Pencarian

Accidentally Love 3

Accidentally Love Karya Boni Bagian 3


Nes.. gua susah napas.. Bodo..bodo... gue nggak bakal lepas... Gua akhirnya menyerah mencoba melepaskan pelukannya.
Nes.. Apa" Elu lagi masak apa" Kenapa"
Bau gosong.. Biarin aja.. pokoknya gua nggak bakal lepas.. Ntar kalo kebakaran gimana"
Bodo..! Gua diam, Ines diam, masih sedikit terisak. Nes..
... Gua nggak bakal kemana-mana" Noh masakan lu, ntar kebakaran...
NGGAK!! Yeee.. tuh, baunya udah sangit banget, yaudah awas, bangun... gua aja yang matiin kompornya.. Gua mencoba berdiri sambil melepaskan pelukan Ines, dia mengendorkan kedua tangannya dan terduduk di sofa. Gua berjalan menuju dapur, yang sudah hampir dipenuhi dengan asap putih, gua mematikan kompor dan melihat ke penggorengan, terlihat nasi yang sudah mengering dan berkerak didalamnya. Kemudian gua kembali ke depan, Ines sedang terduduk memeluk ransel gua.
Pokonya lo jangan balik, disini aja dulu.. ntar lo nggak balik lagi kesini
Lah nes, gua kan belom sempet pulang ke rumah, tadi dari bandara langsung kesini..
Nggak boleh! Gua duduk disamping dan memandangnya.
Emang lu pikir, gua balik ke Jakarta buat siapa" Kenapa lu mikir gua nggak bakal balik lagi kesini" Nes... Gua kesini, terbang dari Leeds, 17 jam perjalanan, ribuan kilo, cuma buat elu.. jadi nggak ada alesan gua nggak balik kesini dari rumah nyokap gua yang jaraknya Cuma 2 jam naek motor..
Yaudah.. gue ikut... Ines beranjak, mengusap pipinya yang basah kemudian masuk ke kamar. Dua detik kemudian dia membuka pintu dan keluar lagi.
Tunggu disitu, jangan kemana-mana Iyeee.. bawel...
CHAPTER III #19-A: The Hood Ines selesai bersiap-siap, dia mengenakan Flanel hijau kotak-kotak dengan celana jeans berwarna biru tua. Gua memandangnya, sekarang rambutnya sudah mulai memanjang, hampir menyentuh bahu. Yuk..
Kami berdua keluar dari rumah, Ines mengunci pintu dan meletakkan kuncinya diatas kusen pintu. Buset.. ditaro disitu apa nggak ketauan orang" Ah, gue tinggal sebulan ke luar negri, pas balik masih ada disitu..
Parah.. Taxi biru muda masih setia menunggu gua, kami berdua masuk kedalam taksi dan meluncur melintas padatnya Margonda Raya, kemudian berbelok ke kiri. TB Simatupang.
Jam sepuluh lebih sedikit gua sudah menginjakkan kaki di depan pelataran rumah, gua memandang nyokap yang sedang asyik menampih beras. Gua membuka pagar dan mengucapkan salam. Nyokap menjawabnya sambil sedikit terkejut.
Waalaikumsalam.. laah toong, elu balik" Iya mak, kangen sama emak, sama baba.. Gua menghampiri nyokap dan mencium tangannya. Ines masih berdiri di depan pintu pagar saat gua memanggilnya.
Sini.. Ines datang menghampiri. Nyokap keliatan bingung dan menyodorkan tangan ke arah Ines, Ines meraihnya dan mencium tangan nyokap.
Yuk masuk dulu.. yuk.. Nyokap mempersilahkan Ines masuk dan duduk di ruang tamu. Gua langsung masuk ke dalam kamar, meletakkan tas, mengganti pakaian dengan kaos swan dan celana pendek. Kemudian menyempatkan diri ke dapur, mencomot ikan asin gabus yang baru selesai digoreng sama nyokap. Gua keruang tamu, mendapati nyokap sudah asyik ngobrol dengan Ines.
Temennya Oni" Nyokap bertanya, Ines Cuma tersenyum.
Temen disini apa diluar negri" Ketemu-nya sih disana bu Ohh..
Gua duduk disebelah Ines.
Mak, masak ikan asin sama apa"
Sayur Lodeh, makan gidah.. laah ini si eneng nya kagak di aerin..
Emang kembang di aerin.. Ya maksudnya dibikinin aer, ni..
Gua beranjak lagi, menuju kulkas mengambil botol berisi air putih dan gelas kosong. Dan meletakkannya di meja dihadapan Ines.
Nyokap melotot, memukul pundak gua, mengambil botol tersebut dan membawanya masuk ke dalam. Beberapa saat kemudian dia datang sambil membawa segelas minuman berwarna orange.
Kalo ada orang nenamu, masak lu aerin putih.. nih lu liat emak..
Nyokap meletakkan gelas tersebut dihadapan Ines. Ayo neng diminum, orson ini.. enak seger.. siapa tadi namanya
Ines ibu, Iya bu makasih..
Baba kemana mak" Lah biasa baba lu mah, dari pagi juga udah berangkat mancing...
Mak, cakep nggak" Gua bertanya sambil mengerling kepada Ines, Ines mencubit lengan gua.
Set.. siapa" Neng Ines" Lha cakeeep... Emak mau punya mantu kayak dia"
Gua bertanya lagi, Ines mencubit gua lagi kali ini lebih keras.
Ya mau lah, lha cantik begini kok, masalahnya neng Ines-nya mau apa kagak sama lu"
Ines kemudian tertawa kecil masih belum melepaskan cubitannya dari lengan gua. Nyokap kemudian beranjak, pamit ke Ines mau meneruskan menampi beras.
Makan yuk, nes.. Ah elo aja deh.. Kenapa" Malu ya"
Ines Cuma mengangguk pelan.
Gua kemudian ke dalem mengambil dompet dan mengajak Ines ke luar.
Yuk makan diluar aja.. Asik.. makan apaan" Trus elo begitu aja, nggak ganti baju dulu..
Alah.. begini juga emang ngapa.. elu maunya makan apa" Mie ayam mau"
Mau.. mau.. Gua kemudian menggandeng tangan Ines dan mengajaknya keluar, melewati nyokap yang terbelalak, mungkin heran melihat anak laki-lakinya yang culun ini udah berani menggandeng tangan seorang perempuan.
Mau kemana ni" Makan mie ayam, mas tris masih dagang kan mak" Masih... laah pan gua masak onoh, ngapa kagak makan dirumah aje"
Lagi pengen mie ayam, emak mau.." Lah ya mau kalo dibeliin mah..
Gua kemudian ngeloyor pergi, melintasi jalan menuju ke tukang mie ayam langganan gua sejak dulu kala. Letaknya nggak begitu jauh dari rumah nyokap. Sekitar 600 meteran, diujung gang sana.
Saat gua berjalan banyak tetangga yang menyapa gua, ada yang sekedar menyampaikan salam, ada yang bertanya mau kemana, ada pula yang bilang calon tuh, digandeng bae..
Hahaha.. kalo didaerah sini emang begini nes.. Gua berkata kepada Ines yang terlihat canggung menanggapi pertanyaan-pertanyaan para tetangga disini.
Beda sama di Inggris, disana sih MYOB (Mind Your Own Bussines), disini elu makan pake garem doang aja, tetangga pada tau..
Tapi kan justru tingkat keramahannya tinggi, bon.. Ya sebagian orang di Inggris juga ramah-ramah kok..
Gua jadi teringat waktu pertama kali menginjakkan kaki di Leeds, Inggris. Temen gua yang udah duluan disana dan tinggal di London pernah bilang ke gua, kalo disana orangnya jutek-jutek. Gua pun akhirnya mengenalnya dengan sebutan London Rule: Don t talk to strangers . Yang pada akhirnya gua malah kena semprot Darcy waktu menyebut kata-kata itu dihadapannya.
Darcy bilang, sekarang di Inggris, apalagi London sudah bukan lagi orang-orang British asli, kebanyakan para pendatang dan warga keturunan. Menurut Darcy orang British asli itu justru sopan sopan, gampang bergaul dan murah senyum. Untuk ata terakhir gua kurang begitu percaya, secara Darcy ngomong begitu sambil cemberut ke gua.
Akhirnya kami sampai di warung mie ayam mas tris, setelah saling menanyakan kabar dan tentu saja menanyakan apakah Ines calon istri gua. Mas tris menyajikan Mie ayam andalannya.
Ines mengaduk-aduk mie ayam,sambil berkata; Bon, elo nggak balik lagi ke Leeds kan" Hah.. balik lah.. kerjaan gua gimana" Ish.. tuh kaan"
Ya terus harus gimana nes, gua kan juga punya tanggung jawab disana..
Kerjaan juga banyak disini.. cari aja disini.. Yang mau ngasih kerjaan disini siapa" Ya cari kek dimana, masak iya nggak dapet.. Yaudah ntar gua sambil nyari aja dari sana.. Ntar gue cariin disini, kalo dapet pokoknya lo harus balik kesini..
Iya... Jangan kelamaan, ntar lo disana kegenitan lagi sama cewe bule..
Buset dah nes.. elu kayak nggak tau gua aja. Elu kan pernah ngikut gua sebulan disono..
Ya antisipasi boleh dong..
Prett... Gua menghabiskan sisa mie yang menempel di pinggir mangkok, gua melihat mie ayam Ines yang baru termakan setengah.
Gua bantuin ya makannya... Nih..
Ines menggeser mangkuk nya lebih dekat ke gua. Gua memajukan kursi plastik lebih dekat ke Ines. Sekarang wajah gua dan Ines berhadapan, dekaat sekali, gua dapat mendengar suara nafasnya dan wangi rambutnya, sebuah mahakarya Tuhan dihadapan gua.
Kami berjalan pulang setelah makan mie ayam di warung mas tris, Ines menenteng dua bungkus mie ayam pesenan nyokap, sengaja gua pesen dua, takutnya bokap gua udah pulang mancing, walaupun setau gua dia kalo mancing, paling cepet maghrib baru sampe rumah.
Nes.. kakak lu yang di Ausie, lu nggak ada niat kesana"
Pengen sih, tapi gue takut dia masih marah ke gue.. Ausie-nya mana"
Sydney Oh.. Kenapa" Nanti kesana-nya sama gua.. Ngapain" Liburan"
Lu masih punya kakek"
Ines menggeleng, kemudian menceritakan kalau almarhum ayahnya dan Ibunya adalah anak satusatunya dari kedua orang tua mereka dan saat ini kakek dari pihak ayah dan ibunya sudah meninggal, menyisakan seorang nenek dari garis keturunan ibunya. Saat ini, menurut penuturan Ines tinggal di Solo.
Elo.. enak ya bon masih punya keluarga lengkap... Gua mengapit kepalanya dan membisikan sesuatu ke telinga-nya.
kan ada gua... Kemudian kami tertawa sambil berjalan pulang menuju ke rumah.
--- Kami sedang duduk menonton tivi diruang tengah saat bokap gua pulang dari memancing. Setelah menyimpan joran dan peralatan mancing lainnya di sebuah kotak disamping rumah dia masuk kedalam. Dia diam sejenak saat melihat ada kami bertiga di depan tivi. Nyokap, gua dan Ines yang sedang duduk bersandar di bahu gua. Ines yang kaget melihat kedatangan bokap langsung bangun dan duduk dengan tegap. Ines menampilkan senyuman termanisnya ke bokap sambil mengangguk.
Lah elu kapan nyampe-nya, ni" Tadi siang..
Gua menghampiri bokap dan mencium tangannya, kemudian gua memanggil Ines.
Nes.. ini bokap.. Ines buru buru bangkit dan menyalami bokap sambil memperkenalkan diri.
Ada apaan balik, nggak ngabarin" Ga ada apa-apa, kangen aja.. Lha ini tamu kagak dibikin aer" Udah pak, tadi.. Ines menawab. Yaudah baba mandi dulu..
Nggak lama berselang terdengar suara motor dan pagar yang terbuka. Ika baru pulang. Gua membisiki Ines;
Nih, adek gua.. manja sama ama lu, bawelnya juga sama, nyebelinnya juga sama..
Masa" Cocok dong kita
Assalamualaikum.. Waalaikumsalam..
Ika mengucap salam dan masuk kedalam, dia sedikit tertegun ketika memandang gua dan Ines.
Lah elu kok disini bang" Kapan sampe-nya" Kok nggak ngabarin" Ada apaan
Iya gua disini, sampenya tadi siang, pengen surprise aja dan nggak ada apa-apa
Ika mencium tangan nyokap dan gua kemudian duduk disebelah Ines dan menjulurkan tangannya ke Ines. Ika..
Ines.. Temennya bang oni ya" Ines Cuma tersenyum.
Temen apa temen bang" ...
... Dua-duanya nggak jawab berarti lebih dari temen.. cie bang oni...PJJ dong bang..
Gua kemudian memandang Ines dan berkata; Tuh kan, apa gua bilang
Ines Cuma tersenyum. Jam sembilan malam gua mengantar Ines pulang dengan meminjam motor Ika.
Mau makan lagi nggak" Makan apa"
Nasi goreng paling.. Boleh boleh..tapi dibungkus aja, makannya di rumah..
Iya.. Gua memacu motor melintasi jalan arteri pondok indah menuju ke arah lebak bulus.
Sesampainya dirumah Ines, setelah membeli nasi goreng di depan komplek rumahnya, Ines turun dari motor gua menarik tangannya.
Nes, gua besok balik lho... Hah..
... Kok" Cepet banget sih.. nggak ah, dua hari kek.. Tiketnya udah dibeli Pulang-pergi
Ah.. males gue.. Ines kemudian melepas genggaman tangan gua dan ngeloyor, membuka pintu dan masuk ke dalam. Gua kemudian menyusulnya.
Nes.. ntar juga gua bakal balik lagi kok.. Iya.. taun depan..
Ines setengah berteriak dari dalam kamar, kemudian dia keluar dan sudah berganti pakaian dengan sepasang baju tidur berwarna biru muda bermotif bunga matahari.
Dia berjalan ke dapur mengambil dua buah piring dan membawanya ke meja depan.
Emang nggak bisa dipending, lusa gitu.. Dia berkata sambil membuka bungkusan nasi goreng dan meletakkannya diatas piring kemudian menyodorkannya ke gua dan menjatuhkan diri di sofa kecil dihadapan gua.
Ya mana bisa, angus dong tiketnya.. Biarin..
Emang lu kata murah... Ya lagian mesen tiket kok mepet..
Bukan gua yang mesen.., lah lu kok nggak makan" Nggak! Udah nggak selera..
Dia mengangkat kakinya keatas sofa dan mendekapnya.
Jadi orang kok ngambek mulu.. Bodo!
