Pencarian

Kisah Tiga Kerajaan 3

Kisah Tiga Kerajaan Sam Kok Romance Of The Three Kingdom Karya Luo Guan Zhong Bagian 3


lalu dia berkata," aku telah menerima banyak kebaikan darimu. aku telah diajarkan menyanyi dan menari dan juga telah diperlakukan dengan sangat baik yang apabila dirinya dipecah menjadi ribuan bagianpun belum dapat membayar kebaikan tuanku. aku telah melihat belakangan ini tuanku sedang gelisah dan tidak merasa senang, aku tahu tuanku sedang memikirkan masalah negara. tetapi aku tidak berani bertanya. malam ini tuanku terlihat lebih sedih dari waktu2 yang lalu. karena itu aku berpikir dapatkah aku membantu tuanku walaupun harus mati aku rela."
sebuah ide muncul di kepala wang yun, dan dia berkata, "apa yang akan kau pikirkan jika nasib seluruh dinasti han ada ditanganmu " ikut denganku !"
wanita itu mengikuti tuannya kedalam rumah. disana dia menyuruh semua pelayan lainnya keluar, lalu menyuruh diao chan duduk dikursinya dan bersujud kepadanya. diao chan ketakutan dan langsung bersujud dilantai juga, didalam hatinya dia berkata apa maksud semua ini.
kata wang yun,"kau dapat menyelamatkan seluruh rakyat han!"
dan air matapun mengalir dari mata diao chan.
Pdf By Kang Zusi "tuanku, seperti telah kukatakan, gunakanlah diriku seperti yang tuanku mau. aku tidak menyesal dan takut."
kata diao chan. wang yun berlutut dan berkata,"rakyat sedang diambang kehancuran, kaisar dan menterinya sedang kacau dan kau adalah satu-satunya penyelamat. bajingan dong zhuo itu ingin menggulingkan kaisar dan tidak ada satupun dari kami yang mampu menghentikannya. dia memiliki anak yang pemberani dan kuat, tetapi ayah dan anak sama-sama lemah terhadap kecantikan wanita. aku membuat rencana yang kusebut "taktik berantai". aku pertama akan mengajukan usul untuk menikahkanmu dengan lu bu dan setelah itu aku akan mengajakmu menemui dong zhuo, dan kau harus mengambil segala kesempatan untuk mengadu domba mereka. buatlah agar anak membunuh ayahnya yang akan mengakhiri penderitaan ini. apakah kau melakukan hal ini ?"
"pelayanmu ini telah berjanji tdk akan mundur dari kematian itu sendiri, tuanku boleh menggunakan diriku ini untuk apa saja dan aku akan mengusahakan yang terbaik."
"tetapi bila rencana ini bocor, kita semua akan mati." kata wang yun.
"janagan takut."kata diao chan,"jika pelayanmu ini tidak tahu balas budi. maka biarlah aku mati ditusuk banyak pedang!"
"terima kasih ! terima kasih!" kata wang yun.
lalu wang yun mengambil beberapa perhiasan yang dia hadiahkan untuk lu bu. lu bu sangat senang dan dia berterima kasih kepada wang yun. ketika lu bu tiba, wang yun langsung menyambutnya dan lu bu dijamu dengan berbagai hidangan istimewa. lu bu dipersilahkan duduk dikursi kehormatan.
lu bu berkata, "aku hanyalah seorang pelayan dari perdana menteri, dan kau adalah pejabat tinggi kekaisaran.
kenapa kau memperlakukan dengan sangat istimewa ?"
"karena diseluruh negeri tidak ada pahlawan yang mampu manandingi kemampuanmu." jawab wang yun.
ini membuat lu bu sangat senang dan wang yun meneruskan memuji-muji lu bu dan juga memuji-muji dong zhuo serta terus memberikan lu bu arak dan anggur.
saat ini kebanyakn pelayan telah meninggalkan ruangan dan hanya tersisa beberapa orang untuk menuangkan arak.
ketika lu bu sudah hampir mabuk lalu wang yun berkata, "persilahkan dia masuk!"
lalu munculah 2 orang pelayan berpakaian putih dan dibelakangnya berjalan diao chan yang tampil sangat memukau.
"siapakah dia?" tanya lu bu.
"ini adalah putriku, diao chan. karena kau telah sangat baik maka aku ingin memperkenalkannya padamu."
wang yun memerintahkan diao chan untuk mempersembahkan arak, dan mata mereka berdua saling bertatap-tatapan.
wang yun berpura-pura jg telah mabuk berkata, "anakku memohon padamu jendral untuk meminum secangkir atau mungkin 2. kami semua bergantung padamu jendral."
lu bu memohon agar diao chan duduk, diao chan berpura-pura ingin pergi.
Pdf By Kang Zusi wang yun meminta diao chan untuk tetap disini dan berkata, "jendral adalah teman yang baik, duduklah dan temanilah dia."
lalu diao chan duduk dekat dengan tuannya.
lu bu tetap menatap wajahnya setiap dia mengeuk cangkir arak.
"aku akan menghadiahkan dia sebagai pendampingmu, apakah kau setuju ?" kaya wang yun.
lu bu langsung berdiri. "jika begitu, aku sangat berterima kasih" kata lu bu.
"kita akan memilih hari yang baik agar dia dapat masuk istana"
lu bu sangat senang, dia tidak dapat berhenti untuk menatap diao chan.
waktunya untuk lu bu pergi sekarang dan wang yun berkata, "aku mau memintamu untuk bermalam tetapi aku khawatir perdana menteri akan curiga."
lu bu berterima kasih lagi dan lagi sebelum pergi.
beberapa hari kemudian ketika wang yun di istana dan lu bu tidak ada, wang yun bersujud pada dong zhuo dan berkata, "aku berharap kau mau datang ke tempat tinggalku yang rendah ini untuk makan malam. apakah seorang yang mulia seperti anda bersedia ?"
"karena kau yang mengundangku, aku pasti akan datang." jawab dong zhuo.
wang yun berterima kasih. lalu wang yun pulang kerumahnya dan menyiapkan segala keperluan untuk menyambut dong zhuo. dia mempersiapkan semua jenis makanan istimewa. kursi2 dihiasi sutra indah dan tirai yg indah dipasang disekeliing ruangan itu. ketika dong zhuo tiba, wang yun menyambutnya di gerbang utama. wang yun bersujud ketika dong zhuo keluar dari keretanya. dong zhuo datang bersama 100 pasukan baju zirah yang langsung memenuhi aula utama. dong zhuo langsung duduk di tempat terhormat sementara wang yun tetap berdiri. dong zhuo memerintahkan agar sebuah kursi lain dibawa kesampingnya dan meminta wang yun duduk.
kata wang yun, "perdana menteri, kau ada orang yang hebat yang memiliki kebajikan setinggi gunung. tidak ada orang bijak dalam sejarah bahkan seperti yi yin maupun pangeran zhoyu yang dapat berbuat seperti itu."
dong zhuo tersenyum. mereka menyantap makanan dan minuman dan musikpun mulai didendangkan. wang yun menyenangkan hati tamunya itu dengan berbagai pujian. ketika sudah mulai malam dan arak telah membuat mereka berdua mabuk. dong zhuo diundang keruangan utama. jadi dia menyuruh pengawalnya menunggu dan dia masuk.
didalam mereka berdua duduk sambil mabok dan wang yun berkata, "dari muda aku telah mengerti sesuatu tentang astrologi dan telah melihat aspek dari langit. aku melihat hari-hari han telah akan berakhir dan perdana menteri akan memerintah seluruh dunia sama seperti ketika shun menggantikan yao dan yu meneruskan shun, semua karena kekuatannya. "
"mana berani aku mengharapkan seperti itu ?" kata dong zhuo.
