Pencarian

Kisah Tiga Kerajaan 4

Kisah Tiga Kerajaan Sam Kok Romance Of The Three Kingdom Karya Luo Guan Zhong Bagian 4


.melihat hal ini pasukan musuh menjadi gentar, ketika mendekati cao-cao dia berkata, "jangan takut tuanku
!!!" dian wei melompat dari kudanya, membuang kampak tangannya dan mengambil kampak perang yang besar yang dia pegang dengan kedua tangannya. berkata kpd pasukan cao-cao disitu dia bilang, "ketika musuh berjarak 10 langkah dariku, teriaklah kepadaku."
lalu dia berlari maju, menerobos musuh dan tidak perduli pada panah yang berterbangan disekitarnya.
pasukan kuda lu bu mengikutinya dan ketika mereka mendekat. pasukannya berteriak, "10 langkah !!!"
"5, lalu teriaklah lagi !!"
"5 langkah !!!!" teriak pasukannya.
lalu dian wei segera membalik badannya dan mengayunkan kampaknya yang besar. seketika itu juga kuda dari pengejarDuanya terbelah menjadi 2 dan penunggannya berjatuhan.
setelah membunuh 10 atau lebih, para pengejarnya melarikan diri dan dian wei lalu menaiki kuda yang ada disitu. dia membacok kesegala arah dan tidak ada yang dapat menghalangi. satu demi satu pasukan yang dilewatinya tumbang dan dia berhasil membawa cao-cao keluar dari kepungan. cao-cao dan jendralnya kembali kekemah mereka.
tetapi ketika malam tiba, lu bu datang menyerang.
"cao-cao , kau pemberontak , jangan lari !!!" teriak lu bu.
semua terdiap dan melihat satu sama lain. pasukan cao-cao kelelehan dan kuda-kuda mereka jg sama.
ketakutan melanda pasukan cao-cao dan mereka mencari tempat perlindungan.
cao-cao mengambil kembali yan zhou dari lu bu
pada bab terdahulu di ceritakan cao-cao yang sedang dalam keadaan bahaya. tetapi bantuan datang. xiahou dun bersama 3 0.000 tentara datang dan melawan lu bu sampai fajar menyingsing. hujan turun dengan sangat derasnya dan karena pasukan lu bu adalah pasukan berkuda maka mereka harus mundur. ketika hari telah Pdf By Kang Zusi
terang kembali, cao-cao berhasil kembali kekemah utama mereka. dia menghadiahkan dian wei dengan sangat royal dan menaikan jabatannya.
ketika lu bu mencapai kemahnya kembali, dia memanggil penasehatna chen gong. lalu chen gong mengusulkan stretegi baru.
dia berkata, "di pu yang ada seorang keluarga kaya dan terkenal. namanya adalah tian, keluarga mereka berjumlah ribuan orang, cukup untuk memenuhi sebuah desa. suruhlah satu orang ini untuk pergi ke cao-cao dan berpura-pura membawa surat rahasia yang menceritakan mengenai kekejamanmu dan kekesalan rakyat terhadap dirimu dan mereka semua menginginkan untuk menyingkirkan dirimu. dan sebarkan berita juga bahwa hanya gao shun yang menjaga kota dan mereka akan menolong siapa saja yang bisa membantu mereka. lalu musuh kita cao-cao akan terpancing masuk kedalam kota, dan kita akan menghancurkan dia dengan menggunakan api atau serangan tiba-tiba. kemampuannya mungkin cukup hebat untuk mengatur jagad raya tetapi dia tidak akan lolos."
lu bu setuju dengan usul ini dan dia mengatur agar keluarga tian mengirim orang untuk menyampaikan surat ini.
setelah kekalahan ini, cao-cao tidak dapat menentukan apa tindakan selanjutny. dengan tibanya surat rahasia itu, cao-cao langsung bersuka cita.
isi surat itu : "lu bu telah mengarahkan pasukannya ke li yang. pertahanan kota lemah, kau harus menyerang secepatnya dan kami akan membantu dari dalam. ikuti tanda bendera putih"
"langit akan memberiku pu yang !" kata cao-cao dgn senangnya.
lalu dia menghadiahkan utusan itu dan mulai melakukan persiapan.
lalu datang liu ye dan berkata, "lu bu bukanlah ahli strategi, tetapi chen gong penuh dengan tipu daya. aku khawatir ada kebohongan didalam surat itu dan kau harusberhati-hati . jika kau akan pergi, masuklah kekota itu hanya dengan 1/ 3 pasukan dan tinggalkan sisanya diluar kota sebagai cadangan."
cao-cao setuju untuk berhati-hati. dia pergi ke pu yang, dimana dia melihat seorang pria mengobarkan bendera putih, dia melihat bendera itu digerbang barat. hatinya dipenuhi perasaan gembira.
hari itu hampir tengah malam, gerbang kota dibuka dan kedua pasukan tampil seperti akan berperang. gao shun, komandan garis depan dan hou cheng, komandan garis belakang. cao-cao memerintahkan jendralnya, dian wei untuk menghadapi mereka. tetapi perang tidak berlangsung lama dan pasukan gao shun dan hou cheng kembali kedalam kota. dengan tindakan ini pasukan dian wei telah dipaksa mengejar hingga kedekat jembatan gantung. dari dalam kota beberapa prajurit telah lari dan kabur keluar kota.
kepada cao-cao mereka menyerahkan surat, "signal untuk menyerang akan kami berikan dengan memukul gong pada jam 1. ini adalah waktu untuk menyerang dan jembatan serta gerbang akan kami buka."
lalu cao-cao memerintahkan xiahou dun untuk membawa pasuknnya ke sebelah ke kiri dan cao hong kesebelah kanan. cao-cao memimpin pasukan utama dan bersama xiahou yuan, li dian dan yue jing masuk kedalam kota.
li dian mengingatkan kepada tuannya. "tuanku , kau harus berada diluar kota dan biarkan kami masuk lebih dahulu."
tetapi cao-cao memerintahkanny untuk diam dan berkata, "jika aku tidak maju, lalu siapa yang akan maju ?"
Pdf By Kang Zusi dan seperti yang direncanakan, ketika dia mendekati gerbang barat, dia mendengar suara gong dan gerbang dibuka. cao-cao lalu memacu kudanya maju dan masuk kedalam kota.
ketika dia sampai di kediaman gubernur, dia memperhatikan jalanan sangat sepi dan tidak ada siapa-apa. saat itu dia tahu dia telah masuk dalam perangkap. berputar kebelakang dia berteriak kepada para prajuritnya untuk mundur. lalu bunyi petasan memecahkan keheningan dan muncul pasukan dari berbagai arah dari tempat persembunyian mereka sambil berteriak. gong dan genderang bertabuhan seperti air sungai yang jatuh dan laut yang mendidih. dari 2 arah timur dan barat datang 2 pasukan yang siap menyerang, dipimpin oleh zhang liao dan zang ba.
cao-cao memacu kudanya ke utara kota untuk mencari jalan. tetapi disana telah menunggu hou cheng dan gao shun. jendral cao-cao, dian wei dengan mata melotot dan tampak menyeramkan, menerobos pasukan musuh dan berhasil keluar dengan musuh mengikutinya.
Tetapi ketika dian wei sampai dijembatan gantung, dia melihat belakangnya dan kehilangan tuannya. dian wei berbalik dan menghajar semua yang menghalanginya. ketika dipersimpangan jalan ditengah kota dia melihat li dian.
"dimana tuan kita ?" tanya dian wei.
"aku juga sedang mencari dia !" kata li dian.
"cepat ! cari bantuan dari luar " teriak dian wei, "aku akan mencarinya !"
lalui li dian secepatnya keluar dan mencari bantuan, dian wei seperti beruang lepas, mengamuk disepanjang jalan dan membantai setiap musuh yang ditemuinya. dia mencari kesegala arah untuk menemukan cao-cao.
karena tidak ditemukan dian wei lalu menerobos kepungan musuh untuk keluar dari kota, ditengah jalan dian wei bertemu yue jing dan bertanya dimanakan cao-cao.
"aku telah keluar masuk kota sebanyak 2 kali mencari dirinya, tetapi tidak dapat menemukan dirinya !" kata dian wei.
"mari kita masuk bersama " kata yue jing.
mereka menuju gerbang kota yang lain, tetapi bunyi suara ledakan petasan dan api yang berkobar dimana-mana membuat kuda yue jing ketakutan sehingga menolak untuk lewat. dian wei akhirnya masuka sendiri kedalam, melewati api dan asap. dan dia mencari kesegala sisi.
ketika cao-cao melihat dian wei tiba, dia tdk sempat memanggilnya dan karena asap tebal, dian wei juga tidak melihat cao-cao. cao-cao lalu mencoba unutk melewati gerbang utara lagi. dalam perjalanannya, dia melihat lu bu mendekat kearahnya dengan membawa tombaknya. cao-cao langsung memacu kudanya sekencang-kencangnya.
tetapi lu bu berhasil mengejarnya dan mengira orang yang ditemuinya itu adalah pasukannya karena asap sangat tebal, dia bertanya, "dimana cao-cao ?"
cao-cao langsung berkata, "oh, dia disana sedang terkepung ! itu dia !" sambil menujuk asal kearah seorang penunggang kuda.
mendengar ini lu bu mengejar orang itu.
hal ini membuat cao-cao lega dan dia pergi menuju gerbang timur. lalu dia bertemu dengan dian wei, yang lalu melindunginya dan berusaha membawanya keluar, dian wei membunuh siapa saja yang menghalangi jalan mereka. disepanjang jalur menuju gerbang timur banyak mayat bergelimpangan terkena sabetan kampak dian wei yang sangat besar. disini api berkobar dengan sangat hebatnya, batang-batang kayu Pdf By Kang Zusi
berjatuhan. salah satu batang kayu besar jatuh menimpa cao-cao, cao-cao berhasil menghindar tetapi kudanya tidak dan akhirnya cao-caopun terjatuh, rambut, janggut dan tangannya terbakar dan menimbulkan luka. dian wei langsung menolongnya dan membawanya keluar gerbang. beruntung xiahou yun telah sampai untuk menolong, yang lalu menaikan cao-cao dikudanya. dan mereka berhasil keluar dari kota yang terbakar itu. tetapi mereka tetap harus bertarung hingga tengah hari.
cao-cao berhasil kembali ke kemahnya dan semua jendralnya berkumpul untuk melihat keadaanya dan mendengar kabar kesehatannya. dia lalu bangkit dan tertawa mengenai pelarianya dari kota yang terbakar.
"aku melakukan kesalahan dan masuk kedalam perangkap bodoh itu, tetapi aku akan membalas dendam,"
katanya. "mari kita susun rencana berikutnya segera" kata guo jia
"aku akan membuat siasatnya menjadi siasatku. aku akan menyebarkan berita bohong bahwa aku telah terbakar dan telah mati td malam. dia akan segera datang menyerang setelah mendengar berita itu dan aku akan menyiapkan perangkap di bukit ma ling. aku akan mendapatkannya kali ini."
"benar-benar rencana yang bagus !" kata guo jia.
lalu pasukan diperintahkan untuk menggenakan pakaian berkabung dan melaporkan bahwa cao-cao telah tewas. dan segera setelah lu bu mendengar hal itu, dia mengumpulkan tentaranya dan langsung menyerang, mengambil jalan melewati bukut ma ling, dia menuju markas musuh.
ketika dia melintas di bukit, dia langsung dikejutkan oleh genderang perang dan pasukan yang besembunyi disana langsung keluar menyerang dia dan mengepungnya dari segal arah. hanya dengan bertarung mati-matian dia berhasil keluar dari kepungan dan dengan sisa pasukan yang dalam keadaan menyedihkan dia kembali kekemahnya di pu yang. disana dia menguatkan benteng pertahanan dan tidak keluar untuk berperang.
tahun ini, hama tanaman belalang tiba-tiba menyerang dan menghancurkan banyak tanah pertanian. dimana-mana terjadi kelaparan dan di daerah timur laut harga satu kereta beras adalah 50 keping perunggu. orang-orang bahkan mulai menjadi kanibal. pasukan cao-cao yang kelaparan bergerak ke juan cheng. lu bu membawa pasukannya ke shan yang. akihrnya perang berhenti.
di xu zhou, penjaga kekaisaran , tao qian telah berumur lebih dari 60 thn. tiba-tiba dia jatuh sakit dan dia memanggil mi zhu keruangannya untuk mengatur masa depan xu zhou.
karena melihat keadaan, penasehatnya berkat, "cao-cao telah berhenti menyerang tempat ini karena musuhnya telah menduduki yan zhou. dan mereka sekarang melakukan gencatan senjata karena ada kelaparan di utara. tetapi cao-cao pasti akan menyerang kembali pada musim semi. ketika liu bei menolak mengambil tempat ini dari tanganmu, kau sedang dalam keadaan sehat. sekarang kau sakit, dan kau bisa membuat ini menjadi alasan pensiunum. dan dia tidak akan dapat menolak lagi."
lalu utusan dikirm ke xiao pei untuk memanggil liu bei. dia dan kedua saudaranya langsung dibawa ke ruangan tao qian yang sedang sakit itu. tanpa berbasa-basi, tao qian langsung menyatakan permasalahan yg ingin dia bahas dengan liu bei.
"tuan aku memintamu untuk datang karena aku tengah sakit keras dan akan mati sewaktu-waktu. aku mohon kepada mu tuan, untuk mempertimbankan dinasti han sebagai kekaisaran lebih penting dari hal lainnya dan karena itu tolong kau ambil simbol penugasan ini dan juga simbol pemerintahan. dengan begitu aku dapat menutup mataku dengan tenang."
"kau mempunyai 2 putra, kenapa tidak mengangkat mereka menggantikanmu ?" tanya liu bei.
Pdf By Kang Zusi " kedua nya kekurangan bakat. aku percaya kau akan dapat mengajari mereka ketika aku sudah tidak ada.
tetapi janagan biarkan mereka memerintah."
"tetapi aku tidak cocok untuk mengemban tugas ini ." jawab liu bei.
"aku akan merekomendasikan siapa yang dapat membantu tugas mu ini. dia adalah sun qian dari bei hai."
melihat mi zhu, tao qian berkata, "liu bei ini adalah orang yang paling cocok saat ini untuk memerintah daerah ini, kau harus melayaninya dengan baik."
liu bei masih menolak tetapi kemudian tao qian dengan menunjuk pada hatinya sebagai tanda ketulusan dan akhirnya dia meninggal dunia.
ketika upacara pemakaman berlangsung, lambang penugasan dibawa kehadapan liu bei. tetapi dia tidak mau menerimanya. keesokan harinya seluruh penduduk dan desa disekitar berkumpul didepan istana gubernur, bersujud dan mengeluarkan air mata, memohon agar liu bei menerima penugasan itu.
