan darah im-kiauw dan yang-kiauw. Ketika Kwee Ceng melihat totokan pada jalan darah kie-kut-hiat, mendadak ia ingat: "Ah, totokan ini ada termuat di dalam Kiu Im Cin-keng!
Dasar aku yang tolol, aku tidak dapat menangkap maksudnya!"
Sekarang ia melihat gerak-gerak It Teng sama
dengan petunjuk-petunjuk dalam kitab Kiu Im Cin-keng itu. Hal ini menggampangi ia mengingat-ingat, hingga ia mengingat baik tempo It Teng menotok jalan darah ciong-meh.
Paling belakang It Teng Taysu hendak menotok
jalan darah tay-meh. Untuk itu, ia mesti jalan ke belakang Oey Yong. Pertama kali ia menotok
ciangbun-hiat, sedang semuanya ada delapan jalan darah. Sekarang nampak gerakannya si pendeta
sangat lambat, agaknya ia bergerak sukar sekali, sedang napasnya sudah memburu dan tubuhnya
terhuyung, bagaikan ia tak kuat berdiri lebih lama pula.
Kwee Ceng melihat semua itu, ia terkejut apapula kapan ia menampak peluh membasahi jidatnya
pendeta itu, mengucur di alisnya yang putih dan panjang itu. Ia ingin maju menolongi tetapi ia khawatir mengganggu. Tempo ia mengawasi Oey Yong, si nona telah bermandikan keringat, pakaiannya basah. Dia pun mengerutkan alis dan menutup mulut rapat-rapat, rupanya ia melawan rasa nyeri yang hebat.
Selagi anak muda ini terbengong, mendadak ia
mendengar satu suara di sebelah belakang, ialah dari tersingkapnya sero bambu, suara mana disusul sama panggilan nyaring: "Suhu!" Disusul lagi sama masuknya orang yang berseru itu. Belum ia ingat itu, ia segera menyerang ke belakang, dengan salah satu
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
totokannya It Teng barusan. Ia menyerang saling susul dengan cepat sekali hingga empat kali. Sebagai kesudahan dari itu, ia mendengar suara robohnya beberapa orang. Sekarang barulah ia menoleh ke belakang, tepat di saat satu orang, ialah si pelajar, berlomnpat ke belakang, hingga ia bebas dari totokan.
Yang roboh ialah si tukang pancing, si tukang kayu dan si petani bertiga, mereka terus rebah di lantai. Ia bengong mengawasi mereka, sebab tak dipikirnya untuk menyerang mereka itu. Ketika ia memandang si pelajar itu, dia itu lagi mengawasi ia dengan bengis, satu tanda orang ada sangat gusar.
"Habis sudah!" berseru si pelajar dalam murkanya.
"Apalagi yang hendak dicegah?"
Kwee Ceng menoleh, maka ia melihat It Teng
Taysu lagi duduk bersila di atas tempat duduknya, mukanya pucat sekali, bajunya basah dengan
peluhnya, sedang Oey Yong telah roboh dengan tubuh tak bergerak, entah dia sudah meninggal atau masih hidup. Maka dalam kagetnya, ia lompat menubruk, guna mengasih bangun. Paling dulu hidungnya
mendapat cium bau amis. Muka nona itu pucat bercampur sinar biru, tak ada cahaya dari darahnya, hanyalah sinar hitamnya yang samar-samar sudah lenyap semua.
Kwee Ceng mendengari napas orang di hidung,
jalan napas itu berat sekali. Tapi dengan mendapat dengar suara napas itu, ia merasa lega sedikit.
Ketika itu si pelajar sudah menolongi menotok bebas si tukang pancing, si tukang kayu dan si petani, bersama-sama mereka merubungi guru mereka,
semua membungkam, roman mereka diliputi kedukaan dan kegelisahan.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng tidak memperhatikan mereka itu, ia
terus menungggui si nona, muka siapa ia awasi. Maka hatinya menjadi bertambah lega kapan dengan
perlahan-lahan ia mendapatkan paras nona itu
berubah pula sedikit dadu. Hanya paras dadu itu, lama-lama berubah terus, lalu merah, habis mana kedua pipi nona itu terasa panas begitu pun dahinya, panasnya seperti api ketika dahi itu diraba.
Lagi beberapa saat, butir-butir peluh yang besar turun dari jidatnya di nona lalu kembali parasnya berubah, dari merah menjadi putih pula. Kejadian ini terulang sampai tiga kali, tiga kali juga peluh keluar banyak sekali. Diakhirnya, Oey Yong mengeluarkan suara kaget dan kedua matanya dibuka, terus ia menanya: "Engko Ceng, mana dapur" Mana es?"
Bukan kepalang girangnya Kwee Ceng mendengar
orang dapat berbicara. "Apa dapur" ia bertanya. "Apa es?"
Si nona melihat ke seputarnya, ia menggeleng
kepala. Akhirnya ia tertawa.
"Ah, aku bermimpi hebat sekali!" katanya. "Aku bermimpikan Auwyang Hong, Auwyang Kongcu dan
Khiu Cian Jin. Mereka itu menjebloskan aku ke dalam dapur, untuk dipanggang, lalu mereka mengambil es, dengan apa aku dibikin dingin, setelah tubuhku dingin, dia membakar pula"Ah, sungguh menakutkan! Eh, bagaimana dengan It Teng Taysu?"
It Teng membuka matanya, ia tertawa.
"Lukamu sudah sembuh," katanya. "Sekarang kau perlu beristirahat satu atau dua hari. Jangan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
sembarang bergerak, supaya kau nanti sembuh
seluruhnya." "Seluruh tubuhku rasanya tidak bertenaga sama sekali," berkata si nona, "Sampai pun jari tangan malas digeraki?"
Ketika itu si petani mendelik pada si nona, dia agaknya sangat gusar. Oey Yong melihat itu, ia tidak mengambil mumat. Ia hanya kata kepada paman
gurunya itu. "Supee tentulah sangat lelah sebab untuk mengobati aku, supee telah mengeluarkan banyak tenaga. Aku mempunyai obat Kiu-hoa Giok-louw-wan buatan ayahku, apa supee mau memakannya
beberapa biji?" "Bagus!" kata It Teng gembira. "Aku tidak menyangka kau membawa obat mujarab buatan
ayahmu itu. Itulah obat untuk menambah tenaga.
Ketika kita merundingkan ilmu pedang di Hoa San, tempo semuanya sudah sangat letih, ayahmu
membaginya kepada kami beramai, habis makan itu, kita semua menjadi segar sekali."
Oey Yong lantas mengeluarkan kantong obatnya, untuk diserahkan pada si paman guru.
Si petani lari ke dapur, untuk mengambil
semangkok air, sedang si pelajar mengeluarkan obat itu, semuanya dikeluarkannya obat itu, lalu semuanya dikasihkan pada gurunya.
"Tidak begini banyak!" berkata It Teng tertawa.
"Obat ini sangat sukar dibuatnya. Cukup kita minta separuhnya saja."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Tetapi suhu!" berkata si pelajar, yang romannya cemas, "Meski obat di dalam dunia digotong semua ke mari, itu masih belum cukup!"
Pendeta itu tidak tega menampik, maka ia lantas menelan beberapa puluh butir, yang ia bantu dengan air beberapa ceglukan. Kemudian ia kata kepada Kwee Ceng: "Kau pergi pimpin sumoymu ini untuk beristirahat dua hari, setelah itu kamu pergi turun gunung, tak usah kamu menemui aku lagi. Eh, ada satu urusan yang aku hendak minta dari kamu".."
Kwee Ceng sudah lantas menjatuhkan dirinya
berlutut seraya mengangguk empat kali hingga
kepalanya membentur lantai. Oey Yong pun turut menjura, sambil berkata perlahan: "Supee telah menolongi jiwaku, budimu ini tidak nanti keponakanmu berani melupakannya."
It Teng tertawa. "Lebih baik dilupakan, supaya tak usah diingat-ingat lagi," katanya, seraya ia terus menoleh kepada Kwee Ceng, untuk memberi
pesannya: "Kamu telah naik ke gunung ini, hal itu segala kejadian di sini, jangan kamu omongkan kepada orang lain, juga tak usah kau menyebutkannya kepada gurmu."
Kwee Ceng tercengang. Ia justru lagi memikirkan bagaimana harus membawa gurunya datang ke mari guna minta pertolongan paman guru ini.
It Teng tertawa. Ia berkata pula: "Kamu juga lain kali tak usah datang pula ke mari, kami sekaligus hendka pindah."
"Pindah?" tanya si anak muda heran. "Pindah ke mana, supee?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
It Teng tersenyum, ia tidak menjawab.
"Ah, engko tolol," kata Oey Yong tertawa. "Karena tempat supee ini telah ketahuan oleh kita maka supee mau pindah. Mana supee dapat memberi keterangan padamu?"
Meski ia berkata begitu, nona ini sebenarnya
berduka sekali. Itulah gara-garanya dia maka si supee mau pindah meninggalkan tempat kediamannya yang bagus ini. Mana bisa ia melupakan budi yang sangat besar itu" Mengingat begini, ia mengawasi empat murid orang, yang telah berkumpul semua. Ia ingin berkata-kata kepada mereka itu. Hanya belum lagi ia membuka mulutnya, mendadak paras It Teng menjadi pucat, tubuhnya terhuyung, lalu jatuh dari tempat duduknya!
Bab 63 SAPU TANGAN BERSULAM
Keempat murid itu tersentak kaget begitu juga Kwee Ceng. Bersama-sama mereka berlompat menubruk.
Mereka melihat daging di mukanya pendeta itu
bergerak-gerak, tandanya dia lagi melawan rasa nyeri yang hebat. Mereka menjadi bingung sekali, tak tahu mereka bagaimana harus menolongnya. Semua lantas berdiri diam di pinggiran.
Tidak lama, It Teng bersenyum.
"Anak, adakah obatmu ini buatan ayahmu sendiri?"
ia tanya Oey Yong. "Bukan, supee. Inilah buatannya suko Liok Seng Hong, tetapi ia membuatnya menurut surat obat ayah."
"Pernahkah kau mendengar dari ayahmu, kalau obat ini dimakan terlalu banyak dapat berbalik menjadi bahaya?" si pendeta menanya pula, suaranya sabar.
Oey Yong terkejut. "Mungkinkah ada yang tidak benar pada obatku ini?" pikirnya. Ia lekas menyahuti:
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ayah pernah membilang, semakin banyak dimakan semakin baik, hanya sebab pembuatannya sukar, ayah sendiri tidak berani memakan banyak-banyak."
It Teng berdiam, agaknya ia berpikir. Kemudian ia menggeleng kepala.
"Ayahmu itu sangat cerdik dan pandangannya sangat jauh," katanya, "Ia sangat sukar diterka hatinya hingga aku pun tidak dapat membilang apa-apa
tentangnya. Mungkinkah ia hendak menghukum Liok Suhengmu maka dia diberikan surat obat yang
dipalsukan" Atau mungkinkah Liok Suhengmu itu bermusuh dengan kau maka di dalam obatnya itu dicampuri beberapa biji yang ada racunnya?"
Mendengar disebutnya racun, semua orang terkejut.
"Suhu, apakah suhu telah keracunan?" si pelajar tanya.
"Syukur di sini ada paman gurumu, maka biarnya racun yang lebih dahsyat lagi tidak akan membikin orang mati," sahut sang guru.
Mukanya keempat murid itu lantas berubah, segera mereka menoleh kepada Oey Yomg dan berkata
dengan bengis: "Guru kami bermaksud baik menolongi kau, cara bagaimana kau begini besar hati berani meracuninya?"
Segera mereka itu mengurung, agaknya mereka
mau lamtas menerjang. Kwee Ceng menjadi bingung sekali. Ia tidak nyana akan perkembangan semacam ini.
Oey Yong pun bingung tetapi segera ia berpikir segala sesuatu memgenai obat itu, hingga ia
menduga, pada ini tentu ada hubungannya dengan perbuatannya Eng Kouw di rumahnya di rawa lumpur hitam itu. Bukan obat itu telah dibawa si nyonya ke lain kamar, untuk diperiksa, dan sampai sekian lama baru nyonya itu membawanya pula ke luar untuk diserahkan kembali kepadanya"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Supee, aku mengerti sekarang!" katanya. Sebab segera ia dapat menerka. "Inilah perbuatannya Eng Kouw!"
"Benarkah Eng Kouw?" It Teng bertanya.
"Ya," sahut si nona, dan ia tuturkan apa yang terjadi di rumah Eng Kouw, hingga sekarang ia menjadi bercuriga. "Dia pun telah memesan wanti-wanti supaya aku sendiri jangan makan obat ini. Tentu teranglah sudah sebab ia mencampuri racun di dalamnya."
"Hm!" mengejek si petani. "Dia perlakukan kau baik sekali dan maka itu ia khawatir membuatnya kau mampus!"
Nona ini sangat berduka yang paman gurunya
terkena racun, maka itu ia tidak memikir untuk mengadu lidah dengan murid orang, bahkan dengan perlahan ia kata: "Sebenarnya dia bukannya berkhawatir untuk membikin aku mati, hanya dia khawatir, kalau aku memakannya, supee nanti tidak kena dia racuni?""
"Dosa, dosa," berkata It Teng, yang menghela napas. Lantas sikapnya menjadi sangat tenang. Ia kata perlahan kepada muda mudi itu: "Inilah nasib dan dengan kamu berdua tidak ada hubungannya. Juga Eng Kouw sendiri, inilah telah terjadi karena karma.
Sekarang pergi kamu beristirahat beberapa hari, habis itu baik-baik saja kamu turun gunung. Benar aku telah terluka tetapi adik seperguruanku pandai sekali mengobati racun, maka kamu tidak usah berkhawatir."
Pendeta ini lantas menutup rapat matanya, ia tidak berkata-kata lagi.
Berdua muda mudi itu membungkuk, untuk pamitan.
Mereka melihat It Teng bersenyum, tangannya
dikibaskan, maka itu mereka tidak berani berdiam lebih lama lagi di situ, dengan perlahan mereka memutar tubuh dan mengundurkan diri. Si kacung menantikan mereka di luar kamar, mereka lantas diajak ke sebuah kamar di ruang belakang, kamar mana tidak ada perabotannya kecuali dua pembaringan bambu.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Tidak lama, di situ muncul dua orang pendeta tua dengan barang makanan sayur.
"Silahkan dahar," mereka mengundang.
"Apakah taysu baik?" tanya Oey Yong. Ia senantiasa memikirkan paman guru itu.
"Siauwceng tidak tahu," sahut satu pendeta, suaranya tajam. Ia lantas memberi hormat, untuk segera mengundurkan diri.
"Mendengar suara mereka, aku mengira wanita,"
kata Kwee Ceng. "Mereka thaykam," berkata Oey Yong. "Tentu mereka itu telah merawati taysu semenjak taysu masih menjadi raja."
