Pencarian

Cheng Hoa Kiam 6

Cheng Hoa Kiam Karya Kho Ping Hoo Bagian 6


"Suhu. puas hati teecu (aku) dapat membasmi seorang okpa (hartawan jahat) seperti bandot tua she Liu itu !" terdengar gadis manis itu berkata, suaranya nyaring dan bersemangat.
"Hemm. kalian orang - orang muda memang berdarah panas. Lihat agaknya See-thian Hoat-ong dan keponakannya yang jelita itu tidak akan kuat menghadapi Bu-ceng Tok-ong. Mari kita bantu !" kata kakek tadi yang sebetulnya memang Pak-thian Koai-jin adanya.
Dua pendatang baru ini cepat menyerbu dan betapapun lihai kepandaian Bu-ceng Tok-ong. menghadapi empat orang lawan yang berilmu tinggi, apa lagi dua orang kakek itu, ia segera terdesak dan menjadi kerepotan.
"Ramai-ramai mengeroyok seorang lawan ! Curang sekali ...... !" ia memaki-maki sambil melompat ke sana ke mari mengibaskan tangan baju dan mengirim pukulan-pukulan dahsyat.
Melihat sekarang Bu-ceng Tok-ong mundur-mundur. Pak-thian Koai-jin berkata kepada kawan - kawannya, "Beri ampun dia kali ini !" Inilah tanda ajakan bagi kawan - kawannya untuk melarikan diri. Pandangan mata Pak-thian Koai-jin memang tajam sekali. Ia sudah melihat berkelebatnya bayangan dua orang yang cepat sekali gerakannya, maka maklum bahwa Bu-ceng Tok-ong akan mendapat bantuan kuat, ia mengajak kawan-kawannya pergi lebih dulu.
Betul saja, baru empat orang itu melompat jauh dan melarikan diri, terdengar bentakan nyaring suara seorang wanita,
"Tok-ong kejar mereka, kami bantu!"
Bu-ceng Tok-ong girang bukan main melihat munculnya Tok-sim Sian-Ii dan seorang pemuda ganteng yang bukan lain adalah Kam Kun Hong bekas muridnya! Akan tetapi tiba-tiba dua buah benda kecil hitam melayang dan menyamhar ke arah Bu-ceng Tok-ong dan Tok-sim Sian-li dengan kecepatan luar biasa. Dua orang Mo-kauw itu mengeluarkan seruan marah dan mengibaskan tangan. Dua potong genteng itu hancur berantakan, akan tetapi dua orang itupun merasa telapak tangan yang dipakai menghantam tadi panas dan agak sakit. Kagetlah mereka. Lweekang mereka sudah mencapai tingkat tinggi, masa menghadapi sambitan genteng saja terasa sakit " Terang bahwa penyambitnya seorang berilmu. Mereka ragu-ragu.
Tiba - tiba terdengar hiruk - pikuk dan tangis riuh rendah dari dalam gedung itu. Bu-ceng Tok-ong menarik napas panjang. "Sayang kau datang terlambat, kalau tadi kau di sini mereka takkan berhasil memasuki gedung. Mari kita lihat apa yang terjadi di bawah."
"Mana Kun Hong "'' tanya Tok-sim Sian-li. memandang ke kanan kiri dan merasa khawatir tidak melihat Kun Hong.
"Celaka, tentu dia mengejar mereka. Mereka itu adalah orang-orang kuat, mana bisa Kun Hong melawan mereka seorang diri saja ?"
Tok-sim Sian-li mengeluarkan suara mengejek. "Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong itu orang-orang macam apa sih " Biar ditambah sepuluh lagi mereka itu bukan apa - apa bagi Kun Hong. Jangan kira Kun Hong sekarang sama dengan dulu. hemmmm !"
Bu-ceng Tok-ong maklum bahwa tentu pemuda bekas muridnya itu telah menerima warisan ilmu dari Thai Khek Sian, maka ia tidak membantah lagi dan mengajak wanita itu turun untuk melihat apa yang telah terjadi di bawah.
Ke mana perginya Kun Hong " Pemuda ini tadi melihat dua orang gadis cantik manis mengeroyok Bu-ceng Tok-ong dan sekaligus hatinya tertarik dan tergila - gila. Melihat mereka lari pergi, Kun Hong lalu mengikuti mereka secara diam - diam, tidak mau menyerang hanya membayangi mereka untuk mengetahui ke mana mereka pergi. Ia mengandalkan ilmu ginkangnya yang luar biasa dan dengan mudah ia mengikuti empat orang itu tanpa diketahui oleh mereka yang ia bayangi. Sebaliknya, seujung rambutpun pemuda ini tidak pernah menduga bahwa ada bayangan lain yang mengikutinya dengan gerakan yang tidak kalah gesit dan ringannya ! Benar - benar hal yang amat ajaib kalau dibicarakan. Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong adalah dua orang tokoh kang-ouw yang sudah memasuki tingkat tokoh - tokoh tertinggi, namun mereka berdua, juga dua orang gadis cantik yang kepandaiannya sudah tinggi pula itu sama sekali tidak tahu bahwa mereka diikuti oleh dua orang pemuda !
Kun Hong terus mengikuti empat orang itu yang mempergunakan ilmu lari cepat keluar dari kota menuju ke barat. Ia merasa gembira sekali melihat bahwa dua orang gadis itu betul - betul cantik menarik kalau sewaktu - waktu ia dapat melihat wajah mereka tertimpa cahaya bulan. Yang seorang adalali seorang gadis bertubuh langsing agak tinggi dengan kepala digelung ke atas, dibungkus saputangan sutera. Gadis ke dua manis sekali, agak pendek kalau dibandingkan dengan yang pertama, rambutnya dikepang dua dan ujungnya dibiarkan terurai di atas punggung. Gadis pertama kelihatan cantik jelita, keren dan gagah. Sedangkan yang ke dua nampak manis sekali dan lincah.
"Aduh, keduanya sama hebatnya. Yang satu jelita yang satu manis sukar dikatakan yang mana lebih menarik hati." pikir Kun Hong. "Kalau aku disuruh pilih, tentu aku akan pilih ......... keduanya !"
Ia baru siang tadi memasuki kota bersama Tok-sim Sian-li. setelah mendapat perkenan dari Thai Khek Sian. Selama setahun lebih ia menerima gemblengan dari gurunya itu, mewarisi ilmu-ilmu yang tinggi sehingga dalam waktu sependek itu kepandaiannya telah meningkat secara luar biasa sekali. Juga ia dipercaya penuh oleh Thai Khek Sian dan kedatangannya di Peking juga membawa tugas sebagai wakil gurunya. Akan tetapi, seperti kebiasaan orang - orang golongannya, dia dan Tok-sim Sian-li tidak mau muncul sebelum malam tiba dan segera setelah tengah malam tiba, mereka pergi mencari Bu-ceng Tok-ong yang mereka dengar berada di gedung keluarga hartawan Liu. Dan melihat dua orang gadis jelita itu Kun Hong sekaligus lupa akan tugasnya dan kini ia mengikuti mereka secara diam - diam sampai jauh di luar kota.
Sambil berlari ia berpikir. Ia menerima tugas untuk mewakili gurunya, mengadakan hubungan dengan orang - orang segolongan yang sudah berada di Peking dan di kota raja, membantu pergerakan Bangsa Mongol. Ia diberi hak untuk bertindak atas nama Thai Khek Sian dan mewakili gurunya itu membantu pemerintah baru. Begitu tiba di situ, ia sudah mendapat kenyataan bahwa kawan- kawan segolongannya ternyata dimusuhi oleh orang - orang kang-ouw seperti Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong. Akan sibuk dan banyak pekerjaan kelak pikirnya. Kebetulan sekali sekarang aku mengikuti mereka, jadi aku dapat mengetahui di mana sarang musuh, pikir Kun Hong yang menjadi makin gembira oleh karena selain dapat mengenal dua orang nona itu, juga ia dapat menyelidiki sarang musuh !
Ternyata setelah berlari - larian cepat setengah malam lamanya, di waktu fajar menyingsiag empat orang itu tiba di sebuah bukit yang berbatu-batu. Di atas puncak bukit itu terdapat sebuah kelenteng tua dan dari jauh sudah dapat diketahui bahwa itu adalah kelenteng Siauw-lim-si. bangunannya sudah tua dan kuno akan tetapi masih kokoh.
Anehnya, tidak ada jalan masuk ke kelenteng itu. Sekelilingnya adalah jurang - jurang lebar belaka dan kelenteng itu jadinya berdiri di atas batu besar terpisah dari tanah datar yang lain. Melihat potongan batu itu. dapat diduga bahwa dahulu batu itu menjadi satu dengan tanah di sebelah kiri, akan tetapi mungkin karena gempa bumi menjadi pecah dan makin lama retaknya makin melebar menjadi jurang yang amat lebar dan dalam.
Kun Hong yang bersembunyi di balik pohon melihat dari jauh betapa empat orang itu menyelinap ke dalam semak-semak lalu menghilang ! Ia menjadi bingung dan mencari - cari. Ke mana perginya mereka " Setelah sampai di sini, sudah tentu mereka pergi ke kelenteng itu. Itulah sarang mereka, tak salah lagi. pikirnya. Kalau aku kembali ke kota, membawa kawan - kawan untuk menyerbu ke sini, sekaligus mereka akan dapat kutawan ! Akan tetapi Kun Hong belum puas kalau belum melihat sebelah dalam, apa lagi kalau belum melihat dua orang nona manis tadi ! la mulai mencari - cari jalan masuk dan baru ia mendapat kenyataan bahwa jalan masuk memang tidak ada. Akan tetapi empat orang tadi, mengambil jalan manakah"
Mari kita menengok ke dalam kelenteng yang agaknya tersembunyi di atas bukit itu. Memang kelenteng ini bekas Kelenteng Siauw-lim-si yang sudah amat tua. Bangunannya kuno dan kokoh sekali. Kelenteng ini masih ditempati oleh hwesio-hwesio Siauw-lim-si, merupakan cabang dari partai Siauw-lim yang amat terkenal. Ada duapuluh orang lebih hwesio tinggal di situ, rata - rata lulusan tingkat pertengahan, jadi rata - rata memiliki kepandaian silat yang lumayan. Yang mengepalai mereka adalah Souw Lo Hosiang, murid pertengahan dari Bhok Lo Cinjin ketua Siauw-lim-pai. Memang semenjak terjadinya pertentangan antara pembela - pembela penjajah Mongol dan orang-orang kang-ouw yang memusuhi para penghianat bangsa, kelenteng ini menjadi sarang atau tempat persembunyian orang - orang gagah.
Pak-thian Koai-jin dan tiga orang kawannya tadi memasuki kelenteng melalui jalan tambang yang sengaja dipasang dari seberang jurang, disembunyikan di dalam semak - semak. Tambang ini cukup besar dan kuat, dipasang dari akar pohon di semak - semak itu sampai ke sebuah jendela bulan di samping kelenteng. Dengan ilmu meringankan tubuh, empat orang itu melalui jalan tambang yang amat berbahaya dan mengerikan bagi mereka yang tidak berkepandaian, lalu mereka melompat ke dalam jendela bulan, yaitu jendela yang bentuknya bundar.
Wi Liong yang mengikuti mereka segera dapat menemukan jalan ini dan mempergunakan kesempatan selagi empat orang itu melompat ke dalam jendela, secepat burung terbang pemuda ini lari melalui jalan aneh itu. Tanpa ragu - ragu karena tidak bermaksud buruk, iapun melompat ke dalam jendela dan ...... tubuhnya terus "nyeplos" ke bawah karena di balik jendela itu ternyata tidak ada lantainya ! Atau lebih tepat lagi. tadinya memang ada lantainya, hanya saja sekarang lantai digeser dengan alat yang sudah disiapkan dan menjadi lubang jembatan yang amat lihai. Memang Siauw-lim-pai terkenal dalam hal memasang jebakan-jebakan rahasia.
Kalau Wi Liong tidak memiliki kepandaian tinggi, tentu ia akan jatuh tunggang - langgang dan mungkin kepalanya akan pecah menimpa lantai batu di bawah, di dalam "sumur" yang dalamnya tidak kurang dari lima tombak itu ! Ia cepat mengatur keseimbangan tubuhnya dan dapat meluncur ke bawah dengan kaki lebih dulu dan tiba di dasar sumur itu tanpa menderita luka. Ketika ia melihat ke depan, ternyata ia berada dalam sebuah kerangkeng besi dan di luar kerangkeng itu ia melihat empat orang yang tadi ia ikuti. Pertama - tama pandang mata Wi Liong bertumbuk dengan sinar mata yang amat tajam, sinar sepasang mata yang membuat jantung dalam dadanya tidak karuan lagi kerjanya, gedebak - gedebur tak menentu. Itulah sepasang mata nona yang tinggi langsing, yang rambutnya diikat ke atas. nona yang matanya tajam hidungnya mancung bibirnya kecil ! Cepat - cepat Wi Liong mengalihkan pandang matanya dan merasa jengah, merasa pipinya menjadi panas - panas. Tentu saja ia tidak tahu bahwa kedua pipinya memang berubah merah sekali seperti orang kalau merasa malu.
Kakek muka merah yang kemarin pernah bertemu dengan dia di warung, yang melempar senyum kepadanya, melangkah maju sambil tertawa. "Sudah kuduga kau kemarin memang bersikap mencurigakan, terlalu halus ! Orang muda. melihat muka dan sinar matamu kau bukan dari golongan sana. Mengapa kau mengikuti kami dan kau siapakah ?"
Wi Liong memang merasa malu. Tidak hanya malu yang tak diketahui sebabnya kalau ia memandang atau lebih tepat bertemu pandang dengan nona tinggi langsing itu. akan tetapi juga malu karena ia sampai terjebak, dan malu pula karena keadaannya memang mencurigakan sekali, memasuki tempat orang tanpa minta, ijin !
"Aku ......... aku hanya mau memberi tahu bahwa ada orang - orang dari gedung keluarga Liu itu mengejar kalian." katanya sederhana.
"Ha - ha - ha. jangan mencoba menimpakan dosa ke pundak orang lain, orang muda." kata Pak-thian Koai-jin. "Bu-ceng Tok-ong dan Tok-sim Sian-li tidak mengejar kami dan andaikata ada, tentu tidak bisa sampai di sini. Hayo kau mengaku kau ini siapa dan apa maksudmu masuk ke sini " Jangan banyak bicara bohong." Biarpun ia berlagak galak, namun orang seperti Pak-thian Koai-jin mana bisa galak " Mukanya saja sudah amat lucu dengan matanya yang lebar dan bersinar lembut, biarpun ada cahaya kenakalan terpancar dari manik matanya.
"Mana berani aku yang bodoh membohong di depan locianpwe seperti Pak-thian Koai-jin ?" kata Wi Liong.
"Lho........." ! Kau kok sudah mengenalku " Di mana kita pernah bertemu " "
"Andaikata tidak mengenal muka lccianpwe yang mulia, sedikitnya aku mengenal tongkat dan mangkok itu, sepasang senjata locianpwe sudah terlalu banyak dikenal orang sehingga pamanku Kwee Sun Tek sendiripun mengenalnya. Pamanku itu yang memperkenalkan keadaan dan gambaran tentang locianpwe kepadaku."
