Pencarian

Sereem 1

Lupus Sereem Bagian 1


LUPUS Sereem Djvu by Syauqy_arr Download Ebook Jar Lainnya Di
http://mobiku.tk http://inzomnia.wapka.mobi
1 SCREAM MENJELANG magrib di malam Minggu yang basah karma hujan, Lupus Sedang asyik main monopoli di rumahnya Poppi ketika telepon berdering.
"Pus, ada telepon nih dari Lulu...," ujar Poppi sambil mengulurkan gagang telepon.
Lupus males-malesan nerimanya. Adiknya itu emang nggak bisa liat orang seneng dikit.
"Ada apaan, Lu"" tanya Lupus galak.
"Pus, ada tebakan. Kenapa, hayo, ikan-ikan di Seaworld mati""
Lupus langsung kesel. "Ya ampun. Lu. Lo jauh-jauh nelepon cuma pengen ngasih tebakan doang" Gokil juga ya, lo" Gue lagi asyik nih!!!"
"Kok ngotot sih" Lulu kan takut lupa kalo harus nunggu lo pulang" Lagian kata Mami kita udah mau berangkat ke Bandung. Jadi lo emang kudu buru-buru pulang...."
"Sekarang" Kok cepet banget""
"Ini kan udah hampir jam enam, Pus. Keretanya jam delapan berangkat. Makanya lo buruan pulang deh. Oya, kata Mami, kunci pintu depan ditaruh di tempat biasa.... Udah, ya""
"Eh, entar dulu. Jawaban tebakan lo tadi apaan""
Lulu ketawa. "Penasaran juga, ya" Jawabannya karena diobok obok sama Joshua... hihihi. Ya udah, ya" Dadaaaaag!"
Lupus menutup telepon. "Ih, garing amat!!!"
Poppi memandang Lupus. "Kenapa, Pus" Lo udah disuruh pulang""
Lupus mengangguk. "Mami sama Lulu mau weekend di Bandung Gue seperti biasa lah, jaga rumah...."
Poppi membereskan mainannya. "Ya udah, kalo gitu. Udahan aja maennya. Kamu mau pulang, kan""
"Nggak sih. Soalnya Mami ninggalin kunci di teras. Jadi saya bisa pulang kapan aja,..."
"Tapi kan rumah kosong, Pus. Bahaya lho, zaman sekarang ninggalin rumah sendirian...."
"Nggak apa-apa deh. Cuma sebentar kok...."
Lupus tetep maksa ngajak Poppi nerusin maen monopoli sampe sekitar jam delapan. Poppi sih nurut aja. Udah itu, Lupus lambung pulang.
Poppi sebenernya emang pengen Lupus buruan pulang dari tadi. Bukan karena sebel sih, tapi justru sebaliknya. Lupus itu kan orangnya cuek minta ampun Dia sampe lupa kalo hari ini sebetulnya hari ulang tahunnya. Emang sih, Lupus bukan tipe cowok yang suka ngapalin hari ulang tahun. Apalagi ngerayain. Cuma Poppi, sebagai temen deket Lupus, kalo nggak bisa dibilang pacar, mau bikin sedikit kejutan. Sebagai perhatian, gitu. Abis hubungan mereka kan putus-nyambung putus-nyambung terus kayak bohlam murahan. Sampe akhirnya Poppi kapok sendiri dianggap jadi gebetannya si kucing kurus mandi di papan itu.
Nah, sebagai temen baik, niatnya, malem ini Poppi mau bikin acara surprise party. Poppi udah menghubungi temen-temen sekelas Lupus untuk dateng ke rumah Lupus malam nanti. Mau bikin kejutan dengan ngebawain Lupus kue dan makanan. Makanya kalo Lupus nggak cepet-cepet pulang, rencana Poppi bisa terancam gagal.
"Ta, jadi kan rencana kita"" tanya Poppi begitu Lupus pulang.
Ita yang dihubungi, menjawab lemes, "Aduh, Pop. Kok baru nelepon sekarang" Keburu nggak nih" Anak-anak laen belum sempet gue hubungin. Palingan Svida, Reza, Meta, Utari, Gusur, Anto, sama Kevin."
"Boim mana""
"Nggak tau Katanya dari siang dia pergi. Rumahnya kosong."
"Aduuh tapi harus jadi dong. Gue udah beli kuenya kok. Ya, ya, ya"" paksa Poppi.
"Ya udah Gue kontak anak-anak dulu deh.... Ntar gue kabarin lagi bisa apa nggaknya. Oke""
"Oke." *** Di tempat yang nggak begitu jauh, saat hujan mulai reda. tampak dua sosok berjalan di kegelapan. Siapa ya itu" Ternyata Boim dan nyaknya. Boim lagi nuntun sepeda motornya yang mogok. Nyak Boim dengan mata yang sudah mulai mengantuk membuntuti anak kesayangannya ini dari belakang. Dan tadi siang Boim emang nganterin nyaknya ke rumah sodaranya di Tangerang. Pas perjalanan pergi sih, semuanya lancar-lancar aja. Tapi waktu pulang, motor Boim keabisan bensin. Motor Boim itu emang motor tua. Jadi alat penunjuk isi bensinnya udah nggak berfungsi.
"Makanya kalo mau pergi periksa dulu bensinnya. Untung aja elo perginya sama Enyak, coba lo lagi beduaan ama sukaan elo" Apa nggak malu tuh!" umpat nyak Boim.
"Kemaren rasanya bensinnya penuh," bela Boim.
"Kemaren ya kemaren, yang penting
kan sekarang! Masih jauh kagak"" keluh nyaknya lagi.
Boim berhenti. "Kalo gitu, biar Boim aja yang jalan nyari bensin. Nyak nunggu di sini!"
Nyak Boim melihat ke kanan dan ke kiri. Sepi. Nggak ada manusia. Ia bergidik. "Im, jangan kurang ajar ama orangtua. Ini kan zaman banyak perkosaan, gimana kalo Nyak jadi korbannya""
"Ih, Enyak! Kalo gitu ayo jalan! Jangan komplen lagi!"
"Aduh. trewelu lo ya" Nyak nggak kuat! Istirahat dulu, deh!"
Tanpa minta persetujuan Boim, Nyak langsung pasang aksi duduk di pinggir jalan. Sambil menghela napas, terpaksalah Boim ikutan duduk. Untung aja ujan udah reda. Yang ada genangan air di sana-sini Tiba-tiba dari jauh muncul sebuah mobil sedan item. Ngebut banget. Boim langsung bangkit, berusaha nyelop tu mobil untuk minta tolong. Tapi bukannya terhenti, tu mobil malah menerjang genangan air di depan mereka hingga air kotor itu muncrat ke wajah Boim dan Nyak yang lagi duduk. Keduanya kontan kaget setengah mati, dan langsung memaki.
"Eh, kurang ajar sama orang tua lo ya! Gue doain biar mobil lo mogok!" teriak Nyak.
"Nggak tau aturan! Brengsek!!!" teriak Boim.
Namun sedan item terus melaju Sampai akhirnya berhenti di deket rumah Lupus. Yang nyetir ternyata cowok umur tiga puluhan berwajah serem. Namanya Bringas Sanjaya. Dia terkenal sebagai okem yang berkuasa di diskotek-diskotek kota, sebagai tukang palak. Si Bringas itu lalu ngeluarin foto dari laci mobilnya. Lalu mengamati foto itu. Foto apa sih" Wow, ternyata itu foto Lupus!!! Waduh, ada hubungan apa ya tu okem sama Lupus" Apa si Bringas punya niat jahat sama Lupus" Kayaknya sih iya. Kentara dari gayanya memuntir ujung kumisnya yang melintang bak pinang tanduk. Si Bringas lalu melirik ke arlojinya. Tepat jam delapan malam, Bringas keluar dan mobilnya Lalu berjalan menuju ke rumah Lupus!!
Ada apa sih sebenarnya"
Begini. Kita kasih tau aja. Ini sebenernya soal dendam. Si Bringas itu masih sodaranya Nano. Siapa Nano" Nano adalah pemimpin grup band anak muda baru bernama Panji Tengkorak. Grup itu katanya beraliran metal. Black metal. Dan pas grup metal itu mau merilis album, si Nano langsung menghubungi Lupus, mau minta diwawancara. Pastinya, biar dapet promo gratis untuk album perdananya yang bakal beredar. Tapi tulisan Lupus di majalah sama sekali bikin Nano kecewa.
"Padahal kami sebenernya sudah mendirikan band kugiran ini sejak tahun 1987. Musik kami sangat terinspirasi oleh konsep musiknya Jimi Mendrix, plus diilhami oleh sedikit irama ska. Saat konser, kami selalu dielu-elukan para pendengar. Bahkan di sebuah koran daerah, kami diramalkan bakal merajai blantika musik Indonesia. Tapi kehebatan kami hilang begitu saja karena kesombongan seorang wartawan bau kencur bernama Lupus...," begitu pengaduan Nano kepada Bringas.
