Pencarian

Mencari Ilmu Ikhlas 2

Mencari Ilmu Ikhlas Karya Rudiarth T. Erianto Bagian 2


Tak butuh lama diri ini sudah tiba di gerbang kostan itu, setelah memarkirkan ceketer, akhirnya aku mengetok pintu kamar tuan puteri. Tok tok tok...agak lama pintu itu dibuka, ternyata dia masih acak2an, hahay, benar2 kelelahan dia dengan tangisannya semalam.
Ane : assalamualaikum (senyum termanis yang kupunya akhirnya terpampang menyambutnya, sedikit malu dia dengan dirinya yang acak2an)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : waalaikumsalam Ane : yee...koq belum siap2 sih..gagal deh aku mau ngajakin nyari sarapan
Nduwt : capek mas.. Ane : ya udah, aku cariin sarapan dulu ya (dia mengangguk) Ane : ya udah tutup lagi pintunya
Nduwt : gak ah mas, aku mau cuci muka aja
Ane : ya udah, tungguin bentar ya, sarapan nasi kuning segera siap
Saat hendak berbalik, sang puteri menarik pelan tanganku..sedikit bingung dengannya yang tiba2 menjadi seperti itu. Yap, dia kembali dengan kebiasaan lamanya itu, dia menyalim tangan kekasihnya ini. Setelahnya, kembali diri ini ke warung nasi kuning tempat kami sarapan dulu saat hari pertama kepindahannya kekostan itu. Lumayan rame antrian, 15menitan menunggu, akhirnya diri ini mendapat 2 bungkus nasi kuning untukku dan sang puteri.
Terlihat sang puteri sedang duduk termenung disudut kasurnya saat aku
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas berdiri didepan pintu kamarnya..ada yang galon kyknya
Ane : yank..kamu kenapa" Koq melamun" (sedikit kaget dirinya melihatku yang sudah berdiri didepan pintu kamarnya)
Nduwt : enggak koq yank..lama yank, aku kangeeen (manja suaranya saat itu)
Ane : eh, main kangen2 aja..udah ni sarapan dulu yuk.. (dia mengangguk, diapun berdiri mendekat dan membantu menyiapkan peralatan sarapan kami)
Tidak terlihat wajah sedih kala dia menhabiskan sarapannya, sukur alhamdulillah dia sudah kembali seperti kemarin2 saat tidak ada satu halpun yang mampu membuatnya bersedih. Setelah beberes bekas kami sarapan, dia menarik tanganku mengajak duduk disudut kasurnya. Yap, moment yang aku tunggu datang..aku yakin dia akan menceritakan kenapa dia bersikap seperti itu semalam.
Nduwt : yank..(sedikit memanja suaranya didada kerempengku kala itu, yap, dia kembali menjadikan dadaku sandaran kepalanya)
Ane : iya sayang..kenapa" (sesekali aku memainkan jemarinya, ih
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas ternyata jempol semua jarinya itu )
Nduwt : kamu marah ya sama aku gara2 semalam"
Ane : eh, kata siapa"" mana bisa aku marah sama cewek secantik kamu yank (dan sedikit cubitan diperutku..)
Nduwt : ih genit..(sedikit terdiam..diapun melanjutkan) Nduwt : kemarin ita cerita, katanya beberapa hari kemarin pas dia kekostanmu
Nduwt : katanya kamu sering curhat soal Vanya..
Nduwt : kata Ita, dari cara kamu cerita, kamu masih sayang sama vanya.. Nduwt : maaf ya yank, aku udah jahat..aku udah misahin kalian berdua..
Owh...ternyata, ada yang jadi kompor disini sodara2...ternyata diam2 dia kompor meleduk juga..
Ane : yank, kamu lebih percaya sama ita atau aku yank"
Nduwt : percaya sama kamu lah yank.. (tuan puteri mengangkat kepalanya melihatku, sejenak dia tersenyum manis gula
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas jawanya..kembali dia merebahkan kepalanya didadaku)
Ane : kan dari kemarin2 aku dah jelasin kan perihal Vanya, dia gak lebih dari masa lalu yank..
Ane : kan kamu sendiri yang nyuruh aku nemenin dia kemarin.. Ane : aku juga tiap2 apa2 ngabarin kamu terus kan..kamunya aja yang gk pernah aktif nomornya..telponku juga gak pernah di angkat (dia tertawa kecil didadaku)
Nduwt : maaf ya yank..aku kebawa sama cerita Ita kemarin..maaf ya yank..
Ane : udah gapapa koq yank..gak usah nyalahin orang.. Ane : ini hubungan, kita berdua yang jalaninnya..
Ane : ya anggap aja, hubungan kita sekarang lagi di uji.. (dia sekarang mengangkat kepalanya mengarahku)
Nduwt : makasih ya sayang, kamu gak marah pas aku lagi kyk semalam
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : ya udah, sekarang aku marah.
Nduwt : ih sekarang pacarku tukang ngambekan..
Cup, sekali kecupan hangat di pipi kananku..dia tersenyum..
Ane : eh main cium2..belum mandi kamu tuh yank..sana mandi dulu
Sang puteri sempat menjulurkan lidahnya kearahku sebelum dia beranjak kekamar mandi. Akhirnya selesai juga permasalahan kami. Gak usahlah terlalu dibesar-besarkan perihal Ita yang menjadi kompor meleduknya..seperti kataku tadi, ini hubungan kami berdua, jadi hanya kami berdua yang harus instrospeksi diri..apalah arti sebuah hubungan tanpa saling percaya. Betul gak...mbohlah..ane kan masih lugu kan ya..jadi gak terlalu ngerti
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 11. Ketemu Camer Setelah kejadian itu, kembali hubungan kami lancar seperti semula, tak ada aral rintangan yang cukup berarti. Aktivitasku kembali seperti kemarin, malam menjaga server dan pagi hingga malamnya lagi aku habiskan dengan tuan puteri. Kalo nanya bosen, jawabannya sih "dikit". Ya memang terlihat monoton, tetapi sesuai janji pada diriku sendiri yaitu untuk membuat sang puteri bahagia tadi, jadi aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengeluh dengan keadaan seperti ini.
Pendadaran adikku si mimin akhir bulan kemarin lancar, kini dia dapat bernafas lega. Berkurang satu beban dalam hidupnya, sekarang dia tinggal menunggu wisuda di akhir bulan april ini. Aku belumlah terlalu memusingkan kuliahku lagi, biarlah mimin wisuda duluan. Sempat ada pemikiran aneh waktu itu, "Secepat2nya cowok kuliah, pasti cepetan cewek yang lulus" entah ane dapat darimana pemikiran seperti itu, ya mungkin hanya pembenaran dari sikap malas2an ane dalam kuliah aja kyknya.
Bulan april menjelang. Senin ini aku hanya duduk di kamar sambil memantau server. Yap, sebelumnya sudah diberi tahu oleh Owner bahwa pagi ini akan mengadakan event besar2an menyambut april fool. Jadi semua staff di harapkan hadir, setelah chat dengan para staff di skype, kamipun diberikan tools baru untuk costume serta barang2 baru yang ada di Market ingame. Tetapi kami dibatasi untuk setiap event hanyaBOLEH memberikan reward berupa 2 costume/item baru yang seharga 200-300 dolar per itemsnya.
Pagi itu tuan puteri sudah memberi tahu bahwa siang dia baru akan kekostan, jadi aku mempunyai lumayan banyak waktu untuk istirahat.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Setelah mengadakan event april fool / april mob dan memberikan reward kepada para pemenang akhirnya diri ini bisa melenggang ke alam mimpi.
"Yank...bangun..mam dulu yuk" senyuman manis gula jawanya terlihat ketika aku membuka mata..yap, sang puteri sudah duduk didepanku disamping kasur.
Ane : eh yank, dah lama ya" (sedikit mengucek mata ini, sang puteri masih tersenyum melihatku)
Nduwt : baru koq yank.. Nduwt : oiya yank, besok mau ketemu si mbok gak"
Ane : eh..ibu mau kesini" kapan yank"
Nduwt : besok siang yank, kamu kekostan sore aja ya..soalnya dari pagi mau jalan2 ke Bringharjo
Ane : ya udah, besok sore aku kesana.
Nduwt : gak takut kamu yank ktmu sama calon mertua""
Ane : gak lah yank..kan aku juga mau kenalan sama beliau
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : Oiya, besok ibu dari rumah sama siapa yank" kenapa gak bareng sama kamu"
Nduwt : besok siang ibu sama adikku yank.
Ane : nah, kebetulan besok skalian kenal sama adik ipar
Nduwt : tapi awas loh yank, jgn kamu ajarin main game terus
Ane : enggak lah sayang. Ane : trus, tadi beli makan dimana yank" (dia tersenyum lebar sekarang..pasti udah itu gak ada tempat lain selain jochik )
Nduwt : jochik yank.. Ane : dah kliatan dari muka girangmu yank.. Ane : ya udah bntr ya, aku cuci muka dulu..
Nduwt : ya udah sana yank..udah laperrrr (dia kembali mengelu2 perutnya)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Setelah mencuci muka, kembalilah diri ini kedalam kamar. Dan terlihat menu yang sama setiap tuan puteri mengajak makan..ayam goreng goreng tepung..
Di tengah2 kami makan siang, terdengar motor masuk gerbang kostan. Aku hafal betul itu suara supraX, siapa lagi kalo bukan Mimin. Semoga kali ini dia sendirian gak bawa teman yang bisa buat rada2. Tak lama setelah memarkir motor, dia sedikit berlari kearah kamar.
"Kakak.." suara cemprengnya sedikit terhenti melihatku dan tuan puteri sedang makan siang.
Ane : nah nah..gak pernah salam tiap masuk kamar.
Nduwt : Min, mam siang yuk
Mimin : cie cie yang mesra2an makan siangnya Mimin : udah koq mbak, aku dah makan tadi sama mas ku. Mimin : kak, aku pake komputer ya..(aku mengangguk)
Ane : ya udah tu tinggal dipake. Dah nyala koq itu.
Seperti biasa mimin mengambil alih PCku, aku dan tuan puteri terpaksan menunda makan siang yang penuh dengan kemesraan itu..hahay, biasalah orang lagi kasmaran kayak gitu, gak usah sensi yak bacanya..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Setelah selesai, kembali itu emak2 berdua begosip gak jelas..aku sesekali tertawa melihat tingkah mereka berdua.
Mimin : oiya kak, besok abis wisuda aku langsung tunagan sama masku loh
Mimin : kalian kapan"
Ane : gak pake tunangan kami Dek, langsung nikah
Ane : besok aku mau ketemu CaMer, langsung mau ngelamar tu emak2 satu depanmu
Mimin : beneran mbak" (dia melihat nduwt)
Nduwt : boong tu Min, paling besok ciut ketemu sama si mbok ku
Ane : yee ngece, liat aja besok..
Mimin : eh, jgn mau mbak, kakak kan pemalas orangnya
Ane : ish..kamu ini dek Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : kakakmu ini kan rajin
"Rajin Tidur" mereka bersamaan mengatakan itu.
Kami tertawa dikamar siang itu. Seperti itulah hari2ku ketika aku bersama adik angkatku dan tuan puteri. Sore menjelang, mimin pun pamit setelah memberitahu perihal tunangannya dengan pacarnya yang orang bangka itu. Aku masih belum memikirkan perihalku dengan tuan puteri bagaimana kelanjutan hubungan kami. Aku hanyalah seorang mahasiswa gagal sarjana. Aku tidak punya apa2 untuk melamarnya.
Yap, memang kuasa Allah tak perlu aku ragukan, tapi apa mau dikata kepada bapaknya si gadis saat melamarnya. Masa aku mau jawab pertanyaan "Punya apa kamu buat ngidupin anakku"" dengan jawaban "Aku punya cinta pak!" hahaha...benar2 konyol pemikiran ini.
Menjelang magrib, aku mengantar tuan puteri kembali ke singgasananya di kostannya dekat SMK piri sana. Sudah lumayan lama aku tidak pernah melihat Ita, bukannya kangen tapi ada yang kurang, biasanya setiap aku kesitu, tuan puteri selalu ditemani oleh ita. Tapi sudahlah, gak penting juga kan..cuekin aja..
... Besok sorenya aku sedikit gugup ketika mengarah kekostan tuan puteri. Yap, tadi aku sudah disms tuan puteri, katanya disuruh datang sama CaMer. Biasalah, kesan pertama itu mempengaruhi, jadi sedikit rapi diri ini kala itu. Celana jeans panjang dan kemeja lengan panjang tapi tetap aja, make sendal jepit.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Sesampainya di kamar itu, terlihat ibu2 yang bisa aku tebak, dia adalah sang CaMer. Dan diri ini kembali bergetar, nervous mengambil alih.
Ane : assalamualaikum buk
Camer : waalaikumsalam..ini toh mas Eri (aku menyalim tangan beliau, terlihat nduwt dan adiknya tertawa kecil melihatku yang sok formal)
Ane : iya buk, tadi nyampe sini jam berapa buk" (aku mengambil duduk ditempat biasa aku ketika berada dikamar itu, duduk menyender ditembok dekat pintu)
Camer : sudah dari jam 10an tadi, skalian cari bahan2 batik di bringharjo tadi sama nduwt.
Ane : owh..ibuk nginap disini nanti malam ya"
Camer : enggak mas, kasian bapak dirumah gak ada yang nyiapin makan minumnya kalo baru pulang dari sawah.
Camer : mas eri ini aslinya mana" koq gak bisa bahasa jawa"
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : saya asli Sumbawa buk, NTB sana
Camer : jauh ya dari sini..sering pulang ya mas"
Ane : jarang buk, paling setahun sekali, rencana besok mei saya pulang kampung.
Ah, gitu ajalah ya obrolan yang bisa ane jabarin disini, banyak pertanyaan yang membuat ane nyengir2 sendiri sekarang kala mengingatnya. Tak berapa lama aku mengobrol dengan camer kala itu. Akhirnya mereka beranjak pulang karena takut kesorean banget di jalan. Ya kurang lebih 1,5jam perjalanan lah dari yogya kerumah ibu di klaten sana. Setelah mengantar mereka sampai gerbang kostan, aku dan tuan puteri kembali kedalam kamar.
Sejak melihatku akrab dengan Camer tadi, sedari tadi di gerbang, tuan puteri sedikit manja ketika menggandengku. Senyuman manis gula jawanya terlihat terus menerus.
Ane : yank, kenapa sih dari tadi senyum2 gak jelas
Nduwt : kyknya si mbok suka sama kamu yank
Ane : oiya dong..siapa dulu, calon menantu kesayangan yang datang
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : yee geer kamu yank..
. . Nduwt : oiya yank..besok Mei aku mau..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 12. Semalam Dengan Lisa
Sejak melihatku akrab dengan Camer tadi, sedari tadi di gerbang, tuan puteri sedikit manja ketika menggandengku. Senyuman manis gula jawanya terlihat terus menerus.
Ane : yank, kenapa sih dari tadi senyum2 gak jelas
Nduwt : kyknya si mbok suka sama kamu yank
Ane : oiya dong..siapa dulu, calon menantu kesayangan yang datang
Nduwt : yee geer kamu yank..
Nduwt : oiya yank..besok Mei aku mau ngajuin KKN sapa tau bisa ikut gelombang pertama
Nduwt : kalo gak,plgn nanti oktober baru bs KKN Ane : lama banget KKNnya yank"
Nduwt : gk lama koq yank cmn 2bulan. Nduwt : sayang jg mw pulang kampung kan" Ane : iya, plg 1 bulan dirumah
Nduwt : aku mau ditinggal
Ane : gk ninggalin sayang..aku mau pulang bntr koq Ane : dah kangen rumah dah setahun lebih gak pulang
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : ntr kalo kamu di nikahin pas dirumah gimana"" Nduwt : aku sama siapa""
Ane : enggak sayang, mana ada budaya ditunangin di kampungku Ane : udah ah, kebiasaan suka mikirin yang enggak2.