Nama Kwee Sun Tek mana dikenal oleh orang-orang seperti Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong " Akan tetapi tiba - tiba nona cantik bertubuh langsing itu melangkah maju dan menodongkan pedangnya di depan ulu hati Wi Liong.
"Jangan banyak mengobrol bohong ! Lekas kau menjawab pertanyaan susiok See-thian Hoat-ong tadi, siapa namamu dan apa maksudmu datang ke sini?" bentaknya dan matanya memandang tajam.
Wi Liong mengangkat muka dan kembali kedua pipinya panas ketika ia bertemu pandang dengan gadis itu. Dalam marahnya gadis itu kelihatan makin cantik menarik pikirnya dan ia sama sekali tidak gentar melihat ujung pedang menerobos masuk melalui jeruji besi dan menyentuh baju di dadanya. Malah Wi Liong tersenyum dan saking terpesona oleh wajah jelita itu, sukar baginya menjawab.
"Hayo jawab ! Apakah kau gagu ?" gadis itu membentak lagi.
"Nona, selama hidup aku tidak pernah dan tidak akan membohong. Namaku Thio Wi Liong dan aku datang untuk memberi tahu bahwa di luar ada musuh. Malah sekarang agaknya sudah mau memasuki kelenteng ini."
Pedang itu ditarik mundur dan nona itu nampak kaget, sungguhpun mukanya berobah merah sekali, entah marah entah mengapa. "Susiok. jangan - jangan betul ada musuh datang !" katanya menoleh kepada See-thian Hoat-ong. Jawabannya segera datang dengan munculnya dua orang hwesio bertubuh tegap dari pintu.
"Cuwi-enghiong" di luar ada seorang muda mencurigakan menyelidiki tempat ini ! Seorang di antara mereka melapor. "Gerakannya gesit luar biasa dan agaknya ia berilmu tinggi. "
"Kalau begitu kau tidak membohong" kata Pak-thian Koai-jin sambil membuka kaitan yang menutup pintu kerangkeng, Beramai mereka lalu naik ke kamar atas di mana ada jendela bulan tadi melalui sebuah anak tangga kecil. Thio Wi Liong ikut berlari - lari dan begitu sampai di kamar yang kini lantainya sudah pulih kembali, ia segera mendekati jendela dan menuding keluar.
"Lihat, dia itulah yang tadi mengikuti kalian sampai di seberang sana !" katanya dan otomatis tangan kirinya mencabut suling di pinggangnya.
Semua orang memandang. Betul saja, seorang pemuda tampan sedang berjalan di atas jembatan tambang dengan enaknya seperti orang bermain - main. Mulut pemuda itu tersenyum manis dan matanya berseri-seri ketika ia memandang ke arah jendela dan melihat dua orang nona manis itu berada di balik jendela. Inilah Kam Kun Hong, murid Thai Khek Sian yang lihai dan berani.
"Kalau dia musuh biar kuputuskan tambang ini !" kata gadis manis murid Pak-thian Koai-jin gemas, pedangnya sudah digerakkan ke depan untuk memotong jembatan tambang.
"Eng Lan jangan ! Biarkan dia masuk, mau tahu apa kehendaknya!" kata Pak-thian Koai-jin mencegah niat muridnya. Tidak mau kakek tokoh kang-ouw ini membiarkan muridnya melakukan penyerangan curang kepada musuh, apa lagi kalau dipikir bahwa musuh itu hanya seorang pemuda remaja. Belum dapat dipastikan lagi apakah yang datang ini musuh, seperti halnya Thio Wi Liong yang ternyata juga bukan seoramg musuh.
Sementara itu. Kun Hong yang melihat perbuatan gadis manis itu, dari atas tambang tersenyum lebar.
"Aduhai nasib ........ ! Tega benar orang hendak membuat aku terjerumus ke dalam jurang begini dalamnya. Bagaimana kelak orang dapai menyembahyangi bongpai-ku (pusaraku) !" Dengan sengaja ia membikin berat tubuhnya dan ia berjalan di atas tambang dengan tubuh goyang-goyang tidak tegak.
Melihat sikap jenaka pemuda yang baru datang, Pak-thian Koai-jin timbul gembiranya. "Ha-ha-ha orang muda, awas jangan kau sampai jatuh. Di sini tidak ada cadangan nyawa untukmu !"
Kun Hong tertawa dan sementara itu ia sudah sampai di pinggir jendela bulan, lalu melompat masuk, sengaja membuat gerakannya kaku dan berat. Gadis manis murid Pak-thian Koai-jin yang bernama Pui Eng Lan yang tadi herdak memutus tambang, sekarang menjadi merah pipinya ketika melihat betapa sepasang mata pemuda yang baru datang itu menatapnya penuh arti. Setelah dekat baru ternyata betapa gantengnya pemuda yang baru datang ini. ganteng dan aneh sekali, hampir sama dengan pemuda Thio Wi Liong yang datang lebih dulu. Sementara itu Wi Liong sudah mengundurkan diri di sudut dan diam-diam memperhatikan keadaan sambil kadang - kadang melirik ke arah gadis langsing yang amat menarik hatinya.
Begitu memasuki ruangan itu, Kun Hong menatap wajah dua orang gadis itu ganti - berganti dengan sinar mata berseri gembira. Memang hebat dua orang gadis itu, cantik jelita dan kecantikan yang aseli, jauh lebih menarik dari pada Cheng ln dan Ang Hwa atau selir - selir lain dari Thai Khek Sian gurunya yang memiliki kecantikan sudah agak meluntur atau dibantu oleh alat-alat kecantikan. Akan tetapi dua orang gadis ini memang cantik manis bawaan lahir, yang seorang tinggi langsing berkulit kuning langsat dengan sikap gagah, yang ke dua agak pendek berkulit sedikit gelap, manis sekali. Kecantikan yang berbeda sifatnya, namun masing - masing memiliki daya penarik yang sama besarnya seperti orang melihat kembang teratai dan kembang seruni, amat berbeda bentuk dan warna, namun sama cantik menariknya sehingga sukar untuk menentukan mana yang lebih menarik tergantung dari selera yang melihat ! Akan tetapi sifat lincah jenaka yang memancar keluar dari mata Pui Eng Lan lebih cocok dengan wataknya. Gadis manis lincah galak berkepandaian tinggi, inilah idam - idaman hatinya.
"Hemm. inilah calon kawan hidupku ......... " Kun Hong diam-diam mengambil keputusan dalam hatinya. Akan tetapi ia tidak diberi kesempatan untuk makin lama memandangi gadis-gadis itu karena Pak-thian Koai-jin sudah menyambutnya dengan pertanyaan.
"Orang muda. kau seperti anak lembu berjantung harimau. Berani betul kau mengikuti kami dan datang ke sini. Kau mau apa " "
Kun Hong tersenyum, sama sekali tidak kelihatan takut. "Orang tua. kau keliru, bukan seperti anak lembu berjantung harimau sebaliknya anak harimau berjantung lembu. Lebih baik di luar kelihatan gagah biarpun jantungnya lemah dari pada jantungnya kuat tapi kelihatan seperti anak lembu !"
Tentu saja ucapan ini mbocengli (tanpa aturan) karena sebagian orang tentu lebih suka disebut berjantung harimau dari pada berjantung lembu. Akan tetapi Kun Hong pernah menjadi murid Bu-ceng Tok-ong Si Raja Racun Tanpa Aturan, tentu saja ia lain dari pada orang lain.
"Ha-ha-ha, orang muda gemblung (idiot), kenapa kau bilang begitu " Apa sebabnya kau bilang lebih baik luarnya kelihatan gagah dari pada dalamnya yang gagah " "
"Karena yang berada di luar itu yang kelihatan, orangj tua. Tentu aku lebih suka kelihatan seperti anak harimau, gagah dan ganteng dari pada menjadi anak lembu. Tentang jantung, siapa sih yang dapat mengetahui bagaimana isi perut orang " " Kun Hong tertawa - tawa dan Pak-thian Koai-jin yang terkenal sebagai seorang kakek nakal dan jenaka, juga ikut tertawa terbahak-bahak.
Akan tetapi See-thian Hoat-ong menjadi hilang kesabarannya. Berbeda dengan Pak-thian Koai-jin, jago tua dari barat ini dahulunya adalah seorang raja muda di Sin-kiang. seorang bangsawan dan ahli perang yang jujur dan tidak suka akan segala perkataan yang plintat - plintut. Melihat sikap Kun Hong yang dianggap pemuda mata - mata musuh itu demikian riang dan seperti orang main- main, ia membentak sambil mengancam dengan kepalan tangannya yang besar dan kuat.
"Jangan kurang ajar, hayo mengaku siapa kau dan mau apa berkeliaran sampai ke sini ! "
Kun Hong masih bersikap tenang, ia memandang rendah kepada kakek itu, memandang rendah kepada semua orang yang berada di situ karena yakin akan kelihaian sendiri.
"Aku bernama Kam Kun Hong, datang ke sini karena ingin berkenalan dengan dua orang nona ini dan ingin jalan - jalan ........."
Kata - kata ini membikin marah semua orang, kecuali gadis langsing dan Wi Liong yang menjadi terkejut sekali.
"Kun Hong ...... aku telah bertemu dengan ayahmu ..... ! " kata Wi Liong dan untuk sedetik Kun Hong melempar pandang kepadanya, kaget. Akan tetapi gadis tinggi langsing itu sudah menerjang maju dengan pedangnya sambil membentak.
"Jadi kau ini jahanam muda yang membuntungi kedua kaki Ciok Kim Li ! "
Serangan pedang itu hebat sekali dan hanya kelihatan sinarnya menyambar ke dada Kun Hong. Akan tetapi, dengan gerakan enak saja Kun Hong miringkan tubuh dan ...... di lain saat dua jari tangannya telah berhasil menjepit punggung pedang itu !
"Aku adalah sahabat baik Ciok Kim Li. kenapa kau marah-marah ?" tanya Kun Hong tanpa melepaskan pedang yang dijepitnya dengan jari tangan.
"Susiok. dia ini kawan Tok-sim Sian-li." kata gadis itu yang menjadi penasaran karena tidak mampu mencabut kembali pedangnya juga ia amat terkejut karena tidak menyangka bahwa pemuda itu demikian lihainya. Siapakah gadis ini " Dia bukan orang sembarangan karena inilah Kwa Siok Lan, puteri tunggal dari Siang-jiu Lo-thian Kwa Cun Ek. Dia inilah tunangan dari Thio Wi Liong yang sekarang berada di situ tanpa mengetahui bahwa dia berhadapan dengan calon isterinya yang belum pernah dijumpainya itu. Juga ia mana bisa menyangka bahwa hatinya tergila-gila kepada gadis yang sesungguhnya tunangannya sendiri "
Di bagian depan sudah diceritakan tentang pertemuan antara Kun Hong dengan Kwa Cun Ek ketika Kwa Cun Ek menolong Kim Li dari tangan Tok-sim Sian-li. Itulah sebabnya mengapa Siok Lan kaget mendengar nama Kam Kun Hong yang selalu disebut - sebut oleh Kim Li setelah tadi ia terkejut juga mendengar nama Thio Wi Liong, tunangannya ! Sungguh ia tidak menyangka sama sekali bahwa di Kelenteng Siauw-lim itu, ia akan bertemu dengan dua orang yang selama ini hanya didengar namanya saja dan begitu bertemu ia menjadi tertegun, juga girang. Ternyata tunangannya adalah seorang pemuda yang tampan sekali dan bukti bahwa pemuda itu bisa memasuki kelenteng menandakan bahwa dia memiliki kepandaian yang tidak mengecewakan ! Dan sekarang ia berhadapan dengan Kam Kun Hong. pemuda yang membuat Kim Li tergila-gila, yang selalu dipuji - puji gadis buntung itu, ternyata pemuda ini memiliki kepandaian yang luar biasa sekali. Sekali lagi Siok Lan mengerahkan tenaga membetot pedangnya dan kali ini Kun Hong sengaja melepas dengan tiba - tiba sampai Siok Lan terhuyung ke belakang. Akan tetapi tiba - tiba gadis ini berdiri tegak kembali dan merasa ada tenaga aneh menahan punggungnya menjaganya dari jatuh terjengkang. Tak terasa lagi ia menoleh akan tetapi tidak ada siapa - siapa di belakangnya yang ada hanya Wi Liong yang berdiri di sudut, agak jauh.
Sementara itu, See-thian Hoat-ong ketika melihat keponakannya dipermainkan dan mendengar bahwa pemuda itu adalah kawan Tok-sim Sian-li, segera mencabut golok besarnya dan menerjang sambil membentak keras
"Mata - mata anjing Mongol. kau datang mengantarkan nyawa !"
Melihat datangnya golok besar demikian cepat dan kuat. merupakan bahaya maut yang mengerikan dan mengancam lehernya Kun Hong berseru, "Ayaaa ...... galak amat !' la mengerti akan kelihaian lawan ini maka cepat - cepat, ia mengelak sambil melompat ke kanan.
"Jangan memamerkan kepandaianmu di sini !" terdengar bentakan dan sebuah mangkok retak menyambar hendak menelangkup kepala Kun Hong. Gerakan ini mendatangkan angin dan kembali Kun Hong kaget bukan main. Tidak disangkanya bahwa dua orang kakek itu demikian lihainya, ia pikir tidak enak kalau melayani mereka ini di sarang lawan. Biarpun ia tidak takut meghadapi mereka, akan tetapi kalau ia mengalami keroyokan di tempat musuh, benar - benar merupakan bahaya besar.
"Ha-ha-ha, kiranya orang-orang tua malah tidak tahu menghormat datangnya tamu." Kata-katanya ini hanya untuk mengacaukan perhatian lawan, karena tiba- tiba ia menyelinap dan di lain saat ia telah berkelebat mendekati Pui Eng Lan murid perempuan yang cantik manis dari Pak-thian Koai-jin. Eng Lan bukan seorang wanita lemah. Melihat musuh mendekat ia mengirim pukulan dengan tangan kanan. Akan tetapi sambil tertawa Kun Hong menangkap lengan ini dan sekali jari tangannya menotok, tubuh Eng Lan telah menjadi lemas dan Kun Hong menyambar tubuh itu terus dibawa melompat ke atas. Biarpun tokoh-tokoh kangouw besar seperti Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong, sama sekali tidak menyangka akan hal ini sampai mereka tertegun dan tidak lekas melakukan sesuatu untuk mencegah tamu muda itu membawa lari Eng Lan.
"Kun Hong, jangan kurang ajar !" bentakan lirih ini terdengar dari mulut Wi Liong, disusul suara tertahan dari Kun Hong dan ......... tubuh Eng Lan yang tadinya sudah dibawa melompat ke atas itu terlepas dari pondongannya, jatuh ke bawah dalam keadaan masih lemas. Baiknya jatuhnya tepat di atas Wi Liong, maka pemuda ini segera menerima dengan kedua tangannya, dan tubuh gadis yang ringan itu jatuh ke dalam pelukan kedua lengannya.