Kemudian gua mengacuhkannya sebentar, melahap nasi goreng yang udah teriak-teriak minta disantap.
Gue mau tidur, ngantuk, ntar kalo pulang pintunya kunci, kuncinya taro lagi diatas kusen..
Kemudian dia beranjak dan pergi masuk kekamar meninggalkan gua yang masih menyantap nasi goreng. Gua bengong sebentar dan kemudian melanjutkan makan. Tinggal dua suapan terakhir saat pintu kamar Ines terbuka, hanya kepalanya yang menyembul keluar.
Besok pesawat jam berapa" Jam dua..
Ines masuk lagi dan mengunci pintu kamar, terdengar dia setengah berteriak dari dalam; Pintunya jangan lupa dikunci..
Gua menghabiskan suapan terakhir sambil menggelengkan kepala, ampun dah, nggak disediain air.
#19-B: Here s And Back Again II
Jam 1 siang gua sudah berada di Bandara Soekarno Hatta, ditemani Bokap, Nyokap, Ika yang bolos kerja dan ... Ines.
Suasana disini nggak begitu ramai, tapi ya nggak bisa dibilang sepi juga. Entah kapan mulainya tapi saat ini yang gua lihat Bandara ini lebih ramai dibanding beberapa tahun yang lalu. Mungkin harga tiket penerbangan yang dikeluarkan para maskapai mulai murah atau tingkat ekonomi masyarakat kita yang meningkat.
Gua mulai mengecek barang bawaan, tadinya pas dateng kesini gua Cuma bawa satu tas ransel. Sekarang gua menenteng satu ransel ditangan kanan, satu ransel dipundak dan satu paperbag ditangan kiri, isinya emping mentah, ikan teri balado sama abon. Perlu diketahu bahwasanya semua keperluan tersebut (selain ransel yang gua bawa dari Leeds) bukanlah dibawa berdasarkan kehendak gua, melainkan kehendak Nyokap.
Panggilan untuk penumpang pesawat yang bakal gua tumpangi bergema, gua bergegas. Nyokap memberikan pelukan dan kecupan di pipi sembari berpesan agar jangan lupa solat dan mengaji. Gua mencium tangan bokap, seperti biasa dia Cuma memasang tampang cool dan berdehem sambil bilang Ati ati , Ika memeluk gua;
Bang ati-ati ya.. jaga diri, kalo udah sampe kirim surat..
Surat" It s so yersterday...
Kemudian gua berhadapan dengan Ines yang dari tadi sejak dirumah sampai dibandara masih terlihat Bete dan Cuma ngomong seperlunya. Gua meletakkan telapak tangan diatas kepalanya, persis kayak orang perguruan silat mau nurunin ilmu ke muridnya.
Jangan cemberut mulu... ...
Gua jalan ya.. jaga diri disini.. Iya..
Gua berniat mencium keningnya, tapi Bokap nyokap dari tadi pasang mata terus nggak berkedip. Cuma ika doang yang terus-terusn bersorak dengan suara pelan; cium..cium..cium..cium
Akhirnya gua Cuma membelai rambutnya. Dia menggenggam tangan gua dan berkata; Jaga kesehatan, jangan ngerokok mulu.. jangan sering begadang.., jangan sering makan mie instan, kalo keluar pake jaket dobel, sering-sering ngabarin.. Iya..
Bon.. jangan genit ya disana.. Iya..
Kemudian gua beranjak, meninggalkan mereka. Gua menengok sebentar, terlihat nyokap dan Ika melambai-lambaikan tangan, gua balas melambai kemudian memandang ke arah Ines. Dia tersenyum sambil mengecupkan bibirnya. Bye darl. ---
Jam 10 pagi, gua sudah berada di rumah (Leeds). Gua meletakkan semua tas-tas diatas kasur di dalam kamar, kemudian ke dapur dan membuat secangkir kopi. Cuaca diluar dingin banget, mungkin efek baru balik dari negara tropis jadi harus adaptasi ulang dengan cuaca dan suhu disini, yang menurut pemberitaan di tivi suhu di Leeds saat ini sekitar 5-10 deracat celcius.
Gua duduk di kursi meja makan, sambil mengenggam cangkir kopi yang masih panas, sekalian
menghangatkan telapak tangan. Gua memandang kearah luar jendela, diluar sana mulai turun gerimis rintik-rintik. Cuacanya bener-bener bikin ingin terus berada dirumah seharian, menyalakan pemanas dan berbaring di kasur yang empuk sambil berkurung selimut. Tapi, apa daya gua harus ke kantor hari ini, setelah gua tinggal beberapa hari, gua yakin Glenn pasti uring-uringan kalau gua nggak datang hari ini, ongoing project yang sudah mendekati deadline dan tumpukan-tumpukan brief untuk project selanjutnya sudah menanti. Gua teringat akan omongan Ines waktu di Jakarta;
Kerjaan juga banyak disini.. cari aja disini.. Kemudian gua beranjak, memakai Jaket dan segera meluncur menembus dinginnya Leeds dengan sepeda.
--- Apa yang sudah gua duga sebelumnya terjadi. Sesampainya di kantor, Glenn pasang tampang cemberut. Gua menyapa-nya, basa-basi, dia menjawab seperlunya, baru setelah gua memberinya dua bungkus rokok Indonesia dengan bungkus berwarna hijau muda bertuliskan angka 234 dia kemudian menyunggingkan senyum ke gua.
How is it going.. bring bad or good news" Glenn membuka suara. Gua mengacungkan ibu jari sambil mengangguk-anggukan kepala kemudian menyalakan laptop.
Glenn membuka bungkusan rokok yang tadi gua berikan, mengeluarkan isinya sebatang dan menciuminya. Kemudian dia mengambil korek dan mulai menyulutnya, dia menghisap dalam-dalam sebelum mendongak dan menghembuskannya ke udara sambil menirukan suara mesin kapal uap. tut.. tut..
I always enjoy this fuckin weeds, mate.. C mon man, i ve told you manytimes, it s not a weeds..
Fuck that, this is weeds for me.. Bloody irish idiot..
Dulu waktu pertama kali gua datang kesini dan bertemu dengan Glenn, gua memberikannya sebatang rokok 234 kepadanya. Dia manatap heran sebelum akhirnya menghisapnya. Yang terjadi setelahnya adalah, dia terduduk, menundukkan kepalanya dimeja sambil bersedekap, Mabok.
Katanya ini, lebih dari sekedar rokok, ini adalah Weeds (Baca: ganja, marijuana, cimeng or whatever you put label on it). Ya kemudian gua selalu menyempatkan diri untuk nitip Weeds ini buat Glenn kalo ada temen atau kenalan mahasiswa yang sedang liburan ke Indonesia. Glenn ini keturuan Irlandia asli, kalau soal minuman (alkohol) orang-orang Irish (sebutan untuk orang irlandia) ini jagonya, mereka bisa kuat minum bergelas-gelas, bergentong-gentong bir tanpa kemudian sempoyongan atau muntah muntah pas jalan pulang kerumah.
Gua pernah sekali waktu jalan menuju ke kantor dari Stasiun Leeds, waktu itu baru pulang dari kantor di London dan gua jalan berdua bersama Glenn, sekitar jam 11 malam. Ada beberapa orang yang kelihatannya baru keluar dari bar sehabis (mungkin) berpesta, ada beberapa gerombolan yang keluar dari bar. Gerombolan pertama keluar sambil sempoyongan, bahkan banyak diantara mereka yang muntah-muntah disisi trotoar di depan bar. Glenn kemudian berkata ; That s american.. kemudian beberapa saat kemudian keluar gerombolan berikutnya, ada beberapa yang berjalan sempoyongan dan satu-dua orang yang juga muntah-muntah, Glenn
menambahkan; That s British, the anglo-saxon way , gua mengangguk-angguk, kemudian gua dan Glenn berjalan lagi, samapi dimana ada gerombolan orang yang keluar dari bar, tapi bedanya mereka nggak ada yang sempoyongan apalagi muntah-muntah padahal pas kami berpapasan dengan mereka, naudzubillah tuh napasnya bau comberan. Kemudian Glenn berkata: That s Irish.. , selanjutnya dia berkoar-koar tentang kehebatan orang-orang Irlandia perihal kekuatan minum-minum, kemudian gua mengingatkan dia tentang betapa pusingnya dan mabok-nya dia setelah menghisap rokok 234 asal Indonesia, gua menatapnya, mengacungkan ibu jari dan membaliknya; Cemen ..
Tapi itu dulu, sekarang setelah sekian lama berlatih menghisap weeds asal Indonesia dia sudah agak Expert walapun katanya dia masih sering sedikit pusing setelah menghisap 234 . Gua kemudian mengabaikan Glenn, menatap ke layar laptop, mengarahkan kursor ke ikon email dan mengkliknya dua kali. Ada beberapa email spam disana, satu email notifikasi tiket online kemaren dan yang baling baru email dari Ika, judulnya Quota Haji . Gua mengkliknya dua kali, kemudian muncul jendela baru yang berisi email tersebut. Gua membaca singkat, yang gua tangkap dari isi email dari Ika adalah Quota haji Indonesia untuk tahun depan di tambah, jadi Jadwal berangkat Bokap-Nyokap ikut dimajukan, sebenarnya dari pihak agen-nya sempat menawarkan, apakah ingin masuk quota tahun depan atau tetap pada quota dua tahun lagi. Tapi, ika nggak pake mikir panjang langsung milih untuk Quota tahun depan. Lebih cepat lebih baik katanya, mengingat umur bokap yang udah nggak muda lagi.
Gua memandang jam yang tergantung di dinding, mengangkat telepon dan menghubungi Ika. Hallo..
Dek, quotanya maju" Iya bang, gapapa lah daripada kelamaan.. Duitnya udah cukup"..
Yang di tabungan haji-nya sih udah cukup dari taun kemaren..
Yaudah, elu urus deh.. ongkos-nya jangan lupa ya. Iya.. eh bang, kemaren gua nganter kak Ines lho ke Fatmawati..
Hah.. kenapa" Sakit" Sakit apa" Nggak ke RS-nya, ke ITC, beli Hape.. Sialan..Hape apa"
Nokia E51 Owh.. beli nomornya juga kan" Iya lah..
Berapa" Satu.. Nomor hape-nya berapa" Tiga belas
Ngeselin lu lama-lama dek..
Bentar-bentar.. eh ntar gua sms aja deh, ribet.. Yaudah, sekalian bilangan emak-baba, gua udah sampe ..
Iya..eh bang.. Apa.."
Pinter juga lo milih pacar Diam kau..
Baiklah.. Tut.. tut.. tut..tut.. Nggak berapa lama gua sudah larut dalam pekerjaan gua, kali ini gua bener-bener bisa kerja tanpa ada halangan, nggak terganggu pikiran apakah ines baikbaik saja dirumah atau pikiran-pikiran tentang apa ini cinta" , hah sekarang sudah terasa sedikit lega.
Setelah solat Dzuhur gua mengecek ponsel, ada dua pesan masuk. Satu dari Ika dan satu lagi dari nomor yang nggak gua kenal. Gua membuka pesan dari nomor nggak dikenal lebih dulu, karena gua udah tau apa isi pesan dari Ika. Tertulis disana ;
Nyampe jam berapa" Telpon kesini ya._ ines Gua tersenyum, kemudian menginput kontak tersebut dengan nama Ines plus icon hati berwarna merah, sedangkan pesan dari Ika, gua hapus tanpa gua baca.
Gua mengangkat telepon kantor dan menghubungi nomor Ines yang baru.
Hallo.. Halo, lagi ngapain.. Waaah finally, bunyi juga nih hape... Kenapa"
Dari kemarin abis beli belon ada yang nelpon nih hape..
Hahaha hape baru... Kapan sampenya" Tadi pagi..
Trus langsung kerja.. Hooh.. Lu lagi ngapain"
Lagi di Dikmenti, ngurus ijazah ilang.. Sama siapa"
Sendiri.. emang sama siapa lagi.. Yaudah ati-ati..
Iya, nih juga udah mau selesai, lama banget nunggunya dari pagi..
Yauda, langsung pulang.., istirahat Bon, nanti sms aja, biar nggak boros Oke..
Yaudah Takecare ya.. Iya..
Gua menutup gagang telepon dan senyum-senyum sendiri. Glenn yang katanya masih berasa pusing, dengan rambut awut-awutan berdiri, mengambil jaket dan membereskan mejanya.
Where are you going"
Go home, i see wonderland.. wonderland everywhere.. this is real weeds
Mabok beneran nih orang. #19-C: Weak Jam sembilan malam, seminggu setelah gua balik lagi kesini, Gua berdiri menatap sebuah laptop yang dipajang di etalase didepan toko elektronik yang berjajar disepanjang jalan Boar Lane, nggak begitu jauh dari tempat kerjaan gua di Aire St. Sebuah laptop berwarna putih-silver dengan lambang buah yang tergigit setengah. Niatnya sih pengen ganti laptop gua yang terasa sudah jadul dan semakin sering bermasalah dan sempat terbesit juga buat beliin Ines laptop, biar bisa komunikasi via skype. Jadi modal sedikit tapi bisa save buat selanjutnya dan komunikasi lancar jaya.
Agak gemes juga sebenarnya melihat harga yang di display disitu; "823. Lumayan buat biaya hidup sebulan. Tapi setelah menimbang-nimbang akhirnya gua putuskan untuk nggak membelinya, gua meneruskan berjalan di sepanjang trotoar Boar Lane sambil memandangi dan mengagumi Laptop tersebut lewat selembar brosur yang tadi gua ambil di depan toko.
Gua berbelok ke kiri di perempatan Perempatan Princess Square, melintasi gerbang depan Stasiun Leeds dan menuju ke kantor untuk mengambil sepeda kemudian pulang. Sesaat kemudian ponsel gua berbunyi, mendengdangkan lagu Time Like This -nya foo Fighter, gua mengangkat posnel sambil berjalan;
Boon.. Terdengar suara Ines diujung telepon sana, tengah terisak.
Halo, ya.. kenapa, nes" ...
Halo.. nes.. kenapa" Gua mengulang pertanyaan
Johan, bon.. ada johan dirumah..
Ines berbicara terbata-bata, gua masih mencerna, mencoba mengurai ingatan tentang nama Johan, sampai akhirnya gua inget kalo johan adalah nama mantan tunangannya Ines.
Johan, tunangan lu" Mantan!
Ines meralat. Ngapain dia" Nggak tau tuh, gue lagi abis beres-beres rumah, tibatiba dia dateng kesini..
Trus sekarang lu lagi ngapain"
Gua dikamar, dia duduk diluar... gue takut, bon Gua menghentikan langkah. Kemudian mulai berlari kecil menuju ke kantor yang sudah mulai terlihat. Dalam hati gua berfikir, nggak ada gunanya juga gua buru-buru.