"Kenapa dengan kue cucur dan kue lupis itu"" tanya Bringas.
"Lupus yang bau kencur itu menulis, grup kami katanya cuma plagiat musik-musik rock Barat, dan sama sekali nggak punya jiwa. Katanya, kami sekumpulan remaja nggak berbakat. Sialan sekali, bukan" Walhasil penjualan kaset kami pun kandas," ujar Nano geram.
"Gara-gara kue lupis itu""
"Ya, abis gara-gara siapa lagi" Makanya saya minta Bing Bringas mau memberi pelajaran sama Lupus sialan itu. Dia menghancurkan masa depan grup saya. Bang...."
Bringas tersenyum. "Brother Nano, jangan kuatir. Itu gampang. Bringas bakal melakukan apa aja yang lo mau. Pokoknya nggak satu orang pun bisa menyetop kehebatan band kalian! Mana alamat rumahnya" Mana fotonya""
Dan begitulah. Maka jiwa Lupus pun terancam malam ini. Karena si Bringas sudah berhasil membuka kunci rumah Lupus pake seutas kawat, dan menyelinap masuk ke dalam rumah kosong itu. Di rumah Lupus emang lagi nggak ada pembantu. Makanya kalo Mami dan Lulu pergi, jadi kosong. Dan itu udah diketahui Bringas, karena Bringas adalah preman yang pro dan selalu memperhitungkan segalanya.
Bringas masuk ke ruang tengah, ia langsung memotong kabel telepon. Setelah itu dia ngumpet. Menunggu Lupus pulang.
Selang beberapa saat, Lupus yang mengendarai sepeda sampai di depan rumahnya. Tak ada perasaan cu
riga apa pun. Dia malah bersiul-siul sampe mulutnya monyong lima senti. Emang, saban pulang dan rumahnya Poppi, hati Lupus selalu riang. Soalnya di rumah Poppi kan banyak makanan enak.
Tapi berkaitan dengan si Nano, emang masih seger dalam ingetan Lupus, beberapa saat lalu ia ngewawancarain pemain band Panji Tengkorak. Tapi saat itu Lupus bener-bener bete abis, lantaran si Nano itu berkoar-koar dengan pede-nya soal kehebatan bandnya.
"Band kami ini membawa roh Jimi Hendrix, perpaduan antara rock tahun 70-an dengan musik ska, dicampur dengan variasi perkusi dengan nada etnik. Kami yakin, musik kami bakal mengilhami jutaan kawula muda negeri ini dan menambah maraknya blantika musik Nusantara."
"Oya" Trus anggotanya siapa aja"" tanya Lupus agak kurang antusias.
"Kalau begitu saya akan memperkenalkan satu-satu personel band kami. Pada bas, seorang anak muda yang mempunyai segudang repertoar. Dengan jari-jemarinya dia sanggup menandingi keperkasaan Bill Wyman, Flea, atau siapa pun yang menjadi jawara pencabik bas dunia. Namanya, Sentot Bas Betot. Kemudian, pada guitar kami, dengan lengkingan gitarnya, dia sanggup membuat kita terharu akan kejayaan musik rock di dekade tujuh puluhan. Jimmy Page, BB King, Eric Clapton, Santana, mengilhami permainannya. Namanya Uddel Bodonx.. "
Dan mulailah Nano berkoar-koar panjang lebar menjelaskan personel band lainnya, bikin Lupus ngantuk.
Padahal sebelum wawancara, Lupus udah denger demo kaset mereka. Hasilnya" Lupus terpaksa nelen obat sakit kepala dua butir, saking puyengnya. Permainan musik mereka ama sekali nggak keru-keruan. Beda banget sama Jimi Hendrix, Slash, atau Jimmy Page yang bisa bermain irama keras namun indah dan berjiwa. Berisik tapi asik. Nggak kayak Panji Tengkorak yang berisik bikin kita terusik. Dan sebagai wartawan yang nggak bisa diajak kolusi, korupsi, dan nepotisme, Lupus pun menulis apa adanya. Bahwa musik Nano cs itu cuma sampah aja. Nggak ada artinya, dan nggak berpengaruh apa-apa terhadap perjalanan musik Indonesia. Beda jauh sama Kahitna, Dewa 19, GIGI, atau lebih-lebih Iwan Fals yang emang punya konsep.
Lupus masih inget wawancara itu. Tapi saat ini dia nggak berusaha mengingat-ingat lagi.
Lupus pun mencari-cari kunci di bawah pot, dan membuka pintu depan. Tapi seketika Lupus kaget, karena mendapati pintu depan nggak kekunci.
"Aduh, Lulu. Pasti tu anak lupa ngunci pintu. Dasar pikun!" batin Lupus
Ia mendorong pintu, dan segera masuk ke dalam rumah yang gelap. Lampu dihidupkannya. Saat itulah terdengar suara dari dapur. Lupus kaget, ia langsung menengok ke dapur. Tapi nggak ada apa-apa. Lupus pun balik ke dalam, dan menyalakan TV
Bringas yang ngumpet di dapur menemukan slang plastik Ia bermaksud menjerat leher Lupus dengan slang itu sampai mampus. Sambil mengendap-endap dia menuju ke ruang tengah.
Pada saat yang sama Boim dan nyaknya udah sampe di deket rumah Lupus. Boim kaget melihat sedan item yang tadi nyipratin dia dan nyaknya parkir di situ.
"Wah, Nyak.. ini nih mobil yang kurang ajar tadi!" pekik Boim
"Masa sih, Im"" Nyak sangsi sambil ikut mengamati.
"Iya, Boim inget!"
"Jadi sekarang lo mau apain"" tanya Nyak lagi.
"Kempesin, Nyak!" tandas Boim.
"Eh, Im! Lo jangan jadi bajingan, ya" Inget, lo nggak boleh bales dendam gitu! Mungkin aja dia tadi nggak sengaja nyipratin kita. Siapa tahu dia buru-buru. Kita pokoknya nggak boleh melakukan sesuatu yang jahat. Apalagi sampai ngempesin bannya," jelas Nyak panjang lebar.
"Jadi gimana dong, Nyak""
"Kita tanya sama yang punya mobil apa alasannya tadi dia nyipratin kita, sampai muka Nyak ama muka lo bau air comberan. Lalu, siapa tahu aja dia minta maaf dan ngasih kita bensin barang seliter. Kan nyampe tuh di rumah."
"Bener juga Nyak! Kira-kira rumahnya yang mana ya, Nyak" Apa kita tanya satu-satu""
Tiba-tiba Boim baru sadar kalo ia sudah deket rumah Lupus.
"Eh, Nyak! Ini kan rumahnya Lupus. Gue nanya sama Lupus aja deh."
"Ya, udah. Lo tanya ke Lupus. Nyak tanya rumah sebelahnya. Soalnya Lupus pasti nggak punya bensin. Ke mana-mana tu anak kan naik sepeda."
Boim pun mendorong sepeda motorny
a sampai di depan mobil Bringas lalu masuk ke pekarangan rumah Lupus
Nyak Boim juga memasuki pekarangan rumah di sebelah rumah Lupus. Dia mengetuk pintu lalu muncullah Acong, pria keturunan berusia sekitar lima puluh.
"Selamat malam!" sapa Nyak
"Selamat malam," balas Acong
"Maaf mengganggu, begini saya mau tanya apakah situ yang punya mobil di depan""
"Yang mana"" tanya Acong
"Yang di depan, yang catnya hitam!"
"Bukan, bukan, saya nggak pernah punya mobil hitam, memangnya kenapa"" tanya Acong heran.
"Begini. Tadi dia itu nyipratin kite, sampe kemuka-muka! kite maunya sih nuntut gitu! Tapi berhubung bukan situ yang punya mobil saya minta maaf aja deh udah mengganggu. Ngomong-ngomong situ punya bensin nggak""
"Bensin" Maksudnya apa"" tanya Acong tambah heran.
"Motor anak saya kehabisan bensin dan mogok jadi kite perlu bensin!"
Acong tersenyum. "Oh, begitu.... Ada, kebetulan saya ada sedikit tunggu ya!"
Nyak Boim menarik napas lega "Alhamdulillah, terima kasih banyak, ya Tuhan! Memang, kita hidup harus saling tolong-menolong. Kalau situ suatu saat susah, datang aja ke kampung saya di Palmerah. Nanti saya bakal ngasih buah-buahan. Tapi ya buah lokal kagak ada yang impor. Ya Allah. Engkoh baek amat!"
Sambil mencari jerigen kecil, Acong menyahut. "Jangan panggil saya Engkoh, Bu. Panggil saja saya Bapak!"
"Iye deh, Bapak."
Acong lalu masuk ke dalam. Nyak Boim nengok ke arah rumah sebelah, ngeliatin Boim.
Saat itu di dalam rumahnya. Lupus masih asyik membalik-balik halaman majalah sambil nonton TV. Langkah-langkah kecil si Bringas sudah mendekati Lupus, tangannya memegang slang, siap menjerat lehernya. Nasib Lupus saat itu udah di ujung tanduk. Tapi rupanya Lupus nggak sadar.
