Pencarian

I Dont Belong Here 3

I Dont Belong Here Karya Angchimo Bagian 3


Oke, superhero. Gue tunggu surat pengunduran diri lo besok. Kalo udah ga ada yang mau dibahas, lo boleh keluar ruangan. Ucap Ci Vanya tanpa menatap gue lagi. Gue membaca selembar kertas yang diberikan, kemudian keluar dari ruangan Ci Vanya.
Gue kembali ke meja dan mengecek beberapa sisa pekerjaan di komputer, lalu berniat menutup whatsapp web yang gue buka di komputer gue, tapi terhenti karna melihat ada pesan dari Diana yang terselip diantara beberapa pesan yang belum terbaca. Quote:
Diana: Oh. Jadi kalo nemenin cewek lain liburan, kamu ga ribet. Tapi kalo aku yang minta ditemenin sebentar aja kamu selalu punya banyak alesan"
---- Besoknya, gue menerima surat peringatan untuk Reza dan Roni yang kemarin dengan kondisi sudah mereka tanda tangani. Gue mengembalikan ke mereka dengan keadaan sudah gue sobek jadi empat bagian.
Lah" Kita ga jadi kena SP nih Bang" tanya Reza. Enggak, udah buang aja itu.
Gue kembali ke meja, dan membuat surat pengunduran diri. Setelah menghitung tanggal yang tepat dan mencantumkannya sebagai hari terakhir gue akan bekerja disini, gue memprintnya dan memberikannya ke Ci Vanya.
Ci Vanya menerima surat tersebut dengan tersenyum.
Lu serius mau jadi pahlawan" tanya Ci Vanya dengan nada meledek saat gue hampir keluar dari ruangannya.
Bokap gue sering bilang ke gue kalo kamu ngasih jalan buat orang lain, suatu saat jalan kamu juga akan dipermudah'.
Gue menjawab sambil menutup kembali pintu ruangan Ci Vanya, dan berdiri bersandar melipat tangan di dada sambil menatap Ci Vanya.
Gue emang ga peduli soal itu. Tapi, gatau kenapa gue tetep ikutin ajaran Bokap gue. Walaupun kadang jadinya orang nganggap gue sok pahlawan. Lanjut gue sambil berbalik badan dan keluar dari ruangan Ci Vanya.
Selepas jam kantor, gue dan Roni masih asik ngopi di kantin depan kantor. Sementara Reza langsung pulang karna anaknya masih kurang sehat. Gue mengatakan ke Roni bahwa gue akan segera keluar dari kantor ini, Roni kecewa dengan keputusan gue dan mengatakan bahwa dia memilih menerima surat peringatan ketimbang gue yang harus keluar.
Lagi asik ngobrol, Hp gue berdering menandakan panggilan. Gue langsung menjawab panggilan yang berasal dari Ko Andre.
Lama banget lu kalo jawab telpon Sambar Ko Andre. Anjiir, lo enak benar ya Ko, sekalinya nelpon langsung ngomel. Ah, baper lu. Mentang-mentang abis dipecat Vanya. Hahaha.
Gue Cuma ikut tertawa mendengar ledekan Ko Andre yang menurut gue pasti tau kabar ini
dari Ci Vanya. Yaudah ndra, besok ke kantor temen gue lagi. Ketemu manajer HRD disana, tinggal nego gaji aja sih sebenernya. Lanjut Ko Andre
Hah" Serius lo" Segampang itu" Gue pikir gue udah ga keterima. Jawab gue kaget.
Yaa ini namanya the power of relations' ndra. Udah lo dateng aja besok, izin sehari ga masuk sama Vanya. Nanti gue suruh HRD nya email ke lo deh. Yang sopan ya bales email HRDnya.
Gue mengiyakan dan sangat merasa antusias mendengarnya. Tidak lama kemudian, ada notif dari hp gue menandakan sebuah email masuk. Gue membacanya untuk memastikan bahwa email tersebut dari kantor teman Ko Andre. Dan gue mengenali nama pengirim email tersebut; Aninda Cintya, istri Ko Andre. Gue tersenyum karna baru memahami maksud permintaan Ko Andre agar gue sopan membalas email dari istrinya. Part 38
Jumat pagi, gue udah duduk disebuah ruangan yang sepertinya disediakan sebagai ruang tunggu. Sekitar lima belas kemudian, seorang receptionist memanggil gue dan mengantarkan ke sebuah ruangan dan meminta gue menunggu (lagi).
Gue sudah menunggu hampir setengah jam di ruangan ini, tapi pihak HRD kantor ini masih belom juga menunjukkan diri. Gue pun akhirnya mengirim pesan chat ke Ko Andre. Quote:
Gue: Ko. Ini gue udah nunggu setengah jam tapi kagak ada yang nemuin gue. Gue: harusnya gue ketemu siapa sih hari ini"
Ko Andre: Bawel Ko Andre: Tunggu aja. Membaca balasan Ko Andre yang sama sekali ga memberikan dampak apapun selain membuat gue menunggu lebih lama, gue pun mengembalikan handphone gue ke dalam tas.
Tidak lama, pintu terbuka, dan seorang wanita masuk. Lalu meletakkan beberapa lembar dokumen diatas meja dan duduk sambil mengibaskan tangan ke wajahnya karna kegerahan.
Sorry ndra, kesiangan gue. Koko lu mandinya lama banget kek anak perawan Ucap Anin, Istrinya Ko Andre.
Oh, jadi bener lo Manejer HRD disini"
Iyalah, lu pikir kalo bukan lewat gue bakal gampang lu keterima disini" Jawabnya dengan nada di judes-judesin.
Kemudian Anin membahas kontrak kerja, serta seluruh benefit yang akan gue terima disini. Dan meminta tanda tangan gue sebagai tanda gue menyetujui dan akan segera bergabung setelah hari terakhir gue bekerja di kantor gue sekarang. Gue menandatangani dan mengembalikan dokumen tersebut ke Anin.
Udah sesuai permintaan lu kan gajinya" Pokoknya yang serius ya ndra kerjanya. Maksud gue, jangan ada alesan lu orang mau resign karna ngerasa ga berkembang disini. Ucap Anin sambil membereskan dokumen tersebut.
Iya, tapi gue bakal dapet kesempatan buat berkembang kan"
Ya pasti lah. Sampe jadi owner nanti lu dimari. Jawabnya asal yang hanya gue sambut dengan tawa.
Satu lagi, jangan pacaran-pacaran segala sama anak sini, atau sama orang-orang di cabang. Kalo emang mau pacaran gapapa tapi bukan buat main-main. Gue gamau ada ribut-ribut lagi. Lanjut Anin kali ini dengan nada mengancam. Dan lagi-lagi, gue hanya bisa tertawa menanggapinya.
Setelah selesai, Anin meminta gue menghubungi Ko Andre. Gue mengiyakan dan pamit lalu bergegas ke parkiran mengambil motor gue. Di parkiran, gue menelpon Ko Andre. Ko, gue udah kelar nih. Thanks ya Ko udah bantu gue.
Iya, selaw aja ndra. Eh lu kemari dah sini, kita ngopi. Ke kantor lo" Emang lu ga sibuk"
Iya, gapapa kemari aja. Ga ada kerjaan nih gue, bete. Yaudah, lima belas menit lagi gue sampe sana. halah, ngebut lah, make it ten.
Gue mengiyakan dan menutup telepon lalu segera mengebut motor menuju kantor Ko Andre, yang juga kantor lama gue.
Sampai disana, gue langsung naik dan menuju ruangan Ko Andre. Setelah bersusah payah karna harus sering tertahan untuk menyapa temen-temen gue yang lain, gue pun segera masuk ke ruangan Ko Andre.
Lah, dispenser lo kemana Ko" Gimana mau ngopi kalo ga ada airnya" Ya telpon OB lah. Jawab Ko Andre sambil mengangkat gagang telepon.
Tidak lama kemudian OB datang mengantarkan dua gelas kopi. Kamipun asik mengobrol membicarakan banyak hal.
Makin bisa kenceng nabung dong nih" Nikah dah buruan. Ledek Ko Andre.
iya, doain aja Ko. Kalo lo ada kenalan yang cocok buat jadi calon gue mah gapapa sekalian kenalin.
Baru selesai gue menyauti candaannya, notif di hp gue berbunyi tanda pesan masuk. Tuh fotonya, itu kontaknya. Saut Ko Andre disusul notif yang berbunyi lagi.
Gue tertawa dan geleng kepala dengan kelakuannya, lalu membuka chat darinya. Terpampang sebuah foto wanita beserta nomer handphone nya. Wanita yang ga asing buat gue.
Sodara sepupunya Anin tuh. Anak baik-baik. Cakep pula. Tunggu apalagi" lanjut Ko Andre saat gue masih tertegun memaki sempitnya dunia ini saat melihat foto yang dikirimkan:
Diana& Part 39 Ah, lagi-lagi kali ini gue musti bertanya.
Apa kalian percaya soal Karma" Menurut kalian, Karma hanya balasan dari keburukan kita saja, atau juga termasuk kebaikan kita"
Gue yang dulu secara tegas menyatakan bahwa, ga ada yang namanya Karma. Bahkan, gue ga percaya soal apa yang didoktrin lewat ajaran agama tentang takdir. Gue termasuk orang yang mengamini ungkapan: there is no fate but what we make.
Ga ada yang namanya takdir, semua tergantung dengan apa yang kita usahakan.
Tapi karna ini sebuah cerita, jadi gue ga memberikan space untuk saling berdebat. Cukup dari apa yang gue paparkan dalam cerita ini.
Bahwa ternyata, nyaris semua kesalahan yang pernah gue lakukan musti gue petik buah pahitnya. Tapi ga sampe disitu. Apa yang gue lakukan sebagai bagian dari hal yang memang manusia perlu lakukan; tolong menolong, menjaga solidaritas, memilih dan menjaga persahabatan, ternyata berbuah manis dikemudian hari.
Ko Andre menjelaskan bahwa memang sudah waktunya gue angkat kaki' dari kantor gue yang sekarang. Apa yang Ci Vanya lakukan adalah bagian dari rencana mereka. Memecat gue, agar ada alasan yang tepat ke pihak manajemen buat gue keluar dari sana, dan menapaki jenjang yang lebih baik di kantor Anin, yang juga masih sesuai dengan apa yang direncakan Ko Andre dan Ci Vanya.
Apa alesannya gue harus menjalani bekerja di tempat Ci Vanya dulu" Tentu saja Ko Andre ingin gue belajar berhenti mengeluh!
Jarak tempuh dari rumah gue ke kantor yang cukup jauh, ditambah alur kerja tim gue yang acak-acakan memang seringkali membuat gue berbagi cerita dengan Ko Andre, agar gue bisa dapat solusi. Dan nyatanya, gue banyak belajar selama bekerja disini. Sebuah rencana yang disusun rapih oleh Ko Andre dan Ci Vanya untuk menempa mental gue.
Dan gue benar-benar malu untuk mengakui bahwa jalan hidup gue justru diatur' oleh orang lain.
Enggak lah ndra. Kita manusia idup buat apaan sih emang kalo bukan buat saling bantu" Gue ga bermaksud sok-sokan nulis skenario idup lu orang. Cuman kebetulan aja, ada hal yang bisa gue rencanakan buat lu.
Ucap Ko Heri sambil merangkul pundak gue keluar dari ruangannya saat jam kerjanya selesai.
Gue dan Ko Heri keluar kantornya, dan menuju sebuah tempat makan dekat kantor, dimana Anin sudah menunggu disana. Gue meletakkan tas diatas meja, kemudian berbalik arah berniat membeli rokok di minimart seberang jalan.
Kemana lu ndra" tanya Ko Andre.
Beli rokok bentar. Gue sekalian ya. Masa rokok doang ga di kasih. Ledek Anin.
Gue kembali dari minimart dan memberikan sebungkus rokok ke Anin yang menerimanya dengan cengengesan, lalu duduk di kursi kayu panjang disamping Ko Andre.
Ini uang muka doang ya ndra, nanti gaji pertama gue minta traktiran. Ucap Anin sambil membuka rokoknya. Gue hanya menjawab dengan wajah meledek.
Ditengah candaan gue dengan Ko Andre dan Anin, hp gue berdering menandakan panggilan. Gue menatap layar dan kebingungan melihat nama yang tertulis: Maura Cantik'
Kapan gue save nomer ini anak ya" Dan kenapa namanya Maura Cantik" Gumam gue dalam hati.
Ciyee, udah punya pacar dia sekarang Ledek Anin yang mencuri lihat ke hp gue. Lo dimana" sambar Maura.
Dikantor temen. Eh Ra, sejak kapan nama lo ada di kontak gue"
Hehehe gue yang save sendiri kemarenan waktu dirumah lo. Lo lagi sibuk ya" Kok ga pernah mampir kesini lagi" tanya Maura dengan nada yang dimanja-manjain. Iya, lagi ada urusan. Kenapa" Mulai kangen ya lo"
Enggak. Sok kece bener lo. Gue bete seminggu ini ga kemana-mana. Kesini dong, ajak gue jalan.
Lah emang lo ga kuliah"
Ya Allah Rendraaaa. Gue udah selesai sidang skripsi kemarin sebelum kita ke pulau. Dek, lo ga bisa dibilangin ya" Jangan panggil nama doang. Saut Rizki dari latar belakang. Yaudah, besok gue kerumah lo. Ada Rizki kan tapi"
Aah, sekarang. Gue lagi pengen makan bakmi di daerah Tebet sana. Yaudah besok. Gue sekarang ga bisa.