Kwee Ceng heran. Karena masing-masing berpikir, tidak ada nafsu dahar mereka. Terus mereka berdiam di dalam kamar yang sunyi itu, cuma kadang-kadang saja berkesiur suara angin lewat, membuatnya daun-daun bambu bersuara perlahan.
"Yong-jie, kepandaian taysu hebat sekali,"
kemudian si pemuda berkata.
"Begitu?" kata si pemudi perlahan dan singkat.
"Guru kita," kata pula Kwee Ceng, "Dan ayahmu juga Ciu Toako, Auwyang Hong dan Khiu Cian Jin, walaupun mereka semua lihay tidak nanti mereka dapat melawan It Teng Supee?""
"Coba bilang, di antara mereka berenam, siapa yang pantas mendapat sebutan jago nomor satu di kolong langit ini?"
Kwee Ceng berpikir. "Sebenarnya sesuatunya dari mereka mempunyai keistimewaannya sendiri-sendiri," sahutnya sesaat kemudian, "Dari itu tidak dapat dibilang siapa di antaranya yang paling lihay?""
"Di dalam halnya bun bu coan cay?" si nona menanya pula, tentang kepandaian orang dua-dua di dalam ilmu surat dan ilmu silat.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Di dalam hal itu, tentulah ayahmu," menyahut si anak muda.
Oey Yong girang, inilah kentara dari romannya.
Hanya sebentar, ia lalu menghela napas.
"Maka itu inilah anehnya!" katanya.
"Apakah yang aneh?" tanya Kwee Ceng cepat. Ia heran.
"Taysu begini lihay, keempat muridnya lihay juga,"
kata Oey Yong, "Tetapi kenapa mereka hidup bersembunyi di tempat sunyi begini" Kenapa asal mendengar ada orang datang, mereka nampak takut seperti juga bencana besar bakal mengancam
mereka" Di antara keenam jago, cuma See Tok dan Khiu Cian Jin yang mungkin menjadi musuhnya, tetapi mereka itu berdua berkenamaan, apa mungkin mereka akan datang berdua untuk mengepung taysu?"
"Tetapi, Yong-jie," kata Kwee Ceng. "Biarnya See Tok dan Khiu Cian Jin datang bersama, sekarang kita tidak usah takuti mereka."
"Bagaimana itu?"
Kwee Ceng nampaknya likat, agaknya ia tak enak hati untuk menjawab.
"Eh, kenapakah kau nampaknya sulit bicara?" si nona menegur.
"Kepandaiannya It Teng Taysu pasti tidak ada di bawahan See Tok," kata si anak muda kemudian,
"Atau sedikitnya, mereka berimbang. Menurut penglihatanku, ilmu menotok jalan darah dari taysu mungkin ada cara untuk meruntuhkan Kap Moa Kang dari See Tok itu?""
"Bagaimana dengan Khiu Cian Jin?" Oey Yong tanya pula, "Apakah si tukang pancing, si tukang kayu, si petani dan si pelajar, bukannya tandingan dia seorang?"
"Benar. Selama di puncak Tiat Ciang Hong, di gunung Kun San, di telaga Tong Teng, pernah aku melayani Khiu Cian Jin. Kalau kita bertempur seratus jurus, mungkin aku dapat melawan seri padanya, tetapi
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
lebih daripada seratus jurus, belum tentu aku dapat bertahan lebih lama pula. Ketika tadi aku menyaksikan Taysu menotok kau?""
Mendadak Oey Yong menjadi girang, ia memotong:
"Kalau begitu kau telah dapat mempelajari kepandaiannya Taysu! Dengan begitu bukankah kau bakal dapat mengalahkan Khiu Tiat Ciang?"
"Kau tahu sendiri otakku puntul," berkata si anak muda, "Dan ilmu totok ini sangat dalam, mana bisa aku lantas berhasil memahamkannya" Hanya benar aku telah mendapatkan beberapa jurus. Aku pikir, untuk segera mengalahkan Khiu Cian Jin, itulah sukar, tetapi buat bertahan sampai satu jam atau tiga perempat, mungkin aku sanggup?""
Oey Yong lantas menghela napas.
"Dan kau pun melupakan satu hal," katanya masgul.
"Apakah itu?" "Sekarang ini Taysu terkena racun dan entah sampai kapan ia bakal sembuh?""
Kwee Ceng berdiam, lantas ia menjadi sengit.
"Kenapa si nenek, Eng Kouw demikian kejam?"
katanya mengeluh. Ia baru berkata begitu, atau ia ingat suatu apa, hingga ia berseru: "Ah, celaka!"
Oey Yong kaget. "Apa?" dia menanya.
"Kau telah berjanji dengan Eng Kouw!" si pemuda memberi ingat. "Setelah kau sembuh, kau mesti menemani dia satu tahun, bukan" Nah, habis
bagaimana" Apakah janji itu mesti ditepati atau tidak?"
"Kau sendiri?" "Jikalau kita tidak dapat petunjuknya, tidak dapat kita mencari It Teng Taysu. Itu waktu pastilah lukamu?" Ah, tak dapatlah dikatakan?""
"Kenapa tak dapat dikatakan" Bilang saja terus-terang. jiwaku tidak dapat ditotong lagi! Kaulah satu laki-laki maka kau tentunya ingin menepati janji itu, bukankah?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Si nona lantas menjadi berduka. Ia ingat Kwee Ceng pun tidak suka melanggar janji perjodohannya dengan putri Gochin Baki dari Mongolia. Air mukanya menjadi guram.
Mengenai sifat wanita ini, Kwee Ceng asing, maka itu selagi Oey Yong berduka dan hendak menangis, ia tetapi tidak sadar. Maka ia kata; "Dia membilang ayahmu lihay, memang seratus kali daripadanya, umpama kata kau suka mengajari dia, dia bilang dia tak bakal dapat menyamai kulit atau bulu ayahmu. Dia telah mengetahui itu, habis apa perlunya dia masih menghendaki kau menemani dia?"
Oey Yong menutup mukanya, ia tidak menyahuti.
Pemuda itu masih tidak sadar, ia mengulangi
pertanyaannya. "Eh, tolol, benarkah kau tidak mengerti?" akhirnya tanya si nona gusar.
Kwee Ceng heran orang gusar tidak karu-karuan.
"Ya, Yong-jie, aku memang dasarnya tolol," ia mengaku. "Maka itu juga aku minta kau suka memberikan keteranganmu."
Oey Yong menyesal yang ia telah mengeluarkan
perkataan keras itu, sekarang ia mendengar suara orang yang lemah lembut, orang yang telah mengaku ketololannya, ia menjadi sangat berduka, tak dapat tertahan lagi, ia menangis di dalam rangkulan pemuda itu.
Masih Kwee Ceng tidak mengerti, ia mengusut-
ngusut punggung orang seraya menghibur.
Oey Yong menarik ujung baju orang, untuk
menyusut air matanya. "Engko Ceng, aku yang salah," katanya. Mendadak ia tertawa. "Lain kali aku tidak bakal memaki pula kepadamu?""
"Memang aku tolol, apakah halangannya untuk kau mengatakannya?" kata si tolol, tetap polos.
Nona itu menghela napas. TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ya, kau memang baik, akulah yang buruk," katanya kemudian. "Mari aku menjelaskan padamu. Eng Kouw itu bermusuh sama ayahku, dia mencari ilmu
kepandaian untuk dia pakai menyatroni Tho Hoa To, guna menuntut balas http://kangzusi.com/ , tetapi dia telah mendapat kenyataan, dalam ilmu silat dia kalah dari kau, maka karena putus asa, dia mengubah siasatnya. Dia sekarang hendak menjadikan aku sebagai manusia tanggungan, supaya ayahku datang menolongi aku. Dengan akal ini, dia jadi menang di atas angin, dia menjadi dapat jalan untuk mencelakai ayahku itu."
Baru sekarang si tolol mengerti, maka ia menepuk pahanya.
"Oh, benar begitu! Kalau demikian adanya, janji itu tidak dapat ditepati!" ia berkata.
"Kenapa tidak?" tanya Oey Yong, "Pasti mesti ditepati."
"Eh?" si anak muda heran.
"Eng Kouw itu sangat lihay," berkata si nona, menerangkan. "Lihat saja bagaimana ia telah mencampuri racun di dalam obat Kiu-hoa Giok Louw Wan dengan apa dia mencelakai It Teng Taysu. Maka jikalau dia tidak disingkirkan, dia akhirnya bakal jadi ancaman bencana untuk ayahku. Dia ingin aku
menemani dia, aku nanti menemaninya. Sekarang aku telah bersiap sedia, tidak nanti aku kena diakali dia.
Aku percaya, tidak perduli dia bakal menggunai tipu apa, aku merasa pasti bakal dapat memecahkannya!"
"Tetapi, itulah sama artinya kau menemani seekor harimau betina?"" kata si anak muda masgul.
Oey Yong hendak berkata pula ketika kupingnya mendengar suara berisik dari sebelah depan, dari kamar sucinya It Teng Taysu. Itulah beberapa kali suara kaget atau seruan.
Kwee Ceng pun mendengar itu, maka keduanya
saling mengawasi. Selagi mereka memasang kuping, suara berisik itu lantas lenyap.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Entah bagaimana dengan taysu?" kata si pemuda.
Si pemudi menggeleng kepala.
"Nah, kau daharlah lantas tidur," kata Kwee Ceng kemudian. Oey Yong masih menggeleng kepala. Atau mendadak: "Ada orang datang!" katanya.
Benar juga lantas terdengar tindakan kaki beberapa orang, di antaranya ada yang berkata dengan suara sengit: "Budak itu banyak akalnya, baik mampusi dulu padanya!"
Itulah suara si petani. Maka Kwee Ceng berdua terkejut.
"Jangan sembarang," terdengar suara si tukang kayu. "Kita menanya jelas dulu."
"Apa yang mau ditanyakan lagi?" kata si petani.
"Sudah terang dua bangsat cilik itu disuruh musuh suhu datang kemari! Kita bunuh yang satu, biarkan yang satu lagi, untuk menanyakan keterangannya.
Cukup kita memeriksa si tolol!"
Selagi mereka bicara, mereka sudah sampai di
depan pintu kamar http://kangzusi.com/ di mana Kwee Ceng dan Oey Yong berada. Nyata mereka tidak takut yang suara mereka dapat didengar orang di dalam kamar itu.
Kwee Ceng mengerti ancaman bahaya, tanpa
bersangsi pula dengan pukulan "Hang liong yu hui", ia menghajar tembok di belakangnya, hingga dengan suara sangat berisik tembok itu gempur, membuat sebuah liang. Setelah itu, dengan membungkuk, ia menggendong si nona, terus ia lompat melewati liang itu.
Di sana terlihat si petani, yang sangat gesit, sebelah tangannya diulur, guna menyambar kaki kiri si anak muda.
Oey Yong tidak berdiam saja, ia melihat sambaran itu, maka dengan tangan kirinya ia mengibas ke belakang, mengebut jalan darah yang tie-hiat dari si petani. Itulah ilmu kebutan, atau totokan, warisan ayahnya. Itulah yang disebut "Lan-hoa Hut-hiat Ciu",
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
atau Bunga Anggrek Mengebut Jalan Darah. Ilmu ini tidak selihay ilmu totoknya It Teng tetapi toh berbahaya untuk lawan.
Si petani kaget, lekas-lekas ia menarik pulang sambaranmya, ia membaliki itu, untuk menangkis, tetapi gerakan ini memperlambat gerakannya, maka Kwee Ceng telah berhasil berlompat lewat, akan berlari terus dengan melompati tembok belakang. Di sini ia baru lari beberapa tindak, atau ia menjerit sendirinya, berkeluh kesah. Di depannya itu ada tumbuh pohon duri setinggi sependirian orang, lebat dan banyak durinya, hingga tak dapat dilewati orang.
Ketika ia menoleh, ia menampak mendatanginya
empat orang ialah si tukang pancing, si tukang kayu, si petani dan si pelajar. Mereka itu lantas berdiri menghadang.
"Taysu menitahkan kami turun gunung, tuan-tuan telah mendengarnya sendiri," berkata Kwee Ceng,
"Kenapa sekarang kamu menghalangi kami?"
Si pengail mendelik matanya.
"Guru kami sangat baik hatinya, dia pemurah, dengan mengorbankan diri dia menolongi kamu,
kenapa sekarang kamu?"" kata dia, suaranya mengguntur.
Dua-dua muda mudi itu terkejut.
"Dia mengorbankan diri?" tanya mereka berbareng.
"Bagaimana itu"..?"
"Fui?"!" berseru si pengail dan petani.
Si pelajar tertawa dingin, dia berkata: "Lukamu, nona telah ditolong diobati oleh guruku dengan guruku itu mengorbankan dirinya! Mustahil kau benar-benar tidak ketahui itu?"
"Dengan sebenarnya, aku tidak tahu," menyahut Oey Yong. "Tolong kau menjelaskannya."
Pelajar itu mengawasi. Ia melihat roman orang benar seperti tidak lagi mendusta, maka ia berpaling kepada si tukang kayu. Dia ini mengangguk. Lantas ia berkata: "Nona, kau telah mendapat luka yang sangat


Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
berbahaya, untuk menyembuhkannya kau mesti dapat penyaluran pada pelbagai jalan darah dan nadimu.
Untuk itu dibutuhkan ilmu It Yang Cie Siang-thian Kanghu. Ilmu itu, semenjak meninggalnya Ong Tiong Yang Cinjin, kauwcu dari Coan Cin Pay, cuma guru kami satu orang yang mengerti itu. Meski begitu, kalau ilmu itu dipakai mengobati orang, dia sendiri mesti turut mendapat penyakit sebagai akibatnya, sebab dia mesti menggunai terlalu banyak tenaga terutama tenaga dalamnya. Untuk lima tahun, habislah semua
kepandaian silatnya?""
Oey Yong kaget hingga ia mengeluarkan seruan
tertahan. Ia menyesal dan malu sekali.
"Selama itu tempo lima tahun, untuk memulihkan diri, orang mesti berlatih dan bersemedhi setiap hari, siang dan malam, kalau dia salah berlatih, maka dia bakal nampak kegagalan dan kepandaiamnya itu tidak akan pulih kembali. Orang yang menjadi korbam begitu, entengnya dia bercacad seumur hidup,
hebatnya dia lantas mati. Guruku begitu murah hati menolongi kau, kenapa kau begini jahat, kebaikan dibalas dengan kejahatan?"
Mendadak Oey Yong melepaskan diri dari Kwee
Ceng, lantas ia berlutut ke arah kamarnya It Teng Taysu, empat kali ia mengangguk, sembari menangis ia berkata: "Supee, sungguh keponakanmu tidak menyangka begini besar kau telah melepas budi menolongi jiwaku?""