"jika kau tidak mau, kami tidak dapat hidup dengan tenang !" kata mereka.
dan dengan didesak saudara-saudaranya akhirnya dia mau menerima tugas tersebut. dia langsung menunjuk sun qian dan mi zhu sebagai penasehat utama dan chen deng sebagai sekertaris gubernur. dia memindahkan pasukannya dari xiao pei ke xu zhou dan dia membuat proklamasi untuk menyakinkan rakyat.
dia juga menghadiri upaca pemakaman, dia dan seluruh pasukannya berpakaian berkabung. tempat pemakaman tao qian ada didekat sungai kuning. wasiat terakhir dari tao qian dibawa ke istana.
berita mengenai kejadian di xu zhou ini sampai ke telinga cao-cao di juan cheng.
kata dia dengan marah, "aku telah kehilangan kesempatan membalas dendam. liu bei ini dengan begitu saja dapat memperoleh komando untuk daerah itu tanpa perlu mengeluarkan 1/ 2 anak panah pun. dia dapat duduk tenang dan memperoleh apa yang diinginkannya. tetapi aku akan membunuhnya dan menggali kuburan tao qian untuk membalaskan dendam untuk ayahku !"
perintah dikeluarkan bagi pasukan untuk bersiap-siap menyerang xu zhou.
tetapi penasehat xun yu mencegahnya dan berkata," liu bang dahulu mengamankan dahulu daerahnya dan baru menempatkan tahtanya, liu xiu mengambil henei sebelum menyerang changan. mereka berdua mengkonsolidasikan kekuatan mereka dahulu baru mereka dapat memerintah seluruh kekaisaran. dengan begitu mereka dapat menyelesaikan rencana besar mereka walaupun dengan berbagai kesulitan."
"tuan yang mulia, yan zhou adaalh henei mu dan itu adalah daerah yang strategis. jika kau menyerang xu zhou dan meninggalkan terlalu banyak tentara untuk bertahan, maka misimu tidak akan tercapai. jika kau meninggalkan terlalu sedikit, lu bu akan menyerang kita dan akhirnya kau akan kehilangan daerah ini dan tidak dapat menguasai xu zhou. daerah itu tidak kosong walaupu tao qian telah meninggal, liu bei ada disana dan karena rakyat mendukungnya, mereka akan bertarung mati-matian untuknya. untuk meninggalkan tempat ini untuk hal itu adalah seperti menukarkan yang besar untuk yang kecil, untuk menukarkan batang dengan ranting. aku harap kau mempertimbangkan hal ini baik2."
cao-cao menjawab, "bukanlah suatu rencana yang baik untuk membiarkan tentara berdiam diri saja dimasa yang sulit ini."
"jika memang begitu, akan lebih menguntungkan untuk menyerang daerah timur chencheng, ying chuan dan ru nan dan memberi makan pasukanmu dengan hasil dari tanah-tanah itu. sisa-sisa pemberontak jubah kuning, he yi dan huang shao, berada disana dengan persediaan pangan dan harta hasil jarahan mereka.
Pdf By Kang Zusi pemberontak macam mereka ,mudah dikalahkan. hancurkan mereka dan kau dapat memberi makan pasukanmu. lebih lagi, istana dan rakyat akan memujamu."
rencana ini menyenangkan cao-cao dan dia dengan cepat melakukan persiapan untuk menjalankan hal itu.
dia meninggalkan xiahou dun dan cao ren untuk menjaga juan cheng, sementara dia dan pasukan utamanya, dengan perintahnya maju untuk menguasai chencheng. setelah berhasil mereka pergi ke runan dan ying chuan.
sekarang para pemimpin pemberontak jubah kuning, he yi dan huang shao, mengetahui bahwa cao-cao mendekat. mereka keluar dengan pasukannya dan melawannya. mereka bertermu dia "bukit kambing gunung". walaupun tentara pemberontak sangat banyak, mereka kacau balau, tidak lebih dari binatang liar yang tidak terorganisir dan tidak disiplin. cao-cao memerintahkan para pemanahnya untuk memanahi mereka.
dian wei dikirim untuk menantang berduel. pemberontak itu memilih seseorang untuk keluar dan melawan.
dan hanya dalam 3 jurus, dian wei mengalahkannya. lalu pasukan cao-cao menekan maju dan mereka berkemah dibukit itu.
keesokan harinya , haung shao memimpin sendiri tetaranya dan membuat formasi melingkar. seorang pemimpin maju untuk menantang. dia memakai sorban kuning dan jubah hijau dan senjatanya adalah gada besi.
dia berteriak, "aku he man, setan yang menguncang langit. siapa yang berani melawanku ?"
cao hong langsung maju dan menerima tantangan itu. dia turun dari kudanya dan mengambil pedangnya. lalu maju dan mereka berdua bertarung dalam pertarungan yang sengit dihadapan semua pasukan. mereka telah bertarung lebih dari 50 jurus dan tidak ada yang menang. lalu chao hong berpura-pura kalah dan lari. he man mengejarnya. ketika dia telah mendekat, cao hong berputar dan melukai musuhnya dan satu tusukan kemudian mencabut nyawa he man.
li dian dgn segera maju membawa pasukannya menyerang pasukan pemberontak. dan berhasil menangkap huang shao, pasukan cao-cao langsung maju menyerang dan menghancurkan pemberontak. hasil pampasan perang berupa makanan dan perhiasan sangat banyak jumlahnya.
pemimpin pemberontak yang lain he yi, lari dengan beberapa ratus prajurit berkuda menuju bukit gepei.
tetapi didalam perjalanan, mereka dihadang oleh seseorang bertubuh besar , gempal dan sedikit gemuk.
dengan pinggang dan pundah yang sama besarnya dai menggunakan gada besar.
dia menghalangi jalan keluar seorang diri, he yi mengambil tombaknya dan langsung menuju dia. tetapi baru saja he yi menusukan tombaknya, orang itu menarik he yi dan langsung menangkapnya dan menjadikan he yi tawanan. pemberontak yang lain ketakutan dan diperintahkan untuk turun dari kuda dan mengikat diri mereka sendiri. dan orang itu seorang diri, mengantar mereka semua seperti seorang pengembala mengemabalakan hewan.
dian wei yang mengejar pemberontak itu, sampai di bukit gepei dan bertemu dengan orang kuat itu.
"apakah kau juga pemberontak jubah kuning ?" tanya dian wei.
"aku punya beberapa ratus pemeberontak jubah kuning yang kujadikan tawanan ?" kata orang itu.
"kau..seorang diri ?"" janagan mempermainkan aku, kalau memang benar dimana mereka ?" tanya dian wei.
"aku akan mengatakannya kalau kau dapat merebut pedang ini dari tanganku." jawab orang itu.
Pdf By Kang Zusi hal ini membaut dian wei kesal dan lalu menyerang dia. mereka bertarung selama 2 jam dan belum ada yang menang. dian wei menyerang orang itu dengan tangan kosong dan hampi saja mengenai kepalanya dengan tinjunya, tetapi malah mengenai batu yang berada dibelakangnya. batu itu hancur, orang itu bekata,
"pukulanmu kuat sekali, tetapi badanku ini lebih kuat dari pada batu itu !!". dan mereka bertarung terus, hingga akhirnya kedua nya kelelahan dan beristirahat. orang itu yang pertama kali bangkit lagi dan menantang, dian wei melayaninya. mereka berdua bertarung menggunakan tangan kosong kali ini. orang itu mengeluarkan beberapa tinjunya dan merobohkan beberapa batang pohon dengan tangannya. dian wei berhasil memukulnya, tetapi bahka orang itu tidak bergerak mundur sedikitpun, melihat hal ini dia berpikir,
"badannya sekuat beruang, aku tidak mungkin mengalahkannya dengan cara ini.", lalu tiba-tiba batang pohon yang dicabut orang itu di hujamkam ke badan dian wei, dian wei dengan tinjunya menghancurkan batang pohon tersebut. mereka berdua bertarung hingga malam hari tiba. sekarang karena kedua -Duanya sudah sangat kelelahan maka mereka berdua berhenti.
sementar itu ada pasukan dari dian wei yang melaporkan pertarungan yang hebat itu pada cao-cao yang lalu segera mengikuti dan menyaksikan pertarungan itu dengan terkagum-kagum. dikuti dengan jenderal-jenderal dan penasehat lainnya untuk menyaksikan siapa yang menang.
keesokan paginya, kedua pendekar itu keluar lagi dan cao-cao juga melihat mereka. dalam hatinya cao-cao sangat senang melihat pendekar yang hebat itu dan ingin mendapatkan jasanya untuk berkerja padanya. lalu cao-cao meminta dian wei untuk pura-pura kalah.
dian wei keluar dan menantang, sekitar 3 0 ronde pertarungan berlangsung dan dian wei kabur, lalu orang itu mengikutinya. orang itu mengikuti tetapi sebuah anak panah menghalanginya dan dia pun mundur.
1,5 km dari tempat itu cao-cao telah memasang perangkap. keesokan harinya dian wei disuruh menantang lagi. tetapi lawannya tidak mau menjawab.
"kapankah pemimpin yang kalah akan keluar ?" ejek dian wei.
orang itu langsung keluar dari tempatnya dan dian wei setelah bertarung sejenak, pura-pura mundur.
musuhnya mengejarnya dan akhirnya masuk dalam perangkap yg cao-cao telah siapkan. prajurit disitu segera menangkapnya dan mengikatnya, dibutuhkan 100 orang untuk menangkapnya dan 2 0 orang untk mengikatnya dan menyeretnya.
segera setelah cao-cao mendapatkan tawanannya, dia langsung keluar dari tenda dan menyuruh prajurit pergi. dan dengan tangannya sendiri dia melepaskan ikatan itu, lalu dibawakannya pakaian dan meminta dia untuk duduk dan menanyakan asal-usulnya.
"namaku adalah xu chu, aku dari qiao. ketika pemberontakan terjadi aku dan keluargaku berjumlah beberapa ratus orang membangun benteng untuk perlindungan. suatu hari pencuri datang tetapi aku telah menyiapkan batu untuk mereka. aku memerintahkan untuk melempar batu pada mereka, ini akhirnya berhasil menghalau pare pencuri itu. hari lain mereka kembali lagi dan kamu kekurangan beras. jadu aku setuju menukar lembu dengan beras. mereka setuju dan datang membawa beras dan aku menyerahkan lembu, tetapi hewan itu mengamuk dan menanduk mereka. aku langsung menarik buntuk 2 ekor lembu itu, masing-masing dengan satu tangan dan menarik mereka sejauh 100 langkah. pencuri itu sangat terkejut dan mereka tidak memikirkan mengenai lembu itu tetapi mereka langsung pergi. jadi mereka tidak pernah membuat keributan lagi didaerah ini."
"aku sudah mendengar mengenai kehebatanmu. "kata cao-cao. "maukah kau bergabung dengan tentaraku ?"
"itu adalah keinginanku." kata xu chu.
lalu xu chu memanggil pasukannya, beberapa ratus jumlahnya dan mereka semua bersujud pada cao-cao. xu chu diangkat menjadi jendral dan diberi hadiah emas. kedua kepala pemberontak he yi dan huang shao, dipenggal. runan dan ying chuang berhasil direbut.
Pdf By Kang Zusi cao-cao menarik pasukannya kembali ke juan cheng.
xiahou dun dan cao ren langsung keluar dan menyambut mereka dan berkata, "pengintai telah melaporkan bahwa kota yanzhou telah dibiarkan tanpa pertahanan. jendral lu bu, xue lan dan li feng, telah meninggalkan benteng dan menjarah daerah sekitar. kita harus bertindak sekrang. dengan pasukan kita yang baru memenangkan pertempuran, kota itu akan jatuh dalam sekali pukul."
lalu cao-cao segera bergerak membawa pasukannya ke kota itu. serangan sangat tidak diduga oleh kedua pemimpin xue lan dan li fang, mereka segera memrintahkan pasukan mereka untuk melawan.
xu chu berkata, "aku ingin menangkap kedua orang itu sebagai hadiah perkenalan."
tugas ini diberkan kepadanya dan dia berkuda maju. li fang dgn tombaknya langsung maju melawan xu chu.
pertarungan itu singkat, hanya dalam 2 jurus, li fang telah jatuh. xue lan mundur dgn pasukannya. tetapi dia menemukan bahwa jembatan gantung telah direbut oelh li dian, sehingga dia tidak dapat kembali kedalam kota. xue lan memimpin pasukannya menuju ju ye, tetapi lu qian mengejar dan membunuh dia dengan panah.
pasukannya tercerai berai ke 4 penjuru.dan dengan begitu yan zhou berhasil direbut.
kemudian cheng yu mengusulkan mengadakan ekspedisi ke pu yang. cao-cao mengarahkan pasukannya kesana. pemimpin penyerangannya kali ini adalah dian wei dan xu chu. xiahou dun dan yuan memimpin sayap kiri dan li dian serta yue jing memimpin sayap kanan. yu jin dan lu qian menjaga garis belakang dan cao-cao memimpin ditengah.
ketika mereka mendekati pu yang, lu bu bermaksud untuk keluar sendiri dan menyerang, tetapi penasehatnya chen gong berkata,"jendral kau tidak boleh keluar sampai jendral yang lain tiba."
"siapakah yang aku takutkan ?" kata lu bu.
dia tidak mendengarkan saran ini dan keluar dari kota. dia bertemu dengan musuhnya dan mulai melakukan pertemouran. xu chu langsung berhadapan dengan lu bu, setelah 2 0 jurus tidak ada yg menang.
"lu bu bukanlah orang yang dapat diatasi dengan mudah." kata cao-cao.
dan dia mengirim dian wei untuk ikut melawan lu bu. lu bu bertahan dari serangan kedua orang itu. lalu setealh 2 0 jurus lagi, mereka belum ada yang menang dan kalah. cao-cao mengutus xiahou dun dan yuan untuk membantu dari dan li dian dan yue jing untuk membantu dari kanan. lu bu sekarang melawan 6 orang sekaligus. dian wei dan xu chu menyerang lu bu secara membabi buta dan xiahou dun dan yuan berusaha mendesak lu bu untuk jatuh dari kudanya sementara li dian dan yue jing mengalihkan perhatian lu bu. lu bu yang marah dan terdesak, bertarung seperti orang kesetanan, dia memutar tombaknya kesekelilingnya dan menerjang siapa saja yang berada didekatnya. melihat hal ini ke 6 jendral cao-cao menjadi gentar dan mundur, hal ini memberika ruang buat lu bu untuk kabur.
ketika lu bu sampai di jembatan gantung. dia berteriak , "bukakan gerbang, biarkan aku masuk !!"
tetapi beberapa keluarga tian yang melihat lu bu kembali dengan kekalahan, mereka tidak membukakan gerbang.