Dan terdengarlah sang penjual nasi goreng keliling yang sudha menjadi langganan kostan itu. Kembali kami makan malam dengan nasi goreng sepiring berdua, biar mesra gan..
... Tak terasa, tibalah hari wisuda adik angkatku. Tapi tuan puteri sudah pulang ke klaten dari hari jumat kemaren, dia sangat tidak enak dengan Mimin karena tidak dapat menghadiri wisudanya. Mimin juga tidak terlalu mempermasalahkannya. Sekeluarga Mimin datang dari ponorogo, dan diapun sempat mengenalkan pacarnya kepada kedua orang tuanya. Dan lebih beruntungnya lagi, tahun ini ibunya sempat pulang demi menghadiri wisuda anak nya itu. Kebahagiaan besar terlihat disenyumnya adik angkatku itu.
April berlalu berganti Mei, sesuai yang diharapkan, tuan puteri mendapat KKN gelombang pertama..pertengahan mei dia mulai KKN. Aku memutuskan pulang kampung setelah 2 hari si nduwt mulai KKN. Aku sudah mengabarinya melalui SMS ke nomornya. Biasalah lebay2nya ketika perpisahan.
Sumbawa, kampung halamanku yang tetap setia dengan matahari 7bijinya. Maklumlah anak kampung, 1bulan lebih dikampung aku habiskan dengan menjadi "koboi kampung" memelihara kuda dan kerbau di ladang..hahay..bukannya apa2, sinyal di ladang lebih banyak dari di kampung, maklum ladang disini agak di atas bukit jadi lebih bnyk dapat
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas sinyal jika berada diatas bukit. Lumayan seru saat menceritakan perjuangan mendapatkan sinyal demi menghubungi tuan puteri.
Pertengahan Juni, aku memutuskan untuk kembali ke yogya, aku juga sudah menyampaikan maksudku kepada kedua orang tua dirumah perihal aku akan kembali aktif kuliah. Sudah lumayan kangen dengan rasa menjadi mahasiswa lagi. Seperti biasa, perjalanan bolak balik yogya sumbawa tidak perlu ane ceritain yak. Sudah tidak ada yang istimewa lagi. Tidak ada yang berkesan selama perjalanan pulang tahun itu. Tidak seperti mudik dulu, saat ada kisah ane kena tragedi gayung dikepala oleh cewek yang bernama Marina itu.
Skip.. Sudah 2hari di yogya, diri ini masih sedikit asing saat membuka mata di pagi hari. Masih masuk masa penyesuaian lagi dengan suasana kostan. Dari semalam, k750i ku sering bergetar hebat menandakan panggilan masuk, tetapi aku tidak mengangkatnya. Yap, Lisa terus menerus menghubungiku. Entah apa maunya sekarang.
Sehabis makan siang, aku sedang sibuk smsan dengan tuan puteri. Banyak kisah yang dia ceritakan perihal tempat dan teman KKNnya. Agnes dan Ita ternyata satu tempat KKN dengannya. Kembali panggilan masuk dari Lisa, akupun mengangkat panggilannya.
Ane : halo Lis..ada apa"
Lisa : Eri jahat banget sih..gak pernah mau angkat telponku.
Ane : maaf Lis, masih pening perjalanan pas mudik kemarin. Ane : kenapa Lis, tumben2an telepon"
Lisa : kostanmu dimana mas" aku maen situ boleh"
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : eh mau ngapain" Ntr cewekku marah loh kamu main sini Lisa : gpp mas, aku kan cuman maen, gk ngajakin selingkuh koq.
Ane : ya udah ntr sorean aku maen kekostanmu..dah lama juga aku gak maen kesitu kan.
Lisa : kyknya ada yang mau nostalgia sama Vanya nih (terdengar tawa kecilnya disana)
Ane : ya udah gk jadi.. Lisa : ngambek2.. Lisa : mau kesini jam berapa mas"
Ane : sore aja deh..skalian cari makan..gimana"
Lisa : ya udah.. Lisa : sampe nanti ya mas eri..dadah.
Tut tut tut..dan diapun mematikan telponnya. Kembali tangan ini membalas sms tuan puteri. Yap, aku sempat memberi tahu perihal aku akan main ketempat teman nanti sore, tapi aku masih kurang jujur karena tidak memberitahu bahwa teman yang akan aku kunjungi ini adalah seorang cewek. Cukuplah dia dipusingkan dengan program KKNnya, aku tidak mau menambah dengan tingkahku disini.
Seperti janjiku, aku berkunjung kekostan lisa dan tari sekitar pukul 5 sore. Sesampainya di gerbang kostan itu, terlihat lisa duduk sendiri di kursi ruang tamu kostan.
Ane : permisi.. (sok2an mengetuk pintu gerbang)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Lisa : Eriiiiiiiii...sini2 masuk2..dah ditungguin juga dari tadi. (akupun masuk kearah kursi ruang tamu kostan itu)
Ane : gak disuguhin minum ni Lis..jauh loh aku jalan dari kostan kesini
Lisa : mau minum apa Ri""
Ane : air kran ada""
Lisa : ada tuh..(tangannya menunjuk kran air didekat parkiran motor) Ane : jahat ah, masa disuruh minum air kran beneran
Lisa : tadi kan mintanya air kran, gimana sih Ane : ya udah, aku pulang nih..
Lisa : ngambek terus ih..
Lisa : mau jalan2 gak Ri"" Ke bunderan UGM yuk..cuci mata
Ane : ayuk..belum pernah aku kesana soalnya
Lisa : kemana aja sih Ri..di yogya udah berapa tahun"
Ane : ada, tapi cuman dikamar pacaran sama PC
Kembali aku berhasil membuatnya tertawa kecil di situ. Tak berapa lama dia bergegas mengganti pakaian dan mengambil helm dikamarnya. Motor
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas matic itu aku arahkan kearah bunderan UGM. Setelah membeli sedikit camilan untuk teman ngobrol, Lisa mengajakku duduk di salah satu sudut jalan di bunderan UGM sedikit masuk kedalam wilayah kampus. Ternyata ramai juga ini tempatnya. Banyak orang pacaran ataupun sekedar mengobrol menghabiskan malam disitu ternyata.
Sedari tadi mengobrol, belum ada bahasan yang menarik dari Lisa, tapi dari raut wajahnya, seperti ada sesuatu yang dia pendam. Tinggal tunggu waktu sebelum dia mau menceritakan masalahnya.
Lisa : Ri...pernah gak sih kamu ngerasa bosan sama hubungan kalian"" (mulai2 serius mukanya)
Ane : kalian" sama siapa dulu
Lisa : serius Ri... Lisa : selama kamu pacaran, pernah gak ngerasa bosan sama pacarmu"
Ane : ya namanya bareng terus pastilah ngerasa bosan.
Ane : tapi kalo ngingat2 gimana dapatinnya dulu, trus ngingat yang udah lama barengan terus, ilang deh rasa bosannya
Lisa : tapi aku koq gak bisa mikirin kyk gitu ya""
Lisa : yang ada aku kalo dah bosen, bosen terus yang aku rasain. Ane : bosen sama apa emangnya Lis"
Lisa : bosen sama pacarkulah..masa sama kamu
Ane : ya sapa tau aja lagi bosen sama hidupmu, trus mau bunuh diri
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Lisa : ya udah, aku mau bunuh diri aja (dan mulut itu terlihat mengerucut, mirip seperti pantat bebek )
Ane : yee..sensi2.. Lisa : abisan di ajak serius malah becanda mulu.
Ane : eh, serius apa dulu nih..kalo ajakin hubungan serius aku dah punya cewek loh
Lisa : Eriiiiiiiii... Cubitan yang benar2 luar biasa sakit mendarat di lenganku sekarang. Itu kuku panjang, nancep dalem banget di kulit lenganku. Tapi tak apalah, Lisa dapat tertawa setelahnya. Semakin seru bercanda dengan jones satu ini, tak terasa waktu sangat cepat berlalu. Sesekali aku membalas sms tuan puteri. Lisa hanya tersenyum ketika aku melakukan itu. Dia sudah tahu aku mempunyai kekasih hati yang harus aku utamain dari dia. Lisa : Ri..pulang yuk..dah mulai dingin
Ane : ya udah ayuk..nih pake jaket..tau dingin kyk gini masih aja make kaos pendek2..
Lisa : kan cari angin Ri..sambil cari cowok2 ganteng
Ane : masuk angin nyahok koe Lis.. Ane : ya udah yuk aku anterin pulang.
Setelah muter dikit2 di jalanan malam yogya, akhirnya akupun mengarahkan motor maticnya ke arah kostan lisa, seperti dejavu saat aku
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas memarkirkan motor di parkiran kostan itu. Yap, sedikit ingat diri ini akan Vanya di awal tahun 2008 lalu. Ah, sudahlah...
Ane : ya udah, sana masuk..aku ta pulang kostan. (aku menyerahkan helm yang aku pake tadi)
Lisa : Ri...jgn pulang ya, aku kan belum selesau curhatnya..temenin ya
Ane : eh...enggak deh, besok lagi aja curhatnya.
Lisa : Ri...aku nangis nih.. (mulai itu muka di buat sedih2..bodo amat emang aku peduli )
Ane : ya udah, aku temenin sampe tidur deh..daripada nangis.. (kembali ketidak singkronan antara otak dan mulut..biasa gan..Lisa benar2 menggoda )
Setelah membuka kamarnya, akupun masuk dan berniat menemani dia hingga tidur..tapi bahaya sodara sodara, dia mengonci pintu kamarnya...kyknya bakalan terjadi sesuatu yang iya iya ini
Terlihat Lisa mengambil pakaian tidurnya di gantungan pintu didalam kamarnya. Tanpa disuruh juga aku sudah mengerti apa yang harus aku lakukan..aku bangun dan membantunya mengganti
pakaiaanya....eh..salah ketik...maaf maaf..itu tadi rada2 melenceng dari kenyataan yang sebenar..seharusnya aku membelakanginya, menunggu sampai dia selesai memakai piyama tidurnya. Tak lama, dia sudah selesai dengan ganti baju tidurnya.
Lisa : tu jaketmu tadi aku gantung disana ya Ri (aku menolehnya)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : siap, tar pas pulang aku ambil..
Lisa : temenin malam ini ya Ri (eh, duduknya mulai mendekat) Ane : enggak ah, ntr kamu tidur aku pulang..
Lisa : yakin, gak mau nginap"" (genitnya ekspresi diwajahnya itu ) Ane : beneran Lis..udah sana tidur..
Dia berbaring menghadapku yang duduk disamping kasurnya. Senyuman itu masih terlihat diwajahnya..
Lisa : Ri...pacarmu orang mana"
Ane : orang klaten Lis..kamu belum pernah ketemu kan ya (dia mengangguk)
Lisa : kalo aku minta ijin kyk vanya ke cewekmu, dikasih gak ya""
Ane : eh..mau ngapain..gak boleh..
Lisa : takut banget sih Ri.. Lisa : cuman becanda koq.
Ane : katanya tadi mau tidur, malah ngajak ngobrol..kapan aku bisa pulangnya""
Lisa : gak usah pulang ya, temanin malam ini
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : iya aku temanin, tapi gak nginap sini ya..pokoknya kamu tidur, aku langsung pulang
Ane : aku harus jaga server juga Lis
Lisa : malam ini jagain aku ya
Ane : gk bisa Lis..aku blm ijin sama yang punya server.
Lisa : kenapa sih Ri, kenapa kamu gak kyk cowokku..aku gak minta dia nginap aja, dia udah ngajuin diri buat nginap.. (entah ekspresi apa itu diwajahnya sekarang)
Ane : ya bedalah Lis Ane : cowokmu mau ngelindungin kamu makanya dia mau nemenin kamu tertidur.
Lisa : ngelindungin apanya
Lisa : tiap nginap sini kalo mau 'gituan' aja.


Mencari Ilmu Ikhlas Karya Rudiarth T. Erianto di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Ane : eh.. Ane : udah ya..gak usah diterusin..sana tidur deh. Lisa : maaf ya Ri..aku jadi kyk gini.. (aku mengangguk pelan) Ane : iya..santai aja lah Lis.
Dan tangan jahil ini mulai membelai rambut yang sedikit menutupi pipi kirinya itu. Genggaman kecil darinya sebelum dia mencoba memejamkan matanya.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Bukannya munafik..aku memang menginginkan tubuh cewek ini, tapi cukuplah sekedar mengaguminya. Aku tak ingin meneruskan sesuatu yang benar2 membuatku kembali kelembah itu. Aku pernah merasakan tarikan yang teramat dari pesona kelam itu, aku sudah berhasil menjauhinya sekarang, dan aku tak ingin untuk mencoba kembali lagi kesana. Cukup bagiku cinta tuan puteri di hati ini, aku tak ingin menghianatinya lagi..cukup vanya, aku tak ingin berbuat jahat lagi dengan perasaan itu.
Genggaman tangan Lisa mulai melonggar, nafasnya yang teratur menandakan dia sudah tidur terlelap dan bermimpi indah, terlihat dari senyuman kecil dibibirnya. Setelah menutup tubuhnya dengan selimut, aku mengambil jaketku dan meninggalkan kamar itu. Sudah lumayan sepi, ini sudah pukul setengah 1 pagi. Melengganglah kaki ini kearah kostan. ...
Pagi menjelang, mata ini masih sangat perih saat membuka pintu kamar..sudah bosan aku dengar gedor2an dari tadi. Senyum sumringah terlihat diwajahnya..hadeh..gak pernah berubah ekspresi itu..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 13. Maunya Aktif Kuliah Lagi
Pagi menjelang, mata ini masih sangat perih saat membuka pintu kamar..sudah bosan aku dengar gedor2an dari tadi. Senyum sumringah terlihat diwajahnya..hadeh..gak pernah berubah ekspresi itu.. Mimin : kakak....aku nitip barang ya kak
Ane : barang apaan dek"" (benar2 masih ngantuk rasanya mata ini)
Mimin : nih kak..tadaaaa (dengan gaya seperti tukang sulap itu dia memperlihatkan beberapa kardus yang sudha dia bawa keteras kostanku) Ane : wew, banyak banget dek"
Ane : emang mau pindah kemana"
Mimin : aku mau pulang kak, besok2 bapakku yang ngambil barangku kesini.
Mimin : kostanku udah abis kemarin soalnya. Ane : ya udah, masukin deh.
Mimin : bantuinnnnn Hadeh...pagi2 buta dah jadi kuli angkut lagi. Ada sekitar 8 kardus yang lumayaan besar berisi barang2 mimin. Setelah memasukkan semua barangnya kedalam kamar, dia terlihat mengambil boneka teddy bear warna putih yang lumayan besar dari depan motornya. Mimin : nih kak, buat teman tidur
Ane : hais, emang cewek..udah taro sana aja tuh bonekanya.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Mimin : ini buat kakak aja, kasian tidurnya sendirian terus (asemi...ngece tenan ini adikku)
Ane : iya iya..crewet koq gak berubah2...(aku mengambil boneka yang dia serahkan)
Mimin : ya udah ya kak..aku titip barang dulu..aku mau pulang ponorogo dulu.
Mimin : salam ama mbak nduwt ya kak... Ane : iya, ntr aku sampein kalo dia kesini
Setelah menyalim tangan kakaknya ini, diapun berlalu meninggalkan kostan. Kembali aku kekasur dan memeluk boneka yang diberikan mimin tadi. Hahay, macam cewek aja sekarang tidurnya meluk boneka.. ...
