Pencarian

Pendekar Gunung Lawu 2

Pendekar Gunung Lawu Karya Kho Ping Hoo Bagian 2


Walaupun kibasan tangan itu dilakukan perlahan sekali namun Pak Bei Tirto terhuyung ke samping dan hampir saja jatuh. Wajahnya menjadi merah karena malu, dan para penonton yang memperhatikan perkelahian itu diam-diam merasa kagum melihat kegesitan dan ketenangan pemuda itu.
Tetapi mereka masih merasa khawatir akan keselamatan pemuda itu, hingga hati mereka berdebar-debar.
"Kurang ajar! Kau berani melawan" Rasakan pusakaku!"
demikian Pak Bei Tirto berteriak dan kerisnya berkilapan ketika ia memutar-mutarnya. Kemudian sambil meloncat ia
menubruk, ujung kerisnya meluncur ke arah dada Pamadi.
Pamadi tidak mengelak, tapi menggunakan jari tengah dan telunjuknya menahan ujung keris itu dan terus menjepitnya dengan gerak jari "capit yuyu". pak Bei Tirto tadinya merasa puas karena ujung kerisnya seakan-akan menembus daging, tetapi alangkah kagetnya ketika ia melihat bahwa kerisnya itu hanya menembus celah di antara dua jari lawan. Ia segera mencabutnya, tapi ternyata keris itu seakan-akan terjepit di antara sepasang gigi cacut yang kuat sekali! Ia mengerahkan
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
tenaganya, tetapi sekonyong-konyong Pamadi menggerakkan ke bawah hingga keris itu lepas dari pengangan Pak Bei Tirto sendiri terhuyung-huyung lalu jatuh! Gerakan ini demikian cepat hingga mereka yang menonton perkelahian itu tidak tahu jelas bagaimana Pak Bei Tirto sampai dapat jatuh. Maka ramailah suara ketawa penonton, bahkan ada yang lupa keadaan sampai bertepuk tangan.
Pak Bei Tirto bangun dan memandang Pamadi dengan
mata terbelalak. Ia makin heran ketika melihat betapa jari-jari tangan pemuda itu bergerak dan gemetar dan tahu-tahu kerisnya berbunyi "tak" dan patah menjadi dua oleh jari-jari yang kecil itu!
"Maaf, Pak, bukan saya lancang ikut-ikutan mencampuri urusan orang lain, tetapi ingatlah, pak, jika bapak sampai kejadian membunuh orang dan ditangkap lalu dihukum, apakah bapak tidak akan menyesal dan malu" Ingat, pak, bukankah leluhurkita pernah berkata bahwa menjadi orang hidup harus selalu ingat "ojo dumeh" yang artinya janganlah kita sombong karena diri kita kuat lalu melakukan sesuatu yang sewenang-wenang?"
Muka Pak Bei Tirto yang sudah merah itu menjadi lebih merah dan tak lama kemudian berubah pucat. Ia merasa terpukul oleh kata-kata pemuda aneh itu karena ia teringat akan nasihat dan petuah-petuah mendiang ramanya. Ia lalu menundukkan kepala dan berkata perlahan.
"Sudahlah, memang aku yang sesat..." lalu ia gerakkan tubuhnya hendak meninggalkan tempat itu. Tetapi Pak Natawirya segera memburu dan menyentuh lengannya.
"Den Bei Tirto. Bukan kau yang bersalah, tapi adalah anakku yang tak tahu diri. Maafkanlah kami dan marilah kita mampir sebentar di pondokku agar kami dapat selayaknya menghaturkan maaf padamu."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pak Bei Tirto tampak ragu-ragu untuk menerima undangan ini, tetapi Pamadi dengan senyum ramah maju pula memberi hormat dengan membongkokkan diri. "Pak Bei, undangan Pak Nata ini baik sekali, satu tanda bahwa ia sangat
menghargakan bapak. Maka biarlah saya juga miohon sudilah kiranya bapak menerima undangan ini agar segala
kesalahpahaman dapat diselesaikan dengan penuh damai."
Pak Bei Tirto merasa tidak enak untuk menolak, maka sambil menghela napas ia menganggukkan kepala. Pak Nata girang sekali, lalu tergopoh-gopoh mengundang Pamadi sekalian mampir dirumahnya. Maka beramai-ramai mereka masuk ke dalam rumah Pak Nata dan para penonton yang telah maju mendekati segera bubar sambil membicarakan sepak terjang pemuda baju putih yang gagah perkasa itu.
Semua orang memuji dan tiada habis heran melihat pemuda yang tak dikenal itu. Mereka hanya dapat menduga-duga, bakan ada yang menduga bahwa pemuda itu tentu seorang putera pengeran dari dalam Keraton Solo atau Jogja yang sedang menjalankan darma brata!
Setelah duduk mengelilingi meja dan minum air kopi yang disediakan oleh isteri Pak Nata, maka sekali lagi Pak Nata berdua Harian menghaturkan maaf sebanyak-banyaknya kepada Pak Bei Tirto. Melihat sikap yang ramah tamah dan hormat dari tuan rumah itu, mau tak mau orang cabang atas ini merasa malu akan perbuatannya sendiri, maka ia menjawab,
"Aah, sebenarnya akulah orangnya yang terburu napsu dan berlaku sewenang-wenang, betul seperti katanya anakmas ini," matanya mengerling kepada Pamadi. "Bolehkah saya mengetahui nama anakmas dan darimana anakmas datang?"
sambungnya sambil menatap wajah anak muda yang selalu tersenyum itu.
"Nama saya Pamadi, pak, dan tentang darimana saya datang, agar sukar bagi saya untuk menjawab. Dapat saya
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
katakan bahwa bumi inilah lantai saya dan langit yang luas adalah atap saya. Baiklah kita sudah saja tentang diri saya yang tak berarti ini. Yang penting sekarang ialah persolan bapak dan Pak Nata ini. Maafkan saya yang muda dan lancang, karena tidak sepatutnya saya ikut-ikut mengurus hal ini, tapi menurut paham saya yang bodoh, ada baiknya kalau soal perjodohan itu diserahkan saja kepada masing-masing yang akan menjalaninya. Karena apakah arti perbedaan tingkat, derajat maupun harta dalam dalam perkawinan" Pak Bei, napak adalah seorang sepuh yang waspada dan banyak pengalaman hidup dan saya yakin bahwa bapak pasti telah sadar pula akan isi dari pada "hidup" ini. Jawabalah sejujurnya, pak, apakah pangkat dan harta dapat membuat manusia bahagia?"
Pak Bei Tirto termangu-mangu sejenak, lalu dengan suara tetap ia menjawab, "tidak mungkin."
"Nah. Kalau begitu, mengapa dalam hal perjodohan puterimu, bapak sangat memandang kedudukan dan harta calon mantu" Kalau memang putera Pak Nata dan puteri bapak telah ada kata sepakat dan saling cinta dengan hati murni, maka ikatan batin yang kuat itulah yang akan membuat puteri bapak menjadi orang yang hidup bahagia."
Pak Bei Tirto dan Pak Nata serta Harlan keheranan mendengar kata-kata Pamadi, karena sama sekali tidak tepat ucapan-ucapan sedemikian itu dikatakan dari mulut seorang yang masih muda belia seperti dia. Mereka memandang dengan tercengang, dan Pan Nata tak sabar pula untuk tidak bertanya,
"Aduh denmas, sebenarnya siapakah denmas ini" Apakah denmas ini ada hubungan dengan dalam keraton?"
Pamadi tersenyum lebar dan berdiri perlahan dari kursi.
"Ah, jangan menyangka yang bukan-bukan, pak. Saya ini orang biasa saja, dan belum pernah saya melihat keraton. Kini sudah cukuplah kira-kira saya menganggu kalian maka
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
maafkan, saya mohon pamit." Sebagai penutup kata-katanya ini, Pamadi membungkuk dan melangkah kea rah pintu. Ketika Pak Bei Tirto dan Pak Nata memburu ke luar, ternyata pemuda itu telah tak tampak bayangannya! Kedua orang tua itu saling pandang dan dengan berkeras Pak Bei Tirto menyatakan dugaannya bahwa pemuda itu pasti bukan orang
sembarangan dan tentu seorang pangeran. Berdasarkan dugaannya ini, ia menjadi tunduk betul dan dengan rela ia sudah menerima Harlan sebagai mantunya!
*** Manusia berjubel-jubelan bagaikan semut merubung gula dalam cawan. Yang menjadi gulanya ialah tontonan pasar malam dan cawannya adalah alun-alun di Solo yang lebar dan luas. Malam itu lebih ramai dari malam-malam yang lalu, karena malam itu kebetulan bulan memperlihatkan wajah sepenuhnya dan malam Minggu pula!
Pamadi terbawa oleh arus manusia itu memasuki pintu gerbang alun-alun. Di antara sekian banyak tontonan dan pameran-pameran, yang menarik hatinya hanya pertunjukan wayang orang. Memang wayang orang yang main di pasar malam itu sangat ramai dan terkenal baik, karena yang menjadi Petrunya adalah Sastrodirun yang sudah terkenal kemahirannya melawak dan kaya akan filsafat hidup.
Tetapi Pamadi tidak bermaksud membeli karcis dan
menonton, ia hanya berdiri di luar menikmati suara gamelan yang mengiringi suara biduan menyanyikan lagu Sinom laras Pelog. Tiba-tiba perhatian Pamadi tertarik oleh seorang tinggi kurus yang berada di tengah-tengah kelompok penonton di depan panggung itu. Diam-diam Pamadi tersenyum ketika ia melihat si tinggi kurus beraksi. Ternyata orang itu adalah seorang pencopet! Kagum juga Pamadi melihat kesigapan jari-jari pencopet itu ketika ia menggunakan tangan kanannya menyambar dompet yang berada dalam saku jas seorang laki-laki tua.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Dompet itu penuh dan padat tampaknya. Orang tua yang tercopet itu merasa ada sesuatu bergerak di bajunya, maka segera tangannya merogoh saku. Alangkah terkejutnya ketika mengetahui sakunya telah kosong dan dompetnya telah terbang lenyap entah ke mana!
Setelah si pencopet berhasil dengan aksinya lalu
bermaksud meninggalkan tempat itu, tapi tiba-tiba seorang pemuda baju putih seperti yang tidak disengaja berjalan menambraknya. Kalau ia tidak sedang terburu-buru hendak pergi, pasti ia akan memukul atau memaki pemuda itu, tetapi ia hanya memelototkan matanya lalu berjalan terus. Pamadi mendekati kurban copet itu dan tangannya bergerak secepat kilat kearah saku baju orang itu.
Pada saat itu si kurban copet berteriak, "Copet!" dan banyak orang segera mengelilinginya.
"Apa yang tercopet?" Tanya seorang.
Dompet uangku... di sini..." katanya sambil merogoh saku.
Tetapi, bukan kepalang heran dan terkejutnya ketika jari-jari tangannya menyentuh sesuatu dalam sakunya dan ketika ia menariknya ke luar, ternyata itu adalah dompetnya yang tadi telah hilang!
"Eh... eh... lho, aneh sekali!" katanya gagap, "tadi dompet ini tidak ada di sini..." Semua orang menertawakannya dan menyebutnya sudah pikun karena tuanya. Orang tua itu merasa malu dan sambil masih merasa heran ia buru-buru meninggalkan tempat itu.
Tukang copet yang tinggi kurus itu memanjangkan
langkahnya dan berhenti di belakang sebuah restoran. Tiba-tiba seorang pemuda yang berjalan dari arah depan menabraknya tak lain ialah pemuda baju putih yang tadipun telah menabraknya di depan panggung wayang orang!
"Apa kau buta?" makinya marah.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Kaulah yang buta karena sinar uang orang lain," balas Pamadi tersenyum menggoda.
Mendengar jawaban ini, Si Copet otomatis mengulurkan tangan ke dalam saku celananya. Hampir ia beteriak kaget ketika tangannya memasuki saku kosong dan dompet hasil copetannya telah lenyap!
"Kau mencari apa" Dompet itu sudah kembali kepada yang empunya," kata Pamadi menertawakannya.
Merah muka tukang copet itu. "Kurang ajar! Kau berani mengganggu aku, Si Tangan Kilat?" ia maju selangkah dengan sikap mengancam.
Pamadi mundur elangkah dan senyumnya melebar, "Sabar dulu, kawan. Coba periksa lagi semua kantung baju dan celanamu!"
Karyo Si Tangan kilat memandang heran dan menggunakan kedua tangannya meraba-raba semua saku. Matanya yang bundar makin melebar ketika mengetahui bahwa semua isi sakunya telah lenyap tak berbekas!
"Kau kehilangan apa" jam saku, uang sepuluh rupiah, gunting dan sapu tangan?"
Karyo mengangguk-angguk heran dan wajahnya menjadi pucat.
Pamadi tertawa perlahan. "Ha, ini namanya tukang copet kecopetan!"
Karyo menjadi marah lagi. "Ah, tentu kau yang mencopetnya! Hayo lekas kembalian barang-barangku atau akan kupatahkan batang lehermu!"
"Eh, eh! Memangnya batang leherku ini leher ayam saja"
Hati-hati kawan, lihat siapa itu yang berdiri di sana. Ingat, aku menjadi saksi utama bahwa kau tadi telah mencopet."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
tukang copet itu cepat menengok dan melihat seorang polisi tengah berdiri memandang ke kanan kiri, hingga ia mejadi ragu dan memandang Pamadi dengan bombing.
Pemuda itu lalu memberi tanda, "Hayo ikut aku."
Karyo mengikuti pemuda itu memasuki sebuah rumah
makan di mana Pamadi memesan makanan dan minuman. Ia persilakan pencopet itu makan minum sepuasanya. Setelah makanan habis, Pamadi berkata,
"Kawan, kau masih begini muda, mengapa menjalankan pekerjaan memalukan ini?"
"Ah, kau sendiripun tukang copet yang lebih pandai dariku.
Jangan ganggu aku, kawan. Lebih baik kuangkat kau menjadi guru untuk mengajar ilmu mencopet." jawab Karyo merendah.
"Eh, jangan sembarang sangka, kawan. Aku bukan tukang copet."
"Habis, siapakah yang mencopet semua barangku kalau bukan kau?"
"Periksa dulu sakumu, benar-benarkah barangmu hilang."
Karyo memandang tak mengerti, tetapi ia lakukan juga permintaan Pamadi. Hampir ia berteriak keheranan ketika tangannya menemukan semua barang-barangnya di tepat masing-masing! Maka ia tahu bahwa ia berhadapan dengan seorang ahli, dan ia segera menundukkan badannya memberi hormat.
"Sudahlah." cela Pamadi, "Paling betul kau segera ubah pekerjaanmu yang tidak baik ini. Kau masih muda dan kuat, carilah pekerjaan yang halal. Hasil dari pekerjaan yang tidak halal tidak akan mendatangkan berkah. Uang kotor hasil copetan itu akan lekas habis pula dan akhirnya kau tentu menemui malapetaka untuk kerugianmu sendiri."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pamadi segera membayar harga makanan dan minuman, lalu meninggalkan tukang copet itu yang berdiri bengong keheranan.
*** Kalau orang belum pernah mengalami berjalan seorang diri pada waktu fajar menyingsing di dalam sebuah hutan belukar, maka ia belumlah mengenal kenikmatan hidup yang betul-betul nikmat! Tentu saja hal ini tidak berlaku bagi para petani desa dan para penduduk yang bertempat tinggal di dekat hutan, tetapi khusus bagi para penduduk dalam kota yang penuh segala macam kegaduhan dan kekotoran, baik
kekotoran yang timbul dari debu dan sisa-sisa kebutuhan orang kota, maupun kekotoran yang timbul dari hawa nafsu berupa keserakahan, kedengkian, dan kejahatan-kejahatan lain dari orang-orang kota yang mengaruk diri dengan segala kesopanan paksaan.