Sekarang! Maura menaikkan nadanya.
Besok Ra. Apaan sih nyolot amat lo jadi orang. Jawab gue kesal dan memutuskan panggilan.
Ko Andre dan Anin kompak menatap gue, lalu mereka saling bertatapan.
Belom berubah dongo nya ini anak Ucap Anin sambil mengarahkan gerakan kepalanya ke gue.
Part 40 Besoknya, Hari sabtu, seperti biasa gue selalu menuntaskan dendam untuk bangun siang. Sekitar hampir tengah hari gue terbangun karna suara dering handphone gue. Iya.. gue menjawab malas.
Assalamualaikum masih tidur ya Mas" Eh, walaikum salam Di. Iya nih, ada apaan" Kamu ada janji ga hari ini"
Mau kerumah Rizki sih Di. Emang kenapa"
Yaah.. Diana menjawab singkat dengan nada yang kecewa. Lo mau kemana emang" gue bertanya balik.
Ga kemana-mana. Mau ketemu kamu aja Mas. Yauda, gue jemput jam 1 siang ya" Gue mandi dulu. Serius" Yeeaay. Oke Mas, kabarin ya kalo udah mau jalan.
Gue memutus telepon setelah mengiyakan dan bergegas mandi.
Selesai mandi, gue bersiap dan memanaskan motor. Sampai tiba-tiba sebuah suara dari depan pagar menegur gue.
Ciyee.. udah rapih aja. Mau kemana"
Gue menoleh kaget karna mengenali suara tersebut.
Lah" Ngapain Ra" tanya gue sambil mendekat ke pagar dan membukakannya.
Main. Katanya gapapa gue main kesini. Jawabnya polos sambil masuk ke dalam rumah, melewati gue yang bengong kebingungan.
Yah, gue lupa mau beli makanan. Ucap Maura setengah berteriak dari arah dapur. Gue menyusulnya dan berniat mengatakan bahwa gue ada janji mau ketemu temen. Ra.. gue..
Lo udah makan belom beb (babe/baby)" potong Maura. Hah" Apa"
Lo udah makan belom" Maura mengulang pertanyaannya. Tadi lo manggil gue apa" gue bertanya balik.
Beb, babe, baby. Kenapa" Ga usah heboh kali. Gamau kan lo dipanggil Abang"
Gue balik badan dan kembali keluar dan duduk di teras. Iih Beb, lo udah makan belom" tanya Maura lagi sambil menyusul gue.
Ra. Gue.. jangan panggil gue Beb'! ucap gue gugup.
Kenapa emang" Maunya apa" Tetep maunya dipanggil sayang" tanya Maura dengan nada manja dan duduk disamping gue.
Gue diam dan.. gugup. Gue ga sanggup kalo harus meladeni tingkah Maura yang kaya gini. Gue tau mungkin dia merasa panggilan-panggilan kaya gitu ga ada artinya sama sekali, hanya gurauan, atau bentuk keakraban. Tapi enggak gitu menurut gue. Lo kenapa sih" tanya Maura sambil duduk menyamping menatap gue.
Gue menatap wajahnya sejenak, kemudian membuang pandangan ke jalanan depan rumah gue.
Eh, by the way lo mau kemana" Gue ikut dong. Lanjut Maura.
Gue ada urusan Ra. Gue anter lo balik aja ya" Ntar malem gue kesana deh. Gue mencoba mengelak.
Yaah, pleaseee gue ikut yaa" Masa gue pulang lagi.
Kali ini Maura menggunakan jurus yang selalu digunakan para wanita: memasang wajah memelas.
Ga bisa Ra. Gue ada janji sama orang.
Yaudah gue ikut. Gue janji ga ngerepotin kok. Ya ya ya"
Gue menutup wajah dan menunduk, tanpa tau bagaimana lagi cara menolaknya. Gue mengeluarkan kan handphone dan menelpon Diana, sambil berlalu ke dalam kamar. Assalamualaikum Mas, udah mau jalan"
Walaikum salam Di. Eh, Di. Kita mau kemana ya" Hmm, terserah kamu. Aku mah yang penting ketemu kamu kok. Duh, kemana ya.. gumam gue pelan.
Emang kenapa Mas" Emm, ini. Adeknya Rizki kerumah gue. Dan malah maksa minta ikut. Adeknya Rizki" Kok bisa kerumah kamu" kali ini nada bicaranya jadi penuh curiga. Iya gatau tuh dia tiba-tiba dateng.
Diana diam ga menanggapi. Gue pun makin gatau harus ngapain. Di"
Ya mas. Jadinya& gimana" gue bertanya gugup
Yaudah, kamu temenin dia aja dulu. Nanti kalo kamu punya sisa' waktu, baru kamu temuin aku. Jawab Diana dengan nada pasrah kali ini.
Yaah, Di. Jangan gitu dong. Gue..
Yaudah, aku gapapa kok Mas. Nanti kabarin aku ya kalo kamu lagi.. Diana.. gue gantian memotong.
Ya Mas" Maaf ya, Di. Diana diam. Gue pun gatau musti ngomong apa lagi. Di.."
Aku gapapa Mas. Assalamualaikum. Ucap Diana dengan suara yang& bergetar. Lalu memutus panggilan.
Walaikum salam, Diana.. Gumam gue pelan meski panggilan ga lagi tersambung.
Another bad momment, another mistaken.
Gue keluar dari kamar berniat menemui Maura dan mengajaknya keluar untuk mencari makan. Tanpa gue duga, Maura sedang duduk diruang tamu, beralaskan karpet. Dengan sebatang rokok di sela jari kanannya, sementara tangan kirinya sibuk memainkan hpnya. Dilengkapi dengan asbak kecil gue dan segelas es cappuccino di hadapannya.
Maura!!! Kemarahan gue pun menemui puncaknya. Part 41
Maura!!! Kemarahan gue pun menemui puncaknya.
Maura menjatuhkan handphone dari genggamannya, mungkin karna kaget dengan suara gue. Dan dia hanya diam menatap gue.
Matiin rokoknya! Maura masih diam, kaku menatap kearah gue. Matiin rokoknya, Maura!
Maura seperti kembali dari lamunannya, dan mematikan rokok di asbak yang ada di hadapannya. Gue melangkah keluar rumah dan duduk di teras. Menutup wajah dan menunduk, berusaha menguasai kembali diri gue yang sedang di jajah emosi.
Maura keluar dari dalam rumah, dan duduk di kursi kayu disamping gue. Gue menatapnya yang memasang wajah cemberut.
Lo kenapa sih Beb" Marah-marah mulu. Tanya Maura dengan polosnya.
Kenapa" Gue bertanya balik dengan nada kesal, kemudian membuang wajah dan mengacak-acak rambut gue.
Katanya gue boleh main kesini. Tapi sekalinya gue kesini malah dimarahin. Ucap Maura lagi, masih dengan wajah cemberut dan.. polos. Seakan merasa ga ada yang salah.
Gue menghela napas, dan tertawa kecil lalu menatap Maura yang malah memasang wajah bingung.
Bikinin kopi Ra. Sama tolong ambilin rokok gue di kamar. Ucap gue sambil mengusap rambutnya.
Maura mengangguk pelan, kemudian melangkah ke dalam rumah gue dan membuatkan kopi di dapur.
Gue menunggu lumayan lama, Maura belum juga selesai membuatkan kopi. Sampai gue menoleh kedalam ruang tamu dan mendapati Maura berdiri didepan kipas angin sambil memegang cangkir kopi.
Ra" Ngapain" Maura menoleh kearah gue, lalu cengengesan.
Ghost! Cengengesan paling lugu yang pernah terpasang di wajahnya, mampu meluluh lantah kan sisa-sisa emosi yang masih bergelantungan di kepala gue, dan membuat gue menghampirinya.
Diapain itu kopinya" tanya gue tepat di belakang Maura yang masih berdiri di depan kipas angin.
Abisnya lo kebiasaan suka tiupin asapnya kalo minun kopi. Jadi gue kipasin aja mendingan. Jawab Maura tanpa menoleh ke gue.
Dengan mudahnya, tanpa rencana apapun yang gue selipkan sebelum bangun di hari ini, gue memeluknya.
Gue memeluk Maura yang memunggungi gue. Membuat Maura agak kesulitan memegang cangkir kopi yang masih dia arahkan ke kipas angin. Gue ga peduli. Gue tetap memeluknya.
Postur badan Maura yang setinggi dagu gue ga menyulitkan gue buat tetap memeluknya, lalu mencium pipinya.
Ah, Maura. Kali ini gue harus mengakui bahwa dia begitu mudah membuat gue jatuh cinta hanya dengan tingkah dan kelakuannya.
Gue mengambil cangkir kopi dari tangan Maura, kemudian kembali melangkah ke teras. Maura menyusul dan memberikan bungkusan rokok gue.
Beb, lo tadi cium gue" tanya Maura sambil menjulurkan tangannya memberikan bungkusan rokok.
Gue menatapnya, lalu mengambil bungkusan rokok tersebut.
Yap. And it will not be the last time. Jawab gue yang kemudian disambut dengan senyum tipis di bibir Maura.
Part 42 Gue akhirnya menuruti permintaan Maura buat menuntaskan keinginannya makan Bakmi di sebuah kedai di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Dan Maura emang masih kekanakan. Kadang nyolot ga karuan, kadang ngambek, kadang bisa kalem dan tenang, bahkan polos. Dan gue ga bisa membohongi diri gue yang semakin terbiasa dengan segala tingkahnya.
Beb, abis ini ke Plasa XYZ yuk" Si Meli lagi disana. Ajak Maura dengan mulutnya yang berlumuran kuah.
Meli siapa" Temen gue, yang kemaren ke pulau. Yang kacamata. Maura menjelaskan sambil memukul lengan gue dengan kesal.
Ah, males Ra. Gue ga suka ke mol-mol gitu. Yaaah, terus kemana" Masa pulang"
Ya Tuhan, ini anak ga bisa ya sekali aja ga usah bikin gue gemas dengan mimik wajahnya" Gumam gue dalam hati.
Atau kita ke Bogor! Ayok, gimana" Dengan segera wajah cemberut Maura berubah lagi menjadi antusias.
Bogor" Ngapain"
Oke. Ayok cepet abisin, terus kita jalan. Ucap Maura berbicara sendiri sambil mempercepat makannya.
Satu jam berikutnya, gue dan Maura udah melesat di Jalan Raya Bogor, menuju kawasan puncak dengan kondisi jalanan yang pastinya agak macet. Tapi siapa yang bisa mengutuk kemacetan jalan kalo lo melewatinya dengan seorang perempuan berisik dan banyak tingkah kaya Maura"
Ada angkot ngetem, dikomenin. Ibu-ibu nyeberang jalan tapi ga nuntun anaknya, dikomenin. Apapun yang dia liat dijalan pasti di komenin. Apapun.
Beberapa saat sebelum sore, gue dan Maura sampai di kawasan puncak. Gue memilih sebuah spot favorit gue untuk menikmati senja disini. Di sebuah bukit teh dengan berjalan kaki sedikit menanjak.
Beb, lo mah kalo jalan ga mau ya nuntun gue" Mana buru-buru terus jalannya. Protes Maura saat baru berhasil menaiki bukit teh dengan napas putus-putus.
Gue menjulurkan tangan menggapai Maura, dan memintanya duduk disamping gue. Rambut pendek tipisnya terurai ga karuan tertiup angin, gue merapihkannya dan menyelipkan beberapa untai rambutnya di belakang telinganya. Beb.. panggil Maura setengah berbisik menatap gue. Ya, Ra"
Gue tersenyum menatap tepat kedalam bola matanya yang selalu berkaca. Bola mata yang menjadi tempat paling nyaman untuk gue bercermin, dengan wajah yang amat mencintainya.
Gue.. Maura menghentikan ucapannya. Nampak jelas keraguan di wajahnya Kenapa"
Gue boleh ngerokok yah beb" Asik gini suasananya. Lanjut Maura dengan wajah polosnya yang membuat gue ga mampu menahan tawa.
Part 43 Lo keknya apal aja beb penginapan-penginapan disini. Ledek Maura setelah keluar dari dalam kamar sebuah penginapan.
Iya, Gue dan Maura malah tanpa direncanakan memilih untuk menginap. Setelah berputarputar mencari penginapan yang cocok dengan keinginan Maura, akhirnya kami berdua berada disini.
Gue perlu izin abang lo ga nih Ra" Tanya gue sambil mencongkel tutup botol bir untuk membukanya, dan memberikannya ke Maura.
Izin" Izin ngapain"
Yaa ini, bawa adeknya nginep.
Yailah, kagak usah. Gue udah sms ke nyokap gue, gue bilang nginep dirumah temen. Jawab Maura sambil kemudian meneguk bir dari botolnya.
Udara dingin, berbotol-botol bir, dan berdua. Apa yang kelak akan terjadi adalah sesuatu yang ga lagi masuk kedalam rencana gue. Bahkan gue ga pernah merencanakan apapun untuk menghabiskan waktu hanya berdua dengan Maura.
Kami tertawa membicarakan beberapa hal absurd tentang keluarga Maura. Waktu jelas melambat saat gue terpaku dalam senyum memperhatikan Maura yang tertawa begitu lepasnya.