Bulan Juli datang dengan cepat, saatnya tuan puteri selesai KKN. Aku yang sudah mulai kembali kekampus sekedar menanyakan kapan semester baru akan dimulai. Wah, benar2 asing rasanya, setelah hampir 1 tahun lebih tidak pernah kekampus. Banyak muka2 baru yang tidak aku kenal, teman2 yang dulu akrab aja sekarang entah pada ngilang kemana. Sudah lulus mungkin, ato gak sudah di tangkap pemburu
Bingung karena masih beberapa bulan lagi semester baru akan dimulai, saatnya kita kekantin, siapa tau si cantik mbak kantin kembali dari rumahnya di jawa barat sana. Ah, lagi2 harus kecewa dengan kenyataan yang cukup pahit. Sekarang yang jaga kantin sudah tuwir..wes si mbok2 yang jagain kantinnya. Susah sudah hidupku, tak bisa godain penjualnya artinya gak bisa ngutang dong ya..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Berhubung dompet masih tebal, saatnya kita minum yang enak2..satu gelas coffeemix dingin yang jadi pesenan waktu itu. Mahal apane coba..weits jgn salah gan, ane gak merhatiin harganya, ane cuman suka rasa es coffeemix aja gitu..ane kan penikmat coffeemix dinging.
Sesekali tangan ini mengetik beberapa kata ke nomor tuan puteri yang masih di rumahnya di klaten sana. Yap, doi pulang kerumahnya setelah 2 bulan KKN. Sedang asik2nya aku membalas sms tuan puteri sambil mengisap rokok L*nte Arab a.k.a LA di tangan kiriku. Sedikit angin kecil yang berhembus dan ebuseeet ini harum parfum siapa lagi"" Orangnya belum nampak tapi wanginya sudah sampai mana2.
Terdengar 2 orang cewek tertawa kecil dari arah pintu kantin. Beuh....daging segar mblo
Terlihat mereka meletakan tas ala emak2nya di salah satu kursi disebelah tempatku duduk, tetap dengan gosipan yang dari tadi mereka seakan tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya. Tak lama, mereka sudah kembali duduk dengan menu makan yang standart cewek2 yang takut gemuk gitulah. Kenalan gak yah..kenalan gak yah....sedikit bingung sang buaya kini..
... : mas, rokoknya bisa di matiin gak mas, ganggu orang lagi makan aja (kata cewek satu yang lumayan semok tapi sedikit pendek)
... : iya nih, asapnya di buang kesini lagi..sana ngerokok di luar aja (kata cewek satunya yang cukup tinggi dan berambut panjang) Ane : iya iya mbak..maaf ya, kirain gak bakalan keganggu sama orang ngerokok
... : ya kalo masnya ngerokok di luar kami gak bakalan terganggu
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Dan merekapun mulai lagi ngegosip2 gak jelas gak tau mana awal mana ujungnya. Aku mematikan rokok yang masih setengah itu didalam asbak kecil didepanku.
Ane : udah gak keganggu kan mbak2 (sang buaya mulai caper pemirsa )
... : ih..sok kenal banget.. (ketusnya...gak juga ane minta kenalan)
Ya udahlah ya, dah di ketusin juga..wes kabur ajalah sapa tau dapat yang kalem2 ditempat lainnya..
Setelah membayar minuman tadi, sempat senyum diri ini saat melewati para emak2 yang masih asik begosip itu. Dan lagi2 aku seperti orang bodoh yang senyum2 gak jelas. Terlihat aja kagak, gimana mau mbalas senyuman..nasib e jones emang kyk gitu kan ya. Benar2 asing rasanya diri ini dengan suasana kampus yang setahun lebih tidak pernah aku datangin ini. Sudah ganti generasi ternyata.
Iseng2 berhadiah saat menuju ke laboratorium di lantai 4..sedikit menoleh dari pintu yang kebetulan terbuka itu.
Adi : woy...tumben2an lo kekampus Ri"" (ternyata, masih disini dia)
Ane : nah, akhirnya ada yang kenal aku..untung kamu masih disini Di" (melenggang masuk kedalam lab)
Adi : iya Ri, gak ada yang ngurus ni lab, gak enak gw sama kajur kalo ditinggalin kosong gini.
Adi : oiya, tumben2an lo kesini" Ada apaan nih"
Ane : biasalah, pengen ngelanjut kuliah lagi, barusan bayar2..nunggu
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas semester depan baru aktif lagi
Adi : nah biar gak malas, lo urusin nih lab gimana" Adi : anak baru gak ada yang mau Ri.
Ane : wah gak janji deh Di..dah males banget aku sebenarnya kalo urusan di kampus gini
Ane : tapi ntr ta usahain sering sini lagi deh.. Ane : oiya Di, ada yang cakep2 gak"
Adi : ada..bntr lagi ada yang praktikum, nah lo diem sini aja, ntr lo liat2 yang mana yang cakep.
Ane : gak usahlah Di..aku dah punya cewek sekarang Ane : eh tapi kalo cuman kenalan gapapa kan ya
Kami tertawa disitu, terlihat diluar beberapa mahasiswa menengok2 kedalam, melihat apakah praktikum sudah mulai. Melihat adi yang sedikit sibuk dengan modul praktikum, akupun membantunya. Pukul 10, para mahasiswapun masuk kedalam lab dan mengambil posisi duduknya masing2. Akupun membantu adi membagikan modul praktikum itu. Hahay, terlihat itu emak2 2 orang berbisik sambil melirikku. Aku hanya tersenyum kecil saat membagikan modul ke mereka berdua.
2 jam kurang dikit, praktikum selesai, adi yang menjadi asisten lab sebagai pemateri kala itu. Yap, dia sudah sarjana, tapi dia masih mengabdi di lab kampus. Menjelang akhir praktikum adi sempat memperkenalkan si cupu ini kepada para peserta praktikum. Dan mereka dipersilahkan menanyakan mengenai program yang masih membuat mereka bingung ketika praktikum kepadaku. Hahay, pandai juga akal2an si Adi. Tapi, aku
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas sudah tobat sodara2, aku harus prifesional dalam membantu mereka yang membutuhkan.
Setelah sedikit membantu adi dalam beberes laboratorium, akupun pamit untuk pulang ke adi. Dia masih ada urusan di kampus jadi dia tidak bareng pulang denganku. Setelah keluar dari gerbang kampus, aku melangkahkan kaki kearah kantin diseberang jalan. Setelah memesan lotek dan es coffeemix, akupun mengambil duduk disalah satu kursi disudut kantin. Tak berapa lama setelah pesenanku datang, terlihat itu emak2 2 orang turun dari motor maticnya.
Karena tadi pas di kantin mereka ketus, ya aku hanya menikmati makan siangku..ntr nyapa2 duluan di bilangin sok kenal lagi kan malu banget, mau ditaro dimana muka ini.
Salah seorang dari mereka mendekat dan tersenyum kearahku. Senyum di balas senyum kan ya biar sopan.
... : eh Kak Eri..makan siang juga"
Ane : enggak, ni lagi tidur
... : ih becanda aja deh. Oiya, kak adi mana"
Ane : itu masih di lab, tadi sih katanya ada urusan lagi.
Ane : kalian masih ada kuliah ya" (cewek yang entah siapa namanya ini mengangguk)
... : iya kak, ntr jam 1 ada kuliah lagi
Tak berapa emak2 satunya lagi datang dan mengambil duduk disamping temannya itu.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas ... : eh kak, makan siang juga toh
Ane : enggak..ini cuman duduk2 koq
Ane : kalian barengan terus ya" Prasaan tadi di kantin pojok kalian berdua juga..
Mereka berdua : iya kak..
Ane : oiya, aku belum tau nama kalian, tadi di lab gk terlalu perhatiin nama soalnya. (mnjulurkan tangan ke cewek yang semok)
... : Dinda kak (owh..namanya bagus yak, semok kyk orangnya..eh..gak ada hubungannya ya. ) ... : aku Marta kak.
Ane : Eri.. Mereka : udah tau...(beuh, satu lagi kelompok emak2 yang heboh..ini kantin sepi tapi gara2 mereka berdua jadi kyk pasar saja )
Setengah 1 mereka sudah mulai beranjak dari kantin, banyak yang kami bicarakan tadi, mulai dari program2 yang di kerjain dilab hingga kemasalah kostan mereka dimana. Tadi juga mereka sempat menanyakan nomor hp ku, biar gampang besok2 kalo ada yang mau ditanyain. Itu kata mereka loh ya, bukan aku..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 14. Mahasiswa Madesu
Setelah Tuan Puteri sudah kembali lagi kekostannya di dekat smk piri sana, akupun kembali dengan kegiatan sehari2ku. Pagi hingga malam bersama pacar tersayang, malamnya mulai lagi mantengin layar monitor 19' yang mulai2 pudar warnanya. Hubunganku dengan tuan puteri gak ada masalah, dia sering menanyakan perihal aku yang mau aktif kuliah lagi..tapi gak banyak yang bisa dijelasin karena memang belum masuk semester baru.
Ane lupa ini tepatnya bulan berapa di tahun 2010 itu, yang jelas sebelum oktober pokoknya.
Semester baru sudah mulai, aku kembali sering kekampus pagi2 sekali buat ngurus SKS yang harus di ambil karena sempat kena kurikulum baru. Sedikit kesal dengan jadwal mata kuliah baru, yap..mata kuliah baru yang belum ada pas masih sibuk kuliah dulu dan baru di kurikulum ini adanya. Jadwal sudha pasti pagi, dan yang buat males..serasa orang paling tua didalam kelas ntr soalnya harus barengan sama anak2 baru. Sial dah..resiko malas2an kuliah..jadi kalo pas kuliah, kuliah yang bener ya gan..
Tibalah saat KRSan..ah, malu sendiri di ruangan tunggu dosen pembimbing. Yang lain mukanya masih fresh,,lah aku, muka kusam kurang tidur, dah keliatan banget muka2 mahasiswa madesu-nya. Hadeh..
Lagi asik2nya balas sms dari tuan puteri..mulai kedengeran heboh2..hmmm..ni kyknya suara emak2 ini... Terlihat beberapa cowok jones disamping tempat duduk ane merapikan penampilan. Hahay, kyknya bersiap mau nebar pesona tuh sama calon emak2 yang baru kedengeran
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas suaranya. Dan masuklah beberapa calon emak2 yang sok sibuk ngobrol2 dengan teman2 sebelahnya.
"Kak, geser dikit napa kak" tangan seseorang nyolek2 bahu kiriku. Aku ngeliat aja siapa gerangan yang genit2.
Ane : eh Din..KRSan juga"
Dinda : iya ni kak..kakak Pak J*****y juga dospemnya" (hadeh, itu rambut sengaja di kibas2in..parfumnya aje gile harum bener)
Ane : eh, dospem""
Dinda : dosen pembimbingnya kak..
Ane : owh..iya nih..sebenarnya bukan pak J*****y sih, tapi dosen pembimbingku lagi cuti hamil, jadi ya di limpahkan ke pak J*****y Ane : tumben sendirian Din..si satunya mana" Sapa itu namanya"
Dinda : Marta kak... Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : nah itu...marta mana" tumben2an biasanya kemana2 barengan terus
Dinda : dia udah KRSan kemarin kak, katanya sih tadi dia ada urusan sama pacarnya ntr baru kekampus
Ane : owh..lah kamu gak barengan pacarmu"" (hahay..pasti buaya2 pada senyum ini, pada ngerti maksudnya )
Dinda : belum punya kak..
Dinda : kakak sendiri gak sm pacarnya""
Ane : dia gak kuliah disini Din..jadi gak bareng kalo ngampus
Dinda : owh, ntr gampang dong aku minta tolongnya"
Ane : minta tolong apaan emang din"" Ane : ya selama bisa aku bantu, aku bantuin
Dinda : ya urusan kuliah lah kak..secara kakak kan dah tua, dah banyak
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas yang di ambil mata kuliahnya
Dinda : ntr kan aku bisa copy2 materinya..
Ane : yee..tua darimana..ini aja ambil mata kuliah semester baru
Dinda tertawa kecil melihatku membela diri..masa masih imut kyk bayi gorilla gini di bilang tua..ya bela diri dong..ya gak..
Tak berapa lama, tibalah giliranku masuk kedalam ruangan dospem (singkatin aja ya, kebanyakan kalo nulisnya ). Setelah disetujui semua yang mau aku ambil, akhirnya akupun keluar dari ruangan itu. Terlihat dinda masih menunggu gilirannya masuk. Cowok2 sampingnya pada caper2 itu..minggir2 sang buaya mau mesra2an..eh mau ngobrol maksudnya.
Dinda : sini kak, duduk dulu..sini liat (main tarik2 aja itu kertas KRS..daripada robek kan ya..mending ngikut maunya cewek semok ini aja)
Ane : eh, pelan2 dong, sobek itu kertanya ntr. (akupun mengambil duduk disampingnya setelah dia menggeser dikit body semoknya)
Terlihat dia menyamakan centangan mata kuliah di lembar KRSku dengna miliknya.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Dinda : koq kakak ngambil mata kuliah ini""
Dinda : kakak baru ngulang ya" gak lulus semester kemarin ya""
Ane : enak aja.. Ane : kemarin2 sempat gak aktif aku, nah pas aktif lagi dah kena kurikulum baru.
Dinda : owh..pantesan. Dinda : besok2 bantuin ya kak, aku ngambil juga soalnya
Ane : siap..hehehhe Ane : ya udah tuh masuk dah giliranmu itu..aku kekantin dulu ya..laper..
Dinda : tungguin ya Kak, bentar koq KRSnya..ntr makan bareng ya
Ane : ok..heheheh..daripada makan sendiri kan ya..
Aku hanya duduk diruang tunggu itu, menunggu dinda yang mengajak makan bareng tadi..dia yang ngajak loh ya..bukan ane 15menit berlalu,
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas terlihat dia keluar dari ruang dospem. Akupun berdiri mengikut dia kekantin pojok. Ngambil menu sarapan, dan duduk sedepanan di kantin pojok itu. Makanlah sepasang mahasiswa lama madesu dan mahasiswi semok itu. Bayangin mblo, itu keringet kecil2 didahi dan lehernya pas doi makan..naik turun terus ini jakun ngeliatnya
Dinda : kak, kostanmu sebelah mana kak"
Ane : deket sini koq, cuman keselatan dikit.
Dinda : ada komputer kan kak..
Ane : ada pc tua dikamar, koneksi internet juga ada.. Ane : mau main kekostan kah"
Dinda : ya besok2 kalo banyak tugas aku main kak Dinda : tapi gpp kan sama pacarmu
Ane : lah emang kenapa" orang mau ngerjain tugas juga kan..gak macem2
Dinda : ya siapa tau aja sih..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : gampanglah, cewekku juga cepet akrab koq sama orang..gak gigit juga, dah jinak
Dinda : ih kakak ini ada2 aja..pacarnya di katain gitu
Ane : hehehhe..enggak enggak..canda..
Ah, sarapan yang lumayan asik..menunya sih gak terlalu menarik, biasa2 aja sih..cuman pemandangan yang semok2 depan mata itu yang buat asik. Semok, kulit putih, airbeg (kalo kata buaya sebelah sih ya..ane copas dimari) cukup besar..pas dipandangan pokoknya..
Sehabis makan, dia sempat mengajakku bareng kekostan..tapi aku menolak karena aku akan ke lab. Kebetulan adi sempat sms katanya ada yang perlu di bantu. Berpisahlah kami di tangga di ujung lorong. Dinda tersenyum manis sambil melambaikan tangan kearahku.
Pukul 1 siang, ketika di lab kampus, aku mendapat sms dari tuan puteri yang sudah selesai urusannya dikampus dan minta dijemput. Yap, dia sudah selesai dengan segala mata kuliahnya..dan rencananya semester ini dia akan mengambil Skripsi. Ah malu betul diri ini sebenarnya, sebentar lagi kekasihku itu akan jadi sarjana, tapi aku masih tetap dengan status mahasiswa gagal sarjana.
Setelah pamit dengan adi, akupun beranjak pulang kekostan dan mengambil ceketer untuk menjemput tuan puteri. Sore itu, tuan puteri mengajakku mencari bakso ditempat awal dulu aku mengajaknya makan. Lumayan lama kami mengobrol waktu itu. Menjelang sore, dia memintaku
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas untuk mengantarnya kekostannya di daerah SMK piri sana. Terlihat di raut wajahnya, dia sedang banyak fikiran kala itu. Biasalah orang baru mau skripsi, sering pusing2 sendiri.