Pamadi berjalan seorang diri di antara pohon-pohon jati di dalam hutan daerah Walikukun yang luas sambil menikmati anugerah alam di waktu fajar tengah menyingsing. Memang indah dan nikmat. Hawa hutan yang bersih tersaring daun-daun pohon sungguh sejuk dan bersih. Dari arah timur membayang kemegahan Sang batara Surya yang telah
mengirim sinarnya terlebih dulu sebagai duta-duta berita yang menyampaikan warta kehadirannya. Burung-burung berloncat-loncatan dari cabang ke cabang dan dari pohon ke pohon, berkejar-kejaran sambil bersendau-gurau dan kicau mereka yang indah merdu dan gembira itu seakan-akan menyambut datangnya Batara Surya. Alangkah indahnya! Seluruh pancaindera Pamadi menikmati pemberian alam di sekitarnya.
Mata menikmati warna hijau yang ditembus sinar kuningnya keemasan dan dihias warna-warni bunga puspita. Hidungnya menimati bunga puspita. Hidungnya menikmati harum bunga hutan dan kesegaran bau daun-daun pohon dan rumput-rumput hijau serta kesedapan bau tahan yang masih bersih.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Telinganya menikmati rayuan irama merdu dari burung-burung yang merupakan nyanyian suci para bidadari kahyangan. Seluruh tubuhnya menikmati hawa yang sejuk, nyaman dan menyegarkan. Air embun yang bergantungan di ujung daun dan rumput merupakan ratna mutu manikam yang tersenyum manis padanya.
Semua keindahan itu membuat jiwa Pamadi menjadi
tenang dan tenteram. Alangkah nimat hidup ini!
Tapi hutan yang seindah surga itu adanya di bumi telah penuh oleh manusia, dan dimana terdapat manusia di sana terdapat kesuakaran-kesukaran dan penderitaan-penderitaan!
Demikianpun Hutan Walikukun itu, agaknya tak terlepas dari gangguan umat manusia.
Ketika Pamadi sedang berjalan perlahan, tiba-tiba ia menahan tindakan kakinya dan memanang dengan heran kearah kanan jalan. Di dahan sebatang pohon jati besar tampak sesuatu terayun-ayun. Ia segera meloncat
menghampiri. Ternyata yang terayun-ayun itu adalah tubuh seorang wanita muda yang mengantung diri dan belum mati, karena tubuhnya bergerak-gerak melawan malaikat yang berusaha mencabut nyawa dari tubuh yang kehilangan jalan pernapasannya itu. Pamadi segera bertindak. Dengan sekali loncat ia merenggut putus tali penggantung leher perempuan itu dan cepat ia memodong tubuh itu sambil melepasakan tali pemgikat leher. Tampak bekas merah kebiru-biruan melingkar di kulit leher yang putih kekuning-kuningan.
Tak lama kemudian gadis yang direbahkan di atas rumput itu membuka matanya perlahan. Terkejut ketika ia melihat Pamadi duduk di dekatnya. Segera ia meloncat bangun dan ketika melihat bahwa tali yang dipakai menggantung diri tadi kini telah terletak di dekatnya iapun menangis tersedu-sedu.
Pamadi menjadi binggung dan tak tahu harus berbuat bagaimana, ia hanya berkata perlahan.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Sudahlah, nona, jangan menangis. Mengapa kau begitu sedih dan berusaha membunuh diri"
Itu adalah perbuatan yang keliru dan sesat. Percayalah, segala karuwetan hidup dapat dibereskan."
Mendengar kata-kata ini, nona itu memandang Pamadi dengan mata saya lalu menangis makin sedih. Pamadi menghela napas dan menengadah memandang burung-burung yang mulai terbang berpencaran di udara. Ia tahu bahwa nona ini adalah seorang nona Tionghoa yang cantik, tetapi wajahnya diliputi kesedihan keputusanaan yang hebat.
Ia harus bersabar menghadapi wanita yang sedang bersedih.
"Tuan, kenapa kau rintangi kehendakku?" akhirnya gadis itu berkata menyesal dengan lagu suara yang tidak tegas seperti biasa ucapan seorang Tionghoa totk.
"Terpaksa, noa. Karena tidak mungkin saya tinggal diam saja, pula, saya ulangi lagi, kehendakmu membunuh diri adalah salah. Kalau kau bunuh diri, berarti kau hilangkan kepercayaanmu kepada Tuhan."
"Kau tidak mengerti, tuan. Justru karena di dunia ini tiada orang yang akan dapat menolongku, maka aku ingin mati agar mengajukan tuntutan kepada Tuhan karena ketidakadilan ini. "
"Orang hidup dapat juga menerima pengadilan Tuhan, nona. Cobalah ceritakan padaku persoalanmu, yakni kalau nona menaruh kepercayaan padaku."
Gadis Tionghoa itu memandangnya dengan sepasang
matanya yang agak sipit dan bening mengandung air mata, dan agaknya wajah pemuda itu mendatangkan
kepercayaannya, maka sambil terisak-isak ia bercerita.
Gadis itu bernama Mei Hwa dan baru kurang lebih setahun ia datang dari Tiongkok bersama ibunya. Kedatangan mereka langsung menuju ke Madiun. Tan Keng Hok, ayah Mei Hwa, telah bertahun-tahun meninggalkan anak isterinya di Tiongkok
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
untuk merantau dan mencari nafkah di Indonesia. Akhirnya Tan Keng Hok tinggal di Madiun setelah berhasil dalam usahanya di Semarang dan kini ia menjadi pedangang kelontong yang lumayan juga besarnya. Selama bertahun-tahun itu belum pernah ia mengirm berita kepada isterinya, jangankan mengirim uang. Maka, karena isteri dan anaknya di Tiongkok hidup terlantar, dan pada suatu hari si isteri mendengar bahwa suaminya kini hidup "makmur" di Pulau Jawa, ia menjadi nekad dan dengan mengumpulkan subangan dari sana-sini, akhirnya ia aak gadisnya menyusul ke Madiun.
Tak terduga sama sekali olehnya bahwa suaminya itu belum lama ini telah kawin dengan Tukinem, seorang gadis Jawa dari Ponorogo dan hidup rkun dengan isterinya itu. Tentu saja Tiongkok dengan anak gadisnya itu menimbulkan heboh dalam keluarga Tan Keng Hok. Sebagai akibat dari kehebohan ini, Tan Keng Hok menyia-nyiakan isterinya dari Toangkok yang terpaksa tinggal mondok di rumah seorang Tionghoa yang telah dikenalnya di Tiongkok, karena ia tidak diterima oleh suaminya. Namun, atas persetujuan isterinya yang baru, Mei Hwa diperbolehkan tinggal bersama ayahnya.
Kurang lebih setahun Mei Hwa tinggal di rumah dengan ayah dan ibu tirinya. Ternyata Tukinem seorang wanita yang berbudi halus dan dapat campur serumah dengan anak tirinya dalam keadaan ibunya yang terpaksa hidup tersia-sia dan putus harapan.
Tiba-tiba datang malapetaka menimpa diri Mei Hwa. Karena ia seorang gadis yang cantik jelita, maka banyak pemuda datang melamar. Tetapi semua lamaran itu ditolak tegas-tegas oleh ayahnya. Akhirnya datang lamaran seorang duda Tionghoa yang kaya raya. Usianya sebaya dengan Tan Keng Hok, jadi pantas menjadi ayah Mei Hwa. Tetapi ternyata lamaran dari seorang yang tidak sesuai dengan anaknya ini bahkan diterima oleh Tan Keng Hok yang mata duitan.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Mei Hwa menjadi sangat sedih. Ia menolak keras, tetapi untuk perlawanannya itu ia malah mendapat siksaan dan rangketan dari ayahnya yang sudah lupa daratan. Kepala siapa ia harus minta tolong" Ibunya yang mendengar hal ini kepada Keng Hok, tetapi ia juga tak luput mendapat pukulan. Tukinem sendiri walaupun sesungguhnya tidak setuju dengan tindakan suaminya ini, namun ia tidak berdaya karena betapapun juga ia tidak berhak mengurus persoalan Mei Hwa yang bukan anaknya sendiri.Akhirnya karena putus asa, pada malam hari yang gelap sunyi, Mei Hwa keluar rumah dengan diam-diam dan melarikan diri. Hal ini sebetulnya diketahui juga oleh Tukinem yang bahkan membantunya. Tetapi sebagai seorang gadis yang masih asing dengan daerah di situ, lagi pula ia tak beruang, maka setelah berjalan sehari semalam, akhirnya sampai di sebuah daerah Walikukun dan karena putus harapan lalu berlaku nekat menggantung diri.
"Coba tuan pikir." demikian ia akhiri ceritanya, "apa yang dapat kulakukan selain menghabisi hidupku yang penuh penderitaan belaka ini" Apa dayaku?"
Pamadi menghela napas. Memang serba sudah, tetapi mengapa ada ayah demikian kejam"
Nona, katanya halus, "percayakah nona padaku?"
Mei Hwa mengangkat muka memandang. "Percaya
bagaimana maksudmu" Maukah kau menyerahkan semua ini padaku untuk diatur?"
Untuk sejenak Mei Hwa tak dapat menjawab, hanya
memandang wajah pemuda itu dengan tajam. Kemudian berkata.
"Bahwa kau bermaksud baik, aku percaya penuh, karena kau hampir serupa dengan seorang yang sangat baik dan jujur kepadaku, dan akupun suka mempercayakan semua urusanku ini padamu untuk diselesaikan secara baik, tetapi untuk
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
percaya bahwa kau akan dapat membereskan hal ini dan menolongku, aku masih sangsi, tuan."
Walaupun kata-katanya dalam bahasa daerah itu sangat kaku dan kurang lancar, namun Pamadi malum bahwa gadis itu adalah seorang terpelajar dan cerdik.
"Terima kasih kalau kau percaya padaku. Tentang berhasil atau tidaknya, biarlah kita serahkan saja kepada Yang Maha Agung. Kau tentu percaya kepada Yang Maha Kuasa,
bukan?"tanyanya dengan senyum.
Mei Hwa menjadi begitu lega dan terhibur dengan
keramahtamahan dan kehalusan budi Pamadi hingga untuk sesaat ikut tersenyum pula. "Tentu saja, tuan aku seringkali memasang hio memohon berkah Yang Kuasa."
Pamadi lalu mengajak gadis itu ke luar rumah dari hutan menuju ke kota Madiun. Di tengah jalan ia membeli nasi dan sayur yang dibawanya ke tempat sepi lalu mereka makan bersama. Sepanjang perjalanan mereka itu, Mei Hwa makin suka dan percaya penuh kepada Pamadi. Berkali-kali ia berkata bahwa Pamadi mengingatkan ia akan seorang pemuda di Tiongkok
yang sangat baik padanya.
"Saudara misanmu itu?" anya Pamadi sambil makan.
Mei Hwa mengangguk. Ketika itu mereka sedang makan nasi dan sayur beralaskan daun
pisang dan hanya menggunakan tidak ada sendok. Pamadi telah memberi contoh cara menggunakan sendok daun, tetapi ketika Mei Hwa mencobanya dan sangat canggung, mereka lalu menggunakan jari-jari tangan saja! Pamadi duduk di atas sebuah batu besar dan Mei Hwa duduk di atas akar pohon Trembesi di depannya. Tampaknya sedap benar Mai Hwa
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
makan, karena sesungguhnya perutnya sejak kemarin tidak diisi apa-apa.
"Kau sungguh baik hati, tuan."
"Jangan menyebut tuan padaku."
"Kau juga menyebut nona padaku."
"Habis, aku harus menyebut apa?" Tanya Pamadi tersenyum.
"Dan aku harus sebut apa?" Tanya mei Hwa tertawa gembira. Pamadi senang melihat nona itu
sudah dapat melupakan kesedihannya dan ternyata sifatnya gembira.
"Namaku Mei Hwa dan boleh sebut aku begitu sjaa, tanpa embel-embel!"
"Dan aku Pamadi."
"Aku... aku merasa seakan-akan kau adalah kakakku sendiri."
"Kau tidak punya kakak?"
"Tidak seorangpun saudara di sunia ini."
"Kalau begitu biarlah aku jadi kakakmu."
"Apakah sebutan kakak dalam bahasamu?"
"Seorang adik menyebut kakaknya dengan sebutan mas."
"Nah, mas Pamadi, kalau begitu biarlah aku menyebut kakaknya dengan sebutan mas."
"Nah, mas Pamadi, kalau begitu biarlah aku menyebutnya mas pula."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Dan aku harus menyebut apa padamu?"
"di Tiongkok, kalau kiranya aku mempunyai seorang kakak, maka ia akan menyebutku
Amei." "Kalau begitu, aku akan menyebutmu Amei saja."
Keduanya lalu diam dan menghabiskan sisa makanan.
Untuk minum mereka, Pamadi tadi telah membeli sebuah kelapa muda.
"Siapakah saudara misanmu tadi?" Tanya Pamadi setelah ingat akan hal itu.
"Ia adalah Tek Han, putera pamanku, dan ia baik sekali."
Pamadi termenung sejenak. "Hm, kau... cinta padanya, bukan?"
Wajah Mei Hwa memerah, memandang kepada Pamadi
beberapa saat lalu mengangguk, kemudian ia menundukkan mukanya dan dari kedua matanya menetes turun dua butir air mata.
Pamadi termenung lama. "Kalau begitu, Amei, kau bahagia sekali."
Pamadi bangun berdiri. "Marilah kita lanjutkan perjalanan kita. Soal itu adalah soal nanti, mudah-mudahan saja rencanaku berhasil."
Mereka lalu berjalan lagi tiada hentinya hingga setelah matahari turun ke barat, mereka memasuki tapal batas kota Madiun. Mei Hwa mulai ketakutan setelah dekat dengan rumah ayahnya, tetapi Pamadi menghiburkan dengan kata-kata halus. Langsung mereka menuju ke rumah Tan Keng Hok yang letaknya di belakang pasar.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Kedatangan mereka disambut oleh Kang Hok yang
kebetulan sedang berdiri di depan pintu rumahnya. Melihat puteranya datang dengan seorang pemuda, hanya yang semenjak minggatnya Mei Hwa telah penuh dengan hawa marah, menjadi berkobar dan wajahnya merah.
"Perempuan rendah! Kau berani datang ke hadapanku?"
kata-kata ini disusul dengan ayunan tangan menampar pipi Mei Hwa. Tetapi alagkah terkejutnya ketika pemuda yang mengantar anakmu itu memegang pangkal lengannya.
"Kau... kau siapa berani ikut campur" Dan kau datang bersama anakku. Hm, tentu bangsat ini yang melarikan anakku!" Sikapnya mengancam dan matanya mendelik memandang Pamadi. Tetapi pemuda itu tetap tenang dan sabar. Sepasang matanya menatap ayah Mei Hwa yang berbadan tegap dan tampaknya kuat sekali itu.
"Sabar, tuan. Aku hanya mengantar Amei pulang."
"Amei" Bagus benar! Kau berani berlaku kurangajar mengganggu keluargaku. Nah, rasakan ini hajaranku." Ia lalu maju menyerang. Ternyata Tan Keng Hok ini adalah seorang yang pandai main silat. Di Tiongkok dulu ia belajar silat cabang Siauw-lim-sie untuk beberapa tahun, maka tidak heran bahwa serangannya sangat cepat dan pukulannya berat dan keras. Pamadi melihat datangnya serangan yang dilakukan dengan tangan dan kaki teratur itu berlaku hati-hati karena ia maklum bahwa lawannya ini adalah seorang yang "berisi".
Cepat ia mengelak kle samping dan berkata lagi, "Sabar, kawan."