Lo kenapa sih beb" Kok kaya bete gitu. Tanya Maura sambil menyulut sebatang rokok, dan menghembuskan asapnya. Lalu merebahkan badannya ke pangkuan gue diatas sofa.
Enggak. Gue Cuma ga pernah kepikiran aja, bakal berduaan sama lo kaya gini. Jawab gue sambil membelai rambutnya.
Yaa gini lah hidup. Kadang, lo ga perlu merencanakan atau memikirkan apapun. Cukup diam, tarik napas sedalam-dalamnya. Dan biarin semuanya terjadi dengan sendirinya. Jawab Maura sambil menatap gue.
Ngutip dari mana lo"
Gatau.. hahaha. Gue pernah baca dimana ya" Di bagian bawah buku tulis jaman gue SD kali ya" Hahaha..
Maura tertawa dan terus tertawa. Gue kadang Cuma mampu tersenyum menanggapinya. Bukan karna selera humor gue yang buruk, tapi lebih karna gue mengakui bahwa gue jatuh cinta dengan tingkahnya.
Beb. Lo pernah pacaran paling lama berapa taun" tanya Maura sambil bangkit dan duduk bersandar lengan gue.
Gatau, gue ga ngitungin. Lo sendiri" Yah, gue mah paling lama setaun. Iyalah, playgirl lo mah.
Enak aja! Enggak. Terus" Kok Cuma setaun"
Yailah beb, mana ada sih cowok yang bisa ngimbangin tingkah gue" Manja, ambekan, nyolotan. Belom lagi kalo..
Kalo gue bisa" potong gue. Maura diam dan menatap gue.
Kalo gue bisa gimana" gue menegaskan pertanyaan gue. Yaa.. ya lo jelas bisa lah. Jawabnya pelan sambil membuang wajah. Tadi kata lo ga ada yang bisa.
Sebelom kenal lo, iya. Ga ada yang bisa perlakuin gue dengan caranya yang bisa bikin gue..
Maura menahan ucapannya, dan kembali menatap gue. Ra. Gue..
Enggak ndra, please. Kali ini gantian Maura yang memotong, membuat gue bingung.
Iya, gue butuh diperlakukan dengan cara lo memperlakukan gue. Tapi... Bukan gue ndra orangnya. Bukan gue cewek yang tepat buat lo. Lanjut Maura dengan air yang tergenang disudut matanya.
Gue terdiam. Tapi bisa merasakan jelas seperti ada sebuah tamparan keras di wajah gue.
Part 44 Bukan gue cewek yang tepat buat lo.
Kata-kata Maura memenuhi isi kepala gue, membuat gue dan Maura terdiam di sepanjang jalan pulang esok paginya.
Gue mengantar Maura ke rumahnya. Karna untungnya Rizki belom bangun, gue pun berlagak datang untuk main kesini.
Pagi bener lo dateng" Ada apaan" tanya Rizki dengan nyawa yang belum terkumpul sepenuhnya.
Maen aja. Mau ngajak Maura lari pagi. Boleh kan" gue menjawab berbohong.
Kalo nyari Maura mah kagak usah bangunin gue, setan. Ucap Rizki sambil berlalu masuk kedalam rumahnya.
Lari pagi" Ngapain" tanya Maura setengah berbisik sambil mendekat dan duduk disamping gue.
Enggak, alesan doang sama Rizki. Yaudah gue balik ya. Lo tidur sana. Maura menggunakan jurusnya, menatap gue dengan wajah memelas.
Kenapa lagi" Jangan cemberut mulu. Nanti gue ganti nama lo di kontak gue jadi Maura Manyun' nih. Ucap gue sambil mencubit pipinya.
Ntar aja pulangnya. Gue menatapnya, dan mengakui betapa lemahnya diri ini jika dibenturkan dengan permintaan-permintaan Maura.
Aku bikinin teh deh. Tapi nanti ya pulangnya" bujuk Maura dengan sambil cengengesan kali ini.
Tapi jangan ditaro depan kipas angin ya tehnya ledek gue sebagai tanda mengiyakan. Yes!! Siap Bos. Tunggu ya.. Maura berlari kecil kedalam rumahnya.
Gue menyulut sebatang rokok dan menyadarkan badan ke sandaran kursi teras. Pintu pagar terbuka, disusul suara sebuah motor masuk. Bokapnya Maura. Lah, pagi bener lu ngapelin anak gua" Ledek bokapnya Maura.
Iya nih Beh, kagak napa tapi kan" gue meladeni candaanya sambil menjulurkan tangan mencium tangannya.
Ya kagak napa lah. Rizki apa Maura yang lu apelin" tanya nya Balik sambil tertawa.
Nah yang ini Beh. Boleh kan" jawab gue lagi saat Maura keluar membawa segelas teh panas.
Yaah kalo yang ini mah berat ngeladeninnya. Ambekan. Jawab Bokap Maura sambil berbisik dan langsung buru-buru masuk kedalam rumahnya.
Gue dan Maura hanya tertawa melihat kelakuan Bokapnya.
Beb, lo kok ga nanya kenapa gue nolak lo semalem" tanya Maura sambil duduk sila diatas kursi disamping gue.
Nolak" Oh. Iya gapapa. Gue gamau tau alesannya. Dan jangan pernah lo sebutin alesannya. Jawab gue sambil meniup asap teh dan meneguknya. Lo ga penasaran emang"
Enggak. Tapi pokoknya lo jangan nyesel ya udah nolak gue. Ledek gue sambil mencolek pipinya.
Maura mengubah duduknya menjadi lebih tegap, kemudian menarik napas dalam dan menghembuskannya.
Cuma butuh waktu sepuluh detik setelah ngucapin itu, gue langsung nyesel. Ternyata, jadi orang yang sok bersikap dewasa itu menyakitkan yaa. Ucap Maura sambil memaksakan senyumnya menatap gue.
Gue menganggukkan kepala berulang kali mendengar ucapan Maura. Meski gue ga sepenuhnya mengerti apa yang dia maksud. Tapi dari cara bicaranya barusan, gue melihat sesuatu yang berbeda dari Maura. Pilihan katanya, atau mungkin caranya berbicara, justru bertolak belakang dari Maura yang biasanya.
Lo tau gak Ra, apa cara tercepat yang bisa bikin seseorang jadi dewasa" tanya gue ke Maura.
Maura terdiam sejenak, dan menggelengkan kepalanya. Kehilangan. Gue menjawab sendiri pertanyaan gue.
Dan, lo tau ga, apa cara tercepat buat bikin seseorang jadi (kembali) kekanakkan" Maura kembali menggelengkan kepalanya.
Jatuh cinta. Gue menjawab lagi.
Dan jarak antara jatuh cinta dengan kehilangan, ga lebih jauh dari ini. Ucap gue sambil membuka sedikit celah antara Ibu jari dan telunjuk gue.
Maura mengangguk pelan, dan menatap gue dengan wajah yang sangat serius.
Seandainya lo merasa bukan orang yang tepat buat gue, seenggaknya jangan buat gue merasakan kedua hal itu dalam waktu yang nyaris bersamaan Ra. Lanjut gue sambil mencoba memaksakan senyum dan mengelus rambut Maura.
Part 45 Ndra, Maura pernah cerita-cerita ke lo gak kalo dia udah punya cowok"
Tanya Rizki saat kami selesai menghadiri sebuah acara pengajian dirumahnya. Gue menyulut sebatang rokok dan menjawab dengan gelengan kepala. Gue pikir itu anak belom punya cowok. Tapi ternyata kayanya udah. Lanjut Rizki. Emang lo tau darimana"
Gue baca notes di hpnya. Ada kata-kata gitu kayanya buat cowoknya. Bentar gue ambilin hpnya.
Rizki berjalan masuk ke bagian dalam rumahnya, sementara gue bangkit dari duduk dan keluar menuju teras rumahnya.
Rizki kembali dari dalam rumah dan memberikan handphone yang biasa di pakai Maura. Gue menatap layar yang menampilkan sebuah note dengan banyak tulisan di dalamnya.
--Beb, gue gatau gimana cara ngomongnya ke lo. Tapi gue percaya, lo tau bahwa gue sayang sama lo.
Lo tau gak beb, pertama gue ngeliat lo, lo itu mirip banget sama mantan gue. Cowok yang pernah paling lama jadi pacar gue, setaun. Gue dulu putus sama dia karna dia ga kuat ngadepin sikap gue katanya.
Tapi lo beda. Lo ngeladenin semua sikap gue, manjain gue, tau cara memperlakukan gue, dan gue suka semua itu. Walaupun tetep, lo juga suka marah-marah sendiri saking gemesnya ngadepin gue. Iya kan" Hahaha.
Pertama kali lo peluk gue, sumpah beb, gue bisa ngerasain ada sesuatu yang beda. Gue ngerasa aman, nyaman, dan dapet satu jaminan bahwa ga akan ada orang di dunia ini yang bisa nyakitin gue selama ada lo di samping gue. Gue sayang beb sama lo. Demi apapun!
Dan lo bener, emang sakit rasanya saat harus jatuh cinta kemudian langsung merasa kehilangan disaat yang hampir bersamaan. Gue sadar, rasa sayang gue gak akan menyatu dengan keinginan gue buat selalu bareng-bareng sama lo. Gue bisa liat jelas di mata lo, ada keinginan yang sangat kuat dalam diri lo buat merubah hidup lo ke arah yang lebih baik. Dan gue tau, gue bukan orang yang tepat buat berjalan sama lo menuju kesana.
Tapi seandainya gue boleh punya satu permohonan. Beb, gue akan memohon di kaki Tuhan buat bisa menikmati semuanya sama lo, menikmati dimanja sama lo, menikmati hari-hari yang seru bareng lo. Sampe kita menua berdua, dan mati bareng lo. Eh, enggak. Gue akan lebih tetep milih mati lebih dulu. Ah pokoknya gue akan memohon semua itu, gue akan memeluk kaki Tuhan dan ga akan gue lepas sampe Dia penuhin keinginan gue.
Gue kecewa beb, gue sedih. Gue marah. Pengen banget gue jerit sekenceng-kencengnya manggil Tuhan. Kenapa gue harus ketemu lo kalo emang gue ga bisa milikin dan dimilikin lo" KENAPA"!
Apa gue terlalu kekanakkan" Atau malah gue terlalu sok dewasa" Sampe Tuhan kayanya ga peduli sama permintaan-permintaan gue.
Tapi beb, gue pengen lo lakuin satu hal buat gue. Lo tau lagunya Radio head yang judulnya Creep kan" Please, dengerin itu satu kali aja buat mengenang gue. Atau, bersihin lagi gitar lo dan mainin lagu itu buat gue. Sekaliii aja beb, mungkin kali ini lo akan nurutin permintaan gue buat mainin lagu itu.
Gue harap, gue jadi orang yang special buat lo. Karna begitu halnya juga bahwa lo adalah orang yang special buat gue.
Tapi.. I'm a creep. I'm a weirdo.


I Dont Belong Here Karya Angchimo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Gue ga layak ada disamping lo. Gue ga layak jadi tujuan dari mimpi-mimpi lo. Karna tempat gue bukan disini.
I don t belong here..--- Part 46
Hari-hari terakhir gue di kantor, ternyata malah bikin gue makin males. Gue Cuma mengerjakan apa yg harus gue kerjakan. Ga ada yang namanya inisiatif ngecek ini itu. Selebihnya, waktu gue terbuang gitu aja di kantor.
Pernah suatu hari, saat gue lagi bener-bener ga ngapa-ngapain. Gue meladeni chat Maura yang udah beberapa hari belakangan ini sempet gue abaikan.
Quote: Maura Cantik: Beb, gue belom dapet' nih. Gue: Terus kenapa"
Maura Cantik: Gpp, biar lo bales aja chat gue.
Quote: Maura Cantik: Lo kenapa sih Beb" Segitu sibuknya ya dunia kerja sampe ga sempet bales chat.
Maura Cantik: Ntar abis wisuda, gue gamau kerja ah.
Maura Cantik: Gue mau kaya Abang gue aja. Kagak ngapa-ngapain tapi cukup-cukup aja duitnya.
Maura Cantik: Lo mah tiap hari pagi-pagi udah jalan, seharian nyuekin orang, sampe rumah udah malem. Tetep gini-gini aja. Hahaha
Gue: Bawel lo Ra. Quote: Maura Cantik: Hahaha yes! Bete kan lo" Maura Cantik: Makanya bales chat gue. Maura Cantik: Eh beb, ntar lo balik jam berapa" Maura Cantik: Jangan malem-malem
Maura Cantik: Gue lagi ngidam sate. Anterin gue yaa kita cari dimana kek. Gue: ngidam"
Maura Cantik: Kan gue bilang, gue belom dapet'
Maura Cantik: Jadi lo siap-siap aja bakal disamper Abang gue buat nagih tanggung jawab.
Gue: Apaan sih Ra"! Quote: Maura Cantik: jangan pura-pura ngerasa innocent.
Maura Cantik: gue tau kok pas gue tidur pasti lo apa-apain gue kan waktu di Puncak" Maura Cantik: gue berasa kok, Cuma gue pura-pura tidur aja.
Gue: MAURA! GUE LAGI KERJA.
Quote: Maura Cantik: Hahahaha Maura Cantik: Iyaa iya bebeb sayang. Happy working yaa. Yang semangat kerjanya buat aku sama dedek kecil kita.