"kami telah mengikuti cao-cao !" kata keluarga tian itu.
lu bu memaki-maki mereka dan mengancamnya sebelum akhirnya meninggalkan tempat itu. chen gong kabur dari gerbang timur dgn membawa kelurga lu bu.
dengan ini pu yang jatuh ketangan cao-cao dan sebagai imbalan bagi keluarga tian mereka diampuni dari kesalahannya terdahulu.
Pdf By Kang Zusi tetapi kata liu ye, "lu bu adalah binatang buas. jika kita membiarkannya hidup, dia akan menjadi bahaya yang mengancam, kita harus memburunya !"
liu ye diperintahkan menjaga pu yang. cao-cao mengejar lu bu ke ding tao dimana dia bersembunyi.
lu bu, zhang miao dan zhang cao, semua berkumpul dikota. gao shun dan jendral lainnya sedang keluar sedang memanen sawah. pasukan cao-cao tiba, tapi tidak menyerang selama beberapa hari dan mundur 15
km dan membangun benteng. ini adalah saatnya memanen dan dia memerintahkan pasukannya untuk memanen sawah. pengintai melaporkan hal ini kepada lu bu yang langsung datang melihat. tetapi ketika melihat benteng cao-cao berada dekat dengan hutan, dia takut akan ada perangkap disana dan mundur. cao-cao mendengar lu bu datang dan pergi dan menebak alasannya.
"dia takut ada perangkap di hutan." kata cao-cao. "kita akan memasang bendera disana dan menipunya, ada parit-parit panjang dibelakang kemah, tetapi tidak ada airnya. disana kita akan memasang perangkap apabila dia datang untuk membakar hutan."
lalu cao-cao menyembunyikan pasukannya di belakang parit kecuali sekitar 100 penabuh genderang dan dia menyuruh penduduk sekitar unutk lalu lalang didalam benteng sehingga seolah-olah benteng tidak kosong.
lu bu berkuda kembali dan memberitahu chen gong apa yang dia lihat.
"cao-cao ini sangat licik dan banyak tipu daya" kata penasehatnya, "janagan bertindak apapun juga."
"aku akan menggunakan api kali ini dan membakar perangkapnya itu." kata lu bu.
keesokan paginya lu bu keluar dan dia melihat bendera cao-cao dimana-mana didalam hutan .dia memerintahkan pasukannya untuk menyalakan api di berbagai sisi hutan. tetapi terkejutnya dia bahwa tidak ada orang yang keluar untuk kembali kedalam bentengnya. dia mendengar genderang perang bertabuhan dan keragu-raguan memenuhi pikirannya. tiba-tiba dia melihat sekelompok pasukan keluar dari persembunyian.
dia memacu kudanya untuk melihat apa yang terjadi.
signal petasan dibunyikan, tiba-tiba pasukan keluar dari persembunyian dan pemimpinya berhamburan keluar. xiahou dun, xiahou yuan, xu chu, dian wei, li dian dan yue jing semua menyerang bersama-sama. lu bu terdesak dan kabur kedataran terbuka. salah satu jendralnya, cheng lian, tewas terbunuh panah yue jing. 2
/ 3 pasuknnya tewas dan sisanya kembali menemui chen gong untuk melaporkan apa yang terjadi.
"kita sebaiknya pergi" kata chen gong, "kota yg kosong tidak dapat dipertahankan."
lalu chen gong dan gao shun beserta keluarga mereka dan keluarga lu bu meninggalkan ding tao. ketika pasukan cao-cao masuk kedalam kota, mereka tidak menemukan perlawanan berarti. zhang cao melakukan bunuh diri dengan membakar dirinya sendir dan zhang miao kabur ke tempat yuan shu.
dengan ini seluruh daerah timur laut telah jatuh ketangan cao-cao kecuali wilayah yang dikuasai yuan shao.
dia kemudian menenangkan rakyat dan membangun kembali kota-kota dan pertahanan mereka. semua ini terjadi pada thn ke 5 pemerintahan kaisar xian. (thn 195 m).
lu bu yang melarikan diri bertemu dengan jendralnya dan chen gong. "aku hanya punya tentara kecil ini "
kata lu bu, "tetapi masih cukup untuk melawan cao-cao!"
Kata chen gong," cao-cao terlalu kuat untuk kita saat ini untuk kita saat ini.carilah tempat dimana kita bisa beristirahat dan menunggu kesempatan sebelum mencoba lagi."
"bagaimana jika aku pergi ke yuan shao," kata lu bu.
"kirim utusan dahulu untuk melaporkan hal ini." kata chen gong.
Pdf By Kang Zusi lu bu setuju. berita mengenai pertempuran antara lu bu dan cao-cao telah sampai di ji zhou dan salah satu penasehat yuan shao, shen pei telah mengingatkan, "lu bu adalah binatang buas. jika dia mendapatkan yan zhou, dia pasti akan berusaha mengambil alih seluruh daerah ini untuknya. untuk keselamatan dirimu sendiri, lebih baik kau membantu menghancurkannya."
lalu yuan shao mengirimkan yan liang dgn 50.000 tentaranya untuk menghancurkan lu bu. mata-mata yang mendengar hal ini segera melaporkan pada lu bu yang langsung meminta sarang chen gong.
"pergilah ke liu bei, yang baru-baru ini berhasil mengambil alih xu zhou" kata chen gong.
lu bu segera pergi ketempat liu bei.
mendengar hal ini liu bei berkata, "lu bu adalah pahlawan dan kita akan menerimanya dengan hormat."
tetapi mi zhu menentang putusan ini dan berkata, "dia sangat kejam, haus darah dan binatang !"
tetapi liu bei berkata, "bagaimana bencana bisa pergi dari xu zhou jika tidak karena lu bu menyerang yan zhou " dia tidak mempunyai maksud buruk, sekarang dia datang mencari perlindungan."
"kakak, hatimu terlalu baik. walaupun aku akan bertindak sesuai dengan kata-katamu, tetapi akan lebih baik bila kita bersiap-siap." kata zhang fei.
liu bei menemui lu bu yang masih sejauh 10 km dari kota dan kedua pemimpin itu saling memberi hormat dan kembali kekediaman gubernur di kota itu. setelah pesta penyambutan, mereka duduk dan berbincang.
kata lu bu, "setelah menteri dalam negeri wang yun dan aku membunuh dong zhuo. li jue dan guo si memberontak dan melawan kaisar. aku dan keluargaku pergi dari satu tempat ke tempat lainnya dan tidak ada satupun orang di timur gunung hua shan yang mau menerimaku. ketika cao-cao yang licik itu menyerang daerah ini dan anda, tuan, datang untuk membantu, aku membantumu dengan menyerang yan zhou dan mengakibatkan pasukannya terpecah menjadi 2. aku tidak berpikir saat itu aku akan menjadi korban kelicikannya dan mengakibatkan aku kehilangan pasukan dan jenderal-jenderalku. tetapi sekarang jika kau mengijinkan, aku menyerahkan diriku padamu sehingga kita dapat bersama menyelesaikan rencana besar kita. "
liu bei menjawab, "ketika tao qian meniggal dunia, tidak ada orang yang dapat mengurus xu zhou dan aku untuk sementara menjadi pemimpin disin. sekrang setalh kau ada disni, jendral. tampaknya akan lebih pantas jika kau yang memimpin disini."
lalu liu bei segera mengambil lambang dan stempel penugasan dan menyerahkannya pada lu bu. lu bu sedang akan menyetujuinya, ketika dia melihat guan yu dan zhang fei, yang berdiri dibelakang liu bei, memandangnya dengan mata yang marah.
lalu lu bu tersenyum dan berkata, "aku mungkin adalah pendekar hebat, tetapi aku tidak dapat memerintah daerah yang besar seperti ini."
liu bei mengulangi permintaanya.
tetapi chen gong berkata, "tamu yang kuat tidak akan menekan tuan rumahnya. kau tidak perlu khawatir, tuanku."
pesta akhirnya berlangsung dan kediaman disediakan bagi tamunya itu dan pengikutDuanya.
Pdf By Kang Zusi segera setelah merasa nyaman. lu bu kembali ke pesta itu. liu bei selalu bersama-sama dgn kedua saudaranya itu. ditengah-tengah perjamuan, lu bu meminta liu bei masuk kedalam ruangan yang lebih sepi. guan yu dan zhang fei segera mengikutinya. disana lu bu meminta istrinya diao chan dan putrinya yang bernama lu mei untuk memberi hormat. disini juga liu bei menunjukan kerendahan hatinya.
lu bu berkata, "saudara mudaku yang baik, kau tidak perlu begitu sungkan padaku."
zhang fei yang mendengar ucapau lu bu langsung marah, dan dengan matanya yang melotot dia berteriak,
"siapakah dirimu berani memanggil kakakku "saudara muda" " dia adalah kerabat kaisar yang memerintah--
daun giok dari ranting emas. ayo keluar dan kita bertarung 300 jurus untuk penghinaan ini !"
liu bei langsung berusaha menenangkan zhang fei dan guan yu membawanya pergi keluar.
lalu liu bei meminta maaf dan berkata, "adikku itu suka berbicara kasar apabila dia meminum terlalu banyak arak. aku harap kau tidak menyalahkannya."
lu bu menganguk tetapi tidak berkata apa-apa. segera setelah semua tamu pergi. dan lu bu mengantarkan liu bei kedalam tandunya, dia melihat zhang fei bersenjata dan siap menyerang.
"lu bu, kau dan aku akan berduel 3 00 jurus !" teriak zhang fei.
liu bei meminta guan yu mencegahknya. keesokan hari lu bu datang untuk berpamitan kepada liu bei.
"kau, tuanku telah begitu baik mau menerimaku. tetapi aku khawatir adikmu dan aku tidak sejalan. jadi aku akan mencari tempat lain untuk berlindung."
"jendral, jika kau pergi, kesalahan ini adalah milikku. adikku yang kasar telah menyinggungmu dan harus meminta maaf. sementara itu mungkin kau dapat menempati kota yang pernah kugunakan untuk berkemah selama beberapa waktu. pergilah ke xiao pei, tempat itu kecil tetapi dekat dan aku akan memastikan bahwa kau mendapatkan kebutuhanmu."
lu bu berterima kasih dan menerima tawaran ini. dia memimpin pasukannya dan meninggalkan kediamannya. setelah dia pergi, liu bei menasehati zhang fei untuk perbuatannya dan meminta zhang fei untuk tidak mempermasalahkan masalah ini lagi.
cao-cao yang telah menguasai daerah sekitar gunung shan dong seperti yang telah di ceritakan sebelumnya.
dia mengirimkan berita kepada istana dan diberikan gelar "jendral yang menunjukan kebajikan besar" dan penguasa dari feiting.
pada saat ini li jue dan guo si memimpin istana. li jue membuat dirinya sendiri menjadi wali negara dan guo si menjadi panglima besar pemimpin pasukan kekaisaran. perbuatan mereka sangat sewenang-wenang tetapi tidak ada yang berani melawan.
pelindung kekaisaran, yang biao dan menteri zhu jun secara pribadi berkata pada kaisar xian, "cao-cao memiliki lebih dari 2 00.000 tentara dan punya banyak penasehat dan pemimpin. akan sangat baik jika kekaisarn mendapatkan bantuannya untuk mendukung keluarga kaisar dan untuk membersihkan pemerintahan dari para penjahat ini."
kaisar menangis, "aku lelah dengan penghinaan dan kekasaran dari bajingan-bajingan ini dan akan sangat senang jika mereka dapat di enyahkan."
aku punya rencana untuk membuat li jue dan guo si saling berperang satu sama lainnya. lalu cao-cao dpt datang dan membersihkan istana " kata yang biao.
"bagaimana kau dapat mengaturnya ?" tanya kaisar.
Pdf By Kang Zusi "istri guo si, lady qiong sangat iri hati dan kita dapat mengambil keuntungan dari kelemahannya ini untuk memulai permusuhan."
lalu yang biao menerima instruksi untuk bertindak, dengan titah rahasia untuk mendukung mereka.
lalu istri yang biao. lady kai membuat alasan untuk mengunjungi lady qiong di istananya dan didalam percakapan dia berkata, "ada pembicaraan rahasia diantara jendral. suamimu dan istri dari menteri li jue. ini adalah rahasia besar, tetapi jika menteri li jue mengetahui hal ini, dia mungkin akan melukai suami mu. dan aku pikir kamu harus melakukan sesuatu dengan keluarga itu.
lady qiong terkejut dan berkata, "aku telah menduka kenapa dia selalu tidur diluar rumah belakangan ini.
tetapi aku tidak berpikir bahwa ada sesuatu yang memalukan terjadi. aku tentu tidak akan pernah tahu jika kau tidak berbicara. aku harus menghentikan hal itu."
lady kai berpamitan, lady qiong sangat berterima kasih untuk informasi yang diberikan.
beberapa hari berlalu, guo si pergi ke tempat li jue untuk makan malam.
lady qiong tidak ingin dia pergi dan berkata, "li jue ini penuh kelicikan dan seseorang akan sulit menduga apa yang dipikirkannya. kalian berdua tidak sejajar dalam jabatan, mengapa kau yang harus datang ketempatnya " apa kata-kata orang nanti ?"
guo si tdk memperdulikan omongan istrinya itu dan istrinya gagal mempertahankannya dirumah. lalu sorenya beberapa hadiah tiba dari tempat li jue dan lady qiong sengaja menaruh racun dibeberaa makanan yang dikirim untuk suaminya.
guo si sedang akan mencoba salah satunya tetapi segera istrinya berkata, "sangat tidak bijaksana untuk memakan sesuatu dari luar, mari kita coba pada anjing lebih dahulu ."
mereka melakukannya dan anjing itu mati, insiden ini telah membuat guo si ragu akan kebaikan temannya itu.
suatu hari, pada saat bubar dari sidang istana. li jue mengundang guo si ketempatnya. ketika guo si telah tiba dimalam hari, karena minum terlalu banyak, dia terkena colic (note:sakit dibelakang pinggal dekat daerah ginjal). istrinya berkata dia mencurigai ada racun dan segera memberi anti-racung dan itu menghilangkan sakitnya.
guo si mulai merasa marah dan berkata, "kita melakukan semuanya bersama dan membantu satu sama lain.
sekarang dia ingin melukaiku ! jika aku tidak memukulnya duluan, akulah yang akan terluka duluan ."
guo si lalu mempersiapkan pengawalnya untuk keadaan tiba-tiba.
hal ini di ketahui li jue dan langsung dia marah, "jadi guo si melakukan hal-hal ini !"
lalu li jue menempatkan pengawalnya dan berencana untuk menyerang guo si. kedua klan itu memiliki lebih dari 10.000 orang dan pertikaian menjadi semakin serius ketika kedua orang mereka bertengkar dibawah tembok istana. ketika berakhir, pasukan dari kedua belah pihak menjarah rakyat.
lalu sepupu dari li jue, li xian, tiba-tiba mengepung istana dan memerintahkan kaisar dan permaisuri untuk masuk kedalam tandu dan memerintahkan jia xu dan zuo ling untuk membawa mereka. para pembantu istana kaisar disuruh mengikuti dengan berjalan kaki. ketika mereka keluar lewat gerbang belakang, mereka bertemu tentara guo si yang mulai menembaki tandu dan iring-iringan itu dgn panah. mereka berhasil membunuh banyak pembantu istana sebelum pasukan li jue datang dan memaksa mereka mundur.