Namun Keng Hok yang sudah memuncak maranya lalu
menyerang lagi dengan hebatnya yang dapat dielakkan oleh Pamadi dengan mudah. Berkali-kali Pamadi hanya mengelak dan mengalah, sama sekali tidak mau membalas. Sementara itu Mei Hwa hanya berdiri sambil menangis dengan hati takut dan khawatir.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Setelah diserang lebih dari dua puluh jurus dengan hanya mengelak saja dan melihat bahwa lawannya makin lama makin nekat, akhirnya Pamadi merasa perlu memberi sedikit perlawanan kepada orang bandel ini. Pukulan tangan kanan lawannya tidak dielakkan tetapi ia gunakan tangan yang dimiringan untuk menyabet pergelangan lengan itu. "Plak!"
dan Keng Hok menyeringai kesakitan, terhuyung-huyung sambil memegangi lengannya.
"Mas Pamadi, lekas lari. Ayah tentu mengambil senjata tajam. Ia ahli main golok, lekas lari. Ayah tentu mengambil senjata tajam. Ia ahli main golok, lekas lari, mas." Tetapi Pamadi hanya menggeleng-geleng kepala sambil tersenyum.
Sementara itu, Keng Hok sudah datang lagi dan keluar saja, tangan kanannya kini memegang sebuah golok yang tajam!
Melihat anak perempuannya bicara dengan pemuda sambil memegangi lengan, marahnya makin menjadi. Diputarnya golok itu di atas kepala dan ia meloncat menyerbu!
Mei Hwa lari ke samping dan Pamadi menunggu datangnya serangan dengan tenang-tenang saja. Ketika muduhnya membacokkan goloknya kearah leher, ia tunduk ke bawah hingga golok itu bersuitan di atas kepalanya. Keng Hok semakin gemas dan segera mengeluarkan seluruh
kepandaiannya bermain golok. Sungguh hebat
permaianannya, karena golok itu berputar-putar cepat hingga mengeluarkan seluruh kepandaiannya bermain golok. Sungguh hebat permainannya, karena golok itu berputar-putar cepat hingga tampaknya ada beberapa buah golok yang
mengeroyok Pamadi. Namun Pamadi bukanlah pemuda
sembarangan. Ia telah terlatih bertahun-tahun, kurang lebih sepuluh tahun di bawah asuhan Kyai Lawu, seorang pertapa yang tingkatnya sudah tinggi sekali. Walaupun tidak banyak pukulan pencak silat yang dipelajari oleh Pamadi, namun karena tingginya gemblengan ilmu batin yang diterimanya, ia sangat waspada dan lincah, pula hatinya tabah dan seluruh anggota tubuhnya seakan-akan bermata. Tenaganya juga
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
bukan tenaga manusia biasa karena penuh dorongan tenaga batin yang tak terkira kuatnya.
Pada suatu saak Keng Hok yang sudah merasa pening dan matanya kabur melihat gerakan lawan yang berkelebat ke sana ke mari di antara sambaran golok, tiba-tiba berlaku nekad. Ia menubruk maju kea rah perut Pamadi sambil menggunaan tangan kiri mencengkeram! Pamadi mengelak ke samping sedikit pinggir tangannya menyabet punggung golok itu demikian kerasnya hingga golok terlepas dari pengangan Keng Hok dan menancap ke tanah sampai setengahnya lebih!
Kemudian Pamadi menggunakan tangan kirinya menangkis cengkeraman Keng Hok dan ketika kedua tangan beradu, Keng Hok berteriak kesakitan. Sebentar kemudian tangan kirinya menjadi gembung karena ternyata telah salah urat!
Tangan itu menjadi biru dan panas. Sakitnya bukan kepalang sehingga ia meringis-ringis mengigit bibir sambil memegangi tangan yang sakit itu. Matanya memandang Pamadi dengan heran dan takjub, baru kali ini ia dikalahkan orang semuda itu dengan cara yang sangat mudah pula! Orang muda ini bahkan berkepandaian melebihi gurunya sendiri!
Seperti biasa Pamadi yang membenci orang bermain golok atau senjata tajam untuk membunuh orang lain, segera memungut golok itu dan menggunakan jari tangannya untuk membuat golok itu patah menjadi beberapa potong! Keng Hok ternganga heran melihat betapa goloknya yang telah patah-patah itu dilemparkan ke tanah oleh Pamadi.
Pada saat itu, dari jurusan selatan datang seorang tua sambil berlari.
Ia berusaha kurang lebih enam puluh tahun, tetapi tubuhnya kuat bagaikan banteng. Karena tubuh atasnya tak mengenakan baju, maka tampaklah urat-uratnya yang melingkar-lingkar di dadanya yang penuh bulu. Ia memakai celana hitam dan di pinggangnya diikatkan tali pinggang berupa gulungan lawe (satu jenis benang) yang besar dan
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
panjang hingga dua ujung tali itu bergantungan sampai di bawah lutut. Kepalanya memaki ikat kepala hitam pula.
Cambangnya panjang dan melengkung ke atas hingga
tampaknya gagah sekali.
"He, siapakah kamu berani-berani mengganggu mantuku"
Eh, Keng Hok, kau kalah oleh anak ini?" Suaranya bagaikan guntur menggeletar.
"He, anak muda, setelah kau kalahkan mantuku, jangan kepalang, cobalah aku Surodiro banteng Ponorogo!" Ia sudah siap untuk menyerang.
"Sabarlah, bapak. Saya tidak mau berkelahi, marilah kita bicara dengan tenang. Bolehkah saya Tanya, bapak ini siapa agar saya dapat bicara kepada orang-orang yang
bersangkutan dengan perkara ini."
Sepasang mata Surodiro melotot lebar dan bundar
menakutkan. "Eh, kau laki-laki mauda yang bicara halus seperti perempuan ini, mau bicara apa lagi" Ketahuilah aku adalah mertua dari Keng Hok suami Tukinem anakku. Hayo jangan banyak cakap, lawanlah aku."
Sebelum Pamadi sempat menjawab, Surodiro sudah
menerjang dengan hebat. Melihat serangan ini Pamadi terkejut juga, karena pukulan orang tua galak ini penuh berisi tenaga tersembunyi yang berbahaya. Ia mengelak cepat dan selalu menghindari pukulan-pukulan itu. Betapapun gagahnya Surodiro, namun ia sudah tua dan napasnya sebentar saja sudah segal-sengal. Ia menjadi gemas, tangannya menyaut tali ikat pinggang dan memutar-mutarnya bagikan titiran! Ini adalah ilmu yang paling diandalkan oleh Surodiro yang terkenal sebagai seorang warok cabang atas di Ponorogo.
Menurut kata orang-orang yang suka mengobrol, katanya kekuatan ikat pinggang Warok Surodiro itu jika disabetkan, jangan kata tubuh manusia, biar dewa sekalipun takkan kuat menahan!
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Tentang keampuhan senjata istimewa itu memang ada benarnya, karena Pamadi memang ada benarnya, karena Pamadi sendiri ketika merasa betapa angina dingin mendahului sabetan itu, segera mengelak ke sana ke mari. Ia tidak mau menangkis atau balas menyerang, karena ia saying akan merusakkan daya ilmu kakek ini. Kalau ia menangkis, tentu ia akan dapat memusnahkan tenaga hebat itu, tetapi akibatnya akan hebat pula. Sedikitnya kakek itu akan kehilangan kesaktiannya bahkan besar kemungkinan hal itu akan menewaskannya. Karena itu Pamadi selalu mengelak dan memutar otak mencari akal untuk menjatuhkan atau membuat kakek itu menyerah tanpa ada kurban.
Tiba-tiba pintu kamar Keng Hok terbuka dan seorang wanita lari keluar sambil berteriak-teriak, "Bapak, bapak!
Tahan, tahan pak. Jangan sembarangan mencelakakan orang."
Mendengar kata-kata itu, Warok Surodiro menahan
serangannya dan berdiri dengan napas tersengal-sengal, kedua tangan menolak pinggang dan senjata hebat itu masih tergantung dari kedua tangannya. Sepasang matanya memandang Pamadi dengan marah tetapi juga heran dan kagum.
Mei Hwa menggunakan saat itu untuk menubruk Warok Surodiro sambil menangis. Kakek itu menjadi makin heran.
Dengan cepat dan terputus-putus Mei Hwa menceritakan segala
peristiwa yang menimpanya hingga tertolong oleh Pamadi.
Mendengar cerita anaknya ini, Keng Hok mulai menyesal mengapa ia dengan ceroboh dan
gegabah sekali datang-datang menyerang pemuda itu, dan Warok Surodiro mengangguk-angguk dan berdehem-dehem sabil sebentar-sebentar melirik kearah Pamadi dan Keng Hok.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Setelah Mei Hwa selesai bercerita, Kakek Surodiro berkata kepada Pamadi,
"Hm, hm... anak muda, maafkan aku orang tua yang sembrono. Tindakanmu betul sekali.
Kalau aku, menjadi kau, akupun akan berbuat demikian.
Yang salah adalah Keng Hok sendiri.
Sekarang bagaimana baiknya hal ini diatur?"
karena di situ mulai banyak orang berkerumun tertarik oleh perkelahian itu. Tukinem
mengusulkan agar mereka semua masuk saja ke dalam rumah, yang diturut oleh mereka
semua. Beramai-ramai mereka memasuki rumah dan
sebelum mereka bicara lebih lanjut,
Pamadi mendekati Keng Hok lalu melihat tangannya yang bengkak. Dengan beberapa kali
urut ternyata sakinya hilang dan gembungnya menjadi kempes kembali.
"Pamadi dengan arak putih, besok tentu sudah sembuh,"
kata Pamadi. Semua ini disaksikan
oleh orang-orang itu dengan rasa kagum.
"Sekarang perkenankanlah saya bicara," kata Pamadi sambil memandang Keng Hok dengan
tajam. "Yang sudah lewat biarlah lalu, tak perlu diurus siapa salah siapa benar. Sekarang yang
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
penting, bagaimanakah pendirian tuan akan urusan
puterimu?" Mendengar dirinya disebut-sebut, Mei Hwa yang berdiri di dekat Tukinem menutup muka dan mulai menangis.
Beberapa saat Keng Hok menundukkan kepala, kemudian berkata,
"Terserah kepadanya saja. Maksudku sebagai orang tua sebenarnya hanya ingin
membahagiakan sia, karena rasanya kawin dengan
hartawan she Oei itu, hidupnya akan
terjamin dan demikianpun hidup ibunya."


Pendekar Gunung Lawu Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Memang begitulah kalau dipandang dan dipikir sepintas lalu saja," kata Pamadi dengan
tenang dan sabar, "Tetapi harus diingat bahwa yang akan menjalani pernikahan itu adalah
anakmu, bukan kau. Maka pertimbangan seadil-adilnya ialah sepenuhnya harus diserahkan
kepada anakmu pula."
Kakek Surodiro mengangguk-angguk "Mufakat, setuju!
Dalam hal memiliki mantu, akupun
menyerahkan kepada Tukinem sendiri."
Keng Hok merasa terdesak dan menarik napas panjang.
"Nah, sekrang terserah saja
bagaimana kehendak Mei Hwa."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Amei telah menyatakan kepadaku bahwa ia ingin pulang ke kampungnya di Tiongkok saja.
Maka tuan, sebagai seorang ayah yang baik, seharusnya menyediakan uang untuk membiayai
anak dan isterimu pulang ke Tiongkok, karena kau tokh tidak memperdulikan lagi mereka.
Bagaimana pendapatmu?"
"Akur, itu baik sekali, memang seharusnya," menyambung Surodiro mengangguk-angguk.
Sementara itu Mei Hwa memandang Pamadi dengan air mata berlinang, karena ia maklum
bahwa "kakaknya" ini sengaja mengatur supaya ia dapat pulang dan bertemu dengan Tek
Han! "Begitulah kehendakmu?" Tanya Keng Hok kepada Mei Hwa dan gadis itu hanya mengangguk lemah sambil menundukkan kepala.
"Baiklah, besok akan kuatur tentang hal itu dan dalam bulan ini juga kau dan ibumu tentu dapat berlayar ke Tiongkok."
Pamadi bernapas lega. Ia bangkit berdiri dan berkata,
"Nah, saya rasa urusan ini sudah beres. Maafkan kalau saya mengganggu kalian." Ia mengangguk kepada semua orang dan bertindak ke pintu. Tiba-tiba Mei Hwa lari menghampiri dan memegang lengannya. Pamadi menengok dan hatinya terharu melihat betapa gadis itu memandangnya dengan air mata bercucuran.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Mas... mas Pamadi... terima kasih, mas. Kalau aku sudah pulang ke Tiongkok, kita tentu tak mungkin jumpa pula. Aku akan doakan selalu agar kau hidup bahagia."
"Bahagia?""
Mei Hwa mengangguk. "Dulu kau katakan bahwa aku bahagia, maka aku menyalakan hio tiap malam dan memuja kepada Tuhan agar kaupun segera menemui kebahagiaanmu itu, mas..."
Pamadi menghela nafas. "terima kasih, Amei, kau anak baik. Selamat jalan ke kampungmu, Amei."kemudian mereka berjabat tangan, dan Pamadi segera melepaskan tangan Mei Hwa, tetapi sebelum ia bertindak ke luar, suara Surodiro yang besar dan keras memanggilnya,
"He! Nanti dulu, anak muda! Kau dengan tangan kosong dapat menahan serangan tali Patimargaku, siapakah namamu dan siapa pula gurumu?"
Pamadi tersenyum dan menjura tanda hormat, "Mana saya dapat bertahan menghadapi kesaktian bapak" Tentang nama saya, biarlah, itu tak berarti. Selamat tinggal!"Kemudian ia berkelebat dan lenyap dari pandangan mereka.
Surodiro menggeleng-gelengkan kepalanya yang beranbut putih.
"Anak baik! Pemuda perwira! Baiklah Tukinem buru-buru datang, kalau tidak, jika ia sampai hancur lebur karena sabetan Patimargaku ini, ah, selama hidup aku takkan dapat mati dengan mata terpejam!" Dan mereka terbenam dalam lamunan masing-masing.
"Keng Hok," kata Pak Surodiro kepada mantunya, "Kau harus memenuhi janjimu sebagai laki-laki. Dalam bulan ini kau harus bisa memulangkan anak dan istri itu dan berilah mereka sekedar belak hidup untuk modal di sana. Awas, Hok, aku jadi
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
saksinya!" Kemudian Kakek yang gagah itu meninggalkan rumah mantunya.
*** Pada suatu malam, di Kampung Mlaten di kota Semarang terdengar suara rebut-ribut. Orang-orang berteriak
"Kebakaran!" Dan orang-orang kampong semua lari ke jurusan api yang berkobar-kobar memakan sebuah rumah bilik.
Mereka menggunakan apa saja yang kiranya dapat
memadamkan api. Di tengah-tengah keributan itu terdengar jerit berteriak ngeri, "Anakku Daryono! Ya Allah... anakku...!"
Semua orang ikut bingung karena ternyata ternyata bahwa ank laki-laki berusia sua tahun dari wanita itu masih tertinggal di dalam rumah! Tetapi siapa yang berdaya menhadapi api menggunung itu! Api itu menjilat-jilat ke luar pintu dan lubang pintu penuh dengan asap dan nyala merah.
Tiba-tiba dari arah kiri datang seorang wanita tua berlari-lari. Dirampasnya sebuah ember besar yang penuh air dari tangan pemegangnya dan ia menggunakan air satu ember itu untuk menyiram kepalanya hingga sekujur badannya basah kuyup. Kemudian, ketika orang-orang masih heran melihat perbuatannya ini, ia lari menuju ke rumah terbakar itu!