"dari jaman dahulu kala, yang berjalan dijalur yang benar akan menggantikan mereka yang menyimpang.
mereka yg kurang kebajikan akan jatuh dan digantika oleh yang memiliki. dapatkan seseorang menghindar dari takdir ?"
Pdf By Kang Zusi "jika memang mandat langit akan turun padaku, kau akan menjadi yang pertama berjasa !" kata dong zhuo.
wang yun langsung bersujud, lalu lilin2 dinyalakan dan pelayan disuruh keluar, hanya menyisakan pelayan yang menuangkan arak.
ketiak itu wang yun berkata, "sekarang2 ini musik yang dimainkan oleh pemusik adalah hal yang biasa-biasa saja untuk didengarkan telingamu, tetapi dirumahku ada pelayan yang mungkin dapat menyenangkan hatimu."
"bagus sekali !" kata sang tamu.
lalu tirai diturunkan. musik mengalun dari ruangan itu dan beberapa gadis cantik keluar dan menari, gadis yang ditengah adalah diao chan.
ketika tarian berakhir, dong zhuo memerintahkan agar pelayan yang tadi itu disuruh masuk. dan diao chan pun masuk dan bersujud. ketika dia mendekati dong zhuo. dong zhuo langsung tertarik kepada kecantikannya dan kelembutan tutur katanya.
"siapakah dia?" tanya dong zhuo kepada wang yun.
"seorang gadis penyanyi, namanya adalah diao chan."
"lalu bisakah kau suruh dia bernyanyi ?"
wang yun memerintahkan diao chan menyanyikan sebuah lagu diiringi dgn musik.
Dong zhuo sungguh senang dan memujinya. dia diperintahkan untuk menuangkan arak bagi dong zhuo.
ketika itu dong zhuo menanyakan umurnya.
diao chan menjawab "pelayan yg tidak berguna ini berumur 2 1 thn."
lalu wang yun berdiri dan berkata, "kalau perdana menteri tidak keberatan, aku akan mempersembahkan dia sebagai pelayan perdana menteri."
"bagaimana aku dapat berterima kasih untuk kebaikan ini.!" kata dong zhuo.
"dia akan merasa sangat beruntung apabila dapat menjadi pelayanmu." kata wang yun.
dong zhuo berterima kasih kepada wang yun.
lalu dia memerintahkan untuk mengirim tandu tertutup bagi diao chan dan membawanya ke istana perdana menteri.
setelah dong zhuo pergi, wang yun mengantarnya sepanjang jalan.
setelah mereka semua pergi, wang yun mengendarai kudanya menuju kediamanya. setengah jalan dai bertemu barisan pengawal denga lampu merah sedang mendampingi lu bu yang sedang berpatroli.
melihat wang yun, lu bu langsung mendekat dan menangkapnya. dia marah, "kau menjanjikan diao chan padaku tetapi sekarang kau menyerahkannya pada perdana menteri. rencana apakah ini ?"
wang yun langsung berakta, "janagan keras-keras, ikutlah dengaku. aku harap kau mau datang kerumahku."
lalu mereka pergi berdua dan wang yun berbicara dengan lu bu diruang pribadinya.
Pdf By Kang Zusi seperti biasa, mereka bertuka salam, wang yun berkata, "mengapa kau menyalahkan aku jendral ?"
"seseorang berkata padaku bahwa kau menyerahkan diao chan kepada perdana menteri, apakah maksud semua ini ?"
"tentu saja kau tidak mengerti, kemarin ketika aku bertemu perdana menteri, dia bilang akan membicarakan sesuatu dirumahku. jadi sudah selayaknya aku membuat penyambutan dan jamuan dan ketika sedang dalam perjamuan dia berkata "aku dengar ada isu kau mempunyai seorang gadis cantik yang akan kau serah pada lu bu bernama diao chan. aku ingin melihatnya.". tentu aku tidak dapat berkata tidak padanya, jadi dia masuk dan bersujud pada tuan dari segala tuan. lalu dia berkata bahwa ini hari keberuntungannya bahwa dia akan membawanya dan menyerahkan padamu nanti. coba kau pikirkan, tuan. bagaimana mungkin permintaan perdana menteri ku tolak ?"
"kamu tidaklah sesalah yg kuduga" kata lu bu. "tetapi untuk beberapa saat aku telah salah menduga, aku berhutang permintaan maaf padamu."
"wanita itu memiliki tas kecil yang akan kuserahkan padamu ketika dia telah ada di kediamanmu" kata wang yun.
lu bu berterima kasih dan dia pergi. keesokan harinya dia pergi ke istana untuk mengetahui kebenarannya, tetapi dia tidak dapat menemukan informasi apapun. lalu dia pergi kekediaman pribadi dong zhuo dan menanyakannya pada para pelayan. beberapa pelayan mengatakan padanya bahwa "guru kaisar" telah membawa pulang "teman tidur" baru semalam dan sekarang masih belum bangun. lu bu sangat marah, lalu dia mengendap-endap kebelakang ruangan tidur tuannya.
saat ini diao chan telah bangun dan sedang merapihkan rambutnya didekat jendela. dia melihat bayangan panjang dipinggir danau. dia mengenai bentuk bayangan itu dan dia yakin itu adalah lu bu. lalu dia berpura-pura sedih dan menangis dan dengan sapu tangannya dia menyeka air matanya, lagi dan lagi.
lu bu hanya berdiri dan memandanginya saja.
lalu ketika lu bu pergi dan menghadap lewat pintu depan, dong zhuo telah duduk di ruang resepsi.
melihat lu bu datang dong zhuo bertanya, "apakah ada yang baru ?"
"tidak ada" jawabnya.
lu bu menunggu ketika dong zhuo sedang sarapan. ketika dia berdiri disamping tuannya, dia melihat kearah tirai dan disana dia melihat wanita yang dari waktu ke waktu juga melihat kearahnya. dia tahu bahwa itu adalah diao chan dan pikirannya melayang padanya. dong zhuo melihat ekspresinya dan merasa curiga.