Ketika tangan Bringas sudah terangkat siap mengalungkan slang itu ke leher Lupus, terdengar ketukan keras di pintu Bnngas kaget, ia langsung ngacir bersembunyi lagi. Lupus bergegas menuju pintu. Dan kaget ngeliat Boim.
"Boim! Kok tumben ke sini malem-malem""
"Iya Pus. Gue abis nganterin Nyak ke Tangerang, pulangnya keabisan bensin. Untung nggak jauh dari rumah lo. Eh sedan item di depan itu punya siapa" Tamu rumah lo bukan""
Lupus melongok ke arah yang ditunjuk Boim.
"Bukan. Nggak tau deh punya siapa. Gue juga baru liat. Kenapa, Im""
"Soalnya gue mau bikin perhitungan sama dia. Tadi dia nyipratin genangan aer ke muka gue. Eh, Pus lo ada bensin nggak""
"Ya, elu ngeledek. Gue kan nggak punya mobil. Eh, kalo lo dendam sama ntu mobil item, sedot aja bensinnya dikit. Itung-itung kan impas."
"Ide bagus lu, Pus. Ada slang""
Kalo slang ada. Cari aja di dapur.... Aduh, gue mau pipis dulu. Cari sendiri ya, Im""
Lupus ngacir ke kamar mandi, sedang Boim berjalan menuju dapur, tempat si Bringas bersembunyi.
Dapur itu tampak gelap. Pelan-pelan Boim membuka pintunya. Soalnya dia agak ngeri juga. Dilongokkannya kepalanya ke dalam dapur, dan matanya menangkap slang yang tadi dibawa si Bringas di lantai dekat pintu. Tanpa basa-basi, Boim menarik slang itu. Si Bringas yang bersembunyi di balik pintu keruan saja kaget. Dia berusaha mempertahankan senjatanya itu. Dangan menginjak ujung slang. Terjadi tarik-menarik sebentar, tetapi si Bringas akhirnya melepaskan injakannya. Boim girang sekali mendapat slang cukup panjang. Ia balik ke depan, nyari Lupus.
"Nih, ketemu slangnya!" ujar Boim riang
Lupus cuma nyengir. Saat itu dari luar terdengar suara nyak Boim memanggil. Mereka pun keluar.
Nyak Boim menenteng sejerigen bensin. Boim kontan girang melihat ibunya berhasil mendapatkan bensin.
"Nih, Nyak dapet bensin!" ungkap Nyak bangga.
"Wah, sip kalo gitu, Nyak. Pus, nggak jadi nyolong bensin deh. Slangnya gue balikin lagi ke dapur, ya""
Lupus mengangguk. Boim masuk lagi ke dalam.
"Nggak mampir dulu, Nyak"" tanya Lupus.
"Udah kemaleman, Pus. Gara-gara si cabe kriting tuh!"
Boim melangkah ke dapur. Ketika dia membuka pintu dapur, si Bringas masih bersembunyi di balik pintu. Boim melempar slang itu begitu aja ke dapur, lalu menutup pintu. Dengan girang si Bringas mengambil slang itu.
Setelah mengisi bensin dan mengembalikan jerigen ke Acong, Boim da
n Nyaknya pun pamit pulang.
Lupus masuk ke dalam rumah lagi. Dia ngelanjutin baca majalah. Si Bringas beringsut ingsut keluar, ngambil ancang-ancang untuk menyerang Lupus lagi. Tapi sialnya, tiba-tiba telepon genggam yang dibawa oleh si Bringas berdering. Bringas kaget setengah mati, dan langsung melompat ke dapur lagi Lupus juga kaget dan langsung menoleh. Tapi nggak ada siapa-siapa.
Lupus bangkit. "Halo" Siapa itu""
Emang dasar cuek abis, karena tidak ada jawaban, Lupus kembali meneruskan bacaannya.
Sementara di dapur si Bringas menjawab telepon dari si Nano.
"Ya, sebentar, Bringas belum sempat melakukannya. Tugas dari lo soalnya cukup berat. Dari tadi Bringas berpikir, apanya yang harus Bringas lukai!"
Saat itu Nano dan semua personel bandnya sedang berada di taman dekat rumah Lupus. Memonitor kerjaan si Bringas.
"Sudah, Bang, hajar aja dia. Supaya dia tahu bahwa dia telah menghancurkan karier kami sebagai band paling berpengaruh dalam blantika musik Indonesia yang telah dinodai oleh beberapa pemusik tiruan, picisan, dan hanya ingin mengejar rupiah. Band kami adalah perpaduan antara musik ska dengan rock dan telah diilhami oleh kejayaan musik rock pada dekade tujuh puluhan. Video klipnya juga telah disiapkan oleh beberapa sinematografer terkemuka dengan perpadu antara warna hitam dan biru sebagaimana layaknya.... Hello....hellooooo""" Shit!. Kenapa sih dia nggak mau dengar""
Telepon di sana emang dimatiin. Bringas jelas sebel mendengar kecerewetan Nano.
Tiba-tiba dari kejauhan muncullah Boim dan Nyaknya berboncengan naik motor. Tepat di dekat Nano and his friends, motor Boim mogok lagi.
"Apanya lagi, Im"" tanya Nyak sebel.
"Turun dulu. Nyak!"
Nyak Boim turun. Nano melihat nyak Boim dan Boim.
Boim meneliti keadaan motornya sebentar, lalu dia memandang ke semua personel Panji Tengkorak.
"Ada yang ngerti motor nggak, ya" Atau yang lulusan STM bagian mesin, atau yang pernah membuka bengkel"" tanya Boim pada mereka.
Semua diam. Kemudian Nano angkat bicara, "Kami bukan montir atau sejenisnya. Kami adalah grup band yang bakal mengguncangkan blantika musik Indonesia dengan album terbaru kami, perpaduan musik ska dengan irama rock yang diilhami oleh beberapa pemusik rock dunia macam Brian May, Steve Winwood, Gary Moore dicampur sedikit sentuhan reggae di sana-sini, terutama dalam lagu hit kami: Uah... Uah!"
Nyak Boim mengernyitkan dahi, lalu mencibir. "Lagu lu sepak, ditanya soal sepeda motor jawabnya lain!"
Nano and his friends serentak meninggalkan Boim dan nyaknya.
"Orang gila kali, Nyak!" ujar Boim.
"Jadi gimana tuh"" tanya Nyak putus asa. "Sial banget kita hari ini!"
Kayaknya businya, Nyak. Tadi kan sempet keujanan. Kita balik aja ke rumah Lupus, Nyak, titip ni motor di sana!"
"Iya deh!" Boim dan nyak Boim pun berbalik haluan, melangkah ke rumah Lupus lagi.
Jam sudah menunjukkan pukul sembilan malam.
Saat itu Lupus udah mau pindah ke kamar, mau baca-baca sambil tiduran. Sementara Bringas yang tadi niatnya pengen menyerang Lupus, jadi urung karena kebelet pipis. Bringas pun mengendap-endap ke kamar mandi.
Belum sempet Lupus merebahkan rubuhnya di kasur empuk, terdengar ketukan lagi di pintu. Lupus sebel, ia langsung keluar kamarnya. Buset, siapa lagi sih" batinnya. Eh, rupanya Boim dan nyaknya balik lagi.
"Lho, kok""
"Gini, Pus. Motor gue mogok lagi! Kayaknya sih businya, lo punya busi""
"Duh, Boim! Lo makin asal deh nanyanya. Ngapain juga gue nyimpen busi" Buat camilan""
Boim nyengir Akhirnya Nyak angkat bicara. "Ya udah Nyak nanya ke rumah sebelah, ya" Lo tunggu aja di sini bareng Lupus."
Boim ngangguk, lalu masuk ke rumah bareng Lupus.
Nyak pun pergi ke rumah sebelah.
Beberapa saat kemudian muncul mobil Kijang. Mobil itu berhenti tepat di depan mobil si Bringas. Poppi, Meta, Reza, Utari, Svida, Gusur, dan Kevin turun dari Kijang sambil membawa kue ulang tahun.
"Ingat ini surprise party!" ujar Poppi.
"Tapi tetap boleh makan, kan"" tanya Gusur.
"Eh, makan aja lo pikirin!"
Tapi tiba-tiba Gusur berujar lagi, "Lho, Boim kok sudah ada di sini""
"Mana"" tanya Poppi.
"Tuh, motornya!" tunj
uk Gusur. "Waduh, kita keduluan."
Di dalam rumah, sembari nungguin nyaknya yang ke rumah sebelah, Boim asyik ngobrol sama Lupus. Si Bringas yang udah mulai pegel ngumpet di kamar mandi, agak-agak kesel nunggu Boim nggak pulang-pulang. Padahal slangnya udah dia pegangin terus.
Tapi sebagai pembunuh berdarah dingin, dia memang kudu sabar.