Gue: MAURA!!! Maura: :* Yap, seabsurd itu lah kurang lebih tingkahnya kalo sampe chatnya ga di bales-bales. Gue bukan sok cuek sebenernya, apalagi sok sibuk. Gue Cuma emang ga terlalu suka komunikasi berlarut-larut lewat chat. Jadi bukan Cuma Diana, Maura pun kadang ga gue tanggapi.
Mungkin bedanya, gue sangat amat jarang ketemu Diana. Tapi ketemu Maura hampir setiap kalo lagi males kejebak macet, gue pasti mampir kerumahnya. Belom lagi kalo weekend, Maura makin rutin main kerumah gue.
Ndra, itu ada cewek lo dateng.
Ucapan Fajar sayup-sayup terdengar membangunkan gue yang masih terlelap. Cewek gue"
Ya gatau, katanya cewek lo.
Fajar keluar dari kamar gue dan sepertinya kembali masuk ke kamarnya. Gue bangun, keluar kamar, dan melongok kearah teras depan. Maura.
Lo mah kebiasaan, siang mulu bangunnya. Protes Maura saat gue mendatanginya ke teras
Jangan sekarang Ra ngoceh-ngocehnya. Nyawa gue belom ngumpul. Gue menjawab sambil duduk disampingnya, dan menyandarkan kepala gue dibahunya sambil nemejamkan mata.
Cuci muka sana. Acak-acakan banget muka lo. Biarin. Ntar.
Sekarang. Cium dulu. Ledek gue sambil menunjuk pipi kiri gue.
Gue Cuma bermaksud bercanda. Tapi Maura langsung mendaratkan kecupannya ke pipi gue dan gue Cuma bisa... bengong.
Hieekkzz.. Bau lo beb. Mandi aja sana sekalian. Protes Maura yang sama sekali ga bikin gue tersadar dari lamunan.
Part 47 Gimana ndra, progress sama sepupunya Anin" Tanya Ko Andre saat gue mampir ke kantornya sepulang kerja.
Sepupu Anin" Oh, Diana. Gue udah kenal. Hah" Serius lu"
Serius. Rumahya di Komplek AAA daerah Cibinong sana kan" Iya. Kok bisa" Ko Andre menegapkan duduknya dan merapat ke gue. Ya dikenalin temen gue beberapa bulan lalu.
Anjiir, udah, gesit dah deketin. Doi anak baik-baik tuh ndra. Ah pokoknya wifeable laah.
Gue mengangguk berkali-kali mendengar ucapan Ko Andre dan.. tersenyum.
Seberapapun sempurnanya Diana dimata banyak orang yang mengenalnya, hati gue udah terpasung sebuah perasaan ke Maura. Entah kenapa, penolakan Maura menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk semakin mengejarnya.
Udah lama dia ga pacaran. Kalo ga salah sejak berhijab. Tapi yaa ga buang-buang jauh kaya lu orang laah, masih susah move on dia kayanya. Lanjut Ko Andre. Susah move on" Sama pacar terakhirnya" Kali ini, gue yang kaget.
Iyaa. Yaa emang sih mereka pacaran lama, jadi mungkin masih berasa. Tapi kasian aja jadinya itu anak sampe sekarang gamau pacaran lagi.
Gue membuang pandangan ke barisan ruko depan kantor Ko Andre. Mencoba meresapi setiap ucapannya.
Susah move on" Seorang Diana"
Makanya, lu coba lah deketin dia. Ga usah banyak tingkah, langsung lamar. Lanjut Ko Andre.
Ah, percuma sayang. Kamu nasihatin dia soal cewek mah sama aja kayak ngomong sama batu. Sambar Anin yang baru saja datang dan duduk disamping gue.
Ujung-ujungnya dia bakal salah langkah lagi, salah milih lagi. Dan yaa kita tau lah endingnya apa. Hahaha Lanjut Anin.
Gue Cuma bisa tersenyum kecut menanggapinya.
Yaa, itu kan udah bertahun-tahun yang lalu. Salah dalam memilih mah wajar, asal selanjutnya kita bisa belajar. Jawab Ko Andre.
Kalo bisa. Kalo enggak"
Pasti bisa. Waktu dan pengalaman itu kan guru terbaik dalam mendewasakan.
Anin menggeleng mendengar ucapan Ko Andre, menatap gue sejenak, kemudian kembali menatap suaminya.
Dewasa itu pilihan sih sayang. Gimana bisa seseorang jadi dewasa kalo dia selalu salah memilih. Ucap Anin masih mendebati pendapat Ko Andre.
Salah atau benar itu ga ditentukan dari pendapat orang, atau dari suara terbanyak. Lo pernah bilang gitu ke gue kan Ko" Kali ini gue gerah' dan mulai menanggapi.
Menurut lo gue salah, tapi gue ga merasa sepenuhnya salah. Seengaknya, gue belajar. Lanjut gue sambil menatap Anin.
Bener kan, dewasa itu pilihan" Denger sendiri omongan dia sayang. Ucap Anin ke Ko Andre yang hanya ditanggapi senyum.
Fix ndra, cerita yang sama akan keulang. Ucap Anin lagi sambil menepuk pundak gue.
Part 48 Hari terakhir gue di kantor. Adalah hari yang paling gue tunggu akhir-akhir ini. Hari dimana besoknya gue akan menganggur seminggu, sebelum memulai kerja di tempat baru.
Gue pun berencana untuk sedikit refreshing, jalan sendirian keluar dari Jakarta. Dan kali ini, Maura ga boleh sampe tau. Karna dia pasti akan ngambek pengen ikut.
Gue duduk di kantin depan kantor selesai makan siang. Membaca beberapa chat dari Maura beberapa hari yang lalu. Kebanyakan adalah tingkah konyolnya mengenai gue yang gamau main gitar mengiringi dia bernyanyi saat dia kerumah gue weekend kemarin.
Bukannya gue gamau sebenernya. Gue males harus ngebersihin gitar gue yang udah sepenuhnya berdebu. Gue menawarkan Maura untuk ketempat Karaoke tapi dia menolak. Akhirnya, dia ngambek seharian memasang wajah cemberut. Hanya sebentar dia tersenyum saat permintaanya untuk gue belikan cokelat dan es krim di turuti. Dering handphone gue membuyarkan lamunan gue tentang Maura. Ndra.. Ucap Rizki dari ujung telepon dengan suara berat. Yap bos. Kenapa"
.... Gue kembali menatap layar, mengira panggilan terputus karna ga ada suara Rizki.
Oi, Ki. Kenapa"" tanya gue lagi karna ternyata layar hp gue masih menunjukkan panggilan tersambung.
Gue minta maaf ya ndra.. ucap Rizki, kali ini dengan suara bergetar. Minta maaf" Kenapa" Lo kenapa Ki"
Entah kenapa degup jantung gue mulai cepat. Panik, dan bingung dengan ucapan Rizki.
Gue minta maaf ndra.." "kalo.."
"Maura.. Rizki kini sepertinya mulai terisak, hingga sulit melanjutkan ucapannya.
Maura" Maura kenapa Ki" Gue bangkit dari duduk dan menjauh dari kantin, menghindari suara ramai.
Maura kenapa Ki" tanya gue lagi untuk mempertegas. ... ga ada jawaban, Cuma isak tangis Rizki yang semakin menjadi. Gue mempercepat langkah, kembali menuju ke kantor. Maura ndra..
Ki. Maura kenapa"! Maura udah ga ada ndra.. Dunia gue runtuh, gelap, dan hancur seutuhnya seketika saat Rizki menyelesaikan ucapannya. Gue terduduk lemah bersandar tembok depan kantor. Menenggelamkam kepala diantara kedua kaki yang bergetar hebat.
Gue ga mampu, dan ga akan pernah mampu menahan air mata dan sesak di dada gue. MAURAA!!!
Part 49 Gue bergegas naik ke ruangan gue, mengambil tas, dengan tertatih. Seluruh orang di ruangan kerja gue menatap wajah basah yang ga mampu gue sembunyikan. Semua menatap bingung, ga terkecuali Ci Vanya.
Ndra. Lu.. kenapa" Gue menatap Ci Vanya sejenak, namun tenggorokan gue terlalu perih untuk mengucapkan sepatah katapun. Gue berlalu dan segera menuju motor, bergegas kerumah Maura.
Gue ga peduli dengan makian para pengguna jalan lain atas kecerobohan gue berkendara. Gue mengebut sekenceng-kencengnya. Dengan air mata yang masih belom berhenti mengalah untuk berhenti sejenak.
Tepat di pertigaan terakhir menuju rumah Rizki, suasana ramai namun penuh haru menyambut gue. Gue menghentikan motor, dan menangis dalam tunduk diatas motor gue. MAURAAAA!!!
Dada gue sesak. Perih, bahkan bernapaspun menjadi sesuatu yang sangat mustahil gue
lakukan. Gue ga percaya. Ga akan pernah percaya dengan apa yang gue lihat dari kejauhan. Beberapa lembar bendera kuning terpasang di depan pagar rumah Rizki, di tiang jalan, dan di setiap sudut yang terlihat mata gue. Dengan nama Maura tertulis disana.
Gue masih belum mampu menguasai diri. Gue menyerah. Gue sepenuhnya menyerah!! Dada gue terlalu sesak menerima kenyataan ini.
Allaahhhh... Gue menggumam lirih. Berharap kenyataan yang terlalu menyakitkan ini Cuma mimpi. Berharap Maura menarik-narik rambut gue untuk membangunkan gue dari mimpi buruk yang gak akan pernah gue harap jadi nyata. Berharap Maura berteriak didepan telinga gue sampe gue terbangun dan kesal dengan tingkahnya.
Teriak di kuping gue Ra. Tarik rambut gue. Tampar pipi gue. Apapun Ra, lakuin apapun biar gue terbangun dari mimpi ini.
Entah berapa banyak orang berlalu lalang mendatangi gue, mencoba menenangkan gue, merangkul dan mengajak gue untuk masuk kedalam rumah. Tapi gue ga sanggup. Ada lubang besar di dada gue yang terus mengucurkan darah kehilangan. Gue ga sanggup masuk ke dalam rumah. Bahkan gue ga sanggup untuk sekedar menegakkan wajah.
Sangat lama gue hancur dalam keterpurukan di depan rumah Maura. Sampai akhirnya rasa rindu di dada gue lebih kuat dari rasa perih. Rasa rindu yang sejak kemarin menagih senyum dan tingkah Maura. Membuat gue meninggalkan motor gue dan masuk kedalam rumah.
Gue melihat Rizki berdiri di ambang pintu, menangis sejadinya di pelukan Diana yang sedang mencoba menenangkannya. Gue mengabaikan mereka. Karna ada yang jauh lebih membutuhkan sebuah pelukan. Maura.
Ra.. bangun Ra.. Gue menggenggam tangan Maura yang dingin, mengelus wajahnya yang pasi. Maura, bangun. Ayo, kita jalan.
Nyokap Maura menangis dan memeluk gue. Gue ga bisa menanggapinya. Gue pun butuh sebuah pelukan. Gue butuh dipeluk Maura.
Berulang kali gue menunduk, mendekatkan wajah gue ke Maura. Mengusap pipi dan rambutnya. Menciumi tangannya.
"Maura.. please.. Ra.. gue mohon, bangun.. gue ga bisa Ra kalo harus tanpa lo. Entah sudah berapa kali mimpi-mimpi gue harus mati saat baru setengah jadi. Tapi untuk yang kali ini, gue ga akan sanggup melawannya.
Ra.. bangun.. Maura... Part 50 Beb, lo bisa main gitar" tanya Maura sambil berdiri di depan pintu kamar gue, melihat sepasang gitar berdebu yang gue gantung di tembok kamar.
Udah kagak. Dulu sih bisa. Gue menjawab dari dapur, sedang membuatkan mi goreng permintan Maura.
Kok gitu" Udah lupa caranya. Sini, udahan mateng mi nya, cepet makan dulu.
Maura berjalan mengikuti gue menuju ruang tamu. Gue meletakkan sepiring mi goreng di meja untuk Maura.
Suapin beb. Ucap Maura sambil cengengesan. Lo punya dua tangan Ra, makan sendiri. Nanti....
Aduuh duuh, tangan gue sakit beb. Tapi perut gue lapeer. Kalo tangan gue ga sakit udah gue makan nih mi nya.
Maura bertingkah sambil memegang lengannya berlagak kesakitan. Gue mengangkat piring mi, mencubit pipinya, dan menyuapinya yang kini kembali cengengesan. Abis ini kita nyanyi-nyanyi ya beb, lo maenin gitarnya. Pinta Maura. Enggak, males gue bersihin debunya.
Gue yang bersihin deeh. Yaa yaa" Enggak Ra, gue udah males maen gitar.
Maura pun akhirnya mengunyah makanan dengan wajah cemberut, membuat pipinya terlihat makin gembul dan menggemaskan.
--- Malam 14 hari pengajian yang diadakan untuk mendoakan Maura di rumahnya, gue datangi sepulang kerja di kantor baru. Seminggu gue bekerja di suasana dan lingkungan baru sama sekali ga membuat gue excited. Dengan setiap hari harus bertemu Anin yang kadang gurauannya malah makin membuat gue terpukul dalam hati yang masih merasa perihnya kehilangan.
Berat Ra, berat banget gue ngejalanin semuanya tanpa tingkah lo yang nemenin hari-hari gue. Gumam gue pelan sambil menatap foto Maura yang terpampang di buku Yaasin.