"jika tidak ada sesuatu yang baru, kau boleh pergi," kata dong zhuo.
lu bu pun pergi dengan engan.
kemarahan dong zhuo di paviliun phoenix.
sekarang dong zhuo tidak memikirkan apa-apa lagi kecuali selirnya yang baru ini dan untuk lebih dari sebulan dia tidak memperdulikan urusan negara, dia hanya bersenang-senang sepanjang hari. diao chan selalu berada disisi-sisinya setiap hari. dong zhuo sangat sayang padanya.
suatu hari lu bu datang untuk menanyakan keadaan ayahnya. dong zhuo ketika itu sedang tertidur dan diao chan berdiri duduk dibelakangnya. diao chan lalu memasang muka sedih dan tertekan. melihat hal ini lu bu Pdf By Kang Zusi
merasa hancur hatinya. dong zhuo yang baru membuka matanya, melihat anaknya sedang menatap diao chan segera berbalik badan.
dia marah dan berkata, "beraninya kau mencintai kekasihku ?"
dia memerintahkan pelayannya untuk mengusir lu bu keluar dan berteriak, "jagan biarkan dia masuk lagi kesini !"
lu bu pulang kerumahnya dengan keadaan marah. ketika bertemu dengan li ru dia menceritakan sebab2
kemarahannya. penasehat itu langsung secepatnya menemui tuannya dan berkata, "tuan, kau adalah jungjungan rakyat dan kekaisaran. mengapa untuk suatu kesalahan kecil saja kau memarahi jendral " jika dia berbalik melawanmu maka habislah sudah."
"lalu apa yang harus aku lakukan ?" kata dong zhuo.
"panggil dia kembali esok hari dan perlakukan dia dengan baik. berikan dia hadiah yang besar dan puji-pujilah dia. dan semua akan baik kembali.", kata li ru.
lalu dong zhuo melakukan hal itu. dia mengirim utusan memanggil lu bu. dong zhuo berkata "aku sedang tidak enak badan kemarin hari dan oleh sebab itu aku telah menyalahkan dirimu, aku tahu kalau aku salah."
dia memberikan lu bu 3 00 ons emas dan 2 0 roll sutra dan lalu permusuhan itupun berakhir. tetapi walaupun badannya lu bu berada disamping dong zhuo, hatinya tetap memikirkan diao chan.
dong zhuo, akhirnya kembali ke istana untuk memimpin rapat dan lu bu mengikutinya seperti biasanya. suatu hari ketika melihat dong zhuo sedang terlibat percakapan serius dengan kaisar, lu bu dengan membawa senjatanya pergi kekediaman perdana menteri. dia mengikatkan kudanya dipintu gerbang dan dengan tombaknya ditangan dia masuk kedalam kediaman dong zhuo untuk mencari cintanya. dia menemukan diao chan dan mereka berdua pergi ketaman dimana mereka berdua dapat berbicara.
setelah lama mereka bersama, dia melihat diao chan sangat cantik dengan anggunnya diao chan seperti peri di istana bulan.
air mata tampak diwajah diao chan ketika dia berdiri dan berkata, "walaupun aku bukanlah anak kandung menteri, dia memperlakukanku seperti anaknya. keinginanku dalam hidup ini terpenuhi ketika dia menyerahku padamu. tetapi karena perdana mentri, dia mengambil diriku daripadamu. aku menderita sangat banyak. aku pernah berpikir untuk mati, tetapi karena aku belum memberitahumu perasaanku yang sebenarnya maka aku bertahan hidup, menahan malu semampuku. sekarang setelah aku melihatmu, aku dapat mengakhirinya. tubuhku yang telah kotor dan ternoda ini tidak pantas untuk seorang pahlawan. aku dapat mati dihadapanmu dan membuktikan ketulusan cintaku padamu !"
setelah berbicara itu dia mengambil sebilah pisau, lu bu lalu mencegahnya dan menangis ketika dia memeluk diao chan.
"aku tahu itu, aku selalu mempercayai hatimu !" kata lu bu,"hanya saja kita tidak mempunyai kesempatan untuk berbicara."
"jika aku tidak dapat menjadi istrimu dikehidupan ini, aku akan menjadi istrimu di kehidupan mendatang,"
kata diao chan. "jika aku tidak menikahimu dikehidupan ini, aku bukanlah seorang pahlawan," kata lu bu.
"setiap hari merupakan penderitaan bagiku, tolonglah aku pahlawan !" diao chan berkata sambil menangis.
Pdf By Kang Zusi "aku hanya mencuri waktu sebentar dan aku takut si tua ini akan mencurigai sesuatu jadi aku tidak dapat tinggal lama2." kata lu bu.
diao chan langsung melepaskan diri dari pelukan lu bu dan berkata, "jika kau sangat takut pada pencuri tua itu, aku tidak akan melihat matahari terbit lagi."
lu bu berpikir sejenak. "berikan aku waktu untuk berpikir dan menyusun rencana," kata lu bu.
dan dia mengambil tombaknya dan pergi.
"didalam kesendirian ini aku mendengar cerita mengenai kehebatanmu. kau adalah pria yang melebih segalanya. aku heran mengapa kau seorang pahlawan besar mau menjadi bawahan orang lain."
dan air mata pun bercucuran dari wajah diao chan.
tiba-tiba perasaan mau menyerang lu bu. dia langsung berbalik dan memeluk diao chan, menenangkannya dengan kata-kata lembut. mereka berdua tidak dapat mengucapkan kata-kata perpisahan.
sementara itu dong zhuo yang merasa kehilangan lu bu tiba-tiba merasa curiga. dengan cepat dia berpamitan pada kaisar dan dia mengendarai kereta kudanya kembali keistananya. didepan gerbang dia melihat kuda lu bu. dong zhuo lalu menanyakan mengenai hal ini pada penjaga gerbang, mereka berkata jendral telah masuk kedalam kediaman sendirian. dia memanggil diao chan tetapi tidak ada jawaban. dia bertanya pada pelayan dimanakah diao chan dan pelayan menjawab dia berada di taman.
Lalu dong zhuo pergi ketaman dan disana dia melihat kedua kekasih itu sedang berada didalam paviliun.
dong zhuo langsung marah dan melabrak kedalam paviliun. lu bu berbalik dan setelah melihat siapakah yang datang langsung melarikan diri. dong zhuo langsung mengejarnya. tetapi lu bu sangatlah cepat sedangkan dong zhuo sangat lambat larinya. melihat tidak mungkin terkejar, dong zhuo kembali ketaman dan dia menabrak seorang lainnya lagi yang juga berlari.
lu bu membunuh dong zhuo untuk wang yun
orang yang bertabrakan dengan dong zhuo adalah penasehat kepercayaannya li ru. li ru yang tidak terjatuh ketika bertabrakan dengan dong zhuo langsung membantu tuannya yang terjatuh dan mengantarkan ke perpustakaan dimana mereka berdua duduk dan berbicara.
"kenapa kau datang kemari ?" tanya dong zhuo.
"kebetulan saja saya sedang melewati kediaman tuanku, aku mendengar anda sedang mencari anak angkat tuanku. lalu tiba-tiba lu bu berlari keluar dengan tergesa-gesa. aku lalu masuk dan berlari untuk menemui anda dan tiba-tiba saja anda muncul dihadapnku dan tejatuh. aku sungguh meminta maaf ! aku layak untuk mati ."