Tiba-tiba pintu diketuk lagi. Kali ini yang ngetuk banyak dan keras. Bukan cuma Boim dan Lupus yang kaget, Bringas aja sampe melompat dari toilet.
Dengan penasaran, Lupus bangkit, dan membuka pintu.
"Surpris!. Panjang umurnya... panjang umurnya... panjang umurnya serta mulia...."
Semua orang masuk sambil membawa tart. Lupus terkejut setengah mati. Bringas yang ngintip dari lobang pintu kamar mandi, makin kaget.
"Kenapa sih ulang tahun nggak bilang-bilang"" tanya Svida
"Takut disuruh nraktir ya, Pus"" tanya Gusur
"Lo nggak kompak, Im, ke sini duluan!" ujar Poppi.
"Gue nggak sengaja, lagi.... Kebetulan motor gue mogok!" ujar Boim.
"Ya udah... pestanya kita mulai. Gusur. Kevin... turunin makanan di mobil...."
"Oke, Bos!!!!" Semua pun berpesta. Semua mengitari kue ulang tahun. Semua menyanyi selamat ulang tahun.
Sementara itu si Bringas makin gelisah terkurung di kamar mandi Dia panik ketika telepon genggamnya berbunyi.
"Nano, Abang terjebak! Sekarang Bringas ada di kamar mandi. Mana kamar mandinya bau lagi! Gila si Lupus, abis makan apa sih dia" Bang Bringas nggak tau kapan bisa keluar! Soalnya orang di sini makin banyak," ungkap Bringas di telepon.
Terdengar jawaban di ujung sana. "Bertahanlah Bang, dan lakukanlah apa yang telah kita setujui demi masa depan band kami yang merupakan ujung tombak musik Indonesia di tahun dua ribu mendatang, musik perpaduan antara irama ska..."
Si Bringas mematikan telepon genggamnya dengan kesal.
Sementara di ruang tengah, semua gembira. Biar meriah, Poppi mau nyetel kaset tapi pas nyari-nyari kaset yang bagus, Poppi malah nemu kaset demo Panji Tengkorak.
"Lho, Lupus, kok masih nyimpen kaset ini sih"" tanya Poppi.
"Kaset apa sih"" Svida melihat.
"Panji Tengkorak..."
"Siapa tuh""
"Aduh, lo harus dengerin band yang satu ini.... Ini band asal banget. Vokalis utamanya si Nano, lagaknya kayak ingin menyelamatkan dunia musik Indonesia," ujar Lupus.
Mereka menyetel kaset itu lalu terdengar irama musik yang ngawur dan nggak keru- keruan. Musik yang bikin sakit kepala tujuh keliling. Vokalisnya juga jelek, fals dan pas iramanya tinggi suaranya nggak nyampe. Kayaknya tu band amatiran banget. Jauh lebih oke band-band anak SMU yang masih amatiran sekalipun.
Semua orang di situ ngakak keras banget. Sampe aer matanya pada keluar. Si Bringas yang juga ngedenger di kamar mandi, sampe nangis. Dia nyesel banget, kenapa mau saja mempertaruhkan nyawanya demi Nano dan Panji Tengkorak-nya yang ternyata hanya menjadi bahan tertawaan banyak orang!
Di rumah sebelah, Nyak Boim dan Acong terlihat akrab.
"kalau busi saya nggak punya, maklum saya nggak punya motor!" ujar Acong.
"Oh, maaf deh kalau gitu! Ngomong-ngomong bapak kerjanya apa""
"Saya bisnisman. Mau kerja apa lagi orang Tionghoa seperti saya" Masuk AKABRI" Mau jadi pegawai negeri" Mana bisa" Yah, jadi kebanyakan dagang deh!"
"Tapi zaman kan udah berubah, mungkin aja nanti anak-cucu situ bisa jadi jenderal! Yang penting kan bangga jadi orang Indonesia. Iye nggak""
Acong mengangguk. "Iya! Ibu tau nggak presiden Peru itu kan orang Jepang!"
"Peru" Peru tu di mana""
"Dekat Amerika."
"Oh, iya!" Lagi asyik-asyik ngobrol. tiba-tiba Boim nyamperin. "Nyak... sini... Lupus ulang tahun! Nyak diminta ke rumahnya, makan-makan..."
"Oya" Aduh, lempeng banget nih tenggorokkan..." Nyak pun pamit ke Acong, "Udah... permisi, ya!"
"Iya" *** Nano dan Panji Tengkorak-nya cemas menanti kedatangan si Bringas. Ketika si Bringas muncul, Nano langsung nyamperin.
"Gimana, Bang" Apakah Abang telah membela kami, sebuah band yang akan mendominasi radio-radio nasional dengan irama alternatif perpaduan irama rock, ska, dan reggae yang nantinya akan..."
Tiba-tiba sebuah tamparan mendarat pedas di pipi Nano.
"Lo jangan ngebacot doang! Bikin malu! Irama tai kucing lo bilang inovatif! Abang Bringas malu punya ponakan seperti lo! Udah bubarin bandnya dan kalian semua jadi tukang tambal ban aja!"
Semua terdiam. 2 BUKAN SITI NURBAYA Belakangan ini wajah Mami agak murung. Alasannya nggak usah ditanya deh. Pasti sirna seperti ibu-ibu lainnya. Tapi Mami nggak cuma mikirin sembako, tapi juga mikinn bisnis kateringnya yang agak menurun belakangan ini. Kok bisa gitu" Ya iyalah. Coba aja bayangin, ibu-ibu arisan yang biasanya males masak dan mesen katering ke Mami buat makan sehari-hari, kini anggarannya dipotong suami. Walhasil, mereka kudu masak sendiri. Jadi kalo belakangan ini telepon Mami masih suka berdering, itu bukannya ibu-ibu yang mo mesen katering, tapi cuma ibu-ibu yang nanya resep masakan ini-itu. Dodol, kan" Maunya sih Mami mau nagih biaya konsultasi, tapi kut dibilang mata duitan. Apalagi ini jaman susah, kan nggak enak ngambil untung sama tetangga sendiri.
Dan masalah kedua, proyek gede Mami dari PLTN di Bandung yang kerja sama sama Tante Euis juga distop. Padahal Mami dapet untung banyak dari situ. Nah, kalo udah gini, dari mana lagi Mami bisa dapet duit buat membiayai hidup bersama kedua anaknya, Lupus dan Lulu"
Pembantu yang kerja di rumah, udah diberentiin Mami. Mami nggak kuat ngegaji lagi.
Gimana Mami nggak bingung, coba"
Lagi pusing begitu, Lulu yang baru pulang sekolah, seperti biasa langsung nyari Mami ke kamar. Lulu heran ngeliat Mami bad-mood begitu. Wah, pasti Mami lagi sedih, nih. Lulu pun langsung menghampiri dan memeluk sayang.
"Halo, Mi, suntuk amat. Ini Lulu udah dateng kok, nggak telat lagi. Senyum dong. Mi! Kan tumben Lulu bisa pulang tepat waktu, nggak ngelayap ke mana-mana!" ujar Lulu manja.
Mami tersenyum kedi memandang Lulu. Dalam hatinya ngebatin, "Oh, Lulu, sebentar lagi kamu nggak bisa jajan siomai lagi, karena uang jajan udah nggak ada." Dan kesedihan masih terbayang di mata Mami.
"Mi, si Lupus juga udah pulang. Tuh, ada di teras. Dia nggak kelayapan juga kok Lulu panggil, ya"" ujar Lulu lagi mencoba menghibur.
Mami mengangguk. Lulu pun buru-buru ke teras. Lupus yang nggak tau sikon, begitu ngeliat Lulu langsung teriak-teriak, minta dibikinin sirup dingin. Udara di luar emang menyengat banget. Bikin tenggorokan kering.
"Eh, kucing! Jangan berisik! Mami lagi pusing tau!" hardik Lulu.
"Alaa, pasti si Mami pusing liat tampang lo, kan"" ujar Lupus santai sambil menaikkan kedua kakinya ke meja bunder.
"Hei, Mami pusing ngedenger teriakan lo, bego! Cepet masuk, dicariin Mami tuh."
Lupus ngeliat Lulu ngomong serius banget. Ia lalu nyusul Lulu masuk ke kamar Mami.
"Kenapa, Mi" Pusing, ya" Mikir apaan. sih" Si Lulu nakal, ya" Dijambak aja. Mi, rambutnya sampe ke tanah.... Nggak usah dipikirin...."
Mami menatap Lupus. "Lupus, Mami bingung mikirin katering di PLTN yang distop!"
"Aduh, Mami gitu aja kok sedih" Itu kan bagus. Mi," ujar Lupus lagi sambil duduk di samping Mami.
"Bagus gimana"" Mami protes.
"Aduh, Mi. Mami tau nggak sih kalo katering Mami berdampak buruk bagi masyarakat di sekitar PLTN"" ujar Lupus lagi.