Menyaksikan kelakuan si nona, roman si pengail berempat nampak sedikit sabar.
"Ayahmu menitahkan kau menjalankan akalnya ini mencelakai guru kami, benar-benar kau sendiri tidak tahu?" tanya si tukang pancing.
Ditanya begitu, Oey Yong menjadi gusar.
"Mana dapat ayahku mencelakai supee?" katanya keras. "Ayahku itu orang macam apa" Mana dapat ayahku berlaku demikian hina dina?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Si tukang pancing menjura.
"Jikalau ini bukan titah ayahmu, nona, harap kau memberi maaf atas kelancanganku ini," ia berkata.
"Hm!" berkata si nona. "Jikalau perkataanmu barusan dapat didengar ayahku, tidak perduli kau muridnya supee, kau pasti bakal diberi rasa sedikit!"
"Hm," berkata si pengail, "Ayahmu digelarkan Tong Shia, si Sesat dari Timur, maka itu kami pikir, apa yang dapat diperbuat See Tok, si Bisa dari Barat, tentulah dapat dilakukan juga ayahmu. Sekarang ini rupanya soal adalah lain."
"Mana dapat ayahku dibanding dengan See Tok?"
berkata si nona. "Auwyang Hong si bangsat tua itu, apa juga dapat dia lakukan! Apakah yang dia telah perbuat?"
"Baik," si pelajar datang sama tengah. "Sekarang segala apa sudah jelas, mari kita kembali ke dalam untuk bicara lebih jauh."
Maka berenam mereka masuk ke kamar, untuk
terus berduduk, akan tetapi empat orang itu duduk demikian rupa, hingga sendirinya mereka seperti memegat jalan keluar kedua muda-mudi itu. Oey Yong mengetahui itu, ia bersenyum, ia tidak mau membuka rahasia orang.
"Apakah kamu ketahui tentang urusan Kiu Im Cin-keng?" si pelajar mulai bicara.
"Aku ketahui itu. Apakah ada sangkutannya supee dengan kitab itu?"
"Ketika diadakan pertemuan pertama di Hoa San itu, soalnya ialah perebutan kitab Kiu Im Cin-keng itu,"
berkata si pelajar. "Ketika itu Coan Cin Kauwcu adalah yang terlihay, kitab itu telah jatuh di tangannya. Bahwa semua orang takluk kepada kauwcu itu, itulah bukan soal lagi. Tiong Yang Cinjin sangat mengagumi ilmu Sian Thian Kang dari guru kami, maka juga di tahun kedua bersama-sama adik seperguruannya dia datang mengunjungi guru kami di Tali, ketika itu mereka berbicara banyak tentang ilmu silat itu."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Adik seperguruannya Tiong Yang Cinjin?" tanya Oey Yong. "Itulah Loo Boan Tong Ciu Pek Thong!"
"Benar," sahut si pelajar. "Nona masih begini muda tetapi banyak sekali orang yang nona kenal?""
"Ah, jangan kau memuji aku," berkata si nona.
"Paman Ciu itu seorang sangat jenaka, tetapi kami tidak tahu bahwa dia dipanggil Loo Boan Tong si bocah tua bangkotan yang nakal. Ketika itu guru kami masih belum mensucikan diri."
"Oh, kalau begitu ketika supee masih menjadi kaisar!" kata Oey Yong.
"Benar. Coan Cin Kauwcu (Dewi-KZ) itu bersama adik seperguruannya tinggal di istana belasan hari, selama itu kami berempat senantiasa
mendampinginya. Guru kami telah menjelaskan segala apa mengenai Sian Thian Kang itu, hingga Tiong Yang Cinjin menjadi sangat girang, maka ia pun lantas mengajari ilmu silat It Yang Cie yang menjadi ilmu silatnya yang paling istimewa. Kami mendengari semua pembicaraan akan tetapi pelajaran kami masih sangat rendah dan kami pun tumpul sekali, tak dapat kami mengajari itu."
"Habis bagaimana dengan Loo Boan Tong?" Oey Yong tanya. "Kepandaiannya Loo Boan Tong tidak cetek."
"Paman Ciu itu seorang gemar bergerak, tak suka dia berdiam, setiap hari dia berputaran saja di seluruh istana. Dia pergi ke timur dan ke barat, ke segala tempat sampai pun dia tidak pandang-pandang lagi keraton di mana permaisuri dan selir-selir bertinggal.
Semua orang kebiri dan dayang mendapat tahu dialah tetamu agung kami, tidak ada di antaranya yang berani melarang."
Oey Yong dan Kwee Ceng saling memandang dan
bersenyum. Mereka tahu baik sifatnya itu engko atau kakak angkat. Cuma di dalam hatinya, mereka kata:
"Itu dia sifatnya Loo Boan Tong!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ketika Tiong Yang meminta diri," si pelajar melanjuti, "Dia berkata kepada guru kami: 'Selama yang belakangan ini penyakitku yang lama kembali kumat, maka mungkin aku tidak bakal berdiam lama lagi di dalam dunia ini, karena sekarang sudah ada ahli waris dari It Yang Cie, jadi di dalam dunia ada orang yang dapat menindih padanya, bolehlah tak usah dikhawatir yang dia nanti berani malang melintang bermain gila.' Baru setelah itu guru kami mengetahui maksud utama kenapa Tiong Yang Cinjin melakoni perjalanan demikian jauh datang ke Tali mengunjungi guru kami, maksudnya ialah untuk mewariskan
kepandaiannya itu, agar setelah ia menutup mata nanti, ada orang yang dapat mengekang Auwyang Hong. Lima-limanya Tong Shia, See Tok, Lam Tee, Pak Kay dan Tiong Sin Thong adalah orang-orang yang namanya sama termashurnya, kalau Tiong Yang Cinjin membilang terus terang dia datang
http://kangzusi.com/ untuk memberi pelajaran, dia khawatir guru kami merasa dirinya dipandang enteng, dari itu lebih dulu dia minta pelajaran Sian Thian Kang, kemudian baru dia membalas mengajari It Yang Cie.
Itulah artinya pertukaran. Guru kami mengetahui maksud baik dari Tiong Yang Cinjin, ia menjadi bersyukur, ia mengagumi kauwcu itu. Ia lantas memahamkan itu dengan sungguh-sungguh.
Kemudian di negara Tali itu telah terjadi suatu hal yang malang, hati guru kami menjadi tawar, maka itu ia pergi mencukuri rambutnya dan masuk menjadi
hweeshio." Mendengar itu, Oey Yong berpikir; "Toan Hongya tidak mau menjadi kaisar, dia lebih suka menjadi pendeta, mestinya kejadian malang itu sangat melukai hatinya. Karena muridnya ini tidak mau menjelaskan, tidak dapat aku minta keterangan atas kejadian itu?"" Ia memandang kepada kawannya. Ia melihat Kwee Ceng seperti hendak membuka mulut, untuk
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
menanya, ia lekas mencegah dengan kedipan
matanya. Kwee Ceng mengerti kedipan itu, ia menunda
membuka mulutnya. Air muka si pelajar nampak guram. Rupanya ia
teringat akan peristiwa dulu itu. Ia berdiam beberapa saat baru ia berbicara pula.
"Setahu bagaimana, kemudian hal guru kami mempelajari It Yang Cie itu telah bocor," katanya.
"Pada suatu bari, ini suhengku?"" ia menunjuk pada si petani ?"" telah menerima titah suhu, ialah guru kami itu, untuk pergi mencari daun obat-obatan.
Suhengku telah pergi ke gunung Tay Soat San di barat Inlam, di sana orang telah melukai ia dengan ilmu silat Kap Moa Kang."
"Pastilah penyerang itu si Bisa bangkotan!" berkata Oey Yong.
"Siapa lagi kalau bukannya dia?" berkata si petani gusar. "Mulanya seorang muda yang tidak karu-karuan yang telah mencari stori denganku, dia membilangnya Tay Soat San itu miliknya dan dia melarang siapa juga mencari daun obat di situ. Aku telah menerima pengajaran suhu, aku berlaku sabar, tapi justru aku mengalah, si anak muda semakin mendesak, dia
menyuruh aku mengangguk tigaratus kali kepadanya, baru dia mau mengijinkan aku turun gunung. Karena habis sabarku, aku menempur dia. Pemuda itu benar lihay, sekian lama kita bertempur, kita tetap seri. Itu waktu mendadak muncullah si tua berbisa itu, tanpa banyak omong, dia menghajar aku hingga aku terluka parah, setelah mana si anak muda menggendong aku, mengantari aku pulang sampai di luar kuil Liong Coan Sie di mana suhu berdiam."
"Kalau begitu sudah ada orang yang mewakilkan kau membalas sakit hatimu," berkata si nona.
"Pemuda itu ialah Auwyang Kongcu sudah ada yang membunuhnya."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ah, dia telah mati?" kata si petani gusar. "Siapakah yang membunuh dia?"
"Eh, heran!" kata Oey Yong. "Ada orang lain membunuh musuhmu, kau masih gusar?"
"Musuhku mesti aku yang membalas sendiri!" sahut si petani.
"Sayang kau tidak dapat membalasnya?"" kata si nona menghela napas.
"Sebenarnya siapakah yang membunuhnya?"
"Dia juga seorang busuk. Kepandaian dia itu kalah dari Auwyang Kongcu tetapi dia menggunai akal."
"Bagus!" berkata si pelajar. "Nona, tahukah kau maksudnya Auwyang Hong melukai suhengku ini?"
"Tidak sukar untuk menerka itu," menyahut Oey Yong. "Dengan kepandaiannya See Tok, dengan dua kali turun tangan, dapat dia membinasakan suhengmu, tetapi dia cuma melukai parah, lalu dia mengantarnya pulang ke depan pintu rumah gurumu. Maksudnya itu ialah agar gurumu menghabiskan tenaga dalamnya untuk mengobati suhengmu itu. Barusan kau
membilangnya, supee mesti membuang tempo lima tahun untuk memulihkan kepandaiannya, maka itu berarti, kalau nanti diadakan rapat yang kedua di gunung Hoa San, pasti gurumu tak keburu turut mengambil bagian."
Pelajar itu menghela napas.
"Nona sungguh cerdik, tetapi kali nona cuma dapat menerka separuhnya," ia berkata. "Kejahatan Auwyang Hong itu sukar diterka dari bermula. Justru di saat suhu mengobati suhengku ini, justru kesegaran suhu belum kembali, dia datang melakukan
penyerangan, maksudnya untuk membikin mati pada suhu?""
"It Teng Supee demikian murah hati, apakah benar dia menyebabkan permusuhan dengan Auwyang
Hong?" Kwee Ceng menanya. Anak muda ini heran.
"Engko kecil, pertanyaanmu ini tidak tepat,"
menyahut si pelajar. "Pertama-tama, si orang murah
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
hati itu justrulah musuh daripada si orang jahat. Si orang jahat tak suka hidup bersama di dalam dunia dengan orang baik hati. Kedua, kalau Auwyang Hong hendak mencelakai orang, dia tentu tidak sudi memperhatikan orang itu bermusuhan dengannya.
Karena dia ketahui ilmu silat It Yang Cie dari suhu adalah penumpas dari ilmu silatnya, maka itu dia dapat menggunai seratus atau seribu akal keji untuk membinasakan guru kami."
Kwee Ceng mengerti, ia mengangguk beberapa
kali. "Habis, apakah supee telah kena dia bikin celaka?"
ia menanya pula. "Setelah suhu melihat lukanya suheng, lantas suhu dapat menerka maksudnya Auwyang Hong," si pelajar menerangkan pula. "Malam itu juga suhu pindah tempat, dan Auwyang Hong tidak berdaya mencari.
Karena tahu Auwyang Hong tidak bakal berhenti sampai di situ, kami mencari tempat-tempat sampai kami mendapatkan ini tempat suci. Setelah suhu pulih kesehatannya, kami berempat mengusulkan suhu
pergi mencari See Tok di Pek To San, guna membuat perhitungan dengannya, akan tetapi suhu
berpendirian, kalau dapat mengalah baiklah dia mengalah terus dan kami dilarang pergi menerbitkan gara-gara. Demikianlah untuk belasan tahun kami tinggal dengan aman di tempat ini. Siapa tahu sekarang kamu berdua datang kemari! Kami cuma tahu kamu murid- muridnya Kiu Cie Sin Kay, kami menduga kamu tidak bermaksud jahat, maka itu kami merintanginya setengah hati, coba kami berbuat nekat, tidak nanti kami membiarkan kamu masuk ke kuil kami.
Sungguh di luar dugaan, toh akhir-akhirnya guru kami telah terkena juga tangan jahat kamu?""
Setelah berkata begitu, mendadak muka si pelajar menjadi bengis pula, bahkan sambil berbangkit bangun, ia menghunus pedangnya, yang berkilau berkeredepan.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Melihat demikian, si pengail, si tukang kayu dan si petani, turut berbangkit juga sambil menghunus senjata mereka, lantas mereka mengambil sikap mengurung.
"Ketika aku datang mencari supee untuk minta diobati, aku tidak tahu bahwa pengobatannya itu bakal menghabiskan kepandaiannya selama lima tahun,"
berkata Oey Yong. "Bahwa obatku ada racunnya, itu juga aku tidak tahu, sebab itu ada perbuatannya lain orang. Supee telah melepas budi padaku, meskipun kami tidak punya hati, tidak nanti kami membalas kebaikannya dengan kejahatan."
"Kalau begitu," menegur si tukang pancing, "Kenapa selagi kesehatan guru kami belum pulih dan dia pun terkena racun, kamu mengajak musuh mendaki
gunung ini?" Ditanya begitu, Oey Yong dan Kwee Ceng kaget
bukan alang kepalang. "Tidak sama sekali!" mereka menyangkal.
"Masih menyangkal!" membentak si tukang pancing.
"Begitu suhu terkena racun, kita lantas menerima gelang kumala dari pihak musuh. Kalau memangnya kamu tidak bersekongkol mana bisa terjadi peristiwa begini kebetulan?"
"Gelang kumala apa itu?" Oey Yong tanya. Ia benar tidak mengerti.
"Hm, masih berlagak piton!" si tukang pancing mengejek. Mendadak ia menggeraki dua tangannya, maka kedua pengayuhnya lantas menghajar muda
mudi di depannya itu. Kwee Ceng duduk berendeng sama Oey Yong,
begitu ia melihat datangnya pengayuh, ia berlompat bangun, kedua tangannya bergerak, tangan kanan menyambar satu pengayuh, untuk segera dirampas, tangan yang lain menangkap pengayuh yang kedua, yang terus ia gentak.