Setelah menemani dia curhat...menjelang magrib dia ingin istirahat dan akupun mengantarkan tuan puteri tidur..setelah dia terlelap akupun meninggalkan kostannya. Kembali ceketer melaju kearah kostanku di daerah badran. Tak butuh lama, sampailah diri ini didepan gerbang. Beh..rumah kontrakan yang didepan gerbang baru ada penghuni baru ternyata. Wah lumayan ini buat cuci mata..cewek2 akper euy. ...
Awal kuliahpun dimulai. Aku yang hanya mengambil beberapa sks tambahan mata kuliah wajib jarang di kampus, kalo gak salah cuman hari selasa dan kamis kala itu. Jadi hari2 lain ya tetap dengan jadwal sebelumnya yaitu menemani tuan puteri dari pagi hingga malam. Tak jarang juga seharian dia di kostan mengerjakan laporan skripsinya. Kasian banget ngeliatnya, sering dia seperti kecapean sendiri dengan laporan skripsinya itu.
Terlihat dia meregangkan badan dari duduknya, kecapean dia dari pagi duduk depan pc ngerjain laporannya.
Nduwt : yank...capek..pijitin dong
Ane : ya udah sini aku pijitin..kasian pacarku capek ya"" (dia mengangguk manja)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : capek yank..belum ngetiknya belum mikirin kata2nya.
Ane : capek pikirannya apa capek tangannya yang ngetik sebelas jari
Nduwt : ngece kamu yank Dan sebuah cubitan kecil mendarat di tanganku, ah...aku merindukan cubitan itu sekarang..
Begitulah hari2 yang aku lewati dengan tuan puteri. Yap, aku hanya melihatnya di kamar disudut kasur..aku tak mau menggodanya ketika dia kelihatan sedang sangat sibuk dengan laporan skripsinya itu. Aku akan selalu ada disampingnya ketika dia kelelahan dan membutuhkan bantuan. Diri ini akan dengan setia ketika dia ingin sekedar dipijit karena kelelahan.
Hari kamis ini, aku mengikut kuliah pagi jam 7 bersama dengan mahasiswa baru, dosennya tidak lain dan tidak bukan adalah teman sekelasku dulu. Yap, dia telah lulus duluan dan mendapat tawaran dr kampus untuk mengajar mata kuliah dasar. Ah, malu lagi malu lagi..di awal2 kuliah, pak dosen temanku malah banyak menceritakan perihal dulu pas sekelas denganku. Abis2an diri ini di kerjain sama dia..di tuakan lah..di jadiin contoh biar serius kuliahlah..dibilangin mahasiswa madesu lah..kampretlah. Jatuhlah harga diri yang emang tak ada harganya ini dari dulu.
Setelah 2 jam yang sangat memalukan itu, akhirnya selesai juga..akupun
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas segera beranjak dari kelas karena menanggung malu yang teramat sangat. Tapi belum juga sempat keluar dari pintu, diri ini sudha dicegat oleh 2 orang emak2 yang rame..dinda dan marta sudah berdiri dengan senyum yang genit kearahku.
Dinda : kak, kami main kekostanmuBOLEH gak"
Ane : ayok..tapi gak ada apa2 loh..cuman kostan kere
Marta : tuh kak, dinda ultah tu..dia mau nraktir..
Ane : nah kalo traktir mah ayo2 aja..
Dinda : iya deh..ntr aku traktirin..
Dinda : kakak bawa motor gak" Yuk bareng ke parkirannya..
Ane : mana ada motor aku Din..nih kemana2 make ini (nunjukin kedua kaki yang memakai celana jeans yang sudah pudar warnanya)
Mereka hanya tertawa kearahku..Mereka mengarah keparkiran, sementara aku menunggu mereka di depan gerbang kampus. Pagi itu mereka mengikutiku yang berjalan kaki dengan boncengan motornya. Mereka sempat menyuruhku menunggu didepan gerbang sementara mereka membeli makan entah dimana kala itu. Lumayan lama akhirnya
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas mereka kembali ke depan gang kostan. Kembali mereka mengikutiku kearah kostan yang tidak terlalu jauh masuk kedalam gang.
Setelah memarkir motor didalam kostan, merekapun turun mengikut kearah kamarku..
"Khem khem.." hais..deheman yang gak enak dari arah kursi diteras kostan..dia bakalan ribut kyknya ntr..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 15. Ultah Sederhana Dinda
"Khem khem.." hais..deheman yang gak enak dari arah kursi diteras kostan..bakalan ribut kyknya ini ntr..
Terlihat salah satu anak kostan sedang duduk melamun di teras kostan, sekarang doi senyum2 kearah calon emak2 yang sedang menungguku membuka pintu. Dasar jones, gak bisa liat yang seger2..
"Tadaaa" aku layaknya seorang magician yang sukses dengan triknya saat membuka pintu kamar...trik buaya buntung mencari mangsa..
Kedua calon emak2 itu mulai masuk kedalam, akupun membuka jendela kamar..sedikit pengap rasanya..sesekali melambai ke teman kostan yang menunjukan ekspresi mupeng di bangku teras dari bambu itu. Makan tu mupeng mblo...
Dinda : kak..piringnya mana"
Ane : itu di rak kecil tuh..ambil aja.
Dinda : bantuin lah kak..kan kamu yang tuan rumahnya
Ane : iya iya.. Aku membantu Dinda memindahkan bungkusan nasi ke piring, Marta sedari tadi sibuk smsan entah dengan siapa. Orangnya sedikit pendiam
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas ternyata. Setelah siap, kamipun sarapan pagi itu. Ya namanya makan sama emak2 ya..mereka kebanyakan ngobrolnya, aku udah abis dari tadi2 mereka masih aja sibuk ketawa2 gak jelas sambil sekali suapan nasi padangnya. Benar2 heboh ni emak2 2 orang kalo lagi ngumpul.
Tak lama, setelah mereka selesai makan, Marta mengangkat telepon, kalo dari gerak geriknya sih dari pacarnya..soalnya dia gak mau didengerin omongannya. Dia sempat berjalan keluar kamar sambil bisik2 mengangkat teleponnya.
Marta : Mas, Din...aku duluan ya, udah ditunggu sama cowokku di depan kampus. (dia berdiri didepan pintu setelah megangkat teleponnya)
Dinda : yah, padahal baru aja nyampe sini Ta..ya udah biar di anterin kak eri deh..(terlihat dinda menyerahkan kunci motor maticnya) Dinda : nih kak, tolong anterin Marta (aku meraih kunci dari tangannya)
Ane : ayuk Ta aku anterin (dia mengangguk)
Marta : jgn deh kak, ntr dia ngeliat bisa2 dimarahin akunya. Marta : Din, kamu aja ya yang anterin
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Dinda : ya udah..kak bentar ya aku mau anter Marta dulu. (aku mengangguk pasti)
Setelah beberes tas ala emak2 milik marta, merekapun meninggalkan kostan kearah kampus tempat pacarnya marta menunggu. Aku menyalakan PC tua dikamar, cek pesbuk dan segala macam dan tak lama terdengar motor matic masuk kedalam kostan. Dan terlihatlah Dinda didepan pintu kamar. Senyumannya menggoda banget yak.. :
Dinda : kak, aku pinjam kipasBOLEH "
Ane : tinggal pake koq Din..kyky sama siapa aja.. Ane : bentar2 aku nyalain dulu..
Ane : tuh kalo mau make komputer dah nyala itu
Dinda mengambil alih pc tua dikamar, akupun menyalakan kipas dan mengarahkan kearah cewek semok yang kepanasan itu. Hahay..itu bau parfum langsung memenuhi seisi kamar..entah kenapa itu bisa wangi segitu parahnya..jangan2 dia mandi dengan parfum yak..
Ane : ntr ada kuliah lagi din"
Dinda : ada kak, ntr jam stengah sebelas. (dia menjawab tanpa
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas mengalihkan pandangan dari layar monitor, asik pesbukan ternyata)
Ane : jiah malah pesbukan, katanya mau ngopy materi Din"
Dinda : besok aja deh kak, aku mau pesbukan dulu.
Ane : ya udah, kamu pesbukan aja ya..ntr kalo mau kuliah bangunin ya. (dia berbalik melihatku)
Dinda : yah..temanin dong kak..masa tidur sih..
Ane : lah kan aku temenin juga, cuman merem2 ayam koq Ane : kamu juga sibuk pesbukan toh
Dinda : ya udah deh.. Diapun kembali menatap layar monitor dikamar. Mata yang baru beberapa jam terlelap ini benar2 masih ngantuk rasanya. Bukannya tidak menghargai Dinda yang sedang main kekamar, berhubung dia sibuk sendiri dengan pesbukan..ya mending aku tidur kan ya. Dari pada bengong2 gak jelas, mending meluk Dinda kan ya..eh, meluk guling maksudnya.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Belum lama aku menutup mata, terasa goyangan kecil di bahu kiriku.
Dinda : kak, bangun kak...hujan...
Ane : hmmm..(nyuekin tangan genit dinda)
Dinda : kak, hujan deres tuh..cuciannya basah..
Bah...beneran ujan deres ternyata, kirain cuman bercanda..akupun sontak kedepan dan hendak mengangkat jemuran. Bah, kamis kan bukan waktu nyuciku..nyuci juga kalo pas weekend aja. Ah, di kadalin sama Dinda aku. Dia hanya tertawa kecil melihatku yang menyadari kebohongannya. Ah..minta di terkam ini cewek semok satu eh. Akupun kembali ketempat tidurku tadi, separuh badan di atas kasur dan separuh lagi di lantai. Melenggang lagi ke pulau kapuk.
Dinda : kak, tidur terus sih kak.. (kembali tangna genit itu menggoyang2kan tangan yang aku silangkan di atas dadaku)
Ane : masa mau ujan2an Din, mending tidur kan dingin2 kyk gini. (sedikit membuka mata melihatnya)
Ane : iya iya ini udah bangun..udah sana pesbukan lagi aja..aku temenin sambil ngobrol (aku membenarkan posisi dudukku, sedikit mengucek
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas mata) Tak berapa lama dia kembali sibuk dengan pesbuknya. Diluar juga hujan semakin lebat dan angin yang benar2 terasa dingin menusuk tulang. Entah sepertinya ada yang aneh dengan cuaca yogya sekarang. Sedikit berbeda dari hujan2 sebelumnya. Benar2 mengerikan hujan kala itu. Petir bersahutan, hujan sangat deras di tambah dengan angin yang tak kalah derasnya. Prasaan kemarin2 masih panas deh, panas El Nino kalo gak salah kata BMKG waktu itu, tapi koq tiba2 hujan ya. Ah sudahlah..cuaca jogja juga memang gak pernah bisa diprediksi.
Alampun mulai berkonspirasi..ceklek..listrik padam, benar2 pas waktunya..
Dinda : Yaaaah..mati lampu..
Ane : rasain..tuh disuruh berangkat kuliah, bukan pesbukan terus (ini kyknya keliatan gigi tok kalo senyum, lumayan gelap soalnya waktu itu )
Dinda : ah malas kuliah ah kak..ujannya deras banget..pasti basah ntr sampe kampus. (terlihat dia membaringkan badan di kasur)
Ane : eh, kuliah harus jadi nomor satu..gak boleh malas2an. Ane : sana berangkat..(iseng tangan ini mendorong tubuhnya, dia malah
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas tambah menggeliat malas2an)
Dinda : gak masuk aja deh skarang kak, ntr aku pinjam catetan marta aja deh.
Dinda : kak, aku pinjam bantal sama selimut ya.
Ane : ya udah itu tinggal pake.
Nah, Dinda sudah ngajak tidur tuh..saatnya kita terkam pemirsa..eh lupa, ane kan udah tobat yak..gak terpengaruh lagi sama yang kyk gitu2. Detik berganti menit, menit berganti jam..hujan gak reda2, dinda juga yg keliatan tinggal muka doang, lainnya udah ketutupan selimut. Kyknya masuk kedalam selimut enak inih Lampu juga gak nyala2, tambah boring diri ini nungguin orang tidur.


Mencari Ilmu Ikhlas Karya Rudiarth T. Erianto di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Dengan cahaya dari luar, akupun berinisiatif membuat mie rebus. Yap, mayan lapar rasanya perut, ini sudah jam stengah 5 sore. Sesekali aku membalas sms dari tuan puteri yang kini sedang berada dirumahnya itu. Semester ini dia sudah tidak mengambil mata kuliah lain selain Skripsinya, jadi kebanyakan waktu dia habiskan di rumahnya di klaten sana. Laporan kkn terkadang dia tulis tangan dan nantinya setelah di kostan dia baru memindahkannya kedalam file skripsinya di komputerku. Kasiannya pacarku itu gak ada laptop.
Dan, 2 mangkok mie rebus rasa soto sudah siap. Sedikit tambahan cabe yang baru dipetik dari halaman kostan, lengkap sudah. Akupun
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas membangunkan cewek semok yang masih tertutup selimut itu. Dia sama sekali tak bergeming ketika aku membangunkannya..malah semakin tinggi dia menarik selimutnya itu.
Ane : Din..bangun dulu ayuk..dah sore ini..
Dinda : bentar kak,dikit lagi..masih ngantuk (dia semakin tinggi menarik selimutnya)
Ane : kelamaan itu ntr Mie rebusnya dingin loh, gak enak lagi
Beh, denger kata makanan aja cepet langsung bangun..dasar, anak kostan kere juga kyknya..
Sedikit penerangan dari pintu angin di tembok selatan kamar membuat suasana kamar yang sedikit remang2 gimana gitu. Hujan di luar sudha cukup mereda berganti gerimis sekarang.
Ane : eh, ngapain bengong" dimakan itu..(sedikit menyadarkannya yang bengong )
Dinda : gelaaap, gak ada lilin apa kak"" (suara males2an baru bangun tidur)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : hadeh..bentar ya..kyknya aku punya lilin sisa deh..bentar bentar..
Bongkar2 kardus di atas lemari, akhirnya ketemu juga sisa lilin yang masih lumayan panjang..mayanlah buat ngepet..eh, buat penerang pas makan mie sama si semok dinda.
Terlihat muka acak2annya yang sumringah saat aku menyalakan lilin didepan kami. Dia masih dengan selimut mengelilingi badannya.
Ane : nah dah terang kan..makan gih..mumpung masih anget. (dia mengangguk pelan)
Dinda : makasih ya kak..(gantian aku mengangguk sekarang)
Ane : samasama..udah buru diabisin mumpung anget
Baru beberapa suapan, listrik kembali nyala..ah sompretlah, baru juga mau romantis2an dengan dinda sambil diterangi cahaya lilin2 putih..orang PLN ini emang gak bisa liat orang baru mau senang kali ya..
Dinda melarangku saat akan meniup lilin yang masih nyala itu, entah apa maksudnya. Aku pun hanya mengikut maunya. Setelah menghabisi mie rebus di mangkoknya. Dia mengangkat sloky kecil yang aku jadiin tempat lilin di kamar, yap, itu sloky yang di pake mas farid,mas antok dan arif dulu pas terakhir minum2 di kamar. Terlihat dinda memejamkan mata didepan lilin itu. Sejurus dia menarik nafas dan meniup lilin itu. Bah lupa, tadi pagi kan kata Marta dinda hari ini ultah ya..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas "Selamat ulang tahun ya.. " senyum termanis sambil menjulurkan tangan kearahnya. Diapun menyambut uluran tanganku.
Dinda : makasih ya kak..makasih buat traktiran Mie rebusnya
Ane : hehehe...maaf ya, gak bisa ngasih apa2 aku Din..aku gak tau ultahmu soalnya (dia menggeleng pelan)
Dinda : gpp koq kak, kakak dah mau nemenin aja aku udah senang koq. Dinda : makasih ya kak
Wajahnya kini mendekat kearahku, dekat dan semakin dekat. Roman2nya dapat cium ini mblo..tutup mata mblo ndak pengen..