Gue menunduk, dan tanpa sadar kembali meneteskan air mata. Gue yang baru saja mampu menerima masa lalu sebagai bagian dari pelajaran hidup, kini dipaksa harus belajar lebih dalam mengenai arti keikhlasan, serta segala omong kosong tentang takdir.
Selesai acara pengajian, gue membantu melipat karpet yang tadi digunakan, kemudian membawanya masuk ke dalam rumah Rizki. Nyokap Maura yang masih juga terpukul kehilangan, sedang memeluk Diana yang juga hadir malam ini, beliau menunjuk kearah kamar Maura, meminta gue meletakkan karpet-karpet itu disana.
Gue terduduk dalam tunduk haru, saat ga sengaja mencium aroma parfume yang sangat gue kenal saat memasuki kamar maura. Aroma parfume dari perempuan bawel, berisik, banyak tingkah, dan banyak maunya.
Tapi justru mampu membuat gue jatuh cinta. Maura.. Maura..
Gue memanggilnya. Berulang kali gue memanggil namanya, berharap sekali aja dia menjawab gue. Gue kembali membasahi lantai dengan sisa-sisa air mata yang belum juga mengering.
Ndra.. Maafin Maura ya kalo selama ini dia banyak salah. Ucap Rizki sambil merangkul gue dari belakang, dan juga sambil menangis.
Gue menggeleng, dan mencoba menahan air mata gue yang malah semakin menderas. Lalu duduk lemah diatas kasur Maura.
Maura punya jantung yang lemah ndra. Dari kecil sebenernya dia sering sakitsakitan. Rizki duduk disamping gue sambil berusaha menghapus air matanya. ... gue menunduk dan menyanggah kepala gue dengan kedua tangan.
Makanya dia sering uring-uringan, marah-marah, ngambek, terus nangis. Itu sebenernya dia Cuma ga kuat nahan sakitnya. Sampe nanti dia tidur saking capeknya nahan sakit. Penjelasan Rizki malah semakin mencekik leher gue hingga gue ga mampu menanggapinya.
Gue.. Gue bukan abang yang baik ndra buat Maura. Gue mana bisa manjain dia. Sering saat dia lagi marah-marah dirumah, gue tinggal kedalem kamar dan gue kunci kamar gue. Sampe Maura teriak-teriak dan gedor pintu kamar gue. Sampe Bokap atau Nyokap gue yang nenangin dia.
... Bukannya gue ga percaya sama temen-temen Maura sampe gue minta lo temenin dia liburan, ndra. Tapi lebih karna gue khawatir. Gue abang yang tolol, yang ga bisa ngalahin urusan gue buat jaga adek gue sendiri. Makasih ndra, udah gantiin tugas gue jaga Maura..
Gue masih menunduk. Hina rasanya kalo Rizki harus melihat wajah gue yang basah, dan semakin basah karna penjelasannya.
Gue memang terpukul atas kehilangan ini. Tapi yang lebih membuat gue merasa tersiksa adalah perihnya penyesalan. Gue menyesal masih pernah bersikap ga baik dan ga sabaran menghadapi Maura. Gue menyesal masih sering marah, kesal, atau jengkel dengan tingkahnya. Gue menyesal sempat mengabaikan komunikasi dengannya.
Dulu apalagi, jaman-jaman gue kuliah. Maura minta anter sekolah aja gue ga pernah mau ndra. Gue lebih milih keluar duit buat manggil ojek nganter dia sekolah. Gue dulu selalu lebih mentingin orang lain daripada Maura.
Gue menegapkan duduk dan menghapus sisa-sia air mata sambil mengusap wajah, lalu menatap Rizki yang juga masih berulang kali meneteskan air mata, dengan bibir yang bergetar. Wajahnya benar-benar kacau dibuat berantakan oleh air mata.
Gue... gue selalu lebih mentingin jemput pacar gue waktu itu, ketimbang nganter Maura sekolah. Gue.. selalu aja dulu gue lebih mengutamakan Diana, daripada Maura.
Kali ini, tenggorokan gue bukan hanya tercekat. Tapi seperti terhimpit setiap rongganya, tanpa ada selah untuk udara masuk kedalamnya.
Part 51 Life is meaningless without you Love can be such beautiful torture..
[Alesana, As you wish] Gue menabur bunga diatas sebuah makam, dimana Maura terbaring disana bersama cinta yang dititipkan Tuhan ke hati yang tulus, tak menagih balasannya.
Sebaris doa, gue tuangkan bersama air mawar membasahi tanah cokelat dengan sedikit rerumputan diatasnya.
Istirahat Ra, istirahat lah dipelukan Allah, yang ga akan membiarkan lo merasa terabaikan.
Diana dan Rizki menyelesaikan doanya, kemudian keluar dari area pemakaman. Meninggalkan gue yang masih enggan beranjak. Terpaku menatap sebuah nama yang tertulis di papan nisan yang menyelipkan seberkas bayang wajahnya. Maura.
Malam harinya setelah selesai acara pengajian 40 hari kepulangan Maura. Rizki menanyakan ke gue apakah Maura pernah cerita bahwa dia sedang punya pacar saat ini. Gue menggeleng menjawabnya karna ga mengetahui soal itu.
Gue duduk di teras rumah Rizki, tempat yang biasa gue gunakan untuk menunggu Maura membuatkan secangkir kopi. Rizki datang dari dalam rumah dan memberikan handphone Maura, berisi sebuah notes tulisan Maura tentang seseorang yang dia sayang.
Mata gue kembali menggenangkan air membacanya. Betapa sakit harus membaca katakata dari orang yang membuat gue jatuh cinta, tapi kini ga ada lagi di dunia. I don t belong here..
Seakan menjadi kata terakhir yang Maura tulis di notes nya, namun terdengar ke telinga gue melalui bisikan angin malam ini.
Iya, Ra. You don t belong here. Tempat lo memang bukan di dunia. Lo lebih layak dimanja Tuhan di surga Nya.
Batin gue menjerit, menangisi setiap kata yang Maura tinggalkan. Segumpal kenangan tentang Maura masih saja memukul-mukul dada gue hingga terasa menyesakkan.
Kalo lo tau siapa cowok yang Maura maksud di notes itu, tolong kabarin dia ndra. Dia perlu tau seberapa sayang Maura sama dia. Ucap Rizki saat gue mengembalikan handphone Maura.
Gue mengangguk mengiyakan. Meski gue tau, orang yang Maura maksud dalam notes itu adalah gue.
Gue dan Rizki menatap kearah Diana yang mengobrol dengan beberapa kerabat Rizki yang juga hadir malam ini.
Di.. sini. Panggil Rizki sambil melambaikan tangan ke Diana.
Diana mendekat, mengangkat kedua alisnya sebagai tanda bertanya tujuan Rizki memanggilnya.
Tolong bikinin kopi, Di. Dua yaa. Pinta Rizki ke Diana. Gue ga usah. Sambar gue sambil membuang wajah. Yaudah, buat Aku aja Di. Tolong ya. Lanjut Rizki.
Diana mengangguk mengiyakan, menatap gue, kemudian masuk kedalam rumah Rizki. Ndra, sorry gue ga pernah cerita sebelumnya. Ucap Rizki sambil menyentuh pundak gue. Soal Maura" Atau Diana" tanya gue sambil menatapnya.
Soal Diana ndra. Gue diam, dan kembali membuang wajah.
Gue sama Diana sempet pacaran lama. Sekitar empat tahun. Dan udah beberapa tahun ini kita ga ada hubungan apa-apa, tapi masih tetep berusaha buat bertemen baik. ...
Gue diputusin Diana, karna Deni, Mas nya, ga setuju sama gue. Deni pengen Diana berubah jadi lebih baik, dan menurut dia gue ga sanggup membimbing Diana kearah itu. ... gue menatap Rizki, ada genangan air di sudut matanya.
Gue sengaja kenalin lo ke Diana. Dan pura-pura gue juga lagi deket sama Rani. Karna menurut gue, lo lebih layak sama Diana ketimbang gue. Tapi gue ga sangka lo malah mengabaikan Diana, setelah berhasil menyentuh perasaannya.
.... Tapi setelah itu, lo malah jadi deket sama Maura. Lo malah gantiin peran gue buat jaga dan nemenin Maura. Gue seneng ndra, walaupun imbasnya lo malah nyakitin Diana, tapi gue seneng liat Maura banyak berubah sejak kenal lo. ...
Sesekali gue liat Maura solat di kamarnya. Dia juga ga lagi sering uring-uringan dirumah. Dan kalo saat malem lo kesini, rutinitas dia yang suka teriak-teriakan marah-marah ga jelas udah ga ada lagi. Dia duduk anteng sama lo disini, ketawa-tawa ga jelas berdua lo. Gila! Gue abang macem apa yang malah kalah sama orang lain dalam memperlakukan adeknya.
Gue menggelengkan kepala mendengar ucapan Rizki. Enggak, gue ga merubah Maura menjadi lebih baik. Gue membiarkan Maura bertingkah sesukanya. Hanya saja, ternyata itu cukup bagi Maura ketika ada orang yang meladeninya, hingga dia ga perlu marah-marah ga jelas lagi.
Diana keluar dari dalam rumah, membawa dua cangkir kopi yang mengebul asapnya. Kemudian meletakkannya diatas meja.
Kan gue bilang gue ga usah Di. Ucap gue saat melihat Diana menyusun cangkir kopi di depan gue dan di depan Rizki.
Diana hanya tersenyum, dan memeluk nampan di dadanya, kemudian kembali masuk kedalam rumah.
Gue menatap Rizki yang sejak tadi menatap gue, ga memalingkan wajahnya sedetikpun.
Kali ini ga bisa ndra, ga bisa. Ucap Rizki sambil menggelengkan kepalanya. Gue menatapnya dengan wajah bingung.
Gue ga akan biarin lo deketin Diana lagi kali ini. Udah waktunya gue perjuangin dia. Gue akan minta dia kembali. Lanjut Rizki.
Part 52 Gue duduk di bangku kayu kantin depan kantor gue. Menikmati secangkir kopi panas, masih dengan rasa kopi yang sama. Hanya saja, ditemani dengan beberapa kenangan yang berbeda.
Gue membuka aplikasi Ms. Word di handphone gue, membaca beberapa baris terakhir dari sebuah cerita yang gue tulis, cerita kedua yang gue publish di sebuah forum terbesar di Indonesia.
Asap tipis dari cangkir kopi dihadapan gue berpendar disapu angin senja dari ujung wilayah Jakarta Barat. Gue memperhatikannya, hingga tertegun sejenak.
Handphone gue berdering. Gue kembali menatap layar yang menampilkan sebuah nama, yang perlahan gue puja, meski terasa perih setiap kali mengejanya. Diana. Udahan selesai kerjanya" tanya sebuah suara dari ujung telpon. Udah, tapi lagi ngopi dulu.
Yaah, ga jadi jemput aku" Tanya nya manja. Jadi, setengah gelas lagi ya..
Yaudah, ntar hati-hati dijalan. Santai aja, ga usah ngebut. Aku ga bakal diambil orang kok.
Gue tersenyum mendengarnya, kemudian mengakhiri panggilan. Lalu kembali menatap cangkir kopi yang sudah tak berasap, membawa diri gue kembali ke beberapa waktu yang lalu: tentang Maura yang selalu memprotes kebiasaan gue meniup asap dari kopi sebelum gue meminumnya. Yang kini sangat gue rindukan kehadirannya.
Gue menyelesaikan menulis, lalu bergegas mengambil motor dan menjemput Diana. Menepati janji gue untuk menemaninya mencari buku di sebuah toko.
Diana bolak balik memeriksa beberapa Rak buku, kemudian mengambilnya. Lalu menarik lengan gue dan berjalan menuju kasir untuk membayar buku tersebut.
Kami berjalan pelan keluar toko buku menuju ke parkiran motor. Diana berhenti sejenak ketika handphone nya berdering dari dalam tas nya.
Iya, Walaikum salam Mas. Kenapa"
Diana menjawab telepon tersebut, gue menarik lengannya untuk menepi di depan sebuah toko lain agar ga menghalangi lalu lalang orang yang melintas.
Iya, aku lagi sama Rendra. Ucap Diana pada seseorang di ujung telepon.
Gue ga bermaksud menguping, tapi Diana merangkul lengan gue yang mencoba menjauh untuk memberikan dia privasi saat menjawab telepon tersebut.
Enggak, lagi cari buku. Iya.
Iya, yaudah. Ga usah, Mas. Aku nanti dianter Rendra kok. Gue diam, dan mencoba menebak siapa yang menghubungi Diana. Harus sekarang Mas" Lewat telpon kaya gini"
Diana sedikit menaikkan nada nya.
Enggak. Aku gamau. Diana terlihat kesal dan mematikan teleponnya. Lalu menarik lengan gue dan mempercepat langkah.
Gue mengantar Diana pulang. Dengan saling diam di sepanjang jalan. Ada rasa yakin dalam diri gue saat menebak bahwa Rizki yang tadi menelpon Diana. Gue bener-bener gamau kalo sampe harus bermasalah sama Rizki gara-gara gue menemani Diana malam ini. Apalagi setelah gue tau bahwa mereka berdua masih saling menyayangi. Seperti pengakuan Rizki ke gue beberapa hari lalu, dan cerita Ko Andre tentang Diana yang masih susah move on.
Gue menepikan motor di depan pagar rumah Diana, kemudian membantu Diana turun dari motor gue.