Yaudah lu dikamar aja dulu.. Iya..
Jangan nangis.. pintunya kunci.. Gue TAKUT Tau..
Yaudah, gua mikir dulu bentar, ntar gua telepon lagi.. jangan dibuka pintunya...
Kemudian gua menutup ponsel. Gua duduk di sofa loby kantor, mencoba mengatur nafas yang masih tersengal-sengal. Antara bingung, panik dan jujur, gua takut campur aduk jadi satu ditambah perasaan kesal. Disaat Ines butuh gua, gua nggak ada disana, nggak bisa berbuat apa-apa. Gimana kalo sampe si Johan itu nekat, dan gua yakin dia bakal nekat. Di negri orang aja dia bisa bikin Ines terlantar, apalagi di Indonesia. Gua masih memikirkan cara-nya sambil mengucekngucek rambut.
Kemudian terbesit dipikiran gua, sepupu gua yang tinggal di Depok juga, si Akbar. Tapi, gua nggak punya nomor teleponnya. Akhirnya terpikir sebuah nama; Komeng , setelah mencari di kontak list ponsel, gua mulai menghubunginya.
Beberapa kali nada sambung terdengar dan belum ada jawaban, gua mencoba sekali lagi, kali ini dia langsung menjawab.
Hallo... Halo meng, lu dimana" Di Kerjaan, ngapa" Kerjaan lu dimana" Pejaten, kenapa sih lu"
Oke deket tuh, kalo dari pejaten ke Depok, berapa lama"
Depok nya mane" Beji..
Kalo jam-jam segini mah bisa sejam kali.. Yaudah, lu langsung cabut ke Beji sekarang, ntar alamatnya gua sms..
Lah apa-apaan lu, gua belon keluar kantor, mo ngapain si emang"..
Kemudian gua menjelaskan duduk perkaranya ke Komeng, dia mendengarkan sambil bilang terus.. , terus.. . Akhirnya Komeng setuju, dan gua menjelaskan sedikit tentang arah patokan komplek rumahnya Ines.
Yaudah.. lu tetep kirim aja alamatnya via sms.. gua jalan sekarang nih..
Oke thanks ya meng.. oiya ntar kalo dia udah sama elu, sms gua ya..
Iya.. Gua menutup ponsel, meletakkannya di sofa. Gua mondar mandir nggak menentu kayak suami yang sedang menunggu istrinya melahirkan. Gua ke toilet, dan sampai disana gua nggak tau mau ngapain, gua kembali ke loby dan tetap mondar-mandir kayak setrikaan wireless. Sebentar-sebentar gua menatap ke layar ponsel yang masih tergeletak di sofa, kalo memang terjadi apa-apa sama Ines, gua nggak bakal bisa memaafkan diri gua sendiri.
Amit-amit jabang bayi Gua bergumam sambil mengetuk-ngetukan tangan ke meja.
Kemudian gua mengangkat telepon dan mencoba menghubuni Ines, berharap dia masih baik-baik aja.
Hallo, bon... gimana nih, gua takut.. dia ngetokngetok terus.
Sabar nes, ntar ada temen gua kesitu, namanya wahyu.. orangnya tinggi, brewokan.. Komeng itu memang nama aslinya Wahyu. Ish.. cepet..
Iya, udah gua suru cepet..
Aduuuhh.. mana pengen pipis lagi..
Yauda pipis aja, kan Johannya diluar, nggak bisa masuk..
Iya.. deh, elu jangan tutup dulu teleponnya.. Entah panik atau kenapa, gua malah menutup telepon. Akhirnya gua naik ke atas dan mencoba menghubungi Ines lagi lewat telepon kantor.
Hallo, nes..

Accidentally Love Karya Boni di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Ish.. dia mah.. dibilang jangan dimatiin.. Sorry, kepencet... udah pipisnya" Udah,... bon..." gua harus gimana niih..." Yaudah tunggu aja sebentar lagi, sabar, udah ah jangan nangis mulu..
Gue takut Boniiii.. tuh diianya ngetok-ngetok mulu.. Nes..
Sebutin nama buah-buahan dalam 5 detik" Ish apaan sih, nggak lucu..
Ya coba jawab aja... ...
Nes, jawab.. Apel, jeruk,... mangga.. mmm.. Abis waktunya...
Ya nggak bisa lah, Cuma lima detik.. Gua bisa..
Coba... Rujak! Ish.. curang.. Gua terus menerus membuat Ines sibuk entah dengan tebak-tebakkan atau cerita-cerita lucu. Biarin dah kena charge pemakaian telepon kantor, tapi paling nggak gua bisa memantau kondisi Ines terus.
Nggak selang beberapa lama, Ines bilang kalo temen gua yang namanya Wahyu udah datang. Entah bagaimana caranya si Komeng bisa bikin Johan pergi darisana dan sampai sekarang masih menjadi misteri. Ines menyerahkan ponselnya ke komeng.
Bon, udah gua usir.. Gimana"
Apanya" Elu ngusirnya gimana meeeng"
Owh.. gancil itu mah, orangnya culun gitu Oke makasih dah meng
Gua terduduk, menarik nafas lega.
Trus gua sekarang kudu ngapain inih, balik.. Nggak, nggak jangan.. lu ajak Ines ke rumah nyokap deh..
Yaudah elu yang ngomong nih ke orangnya.. Halo.. ya..
Nes, lu ngikut temen gua tuh, kerumah nyokap. Bawa aja baju lu beberapa, nginep disana dulu.. Eh.. iya, tapi...
Udah nggak usah pake tapi-tapian, ntar gua telponin nyokap..
Iyadeh.. eh bon.. tapi gua malu sama nyokap.. Yaelah... udah buruan sana..
Yauda deh.. Gua menutup telepon dan mulai menghubungi Ika. Gua bilang ke Ika kalo Ines bakal nginep disitu satu atau dua hari.
--- Setelah itu gua duduk dikursi meja kerja gua dan mulai merenungi. Kemudian gua menyalakan laptop, membuka browser dan mulai mengetik salah satu nama situs.
#19-D: Surrender Setelah kejadian Ines yang disatroni Johan, mantan tunangannya. Gua duduk dikursi meja kerja gua dan mulai merenung. Kemudian gua menyalakan laptop, membuka browser dan mulai mengetik salah satu nama situs pencari kerja paling terkenal di Indonesia di kolom search google. Dan gua mulai mendaftarkan diri, membuat akun di situs tersebut, mulai mengisi kolom per kolom dalam sebuah tab yang berjudul Online Resume , setelah selesai gua menyalakan sebatang rokok dan menekan tombol enter. ---
Gua melihat ke arah jam Micky Mouse yang tergantung di dinding ruang kerja gua. Jarum jam yang menyerupai tangan Micky Mouse menunjuk ke angka 2 malam, baru jam delapan malem tadi brief buat sebuah iklan layanan masyarakat tentang AIDS hadir di meja kerja gua, lusa harus sudah dipersentasikan. Gua kemudian beranjak keluar ruangan dan menuju ke pantry untuk membuat kopi. Suasana dikantor bisa dibilang cukup ramai untuk ukuran jam dua malam. Di ruang editing gua melihat beberapa karyawan yang masih berkutat di depan monitor sambil mengenakan headset, gua mengetuk kaca ruangannya sambil melambai, mengucapkan salam. Sedangkan di Pantri gua bertemu dengan Carlos, seorang dubber senior yang sedang duduk sambil menikmati secangkir kopi.
What a surprise..., take an overtime or having problem with your girl"
Oh, hi carlos.. an overtime for the aids commercial.. Gua Cuma menjawab sekena-nya, males menjelaskan sebab-musabab gua masih dikantor tengah malam begini. Lagian paling dia juga Cuma basa-basi doang. Setelah selesai membuat kopi, gua mengangkat tangan dan melambai kepada Carlos kemudian beringsut meninggalkan pantri dan kembali ke ruangan gua.
Gua sedang memeriksa lembaran-lembaran kertas berisi storyboard iklan AIDS yang sudah di corat-ceret oleh Glenn, sebagai tanda timeline-timeline yang harus diisi backsound, nada atau lagu, saat ponsel gua berbunyi menandakan ada pesan baru yang masuk. Gua mengambil ponsel dan melihatnya; dari Ines. Gw drmh ga ngapa2in, Ga enak nih sm nyokap
Sesaat kemudian gua sudah berbincang dengan nyokap via telepon kantor, kayaknya akhir bulan ini gua bakal bener-bener nangis kalau melihat jumlah charge telepon interlokal yang bakal langsung dipotong dari gaji gua.
Mak, si Ines lagi ngapain" biar nginep dulu disitu, barang dua-tiga hari ya..
Iya, ada nih, mau ngomong.. emang ada apaan sih" Lu nggak lagi berantem kan"
Kagak.. ntar oni ceritain dah kapan-kapan.. oiya tuh anak jangan ditanyain macem-macem ya mak, apalagi masalah orang tuanya, yatim-piatu soalnya..
Gua mengingatkan nyokap agar nggak terlalu banyak mengorek keterangan dari Ines, soalnya nyokap kalo baru ketemu orang baru biasanya ditanya-tanya macem polisi lagi ngintrogasi maling. Gua jadi teringat temen-temen SMA gua dulu sewaktu baru pertama kali main kerumah, mereka ditanya bapaknya orang mana-lah, makan favoritnya apa-lah, rumahnya dimana-lah, nomor sepatunya berapa-lah dan remehtemeh lainnya. Alhasil, temen-temen gua pada males kalau main kerumah.
Lah buset, kesian amat yak.. Iya, jangan lupa dikasih makan mak..
Lha iyak, masa iya calon mantu kagak diempanin.. eh.. benerkan dia calon mantu.."
Ya Oni maunya sih gitu mak,.. tapi tau dah dianya mau apa kagak..
Laah, kata si Ika mah iya..
Reseh tuh anak.. yaudah oni tutup dulu teleponnya ya, mahal nih tagihannya..
Iya dah, bae-bae lu, jangan lupa solat ya.. Assalamualaikum..
Waalaikumsalam Gua meletakkan gagang telepon. Dan melihat ke arah jam Micky Mouse, sekarang tangan si Micky sudah menunjukkan angka tiga kurang. Gua menarik salah satu kursi dan memindahkannya di depan kursi gua, kemudian mengangkat kaki dan meletakkannya disana, ah.. rasa ngantuk sudah benar-benar merasuk sampai ke tulang padahal kopi yang gua buat belum juga diminum. Tapi, sudahlah, buat nanti pagi juga masih enak.
--- Dua hari setelah gua memposting online resume di salah satu situs penyedia jasa lowongan pekerjaan, sudah ada beberapa email masuk yang sesuai dengan jenis pekerjaan, gaji dan tentu saja lokasi-nya yang berada di Jakarta. Gua mengecek dan menelitinya satu persatu, setelah menimbang-nimbang dan mengeliminasi-nya beberapa, gua memutuskan ada tiga perusahaan yang menurut gua paling besar kesempatan untuk gua bisa kerja disana. Gua mulai mengirimkan email ke masing-masing perusahaan tersebut yang isinya permintaan interview via skype.
Ponsel gua berdering, menandakan sebuah notifikasi pesan baru yang masuk, gua membuka pesannya, dari Ines;
Gw balik aj ya k depok, ga enak kelamaan Gua membalasnya,
Ntar dulu, jangan balik dulu Kemudian mengirimnya.
Sesaat kemudian masuk pesan balasan dari Ines yang isinya cukup melegakan hati; Ok!
Nggak mau terlalu yakin, gua mengirimkan pesan ke Ika, bertanya tentang kabar bokap, nyokap dan Ines. Juga memberitahu Ika agar melarang Ines balik ke Depok.
Lama berselang ponsel gua kembali berbunyi, kali ini sebuah pesan dari Ika;
Telat lo, udah balik dia Gua meletakkan ponsel ke meja kemudian merebahkan kepala ke sandaran kursi. Batu emang tuh anak..
Gua memandang ke langit-langit sambil menghela nafas. Kemudian membayangkan, gimana kalau sampai si johan balik lagi, gimana kalo sampe si johan berbuat yang diluar batas, gimana kalo.. ah, baru kali ini sepertinya gua dibuat pusing gara-gara perempuan.
Setelah makan siang, gua menerima email dari salah satu perusahaan yang gua kirimkan permintaan interview via email tadi pagi. Isinya menyatakan kalau mereka bersedia melakukan interview via skype, besok jam 9 pagi waktu Indonesia. Yang artinya gua harus udah siap di depan laptop sekitar jam 2-3 pagi. What the hell.. Gua membalas pesan tersebut dan mengkonfirmsi waktu yang sudah mereka tentukan. Biarin dah, sepet-sepet nih mata.
Malam harinya, dini hari tepatnya, gua sudah bersiap dirumah, duduk disofa memandang kosong ke monitor laptop. Gua mengenakan kemeja yang dibalut jas hitam, bekas wisuda yang baru dipake dua kali dan tetap menggunakan celana pendek bermotif polkadot. Gua menunggu dalam ke-bengongan sekitar 15 menit sampai akhirnya muncul sebuah pop-up di sudut kanan atas monitor laptop, memunculkan notifikasi permintaan pertemanan dari seseorang dengan username; SoemarniJF. Gua meng-klik jendela pop-up tersebut dan kemudian muncul jendela chat baru di tengah layar.
SoemarniJF : Halo Pak Boni, selamat pagi..
MyBonyOverTheOcean: Halo selamat malam, dengan bapak atau ibu"
SoemarniJF : Oh maaf apa disana masih malam ya" SoemarniJF : Dengan Ibu Soemarni..
MyBonyOverTheOcean : Disini baru jam dua pagi, bu SoemarniJF : Waduh, maaf sekali ya, saya kemarin sama sekali lupa dengan perbedaan waktunya lho.. MyBonyOverTheOcean : Nggak apa2 bu.. SoemarniJF : Oke, bisa dimulai interview-nya" MyBonyOverTheOcean : Silahkan..
Muncul jendela baru, sebuah permintaan video call masih dari username yang sama, kemudian tampil sosok perempuan ber make-up menor dengan rentang usia kira-kira 35-45 tahun-an di layar monitor gua.
Sekitar 45 menit berikutnya diisi dengan pertanyaanpertanyaan baku seputar pengalaman kerja dan negosiasi gaji yang alot dan diakhir video call si ibu dengan make-up menor tersebut bilang kalau nanti sore waktu Indonesia, akan ada interview kedua dengan pemilik perusahaan tersebut, gua berfikir sejenak, menghitung selisih perbedaan waktu dan kemudian mengatakan: OK!