Beberapa orang berteriak cemas,
"Jangan Bu Tanu, jangan...!" Tetapi wanita itu tak memperdulikan seruan tadi, langsung menerobos api yang berkobar dan memasuki rumah melalui pintu yang berkobar-kobar. Semua orang menahan napas dan semua muka
menjadi pucat. Pada saat itu, seorang pemuda baju putih datang pula ke situ dan melihat wajah orang-orang yang pucat kecemasan itu ia bertanya apa yang telah terjadi. Ketika mendengar akan kenekatan wanita tua itu hanya seorang tetangga saja dari rumah yang kebakaran, tak terasa pula kedua mata Pamadi mengalirkan air mata. Ia kagum dan terharu sekali melihat
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
keberanian dan pengorbanan seorang wanita tua. Ketika ia hendak meloncat memasuki rumah menyusul wanita itu sambil menggendong seorang anak kecil! Ngeri! Sungguh ngeri, karena ternyata baju wanita itu telah termakan api yang berkobar di belakangnya! Semua orang berteriak-teriak dan bersorak-sorak, tetapi pada saat itu sebatang balok besar yang tadinya melintang di atas pintu dan kini telah terbakar menyala-nyala dengan mengeluarkan suara keras jatuh menimpa di belakangnya! Semua orang berteriak-teriak dan bersorak-sorak, tetapi pada saat itu sebatang balok besar tang tadinya melontang di atas pintu dan kini telah terbakar menyala-nyala dengan mengeluarkan suara keras jatuh menimpa orang tua yang mjenggendong anak tadi! Semua orang menjerit, tetapi Pamadi dengan secepat kilat meloncat menyambar orang tua itu!
Ibu si anak segera menggendong anaknya yang selamat dan menangis karena takut dan ngeri, sedangkan Pamadi segera memondong wanita tua itu setelah memadamkan api yang membakar bajunya. Atas petunjuk beberapa orang Pamadi membawa wanita itu ke rumahnya yang tak berjauhan letaknya dengan rumah terbakar itu.
Ibu si anak segera menggendong anaknya yang selamat dan menangis karena takut dan ngeri, sedangkan Pamadi segera memondong wanita tua itu setelah memadamkan api yang membakar bajunya. Atas petunjuk beberapa orang Pamadi membawa wanita itu ke rumahnya yang tak berjauhan letaknya dengan rumah terbakar itu.
Ia merebahkan waniat itu di atas sebuah bale-bale bamboo dan menggunakan minyak kepala memarami luka-luka terbaar pada panggung wanita tua itu. Untung lukanya tidak hebat, tetapi tenaga tua itu terlampau banyak dikerahkan hingga untuk beberapa jam wanita itu pingsan. Pamadi merawatnya dengan penuh perhatian sambil memandangi wajah tua yang dalam pandangannya tampak agung dan bijaksana.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Ketika pada keesokan harinya wanita itu sadar dan melihat seorang pemuda duduk di dekatnya, ia menjadi heran.
Kau... kau siapa, nak?"
"Saya orang yang kebetulan lewat dan kagum padamu, bu."
"Kau... kau yang menolong aku ketika balok itu datang menimpa?"
Pamadi mengangguk. "Itu tidak berarti, bu. Kaulah yang sangat hebat berani menolong anak
itu..." "Anak itu... Daryono... ia sama benar dengan anakku dulu..." Tiba-tiba dari kedua matanya
bercucuran air matanya. Pamadi menghiburnya dan selama tiga hari ia merawat wanita itu dengan penuh kasih sayang.
Pada dari ke empatnya, wanita itu yang disebut orang Bu Tanu sudah dapat turun dari bale-balenya dan lukanya sudah hampir sembuh. Dipandangnya wajah pemuda yang tampan itu dengan kedua matanya bersinar penuh rasa terima kasih.
"Nak, kau baik sekali. Sebetulnya siapakah kau dan di mana tempat tinggalmu!"
"Saya... saya tak mempunyai tempat tinggal tetap, bu, dan nama saya, ah... itu tidak berarti,
bu. Sekarang ibu sudah sembuh, perkenankanlah saya pergi melanjutkan perjalananku."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"E, e... nanti dulu, nak. Itu, bajumu robek, mari kujahitkan.
" Pamadi melirik kea rah pundaknya dan ternayata bajunya benar robek hingga kulit lengannya
tampak. "Tak usahlah, bu, terima kasih."
"E, e, anak ini, banyak bantahan. Hayo, lepaskan biar kujahit sebentar. Kan malu anak muda
pergi jalan dengan baju robek. "
Pamadi tersenyum dan terpaksa menanggalkan bajunya, lalu memberikan baju putih kepada
Bu Tanu. Wanita tua itu mengulurkan tangan untuk
menerima baju itu, tetapi tiba-tiba saja
tangannya yang terulur bagaikan kaku dan kedua matanya menatap dada Pamadi yang
telanjang itu dengan tak berkedip. Mulutnya ternganga dan wajahnya tiba-tiba menjadi pucat.
"Ada apa, bu?" Tanya Pamadi cepat.
Bibir wanita itu bergerak-gerak seakan-akan sukar mengeluarkan kata-kata.
"Kau... kau..." ia berdiri dan terhuyung ke belakang, lalu maju pula mendekati Pamadi, kedua
matanya masih terus memenadang warna hitam sebesar kuku jari yang menghias dada Pamadi
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
sebelah kanan. "Kau... kau Pamadi?""
Pamadi semenjadk belajar ilmu di bawah asuhan Kyai Lawu telah dapat meneguhkan hatinya
dan belum pernah merasa kaget. Tetapi kali ini ia benar-benar kaget, hingga tak dapat segera
menjawab, hanya mengangguk-anggukkan kepala saja.
"Kau Pamadi... dari Taman Harapan di Solo?" Kembali Pamadi merasa dadanya berdebar dan
ia hanya menganggu lagi.
"Pamadi...!" Suara ini keluar langsung dari jeritan kalbu Bu Tanu dan serta merta ia menubruk serta memeluk Pamadi sambul menangis tersedu-sedu. Pamadi heran dan baru kali ini ia merasa bingung.
"Pamadi, anakku...! Anakku...!"
Kata-kata ini bagaikan sinar terang menyambar dan menerangi pikiran Pamadi. Ia sadar bahwa ia berada dalam pelukan ibunya sendiri. Tak terasa dadanya menjadi penuh sesak dengan keharuan yang hebat, ia tak dapat menguasai dorogan kalbunya dan air mata bercucuran dari kedua matanya. Bagaikan dalam mimpi ia gunakan kedua lengannya balas memeluk dan sembunyikan mukanya yang basah oleh air mata ke dalam leher dan rambut ibunya.
"Ibu... ibuku..." Suara ini seperti suara anak kecil yang hampir lupa dengan sebutan ibu, sebutan yang dibuat kenangan dan dibawa dalam setiap mimpi beberapa tahun yang lalu. Diam-diam ia menyebut nama Tuhan Yang Rahman dan Rahim, yang telah mempertemukannya dengan ibunya.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Lama mereka berpelukan, bertangis-tangisan dan berkali-kali Bu Tanu menciumi muka dan kening puteranya. Akhirnya Pamadi dapat juga menguasai perasaannya dan ia
membimbing tangan ibunya untuk duduk berdua di atas bale-bale.
"Pamadi, anakku sayang.. Aku mengucap syukur kepada Gusti Yang Maha murah bahwa akhirnya aku dapat juga berjumpa denganmu. Ahh, kini biar datang maut mengambil nyawaku, aku tidak akan merasa kecewa, nak. Pamadi anak nakal, ke mana saja kau selama ini" Berkali-kali aku mencarimu di Solo tetapi tak berhasil. Tak seorangpun tahu ke mana kau pergi."
"Ibu, kenapa... kenapa ibu tinggalkan aku hidup seorang diri?" kata-kata ini walaupun diucapkan dengan tenang bagaikan berkata kepada diri sendiri, namun bagi Mintarsih atau Ibu Tanu, merupakan tuntutan yang menusuk hati dan membuat air matanya menderas turun. Kemudian ia
menceritakan riwayatnya yang tadinya bagi Pamadi
merupakan rahasia yang selalu timbul di dalam pikirannya.
Dahulu Ibu Tanumiharja bernama Mintarsih dan ia kawin dengan seorang pemuda bernama Suseno yang setelah kawin namanya menjadi Suseno Tanumiharja. Suseno adalah seorang suami yang baik dan ia seorang terpelajar serta masih berdarah ningrat. Bertahun-tahun mereka hidup bahagia di kota Semarang. Tetapi setelah Mintarsih melahirkan seorang putera yang diberi nama Pamadi, datanglah awan gelap menghalangi cahaya kebehagiaan itu dan membuat hidup Mintarsih selanjutnya menjadi gelap dan penuh derita. Suseno telah menjadi kurban guna-guna asmara yang dilepas oleh seorang perempuan genit bernama Madusari yang bekerja sebagai pemain wayang orang pemegang peran Harjuna.
Suseno tak berdaya dan mabok dalam buaian mesra dan sama sekali tidak memperdulikan isterinya. Akhirnya ia bahkan demikian kejam mencerakan Mintarsih dan mengusir isteri
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
muda belia itu dari rumanya. Mintarsih pergi terlunta-lunta dengan puteranya yang ketika itu baru berusia satu tahun. Ia merasa malu untuk pulang ke kampungnya di Jepara, maka ia hidup berkelana ke sana ke mari tak tentu arah tujuan hingga boleh dikata terlantar. Akhirnya ia tinggal di Solo dan bekerja memburuh batik. Beberapa tahun kemudian, setelah Pamadi berusia lima tahun, seorang kawan kerja di pembatikan yang bernama Mulyadi dan yang bersikap baik sekali kepada Muntarsih dan bahkan yang menolongnya mendapatkan pekerjaan di situ, melamarnya.
Mintarsih adalah seorang wanita yang pada saat itu masih sangat muda dan tentunya masih haus akan kesenangan dan rindu akan rumah tangga bahagia. Maka perasaan hati Mulyadi itu diterimanya dengan hangatnya. Hanya sebuah hal yang sangat menyakitkan hati janda muda itu, ialah syarat dari Mulyadi yang tidak mau menerima Pamadi. Pemuda itu minta agar ia titipkan saja anaknya di Panti Asuhan Taman Harapan.
Setelah terjadi perang tanding dalam lubuk hatinya akhirnya cintanya kepada Mulyadi dan bayangan-bayangan mimpi indah dapat mengalahkan cintanya kepada anaknya. Ia menyerah dan menitipkan anak yang baru berusia lima tahun itu kepada Taman Harapan.
Setelah terjadinya perang tanding dalam lubuk hati akhirnya cintanya kepada Mulyadi dan bayangan-bayangan mimpi indah dapat mengalahkan cintanya kepada anaknya. Ia menyerah dan menitipkan anak yang baru berusia lima tahun itu kepada Taman Harapan. Kemudian ia kawin dengan Mulyadi dan hidup bahagia. Saying bahwa dalam perkawinan ini mereka tidak mendapat turunan. Hal ini menyakitkan hati Mulyadi yang sangat cinta padanya, hingga timbul rasa iri hati orang muda ini kepada Pamadi. Semenjak bertahun-tahun yang lalu, ia melarang keras istrinya untuk mengaunjungi Pamadi di Panti Asuhan itu.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Sepuluh tahun kemudian, karena menderita sakit batuk darah, Mulyadi meninggal dunia dan meninggalkan Mintarsih seorang diri yang kembali menjadi janda. Mulyadi tidak meninggalkan warisan berharga hingga kembali hidup Mintarsih terancam. Ia segera pergi mencari anaknya di Taman Harapan, tetapi alangkah terkejut dan kecewanya ketika mendengar bahwa Pamadi telah pergi dari situ beberapa bulan yang lalu tanpa meninggalkan berita. Hancur luluh rasanya hati Mintarsih. Ia kini hidup seorang diri di dunia yang penuh derita dan nestapa ini, ditinggal suami dan anak.
Ia bersumpah takkan kawin lagi dan hidup dari kota ke kota sambil memburuh, dan akhirnya ia pindah ke Semarang dan tinggal di Kampung klaten. Kini telah berusia kurang lebih lima puluh tahun dan kebakaran hebat di kampungnya itu membuat ia dapat berjumpa kembali dengan puteranya.
"Pamadi, anakku. Sekarang kau sudah tahu akan tindakan ibumu yang tidak bijaksana, yang telah menyia-nyiakan putera tunggalnya. Aku seorang ibu yang jahat, anakku..." Kembalilah ia terisak sedih.
Tetapi Pamadi tidak menyesal atau membenci ibunya. Ia bahkan iba melihatnya karena ia mklum betapa hebat penderitaan ibunya. Kalau penderitaan itu boleh dianggap hukuman, maka sudah lebih dari cukuplah hukuman itu untuk menebus dosanya yang telah melepas anak sendiri untuk mengejar kesenangan hidup pribadi. Maka dipeluknya ibunya dengan kasih sayang.
"Tidak, ibu. Kau tetap ibuku yang bijaksana. Aku bangga dapat mengaku anakmu, ibu. Kau seorang mulia."
Kini tiba giliran Bu Tanu untuk minta keterangan kepada puteranya tentang keadaan Pamadi selama pergi
meninggalkan Taman Harapan. Dengan singkat Pamadi bercerita bahwa ia pergi berkelana dan mengejar ilmu di Gunung Lawu di mana ia berguru kepada Kyai Lawu.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Kemudian ia tanyakan ibunya tetang ayahnya, Suseno Tanumijaya. Ibunya menarik napas panjang.
"Entahlah, kabarnya ia telah bercerai pula dengan perempuan yang merampasnya dariku dulu. Dan ada orang menceritakan bahwa ia telah tersesat jauh bahkan kini menjadi kepala rampok di daerah Hutan Roban dekat Pekalongan."
Pamadi merasa sedih mendengar hal ini. Ia mengambil keputusan untuk pergi mencari ayahnya itu. Setelah tinggal bersama ibunya kurang lebih satu bulan, ia minta diri dari ibunya untuk pergi merantau pula. Ibunya menahannya sambil menangis, tetapi Pamadi menghiburnya dengan kata-kata bahwa tak lama lagi tentu ia akan kembali. Terpaksa ibunya melepaskan pergi.
Hutan Roban terkenal hutan yang angker dan liar. Tidak hanya binatang-binatang liar yang banyak terdapat di situ, bahkan bangsa dedemit, siluman dan setan banyak pula terdapat di hutan itu, sehingga timbul sebutan umum "Setan Roban" yang maknanya setan dari Hutan Roban. Hutan Roban itu liar sekali dan pohon-pohon besar dan tua memenuhinya.
Menurut cerita orang-orang yang berdekatan di situ kabarnya dulu ketika Bangsa Belanda membuat jalan raya dan jalan kereta api yang melalui hutan itu, maka "babat hutan"
dilakukan dengan sukar sekali serta makan banyak korban jiwa. Seakan-akan tiap pohon besar yang ditebangnya pasti terdapat penghuni pohon atau mbaureksa yang mengamuk dan terjadi hal-hal gaib seperti penebangnya tiba-tiba pingsan, sakit atau tertimpa cabang pohon menemui ajalnya. Akhirnya para pekerja masing-masing karena takut hingga pekerjaan tertunda. Orang-orang Belanda yang mengepalai
pemababatan hutan itu menjadi bingung dan tak mengerti harus berbuat bagaimana. Dan menurut cerita orang, katanya Belanda lalu menyebar uang picis dan talenan di tempat-tempat yang perlu dibabat. Akal ini ternyata berhasil dan
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
orang-orang yang melihat uang disebar itu lalu mengambil parang dan golok, mulai membabat alang-alang dan pohon-pohon untuk mencari uang-uang logam itu! Mungkin cerita ini hanya kiasan saja dan arti kata-kata "membayar uang" dapat juga dimaksudkan membayar upah sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya untuk menyampaikan maksud membuka jalan itu.
Pada waktu cerita ini terjadi, maka hal itu belum terjadi.
Dan keadaan Hutan Roban kala itu memang sangat ditakuti orang. Boleh dikata "Jalma mara, jalma mati" atau orang yang masuk hutan itu akan binasa dan tak mungkin keluar hidup-hidup! Karena selain binatang-binatang buasa dan setan-setan jahat, akhir-akhir ini di hutan itu kabarnya terdapat segerombolan penjahat yang kejam, perampok-perampok yang berani dan dikepalai oleh seorang penjahat dakti.
Peneknya, Hutan Roban dijadikan sarangbagi mereka karena memang hutan yang lebat itu cocok sekali dijadikan tempat persembunyian.