Adapun Kun Hong yang pada saat itu sudah diserbu lagi oleh Siok Lan, Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong. secepat kilat melompat ke arah jendela bulan lalu terus melompat ke atas jembatan tambang sambil memutar sebatang pedang yang tahu - tahu telah ia cabut keluar dari balik bajunya. Matanya untuk sejenak menatap ke arah Wi Liong penuh pertanyaan keheranan dan penasaran, akan tetapi mulutnya tidak berkata apa - apa karena ia tidak sempat lagi. didesak terus oleh tiga orang lawannya yang lihai. Siok Lan yang melihat pemuda itu mulai berlari melalui jembatan tambang, cepat mengayun pedang membacok tambang itu.
"Ahh, jangan .......!" kata Pak-thian Koai-jin hendak mencegah, akan tetapi terlambat. Tambang itu sudah putus oleh sabetan pedang di tangan Kwa Siok Lan. sedangkan See-thian Hoat-ong berkata,
"Biar saja. Koai-jin, anjing Bangsa Mongol sudah sepatutnya mampus di dalam jurang ! "
Akan tetapi segera ketiga orang ini terbelalak memandang ke bawah dengan kagum. Biarpun tambang itu sudah putus dan tubuh Kun Hong terjerumus ke bawah, namun dalam saat terakhir pemuda ini masih sempat menyambar tambang itu, menggunakan kakinya menjejak pinggiran jurang dan ......... dengan enaknya ia merayap melalui tambang itu terus ke atas. selamat sampai di seberang jurang ! Dari jauh kelihatan pemuda ini tertawa-tawa, lalu mengacung-acungkan pedangnya sambil memperdengarkan suara yang disuarakan dengan pengerahan khikang istimewa,
"Kalau hendak mengadu tenaga, tunggu tiga hari lagi !" Kemudian bayangan pemuda itu lenyap. Pak-thian Koai-jin menarik napas panjang.
"Hebat......... !" katanya perlahan. "Pemuda itu benar - benar mengagumkan sekali kepandaiannya. Ginkangnya dan khikangnya sedemikian sempurna, entah sampai di mana kelihaian ilmu silatnya ......... ! " Memang kakek ini amat suka melihat orang pandai apa lagi yang dipujinya itu seorang pemuda yang ganteng, lincah dan juga sifatnya agak nakal seperti dia sendiri, sungguhpun kenakalannya bukan berarti jahat.
Selagi tiga orang itu masih tertegun memandang keluar jendela, tiba - tiba terdengar suara Pui Eng Lan menjerit lirih.
"Lepaskan aku ........ tak tahu malu kau ......... !"
Siok Lan secepat kilat memutar tubuh memandang, juga dua orang kakek itu menoleh. Pak-thian Koai-jin tertawa terkekeh-kekeh melihat Wi Liong masih berdiri memondong tubuh Eng Lan. Pemuda ini seperti kena tenung (sihir), berdiri bengong memandang keluar jendela. Memang Wi Liong tadi terkejut, heran, dan juga marah melihat sepak-terjang Kun Hong. Terkejut karena melihat kepandaian Kun Hong demikian tinggi, heran melihat bahwa tadi Kun Hong mempergunakan gerakan yang mirip sekali dengan ilmu lompat yang ia pelajari dari gurunya kemudian ia marah melihat pedang yang berada di tangan Kun Hong. Itulah Cheng-hoa-kiam tak salah lagi! Jadi Kun Hong pula yang mencuri pedang dan berani naik ke Wuyi-san" Benar-benar kurang ajar sekali ! Saking terlampau dikuasai perasaan ini ia sampai lupa kalau sejak tadi ia memondong tubuh seorang gadis cantik yang ia sambar tubuhnya agar jangan terbanting ke atas lantai!
Eng Lan tadi terkena totokan Kun Hong yang dilakukan dengan istimewa, membuat ia lemas, ia telah mencoba untuk mengerahkan lweekangnya agar dapat terbebas dari totokan, namun percuma saja. Celakanya, pemuda yang menerimanya dari kejatuhan tadi, tidak segera menurunkannya, malah terus memondongnya seperti seorang ayah memondong anaknya ! Saking jengkel dan malu Eng Lan lalu menjerit minta dilepaskan dan memaki Wi Liong tak tahu malu.
Wi Liong memang tadi tidak sengaja memondong tubuh Eng Lan terlalu lama. Sekarang ia kaget dan malu sekali, ketika ia melihat gadis langsing itu menoleh dan memandang kepadanya dengan mata mengandung cemooh dan bibirnya agak terbuka mengejek, ia menjadi makin malu sampai meningkat menjadi bingung. Dalam kebingungannya, ia tidak menurunkan tubuh Eng Lan. malah di bawa berjalan menghampiri gadis langsing itu dan menyodorkan tubuh Eng Lan seperti orang memberikan sebuah barang kepada pemiliknya !
"Turunkan dia di sini." kata Pak-thian Koai-jin sambil tertawa nakal. "Apa kau menggendongnya selama hidup " Ha-ha-ha !"
Wi Liong menjadi makin merah mukanya dan cepat - cepat ia menghampiri Pak-thian Koai-jin dan menurunkan tubuh Eng Lan di atas lantai.
Jago tua dari utara yang bertubuh pendek kecil berpakaian pengemis ini sambil tertawa ha-ha-he-he menotokkan tongkatnya dan seketika itu juga Eng Lan sudah dapat bergerak. Begitu ia bangkit ia melompat dan tangan kanannya menyambar.
"Plak !" pipi kiri Wi Liong menjadi makin merah karena ditampar oleh Eng Lan.
"Lho. mengapa nona menamparku " Apa salahku ?" " tanya Wi Liong terheran.
"Mengapa ......mengapa kau pondong aku" "
Eng Lan membentak dengan muka merah dan mata basah air mata. Gadis ini merasa malu dan jengah, membuat ia menjadi marah kepada pemuda tampan ini.
"Ha-ha-ha, Eng Lan anak bodoh! Tentu saja ia suka memondongmu. Pemuda mana yang tidak akan suka memondongmu " Ha-ha-ha, orang muda. Kau tadi bilang namamu Thio Wi Liong dan; pamanmu Kwee Sun Tek " Apakah orang gagah yang buta dan yang dulu pernah membawamu ke puncak Kun-lun-san " "
"Betul, locianpwe. Dan barangkali locianpwe tidak tahu bahwa pemuda tadi kukenal baik, dia itulah Kam Kun Hong, putera Seng-goat-pian Kam Ceng Swi di Kun-lun-san, bocah yang dulu bersama aku diculik oleh Bu-ceng Tok-ong dan Tok-sim Sian-li."
Pak-thian Koai-jin menepuk jidatnya. "Aduhh ...... diakah itu " Dulu aku pernah suka melihatnya dan ingin mengambilnya sebagai murid." Matanya bersinar - sinar ketika dia memandang kepada Wi Liong. "Wi Liong, kau anak baik. Dia ini muridku, namanya Pui Eng Lan, yatim-piatu dan aku walinya. Karena kau tadi telah memondongnya, dan aku suka melihatmu, aku akan merasa girang sekali kalau muridku ini dapat berjodoh denganmu. Hoat-ong, bagaimana pendapatmu dengan usulku ini " "
Memang orang-orang kang-ouw seperti Pak-thian Koai-jin ini aneh. Namanya saja sudah Pak-thian Koai-jin (Orang Aneh dari Kutub Utara) orangnya nakal, suka menggoda orang dan kalau bicara seenaknya sendiri saja. Masa begitu berjumpa hendak memunguit mantu " Dapat dibayangkan betapa bingungnya Wi Liong mendengar ucapan itu. Lebih - lebih lagi Eng Lan. Kasihan gadis ini yang menjadi amat kikuk dan jengah.
Mukanya sebentar pucat sebentar merah, membuat dia nampak jelita bukan main. Kalau tadi ia bersikap galak, ia sekarang mati kutunya. memutar tubuh dan berdiri membelakangi mereka semua sambil menundukkan dan menutupi muka dengan kedua tangan.
Tak seorangpun di antara mereka tahu betapa hebat kegoncangan hati Kwa Siok Lan di saat itu. Tanpa diketahui oleh siapapun juga, ia menjadi saksi betapa tunangannya, calon suaminya, di depannya telah dilamar orang lain! Akan tetapi gadis ini dapat mengeraskan hatinya dan diam-diam ia malah ingin sekali mendengar bagaimana jawaban Thio Wi Liong, tunangannya yang baru kali ini ia lihat.
Sementara itu. See-thian Hoat-ong mengangguk-anggukan kepalanya, "Memang cocok sekali. Pemuda ini baik, kepandaiannyapun lumayan setelah ia dapat memasuki tempat ini!" Sambil berkata demikian. See-thian Hoat-ong menanggalkan bajunya dan kini terlihatlah pakaian perangnya yang tadi sengaja ia tutup dengan pakaian biasa agar jangan menimbulkan kecurigaan di dalam kota. Inilah pakaian perangnya sebagai Raja Muda Sin-kang yang selalu dipakainya untuk mencerminkan bahwa biarpun negaranya sudah dikalahkan oleh bala tentara Mongol. di dalam hatinya ia tetap saja memaklumkan perang.
"Kau dengar, pilihanku memang tidak keliru !" kata Pak-thian Koai-jin sambil terkekeh-kekeh girang dan menepuk-nepuk pundak Wi Liong. "Pilihanmupun tidak keliru kalau kau mendapatkan seorang jodoh seperti muridku Pui Eng Lan ini. orang muda,. Kau belum tahu betapa besar semangatnya, betapa berani hatinya. Dia menyeret-nyeretku unituk mendatangi gedung keluarga Liu di kota raja dan berhasil menewaskan bandot tua she Liu itu yang telah membunuh encinya (kakak perempuannya) sekeluarga. Untung aku bertemu dengan Hoat-ong dan keponakannya yang begitu baik hati suka membantu, kalau tidak belum tentu kami dapat berhasil. Apa lagi setelah ternyata gedung keluarga Liu dijaga oleh Bu-ceng Tok-ong dan Tok-sim Sian-li. Hemmm, berbahaya sekali ! "
Wi Liong hampir tidak mendengarkan kata-kata yang melantur - lantur dari kakek itu. Dia sudah terpukul dan bingung ketika mendengar hendak ditarik mantu! Tak dapat disangkalnya lagi, Eng Lan seorang gadis yang tiada cacad celanya, wajah cantik manis sekali, bentuk tubuh indah menarik, berwatak gagah dan berkepandaian lihai lagi. Mau apa lagi " Biarpun dalam pandangannya Eng Lan tidak semenarik gadis tinggi langsing keponakan See-thian Hoat-ong itu. namun tak boleh disangkal lagi bahwa sukarlah mencari seorang seperti Eng Lan di antara seratus orang gadis ! Dia hendak dijodohkan begitu saja dengan seorang gadis cantik menarik seperti Eng Lan dan di situ masih ada seorang gadis langsing yang benar - benar membuatnya tertarik, akan tetapi dia sudah ditunangkan oleh pamannya dengan seorang gadis lain. seorang gadis she Kwa yang tinggal di Poan-kun, yang selama hidupnya belum pernah dilihatnya, entah buruk entah cacad yang karena belum dilihatnya tak mungkin ia dapat menentukan apakah ia menyukainya ataukah tidak !
"Bagaimana, Wi Liong " Nyatakan kesanggupanmu menerima perjodohan ini !" tiba - tiba Pak-thian Koai-jin mendesak sambil terkekeh - kekeh lagi. kegirangan melihat wajah Wi Liong dan wajah Eng Lan kemerahan dan kedua orang muda itu malu dan jengah bukan main. Memang kakek ini tukang menggoda orang.
"Maaf, locianpwe. Bukan sekali-kali aku menampik kebaikan hatimu, bahkan aku amat berterima kasih bahwa ada orang menaruh perhatian dan kepercayaan kepadaku yang bodoh. Akan tetapi, sesungguhnya tentang perjodohan ......... terpaksa tak dapat aku menerimanya ......... !"
"Ehhh ......... " Apa Eng Lan kurang cantik " " Benar - benar keterlaluan Pak-thian Koai-jin menggoda orang, sampai-sampai muridnya tidak kuat mendengarkan terus dan larilah Eng Lan ke dalam sambil menutupi mukanya.
"Sekali - kali bukan begitu, locianpwe. Nona Pui sudah terlampau baik bagi seorang seperti aku, malah aku tidak berharga baginya. Akan tetapi ....... aku ......... aku sudah mempunyai seorang calon jodoh yang sudah ditentukan oleh paman Kwee ........."
Untuk sejenak Pak-thian Koai-jin kelihatan tertegun, akan tetapi wajahnya berseri kembali dan senyumnya muncul lagi pada mukanya yang lucu.
"Aha, muda - muda sudah mempunyai calon isteri " Benar - benar tergesa- gesa ! Tentu cantik dia, secantik Eng Lankah " Kau tentu suka sekali padanya, he " Kapan menikahnya " Jangan lupa undang aku orang tua, jangan terlalu pelit dengan arakmu."
Merah sekali wajah Wi Liong, bukan hanya karena malu, juga karena mendongkol.
"Locianpwe, siapa sih yang memikirkan pernikahan " Aku ditunangkan di luar kehendakku. Kalau saja aku tidak mau menyakitkan hati paman, kalau saja bukan karena aku hendak berbakti kepada paman, tentu perjodohan itu kutolak tentu ikatannya kuputuskan dan pertunangannya kubatalkan."
Wi Liong mengeluarkan kata - kata ini dengan sungguh - sungguh sambil mengerling kearah gadis tinggi langsing itu. Memang di dalam hatinya pemuda ini sudah merasa kurang setuju terhadap keputusan pamannya yang menjodohkannya dengan seorang gadis yang sama sekali tidak dikenalnya. Apa lagi setelah sekarang, bertemu dengan gadis langsing itu, makin kecewa hatinya bahwa ia telah bertunangan dengan gadis lain !
Dapat dibayangkan betapa hebat pengaruh kata - kata ini terhadap Siok Lan sendiri. Gadis ini menjadi pucat, menggigit bibirnya dan segera meninggalkan tempat itu menyusul Eng Lan. Juga gadis ini menahan air matanya, dan perasaannya ketika meninggalkan tempat itu tidak berbeda dengan perasaan hati Eng Lan, yaitu perasaan hati seorang gadis yang merasa ditolak oleh seorang pemuda !
Pada saat itu terdengar suara pekik memanjang dari seberang jurang dan Souw Lo Hosiang, ketua kelenteng itu muncul dari pintu, menjura kepada dua orang kakek itu sambil berkata,
"Pinceng melihat dua orang di seberang jurang, seorang wanita dan seorang kakek yang buntung tangan kirinya. Harap ji-wi sicu memberi petunjuk." Hwesio ini adalah murid Bhok Lo Cinjin, maka ia berlaku amat hormat kepada dua orang kakek yang menjadi sahabat baik gurunya itu, yang ia ketahui memiliki kepandaian tinggi. Seperti hampir semua anggauta Siauw-lim-pai, juga Souw Lo Hosiang ini berjiwa patriot dan selalu menentang penjajah Mongol. Oleh karena itu dia rela menggunakan kelentengnya sebagai tempat pertemuan dan tempat persembunyian orang-orang gagah, malah dia menyediakan tenaga untuk membantu bersama murid - muridnya.