Mami mengernyitkan dahinya, nggak ngerti arah ucapan Lupus. Lulu lebih-lebih lagi.
"Sok tau lo, Pus! Maksud lo apa, sih"" serang Lulu.
"Gini, lho. Mami kan menyediain katering buat karyawan PLTN. Mami kan bikin mereka bisa makan, bisa punya tenaga buat ngejalanin proyek PLTN-nya. Padahal dampak dari PLTN tu serem-serem, lho. Liat aja Mi, di negara Barat, udah berapa banyak PLTN yang ditutup gara-gara dinilai kurang efisien dan merugikan orang banyak" Nggak usah deh ada kebocoran, limbah nuklirnya aja udah bikin banyak masalah," jelas Lupus panjang-lebar.
"Eh, Pus, kalo mo protes mending lo ikutan Greenpeace atau ngirim surat pembaca di koran, jangan Mami yang lo ceramahin!" sambar Lulu sengit.
"Iya. Pus. Mami cuma pusing nggak dapat tender katering lagi. Itu artinya, subsidi jajan buat kamu berdua terpaksa Mami stop dulu... Bisa makan sehari-hari aja kita udah untung...," ujar Mami lagi.
Lupus kaget. Lulu apalagi.
Kali ini keduanya langsung ikutan lemes
"Tuh kan, Pus! Dampak
ke kita lebih gawat kalo begini keadaannya! Sok tau sih lo!" ujar Lulu kesel.
Lupus nggak bisa ngomong apa-apa.
"Ya, udah. Kita liat sisi baiknya aja. Mulai sekarang, Lupus lebih bebas kalo mau nulis kritikan buat PLTN Karena Mami udah nggak ngasih makan karyawannya.... Iya, nggak""
Lulu makin sebel ngeliat Lupus.
*** Besoknya pas Lulu berangkat sekolah, mukanya suntuk abis. Lupus aja sampai ketawa ngeliat muka Lulu yang nggak beda jauh sama komisaris yang banknya dibekukan dan dikejar-kejar Jaksa Agung.
"Duile, nggak dikasih uang jajan aja bete amat, lo! Cheer up, girl. Banyak yang nasibnya lebih blangsak dari lo!" ledek Lupus.
Lulu melotot, "jangan ngomong lo, Pus, lo sih enak masih bisa dapet duit dari majalah. Kalo gue, gimana" Nasib gue kan sepenuhnya tergantung Mami...."


Lupus Sereem di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Ya, udah. Nanti gue kasih deh Puas""""
"Bener"" Wajah Lulu berbinar.
"Bener. Kalo gue dapet duit. Lima belas persennya buat lo deh."
"Kok lima belas persen" Lima puluh persen aja deh...."
"Ih, ngelunjak. Gimana kalo 25 persen aja" Take it or leave it!"
Lulu terpaksa setuju. "Tapi kita harus nolong bisnis Mami, Pus. Kalo nggak, gimana kita bisa bayar uang sekolah" Gimana kita bisa makan" Ntar kalo kita berhenti sekolah, dimarahin si Mandra lagi... Inget nggak lo dulu wakru Mami belum usaha katering" Kita sering diajak Mami bawa bekal nasi untuk dimakan pake lauk icip-icip di supermarket. Inget nggak"
Lupus mengangguk-angguk. "Inget. Nasi pake lauk sosis, pake dim sum icip-icip. Lo kan dulu bolak-balik nambah sosis. Iya, iya, gue inget."
"Nah, apa lo kepengen balik ke jaman itu lagi" Gue sih ogah, Pus! Malu!"
"Dulu kan kita masih kecil-kecil. Lu. Masih esde. Mana inget malu" Kalo gue jadi anak esde lagi, gue nggak keberatan begitu lagi."
"Makanya, biar nasib kita nggak malang kayak gitu lagi, kita mesti bantu Mami! Lo ada usul nggak""
Lupus pun mulai mikir. "Eh, lu! Gue ada usul! Kita bikin promosi gede-gedean buat katering Mami. Kalo perlu masukin iklan ke radio sama televisi! Gue jamin, pasti Mami bakal kebanjiran order."
Lulu manyun. "Emang pasang iklan gratis" Mahal, cing! Jutaan!"
"Kalo yang gratisan, mentok-mentok kita pasang di mading sekolah atau di kelas aja...."
Lulu menatap Lupus. Takjub. Mukanya mendadak girang, lalu meninju keras-keras perut Lupus. Lupus menyeringai kesakitan.
"Lo tuh sebetulnya jenius, Pus. Sayang yang sering muncul malah idiotnya. Ide lo boleh juga. Kita pasang iklan di sekolah!"
Lupus kesakitan memegang perutnya
*** Maka rencananya pun dijalankan. Di komputer sekolah, Lupus dan Lulu ngerancang desain iklan. Lalu numpang disablon di kenalan Lupus yang kerja di penyablonan majalah.
Beberapa saat kemudian Lupus pun udah berjalan terburu-buru membawa tumpukan kertas berisi iklan katering Mami ke arah sekolah. Karena tingginya tumpukan, wajah Lupus nggak kelihatan. Dari arah berlawanan. Gusur dan Boim yang baru nongkrong di sekolahan, datang sambil ngobrol cekikikan. Tiba-tiba ada seorang cewek abege ber-roller blade mendahului Lupus. Cewek itu agak menyenggol Lupus. Susah payah Lupus berusaha menjaga keseimbangannya agar tumpukan kertas yang dibawanya nggak jatuh sehingga jalannya jadi miring dan oleng.
Cewek abege tadi menyeruak di antara Boim dan Gusur. Akibatnya Boim dan Gusur jadi meleng, sebab merhatiin tu cewek, terpesona, bo!
Tak ayal lagi terjadi tabrakan antara Lupus yang jalannya oleng dan Gusur dan Boim yang jalannya meleng. Mereka pun sama-sama jatuh. Tumpukan kertas berhamburan.
Boim dan Gusur yang mo marah karena ditabrak, langsung kaget begitu ngeliat Lupus. "Lupus! Ngapain lo"
Lupus kesel, ia memunguti kertas. "Iya, gue! Bantuin dong! Gue mo nempelin brosur ini di sekolah!"
Boim dan Gusur ikut memunguti kertas sambil sama-sama membaca isinya.
KATERING IBU ANITA, menerima pesanan untuk kantor, rumah dan pesta.
"Selebaran, Pus" Mo bikin partai baru"" tanya Boim.
"Bukan, bloon! Ini selebaran iklan katering nyokap gue. Bantu nyebarin, ya" Di tiang-tiang listrik juga boleh. Tapi terutama di SMU Merah Putih! Gue udah minta izin ke Poppi."
Boim dan Gusur mengangguk bareng, sam
bil terus memunguti kertas selebaran yang tersebar itu.
Jadilah sore itu mereka sibuk nempelin selebaran di tiang listrik, dan juga di sekolah. Bukan cuma di mading aja. Gusur dan Boim juga nempelin di koridor antarkelas, pintu kelas, dinding kelas, dan papan tulis. .
Keesokan paginya, Lulu dan Inka yang datang ke sekolah lebih pagi, bengong juga ngeliat dinding dan pintu SMU Merah Putih udah dipenuhi selebaran.
"Gue nggak nyangka, ternyata Lupus gerak cepat juga. Moga-moga katering Mami kebanjiran pelanggan lagi ya, Ka" Kasian Mami, bisnisnya macet belakangan ini," ujar Lulu bangga.
"Tapi, Lu, apa udah izin Kepsek nempelin beginian"" tanya Inka cemas. Soalnya acara penempelan brosur itu agak keterlaluan juga. Kayak orang kampanye partai.
"Belum lapi kemaren Lupus udah bilang ke Poppi. Kata Poppi sih boleh-boleh aja asal iklannya nggak mencolok. Poppi kan masih sodaranya Kepsek, jadi kuat dong backing-nya."
Inka kembali menatap tempelan selebaran yang memenuhi dinding dan pintu kelas yang jelas amat mencolok itu.
"Nggak mencolok" Ini kan agak mencolok."
Belum sempet Lulu ngejawab, Boim dan Gusur nongol. Dengan bangganya mereka bilang bahwa ini semua hasil kerja mereka berdua.
"Poppi mana" Dia udah liat semua ini" Gue nggak percaya kalo dia ngebolehin!" ujar Inka agak cemas
"Tenang aja. Poppi bilang asal nggak terlalu mencolok, nggak apa. Namanya juga promosi terselubung ya, Sur"" ujar Boim.
Gusur mengangguk. "Terselubung"" Inka makin bengong, "Begini ini terselubung""
"Lupus malah lagi mau nempelin selebaran di ruang Kepsek," tambah Gusur
Inka makin kaget. "Ruang Kepsek"""""
Inka udah nggak tahan lagi. Dia serta-merta menarik tangan Lulu ke ruang Kepsek. Gusur dan Boim mengikuti. Dan bener aja. Sampai di sana Lupus udah nempelin semua selebaran di dinding ruang Kepsek.