Pada suatu pagi, Pamadi masuk ke dalam hutan itu dan mengagumi keadaan hutan yang masih aseli, belum rusak oleh sentuhan tangan-tangan manusia. Karena tiada terdapat lorong dalam hutan itu, maka ia gunakan kedua lengannya untuk menolak tetumbuhan dan alang-alang yang
menghalangi jalannya. Setelah berjalan beberapa jam ia tiba di satu tempat yang agak lega. Bahkan di depannya terbentang lapangan rumput yang bersih dari tetumbuhan berduri.
Tiba-tiba ia mendengar suara seruan nyaring dan halus,
"Bangsat kurang ajar kau sudah bosan hidup?"
Pamadi segera menuju kea rah suara itu dan dari belakang sebuah pohon besar ia melihat peristiwa yang mengherankan.
Seorang lelaki tinggi besar tengah berkelahi beradu golok dengan seorang gadis cantik! Gadis itu berpakaian seperti laki-laki dan bersenjata keris. Rambutnya yang hitam panjang
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
terurai ke belakang tertiup angin hutan berkibaran. Laki-laki yang selalu mundur karena serangan-serangan hebat itu bersenjata sebuah golok. Tampaknya laki-laki itu mengalah dan hanya menangkis sambil mundur.
"Dewi, jangan marah..." kata laki-laki itu sambil menangkis tusukan keris. Pamadi diam-diam kagum akan kegesitan permaianan pencak gadis itu yang ternyata pandai sekali.
"Bangsat, kau berani menghinaku, ya?" gadis itu berkata marah dan memperhebat serangannya. Sementara itu, di sekitar kedua orang yang sedang berkelahi itu berdiri beberapa belas orang yang berwajah kejam dan bertubuh kuat. Mereka hanya melihat saja tetapi tak berani memisah, karena yang sedang berkelahi itu, yang wanita adalah Sridewi anak angkat dan kesayangan kepala mereka, sedangkan yang laki-laki adalah pemimpin mereka yang menjadi tangan kanan dan orang kepercayaan kepala gerombolan itu. Sugondo, demikian nama pemimpin itu, telah lama jatuh hati kepada Sridewi. Pada satu saat ia tak dapat menahan gairah hatinya dan sambil menyatakan cintanya pula, ia berani dengan cara lancang membelai tangan gadis itu, hingga Sridewi menjadi marah dan mencabut keris lalu menyerangnya mati-matian.
Sridewi sungguhpun seorang wanita, namun sejak kecil suka sekali mempelajari ilmu berkelahi ayah angkatnya sendiri yang terkenal jagoan. Hal ini memang tidak aneh, karena Sridewi hidup di tengah-tengah hutan dan berkawan dengan kaum kasar yang hanya mengutamakan kedigdayaan dan perkelahian. Pula, binatang-binatang buas yang terdapat di dalam hutan yang mengingatkan ayahnya betapa perlunya puteri yang dicintanya itu mempelajari olah raga dan ilmu menjaga diri kalau-kalau terserang binatang buas.
Biarpun hidup dan besar di tengah-tengah hutan, namun Sridwi mempunyai perasaan yang halus dan ia benci sekali jika ada seorang anggota perampok yang bicara atau berlaku urang ajar padanya. Maka, setelah ia menjadi dewasa, ia
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
berantas perlakuan perampok-perampok itu terhadap wanita-wanita yang terculik. Dengan berkeras ia memperjuangkan peraturan baru hingga akhirnya ayahnya mengalah dan mengadakan larangan bagi para anggotanya untuk merampok dan menculik kaum wanita. Semenjak itu, hal yang rendah ini hanya dilakuan oleh para begal itu dengan diam-diam dan di luar pengetahuan Sridewi. Pernah ada seorang anggota perampok dihajar habis-habisan oleh Sridewi bahkan hampir mati dibunuhnya kalau ayahnya tidak datang menolong.
Kemarahan gadis ini timbul tak lain karena melhat penjahat itu menculik seorang wanita dari kampung.
Tidak heranlah bahwa ketika Sugondo berani menjamah tanganya dan berlaku kurang ajar, ia menjadi marah sekali dan dengan penuh nafsu ia menyerang orang kepercayaan ayahnya itu!
Dalam hal kepandaian pencak dan memainkan senjata, sebenarnya Sridewi lebih unggul daripada Sugondo, tetapi ia kalah tenaga dan keuletan. Kelebihannya ia memang gesit dan serangan-serangannya teratur sekali. Karena desakan-desakan yang tak kenal ampun itu lambat laun Sugondo menjadi panas dan marah, lalu ia membalas menyerang. Senjata Sugondo yang berupa golok itu lebih panjang dan berat, hingga akhirnya Sridewilah yang terdesak.
Tiba-tiba golok Sugondo menyambar cepat kearah leher Sridewi. Para anak buah perampok yang melihat hal itu menahan napas karena takut kalau-kalau biah hati kepala mereka akan mendapat celaka. Pamadi memungut sebuah batu kecil dan siap mencegah sesuatu pertumpahan darah.
Tetapi Sridewi selain gesit pun cerdik sekali. Melihat datangnya golok meyambar, ia menurunkan tubuh dan bergulingan di tanah, tetapi tangannya tidak tinggal diam, dengan cepat sekali ia meraup segenggam pasir dan sambil mengeluarkan bentakan nyaring, ia melomcat bangun lalu tangan yang menggengam pasir itu akan menggunakan tipu
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
berbahaya dan tak terduga ini, dan sejata berupa pasir itu tepat mengenai mukanya dan tiba-tiba ia merasai kedua matanya perih dan pedas sekali! Ia memejamkan kedua mata dan menggunakan tangan kiri menggosok-gosoknya, tetapi karena pasir itu kaar, membuat matanya makin sakit hingga ia mundur sambil menggosok-gosok matanya.
Sridewi yang sudah menjadi marah dan benci, melompat maju dan mengayun kerisnya ke arah dada lawannya itu.
Tetapi, tiba-tiba gadis itu menjerit kecil dan kerisnya terlepas dari pegangan tangannya. Ia merasakan pergelangan lengannya sakit sekali. Ternyata dalam waktu yang tepat sekali Pamadi melayangkan batu kerikilnya untuk mencegah terjadinya pembunuhan itu.
Bersamaan dengan terjatuhnya keris dari tangan Sridewi, Pamadi keluar dari tempat persembunyiannya dan berkata,
"Sudahlah, nona. Jangan bunuh dia!" ia sama sekali belum tahu bahwa ia berhadapan dengan gerombolan perampok Hutan Roban yang ditakuti orang!
Gadis itu menengok cepat dan matanya bercahaya marah ketika ia melihat seorang pemuda menegurnya, dan otaknya yang cerdik itu seketika maklum bahwa pemuda itulah yang mencegahnya tadi karena ia pun tahu bahwa pergelangan lengannya terpukul oleh kerikil kecil yang dilemparkan orang.
Beberapa belas anak buah perampok itu keheranan melihat ada orang berani memasuki hutan itu, bahkan berani menegur dan mencegah Sridewi, singa betina itu.
Sridewi merasa malu karena di hadapan anak buahnya ia dibikin tak berdaya oleh seorang yang masih muda dan asing, maka tiba-tiba ia berteriak marah sambil berpaling kepada orang-orangnya,
"Mengapa kalian bengong saja" Hayo tangkap bangsat cilik ini!"
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
beberapa belas orang kuat dan yang rata-rata tinggi besar serentak maju sambil mencabut senjata, tetapi terdengar perintah Sridewi,
"Jangan gunakan senjata! Untuk tangkap kambing lemah ini saja kalian hendak menggunakan senjata" Sungguh menyebalkan. Tangkap ia hidup-hidup dan hadapkan kepada ayah?" Penjahat-penjahat itu dengan patuh memasukkan kembali senjata mereka di sarung dan ikat pinggang, kemudian mereka maju menghampiri Pamadi.
Pemuda itu heran sekali, kini ia baru timbul dugaan bahwa orang-orang ini tentu perampok-perampok yang disohorkan orang-orang kampong sekitar hutan itu. Apakah ayahnya menjadi kepala dari perampok-perampok kasar ini, pikirnya.
Mereka hendak menangkapnya. Ah, kebetulan, memang iapun hendak mencari ayahnya. Siapa tahu barangkali kepala mereka inilah ayahnya yang dicari-cari itu. Karena itu, dia menurut saja ketika perampok-perampok itu menggunakan tali mengikat kedua lengannnya. Ia lalu didorong-dorong menghadap Sridewi. Gadis itu dengan sepasang mata burungnya memandang-mandang Pamadi bagaikan seorang tengkulak ternak seekor lembu jantan, menimbang-nimbang dan menaksir-naksir.
Kemudian Sridewi bertanya sombong, "Kaukah yang menggunakan kerikil tadi?"
Pamadi yang sejak tadi tersenyum saja, menjawab dengan anggukan kepala. Dengan gemas Sridewi mengayun
tangannya menampar pipi Pamadi hingga menerbitkan suara nyaring! tetapi pamadi hanya tersenyum saja dan matanya memancarkan sinar gembira. Sridewi melihat betapa kulit pipi pemuda yang putih dan cakap itu menjadi kemerah-merahan kena tamparannya dan ia menjadi menyesal sekali. Lebih-lebih ketika melihat pemuda itu tersenyum manis dan berkata perlahan, "Maafkan aku, nona..." Ah, hati gadis itu berdebar.
Alangkah bedanya pemuda ini dengan orang-orang kasar yang
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
mengelilinginya tiap hari. Ia menjadi malu akan kekasaran sendiri dan hatinya penuh penyesalan mengapa ia menampar seorang yang demikian halus tindak-tanduk dan tutur sapanya" Tiba-tiba ia memalingkan muka dan menahan keluarnya dua butir air mata yang hendak memaksa diri ke luar dari sepasang matanya yang bening!
"Nona, bukan laku seorang wanita utama dan gagah seperti kau untuk membunuh seorang yang tak berdaya," kata Pamadi lagi sambil memandang kea rah Sugondo yang kini duduk di atas tanah sambil menggunakan ujung sarungnya membersihan dari pasir kedua matanya. Karena mata itu sangat perih maka terus-terusan megalirkan air, hingga ia tampak seperti seorang anak kecil yang sedang menangis.
Melihat sikap orang itu, Sridewi tertawa gali dan hilanglah kemarahannya.
Sugondo, jangan kau berani berlaku seperti tadi. Lain kali aku tak mau memberi ampun dan kali ini aku tinggal diam.
Tetapi awas, sekali lagi kau berlaku kurang ajar, pasti akan kusampaikan kepada ayah dan kepalamu takkan tertolong lagi. He, kamu mengapa diam saja" hayo bawa tawanan ini kepada ayah!"
pamadi lalu digiring menuju ke tengah hutan dan pada suatu bagian yang dekat dengan pantai laut kelihatan sebuah perkampungan kecil di mana terdapat beberapa buah rumah dari bilik bertihang jati dan beratap alang-alang. Ternyata itu adalah perkampungan perampok yang dipimpin oleh Pak Seno. Di pantai kelihatan beberapa buah perahu dan beberapa helai layer tengah djemur di atas pasir.
Seorang laki-laki tua bertubuh tinggi kurus keluar dari pondok yang terbesar dan menyambut kedatangan
rombongan itu. Perampok-perampok itu lalu berdiri merupakan sebuah linkaran dan Pamadi dilepas di tengah-tengah. Sridewi menghampiri ayahnya dan sambil memegang lengan orang tua itu, ia bicara berbisik-bisik.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pak Seno mengangguk-angguk, lalu berjalan menghampiri Pamadi yang memandang padanya dengan tajam serta penuh perhatian.
"Anak muda, siapa kau begitu berani memasuki daerahku ini" Dari mana datangnya dan hendak ke mana?"
Pamadi masih termenung memperhatikan orang itu. Inikah ayahnya" Orang tua kepala rampok yang berwajah sedih ini"
Bemarkah ia mempunyai ayah kepala rampok serendah itu?"
"He, anak muda. Jawablah!" bentak Pak Seno.
Pamadi sadar dari lamunan dan menjawab angkuh,
senyumnya menghilang. "Tiada perlunya kalian ketahui namaku, aku datang dari tempat jauh dan hendak menuju ke mana suara hatiku membawaku."
Sridewi maju dua langkah ke hadapan Pamadi lalu
menuding, "Orang muda hijau seperti kau ini berani benar bertingkah di depan Bapak Seno, Raja Hutan Roban yang disegani semua orang! Jangan kau main-main, kawan, jiwamu berada di dalam tangan kami, mengerti?"
Mau tak mau Pamadi tersenyum juga melihat lagak gadis yang galak ini, tetapi sikap dan lagaknya harus ia akui membuat gadis itu tampaknya makin menarik dan
menggiurkan! Tetapi, dibalik kegembiraannya memandang gadis itu, diam-diam ia rasakan dadanya berdebar-debar ketika mendengar mata kepala rampok itu.
Bapak Seno" Bukanlah menurut ibunya, ayahnya bernama Suseno Tanumiharjo" Kalau begitu tak salah lagi orang ini pasti ayahnya!
Ketegangan hatinya membuat Pamadi lupa bahwa kedua lengannya masih terbelunggu dengan tali yang kuat. Tak terasa ia gerakkan kedua lengannya dengan penuh tenaga untuk menunjuk Pak Seno dan tali yang mengikat lengannya dengan penuh tenaga untuk menujuk Pak Seno dan tali yang
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
mengikat lenganya takmampu menahan tenaga raksasanya.
Tali itu putus dengan mudah sekali, hingga terdengar seruan-seruan heran dari banyak mulut. Pak Seno sendiri terkeut melihat tenaga kuat ini dan Sridewi mundur beberapa tindak.
Ia teringat betapa sebuah lemparan dengan kerikil kecil cukup membuat kerisnya terlepas dari tangan! Sedangkan Pamadi sendiri baru insaf bahwa secara tidak sengaja ia telah memutuskan belenggu dan dengan demikian membuka
rahasianya bahwa ia seorang berilmu. Tetapi karena hal itu sudah terlajur, ia lanjutkan kehendaknya semula dan menggunakan telunjuknya menuding kepada Pak Seno, Inikah yang disebut orang bapak Seno Raja Hutan Roban?"
Hm, namanya sama benar dengan seorang yang kukenal baik, tetapi yang keadaannya tidak sehebat ini, bahkan dia hanya seorang pengecut!"
semua orang heran melihat kata-kata yang tak mudah dimengerti ini, tetapi Pak Seno sendiri tidak memperlihatkan kata-kata orang. Ia merasa suka dan tertarik oleh sikap dan gerakan pemuda ini. Jadi pemuda yang tampak lemah ini telah dapat mematahkan belenggu itu demikian mudahnya"
Alangkah besar tenaganya. Tetapi ia sangsi, benar-benar lengan tangan yang agaknya tak berurat itu mempunyai tenaga besar" Ataukah hanya kebetulan saja belenggu itu tidak kuat-kuat mengikatnya dan terlepas ikatannya" Maka timbul keinginannya hendak mencoba.
"He, anak muda. Bicaramu besar dan kau agaknya seorang pemberani. Beranikah kau melawan kami?"
"Dikeroyok oleh belasan orang ini?" Pamadi memandang sekeliling. "Oho, jadi Raja Hutan Roban ternyata mendapatkan nama besar karena hasil keroyokan" Pantas, pantas!"
Pak Seno tertawa besar. Suara ketawanya nyaring dan tiba-tiba saja wajahnya tampak cakap ketika ia tertawa, karena wajah yang tadinya gelap seakan-akan tertutup awan itu kini menjadi terang dan agung.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Kau agak sombong, anak muda. Siapa yang mau mengeroyokmu" He, Sugondo, majulah!"