Cup...sebuah kecupan kecil di pipi kananku. Ah, benarkan..mupeng2 koe mblo, aku suruh tutup mata juga tadi..
Dia tersenyum manis melihatku..akupun membalas senyumannya..
Ane : udah tuh dah nyala listriknya, tuh kalo mau lanjut pesbukan lagi (kembali dia menggeleng)
Dinda : malas ah kak, mau lanjut tidur aja
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : gak capek apa, prasaan dah dari tadi siang kamu tidur
Dinda : enggak sih kak..hangat malah..jadi enak buat tidur
Ane : yo wes, tidur aja sana..aku ta main PC aja..sambil ngeliat2 server
Dia hanya mengangguk di atas kasur, Aku menyalakan pc tuaku. Sedikit rewel dirinya karena tadi tidak dimatiin dengan benar, pc tua juga bisa alesan, padahal dia cemburu sama dinda semok dibelakangku Setelah selesai dengan booting awalnya, terlihatlah layar khas windows 7nya. Yap, kembali aku membuka tools khusus untuk memantau server, sesekali menyapa para GM lain yang sedang on di skype.
Melihatku yang sangat asik dengan komputer, Dinda sedikit penasaran dan kini mulai duduk disampingku. Kembali dia sedikit bawel menanyakan ini apa itu apa. Koq bisa gini koq bisa gitu. Benar2 rame ini calon emak satu2 eh. Tak terasa, sudah 30menit berlalu, sedikit berkurang kini pertanyaan dari mulutnya. Kepalanya kini sudah bersandar di bahu kananku..hahay, enak ternyata ya jagain traffic server sambil ada yang anget2 dsamping. Selimutnya loh maksud ane, bukan Dindanya
Menjelang pukul 9 malam, aku mengantarkannya sampai depan gerbang kostan. Yap, sudah cukup baginya untuk berada di kostanku. Aku tak ingin terjadi sesuatu dan lain hal yang dapat menjadi lebih rumit nantinya. Sejenak dia tersenyum kecil kearahku sebelum melajukan motor maticnya kearah jalan di ujung gang.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 16. Bobo Bareng Hubunganku dengan tuan puteri tidaklah menemui halangan yang benar2 berarti. Beberapa hari ini juga dia jarang berada di yogya, yap dia berada di klaten sana di rumahnya. Tapi seharipun tidak pernah kami lewatkan tanpa memberi kabar melalui sms/telpon. Setiap hari dia selalu membahas hal yang sama yang tidak pernah ada bosen2nya dia tulis di keypad hapenya.
Nduwt : yank..aku belum bisa keyogya lagi
Ane : iya, gpp..toh juga kuliah gak ada lagi kan, tenangin diri dulu sambil nyusun skripsi
Nduwt : kangeen yank Ane : kangen aku ato kangen jochik"
Nduwt : dua-duanya yank..ntr kalo aku keyogya temenin ke jochik ya
Ane : iya iya..buruan keyogya makanya..dah kangen ini
Nduwt : sabar ya yank..besok2 kalo sepi aku langsung keyogya
Yap, hampir setiap hari dia pasti membicarakan Jochik, tempat makan favoritnya itu.
Bulan september datang dengan cepat, tak terasa beberapa hari lagi hari yang paling aku benci datang, hari apa lagi selain hari ulang tahunku. Orang lain sangat menunggu hari2 itu, tapi entahlah sejak beberapa tahun belakangan ini aku benar2 kacau setiap tgl 6 september itu tiba. Tapi, kala
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas itu aku sempat memanjatkan doa, semoga di hari ultah besok tidak ada lagi kejadian yang benar2 membuatku kacau seperti yang sudah lewat.
Hari ini adalah hari senin tanggal 6 September. Tidak ada yang special, sedari semalam aku sudah mengadakan event kecil2an di server game yang aku jaga itu, sekedar bagi2 item ingame. Dan untuk Real life, aku berusaha untuk tidak memikirkannya. Lumayan banyak SMS yang aku dapat pagi itu saat membuka mata, Tari, Lisa, Mimin, dan Dinda juga sempat mengucapkan selamat ultah. Vanya, aku tidak berharap lebih untuk ucapan darinya.
Nduwt, kyknya dia tidak tahu ulang tahunku kapan, secara dia tidak pernah menanyakannya. Jadi aku tidak terlalu mengharapkan kehadirannya. Toh dia lagi pusing2nya nyusun laporan skripsi.
Setelah membaca sms pagi2 buta, aku kembali menuju pulau kapuk...maklumlah, kuliah cuman hari selasa sama kamis..jadinya ya kyk gini..tambah suram aja kesan mahasiswa di diri ane
Belum berapa lama, pintu kamar di ketuk2.. entah siapa pagi2 gini sudah menggangguku terlelap. Dari semalam juga gak ada kata dari tuan puteri kalo dia bakal keyogya. Sedikit malas2an diri ini membuka pintu.
"Selamat ulang tahun sayang" terlihat tuan puteri tersenyum manis gula jawa didepan pintu. Sedikit kaget diri ini saat membuka pintu kamar, ternyata dia tau ultahku kapan.
Nduwt : kangeeeenn (dia sekarang memelukku yang masih acak2an baru bangun tidur ini)
Ane : iya, aku juga kangen kamu yank..(aku membalas pelukannya, hangat terasa)
Ane : ya udah masuk dulu yuk..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Setelah melepas pelukannya, diapun masuk kedalam kamar. Terlihat dia membuka tas ala emak2nya, dia mengambil kotak kecil yang di bungkusin kado, entah apa isinya itu.
Nduwt : sana yank mandi dulu..kebiasaan deh jam segini masih tidur
Ane : bentar ya, masih ngumpulin nyawa (kembali badan ini bersender di tembok dekat kasurku, dan tuan puteri kini mengikut di dadaku yang kerempeng)
Nduwt : yank, ntr temenin ya..
Ane : iya, jochik kan (dia mengangguk) Nduwt : iya, ntr abis makan trus ke bringharjo ya yank.. Nduwt : temenin cari jilbab
Ane : iya, apa sih yang enggak buat pacarku tersayang
Nduwt : oiya yank..nih aku beli kemarin pas cari barang di solo.
Ane : apaan yank" Ah, repot2 aja sih...sering2 yak (cubitan kecil kini mendarat di pipi chubbynya, lagi dia tersenyum manis gula jawanya) Jrengjengjeng...biar dramatisir sama isi kadonya..
Ane : koq tau aku suka warna itam yank"
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : tau lah yank, tuh kaosmu warna itam semua Ane : hehehe...makasih ya sayang..
Dia membuka kedua tangannya, ah pacarku sekarang manja banget..minta peluk terus dianya..bukan ane loh ya, dianya yang minta..ane kan udah tobat kan ya..
... Setelah selesai mandi dan berpakaian sedikit rapi, biar gak malu2in tuan puteri karena jalan dengan gembel kyk ane ini. Kado darinya tadi aku masukin lemari kayu yang ada dikamar. Kostan ini dapat satu lemari kayu setinggi dadaku untuk tempat pakaian, nah karena ada lemari kayu ini, lemari plastik yang roboh kena gempa dulu sudah ane pensiunkan sejak pindah kekostan ini.
Oiya, kadonya ane rahasiain aja ya, biar pada penasaran gitu ceritanya.. Gk penting soalnya gan, malu ane jelasinnya
Seperti permintaan tuan puteri, aku mengantarnya makan di jochik didekat IST Akprind itu, sekarang di belakang XXI. Lumayan gede tempatnya, lumayan enak juga buat tempat ngobrol..banyak mahasiswi yang makan disitu juga soalnya, jadi ya skalian cuci mata liat yang seger2 gitu.
Setelah selesai makan, kamipun beranjak ke pemberhentian selanjutnya..bringharjo..ane lupa lantai 2 ato tiga dulu itu. Ada 2 toko yang jadi tempat jual2 segala macam jilbab dan baju2 muslim gitulah. Nah, baru ini ane ngerasa jadi serba salah. Dia nunjukin 2 jilbab di tangannya. Dia nanya pendapat ane, yang mana yang bagus, ais..mana pernah aku make jilbab..mana tau yang bagus mana yang jelek.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas "Yank, ini bagus gak""" "Bagus.."
"Kalo sama ini bagusan mana"" "Yang itu bagus juga yank"
"Trus aku beli yang mana dong kalo sama2 bagus""" "beli aja dua-duanya yank"
"Gak ah, aku mau beli satu aja..yang ini aja" dan diapun beranjak kekasir, baru berapa langkah, sekarang berbalik lagi..
"Gak jadi deh yank..aku mau cari lagi sapa tau ketemu yang lebih bagus " "ya udah..aku duduk luar aja ya..sambil nungguin kamu dapat yang bagus banget"
Hadeh, pantesan banyak yang gak mau nemenin emak2 kalo pas belanja..hal yang simple bisa jadi sangat rumit ternyata.
2jam lebih, belum ada satupun yang menjadi pilihan sang tuan puteri. Bener2 dah, masih aja sibuk milih yang mana..tinggal ambil semua yang bagus, trus bayar..masalah selesai. Itu pemikiran cowok loh..au dah kalo cewek.
3jam berlalu, tuan puteri terlihat kecapean menghampiriku yang duduk2 didekat penjual mainan robot2 bongkar pasang didepan toko itu. Ane : mana jilbabnya yank""
Nduwt : gak ada yang aku suka yank..
Ane : tadi kan udah bilang bagus, kenapa gak di ambil" (aku mengusap2 bahunya yang kini bersender dibadanku)
Nduwt : gak suka yank, sudah ada yang beli yang sama modelnya tadi pas
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas mau bayar di kasir. Ane : ya udah, besok2 lagi tunggu ada barang baru.. Ane : trus sekarang kemana lagi yank""
Nduwt : kesana lagi yuk, tuh masih ada satu toko lagi (terlihat dia semangat lagi setelah menunjuk toko sebelah selatan toko tadi) Ane : ya udah ayuk aku temenin
Dan berjalanlah kami ke toko selanjutnya..kejadian seperti tadi lagi. Pilah pilih yang mana yang bagus. Tanya lagi tanya lagi..weslah, kalo yang make cantik, mau jilbab kyk mana juga tetap cantik..
Lagi, 2 jam yang tidak membuahkan hasil..terlihat muka lesunya ketika kembali kearahku menunggu didepan toko itu. Ya seperti tadi, gak ada yang cocok katanya. Bhuahahaha..5 jam cuman buat pilah pilih yang gak membuahkan hasil. Untung sama kekasih pujaan hati, kalo gak dah aku tinggal pulang dari tadi.
Akhirnya sang puteri mengajak pulang, yey, penderitaan menunggu pun berakhir..eits, tapi dia kembali menyuruhku menunggu didepan toko pertama tadi. Dia masuk lagi ketempat dia ngembil 2 jilbab pertama. Yap, dia sekarang terlihat kearah kasir, tak berapa lama senyuman manis khas gula jawanya itu terlihat kearahku. Dengan kresek putih kecil dia berjalan mendekatiku.
Ane : beli apaan yank"
Nduwt : jilbab tadi yank Ane : yang mana" yang awal tadi"" (dia mengangguk pelan)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : iya, nih aku beli dua2nya.
Hadeh, ini rasanya campur aduk dalam hati, mau marah tapi sama tuan puteriku..mau gedek sendiri, ntr dia sedih..yo weslah, iya2in ajalah daripada ngambek..ane mah cuman seorang pelayan setia yang menemani tuan puterinya.
Nduwt nduwt...setiap kali kamu ngajak ketoko yang sama, aku selalu menikmati ekspresi wajah bingungmu saat kamu mengangkat 2 jilbab di tangan kiri dan kananmu..pertanyaan tetap sama "Ini bagus gak yank...kalo sama yang ini bagusan mana"" ah..aku cuman bisa tertawa kecil ketika mengingatnya..begitu rumit 2 pilihan yang jelas2 nantinya akan kamu pilih semuanya itu..
Menjelang pukul 4 sore, tuan puteri mengajakku sebentar kekostannya. Yap, dia mengambil doramemon, bantal kesayangannya itu. Kami hanya mampir sebentar di kostannya sebelum kembali kekostanku. Yap, dia tidak mau tidur sendiri dikamarnya, malam ini dia memilih untuk tidur di kamarku. Tak berapa lama, tibalah kami di kostanku. Ceketer aku parkir didepan kamarku. Saat turun dari motor, terlihat anak kostan yang beberapa hari lalu melihatku dengan Dinda dan Marta.
"Wah..mas Eri nih tiap hari beda-beda cewek yang di ajak kekostan..mbok aku dikenalin satu mas "
Wasyu...kebongkar kebusukanku ketika di yogya dan ketika tuan puteri tidak ada disini..sialan tuh orang, main bocor2 aja dah...siap2 ini bakalan kena cubit abis2an didalam kamar. Tuan puteri hanya tersenyum tidak enak dengan kata2 teman kostan tadi. Ah, sudahlah...siap2 mental aja dah..
Setelah membuka pintu kamar, sesuai perkiraan tadi..ckiiit...cubitan tuan
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas puteri mendarat sempurna di perutku. Ane : aduh yank...sakit ah..
Nduwt : kemarin siapa yang kesini"" (itu matanya biasa aja keleus.. )
Ane : bukan siapa2 yank, cuman teman kampus koq..adik kelas.. Ane : kan aku ngambil mata kuliah baru barengan sama mereka..jadi mereka kemarin mampir kekostan buat ngerjain tugas. Ane : beneran sayang..udah dong jangan marah..ya ya ya..
Nduwt : jahat kamu yank..kamu sering bawa teman cewek kesini..
Ane : enggak sayang..beneran..cuman Dinda sama Marta koq.. Ane : kemarin kan aku sms kamu..kan aku bilang siapa aja yang main kesini
Dia hanya terdiam disudut kasur..mukanya masih seperti tadi, ditekuk macam kertas pembungkus makanan.
Ane : iya iya, maaf aku salah..jangan ngambek lagi ya.. (hahay, saatnya kita mencari senyuman manis gula jawanya lagi)
Ane : oiya, sayang mau makan apa" aku masakin deh..
Nduwt : emang bisa masak"" (sedikit ketus suaranya, wajahnya masih ditekuk2)
Ane : bisa dong..hehehhe..
Ane : mau nasgor apa magelangan, apa capcay ato apa gitu"
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : coba..aku pengen nyicip magelanganmu Ane : tungguin bentar ya..aku beli bahannya dulu di warung. Nduwt : ikuuut..
Sukurlah, dia kembali manja seperti sebelumnya. Kini dia menggandeng tanganku menuju warung belakang kostan. Setelah membeli nasi putih dan 2 bungkus mie rebus, kamipun kembali kekamar. Yap, warung belakang lumayan komplit, ada semua bahan masakan di jualnya.
Sore itu, aku menjadi koki dadakan untuk tuan puteri. Dan sore ini menunya adalah magelangan, magelangan ala chef eri. Setelah mateng, terlihat tuan puteri sangat asik menyantapnya. Sepiring berdua memang benar2 romantis, ditambah magelangan ala chef eri dengan sedikit taburan bumbu cinta diatasnya..luar binasa enaknya.
Setelah beberes perlengkapan makan, dia sempat bermanja2 sebelum dia beranjak tidur. Sudah 9bulan kami jadian, belum sekalipun aku memeluknya ketika tidur. Aku tidak mau melakukan itu, takut ndak keterusan. Biarlah dia tetap dengan keindahannya tanpa harus aku menghancurkan semua yang menjadi kebanggaannya itu.
Setengah 10 malam, diapun terlihat mengantuk. Akupun mempersilahkan dia tidur dulu. Dia terlelap dengan posisi tangan kanannya memegang tangan kiriku. Aku yang menghadap ke depan monitor, masih melek hingga pukul 1 pagi, yap aku masih melakukan tugasku menjaga traffic server malam itu.