Pdf By Kang Zusi kedua tandu itu dibawa keluar kota dan akhirnya sampai ke kekemah li jue. sementara tentara guo si menjarah istana dan membawa wanita-wanita cantik yang ada disana kedalam kemah mereka. lalu istana dibakar.
segera setelah guo si mengetahui dimanakah kaisar berada, dia segera datang dan menyerang kemah li jue.
kaisar yang berada diantara 2 faksi yang bertikai ini sangat gelisah dan ketakutan.
tentara guo si tiba dan li jue memimpin keluar pasukannya untuk bertempur. tentara guo si tidak berhasil menerobos dan akhirnya harus mundur. li jue lalu memindahkan kaisar dan pengikutinya ke meiwo dengan sepupunya li xian. persediaan menipis dan kelaparan mulai melanda para kasim. kaisar mengirim perintah untuk mengirimkan 5 kereka beras dan 5 lembu untuk dirinya.
li jue dgn marah berkata, "orang istana mendapatkan makan pagi dan malam, mengapa mereka ingin lebih ?"
dia mengirimkan daging yang telah rusak dan beras rusak.
kaisar sangat sedih dan merasa terhina,berkata ,"berani sekali pemberontak ini melakukan hal ini padaku !!!"
penasehat kekaisaran yang qi menyarankan untuk bersabar, "li jue hanya hewan lemah, tetapi dalam keadaan seperti ini, yang mulia harus dapat menahan diri dan janagan memprovokasinya."
kaisar menunduk lesu dan teridam, tetapi air mata membasahi pakaiannya.
tiba-tiba seseorang masuk dan berkata, "pasukan berkuda tiba, dan golok-golok mereka bersinar terkena sinar matahari sedang mendekat untuk menyelamatkan kita."
ketika mereka mendengar suara genderang perang dan gong berbunyi. kaisar segera mencari tahu siapakah dia. tetapi ternyata itu guo si dan dia sedih kembali.
li jue berkata kepada guo si,"aku selalu baik padamu, kenapa kau mencoba membunuhku ?"
"kau adalah pemberontak, kenapa aku tidak boleh membunuhmu ?" balas guo si.
"kau memanggilku pemberontak ketika aku menjaga kaisar ?"
"kau telah menculiknya dan itu kau sebut menjaga " " kata guo si.
"kenapa banyak bicara " marilah kita bertempur dan menyelesaikan masalah ini dalam satu pertempuran, pemenangnya mengambil kaisar dan pergi"
kedua jendral itu bertempur di depan pasukannya dan tidak ada yang menang.
lalu mereka melihat yang biao datang kepada mereka dan berkata, "tunggulah sebentar , oh kalian para jendral !! aku telah mengundang pejabat untuk membicarakan perdamaian."
kemudian kedua pemimpin itu kembali kekemah masing-masing dan segera yang biao, zhu jun dan 60
pejabat lainnya datang ke kemah guo si. mereka semua ditaruh dalam kurungan.
"kami datang dengan maksud baik " kata mereka, "dan kami diperlakukan seperti ini !"
"li jue telah lari membawa kaisar, aku harus mempunyai para pejabatnya." kata guo si.
"apa maksudnya ini " satu menahan kaisar dan satu menahan pejabatnya. apa yang kau mau ?" kata yang biao.
Pdf By Kang Zusi guo si kehilangan kesabarannya dan mengeluarkan pedangnya, tetapi jendral yang mi menahannya untuk tidak membunuh para pejabat. lalu guo si membebaskan yang biao dan zhu jun tetapi menahan yang lainnya didalam kemahnya.
"kita adalah 2 pejabat tinggi negara dan kita tidak dapat menolong tuan kita. sungguh menyedihkan !!" kata yang biao kepada zhu jun.
mereka berdua bersedih dan menangis sepanjang malam. muntah darah lalu zhu jun pulang kerumah dan sakit parah, kemudian dia meninggal.
kemudian kedua pemimpin itu berperang setiap hari selama lebih dari 3 bulan dan setiap harinya mati banyak prajurit. telah lebih dari 60.000 prajurti gugur dalam 3 bulan peperangan itu.
sekarang li jue telah mempelajari cara-cara ilmi sihir. dia dapat memanggil roh dan mahluk halus. jia xu sering memprotes cara-cara ini, tetapi tampaknya percuma.
yang qi berkata pada kaisar, "jia xu,walaupun teman li jue, tetapi tampaknya tidak kehilangan rasa setia pada yg mulia."


Kisah Tiga Kerajaan Sam Kok Romance Of The Three Kingdom Karya Luo Guan Zhong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

lalu tidak lama kemudian jia xu tiba.
kaisar menyuruh pelayan-pelayannya keluar dan berkata pada jia xu sambil menangis, "apakah kau tidak dapat berbelas kasih kepada dinasti han dan membantu ku ?"
jia xu langsung bersujud dan berkata, "itu adalah keinginanku. tetapi yang mulia, janagan katakan apa-apa lagi. biarkan hambamu ini melakukan suatu rencana."
kaisar mengeringkan air matanya dan segera li jue datang. dia membawa pedang disisnya dan langsung berjalan kearah kaisar.
li jue berkata, "guo si telah gagal menjalankan tugasny dan memenjarakan pejabat istana. dia bermaksud membunuh yang mulia dan kau akan ditangkapnya jika tidak karena aku."
kaisar lalu memberi ucapan terima kasih pada li jue dan li jue pun pergi.
tidak lama huangfu li datang. kaisar yang mengetahuo bahwa orang ini memiliki lidah yang sangat persuasif dan dia datang dari daerah yang sama dengan li jue meminta dia untuk merencakan perdamaian.
huangfu li menerima misi ini dan pertam pergi menemui guo si yang berkata, "aku akan melepaskan pejabat istana jika li jue membebaskan kaisar."
lalu huangfu li pergi ke tempat li jue.
kepada li jue dia berkata, "aku berasal dari xi liang dan kaisar telah memilihku untun menjadi penengah antara kau dan guo si. guo si telah setuju mengadakan gencatan senjata. apakah kau mau berdamai ?"
"aku menghancurkan lu bu dan memimpin pemerintahan selama 4 thn dan telah banyak melakukan jasa besar. seluruh dunia juga mengetahui hal ini. guo si, si pencuri kuda itu telah berani untuk menangkap pejabat negara dan melawanku. aku telah bersumpah untuk membunuhnya. lihatlah sekelilingmu. apakah kau pikir jumlah tentaraku tidak cukup untuk melawannya ?"
"tidak selalu harus begitu" kata huangfu li, "dimasa yang lampau di you qiong, hou yi sangat bangga dan yakin pada kemampuannya memanah. dia tidak memikirkan orang lain dan memerintah sendiri dan dia akhirnya musnah. belakangan ini kau melihat bagaimana lu bu mengkhianati dong zhuo, yang telah menerima banyak hadiah dan penghargaan. dan tiba-tiba kepala dong zhuo sudah berada tergantung Pdf By Kang Zusi
digerbang istana. jadi kau dapat lihat bahwa kekuatan pasukan tidak dapat memastikan keselamatanmu.
sekarang kau adalah jendral, dengan kapak dan cambuk dan semua simbol jabatan tinggi. anak-cucumu dan pengikutmu menduduki jabatan tinggi. kau harus mengakui bahwa negara telah memberikan kau penghargaan yang tinggi. memang benar guo si telah menyandera pejabat negaram tetapi kau telah melakukan hal yang sama kepada kaisar, jadi siapa yang lebih buruk ?"
li jue marah dan mengeluarkan pedangnya dan berteriak. "apakah anak langit itu mengirimmu untuk mencaciku dan mempermalukan diriku ?"
tetapi salah seorang jendral, yang feng menahannya.
"guo si masih hidup", kata yang feng, "dan untuk membnuh utusan kaisar akan memberinya alasan untuk membentuk tentara melawanmu dan seluruh bangsawan akan ikut dengannya."
jia xu juga memberi nasihat pada li jue dan akhirnya kemarahannya memudar. huangfu li langsung berpamitan.
tetapi huangfu li yang tidak puas dengan kegagalannya ini. ketika dia keluar dari kemah, dia berteriak keras,
"li jue tidak mematuhi perintah kaisar. dia akan membunuh pangerannya dan dia akan merebut tahta."
kanselir hu miao berusaha untuk menutup mulut huangfu li dan berkata, "janagan berbicara seperti itu, kau akan menyakiti dirimu sendiri!"
tetapi huangfu li berteriak padanya juga dan berkata,"kau juga adalah pejabat negara dan kau mendukung pemberontak. ketika pangeranmu dipermalukan, menteri seharusnya mati. ini adalah kode etik kita. jika aku harus merasakan penderitaan mati ditangan li jue maka aku telah siap."
dan huangfu li terus berbicara memaki-maki. kaisar yang mendengar kejadian ini, memanggil huangfu li dan mengirimnya ke xi liang.
sekarang lebih dari 1/ 2 tentara li jue berasal dari xi liang dan dia juga mendapatkan bantuan dari suku qiangs, suku dari utara diluar perbatasan. ketika huangfu li menyebarkan berita bahwa li jue adalah pemberontak dan juga yang membantunya, hal ini menyebabkan pasukannya menjadi terganggu dan ragu.
li jue mengirim salah satu orang bawahannya, jendral wang chan dari pasukan cakar harimau untuk menangkap huangfu li, tetapi wang chan yang mempunyai perasaan kebenaran dan menghargai huangfu li sebagai pria terhormat bukannya menangkap huangfu li tetapi kembali dan melaporkan huangfu li tidak dapat ditemukan.
sementara itu jia xu berusaha untuk mengubah pendirian suku-suku di sekitar perbatasan.
dia berkata kepada mereka,"putra langit mengetahui kalian setia pada mereka dan telah dengan berani bertempur dan menderita untuknya. dia telah mengeluarkan titah rahasia untuk kalian agar pulang kerumah dan dia akan memberi kalian hadiah."
suku-suku itu memiliki kekesalan pada li jue yang tidak membayar mereka, jadi mereka mendengarkan dengan seksama dan akhirnya setuju untuk pulang. jumlah mereka sebanyak 2 0.000 orang.
Lalu jia xu menasehati kaisar, "li jue sangat sombong dan cepat puas. jabatan tinggi harus diberikan padanya dan biarkan dia terlena."
lalu kaisara mengangkatnya menjadi wali negara. ini menyenangkan hatinya dan dia bercerita pada orang-orang bahwa promosinya ini akibat kehebatannya dalam berilmu sihir dan dia menghadiahkan orang-orang yang mengajarkan ilmu sihi itu hadiah yang banyak.
Pdf By Kang Zusi tetapi tentaranya dilupakan. sehingga menyebabkan komandannya, yang feng sangat marah.
yang feng berkata kepada jendral song guo, "kita telah mengambil resiko dan membiarkan diri kita menghadapi panah dan batu untuk dirinya. tetapi bukannya memberikan kita penghargaan atau hadiah apapun, dia bercerita bahwa semua itu akibat jasa para tukang sihirnya itu."
"mari kita singkirkan dia dan selamatkan kaisar," kata song guo.
"kau bunyikan tanda sebagai signal dan aku akan menyerang dari luar."
jadi kedua nya setuju untuk bertindak bersama malam nanti. tetapi rencana mereka telah bocor dan dilaporkan pada li jue. song guo ditangkap dan dihukum mati. malan itu yang fang menunggu singnal diluar, dan ketika menunggu tiba-tiba datanglah li jue sendiri. pertempuran dimulai hingga pagi menjelang. tetapi yang feng berhasil lolos dan lari kekota xian.
dari saat ini pasukan li jue mulai melemah dan dia mulai menderita kekalahan seiring dengan serangan guo si yang menjadi lebih sering. berita datang bahwa zhang ji dengan membawa pasukan yang sangat besar sedang datang dari shan xi untuk membuat perdamaian dengan kedua faksi. zhang ji bersunpah dia akan menyerang mereka yang bertindak gegabah. li jue berusaha mendapatkan dukungan dengan mengirim utusan bahwa dia bersedia berdamai dan guo si juga melakukan demikian.
jadi pertarungan berakhir dan zhang ji mengirim pesan agar kaisar sementara pergi ke hong nong didekat luo yang.
kaisar setuju dan berkata, "aku telah lama ingin kembali ke timur."
zhang ji dianugerahi jabatan, jendral pemimpin pasukan kuda terbang kekaisaran dan sangat di segani dan dihormati. zhang ji mengawasi bahwa kaisar dan pejabat istana mendapatkan semua kebutuhannya. guo si membebaskan semua pejabat istanadan li jue menyediakan transportasi untuk kaisar dan pejabatnya pergi ke timur. li jue memerintahkan pasukan penjaga kaisar untuk mengawal kaisar pergi ke timur.
perjalanan itu berlangsung tanpa insiden apapun sampai dekat xin feng, dekat jembatan ba ling, angin musim gugur dari barat berhembus dengan sangat kencangnya. di jembatan itu rombongan kaisar dihentikan oleh sepasukan prajurit yang memasang barikade.
"siapa yang datang ?" teriak seseorang.
"kereta kaisar sedang lewat dan siapa yang berani memberhentikannya ?" kata penasehat istana yang qi.
kedua jendral yang memasang barikade berkata pada yang qi,"jendal guo si memrintahkan kami untuk menjaga jembaan dan menghentika mata-mata . kau bilang kaisar berada disini. kami harus melihatnya dan kami akan membiarkanmu lewat."
lalu tirau mutiara disingkapkan dan kaisar berkata, "aku, kaisar, ada disini. kenapa kau tidak mundur dan membiarkanku lewat ?"
mereka semua bersujud dan memberi hormat, "hidup yang mulia ! semoga baginda yang mulia panjang umur dan sehat selalu !" dan mereka membiarkan rombongan itu lewat.
tetapi ketika mereka melaporkan hal itu, guo si sangat marah, "aku bermaksud untuk memperdayai zhang ji dan menangkap kaisar serta menahannya di meiwo. kenapa kalian biarkan lewat ?"
dia menghukum mati kedua jendral tersebut dan mengejar rombongan itu dan sampai di sebuah daerah bernama hua ying.
Pdf By Kang Zusi suara bising dari belakang rombongan itu terdengar dan suara keras yang berteriak "hentikan kereta !!!"