Si tukang pancing kaget dan tangannya kesakitan, pengayuhnya itu terpaksa dilepaskan. Selagi begitu,
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng meneruskan menangkis garunya si petani, hingga kedua senjata bentrok keras dan lelatu apinya muncrat berhamburan. Setelah itu, lekas-lekas ia mengangsurkan, menyerahkan pulang pengayuhnya si tukang pancing, hingga dia ini heran dan tercengang, tetapi cuma sebentar, setelah menyambuti itu, berbareng bersama kampaknya si tukang kayu, dia menyerang pula.
Kwee Ceng sementara itu berlaku sangat sebat, begitu ia mundur, begitu ia menolak, menampak mana si pelajar yang mengenali ilmu silat Hang Liong Sip-pat Ciang, segera meneriaki kedua saudara
seperguruannya: "Lekas mundur!"
Si tukang pancing dan si tukang kayu adalah murid-muridnya seorang guru yang lihay, mereka
menginsyafi bahaya dengan cepat mereka menarik pulang senjata mereka sambil mengundurkan diri juga.
Tapi biar bagaimana mereka sebat, mereka masih kalah gesit, mereka tidak dihajar hanya senjata mereka disambar, untuk dirampas pula!
"Sambut ini!" berkata Kwee Ceng, yang kembali mengembalikan senjata orang, sekarang pengayuh dan garu!
"Bagus!" si pelajar memuji sambil ia menikam dengan pedangnya ke iga kanan.
Melihat datangnya tikaman, Kwee Ceng terperanjat.
Sekarang terbukti, dari keempat murid orang itu, adalah si pelajar ini, yang gerak-geriknya halus, justru yang ilmu silatnya paling lihay. Maka ia tidak mau berlaku alpa. Untuk dapat melindungi Oey Yong, yang tidak boleh mengeluarkan banyak tenaga, ia membela diri dengan gerakannya menuruti barisan Thian Kong Pak-tauw-tin dari Coan Cin Cit Cu. Mula-mula ia hanya mengurung diri, kemudian perlahan-lahan ia
memperlebar kurungannya, maka keempat lawan itu terpaksa mundur sendirinya, sampai mereka terdesak ke tembok. Disaat ini, asal ia mau turun tangan, dapat
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
si anak muda melukai mereka itu, atau salah satu di antaranya.
Selama itu, Kwee Ceng mempertahankan diri,
antaranya ia tidak menambah tenaganya. Dengan begini ia membuatnya mereka dua pihak tidak kalah dan tidak menang.
Si pelajar agaknya penasaran, mendadak ia
mengubah ilmu pedangnya. Kali ini pedangnya itu mengasih dengar sambaran angin mengaung. Ia
menyerang ke empat penjuru, setiap kalinya dengan enam tusukan atau sabetan beruntun. Itulah ilmu pedang Ay Lao Kiam Hoat dari Ay Lao San di Inlam, yang semuanya terdiri dari tigapuluh enam jurus. Tapi terhadap si anak muda, ilmu pedang itu tidak mempan.
Tenang-tenang seperti biasa, dengan tangan kanan pemuda ini melayani pedang, dengan tangan kirinya ia menghalau setiap senjatanya si tukang pancing, si tukang kayu dan si petani.
Disaat datangnya tusukan pedang yang ketigapuluh enam, Kwee Ceng menyambut itu dengan sentilannya jari tengah. Itulah dia ilmu silat Tan Cie Sin Thong dari Oey Yok Su, ilmu silat yang tak ada keduanya, sebagaimana terbukti ketika dengan Ciu Pek Thong ia main-main menyentil batu, sedang selama di Kwie-in-chung, dia telah memberi petunjuknya kepada Bwee Tiauw Hong, sementara Kwee Ceng telah melihatnya di Gu-kee-cun, Lim-an, selama Tong Shia melayani Coan Cin Cit Cu. Memang ia belum mencapai
kemahiran seperti Oey Yok Su tetapi ketika pedang si pelajar kena tersentil, pedang itu berbunyi nyaring dan mental. Si pelajar merasai tangannya sakit sampai hampir terlepas cekalannya.
"Tahan!" pelajar itu berseru sambil ia lompat mundur.
Si tukang pancing sudah lantas menurut, semuanya mengundurkan diri, tetapi mereka sudah terdesak ke tembok, tidak ada ruang lagi untuk mundur, maka itu, si tukang pancing mundur ke pintu, si petani lompat di
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
liang tembok yang gempur, sedang si tukang kayu, yang terus menyelipkan kapaknya di pinggangnya, bukan menyingkir hanya sambil tertawa dia kata: "Aku telah membilangnya kedua tetamu kita ini tidak mengandung maksud jahat tetapi kamu tidak percaya!"
Ia berbicara itu sama ketiga saudara seperguruannya.
Si pelajar menyimpan pedangnya, ia menjura
kepada Kwee Ceng. "Kau baik hati, kau suka mengalah, engko kecil,"
katanya. "Terima kasih!"
Kwee Ceng lekas-lekas berbangkit untuk membalas hormat. Hanya karena kata-kata si tukang kayu, ia heran, ia kata di dalam hatinya: "Kami memang tidak mengandung maksud buruk, mengapa mereka
berempat mulanya tidak mempercayainya" Kenapa baru sekarang mereka percaya?"
Oey Yong melihat paras kawannya, ia tahu apa
yang orang pikir, maka ia membisik. "Jikalau kau memikir buruk, kau tentunya telah melukai mereka.
Sekarang ini, sekalipun It Teng Supee bukanlah tandinganmu."
Kwee Ceng pikir itu benar ia mengangguk.
Si pelajar berempat telah berkumpul pula di dalam kamar.
"Sebenarnya siapa itu musuh dari It Teng Supee?"
Oey Yong tanya. "Apa itu yang disebut gelang kumala?"
"Menyesal," menyahut si pelajar. "Bukannya kami tidak suka menjelaskan hanya sebenarnya kami
sendiri tidak tahu duduknya hal. Apa yang kami tahu ialah suhu dan orang itu ada mempunyai kepentingan."
Oey Yong masih mau menanya ketika si petani
berlompat bangun seraya berkata keras: "Ah, inilah berbahaya!"
"Bahaya apa?" tanya si tukang pancing.
Si petani menunjuk si pelajar, ia menyahuti: "Suhu sedang kehabisan tenaga, sekarang dia menutur segala apa, kalau kedua tetamu kita ini bermaksud
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
tidak baik, kita sendiri tidak sanggup mencegahnya, apakah kau kira suhu masih dapat ditolongi?"
Mendengar kekhawatiran itu, si tukang kayu
berkata: "Paduka conggoan pandai berpikir, mustahil hal ini dia tidak dapat memikirkannya" Kalau begitu, mana bisa dia menjadi perdana menteri dari negara Tali" Sebenarnya dia ketahui dari siang-siang bahwa kita bukan tandingannya tetapi dia toh bertindak juga, itulah ke satu untuk mencoba kepandaiannya kedua tetamu kita ini dan kedua untuk membikinnya kau percaya habis!"
Si pelajar bersenyum. Si petani dan si tukang pancing mendelik kepada saudaranya, mereka kagum, separuhnya lagi
menyesali. Ketika itu terdengar tindakan kaki orang, lalu muncul seorang kacung pendeta, yang lantas memberi hormat seraya berkata: "Suhu menitahkan suheng berempat mengantarkan tetamu pulang."
Atas itu semua orang berbangkit. Tapi Kwee Ceng segera berkata: "Supee lagi menghadapi musuh, mana dapat kita lantas berlalu dari sini" Bukankah siauwtee tidak tahu diri tetapi ingin aku bekerja sama suheng berempat untuk mengusir dulu musuh itu."
Si tukang pancing berempat saling melirik, mereka memperlihatkan roman girang.
"Nanti aku pergi dulu menanyakan suhu," kata si pelajar, yang lantas berlalu, diikuti ketiga saudaranya.
Tidak lama mereka kembali, kali ini lenyap roman mereka yang gembira. Si pelajar lantas berkata: "Suhu mengucap terima kasih atas kebaikan jiewi, tetapi suhu membilang juga, segala apa biar terserah kepada karma, biar orang berbuatnya sendiri-sendiri, dari itu orang luar tidak dapat campur tangan."
Tapi Oey Yong memikir lain.
"Engko Ceng, mari kita bicara sendiri sama supee!"
katanya. TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng menurut. Ketika mereka sampai di
kamar It Teng Taysu, pintu kamar dikunci, percuma mereka mengetuk-ngetuk dan memanggil-manggil, tidak ada suara jawaban. Sebenarnya pintu itu bisa digempur tetapi mereka tidak berani berbuat demikian.
"Suhu tidak dapat menemui kamu pula, jiewi,"
berkata si tukang kayu, yang air mukanya guram.
"Karena gunung itu tinggi dan air panjang, baiklah lain kali kita bertemu pula."
Oey Yong belum bilang apa-apa, atau Kwee Ceng mendapat satu pikiran, maka ia lantas berkata dengan nyaring: "Yongjie, mari kita pergi! Bukankah supee tidak sudi menemui kita" Sebentar di bawah gunung, supee mengasih ijin atau tidak, kalau kita ketemu orang dan orang itu banyak rewel, kita hajar padanya!"
Si nona yang cerdik lantas dapat menerka maksud engko Cengnya itu, ia pun menyahuti dengan nyaring:
"Kau benar, engko Ceng! Umpama kata musuhnya supee sangat lihay dan kita mati di tangannya, kita puas, hitung-hitung kita sudah membalas budi supee!"
Dua-dua suara itu keras, pasti suara itu terdengar sampai di dalam, maka juga, ketika si muda mudi baru jalan beberapa tindak, mendadak daun pintu
dipentang, lalu terdengar suara tajam dari seorang pendeta tua: "Taysu mengundang jiewi!"
Kwee Ceng girang sekali, bersama Oey Yong, ia jalan berendeng masuk ke dalam kamarnya It Teng Taysu. Di sana si pendeta, bersama si pendeta dari India, masih duduk bersila. Mereka lantas
menghampirkan, untuk memberi hormat sambil
berlutut. Ketika kemudian mereka mengangkat kepala, mereka mendapatkan It Teng Taysu bermuka pucat kuning, beda daripada waktu semula mereka
melihatnya. Mereka jadi bersyukur berbareng berduka, hingga mereka tidak tahu mesti membilang apa.
It Teng Taysu bersenyum. "Semua masuk!" ia kata kepada empat muridnya, yang menanti di depan pintu. "Aku hendak bicara."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Si pelajar berempat menghampirkan, lebih dulu mereka memberi hormat kepada guru mereka itu, juga kepada si pendeta India. Dia ini cuma mengangguk, lantas dia tunduk dan berdiam, kembali tidak
memperdulikan semua orang.
It Teng Taysu mengawasi asap yang bergulung
naik, tangannya membuat main sebuah gelang
kumala. Oey Yong melihat itu, katanya dalam hatinya;
"Terang itu ada gelang orang perempuan, entah apa maksudnya musuh supee bolehnya mengirimkan ini?"
Untuk beberapa detik, semua orang berdiam,
kemudian baru terdengar It Teng Taysu menghela napas dan mengatakan: "Setiap hari dahar nasi, tetapi pernahkan memakannya sebutir beras?" Ia lantas menoleh kepada si muda-mudi, untuk melanjuti: "Kamu berdua mulia hati, aku si pendeta tua menerima itu dengan baik, Mengenai urusan ini, jikalau aku tidak menjelaskan, aku khawatir murid-murid atau sahabat-sahabat dari kedua pihak nanti menerbitkan
gelombang yang tak diingini. Itulah bukannya
kehendakku. Tahukah kamu siapa sebenarnya aku ini?"
"Supee adalah kaisar dari Tali di Inlam," menyahut Oey Yong. "Supee ada satu-satunya kaisar di Selatan yang kesohor sekali, siapakah yang tidak tahu?"
It Teng bersenyum. "Kaisar palsu, pendeta juga palsu," ia berkata. "Kau, nona kecil, kau pun palsu?""
Oey Yong tidak menginsyafi filsafat si pendeta, ia mengawasi saja.
It Teng berkata pula, dengan perlahan: "Negara Tali kami, semenjak Sri Baginda Sin Seng Bun Bu Tee Thaycouw membangun pemerintahan, ialah di tahun Teng-yoe, itulah lebih dulu duapuluh tiga tahun dari berdirinya kerajaan Song oleh Song Thay-couw Tio Kong In. Setelah tujuh turunan, kerajaan diturunkan kepada Baginda Peng Gie. Setelah empat tahun
memerintah, Baginda Peng Gie mengundurkan diri dari
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
kerajaan dan masuk menjadi pendeta. Tahta
diserahkan pada keponakannya ialah Baginda Seng Tek. Kemudian tahta diturunkan terus kepada
Baginda-bagina Hin Cong Hauw Tek, Poo Teng, Hian Cong Soan Jin serta ayahku, Keng Cong Ceng Kong.
Semua Baginda itu telah menjadi pendeta juga. Dari Thay-couw sampai pada aku, delapanbelas turunan, ada tujuh raja yang mensucikan diri."
Si tukang pancing berempat adalah orang Tali, mereka semua tahu hal ikhwalnya raja-raja mereka itu, cuma Kwee Ceng berdua Oey Yong yang heran,
hingga mereka mau memikir, apa mungkin menjadi pendeta lebih senang daripada menjadi raja?"
It Teng Taysu melanjuti keterangannya: "Kamu keluarga Toan kami, dengan berkah kebijaksanaan leluhur kami, telah berhasil menjadi sebuah keluarga kaisar di sebuah negara kecil di Selatan. Semua mereka merasa tanggung jawab itu besar, maka juga hati mereka tidak tenang, tidak berani mereka melakukan apa-apa yang melewati batas. Biarnya begitu, siapa menjadi raja, bukankah dia dapat dahar tanpa meluku, dapat berpakai tanpa menenun"
Bukankah kalau keluar dia naik kereta, dan kalau pulang memasuki istana" Bukankah semua itu asalnya dari keringatnya rakyat" Oleh karena itu semua, disaat usianya langsung, mereka menginsyafi capai lelah rakyatnya itu, mereka merasa menyesal, maka
diakhirnya mereka telah menjadi pendeta?""
Selagi mengucap begitu, pendeta ini memandang ke luar, mulutnya memperlihatkan senyuman, tetapi pada alisnya, nampak roman kedukaannya. Maka itu, entahlah dia bergirang atau berduka.
Enam orang itu mendengar dengan terus berdiam.
It Teng Taysu mengangkat gelang kumalanya, ia masuki itu ke dalam jari telunjuk dari tangannya, ia putar itu beberapa kali. Kemudian ia meneruskan: "Aku sendiri, aku bukannya mengikuti kebiasaan leluhurku
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
itu. Tentang aku, sebab-sebabnya ada sangkut
pautnya dengan urusan rapat ilmu pedang di gunung Hoa San, ketika lima jago saling berebutan kitab.