"bajingan itu ! bagaimana aku dapat melihat dia merayu kesayanganku " aku akan membunuh bajingan itu
!", kata dong zhuo. "yang mulia melakukan kesalahan. ini seperti cerita "perjamuan pendekar" terulang kembali. jika kau ingat dalam perjamuan itu, semua tamu diperintahkan melepaskan tusuk rambut mereka. didalam perjamuan itu, raja zhuang dari chu tdk memperpanjang masalah mengenai ketidak senonohan yang dilakukan seseorang kepada ratunya, walaupun tusuk rambut yang ditemukan itu akhirnya diketahui milik jiang xiong.
dikemudian hari jiang xiong menyelamatkan nyawa raja zhuang ketika sedang dikepung pasukan dari qin, jiang xiong bertaruh nyawa demi sang raja. ketika sang raja bertanya kenapa dia mempertaruhkan nyawanya Pdf By Kang Zusi
sedemikian rupa, jiang xiong menceritakan sebabnya bahwa dia berterima kasih kepada raja karena tidak mempersalahkan perbuatannya ketika dia melakukan sesuatu yang tidak sopan kepada ratu dalam perjamuan tersebut.", li ru memberikan penjelasan, "lagi pula diao chan hanyalah seorang pelayang tetapi lu bu adalah tangan kananmu dan pendekar paling tangguh yang ada saat ini. jika kau menyerahkan wanita itu pada jendral, kebaikanmu akan menyebabkan dia berterima kasih sangat dan setia padamu sampai mati. aku mohon tuanku mempertimbangkan hal ini."
dong zhuo terdiam cukup lama. dia duduk dan merenung lalu dia berkata "apa yang kau katakan benar, aku akan memikirkan hal ini."
li ru merasa puas dan dia berpamitan dan pergi. dong zhuo pergi kekamar pribadinya dan memanggil diao chan.
"apa yang kau lakukan disana dengan lu bu ?" kata dong zhuo.
diao chan mulai menangis dan berkata, "pelayanmu ini sedang berada di taman melihat bunga. tiba-tiba dia datang padaku. aku terkejut dan lari. dia bertanya mengapa aku lari dari anak tuanku dan mengejarku sampai ke pavilun phoenix dimana kau melihat kami. dia membawa tombaknya setiap saat. aku merasa dia adalah orang yang kejam dan akan memaksakan apa yang dia mau kepadaku, lalu aku mencoba melompat kedalam kolam, tetapi dia menangkapku dan menahanku sehingga aku tidak dapat berbuat apa-apa. beruntung pada saat yang tepat anda datang dan menyelamatkan nyawaku !"
"bagaimana jika aku mengirimmu pada dirinya ?" tanya dong zhuo.
terkejut, diao chan langsung memprotes, "apa yang pelayanmu ini telah lakukan " sudah merupakan sebuah kehormatan bagiku untuk melayani yang mulia, aku tidak dapat menanggung malu apa bila aku harus dibuang dari sini dan melayani seorang bawahan ! aku tidak mau , lebih baik aku mati !"
dan ketika itu dia langsung mengambil sebatang pisau yang tergantung di dingding dan bersiap membunuh dirinya.
dong zhuo langsung bertindak mengambil pisau itu dari tangan diao chan dan berkata , "aku hanya bercanda
!" diao chan langsung bersandar pada dong zhuo dan menangis.
"ini adalah perbuatan li ru" kata dong zhuo, "dia terlalu dekat dengan lu bu. dia tidak perduli mengenai diriku dan reputasiku. ohh!!! aku akan memakannya hidup-hidup."
"apakah kau pikir aku dapat hidup dengan kehilangan dirimu ?" kata dong zhuo.
"walaupun kau mencintaiku tetapi aku tidak boleh berada disini. lu bu akan mencoba menghancurkan diriku.
aku takut padanya !" kata dong zhuo.
"besok kita akan pergi ke meiwo, kau dan aku, dan kita akan bahagia bersama dan tidak usah memperdulikan orang lain." dong zhuo memberikan janjinya pada diao chan.
diao chan lalu tersenyum dan berterima kasih padanya. keesokan harinya li ru datang lagi untuk membujuk tuannya untuk mengirim diao chan kepada lu bu.
"ini adalah hari yang baik " kata li ru.
"dia dan aku adalah ayah dan anak. aku tidak dapat melakukan hal itu" kata dong zhuo, "tetapi aku tidak akan mempermasalahkan kesalahan dirinya. kau boleh mengatakan hal itu padanya dan bujuklah dia semampumu."
Pdf By Kang Zusi "kau sedang diperdaya oleh wanita tuanku ?" kata li ru.
dong zhuo yg langsung marah berkata, "apakah kau mau memberikan istrimu kepada orang lain " janagan bicarakan hal ini lagi !!!"
li ru meninggalkan ruangan. ketika dia tiba diluar, dia melihat kelangit dan berkata "kita adalah orang mati, tewas ditangan wanita ini !"
perintah untuk berangkat ke meiwo telah diberikan dan seluruh pejabat berkumpul untuk melepas kepergian mereka. diao chan, dari tandunya melihat lu bu didalam kerumunan. dia berpura-pura tampak sedih dan termenung. setelah iring2an telah menghilang dalam kejauhan. lu bu yang kecewa menunggang kudanya untuk melihat debu iring2an itu dari kejauhan dengan kesedihan yang sangat didalam hatinya.
tiba-tiba ada suara berkata, "kenapa kau tidak menemani perdana menteri jendral, tetapi kau disini dan menghela napasmu ?"
dia adalah wang yun. "aku telah berada dirumah beberapa hari ini karena sakit." lanjutnya, "jadi aku tidak melihatmu. tetapi aku mencoba untuk datang hari ini untuk melihat perdana menteri pergi. jadi aku melihatmu karena kebetulan, tetapi apa yang kau gelisahkan ?" tanya wang yun.
"mengenai masalah putrimu" kata lu bu.
wang yun pura-pura terkejut, "telah sekian lama dan masih belum diberikan padamu ?"
"penjahat tua itu telah jatuh cinta padanya dan menyimpannya untuk dirinya sendiri !"
"tentu ini tidak benar kan ?" wang yun sekali lagi pura-pura terkejut.
lu bu menceritakan seluruh kejadian yang dialaminya sementara wang yun mendengarkan.
setelah beberapa saat wang yun berkata, "datanglah kerumahku dan kita bicarakan mengenai hal ini."
lalu mereka berdua pergi kerumah wang yun dan masuk kedalam sebuah ruang rahasia. setelah disuguhkan minuman dan makanan ringan, lu bu menceritakan seluruh kisah yang terjadi di paviliun phoenix.
wang yun berkata, "dia telah menodai putri kecilku dan mencuri istrimu. dia akan menjadi bahan tertawaan bagi seluruh dunia. dan mereka yang tidak tertawa padanya akan mentertawakan kita. aku sudah tua dan tidak dapat melakukan apa-apa. aku pasrah saja apabila mereka semua menghinaku. tetapi kau jendral adalah seorang pendekar hebat, yang terhebat didunia ini. dan kau telah dipermalukan dgn cara seperti ini."
kemarahan langsung berkobar di hati lu bu. lu bu yang marah langsung membanting meja dan berteriak marah2.
wang yun berusaha menenangkan lu bu dan berkata,"aku telah lupa, seharusnya aku tidak boleh berkata seperti itu. aku mohon kau jangan marah tuanku !"