Makasih ya Mas, udah nganterin. Kamu ga mau masuk dulu" ucap Diana sambil menerima tasnya dari gue.
Ga usah Di, udah malem. Diana mengangguk mengiyakan, lalu menjulurkan tangannya berniat menyalami gue. Gue menahannya, dan memegang pundak Diana. Kemudian gue mengeluarkan sesuatu dari dalam tas gue.
Di.. Diana menatap gue dengan wajah bingung.
Gue beli ini beberapa bulan lalu waktu ke Surabaya. Maaf gue baru sempet kasih.. ucap gue sambil memberikan sebuah boneka sapi kecil, yang dulu pernah gue beli untuk Diana. Love knows its home for sure. Inget kan gue pernah bilang itu"
Diana mengangguk pelan, dan tersenyum tipis menatap gue.
Undang gue ya ke nikahan lo, kalo pada akhirnya cinta itu berhasil menemukan jalan pulangnya ke hati lo.
Diana menatap gue kaget, dan menutup mulutnya dengan tangan kanannya. Gue mengusap kepalanya yang terbalut kerudung merah muda.
Dalam beberapa situasi, gue selalu inget pesen Bokap gue, Di. Kalo gue membantu jalan orang lain, suatu saat jalan gue akan dipermudah. Dan, mungkin suatu saat' itu bukan sekarang. Karna sekarang saatnya gue memberikan jalan buat temen gue, buat Rizki.
& Diana masih terdiam dan menutup mulutnya dengan tangan kanannya, dengan air yang tergenang di sudut matanya.
Seenggaknya, kasih Rizki kesempatan buat menunjukkan bahwa dia udah berubah, Di. Ga usah peduliin gue, Gue udah terbiasa kehilangan. Dan pada akhirnya gue akan baik-baik aja."
"Assalamualaikum, Diana.
Gue memutar motor, kemudian berlalu. Meninggalkan setumpuk kekecewaan dan mungkin kebencian di hati Diana.
Gue sadar, gue bukan orang yang tangguh dalam memenangkan cinta. Dan kali ini, gue harus belajar lagi arti perjuangan, bersama seseorang yang mungkin akan gue temui di perjalanan hidup gue nanti di depan sana.
Diana memang nyaris sempurna. Tapi buat gue, Maura istimewa. If she doesn t belong to the world, I don t belong to love.
Terima kasih Diana.. Epilog
Rendra, bagi sebagian pembaca yang pernah membaca cerita gue sebelumnya, adalah Bagus, yang (masih menurut mereka) dibumbui beberapa fiksi soal latar belakang keluarganya, dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan Rendra.
Gimana kalo ternyata Bagus lah yang fiktif" Gimana kalo ternyata semua latar belakang Bagus adalah cerita Fiktif yang ditulis Rendra untuk mengaburkan semua kecurigaan tentang real life nya, dengan tujuan agar pembaca cukup menikmati jalan cerita Karma will always find its way', bukan mencari tau tentang latar belakang tokohnya"
Atau, bagaimana kalo ternyata Hendra lah yang nyata" Gimana kalo ternyata yang menulis tiga cerita dari Akun ini sebernya adalah Hendra" Bukan Bagus maupun Rendra. Atau bahkan, gimana kalo ternyata semua cerita yang pernah gue tulis adalah fiksi, termasuk para tokohnya"
Ah, apapun itu, Gue hadir di SFTH cuma untuk berbagi, belajar menulis, mengajak para penghuni sub forum ini buat membaca, serta ikut menulis dan berkarya. Fiksi atau real story hanyalah label dari apa yang dijual' oleh para penulisnya untuk merebut perhatian pembaca. Dan gue ga menjual' itu.
Jadi, Mohon maaf kalo ternyata semua tulisan gue musti gue bumbui fiksi soal latar belakang para tokohnya. Mohon maaf juga bila ada beberapa kesalahan yang pastinya terselip dalam cerita yang gue tulis, entah itu typo, salah dalam cara menyampaikan kata yang baik, atau malah menyebalkan dalam menggambarkan karakter tokoh-tokohnya.
Well, like another story, this finally comes to an end. Terima kasih kaskuser yang udah ikut membaca, meramaikan, serta memberikan apresiasinya buat gue. Lagi-lagi gue berharap; semoga tulisan gue bisa jadi pelajaran, cerminan, atau minimal pembunuh' waktu yang positif buat para pembacanya.
Sekali lagi, semoga kita semua bisa tetap bahagia..
Ceritanya keren Di, serius. Ucap gue setelah membaca sebuah tulisannya yang tempo hari dia berikan ke gue untuk gue baca.
Emang kamu udah selesai bacanya"
Udah, yailah cuma berapa halaman mah dua hari kemaren aku kebut sampe selesai.
Diana tersenyum menatap gue, sambil mengaduk minumannya dengan sedotan, dan lagilagi menggigit ujungnya.
Tapi, sayang banget harus sad ending. Padahal kalo kamu kembangin lagi, itu bisa... Not every story ends with an happy ending. Potong Diana.
Gue terdiam dan kaget dengan ucapannya. Karna yang pasti gue ingat pernah menggunakan kata-kata itu sebagai kalimat terakhir dari sebuah cerita yang pernah gue tulis.
Kenapa Mas" Inget kata-kata itu" Itu beneran cerita kamu" tanya Diana.
Gue mengangguk pelan, dan membuang pandangan ke pelataran depan jalan sebuah kedai kopi kecil dekat rumah Diana.
Ada beberapa tentang kamu yang kamu fiksiin di cerita itu, aku udah baca sampe selesai, beberapa fiksi itu sengaja atau..."
Iya, sengaja. Gue menjawab dengan memotong ucapan Diana. Nama tokohnya"
Gue diam. Bukan enggan menjawab, tapi karna sebenernya gue merasa seakan dipermalukan oleh Diana.
Gue, ga pernah seutuhnya membuka tentang diri gue ke Diana. Apapun itu yang berkaitan dengan latar belakang gue ataupun masa lalu gue, udah gue simpan rapih dalam sebuah cerita masa lalu dan berusaha mengikhlaskannya.
Mas, maaf aku ga bermaksud bikin kamu inget tentang masa lalu kamu. Ucap Diana sambil mengambil tangan gue dan mengusapnya.
Enggak. Gapapa Di. Jawab gue sambil memaksakan senyum menatapnya.
Lagipula, bukan soal aku jadi inget lagi tentang masa lalu aku. Tapi, aku ngerasa kaya.. apa ya.. kaya kamu permalukan dengan cara akhirnya kamu bisa tau tentang aku malah dari cerita yang aku tulis. Lanjut gue.
Diana tersenyum menatap gue. Dan demi apapun dalam diri gue yang pernah hancur lalu sempat memutuskan untuk mati rasa, gue memuja senyumnya. Sebuah senyum yang tanpa pernah gue duga, mampu menghidupkan kembali seluruh nadi yang pernah mati. Gimana caranya kamu tau ceritaku" tanya gue ke Diana.
Dari Anin. Dia bilang, kamu pernah nulis cerita tentang kamu yang punya mantan chinese, beda agama, terus putus pas long distance.
Cuma dari itu" Anin malah ga pernah baca ceritanya kok. Ya emang ga pernah. Jawabnya sedikit centil. Terus" Gue menatapnya dengan kebingungan.
Anin juga pernah bilang, Ko Andre pernah nemu satu file yang di zip di laptop kamu, tapi pas di ekstrak ada paswordnya.
Gue membuang pandangan dan mencoba mengingat-ingat isi data laptop gue, dan emang banyak file yang gue kompres, apalagi data buat ngoprek-oprek handphone dan.. foto! Nama filenya angchimo. Lanjut Diana.
Fuck! Gue membatin kesal, dan mengakui kebodohan gue yang lupa menghapus file itu. File yang udah lama gue kompres dan sengaja gue password asal-asalan biar gue ga bisa buka lagi. File yang berisi semua foto Lisa, termasuk ada cerita yang gue tulis, baik yang masih berupa abstraknya, serta versi jadi yang berformat word maupun pdf.
It wasn t hard to use google, to find out the meaning of angchimo. Tapi nyatanya malah aku nemu salah satu web yang isinya cerita berjudul Karma will always find its way . Hehehe.. Yeay.. lanjut Diana sambil mengangkat kedua tangannya kegirangan.
Gue tertawa kecil, dan mencubit pipinya. Kemudian mengusap kepalanya yang terbalut kerudung cokelat gelap.
Aku sama sekali ga bermaksud menutup diri dari kamu, Di. Cuma, aku perlu waktu buat menjelaskan banyak hal tentang...
Aku ga peduli, Mas. Aku ga peduli soal masa lalu kamu. Aku ga akan pernah mengungkit masa lalu kamu. Potong Diana.
Lagipula, setelah baca cerita itu, aku malah makin bersyukur. Aku menemukan orang yang tepat. Lanjut Diana.
Tepat" Apa yang bikin kamu yakin aku orang yang tepat"
Setelah baca cerita itu dan tau bahwa kamu adalah Bagus' disitu, aku pengen berterima kasih banget sama Liana, yang udah bikin kamu belajar bahwa kamu harus mengalah dan berhenti bersikap curang. Aku berterima kasih sama Felicia, yang ngajarin kamu bahwa sesuatu yang kamu mau itu harus kamu perjuangin. Aku berterima kasih juga sama Lisa, yang udah ngelunasin hutang karma kamu.
... Menurut aku, Cuma orang yang pernah jatuh dan hancur, Mas, yang akan belajar dari pengalamannya. Dan beruntungnya, aku ketemu kamu setelah perjalanan' kamu selesai. Aku ga perlu jadi Liana yang berkali-kali kamu sia-siakan, atau jadi Felicia yang bersimpangan jalan sama kamu, atau malah jadi Lisa yang mungkin kamu benci. I met you when you're ready to be the one for me. Ucap Diana sambil tersenyum.


I Dont Belong Here Karya Angchimo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Gue menatapnya, dan turut tersenyum mendengar ucapannya. Gue mengakui apa yang Diana ucapkan. Gue belajar dari apa yang gue alami sendiri, hingga kini gue merasa takut. Takut untuk mensia-siakan atau disia-siakan. Takut mengabaikan atau diabaikan. Dan pastinya, takut jatuh dilubang yang sama, atau membuat kesalahan yang sama.
Itulah yang mungkin jadi alasan kenapa aku lebih memilih sedikit tertutup Di. Aku yang dulu selalu merasa takut sendirian. Lisa adalah bentuk nyata kenapa aku dengan segera memilihnya supaya terhindar dari kesepian saat kehilangan Liana. Tapi, setelah ga ada Lisa, aku belajar, bahwa lebih baik menyendiri daripada buang-buang waktu sama orang yang ga tepat. Ucap gue mencoba menjelaskan sikap gue ke Diana di awal kedekatan gue dengannya.
Jadi, sekarang menurut kamu aku orang yang tepat" tanya Diana. Insya Allah, semoga.
Diana menggenggam erat tangan gue, sementara mata gue masih terkunci menikmati senyumnya. Andai saja semesta dan isinya bisa berhenti sejenak, gue yakin merekapun akan melakukan hal yang sama seperti yang gue lakukan, menikmati senyum Diana. Oh ya, aku punya permintaan Mas, boleh ga" Tanya Diana memecahkan hening. Asal bukan minta dibikinin candi.
Diana mencubit lengan gue, dan mengeluarkan handphonenya. Tulis satu cerita lagi, ini abstraknya.
Diana memberikan handphonenya ke gue yang menampilkan sebuah note berisi sebuah garis besar cerita yang dia minta gue untuk menulisnya.
Feel it, don t just read it. Ucap Diana sambil mencubit lengan gue lagi.
Kenapa endingnya Rendra harus nikah sama Diana" tanya gue setelah selesai membacanya.
Emang bagusnya gimana" Rendra nikah sama Aryani. Kenapa"
Love knows its home for sure. I've told you. No way! Gamau. Sambar Diana sambil cemberut.
Aku cuma akan nulis dengan caraku, dengan jalan pikiranku sendiri. Tapi coba tolong salin ke word, terus emailin ini ke aku. Ucap gue sambil mengembalikan handphone ke Diana.
Tapi ceritanya harus lebih banyak dibaca dari cerita sebelumnya. Ucap Diana sambil mengacungkan kelingkingnya, meminta gue berjanji.
You know i can t promise you that one, Di. Jawab gue.
At least, give it a try. Selesain ceritanya sampe akhir tahun ini. Dan jangan bikin cerita Rendra nikah sama Aryani di endingnya ucapnya lagi sambil memegang kedua pipi gue.
Gue mengangguk pelan, dan mencium telapak tangannya, sebagai tanda menyanggupi permintaannya.
With you, i'll be an empty glass. You can fill me with your love, as much as you want, Diana.
Semoga, kali ini gue berharap bahwa cerita hidup gue ga akan berakhir seperti jalan cerita ini. Semoga Diana bisa menerima cerita ini meski endingnya bukan seperti yang dia mau. Dan semoga, beberapa momment yang gue tulis di cerita ini yang gue adaptasi dari real life gue akan membuat Diana semakin mengenal tentang hal-hal yang belum sempat gue bicarakan dengannya.
Dan semoga, Diana adalah akhir dari seluruh perjalanan omong kosong soal takdir dan cinta.