Inka bengong. Sedang Lupus malah tampak puas mengamati hasil karyanya. "Asyiik ya, Ka""
"Indah sekali. Serasa ruang pamer karya seni instalasi," ujar Gusur.
"Poppi udah liat"" tanya Inka lagi. Dengan cemas tentunya.
"Belum. Dia datang agak siangan, kali. Tapi gue udah izin sama penjaga ruang Kepsek. Katanya kalo udah minta izin, dia sih oke-oke aja.... Gue kan udah minta izin ke Poppi"" ujar Lupus kalem.
"Minta izin ke Poppi untuk nempelin di ruang Kepsek""
"Bukan. Untuk nempelin selebaran di sekolah. Ruang ini kan termasuk di sekolah juga..."
Inka langsung punya firasat buruk.
Dan bener aja. Dari jauh, teriakan Poppi udah terdengar membahana. Saat itu Poppi emang baru dateng, dan terkaget-kaget ngeliat dinding koridor sekolah dipenuhi tempelan brosur.
"Siapa sih yang iseng begini" Kurang kerjaan! Lupus! Lulu! Mana mereka"""""
Lupus, Gusur Lulu, Inka dan Boim langsung pandang-pandangan, tegang. Mereka pun keluar menemui Poppi. Wajah Poppi merah padam karena marah.
Begitu ketemu Lupus cs, Poppi langsung ngomel, "Lo lo pada gimana sih" Udah dipesen kalo iklan kateringnya, jangan menonjol, jangan mencolok! Eee, malah ditempel menuhin dinding! Kayak kampanve OPP aja! Gue bisa disemprot Kepsek nih! Kemaren kan izinnya nggak mencolok"""" Lupus, gimana nih""""
"Sori, Pop! Gue nggak bermaksud..."
Gusur tiba-tiba nyeletuk. "Daku yang salah, Poppi. Daku yang menempel selebaran itu di dinding, di pintu kelas, di mading, dan juga di..."
Boim dan Lupus serentak menggebuk punggung Gusur.
Gusur kesakitan, sehingga nggak jadi melanjutkan kalimatnya.
"Terserah, gue nggak mo tau! Pokoknya gue nggak mo liat lagi ada selembar selebaran pun di sekolah ini sebelum bel masuk dan anak-anak serta guru-guru pada datang. Gue pusing! Gue mo telepon Pak Kepsek di ruangannya!!!"
Poppi berjalan dengan langkah panjang menuju ruang Kepsek.
Semua melotot kaget. Lulu dengan gesit langsung menggiring Poppi ke kantin. Aduuuh, jangan sampe deh Poppi ke ruang Kepsek. Tempelan iklan di situ lebih parah lagi...
"Minum-minum dulu, Pop! Gue traktir deh.... Haus, kan"" ujar Lulu.
Poppi menurut. Semua menarik napas lega. Lulu memberi tanda pada yang lain untuk segera mencabuti selebaran di ruang Kepsek Lupus, Gusur, Boim, dan Inka bergegas pergi.
Beberapa saat kem udian, Poppi sudah kelihatan agak tenang setelah minum jus jeruk traktiran Lulu. Tiba-tiba Kevin dengan gaya tengilnya dateng sambil mengacung-acungkan tumpukan selebaran iklan katering Mami. Lulu panik, memberi isyarat agar Kevin segera pergi, tapi rupanya Kevin nggak nyambung.
Malah ia berujar keras ke Poppi dan Lulu "Liat nih! Gue mo nolong Lupus. Iklannya udah gue fotokopi satu rim dapat diskon sepuluh persen! Hebat yah! Pasti si Mami kagum sama gue! Ditempel di langit-langit kelas, keren kali ya, Pop""
Poppi melotot galak. Lulu lemes. *** Meski berakhir kurang begitu mengenakkan, katering si Mami akhirnya lumayan dapet order juga, meski nggak segede yang dulu. Dan pagi itu Lulu dan Lupus udah dapet uang jajan lagi, meski dipotong sampe 50 persen. Meski gitu, wajah Lulu tetap aje keliatan bahagia banget.
Pas mereka baru mau berangkat. Tante Euis datang. Inget kan" Tante Euis itu rekan bisnis Mami waktu buka katering di PLTN.
"Cari Mami, Tante" Teriak aja, Tante. Ntar juga muncul!" ujar Lupus.
Tante Euis tersenyum sambil terus memperhatikan Lulu dan Lupus yang berangkat sekolah.
Tante Euis pun menemui Mami di dalam.
"Eh, Euis kapan datang dari Bandung" Kok nggak kasih kabar"" sambut Mami hangat.
"Dadakan, Nit. Ada sodara yang sakit. Gimana kateringnya""
"Yaa... lumayan lah.... Kecil-kecilan sih ada."
"Bagus deh. Eh, yang tadi pake seragam sekolah, anak-anak, ya" Lupus sama Lulu""
Mami mengangguk. "Kenapa""
"Geulis dan kasep."
"Siapa dulu maminya!"
"Udah pada punya pacar belum""
"Si Lulu sih punya. Kalo Lupus, nggak tau ya. Itu anak putus-nyambung aja kerjanya."
"Nah, kalo begitu, cocok sama Sharika. Itu tuh anaknya sepupu saya yang punya hotel bintang lima di Bali. Sharika geulis pisan. Persilangan Nadia Hutagalung sama Tamara Bleszinsky. Kabayang nteu" Udah geulis, anak orang kaya, mana hatinya juga baik. Wah, kalo si Lupus jadi sama Sharika, kamu teh makmur!" ujar Tante Euis berpromosi.
"Sialan kamu, Euis! Kamu pikir saya segitu matrenya""
"Tong ngambek dulu! Maksud saya teh, makmur usaha katering! Katering kamu teh bisa go public masuk hotel berbintang. Apa nteu hebring" Boleh nteu Sharika dikenalin sama Lupus" Moal rugi, Nit!" Mami mengangguk pelan, lalu tersenyum.
*** Dan rencana perjodohan itu ternyata cepet banget nyebarnya. Siapa lagi si biang gosipnya kalo bukan Lulu.
Tanpa liat sikon, Lulu langsung nyampein rencana perjodohan itu ke Poppi di kantin sekolah. Poppi yang masih memendam cinta sama Lupus, jadi agak-agak sebel juga denger cerita Lulu.
"Mami bilang, kata Tante Euis, Shanka itu mirip Winona Ryder. Bodinya kayak Pamela Lee, suaranya nyaingin Celine Dion. Keren kan, Pop" Gue sih suka-suka aja kalo Lupus jadi sama Sharika. Duit jajan gue pasti belipet-lipet!"
Poppi tambah manyun, nggak bereaksi.
"Tapi, jangan cerita ke anak laen ya, Pop" Gue khawatir. Lupus bakal marah kalo tau perjodohan ini diatur Mami sama Tante Euis. Janji ya, Pop" Jangan cerita-cerita""
Poppi melengos, buang muka. Saat itu Inka dateng. Sambil nyomot bakwan, Inka ngomong ke Lulu, "Eh, Lu, gimana calonnya Lupus" Siapa namanya" Sharika, ya""
Lulu langsung memonyongkan bibir dengan kesel. "Ssst.."
Inka langsung nutup,mulut
Nggak lama kemudian, malah Boim yang datang Wajahnya suntuk.
"Lupus mana, Pop" Sekarang kan giliran dia piket. Mentang-mentang dijodohin sama cewek cakep en tajir, lo biarin dia seenaknya."
Poppi makin cemberut, nggak menjawab. Lulu tambah kesal lalu melempar lirikan mautnya ke Inka. Pasti deh Inka yang cerita-cerita ke Boim.
Belum sempet tuduhan Lulu terbukti, Gusur menyusul Boim ke kantin dengan wajah ceria. Begitu melihat Lulu. Gusur langsung berujar, "Lulu, betulkah Lupus bakal mendapat pasangan hidup seorang gadis jelita nan kaya" Pemilik hotel bintang lima" Betapa beruntungnya Lupus. Tolong sampaikan ya lu, jika dia berubah pikiran, daku siap menggantikan kedudukan Lupus!"
Lulu mo pingsan rasanya. Sebaliknya Poppi bangkit dari kursinya dengan gedubrakan, dan langsung cabut dari kantin dengan wajah kusut. Semua menatap dengan heran.
Begitu Poppi ilang di tikungan gedung seko
lah, Lulu langsung menghardik Inka. "Ember lo, Ka! Siapa aja yang lo ceritain tentang Shanka" Kok pada tau semua""""
Inka menggeleng. "Gue cuma ngomong ke Meta. Itu juga kelepasan. Tapi Meta janji, nggak bakal nyebar-nyebar...."
"Nah, gue dapat kabar dari Bule. Kata Bule, dari sumber yang dapat dipercaya," tambah Boim
"Sedang daku menyimak percakapan Boim dan Bule ketika mereka bermain basket. Jadi jangan gusar, lu tak seorang pun yang bercerita pada daku. Tapi duhai, Lulu maafkan daku! Tadi waktu ketemu Kevin di kelas, daku sempat bercerita padanya...," ujar Gusur.