Dia sela2 aku memantau server, keras kurasakan genggaman tangannya. Badannya bergetar hebat, matanya terbelalak melihat kearah atas lemari disudut kamar. Tetesan air di kedua matanya. Sedikit bingung diri ini melihatnya seperti itu. Entah apa yang terjadi. Akupun menggoyang bahu
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas kirinya. Ane : yank..(dia masih melihat kearah yang sama seperti sebelumnya) Ane : yank..kamu kenapa"" (kembali aku menggoyangkan badannya lebih keras sekarang)
Dia terlihat seperti orang yang baru keluar dari dalam air..dalem itu tarikan nafasnya. Badannya masih bergetar hebat..aku beranjak mengambil segelas air untuknya. Setelah meminumnya, dia memelukku dengan tubuh gemeteranya. Dia tidak mau cerita dengan apa yang menimpanya barusan.
"Yank...pelukin ya malam ini...aku takut"itulah suaranya sebelum dia menenggelamkan seluruh wajahnya didadaku.
Akupun menemaninya tidur malam itu, banyak pertanyaan di kepala ini dengan apa yang dia alami tadi..aku mendekap tuan puteri didadaku..sekedar membuatnya nyaman didalam lelapnya. 17. Kostan Serem..Dulunya..
Pagi menjelang..terlihat tuan puteri masih terlelap dalam dekapanku. Ah untunglah aku tidak melakukan hal yang aneh2 semalam. Aku menikmati pemandangan ini, wajah teduhnya ketika tertidur benar2 indah..ya meskipun ada sedikit belekan dimatanya, tapi tidak mengganggu kecantikan di wajah chubbynya itu. Sedikit bergerak dirinya ketika bibir ini menyentuh dahinya. Kembali aku memeluknya erat, semakin dalam dia menenggelamkan tubuhnya didekapanku.
Setengah 6 dia menggeliatkan badannya, saatnya tuan puteri bangun dari lelapnya. Aku yang sedari tadi melihat tingkahnya tersenyum manis didepannya.
Nduwt : apaan sih yank.. Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : selamat pagi putri tidur
Ane : nyenyak bobonya semalam"" (dia mengangguk pelan)
Nduwt : makasih ya yank.. (sedikit berubah ekspresinya saat mengintip dari atas bahuku kearah sudut kamar atas lemari)
Ane : kenapa sih yank"" (dia menggeleng pelan) Nduwt : gpp koq..
Nduwt : yank..temenin kekamar mandi yuk..kebelet pipis
Ane : ya udah, yuk bangun..
Terlihat dia bangkit duduk dan membenarkan jilbabnya yang sedikit acak2an karena dekapanku tadi. Setelah membuka pintu kamar, akupun menemaninya kearah kamar mandi diujung barat lorong kostan. Tak berapa lama, diapun keluar dari kamar mandi. Kami kembali kekamar. Lagi2 dia melihat kesudut kamar, arah tatapannya semalam di atas lemari kayu. Entah apa yang dilihatnya semalam.
Sejenak diapun membereskan barang2nya, tak lupa tas kresek kecil yang berisi jilbab 2 biji yang dia beli kemarin. Setelah beres semua, diapun beranjak kearah ceketer yang sudah aku panasin sebelum masuk kamar tadi. Yap dia sudah bilang semalam kalo pagi ini dia akan kembali ke klaten sana.
Nduwt : yank, aku pulang ya.. (kembali dia menyalim kekasihnya ini) Nduwt : awas...jangan macam2 pas aku gak ada disini..ta suwek2 matamu yank
Ane : iya..gak macam2 koq yank..paling satu macam aja
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : yaaaaaank... Ane : enggak enggak...hehehhe...
Nduwt : ya udah, sayang ati2 ya disini, kuliahnya jgn malas2an..cepet lulus biar bisa cepat lamar aku
Ane : iya sayang..dah sana buruan, ndak kepanasan ntr di jalan
Nduwt : aku di usir Ane : enggak sayang.. Sekali lagi dia menyalim tanganku. Setelah menaiki ceketernya, akupun mengantarnya sampai didepan gerbang kostan. Lambaian kecil darinya sebelum dia melajukan ceketernya kejalan di ujung gang. "Ati2 sayang..salam sama ibu bapak dirumah."
Aku pun kembali kekamar dan mengambil handuk untuk segera mandi..yap, selasa adalah waktunya kuliah pagi2 jam 7..biasalah mata kuliah semester baru, jadi jadwalnya pagi2 buta. Setelah selesai mandi, pakai kemeja sama sisiran rambut dan semprotan plapyum disana sini, siaplah diri ini untuk kekampus buat ketemu mahasiswi yang butuh belaian. Mahasiswanya mboh gak peduli ben wae jadi jones berkarat..bhuahahahha
Baru aja masuk kedalam kelas..terdengar suara cewek bohay itu..siapa lagi kalo bukan Dinda dan Marta.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Dinda : Kak Eri... (keras suaranya dari arah lorong yang mengarah kekelas, aku membalikkan badan)
Ane : eh Din, Ta...apa kabar
Dinda : baik kak..kakak sendiri gimana"" Dinda : sombong ih, kemarin aku sms gak dibalas
Ane : oiya, lupa balas..kemarin sama tuan puteri soalnya Dinda : pantesan aku dicuekin..ternyata...(mereka tertawa kecil)
Marta seperti biasanya, dia lebih banyak diam ketika ada aku di antara mereka, tapi kalo mereka berdua yang ngerumpi, bisa heboh ini kelas kayak pasar tumpah. Tak berapa lama, kembali dosen muda yang nota bene teman kuliah dulu yang jadi pengajar mata kuliah ini masuk. Ah, bakalan di permalukan lagi ini. Tapi sudahlah, namanya juga mahasiswa madesu, sudah biasa jadi bahan ejekan.
Seperti biasa 2jam selesai sudah itu kuliah..tumben kali ini si dosen muda tidak banyak menyinggung mahasiswa madesu ini, selamatlah aku kali ini. Hahay..
Marta yang sudah punya pendamping, segera pamit setelah kuliah, karena sudah ditunggu didepan kampus. Nah sekarang giliran ane sama si bohay ini yang sedari tadi gak pernah jauh2 dari sampingku. Dinda dinda, sayang tu badan bohay tapi jarang kena belai..mau po di belai sama buaya sebelah..batin ini melihatnya yang tersenyum kearahku.
Dinda : kak, kekostanmu yuk..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : eh mau ngapain""
Dinda : main aja, aku gak ada teman lagi kak, Marta udah di jemput pacarnya
Ane : ya udah sana telpon pacarmu, minta jemput (trik lama yang selalu berhasil )
Dinda : gak punya Ane : kasian yang lagi jomblo
Dinda : ah kakak ngejek terus
Ane : heheheh...udah, yuk cari makan aja..kantin pojok apa dimana" Dinda : bosen kak, semingguan makan di kantin pojok terus.. Ane : ya udah ayuk cari makan dimana gitu
Dinda : kakak biasanya cari makan dimana"
Ane : paling nasi rames samping gang kostan..
Dinda : ya udah yuk kekostan kakak aja Ane : eh, kamu udah gak ada kuliah lagi"" Dinda : ada kak, tapi ntr agak siangan..jam 12an kak..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Dinda : yuk kak, cari makan dulu..laper
Diapun segera menggandeng tanganku kearah parkiran..entah apa yang aneh didiri ini sehingga seperti magnet saja. Itu si Dinda main nempel2 aja, kan kasian para jones yang melihat..ndak mereka ngiri trus bunuh diri ntr.
Aku melajukan motor matic milik dinda kearah warung nasi rames di dekat gang kostan. Warung murah tapi enak dan porsinya banyak, nah apalagi yang kurang coba. Sudah pasti rame dengan para anak kostan kere seperti ane ini. Dinda yang mengambil alih menu makan pagi menjelang siang kala itu. Aku hanya menggeleng saat dia menunjuk ikan goreng sebagai lauknya. Lebih baik gak makan daripada harus gatal2 lagi. Cukup sama tuan puteri saja aku menghabiskan satu porsi makanan dengan lauk ikan.
Kami kembali kekostan dengan 2 bungkusan makanan porsi kuli dari warung tadi. Dinda yang sudah beberapa kali main kekostan seakan sudah hafal dengan segala tempat peralatan makan, diapun telaten menyiapkan makanan kedalam piring.
Dinda : yuk kak makan Ane : ayuk.. dah laper juga aku.
Mari makan pagi menjelang siang semuanya.
Aku kie sebener e jahat po ra ya"" Belum ada setengah hari tuan puteri dari kostan sini, tapi sekarang aku sudah makan dikamar ini dengan cewek lain, trus becanda2 gak jelas sambil makan lagi sama si cewek semok ini.. Entahlah, jangan tanyakan disini..tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Setelah selesai makan, dinda seakan tertarik dengan bantal baru yang ada di atas tempat tidurku. Diapun mengambil Doramemon milik tuan puteri.
Dinda : kak, ini punya siapa"" (dia memeluk2 doramemon, sejenak dia menciumnya lalu melihatku)
Dinda : koq baunya parfum cewek kak" (aku tersenyum kearahnya)
Ane : itu punya pacarku..semalam dia nginap sini Dinda : eh, cewek boleh nginap ya disini"
Ane : bolehlah..kostan paling bebas koq
Ane : kenapa"" mau nginap sini"" (hahay, sudah lama ini kedua alis tidak pernah di angkat2..sekaranglah saatnya)
Dinda : ya kalo boleh sih
Ane : jangan deh, ndak kena amuk aku sama pacarku. P
Dinda : kakak penakut juga ya sama pacarnya..
Ane : ya takut kehilangan Din..pasti semua orang takut kehilangan orang yang di sayang..jadi wajarlah aku takut kehilangan dia, kan aku sayang sama dia
Dinda : mau dong disayang2
Ane : makanya cari pacar biar ada yang sayang sama kamu
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Kami tertawa kecil dikamar, Dinda sekarang semakin berani mendekat kearah buaya satu ini, dia seakan tak segan untuk bermanja. Tapi tenang, aku sudah tobat loh ya..jadi gak bakalan tergoda rayuan darinya Setengah 12 dia pun pamit kembali kekampus karena ada kuliah lagi. Akupun mengantarnya sampai gerbang kostan, lambaian tanganku mengiringi dia menghilang di ujung gang kostan.
... Beberapa hari berselang, tuan puteri kembali datang keyogya, sedar pagi tadi dia sudah dikamar bermain Onet, game kecil yang menyamakan beberapa gambar2 pokemon. Aku pun baru selesai mandi kala itu, melihatku yang sudah selesai mandi, diapun mengajakku makan di tempat kesukaannya, apalagi kalo bukan Jochik. Melajulah ceketer meninggalkan kostan kearah jalan solo sana, ke tempat makan favorit tuan puteri.
Setelah mendapat pesenan, kamipun mencari tempat duduk disalah satu meja.
Ane : yank, kamu jarang di yogya, trus kostanmu siapa yang nempatin" (sesekali aku menyuapinya dengan ayam goreng kesukaannya itu) Nduwt : nunggu abis yank, abis itu aku laju dari rumah keyogyanya Ane : owh, trus barang2mu gimana yank"
Nduwt : ya ntr bawa pulang, kamu mau pake yang mana yank"" Ane : gak usah yank, toh aku juga udah ada semua kan dikamar Nduwt : belum ada rice cooker yank..ntr abis ini kekostan ya, ambil
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas ricecookernya. Ane : eh gak usah yank..buat pake dirumah aja.
Nduwt : dirumah udah ada yang gede yank..jadi gak kepake.. Ane : males ah yank..belum beli beras belum beli bahan masak lain2nya..itung2nya sama aja sama beli jadi
Nduwt : kan bisa makan kapan aja yank kalo masak sendiri Nduwt : ntr aku bawain beras dari rumah
Nduwt : ibu juga sering nyuruh bawa beras dari kemarin2, tapi aku bilang kamu gak ada rice cooker makanya gak bawa
Ane : owh, ya udah.. Ane kalah telak tiap berdebat dengan tuan puteri, dia seakan sangat pandai mengatur segala yang baik untukku. Aku hanya mengikut semua kata2 darinya.
Sore menjelang, kamipun kearah kostannya di dekat SMK piri sana, mengambil Rice Cookernya tadi. Sedikit berdebu kamarnya itu karena jarang di tempati. Aku sempat membantunya membersihkan kamarnya itu. Tak berapa lama sudah selesai. Terlihat sedikit kecapean diwajah chubbynya. Diapun mengajakku duduk di dekat pintu, tempat dia tertidur dibahuku dulu.
Ane : kenapa yank, koq kyk ada yang beda" (belaian hangat di bahunya)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Nduwt : yank, kmrn itu pas aku nginap dikamarmu. Aku liat cewek2 duduk ngeliatin dari atas lemari.
Nduwt : matanya keliatan di sela2 rambut panjangnya..(sedikit bergidik diri ini mendengar kata2nya barusan)
Nduwt : trus pas kamu bangunin, dia lagi dudukin aku yank..sambil ketawa dianya....
Nduwt : takut yaaannkk... (kembali dia memelukku erat, badannya terasa bergetar ketakutan)
Ane : udah gak usah takut..mungkin dia mau kenalan sama kamu yank
Nduwt : yaaaank...takuttt.. (semakin keras pelukannya kini)
Ane : kemarin kamu lagi dapet gak"
Ane : kalo cerita2 dari anak kostan sih, tiap cewek yang lagi dapet trus nginap dikamar itu pasti ngeliat yang kyk kamu ceritain tadi Nduwt : belum dapet yank..baru mau..siangnya pas nyampe rumah baru dapet
Ane : ya sesuai kata anak2 kostan sih. Nduwt : kamarmu serem banget sih yank..
Ane : ya kalo cerita dari ibu kost sih..
Ane : dulu kostan itu kostan cewek yank..nah di kamar yang aku tempatin sekarang itu ada yang bunuh diri
Ane : kamu tau kan plafon yang beda warnanya di sudut kamar, tempat kamu ngeliat dikamar malam itu.. (dia mengangguk pelan, badannya masih bergetar memelukku)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : nah, itu yang jadi tempat dia gantung diri dulu..karena di tinggal selingkuh sama pacarnya
Nduwt : bodoh banget sih dianya yank..masa gara2 diselingkuhin trus bunuh diri


Mencari Ilmu Ikhlas Karya Rudiarth T. Erianto di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Ane : ya dia pas hamil itu yank..makanya stress pas ditinggal..jadinya dia gantung diri
Nduwt : udah ah yank...takut
Ane : udah gak usah takut, toh kemarin udah kenalan kan ya.. Nduwt : yaaannk
Setelah tuan puteri sudah sedikit tenang, akupun mengajaknya balik kekostan, sudah sore, saatnya dia pulang kerumahnya diklaten sana. Sempat takut2 dirinya saat masuk kedalam kamar, aku hanya tertawa kecil kearahnya. Setelah sholat azar, diapun pamit pulang. Seperti biasa, setelah aku memasang helmnya, dia menyalim tangan kekasihnya ini..setelahnya diaun melaju meninggalkan kostan.
Ah..kostan ku sedikit serem sih..kata orang2 yang baru datang kesitu. Apalagi yang bisa ngeliat2 gitu..pasti ngeliat2 yang aneh2 disitu. Sering patroli di lorong kostan..itu kata si Alex. Tapi seumur2 ane ngekost disitu belum pernah doi nampakin diri. Bukannya ingin sok2an melihatnya, aku percaya akan kehadiran mereka, tapi aku juga percaya dunia mereka erbeda dengan kita. Selama bisa hidup rukun, tidak saling mengganggu, maka tidak akan terjadi hal yang aneh2. Amin.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 18. Yogya dalam Berita
Bulan oktober datang dengan cepat. Sedari pertengahan september lalu, ada rental baru yang kebetulan mengontrak di ruangan depan rumah ibu kost. Jadi dia sudha seperti anak kostan baru. Sering juga saat malam hari, yang punya rental itu main ke belakang kekostan. Dia juga sering mengajakku sekedar kedepan untuk membantu mengurus rentalnya. Yap, itung2 aku nambah ilmu di bidang service2 komputer. Rental ini juga merangkap tempat service komputer dan laptop.