Jam sembilan pagi, saat gua sedang menyiapkan seduhan mie instan buat sarapan, terdengar notifikasi dari laptop gua yang sedari semalam nggak gua pindahkan. Gua mengintip sebentar ke layar monitor; sebuah notifikasi dari username yang sama dengan yang dini hari tadi ber-skype-an dengan gua. Gua berlari ke kamar mengenakan jas dan buru-buru duduk di depan laptop, setelah meng-klik notifikasi tersebut, semenit berikutnya muncul sosok pria bertubuh tegap, dengan kumis tipis dan rambut yang klimis, mengenakan kaos oblong bertuliskan Jogjakarta , dia mengucapkan salam dan menanyakan kabar sambil menghisap rokok kretek ditangan kirinya, memperkenalkan diri dengan nama Adi bla bla bla yang mengaku sebagai owner dari perusahaan dimana gua melamar. Gua sedikit salah tingkah; yang menginterview pake kaos yang diinterview pake jas.
Interview gua dengan pak Adi ini berlangsung lancar, malah boleh dibilang sama sekali nggak mirip dengan proses interview pada umumnya. Cuma terdengar seperti obrolan dua orang dengan profesi yang sama yang sedang mengeluhkan tingkat stress di profesi yang mereka jalani; pak Adi mengeluh tentang betapa sulitnya birokrasi advertising di Indonesia dan gua mengeluhkan tekanan kerja di Inggris.
Kemudian interview di akhiri dengan pak Adi yang berkata;
Okey, saya rasa cukup ya mas boni, nanti orang saya akan kirim email perihal hasil interview ini Oh baik pak, oiya pak seandainya, seandainya lho pak, saya diterima, saya minta extend sekitar satu sampe dua minggu bisa pak
Oh ya nggak masalah... Baiklah pak, selamat pagi.. Selamat sore mas boni
Kemudian jendela video call di monitor laptop gua berubah gelap, tulisan call Ended dengan background merah muncul setelahnya. Gua menutup laptop dan berdiri, bersiap untuk berangkat kerja. Gua bergumam; Tunggu abang ya neng..
#19-E: The Choice Gua berjalan melintasi jalan di depan Leeds University, pagi ini gua lebih memilih jalan kaki daripada naik sepeda, alasannya klasik; sekalian olahraga. Padahal bersepeda dan berjalan kaki menurut kebanyakan orang adalah sama-sama olahraga. Buat gua, kerja di Leeds sebagai karyawan kelas sudra alat transportasi paling ekonomis adalah sepeda dan berjalan kaki. Sungguh suatu pengalaman yang mungkin nggak bakal gua dapet di Indonesia.
Gua berjalan menyusuri trotoar, pagi ini suasana di sekitar kampus terlihat sepi mungkin karena sekarang udah masuk ke pertengahan Desember, jadi udah banyak yang ngambil libur untuk natalan. Trotoar di sepanjang jalan yang gua lalui masih menyisakan butiran-butiran putih salju yang tersisa bekas hujan semalam. Gua memasukan kedua tangan kedalam saku jaket, menghindari udara dingin menyisir tangan telanjang gua, ya gua emang kurang nyaman menggunakan sarung tangan dengan alasan yang klise; susah ngupil.
Ponsel gua berdering, sebuah notifikasi untuk pesan baru. Dari Ines, gua tau dari bunyi nada dering-nya, tadi malam gua menyetel ringtone khusus untuk panggilan dan pesan masuk dari Ines. Gua mengeluarkan ponsel dan membaca pesannya.
Jgn lpa mkn siang.. Sebuah pesan yang sangat singkat tapi berhasil membuat gua tersenyum-senyum sendiri dan merasa kegirangan. Buru-buru gua membalasnya; FYI disini masih jam 7.. lu udah makan"
Nggak berapa lama, datang sms balasan dari Ines; Udaah doong, pke telor..
Bon... Kangeeeeennn Gua tersenyum lagi membaca sms balasan dari Ines, kemudian menekan tombol telepon berwarna hijau, melakukan panggilan ke Ines.
Nada sambungnya berbunyi nggak sampai dua kali sampai terdengar suara manja-nya dari ujung telepon.
Halooooo...ines speaking Norak..
Biarin..eh kok telepon" Katanya kangen...
Yee iya gue kangen tapi bukan sama suara elo.. Lah terus sama siapa"
Sama orang-nya bukan sama suaranya doang.. Dasar.. eh elu ngapain balik" Kan gua udah bilang nginep aja dulu, ntar kalo johan balik lagi gimana" Susah banget dibilangin..
Ya abisnya gue kan nggak enak bon sama nyokap bokap lo..gimana gitu..
Terus lu nggak mikirin keselamatan lu sendiri" Gua sedikit menegaskan suara sambil menghardik Ines.
Kalo terjadi apa-apa sama lu gimana" Kalo Johannya nekat gimana" Jangan galak-galak kenapa si bon" Ya elu-nya dibilangin batu banget... ...
Haloo,.. haloo, nes.. Kemudian terdengar suara terisak, suara yang familiar banget buat gua.
Nes.. ... Halo nes.. Gue kan nggak enak bon, ngerti kek.. Ya sekarang lu milih nggak enak apa disatronin johan lagi
Ya gue juga bingung bon, tambah lo-nya pake marahmarah lagi..
Yaudah maaf, maaf.. gua nya kebawa emosi.. ...
Yaudah kalo lu mau dirumah aja nggak apa-apa, dikunci aja pintunya, jangan kemana-mana dulu... Sampe kapan" Sampe lo balik" Lo-nya aja nggak jelas baliknya kapan..trus gua harus nunggu sampe kapan bon"
Gua terdiam, sejenak perasaan gua serasa diadukaduk. Ulu hati gua terasa sesak.
Sabar ya nes.. Sabarnya sampe kapan" Sampe tua.. Tut tut tut tut
Sambungan telepon terputus, gua memandang layar ponsel, kemudian berniat mengirim sms ke Ines buat minta maaf, tapi gua urungkan. Gua mempercepat langkah menuju ke kantor, gerimis mulai turun. Gua menundukkan wajah sambil menerjang hujan.
Di kantor, setelah membuat secangkir kopi, gua duduk didepan meja kerja dan mulai mengecek email. Ada beberapa email masuk tapi yang paling menarik atensi gua adalah sebuah email dengan nama pengirim; SoemarniJF. Gua meng-klik nya, email tersebut terbuka dan gua mulai membacanya, perlahan, dengan seksama. Mata gua terhenti pada tulisan di paragraf kedua yang isinya kira-kira begini; Selamat bergabung di perusahaan kami pak Boni , Gua menyelesaikan membaca sisa email tersebut, diakhir tulisan tercantum nama dan nomor telepon si pengirim. Nggak membuang waktu, gua menghubungi nomor tersebut.
Satu jam berikutnya gua sudah berada di salah satu ruangan di lantai empat, ruang atasan gua. Atasan gua sedikit terkejut dengan keputusan pengunduran diri gua, beliau berulang kali menanyakan alasan pengunduran diri gua dan berulang kali gua mengatakan alasan yang sama: Ines.
Beliau sempat diam sejenak, kemudian mangatakan kemungkinan adanya kenaikan gaji di bulan selanjutnya, gua Cuma menggeleng, tetap pada pendirian gua. Akhirnya dia mengangguk kemudian berdiri dan menepuk pundak gua.
Well done, son.. well done.. i know this is hard for you and also very difficult for this company, you ve show your attitude, your hard work and your loyalty towards this company..
Thank you, sir.. Gua kemudian menawarkan diri untuk extend selama satu atau dua minggu, tapi atasan gua mengatakan; It would be unnecessary,son... go and catch your dream.
Gua tersenyum dan menjabat tangannya kemudian mengatakan kalau gua masih punya tanggung jawab dalam project iklan AIDS yang masih belum selesai, beliau mengangguk dan ikut tersenyum.
Ada sedikit dilema sebelum gua benar-benar mengambil keputusan ini, disatu sisi bekerja di Inggris adalah sebuah pencapaian yang luar biasa buat gua, apalagi saat atasan gua menawarkan peningkatan gaji untuk menahan gua, sebuah kehormatan tersendiri, ya memang disini yang namanya pekerja dari asia lebih menguntungkan buat perusahaan dari segi ekomoni, karena rata-rata orang asia etos kerjanya tinggi dengan salary yang bisa dibilang lebih murah daripada pekerja lokal dengan kemampuan yang sama.
Sedangkan disisi lain gua menyadari betapa gua mebutuhkan Ines.
--- Dua hari berikutnya gua berada dikantor, berusaha menyelesaikan project terakhir ini secepatnya. Sambil menyeruput kopi yang masih panas gua mengambil ponsel, mencari nama Ines dan mengetik sebuah pesan untuknya.
Lg apa" Dia membalas; Lgi di Kampus, ngambil Ijazah. Ud makan"
Gua tersenyum membaca balasan pesan dari Ines, dari kemarin dia Cuma membalas pesan gua seperlunya aja, Cuma; Iya, ok, blm atau uda. Sepertinya hari ini dia sudah mulai melunak, nggak lagi marah. Kemudian gua mengetik; Udah, ati ati ya kemudian mengirimnya.
Tadinya gua berniat menceritakan pengunduran diri gua ke Ines, tapi gua mengurungkan niat tersebut, biarlah ini menjadi hadiah buat dia.
Dua jam berikutnya project ini akhirnya selesai dan Glenn yang kebagian jatah buat persentasi, gua menatap layar monitor laptop kemudian melakukan pencarian jadwal penerbangan untuk pulang ke Indonesia. Setengah jam lebih gua berkutat diantara situs-situs maskapai penerbangan, gua mengusapusap wajah, menyadari kalau sekarang bulan Desember dan sudah dekat dengan Natal, semua penerbangan ke Indonesia habis kalaupun ada harganya sangat nggak masuk akal. Gua mencoba mengkalkulasi-nya dan kemudian menggelenggelengkan kepala, kayaknya harus pulang setelah Tahun baru.
--- Sehari sebelum natal. Gua duduk, berselimut di sofa menikmati secangkir kopi panas sambil menonton acara tivi dimana hampir semua stasiun menyiarkan acara yang berisi konten natal. Gua menciumi aroma selimut yang dulu sempat dipakai Ines, mencoba mengingat-ingat kenangan waktu Ines masih disini, gua melihat ke arah jam yang menunjukkan pukul tiga sore kemudian gua mengambil ponsel dan mencoba menghubungi Ines.
Halo.. Halooooo .. Lagi apa"
Lagi nonton home alone, lo" Lagi mikirin elu..
Asiiikk ada yang mikirin.. Sendirian"
Iya.. Pintunya dikunci.. udah kok.. eh udah makan" Udah.. lo"
Gue udah, tadi beli nasi goreng di depan, pasti makan mie instan"
Hehe iya.. Nggak lagi ngerokok kan" Saat ini nggak..
Goodboy.. eh bon, gue belom sempet bilang elo, gue tadi abis interview
Interview kerja" Iya..
Hah dimana" Di ****** (menyebut salah satu nama tempat kursus bahasa inggris terkenal di Jakarta)
Waah, jadi apa" Ngajar bahasa inggris.. Hebat.. mudah-mudahan keterima deh, jauh nggak" Deket.. di depok juga kok
Manteb... Eh bon, gua kangen nih.. Sama gua"
Iya, emang sama siapa lagi.. Sama dong..
Trus harus gimana" Ya nggak gimana-gimana.. Ah nggak asik..
Udah ah, males ngomongin kangen ntar lu ngambek lagi..
Yee elo nya aja.. Udah ya nes, tagihan nih ntar bengkak.. Yah, masih kangen..
Besok terusin lagi.. Ya besok juga sama aja, tagihannya.. hehehe yaudah deh, tidurnya jangan malem-malem
Ya disini masih jam tiga nes.. Oiya.. yaudah deh.. jaga diri ya.. Elu yang jaga diri..
Ya deh.. dada.. Bye.. Gua meletakkan ponsel diatas meja, menuju ke kamar mandi dan memandang ke cermin, kemudian terkekeh sendirian. Apakah gua seganteng itu sampai ada cewek yang mau kangen sama gua.
Setelah sejenak mengaggumi ketampanan gua di cermin kamar mandi, gua membuka laptop dan mencoba (lagi) mencari tiket pesawat untuk keberangkatan tanggal 26 Desember. Gua tetap berkutat di situs-situs maskapai penerbangan dan akhirnya memutuskan untuk memesan satu tiket tanggal 26, walaupun mahal, biarlah tak mengapa asal kangen ini terobati.
Gua melakukan proses-proses pemesanan tiket online sampai dimana gua tertegun sebentar setelah melihat iklan di tivi yang menayangkan jadwal pertandingan liga Inggris pada Boxing day sehari setelah natal, tanggal 26. Gua kemudian secara spontan meng-klik tombol cancel.
--- #19-F: Anything for You Gua melakukan proses-proses pemesanan tiket online sampai dimana gua tertegun sebentar setelah melihat iklan di tivi yang menayangkan jadwal pertandingan liga Inggris pada Boxing day sehari setelah natal, tanggal 26. Gua kemudian secara spontan meng-klik tombol cancel.
Tanggal 26, sehari setelah natal di Inggris dikenal dengan sebutan Boxing Day , buat yang belum tau, hari ini sama sekali nggak ada kaitannya dengan Tinju (Boxing), jadi jangan salah kaprah mengartikan Boxing Day sebagai hari bebas bertinju, kesalahan yang pernah menimpa gua waktu pertama kali sampai disini.
Menurut informasi yang berhasil gua korek dari Darcy dan beberapa teman yang gua asumsikan sebagai orang inggris asli, Boxing Day itu merupakan wujud dari sebuah tradisi jaman dulu kala, jaman waktu Ratu Elizabeth pertama masih maen pletokan di pinggir sungai themes, para bangsawan memberikan hari libur khusus untuk para pelayan dan karyawannya untuk merayakan Natal dan mereka (para bangsawan tersebut) memberikan hadiah kepada pelayan dan karyawannya yang dibungkus menggunakan kotak (Box), maka dari itu hari tersebut, sehari setelah natal, dimana hadiah-hadiah dalam kotak (box) diberikan disebut dengan Boxing Day .
Terus apa yang spesial dari Boxing Day itu" Buat para bangsawan, pejabat atau keluarga kerajaan Boxing Day mungkin bukan hari yang spesial, tapi buat para pelayan dan karyawannya hari tersebut bahkan lebih sakral dari Natal itu sendiri, karena perlu diketahui nih (ciee..) para pelayan atau karyawan yang kerja untuk bangsawan, pejabat atau keluarga kerajaan jaman dulu itu kerjanya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sebulan penuh, selama 364 hari dalam setahun, dan hari liburnya ya Cuma tanggal 26 Desember itu aja, pas Boxing Day .