Ketika tahun itu Tiong Yang Ong Cinjin dari Coan Cin Kauw memperoleh kitab, di lain tahunnya dia datang sendiri ke Tali, dia mewariskan ilmu silat It Yang Cie padaku. Setengah tahun dia berdiam di dalam
istanaku, merundingkan tentang ilmu silat. Kita cocok sekali satu dengan lain, adik seperguruannya, Ciu Pek Thong. Dia ini ternyata tidak betah duduk diam saja, dia lantas pergi putar kayun di seluruh istana. Diluar dugaan, dia telah menerbitkan peristiwa."
Mendengar itu, Oey Yong kata di dalam hatinya:
"Kalau Loo Boan Tong tidak menerbitkan gara-gara itu barunya namanya heran!"
It Teng Taysu menghela napas.
"Sebenarnya biang peristiwa adalah pada diriku sendiri," ia berkata pula. "Aku adalah satu raja kecil, kerajaanku tidak dapat disamakan dengan kerajaan Song, meski begitu, aku mempunyai sedikit permaisuri dan selir. Ya, inilah dosa. Aku gemar ilmu silat, jarang aku mendekati orang perempuan, bahkan permaisuri, aku menemuinya beberapa hari sekali, maka itu bisa dimengerti, mana ada tempo akan menemui segala selir?"
Berkata sampai di situ, It Teng memandang
keempat muridnya. "Kamu tidak mengetahui tentang ini, sekarang biarlah kamu mendapat tahu juga," ia menambahkan.
Mendengar ini, Oey Yong kata di dalam hatinya:
"Benar-benar mereka tidak tahu, mereka jadinya tidak mendustakan aku."
"Sekalian selirku melihat aku setiap hari berlatih silat, di antaranya ada yang ketarik hati dan minta diajarkan." It Teng mulai pula. "Aku suka mengajari mereka. Aku pikir, pelajaran itu ada baiknya, untuk mereka menjadi bertambah sehat dan panjang umur.
Di antaranya adalah Lauw Kui-hui, yang bakatnya
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
paling baik. Selir ini, begitu diajari, begitu dia bisa. Dia masih muda, dia rajin belajar, dia memperoleh kemajuan pesat. Dasar mau terjadi urusan. Pada suatu hari dia tengah berlatih di taman dia terlihat Ciu Suheng. Ciu Suheng gemar silat, dia polos, dia tidak menghiraukan perbedaan di antara pria dan wanita, begitu melihat Lauw Kui-hui, dia mengajaknya main-main. Tentu sekali Lauw Kui-hui bukanlah
tandingannya?""
Oey Yong terkejut. "Tentulah Loo Boan Tong tidak mengenal kira dan dia melukai kui-hui?"" katanya perlahan.
"Melukai, itulah tidak," It Teng memberitahu. "Baru dua tiga jurus, dia telah menotok hingga kui-hui roboh, lantas dia menanya, kui-hui takluk atau tidak. Pasti sekali Lauw Kui-hui menyerah kalah. Ciu Suheng puas sekali, setelah menotok bebas kepada kui-hui, ia lantas bicara banyak tentang ilmu totok. Memangnya kui-hui sangat ketarik sama kepandaian itu, padaku ia telah minta diajari berulang-ulang. Coba kamu pikir, ilmu kepandaian semacam itu mana dapat diturunkan kepada kui-hui" Sekarang ada ketikanya, ia lantas minta Ciu Suheng mengajarinya."
"Kalau begitu, niscaya Loo Boan Tong puas sekali,"
kata si nona. "Apakah kau kenal Ciu Suheng?" It Teng tanya.
"Kamilah sahabat-sahabat erat!" si nona menyahuti tertawa. "Dia pernah tinggal sepuluh tahun di Tho Hoa To, belum pernah dia pergi satu tindak juga!"
"Dia dapat berdiam begitu lama sedang sifat dia tak suka diam?"
"Sebab dia dipenjarakan ayah!" sahut si nona tertawa. "Baru yang belakangan ini dia dimerdekakan!"
It Teng mengangguk. "Begitu?" katanya. "Apa sekarang dia baik?"


Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Dia baik hanya tabiatnya makin tua makin jadi!"
It Teng bersenyum. Kembali ia meneruskan:
"Sebenarnya ilmu totok itu tidak dapat diajari kecuali
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
ayah dengan gadisnya, ibu dengan putranya dan suami istri. Biasanya guru lelaki tidak menurunkan kepada murid perempuannya dan guru perempuan
tidak kepada murid laki-lakinya?""
"Kenapa begitu supee?"
"Itulah sebab lam lie siu siu put cin," menjawab It Teng.
"Pria dan wanita, tidak dapat bersentuh tangan.
Coba pikir tanpa meraba jalan darah di seluruh tubuh, mana bisa ilmu itu diajari sempurna?"
"Bukankah supee telah menotok sekujur tubuhku?"
si nona tanya. Si pengail dan petani sebal nona ini main potong cerita, mereka mengawasi nona itu dengan mata mendelik. Oey Yong melihat itu, ia balik mendeliki mereka, bahkan dia menegur: "Kenapa" Tak dapatkah aku bertanya?"
It Teng bersenyum. "Dapat, dapat!" katanya lekas. "Kaulah satu bocah, jiwamu pun sangat perlu ditolong, kau mesti dipandang dari jurusan lain."
"Baiklah. Bagaimana selanjutnya?"
"Selanjutnya yang satu mengajari, yang lain mempelajari," It Teng melanjuti ceritanya itu. "Ciu Suheng sedang gagahnya, Lauw Kui-hui sedang
mudanya, tubuh mereka beradu tak hentinya, hari ketemu hari, tanpa merasa, hati mereka berubah, hingga akhirnya mereka mengacau sampai tidak dapat diurus lagi?""
Oey Yong mau menanya atau mendadak ia
mendapat menahan hatinya. Ia pun segera mendengar kelanjutannya cerita: "Lantas ada orang yang memberi laporan padaku. Sebenarnya aku mendongkol, tetapi aku masih memandang Ong Cinjin, aku berpura-pura pilon. Adalah belakangan, hal itu dapat diketahui juga oleh Ong Cinjin."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Urusan apakah sampai tak dapat diurus lagi?"
tanya Oey Yong akhirnya. Ia polos, ia tidak menyangka jelek.
It Teng beragu-ragu sedikit. Rupanya sulit ia mencari kata-kata.
"Mereka itu bukan suami istri tetapi kenyataannya mereka mirip suami istri," sahutnya kemudian.
"Ah, aku tahu sekarang!" berkata si nona. "Loo Boan Tong dan Lauw Kui-hui itu kemudian melahirkan anak?"
"Itulah bukannya," berkata It Teng. "Mereka baru berkenalan kira sepuluh hari lebih kurang, mana bias mereka mendapat anak" Ketika Ong Cinjin mendapat tahu itu, dia ringkus Ciu Suheng dan dihadapkan kepadaku, dia menyerahkannya untuk aku memberi hukuman. Kami kaum persilatan, kami menghargai kehormatan dan persahabatan lebih tinggi daripada urusan orang perempuan, maka aku lantas
membebaskan Ciu Suheng, lantas aku memanggil
Lauw Kui-hui, di situ aku menitahkan mereka menjadi suami istri. Ciu Suheng menampik, dia mengatakan dia tidak tahu bahwa itulah perbuatan salah, bahwa kalau ia tahu itu perbuatan tidak bagus, meski dibunuh juga tidak nanti dia melakukannya. Dia keras menolak menikah dengan Lauw Kui-bui. Ong Cinjin menjadi masgul sekali. Dia kata kalau dia memang tidak tahu Ciu Suheng itu manusia tolol dan tak tahu selatan, tentulah dia sudah membunuhnya."
Oey Yong mengulur lidahnya keluar.
"Sungguh hebat Loo Boan Tong, dia menghadapi bahaya!" katanya.
"Penampikannya itu membuat aku mendongkol,"
berkata It Teng, yang meneruskan ceritanya. "Dengan tandas aku kata padanya: 'Ciu suheng, dengan ikhlas aku menyerahkan kui-hui padamu! Apakah kau
menyangka aku mengandung maksud lain" Bukankah semenjak dulu ada dibilang, saudara ialah tangan dan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
kaki dan istri itu pakaian" Apakah artinya seorang perempuan?"
"Eh, eh, supee, kau memandang enteng wanita!"
Oey Yong memotong. "Kata-kata supee mirip sama ngaco belo!"
Si petani menjadi gusar. "Tak dapatkah kau tidak memotong?" dia tanya bengis.
"Supee omong tidak tepat, itulah mesti dibantah!"
berkata si nona membelar.
Keempat murid itu melongo. Bagaimana mereka
menghormati guru mereka, maka bagaimana "kurang ajarnya" bocah wanita ini.
It Teng sabar luar biasa, dia tidak menggusari si nona. Dia meneruskan perkataannya: "Mendengar perkataanku itu, Ciu Suheng menggeleng kepala.
Maka aku menjadi bertambah gusar. Aku kata
padanya: 'Jikalau kau mencintai dia, kenapa sekarang kau menampik" Jikalau kau memang tidak mencintai, kenapa kau lakukan perbuatanmu itu" Negeriku
memang negeri kecil, tetapi tidak nanti aku
mengijinkan kau menghina kami!' Mendengar itu, Ciu Suheng menjublak sekian lama, akhirnya dia
menjatuhkan diri berlutut di depanku, mengangguk beberapa kali lalu berkata; 'Toan Hongya, aku salah!
Aku pergi sekarang!' Aku tidak menyangka akan putusannya ini, aku tercengang karenanya. Dia lantas mengeluarkan sehelai sapu tangan sutra dari sakunya, dia berikan itu kepada Lauw Kui-hui seraya berkata:
'Ini aku pulangi padamu!' Kui-hui tahu orang bersusah hati, ia tertawa sedih. Ia tidak menyambuti sapu tangan itu, maka sapu tangan itu jatuh di dekat kakiku. Ciu Suheng tidak membilang apa-apa lagi, dia terus berlalu. Sejak itu sudah berselang sepuluh tahun lebih, tentang dia aku tidak mendengar apa-apa lagi. Ong Cinjin menghaturkan maaf berulang-ulang kepadaku, habis itu ia pun berlalu, sampai kemudian aku mendengarnya ia telah meninggal dunia. Ia berhati
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
mulia tidak ada tandingannya, saying?""
"Di dalam ilmu silat, mungkin Ong Cinjin lebih lihay daripada kau, supee," berkata si nona. "Tetapi bicara tentang hati mulia, dia tidak bisa melawan supee sendiri. Habis bagaimana dengan sapu tangan sulam itu?"
Si pelajar berempat tidak puas si nona mengingat selalu sapu tangan itu. Tapi guru mereka berbicara terus: "Aku melihat Lauw Kui-hui menjublak saja, seperti yang ditinggalkan arwahnya, aku jadi
mendongkol. Aku menjumput sapu tangan itu. Di situ aku menampak sulaman sepasang burung wanyoh
memain di air. Hm, tidak salah lagi, itulah barang Lauw Kui-hui untuk kekasihnya. Aku tertawa dingin. Lantas aku membalik sapu tangan itu. Kiranya di situ ada sebaris syairnya?""
Oey Yong sangat tertarik hingga ia lantas menanya:
"Apakah itu berbunyi?" 'Empat buah perkakas tenun?" maka tenunan burung wanyoh bakal
terbang berpasangan?""
Si petani habis sabar, dia membentak: "Kami sendiri tidak tahu, bagaimana kau ketahui itu" Ha, kau ngaco saja, kau main potong tak hentinya!"
Tetapi It Teng sendiri tidak gusar, ia menghela napas. "Benar begitu," sahutnya. "Kau juga ketahui itu?"
Bab 64 ASMARA DI DALAM KERATON
Mendengar suara guru mereka, keempat murid itu tercengang.
Kwee Ceng berlompat seraya berseru: "Aku ingat sekarang! Ketika malam itu Oey Tocu meniup seruling, Ciu Toako tak kuat menahan hatinya, kemudian aku mendengar dia membacakan syairnya itu. Ialah:
'Empat buah perkakas tenun?" maka tenunan
burung wanyoh bakal terbang perpasangan?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
sayang, belum lagi tua, tetapi kepala sudah putih?"
Gelombang musim semi, rumput hijau, dimusim dingin, di dalam tempat tersembunyi, saling berhadapan baju merah?"" Ia menepuk paha kanannya, ia kata pula:
"Tidak salah! Ketika itu aku heran sekali. Di dalam segala-gala, Ciu Toako lebih menang daripada aku tetapi selagi aku tidak terganggu serulingnya Oey Tocu, ia sendiri kelabakan, tak kuat ia
mempertahankan diri, tidak tahunya dia dapat
mengingat peristiwa lama itu hingga pemusatan pikirannya menjadi kacau. Pantaslah dia mencaci orang perempuan! Kau tahu, Yong-jie, dia sampai menasihati aku untuk aku jangan baik dengan
kau?"" "Hm, Loo Boan Tong!" kata si nona mendongkol.
"Lihat kalau nanti aku bertemu padanya, akan aku jewer kupingnya!" Mendadak ia tertawa dan menambahkan: "Ketika di Lim-an aku telah menggodai dia, aku telah mengatakan tidak ada wanita yang akan sudi menikah padanya, agaknya dia mendongkol, rupanya itu pun disebabkan peristiwa itu."
"Maka ketika aku mendengar Eng Kouw
membacakan itu, aku seperti telah pernah
mendengarnya," kata pula Kwee Ceng, "Hanya itu waktu, biar bagaimana aku memikirkannya, tidak juga aku ingat. Eh, Yong-jie, mengapa Eng Kouw pun mengetahui syair itu?"
Ditanya begitu, si nona menghela napas.
"Karena Eng Kouw ialah Kui-hui," sahutnya.
Di antara si tukang pancing berempat, adalah si pelajar yang sudah menduga lima atau enam bagian, maka juga tiga yang lainnya menjadi heran, semua mengawasi guru mereka.
"Kau sangat pintar, Nona," kata It Teng Taysu dengan perlahan, "Tidak kecewa kau menjadi putrinya saudara Yok. Lauw Kui-hui itu mempunyai nama kecil, ialah Eng. Aku pun mulanya tidak mengetahui itu. Itu
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
waktu aku telah melemparkan sapu tangan
kepadanya, lantas aku tidak melihat pula padanya.
Karena aku berduka sekali, aku tidak memperdulikan lagi urusan negara, aku menungkuli diri dengan setiap hari melatih ilmu silat."
"Supee, itu waktu di dalam hatimu kau sangat mencinta dia," kata Oey Yong. "Kau tapinya tidak mengetahui. Kalau tidak, tidak nanti kau menjadi tidak gembira?""
"Nona!" berkata si pelajar berempat. Mereka ini tidak senang nona ini berani bicara demikian macam terhadap guru mereka.