Mendengar laporan yang disampaikan sendiri oleh ketua kelenteng, Pak-thian Koai-jin tertawa bergelak dan See-thian Hoat-ong juga tersenyum girang.
"Tua bangka buntung itu tentu Lam-san Sian-ong !" kata Pak-thian Koai-jin sambil bertepuk tangan. Beramai mereka lalu menuju ke jendela bulan untuk memandang keluar. Kelihatanlah dua orang tamu itu. tidak begitu jelas karena memang jurang itu lebar sekali, akan tetapi mudah mengenal kakek gemuk pendek yang buntung tangan kirinya sedangkan tangan kanannya memegang sebatang tongkat bambu yang butut. Di sebelahnya berdiri seorang wanita, dari jauh kelihatan cantik.
"Wanita baju biru apakah bukan Tung-hai Sian-li " " kata See-thian Hoat-ong sambil mengerutkan kening. See-thian Hoat-ong adalah adik seperguruan dan Siang-jiu Lo-thian Kwa Cun Ek, jadi paman guru dari Kwa Siok Lan. Dia mengawani Siok Lan ke Peking untuk membantu pergerakan para orang gagah karena Kwa Cun Ek sendiri berhalangan pergi dan sedang menderita sakit. Memang semenjak ditinggal pergi oleh isterinya yaitu Tung-hai Sian-li, sering kali Kwa Cun Ek termenung penuh kedukaan dan sering kali menderita sakit di dada. Sekarang muncul Tung-hai Sian-li sedangkan Kwa Siok Lan berada di situ. Ibu dan anak yang tak pernah bertemu muka semenjak Siok Lan berusia satu tahun dan ditinggalkan, sekarang akan bertemu ! See-thian Hoat-ong mengkhawatirkan kalau akan terjadi sesuatu yang tak diingini antara ibu dan anaknya ini.
"Hei, setan - setan gundul yang di kelenteng, mana jembatan tambang kalian?" teriak Lam-san Sian-ong dengan suaranya yang nyaring dan tongkat di tangan kanannya diacung - acungkan.
"Kakek buntung, kenapa kau tidak terbang saja ke sini " " Pak-thian Koai-jin berseru menggoda.
"Pengemis kelaparan, sayapku belum tumbuh, mana bisa terbang " "
Selagi dua orang kakek aneh yang sama pendek sama gemuknya itu berkelakar mempergunakan tenaga khikang untuk "mengirim'" suara mereka satu kepada yang lain. Souw Lo Hosiang memberi perintah kepada murid - muridnya untuk mengambil tambang dan panahnya. Empat orang murid menggotong gulungan tambang yang panjang dan kuat, seorang murid lain membawa sebuah gendewa besar dan berat.
Souw Lo Hosiang adalah murid Bhok Lo Cin-jin yang amat pandai menggunakan anak panah, dan dia pula yang menciptakan jembatan tambang yang hanya dapat dipasang olehnya secara istimewa, yaitu menggunakan anak panahnya. Dengan tenang tapi cepat ia memasangkan sebatang anak panah yang berat dan kuat terbuat dari pada baja tulen pada gendewanya setelah ekor anak panah itu diikat oleh ujung tambang. Ia berdiri di belakang jendela bulan, memasang kuda - kuda yang teguh seperti biasa anak murid Siauw-lim-pai memasang kuda - kuda. mementang gendewa sampai hampir melengkung bundar, lalu mulutnya berseru.
"Haaaiiiihhh !" Terdengar suara menciut dan anak panah itu meluncur seperti burung terbang ke seberang jurang, membawa tambang yang melayang di belakangnya seperti ular yang panjang sekali. Betul indah kelihatannya anak panah yang di belakangnya diikuti tambang itu dan anak panah itu akhirnya dengan tepat sekali menancap pada batang pohon besar yang tumbuh di seberang jurang. Kalau tidak memiliki tenaga lweekang yang matang dan kepandaian ilmu memanah yang mahir, tak mungkin dapat melakukan apa yang telah diperlihatkan oleh Souw Lo Hosiang tadi.
"Bagus !" Pak-thian Koai-jin memuji.
Sementara itu. Lam-san Sian-ong dan kawannya yang berada di seberang segera mengikatkan ujung tambang itu erat-erat dan kuat - kuat kepada batang pohon besar. Tambang lalu ditarik oleh Souw Lo Hosiang sampai menegang kemudian ujungnya yang sebelah sini diikatkan pada tiang yang berada di luar ruangan, maka siaplah jembatan tambang itu. Lam-san Sian-ong bersama kawannya lalu melompat ke atas tambang dan berlari - lari dengan enaknya seperti akrobat-akrobat tambang yang mahir. Hal ini tidak mengherankan kalau orang mengenal siapa Lam-san Sian-ong dan kawannya itu yang setelah dekat ternyata benar Tung-hai Sian-li adanya. Lam-san Sian-ong, kakek yang tangan kirinya buntung itu memiliki ilmu yang sudah terkenal di seluruh wilayah selatan, sedangkan Tung-hai Sian-li, siapakah di antara orang kang-ouw yang tidak pernah mendengar namanya " Orangnya jujur dan galak akan tetapi pedang dan ilmu silatnya lebih galak lagi !
Sebagai tuan rumah. Souw Lo Hosiang menyambut kedatangan dua orang tamu yang sudah dikenalnya baik siapa adanya itu dengan menjura dan berkata,
"Sungguh merupakan kehormatan besar bagi kelenteng yang buruk ini menerima kunjungan ji-wi yang terhormat. Selamat datang.........!'
Tung-hai Sian-li balas menjura sebagaimana mestinya, wajahnya yang cantik dan masih nampak muda itu kelihatan sungguh - sungguh dan bibirnya memperlihatkan senyum sopan. Akan tetapi Lam-san Sian-ong hanya menggerak-gerakkan tangannya yang buntung tanpa membalas penghormatan orang, hanya berkata,
"Siauw-lim-pai benar - benar partai terbesar, di mana - mana terdapat muridnya yang pandai. Ilmu memanah tadi benar - benar tidak jelek. Kau ini seorang hwesio tak pernah makan daging bisa mempunyai tenaga sehebat itu, benar - benar mengagumkan sekali."
Souw Lo Hosiang hanya tersenyum menjura dan merendahkan diri. Dia sudah kenal baik watak orang aneh ini. Bukan Lam-san Sian-ong namanya kalau bicaranya genah ! Sudah menjadi watak Lam-san Sian-ong kalau bicara tidak karuan atau seenak perutnya sendiri saja.
Lam-san Sian-ong lalu menghadapi Pak-thian Koai-jin dan See-thian Hoat-ong sambil berkata.
"Kedatanganku bersama Tung-hai Sian-li ini untuk menyelamatkan nyawa kalian dari bahaya maut! "
"Lam-san Sian-ong, enak saja kau bicara !" suara See-thian Hoat-ong menggeledek. "Apa kau kira kami ini memerlukan bantuanmu kalau hanya ingin menjaga keselamatan diri saja ?"
"Hoat-ong. perduli apa obrolan kosong Lam-san Sian-ong si kakek buntung?" kata Pak-thian Koai-jin mengejek. "Lebih baik kita bicara dengan Tung-hai Sian-li. Sebetulnya apakah yang terjadi dan berita apa yang kalian bawa " " tanya Pak-thian Koai-jin kepada wanita itu.
Sebelum menjawab, Tung-hai Sian-li melirik ke arah Thio Wi Liong yang sejak tadi masih berdiri di pojok dengan pandang mata penuh kekaguman dan kegembiraan dapat bertemu dengan orang - orang ternama di dunia kang-ouw. "Aku mengenal kalian, juga mengenal Souw Lo Hosiang dan murid - muridnya. Akan itetapi di sini kulihat seorang pemuda asing, tak enak untuk bicara ! "
Pak-thian Koai-jin tertawa dan memang kakek ini wataknya aneh sekali. Melihat orang tersinggung ia malah suka. melihat orang tergoda malah diketawai. wataknya presis seorang bocah yang bengal sekali. Mendengar ucapan Tung-hai Sian-li ia mengerti betapa tersinggung dan tak enak hati Wi Liong maka sengaja ia berkata.
"Kalau begitu mari kita bicara di luar ruangan ini !" Cepat ia mengajak kawan-kawannya keluar dari ruangan dan sebentar saja Wi Liong ditinggal seorang diri ! Diam - diam pemuda ini mendongkol sekali dan merasa tidak suka kepada Tung-hai Sian-li, wanita yang dianggapnya amat galak dan penuh curiga. Ia tersenyum mengejek karena orang - orang yang menganggap diri sebagai pentolan- pentolan kang-ouw itu terlalu memandang rendah kepadanya. Mereka itu sama sekali tidak .tahu bahwa biarpun mereka mengadakan pembicaraan di luar ruangan itu dengan suara perlahan tetap saja pendengarannya yang tajam masih dapat menangkap pembicaraan itu dengan cukup jelas ! Akan tetapi hatinya sudah panas, mana ia sudi mendengarkan percakapan orang " Malah ia sengaja menjauhkan diri berdiri di depan jendela bulan. Hanya karena mendengar disebutnya nama Beng Kun Cinjin membuat Wi Liong terpaksa memasang telinga mendengarkan juga.
"Mereka mengira bahwa Beng Kun Cinjin bersembunyi di sini, maka mereka datang dengan pengerahan tenaga ratusan orang perajurit pilihan. Di antara mereka terdapat Bu-ceng Tok-ong. Tok-sim Sian-li. Hek-mo Sai-ong dan beberapa orang Panglima Mongol yang kosen. Sama sekali kita bukan lawan mereka dan melawan berarti membuang nyawa cuma - cuma. Untuk apa kita melayani mereka?" terdengar Tung-hai Sian-li berkata.
"Jalan ke sini tidak ada dan tanpa jembatan tambang tak mungkin mereka datang. Takut apa " Kalau mereka berani melalui jembatan tambang, kita tinggal merobohkan mereka seorang demi seorang. " kata Pak-thian Koai-jin.
"Tidak bisa begitu." See-thian Hoat-ong mencela. Dia seorang bekas raja muda, juga bekas panglima perang, tentu saja mengerti akan siasat perang. "Barisan Mongol dipimpin oleh panglima-panglima yang pandai". Mereka takkan begitu goblok untuk mencoba menyerbu ke sini melalui jembatan tambang. Ada dua macam penyerangan mereka, pertama menghujani anak panah sampai kelenteng ini terbakar habis dan ke dua mengurung sekeliling jurang memutuskan jalan keluar sehingga kita akan menjadi kering dan kelaparan di tempat ini."
"Waduh, benar - benar bukan jalan mati yang enak." Pak-thian Koai-jin berkelakar, "mati terpanggang atau mati kelaparan. Lebih baik kita terbang pergi saja !"
"Itulah jalan terbaik", kata See-thian Hoat-ong, "kita lari dari sini bukan karena takut musuh, hanya agar jangan mati konyol. Biarpun kita lari, masih ada bahaya terkepung di seberang sana akan tetapi lebih baik dikeroyok dan tewas dalam pertempuran dengan golok di tangan dari pada mati konyol di sini tanpa dapat membalas sedikit pun kepada musuh."
Pada saat itu dari dalam muncul Kwa Siok Lan dan Pui Eng Lan. Mereka mendengar orang bercakap-cakap dan mendengar suara wanita, maka dengan heran mereka lalu keluar. Anehnya, tidak hanya mata Eng Lan yang merah bekas menangis, malah mata Siok Lan juga kelihatan tanda - tanda bekas menangis ! Hal ini tidak mengherankan kalau diingat betapa mendongkol dan marahnya mendengar tunangan, calon suaminya, menyatakan tidak suka akan ikatan jodoh itu !
Pak-thian Koai-jin yang melihat Tung-hai Sian-li membalikkan tubuh dan memandang kepada dua orang gadis itu, segera tertawa dan memperkenalkan muridnya. "Tung-hai Sian-li. jangan curiga. Yang hitam manis itu adalah muridku. Pui Eng Lan ....... !"
Akan tetapi Tung-hai Sian-li seperti tidak mendengar ucapan ini dan matanya menatap wajah Siok Lan dengan tajam. Sebaliknya, ketika Siok Lan mendengar Pak-thian Koai-jin menyebut wanita itu Tung-hai Sian-li. seketika menjadi pucat wajahnya dan matanya terbelalak menatap wanita itu, bibirnya gemetar dan tubuhnya agak menggigil. Ia melangkah maju tiga tindak, matanya seakan - akan membakar seluruh tubuh Tung-hai Sian-li, telunjuknya menuding dan bibirnya yang gemetar itu berkata perlahan,
"'Kau ..... kau ...... Tung-hai Sian-li ...... ?" " Ia segera memutar tubuhnya dan menutupi muka dengan kedua tangan, menangis terisak - isak. Jadi inikah ibunya " Wanita cantik jelita dan gagah perkasa ini ibu kandungnya" Keharuan membuat seluruh tubuhnya menggigil dan tentu ia akan menubruk, merangkul ibu kandungnya yang sering kali ia impi - impikan ini kalau saja tidak teringat olehnya betapa ibunya dengan keji telah meninggalkan ayahnya dan meninggalkan ia ketika ia berusia satu tahun ! Perbuatan ini ia anggap sebuah perbuatan yang paling kejam tiada taranya, perbuatan yang tidak boleh diampunkan ! Ia bangga melihat ibunya demikian cantik, gagah dan masih muda nampaknya, akan tetapi ia menjadi benci sebenci - bencinya kalau teringat akan perbuatan ibunya terhadap ayahnya, teringat betapa ayahnya menderita, betapa ayahnya sering kali jatuh sakit dan mengigau menyebut - nyebut nama ibunya.
Dengan dua langkah lebar Tung-hai Sian-li sudah berada di belakang Siok Lan. Dia seorang wanita yang jujur dan galak. Sekali tangannya bergerak ia sudah memegang pundak Siok Lan dan diputarnya tubuh gadis itu sehingga menghadapinya.
"Siapa kau " Apa maksud sikapmu yang aneh ini " Hayo kau bilang !" Diguncang - guncang tubuh Siok Lan dengan tangannya yang amat kuat sehingga gadis itu terhuyung - huyung.
See-thian Hoat-ong melangkah maju dan berkata dengan suaranya yang keren dan tegas. "Tung-hai Sian-li dia inilah puteri suheng yang kau tinggalkan ketika ia masih berusia satu tahun !'
Bagaikan disambar geledek. Tung-hai Sian-ii tersentak mundur, wajahnya pucat sekali. "Kau ....... kau ........ " " " katanya perlahan dan di lain saat ia telah menubruk dan merangkul Siok Lan. Untuk sesaat Siok Lan menyerah kepada perasaan hatinya membalas pelukan kasih sayang ibunya, akan tetapi segera ia merenggut diri terlepas dan berkata.
"Tidak ....... tidak ....... ! Kau bukan ibuku ....... kau wanita yang mencelakai hidup ayah ....... pergi kau ....... !"
Tung-hai Sian-li berdiri terpaku, tak bergerak dan tidak tahu harus berbuat apa, matanya masih basah air mata yang sudah belasan tahun tak pernah mengalir dari matanya, kedua tangan terkepal, hatinya tidak karuan rasanya. Semua orang berdiri tertegun, juga terharu menghadapi pertemuan luar biasa ini.