"aku akan membunuh bajingan tua itu, aku bersumpah ! tidak ada jalan lain bagiku untuk membersihkan penghinaan ini."
"jgan ! jangan berbicara seperti itu !" kata wang yun, "kau akan membawa bencana bagi diriku dan keluargaku. !"
Pdf By Kang Zusi "ketika seseorang dilahirkan untuk menjadi hebat, dia tidak dapat bersabar terlalu lama dibawah kaki seseorang !" kata lu bu.
"dibutuhkan seseorang yang lebih hebat dari perdana menteri untuk dapat menjadikanmu bawahannya" puji wang yun.
lu bu berkata, "aku tidak berkeberatan membunuh bajingan tua itu jika tidak karena hubungan orang tua dan anak. aku takut itu akan memprovokasi rakyat untuk melakukan hal yang sama."
wang yun mengelengkan kepalanya dan berkata, "namamu lu bu dan dia dong zhuo. dimana ada perasaan kekeluargaan ketika dia melemparkan tombak padamu ?"
"aku telah salah mengerti jika kau tidak mengatakan hal itu !" kata lu bu.
wan yun melihat efek dari kata-katanya lalu melanjutkan, "itu akan merupakan suatu perbuatan yang setia untuk merestorasi dinasti han, dan sejarah akan mencatat namamu sebagai orang yang melakukan balas budi pada leluhur. sedangkan kalau kau mengikuti dong zhuo kau adalah pengkhianat dan namamu akan dicemooh orang sepanjang masa."
lu bu berdiri dr tempat duduknya dan menghormat pada wang yun.
"aku telah memutuskan," kata lu bu, "kau tidak usah takut, tuan."
lu bu mengambil pisaunya dan melukai jarinya dan bersumpah dengan darah yang keluar itu.
wang yun bersujud dan berterima kasih padanya.
"akhirnya dinasti han dan diselamatkan dan kau adalah penyelamatnya. tetapi ini hrs dirahasiakan dan aku akan memberitahumu bagaimana rencana ini akan berjalan."
lu bu lalu berpamitan. wang yun lalu berdiskusi dengan kedua temannya, administrator istana shisun rui dan komandan pasukan kekaisaran huang wan.
shisun rui berkatam, "saatnya sangat memungkinkan. kaisar baru saja sembuh dari sakitnya dan kita dapat mengirim orang yang pandai berbicara untuk pergi ke meiwo untuk membujuk dong zhuo datang kemari dan membicarakan masalah kesehatan kaisar. sementara itu kita akan menuliskan titah rahasia yang memrintahkan lu bu untuk memasang perangkap didalam gerbang istana untuk membunuh dong zhuo ketika dia masuk. ini adalah rencana yang bagus."
"tetapi siapa yang berani untuk pergi ?" tanya huang wan.
"li su, jendral pasukan macan kekaisaran akan pergi. dia berasal dari daerah yang sama dengan lu bu dan dia sangat marah pada perdana mentri karena tidak memberikannya kenaikan jabatan. dia akan membuat rencana kita menjadi berjalan ."
"bagus !!" kata wang yun. "mari kita lihat apa yang lu bu pikirkan mengenai hal ini."
ketika berkonsultasi dengan lu bu, dia berkata bahwa itu adalah li su yang menyakinkannya untuk membunuh ding yuan, ayah angkat sebelumnya.
"jika li su menolak maka aku akan membunuhnya" kata lu bu.
lalu mereka mengirim utusan untuk memanggil li su.
Pdf By Kang Zusi Ketika li su tiba, lu bu berkata, "sebelumnya kau berbicara denganku untuk membunuh ding yuan dan pergi ke dong zhuo. sekarang kita tahu bahwa dong zhuo mempunyai maksud jahat terhadap kaisar dan adalah penindas rakyat. kesahalannya banyak dan dia dibenci dewa maupun manusia. kau pergilah ke meiwo, katakan bahwa kau membawa titah kaisar untuk memanggil perdana menteri keistana. dia akan datang dan aku akan membunuhnya. kau akan mendapatkan jasa karena kesetiaanmu dalam menyelamatkan dinasti.
apakah kau mau ?" "aku juga berharap dapat membunuhnya," jawab li su."tetapi aku tidak dapat menemukan orang untuk membantuku. sekarang kau menawarkan padaku, bagaimana aku dapat menolaknya " "
dan li su mematahkan anak panah sebagai tanda sumpahnya.
"jika ini berhasil, maka jabatan dan kekayaan akan jadi milikmu !" kata wang yun.
keesokan hari, dengan membawa bebrapa orang pengawal, dia pergi ke meiwo dan memperkenalkan dirinya sebagai pembawa titah kaisar. dia dibawa menemui dong zhuo. setelah memberi hormat, dong zhuo bertanya ada titah apa yang dibawanya.
"yang mulia telah sembuh dari sakit dan ingin bertemu dengan perdana menteri di istana untuk membahas masalah penyerahan kekuasaan dan tahta kepada dirimu."
"apa yang wang yun pikirkan mengenai hal ini ?"
"wang yun telah membangun teras untuk melakukan penobatan kaisar dan hanya menunggu kedatangan yang mulia."
"kemarin malam aku bermimpi naga berputar mengelilingi tubuhku" kata dong zhuo dengan senang, "dan sekarang aku mendapatkan kabar gembira ini ! aku tidak boleh melwatkan kesempatan ini."
lalu dong zhuo memberikan instruksi pada 4 jendral kepecayaannya untuk menjaga kota meiwo. li jue, guo si, fan chou dan zhang ji, mereka diberikan 3 000 pasukan.
"ketika aku telah menjadi kaisar, kau akan menjadi pangilma besar penjaga ibu kota," kata dong zhuo.
"terima kasih yang mulia" kata li su.
dong zhuo datang tuk berpamitan kepada ibunya yang berusia 90 thn.
"kemanakah kau akan pergi anakku ?" tanya ibunya.
"aku pergi untuk menerima penyerah tahta dinasti han. sebentar lagi ibu kan menjadi ibu suri !"
"aku telah merasa gelisah beberapa hari ini, aku rasa ini pertanda buruk."
"setiap orang yang akan menjadi ibu negara pasti mendapatkan perasaan2 aneh ini." kata anaknya.
setelah ini dong zhuo pergi untuk menemui diao chan.
"ketika kau akan menjadi kaisar, kau akan menjadi selir istana."
diao chan menunduk dan berterima kasih. kali ini dia benar-benar bahagia karena rencananya berhasil.
dong zhuo keluar dan menaiki kereta kudanya dan mulai melakukan perjalanan ke ibu kota chang an. kurang lebih 10 km jauhnya dari ibu kota tiba-tiba roda dari kereta kuda dong zhuo patah. dia meninggalkan keretanya dan menaiki kuda. 10 km kemudian kudanya tiba-tiba mati.
Pdf By Kang Zusi dong zhuo bertanya pada li su apakah arti dari semua kejadian ini.