"Apa" Apakah aku salah omong?" Oey Yong balik menanya. "Supee, salahkah aku?"
Air mukanya It Teng Taysu suram. Ia berkata:
"Selama itu lebih dari setengah tahun tidak pernah aku panggil Lauw Kui-hui datang menghadap, akan tetapi di dalam impian, sering aku bertemu dengannya.
Demikian pada suatu malam, habis memimpikan dia, tidak dapat aku melawan niat hatiku, aku mengambil putusan untuk melihat padanya. Aku tidak
memberitahukan niatku kepada thaykam atau dayang, aku pergi sendirian dengan diam-diam. Aku ingin menyaksikan apa yang dia kerjakan. Ketika aku tiba di wuwungan kamarnya, aku mendengar suara anak kecil menangis keluar dari kamarnya itu. Ah?"! Malam itu salju turun banyak dan angin pun dingin sekali, tetapi di atas genting itu aku berdiri lama sekali, sampai fajar, barulah aku turun dan kembali ke kamarku. Habis itu aku mendapat sakit berat."
Oey Yong heran. Seorang raja, dan di tengah
malam buta rata, untuk selirnya, telah mesti menyiksa diri secara begitu.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Sekarang barulah keempat murid itu ketahui kenapa guru mereka - ketika itu ialah junjungan mereka - yang tubuhnya demikian tangguh, telah mendapat sakit yang berat itu.
"Lauw Kui-hui telah mendapat anak, tidakkah itu bagus?" Oey Yong tanya pula. "Supee, kenapa kau tidak menjadi gembira?"
"Anak tolol, anak itu ialah anaknya Ciu Suheng."
"Ciu Suheng pun telah pergi sedari siang-siang, apakah dia telah datang pula secara diam-diam menemui kui-hui?"
"Tidak. Apakah kau belum pernah dengar orang menyebutnya kandungan sepuluh bulan?"
Si nona itu agaknya sadar.
"Ah, aku mengerti sekarang!" katanya. "Pasti anak itu terlahir mirip Loo Boan Tong, kupingnya lebar dan hidungnya mancung, kalau tidak, mana kau ketahui dialah anaknya Loo Boan Tong!"
"Itulah bukannya. Sudah satu tahun lebih aku tidak mendekati kui-hui, maka itu anak itu pasti bukan anakku."
Oey Yong berdiam, urusan itu gelap untuknya.
"Aku jatuh sakit hingga setengah tahun lebih," kata It Teng kemudian, "Setelah sembuh, aku tidak suka memikirkan pula urusan itu. Kemudian lewat dua tahun lebih, pada suatu malam, selagi aku bersemedhi di dalam kamarku, mendadak Lauw Kui-hui datang, dia menyingkap gorden dan nerobos masuk, Thaykam dan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
dua siewi yang menjaga di luar pintu mencegah, tetapi mereka kena dihajar. Ketika aku menoleh, aku melihat kui-hui menggendong anaknya itu. Aku mendapatkan dia bermuka pucat, dengan lantas dia bertekuk lutut di depanku dan menangis menggerung-gerung, sambil mengangguk-angguk, dia kata: 'Aku mohon belas kasihan hongya, supaya anak ini dikasih ampun. '"
"Aku berbangkit, akan melihat anak itu. Dia bermuka merah, napasnya memburu. Ketika aku
menggendong dan memeriksa, aku mendapatkan
tulang iganya patah lima biji. Kui-hui masih menangis, ia kata: 'Hongya aku bersalah, aku harus mati, tetapi aku mohon anak ini diberi ampun.' Aku tanya, anak itu kenapa. Dia mengangguk-angguk terus, dia tidak menjawab aku hanya tetap mohon aku mengampuni anaknya itu. 'Mohon hongya mengampuni dia,' katanya ketika aku menanya pula, hingga aku menjadi heran sekali. 'Kalau hongya menghendaki kematianku, aku tidak penasaran hanya ini anak, ini anak?"'"
"'Siapa yang menghadiahkan kematian padamu"!'
Aku tanya pula. Sebenarnya kenapa anak ini terluka?"
"Kui-hui mengangkat kepalanya, ia mengawasi aku.
'Apakah bukan hongya yang menitahkan siewi untuk menghajar mati anak ini"' Dia tanya. Aku menjadi heran. Mesti ada apa-apa pada kejadian itu. 'Jadi dia dilukai oleh siewi"' Aku tanya. 'Budak yang mana yang begitu bernyali besar"' Dia terkejut. 'Oh, jadi bukannya hongya yang menitahkan" Kalau begitu, anak ini bakal ketolongan?"!' Habis berkata begitu dia pingsan."
"Aku heran sekali, aku pun merasa kasihan melihat keadaannya kui-hui itu. Aku mengangkat dia bangun, direbahkan di pembaringan. Selang sekian lama, baru dia sadar. Dia lantas menangis, sembari dia
menuturkan duduknya kejadian. Katanya, dia lagi
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
menepuk-nepuk anaknya untuk ditiduri, mendadak dari luar jendela berlompat masuk satu orang, ialah satu siewi yang mukanya bertopeng, anaknya lantas
dirampas dan diangkat, dihajar punggungnya. Kui-hui kaget, dia mencegah. Siewi itu menolak kui-hui, lagi sekali dia menghajar anak itu, kemudian dia tertawa dan berlompat pergi. Kui-hui tidak mengejar, ke satu siewi itu kosen sekali, kedua dia menyangka siewi itu diperintah olehku. Itulah sebabnya kui-hui lantas membawa anaknya itu datang padaku, untuk minta ampun. Aku menjadi semakin heran. Aku memeriksa teliti anak itu, aku tidak mendapat tahu dia terlukakan pukulan ilmu silat apa. Aku mendapatkan ada otot anak itu yang putus. Aku lantas pergi ke kamar kui-hui, untuk melakukan pemeriksaan, sebab aku percaya si penjahat bukan sembarang orang. Kemudian di atas genteng aku melihat tapak kaki. Aku lantas kata pada kui-hui: 'Penjahat itu lihay sekali, terutama ilmunya enteng tubuh. Di dalam negeri Tali ini, kecuali aku, tidak ada orang yang kedua yang lihay sebagai dia.'
Kui-hui menjadi kaget, ia berkata; 'Mustahilkah dia"
Perlu apa dia membinasakan anaknya sendiri"'
Berkata begitu, mukanya menjadi pucat seperti muka mayat."
Oey Yong terkejut. "Tidak nanti Loo Boan Tong berbuat demikian?""
katanya perlahan. "Ketika itu aku justru menduga pada Ciu Suheng,"
berkata It Teng Taysu, "Kecuali dia, tidak ada orang yang segagah dia. Aku pun menduga, mungkin dia berbuat begitu sebab dia tidak sudi mempunyai anak itu, yang bakal membikin dia malu. Ketika kui-hui mendengar dugaanku itu, ia malu dan cemas, ia kaget.
Mendadak ia kata: 'Tidak, pasti bukan dianya! Suara tertawanya orang itu bukan suara tertawanya.' Aku
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
berkata: 'Kau sedang kaget dan ketakutan, mungkin kau kurang jelas"' Tapi ia berkeras, ia kata: 'Suara tertawanya orang itu aku akan ingat buat selama-lamanya, meski aku menjadi setan, tidak nanti aku lupa! Bukan, bukannya dia!'"
Mendengar itu, semua orang menggigil sendirinya tanpa merasa.
Kwee Ceng dan Oey Yong lantas membayangi
roman Eng Kouw ketika si nyonya mengertak gigi.
"Mendengar perkataannya kui-hui, aku jadi percaya," It Teng bercerita pula. "Hanya aku tidak bisa menerka si penjahat. Dia begitu kosen, kenapa dia hendak membinasakan seorang anak kecil" Aku
sampai menduga-duga kepada murid-muridnya Cinjin umpama Ma Giok, Khu Cie Kee dan lainnya. Mungkin mereka hendak melindungi nama baik partai mereka maka mereka melakukan perjalanan jauh guna
melakukan pembunuhan itu?""
Kwee Ceng hendak membuka mulutnya atau ia
mengurungkan itu. Ia tidak seberani Oey Yong, yang tak takut memotong pembicaraan orang suci itu.
"Kau hendak membilang apa?" It Teng Taysu menanya kapan ia melihat orang batal bicara.
"Ma Totiang, Khu Totiang dan lainnya itu adalah orang-orang suci dan gagah, tidak nanti mereka melakukan perbuatan serendah itu," Kwee Ceng bilang.
"Ong Cie It itu pernah aku menemuinya di Hoa San, dia memang seorang laki-laki," kata It Teng, "Tentang yang lainnya, aku tidak tahu. Memang, kalau benar mereka, dengan satu hajaran saja mereka dapat
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
membinasakan anak itu, maka kenapa mereka
menghajar hanya setengah mati?"
Sembari bicara, pendeta ini sembari berpikir. Sudah belasan tahun, ia masih belum dapat memecahkan keragu-raguannya itu. Ruang itu menjadi sunyi sekali.
"Baiklah, nanti aku menuturkan terus," katanya kemudian.
Tiba-tiba Oey Yong berlompat.
"Tidak salah lagi, dia pastilah Auwyang Hong!"
katanya. "Belakangan aku juga pernah menduga dia," kata It Teng, "Hanya kemudian aku berpikir juga, mustahil dia yang berada jauh di wilayah Barat, sedang dia juga bertubuh tinggi dan besar. Menurut kui-hui, si orang jahat ada terlebih kate dan kecil dari kebanyakan orang."
"Benar-benar heran," kata si nona.
"Ketika itu aku sangsi memikirkan anak itu," It Teng berkata pula. "Dia terlukakan tak lebih hebat daripada lukamu, nona, hanya dia masih kecil sekali, tubuhnya sangat lemah, maka untuk mengobati dia, aku mesti mengorbankan tenaga dalamku. Aku jadi bersangsi sebab aku tahu, di dalam rapat yang kedua di gunung Hoa San nanti, pasti aku tidak dapat turut mengambil bagian. Beberapa kali aku hendak menampik, aku gagal. Aku gagal. Aku kasihan melihat Kui-hui, yang menangis saja. Ah, benarlah kata Ong Cinjin bahwa kitab itu bisa mendatangkan kegaduhan dan
mencelakai banyak orang. Buktinya aku sendiri, karena memikirkan kitab itu, aku menjadi lain dari biasanya. Lama aku berpikir, baru aku mengambil
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
keputusan untuk mengobati anak itu. Selama aku berpikir itu, aku merasa akulah seorang hina dina mirip dengan binatang. Aku pun masih tidak dapat
mengubah kelakuanku meskipun aku sudah
mengambil keputusan itu, aku menganggapnya aku menolong lantaran tidak bisa menolak permohonan sangat dari Lauw Kui-hui."
"Supee, aku membilang kau sangat mencinta dia, sedikit pun kau tidak salah," berkata Oey Yong.
It Teng seperti tidak mendengar perkataan si nona, dia berkata terus: "Ketika Kui-hui mendengar jawabanku, dia girang sampai dia pingsan. Lehih dulu aku uruti dia, untuk menyadarkannya, baru aku menolongi anaknya itu. Aku menguruti bocah itu dengan Sian Thian Kang. Ketika aku membuka otonya, aku terkejut. Oto itu memakai sulaman sepasang burung wanyoh serta syairnya itu. Oto itu terbuat dari sapu tangan yang Ciu Suheng dulu hari
melemparkannya kepadanya. Selagi aku terbengong, kui-hui rupanya melihat sikapku itu. Maka ia mengertak gigi, ia mengeluarkan pisau belati, yang ia tujukan ke dadanya. Ia kata, 'Hongya, aku tidak ingin hidup pula di dunia, maka itu aku memohon belas kasihanmu, kau tolongilah anak ini. Aku menukar dia dengan jiwaku, nanti di lain dunia, aku akan menjadi anjing dan kuda guna membalas budimu ini.' Lantas ia menikam
dadanya." Semua orang terkejut, meski mereka tahu Lauw
Kui-hui toh masih hidup. Itulah sebab hebatnya suasana yang diciptakan penuturannya It Teng Taysu.
Pendeta ini bercerita terus, tapi sekarang ia seperti berbicara seorang diri. Ia kata: "Segera aku mencegah perbuatan Kui-hui dengan merampas pisau belatinya itu. Aku berlaku cepat tetapi toh dadanya tergores juga sedikit hingga dia mengucurkan darah. Karena aku
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
khawatir dia nanti mencoba membunuh diri lagi, aku totok jalan darah di tangan dan kakinya hingga dia tidak dapat bergerak. Habis membalut lukanya, aku kasih di duduk di kursi, untuk beristirahat. Dia tidak membilang apa-apa, dia cuma mengawasi aku,
matanya menunjuki kedukaannya yang sangat. Aku pun berdiam saja. Maka di situ Cuma terdengar suara napasnya si anak kecil, napas yang mendesak.
Mendengar napas bocah itu, aku jadi ingat segala kejadian yang telah berlalu. Aku ingat bagaimana mulanya dia masuk ke istana, bagaimana aku
mengajari dia silat. Aku menyayangi padanya dan dia selalu menghormati aku, dia agak jeri, dengan teliti dia merawat aku, belum pernah dia membantah, hanya bahwa dia tidak pernah mencintai aku, inilah aku tidak tahu, baru aku menginsyafinya setelah datang itu hari yang dia jatuh hati kepada CiuSuheng. Demikian sifatnya kalau seorang wanita mencintai seorang pria.
Dia bengong mengawasi sapu tangannya itu, dia bengong mengawasi Ciu Suheng berlalu untuk
selamanya. Sinar matanya itu membuat aku tidak tentram tidur dan tidak bernapsu dahar. Sekarang aku melihat pula sinar matanya itu, sekarang disaat dari hancurnya hatinya pula. Cuma sekarang bukan untuk kekasihnya, hanya untuk anaknya."
It Teng berdiam sejenak. "Seorang laki-laki diperhina demikian, tidak dapat apapula aku seorang raja! Maka itu, mengingat demikian, hatiku menjadi panas. Dengan tiba-tiba aku menendang bangku gadis di depanku hingga bangku itu rusak. Ketika kemudian aku menoleh pada kui-hui, aku terkejut, aku melengak. 'Eh, rambut?" rambutmu itu kenapa"' Aku tanya dia. Dia seperti tidak mendengar perkataanku, dia terus mengawasi
anaknya. Dulu-dulu aku tidak mengerti orang
mempunyai sinar mata demikian itu, sekarang baru
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
aku menginsyafinya. Berapa besar dia harus
dikasihani. Dia rupanya telah mengerti yang aku tidak sudi menolongi anaknya itu, maka selama dia masih hidup, ingin dia memandang anaknya itu, makin lama makin baik. Aku mengambil kaca, aku bawa itu
kepadanya. 'Lihat rambutmu,' aku kata padanya.