Sugondo telah sembuh dari penderitaan matanya yang tadi
"dicuci" dengan pasir. Ia sama sekali tidak tahu bahwa Pamadi pernah menoong jiwanya. Memang ia seorang muda yang beradat kasar dan berangasan. Melihat lagak dan mendengar kata-kata Pamadi, sejak tadi ia telah merasa panas mengapa Pak Seno tidak memberi tamparan padanya. Kini, mendengar panggilan kepalanya, ia melompat maju ke tengah lingkaran orang itu.
"Sugondo, coba ukurlah berapa besar tenaga anak muda ini dan berapa tinggi kepandaiannya. Anak muda yang tak mau mengaku nama, beranikah kau beradu mengukur kerasanya tulang dan kuatnya kulit dengan Sugondo ini?"
Pamadi tersenyum pula kini "Mengapa tidak berani?"
jawabnya. "Asal saja Mas Gondo hati-hati jangan sampai kelilipan lagi."
Mendengar godaan ini, Sugondo menjadi marah dan
bersiap memasang kuda-kuda. Ia memang seorang ahli pencak murid seorang guru pencak di Cirebon yang mencipta permainan pencak "Gerak Kepinis" Sugondo membuka kuda-kudanya dengan kaki kiri ditengkuk ke atas sampai di lutut kaki kanan hingga merupakan burung berdiri mengangkat kaki sebelah kiri. Kedua lengan tangan terpentang lebar dengan jari-jari terbuka seakan-akan menjadi sayapnya. Kuda-kuda ini yang dicipta Pak Sentot guru pencak Cirebon itu ebenarnya walaupun lucu namun sangat berbahaya. Karena kedua lengan yang dibuka itu merupakan umpan bagi lawan. Agaknya mudah sekali diserang, apalagi sepasang kaki yang dipasang sedemikian itu agaknya sangat lemah sekali. Tetapi janganlah orang hendak mencoba-coba menyerang padanya dengan sembrono, karena kedua tangan yang terpentang lebar dengan jari-jari terbuka seakan-akan menjadi sayapnya. Kuda-kuda ini yang dicipta Pak Sentot guru pencak Cirebon itu
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
sebenarnya walaupun lucu namun sangat berbahaya. Karena kedualengan yang dibuka itu merupakan umpan bagi lawan.
Agaknya mudah sekali diserang, apalagi sepasang kaki yang dipaang sedemikian itu agaknya sangat lemah sekali. Tetapi janganlah orang hendak mencoba-coba menyerang padanya dengan sembrono, karena kedua tangan yang terpentang ke sisi itu dapat cepat dirobah dan melayangkan pukulan dari samping ke arah pelipis lawan. Adapun sikap kaki itu memudahkan penggantian gerakan dan membuat gerakan menjadi ringan karena dapat melompat ke kanan dengan menurunkan kaki kiri dan melaangkan kaki merupakan tendangan berbahaya!
Pamadi melihat pasangan ini lalu memasang kuda-kuda dengan merendahkan tubuh ke bawah seakan-akan
merupakan seekor harimau sedang mendekam! Tendangan saja pasangan kuda-kuda itu dengan sendirinya memusnahkan kuda-kuda Sugondo yang hanya dapat digunakan menghadapi lawan yang berdiri. Untuk sesaat Sugondo bingung dan tak tahu harus menyerang dengan cara bagaimana, sedangkan dari bawah Pamadi melirik ke atas sambil tersenyum!
Tiba-tiba Sugondo yang menjadi tak sabar segera
menurunkan kaki kirinya dan menggunakan kaki kanan menendang kearah kepala Pamadi yang berada dekat
dengannya. Pamadi hanya memiringkan kepala sedikit dan bersamaan dengan itu ia menggedorkan tangannya hingga kaki lawan yang menendang itu menjadi salah sarahnya. Ia lalu mengubah kedudukannya dan berdiri membongkok sambil merangkapkan kedua kepalan di dada menanti serangan lebih lanjut. Semua orang, termasuk Pak Seno dan Sridewi, heran melihat gerakan Pamadi yang tampaknya tak teratur itu tetapi yang ternyata sangat gesit ketika menghindari tendangan.
Sugondo menyerang lagi dengan kepalan tangan kearah dada yang merupakan pancingan aja, karena ketika Pamadi menggunakan tangan kiri untuk menangkis, ia buru-buru
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
menarik kembali kepalannya dan kepalan kirilah yang maju cepat mengarah lambung lawan. Pamadi
sebenarnya sudah dapat menduga bahwa pukulan pertama itu hanya umpan saja, maka
sengaja ia miringkan badan dan mengangkat lutut yang lebih besar dan keras itu. Ia panas dan
marah, lalu maju dengan kedua pukulan tangan diseling tendangan-tendangan ke arah perut
dan tempat-tempat berbahaya. Tetapi Pamadi
memperlihatkan kegesitannya, sambil
melenggak-lenggok ke kanan kiri ia nampak bagaikan seorang yang sedang menari-nari
dengan indahnya. Memang tubunya lemas sekali, maka tentu saja pertnjukan ini menarik hati
para penontonnya, bahkan Pak Seno kini diam-diam
mengagumi dan menganggukkan kepala
memuji. Karena lelah dan pening menghadapi lawan yang licin bagai belut ini, Sugondo berlaku nekat
dan curang. Ia maju dan menggunakan tangan kanan
menghamtam ulu hati lawan dan tangan
kirinya bergerak ke bawah mencengkeram tempat
berbahaya. Semua orang terkejut melihat
serangan maut ini, sedangkan Pak Seno dan sridewi juga merasa cemas. Sungguh keterlaluan
Si Sugondo itu, tidakkah ia ingat bahwa ini hanya perkelahian percobaan saja" Sridewi
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
bergerak hendak melompat maju menghalangi dan
menolong Pamadi, tetapi ayahnya
menekan pundaknya hingga ia mengurungkan niatnya.
Pamadi melihat datangnya serangan
tenang-tenang saja, dengan tersenyum ia menggunakan tangan kirimenangkis cengkeraman
lawan hingga tangan Sugondo yang menjotos ulu hatinya.
Sridewi memekik perlahan, tetapi
ia segera mengakhiri pekikannya dengan membelalakkan mata melihat betapa kepalan itu
menumbuk dada Pamadi. Terdengar suara seakan-akan barang berat jatuh di tanah dan
Sugondo menjerit kesaktian, terhuyung-huyung mundur sambil memegangi tangan kanannya
yang sakit sekali hingga menusuk-nusuk ke ulu hati rasanya.
Pak Seno menghampiri Sugondo. Setelah melihat keadaan tangannya sebentar, ia
mengurutkan hingga tak lama kemudian berkuranglah rasa sakit yang hebat itu. Kemudian


Pendekar Gunung Lawu Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Pak Seno memandang Pamadi dengan gembira dan kagum.
"Hebat sekali kau, anak muda. Mari majulah ke sini, aku ingin sekali mencoba
kepandaianmu." Pak Seno lalu melambaikan tangan menyuruh Pamadi maju.
Tiba-tiba sridewi melompat dihadapan Pamadi. "Ayah, biarlah aku mencoba sulu," katanya.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"eh, sobat beranikah kau bertanding keris dengan aku?"
tantangan angkuh.
Pamadi kembali merasakan wajahnya panas dan hatinya berdebar melihat tingkah gadis lucu
tetapi manis menarik ini. Diam-diam ia kagum melihat gadis yang lain daripada yang lain ini.
Selama hidupnya belum pernah ia melhat gadis macam ini yang begitu berani dan gagah
melebihi laki-laki biasa.
"Bertanding keris?" tanyanya tenang. "Aku tidak punya keris."
"Kau bohong," bantah Sridewi sambil mengincar pinggang Pamadi. "Bukankah di
pinggangmu itu terselip keris?"
"Ini?" kata Pamadi sambil kelurkan sebuah keris kecil yang bersarung kayu. "Ini bukan keris
untuk berkelahi."
Sridewi ingin mengetahui keris itu, maka segera ia mengambilnya dari tangan Pamadi yang
tidak mencegahnya. Sugondo yang telah agak sembuh tangannya ikut mendekati dan melihat
keris itu, karena ia sangka tentu itu merupakan sebuah ajimat yang ampuh.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Ketika Sridewi mencabut keris itu, Sugondo tertawa gelak-gelak dan berkata, "Ah, keris apa
ini" Kok seperti pisau dapur pemotong trasi. Untuk apa keris macam ini dibawa-bawa?"
Sridewi mencabut kerisnya sendiri dan berkata sambil mendelik memandang Sugondo dan menyuruhnya pergi,
"Biarlah kucoba dulu kekuatan keris ini, bolehkah?"
Pamadi hanya mengangguk sambil tersenyum. Sridewi memegang keris kecil yang berwarna kehijau-hijauan itu dengan tangan kanan ia memukulkan kerisnya sendiri yang berluk tiga dengan sangat keras ke atas keris kecil itu.
Alangkah terkejutnya ketika dengan suara berdencing kerisnya menjadi potongan bagaikan timun melawan pisau! Tangannya gemetar dan tanpa terasa ia melepaskan keris Pamadi sambil melompat mundur dengan wajah pucat. Pak Seno tidak senang melihat kelancangan anaknya dan karena heran melihat ketajaman keris pemuda itu, ia segera membungkuk dan memungut keris itu. Dengan penuh perhatian ia menancap mata keris yang berbentuk sederana itu dan menggunakan hawa dingin keluar dari keris itu dan menjalar melalui jarinya terus meresap ke dalam tubuh! Bulu tengkuknya berdiri dan ia segera menyerahkan keris itu kembali kepada Pamadi.
"Anak muda, terimalah kembali kerismu. Sungguh ampuh sekali pusakamu ini."
pamadi menerimanya dan menyimpannya kembali. Ia diam-diam merasa geli betapa sebuah pusaka yang ampuh dari gurunya, Kyai Lawu, telah dipandang demikian rendah oleh orang, tetapi ia kagum juga akan kewaspadaan Pak Seno yang segera dapat mengenal barang pusaka.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Karena malu melihat kerisnya dengan mudah terpotong oleh "pisau dapur" itu, Sridewi menghampiri ayahnya dan mencabut keris ayahnya. "Biar kita pinjam pusakamu, ayah."
Lalu ia menghadapi Pamadi dengan pusaka ayahnya yang bernama "Pasopati" di tangan!
"Nona, kita tidak bermusuhan. Mengapa harus mengadu jiwa" Tanya Pamadi.
"Benar," katanya, "Sri. Jangan sembarangan bermain-main dengan keris."
"Siapa hendak adu jiwa, ayah" Aku hanya ingin mencoba kepandaiannya bermain senjata."
"Kalau begitu, pakailah ini saja," kata Pak Seno yang memungut dua batang ranting pohon cemara dan
memberikannya kepada Pamadi dan Sridewi. "Mainkan saja rantung-ranting ini sebagai senjata, kan sama saja?"
Sridewi menurut kehendak ayahnya, dan tak lama
kemudian sepasang pemuda pemudi itu saling berhadapan dengan sebatang ranting di tangan! Pada waktu itu, Sridewi telah menggulung rambutnya yang hitam dan panjang dan mengikatkan dengan sehelai saputangan hijau hingga ia tampak gagah sekali. Dengan sigap dan bentakan nyaring ia maju dan rantingnya menyambar ke arah muka Pamadi.
Pamadi mengankat rantingnya menangkis dan Sridewi terus menyerang kembali dengan memutar rantingnya cepat sekali, sebentar menyodok ke dada, lalu memukul leher dan menikam lambung. Gerakannya bermacam-macam dan cepat bukan main, diam-diam Pamadi merasa kagum tetapi ia masih menangkis.
Pak Sento makin kagum melhat ketenangan dan kegesitan pemuda itu. Ia tahu bahwa Pamadi sengaja mengalah karena terus-terusan menangkis dan mengelek saja tanpa balas menyerang satukalipun. Maka ia berkata keras, "He, anak muda, jangan seperti perempuan, balaslah menyerang!"
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pamadi bingung juga ketika ia disuruh menyerang, karena ia sama sekali tidak mau menyakiti gadis itu. Tiba-tiba ia mendapat akal dan ketika Sridewi menusuk tubuhnya dan membiarkan ranting itu menusuk pundaknya, tetapi
bersamaan dengan itu ia mencongkel pita rambut Sridewi dengan rantingnya. Terdengar suara kain robek kemudian terdengar jeritan Sridewi karena gelungnya tiba-tiba terlepas dan rambutnya terurai ke depan menutupi mukanya!
Sridewi meloncat mundur dan wajahnya merah karena malu. Hampir saja ia menangis dan dengan mebngertak gigi ia hendak maju menyerang lagi, tetapi Pak Seno meloncat menghalanginya dan berkata keras, "Sri! Kau harus mengaku kalah!"
Tetapi Pamadi melempar rantingnya dan sambil menujuk bajunya yang robek di bagian pundak ia berkata, "Nona tidak kalah, lihat, senjatamu telah merobek bajuku. Kalau senjata itu keris benar-benar, tentu aku telah mendapat luka."
Mendengar pengakuan dan kata-kata merendah ini,
berkuranglah kejengkelan Sridewi, tetapi ia lalu duduk di tempat yang agak jauh sambil membereskan rambutnya.
Wajahnya sebentar pucat sebentar merah ketika matanya melihat ke arah Pamadi.
Pak Seno tahu bahwa Pamadi sengaja mengalah, maka ia makin suka padanya.
"Anak muda, kau tadi mengataan bahwa kau kenal seorang bernama Seno yang kau sebut pengecut. Siapakah orang yang namanya sama benar dengan namaku itu?" tanyanya dengan wajah ramah.
Kembali datang rasa gemas dalam hati Pamadi hingga senyumnya menghilang lagi. "Seno yang kukenal itu adalah Suseno Tanumiharja yang telah berlaku begitu pengecut menyia-nyiakan isterinya Mintarsih hingga isteri yang bijaksana itu terlunta-lunta."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Mendengar kata-kata ini, Pak Seno bagaikan terpukul hebat dan ia terhuyung mundur dengan wajah pucat seperti mayat.
Sridewi yang melihat hal ini segera melompat dan berlari menghampiri ayahnya. Pak seno memegang pundak Sridewi untuk menahan tubuhnya. Kedua matanya memandang
Pamadi dengan tajam, bibirnya bergerak-gerak, menunjukkan bahwa ia mendapat pukulan batin yang hebat dan sedang menahan tekanan yang mendebarkan jantungnya.
"Anak muda... kau... siapa" Di mana sekarang Mitarsih dan apakah kau disuruh datang kesini olehnya?"
"Namaku Pamadi dan Mintarsih itu ibuku. Aku tidak malu-malu mengaku bahwa orang pengecut bernama suseno
Tanumiharja itu adalah ayahku." Kata ini diucapkan keras dan tegas dan untuk kedua kalinya Pak Seno mengigil.
Kau..." Kau Pamadi...?"" Ia ulurkan kedua lengannya dua kakinya melangkah kearah Pamadi. Tetapi baru saja dua langkah, ia berhenti dan menurunkan kedua lengannya.
Kepalanya tunduk dan wajahnya pucat, tubuhnya lemas sekali seakan-akan seluruh tenaganya telah meninggalkan tubuh itu.
Ia bagaikan seorang anak kecil yang mendapat teguran dan amarah dari guru atau ayahnya.
"Memang.... Memang aku pengecut! Kau... tentu benci sekali padaku, bukan" Biarlah, bunuh saja pengecut ini, untuk membalaskan sakit hati Mintarsih... "kemudian ia memandang kepala semua anak buahnya dan berkata keras-keras hingga hampir berteriak dan suara itu bergema di seluruh hutan."
Dengarlah kamu semua! Aku, Pak Seno yang kau anggap jagoan gagah perkasa yang tak takut kepada apapun juga ini, sebenarnya hanya seoang pengecut! Dengarkah kalian"
Seorang pengecut tak berharga! Anak... anakku... berkata demikian. Memang aku pengecut!"