Kaisar lalu menangis. "keluar dari sarang serigala dan masuk ke mulut harimau !" katanya.
tidak ada yang tahu apa yang harus dilakukan. mereka semua terlalu takut. tetapi ketika tentara guo si sudah mendekati mereka, tiba-tiba terdengar bunyi genderang perang dan dari balik bukit muncul lebih dari 1000
prajurit datang dengan bendera bertulisn "jendral dinasti han, yang feng."
setelah dikalahkan li jue, yang feng pergi kekaku bukit xian dan dia datang untuk memberi jasanya segera setelah dia mendengar perjalanan kaisar. melihat bawah dia perlu untuk bertempur sekarang, dia menyusun pasukannya dalam formasi.
jendral guo si, cui yong , keluar dari mulai menantang.
yang feng berkata, "dimana xu huang ?"
tiba-tiba langsung keluar seorang pendekar pemberani membawa kampak besar. dia langsung berkuda kearah cui yong yang langsung tewas dalam serangan pertama. pasukan yang feng langsung menerjang maju dan menghancurkan pasukan guo si. pasukan yang kalah mundur sejauh 7 km.
yang feng berkuda untuk menemui kaisar yang langsung berkata, "ini adalah sebuah jasa besar, kau telah menyelamatkan nyawaku."
yang feng bersujud dan berterima kasih. kaisar meminta untuk bertemu dengan xu huang. lalu xu huang diantar mendekat pada kereta kaisar, diama dia bersujud dan memperkenalkan diri sebagai xu huang dari he dong.
kaisar juga menghargai jasanya.
lalu rombongan ini melanjutkan perjalananm yang feng bertindak sebagai pelingdung dari rombongan ini sampai di kota hui yang, tempat untuk berhenti karena hari telah amlan. komandan kota itu, Duan wei memberikan mereka pakaian dan makanan dan kaisar beristirahat didalam kemah yang feng.
keesokan hari guo si, mengumpulkan pasukannya, muncul didepan kemah dan xu huang keluar untuk melawan. tetapi guo si berusaha untuk mengitari perkemahan sehingga mereka dapat mengepung perkemahan itu dan kaisar yang berada ditengah situasinya sedang kritis, ketika tiba-tiba bantuan tiba, xu huang seorang diri datang dan dengan memacu kudanya membantai siapa saja yang mendekati kaisar. tidak ada satu prajuritpun disitu yang mampu melawannya sehingga mereka kabur.
pasukan guo si yang diluarpun dikejutkan dengan datangnya pasukan baru dari arah tenggara. dan akhirnya karena tidak dapat bertahan, mereka mundur.
ketika mereka telah aman, mereka semua keluar untuk melihat siapakah yang menolong mereka. mereka menemukan bahwa itu adalah dong cheng, paman dari kaisar atau "paman negara". kaisar menangis dan dia menceritakan kesedihan dan bahaya yang dialaminya.
lalu dong cheng berkata, "jadilah anak yang berani. jendral yang feng dan aku telah bersumpah akan membunuh kedua pemberontak itu li jue dan guo si sehingga akan membersihkan dunia dari kejahatannya."
kaisar memerintahkan mereka untuk bergerak ke timur secepatnya dan mereka bergerak pagi dan malam sampai mereka sampai di hong nong.
Pdf By Kang Zusi guo si memimpin pasukannya kembali. bertemu li jue dan dia bercerita mengenai penolong kaisar dan kemana mereka pergi.
"jika mereka mencapai gunung hua shan dan berhasil sampai ditimur, mereka akan mengumumkan kepada seluruh negri, memanggil para bangsawan dan pemimpin untuk menyerang kita dan kita akan dalam bahaya."kata guo si.
"zhang ji memegang chang an dan kita harus berhati-hati. tidak ada yang dapat menghalangi kita untuk menyerang hong nong, kita dapat membunuh kaisar dan membagi kekaisaran untuk kita berdua ." kata li jue.
guo si berpikir bahwa ini adalah renana yang baik, lalu pasukan mereka bersatu kembali dan mulai menjarah daerah sekitar. lalu mereka pergi ke hong nong dan meninggalkan kehancuran dibelakang mereka.
yang feng dan dong cheng yang mendengar pasukan pemberontak ini mendekat, lalu yang feng dan dong cheng memutuskan untuk melawan mereka di dong jian.
li jue dan guo si yg sebelumnya telah membuat rencana. karena pasukan yang musuh hanya sedikit dibandingkan pasukannya, mereka dapat menyerang pasukan musuh seberti air bah. jadi ketika hari pertempuran datang, mereka keluar dan memnuhi bukit dan daratan. yang feng dan dong cheng hanya dapat melindungi kaisar dan permaisuri. pejabat istana dan pembantu istana lainnya diperintahkan untk melindungi dirinya sendiri semampunya. pemberontak mulai menyerang hong nong, tetapi kedua pelindung itu berhasil membawa kaisar lari ke shan bei.
ketika jendral pemberontak mulai mengejar, yang feng dan dong cheng harus memainkan taktik "2 sisi pedang". mereka mengirim utusan untuk berdamai dengan li jue dan guo si dan pada saat yang sama mereka mengeluarkan titah kaisar untuk meminta bantuan dari pemimpin "gelombang putih"--han xian, li yue dan hu cai. gelombang putih adalah cabang dari jubah kuning dan li yue sebenarnya adalah perampok dan telah menjarah diseluruh hutan dan bukit disana. tetapi pertolongan sangat dibutuhkan.
ke3 orang ini, dijanjikan pengampunan atas seluruh kejahatannya dan akan mendapat jabatan pemerintahan, langsung menjawab panggilan dan kaisar mendapatkan bala bantuan yang besar dan berhasil mengambil kembali hong nong. tetapi sementara itu, li jue dan guo si menghancurkan tempat apapun yang mereka temui, membantai semua orang yang tua dan lemah, dan memaksa yang kuat menjadi pasukan. ketika dalam pertempuran mereka menempatakn orang-orang itu menjadi pasukan di garis depan dan mereka memanggilnya "gan si ping ren" atau "pasukan berani mati".
pasukan li jue dan guo si sangat banyak. ketika li yue, pimpinan gelombang putih mendekat dengan pasukannya. guo si memerintahkan pasukannya untuk melemparkan barang berharga. para orang bekas perampok itu tergoda untuk mengambilnya dan akhrnya mereka kacau balau. lalu guo si memrintahkan pasukannya untuk maju menyerang dan menghancurkan emreka .yang feng dan dong cheng sementara itu telah membawa kaisar melalui jalur utara.
li jue dan guo si mengejar.
li yue, pemimpin gelombang putih berkata pada kaisar, "keadaan sangat gawat, yang mulia. aku harap yang mulia tinggalkan kereta dan naik kekudaku ini. dan pergilah."
kaisar berkata,"aku tidak dapat meninggalkan para bawahan yang setia padaku."
mereka semua bersujud dan menangis mendengar kaisar mengucapkan kata-kata itu dan mereka bersumpah akan mati demi kaisar. lalu kaisarpun pergi. dan mereka semua yang terinspirasi dengan kebaikan kaisar lalu bertempur mati-matian, pertempuran yang tidak seimbang antar 2 .000 orang bersenjatakn ala kadarnya dgn 15.000 tentara dgn perlengkapan senjata lengkap. tetapi mereka dapat menahan cukup lama dan ahkhirnya hu chai--- pemimpin "gelombang putih" itu tewas dalam pertempuran.
Pdf By Kang Zusi musuh terus mengejar dan kaisar sekrang telah sampai didekat sungai kuning. yang feng dan dong cheng sertai kaisar dan permaisuri turun dari kuda dan berjalan kaki ke pinggir sungai kuning.
Li yue mencari perahu untuk berlayar kesebrang sungai. cuaca sangat dingin dan kaisar dan permaisuri sudah sangat kedinginan dan bergetar. mereka telah sampai ke pinggir sungai dan mendapatkan perahu, tetapi sisi sungai sangat tinggi dan mereka tidak menemukan tempat landai.
lalu yang feng mengusulkan, "kita dapat menggunakan tali kida untuk membantu kaisar turun."
tetapi adik permaisuri fu de berkata, "aku menemukan 10 rol sutra dari pasukan yang mati itu dan kita dapat menggunakannya."
dan mereke menggulung kaisar dan permaisuri dengan sutra dan mereka menuruknanya pelan-pelan kedalam perahu, lalu li yue turun dengan tali dan membawa fu du dipunggungnya kedalam perahu.
tetapi perahu itu terlalu kecil untuk semua orang, dan mereka yang tidak dapat measuk akhirnya hanya tergantung di tali-tali itu dan jatuh kedalam air. mereka membawa kaisar ke seberang sungai dan kemudia kembali untuk yang lain. akhirnya keributan terjadi karena mereka saling berusaha naik kekapal terlebih dahulu dan tidak mau mengalah. prajurit diperintahkan untuk membuang kesungai orang yang membahayakan perahu dan memotong jari dan tangan mereka yang berusaha memegang sisi perahu dari dalam air karena akan mengakibtkan perahu oleh. erangan kesakitan dan permintaan tolong memenuhi langit hari itu.
ketika mereka berkumpul di pinggir sungai, banyak yang hilang. hanya selusin pakaian kaisar yang tertinggal, yang feng menemukan gerobak kerbau dan dengan itu mereka mengantarkan kaisar ke da yang.
mereka tidak punya makanan dan mereka bermalam digubuk yang beratapkan jerami. beberapa orang dari desa menawarkan mereka makanan tetapi makanan itu terlalu alot untuk di kunyah dan ditelan.
keesokan harinya kaisar memberikan gelar bagi orang-orang menolongnya. li yue diberikan gelar jendral yang menaklukan utara dan han xian , jendral yang menaklukan timur.
perjalanan berlanjut dan segera 2 orang pejabat datang dengan pasukan mereka dan langsung bersujud dihadapan kaisar dengan menangis. merkea adalah pelindung kekaisaran yang biao dan administrator istana han rong. kaisar dan permaisuri senang dan ikut menangis bersama mereka.
kata han rong kepada orang disitu, "pemberontak percaya pada kata-kata ku. kau jagalah kaisar disini dan aku akan mempertaruhkan nyawaku untuk membawa perdamaian."
setelah han rong pergim kaisar beristirahat di kemah yang fend. tetapi yang biao meminta agar kaisar pergi ke an yi dan membuat ibu kota disana. ketika kereta kuda mereka sampai dikota itu, mereka menemukan bahkan tidak ada satu bangunan megah pun dikota itu dan tempat yang disediakan untuk kaisar hanyalah gubuk jerami yang bahkan tidak ada pintu. mereka membarikade tempat ini dengan pagar duri sebagai perlindungan dan didalamnya kaisar berkonsultasi dengan menterinya. prajurit berkemah disekitar pagar.
sekarang li yue dan teman-temannya menunjukan wajah aslinya. mereka menggunakan kuasa kaisar semau mereka dan para pejabat yang menentang di aniayanya bahkan dihadapan kaisar. mereka dgn sengajar memberi arak asam dan makanan basi untuk kaisar. kaisar berusaha untuk memakan makanan yang mereka berikan. li yue dan han xian merekomendasikan kepada kaisar nama-nama bekas narapidana, prajurit biasa, dukun, lintah darat dan orang-orang seperti itu untuk mendapat gelar. lebih dari 200 orang diusulkan. karena stempel tidak ada, maka sebatang kayu di ukir sedemikian rupa. masalah istana tidak pernah direndahkan sebegitunya.
sekarang han rong sedang menemui li jue dan guo si. setelah mendengarkan pembicaraan yang begitu berapi-api, kedua jendral ini setuju untuk melepakan pejabat dan orang-orang istana.
Pdf By Kang Zusi wabah kelaparan terjadi bersamaan pada tahun itu dan rakyat memakan rumput dari pinggir jalan untuk melanjutkan hidup. kelaparan melanda dimana-mana. tetapi makanan dan pakaian dikirim kepada kaisar dari gubernur henei, zhang yang dan gubernur he dong, wang yi dan mereka sekarang lebih lega.
dong cheng dan yang feng mengirim pekerja untuk membangun kembali istana di luo yang dengan tujuan untuk memintahkan istana kesana. li yue melawan usulan ini.
dong cheng berargumen, "luo yang adalah istana yang sesungguhnya, pergi dari kota kecil ini adalah sesuatu yang masuk akal."
li yue berdiri dan berkata, "kau boleh memindahkan istana kesana, tetapi aku akan tetap disini."
tetapi ketika kaisar telah memtuskan dan kaisar telah memberi perintah dan persiapan dilakukan dong cheng dan yang feng, li yue secara diam-diam mengirim utusan kepada li jue dan guo si untuk menangkap kaisar.
tetapi rencana ini bocor, dan dong cheng serta yang feng mengaturnya sehingga hal ini bisa terhindar dan mereka secepatnya menuju jalan melewati bukit gu. li yue yang mengetahui hal ini, tanpa menunggu guo si dan li jue pergi untuk bertindak sendiri.
ketika hari menjelang pagi, dan mereka telah melewati bukit gu, suara teriakan tiba-tiba terdengar, "hentikan kereta ! li jue dan guo si ada disini !"
ini menakutkan sang kaisar dan ketakutan jg melanda pasukan pengawalnya ketika mereka melihat seluruh bukit tiba-tiba nyala terang oleh obor.
bagaiman putra langit dapat lari dari masalah ini, akan dijelaskan pada bab berikut lu bu memimpin serangan malam hari ke xu zhou.
pada akhir bab yang lalu diceritakan kedatangan li yue yang berteriak dan berpura-pura menjadi li jue untuk menangkap kaisar.
tetapi yang feng mengenali suara li yue dan berkata. "itu cuman li yue !"
dia memerintahkan xu huang untuk melawannya. dalam satu tebasan pengkhianat itu tewas dan pasukannnya tercerai berai.
rombongan kekaisaran akhirnya berhasil selamat melintasi bukit gu. disini gubernur he nei, zhang yang, memberikan mereka makanan dan kebutuhan yang lain dan mengawal kaisar ke zhi dai. untuk bantuannya, kaisar menganugerahkan pangkat jendral pegawas bagi zhang yang. yang feng memindahkan pasukannya ke timur laut luo yang dan berkemah di ye wang.
sekarang kaisar memasuki kota luo yang. didalam tembok semuanya telah musnah. istana dan aula telah terbakar, jalanan dipenuhi dengan rumput dan akar-akar liar dan juga puing-puing bangunan. istana utama atapnya banyak yang holang dan temboknya rusak. sebuah istana kecil langsung dibuat dan disana pejabat istana dan kaisar bersidang. beridiri diudara terbuka diantara semak-semak dan rumput. nama pemerintahan diubah menjadi "membangun kedamaian kembali" (jiang an), tahun pertama. (sekitar thn 196 m) tahun ini banyak wabah kelaparan, penduduk luo yang walaupun telah berkurang hanya menjadi beberapa ratus keluarga saja, tetap tidak mendapatkan cukup makan dan mereka makan dengan mengerogoti batang kayu dan rerumputan serta akar-akar tanaman untuk memuaskan rasa lapar mereka. pejabat pemerintahan yang berpangkat tinggi keluar dari kota ke daerah lain untuk mencari makanan. banyak orang yang meninggal karena kejatuhan batu dari tembok kota yang rusak atau pilar-pilar dari rumah yang telah terbakar. belum pernah dalam jaman dinasti han, kemalangan dan penderitaan seperti ini pernah terjadi.