Yap, seperti yang pernah ane singgung dulu,tidak ada ilmu yang tidak berguna. Nah, ilmu yang ane dapat dari adi pas di lab kampus dulu, lumayan membantu pas kyk gini2. Jadilah ane dapat makan gratis pas selesai bantu2 servisin komputer orang2 yang dibawa ke rentalan ini. Ah, ilmu emang bear2 berguna yak. Begitulah hari2 yang ane lewati sekarang, seakan tidak ada waktu untuk santai dengan leha2..semata2 untuk sesuap nasi dan sebongkah berlian.
Entah tanggal berapa kala itu, yang bisa ane ingat yaitu malam itu ane sedang berada di rental depan bersama yang empunya rental. Sekitar pukul 8 malam..tetiba dari dalam ruangan rental tercium bau belerang yang teramat sangat. Kami yang berada di situ saling lihat, saling mengangkat bahu karena tidak mengerti darimana asal bau belerang. Kamipun keluar kearah jalan dan terlihatlah jogja sedang turun salju.
Wuih benar2 keren yak, satu2nya wilayah indonesia yang turun salju ya cuman yogya
Sedikit berbeda saljunya, ternyata oh ternyata..ini adalah abu vulkanik dari letusan gunung merapi. Yap, memang sejak awal bulan oktober orang
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas sudah banyak yang mengatakan kalo tanda2 merapi akan meletus sudah sering terlihat.
Yogya kembali kelam..eh, lebih tepatnya berwarna putih karena abu vulkanik dari merapi. Berita2 di tipi2 juga benar2 ngeri..terlihat banyak ternak warga yang mati kena wedus gembel dari merapi di daerah sleman sana. Ah merinding ngingatnya..yogya kembali sedikit lumpuh dengan segala aktifitasnya.
Tak henti2nya aku menanyakan kabar tuan puteri dirumahnya diklaten sana, untunglah tidak terlalu parah, dan mereka sekeluarga aman2 saja. Sekarang gantian emak bapakku dirumah yang khawatir2, tak henti2nya mereka menelpon setiap saat. Tapi setelah aku meyakinkan mereka bahwa yogya masih masuk daerah aman dari wedus gembelnya merapi, mereka bisa sedikit tenang. Ah lagi2 mereka termakan berita dari salah satu infotainment di tipi yang sempat mengatakan bahwa yogya adalah daerah berbahaya oleh wedus gembelnya merapi.
Berita yang lumayan membuat gempar dunia datang lagi dari yogya, tgl 26 oktober 2010, juru kunci gunung merapi Mbah Maridjan meninggal dunia karena wedus gembel merapi. Berita2 pada saat itu banyak menyiarkan belasungkawa dari seluruh dunia, beliau sempat dikenal dunia sejak tahun 2007, beliau adalah satu2nya orang yang tidak ambil pusing dengan erupsi gunung merapi di tahun 2007 itu. Beliau dengan santainya melakukan aktifitasnya ketika semua orang mulai sibuk untuk mengungsi. ...
Skip deh, paling gak enak pas ngingat2 bencana kayak gini ini.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Karena suasana jogja yang masih kurang kondusif, tuan puteri tidak jadi berhenti ngekost. Dia melanjutkan kontrak kostannya hingga bulan juli 2011 besok, sebulan sebelum dia wisuda..rencananya..tapi semoga saja besok acara skripsi dan pendadarannya lancar2 aja, Amin. Aku juga sempat sangat berberat hati jika dia harus laju dari klaten ke yogya untuk urusan kampusnya, debu vulkanik yang masih sering beterbangan karena angin, masih sangat parah hingga dapat merusak mata dan pernafasan.
Desember berlalu dengan cepat, yogya masih sedikit berdebu. Segala aktifitas kuliah juga banyak yang di undur, sampe2 UTS saja banyak yang ditunda kala itu oleh pihak kampus. Akupun bersama teman kostan merayakan tahun baru di titik nol, tidaklah terlalu meriah acara pergantian tahun waktu itu, karena lagi2 yogya berada didalam masa berkabung, ditambah debu2 yang masih sliweran ditiup angin.
Januari 2011 tidak ada yang istimewa, cuman beberapa mata kuliah mulai kembali diadakan UTSnya. Yogyapun kembali ke aktifitasnya secara perlahan. Aku sempat bertemu dengan beberapa teman sekelas yang kebanyakan mudik di kala bencana abu vulkanik dari merapi kemarin. Dinda dan Marta juga baru balik beberapa hari yang lalu karena aku sempat memberi tahu bahwa UTS akan segera di selenggarakan minggu ini.
Aku saat itu sedang berada di kantin, menyeruput es coffeemix digelas didepanku sambil sesekali menghisap rokok LA yang sempat aku beli ketengan di kantin pojok. Ah biasalah orang kere macam ane ini cuman bisa ketengan sekarang, udah gak sanggup beli bungkusan
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Seperti dejavu, kembali aku mencium aroma parfum seperti sebelum aku mengenal mereka. Yap, Dinda dan Marta terlihat masuk kedalam kantin pojok. Aku tersenyum melihat kearah mereka.
Ane : eh Din, Ta..kapan nyampe yogya"
Dinda : baru kemarin kak, kakak gak mudik ya"" (aku menggeleng, Marta hanya tersenyum kecil melihatku)
Ane : aku gak mudik Din. Ane : Marta senyum2 aja dari tadi..kyknya lagi bahagia nih
Marta : gak apa2 koq kak..
Ane : eh, bisa ngomong juga toh, kirain gak bisa ngomong Ta (lagi2 dia tersipu malu)
Dinda : kakak ada ujian apa hari ini" koq kekampus""
Ane : gak koq, lagi pengen liat suasana kampus aja.. Ane : kirain kena wedus gembel kemarin trus ancur gitu
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Dinda : oiya kak, gimana kemarin pas wedus gembelnya"
Ane : mana ada nyampe Yogya, cuman isu itu kalo yogya masuk daerah berbahaya. Kemakan isu dari infotainment kalian
Dinda : iya kak, aku liat di tipi2 serem banget beritanya Dinda : makanya aku mudik kemarin.
Dinda : kalo gak UTS aja aku gak bakalan kesini lagi kyknya kak, gakBOLEH sebenarnya sama orang tuaku.
Banyak yang kami bicarakan dikantin kala itu, setengah 9 mereka pamit kekelas karena sudah masuk jam ujiannya. Akupun sempat pamit ke mereka untuk pulang kekostan. Yap, dengan keadaan yang masih suram seperti sekarang, debu dimana2 jadi ya tempat paling enak ya didalam kamar, sambil pacaran dengan pc tua sambil browsing yang seger2. Mencari sesuatu yang bisa mengalihkan fikiran dari kebingungan dengan musibah yang melanda yogya. Ah, panjang lebar jelasinnya, bilang aja browsing film bokep..gitu aja koq repot...eh, ane kan udah tobat kan ya..ah..keceplosan tadi jelasinnya
Menjelang sore, terdengar motor masuk kedalam kostan. Dari suara2nya sih itu motor matic. Tak berapa lama, pintu kamar di ketuk2. Akupun menutup browser yang sebelumnya menampilkan website yang benar2 menggiurkan iman. Bhuahahahah..Sedikit lama diri ini membuka pintu kamar, biar di kira baru bangun tidur gitu..sedikit ngacak2 rambut..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : eh Din..kirain siapa (sok2an menguap kyk orang baru bangun tidur padahal baru mbokep )
Dinda : kakak baru tidur ya"
Ane : iya, yuk masuk dulu..diluar masih berdebu itu (sudah gak terlalu sih sebenarnya, ya itu tadi pengaruh yang manteb2 di browser jadi sedikit mupeng )
Sedikit kaget diri ini mendapati dinda yang tiba2 memelukku..eh, ada apa ini..orang lagi mupeng kyk gini semakin di pancing2..bahaya ini..
"Kangeeen kak" pelan suaranya didalam pelukannya..aku tidak membalas pelukan itu, aku masih terdiam bengong menahan sesuatu disana yang mulai mau2 bangkit
Ane : eh, udah masuk dulu..(diapun melepas pelukannya, dia tersenyum manis melihatku)
Dinda : maaf ya kak, aku keceplosan (aku mengangguk pelan)
Ane : udah gpp, duduk dulu deh..tuh kalo mau main komputer dipake
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas aja, masih nyala koq Ane : eh, bentar ya, aku cari minum dulu
Dinda hanya mengangguk sambil mengambil duduk didepan PCku. Setelah mengambil dompet di atas CPU, akupun kewarung belakang kostan untuk membeli teh dalam kotak itu..entah apa nama teh itu, sering koq ada iklannya di tipi2..berhubung siaran infotainment sudah gak beres, jadi ane gak pernah lagi liat tipi, makane ane lupa nama teh dalam kotak itu. (koq rada rancu yak bahasane..ah sudahlah...)
Akupun kembali kekamar dengan tas kresek hitam berisi teh dalam kotak serta beberapa roti seribuan yang dijual ibu warung belakang. Terlihat dinda sangat asik memperhatikan layar monitor 19inch dikamar. Beuh..ternyata itu browser yang langsung aku tutup tadi, pas di buka kembali oleh Dinda menampilkan halaman terakhir yang ane kunjungin. Ah..ketahuan belangku..asyem dah malu betul diri ini.
Tanpa kata, aku langsung mengambil alih mouse ditangannya yang masih asyik scroll2 itu page yang berisi gambar2 gak jelas dengan segala posisi itu. Aku menutup jendela itu dan membuka jendela baru dan aku pasang mbah google. Dia tertawa kecil melihatku yang kelabakan.
Dinda : ih kakak tontonannya
Ane : eh, itu kelakuan anak2 samping semalam..aku blm liat komputer dari tadi
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : udah itu kalo mau pesbukan, pesbukan aja, gak usah liat yang aneh2
Dinda : aku cuman buka browser koq, gak buka yang macam2 kak
Benar2 canggung diri ini yang ketahuan belangnya. Dinda seperti tidak terjadi apa2 kembali membuka pesbuknya, sesekali dia meminum teh dalam kotak yang sempat dia ambil didalam kresek yang aku bawa tadi. Aku hanya tertunduk malu gak tau ngapain dibelakangnya. Aku malu...
Dinda : kak..(dia berbalik kearahku)
Ane : iya.. Dinda : koq muka kakak merah tuh
Ane : apaan..kepanasan kyknya tadi
Dinda : kepanasan apa malu kak""
Ane : eh..malu kenapa Dinda : kak, sini deh.. Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : ngapain""
Dinda : sini aja..sini deket sini..
Semakin menjadi itu senyumannya, aku yang masih sedikit mupeng dengan senyuman genitnya segera mengikut kemauan si semok ini..setelah dekat dengan wajahnya...
Dinda : Yeeee...mupeng... (sebuah toyoran kecil darinya tepat di jidatku, yahh kecewa pemirsa.. )
Dinda : sana kakak cuci muka dulu, tuh mukanya merah tuh...
Ya udah deh, daripada mupeng karena gak dapat jatah dari si semok, cuci muka aja deh biar gak malu. Cup..tanpa disadari, sisemok memberikan kecupan kecil di pipi kiriku saat aku akan beranjak kekamar mandi. Ah rejeki anak soleh dengan muka mupengnya. Diapun kembali melihat layar 19inch dan mulai sibuk sendiri dengan pesbuknya..Grrrr...dipeluk dari belakang kyknya enak tuh semok2 gimana gitu.....astaga, ane kan udah tobat..untung ingat.. (ngelus2 dada sendiri, dada sendiri loh ya, bukan dadanya Dinda )
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 19. Valentine Dan Cewek Cantik Itu
February menyapa, yogya sudah benar2 kondusif. Orang sudah mulai kembali ke aktifitasnya masing2. Tuan puteri juga sudah sering bolak balik dari rumahnya keyogya, untuk urusan kampus dan menjenguk kekasih tercintanya ini. Dinda, yap seperti sebelumnya dia semakin sering mampir kekostan, sekedar main dan mengajak makan, tak jarang sampe malam dia dikostan. Kadang2 juga sih ada sedikit adegan cium2an tapi gak lebih dari itu. Demi menjaga segala sesuatunya, setiap dinda main kekostan aku selalu memberitahu kepada tuan puteri.
Minggu 13 february sehari sebelum valentine, diri ini sedikit sibuk dengan coding yang di berikan mentorku Wyckte. Yap, server yang ane kelolah dengannya akan mengadakan event valentine nanti tertanggal 14 february besok. Lumayan banyak yang harus di rubah droplist dari momon dan menambahkan monster baru. Setelah di coba di forever alone server, dan sudah sesuai dengan apa yang di inginkan wyckte, akhirnya packed update sudah siap untuk server. Setelah mengumumkan kepada seluruh player, akhirnya wyckte menutup server sejenak untuk mengimplementasikan update event valentine.
Tak lama, 30menit berlalu server sudah kembali dibuka. Akupun sempat mencoba update event di setiap channel didalam server untuk mencari bugs, jika terdapat beberapa yang cukup mempengaruhi gameplay maka server kembali akan di emergency maintenance. Setelah semua OK, serverpun di buka penuh untuk dimainkan. Akupun pamit ke sang mentor karena sudah terlalu pagi, sudah jam 5 pagi..kembali diri ini melenggang ke pulau kapuk.
Aku melihat layar k750i ku, ini sudah pukul 11, terdengar pintu kamar di ketuk..ah sisemok pasti, soalnya semalam tuan puteri sudah memberi tahu kalo dia tidak bisa datang keyogya, selasa dia baru ada janji dengan dospemnya untuk bimbingan dan koreksi skripsinya. Dengan wajah masih acak2an, diri ini mengarah ke pintu kamar. Senyuman nakal itu terlihat,
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas bah salah perkiraan ternyata..
Ane : Eh Lis...tumben kesini
Lisa : jam segini belum bangun..dasar.. (maen ngeloyor aja masuk kekamar, aku mengikutnya yang mengambil duduk di sudut kasur)
Ane : tau darimana kostanku Lis..prasaan kamu belum pernah kesini deh. (kembali aku membaringkan badan, disampingnya)
Lisa : ih..malah tidur lagi...bangun ah Ri...mandi sana... (dia menggoyang2kan badanku)
Ane : iya iya, bentar ah..lima menit lagi ya.. (aku tidak menghiraukannya, semakin aku membenamkan wajahku memeluk guling)
Lisa : jahaat ah, ada tamu malah ditinggal tidur. Ane : iya iya...(aku beranjak duduk, dia tersenyum melihatku) Ane : bentar ya, aku mandi dulu..
Lisa : buruan.. Ane : bentaran koq..eh, kamu mau ikut mandi gak
Lisa : mau aku mandiin kyk mayat""
Ane : ogaaaaaah... Akupun meninggalkan Lisa sendirian dikamar..setelah mengambil handuk
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas di tali jemuran, akupun mandi..sedikit lama diri ini mandi, yap..ane boker dulu soalnya.. ...cerita apaan ini woy..boker aja
dijelasin...bhuahahahaha 20menit, aku sudah selesai mandi..sedikit kaget diri ini melihat dihalaman kostan..ada 2 motor matic disitu..ah, yang satu punya Lisa satunya lagi punya Dinda..nah loh..kyknya ada yang lagi jambak2an tuh didalam kamar..geer betul ini buaya satu woy...
Sedikit sepi suara didalam kamar saat aku masuk, terlihat dinda sibuk dengan kegiatannya tiap kekostan, dia main pesbuk di komputer, sedangkan Lisa sibuk sendiri dengan hapenya sambil nyender ketembok diatas kasur. Mereka berdua tersenyum melihatku yang masih dengan handuk dikepalaku. Untunglah tidak terjadi kekerasan didalam kamar kostan.