Semoga.. Side Story (Diana is a Gamer Wannabe)
Disuatu malam pertengahan bulan puasa, gue dan Diana seperti biasa sedang menikmati dua cangkir kopi disebuah kedai kopi langganan kami. Diana sedang asik membaca sebuah novel, sementara gue membunuh hening dengan main game di handphone gue. Mas, kamu suka nulis ga sih" Tanya Diana ditengah keheningan kami masing-masing. Enggak, tulisan aku jelek.
Yee, maksudnya bikin artikel, cerpen, atau malah bikin-bikin puisi gitu.
Ooh, enggak. Ga pernah. Gue berbohong. Kenapa emang"
Gapapa, aku nanya aja. Soalnya aku suka baca-baca novel atau cerpen gitu kalo dari sudut pandang cowok.
Gue Cuma mengangguk beberapa kali mengiyakan.
Itu kamu main game apa" tanya Diana sambil melongok ke handphone gue. Gue hanya menjawab dengan menunjukkan game yang sedang gue mainkan.
Itu kaya COC gitu ya"
Bukan. Aku ga suka main COC. Terus apa" Mainnya ngapain"
Kaya main tembak-tembakan gitu. Nih mau coba"
Gue memberikan handphone ke Diana dan mengarahkannya cara bermain. Tapi dia kesal sendiri karna selalu tertembak mati.
Ini apa" Chat gitu" Kok kasar-kasar gitu temen kamu ngomongnya"
Diana sambil menunjukkan beberapa tab kolom chat, dimana banyak kata-kata gamers gila seperti Noob an**ng! Dasar cheater bangs*t. Dsb.
Iya, ini kaya forum chat gitu. Bukan temen-temen aku. Tapi orang-orang lain yang main game ini juga.
Kalo ini" Ini tab chat team aku, biasanya kalo pada mau maen bareng kita chat disini. Kalo tab yang satunya ini baru chat dari friendlist, walaupun ga satu team jadi tetep bisa chat kalo temenan.
Diana mengangguk memahami, dan kembali membaca bukunya.
Berarti kalo tiap malem aku chat kamu balesnya lama karna kamu lagi main game" tanya Diana tanpa menatap gue, dan ga gue jawab.
Malamnya setelah mengantar Diana pulang dan gue juga pulang kerumah, gue kembali main game setelah mengabari Diana bahwa gue sudah sampai rumah. Dan ternyata di kolom friendlist gue ada notif friend request, dengan nama akun yang gue kenal: dee22'
Baru beberapa detik gue konfirmasi pertemanan, dia langsung chat ke gue. Quote:
dee22: aku ikut main ya mas gue: lah" Kamu bikin akun"
dee22: iya, abisnya percuma kalo aku chat ke whatsapp ga bakal kamu kamu bales.
Gue mengabaikan karna dapet invitation dari temen buat memulai game. Setelah satu match selesai, gue kembali membuka chat dari Diana.
Quote: dee22: mas" dee22: iih kan, aku ga diajak main dee22: mas, ajak dong.
Gue: kamu main offline dulu aja, latihan. dee22: gamau, aku udah jago. Ayo main.
Gue pun akhirnya menginvite nya dan main bareng temen-temen gue. Dalam permainan yang kebetulan dapat lawan yang agak lemah dari tim gue, gue pun habis-habisan menyerang. Dan ternyata, Diana hanya diam di base sambil terus-terusan mengetik chat, dan saling berbalasan dengan temen gue
Quote: dee22: mas, ini gimana mainnya" dee22: lho, kok senjataku jelek"
Temen gue1: itu siapa ndra" Noob banget. Kick aja. dee22: APA LO" JANGAN SOK JAGO DEH. Temen gue2: haha mampus lu dimarahin noob dee22: Mas, ini dua orang temen kamu" Sok banget. Temen gue1: udah kick aja. Berisik.
dee22: LO YANG BERISIK BERDUA.
Dan gue hanyanya bisa tepuk jidat membaca chat mereka.
Side Story Tantangan Diana Mas, Kamu kenal sama Kak Anin ya"
Tanya Diana saat jam istirahat gue di kantor lewat telepon. iya, temen aku di kantor lama. Kamu sodara darimana sama Anin" Dari nenek aku yang dari Bunda. Ih, kok sempit banget ya dunia kayanya.
Setelah itu Diana mengajak gue untuk bertemu mereka. Gue ga langsung mengiyakan, karna harus bertanya ke Ko Andre dulu kapan bisa ketemuan sekalian kumpul-kumpul.
Akhirnya, saat weekend gue dan Diana diundang main kerumah Ko Andre di kawasan Bintaro. Anin pun antusias dan mengabari bahwa dia sudah belanja bahan makanan untuk dimasak bareng Diana.
Di hari sabtu. Sesuai janji gue menjemput Diana kemudian berangkat kerumah Ko Andre. Sengaja kami berangkat agak pagi biar nanti ga perlu pulang terlalu sore. Tapi tetep aja menurut Anin gue dateng kesiangan.
Lu ga bisa ya ndra dateng tuh agak pagian" sambar Anin gue baru memasukkan motor kedalam pagar rumahnya.
Ini baru jam 10 pagi, Nin.
Enggak ini udah siang. Ayok sini Dek kita masak.
Diana sempat tersenyum menatap gue lalu masuk kedalam rumah mengikuti Anin. Sedangkan Gue duduk di teras bersama Ko Andre.
Jadi sodara dong nih kita bentar lagi" Ledek Ko Andre. Belom Ko, belom ada apa-apa gue sama dia. Doain aja lah Ko.
Halah, Lu nya aja belom move on. Mau gue doain kek apa juga kalo lu orang punya hati masih stuck di masa lalu mah sama aja boong ndra.
Gue Cuma tersenyum mengangguk mengiyakan ucapan Ko Andre.
Mas, emang kopi kamu yang ini" Tanya Diana keluar dari dalam rumah sambil menunjukkan satu sachet kopi mocca kesukaan gue. Gue mengangguk. Sejak kapan" Kayanya kalo sama aku pilihan kopi kamu selalu kopi hitam" Udah, tolong bikinin kopi itu aja.
Diana menyipitkan mata tanda curiga, lalu kembali masuk kedalam rumah.
Beberapa menit kemudian Diana keluar membawa dua cangkir kopi hitam, dan menyusunnya di depan gue dan Ko Andre.
Ga ada kopi mocca lagi selama sama aku. Ucap Diana setengah berbisik kemudian kembali berlalu kedalam rumah.
--- Ini masakan Diana lho ndra. Ucap Anin saat kami tengah menikmati makan siang bersama dirumahnya.
Ko Andre mengangguk-anggukkan kepalanya sambil menikmati makanan di piringnya. Enggak, apaan orang aku Cuma bantu siapin doang.
Ih udah iya gitu. Kan ini emang masakan kamu.
Rendra itu suka cewek yang jago masak tau. Lanjut Anin sambil berbisik. Enggak, gue tau ini masakan lo kunyuk. Sambar gue ke Anin. Sok tau dah lu.
Ini masakannya pedes, sama kaya omongan lo. Ledek gue yang akhirnya ditimpuk tisu oleh Anin.
-- Jadi, kalian kapan nih rencananya" Tanya Anin selesai kami makan siang dan mengobrol di ruang tamu rumahnya.
Rencana apaan" tanya Diana
Yailah Dek, jangan lemot-lemot banget apa. Ini kalian berdua gimana rencana kedepannya"
Diana mengangguk beberapa kali, kemudian tersenyum menatap gue. Yaa aku mah gimana Mas Rendra nya lah.
Tuh ndra! Sambar Anin sambil menatap gue dengan kesal.
Baru banget gue cengengesan menanggapi, Diana langsung menyambar dengan ucapan selanjutnya.
Tapi aku gamau pacar-pacaran. Aku gamau lagi yang namanya pacaran. Kalo kamu serius, kamu pasti berani nemuin orang tua aku langsung.
Entah kenapa Anin dan Ko Andre menatap gue dengan tersenyum, namun gue hanya bisa menelan ludah mendengar tantangan Diana.
Side Story Diana pernah memutuskan untuk pergi
Antara gue sama Diana, mungkin masih tersisa beberapa kenangan di hati masing-masing soal masa lalu kami. Gue ga menyangkal bahwa sesekali gue masih terjebak beberapa hal yang terkait masa lalu gue, apalagi yang udah jadi kebiasaan-kebiasaan gue. Dan Diana pun ga ubahnya jadi sosok yang selalu berusaha mengcounter semua itu. Meski dia sendiri sama aja.
Gue pernah berdebat panjang sama Diana yang menurut gue terlalu kekanakan, entah itu gara-gara kopi mocca pilihan gue, atau gue yang masih membawa botol minum air mineral kemana-mana. Diana selalu mengaitkannya dengan masa lalu gue. Dan gue pun ada batas bosan nenanggapinya, sampe akhirnya kami berdebat sampai Diana ngambek dan nyuekin gue berhari-hari.
Gue bukan gamau mengalah, tapi buat gue ga masuk akal aja kalo gue harus buang botol minum yang masih bisa dipake, Cuma buat nurutin kekanakkannya Diana.
Pokoknya buang! Aku gamau kamu pakek botol minum itu lagi. Kata Kak Anin juga kamu ga pernah bawa-bawa botol minum sebelumnya. Protes Diana dengan nada ngambek suatu hari
Diana mengeluarkan semua isi tas gue, botol minum dan sebuah botol baby oil kecil dia pegang dan dia pertanyakan fungsinya kenapa ada di tas gue.
Baby oil" Hahaha iya, gue ga suka pake parfume. Tapi gue suka sama wanginya baby oil. Makanya itu jadi pilihan gue buat menyegarkan badan. Tapi Diana tentu menganggap itu termasuk ajaran' masa lalu yang masih gue terapkan.
Sampe puncaknya, gue yang udah gerah banget nanggepin kelakuan Diana, jadi mengcounter balik kesukaan-kesukaan dia atas beberapa hal yang emang kebiasaan dari masa lalunya, khususnya soal musik-musik kesukaannya yang tentu saja warisan dari Rizki.
Dan di titik itu, gue sama Diana sempet saling jaga jarak. Gue tentu saja ga nyaman bertemu orang yang bahkan ga ada ikatan apapun sama gue tapi ngatur-ngatur gue. Diana juga ga merasa salah sepenuhnya karna dia memang belum tau apa-apa soal latar belakang ataupun masa lalu gue sebelumnya.
Sampe akhirnya gue menemui Rizki, menyelesaikan semua hal tentang dia dan Diana yang masih membuat gue ragu.
Enggak ndra, gue gapapa. Gue emang masih sayang sama dia, dan lo ga berhak melarang gue buat sayang sama siapapun. Ucap Rizki sambil menatap gue serius. ...
Tapi kalo lo emang mau milikin Diana, mau perjuangin dia, bahkan kalopun sampe nikah sama dia, ya itu hak lo. Silahkan. Gue bukan siapa-siapanya juga. Bahkan malah gue yang ngenalin lo sama Diana, memang dengan tujuan supaya Diana bisa dapat yang lebih baik dari gue.
Kadang, titik kedewasaan seseorang memang ga melulu ditentukan oleh usia. Gue kini sepakat dengan Anin, bahwa Dewasa itu pilihan. Gue ga sepatutnya khawatir sama Rizki kalo memang mau menjadikan Diana sebagai akhir perjalanan gue. Seharusnya gue semakin sering berkaca, bahwa apa yang Diana lakukan (mempermasalahkan masa lalu gue) hanya reaksi dari puncak jenuhnya Diana yang masih merasa sama sekali belum mengenal gue lebih jauh.
Dan ketika gue mulai mengerti serta memahami kesalahan-kesalahan gue, justru Diana memilih menghindar.
Diana menghindari setiap bentuk komunikasi yang gue lakukan. Diana selalu menolak untuk bertemu, bahkan marah saat gue bilang gue akan datangi kerumahnya.
Ga sampe seminggu sejak perubahan sikap Diana, dia memutuskan menghilang dari gue. Membuat gue mencari setiap celah untuk menemuinya.
ide Story Coffe after work" Quote: Gue: Di" Gue: Mau sampe kapan cuekin aku"
Gue udah nyoba menghubungi Diana. Mendatangi rumahnya, bahkan sampe ketemu Deni, Mas nya Diana. Tapi segala macam alasan selalu Diana gunakan buat menghindar.
Emang lo mau ngapain" Diana lo apain sampe dia kesel" Setau gue Diana ga pernah marah sampe menghindari orang. Tanya Deni, saat gue mendatangi Diana kerumahnya. Deni menatap gue dengan wajah curiga, seakan menghakimi gue bahwa gue udah menyakiti adiknya. Pandangan matanya jelas menunjukkan ketidaksukaan akan kehadiran gue.
Den, eh gapapa kan gue panggil lo langsung nama aja" Lo sama sekali ga lebih tua dari gue kok kayanya.
Gini, Gue dateng kesini bukan buat lo hakimin. Toh, gue ga ngapa-ngapain Diana. Cuma ada beberapa kesalahpahaman yang musti gue jelasin.
Tapi Diana gamau keluar. Sambar Deni. Ga masalah, gue tunggu.
Gue bangkit dari kursi teras rumah Diana. Menyalami Deni seakan kami adalah teman yang udah sekian lama saling kenal, lalu pamit dan keluar dari rumah Diana.