Pdf By Kang Zusi penjaga kekaisaran yang biao mengirimkan surat pada istana dan berkata, "titah yang diperintahkan padaku beberapa waktu yang lalu belum benar-benar dapat terlaksana. sekarang cao-cao sangat kuat di gunung shan dong dan akan baik bila kita berkerja sama dengan dia sehingga dia dapat mendukung dinasti han."
kaisar berkata,"tidak perlu mempermasalahkan masalah ini lagi. kirim utusan segera !!"
lalu titahpun dikirin dan utusan membawanya ke gunung shan dong. sekarang ketika cao-cao telah mendengar bahwa pemerintahan telah kembali ke ibu kota luo yang, dia memanggil penasehatnya untuk berkonsultasi.
xun yu menjelaskan permasalahannya kepada cao-cao , "800 thn yang lalu, pangeran wen dari jin mendukung raja xiang di akhir dinasti zhou. dan semua tuan-tuan tanah mendukung pangeran wen. pendiri dinasti han, liu bang memenangkan hati rakyat karena menggunakan pakaian berkabung bagi kaisar yi dari chu. sekarang kaisar xian telah menjadi pelarian dijalanan yang berdebu. untuk membantunya mengembalikan kekuasaanya sama seperti mendapatkan terima kasih dari langit. tetapi kau harus bertindak cepat atau seseorang lain akan mengambilnya darimu !"
cao-cao mengerti dan segera menyiapkan pasukannnya untuk berangkat. pada saat yang bersamaan utusan kaisar tiba membawa titah agar cao-cao segera menghadap.
di luo yang segalanya sangat menyedihkan. tembok telah runtuh dan tidak ada cara untuk membangunnya kembali, sementara kabar burung kedatangan li jue dan guo si membuat kota itu terus menerus diliputi kecemasan.
kaisar yang takut berbicara pada yang feng, berkata, "apa yang bisa kita lakukan " tidak ada jawaban dari timur hua shan dan musuh telah mendekat !"
lalu yang feng dan han xian berkata, "kami, adalah menterimu dan akan melawan dan mati untukmu !"
tetapi dong cheng berkata, "pertahanan kita lemah dan kekuatan militer kita kecil, kita sulit untum mengharapkan kemenangan dan apa artinya kekalahan yang sdh pasti untuk diperjuangkan " aku melihat tidak ada pilihan yang lebih baik untuk pergi ke timur gunung hua shan.
kaisar setuju dan perjalananpun dimulai tanpa persiapan apapun. mereka membawa beberapa ekor kuda, pejabat istana harus berjalan kaki. mereka melihat asap tebal dari debu-debu berterbangan yang berarti ada tentara yang mendekat. kaisar dan pengikutnya terdiam dan ketakutan. lalu datanglah seorang berkuda, dia adalah utusan yang kembali dari timur gunung hua shan.
dia berkuda kedepan kereta kuda kaisar dan bersujud serta berkata, "jendral cao-cao seperti yang diperintahkan telah datang membawa seluruh kekuataan tentaranya dari timur hua shan, tetapi mendengar bahwa li jue dan guo si telah mendekati ibu kota, dia mengirim xiahou dun berserta 100.000 tentara untuk maju duluan. xiahou dun memimpin 10 jendral yang hebat dan 50.000 pasukan berkuda telah tiba, dan akan segera mengawal yang mulia.
ketakutan langsung sirna dari benak kaisar. dan segera xiahou dun dan panglima lainnya datang. xiahou dun, xu chu dan dian wei segera turun dan bersujud pada kaisar. lalu pasukan kaisar melihat ada pasukan yang datang lagi dari arah timur. dan dengan perintah kaisar, xiahou dun melihat pasukan itu dan ternyata itu adalah 50.000 pasukan infantri yang datang dari arah lain dipimpin oleh cao hong untuk menjemput kaisar.
segera cao hong, li dian dan yue jing datang mendekat ke kereta kuda kaisar dan memperkenalkan diri mereka.
cao hong berkata, "ketika saudaraku cao-cao, mendengar pasukan pemberontak mendekat, dia takut keselamatan kaisar terancam dan mengirimkan aku memimpin pasukannya untuk datang dari arah timur."
"jendral cao-cao adalah pelayan yang setia dan dapat dipercaya !" kata kaisar.
Pdf By Kang Zusi perintah diberikan untuk maju, cao hong memipin kawalan dengan 10.000 tentara ditengah. tetapi tentara pemberontak mendekat dengan cepat. kaisar memerintahkan xiahou dun untuk melawan mereka. xiahou dun membagi 2 pasukannya untuk melawan mereka. xiahou dun memipin pasukan kavaleri sedangkan pasukan infantri mengawal kaisar. 2 0.000 tentara dipimpin oleh dian wei memyerang dari kiri, 2 0.000 tentara dipimpin xu chu menyerang dari kanan dan 2 0.000 tentara di tengah dipimpin xiao hou dun sendiri memecah belah musuh. li dian menjaga garis belakang dari rombongan kaisar dgn masing-masing 10.000
tentara dan yue jing memimpin pasukan mendahului rombongan kaisar dengan 10.000 tentara, sehingga kaisar dapat tenang dilindungi disegala arah.
li jue dan guo si membawa pasukan berkekuatan 170.000 pasukan. mereka telah sampai di dekat kota luo yang dan mendengar kaisar telah pergi, mereka mengirim 40.000 pasukan berkuda mengejar rombongan kaisar. ditengah jalan mereka dihadang pasukan cao-cao. pertempuran berlangsung sengit dari pagi hingga petang, dan akhirnya pasukan li jue dan guo si berhasil dikalahkan dan harus mundur sejau 2 0 km dari tempatnya semula. 10.000 pasukan pemberontak telah tewas dalam pertempuran itu. karena hari telah menjelang malam maka xiahou dun mengusulkan pada kaisar untuk kembali ke luo yang.
keesokan harinya cao-cao datang dengan tentara utamanya berkekuatan 2 50.000 pasukan dan dia berkemah didepan gerbang kota. dia masuk kekota untuk menemui kaisar. dia berlutut, tetapi kaisar langsung membangunkannya dan berterima kasih padanya.
cao-cao berkata, "setelah menerima kebaikan dari negara, pelayanmu ini berhutang budi pada kekaisaran.
kejahatan yang dilakukan kedua pemberontak itu telah memenuhi langit tetapi aku membawa 2 00.000
tentara terbaikku untuk melawan mereka. dan pasukanku dapat membuat yang mulia dan tahta dinasti aman.
keselamatan negara adalah masalah yang utama saat ini."
gelar terhormat dianugerahkan pada cao-cao. dia diangkat menjadi jendral besar pelindung negara, menteri pertahanan dan diberikan simbol militer.
kedua pemberontak li jue dan guo si ingin menyerang cao-cao ketika pasukan mereka masih kelelahan akibat perjalanan jauh.
tetapi jia xu penasehat mereka berkata,"tidak ada harapan untuk menang. dia memiliki tentara kuat dan jendral pemberani. menyerah mungkin akan memberikan kita amnesti."
li jue marah dan berkata, "apakah kau mencoba untuk melemahkan semangat pasukan ?"
dan dia mengeluarkan pedangnya dan mengarahkan pada jia xu. tetapi pejabat lainnya mencegah dan menyelamatkan penasehat itu. pada malan yang sama jia xu pergi dari kemah dan pulang kedesanya.
segera pemberontak itu mengajak bertempur. sebagai balasannya cao-cao mengirim xu chu, cao ren dan dian wei dengan 3 000 pasukan berkuda. ke3 pemimpin ini hanya menyerang sebentar lalu mundur dan seterusnya begitu berulang2. sementara cao-cao sedang menyusun formasi perang pasukannya yang besar.
lalu li xian dan li bie, keponakan dari li jue menantang duel. dari sisi cao-cao keluar xu chu yang menewaskan li xian. li bie yang karena sangat terkejut melihat hal itu langsung jatuh dan kuda dan mati. xu chu kembali dengan membawa 2 kepala.
ketika xu chu mempersembahkan kepala ke 2 orang itu kpd cao-cao, dia menepuk bahu xu chu dan berkata,
"kau benar-benar fan kuai milikku !"
berikutnya formasi perang telah selesai dan xiaohou dun serta cao hong memimpin kedua formasi sayap dan cao-cao ditengah, mereka maju dengan suara genderang perang mengiringi. pemberontak bergerak mundur dan lansung lari. tentara cao-cao mengejar dipimpin oleh cao-cao sendiri, dengan pedang ditangan.
pembantaian itu berlangsung sampai malam hari. 10.000 pasukan musuh tewas dan banyak lagi yang terluka dan menyerah. li jue dan guo si pergi ke arah barat, lari kepanikan seperti anjing yang kabur dari rumah yang roboh. tidak punya tempat untuk berlindung, mereka pergi ke bukit dan sembunyi di balik semak-semak.
Pdf By Kang Zusi pasukan cao-cao kembali dan berkemah didekat ibu kota.
lalu yang feng dan han xian berkata, "cao-cao ini telah melakukan jasa besar dan dia orang dgn pasukan besar. nanti tidak ada akan tempat buat kita."
lalu mereka mengirim pesan pada kaisar bahwa mereka ingin mengejar pemberontak dan dengan alasan ini mereka membawa pasukan mereka dan berkemah di da liang.
suatu hari kaisar memanggil cao-cao. utusan dikirim dan diterima cao-cao. cao-cao melihat bahwa utusan ini berbeda dan tidak dapat mengerti kenapa orang lain tampak kelaparan tetapi dia sehat-sehat saja.
cao-cao bertanya, "kau tampak sehat-sehat saja pak. bagaimana kau mengaturnya ?"
"hanya ini: aku telah hidup miskin selama 30 thn."
cao-cao bertanya, "jabatan apa yang pernah kau pegang ?"
"aku diangkat karena kejujuranku dan kesetiaanku. aku pernah mengabdi pada yuan shao da zhang yang tetapi kembali kesini ketika kaisar pulang. sekarang aku adalah salah seorang sekertarisnya. aku berasal dari ding tao dan namaku adalah dong zhao."
cao-cao berdiri dari tempat duduknya dan berkata, "aku telah mendengar tentangmu, betapa senangnya aku dapat bertemu denganmu."
arak dibawa kedalam tenda dan xun yu dipanggil dan diperkenalkan. ketika mereka sedang berbincang, datang seorang prajurit mengatakan ada kelompok yang bergerak ke arah timur. cao-cao memerintahkan untuk mencari tahu siapakan orang-orang itu, tetapi dong zhao langsung tahu saat itu juga.
"mereka adalah mantan pemipin yang pemberontak. yang feng dan han xian. mereka lari karena kedatanganmu."
"apakah mereka tidak mempercayaiku ?" tanya cao-cao.
"mereka tidak layak untuk kau perhatikan, tenangkan dirumu tuan."
"bagaimana dgn li jue dan guo si " " tanya cao-cao.
"harimau tanpa cakar dan burung tanpat sayap-- mereka tidak akan pergi jauh. mereka tidak berharga untuk dipikirkan."
cao-cao melihat bahwa dia dan tamunya ini banyak persamaan, lalu dia mulai membicarakan urusan negara.
kata dong zhao, "kau, tuan, dengan tentaramu dapat menghancurkan pemberontakan dan menjadi tulang punggung kekaisaran, sebuah pencapaian yang sama seperti ke 5 pelindung negara dimasa lalu. tetapi para pejabat akan melihatnya lain dan tidak semuanya akan mendukungmu. aku pikir akan tidak bijaksana jika kau tetap berada disini, dan aku mengusulkan memindahkan ibu kota ke xu chang. tetapi, harus diingat bahwa berita mengenai restorasi ibu kota di luo yang telah diumumkan dan banyak orang yang datang berharap dapat hidup tenang dan aman. perpindahan lagi akan membuat banyak orang tidak senang.
walaupun begitu, untuk melakukan suatu yang besar memang dibutuhkan suatu pengorbanan yang besar pula. ini adalah terserahmu untuk menentukan."
"sama seperti pikiranku !" kata cao-cao,"tetapi apakah tidak ada bahaya " yang feng di da liang dan pejabat istana !"
Pdf By Kang Zusi "itu mudah diatur. tulislah surat ke yang feng dan tenangkan pikirannya. lalu katakan kepada pejabat negara bahwa tidak ada makanan di luo yang ini dan karena itu kau akan pergi ke tempat lain dimana ada makanan dan ditempat itu tidak ada bahaya kekurangan apapun. ketika mereka mendengar ini, mereka akan setuju."
cao-cao sekarang harus memutuskan dan setelah tamunya berpamitan. cao-cao dan penasehatnya diam-diam membicarakan perpindahan ibu kota.
sekarang penasehat istana wang li, yng juga ahli perbintangan, berkata pada liu cai, penulis sejarah istana,
"aku telah mempelajari bintang. sejang musim semi venus telah mendekati bintang pelindung dan pengembala sapi (note yang dimaksud ursa major dan vega) melewati sungai khayangan. mars telah mengalami konjungsi dengan venus di gerbang langit, sehingga metal (venus) dan api (mars) menjadi satu.
oleh sebab itu pasti akan ada pemimpin baru. aura dari dinasti han telah habis dan jin dan wei akan bangkit.
sebuah surat rahasia dikirimkan pada kaisar berkata, "mandat langit telah menunjukan jalannya. dan 5
elemen, metal, kayu, air, api dan tanah--telah berubah proporsinya. tanah menyeran api adalah wei menyerang han dan pengganti dinasti han adalah wei."
cao-cao mendengar hal ini dan dia mengirim orang kepada ahli bintang itu dan berkata, "kesetiaanmu tidak diragukan lagi, tetapi jalan langit adalah sulit diterka. sedikit yang kau katakan akan lebih baik."
lalu cao-cao mendiskusikan masalah ini pada xun yu.
penasehatnya berkata, "kebajikan han adalah api, elemenmu adalah tanah. xu chang berada dalam lindungan elemen tanah dan keberuntunganmu bergantung dgn tempat itu. api dapat mengatasi tanah dan tanah dapat menguatkan kayu. dong zhao dan wang li setuju, dan kau hanya perlu menunggu saja."
akhirnya cao-cao memastikan keputusannya.
keesokan harinya didepang sidang dia berkata, "luo yang sudah hancur dan tidak dapat dibangun kembali dan juga tidak dapat menghasilkan makanan. xu chang adalah kota yang mulia, penuh sumber daya alam dan dekat ke lu yang tempat lumbung beras terbesar. itu adalah sebuah tempat yang cocok menjadi ibu kota. aku berharap istana dipindah secepatnya."
kaisar tidak berani membantah dan para pejabat terlalu bingung untuk berpendapat. akhirnya mereka memilih hari untuk berangkat. cao-cao sebagai komandan rombongan itu dan semua pejabat mengikuti.
ketika sampai disuatu tempat, tiba-tiba bunyi genderang perang bertabuhan.
lalu yang feng dan han xian muncul dan menghalangi jalan. didepan berdiri xu huang yang berteriak, "cao-cao menbawa pergi kaisar !"
cao-cao melihat orang itu. dia tampaknya orang hebat dan dalam hatinya cao-cao mengngaguminya. cao-cao memerintahkan xu chu untuk melawan xu huang. pertempuran itu berlangsung 50 jurus dan tidak ada yang menang. cao-cao memerintahkan pasukannya mundur.
didalam kemah dia berkumpul dengan bawahannya. " kedua pemberontak itu tidak perlu dibahas, tetapi xu huang adalah jendral yang hebat dan aku tidak ingin menggunakan kekuatan besar melawannya. aku ingin dia berkerja untukku."
lalu majulah man chong, berkata,"janagan buat hal itu menkhawatirkan mu tuanku. aku akan berbicara padanya. aku akan menyamar menjadi pasukannya malam ini dan aku akan membuat dia berkerja untuk kita."
malam itu man chong, menyamar dan pergi ke kemah musuh lalu dia berjalan ketenda xu huang yang sedang duduk dekat lilin. xu huang masih mengenakan baju perangnya.