Sedangkan pada prakteknya di jaman modern sekarang ini, Boxing Day tetep jadi hari yang spesial buat para warga Inggris, karena pada hari ini rakyat benar-benar disuguhi hadiah walaupun jaman sekarang hadiahnya nggak lagi berbentuk box namun berupa pertandingan-pertandingan sepakbola Liga inggris, kriket dan yang paling gua tunggu; Obral besar-besaran. Jadi, kalo tinggal disini, di Inggris. Malah bakal diketawain kalo sampe belanja pakaian di tempat kayak Primark, karena Boxing day bikin orang-orang kayak gua, pekerja kelas sudra bisa belanja di Zara, H&M, Mark Spencer atau bahkan Dolce Gabana dengan potongan harga sampai 70 bahkan 80%. Dan gua memanfaatkan momen boxing day ini sebagai ajang beli oleh-oleh barang bagus buat dibawa pulang ke Indonesia walaupun itu harus ditebus dengan betis yang panas gegara harus rela ngantri berjam-jam.
Gua pernah mengalami kejadian yang bikin nangis part2 waktu baru aja tinggal disini. Waktu itu gua tergiur dengan sebuah jersey timnas inggris dengan print nama Paul Ince yang dijual disalah satu online shop terkenal disini dan nggak pake pikir panjang gua langsung membelinya seharga "40, besoknya gua ketemu salah satu temen gua yang sama-sama dari Indo dan dia menggunakan jersey yang sama dengan yang gua beli, dia beli pas boxing day dan harganya nggak sampe "5, setelah itu gua langsung nggak doyan makan lima hari berturut-turut.
Akhirnya gua start-over dari awal lagi proses pemesanan tiket pesawat untuk pulang ke Indo dan dapet jadwal pas tanggal 27 Desember, kemudian gua mulai mengikuti proses-proses pemesanan tiketnya, sampai di halaman yang menampilkan harga total tiket pesawat ditambah pajak, gua menghela nafas panjang. Mungkin kalau di kurs ke Rupiah harga tiket ini bisa buat beli satu unit sepeda motor di Indonesia. Tapi, setelah terngiang kata-kata manja Ines dikepala, tanpa ragu lagi gua meng-klik tombol yang bertuliskan Confirm .
Kemudian gua menyulut sebatang rokok,
menyandarkan kepala di sofa dan mulai memutar lagu I Would do anything for love -nya Meatloaf.
#19-G: Chelsea Number 8 25 Desember, Natal kelima gua di negerinya David Beckham. Gua memandang ke luar lewat jendela dari dalam kamar, gerimis nggak menghalangi para tetangga untuk datang ke Misa di Gereja yang letaknya nggak jauh dari Perpustakaan Kampus. Gua memandang warna-warni payung orang-orang yang baru pulang dari Misa saling bersenggolan ditrotoar sepanjang jalan di depan rumah. Gua melihat Darcy berjalan cepat menuju kerumahnya disusul Sharon dan orang tuanya.
Gua mengambil jaket dan dua kantong belanja berwarna cokelat yang semuanya berisi kaleng-kaleng 7up dan bergegas turun menuju ke rumah Darcy.
Setelah mengetuk pintu rumah Darcy menggunakan lutut, karena dua tangan gua sibuk menenteng kantong belanja, pintu berdecit terbuka, Darcy muncul masih menggunakan blus terusan berwarna krem terbalut syal merah jambu.
Owh.. sweetheart Dia memeluk gua, memberikan kecupan di pipi dan mempersilahkan gua untuk masuk. Suasana didalam begitu meriah, walaupun Cuma terdapat kira-kira 5 orang disana, terdapat pohon natal mini yang berkelap-kelip diletakkan di meja ruang tamu, gua mengikuti Darcy menuju ke meja dapur, sedang duduk disana Sharon, seorang pria yang (mungkin) pacarnya dan kedua orangtuanya, Mr. Dan Mrs.Ross, mereka adalah kerabat Darcy. Setelah menyalami mereka dan mengucapkan selamat natal, gua duduk disalah satu kursi yang kosong.
Tea or Coffe, darl" Darcy menawarkan gua minum.
Coffee, will be nice.. Gua mencoba menjawab sopan.
Hey this is xmas, why you should drink that silly dark coffee, cmon Darcy bring some red noose Mr.Ross mencoba menawarkan gua minuman yang bukan minuman , gua mencoba menolaknya dengan tersenyum dan Darcy pun langsung menyuguhkan secangkir kopi dihadapan gua.
Ponsel gua berdering saat gua baru saja hendak meminum kopi, gua melihatnya, dari Ines. Gua tersenyum dan membacanya, padahal isinya Cuma pertanyaan tentang kabar gua doang, tapi entah kenapa sukses bikin gua mesam-mesem sendiri. Alhasil orang-orang disekitar gua jadi bertanya-tanya, gua ini gila atau apa. Darcy duduk di sebelah gua, dia memegang pundak gua dan bertanya tentang kabar Ines, gua menjawab kalau dia baik-baik saja, Darcy bertanya lagi, kali ini tentang kepulangan gua besok, gua mengangguk sambil mengatakan Yes . Kemudian gua larut dalam obrolan bersama Darcy dan kerabatnya, tentang Leeds, tentang pekerjaan, tentang Lady Diana, tentang sepak bola dan gua tersadar; ini hari-hari terakhir gua disini, apakah gua benar-benar sanggup meningalkan ini semua"
Setelah berpamitan dengan Darcy, gua kemudian pulang mengepak beberapa pakaian yang perlu dibawa pulang ke Indonesia dan sisanya gua masukkan ke dalam kardus. Gua mengambi Ponsel dan meng-sms Arya, mengatakan untuk datang kesini sekarang, gua berniat menghibahkan beberapa barang seperti pakaian-pakaian musim dingin, peralatan-peralatan rumah tangga dan pastinya sepeda kesayangan gua yang sepertinya mustahil untuk gua bawa ke Indonesia.
Setengah jam berikutnya Arya sudah berada disini, dia bersama Intan.
Bang, emang lu mo nggak mau balik kesini lagi.. Nggak, ya.. gua mau kerja di Indo aja.. Emang kenapa bang"
Gapapa, gua ngerasa udah cukup dan sekarang saatnya gua melanjutkan hidup gua di Indonesia.. Oh, gua pikir lu mau merit bang
Ya itu juga jadi salah satu concern gua Asiik..
Ya,... itu sepeda ntar bakal lu tuh.. Hah serius bang"
Iya.. Wah nggak enak nih jadinya gua..
Yaudah kalo lo nggak enak, ntar gua kasih ke si Imron aja..
Eh jangan bang, buat gua aja.. Tapi ada syaratnya"
Apa bang" Ntar kalo gua udah balik, nih barang-barang yang di kardus lu bawa ke tempat lu, terserah mau lu ambil ato lu kasih ke temen-temen lu..
Oh iya.. siip Kemudian Arya dan Intan ikut membantu gua mengepak semua barang-barang yang nggak bisa gua bawa balik. Gua terduduk di sofa, memandang semua barang-barang gua yang sudah masuk ke dalam dua kardus besar, kemudian menyulut sebatang rokok. Ah, rasanya berat sekali saat tau nggak lama lagi gua bakal meninggalkan tempat ini, tempat yang sudah menemani susah-senang hidup gua, tempat dimana gua berselimut dikala musim dingin, tempat dimana gua menghabiskan malam-malam gua yang sendiri, tempat dimana gua merasakan jatuh cinta.
Arya dan Intan pamit pulang saat gua setengah tertidur di sofa ruang tamu.
Eh ya.. makasih ya.. wah gua ampe ketiduran nih.. Iya bang, sepedanya saya bawa sekarang ya.. Iya bawa aja, eh ya.. di jaga ya tuh sepeda, pokoknya jangan sampe ilang apalagi lo jual..
Siap bang Besok bareng ya, ke London.. Oke..
Gua kemudian merebahkan diri lagi di sofa, saat ini gua Cuma mau menghabiskan waktu disini, menyerap semua kenangan tentang tempat ini agar bisa menjadi salah satu memori yang tersimpan di otak gua. ---
Besok harinya, Boxing Day , gua sudah berada di London. Suasana nya bener-bener crowded. Gua sambil menenteng satu koper besar dan mengenakan ransel dipunggung bersama, Arya dan Intan berjalan menyusuri trotoar di sepanjang King Cross St. Deretan toko-toko mencoba merebut hati pelanggan dengan memasang tulisan-tulisan dengan bahasa marketing mereka, mulai dari 70% off, Sale, bahkan sampai ada yang rela mengeluarkan budget tambahan untuk menyewa badut yang menari-nari sambil menyebar brosur didepan toko.
Setelah mendapatkan penginapan murah, berbekal informasi dari Arya, kami beristirahat sebentar di dalam kamar. Ya gua emang memutuskan untuk berangkat langsung dari London aja besok, daripada harus bolak-balik London-Leeds-London tentunya bakal menguras energi dan juga biaya.
Kemudian kami keluar kamar dan mulai berjalan di tengah kerumunan padatnya manusia di kota London. Gua memisahkan diri dari Arya dan Intan yang ingin berbelanja, gua bergegas menuju ke Tube station, menuju ke sebuah tempat yang belum pernah sekalipun gua datangi selama tinggal di Inggris; Stamford Bridge. Sebelumnya gua mengeluarkan lima lembar puluhan pounds dan menyerahkannya ke Intan;
Tan, nanti pokonya lu beliin aja tas atau baju atau apa kek, yang girly, yang menurut lo bagus ya.. Ukurannya bang"
Lu udah pernah ketemu Ines kan" Oh tunangan abang ya.. Gua tersenyum nggak menjawab.
Yaudah deh intan tau kok ukurannya..ini diabisin aja duitnya.. "
Gua menganguk sambil berlalu. ---
Gua tiba di stadion Stamford Bridge, markas tim premier league: Chelsea. Gua disini bukan karena pengen nonton bola dan kalaupun gua mau nonton bakal susah banget dapetin tiket mendadak di boxing day kayak sekarang ini. Gua bergegas menuju ke mega store-nya Chelsea, betapa kaget dan shock-nya gua melihat toko yang cukup besar dengan nuansa biru putih ini udah dipenuhi manusia. Hampir sulit untuk bisa masuk kedalamnya, gua mengambil nafas dalam dan menerobos kerumunan orang-orang yang memenuhi toko.
Gua masuk dan mulai mencari-cari sebuah jersey, bernomor punggung 8 dengan name print; Lampard. Setelah bersusah payah menerjang kerumunan orang, gua pun berhasil mendapatkan jersey terebut, di price tag-nya tertera angka; "15. Ah finally. Setelah membayarnya dikasir gua kemudian mengambil nafas panjang lagi dan kembali menerobos kerumunan orang untuk bisa sampai diluar.
Diluar toko gua berdiri memandang kedalam sebuah paperbag di tangan gua. Teringat akan obrolan dengan Ines beberapa hari yang lalu;
Bon, kalo suatu saat nanti elo ke Indo.. beliin gue oleh-oleh baju bola ya..
Baju bola".. iya, tim apa" Chelsea
Hah" Kok Chelsea"
Iya semalem gue nonton tuh Chelsea lawan apa gitu.. yang nomor delapan ya bon..
Lampard" Iya..iya..iya. Kalo Dicanio mau" Siapa tuh" Nggak ah.. itu aja yg tadi.. siapa namanya"
Lampard.. Iya itu, ganteng banget orangnya& Yauda nanti diusahakan..
Yaah jangan Cuma diusahakan dong.. Iya nanti buat Ines, gua beliin.. Asiik
Kemudian gua bergegas menuju kembali ke penginapan, mau istirahat barang sebentar. ---
Gua duduk di bangku berderet di bandara Heathrow. Menunggu panggilan untuk pesawat yang bakal membawa gua kembali ke Indonesia. Di sebelah gua duduk Arya dan Intan yang sibuk mendengarkan lagu dari headset-nya. Nggak lama berselang terdengar suara dari pengeras suara; panggilan kepada penumpang pesawat Qatar Airways bernomor QA267, pesawat gua.
Setelah berpamitan dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Arya dan Intan. Gua berjalan meninggalkan mereka menuju ke boarding pass. Meninggalkan kehidupan lama gua di sini, di inggris, meninggalkan mimpi-mimpi gua untuk menjadi seorang professional, meninggalkan kenangan indah tentang Leeds, gua melambai ke Arya dan Intan. Dan terus berjalan menuju ke pesawat yang sudah menunggu dan bakal mengantarkan gua Pulang , yang bakal mengantarkan gua menuju salah satu tujuan hidup gua: Ines.
#19-H: It s not always about gold and glory
Gua memandang kebawah dari langit kota London untuk yang kesekian kali. Melihat pemandangan indahnya London dari udara, yang semakin lama semakin mengecil dan lama-lama menghilang ditelan awan.
Gua memandang kosong keluar lewat jendela di pesawat. Terngiang dikepala gua obrolan dengan Arya semalam waktu di beranda penginapan.
Bang lu yakin sama keputusan lu untuk pindah dari sini"
Yakin lah, ya.. Susah loh bang dapet kesempatan kayak gitu lagi.. Masa"
Ya menurut saya sih gitu.. hehehe.. Arya&
Gua mengambil sebatang rokok dan menyalakannya, menghembuskan asapnya ke dinginnya udara London malam itu. Kemudian meneruskan omongan gua; Emang berat buat gua untuk milih keputusan ini,.. dan bukan karena gua gegabah gua milih untuk ninggalin Leeds. Tapi, karena pengalaman.. selama ini gua selalu diperbudak sama akal dan logika gua, selalu mengesampingkan perasaan..
Berarti lu termasuk nekat juga bang, ngambil keputusan ini dong"
Hahahaha.. arya..arya& , ya.. nekat adalah bagian dari hidup kok
Ya kalo saya sih, sayang bang ninggalin semua yang udah lu punya disini,..
Life is not always bout gold and glory.. sometimes you need a place to hang your heart&
Asiiik.., tapi bang.. misalnya, misalnya lho, jangan marah ya& kalo lu sampe di Jakarta, trus ternyata hubungan lu sama Ines nggak sesuai dengan harapan lu, gimana"
Ya itu resiko nya dan gua ambil resiko itu.. Gua mematikan rokok di asbak, menepuk pundak Arya dan bergegas masuk ke dalam, suhu di sini semakin menggila.
Dan saat ini gua berada di atas pesawat menuju ke Indonesia, membawa sebuah harapan beserta resiko yang terus mengikuti dibelakangnya. Kemudian gua memasang headset di telinga dan mulai memutar lagu Kangen -nya Chrisye lewat Mp3 player kesayangan gua. Sementara pesawat Qatar Airways QA267 terus terbang menembus awan meninggalkan langit Eropa beserta impian-impian gua.