Tiba - tiba terdengar teriakan nyaring sekali. "Kun Hong, kalau kau laki - laki, tunggu aku di seberang situ. Aku Thio Wi Liong, masih ingatkah kau" Mari kita ulangi pibu yang dahulu untuk melihat siapa yang lebih unggul !"
Dari seberang jurang terdengar jawaban nyaring. "Aha, bagus sekali ! Jadi kaukah itu " Kesinilah, aku sudah siap menghajarmu setengah mampus ! "
Mendengar teriakan-teriakan ini semua orang lari ke ruangan itu dan melihat Wi Liong sudah melompat ke atas jembatan tambang. Pemuda itu menoleh dan berkata kepada Pak-thian Koai-jin
"Locianpwe harap bawa kawan-kawan menyeberang, biar aku yang menjaga di sana."
Semua orang mendongkol karena siapa percaya omongan pemuda itu " Di seberang sana kelihatan Kun Hong. Bu-ceng Tok-ong, Tok-sim Sian-li dan yang lain - lain, bahkan kelihatan barisan di lereng bukit, bagaimana pemuda itu bisa menjaga di sana " Tentu untuk menyombong saja dan sebetulnya pemuda itu hendak melarikan diri.
"Celaka, jangan-jangan dia itu mata - mata musuh yang sengaja memancing kita !" tiba - tiba Pui Eng Lan berkata dan tangannya bergerak. Sebatang piauw menyambar ke arah punggung Wi Liong. Tak terasa lagi Siok Lan mengeluarkan teriakan kaget. Teriakan ini disusul oleh seruan - seruan kaget dan kagum dari lain orang yang berada di situ ketika melihat betapa piauw yang tepat mengenai punggung Wi Liong itu runtuh ke bawah seperti mengenai tubuh terbuat dari karet saja. Wi Liong seperti tidak merasa apa - apa dan berjalan terus. Benar - benar mengherankan sekali. Pemuda yang berjalan di atas tali itu saja menggunakan kedua lengan untuk menahan keseimbangan tubuh, yang kelihatan begitu lemah, bagaimana bisa menahan serangan piauw seakan-akan punggungnya itu disentuh oleh tangan yang halus "
Akan tetapi See-thian Hoat-ong yang tidak mau membuang banyak waktu segera berkata. "Hayo kita menyeberang ke sana sebelum mereka bergerak !" Dan ia menarik tangan Siok Lan. mengajak keponakannya itu melompat ke atas jembatan tambang disusul oleh Pak-thian Koai-jin yang menarik tangan muridnya, kemudian disusul oleh Tung-hai Sian-li. dan Lam-san Sian-ong. Souw Lo Hosiang dan para muridnya tidak mau meninggalkan kelenteng.
"Pinceng tinggal di sini. mereka kiranya takkan mengganggu para hwesio".
Karena kukuh tidak mau ikut pergi, terpaksa pendeta ini dan murid-muridnya ditinggalkan. Sementara itu. Wi Liong sudah sampai di seberang jurang di mana ia disambut oleh Kun Hong yang memandang kepadanya lalu tertawa bergelak,
"Eh eh, benar - benar kau ini " Ha-ha-ha. Wi Liong. Menyeberangi jembatan tambang saja kau sudah gemetaran, masa kau berani menantang pibu kepadaku " "
"Kun Hong, soal pibu tentu saja akan kulayani. Akan tetapi yang terpenting sekarang, mengapa kau tidak bertindak sebagai seorang laki-laki " Kau sudah berjanji hendak mengadu tenaga tiga hari kemudian, mengapa sekarang kau sudah datang lagi dan membawa kawan - kawan " Apakah janjimu tak dapat dipegang lagi " "
"Janji macam apa " Jangan banyak cerewet kau ! " bentak Bu-ceng Tok-ong dan tangannya menampar ke arah kepala Wi Liong, tamparan yang mengandung kekuatan dan pukulan berhawa racun.
"Ayaaaa Bu-ceng Tok-ong betul - betul tak tahu malu !" ejek Wi Liong dan ia mengangkat tangan kiri menangkis.
"Plakk !" dua tenaga hebat bertemu melalui dua lengan tangan.
"Ayaaaaaa ........... !" Tubuh Bu-ceng Tok-ong terhuyung mundur dan Raja Racun ini memegangi lengan kanannya yang seperti remuk tulangnya rasanya. Ia meringis dan menahan sakit sambil memandang penuh keheranan dan penasaran. Mana ia bisa menyangka bahwa bocah yang dulu pernah hendak ia jadikan murid, sekarang telah menjadi begini lihai sehingga sekali tangkis saja tidak hanya dapat menolak hawa pukulan beracun, malah hampir membikin remuk tulang lengannya"
"Tok-ong. muridmu itu manis sekali sekarang !" ejek Tok-sim Sian-li yang sudah mencabut pedang. "Sayang dia memihak musuh." Sambil bicara tangannya bekerja, pedangnya menusuk dan tangan kirinya melakukan pukulan Toat-sim-ciaug yang lihai!
"Kun Hong, guru - gurumu memang mboceng-li (tak tahu aturan) !" ejek Wi Liong lagi. Ia menggerakkan tangan kiri lagi dikibaskan ke arah pedang sedangkan tangan kanan wanita itu yang menghantam dadanya tidak diapa-apakan, ia terima begitu saja pukulan itu.
"Dukk ......... ! Aaauuuu ......... !!" Tok-sim Sian-li hampir saja melepaskan pedangnya. Ia merasa pergelangan tangan kanannya lumpuh dan kepalan tangan kiri yang melakukan Pukulan Pencabut Jantung sakit bukan main.
"Kun Hong. mengapa guru - gurumu begini lemah " " Wi Liong mengejek Kun Hong lagi, sengaja membikin panas hati pemuda itu supaya jangan mempunyai kesempatan mengganggu Pak-thian Koai-jin dan kawan-kawannya yang sudah mulai berdatangan menyeberang melalui jembatan tambang.
"Apa anehnya mengalahkan dua orang yang sudah tua - tua ?" teriak Kun Hong. "Akulah lawanmu, jangan kau sombong !"
"Kun Hong, hati - hati. Dia murid Thian Te Cu ...... !" Kata Bu-ceng Tok-ong yang kini sudah percaya betul akan kelihaian pemuda yang dulu dibawa pergi oleh Thian Te Cu ini.
"Kun Hong. kau bilang aku sudah tua......?"" Tok-sim Sian-li berseru dengan suara sedih mengandung keluhan.
Akan tetapi Kun Hong tidak perdulikan seruan dua orang itu dan mulai menyerang Wi Liong dengan pukulan kanan kiri yang dahsyat. Kembali Wi Liong tertegun karena pukulan ini mengandung unsur-unsur pat-kwa dan dasarnya hampir sama dengan pukulan Pat-kwa-ciang-hoat yang ia pelajari dari gurunya.
"Hemmm, agaknya kau sudah menerima pelajaran dari Thai Khek Sian." Wi Liong yang sudah dapat menduga itu menegurnya.
Kun Hong hanya mempercepat serangannya tanpa menjawab. Wi Liong cepat mengelak karena maklum akan kelihaian serangan ini dan sebentar saja dua orang muda murid orang - orang sakti itu mulai bertanding hebat sekali.
Sementara itu, Pak-thian Koai-jin dan kawan-kawannya sudah sampai di tempat itu.
"Lari terus jangan layani pertempuran. Musuh terlampau banyak, barisan berada di lereng seru See-thian Hoat-ong yang maklum bahwa kalau bertempur, kawan-kawannya akan menghadapi keroyokan beratus orang musuh".
Pui Eng Lan dan Kwa Siok Lan berlari di depan, baru di belakangnya mengikuti Lam-san Sian - ong, Tung - hai Sian - li, See-thian Hoat-ong dan Pak-thian Koai-jin. Sebagai seorang ahli perang, See-thian Hoat-ong maklum bahwa biarpun fihaknya kuat sekali, namun fihak musuh selain mempunyai orang - orang pandai seperti Bu-ceng Tok-ong dan lain-lain, juga terdiri dari ratusan orang tentara, sehingga kalau terjadi pengeroyokan, fihaknya yang akan kalah.
Beberapa orang perwira membawa pasukan mereka menghadang dan mencoba untuk menghalangi larinya enam orang ini. Akan tetapi mana bisa mereka menghadapi orang - orang gagah itu" Eng Lan dan Siok Lan mengerjakan pedang masing - masing dan beberapa orang anggauta pasukan roboh. Lam-san Sian-ong memutar tongkat bambunya dan empat orang jungkir-balik tak dapat bangun lagi. Yang hebat adalah Tung-hai Sian-li. Tokoh wanita ini sedang marah dan sedih karena melihat puterinya yang cantik itu tidak mau mengakuinya, maka sekarang menghadapi pasukan musuh ia melampiaskan kemarahannya. Pedamgnya menyambar bagaikan kilat menyambar - nyambar dan celakalah pengeroyok yang terkena sinar pedangnya.
Pak-thian Koai-jin sambil tertawa-tawa merobohkan banyak pengeroyok dengan tongkat bambu dan mangkoknya. Lima orang itu kiranya akan lupa waktu dan terus membabati musuh yang empuk - empuk itu kalau saja di situ itidak ada See-thian Hoat-ong yang memberi "komando". Kakek bermuka merah bekas panglima besar ini yang memberi ingat kepada kawan - kawannya bahkan dia yang mengatur siasat mencari jalan keluar yang paling lemah. Akhirnya mereka dapat menyelamatkan diri turun dari bukit itu dari sebelah selatan, bebas dari pengepungan para tentara Mongol yang berani mati itu. Akan tetapi di dalam keributan itu setelah terbebas dari pengeroyokan, baru mereka melihat bahwa Kwa Siok Lan tidak berada di situ !
"Celaka mana dia ...... ! Mana Siok Lan ...... " " seru Tung-hai Sian-li dengan muka berubah. Tokoh - tokoh yang lain juga kaget, khawatir kalau - kalau gadis itu roboh oleh pengeroyokan musuh.
"Tadi dia melawan musuh berdekatan dengan teecu." kata Eng Lan kepada gurunya, ''dan melihat keadaan para pengeroyok, tidak mungkin kalau enci Siok Lan roboh."
"Aku akan mencarinya !" kata See-thian Hoat-ong dengan suaranya yang menggeledek, tanda bahwa dia marah sekali karena murid keponakannya dalam bahaya. Golok besarnya sudah bergerak dalam tangannya, mukanya kelihatan makin angker. Ia sudah membuang pakaian luarnya dan kini See-thian Hoat-ong yang mengenakan pakaian perang dari suku bangsanya, benar-benar nampak angker dan gagah. Bahkan ia jauh nampak muda dari usia sebenarnya.
Akan tetapi sebelum ia bergerak, berkelebat bayangan biru dan tahu - tahu Tung-hai Sian-li sudah mendahuluinya, naik lagi ke atas bukit untuk mencari dan membela anaknya. Benar - benar aneh wanita ini. Semenjak belasan tahun, ia meninggalkan puterinya begitu saja kepada bekas suaminya dan hatinya yang keras menindas semua rasa rindu kepada anak dan suami, membuat ia kuat menahan keinginan hati dan tidak pernah bertemu muka dengan mereka. Akan tetapi sekarang, begitu bertemu dengan Siok Lan, kasih ibu yang terpendam di hati dan sebetulnya tak pernah lenyap itu tiba-tiba bangkit dan dia akan rela berkorban nyawa demi keselamatan anaknya, biarpun anak itu tidak mau mengakuinya sebagai ibu. Memang, tidak ada kecintaan lebih mulia dari pada kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya, sebaliknya juga tidak ada kekejaman lebih hebat dan pada hati wanita yang dibakar api cemburu terhadap suaminya. Tung-hai Sian-li adalah seorang wanita yang menjadi korban cemburu.
See-thian Hoat-ong dengan golok terhunus juga mengejar Tung-hai Sian-li. Melihat ini, Pak-thian Koai-jin tertawa.
"Ha-ha-ha bukan saja untuk membela nona Kwa. akan tetapi terutama sekali untuk melindungi keselamatan murid - murid Siauw-lim-pai. Memang tidak pantas kalau kita tidak membantu mereka." Iapun memberi isyarat kepada Pui Eng Lan dan cepat menyeret tongkat bambunya, mengejar kembali ke atas bukit. Tidak ada lain pilihan bagi Lam-san Sian-ong. Kakek yang buntung tangan kirinya ini. yang juga termasuk seorang gagah, menggerakkan kedua kakinya yang pendek-pendek, lari cepat mengikuti yang lain.
Ke mana larinya Kwa Siok Lan " Apa betul seperti yang dikhawatirkan oleh rombongan itu bahwa gadis ini roboh atau tertawan" Tidak demikian halnya. Ketika dia dan rombongan itu mulai terlepas dari kepungan musuh dan tinggal lari saja turun gunung. Siok Lan ingat kepada Wi Liong, pemuda tunangannya itu. Biarpun Wi Liong tanpa disengaja telah menyakiti hatinya, yaitu mengaku di depan Pak-thian Koai-jin bahwa adalah di luar kehendaknya ditunangkan dengan gadis she Kwa, akan tetapi Siok Lan harus mengaku bahwa wajah dan kegagahan pemuda itu amat menarik hatinya. Pemuda itu demikian ganteng dan gagah, pula telah memperlihatkan keberanian luar biasa. Adapun tentang kepandaian ia sudah menyaksikan sendiri kelihaiannya. Bukan saja serangan piauw dari Eng Lan sama sekali tidak melukainya malah juga ia tadi melihat sepintas lalu betapa calon suaminya itu telah mengalahkan Bu-ceng Tok-ong dan Tok-sim Sian-li secara mudah sekali ! Kenyataan ini tentu saja membuat Siok Lan makin kagum kepada pemuda itu. Pemuda itu betapapun juga adalah tunangannya yang diresmikan oleh ayahnya, sekarang pemuda itu telah dikepung banyak musuh karena hendak menolong dia dan rombongannya. Bagaimana ia bisa meninggalkannya begitu saja" Sungguhpun hatinya sakit oleh ucapan Wi Liong di depan Pak-thian Koai-jin. akan tetapi tidak seharusnya ia meninggalkannya begitu saja.
Dengan pikiran ini, di luar tahunya yang lain, malah ia kembali ke dekat jurang di mana Wi Liong tadi menghadapi musuh - musuhnya. Melihat gadis cantik ini kembali ke dalam kepungan, para anggauta pasukan segera mengurung dan menerjangnya. Akan tetapi Siok Lan tidak menjadi gentar, pedangnya dikerjakan dan kembali ia mengamuk.
"Niocu, kau wakili aku tawan gadis jelita itu hidup-hidup untukku !" terdengar suara nyaring. Inilah suara Kun Hong yang minta tolong kepada Tok-sim Sian-li supaya menangkap dan menawan Siok Lan. "Akan tetapi ingat, jangan lukai dia !" Kun Hong benar lihai dalam menghadapi Wi Liong ia masih sempat melihat amukan Siok Lan dan menyuruh bekas gurunya menangkapnya.