"ini artinya kau akan menerima tahta han, dan harus memperbaharui semua hal; untuk duduk di kereta kuda yang bertahtakan emas dan duduk dengan pelana emas."
dan dong zhuo sangat senang mendengarnya dan percaya pada jawaban ini. pada hari kedua perjalanan tiba-tiba angin kencang bertiup dan langit tertutup kabut tebal.
"apakah artinya ini ?" kata dong zhuo.
li su berkata, "kau akan duduk didalam istana naga. disana pasti ada cahaya yang terang dan menyilaukan untuk menunjukan wibawa dirimu."
dong zhuo tidak ragu mendengar jawaban ini. ketika dia tiba dia melihat banyak pejabat yang menunggunya di pintu gerbang kota, semua kecuali li ru yang sakit dan tidak dapat meninggalkan kamarnya. dia meneruskan perjalanannya menuju istana perdana menteri dimana lu bu datang untuk memberikan selamat.
"ketika aku duduk di tahta naga, aku akan menjadikanmu komandan seluruh pasukan kekaisaran, yang bekuda maupun pejalan kaki." kata dong zhuo.
keesokan paginya, dong zhuo mempersiapkan dirinya, ketika dalam perjalanan menuju istana dia melihat pendeta tao berpakaian hitam dan mengenakan sorban putih, ditangannya dia memegang tongkat panjang dengan dengan strip putih di lembaran putih. diakhir setiap lembaran ada karakter "mulut".
"apa maksudnya ini ?" kata dong zhuo.
"dia adalah orang gila" kata li su dan dia menyuruh penjaga untuk mengusirnya pergi.
dong zhuo masuk kedalam istana dan melihat barisan pejabat dan menteri telah menunggunya sepanjang jalan. li su berjalan disamping tandunya, dengan pedang ditangan. ketika li su mencapai gerbang utara dari kota terlarang, dia menyuruh pengawal dong zhuo untuk berjaga diluar dan hanya pengangkat tandu yang boleh masuk.
ketika dong zhuo hampir tiba di ruang resepsi, dia melihat wang yun dan pejabat tinggi lainnya berdiri dipintu dan semua membawa senjata.
"kenapa mereka semua bersenjata " "tanya dong zhuo pada li su.
li su terdiam. tiba-tiba wang yun berteriak. "pemberontak itu disini, dimana algojonya ?"
tiba-tiba dari pinggir muncul pasukan dan menyerang dong zhuo, tetapi baju zirah yang dikenakan dong zhuo sangat kuat sehingga pasukan itu tidak dapat melukainya.
dia terjatuh dari tandunya, terluka dia lengannya dan memanggil anaknya, "dimanakan lu bu?"
"disini dan dengan titah untuk membunuh pemberontak !" kata lu bu yang langsung muncul dihadapan ayahnya.
lalu dia manusukan tombaknya ke leher dong zhuo dan li su memenggal kepalanya dan mengangkatnya.
lu bu dengan tangan kiri memegang tombaknya, lalu mengambil titah kaisar dgn tangan kanannya dan berteriak, "titah ini hanya untuk membunuh pemberontak dong zhuo, tidak yg lainnya !"
Pdf By Kang Zusi seluruh pejabat dan menteri yang berkumpul langsung berlutut dan memberi hormat "wan shui, wan shui , wan wan shui !!!" (panjang umur, panjang umur , semoga kaisar panjang umur) atas saran jia xu, li jue menyerang ibukota.
rasa haus darah tiba-tiba terbangkitkan, lu bu memerintahkan untuk melakukan pembantaian yang lain, "li ru adalah orang yang paling bertanggung jawab atas banyak dosa2 dong zhuo ! siapa yang akan pergi dan membunuhnya ?"
li su menjadi relawan untuk pergi mencari. tetapi tak disangkat seorang pelayan dikediaman li ru telah mengikatnya dan mengantarkannya. wang yun memerintahkan agar li ri segera di eksekusi di pasar.
kepala dong zhuo dipamerkan pada publik dan diarak keliling kota, saat itu adalah adalah thn ke 2 kaisar xian memerintah (thn 19 2 m). dia sangat gendut, dan pengawal dapat membuat obor dengan menancapkan kayu yang dibalut dengan kain kering kedalam tubuh dong zhuo. tubuh dong zhuo dibiarkan di jalanan dan banyak orang menginjak-nginjak dan merusak tubuh dong zhuo.
wang yun memerintahkan 50.000 pasukan dipimpin oleh lu bu, huanfu song dan li su untuk menghancurkan meiwo. mendengar kabar kematian tuannya li jue, guo si, fan chou dan zhang ji melarikan diri kebarat pada malam hari dengan pasukkanya ke daerah liang zhou.
ketika tiba di meiwo, tindakan lu bu pertama adalah mengambil diao chan. lalu dia membunuh semua anggota keluarga dong, tidak menyisakan satu orangpun, tidak juga dengan ibu dari dong zhuo yang telah berusia 90 thn.
kepala saudara-saudara dong zhuo seperti dong min dan dong huan di pamerkan pada publik. di meiwo banyak gadis dari keluarga baik-baik disembunyikan, mereka semua akhirnya dibebaskan. semua harta disita. kekayaanya sangat banyak, beberpa ratus ribu ons emas, jutaan koin perak. ratusan ribu mutiara, gulungan sutra setinggi pagoda 7 tingkat, perhiasan, permata, bulu binatang dan bahan pangan yang semuanya dapat mencukupi kebutuhan negara selama 10 thn.
ketika mereka kembali untuk melaporkan kesuksesan mereka, wang yun langsung mengadakan perjamuan untuk para pasukan. perjamuan pejabat juga dilaksanakan di gedung kementrian, semua pejabat dan menteri di undang. mereka mabuk dan saling menyelamati satu sama lain. ketika mereka sedang berpesta, dilaporkan seseorang sedang menagisi mayat dong zhuo yang ada di pasar.
"dong zhuo telah dihukum mati " kata wang yun dengan marah, "semua orang senang dia telah tidak ada dan sekarang ada satu orang yang manangisinya, siapakah dia ?"
lalu wang yun memerintahkan untuk menangkap orang itu dan membawanya. kemudian dia telah dibawa masuk dan mereka yang melihat dia terkejut karena dia adalah panesehat kekaisaran cai yong.
wang yun berkata kepada cai yong dengan marah, "dong zhuo telah dibunuh karena dia pemberontak dan seluruh negeri bergembira. kenapa kau malah menangis ?"
cai yong mengakui kesalahannya, berkata, "aku tidak memiliki kemampuan, tetapi aku tahu apa yang benar.
aku bukanlah orang yang mengikuti dong zhuo. tetapi aku pernah merasakan kebaikan hati dong zhuo dan aku tidak dapat menahan diri untuk menangisinya. aku tahu kesalahanku sangat besar, tetapi aku mohon padamu apapun alasannya. jikau kau biarkan kepalaku dan hanya memotong kakiku, kau boleh menggunakanku untuk menulis sejarah megenai han dimana aku dapat membayar kesalahanku."
semua tergerak oleh kata-kata cai yong, karena dia adalah orang yg berbakat dan mereka semua memohon agar cai yong tidak dihukum.