Ia menndukkan kepala lagi dan kini dari kedua matanya mengalir air mata. Hatinya hancur luluh dan kesedihan ia sesak bernapas.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pamadi memandangnya dengan mata tajam dan
mengandung kemarahan besar ketika ia mengucapkan kata-kata itu, tetapi kini melihat orang tua itu berdiri tegak membongkok dan menundukan kepala serta dari kedua matanya mengalir air mata yang berlenggak lenggok turun di sepanjang pipinya yang penuh keriut itu, kekerasan hatinya mencair bagaikan es batu terkena panas. Ia merasa terharu sekali dan rasa cintanya kepada seorang yang dulu dirindu-rindukan ini tiba-tiba membuatnya terharu sekali.
Serta merta Pamdi melompat menubruk dan merangkul ayahnya sambil berkata lemah. "Ayah... ayahku..." Dan ia lalu jatuh berlutut ambil memelak kaki ayahnya. "Ayah...
ampunkan anakmu...!"
"Pamadi, anakku..." Pak Seno segera menarik Pamadi bangun dan balas memeluk. Kedua orang itu berpelukan dan kedua-duanya menangis, ditambah pula dengan isak-tangis Sridewi yang berdiri dekat dengan tak mengerti harus berbuat dan berkata apa, hnya hatinya saja bagikan teriris sembilu karena pada saat itu ia terkenang kepada ayah ibunya sendiri yang telah meinggalkannya hidup seorang diri di dunia ini.
Sebelumnya ia terkenang kepada ayah ibunya sendiri yang telah meninggalkannya hidup seorang diri di dunia ini.
Sebelumnya ia yang dipungut oleh Pak Seno menganggap orang tua itu sebagai ayah sendiri dan bahwa orang tua itu hanya mempunyai ia seorang sebagai warga. Tidak ia sangka sekarang datang puteranya yang asli dan ia terdesak ke samping !
tiba-tiba Sridewi pergi sambil mengeluh, "Ayah... Ibu..."
Pak Seno terkejut sekali. Ia lepaskan pelukannya dari tubuh Pamadi dan sambil menarik tangan anak muda itu ia berkata,
"Lekas! Kejar dia! Ya Allah, Sri, kembali nak...!" Ia tahu benar maksud Sridewi, karena dulu ketika Sridewi masih kecil dan mendapat marah darinya, anak itu pun lari hendak membunuh
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
diri dengan menceburkan diri dari dari atas tebing tinggi ke laut!
Semua orang mengejar, tetapi Sridewi ternyata dapat lari cepat sekali hingga mereka tertinggal jauh. Pak Seno menjadi cemas dan berkali-kali ia mengeluh, "Ya Allah, ampunkan hambaMu.... Sri...!"
Tiba-tiba tampak banyangan putih berkelebat hingga mereka semua tidak tahu apakah yang berkelebat itu dan yang mendahului mereka. Sridewi telah sampai di puncak tebing yang curam. Ia memandang ke bawah di mana tampaj air laut bergerak-gerak dan ombak besar memukul-mukul batu-batu karang hitam di bawah tebing. Mulutnya beroa,
"Ibu... ayah.... Terimalah anakmu yang sengsara ini...!"
Kemudian ia memejamkan mata dan melompat terjun!
Tetapi tiba-tiba ia rasakan tubuhnya terapung dan ketika ia membuka matanya, ia telah berada dalam pelukan seorang pemuda.
Pamadi! Sridewi tiba-tiba merasa matanya kabur dan gelap.
Ketika Pak Seno yang diikuti oleh semua orangnya tiba di tempat itu, mereka melihat Sridewi telah pingsan dan terkulai dalam pelukan Pamadi yang memondongnya menuruni tebing.
Pak Seno bersukur sekali dan mereka segera menolong Sridewi serta berusaha menyadarkannya. Diam-diam mereka semua heran, karena bilakah pemuda itu dapat sampai ke situ dan menolong Sridewi" Pak Seno makin kagum dan saying kepada puteranya. Setelah sadar, Sridewi menangis sedih. Ia hanya menunduk saja mendengarkan nasihat-nasihat dan hiburan-hiburan Pak Seno yang tahu betul apakah yang dipikirkan oleh gadis itu. Ia nyatakan bahwa betapapun juga dan apa juapun yang terjadi, gadis itu tetap menjadi puterinya yang tercinta. Kemudian, mereka kembali ke perkampungan di tepi pantai.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Banyak hal yang dipercakapkan antara ayah dan anak itu, bertiga dengan Sridewi yang mendengarkan percakapan mereka dengan tak menggangu sedikit juga. Betapapun juga, ia merasa menjadi orang luar. Dengan sangat Pamadi menceritakan riwayat ibunya dan ia sendiri. Ketika ditanya, mengatakan bahwa ia adalah murid Kyai Lawu.
"Penah aku mendengar tentang seorang suci yang bertapa di puncak Lawu, entah itu gurumu atau bukan. Tetapi, kau beruntung sekali dapat menjadi murid seorang yang demikian sakti, Pamadi."
Kemudian Pak Seno menceritakan riwayatnya semenjak ia berpisah dari Mintarsih. Karena mabok daya guna sakti yang dilepas oleh Madusari, pemain wayang orang yang cantik itu, Suseno mengusir Mintarsih dan ia hidup beroyal-royalan dengan Madusari. Setelah harta bendanya ludas dan habis, mulailah tampak wajag asli dari Madusari. Terbukalah kedok wanita jahanam itu. Kini Madusari tak memperdulikan lagi padanya dan bahkan pada suatu hari ia mendapatkan isteri itu bermain gila dengan seorang pemuda. Dalam marah dan dendamnya Suseno menghajar dan menyiksa kedua orang itu hingga setengah mati. Kemudian melarikan diri dan merantau ke hutan-hutan. Akhirnya, setelah mempelajari berbagai ilmu dan pencak, ia merantau sampai di Hutan Roban. Ketika itu yang menjadi perampok di Hutan Roban adalah Jayasakti.
Suseno dicegat dan hendak dirampok, tetapi dalam
perlawanannya, ia dapat menewaskan Jayasakti. Para perampok melihat kegegahannya, lalu mengangkat menjadi kepala mereka. Jayasakti mempunyai seorang puetera, ialah Sugondo yang akhirnya menjadi orang kepercayaannya Suseno.
Demikian, ayah dan anak itu bercakap-cakap sampai jauh malam, kemudian Pak Seno meninggalkan anaknya untuk pergi tidur.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pamadi keluar dari pondok itu dan duduk di atas batu karang di tepi laut. Malam itu bulan sedang purnama hingga pemandangan sangatlah indahnya. Air laut yang nampak hitam itu menjadi kekuning-kuningan tersinar cahaya bulan. Ia termenung. Bermacam-macam pikiran memenuhi benaknya.
Ia telah berjumpa dengan ibunya dan bertemu dengan ayahnya, bahagiakah ia" Seherusnya begitu. Tetapi adakah kebahagiaan itu" Ia tidak merasa adanya perubaan setelah berjumpa dengan orang tuanya. Benar-benarkah ia bahagia"
Bahagia yang diharapkan oleh Mei Hwa dulu" Diam-diam ia tersenyum ketika terkenang kepada Ameinya itu. Tentu gadis itu kini telah bertemu dengan Tek Han, mungkin mereka telah menjadi suami isteri yang bahagia. Barangkali malam ini gadis yang baik budi itu sedang memasang hio berdoa agar ia dapat menemui kebehagiaannya. Dan bahagiakah ia sekarang"
Entahlah, ia tak dapat menjawab!"
Pamadi mengumpulkan ingatanya dan mengenangkan
pelajaran-pelajaran dari gurunya. Gurunya, Kyai Lawu, pernah bersabda, "Bahagialah orang yang terlepas dari segala kehedak. Orang yang masih beringinkan seuatu, itu tandanya ia masih dalam permaianan maya dan ditunggangi oleh nafsu, dan apapun sifat nafsu itu, selalu mendatangkan ikatan teguh antara orang dengan mayapada ini, dan ikatan yang menimbulkan segala derita hingga menjauhkan orang dari kebahagiaan sejati."
Ia pernah bertanya, "Pak guru, apakah perlunya orang menjadi pertapa dan mengasingkan diri dari dunia melakukan tapa brata?"
Gurunya menjawab, "Orang bertapa brata untuk dapat melepaskan dan membebaskan diri dari ikatan itu, muridku."
Ia menyatakan dengan sejujurnya, "Guru, akupun hendak menjadi pertapa dan tidak kembali ke dunia ramai."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Kyai Lawu tertawa, "Pamadi, jangan paksaan sesuatu yang belum sampai waktunya. Kau belum punya dasar uintuk menjadi pertapa.
Kau belum mengalami derita hidup maka belum cukuplah alasan bagimu untuk menjadi seorang pertapa. Karena kau akan menjadi pertapa yang kurang teguh iman jika kau belum sadar benar-benar apakah burunya menjadi penduduk dunia ramai dan apa baiknya menjadi pertapa! Kau harus turun gunung dulu mengumpulkan pengalaman hidup, muridku."
Sampai saat ini ia belum merasa cukup mendapat
pengalaman, karena belum juga ia dapat merasai dan mengerti apakah penderitaan hidup dan apakah kebahagiaan itu. Pernah gurunya mewejang bahwa segala perbuatan janganlah dilakukan dengan dorongan pamrih atau kehendak akan sesuatu yang menyenangkan atau menguntungkan diri.
Pendeknya, ia harus melakukan sesuatu tanpa ingat akan akibat dan sama sekali tidak menghendaki balas maupun duka. Tetapi hal ini sungguh berat dan sukar sekali baginya.
Apalagi membebaskan diri dari segala kehendak, ah, ia dapat membayangan betapa sulit dan sukarnya ilmu itu!
Kemudian Pamadi teringat akan sulingnya yang terselip di pinggang. Tiba-tiba timbul keinginannya meniup suling itu, suling kehitam-hitaman dan mengkilap karena sinar bulan, suling yang harum dan terbuat dari kayu Cendana. Perlahan-lahan ia menempelkan lubang peniup suling di bibirnya dan tak lama kemudian terdengarlah suara melenging yang merdu sekali.
Pertama-tama ia tiup sulingnya dalam lagu Puspanjala disambung lagi Asmaradana! Kyai Lawu memang padai akan segala lagu hingga Pamadi akan segala hingga Pamadi juga kenal hampir semua lagu-lagu Jawa. Tiupan sulingnya yang dimainkan dengan penuh perasaan itu seakan-akan nyanyian bidadari dan suara sulingnya gemetar merayu kalbu, penuh dengan gerakan jiwa peniupnya. Pada saat itu, suara kerik
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
jengkerik dankutu-kutu walang ataga yang tadinya berbunyi memenuhi hutan, tiba-tiba diam, seakan-akan semua mahluk itu terpesona oleh suara suling dan mendengarkan dengan kagum!
Ketika Pamadi berhenti meniup sulingnya, barulah semua mahluk kecil itu bersuara kembali, suaranya kacau-balau seakan-akan masing-masing hendak meniru-niru bunyi yang indah dan baru saja lenyap itu! Tindakan kaki ringan dan halus berkeresekan di belakang Pamadi. Pemuda itu berpaling dan tampaklah olehnya Sridewi berdiri di belakangnya tengah memandangnya dengan mata sayu.
"Mas... sungguh merdu tiupan sulingmu." demikian katanya lirih.
Pamadi tersenyum. "Ah, hanya biasa saja... dik Dewi." ia lalu pindah duduk dan
mempersilakan gadis itu duduk di batu karang tadi. Sridewi duduk lalu memandang kearah
laut. "Mas Pamadi, kau bahagia sekali!" Terkejut Pamadi menengar ini. Ia" Bahagia"
"Mengapa kau menyangka demikian, dik Dewi?"
"Tentu saja. Kau telah bertemu dengan ibu dan yahmu.
Bukakah kau seneng sekali?" Gadis
itu memandang dengan sepasang mata yang tajam sekali.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Pamadi menganguk-anggukkan kepala. "Memang, tentu saja aku senang sekali. Tetapi...
tetang bahagia, ini aku sendiri meragukannya. Ketahuilah dik, sampai detik ini pun aku masih
mencari-cari di mana kebahagiaan itu."
Sridewi memandang heran. "Kalau... tetapi ini tak mungkin karena ayah ibuku telah
meninggal dengan ayah ibuku, pasti aku akan bahagia,"
katanya termenung.
"Belum tentu, dik Dewi!" Kini Sridewilah yang terakejut dan memandang dengan penuh
pertanyaan. "Mengapa begitu" Mengapa belum tentu?"
Pamadi mengangguk. "Memang belum tentu. Sudah pasti kau akan senang sekali, tetapi itu
belum berarti bahwa kau akan mendapatkan
kebahagiaanmu. Aku sendiripun dulu begitu.
Cita-citaku hanya mencari orang tuaku dan kubayangkan bahwa kalau saja aku dapat
berjumpa dengan orang tuaku, tentu akan bahagia sekali hidupku. Tetapi, ternyata sampai
sekarang pun aku masih mencari-cari kebahagiaan yang agaknya merupakan baying-bayang
saja, dapat dilihat tak dapat disentuh!"
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Sridewi menghela napas dan ia mebereskan rambutnya yang terurai di jidat karena tiupan
angin malam. "Mungkin kau benar, mas..."
Tiba-tiba ia memandang Pamadi dengan tertawa. Pamadi heran dan melirik badannya sendiri,
karena ia tidak mengerti apakah yang ditertawakan gadis itu. Melihat sikap Pamadi, Sridewi
makin geli tertawa sambil memandang ke arah dadanya.
Eh, dik Dewi apakah yang kau tertawakan?"
Sridewi mennjuk pundaknya dan tahulah Pamadi bahwa bajunya yang robek itulah yang
membuat gadis itu tertawa.
"Mari masuk ke rumah, mas, biar kujahitka bajumu itu."
"Tak usahlah, dik." kata Pamadi yang teringat akan ibunya.
Dulu ibunya pun minta bajunya
yang robek untuk dijahitkan.
"Harus kujait. Kan aku tadi yang merobekkannya. Bantah Sridewi yang keras kepala.
"Baiklah, tetapi disni saja, dik. Bulan cukup terang, tak perlu di dalam rumah. Lebih enak hawanya di sini!"
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Tetapi kau harus melepaskan bajumu. Nanti kau
kedinginan." kata gadis itu. Pamadi menggeleng kepala.
Terpaksa Sridewi menurut dan gadis itu berlari-lari kecil menuju ke rumah untuk mengambil benang dan jarum.
Pamadi melihat tingkah gadis itu dan kembali ia merasa datangnya rasa gembira dalam hatinya melihat kelincahan Sridewi.
Tak lama kemudian Sridewi datang lagi membawa jarum dan benang. Pamadi menanggalkan bajunya dan gadis itu mulai menjahit.
"Mas Pamadi!" katanya sambil menusuk-nusuk jarum ke dalam kain baju itu dengan cekatan, " kau tentu menanggap aku ini seorang adik perempuan yang kasar dan galak, ya?"
"Tidak, tidak. Sama sekali tidak." jawab Pamadi cepat-cepat, "dalam pandanganku kau... adalah..."
"Genit dan menjemukan...?" sambung Sridewi sambil menunda pekerjaannya.
Pamadi buru-buru menggelengkan kepala. "Bukan.. bahkan kau... sagat cantik dan manis budi."
Sridewi menundukkan kepala untuk menyembunyian
mukanya, karena ia merasa mukanya panas hingga takut kalau-kalau pemuda itu melihat wajahnya memerah. Tetapi usahanya itu sia-sia, karena sinar bulan tidak cukup terang untuk dapat memperlihatkan perubahan mukanya yang jelita.
"Mas, berapakah usiamu sekarang?" Tanya gadis itu sambil menggunakan giginya menggigit putus sisa benang dari baju itu hingga yang putih mengkilap dan teratur rapi di balik bibir yang merah segar itu.
"Aku" Kalau tidak salah, dua puluh tujuh, dik."
"Kenapa kalau tidak salah?"