Tok-sim Sian-li menjebikan bibir, hatinya mendongkol akan tetapi ia tidak berani membantah perintah bekas muridnya yang kini sudah terlampau lihai baginya itu.
"Minggir semua ! Biarkan aku menangkap kuda betina yang binal ini !"
Kwa Siok Lan yang tiba - tiba berhadapan dengan Tok-sim Sian-li. tidak membuang banyak waktu lagi terus saja ia menyerang dengan pedangnya secara hebat. Tok-sim Sian-li menangkis.Terdengar suara nyaring ketika dua pedang bertemu dan Siok Lan hampir saja melepaskan pedangnya karena tangannya terasa sakit.
"Hi-hi, anak baik. Lepaskan saja pedangmu dan menyerahlah. Percuma kau melawanku." kata Tok-sim Sian-li mengejek.
"Siapa takut padamu ?" Siok Lan membentak marah dan melompat lagi menerkam dengan pedangnya. Ia mengerahkan seluruh tenaganya dan menggerakkan pedang secepatnya karena maklum bahwa lawannya ini amat lihai.
Akan tetapi, kepandaian Tok-sim Sian-li memang jauh lebih tinggi. Dengan mudah pedang Siok Lan ditangkis lagi. Kemudian sambil tertawa - tawa Tok-sim Sian-li balas menyerang. Kalau wanita ini menuruti hatinya, ingin ia menikam mati gadis muda itu, akan tetapi ia tidak berani membuat Kun Hong marah. Ia lalu mainkan pedangnya secara istimewa sekali, diputarnya cepat membuat Siok Lan menjadi silau pandangannya dan bingung. Dalam belasan jurus saja Tok-sim Sian li berhasil merampas pedangnya dan menotoknya roboh. Siok Lan roboh tak dapat berkutik lagi.
"Bocah manis, kalau Kun Hong sudah begitu tergila-gila kepadamu, tentu dia sudah pernah pernah melihatmu. Kau bernama siapakah dan kapan kau mulai kenal dengan Kun Hong " "
"Aku Kwa Siok Lan selamanya tak pernah berkenalan dengan orang-orang macam kalian!" jawab Siok Lan ketus. Ia berusaha keras untuk membebaskan pengaruh totokan itu, akan tetapi sia - sia saja. Ia hanya dapat bicara, akan tetapi tidak mampu menggerakkan kedua kakinya.
Tiba - tiba tangan Tok-sim Sian-li melayang. "Plak ! Plak !" Kedua pipi Siok Lan telah ditamparnya. Masih baik dia tetap iteringat akan pesan Kun Hong sehingga tamparan itupun hanya membikin pipi Siok Lan menjadi merah dan terasa panas pedas saja, akan tetapi tidak melukainya.
"Kau puteri Tung-hai Sian-li " Ha - ha. bagus ! Kalau saja aku tidak ingat akan ayahmu. Kwa Cun Ek, yang pernah menjadi kekasihku sampai bertahun- tahun tentu akan kupecahkan kepalamu !"
Siok Lan adalah seorang gadis cantik yang memiliki keberanian istimewa dan kegagahan seperti ayahnya, akan tetapi sedikitnya ia mewarisi kekerasan hati ibunya. Ia memandang kepada Tok-sim Sian-li dengan mata berapi dan berkata,
"Wanita siluman, kau mau bunuh boleh bunuh. Siapa takut mati" Tak usah kau banyak bicara tidak karuan, siapa percaya omonganmu yang busuk seperti racun " "
Pada saat itu terdengar ribut - ribut dan barisan di sebelah selatan kacau - balau. Tak lama kemudian muncul Tung-hai Sian-li dan kawan-kawannya. Tung-hai Sian-li dari jauh sudah melihat Siok Lan tertawan. Ia cepat menggerakkan pedangnya merobohkan dua orang serdadu musuh dan dengan lompatan-lompatan jauh ia menghampiri Tok-sim Sian-li. Wanita ini sudah tersenyum-senyum mengejek lalu berkata kepada seorang perwira Mongol. "Kau tawan gadis ini, akan tetapi ingat, dia ini pesanan Kam-taihiap jangan ganggu! Siok Lan tak berdaya lagi ketika ia dibawa pergi oleh perwira itu.
"Tok-sim siluman betina! Kau apakan anakku ?" Tung-hai Sian-li membentak dan pedangnya berkelebat menyerang dengan tusukan mematikan karena ia tidak sabar lagi hendak cepat-cepat menolong anaknya.
"He-he-he, budak hina-dina, jangan banyak tingkah !" Tok-sim Sian-li menangkis keras. Dua musuh kawakan saling bertemu muka. Tok-sim Sian-li masih menaruh dendam karena merasa kekasihnya, Kwa Cun Ek dirampas oleh musuh ini, sebaliknya Tung-hai Sian-li mendendam karena gara-gara Tok-sim Sian-li inilah ia sampai terpaksa meninggalkan suami dan anaknya.
Dua orang wanita biasa saja yang saling bermusuhan kalau bertemu muka akan terjadi hal yang hebat. Apa lagi dua orang wanita ini yang keduanya terkenal sebagai tokoh - tokoh besar dalam dunia persilatan. Segera terjadi perang tanding yang amat seru dan hebat.
Akan tetapi, segera Tung-hai Sian-li kaget karena dibandingkan dengan belasan tahun yang lalu, kepandaian Tok-sim Sian-li ternyata meningkat banyak sekali. Ini berkat latihan - latihan yang ia dapat dari Thai Khek Sian. Hanya dengan pengerahan tenaga dan seluruh kepandaian saja Tung-hai Sian-li masih dapat mengimbangi permainan pedang lawannya yang dahsyat dan ganas itu.
Baiknya See-thian Hoat-ong juga sudah datang dan cepat membantunya ketika melihat Tung-hai Sian-li terdesak. Berubahlah keadaannya dan kini Tok-sim Sian-li yang montang-manting dikeroyok dua oleh dua orang yang tinggi ilmunya dan banyak pengalaman dalam pertempuran. Akan tetapi Dewi Hati Beracun ini masih dapat mempertahankan dan masih dapat membalas serangan-serangan lawan dengan ilmu pedang dan pukulan-pukulan Toat-sim-ciang yang berbahaya.
Bu-ceng Tok-ong sudah datang pula di tempat pertempuran itu. Dia dikawani oleh Hek-ma Sai-ong. Seperti pernah diceritakan dalam jilid pertama. Hek-mo Sai-ong ini adalah Perwira Kim-i-wi di istana kaisar, pengawal kelas satu yang lihai ilmu silatnya. Dia berusia limapuluh tahun lebih, bertubuh besar kuat bermuka hitam lagi berbulu seperti muka singa. Hek-mo Sai-ong ini adalah seorang ahli gwakang. tenaganya sebesar tenaga gajah dan senjatanya sepasang gembolan yang entah sudah menghancur-remukkan berapa puluh buah kepala orang ! Tadinya ia bekerja sebagai kepala pengawal di ruang depan istana Kaisar Mongol, sekarang dia dipindahkan sebagai kepala penjaga istana di kota raja ke dua. Ketika tadi Bu-ceng Tok-ong mendengar laporan Kun Hong bahwa di bukit itu terdapat sebuah Kelenteng Siauw-Iim-si yang mencurigakan, menjadi tempat bersembunyi para pembunuh bangsawan-bangsawan di Peking, ia cepat minta bantuan Hek-mo Sai-ong yang segera mengerahkan pasukan-pasukannya untuk melakukan penyerbuan.
Bu-ceng Tok-ong segera disambut oleh Lam-san Sian-ong. Kakek ini tangan kirinya buntung akibat pukulan Ngo-tok-jiauw dari Bu-ceng Tok-ong. belasan tahun yang lalu. Oleh karena itu dapat dibayangkan betapa marah dan dendam hatinya melihat musuh besar ini. Sebaliknya, melihat Lam-san Sian-ong, Bu-ceng Tok-ong tertawa bergelak dengan sikap mengejek.
"Ha-ha-ha, apa kau datang untuk menyumbangkan tangan kananmu ?"
Lam-san Sian-ong tidak menjawab, melainkan menggerakkan tongkatnya menyerang dengan dahsyat. Dengan masih tertawa bergelak. Bu-ceng Tok-ong mengelak dan membalas dengan pukulan-pukulannya yang berbahaya. Lam-san Sian-ong sudah mengenal kelihaian pukulan-pukulan ini, maka ia tidak berani berlaku sembrono dan karenanya ia bertempur sambil mundur. Bu-ceng Tok-ong terus tertawa mengejek dan mendesak keras.
Akan tetapi, tiba-tiba ada tongkat bambu butut ke dua yang menyambar dan menyerangnya, di samping tongkat di tangan Lam-san Sian-ong, lalu terdengar suara nyaring mengejek.
"Raja Racun, kau sekarang seperti anjing yang diancam dua tongkat bambu. Ha-ha-ha, ke mana kau dapat melarikan diri ?"
Yang baru datang ini adalah Pak-thian Koai-jin yang tahu bahwa Lam - san Sian - ong takkan menang kalau seorang diri menghadapi Bu-ceng Tok-ong yang kosen itu. maka lalu membantunya. Hek-mo Sai-ong menggereng seperti singa, dan menerjang maju dengan sepasang gembolannya. Akan tetapi ia dihadapi secara berani oleh Pui Eng Lan, gadis cantik manis murid Pak-thian Koai-jin yang gagah itu !
Kini pertempuran terpecah menjadi empat rombongan. Tok-sim Sian-li dikeroyok oleh Tung-hai Sian-li dan See-thian Hoat-ong. Bu-ceng Tok-ong dikeroyok oleh Lam-san Sian-ong dan Pak-thian Koai-jin. Hek-mo Sai-ong bertempur melawan Pui Eng Lan. dan Kun Hong digempur oleh Wi Liong. Para serdadu Mongol hanya berteriak-teriak memberi semangat kepada kawan sendiri. Pertempuran orang-orang kang-ouw dengan tingkat yang sudah tinggi itu amat sukar bagi mereka untuk membantunya. Membedakan mana kawan mana lawan saja sudah amat sukarnya. Oleh karena itu, para perwira Mongol rendahan lalu mulai menyuruh orang-orangnya menghujankan anak panah ke arah Kelenteng Siauw-lim-si di seberang jurang. Segera berluncuran panah-panah api ke arah kelenteng itu !
Adapun pertempuran antara Kun Hong dan Wi Liong terjadi amat hebatnya. Kun Hong adalah murid Thai Khek Sian yang sudah mewarisi sebagian besar ilmu pentolan Mo-kauw itu sebaliknya Wi Liong telah menerima gemblengan hebat dan penuh kasih sayang dari Thian Te Cu. Dahulu, pernah Thian Te Cu bertanding dengan Thai Khek Sian sampai memakan waktu tiga hari tiga malam baru Thai Khek Sian mengakui keunggulan Thian Te Cu. Siapa sangka sekarang murid - murid mereka, keduanya masih muda belia dan rupawan mengulangi pertandingan itu dengan tidak kalah ramainya. Setelah mengeluarkan pelbagai pukulan beracun yang semuanya dapat dihadapi dan ditangkis oleh Wi Liong, Kun Hong memuncak kemarahannya dan ia mencabut Cheng-hoa-kiam.
"Hemm, maling pedang tak tahu malu. Apa kau tidak malu menggunakan pedang yang sudah kau curi dari paman ?" Wi Liong mengejek.
"Siapa bilang mencuri ?" Kun Hong membentak. "Gurumu kakek tua bangka itu tahu bahwa pedang ini bukan hak milik Kwee Sun Tek pamanmu, maka gurumu membiarkan saja aku mengambil pedang ini. Pedang ini mengapa bisa terjatuh ke dalam tangan pamanmu" Tentu ia dapat mencurinya ......"
"Ngawur ! Paman menerimanya dari ibuku dan ibu menerima dari gurunya. Beng Kun Cinjin"
Kun Hong kaget. Tak disangkanya dari mulut Wi Liong ia akan mendengar lagi nama Beng Kun Cinjin atau Gan Tui putera Gan Yan Ki yang masih terhitung saudara sesumber dari suhunya. Lebih tidak disangka - sangkanya lagi bahwa ibu pemuda yang menjadi saingannya ini adalah murid Beng Kun Cinjin Gan Tui! Akan tetapi karena dia cerdik, lagi memang tidak memperdulikan aturan, Kun Hong berkata tertawa,
"Aha, begitukah " Tidak tahunya Beng Kun Cinjin itu sukongmu (kakek gurumu). Aku mendengar Beng Kun Cinjin seorang hwesio gundul tua bangka yang masih suka menikah dengan puteri muda dan cantik ......"
"Tutup mulutmu ! Antara Beng Kun Cinjin dan aku tidak ada hubungan kakek guru dan murid !" Wi Liong membentak marah. Bicara tentang Beng Kun Cinjin mengingatkan dia betapa ayah bundanya dibunuh oleh kakek itu, dan pamannya dibikin buta matanya, membuat ia naik darah.
Kun Hong menyeringai. "Sejak dulu pedang ini menjadi rebutan, siapa kuat dia menang dan berhak menjadi pemiliknya. Kau boleh coba merampas kalau kau becus."
"Melawan macammu saja masa takut ?" bentak Wi Liong yang cepat mencabut sulingnya dan menyerang. Biarpun Wi Liong marah dan menghadapi Kun Hong yang benar - benar lihai sekali, namun perhatian Wi Liong terpecah. Ia amat memperhatikan Siok Lan yang tiba - tiba muncul kembali setelah tadi ia lihat melarikan diri turun gunung. Ia menjadi gelisah. Bagaimana gadis itu muncul lagi" Tadinya ia sudah merasa senang melihat gadis itu dan kawan - kawannya berhasil melarikan diri. Apa lagi ketika melihat Siok Lan mengamuk, ia menjadi makin khawatir. Terlampau banyak musuh tangguh di sini dan Siok Lan takkan mampu melawan mereka.
Melihat perhatian Wi Liong tertarik ke tempat lain. Kun Hong menengok. Wajahnya yang ganteng menjadi berseri dan ia gembira sekali ketika melihat gadis langsing jelita itu datang kembali seorang diri. Cepat ia minta tolong Tok-sim Sian-li yang hanya berdiri menonton di pinggir. Seperti sudah diceritakan di depan, akhirnya Siok Lan tertawan oleh Tok-sim Sian-li dan dibawa pergi oleh seorang perwira Mongol sedangkan tokoh-tokoh lain sudah datang pula dan disambut oleh Bu-ceng Tok-ong dan kawan - kawannya.
Ilmu pedang yang dimainkan Kun Hong betul-betul hebat. Wi Liong melihat bahwa ilmunya dan ilmu lawannya mempunyai dasar yang hampir sama, maka ia maklum pula bahwa kalau dilanjutkan biarpun ia takkan kalah, akan tetapi untuk memperoleh kemenangan juga memerlukan waktu yang lama sekali. Sedangkan hatinya gelisah melihat Siok Lan tertawan !