Lulu langsung panik. "Bagus! Sekarang tinggal Lupus aja yang belum tau!"
Lulu pergi dengan marah. Semua saling memandang. Saling menyalahkan.
Dan nggak usah heran kalo berita perjodohan itu akhirnya mampir juga di kuping Lupus. Kuping Lupus jelas merah kayak dijewer Mike Tyson (eh, kalo Mike sih hobinya nggigit kuping, ya" Bukan ngejewer") Lupus kesal banget dan ketika sampe rumah langsung protes ke maminya, "Mami! Emang Lupus Siti Nurbaya" Kalo mo main jodoh-jodohan, kenapa nggak Lulu aja" Lulu kan cewek, dia aja yang Mami jodohin!" omel Lupus.
"Siapa yang mau ngejedohin kamu, Pus"" Mami pura-pura nggak tau.
"Udah, Mi, nggak usah pura-pura lagi! Lupus sebel! Biar si Sharika kayak bidadari, Lupus ogah! Bilang sama Tante Euis, perjodohan batal!" putus Lupus.
Mami langsung sebel disemprot begitu. "Kamu bilang sendiri sana!"
Dan begitulah. Sejak, ada berita itu, Lupus jadi berubah. Nggak ceria lagi.
Sampai selang beberapa hari, suatu siang yang panas, ketika Lupus lagi bete dan nongkrong di teras, tiba-tiba di jalanan depan rumahnya lewat cewek yang kece banget. Celingukan nyari alamat. Bakat playboy Lupus langsung muncul.
Lupus dengan gaya sok macho langsung mendekat.
"Halo, girl, ada yang bisa dibantu""
Cewek itu berujar pelan, "Eh, ini rumah Tante Anita""
Lupus mengangguk. "Betul sekali. Kebetulan saya ini anaknya yang paling manis. Ada perlu apa" Mo pesen katering"*
Cewek itu menggeleng. "Enggak. Saya mau nganter ini, ada titipan surat dari tante saya."
"Surat" Wah, orangnya lagi pergi tuh. Suratnya titipin aja ke saya, ya"" Lupus langsung menyambar surat di tangan tu cewek. Lalu tanpa angin, tanpa ujan. Lupus langsung memperkenalkan namanya, "Kenalan dulu dong. Saya Lupus."
Cewek itu membalas genggaman Lupus sambil tersenyum manis. "Saya Sharika."
Lupus tersentak kaget. "Sharika""""
Sharika heran. "Kenapa""
"Ehh, enggak! Tante Euis itu tante Sharika ya""
"Iya! Kenal ya""
Lupus langsung salah tingkah. "Enggak, cuma tau aja."
Waduh, kalo tau yang namanya Sharika sekece ini, jelas Lupus ogah nolak. Lupus nyesel banget waktu itu udah sok tau bilang nggak mau dijodohin sama Sharika.
Sesaat Lupus dan Sharika saling diam.
"Saya pulang dulu ya"" ujar Sharika akhirnya.
"Eh, ngapain buru-buru" Kita nonton VCD dulu yuk" Saya punya film-film baru."
Sharika setuju. Baru Lupus menggandeng Sharika menuju rumah, Kevin datang. Berteriak-teriak, lagi.
"Pus! Lupus! Beneran lo dijodohin nama cewek cantik""
Lupus salah tingkah menatap Sharika Sharika juga grogi.
'Eh, Vin, lo jangan suka asal ya!"
"Alaa, Pus, jangan muna lo! Katanya lo nolak ya dijodohin" Kalo lo nggak mau, buat gue aja! Gue nggak nolak dijodohin cewek cantik en tajir kayak begitu. Siapa namanya, Pus" Sa... Sa .. ohh. iya, Sharika!"
Lupus kesal dan menginjak kaki Kevin keras-keras. Kevin langsung jejeritan. Sharika menatap Lupus, kaget. Lupus jadi salah tingkah. Dengan menahan malu. tanpa pamit Sharika berlari pergi.
"Sharika! Tungguuu!" teriak Lupus.
Tapi Sharika terus berian. Lupus menatap Kevin penuh dendam. Wajahnya ganas.
Kevin pucat menatap Lupus. "Itu, itu Sharika, Pus""
"Gue hajar lo, Vin!"
Lupus mengejar Kevin. Kevin berlari sambil menjerit-jerit, di siang bolong yang panas!
3 THE OBJECT OF MY AFFECTION
Belakangan ini Inka jadi sering nongkrong di perpustakaan sekolah. Agak aneh juga, karena tiba aja tu anak jadi doyan ke perpus. Padahal dulunya dia males banget. Hobinya malah nontonin anak cowok maen basket. Malah beberapa kali sempet jadi cheerleader.
Tapi se karang Inka malah sering ke perpus. Ngapain sih"
Nggak jelas juga. Pokoknya saban dateng ke perpus, Inka selalu mojok sambil sibuk nyorat-nyoret sesuatu. Tapi nggak lama kemudian dia merobek kertas itu dan membuangnya. Diambilnya sebuah kertas lagi, lalu ia berpikir. Matanya mulai ngelirik ke kanan dan ke kiri, bak maling jemuran nemu celana dalem St. Michael. Lalu dengan hati-hati banget, Inka mengeluarkan buku Menulis Surai Cinta dengan Benar yang sering dijual di emper toko. Dia membuka halaman demi halaman.
Olala ternyata Inka lagi bikin surat cinta. Buat siapa sih"
Belum sempet keliatan buat siapa surat itu ditulis. Gusur yang lagi nyari-nyari buku puisi tiba-tiba berdiri di belakangnya Gusur agak kaget menemukan Inka di situ.
"Hey, Inka. Ngapain dikau" Tumben nongkrong di perpus..."
Inka kaget, dan buru-buru menutup bukunya. "Oh, eh, Sur... Lo bikin kaget aja!"
Inka lalu nyembunyiin buku cara menulis cintanya. Tapi Gusur udah keburu ngeliat.
"Dikau bikin surat cinta ya" Dikau puitis juga, Ka. Daku tiada menyangka ada dara zaman milenium ini mau menulis surat cinta," kata Gusur.
"Oh, ini, gue., nggak nulis surat cinta kok... Gue cuma iseng aja pengen tau apa itu cinta..."
"Kalau dikau ingin tau apa artinya cinta, daku tiada keberatan memberitahu. Menurut penyair besar Kahlil Gibran..."
Wah, wah, wah... Inka langsung suntuk deh kalo si seniman sableng itu udah mulai ngasih ceramah. Maka Inka pun buru-buru bangkit sambil ngeberesin alat-alat tulisnya.
"Sori, Sur. Gue mo jalan dulu. Gue lupa ada janji sama nyokap gue mo ke mal...."
Inka pun pergi. *** Kejadian ajaib di perpus itu ternyata bikin mulut Gusur gatel mo cerita ke Boim. Saat itu mereka berdua lagi jajan es cendol di tepi lapangan bola.
"Daku penasaran, Inka nulis surat ke siapa ya" Mudah-mudahan ke daku, Im! Karena daku pikir-pikir, Inka itu seksi dan menarik!"
Boim langsung mencibir. "Sur, ngaca elo, Sur! Mana mau gadis secantik Inka ama elo""
"Siapa tahu aja, Im! Dara abad milenium kan senang dengan yang aneh-aneh!"
"Kalo gitu dia pasti nulis surat buat gue nih, tembusannya baru buat elo!"
Gusur tergelak. "Emangnya memo di kantor" Pake tembusan segala!"
Mereka pun meneruskan makan cendol.
Eh, tapi sebetulnya diem-diem si Boim itu juga lagi naksir adik kelasnya. Namanya Katly. Anaknya emang manis tapi agak-agak matre. Matanya bulet kayak kucing (sesuai deh sama namanya!), kulitnya putih alus dan rambutnya di-highlight. Nggak jelas juga kenapa Kattv bisa error gitu, demen sama Boim. Tapi yang jelas, baru pertama nge-date, Katty udah minta beliin parfum mahal ke Boim. Tau sendiri dong, parfum kan harganya sekarang lagi selangit. Boim jelas keder diporotin begitu sama Katty.
"Tapi duit Bang Boim belum cukup!" begitu ujar Boim ketika Katty maksa minta beliin.
"Kalo gitu, cinta Katty juga belum cukup!" tandas Katty.
Boim jelas jadi sedih. Dia soalnya udah mentok abis sama Katty. Tapi ya mo gimana lagi" Boim cuma janji ke Katty, kalo tabungannya udah cukup nanti pasti dibeliin.