Pdf By Kang Zusi tiba-tiba man chong kehadapannya dan memberi hormat, "kau baik-baik saja sejak kita berpisah, kawan lama
?" xu huang terkejut dan memandang wajah orang yg berbicara itu dan dia berkata, "apa !! kau man chong dari shan yang " apa yang kau lakukan disini ?"
"aku adalah bawahan cao-cao. melihat teman lamaku di pasukan musuh. aku menginginkan berbincang-bincang denganmu. lalu aku mengambil resiko mengendap-endap malam ini dan disinilah aku."
xu huang meminta man chong duduk.
lalu berkatalah man chong, "hanya ada sedikit orang pemberani didunia ini. kenapa kau melayani orang seperti tuanmu sekarang " tuanku adalah orang yang paling hebat didunia, seorang pria yang menyukai orang bijak dan menghargai prajurit seperti yang semua orang tahu. keberanianmu hari ini telah memenangkan seluruh kekagumannya dan dia mengatur agar serangan tidak membabi buta sehingga tidak melukaimu.
sekarang dia mengirimku untuk mengundangmu mengikutinya. apakah kau mau meninggalkan kegelapan menuju terang dan membantu dia dalam tugas besarnya ?"
xu huang duduk berpikir cukup lama mengenai tawaran ini.
lalu dia berkata sambil menghela napas, "aku tahu tuanku akan gagal, tetapi aku telah mengikuti mereka cukup lama dan tidak begitu nyaman meninggalkan mereka."
tetapi kau tahu bahwa burung yang bijak memilih pohonnya sendiri dan pelayan yang bijak memiih tuannya.
ketika seseorang bertemu dng tuan yang sesuai dan mebiarkannya, orang itu sungguh ceroboh."
"aku bersedia melakkukan apa yang kau katakan" kata xu huang sambil berdiri.
"kenapa kau tidak membunuh kedua tuanmu itu sebagai hadiah perkenalan ?" kata man chong.
"adalah sangat salah bagi pelayan untuk membunuh tuannya, aku tidak akan membunuh mereka."
"benar, kau adalah orang baik."
lalu xu huang dengan hanya membawa beberapa orang berkuda yang merupakan orang-orang nya, pergi malan itu dan berpindah ke cao-cao. lalu segera, seseorang membawa berita ini ke yang feng yang memerintahkan 1000 orang berkuda untuk keluar dan menangkap xu huang.
ketika mereka mendekat, yang feng berteriak, "pengkhianat ! berhenti kau !"
tetapi yang feng masuk dalam perangkap. tiba-tiba dari sisi gunung obor-obor bernyalaan dan munculah pasukan cao-cao, cao-cao sendiri berada disana.
"aku telah menantimu cukup lama, janagan lari kau pemberontak!" teriak cao-cao.
yang fei langsung terkejut dan ingin kabur, tetapi segera terkepung. han xian datang menolong. yang feng akhirnya berhasil melarikan diri sementar cao-cao tetap menyerang pasukan mereka. banyak pasukan pemberontak yang menyerah dan pemimpin mereka menemukan terlalu sedikit orang yang tersisa sehingga mereka pergi berlindung pada yuan shu.
ketika cao-cao kembali kekemah, dia menerima dengan baik para pasukan yang menyerah. lalu keesokan paginya. rombongan berangkat lagi menuju xu chang. dan akhirnya mereka samapi ke xu chang, dan mereka membuat istana dan aula, kui leluhur dan altar, teras istana dan kantor pejabat. tembok diperbaiki dan diperkuat, rumah penyimpanan dibangun dan semua ditata dengan baik.
Pdf By Kang Zusi lalu datanglah hadiah bagi pengikut cao-cao dan orang-orang yang membantunya.
dong cheng dan 13 orang lainnya diankat menjadi penguasa daerah. semua jasa mendapat balasannya dan yang bersalah mendapat hukumannya. semua sesuai dengan kehendak cao-cao.
cao-cao mengangkat dirinya sendiri menjadi perdana menteri, kepala panglima, penguasa dari wu ping. xun yu diangkat menjadi penasehat kekaisaran dan kepala sekertariat kekaisaran. xun you diangkat menjadi menteri perang, guo jia diangkat menjadi menteri agama, liu ye menjadi menteri perkerjaan umum, mao jie menjadi menteri pertanian dan berdua dgn ren jun, mereka melakukan pengawasan atas sawah-sawah dan lumbung-lumbung padi. cheng yu diberi gelar penguasa dari dong ping, dong zhou kepada pengadilan luo yang, man chong, kepala pengadilan xu chang. xiahou dun, xiahou yuan, cao ren, cao hong, lu qian, li dian, yue jing, yu jin dan xu huang diangkat menjadi jendral kekaisaran. xu cu dan dian wei diangkat menjadi komandan penjang ibu kota. semua jasa mendapatkan balasannya.
cao-cao sekarang menjadi satu-satunya orang berkuasa dipemerintahan. semua urusan pemerintahan dia yang mengaturnya. semua surat dan pesan ditujukan padanya dan kemudian dia merangkumnya untuk kaisar.
ketika masalah negara sudah diaturnya, cao-cao mengadakan pesta besar dengan para pengikutnya dan penasehatnya di kediamannya dan masalah diluar ibukota adalah masalah utaman.
lalu cao-cao berkata, "liu bei mempunyai pasukannya di xu zhou dan dia mengatur administrasi daerah itu. lu bu kabur kepada liu bei ketika dikalahkan dan liu bei memberikan lu bu kota xiao pen untuk ditempati. jika mereka berdua bergabung untuk menyerang, posisiku pasti akan berada dalam kondisi serius. apa tindakan yang harus kita lakukan ?"
lalu bankitlah xu chu dan berkata, "berikan aku 50.000 pasukan terlatih dan aku akan membawakan tuan perdana mentri kedua kepala mereka !"
xun yu berkata, "jendral, kau pemberani, tetapi kita harus mempertimbangkan keadaan. kita tidak dapat tiba-tiba mengadakan perang karena ibu kota baru saja dipindahkan. tetapi, ada taktik yang dapat kita jalankan, taktik itu disebut "harimau bertarung untuk satu buruan". liu bei tidak mempunyai titah yang memberinya kekuasaan untuk memimpin daerah itu, dan tuan perdana menteri dapat memberinya titah itu dan dengan pesan untuk mengenyahkan lu bu. jika dia lakukan, makan dia akan kehilangan pendekar tangguh disisi-sisinya, dan kita dapat menghadapinya dgn lebih mudah. jika dia gagal, maka lu bu akan balik menghabisinya. jika dia tidak mau melakukannya maka kita mempunyai alasan untuk menghukumnya, ini lah taktik itu. apapun yang dilakukan mereka akan saling menggigit, hanya dibutuhkan umpan yang tepat."
cao-cao setuju dengan usul ini. lalu dia membuat titah untuk memformalisasikan pengangkatan yang dia kirimkan pada liu bei. liu bei diberi gelar jendral yang menaklukan timur dan penguasa dari yi cheng serta penjaga kekaisaran daerah xu zhou. dan juga sebuah surat rahasia.
di xu zhou ketika liu bei mendengar pergantian ibu kota. dia telah menyiapkan ucapan selamat. dan datanglah utusan kekaisaran dan menemuinya. kemudian setelah menerima titah, sebuah perjamuan disiapkan untuk utusan itu.
utusan itu berkata, "titah ini dibuat perdana menteri cao-cao untukmu."
liu bei berterima kasih. lalu utusan itu menyerahkan surat rahasia.
setelah membacanya, liu bei berkata, "masalah ini dapat dgn mudah diatur."
perjamuan berakhir dan utusan itu pergi ke penginapannya untuk beristirahat. liu bei sebelum istirahat memanggil penasehatnya untuk mendiskusikan surat itu.
"tidak perlu ada perdebatan untuk membunuh lu bu," kata zhang fei, "lu bu adalah manusia yang jahat dan kejam."
Pdf By Kang Zusi "tetapi dia datang padaku untuk meminta perlindungan karena dia lemah. bagaimana aku dapat membunuhnya " ini adalah sebuah perbuatan yang salah" kata liu bei.
"jika dia adalah orang yang baik maka itu aka sulit" jawab zhang fei.
liu bei tidak membantahnya lagi. tetapi tetap tidak dapat memutuskan.
keseokan harinya, ketika lu bu datang untuk memberi selamat, dia diterima seperti biasanya. dia berkata,
"aku datang untuk memberikan selamat padamu."
liu bei berterima kasih padanya. tetapi kemudian dia melihat zhang fei yang mengeluarkan pedangnya dan masuk kedalam ruangan untuk membunuh lu bu. liu bei langsung mencegahnya.
lu bu terkejut dan berkata, "kenapa kau ingin membunuhku, zhang fei" "
"cao-cao berkata kau adalah binatang dan menyuruh kakakku untuk membunuhmu" teriak zhang fei.
liu bei berteriak lagi dan lagi menyuruh zhang fei keluar dan memerintahkan agar tidak boleh ada yang memberinya arak selama 10 hari. lalu dia membawa lu bu masuk ruangan pribadinya. lalu dia menceritakan kepada lu bu seluruh kejadian dan memperlihatkan surat rahasia cao-cao.
lu bu menangis setelah membacanya, "ini adalah rencana yang dirancang untuk menuai permusuhan diantara kita."
"jangan takut, saudara tuaku." kata liu bei, "aku tidak akan melakukan tindakan tidak bermoral ini."
lu bu lagi dan lagi sangat berterima kasih. mereka tetap berbincang-bincang dan meminum arak sampai malam. akhirnya lu bu berpamitan.
tanya guan yu dan zhang fei kepada liu bei, "kenapa tidak membunuhnya ?"
liu bei berkatam "karena cao-cao takut pada lu bu dan aku akan menyerangnya, dia mencoba untuk memisahkan kami dan akhirnya menerkam kami berdua nantinya. apakah ada alasan lain memangnya ?"
guan yu terdiam, tetapi zhang fei berkata, "aku ingin menyingkirkannya, jika tidak dia pasti akan membuat masalah untuk kita."
"itu bukanlan apa yang orang mulia harus lakukan." kata liu bei.
segera utusan itu kembali ke ibu kota dengan balasan dari liu bei. surat itu hanya bilang bahwa instruksi perdana menteri perlu waktu untuk dipersiapkan dan dijalankan. tetapi utusan itu menceritakan pada cao-cao bagaimana liu bei bersikap baik pada lu bu.
lalu cao-cao berkata, "rencana kita gagal, apa selanjutnya ?"
xun yu berkata, "aku punya taktik lain bernama "harimau dan serigala", dimana harimau dilepaskan untuk menghabisi serigala."
"mari kita dengar rencanamu itu" kata cao-cao.
"kirim utusan ke yuan shu yang mengatakan bahwa liu bei telah mengirimkan surat rahasia ke istana bahwa dia ingin menguasai daerah selatan sungai huai. yuan shu akan marah dan menyerangnya. lalu kau bisa perintahkan liu bei untuk menyerang yuan shu dan ini akan menyebabkan mereka berdua saling menghancurkan. lu bu akan berpikir ini adalah kesempatanya untuk berkhianat. ini adalah taktik, 'harimau dan serigala' "
Pdf By Kang Zusi cao-cao berpikir bahwa ini adalah rencana yabg baik dan mengirim titah kepada liu bei. ketika titah ini tiba, utusan itu diterima dengan suatu upacara dan titah itu memerintahkan untuk menangkap yuan shu. setelah utusan itu pergi. liu bei memanggil mi zhu yang mengatakan bahwa itu adalah suatu siasat.
"mungkin saja itu sebuah siasat" kata liu bei, "tetapi titah kaisar tidak dapat dilanggar.".


Kisah Tiga Kerajaan Sam Kok Romance Of The Three Kingdom Karya Luo Guan Zhong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

pasukan disiapkan keesokan harinya.
sun qian berkata, "seorang yang terpercaya harus disiapkan menjaga kota."
dan liu bei bertanya pada kedua adiknya siapa yang mau menjaga kota.
"aku akan menjaganya." kata guan yu.
"aku selalu membutuhkan saranmu, bagaimana kita dapat berpisah" kata liu bei.
"aku akan menjaga kota" kata zhang fei.
"kau akan gagal" kata liu bei, "kau terlalu sering minum arak-arak dan ketika mabuk kau akan menjadi buas dan memukuli prajurit. selain itu kau sangat terburu-buru dan tidak mendengarkan saran siapapun. aku akan menjadi tidak tenang setiap saat."
"mulai hari ini aku tidak akan minum arak lagi, tidak akan memukuli pasukan lagi dan aku akan selalu mendengar saran."kata zhang fei.
"aku khawatir mulut tidak sinkron dengan hati." kata mi zhu.