Gue menepikan motor didepan kedai kopi kecil, depan komplek rumah Diana. Memesan secangkir kopi, lalu duduk di salah satu spot yang dari sudut ini dapat terlihat aktivitas keluar masuk komplek perumahan rumah Diana. Gue mengeluarkan sebuah buku untuk bahan bacaan sambil menunggu, dan memulai permainan ala detektif. Menunggu Diana keluar dari rumahnya.
Satu jam Dua jam Hingga bergelas-gelas minuman serta beberapa makanan bergantian mengisi meja gue. Lima jam gue sudah menunggu. Lima jam! Tapi Diana sama sekali ga keluar dari rumahnya.
Gue mencoba menelpon, tapi berulang kali di reject. Gue memang kesal, tapi gue memilih mengesampingkan kekesalan gue kali ini.
Quote: Gue: Di, aku masih di depan. Siapa tau nanti kamu berubah pikiran, temuin aku di depan ya.
Sebaris pesan chat gue kirim ke Diana, tapi masih ga dapat respon. Gue tertawa kecil dan menggelengkan kepala. Ini pertama kalinya dalam hidup gue, gue dibuat menunggu hampir setengah hari.
Maaf Kak, Kakak temennya Mba Diana kan ya" tanya seorang penjaga kedai kopi yang tentunya sering melihat gue dan Diana kesini.
Iya Mba, kenapa" Ah, gue sempat berharap Diana memberi kabar pada Mba penjaga kedai kopi untuk disampaikan ke gue.
Gapapa Kak. Cuma.. engg.. ini Kakak masih lama ga" Kita udah mau tutup.
Gue melihat jam tangan, jam 12 malam lewat! Artinya sudah hampir sepuluh jam gue disini dan ga dapat tanggapan apapun dari Diana. Gue menghela napas, kemudian ke bagian kasir dan membayar semua pesanan gue. Lalu memutuskan pulang.
Gue menuju motor, memasang earphone dan memutar sebuah lagu: The Man who can be moved.
Gue tertawa kecil lagi, meresapi lirik lagu yang nyaris serupa dengan kondisi gue sekarang. Menunggu Diana di tempat pertama kali gue bertemu dengannya. Tapi gue ga gila, gue ga mungkin sampe tidur disini nungguin dia.
Yah, entah kenapa meski dibuat kesal dengan menunggu tanpa hasil, gue sama sekali ga marah atau kecewa. Hanya saja, gue ga lagi mencoba menghubungi Diana. Gue ga lagi menelpon atau mengirim berbaris-baris chat di hari-hari berikutnya.
Mungkin sekitar genap satu bulan gue dan Diana udah ga saling berkomunikasi. Gue ga memungkiri bahwa ada rasa kehilangan. Tapi gue juga ga bisa apa-apa. Gue udah mencoba mencarinya, hanya saja Diana yang selalu menghindar.
Sampai beberapa minggu yang lalu, saat gue tengah tenggelam kembali dalam kesibukan pekerjaan. Sebaris pesan chat masuk dari Diana.
Quote: Diana: Tell me, how does it feel to be ignored after being loved all the time"
Gue tersenyum membaca sindiran pesan chat nya. Lalu membalasnya. Quote:
Gue: nothing hurts me the most but losing you.
Lalu saat jam istirahat, saat gue mau menuju kantin untuk menghakimi beberapa makanan yang sepertinya layak untuk gue habiskan tanpa ampun, receptionist gue memanggil saat gue melintas.
Bang, tadi ada G*jek kirim ini. Gue mendatangi, kemudian menerima sebuah paket yang gue duga sebuah stick konsol game yang gue pesan via online shop kemarin
Ah, sayangnya gue ga kepikiran buat mengabadikan dengan memfoto kiriman tersebut. Sekotak makanan berisi beberapa potong roti, satu sachet kopi, dan satu bar cokelat. Dengan selembar note bertuliskan:
I wish, this is sweet enough for your lunch. But a cup of coffee will be the sweetest thing i can offer to you. After work"
Your lovely Dee.. Side Story Tanggapan Diana Gue dan Diana sudah merencanakan untuk lari pagi bareng di minggu pagi. Sebenernya ini rencana Diana. Karna gue ga suka lari pagi. Gue lebih suka bersepeda sore. Karna kalo lari pagi, gue takut ketemu dengan orang-orang baru: petugas kesehatan yang membantu gue kalo gue pingsan, misalnya.
Pagi ini adalah pagi dimana gue berhasil memenuhi permintaan Diana, menulis sebuah cerita yang dia buat abstraknya, dan meminta gue mengembangkan alur ceritanya. ----
Di, ini.. Rizki" tanya gue suatu malam lewat telepon saat sedang mulai menulis sebuah cerita yang dia minta.
Yap. Representasi Rizki. Silakan kembangin lagi. Jawab Diana dengan nada menantang.
Berulang kali gue membaca ulang abstrak cerita yang Diana berikan. Entah sudah berapa batang rokok dan berapa gelas kopi gue konsumsi, tapi di halaman pertama hanya tertulis beberapa kata sebagai judulnya: I Don t Belong Here.
Gue melirik sudut kanan layar laptop, jam 2 pagi. Gue harus kerja nanti pagi. Jadi gue memutuskan menutup layar laptop dan bergegas tidur.
Besoknya sepulang kerja, masih terjadi hal yang sama. Gue masih stuck dan gatau mau nulis apa. Gue punya waktu dua bulan buat menyelesaikan tulisan yang Diana minta. Sementara kerjaan gue pun lagi repot-repotnya. Tapi Diana tetep Diana, apa yang dia yakini bisa gue lakukan ga akan pernah membuat dia mengubah permintaannya. Tujuannya apa sih Di" Kenapa aku harus nulis cerita lagi"
Aku mau baca. Ya kan kamu udah pernah baca tulisan aku.
Ga puas, standar banget ceritanya. Cerita kedua kamu nunjukkin banget kok kamu bisa nulis lebih dari sekedar cerita pertama. Diana memelas, tanda meminta gue melakukan apa yang dia mau.
Tapi aku ga pernah nulis cerita fiksi. Aku ga sehebat kamu nyusun kerangka cerita yang ga pernah terjadi dalam hidup aku.
Diana diam, mengangguk berulang kali sambil menatap gue dengan pandangan kosong. Entah apa yang ada dalam benaknya.
Apa bedanya nulis cerita dari pengalaman nyata yang kamu bumbui fiksi sama nulis cerita fiksi yang kamu bumbui pengalaman nyata" Tanya Diana ketika dia kembali dari lamunan.
Gue diam dan gatau harus menjawab apa. Gue sama sekali gatau tehnik menulis, gatau bagaimana cara menyajikan kata lewat tulisan. Gue mencoba menulis karna ada sesuatu yang harus gue tepati, membuat sebuah karya tentang Lisa. Selebihnya pada cerita kedua, gue Cuma mengikuti arahan teman gue yang memiliki cerita itu.
Cerita pertama kamu standar. Tapi di cerita kedua kamu mainin twist yang bagus. Coba bikin satu cerita lagi yang bisa bikin aku kagum sama alurnya. Kali ini buat aku, bukan buat Lisa Pinta Diana, sambil menyindir.
--- Sejak itu, gue mulai menulis dengan cara gue sendiri. Garis besar cerita yang Diana berikan hanya gue jadikan sebagai garis' yang membatasi agar cerita ga keluar dari alurnya. Dan gue mulai membuat kerangkanya, urutan part per part yang akan gue sajikan. Dan terciptalah cerita I Don t Belong Here ini.
--- Selesai lari pagi, gue mengatar Diana pulang dulu, lalu gue pulang. Gue bergegas mandi, kemudian menyalin cerita yang udah gue selesaikan ke dalam flashdisk, lalu membawanya ke tempat print dan menjilid cerita tersebut. Sorenya gue kembali bersama Diana, masih selalu di kedai kopi dekat rumahnya, yang selalu jadi pilihan kami membunuh waktu berdua.
Setelah berulang kali belajar memahami cinta, gue kini jatuh dari ke-fana-an menuju hampa. Hingga sekarang di lemari cita-cita gue, cuma ada beberapa lembar puisi, mimpimimpi setengah jadi, pengorbanan yang gagal jadi sebuah persembahan, harapan yang tengah diperjuangkan, dan.. Namanya..
Diana membaca bagian prolog dengan bersuara. Namanya" tanya Diana sambil mengangkat kedua alisnya.
Jangan dibaca sekarang. Aku ga tanggung jawab kalo kamu nangis didepan umum kaya gini. Ledek gue.
Diana tertawa kecil sambil menggelengkan kepalanya.
Okay, kita lihat seberapa kuat kamu bisa bikin aku kebawa alur cerita. Ucapnya dengan nada mengejek, sambil menutup print-an cerita yang gue berikan.
Malamnya, saat gue lagi mengetik beberapa baris untuk menambahkan side story di cerita ini, handphone gue berdering. Nama Diana muncul di layar.
Iya, Assalamualaikum Di. Mas Rendra!! Aku ga minta kamu nulis cerita yang bikin nangis!!
Diana menyambar, kemudian menangis sesugukan. Dan Gue gagal menahan tawa mendengar reaksinya.
Side Story May I mary your brain"
Kamu besok masih libur kan mas" tanya Diana setelah berhasil menguasai tangisnya. Masih, kenapa emang"
Ngopi lagiii.. Yah, besok aku ada janji sama Ari, Di. Kalo sama dia mah aku pasti jalan seharian. Mau kemana" Aku ikut
Nah, kata-kata yang paling gue ga suka dari cewek selain Kamu terlalu baik', Jaga diri baik-baik ya' atau malah aku telat! (hahaha), adalah Aku ikut..
Mau berdebat" Silahkan. Tapi sama Diana ujung-ujungnya dia bakal play victim. Yang kemudian dia bakal bilang yaudah, have fun ya.
Ga bisa Di, Ari itu kalo udah ngajak keluar pasti mau cerita-cerita. Dia ga nyaman nanti kalo ada...
Oh, yaudah. Have fun yaa besok. Sambar Diana sambil langsung mematikan panggilan. Tuh kan!
Dan lagi-lagi, karna gue gamau dianggap jadi tokoh jahat dalam hubungan yang ga ada ikatan apapun ini, khususnya sama Anin yang pasti akan selalu membela sepupunya, gue ngabarin Ari dan memintanya mengubah rencana muter-muter tanpa tujuan itu jadi malam hari. Setelah Ari menyetujui, gue mengirim chat ke Diana.
Quote: Gue: Di, besok mau jam berapa. Diana: Jam 1 siang.
Gue: Jam 3an aja ya" Diana: Jam 2.
Gue: Oke, ga usah pake ngambek. Diana: BIARIN.
Ah, Diana.. Gatau kenapa kadang sikapnya yang sebenernya ngeselin justru mampu membuat gue mengalah.
Besoknya, seperti biasa dan sesuai keinginan Diana, kami udah nangkring lagi di kedai kopi andalannya. Gue sedang menikmati makan siang yang terlambat saat Diana masih membaca sebuah cerita yang gue tulis.
Kamu cara nulisnya gimana sih Mas" Kok bisa begini mainin timeline ceritanya. Tanya Diana sambil membolak balik kertas print cerita gue.
Gue belom jawab, karna mulut gue masih penuh makanan.
Dari part ini, kamu nyampein kalo kamu lagi duduk di kantin kantor pulang kerja, terus lanjut nulis. Aku pikir itu maksudnya kamu lagi nulis cerita ini, sambil seakan ngingetnginget kenangan waktu di pulau sama Maura, gataunya di part penutup baru kamu jelasin seakan kamu lagi nulis cerita kedua dan masih merasa kehilangan Maura.
Gue mengangguk beberapa kali meresponnya, sambil tetep meladeni makanan gue.
Ini juga, kamu nulis notes nya Maura, seakan ada apa-apa sama Maura. Tapi part selanjutnya Maura masih baik-baik aja dan lagi main kerumah kamu. Gataunya di part belakang itu kejadiannya Rizki ngasih notes itu saat lagi pengajian 14 hari Maura. Aah! Ngeselin.
Diana memukul lengan gue dengan gemas, sementara gue cengengesan sambil membersihkan mulut gue.
Sebelom nulis, aku udah bikin ringkasan part per part. Jadi sebelum aku publish ceritanya, aku udah tau cerita ini bakal selesai 52 part, inti ceritanya udah tau kaya apa. Jadi tiap hari aku Cuma tinggal kembangin ringkasan cerita itu. Jawab gue sambil menyulut rokok. Ga spontan dong" Ga ada surprise nya"
Lah" Aku nulis bukan buat mengejutkan diri sendiri, tapi buat mengejutkan pembacanya. Berarti alurnya ga ngalir begitu aja"
Ya enggak. Alurnya udah jelas. Jadi mood atau kesibukan aku ga akan ngeganggu jalan cerita yang akan aku tulis.
Diana menganggukkan kepalanya, kemudian kembali membolak-balik kertas cerita. Gue membiarkannya tenggelam membaca ulang cerita itu, sementara gue membuka game dan memainkannya sebentar.
Sudut mata gue menangkap Diana menatap kearah gue. Gue menatap balik, dan mendapati Diana menatap kosong ke gue.
Kenapa Di" tanya gue sambil menyenggol lengannya. ....
Di.." Mas, May I mary your brain, please" tanya Diana polos, masih dengan pandangan kosong. Yang membuat gue semakin gemas mencubit pipinya.
Perjalanan Ke Alam Baka 1 Hardy Boys Terperangkap Di Laut Pelangi Di Langit Singosari 5
^