Baiknya ia dapat mendesak Kun Hong dengan ilmu pedang yang dimainkan dengan suling, berdasarkan Ilmu Silat Pat-sian-lo (Jalan Delapan Dewa) yang sudah diubah dan dicipta oleh Thian Te Cu. Dan lebih menguntungkan lagi pertempuran di rombongan lain juga berhasil baik. Pak-thian Koai-jin yang lebih banyak jumlah kawan yang berilmu silat tinggi, dapat mendesak lawan. Akhirnya Tok-sim Sian-li dan Bu-ceng Tok-ong. juga Hek-mo Sai-ong. tidak kuat lagi. Atas isyarat Bu-ceng Tok-ong, mereka bertiga melompat ke dalam barisan dan Hek-mo Sai-ong memberi aba-aba. Barisan panah lalu menghujankan anak panah ke arah Pak-thian Koai-jin berlima! Mereka adalah orang-orang lihai, akan tetapi menghadapi hujan anak panah ini tentu saja mereka tak berani melanjutkan pertempuran. Bahkan Pui Eng Lan yang tadi dengan gagahnya mendesak Hek-mo Sai-ong kini dalam sibuknya terluka sedikit pundaknya oleh sebatang anak panah. Lima orang ini terpaksa lari lagi turun gunung.
Wi Liong melihat hal ini. cepat mengirim serangan maut sambil berseru keras. Hebat sekali pengerahan tenaganya, sampai-sampai pedang Cheng-hoa-kiam yang dipakai menangkis sulingnya terpental. Kun Hong terkejut dan saat itu digunakan oleh Wi Liong untuk berkelebat lenyap dari depannya.
Kun Hong marah sekali. "Kejar mereka! Bunuh semua ! Hujani anak panah."
Akan tetapi. Pak-thian Koai-jin dan kawan-kawannya sudah berlari cepat sekali turun gunung, sedangkan Wi Liong sudah lenyap entah ke mana. Ke manakah perginya Wi Liong " Apakah dia juga jerih menyaksikan kehebatan pasukan lawan dan melarikan diri ketakutan "
Thio Wi Liong takkan pantas disebut mund Thian Te Cu kalau dia takut dan melarikan diri. Apa lagi dalam keadaan seperti itu. di mana orang-orang yang dibelanya, karenanya ia anggap mereka itu di fihak yang benar, sedang terancam bahaya. Pemuda ini tadi sengaja mempergunakan kesempatan selagi keadaan ribut-ribut, untuk menyelinap pergi dari depan Kun Hong dan secara cepat sekali ia melakukan pengejaran terhadap perwira yang tadi ia lihat membawa pergi gadis langsing yang roboh oleh Tok-sim Sian-li. Perwira itu tadi membawa lari gadis itu dengan menunggang seekor kuda putih yang baik sekali dan cepat larinya.
Berbeda dengan gadis-gadis lain yang dalam keadaan seperti itu pasti akan menjerit-jerit minta tolong. Siok Lan sama sekali tidak mengeluarkan suara. Dia maklum bahwa dia telah terjatuh ke dalam tangan musuh dan keselamatannya terancam bahaya hebat, namun gadis pendekar ini tidak takut sama sekali. Selama napasnya masih ada, ia tidak akan putus asa dan akan berdaya menolong diri sendiri.
"Gadis jelita, kau manis sekali !" berkali-kali perwira Mongol itu berkata. Perwira itu masih muda. tinggi besar dan mukanya buruk sekali. Sepasang matanya sipit sampai seperti meram terus, hidungnya bundar pesek dengan lubang hidung besar - besar, bibirnya tebal dan giginya kuning menjijikkan. "Sayang kau sudah dipesan oleh Kam-taihiap, kalau tidak ...... hemmm, aku mau dipotong usiaku satu tahun kalau bisa mendapatkan engkau ......... !"
Dapat dibayangkan betapa mendongkol dan marah hati Siok Lan. Gadis ini mewarisi watak keras sekali seperti ibunya. Akan tetapi mulutnya tetap terkunci rapar - rapat bahkan melirik sedikit saja ia tidak sudi. Diam - diam ia mengerahkan seluruh tenaganya untuk membebaskan totokan yang masih membuat kaki tangannya lemas tak berdaya itu. Ia seperti seorang anak kecil dalam pondongan perwira itu. Masih baik nasibnya bahwa perwira ini tahu siapa adanya Tok-sim Sian-li dan Kam Kun Hong, maka ia sekali - kali tidak berani mengganggunya, sungguhpun kata - kata yang keluar dari mulutnya cukup menyakitkan hati.
Perwira itu tahu ke mana harus membawa gadis tawanan ini. Ke kota raja Peking dan ke rumah gedung Kok-konghu (istana pangeran). Gedung ini merupakan kelompok istana di mana selain tinggal orang - orang Mongol. juga disediakan gedung-gedung untuk tempat bermalam orang-orang gagah yang dipandang tinggi sebagai tempat kehormatan. Tentu saja Bu-ceng Tok-ong. Tok-sim Sian-li, Kam Kun Hong juga Hek-nio Sai-ong bermalam di gedung-gedung ini.
Dengan hati berdebar girang Siok Lan merasa bahwa jalan darahnya mulai pulih berkat usahanya yang tekun dan sungguh - sungguh. Ternyata Tok-sim Sian-li terlalu memandang rendah nona ini dan dikiranya totokannya itu akan membuat nona ini tidak berdaya untuk waktu yang cukup lama. Ia tidak tahu bahwa Siok Lan sudah memiliki lweekang yang cukup tinggi tingkatnya dan sebagai murid Siang-jiu Lo-thian Kwa Cun Ek, tentu saja ia sanggup memunahkan totokan ini. biarpun tidak secara serentak.
Hatinya sudah girang sekali. Gatal-gatal tangannya. Ia sabar menanti, karena kalau tenaganya belum pulih betul, ia tidak berani gegabah menyerang perwira Mongol ini. Hampir rata-rata perwira Mongol memiliki kepandaian lumayan dan kalau dia gagal karena terlampau tergesa-gesa, bukankah berarti sia-sia saja usahanya selama ini "
Tiba - tiba. seperti diterjang angin taufan, perwira itu terlempar dari atas kudanya, jatuh bergulingan di atas tanah dan Siok Lan juga ikut terlempar, terlepas dari pondongannya. Perwira itu cepat bangun berdiri, mencabut pedangnya, akan tetapi ia bengong terheran - heran memandang ke depan. Ternyata Wi Liong sudah berdiri di situ dengan suling di tangan dan sepasang matanya berapi-api memandang perwira itu penuh kemarahan dan kebencian!
"Nona, jangan khawatir, aku akan menolongmu dari bangsat ini." kata Wi Liong sambil memandang ke arah gadis yang masih duduk di atas tanah. Setelah berkata demikian, Wi Liong melangkah maju perlahan - lahan ke arah perwira itu, penuh ancaman.
"Jangan sentuh dia !" tiba - tiba gadis itu berseru marah dan melompat bangun. "Aku tidak butuh pertolonganmu ! Biarkan aku sendiri membunuhnya !"
Secepat kilat Siok Lan yang kini sudah pulih kembali sebagian dari kekuatannya itu menyerang perwira tadi. Akan tetapi perwira itu ternyata gesit juga, cepat dapat mengelak dan mengirim serangan balasan dengan pedangnya ! Siok Lan terkejut, apa lagi setelah mendapat kenyataan bahwa tenaganya baru pulih tujuh bagian saja, dan sekarang dia bentangan kosong menghadapi lawan berpedang yang tidak lemah.
Siok Lan menyerang terus, akan tetapi perwira itu membela diri mati- matian. Kalau saja gadis itu memegang pedang, kiranya biarpun tenaganya belum pulih semua, ia akan dapat menangkan lawannya. Atau. biarpun ia bertangan kosong, kalau tenaganya sudah pulih semua tentu ia takkan begitu sibuk.
Tiba - tiba perwira itu mengeluarkan seruan kaget dan kakinya tertumbuk pada akar pohon, membuat ia roboh terguling ! Kesempatan ini dipergunakan oleh Siok Lan untuk menendang pundaknya, membuat tangan kanannya lumpuh dan di lain saat pedang perwira itu sudah berpindah ke tangan Siok Lan. Sekali pedang itu berkelebat dan ......... tubuh perwira itu lenyap, bagaikan terbawa angin melayang ke dalam jurang yang berada tak jauh dari tempat itu! Untuk sesaat Siok Lan melenggong, kemudian ia membalik dan memandang kepada Wi Liong dengan mata penasaran.
"Kau manusia usilan ! Mengapa tidak mengurus urusanmu sendiri dan mengejar sampai di sini " "
Wi Liong gelagapan. Tak dinyana tak dikira pertolongannya akan disambut dengan sikap demikian galak. "Aku ....... aku ........ tadinya kukira kau berada dalam bahaya, nona ......... maka aku mengejar ke sini."
"Kau pcrduli apa aku dalam bahaya atau tidak " " bentak Siok Lan marah- marah.
Selagi Wi Liong "ap-ap, ep-ep" sukar menjawab, gadis itu sudah membentak lagi, "Dan kenapa kau lancang-lancang menghalangiku membunuhnya, dan membunuh dia dengan tanganmu sendiri " Apa kau sengaja hendak memamerkan kepandaian" Apa kaukira di kolong langit ini hanya kau sendiri yang pandai" Pemuda sombong !! "
Wi Liong berdiri seperti patung dengan muka bodoh. Ia diberondong caci maki, dan gadis itu kelihatan betul - betul marah sekali kepadanya. Ia benar - benar tidak mengerti. Masa gadis ini demikian buruk wataknya " Akan tetapi benar- benar ia merasa lebih heran terhadap perasaan hatinya sendiri. Kenapa melihat gadis itu memaki-makinya dan marah-marah malah nampak lebih manis "
"Maafkan, aku sebanyaknya nona. Bukan sekali-kali aku hendak memamerkan kepandaian. Aku seorang bodoh, kepandaian apakah yang patut dipamerkan " Aku hanya ......... hanya merasa sayang kalau kau mengotorkan tangan melakukan pembunuhan."
Siok Lan masih mendongkol. Pertama-tama ia marah karena sakit hati mendengar pemuda itu menyatakan tidak suka ditunangkan dengan puteri Kwa Cun Ek atau dirinya sendiri. Kedua kalinya ia yang hendak membantu pemuda ini malah ditawan, dan sekarang malah ditolong oleh pemuda ini. Benar-benar memalukan sekali, pikirnya. Alangkah kecil tak berarti aku tampak di depan matanya, pikir Siok Lan kecewa, mendongkol dan marah. Ketika ia melirik dan melihat pemuda itu memandang kepadanya dengan mata mengandung penuh penyesalan dan minta maaf, ia memutar tubuhnya dan pergi dari situ cepat - cepat sambil membawa pedang rampasannya tadi.


Cheng Hoa Kiam Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Nona. kau hendak ke manakah ?" Wi Liong bertanya, agaknya kaget melihat nona itu tiba-tiba meninggalkannya.
Tanpa menoleh Siak Lan menjawab, "Ke mana aku pergi ada sangkut-paut apakah dengan kau ?"
Mendengar jawaban ketus ini. Wi Liong menarik napas panjang. Memang kalau dipikir-pikir betul juga teguran nona ini. Ia bertanya-tanya maksud kepergian orang ada perlu apakah" Dengan hati sedih Wi Liong melihat betapa tubuh langsing menarik itu berlari cepat sekali pergi dari situ. Tiba - tiba ia mendengar ringkik kuda. Ia menoleh dan melihat kuda putih bekas tunggangan perwira yang sudah ia lemparkan dengan hawa pukulan ke dalam jurang itu berada di bawah pohon. Aah. ada jalan untuk menyenangkan hatinya, pikirnya girang. Cepat ia melompat dan dengan mudah ia menangkap kuda itu pada kendalinya. Lalu ia melompat dan membedal kuda itu mengejar nona cantik menarik tadi.
"Kuda bagus." pikirnya. "Dia tentu senang melihat perhatianku."
Kuda itu memang kuda baik sekali, kuda yang tinggi besar dan dapat berlari cepat. Tak lama kemudian Wi Liong dapat menyusul nona itu. Dari jauh ia sudah berteriak-teriak,
"Nona. harap tunggu sebentar !"
Siok Lan berhenti dan menengok, mukanya tetap cemberut.
"Ada apa lagi kau mengejar-ngejar aku " "
Wi Liong merasa bingung lagi. Entah mengapa dia yang biasanya tenang-tenang saja, menghadapi nona ketus galak ini mendadak menjadi bingung dan pemalu. Akan tetapi diam - diam ia merasa penasaran juga. Nona ini benar-benar tak memandang mata kepadaku, pikirnya. Hemm, kalau bukan dia, kalau bukan dia yang membikin hatinya demikian kacau-balau tidak karuan tentu ia sudah meninggalkan gadis itu dan selamanya takkan mau melihatnya lagi !
"Nona. kalau kau melakukan perjalanan jauh. lebih baik kau memakai kuda ini supaya tidak lelah dan perjalananmu dapat dilakukan lebih cepat. Aku sengaja menangkap kuda ini untuk kuberikan kepadamu. Pakailah !"
"Aku tidak pergi jauh ! Aku hendak kembali kepada kawan - kawanku," jawab Siok Lan, sukar untuk bersikap keras dan ketus lagi melihat kebaikan pemuda ini. Juga diam - diam gadis ini girang di dalam hatinya dan bangga bahwa agaknya pemuda tunangannya yang di depan orang lain secara terang - terangan menyatakan tidak suka ditunangkan dengan dia, agaknya sekarang "ada hati" padanya ! Benar - benar lucu !
Akan tetapi kalau dia tertawa di dalam hati, mukanya tetap cemberut. Tentu saja ia kaget dan heran ketika tiba - tiba Wi Liong yang tertawa. Wajah yang ganteng dan gagah itu kelihatan muda sekali, bahkan seperti muka bocah ketika tertawa, membuat orang yang melihat ia ketawa menjadi ketularan dan ingin ikut - ikut tertawa.
"Ha-ha. kau lucu, nona. Kalau kau hendak kembali ke sana, bukan ini jalannya, seharusnya ke sana. Kau telah salah jalan ! Mari kau kuantar saja. nona. Duduklah di kuda ini. biar aku berjalan kaki di belakang kuda. "
"Tak usah, aku bisa berjalan sendiri."
"Apa boleh buat," Wi Liong menghela napas. "Sayang kalau kuda ini tidak dipakai. Apa kau berkeberatan kalau aku berjalan bersamamu ?"
"Kau naiki saja kudamu, aku tidak butuh melakukan perjalanan bersama orang lain. Laginya. kau seorang pemuda, sudah bertunangan lagi. Bukankah amat mencemarkan namaku kalau orang melihat aku bersamamu" Tunanganmu akan marah - marah dan aku yang akan mendapat nama busuk! Cih, kau laki - laki tidak setia !"
Wi Liong tersenyum dan menjalankan kudanya terus di samping nona itu. Ucapan nona itu menarik perhatian dan menimbulkan harapan baru baginya. Jadi nona ini bersikap keras dan ketus kepadanya hanya kaarena dia sudah bertunangan.
"Nona, percayalah bahwa aku belum tentu akan suka berjodoh dengan orang yang dipaksakan menjadi tunanganku itu."
"Kau ......... kau orang puthauw (tidak berbakti) !" cela gadis itu.