Dalam tempo yang sangat pendek itu, dia seperti menjadi lebih tua beberapa puluh tahun, sedang dia sebenarnya baru berumur sembilan belas tahun.
Disebabkan kaget, takut, berduka, menyesal,
penasaran, putus harapan, mendadak ramhutnya itu berubah menjadi uban!"
"Dia tidak memperhatikan sedikit juga roman atau rambutnya itu. Dia menyangka aku pakai kaca untuk menghalangi dia mengawasi anaknya itu. Dia kata padaku, 'Angkat kaca itu.' Dia bicara tegas sekali, dia seperti lupa akulah raja ialah junjungannya. Aku menjadi heran. Aku tahu dia biasanya sangat
menyayangi paras mukanya. Aku menyingkirkan kaca, maka terus dia mengawasi anaknya itu. Ah, kalau dia ada seribu arwahnya, tentulah dia serahkan semua itu kepada anaknya, asal anaknya itu hidup. Aku mengerti bagaimana perasaannya itu. Dia ingin mati untuk anaknya itu."
Kwee Ceng dan Oey Yong saling mengawasi. Di
dalam hatinya, mereka saling mengatakan: "Kalau aku pun menampak kesukaran seperti itu, apakah kau juga dapat mengawasi aku demikian rupa?" Tanpa merasa mereka saling menyodorkan tangan, untuk saling memegang erat-erat, hati mereka berdenyutan, tubuh mereka dirasai hangat.
"Sebenarnya aku merasa tidak tega," It Teng kemudian melanjuti ceritanya, "Aku berniat menolongi anak itu, apa mau, sapu tangan itu tetap berada di dadanya. Itulah sulaman sepasang burung wanyoh,
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
yang saling menyenderkan leher mereka. Kepalanya burung itu putih. Itulah lambang untuk hidup bersama hingga di hari tua. Maka kenapakah, sebelum tua tetapi rambut sudah putih terlebih dulu" Maka melihat rambut putihnya itu, dengan sendirinya aku
mengeluarkan keringat dingin. Mendadak hatiku menjadi keras hati. Aku kata padanya: 'Baiklah, kamu boleh menjadi tua bersama, biarlah aku bersia-sia sendiri di istana sunyi ini tetap sebagai kaisar! Dialah anak kamu berdua, kenapa aku mesti mengorbankan diri untuk menolong menghidupi dia"' Dia memandang aku. Itulah pandangannya yang terakhir. Pada mata itu tertampak sinar kedukaan, penasaran, permusuhan.
Semenjak itu, dia tidak pernah melihat aku lagi.
Sebaliknya aku, tidak dapat melupakan sinar mata itu.
Dia kata dengan dingin. 'Kau lepaskan aku, aku hendak menggendong anakku!' Perkataannya itu mirip firman, membuatnya orang susah membantahnya.
Maka aku membebaskan dia dari totokan. Dia
menggendong anaknya itu. Anak itu pasti terluka parah hingga tidak dapat ia menangis, mukanya bersinar gelap, matanya mengawasi ibunya, mungkin ia minta ditolongi. Aku sendiri sejenak itu, aku tidak mempunyai rasa kasihan sedikit juga. Aku hanya melihat, rambut hitamnya berubah menjadi putih. Mungkin itulah perasaan belaka. Lalu aku mendengar dia berkata halus pada anaknya: 'Anak, ibumu tidak mempunyai kepandaian untuk menolongi kau, ibumu tidak dapat membiarkan kau tersiksa lebih lama, maka, anak kau tidurlah biar nyenyak?" Tidur, anak tidur, untuk selama-lamanya jangan kau mendusin pula!' Aku mendengar dia bernyanyi perlahan, menyanyikan lagu mengeloni anak tidur. Sedap nyanyiannya itu?" Ya, begini, nah kau dengarlah!"
Orang heran. Si pendeta mengatakan demikian
tetapi di situ tidak ada terdengar suara nyanyian.
Mereka saling mengawasi, mereka terkejut.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Suhu!" kata si pelajar. "Kau telah bicara terlalu banyak, kau lelah, baiklah kau beristirahat."
It Teng seperti tidak mendengar. Dia berkata pula:
"Anak itu bersenyum. Hanya sejenak, saking sakitnya, dia bergelisah. Lantas ibunya berkata pula padanya halus sekali: 'Jantung hatiku, kau tidurlah, nanti lenyap semua rasa sakitmu, sedikit juga tidak sakit lagi?"'
Sekonyong-konyong terdengar suara menumblas dan pisau belati telah nancap di dadanya!"
Oey Yong kaget hingga ia menjerit, kedua
tangannya memeluk lengannya Kwee Ceng.
Si pelajar berempat pun kaget tidak terhingga, muka mereka menjadi pucat.
Hebat penuturannya It Teng itu, yang sebaliknya berbicara terus: "Aku kaget, aku terhuyung, terus aku jatuh ke lantai. Dalam keadaan lapat-lapat aku tidak tahu memikir apa. Aku banya ingat dia berbangkit dengan perlahan-lahan, dengan perlahan dia kata:
'Akhirnya akan ada satu hari yang aku, dengan pisau belatiku ini, nanti menumblas ulu hatimu.' Dia menunjuk pada gelang kumala di tangannya, dia kata pula: 'Inilah gelang yang di hari aku masuk ke istana kau memberikan kepadaku. Kau tunggu saja, di itu hari yang gelang kumala ini aku kembalikan padamu, maka itu hari juga pisau belati ini akan turut datang.'"
Sambil berkata begitu, It Teng putar gelang itu di jari tangannya. Ia bersenyum.
"Inilah gelang kumala itu," katanya. "Aku telah menantikan belasan tahun ini hari tibalah harinya itu!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Supee, dia membunuh sendiri anaknya, ada apa sangkutannya itu dengan kau?" Oey Yong tanya. "Pula dia telah mencelakai kau dengan racun, maka
meskipun ada permusuhan dulu hari itu, bukankah itu sudah impas" Biarlah, sebentar di kaki gunung, akan kami menyuruh dia pergi, supaya dia jangan datang mengganggu pula?""
Tepat selagi si nona berkata itu, satu kacung hweeshio datang masuk.
"Suhu," katanya, "Dari kaki gunung ada lagi yang mengantarkan ini?""
Dengan kedua tangannya, kacung itu menyerahkan sebuah bungkusan kecil.
It Teng menyambuti, untuk terus dibuka. Untuk kagetnya semua orang, hingga mereka berseru, itulah sehelai oto bersulamkan burung wanyoh, sulaman burungnya hidup sekali, cuma suteranya sudah
berubah kuning. Di antara kedua ekor burung itu ada satu liang bekas tusukan pisau, di samping liang ada bagian yang hitam, sisa darah.
It Teng meletaki oto itu di lantai, ia bengong mengawasi. Sekian lama ia berdiam, romannya
berduka, lalu dia berkata: "Inilah sulaman burung wanyoh yang mau terbang berpasangan. Hm, mau
terbang berpasangan, tetapi akhirnya menjadi impian belaka. Dia menggendong anaknya, dia berlompat keluar jendela, sembari berlalu dia tertawa keras dan lama. Setibanya di luar, dia lompat naik ke atas genting, sekejap saja dia lenyap. Aku menjadi tidak dahar dan tidak minum, tiga hari tiga malam aku memikirkannya. Diakhirnya aku sadar, maka itu, aku mewariskan mahkota kepada anakku yang sulung, aku sendiri lantas masuk menjadi pendeta." Dia menunjuk
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
empat muridnya, akan menambahkan: "Mereka ini lama telah mengikuti aku, mereka tidak suka
berpisahan, maka mereka turut aku pergi ke Inlam Barat, ke kuil Liong Coan Sie. Mulanya selama tiga tahun pertama, mereka membantu putraku
memerintah. Mereka membantu dengan bergiliran.
Kemudian, setelah putraku sudah mengerti tugasnya, dan justru telah terjadi itu peristiwa di Tay Soat San di mana Auwyang Hong melukai muridku ini, kita lantas pindah ke mari. Sejak itu kita tidak kembali ke Tali.
Hatiku keras, aku tidak suka menolong anak itu, maka itu selanjutnya, sampai belasan tahun hingga sekarang ini, siang dan malam, aku merasa hatiku tidak tenang.
Aku memikir untuk lebih banyak menolongi orang, guna menebus dosaku yang besar itu. Mereka ini tidak mengetahui kesengsaraan hatiku, mereka selalu mencegah. Ah, taruh kata aku dapat menolong selaksa jiwa, anak itu toh tetap mati. Kalau bukan aku membayarnya dengan jiwaku sendiri, mana dosa itu dapat ditebus" Maka setiap hari aku menanti-nanti kabar dari Eng Kouw, menanti dia membawa pisau belatinya untuk menumblas dadaku. Aku tadinya berkhawatir dia tak keburu datang, nanti aku mati terlebih dulu, kalau begitu, hebat untukku. Tapi bagus, sekarang temponya telah tiba, harapanku bakal terkabul. Ah, sebenarnya, buat apa dia menaruh racun di dalam obat Kiu Hoa Giok Louw Wan" Kalau aku tahu, dia bakal segera datang, tak usah suteeku menolongi aku menyingkirkan racun itu."
Oey Yong tapinya tidak senang.
"Perempuan itu jahat!" ia kata sengit. "Rupanya dia telah ketahui tempat kediaman supee ini, karena khawatir tidak bisa melawan, dia menantikan ketikanya yang baik, maka kebetulan sekali aku terlukakan Khiu Cian Jin, dia sambar ketika ini dia pakai aku sebagai perkakas. Pantas dia menunjuki aku tempat supee. Dia
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
rupanya memikir untuk lebih dulu membikin habis tenaga supee, baru dia mau turun tangan sendiri. Aku menyesal yang diriku kena dipermainkan dia! Supee, kenapa gambarnya Auwyang Hong itu bisa berada di tangannya" Ada apa hubungannya dia dengan gambar itu?"
It Teng mengambil sebuah kitab dari atas mejanya dan membalik lembarannya. Ia berkata. "Gambar ini mempunyai lelakon seperti ini. Di sebuah kota di India ada seorang raja yang sujud. Pada suatu hari seekor burung dara terbang kepadanya meminta
perlindungan. Burung dara itu dikejar seekor elang.
Burung ini meminta burung dara itu, katanya, kalau tidak, dia bakal mati kelaparan. Sulit untuk raja itu, sebab menolong yang satu berarti mencelakai yang lain. Maka akhirnya ia mengambil pisau dan memotong dagingnya sendiri. Si burung elang meminta daging raja yang sama beratnya seperti burung dara itu, maka daging itu ditimbang. Kenyataannya burung dara itu berat luar biasa, daging raja tidak cukup kendati ia sudah memotong seluruh anggota tubuhnya. Ketika raja menimbangkan tubuhnya juga, maka
bergoyanglah bumi, langit bergembira, bidadari-bidadari menyebar bunga, harumlah semua jalan, maka juga naga langit dan setan-setan yang berada di udara pada menghela napas dan berkata: 'Siancay, siancay. Kegagahan sebagai ini, sungguh belum pernah ada!'"
Itulah dongeng tetapi demikian rupa It Teng
menuturnya, semua orang jadi tergerak hatinya.
"Sekarang aku mengerti, supee," berkata Oey Yong. "Dia khawatir supee tidak suka menolong mengobati aku, dia sengaja menunjuki gambar itu untuk membikin hati supee tertarik."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Benar begitu," kata It Teng bersenyum. "Ketika dulu hari itu dia meninggalkan Tali, tentu hatinya gusar dan penasaran, tentu dia mencari orang gagah, entah bagaimana, dia bertemu sama Auwyang Hong. Pasti Auwyang Hong mengetahui maksud orang maka ia
menolong melukis gambar itu. Kitab ini tersiar luas di Wilayah Barat dan Auwyang Hong adalah orang sana, tentu dia mengetahuinya dengan baik."
"Sungguh jahat!" kata Oey Yong sengit. "Si bisa bangkotan menggunai Eng Kouw dan Eng Kouw
menggunai aku, ini dia akal jahat meminjam golok membunuh lain orang!"
"Jangan kau gusar," berkata It Teng menghela napas. "Umpama kata dia tidak bertemu sama kau, mesti dia akan melukakan orang, yang dia
menyuruhnya datang ke mari meminta aku
menolonginya. Cumalah, siapa tidak mempunyai


Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

kepandaian, tidak dapat dia datang ke mari. Sudah lama Auwyang Hong melukis gambar ini, maka itu rencananya pasti telah diatur semenjak sepuluh tahun yang lampau. Bukankah ini pun semacam jodoh?"
"Benar, supee. Tapi ia masih mempunyai satu maksud lain, yang lebih penting daripada urusannya dengan supee ini."
It Teng heran. "Apakah itu?" ia tanya.
"Loo Boan Tong kena dikurung ayahku di Tho Hoa To, dia hendak pergi menolongi," si nona menerangkan. Ia menerangkan bagaimana Eng Kouw mencoba mempelajari Kie-bun-sut, supaya bisa
memasuki Tho Hoa To. Kemudian ia menambahkan;
"Kemudian Eng Kouw ketahui, ia belajar lagi seratus tahun juga tidak nanti ia dapat melawan ayahku, maka justru ia melihat aku terluka, lantas ia?""
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Mendengar itu It Teng tertawa panjang, lalu ia berbangkit.
"Sudah, sudah!" katanya. "Segala apa terjadi secara kebetulan, maka sekarang tentulah dia puas!" Ia berpaling kepada empat muridnya, untuk memerintah:
"Pergi kamu menyambut dengan baik pada Lauw Kui-hui! Eh, bukan! Kamu menyambut Eng Kouw, kau ajak dia datang kemari. Sedikit juga kamu tidak boleh berlaku tidak hormat kepadanya."
Tanpa berjanji, keempat murid itu menekuk lutut mendekam akan menangis menggerung-gerung.
"Suhu!" kata mereka.
It Teng Taysu menghela napas. Ia kata: "Kamu telah mengikuti aku untuk banyak tahun, mungkinkah kamu masih belum tahu hati gurumu?" Ia menoleh kepada Kwee Ceng dan Oey Yong, untuk mengatakan;
"Aku hendak meminta sesuatu kepada kamu."
"Titahkan saja, supee," menyahut si anak muda.
"Bagus!" kata pendeta itu, "Sekarang pergilah kamu turun gunung. Seumurku, aku banyak berhutang
kepada Eng Kouw, maka itu kalau di belakang hari dia menemui sesuatu bahaya, aku minta dengan
memandang aku si pendeta tua, haraplah kamu
membantui dia secara sungguh-sungguh. Umpama
kata kamu dapat merangkap jodoh dia dengan jodoh Ciu Suheng, aku akan lebih-lebih lagi bersyukur."