--- Jam 3 pagi waktu Indonesia bagian barat, pesawat yang gua tumpangi mendarat mulus di Bandara Soekarno Hatta. Gua langsung meluncur menggunakan taksi berwarna biru menembus kegelapan malam Jakarta yang lengang. Jam empat kurang lima belas menit gua sudah berada di rumah. Dengan menarik koper sambil menggendong tas ransel dan sebuah tentengan paperbag gua mengetuk pintu rumah. Setelah lama mengetuk kemudian terdengar suara nyokap dari dalam; Siapa" dan lampu ruang tamu pun menyala, terlihat tirai dijendela ruang tamu tersibak, muncul wajah nyokap yang masih terlihat mengantuk kemudian terbelalak. Pintu terbuka dan nyokap pun langsung memeluk gua.
Kok lu balik nggak ngabar-ngabarin si, ni" Kan biar surprise mak
Masuk-masuk.. Gua kemudian masuk sambil menuntun koper.
Bokap gua keluar dari kamar, gua mencium tangannya. Kemudian gua duduk di kursi ruang tamu, melepas jaket dan mulai merebahkan diri.
Bokap telah selesai memasukkan koper dan tas gua ke dalam kamar, kemudian berkata;
Ni, abis dari mane-mane tuh jangan langsung rebahan.. ke sumur dulu sono cuci muka.. Iya ba..
Gua bangkit menuju ke kamar mandi. Saat lewat kamar Ika, gua melongok sebentar, kamarnya terlihat terang dan pintunya terbuka sedikit. Tapi gua nggak mendapati siapa-siapa disana, begitu pula dikamar mandi. Setelah cuci muka gua kembali keruang depan dan bertanya ke nyokap yang sedang merapikan jaket milik gua.
Mak, Ika kemana" Laah emang lu kagak tau" Kenapa"
Si Ines kan masuk rumah sakit, Ika disono dari pagi.. elu ditelponin kagak bisa-bisa.. emang lu kagak tau" Gua menggeleng, lutut gua tiba-tiba lemes, gua berjongkok sambil memegang kepala.
Lah gua kata mah lu tau kali.. Rumah sakit mana"
Gua bertanya ke nyokap sambil kembali mengenakan jaket gua.
Pertamina.. lu mo kesono" Iya..
Telpon dulu si Ika-nya, emang lu tau ruangannya" Oiya, mana minjem hape-nya baba dong.. Nyokap kemudian masuk kekamar mengambilkan sebuah ponsel lawas milik bokap dan
menyerahkannya ke gua. Gua langsung mencari nama Ika dan memanggilnya.
Haloo, kenapa ba" Ini gua..
Hah elo bang.. gila lu gua telponin dari tadi pagi kagak bisa-bisa.. gua sms nggak sampe, kemana sih lo"


Accidentally Love Karya Boni di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Menurut lu gua kemana" Eh.. lu di Jakarta ya."
Iya.. kan ini gua nelpon pake hape bokap", eh Ines kenapa"
Tipes bang.. lu kesini deh, gua udah ngantuk berat nih..
Yaudah nih gua kesana sekarang, lantai berapa" Ika menyebutkan lantai dan nomor kamarnya Ines, gua kemudian langsung meluncur ke Rumah sakit dengan menggunakan motor vespa milik bokap.
Sepanjang perjalanan gua nggak berhenti memikirkan Ines, mudah-mudahan dia nggak apa-apa.
Jam menunjukkan pukul 5 tepat saat gua tiba di lobby rumah sakit. Gua langsung menuju ke ruang dimana Ines dirawat. Sesampainya diruangan tersbut gua masuk, terdapat empat kasur pasien yang saling berhadap-hadapan, gua melihat sekeliling saat Ika melambaikan tangan nggak bersuara, gua menghampirinya dan memeluk Ika.
Apa kabar lo bang" Baik, elu sehat kan"
Gua sih sehat, tapi tuh cewek lu yang nggak sehat.. Ika berkata sambil menunjuk dengan dagu kearah Ines yang tengah berbaring lemah.
Kata dokter apa" Katanya sih tipes, tapi telat ketahuannya jadi semakin parah..
Owh, trus nih pake duit siapa masuk kesini tadi" Gua bertanya ke Ika masalah biaya rumah sakit, karena gua yakin di sini, di Jakarta layanan kesehatannya sangat jauh dari kata bagus tapi sangat dekat dengan kata birokrasi .
Pake duit gua dulu sih tadi, tapi kak Ines tadi sempet bangun trus ngasih atm ke gua, masih belom gua pake sih.. nih
Ika membuka dompetnya dan menyerahkan kartu ATM milik Ines ke gua. Gua menerimanya dan menyuruh Ika untuk pulang.
Udah lu balik dulu sana, ntar kesiangan kerja.. Ya ampun bang, elu kayak baru balik dari bulan aja.. sekarang hari sabtu kali..
Emang iya" Yee makanya beli kalender, yaudah gua balik dulu ya, ntar kalo sempet gua kesini lagi..
Yaudah ati-ati, jangan ngebut.. Iya..
Setelah mengantar Ika sampai ke pintu ruangan kamar, gua kembali ke ranjang tempat Ines berbaring. Gua duduk di kursi sebelahnya, memandang wajahnya yang kuyu, bibirnya yang pucat dan nafasnya yang terdengar lemah membuat perasaan gua semakin tersiksa, menghalangi tersiksanya tubuh gua dari lapar dan lelah setelah menempuh perjalanan panjang.
Gua melirik jam swiss army gua, jarumnya menunjukkan pukul tujuh pagi. Gua menguap berkalikali, sepertinya rasa kantuk ini benar-benar sulit untuk dilawan. Akhirnya gua memutuskan untuk turun kebawah untuk membeli roti dan kalau ada secangkir kopi.
Setelah menghabiskan dua buah roti sobek seukuran telapak tangan dan segelas kopi yang diseduh dengan gelas bekas air mineral, di dekat gerbang pintu keluar rumah sakit. Gua bergegas masuk lagi kedalam, sesampainya di ruangan dimana Ines dirawat gua melihat seorang suster sedang mengganti botol Infus milik Ines. Ruangan disini terdengar gaduh, gimana enggak, pasien di sebelah ines ditunggui oleh dua orang, pasien diseberangnya ditunggui oleh dua orang juga sedangkan sisanya ditunggui oleh satu orang dan kesemuanya nggak henti-hentinya mengobrol. Belum lagi kalau ada yang datang menjenguk, wah suasana seketika berubah menjadi seperti pasar.
Gua kemudian memanggil suster yang tadi mengganti botol infus milik Ines;
Sus.. sus.. Ya pak Kalo saya minta pindah ruangan bisa nggak" Bisa pak, tapi tergantung ketersediaannya juga.. Trus harus gimana prosesnya..
Mas-nya kebawah aja, kebagian administrasi.. Oh.. iya deh makasih ya sus..
Sama-sama Gua bergegas menuju ke ruang administrasi yang terletak di lantai dasar. Setelah sepuluh menit menunggu staff yang bertugas (menurut temannya sih sedang sarapan) akhirnya gua bisa mengurus kepindahan Ines ke ruang yang lebih baik, seenggaknya nggak seriuh yang sekarang.
Jam sepuluh pagi, Ines sudah dipindahkan ke ruang dengan kelas yang lebih baik. Gua duduk di sebelahnya, memegang tangannya yang terdapat jarum infus menembus kulitnya. Ines masih tertidur. Gua merebahkan kepala di sisi ranjang Ines, kemudian perlahan-lahan mulai tertidur.
#19-I: Aku Jam sepuluh pagi, Ines sudah dipindahkan ke ruang dengan kelas yang lebih baik. Gua duduk di sebelahnya, memegang tangannya yang terdapat jarum infus menembus kulitnya. Ines masih tertidur. Gua merebahkan kepala di sisi ranjang Ines, kemudian perlahan-lahan mulai tertidur.
--- Gua terbangun saat merasakan ada tarikan-tarikan lembut pada rambut gua. Gua melihat ke arah Ines, dia sudah terbangun, menatap gua dengan mata berlinang. Tidak menangis hanya berlinang.
Elo kapan sampe" Tadi subuh..
Gua mengangkat tangan dan menguap, kemudian melihat jam yang menunjukkan pukul 10 pagi. Lumayan juga bisa tidur sebentar.
Harusnya kan lo nggak usah balik, bon.. gue gapapa..
Emang lu nggak seneng gua disini", gua balik lagi nih..
Eh.. jangaaan.. gua seneng kok, seneng banget, malah kalo dengan gue sakit elo bisa balik kesini, mending gue sakit aja terus..
Wooiii.. ngomong yang bener, careful what you wish for..
& & Kan mahal bon, ongkos bolak-balik Jakarta-London.. Ya emang mahal kalo ongkos nya bolak-balik.. kalo sekali jalan mah nggak juga kok..
Maksudnya" & Maksudnya apaa" Gua Cuma tersenyum.
Obrolan kami ter-interupsi oleh ketukan pelan di pintu kamar, terlihat beberapa wajah asing di jendela yang terdapat di pintu ruangan. Sesaat kemudian pintu terbuka, dan masuk tiga orang; satu pria dan dua wanita. Ines sedikit bangkit, kemudian dia tersenyum;
Haaiiii.. andiiin, dinda&
Dua orang wanita yang baru datang berjalan cepat dan langsung memeluk Ines. Gua berdiri dan sedikit menjauh dari ranjang. Pria yang tadi datang bersama dua orang wanita tadi menyalami gua;
Andi .. Bony.. silahkan-silahkan mas&
Setelah mengambilkan kursi untuk nya, gua mempersilahkan pria tersebut untuk duduk.
Gua melihat dua orang wanita yang baru datang tadi sedang bercengkrama ramah dengan Ines, terlihat Ines tersenyum sambil bercanda-canda dengan dua orang itu. Gua berasumsi; mereka adalah temannya.
Saya tinggal dulu ya mas..
Gua berkata ke pria yang bernama Andi dan bergegas keluar dari kamar, memberikan sedikit privasi buat mereka, mungkin teman-teman lama-nya Ines. Gua turun menggunakan lift, menuju ke lantai dasar. ---
Sejam kemudian, setelah makan bakso di kantin rumah sakit, Sambil menenteng kantong belanjaan yang berisi roti dan air mineral, gua kembali naik ke atas dengan menggunakan lift. Saat pintu lift terbuka gua berpapasan dengan tiga orang yang tadi gua asumsikan sebagai temannya Ines. Gua tersenyum sambil berlalu, saat salah seorang dari mereka membuka suara;
Mas boni ya" Iya..
Gue andin mas, ini dinda dan ini Andi cowo-nya dinda..
Gua menyalami mereka berdua kecuali andi, karena gua tadi udah sempet berkenalan dengannya.
Temen-temennya Ines" Iya, temen satu kampus.. Oh.. makasih ya udah jenguk,
Iya sama-sama mas, eh kapan jadiannya mas kok nggak ada kabar"
Gua Cuma tersenyum kecut menanggapi pertanyaan itu, karena emang sejujurnya gua nggak tau kapan gua jadian sama Ines, gua nggak pernah nembak Ines dan nggak tau apa status gua dimata Ines sekarang.
Tapi setelah mendengar perkataan dari temennya barusan; eh kapan jadiannya mas , maka gua berasumsi Ines telah meng-klaim gua sebagai pacarnya kepada teman-temannya. Habis ini gua berniat mencari cermin buat sekali lagi mengagumi ketampanan gua. Haha.
Kok diem aja sih mas.." Gapapa..
Hahaha gugup ya" Yaudah deh kita pamit dulu ya.. Ah bisa aja.. hehe. Iya deh ati-ati ya..
Setelah berpamitan, gua langsung bergegas menuju ke dalam kamar.
Di ranjangnya, Ines sedang berkutat dengan ponselnya. Gua kemudian meletakkan plastik berisi roti dan air mineral di meja diseberang ranjang pasien disebelah sofa berderet yang di sediakan untuk penunggu pasien.
Gua menghampiri ranjang Ines dan melihat sebuah baki dengan semacam sup, semangkuk nasi lembek, telur rebus dan suiran ayam goreng yang ditutup dengan menggunakan plastik wrapping bening yang diletakan di meja disebelah ranjang.
Lah kok nggak dimakan nih..
Ines memalingkan wajah dari ponsel sambil menatap ke makanan di atas baki kemudian berpaling menatap gua.
Elo kemana sih tadi.." gue kan mo ngenalin elo ke temen-temen..
Makan dibawah, laper banget.. belom makan sejak lulus SD..
Yeee& Lagian tadi juga udah kenalan di depan lift, ketemu.. Udah kenal"
Udaaah.. Sekarang makan ya.. Suapiin..
Gua membuka plastik wrapping yang menutupi makanan untuk Ines dan kemudian menyuapi-nya. Aku nggak mau, telornya..
Gua diam, membeku. Memastikan lagi apa pendengaran gua baik-baik saja. Atau gua Cuma salah dengar; Ines menggunakan kata Aku
Bengong& Eh maap-maap.. Gua menyendok bubur dengan suiran daging ayam dan sedikit kuah sup dan mulai menyuapi Ines. ---
Jam menunjukkan pukul satu siang, setelah solat juhur gua duduk disofa seberang ranjang, memandang Ines yang sedang tertidur. Kemudian pintu kamar terbuka, lalu masuk seorang pria tua dengan baju putih, menenteng sebuah papan jalan dan berkalung steteskop, diikuti dengan sosok suster yang sama dengan yang tadi gua Tanya perihal kepindahan kamar. Ah Dokternya datang.
Kemudian si Dokter tersebut melakukan beberapa pengecekan, si Ines kemudian terbangun, dokter menyuruhnya membuka mulut dan kemudian beliau memeriksa dengan senter mungilnya. Beliau kemudian selesai memeriksa sambil mencatat ke papan jalan miliknya.
Gimana dok" Mas nya ini siapanya" &
Pacar saya pak.. Ines yang baru bangun langsung memotong pembicaraan.
#19-J: The Words Gimana dok" Mas nya ini siapanya" &
Pacar saya pak.. Ines yang baru bangun langsung memotong pembicaraan.
Gua terdiam, Ines baru aja ngomong kalau gua pacarnya.
Ini mbaknya sih sudah mendingan ya, tapi harus bedrest sekitar dua atau tiga hari..
Wah nggak bisa lebih cepet dok" Ines bertanya ke dokter.
Si Dokter kemudian menengok ke arah Ines, memandangnya sebentar kemudian berbalik lagi menatap gua lewat kacamatanya yang lumayan tebal.
Jadi gini mas, kalau mbaknya ini besok kondisinya udah baik. Boleh pulang.. tapi kalau masih belum ada progress harus tetep disini.. soalnya ada radang tenggorokannya juga..
Owh iya dok, yaudah biar disini aja dulu, makasih ya..