"Tidak, nona. Aku akan mentaati perintah pamanku dalam segala hal, akan tetapi dalam hal perjodohan, aku tidak mau dijerumuskan begitu saja. Aku belum pernah melihat gadis yang ditunangkan dengan aku, akan tetapi aku ......... aku tidak suka kepadanya."
"Mengapa " "
"Dia puteri Siang-jiu Lo-thian Kwa Cun Ek seorang tokoh kang-ouw yang terkenal. Dan aku mendengar bahwa ada sesuatu yang tidak beres antara tokoh itu dengan isterinya. Entah apa sebabnya pamanku tidak memberi tahu, hanya memberi tahu bahwa tokoh itu sudah bercerai semenjak anaknya masih kecil. Anak dari suami isteri yang tak dapat menjaga kesetiaan macam itu ditunangkan dengan aku. Hemm tentu saja aku tidak mau. Tentu gadis itu wataknya tidak jauh dari ayah bundanya, tidak setia dan kasar !"
Alangkah kagetnya hati Siok Lan mendengar ini dapat dibayangkan ! Wajahnya menjadi pucat dan ia menahan-nahan diri untuk tidak menjerit menangis.
"Kau percayalah, nona," kata pula Wi Liong sambil merenung karena ia merasa amat berduka kalau teringat akan keputusan Kwee Sun Tek yang menjodohkannya dengan seorang gadis yang tak pernah dilihatnya dan yang menjadi anak tunggal suami isteri yang tidak rukun. "Percayalah, begitu bertemu dengan engkau, hatiku memastikan bahwa hanya dengan seorang gadis seperti kau inilah kiranya aku mau berjodoh, dan........."
Pada saat itu terjadi dua hal yang berbareng dan amat mengejutkan hati Wi Liong. Dari sebelah kanan, yaitu dari jurusan Kelenteng Siauw-lim-si itu kelihatan api berkobar tinggi dan pada saat itu pula terdengar seruan nyaring dan tahu - tahu gadis jelita itu menyerang Wi Liong dengan pedangnya dari samping. Gadis itu menusukkan pedangnya sambil melompat, serangannya hebat sekali !
Namun Wi Liong telah memiliki kecepatan luar biasa. Melihat berkelebatnya sinar pedang, ia menggenjot tubuhnya melayang dari atas punggung kudanya dan ketika pedang itu menusuk lewat di depannya, ia cepat menangkap pergelangan tangan gadis itu.
"Nona, apa yang kau lakukan ini " " katanya dan di lain saat gadis itu telah ia tangkap dan ia dudukkan di atas punggung kuda yang sementara itu sudah lari lagi ke depan. Siok Lan berusaha melepaskan diri, namun ia sama sekali tidak berdaya. Wi Liong yang duduk di belakangnya sudah memegang kedua pergelangan tangannya, membuat ia tidak dapat berkutik.
"Nona. tahan dulu kebencianmu kepadaku. Kau lihat di sana itu, kebakaran besar. Apa kau tidak ingat akan nasib para locianpwe " Entah apa yang telah terjadi di sana. Hayo kita cepat ke sana untuk menolong mereka !"
Baru sekarang Siok Lan melihat cahaya api itu dan ia menjadi khawatir sekali. Paman gurunya berada di sana dan sahabat - sahabat lain termasuk ....... ibunya ! Karena ingin tahu apa yang telah terjadi di sana dan bagaimana keadaan para sahabat itu, ia tidak memberontak lagi dan Wi Liong segera melepaskan pegangannya, maiah pemuda itu cepat melompat turun lalu berlari cepat di samping kuda putih itu. Diam - diam Siok Lan kagum melihat pemuda ini yang begitu sopan, begitu lihai, begitu tampan dan begitu ..... begitu menyakitkan hatinya !
Setelah tiba kembali di tempat pertempuran tadi, mereka melihat hal yang hebat. Pasukan-pasukan Mongol sudah pergi, juga Pak-thian Koai-jin dan yang lain - lain tidak nampak lagi. Yang kelihatan hanya di seberang jurang. Kelenteng Siauw-lim-si yang megah dan kuat itu. kini menjadi makanan api! Ternyata kelenteng itu telah dibakar oleh Kun Hong dan kawan - kawannya untuk melampiaskan kemarahan mereka dan di antara para hwesio di situ. hanya Souw Lo Hosiang ketuanya saja yang berhasil menyelamatkan diri dengan jalan menuruni jurang melalui jalan rahasia. Sedangkan hwesio - hwesio lain yang kurang tinggi kepandaiannya, terbunuh semua !
Dengan hati penuh kekhawatiran. Siok Lan mencari ke sana ke mari kalau- kalau melihat jejak kawan - kawannya. Ia baru bernapas lega ketika tidak melihat mayat kawan-kawannya.
Akan tetapi biarpun tahu bahwa di antara rombongannya tidak ada yang tewas, ia masih gelisah juga. Siapa tahu kalau mereka itu tertawan oleh musuh seperti dia tadi "
"Jangan khawatir, nona. Orang-orang seperti para locianpwe itu tidak sembarangan dapat ditawan. Aku percaya mereka itu sudah dapat menyelamatkan diri."
"Mudah - mudahan begitu ...... ." kata gadis itu perlahan.
Wi Liong melirik, melihat betapa wajah yang jelita itu nampak sedih. Ia tidak tahu bahwa gadis itu teringat akan ibunya dan ia masih terharu sekali. Pertemuan dengan ibunya, orang yang semenjak ia kecil sudah dirindukannya, juga amat dibencinya karena ibunya itu meninggalkan ayahnya yang ia tahu amat merindukan ibunya pula, pertemuan tadi benar - benar telah mengguncangkan hati dan perasaannya. Ia sendiri tidak tahu apakah dia cinta atau benci kepada ibunya. Ia memang merindukannya dan melihat ibunya begitu cantik, begitu gagah, ia menjadi bangga dan ingin sekali ia menangis dalam pelukan ibunya. Akan tetapi kalau ia teringat akan ayahnya, yang hidup menyepi dan menderita kesengsaraan batin akibat perginya ibunya, ia menjadi benci kepada Tung-hai Sian-li. Ia tidak tahu mengapa ibunya pergi meninggalkan dia dan ayahnya. Ayahnya hanya memberi tahu bahwa ibunya pergi, pergi semenjak ia masih amat kecil dan ayahnya selalu menggeleng kepala dan nampak sedih kalau ia bertanya sebab kepergian ibunya.
Melihat sinar mata sedih di wajah gadis itu, Wi Liong merasa terharu dan kasihan.
"Kau suka memaafkan aku atas kelancangan mulutku tadi. nona " " tanyanya, merasa menyesal bahwa tadi. karena dorongan nafsunya, ia telah menyatakan perasaan hatinya yang mencinta, membuat gadis ini menjadi marah.
Merah wajah gadis itu. ia menoleh dan menatap muka Wi Liong. Tidak cemberut lagi akan tetapi nampak sedih. Sedih karena ucapan Wi Liong tadi. yang menganggap ayah bundanya suami isteri tidak setia dan karenanya anaknyapun tentu tidak mempunyai hati setia !
"Kau tidak marah lagi kepadaku, nona " "
Siok Lan sadar kembali dari lamunannya. "Hemmm " Ah, mengapa aku harus marah " Asal kau tidak bicara yang bukan - bukan ........"
"Aku akan berlaku hati - hati. Bolehkah aku mengetahui siapa nama nona " Seperti kau ketahui aku Thio Wi Liong, anak keponakan paman Kwee Sun Tek. Aku seorang sebatangkara. tiada ayah bunda lagi ....... dan aku ......aku ......"
"Kau tunangan puteri Siang-jiu Lo-thian Kwa Cun Ek, calon mantu seorang tokoh kang-ouw !"
Wi Liong menarik napas panjang. Ia menyesal sekali mengapa nona ini lagi-lagi mengemukan persoalan ini. Untuk menyimpangkan pembicaraan dari persoalan yang tak disukainya itu. Wi Liong pura-pura tidak mendengar dan melanjutkan kata - katanya,
"Nona sudah tahu aku siapa, akan tetapi tentang dirimu sama sekali aku tidak tahu. Yang kuketahui hanya bahwa kau adalah murid keponakan kakek gagah perkasa yang mukanya seperti Kwan Kong itu. Kau siapakah, nona ?"
Bagaimana Siok Lan mampu menjawab" Tak mungkin ia bisa memperkenalkan dirinya sebagai Kwa Siok Lan, tunangan pemuda itu sendiri !
"Apa sih gunanya kuperkenalkan nama " Tidak perlu sama sekali. Yang lebih perlu pada saat ini adalah mencari tahu di mana adanya susiok dan yang lain-lain. Nah. aku pergi !" kata Siok Lan sambil mengeprak kudanya supaya lari cepat.
Di tikungan jalan ia menengok dan masih melihat Wi Liong berdiri seperti patung memandang kepadanya. Siok Lan tersenyum geli dan membalapkan kudanya lebih cepat lagi keluar dari hutan itu menuju ke selatan. Akan tetapi, baru saja ia keluar dari hutan itu, ia telah dihadang oleh pasukan orang - orang Mongol yang dikepalai oleh tiga orang Perwira Mongol. Melihat nona yang tadi tertawan telah terlepas lagi dan menunggang kuda seorang diri saja. pasukan itu menjadi girang dan cepat para komandannya memerintahkan untuk menawan nona manis itu.
Siok Lan tidak menjadi gentar. Dicabutnya pedang rampasannya tadi dan sambil mengajukan kudanya ia mengamuk. Sebentar saja beberapa orang serdadu Mongol roboh binasa. Yang lain-lain menjadi gentar juga. Perintah para komandan adalah untuk menawan si nona. dan hal ini jauh lebih mudah diperintahkan dari pada dilaksanakan.
"Robohkan kudanya !" bentak seorang perwira. Golok dan pedang berkelebatan dan kuda putih yang ditunggangi Siok Lan roboh. Kaki belakangnya luka - luka. Siok Lan terpaksa melompat agar jangan terbawa jatuh, akan tetapi ia disambut oleh keroyokan. Betul ia dapat menusukkan pedangnya yang amblas ke dalam perut seorang musuh, akan tetapi sebelum ia sempat mencabut pedangnya, ia telah disergap dan diikat.
Akan tetapi pada saat itu, rombongan serdadu itu lari cerai-berai dan tiga orang perwiranya sudah terlempar ke kanan kiri seperti daun-daun kering tertiup angin. Sebentar saja mereka pada melarikan diri tunggang-langgang. Kiranya Wi Liong yang datang menolong. Dengan kepandaiannya yang tinggi, pemuda ini dapat melempar-lemparkan para serdadu yang tentu saja menjadi ketakutan melihat pemuda itu mengalahkan tiga orang komandan mereka dengan cara demikian mudah, seperti orang mencabuti rumput saja.
Sebelum Wi Liong sempat membebaskan Siok Lan dari ikatannya,, baru dihampiri saja gadis itu sudah mengerahkan tenaganya dan memutus tali itu sampai kulit lengannya agak lecet-lecet. Melihat ini Wi Liong menggeleng kepala. Benar-benar seorang gadis yang amat angkuh !
"Nona,, mari kutemani kau mencari susiokmu. Di daerah ini banyak sekali tentara Mongol yang dipimpin oleh perwira - perwira kosen, malah di sampingnya dibantu oleh orang-orang seperti Bu-ceng Tok-ong dan kawan-kawannya."
Siok Lan memang seorang gadis yang keras hati dan angkuh. Pula ia mempunyai kepercayaan besar kepada diri sendiri. Kecelakaan yang menimpanya tadi. tertawan oleh musuh adalah karena di sana terdapat Tok-sim Sian-li yang kepandaiannya jauh lebih tinggi. Baru tadi ia hampir tertawan kembali oleh rombongan serdadu Mongol adalah karena ia terpelanting dari atas kudanya. Kalau tidak demikian, jangan harap pasukan kecil dengan tiga perwiranya itu dapat menangkap dia ! Biarpun di daerah itu berkeliaran orang - orang Mongol. Siok Lan sama sekali tidak merasa takut. Akan tetapi, pemuda ini biarpun tanpa disengaja telah menghina dan menyakiti hatinya dengan pernyataan menolak pertunangannya dengan dia, namun tak dapat disangkal lagi telah memperlihatkan sikap yang amat ramah dan baik terhadap dia. Siok Lan maklum betul bahwa sekali pemuda itu tahu siapa dia. pasti pemuda itu akan menyesali pengakuan sendiri. Karena kebaikan sikap Wi Liong, Siok Lan merasa malu sendiri kalau terus-menerus memperlihatkan keangkuhannya.
Ia tidak menjawab ajakan Wi Liong untuk menemaninya mencari kakek muka merah, hanya mengangguk. Dua orang muda itu berjalan pergi dari situ tanpa berkata-kata dan Siok Lan yang tidak begitu hafal akan daerah ini mengikuti saja arah yang ditempuh Wi Liong.
Pemuda ini sendiri juga baru kali ini menginjak daerah utara, akan tetapi karena ketika berangkatnya ia melakukan penyelidikan secara teliti, ia masih hafal akan jalan menuju ke selatan. Ia dapat menduga bahwa rombongan orang gagah itu kalau sudah berhasil menyelamatkan diri tentu akan kembali ke selatan.
Hari telah malam ketika Wi Liong dan Siok Lan tiba di tepi sungai yang mengalir di sebelah selatan kota raja. Keadaan di situ sunyi bukan main. Perahu - perahu yang nampak agak jauh bergerak-gerak perlahan di pinggir sungai, tak sebuahpun yang berisi manusia. Pada waktu seperti itu memang tidak pernah ada orang menyeberang.
Tiba - tiba sebuah perahu yang berada dekat tempat mereka berdiri, bergerak dan sebuah kepala manusia menjenguk keluar.
"Ji-wi mencari siapa " " tanya suara yang parau. Keadaan gelap, tak dapat melihat muka orang itu kecuali bayangannya yang menyatakan bahwa dia seorang laki-laki berkepala bulat besar.
"Kami hendak menyeberang.," jawab Wi Liong. "Dapatkah kau menyeberangkan kami " "
Orang itu tidak menjawab dan kedua tangannya bekerja membuat api. lalu menyalakan obor yang diangkat tinggi - tinggi. Tangan kanan yang memegang obor itu bergerak - gerak untuk dapat menerangi wajah dua orang yang baru tiba. Akan tetapi pandang mata Wi Liong yang tajam dapat melihat betapa gerakan tangan itu aneh dan teratur, seakan - akan merupakan isyarat, bergerak-gerak dari kanan ke kiri dua kali berturut - turut, lalu dari depan ke belakang. Apakah gerangan maksud orang itu " Ia memandang teliti dan melihat bahwa sungguhpun pakaian orang itu seperti nelayan, namun sepasang matanya bersinar tajam dan tubuhnya nampak kuat berisi.
Laki - laki setengah tua itu tercengang ketika melihat bahwa yang datang adalah seorang pemuda tampan dan seorang gadis cantik jelita.
Bukit Kematian 2 Sembilan Pusaka Wasiat Dewa Pengelana Tangan Sakti Karya Lovely Dear Cumbuan Menjelang Ajal 2
^