"Habis, aku tidak mencatatnya." Keduanya tertawa.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Mas, berapa lama kau tinggal bersama ibumu?"
"Hanya kurang lebih sebulan, dik. Ada apakah?"
"Ah, tidak apa-apa," katanya sambil membalikkan baju yang terus dipakai oleh Pamadi
sambil berkata, "terima kasih"
"Tentu ibumu pernah bertanya padamu apakah kau telah..
telah... kawin?"
Pamadi tertawa keras-keras hingga mengejutkan burung hantu yang tengah mengantuk di atas
pohon dekat mereka dan terbang pergi.
"Mengapa tertawa, apa yang lucu?" Tanya Sridewi.
"Tetapi kau harus melepaskan bajumu. Nanti kau kedinginan." kata gadis itu. Pamadi menggeleng kepala.
Terpaksa Sridewi menurut dan gadis itu berlari-lari kecil menuju ke rumah untuk mengambil benang dan jarum.
Pamadi melihat tingkah gadis itu dan kembali ia merasa datangnya rasa gembira dalam hatinya melihat kelincahan Sridewi.
Tak lama kemudian Sridewi datang lagi membawa jarum dan benang. Pamadi menanggalkan bajunya dan gadis itu mulai menjahit.
"Mas Pamadi!" katanya sambil menusuk-nusuk jarum ke dalam kain baju itu dengan cekatan, " kau tentu menanggap aku ini seorang adik perempuan yang kasar dan galak, ya?"
"Tidak, tidak. Sama sekali tidak." jawab Pamadi cepat-cepat, "dalam pandanganku kau... adalah..."
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Genit dan menjemukan...?" sambung Sridewi sambil menunda pekerjaannya.
Pamadi buru-buru menggelengkan kepala. "Bukan.. bahkan kau... sagat cantik dan manis budi."
Sridewi menundukkan kepala untuk menyembunyian
mukanya, karena ia merasa mukanya panas hingga takut kalau-kalau pemuda itu melihat wajahnya memerah. Tetapi usahanya itu sia-sia, karena sinar bulan tidak cukup terang untuk dapat memperlihatkan perubahan mukanya yang jelita.
"Mas, berapakah usiamu sekarang?" Tanya gadis itu sambil menggunakan giginya menggigit putus sisa benang dari baju itu hingga yang putih mengkilap dan teratur rapi di balik bibir yang merah segar itu.
"Aku" Kalau tidak salah, dua puluh tujuh, dik."
"Kenapa kalau tidak salah?"
"Habis, aku tidak mencatatnya." Keduanya tertawa.
"Mas, berapa lama kau tinggal bersama ibumu?"
"Hanya kurang lebih sebulan, dik. Ada apakah?"
"Ah, tidak apa-apa," katanya sambil membalikkan baju yang terus dipakai oleh Pamadi
sambil berkata, "terima kasih"
"Tentu ibumu pernah bertanya padamu apakah kau telah..
telah... kawin?"
Pamadi tertawa keras-keras hingga mengejutkan burung hantu yang tengah mengantuk di atas
pohon dekat mereka dan terbang pergi.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Mengapa tertawa, apa yang lucu?" Tanya Sridewi.
Kau bertanya yang aneh-aneh. Siapa yang telah kawin"
Aku... aku agaknya... selamanya
takkan kawain." Tiba-tiba saja Pamadi merasa bingung karena baru kali ini selama hidupnya
ia bicara dan berpikir tetang kawin.
"Itu tidak mungkin," kata Sridewi.
"Mengapa tak mungkin?"
"Karena kau seorang pemuda baik, berilmu tinggi, gagah perkasa, berbudi mulia dan... dan...
cakap dan tampan."
"Hm, kau anggap aku demikian hebatnya" Dik Dewi, kau hanya memperolok-olok daku,"
jawab Pamadi dengan wajah kemalu-maluan dan sikapnya menjadi canggung sekali. Baru kali
ini sejak turun gunung ia merasa malu dan merasakan canggung sekali.
Melihat sikap ini, Sridewi tertawa geli.
Untuk menghilangkan malunya, Pamadi bertanya, "Dan kau sendiri, berapakah usiamu, dik
Dewi?" Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Aku" Coba kau pikir!"
"Tujuh belas?"
"Terlalu muda."
"Dua puluh?"
"Terlampau tua."
Pamadi menggaruk-garuk belakang telinga. "Delapan belas, sembilan belas?"
"Entahlah aku tak tahu pasti. Karea tidak kucatat sih."
Jawabnya sambil tertawa bangun berdiri dan berkata sambil ketawa juga.
"Ah, kau memang nakal, dik Dewi."
"Kau yang nakal, pita rambutku kau bikin lepas."
"Tapi kau bikin robek bajuku," jawab Pamadi.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Tapi sudah kujahitkan kembali, sedangkan rambutku..."
Pamadi memandang rambut gadis yang panjang, hitam dan terurai ke atas pundak itu. Ia maju
selangkah. "Hm, jadi aku masih berhutang padamu, ya Mana potanya, biar kuikatkan rambutmu jadi kita sama-sama melunasi hutang."
Sridewi mengambil pita merah dari dadanya dan
memberikannya kepada Pamadi. Ketika menerima pita itu, Pamadi mencium bau kembang melati yang sedap dan harum, Sridewi menundukkan kepala dan Pamadi memegang
rambutnya. Tiba-tiba saja Pamadi menahan napas dan menenteramkan hatinya serta menyipitkan mata. Dengan hati-hati ia mengatur napasnya hingga panjang dan halus untuk mengendalikan perasaannya yang berdebar-debar tak karuan itu. Ketika tangannya menggenggam rambut yang halus itu, seakan-akan ia menjadi mabok, terautama bau melati yang harum keluar dari rambur itu membuai semangatnya terbang dan tangannya menjadi gemetar. Karena menggigil, maka sukar untuk mengikatkan pita pada rambut yang tebal dan halus itu. Tapi ahirnya berhasil jugalah ia. Maka ia segera mundur sambil bernapas lega, seolah-olah seorang yang setelah bersusah-payah akhirnya berhasil juga mengerjakan sesuatu tugas yang sangat berat.
Sridewi tersenyum dan memandangnya dengan manis.
"Dik Dewi, kau selain pandai bermain keris dan pencak, pandai juga menjahit pakaian. Apakah kau juga pandai masak?" Tanya Pamadi.
Sridewi mengerling sambil mencibirkan bibirnya yang mungil. "Tentu saja! Kauanggap aku ini apa" Ayah selalu makan masakanku."
"Enakkah masakanmu?"
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
"Boleh kaubuktikan, tapi... eh, kemana maksud pertanyaanmu ini" Tiba-tiba saja kau Tanya tentang masak."
"Karena perutku sangat lapar, dik..."
Sridewi tertawa. "Oo... jadi kau lapar" Ah, kasihan. Hayo, kumasakan yang lezat untukmu." Dengan gembira Sridewi memegang tangan Pamadi dan menariknya sambil berlari-lari.
Tiba-tiba terdengar suara ledakan keras. Para perampok menjadi gempar dan keadaan yang tadinya sunyi menjadi ramai. Semua orang yang telah tidur tiba-tiba bangun dengan kaget dan semua tangan mencari-ari senjata. Banyak perampok berkata terkejut, "Celaka! Kompeni datang menyerbu!"


Pendekar Gunung Lawu Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Pamadi juga terkejut dan menarik tangan Sridewi untuk bersembunyi di belaang pohon beringin besar.
"Apakah itu?" tanyanya berbisik.
"Senapan!" jawab Sridewi dengan suara gemetar. "Senapan serdadu Belanda."
Dulu, ketika masih dipimpin oleh Jaya sakti, pernah para perampok itu diserang oleh serdadu-serdadu Belanda, hingga sekarang baru mendengar tembakan sekali saja mereka sudah binggung dan gugup. Tembakan-tembakan makin gencar dan kini tampak para serdadu berpakaian hijau yang menembak dari balik-balik batang pohon.
Pak Seno dengan berani mengumpukan kawan-kawannya.
"Mereka hanya sepuluh orang. Hayo serbu!" teriaknya. Pamadi hendak mencegah, tapi sudah tak keburu. Dengan golok di tangan Pak Seno lari diikuti aak buanya kea rah serdadu itu.
Tembakan makin gencar an beberapa orang perampok jatuh tersungkur, tapi Pak Seno dan beberapa orang kawannya telah sampai di situ dan mengamuk. Dengan klewangnya Pak Seno membacok roboh seorang serdadu dan tiba-tiba ia
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
berteriak keras, "Sugondo! Bangsat kau! Jadi kaukah yang menjadi penghianat?"
Ternyata Sugondo yang diam-diam merasa dendam hati kepada Pak Seno pembunuh ayahnya dulu, selalu berusaha membalas. Namun rasa sakit hatinya itu ditahan-tahan karena ia jatuh cinta kepada Sridewi. Setelah tadi terang-terangan gadis itu menolak cintanya, bahkan hendak membunuhnya, sakit hatinya menghebat. Diam-diam, ketika Pak Seno sedang asik bicara dengan Pamadi, ia keluar dari hutan dan menuju ke tangsi serdadu Belanda dan membuat laporan. Ia menghianati kawan-kawan sendiri. Dengan diiringi sepuluh orang serdadu bersenjata api, ia menjadi penunjuk jalan dan menyerbu perkampungan perampok itu. Celaka baginya, dalam serbuan itu Pak Seno dapat melihatnya berada di antara serdadu-serdadu itu, maka alangkah takutnya ketika Pak Seno lari kearahnya dengan klewang di tangan. Tetapi ia berlaku nekad dan menangkis dengan goloknya hingga dua orang itu lalu berkelahi mati-matian.
Tak lama kemudian sugondo terdesak heat dan setiap saat jiwanya terancam oleh golok Pak Seno. Sementara itu kawanan perampok yang menyerbu mati-matian telah
berperang tanding melawan serdadu-serdadu itu yang menggunaan pedang. Sekali-kali terdengar letusan pistol dan seorang perampok terguling pula.
Melihat kenekatan perampok itu, Pamadi segera
meninggalkan Sridewi dan lari kea rah tempat pertempuran. Ia melihat seorang serdadu mengacungkan pistlnya, maka dari belakang ia menampar keras. Serdadu itu kena tamper kepalanya lalu jatuh terguling dan pingsan. Demikian hebatnya tamparan tangan Pamadi. Berkali-kali Pamadi menyerbu dengan gagah dan dua orang serdadu kena ia lempar sampai tak ingat orang. Sementara itu, serdadu-serdadu itu sudah sempat mengisi peluru lagi dan kini terdengarlah tembakan-tembakan gencar. Beberapa butir peluru berdesingan menuju
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
ke arah tubuh Pamadi. Tetapi dengan gesit Pamadi mengelak meniarap ke atas tanah lalu meloncat berdiri pula menendang seorang serdadu yang terdekat. Serdadu itu memekik ngeri dan jatuh untuk tidak bangun pula.
Sugondo menangkis rengsekan Pak Seno, tetapi pada suatu saat goloknya dapat dipukul demikian kerasanya oleh jago tua itu hingga golo itu tepental entah ke mana. Dengan penuh kebencian Pak Seno menusuk dan dada Sugondo tertikam.
Pemuda penghianat itu memekik dan roboh mandi darah!
Tiba-tiba terdengar letusan keras dan Pak Seno jatuh terjerembab. Kawanan perampok yang terdiri dari empat belas orang itu tinggal empat orang lagi yang masih melakukan perlawanan, yang lain telah tertembak roboh.
Dengan majunya Pamadi, di fihak serdadu tinggal lima orang lagi. Tetapi mereka ini semua berkelahi sambil mundur, tidak tahan melawan amukan pamadi. Peluru-peluru mereka seakan-akan tak dapat melukai pemuda baju putih itu.
Padahal tidak sebutirpun peluru yang dapat mengenakan tubuh pemuda yang gerakannya gesit melebihi burung.
Akhirnya serdadu-serdadu itu lari pergi setelah dua orang di antara mereka jatuh lagi oleh pukulan Pamadi.
Sridewi dengan membawa golok sampai pula di tempat itu dan tengah memeluki tubuh Pak Seno sambil menangis tak perduli pertempuran yang berjalan di dekatnya. Setelah musuh pergi, ternyata yang masih hidup hanya Pamadi Sridewi dan dua orang perampok. Yang lain-lain telah mati akibat peluru musuh. Pak Seno bergerak-gerak lemah dan dari dadanya mengalir darah. Luka di dadanya itu hebat sekali karena ketika Pamadi merobek bajunya, tampak luka yang besar kehitam-hitaman di dada kanan. Kulit di luka itu bagaikan terbakar. Napas Pak Seno tinggal satu-satu. Bibirnya bergerak-gerak. Pamasi mencucurkan air mata karena ia maklum bahwa ayahnya takkan tertolong lagi. Ia segera
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
mendekatkan kepalanya karena ia tahu bahwa ayahnya hendak memberi pesan terakhir.
Tetapi Pak Seno memandang kea rah Sridewi hingga gadis itupun mendekatkan kepalanya. Sepasang pemuda-pemudi itu memasang telinga di dekat mulut Pak Seno.
"Pamadi... Sridewi... dosaku terlalu besar... pebalasan tiba... aku akan pergi.... Pamadi.... Anakku.... Jagalah Sri...
isterimu...!" Dan Pak Seno yang gagah perkasa itu menghembusakan napas terakhir!
Sridewi menangis dan menjerit-jerit, sedangkan Pamadipun tak dapat menahan air matanya. Tetapi ia dapat menetapkan hatinya dan membangunkan Sridewi serta menghiburnya.
Dengan bantuan dua orang kawan yang masih hidup, yaitu Bardi dan Sarmin, mereka menubruk semua mayat itu, tak terkecuali mayat serdadu-serdadu Belanda yang berkulit hitam itu, karena di antara serdadu-serdadu Belanda itu hanya seorang saja yang berkulit bule. Sebenarnya, Bardi dan Samin tidak sudi mengubur mayat musuh-musuh ini, tetapi atas desakan Pamadi mereka akhirnya mau juga membantu.
Semalam penuh mereka bekerja keras dan akhirnya sekian banyak mayat itu dapat dikebumikan dengan sempurna.
Matahari telah naik ketika mereka meyelesakan pekerjaan itu.
Pamadi lalu memberikan uang dan barang-barang berharga peninggalan Pak Seno itu kepada Bardi dan samin dengan pesan agar uang itu dipakai sebagai modal dan agar kedua orang itu kembali ke jalan yang benar.
Kemudian sambil menggandeng tangan Sridewi yang masih saja menangis sedih, Pamadi pergi meninggalkan tempat itu dengan hati-hati karena khawatir kalau-kalau berjumpa dengan musuh yang pasti akan mendatangkan bala bantuan untuk megejar mereka. Bardi dan Samin pergi dengan menggunakan perahu layar.
Tiraikasih Website http://kangzusi.com/
Di sepanjang jalan mereka tak banyak bicara, masing-masing tenggelam dalam pikiran sendiri. Sridewi dalam kesedihannya, Pamadi dalam kebingungannya. Karena sesungguhnya ia binggung dan hatinya selalu berdebar kalau ia teringat akan pesan ayahnya tadi malam. Ayahnya menyebut "Sri.... Isterimu!" Apa maksud ayahnya" Sridewi isterinya" Diam-diam ia berkali-kali mengerling kearah Sridewi yang berjalan di sampingnya. Tetapi gadis itu berjalan sambil tunduk dan kedua matanya masih merah bekas tangis. Sridewi nampak lebih cantik dalam pakaian wanita yang dipakainya sekarang ini. Sedikitpun tidak membayangan seorang wanita yang gagah perkasa dan pandai bermain keris dan golok!
Tamat Document Outline
Pendekar Gunung Lawu
Pedang Darah Bunga Iblis 9 Rahasia 180 Patung Mas Karya Gan Kl Suling Emas Dan Naga Siluman 26
^