Si dokter beserta susternya kemudian ngeloyor pergi meninggalkan ruangan.
Tuh.. istirahat dulu, udah buru-buru mau balik aja.. Yaah ntar kalo gue kelamaan disini, kamu gimana" Gimana apanya"
Kerjaan kamu" Kerjaan gua mah gampang Maksudnya"
Kemudian gua duduk di kursi disebelah ranjang Ines. Gua tersenyum mendengar perubahan bahasa yang digunakan Ines ke gua. Biasanya dia selalu menggunakan kata Gue atau Elo tapi barusan, dia menggunakan kata Kamu . Gua nggak bakal bertanya sebabnya ke Ines, karena gua takut setelah gua Tanya malah dia balik lagi menggunakan kata Gue dan Elo lagi.
Nes.. gua udah nggak bakal balik lagi ke Leeds, gua mau kerja disini..
Hah"" Serius""
Ines terduduk di ranjangnya, gua mencoba merebahkan tubuhnya lagi tapi dia menolak. Kamu nggak bohong kan"
Gua menggeleng-kan kepala sambil menggenggam tangan Ines. Wajahnya terlihat memerah dan air mata mulai menggenang di kedua sudut matanya.
Bon.. Ya.. Kamu pulang buat aku" Iya&
Ninggalin kerjaan dan kehidupan kamu disana demi aku"
Iya, buat elu.. Kenapa"
Apa gua harus jawab kenapa" Apa dengan gua melakukan ini semua buat elu nggak membuktikan apapun"
Bukan begitu bon, tapi cewek tuh butuh pernyataan..
Loh, kan bukti lebih penting dari pernyataan.. Ish.. ngomong aja apa susahnya sih..
Ines menggerutu manja sambil membuang muka ke arah sebaliknya dan melepaskan tangannya dari genggaman gua.
Ya kalo gua nggak sayang sama elu ngapain gua belabelain ngelakuin ini semua"
Ines seketika berbalik. Apa"" Coba ulang" Kan tadi udah..
Nggak mau, ngomong lagi coba.. Kalo gua nggak sayang sama elu ngapain& STOP!
Ines mengangkat tangan keatas, membuka telapak tangannya lebar-lebar. Memberi aba-aba seperti polisi lalu lintas memberhentikan kendaraan.
Kalo apa"" Apaan sih, nes.. Ish.. Iya iya, gua sayang sama elu.. Kok kayak terpaksa gitu..
Gua menggaruk-garuk kepala yang nggak gatal. Asli ini kali pertama dalam hidup, gua merasa se-grogi ini.
Gua sayang sama elu, nes..
Gua ngomong sambil berbisik di telinga-nya, dia membalasnya dengan sebuah pelukan. Membuat lutut gua kembali lemas dan jantung gua berhenti sebentar kemudian berdetak lagi, kali ini lebih cepat.
Sampai terdengar suara pintu kamar terbuka yang disusul suara Ika.
Waduh-waduh.. udah doong pelukannya& ada banyak orang nih..
Ines spontan melepaskan pelukannya, gua semakin gugup dan salah tingkah. Di depan gua berdiri Ika kemudian disusul masuk Nyokap, Bokap dan seorang cowok yang gua nggak kenal. Gua sempat memandang ke arah Ines, wajahnya yang pucat karena sakit mendadak berubah menjadi memerah.
Elu masuk bukannya ngetok dulu.. Bang muka lu merah banget deh, bener& Ah apaan sih lu"
Gua ngeloyor dan duduk disofa diseberang ranjang pasien.
Nyokap menyerahkan kantong plastik berisi buahbuahan ke gua. Dan kemudian menuju ke ranjang tempat Ines berbaring.
Bang, kenalin nih ardhi Kemudian cowok yang akhirnya gua ketahui bernama Ardhi ini menghampiri dan menyalami gua.
Duduk, dhi.. Iya bang, makasih.. --- Udah makan blon nih Ines" Nyokap gua bertanya ke gua.
Udah tadi, tapi nggak abis tuh..
Gua menjawab sambil menunjuk ke arah baki berisi makanan Ines yang Cuma dimakan setengah.
Laah, emang ngapa nes, kagak di abisin.." Itu bu, pait mulutnya..
Kemudian nyokap gua mengeluarkan sebungkus plastik kecil berisi semacam serbuk berwarna cokelat tua.
Nih minum ginian biar cepet bae..
Apaan si mak" Udah ada obat dari dokter juga.. Gua bangkit, berdiri menghampiri nyokap sambil mengamati bungkusan yang dikeluarkan nyokap.
Cacing.. Gua memandang Ines, seketika raut wajahnya berubah panik. Dia menutup mulutnya, memandang ke gua kemudian menggeleng-gelengkan kepalanya.
Jangan ah mak, ntar ketauan dokternya malah diomelin..
Laah emang ngapa si" Dulu lagi kecil elu sama Ika juga kalo panas gua minumin ginian, besoknya baek.. Ya tapi kan..
Udah kagak usah pake tapi-tapian kalo dibilangin orang tua.., mana sendoknya..
Gua memandang Ines yang terlihat semakin panik, masih tetap menutup mulutnya. Kali ini pandangannya ke gua seperti memohon, memohon agar serbuk cacing jangan sampai masuk kedalam mulutnya.
Sini-sini mak, mana oni aja yang ngasih.. Nih..gerus dulu, trus aerin baru diminum.. Iya..
Nyokap menyerahkan bungkusan plastik kecil tersebut, gua menerimanya dan mencari sendok untuk dicampur dengan air sebelum diberikan ke Ines.
Aku nggak mau ah.. Dikit doang, nes.. Iiiih..
Ines menggeleng-geleng. Gua kemudian mengambil salah satu kapsul obat di meja samping ranjang Ines, membuka kapsulnya jadi dua dan menuang isinya ke tempat sampah. Kemudian gua mulai memasukkan serbuk cacing tersebut (dan perlu diketahui, serbuk cacing ini benar-benar terbuat dari cacing yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk halus. Di daerah tempat gua biasanya digunakan sebagai obat penurun panas, demam dan tipes) ke dalam kapsul yang sudah kosong.
Nih.. Gua menyerahkan kapsul tersebut ke Ines kemudian memberikannya segelas air. Gua mendekatkan wajah gua ke telinganya kemudian berbisik.
Minum aja satu, yang penting nyokap gua puas, ntar nggak usah diminum kalo nggak mau..
Ines mengangguk kemudian meminum pil tersebut. ---
Lima belas menit berikutnya Ines sudah tertidur pulas. Gua duduk di sofa bersama nyokap dan bokap gua, sedangkan Ika dan Ardhi sedang membeli makan diluar.
Bokap menepuk pundak gua;
Ni.. elu kan udah gede, udah tau yang mane yang bener, yang mane yang salah, pacaran jangan lamalama, pamali, takutnya malah jadi pitnah ntar, ngarti" Iya ba, ngarti..
Seandainya bokap tau kalo baru juga dua bulan gua kenal sama Ines, dan baru tadi gua bilang sayang ke Ines.
Trus kapan lu mau bawain duit tuh bocah" Kerjaan lu aje jauh, gimane tuh ntar
Nyokap kemudian ikut masuk ke dalam percakapan.
Mak, Ba, Oni udah nggak kerja di Inggris lagi, Oni dapet kerjaan disini, di Jakarta..
Laah.. Emang gua kata juga ape, dari dulu gua suruh nyari kerja disini, kerja jauh-jauh kayak kagak ada kerjaan aje disini..
Iye mak.. Trus kapan lu mau bawain duit tuh bocah" Kan enak tuh lu udah kagak balik lagi kesonoh"
Ah nggak tau ah mak, ntar aja ngomonginnya.. pusing nih, oni.. mana belon mandi dari kemaren.. Buset dah, mandi gidah sono, bawa salin kagak lu" Kagak..
Yaudah lu balik aja dulu, biarin Ika yang disini bentaran
Gua kemudian berdiri dan memandang Ines yang tengah tertidur pulas, Nggak tega rasanya meninggalkan Ines tanpa pamit.
Ntar aja mak, nunggu Ines bangun..
#19-K: The Persian cat Hari ke Tiga Ines dirumah sakit.
Dia sudah dipersilahkan pulang oleh dokter, gua berada di dalam ruangan memandang Ines yang sedang memasukkan buah-buahan kedalam kantong plastik.
Lu balik ke rumah gua dulu ya.. Nggak ah, nggak enak, ngerepotin.. Ntar di depok, siapa yang ngurusin elu.. Yan ngurus diri sendiri, biasanya juga gitu.. Ntar kalo kenapa-kenapa, gimana" Kan ada kamu..
Kalo gua kerja" Emang kamu udah dapet kerjaan disini" Gua mengangguk, kemudian Ines meninggalkan kegiatannya dan menghampiri gua yang tengah duduk di sofa. Dia menjatuhkan diri di sofa, bersandar di bahu gua dan berkata;
Yaah nggak ada yang nemenin aku dong kalo kamu kerja..
Ada, ntar gua beliin kucing.. Ish..
Elu tuh harus jaga kesehatan, kata dokter, tekanan darah lu rendah, makanya lu gampang pingsan, makannya juga yang teratur..
Iya.. Makanya kalo lu tinggal di Depok, siapa yang mau ngawasin"
Katanya mau beliin kucing& hehehe Au..
--- Gua berjalan menggandeng tangan Ines turun melewati loby rumah sakit. Sesaat kemudian kami sudah berada di dalam taksi menuju ke daerah Beji, Depok.
Taksi meluncur melewati jalan Barito raya, dimana banyak berjejer kios-kios yang menjajakan berbagai jenis hewan peliharaan dari mulai burung, kucing, anjing bahkan monyet. Ines melongok melalui kaca jendela, menepuk-nepuk kaki gua;
Bon.. bon beliin monyet doong.. Ah monyet, bakal apaan" Ya buat dipelihara aja.. Miara kok monyet..
Yaudah kucing ya.. ya.. ya.. ya.. pak stop pak, stop.. Laah..
Sedetik kemudian taksi pun berhenti, Ines membuka pintu penumpang, kemudian menyebrangi jalan menuju ke kios yang menjual aneka jenis kucing. Gua Cuma menggelengkan kepala, nggak habis pikir sama nih anak, minta sesuatu nggak pake mikir tiba-tiba langsung memberhentikan taksi terus ngeloyor keluar.
Gua berkata ke si supir taksi untuk menunggu sebentar, kemudian gua menyusulnya, menyebrangi jalan dan menghampirinya. Ines sedang berjongkok didepan sebuah kandang, membelai-belai seekor kucing Persia kecil berwarna kuning-emas.
Yang ini lucu ya, bon"
Ines bertanya ke gua sambil tetap mengelus-elus kucing tersebut.
Ah, lucuan juga srimulat.. Ish,..
Kemudian dia membuka kandangnya dan menggendong kucing tersebut.
Ini berapaan bang" yang itu 950 neng..
Si Abang menjawab sambil menghisap dalam-dalam rokok kretek-nya.
Masak kecil begitu mahal banget bang" Gua mencoba menawarnya.
Yah belon dapet mas, paling dapet 900.. Tuh nes, mahal.. udah yuk, besok aja nyari kucing di pasar..
Gua memandang Ines kemudian mengajaknya kembali ke taksi.
Ines balas memandang ke gua, dengan senjatanya yang mematikan; Sebuah pandangan mata memelas. Gua membuang muka dan mengarahkan pandangan kembali ke abangnya.
700 bang, mau nggak" Udah ga ada lagi nih duitnya.. Tambain dikiit mas..750 ya..
730 langsung saya angkut nih&
Gua bergegas mengeluarkan dompet dari dalam kantong dan mengeluarkan delapan lembar seratusan ribu rupiah.
Yauda deh.. Akhirnya kucing tersebut berhasil ditebus dengan harga 730 ribu rupiah. Gua menenteng kandangnya menuju ke taksi sambil nangis, gila! beli kucing 700 rebu, sedangkan Ines menyusul dibelakang sambil menggendong kucing Persia kecil berwarna kuningemas menuju ke Taksi.
Kemudian taksi yang kami tumpangi meneruskan perjalanan menembus jalanan Ibu kota, berbelok ke kiri kemudian kekanan melewati jalan Panglima Polim, beberapa saat kemudian kami melewati kampus tempat dimana Ines kuliah dulu, tempat yang sama dimana gua mengurus Ijasah dan KTP-nya Ines.
Eh, bon.. kita namain siapa ya nih kucingnya" ..
Bon.. Apa" Kita namain siapa ya nih kucingnya" Pupus..
Ah standar banget.. Belang"
Belang" Dari mana belangnya, kan dia nggak belang..
Polos" Yaah masa polos sih.. kamu mah nggak asik banget ngasih namanya..
Yaudah namain aja si pulan.. Ish..
--- Nes.. gua mau nanya dong.. Apa"
Tapi lu jangan marah ya" Tergantung..
Yah, nggak jadi deh.. Yauda deh, aku nggak marah..
Emang lu pernah mau bakar perpustakaan kampus" Mendengar pertanyaan dari gua Ines terlihat terkejut.
Eh kok kamu tau sih"
Ya kan waktu itu gua sempet kekampus elu, buat minta dokumen buat paspor lu..
Trus yang cerita siapa"
Nggak tau orang Administrasi .. Kumisan" Tinggi"
Iya.. Dasar ma mun Kenapa lu mau bakar kampus"
Iya tuh gara-gara ma mun reseh, dulu sebelum di TU dia tuh penjaga perpus. Pas aku mau minjem buku dia nggak ngasih, katanya aku pernah minjem tapi belom dipulangin, padahal aku baru sekali-sekalinya mau minjem disitu..
Trus.. Kesel, aku minjem korek sama temen, aku bakar kertas trus aku masukin lewat jendela perpus dari luar.. ee nggak taunya bukunya pada kebakar.. Abis dong tuh perpustakaan kampus.." Nggak kebakaran semua sih, Cuma yaa.. paling ratusan buku sama beberapa meja aja.. Buset& untung aja nggak di D.O..
Hampir.. heheha Cuma di skors aja tiga bulan.. What.. bakar perpustakaan Cuma di skors tiga bulan&
Yeee.. tiga bulan juga sama aja satu semester, aku kan nggak mungkin ngejar mata kuliah se-semester Cuma dengan waktu tiga bulan..
Ya.. setimpal sih.. Ish.. Ines mencubit lengan gua kemudian memasukan si pulan kedalam keranjangnya.
Eh lu katanya udah interview, hasilnya gimana" Iya udah interview dua kali malah..
Trus" Tinggal nunggu panggilan aja.. kalo dua minggu nggak di telpon berarti gagal..
Yauda sabar deh.. kalo rejeki nggak kemana.. Iya hehehe..