Pdf By Kang Zusi penjaga kekaisaran, ma midi berkata, "cai yong adalah seorang pelajar terkenal dan dia bisa menulis sejarah yang hebat dan sangat tidak disarankan untuk membunuhnya sebagai orang yang mengerti balas budi terhadap tuannya."
wang yun berkata,"seabad yang lalu, kaisra wu mengampuni sima qian dan memperkerjakan dia untuk menulis sejarah. hasilnya adalah banyak tulisan yang menyimpang yang telah diceritakan pada kita. sekarang ini adalah masa kekacauan dan kita tidak bisa membiarkan orang seperti ini memegang kuas untuk membiarkannya mengkritik istana dan kaisar."


Kisah Tiga Kerajaan Sam Kok Romance Of The Three Kingdom Karya Luo Guan Zhong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

seluruh bujukan dan permintaan agar tidak menghukum cai yong gagal dan ma midi akhirnya mundur.
tetapi katanya kepada koleganya." apakah wang yun adalah orang yang ceroboh " orang-orang berbakat adalah tulang punggung negara dan hukum adalah senjata dari tindakan. untuk menghancurkan tulang punggung dan mengabaikan hukum sama dengan artinya mempercepat kehancuran."
wang yun lalu memerintahakan cai yong dibawa ke penjara dan mereka menjerat lehernya disana dengan menggunakan tali. orang-orang yang ada di perjamuan itu menangisi cai yong karena mereka melihat bahwa hukuman mati bagi tindakannya adalah suatu hal yang berlebihan.
li jue, guo si, fan chou dan zhang ji yang dong zhuo perintahkan untuk menjaga meiwo telah pergi setelah tuan mereka terbunuh dan mereka menuju kedaerah barat tepatnya ke shanxi dia liang zhou. lalu mereka mengirimkan surat untuk meminta amnesti. tetapi wang yun menolaknya.
"keempat orang itu adalah instrumen utama dari agresi dong zhuo. sekarang walaupun amnseti bagi umum telah diumumkan, tetapi orang-orang ini tidak termasuk didalamnya." kata wang yun.
utusan itu kembali dan mengabarkan kepada 4 orang itu bahwa permohonan mereka ditolak.
lalu penasehat mereka jia xu berkata, "jika kita membuang senjata kita dan lari, maka kita akan jatuh kedalam tangan kepada daerah yg ingin berbuat jasa dengan menangkap kita. lebih baik kita mengumpulkan kekuatan di shanxi ini dan kita menyerang ibukota dengan begitu kita dapat membalaskan dendam dong zhuo. kalau kita berhasil kita dapat mengontrol kerajaan. dan masih cukup waktu bagi kita untuk lari apabila kita gagal."
rencana ini disetujui, lalu mereka menyebarkan kabar bahwa wang yun akan melakukan pembantaian di daerah itu.
karena itu seluruh penduduk didaerah itu ketakutan, ke 4 jendral yang melihat hal ini lalu memanas-manasi keadaan, "karena tidak ada untungnya untuk menunggu dan mati, mengapa tidak bergabung dengan kami dan melawan."
lalu mereka berhasil mengumpulkan orang untuk mengikuti mereka, prajurit yang terkumpul berjumlah 100.000 prajurit. mereka dibagi dalam 4 bagian dan mereka mengerahkan pasukan mereka untuk menyerang ibu kota chang an.
dalam perjalanan mereka bertemu dengan niu fu, komandan kekaisaran yang juga merupakan menantu dari dong zhuo. niu fu bersama pasukannya bergerak dari xiliang. niu fu bersama 5000 pasukannya juga sedang bergerak ke ibu kota untuk membalaskan dendam mertuanya.
berita mengenai pasukan dari liang zhou ini terdegar oleh wang yun dan dia segera memanggil lu bu untuk berkonsultasi.
"mereka hanyalah tikus-tikus !!!" kata lu bu, "janagan khawatirkan berapa jumlah mereka, semuanya akan ku lawan."
lu bu dan li su berangkat untuk melawan mereka, pasukan lu bu 50.000 orang yg diambil dari pasukan utama penjaga kekaisaran, sedangkan li su membawa 2 0.000 tentara harimau kekaisaran. dalam perjalannya Pdf By Kang Zusi
pasukan niu fu adalah yang pertama ditemui, mereka bertempur. niu fu yang kalah jumlah akhirnya mundur.
tetapi tanpa disangka, niu fu kembali pada malam hari dan menyerang tiba-tiba. li su yang tidak siap berhasil dipukul mundur sejauh 10 km dan banyak pasukannya yang terbunuh.
li su melaporkan kekalahan ini dan lu bu yang marah padanya berkata, "kau telah menodai reputasiku sebagai seorang panglima dan menghancurkan semangat tempur pasukan kita !!!"
dan lu bu memerintahkan menghukum mati li su lalu memajang kepalanya didepan gerbang kemah.
keesokan harinya, lu bu memimpin pasukannya sendiri dan melawan niu fu. dia berhasil membuat niu fu kewalahan dan memukul mundur pasukan niu fu. malam itu niu fu memanggil orang yang paling dia percaya, hu chier untuk dimintai nasehatnya.
hu chier berkata, "lu bu terlalu kuat bagi kita, tidak mungkin bagi kita untuk mengalahkannya. jalan terbaik bagi kita adalah meninggalkan ke 4 jendral ini, mengambil barang-barang berharga mereka dan kita pergi diam-diam ."
rencana hu chier disetujui dan kedua orang itu dengan 6 orang lainnya berkemas dan diam-diam keluar dari kemah. mereka melewati sungai dan ketika sedang menyebaran, hu chier yg tergoda dengan harta akhirnya membunuh niu fu dan menyerahkan kepalanya kepada lu bu. lu bu yg menyelidiki masalah ini dan ketika seorang pengikut niu fu menceritakan kejadian sebenarnya pada lu bu maka dia langsung menghukum mati hu chier juga.
lalu lu bu esoknya memajukan pasukannya mendekati posisi pemberontak dan dia bertempur dengan pasukan li jue. tanpa memberi waktu untuk mengatur formasi bagi li jue, lu bu langsung menyerang li jue degan 5000 pasukan kuda kekaisaran yang berbaju zirah. lu bu membantai pasukan li jue tanpa dapat dihalangi. li jue yang tidak dapat bertahan akhirnya mundur sampai keatas bukit dan disana dia memanggil semua pengikutnya dan jendral lainnya.
li jue berkata, " lu bu walaupun berani tetapi dia tidak menggunakan strategi, sehingga tidak terlalu menakutkan. aku akan memimpin pasukan menunggu didepan, setiap hari aku akan melakukan penyerangan dan ketika dia datang mengejarku, jendral guo si dapat menyerang bagian belakang pasukan lu bu, sama seperti ketia peng yue mengalahkan pasukan negeri chu. ketika aku menjalankan taktik ini, jendral fan chou dan zhang ji akan mengarahkan pasukannya ke chang an. penyerangan ini akan dapat menghabisi wang yun dan lu bu."