Dua muda-mudi itu tercengang, mereka saling
mengawasi. Bukankah Eng Kouw datang untuk
menuntut balas" Dengan perbuatannya ini, bukan saja It Teng menutup pintu bagi siapa yang hendak
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
menuntut balas untuknya, dia pula mau membalas kejahatan dengan kebaikan.
Menampak dua orang itu berdiam, It Teng bertanya;
"Apakah permintaanku si pendeta tua ini sulit untuk kamu menjawabnya?"
Oey Yong masih bersangsi tetapi ia menjawab:
"Kalau supee minta begitu, baiklah, kami menerima baik." Ia lantas menarik ujung baju Kwee Ceng, untuk diajak sama-sama memberi hormat, guna meminta diri.
"Kamu tak usah bertemu muka sama Eng Kouw," It Teng kata pula. "Maka pergilah kamu turun dari gunung belakang."
Oey Yong menyahuti, ia tarik Kwee Ceng untuk
diajak pergi. Keempat murid itu melihat wajah si nona tenang saja, diam-diam mereka mencaci nona itu tidak berbudi, sebab mereka anggap nona itu tidak
memikirkan keselamatannya orang yang telah
menolongi dia. Kwee Ceng mengikuti tanpa bicara. Ia tidak percaya Oey Yong demikian tidak berbudi. Ia percaya si nona ada punya maksud lain. Ketika mereka sampai di mulut pintu, si nona lantas berbisik padanya, atas mana ia mengangguk-angguk, terus ia bertindak kembali, tindakannya perlahan.
It Teng berkata pada pemuda itu; "Kau jujur dan setia, di belakang hari kau pasti akan berhasil melakukan sesuatu yang besar. Maka itu, urusan Eng Kouw pun aku perserahkan padamu."
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng menyahuti baik, akan tetapi berbareng dengan itu, dengan mendadak sekali, dengan
kesebatannya yang luar biasa, ia menyambar
lengannya si pendeta bangsa India di sisi It Teng Taysu, menyusul mana tangan kiri menotok dua jalan darah hoa-kay dan thian-cu dari pendeta itu, hingga si pendeta tak dapat berkutik dalam detik itu juga.
Kejadian ini membikin si pelajar berempat menjadi sangat kaget dan heran.
"He, kau bikin apa?" mereka menegur.
Tindakannya Kwee Ceng belum selesai. Ia tidak memberikan penyahutan kepada empat orang itu, sebaliknya tangan kirinya lantas menyambar ke pundaknya It Teng Taysu.
Menampak sambaran itu, It Teng menggeraki
tangan kanannya, gesit luar biasa, ia menyambut tangan kiri si anak muda, untuk ditangkap.
Kwee Ceng menjadi kaget dan heran. Ia tidak
menyangka pendeta itu masih bisa menghindarkan diri dari sambarannya. Itulah kepandaian dahsyat, yang ia baru pernah menyaksikannya. Hanya ia mendapat kenyataan, ketika kedua tangan saling membentur, tenaganya si pendeta lemah sekali, maka ia lantas memutar tangannya untuk membalas menangkap.
Berbareng dengan itu, dengan tangan kanannya, Kwee Ceng menggunai jurus "Naga sakti menggoyang ekor", guna memukul mundur si pengail dan si tukang kayu, yang menyerang ia dari samping. Sebab kedua murid pendeta itu, dalam kagetnya, sudah lantas menerjang, untuk menolongi guru mereka. Mereka ini cuma bisa maju satu kali saja, lantas mereka dibikin tidak berdaya. Si anak muda meneruskan menotok dua jalan darah mereka, hong-bwee dan ceng-ciok.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Ketika itu Oey Yong juga sudah turun tangan.
Dengan tongkatnya ia mendesak mundur si petani sampai di muka pintu.
Si pelajar menjadi kelabakan.
"Berhenti, berhenti!" ia berseru berulang-ulang.
"Mari kita bicara dulu!"
Si petani menjadi seperti kalap, dia berkelahi nekat sekali, hendak dia merangsak, akan tetapi dia dirintangi tongkat kaum Pengemis, saban-saban kena dipaksa mundur pula.
Kwee Ceng sekarang menerjang keluar dari kamar suci, dia paksa memukul mundur kepada si pengail, si tukang kayu dan si pelajar juga, hingga mereka ini terpaksa mundur setindak demi setindak.
Oey Yong dalam melayani si petani telah menotok ke arah alis lawannya itu. Petani itu terkejut, dia berteriak, dengan terpaksa dia berkelit sambil berlenggak sambil berlompat juga.
"Bagus!" berseru si nona selagi orang mundur, lalu dengan sebat ia menutup pintu. Sekarang ia tertawa haha-hihi dan mengatakan: "Tuan-tuan, tahan, hendak aku bicara!"
Si tukang kayu dan si tukang pancing telah
menangkis serangannya Kwee Ceng, mereka
merasakan tangan mereka sakit, mereka terhuyung mundur beberapa tindak, meski begitu, ketika si anak muda maju, mereka pun maju pula dengan berbareng, guna melawan terus. Di dalam keadaan seperti itu, mereka tidak kenal takut.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng telah mendengar suara kawannya, ia
berhenti untuk melayani terlebih jauh, cepat-cepat ia menarik pulang tangannya, sembari memberi hormat, ia kata; "Maaf! Maaf!"
Keempat murid It Teng menjadi heran dan
melengak karenanya. Oey Yong segera berkata; "Kami telah menerima budi guru kamu, budi yang besar sekali, sekarang guru kamu berada dalam bahaya cara bagaimana kami bisa berpeluk tangan menonton saja" Maafkan perbuatan kami ini ada berhubung sama maksud kami untuk memberi pertolongan."
Si pelajar menjura. "Musuh majikan kami itu ialah majikan kami juga," ia berkata. "Di antara kita orang ada tingkat tinggi dan rendah, karena itu, kalau majikan kami yang wanita itu datang ke mari, kami tidak berani turun tangan terhadapnya. Juga guru kami, karena kematiannya sang putra selama belasan tahun, tidak tentram hatinya, maka itu kalau sebentar Lauw Kui-hui datang, jangan kata memangnya telah lenyap kepandaiannya, walaupun ia masih gagah, ia tentu bakal mandah dibunuh Lauw Kui-hui. Maka hal itu sangat menyulitkan kami, kami tidak berdaya. Dari itu nona, jikalau kamu bisa menunjuki jalan keluar kepada kami, meski tubuh kami hancur lebur, tidak nanti kami melupakan budimu yang besar itu."
Melihat orang bicara demikian sungguh-sungguh, Oey Yong tidak mau bergurau pula.
"Kami mulanya mengharap bantuannya si orang India yang menjadi paman guru kamu," ia berkata,
"Kami tidak menyangka, dia sebenarnya tidak mengerti
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
ilmu silat, karena itu sekarang aku mesti menukar siasat. Tindakan ini luar biasa, besar bahayanya.
Umpama kata kita berhasil, di belakang hari tidak bakal ada ancaman bahaya lagi, Eng Kouw sangat licin, kepandaiannya juga tinggi, dari itu aku masih berkhawatir. Aku bodoh, aku tidak dapat memikir lain jalan lagi?""
Si pelajar berempat mengawasi.
"Ingin kami mendengar keterangan nona," kata si pelajar.
Oey Yong menggeraki alisnya yang bagus, terus ia memberikan keterangannya, mendengar mana,
keempat muridnya It Teng saling mengawasi, hingga sekian lama mereka tidak dapat membuka suara.
* * * Ketika sang lohor tiba, dengan perlahan-lahan, sang Batara Surya turun ke belakang gunung. Tinggal angin gunung, yang masih meniup-niup, membuatnya
bergoyang-goyang pepohonan di depan kuil. Juga daun-daun kering di pengempang mengasih dengar suaranya yang halus. Tinggallah sinar layung, yang membuatnya puncak gunung berbayang, rebah
bagaikan satu raksasa?"
Si tukang pancing berempat duduk bersila di
ujungnya jembatan batu, mata mereka diarahkan ke ujung lain dari jembatan itu. Hati mereka masing-masing tidak tentram. Lama mereka menanti, sampai sang magrib tiba. Beberapa ekor gagak terbang dengan suaranya yang berisik, terbang pergi ke selat gunung.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Masih di ujung jembatan sana tak nampak siapa juga.
"Mudah-mudahan Lauw Kui-hui mengubah
pikirannya," berkata si tukang pancing di dalam hatinya. "Di dalam hal ini, suhu tidak dapat dipersalahkan. Biarlah dia tak datang untuk selama-lamanya?""
"Lauw Kui-hui sangat cerdik, tentulah ia sekarang lagi memikirkan akal muslihatnya," si tukang kayu berpikir lain.
Si petani adalah yang paling tak sabaran.
"Biarlah dia datang lebih siang, supaya urusan pun beres lebih siang!" pikirnya. "Biar bahaya biar rejeki, biar baik biar jahat, biarlah lekas ada keputusannya!
Dikatakan datang, dia tidak datang, apa itu tidak membikin orang bergelisah?"
Si pelajar sebaliknya pikir; "Makin lambat dia datang, makin berbahaya ancaman bencananya.
Sebenarnya soal sulit sekali?""
Sebetulnya pelajar ini pintar dan pandai berpikir, belasan tahun dia menjadi perdana menteri negara Tali, pernah dia menghadapi banyak perkara besar dan peperangan juga, tetapi belum pernah dia
menghadapi saat tegang sebagai ini. Maka dia jadi berpikir keras, apapula ketika itu, cuaca jadi semakin gelap, di tempat jauh di sana, tak nampak suatu apa, kecuali suara yang menyeramkan dari si burung malam, si kokok beluk atau burung hantu. Tidak heran kalau kemudian dia ingat kepada dongeng semasa ia kecil. "Si kucing malam bersembunyi di tempat gelap, dia mencuri alisnya beberapa orang, alis yang dapat
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
dia menghitungnya dengan tepat, maka umur dia itu tak menanti sampai fajar?""
Dengan si kucing malam dimaksudkan si burung
hantu. Dan cerita itu dongeng belaka, akan tetapi karena teringatnya di waktu sore, dalam suasana seperti itu, mau atau tidak, bulu roma menjadi terbangun sendirinya. Hebat pengaruhnya suara si burung hantu itu?"
"Mungkinkah suhu tidak bakal lobos dari takdirnya ini, dan ia mesti mati di tangannya seorang wanita?" si pelajar berpikir.
"Nah, dia datang 'tu!" mendadak terdengar suara si tukang kayu, suaranya perlahan dan bergemetar.
Benar saja, di atas jembatan, terlihat berkelebatnya satu tubuh manusia. Tiba di bagian liang atau ceglokan, dengan pesat bayangan itu berlompat. Dia begitu gesit hingga si pelajar berempat menjadi heran, hingga mereka berpikir: "Ketika dia belajar silat pada suhu, kita sudah mewariskan kepandaian suhu,
kenapa sekarang dia menjadi terlebih lihay
daripadaku" Selama belasan tahun ini, di mana ia meyakinkan ilmu silatnya itu?"
Selagi orang itu mendatangi bagaikan bayangan, si pelajar berempat lantas bangun untuk berdiri, segera mereka memecah diri ke kedua sisi.
Cepat sekali orang itu telah tiba. Dia mengenakan pakaian hitam, cuaca pun gelap, tetapi dia dapat lantas dikenal. Memang dialah Lauw Kui-hui, selir yang dicintai Toan Hongya. Maka lantas mereka itu memberi hormat sambil mengucapkan: "Siauwjin menghadap Nio-nio!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Mereka menyebut diri: "siauwjin", hamba yang rendah dan memanggil nyonya itu dengan Nio-nio, sebutan mulia untuk seorang permaisuri.
"Hm!" Eng Kouw mengasih dengar suaranya, sedang matanya menyapu empat orang itu.
"Apakah Nio-nio itu?" katanya bengis. "Lauw kui-hui sudah lama mati! Aku ialah Eng Kouw. Hai, yang mulia Perdana Menteri, yang mulia Jenderal Besar, yang mula Laksamana dan Pemimpin dari Pasukan
Gielimkun, kiranya kamu semua ada di sini! Aku menyangka Sri Baginda benar-benar sudah melupai dunia, dia menjadi pendeta, siapa tahu dia justru bersembunyi di sini, dia tetap masih menjadi kaisar yang berbahagia!"
Hati empat orang itu berdenyutan. Suara kui-hui sangat tak enak terdengarnya.
"Sekarang ini Sri baginda bukan lagi seperti Sri Baginda dulu hari," berkata si pelajar, si bekas perdana menteri yang mulia itu, "Kalau Nio-nio melihat padanya, pasti Nio-nio tidak bakal mengenalinya."
"Hai, masih kamu menyebut Nio-nio!" membentak Eng Kouw, "Apakah kamu hendak mengejek aku" Apa perlunya kamu hendak memberi hormat padaku
sampai aku mati?" Keempat orang itu saling melirik, lantas mereka bangun berdiri.
"Hambamu yang rendah mengharap kesehatan Nio-nio," kata mereka.
Eng Kouw mengangkat tangannya.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Hongya menitahkan kamu memegat aku, perlu apa ini segala macam adat istiadat?" katanya. "Jikalau kamu hendak turun tangan, lekas kamu menggeraki tangan kamu! Kamu raja dan menteri setahulah kamu telah mencelakai berapa banyak rakyat negeri, maka terhadap aku, seorang wanita, perlu apa kamu masih berpura-pura?"
"Raja kami mencintai rakyatnya seperti dia mencintai anaknya sendiri," berkata si pelajar, "Dia sangat bijaksana dan mulia hatinya, jangan kata mencelakai orang yang tidak bersalah dosa, sekalipun seorang penjahat besar, dia masih menyayanginya!
Mustahilkab Nio-nio tidak ketahui itu?"
Muka Eng Kouw menjadi merah.
"Beranikah kamu main gila terhadap aku?" dia menanya bengis.
"Hambamu tidak berani?""
"Kamu menyebut hambamu, sebenarnya di antara kita mana ada lagi raja dan menterinya?" kata Eng Kouw. "Sekarang aku hendak menemui Toan Tie Hin, kamu hendak memberi jalan atau tidak?"
Toan Tie Hin itu ialah namanya Toan Hongya alias It Teng Taysu. Si pelajar berempat mengetahui itu tetapi mereka tidak pernah berani menyebut itu, maka itu terkesiap hati mereka akan mendengar Eng Kouw menyebutnya seenaknya saja.
Si petani yang asalnya adalah komandan
Gielimkun, pasukan raja, menjadi habis sabar. Dia kata dengan keras; "Siapa satu hari pernah menjadi raja, dia agung seumur hidupnya, maka mengapa kau
Kisah Para Naga Di Pusaran Badai 2 7 Keris Pusaka Nogopasung Karya Kho Ping Hoo Pendekar Budiman Hwa I Eng-hiong 11
^