--- Dua hari berikutnya gua sudah berada di sebuah gedung di daerah Kelapa Gading, Jakarta. Gua duduk di ruang tunggu di depan resepsionis. Kemarin gua menelpon bu Soemarni dan bilang kalau gua sudah berada di Jakarta dan bertanya kapan gua bisa mulai kerja. Bu Soemarni mengatakan kalau gua bisa mulai kerja secepatnya.
Mas Boni.." Seorang wanita yang pernah ber-video call-an dengan gua muncul, dia terlihat lebih tua dan lebih kurus dibandingkan dengan waktu gua lihat saat video call.
Iya, ibu SoemarniJF Wah, nggak usah pake JF lah, yuk masuk.. Kemudian gua mengikuti Bu Soemarni masuk ke dalam melewati bilik-bilik dimana para pekerja sibuk didepan layar monitor mereka masing-masing. Gua memandang sekeliling, yang terlihat sama. Cuma rutinitas pekerjaan bersifat administratif.
Kemudian Bu Soemarni masuk kedalam sebuah ruangan dengan papan nama dipintu yang bertuliskan Soemarni Head of Human Resources . Gua dipersilahkan masuk dan duduk olehnya. Kemudian dia menyajikan segelas air mineral dan duduk dikursinya.
Maaf bu, ini perusahaan Advertising dan Periklanan kan"
Iya betul.. kenapa kok nanya begitu.." Nggak, kok saya perhatiin, karyawannya pada kakukaku semua kerjanya, kayak kerja di Bank aja..nggak kayak perusahaan advertising maksudnya.. Oh.. soalnya disini bagian administratifnya mas boni.. workshopnya beda..
Owh.. pantesan.. Nah kita kan baru buka cabang, anak perusahaan, mas boni nanti bakal kita tempatin disana.. Tapi masih di Jakarta kan bu"
Oh Iya masih, di daerah permata hijau..tau kan" Tau.. itu mah deket dari rumah saya bu.. Oo gitu..
Iya.. Kemudian Bu Soemarni mulai menjelaskan perihal detail-detail tentang perusahaan ini. Tentang visi dan misinya, tentang jenjang karir dan benefit yang bakal gua dapet, tentang pemilik perusahaannya, tentang jam kerjanya dan ah pokoknya remeh-temeh lainnya.


Accidentally Love Karya Boni di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Setelah janjian dengan Bu Soemarni di kantor permata hijau besok pagi, gua pun pamit untuk pulang. ---
Malamnya gua sedang menonton tivi sambil menyeruput kopi panas saat Ika datang tiba tiba sepulang kerja dan langsung meminum kopi gua; Wuahhh.. fait fanget..siahan
Ika berbicara sambil berlari menuju ke kamar mandi, memuntahkan kopi yang baru diminumnya.
Maen sosor aja sih lu.. Eh bang, kita bilang nyokap masalah naik haji sekarang aja ya..
Boleh-boleh.. Emak mana" Tuh dikamar..
Nggak lama berselang, nyokap keluar dari kamar sambil mengenakan kerudung nya.
Mau kemana mak" Ika bertanya.
Ke warung, tuh baba lu kumat.. lagi nujuh* *Nujuh: artinya pusih Tujuh keliling.
Lah elu uda balik aja, ka"
Nyokap bertanya ke Ika sambil ngeloyor keluar.
Sebaliknya dari warung nyokap memberikan obat pusing ke bokap kemudian kembali ke luar, duduk disebelah gua.
Ni, besok pagi anterin emak ye, ke pasar Ah besok oni udah mulai kerja.. Laah gasik banget lu dapet kerjaan.. Iya, mang mo ngapain ke pasar" Belanja bakal selametan, kan lu udah balik kemari.. Yaelah, uda kagak usah pake selametan-selametan segala ngapa"
Emang ngapa si" Orang ogah banget ama selametan..
Ya lagian emak dikit-dikit selametan..
Ya kagak ngapa-ngapa, itung-itung ngasih sedekah orang..
Ntar kalo mo naek haji baru selametan.. Au taon kapan itu mah, pan kebon baba lu udah dijual..duit darimane"
Kemudian Ika datang membawa semacam kartu dan amplop. Dan memberikannya ke gua, gua membuka amplop dan membacanya. Isinya kurang lebih semacam pemberitahuan tentang jadwal pendaftaran kloter haji untuk Bokap dan nyokap gua yang namanya tertera disana. Kemudian gua memberikannya ke Nyokap.
Apaan ini" Lah elu mah pada ngenye banget, ketauan gua kagak bisa baca, lu kasihin beginian.. Yauda sono baba suru bacain..hadiah itu dari oni sama ika..
Hadiah mah emas, hadiah kok kertas.. Nyokap ngedumel sambil beranjak dan menuju kekamar.
Nggak seberapa lama, terdengar suara bokap dari dalam kamar; Subhanallah kemudian bokap keluar dari kamar, ada dua lembar koyo tertempel dikedua sisi kepalanya, disusul nyokap dengan tampang kebingungan.
Ini beneran, ni" Ya bener, masa imitasi.. Alhamdulillah..
Bokap mengucap syukur sambil seketika memeluk gua dan Ika. Terlihat air mata bokap menggenang di sudut matanya. Ika pun mulai berlinang air matanya. Gua sebagai cowok macho mencoba menahan genangan air mata yang sudah hampir menetes.
Ini sebenernya ada apaan si, gua kagak ngarti" Nyokap masih berdiri terheran-heran melihat semua pemandangan yang terasa aneh buat dia. Kemudian bokap berdiri dan menunjukkan kertas tersebut ke nyokap.
Iye.. aye udah liat bang tadi, tapi pan aye nggak bisa baca..
Ini surat isinya kalo kita bakal naek haji.. Bokap melambai-lambaikan surat tersebut didepan nyokap.
Masyaallah.. oni.. ika lu dapet duit dari mane.." Nyokap bertanya penasaran.
Ya ika sama bang oni nabung mak, sebenernya mah banyakan duit bang oni, ika Cuma nambain doang.. Subhanallah&
Nyokap mengucap syukur kemudian mulai menangis.
Emang elu punya duit tong.. ntar bakal lu kawin ada apa kagak" Emak emang pengen naek haji, tapi kalo emak naek haji tapi lu nggak bisa kawin, mendingan emak nggak usah haji..
Nyokap memeluk gua kemudian memeluk Ika sambil menangis sesenggukan.
Mak.. buat kawin insyaallah ada jalannya ntar, kan baba udah jual kebon yang harusnya buat naek haji bakal bayarin kuliah oni, sekarang oni sama ika emang nggak bisa beliin emak sama baba kebon lagi, tapi paing nggak duitnya cukup buat naek haji.. Ya Allah, tong& emak nggak tau kudu ngomong apa..
Nggak terasa pipi gua terasa hangat, air mata gua mulai menetes. Sepanjang hidup, gua Cuma menangis dua kali; waktu kucing gua mati kelindes mobil dan sekarang.
Yaudah besok nggak usah selametan segala..ntar aja kalo emak mau berangkat haji, baru selametan.. Iya dah..
Bersamaan dengan itu, masuk sebuah pesan ke ponsel baru gua. Dari Ines;
Bon, ak diterima kerja.. bsk pagi mulai kerja Gua membalasnya; Alhamdulillah, mudah2an lancar Gua tersenyum.
#19-L: You Really the Only Light I See
Dua bulan sudah sejak gua dan Ines mulai bekerja di Jakarta, dua bulan pula gua menjalin asmara dengannya. Boleh dibilang hubungan gua dengan Ines berjalan datar-datar saja, hampir nggak ada konfik yang pernah terjadi. Paling-paling Cuma sedikit salah paham yang bikin Ines ngambek dan kemudian diakhiri dengan makan pecel ayam di daerah Tanah Baru, Depok.
Hampir nggak ada bukan berarti nggak ada sama sekali, konflik-konflik kecil yang sering menghampiri biasanya masalah komunikasi. Ines maunya ditelepon bukan menelepon, maunya di-sms duluan, selalu nagih buat ditanyain udah makan apa belom , selalu minta di-sms selamat tidur .
Dan ada percakapan via sms yang terjadi setiap malam selalu terjadi menjelang tidur dan terkadang ujungujung-nya bikin dia ngambek dan gua jadi kurang tidur; Ines : Ud smpe rmh"
Gua : Ud Ines : Ud lama" Gua : bout 15mnts ago Ines : kok ga ngabarin" Gua : Lha ini ngabarin Ines : Yauda bo2 Gua : Ya
Ines : Met bo2 ya, hv a nice dream Gua : Ya
Ines : Love u Gua : Iya
Ines : Kok ga bls" Gua : Itu bls
Ines : Kok ga bls love u too " Gua : Love u too
Ines : Gitu aja pake disuru, ga peka bgt Gua : Met bo2, hv a nice dream, love u too Ines : Masa tiap mlm, diingetin terus Gua : Iya
Ines : Jgn iya-iya doang, bsok gtu lg
Biasanya kejadian sms-an kayak model begitu terjadi seminggu bisa dua atau tiga kali. Kecuali kalau Ines yang ketiduran duluan dan nggak sempet sms gua besoknya nggak bakal ada masalah, beda perkaranya kalo gua yang ketiduran tanpa sempat sms dia, sudah bisa dipastikan tengah malam buta, ika bakal ngetokngetok kamar gua dan bilang ke gua; Bang, ih ini kak Ines nanyain mulu.. kalo lagi berantem jangan melibatkan pihak ketiga napa.. dan kemudian gua mengecek ponsel gua, ada minimal 10 panggilan tak terjawab dan lebih dari 5 pesan masuk, kesemuanya dari Ines. Biasanya pesan-pesan tersebut nggak gua baca, langsung gua apus, karena isinya bener-bener mendeskreditkan gua.
Tapi kalau kata orang, berantem dalam berpacaran itu bumbu-bumbu nya, bisa bikin lebih nikmat. Namun kalau terlalu banyak juga bakal bikin muntah-muntah. Pernah suatu waktu gua mengajak Ines ke acara nonton bareng sepak bola di sebuah mall dibilangan Cilandak, disana gua nggak sengaja bertemu dengan seorang teman SMA gua dulu, namanya Dika. Dika ini datang bersama pacarnya, setelah berbasa-basi ria, Dika dan pacarnya pamit karena mau nonton midnight, Ines menangkap percakapan mereka;
Ayah.. yuk udah jam segini, film-nya keburu mulai.. Oiya, yuk.. tiketnya sama bunda kan"
Setelah mendengar selentingan percakapan seperti itu, Ines mengapit tangan gua, kemudian berkata;
Asik kali ya kalo kita manggil-nya ayah-bunda juga, kamu mau nggak begitu"
Ih ogah, jijay gua.. Ish kamu mah, nggak romantis.. Baru pacaran udah manggil ayah-bunda itu ibarat baru pegangan tangan tapi udah make kondom.. Ish..
Kemudian dia mencubit lengan gua. Kejadian seperti itu aja bisa bikin dia ngambek seharian.
Dan yang lebih gua nggak bisa mengerti dari para perempuan pada umumnya, dan Ines khususnya adalah Shoping . Mengantar shoping Ines adalah sebuah Neraka dunia buat gua dan gua rela melalui Neraka dunia tersebut demi Ines. Terkadang demi membeli sebuah tas aja dia rela berkeliling mall ke mall, memasuki toko demi toko, pasar demi pasar dan tawar-menawar sampai ke harga yang menurut gua nggak masuk akal.
Pernah suatu waktu gua mengantar Ines ke sebuah pasar grosir paling terkenal di Jakarta, Pasar Tanah Abang. Konon katanya dia ingin membeli sebuah sepatu yang sedang ngetrend saat itu, orang-orang menyebutnya dengan Wedges , entah spelling gua bener apa nggak. Sejak dari rumah gua udah mencoba bertanya ke Ines seperti, mau nyari yang model kayak gimana" , Yang warna apa" , yang kisaran harga berapa" dan dia Cuma menjawab dengan satu kalimat; Ntar liat aja disono.. kamu bawel banget deh..
Sesampainya disana gua mulai mengikuti Ines memasuki toko pertama, dia memegang sebuah sepatu wedges berwarna krem. Kemudian dia bertanya ke gua;
Bagus nggak bon" Bagus..
Gua menjawab sambil mengacungkan ibu jari gua ke atas.
Dilanjutkan dengan proses tawar-menawar dengan si abang penjaga toko, harga terakhir dari si penjaga toko adalah Rp 75000, Ines mengernyitkan dahi, bergumam mahal amat kemudian keluar dan mengajak gua untuk mencari di toko lain. Dua jam berikutnya, setelah lebih dari, entah puluhan toko dengan mungkin ratusan wedges dicoba, dipilih dan ditawarnya pada akhirnya Ines kembali ke toko pertama dan langsung memilih sepatu wedges berwarna krem yang pertama kali, dua jam yang lalu dia tawar. Masih dengan harga yang sama; Rp 75000. What the fuck.
Kalo tau ujung-ujungnya elu bakalan beli yang itu, ngapain pake muterin nih pasar, emang betis lu nggak pedes apa"
Ish kamu bawel deh.. yang namanya belanja ya begini..nyari perbandingan dulu..
Iya deh.. Setelah selesai, kami berjalan menuju ke parkiran. Sepanjang perjalanan Ines terlihat senang bukan main, entah senang karena berhasil mendapatkan sepatu yang dia inginkan dengan harga murah atau senang karena berhasil menyiksa gua. Di perjalanan menuju ke parkiran entah iseng atau emang penasaran. Ines melihat sepatu wedges yang sama dengan yang dia beli kemudian bertanya ke abang penjualnya;
Berapa nih bang" 70 rebu neng, harga pas.. Oh..
Sesaat kemudian raut wajahnya berubah, dia nggak menjawab saat gua ajak bicara, langkahnya pun melambat. Sepertinya dia terlihat kesal, ya gua sih cukup memakluminya saat teringat kasus waktu gua beli jersey inggris paul ince seharga "40 ternyata temen gua bisa dapet jersey yang sama dengan harga nggak ada setengahnya. Tapi, kekecewaan Ines kayaknya terlalu berlebihan. Saat dimobil di perjalanan pulang dia tetap membisu.
Lu kenapa si nes" Aku kesel tau nggak!
Kesel kenapa" Gara-gara ada sepatu yang lebih murah"
Udah ah, gausah nanya-nanya, nyetir aja yang bener..
Yaelah, bedanya juga Cuma goceng.. nanti gua ganti deh gocengnya..
Ish& bukan masalah gocengnya, udah ah.. aku lagi males ngomong
Rahasia Pesan Serigala 3 Jago Pedang Tak Bernama Bu Beng Kiam Hiap Karya Kho Ping Hoo Kambing Jantan 1
^