Ane : eh, Lis..udah kenalan sama Dinda" (mereka mengangguk)
Lisa : udah tadi Ri.. Lisa : Eh Ri..tadi kata dinda dia bukan pacarmu ya.. Lisa : hayo ngaku, kamu pacaran ya sama Dinda
Dinda : beneran kan kak, kita gak pacaran..dari tadi mbak Lisa gak percaya
Ane : tuh dah denger dari Dindanya sendiri.. (kembali tangan ini menggaruk2 kepala yang tidak gatal sama sekali)
Mereka kembali dengan aktifitasnya masing2, satunya main komputer, satunya maenan hape..akupun memakai kaos oblongku. Sedikit bingung, alesan apa lagi yang akan aku berikan ke tuan puteri dengan adanya 2 cewek ini dikamarku sekarang. Haruskah aku menjadikan mereka ber-3
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas sebagai...ah sudahlah..terlalu geer diri ini, kyk mereka mau aja sama buaya buntung kere ini.
Akupun mengambil duduk dikarpet di tengah kamar, entah siapa yang harus aku ajak ngobrol duluan. Ah, paling malas aku sama moment kikuk kayak gini, mau nyapa Lisa duluan, ntr Dinda ngerasa gak di perhatikan, kalo nyapa Dinda, ntr Lisanya yang gak enak..hadeh..
Lisa : ayuk Ri, tadi kan udah janji mau nemenin aku. (akhirnya lisa membuka omongan, eh..tapi bentar deh, kapan aku janji ya"" Sedikit raut kecewa diwajah dinda yang melihatku)
Dinda : kakak mau pergi sama mbak Lisa ya" (aku hanya mengangguk pelan)
Ane : entah tu Lisa mau ngajakin kemana, kamu mau ikut Din" (sedikit membesar mata Lisa menatapku)
Lisa : yah..tadi kan kamu janjinya cuman berdua Ri..(dia bangkit mengarahku, itu tangannya maen gandeng2 aja..)
Dinda : ya udah deh kak, aku pulang aja deh..aku dah janji juga tadi mau ketempat Marta (senyum2nya rada2 gimana gitu)
Lisa : maaf ya Din..Eri dah janji nemenin aku tadi sebelum kamu datang (senyum penuh kemenangan diwajahnya kini)
Entah aku harus bagaimana..mau ngajakin Dinda, Lisa gak mau diduain..Dinda juga kyknya keberatan kalo kami jalan bertiga..Semoga saja tuan puteri tidak datang sekarang..habis beneran diri ini kalo sampe kejadian..
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Sedikit tidak enak saat mengantar dinda kedepan gerbang, tapi sudahlah..mereka berdua bukan siapa2ku juga. Lambaian kecil tanganku mengiringi motor maticnya melaju kearah jalan. Akupun kembali kekamar, mengurus tuh si calon emak2 satu lagi. Saat masuk kedalam kamar, dia sudah bersiap untuk pergi. Entah mau dibawa kemana diri ini sama Lisa, bakalan di kulitin kayaknya.
Setelah menutup kamar, akupun melajukan motor matic milik Lisa..aku tidak tahu kemana dia akan mengajakku. Aku hanya mengikut instruksinya ketika dia menyuruhku mengarah kejalan gejayan, tembus kearah ringroad utara dan berbelok masuk ke jalan kecil setelah STMIK Amikom. Entah ane lupa jalan apa namanya waktu itu. Dia menepuk2 bahuku saat sampai didepan sebuah rumah, lumayan rame motor yang terparkir disitu. Acara apa ini...kyknya bakalan ada yang iya iya ini..
Setelah memarkir motor..akupun mengikut masuk kedalam rumah itu menuju halaman belakang. Dan, terlihat lumayan rame pasang2an sedang bakar2 sesuatu di bawah pohon dihalaman belakang rumah itu. Ebuset, itu mereka rapi2 semua, cowoknya pada make kemeja, jeans sama sepatuan..cewek2nya juga terlihat cantik2 dengan baju2 bagus..nah ane, cuman make kaos oblong lusuh ditutup jaket warna biru sama jeans hitam, sandal jepit pula. Asem si Lisa gak ngomong2 kalo bakalan rame2an kyk gini..
"Ngapain itu tukang ojek diajak kemari""" kyknya seperti itu kata cowok2 rapi yang cukup skeptic melihat kearahku. Ah, sudahlah..tidak usah dperdulikan, sudah biasa diri ini dipandang sebelah mata juga.
Terlihat Lisa cipika cipiki dengan yang empunya rumah dan beberapa teman2 cewek lainnya. Lisa terlihat menunjuk kearahku yang mengambil duduk di salah satu kursi dihalaman belakang itu. Entah apa yang mereka bicarakan. Terlihat seorang cewek menatapku..anjir..kyknya aku kenal cewek itu..ah, semoga dia tidak mengenaliku. Terlambat aku memalingkan muka, dengan senyumannya dia mendatangiku. Dia masih
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas cantik seperti saat aku kenal dulu.
Monica : Eri ya"" (sedikit melirikku yang berusaha memalingkan muka dengan sok2an menatap k750iku)
Ane : eh..Monic..gimana kabarnya"" (senyum sang buaya kini terpampang di wajahku)
Monica : Kamu eri kan...yang dulu pas konser di alun2 kan ya" (dia memastikan lagi, aku mengangguk)
Ane : iya..hehehhe..kirain udah gak kenal Nic (garuk2 kepala yang gak gatal sama sekali)
Monica : iya sih, sedikit pangling aku Ri..wajahmu sedikit beda sekarang
Ane : beda yah... Kami berdua : jadi jelek Hahay, dia tertawa kecil setelahnya..dia benar2 cantik..putih mulus, tidak berbeda sama sekali, dia masih seperti malam konser dulu..
Monica : sekarang tinggal dimana Ri"
Monica : oiya, aku minta nomor hapemu, dulu aku lupa minta nomormu pas nganterin pulang
Ane : gak usah deh Nic..biarlah seperti ini aja.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Monica : ih sombong sekarang..dah jelek koq jadi sombong Ane : gak enaklah Nic, aku gak enak sama cewekku.
Monica : owh..i see.. Monica : yang tadi itu cewekmu ya"" (dia mengisyaratkan Lisa dengan wajahnya, aku menggeleng)
Ane : Bukan Nic..Lisa cuman teman koq. Aku cuman nemenin dia kesini
Monica : walaupun sekarang kamu jelek, tetap aja cewek2 bisa nempel sama kamu Ri
Monica : kyk aku dulu (terlihat dia seperti mengenang kisah dulu)
Ane : hehehhe..biarlah jadi rahasia kita aja ya, gak usah di ceritain sama orang lain. (aku memecah lamunannya, dia melihatku sejenak, tersenyum manis dan mengangguk)
Monica : Iya Ri.. Monica : gak enak juga kalo nyeritain yang dulu-dulu Monica : ya udah, aku kesana dulu ya..tuh cowokku dah gak enak ngeliatnya
Ane : oke deh.. Diapun pamit kearah cowoknya yang sedang mengobrol dengan teman "sekelas"-nya. Aku hanya tersenyum kearah cowok yang mulai tidak enak tatapannya kearahku. "Tenang mas bro..aku tidak akan merebut kekasihmu itu" itulah isyaratku kepadanya. Tak lama Lisa datang
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas kearahku, tak kalah itu mukanya ditekuk2 saat kearahku.
Lisa : siapa tadi Ri"" (manja dirinya saat duduk dan bersender dibahuku)
Ane : teman, dulu kenal pas konser di alun2
Lisa : teman apa mantan pacar
Ane : teman..hehehhe.. Ane : oiya, tadi kamu belum jawab Lis, kamu tau kostanku dari siapa" (aku berusaha mengalihkan obrolan kami)
Lisa : dari Tari..hehehhe..tadi dia nganterin aku sampe gerbang kostanmu. Ane : owh, tari gak mampir tadi ya..
Lisa : gak, dia ada acara katanya di tempat temannya. (semakin manja saja itu kepalanya dibahuku)
Ane : owh.. Entah acara apa kala itu, ane tidak terlalu memperhatikan..oiya itu kan tanggal 14 february ya..kan valentine.. Asem, ane dijadiin pasangan sama lisa ternyata pas datang keacara itu. Coba tadi bilang pas mau kesitu, kan bisa dandan dulu biar gak mengecewakan banget kyk sekarang..ane benar2 kyk tukang ojek dibanding cowok2 rapi disebelah sana yang terlihat asik dengan pasangannya masing2.
Sesekali Monica tersenyum kearahku. Sepertinya lumayan berkesan dulu saat aku bersamanya. Ah sudahlah..gak usah dibahas lagi. Setengah 10, aku mengajak lisa pulang..aku benar2 tidak menikmati acara
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas valentine itu..Lisa bukanlah pacarku, walaupun dia mengenalkan diri ini sebagai pasangannya kepada teman2nya itu. Setelah pamit dengan yang empunya rumah dan acara, akupun mengarah kehalaman depan rumah itu. Aku sempat membalik badan sejenak melambaikan tangan kearah monica. "Selamat tinggal Monica..semoga kita ketemu lain waktu".
Karena sudah terlalu malam, aku tidak mengiyakan kata Lisa yang ingin mengantarku. Aku melajukan motor maticnya kearah kostannya didekat jalan Kusumanegara itu. Aku sempat duduk sebentar di ruang tamu kostannya. Ada sesuatu yang ingin aku jelaskan kepadanya.
Ane : Lisa.. (terlihat dia sedikit kecapean di kursi ruang tamu kostannya)
Lisa : iya Ri.. Ane : maaf ya, aku gak bisa terus2an seperti ini. Lisa : seperti ini gimana""
Ane : ya kyk tadi, kamu manja2 ngenalin keteman2mu kalo aku ini pacarmu.
Lisa : maaf Ri..soalnya gak ada teman pas mau kesana tadi..(wajahnya sekarang berubah sedih)
Lisa : maaf ya..gak lagi deh..
Ane : ya bukannya nolak Lis..tapi kan kamu tau, aku udah ada pacar.. Ane : ntr kalo pas aku jalan sama nduwt trus teman2mu liat..gimana coba" (udahlah, di tega2in ajalah..daripada ntr berabe urusan)
Lisa : maaf ya Ri..(dia memegang erat tanganku)
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas Ane : maaf ya, aku udah ada nduwt sekarang, aku gak mau nyakitin kamu kalo terus2an kyk gini.
Dia hanya mengangguk dengan wajah sedihnya, aku tidak ingin ini berlanjut, aku harus segera mengakhirinya. Setelah dia agak tenang, akupun pamit pulang, sudah sangat larut. Dia sempat mengantarku kedepan gerbang. Akupun menghentikan taksi malam itu untuk mengantarku pulang.
Sesampainya dikamar, aku menyalakan PC tuaku dan memainkan playlist melow2 dari negara tetangga. Entahlah aku sedikit malas sekarang untuk mengurus server. Biarlah aku ijin sejenak, aku lagi pengen mengenang kisahku dengan si cantik monica. Setelah pamit dengan Owner dan teman GM lain di skype dengan alasan besok ada kuliah pagi, akupun kembali melangkolis dikamar.
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas 20. Kenangan Dengan Si Cantik Monica Yogya, Alun-alun Utara, 2007
Ane lupa tepatnya bulan berapa, pokoknya waktu itu baru2nya galau karena ditinggal sang gitar spanyol yang menghilang seperti ditelan bumi. Aku ingat malam itu, ber-3 dengan teman kostan pergi ke alun-alun utara. Malam itu, ahmad dhani dan band baru buatannya, The Rock Indonesia mengadakan konser di alun2. Entah lupa2 ingat dulu konsernya kyknya gratisan masuknya.
Setelah mengantri di pintu masuk dan mendapat stempel di tangan kanan, kamipun masuk kedalam tempat konser di alun2. Sudah mirip kayak kuda yang mau di jual sama pemiliknya pas di kampung ane, di kasih cap dulu biar gampang nandain yang mana yang layak jual mana yang belum.
Lumayan telat kami datang kekonser itu, sudah beberapa lagu dimainkan oleh yang konser waktu itu. Kedua teman kostan mengajakku untuk maju, aku hanya mengangguk mengiyakan. Mereka sangat antusias dengan ahmad dhani kala itu. Yap, siapa yang tidak suka dengan dia yang katanya maestro itu. Ane sih ngikut2 aja, selama lagunya enak ya ane dengerin aja.
Sedikit tertinggal diri ini dengan kedua teman kostanku. Mereka sudah merangsek masuk kedalam kerumunan orang2. Ah lagi2 aku mencium bau alkohol..kyknya yang nonton pada minum sebelum kesini. Jadilah aku sedikit agak mundur kebelakang, tidak mengikut kedua temanku.
Selesai 2 lagu, para penonton mulai berteriak "Air air air" dan panitia konserpun menyemprotkan air kearah kami. Ah tenang, aku tidak terlalu maju, masih aman dari semprotan air gumamku. Ternyata salah perkiraan, semprotan air dari sebelah kanan panggung sangat dekat dengan posisi aku berdiri. Akupun kembali mundur dari posisiku sekarang. Berhubung
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas dibelakangku masih lumayan rame, jadilah aku pasrah dengan semprotan air itu.
Sekilas percikan air mengenaiku, terasa jaketku ditarik orang dari belakang.
"Numpang neduh ya..gak mau basah" tanpa rasa bersalah dia masih saja menarik jaketku ketika arah semprotan air mengarah ketempatku berdiri. Seiring semprotan air mendekat, ini orang dibelakangku benar2 dekat dan menjadikan badanku tamengnya dari air. Setelah 2x puteran itu semprotan air, akhirnya panitia menyudahi acara semprat semprot itu. Akupun menoleh kearah belakangku, semprotan air sudah tidak ada tapi dia masih saja menarik2 jaketku.
ini cewek cantik ngapain juga dibelakangku..dia hanya tertawa kecil melihatku yang menoleh kearahnya. Bekas stempel masuk tadi terlihat jelas di kulit putih pipi kanannya itu. Bah, orang2 tu di cap di tangannya, ini dia di cap dipipi kanannya..aku tertawa kecil melihat tingkahnya yang masih saja menarik jaketku yang dijadikan sebagai payungnya.
Ane : kalo takut air semprotan kenapa maju kesini"" (sedikit teriak diri ini disela2 penonton yang sing along dengan lagu yang dimainkan di atas panggung)
Dia : kenapa"" (tak kalah dia teriaknya)
Aku menggeleng pelan..kulepaskan jaketku, kebingungan diwajahnya kini. Setelah melepas jaket, aku menutup kepalanya, lagi dia tersenyum manis. Aku tidak lagi memperhatikan lagu di atas panggung, aku lebih suka memperhatikannya yang ceria sing along dengan lagu ahmad dhani itu. Setelah lagu selesai, kembali MC cowok dan cewek mengambil alih panggung. Lumayan tenang sekarang suasananya.
Ane : kenapa gak mundur aja kalo takut kena semprotan air""
Chapter D ; Mencari Ilmu Ikhlas (senyuman diwajahnya melihatku)
Dia : gak bisa mundur, rame
Ane : ya udah ayuk aku buka jalan buat mundur, sesak juga disini dempet2an. (dia mengangguk)
Tangan kiri memegang jaketku diatas kepalanya, tangan kananya memegang tangan kiriku. Akupun berjalan permisi keorang2 yang semakin merangsek maju. Lumayan kesulitan menembus barisan yang maju. Setelah lumayan jauh kebelakang, akhirnya dapat tempat yang lumayan lapang. Diapun melepas tanganku, kembali dia menyerahkan jaketku. Aku menggeleng pelan.
Ane : udah di pake aja, dingin kan. (dia mengangguk, dan kembali memakai jaketku, sedikit kebesaran ditubuhnya, tapi lumayan bisa jadi penghangat untuknya yang memakai kaos oblong pendek dan tipis itu) Dia : makasih ya
Pendekar Guntur 5 Pendekar Mabuk 051 Sabuk Gempur Jagat Kincir Angin Para Dewa 6
^