"aku telah megikuti kakakku bertahun-tahun dan tidak pernah melanggar janju. kenapa kau meragukanku " "
kata zhang fei. liu bei berkata, "walaupun kau katakan ini, aku tidak merasa puas. aku akan memerintahkan penasehat chen deng untuk membantumu dan menjagamu tetap waspada. dan kau tidak akan membuat kesalahan."
chen deng menerima tugas itu dan perintah diberikan. pasukan dengan kekuatan 3 0.000 prajurit, berkuda dan infantri meninggalkan xu zhou dan menuju nan yang.
ketika yuan shu mendengar bahwa ada surat yang dikirim liu bei meminta agar diijinkan menguasai wilayah selatan sungai, dia langsung marah dan dia membawa pasukannya keluar dan memaki liu bei.
"kau penjual sepatu dan penganyam jerami ! kau telah cukup pintar dan mendapatkan daerah yang besar dan menyikut sana sini sehingga mendapatkan gelar bangsawan. aku sedang akan menyerangmu dan tidak disangka sekarang kau datang untuk menyerahkan nyawamu !"
lalu yuan shu memerintahkan agar pasukannya disiapkan. sebanyak 100.000 prajurit dibawah komando ji ling diperintahkan untuk menyerang xu zhou. kedua pasukan bertemu di xu yi, dimana liu bei berkemah didataran dengan bukit dibelakang dan sungai disampingnya.
ji ling berasal dari sebelah timur gunung hua shan. dia menggunakan pedang bermata 3 .
setelah dia membuat kemah, dia keluar dan mulai menghina musuhnya sambil berteriak, "liu bei kau penjual sendal, berani benar kau menyerang daerah ini ?"
"aku punya titah yang memerintahkan aku untuk menangkap gubernur yuan shu. jika kau melawan, kau juga akan dihukum." jawab liu bei.
Pdf By Kang Zusi ji ling yang marah langsung berkuda dan mengangkat senjatanya.
tetapi guan yu berteriak, "manusi bodoh, kau mau mati !!!"
dan guan yu maju untuk menghadapinya. kedua bertarung dan setelah 3 0 jurus tidak ada yang menang. lalu ji ling kembali untuk beristirahat. dan guan yu pun melakukan hal yang sama dan menunggu ji ling kembali.
ketika saatnya untun bertarung kembali, ji ling mengirim salah satu jendralnya xun zheng untuk mengantikan tempatnya.
tetapi ketika bertemu guan yu, guan yu berkata, "bilang pada ji ling untuk keluar, aku harus menyelesaikan urusan dgnnya dan membuktikan siapa yang harimau dan siapa yang seekor rusa."
"kau, seorang tak dikenal dan tidak berharga untuk bertarung dengan panglima kami !" kata xun zheng.
Jawaban ini membuat guan yu marah, dan langsung membuat satu serangan saja pada xun zheng dan langsung menjatuhkannya ketanah. liu bei langsung memerintahkan prajuritnya maju menyerang dan pasukan ji ling yang melihat kehebatan guan yu langsung gentar dan mundur.
Di xu zhou, setelah liu bei pergim zhang fei menempatkan orang-orang nya dan pembantunya chen deng untuk mengurusi masalah adminstrasi daerah itu, dan dia hanya mengurusi masalah militer. setelah memikirkan hal-hal ini dia mengadakan pesta untuk semua petugas militer.
KETIKA mereka semua duduk dia membuat pidato, "sebelum kakakku pergi, dia memintaku untuk tidak meminum arak dan takut terjadi kecelakaan. sekarang kalian boleh minum sepuasnya dan mulai besok arak dilarang, kita harus menjaga agar kota aman. jadi silakan minum ."
dan dengan ini dia dan seluruh tamunya berdiri untuk minum bersama.
pembawa arak datang dan cao bao menolak untuk minum, berkata, "aku tidak minum arak karena agama melarangku."
"apa !!! seorang pria tidak bisa minum arak!" kata zhang fei. "aku ingin kau minum satu cangkir saja."
cao bao takut menghina, lalu dia minum.
sekarang zhang fei minum satu gentong penuh. akhirnya dia mabuk. tetapi dia ingin minum lagi dan menyuruh tamunya minum satu cangkir lagi. dan cao bao menolaknya.
"kau telah meminumnya tadi, dan sekarang mengapa kau menolaknya."
zhang fei memaksanya dan cao bao tetap menolak.
lalu zhang fei dalam keadaan mabuknya berkata, "jika kau menolak menjalankan perintah jendralmu, kau akan di hukum 100 kali pukulan !"
dan dia memanggil pengawalnya.
disini chen deng mencegah dan berkata, "apakah kau ingat mengenai larangan kakakmu sebelum dia pergi ?"
"kau orang sipil, uruslah masalah sipil dan tinggalkan kami sendiri." kata zhang fei.
satu-satunya jalan untuk lolos adalah meminta remisi dan cao bai malakukan itu dan berkata, "tuan, maukah kau memandang menantuku sehingga kau memaafkanku."
Pdf By Kang Zusi "siapakah menantumu ?"
"lu bu" jwb cao bao.
"aku tidak bermaksud menghajarmu sebetulnya tetapi jika kau berpikir aku takut pada lu bum aku akan menghajarmu seperti aku menghajarnya !" kata zhang fei.
tamu-tamu yang lainnya memohong agar cao bao dilepaskan tetapi zhang fei yang telah mabuk berat tidak mendengarkan dan cao bao menerima 50 pukulan yang di lakukan oleh zhang fei sendiri. dan hanya karena zhang fei sudah sangat mabuknya sehingga dia sudah tidak bisa lagi memukul maka hukuman cao bao dikurangi.
perjamuan itu berakhir dan cao bao yang dihakar zhang fei pergi dengan kemarahan. malam itu dia mengirim surat ke xiao pei menceritakan penghinaan ini. dan didalam surat dia menceritakan bahwa liu bei sedang pergi dan mengusulkan agar serangan tiba-tiba dilakukan malam ini ketika zhang fei sedang mabuk berat dan tertidur. lu bu segera memanggil chen gong dan berdiskusi.
"xiao pei hanyalah tempat sementara." kata chen gong, "jika kau dapat merebut xu zhou, itu adalah sebuah kesempatan yang baik."
lu bu dengan segera bersiap dan secepatnya dia membawa 5000 pasukan berkuda dan memeritnahkan chen gong dan gao shun mengikutinya dgn membawa 2 0.000 pasukan utama
xiao pen hanyalah berjarak 15 km jauhnya dari xu zhou. lu bu telah berada di bawah tembok kota, malam itu bulan bersinar terang dan tidak ada penjaga yang melihatnya.
lu bu mendekat dan berteriak ,"perintah rahasia dari liu bei tiba !"
penjaga tembok adalah orang-orang cao bao dan mereka memberitahu padanya. cao bao datang dan ketika melihat siapakah yang disana, dia langsung menyuruh membuka gerbang. lu bu memberikan signal rahasia dan pasukannya masuk sambil berteriak.
zhang fei yg didalam ruangannya tertidur langsung dibangunkan pengawalnya dan berkata bahwa musuh telam memasuki kota.
mereka berkata, "lu bu telah masuk kota dan berperang didalam !"
zhang fei segera memakai pakaian perangnya dan mengambil senjatanya serta naik kekuda. tetapi karena dia masih dalam keadaan mabuk maka kemampuan perangnya tidak maksimal. lu bu yang mengetahui hal ini tidak menyerangnya dengan sekuat tenaga dan zhang fei dibiarkan lolos dan kabur dengan 18 pengawal dari yan, dia kabur ke gerbang timur dan pergi. meninggalkan keluarga liu bei dan mnyerahkan mereka pada nasib.
cao bao melihat zhang fei hanya membawa pasukan kecil dan masih 1/ 2 mabuk, datang mengejar. zhang fei yang melihat siapa yang mengejar menjadi sangat marah. dia memacu kudanya kepada cao bao dan memukul mundur. dia mengikuti cao bao keparit dan melukainya dipunggunya. kuda cao bao yang ketakutan akibat teriakan zhang fei membawa tuannya ke dalam parti dan dia mati tenggelam.
diluar tembok kotanya zhang fei mengumpulkan pasukan dan mereka berkuda kearah selatan.
lu bu setelah mengjutkan kota langsung mengendalikan keadaan. dia menempatkan penjaga di kediaman liu bei dan tidak boleh seorangpun menganggu mereka.
zhang fei dan beberapa pengikutnya pergi ke kemah kakaknya dia xuyi dan menceritakan kisahnya. semua langsung gelisah.
Pdf By Kang Zusi "keberhasilan tidak patutu dirayakan dan kekalah tidak patut disesali." kata liu bei sambil menghela napas dan berusaha menenangkan zhang fei yang menangis menyesal.
"dimana keluarga kakak kita ?" tanya guan yu.
"mereka kutinggal didalam kota dan aku tidak tahu bagaimana keadaanya." jawab zhang fei yang tidak berani mengangkat kepalanya untuk melihat guan yu.
liu bei hanya dapat tertunduk lesu dan diam, dari matanya terlihat bahwa dia sedih dan khawatir.
guan yu yang berusaha untuk tidak marah dan menghajar zhang fei, berkata, "apa yang kau katakan ketika kau berjanji menjaga kota. apa perintah yang kakak berikan untukmu " sekarang kota telah hilang dan begitu juga dengan kakak ipar dan yang lainnya. apakah kamu puas sekarang ?"
zhang fei yang diliputi rasa penyesalan yang sangat, hanya bisa berlutut dan menangis didepan guan yu dan liu bei. dia mengambil pedang untuk membunuh dirinya sendiri.
tetapi liu bei langsung mengambil pedang itu dan membuangnya ke tanah dan langsung menyuruh adiknya yang sedang menangis penuh penyesalan itu berdiri dan langsung memegang tangannya.
liu bei berkata, "pepatah mengatakan :'saudara ada seperti tangan dan kaki, istri dan anak adalah seperti pakaian. kau dapat menjahit pakaian yang robek, tetapi bagaimana memasang tangan dan kaki "' , kita ber3
telah bersumpah sebagai saudara. walaupun tidak dilahirkan pada hari yang sama tetapi bersedia mati pada hari yang sama. kota telah hilang, istri dan anakku tidak tahu bagaimana nasibnya, tetapi aku tidak mau salah satu dari kita ada yg mati dan meninggalkan semua rencana kita. lagipula, xu zhou bukanlah milik kita dan lu bu tidak akan melukai keluargaku tapi dia akan menjaganya. kau membuat kesalahan, adikku, tetapi apakah itu sepadan dengan nyawamu ?"
dan liu bei pun menangis. mereka ber3 akhirnya menangis bersama dan orang-orang disana tergerak oleh kejadian ini dan ikut terharu.
segera berita mengenai keberhasilan lu bu mengambil daerah xu zhou terdengar oleh yuan shu. yuan shu mengirim pesan yang isinya akan memberikan hadiah untuk membujuk lu bu jika melakukan serangan bersama kepada liu bei. hadiah itu berupa 50.000 peti beras, 500 kuda, 10.000 ons emas dan perak dan 1000
roll sutra. lu bu memakan umpan itu dan memerintahkan gao shun memimpin 50.000 pasukan. tetapi ketika liu bei mendengar tentang penyerangan itu, dia membuat alasan untuk memindahkan pasukannya karena alasan cuaca untuk memindahkan pasukannya dari xuyi ke guangling sebelum pasukan penyerang datang.
gao shun kemudian meminta hadiah seperti yang dijanjikan, melalu ji ling dia menyatakan permohonannya, ji ling berkata, "tuanku sedang pergi, aku akan menyelesaikan masalah ini setelah aku bertemu dengannya."
dengan jawaban ini gao shun kembali pada lu bu yang tidak dapat memutuskan apa yang harus dilakukan.
lalu datang surat dari yuan shu.
"walaupun gao shun telah menyerang liu bei, tetapi liu bei tidak berhasil ditangkap dan karena itu tidak ada hadiah yang akan diberikan sampai dia benar-benar tertangkap."
lu bu marah kepada apa yg dia sebut melanggar janji dan ingin menyerang yuan shu dengan pasukannya.
chen gong menasehatinya dan berkata, "janagan kau lakukan itu, yuan shu menguasai shouchun dan mempunyai pasukan besar, dengan persediaan cukup. kau bukanlah lawannya. lebih baik minta liu bei untuk berdiam di xiao pei sebagai salah satu sayapmu dan ketika waktunya tiba, minta dia memimpin penyerangan, Pdf By Kang Zusi
ke utara dan selatan. lalu yuan shu dan yuan shao akan jatuh dihadapanmu dan kau bisa menjadi sangat kuat."
melihat usul ini bagus, lu bu mengirim surat dan memintanya kembali.
setelah liu bei pergi, yuan shu menyeang guangling dan mengurangi pasukan liu bei menjadi 1/ 2 nya. ketika utusan dari lu bu tiba, liu bei membaca suratnya. dia cukup senang dengan isi suratnya, tetapi saudaranya tidak mempercayai niat lu bu.
"seorang yang tidak memiliki kehormatan, pasti mempunyai motivasi lain." kata guan yu dan zhang fei.
"karena dia memperlakukan aku dengan baik, aku tidak bisa tidak mempercayainya." jawab liu bei.
lalu liu bei kembali ke xu zhou, lu bu takut bahwa liu bei tidak mempercayainya, mengembalikan keluarga liu bei. dan ketika lady gan dan lady mi melihat suaminya itu, mereka mengatakan bahwa mereka telah diperlakukan dengan baik dan dijaga oleh pengawal sehingga terhindar dari bahaya dan perbekalan serta apapun selalu diberikan dan tidak kekurangan."
"aku tahu dia tidak akan menyakiti keluargaku." kata liu bei kepada guan yu dan zhang fei.
zhang fei yg tidak senang tidak mau menemai liu bei dan guan yu masuk kedalam kota, liu bei dan guan yu masuk kedalam kota untuk berterima kasih pada lu bu dan zhang fei mengawal kedua kakak ipar mereka ke xiao pei.
dalam pembicaraan lu bu berkata, "aku tidak berharap untuk mengambil kota ini, tetapi adikmu telah bersikap sangat buruk, mabuk dan memukuli tentara dan aku datang untuk menjaganya karena khawatir hal yang buruk akan terjadi."
"tetapi aku telah lama ingin memyerahkannya padamu" kata liu bei.
lu bu lalu meminta liu bei mengambil kembali daerah itu dan liu bei selalu menolaknya. liu bei berpamitan dan kembali ke xiao pei, tetapi kedua saudaranya itu tidak mau menyudahi masalah ini dan bersikap tidak senang.
kata liu bei,"orang harus bisa mengerti takdirnya. ini adalah kehendak langit dan kita tidak dapat melawannya."
lu bu menghadiahkan makanan dan barang-barang lainnya dan dia berdamai dengan liu bei.
Kasih Diantara Remaja 11 Si Pemanah Gadis Karya Gilang Kembalinya Sang Pendekar Rajawali 38
^