*** Dan Dewi Amor emang lagi mampir di gengnya Lupus, menebar-nebar benih cinta, karena entah gimana Poppi yang dari dulu, emang putus-nyambung sama Lupus, sekarang ngerasa mulai naksir cowok kurus mandi di papan itu. Buktinya pas pelajaran kosong, saat Lupus en Gusur lagi nongkrong di perpus sambil baca novelnya PD. James, Poppi dateng. Ia memilih novel remaja, dan langsung duduk di samping Lupus.
"Pus... elo malam Minggu nanti mau ke mana"" tanya Poppi.
"Nggak ke mana-mana. Pop! Di rumah aja!" ujar Lupus matanya nggak lepas dari buku yang dibacanya.
"Lo mau nonton nggak" Udah lama kan kita nggak pernah nonton bareng!" ajak Poppi.
"Film apa. Pop""
"Armageddon...."
"Gue udah nonton!"
"Deep Impact""
"Udah punya Video CD-nya!"
"The Objcct of My Affection""
"Males ah, film romantis..."
Poppi membanting bukunya ke meja. Marah. Lupus dan Gusur terlonjak kaget.
"Lupus, elo kok sombong amat sih! Eh, elo kira gue ngajak elo nonton itu karena gue mau balik ama elo" Pus, gue ini udah nggak cinta sama elo! Lo jangan kege-eran dong. Ngerti nggak" Gue ngajak elo no
nton karena gue kasihan ama elo yang selalu ngunci diri di kamar karena elo nggak punya duit untuk nonton!"
Semua yang ada di perpustakaan melihat Poppi marah sama Lupus. Lupus tentu saja bingung, kenapa tiba-tiba Poppi marah.
"Udah, kalo nggak mau nonton, ya udah!" Poppi membalik tubuhnya, dan segera pergi.
Tiba-riba Gusur menahan pundak Poppi, dan berujar, "Poppi, daku belum nonton semua Film itu. Suer!"
Poppi mencibir. "Nonton aja sendiri!"
Lupus ngerasa bersalah juga sama Poppi. Kayaknya dia udah keterlaluan. Makanya Lupus segera meletakkan novel yang dipegangnya, lalu menyusul Poppi keluar.
"Pop... tunggu!"
Poppi tetap berjalan. "Pop, gue bukannya nggak mau nonton ama elo. Tapi, malam ini gue harus ngerjain tulisan gue. Deadline, Senin! Tapi gue belum tau mau nulis apa. Nanti siang baru mau ditelepon sama redakturnya. Lain kali deh, kita nonton. Mau nonton apa"" ujar Lupus memelas.
Poppi menghela napas. Lalu menatap Lupus.
Terus terang kalo Lupus udah ngomongin soal kerjaannya, Poppi ngerasa kasihan. Karena ia tau, Lupus harus kerja keras untuk tetap punya duit buat jajan.
"Ayo, dong. Pop. Jangan marah. Kita nonton film apa""
Poppi luluh, berujar pelan, "Gue sih pengen nonton The Object of My Affection, Pus...."
"Oke... Minggu siang aja kita nonton. Mau"" Poppi mengangguk.
Di sisi lain perpus, tepatnya di pojokan, Inka seperti biasa lagi sibuk nulis surat cinta. Asyik betul dia, sampe nggak nyadar kalo Bule ada di dekatnya. Dengan langkah sangat hati-hati Bule mendatangi Inka dari belakang, semua yang ada di perpus sebenarnya tau kalau Bule mo liat apa yang ditulis Inka tetapi Bule menyuruh mereka diam.
Bule sudah ada di belakang Inka. Perlahan l.ihan dibacanya tulisan Inka. "Cinta... saya... sama... kamu bagaikan burung yang terbang... ke..."
Inka terkejut setengah mati. Cepat-cepat dia menutup suratnya dengan tubuhnya. Lebih kaget lagi ketika yang diliat di belakangnya adalah Bule. Cowok yang sebenernya dia tulisn surat. Bule emang dulu cowoknya Lulu.
Tapi sejak putus sama Lulu, dan Lulu deket sama Devon, Inka jadi naksir Bule. Nggak tau deh Bule bakal ngebales cinta Inka apa nggak.
"Wow... you write a funny love letter! Buat siapa, Ka""
Inka jadi malu dan marah.
Dia bangkit "Elo jangan gitu, dong! Rese banget mo tau urusan orang" Gue mau nulis tentang apa aja yang ada di planet ini, itu urusan gue dan elo nggak perlu ngelarang gue."
Inka mengambil bukunya dan langsung pergi Bule jadi ngerasa bersalah banget.
Seperti juga Lupus. Bule langsung memburu Inka ke luar perpus untuk minta maaf.
"Sori, Ka... gue nyesel banget udah nyakitin elo..."
Inka cuma tersenyum tipis, lalu berujar pelan. "Gue uga mo minta maaf, Le. Udah nge-bentak elo! Soalnya gue malu!"
"Itu salah gue kok. Seharusnya gue nggak boleh baca surat orang! Apalagi surat cinta!"
Bule menjajari langkah Inka di koridor sekolah.
Beberapa saat mereka saling berdiam diri.
"Hmm... elo mau tahu nggak apa yang gue tulis"" ujar Inka kemudian.
"Aduh nggak deh... itu kan rahasia...," ujar Bule.
Inka mengeluarkan sebuah amplop warna pink dan tasnya.
"Kalo lo mau bica, baca aja.."
"Eh, jangan. Ka...," tolak Bule dengan perasaan nggak enak.
"Nggak apa-apa. Baca deh..."
"Surat buat siapa sih""
"Elo mau baca nggak""
Bule mengambil surat yang diberikan oleh Inka. Dia melihat lihat amplopnya yang wangi. "Gue boleh baca""
"Itu surat buat lo, kok..."
Bule kaget. "Buat gue""""
Inka lalu membalikkan badan. "Gue ke kelas Lulu, ya" Ingat lho, harus dibaca!"
Inka pergi meninggalkan Bule sendirian Bule pun nggak sabar untuk membaca surat itu. Lalu tersenyum.
Inka yang mau tau reaksi Bule, ngintip dan jendela kaca kelas. Diliatnya Bule senyum- senyum sendiri, lalu menaruh surat itu di sakunya. Inka lega, surat cintanya udah sampe ke tangan yang berhak.
Siang sepulang sekolah, Lupus dapet telepon dari Dini, redaktur majalah yang suka ngeresensi film. Dini bilang, ada film yang bagus buat remaja. Judulnya The Object of Affection. Lupus disuruh nonton, dan nulis resensi filmnya.
"Soalnya saya nggak bisa. Pus. Malam ini, ya"" begitu kata Dini.
Ini sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Karena kan tadi Poppi ngajakin film itu. Berarti Lupus bisa nge-date sambil kerja dong. Lupus pun buru-buru nelepon ke Poppi. Tapi ternyata telepon di rumah diblokir, nggak bisa keluar.
"Kenapa sih"" tanya Lupus kesel ke Lulu.
"Pake nanya lagi. Mami belum ada duit buat bayar. Makanya kalo nelepon seperlunya aja!" ujar Lulu.
"Idih, perasaan nasehat itu lebih tepat buat lo deh. Lu. Siapa tuh yang sering ngegosip berjam-jam di telepon" Elo, kan"" cibir Lupus.
Lulu cuma menjulurkan lidah.
Akhirnya Lupus keluar, nyari telepon umum. Saking buru-burunya, Lupus nggak sadar kalo dompetnya jatuh di tengah jalan.
Dan lebih apes lagi, waktu berhasil nelepon ke rumahnya Poppi, cuma pembantunya yang nerima. Dan kata pembantunya, Poppi tadi sepulang sekolah langsung ikut papanya liburan ke Pulau Seribu. "Mungkin nginep, Minggu malam baru pulang!"
Aduh, Lupus jadi kesel. Sebaliknya, Boim yang lagi mo main ke rumah Lupus begitu nemu dompet di jalanan, langsung aja matanya melotot. Tanpa melihat ke kanan ke kiri, dia langsung memungut tu dompet. Ternyata isinya lumayan banyak!!! Ini mah pucuk dicinta ulam tiba. Soalnya belakangan ini kan si Katty maksa-maksa terus minta dibeliin parfum, kalo Boim masih mo nge-date sama dia. Berarti malam Minggu ini dia bisa nge-date dong! Sekuat tenaga dia lari, menuju ke toko parfum. Perasaannya gembira buta.
*** Bagaimana nasib Inka dan Bule" Ternyata sad ending. Ketika siang harinya Inka pulang sekolah sendirian, hati yang tadinya bahagia karena suratnya sudah sampe di tangan Bule, mendadak hancur ketika ia menemukan remasan amplop warna pink di tong sampah sekolah. Semula ia nggak percaya itu suratnya yang dibuang Bule. Diamatinya surat itu. Ternyata benar. Itu surat cintanya.
Dengan perasaan hancur, diambilnya surat itu, lalu disimpannya di tas. Perasaannya jadi compang-camping. Dia ingin menangis.
Pendekar Guntur 7 Pendekar Naga Geni 20 Berakhir Di Ujung Fajar Memanah Burung Rajawali 23
^