mereka mempersiapkan posisi pasukan mereka untuk menjalankan rencana ini. segera setelah lu bu mencapai kaki bukit, pasukan li jue maju menyerang pasukan lu bu. lu bu yang marah langsung bergerak maju. pasukan li jue mundur ke atas bukit dan kemudian memanah dan melempar batu kepada pasukan lu bu, pasukan lu bu terhambat. pada saat itu dilaporkan bawah pasukan belakang sedang diserang oleh jendral guo si. segera lu bu pergi kebelekang untuk melawan guo si. tetapi sebelum lu bu sampai disana guo si telah mundur dan dia mendengar pasukan li jue menyerang lagi dari depan, lu bu segera berbalik dan sebelum sampai pasukan li jue lagi2 mundur dan dari belakang guo si menyerang kembali.
lu bu berhasil diperdaya dan hal ini membuatnya marah sekali. taktik yang sama berlangsung berhari-hari.
dia tidak dapat menyerang ataupun lari dari mereka. pasukannya tidak mendapatkan istirahat.
dalam kekacauan ini, utusan tiba dan melaporkan, "ibu kota dalam keadaan bahaya dari penyerangan jendral fan chou dan zhang ji !"
lu bu langsung memerintahkan pasukannya untuk berangkat ke ibu kota, pasukan lu bu yang kacau segera dikejar li jue dan guo si dan banyak pasukan lu bu yang mati.
dia akhirnya berhasil sampai di chang an dan menemukan bahwa pasukan tentara pemberontak sangat banyak dan telah berhasil mengepung kota. serangan lu bu tidak memberi banyak arti kepada penyerang dan Pdf By Kang Zusi
dia mulai kehilangan kesabarannya dan karena itu banyak prajuritnya yang lari ke pihak musuh. akibat hal ini dia sangat sedih dan kesal.
sisa-sisa pendukung dong zhuo didalam kota dipimpin oleh li meng dan wang fang memberikan bantuan bagi para penyerang dan beberapa hari kemudian mereka diam-diam membuka pintu gerbang kota dan para pengepung pun memasuki kota. lu bu langsung menaiki kudanya dan melakukan perlawanan, tetapi kewalahan karena tentara musuh sangat banyak. dia berencana pergi ketempat wang yun tetapi dihadang oleh pasukan berkuda tentara pemberontak yang berjumlah ratusan kuda, lu bu menerjang maju dan membantai pasukan itu, lebih dari 3 00 tewas dan terluka. pasukan lainnya yang melihat tidak berani menahan laju lu bu.
lu bu menuju gerbang "kunci hitam" dan memanggil wang yun.
"keadaan sedang gawat sekarang, naiklah kudaku dan aku akan membawamu ketempat yang aman !"
wang yun menjawab, "jika aku diberkati dengan roh para leluhur dinasti han, aku akan berhasil merestorasi kedamaian yang selalu aku idamkan. tetapi jika tidak, aku akan menyerahkan diriku sebagai pengorbanan kepada negara. aku tidak akan lari dari bahaya. sampaikan terima kasihku kepada para pejabat dan mereka yang telah mendukungku dan mintalah agar mereka selalu mengingat negeri ini !"
lu bu membujuk wang yun, lagi dan lagi, tetapi wang yun tidak mau pergi. segera api mulai berkobar diberbagai sisi kota dan lu bu harus pergi, meninggalkan keluarganya dia pergi mencari perlindungan kepada yuan shu.
li jue, guo si dan pengikutnya menjarah dan membunuh. banyak pejabat tinggi yang tewas. mentri chong fu, lu kui dan zhou huan. komandan pasukan kekaisaran cui lie dan wang qin tewas dalam pertempuran.
pemberontak akhirnya berhasil menerobos istana, para menteri dan pejabat meminta kaisar segera pergi ke gerbang "kedamainan abadi" untuk menenangkan pemberontakan.
melihat payung kuning, li jue dan fan chao menghentikan pasukan mereka dan mereka bersujud dan memberi hormat, "semoga baginda yang mulia panjang umur dan sehat selalu !"
kaisar berdiri diatas menara dan berkata, "hai panglima, apa maksumu kau memasuki ibukota dan membuat kekacauan dan juga datang tanpa dipanggil ?"
kedua pemimpin itu bertukar pandang dan berkata ,"dong zhuo perdana menterimu telah dibunuh oleh wang yun dan kami disini ingin membalaskan kematiannya. kami bukan pemberontak. kami hanya menginginkan wang yun dan kami akan menarik mundur pasukan kami."
wang yun berada diantara para pejabat yang berdiri disamping kaisar.
mendengar permintaan ini wang yun berkata,"rencana itu dibuat demi kepentingan kekaisaran.yang mulia tidak perlu sedih kehilangan diriku karena aku telah membawa bencana ini. aku akan turun menemui pemberontak itu !"
kaisar menjadi sedih dan mencoba menahan tetapi menteri yang setia itu turun kebawah dan berteriak, "wang yun disini !"
kedua jendral tadi langsung mengeluarkan pedangnya dan berkata, "untuk kesalahan apa tuan kami kau bunuh ?"
"kejahatannya telah memenuhi langit dan menutupi bumi. tidak ada lidah yang dapat menyebutkannya. hari ketika dia mati adalah hari yang paling gembira diseluruh kota seperti yg kalian juga tahu" kata wang yun.
"dan jika dia memang bersalah, kenapa kami tidak mendapatkan pengampunan ?" kata jenderal-jenderal itu.
Pdf By Kang Zusi "pemberontak mengapa kau masih banyak bicara " aku telah siap untuk mati."
wang yun memejamkan matanya.
dan wang yun pun dibunuh dibawah kaki tembok istana.
setelah selesai membunuh menteri yang setia itu, mereka juga membunuh seluruh keluarganya sampai tidak ada yang tersisa. semua orang bersedih melihat hal ini.
lalu berkatalah para penjahat itu satu dan yang lainnya, "telah sampai sejauh ini, apakah yang lebih baik daripada untuk "menguasai" kaisar ?"
mengumpulkan kekuatan , ma teng mengerahkan pasukan untuk menolong kaisar.
"tidak, rakyat tidak akan menyetujui kematiannya sekarang. kembalikan dia pada kekuasaanya dan kita masukan orang-orang kita kedalam kota. musnahkan semua orang yang melawan kita dan kita bisa mengatur kematiannya lain hari dan seluruh kekaisaran akan ada dalam tangan kita."
lalu mereka berhenti menyerang.
kaisar berkata lagi dari atas menara, "kenapa kau masih ada disini " kau telah membunuh wang yun, sekarang mundurkan pasukanmu."
lalu li jue dan guo si membalas,"pelayanmu ini berhak mendapatkan imbalan setelah kami melakukan jasa kepada dinasti."
"dan apakah imbalan yang kau inginkan ?" tanya kaisar.
ke 4 orang itu menuliskan keinginan mereka dan menyerahkannya pada kaisar. kaisar tidak punya pilihan lain selain memeuhi permintaan ke 4 orang itu.
li ju diangkat menjadi jendral pemimpin pasukan kereta kuda terbang kekaisaran, penguasa dari chiyang, komandan pasukan di ibu kota, administrator istana dan meminta kekuasaan atas seluruh pasukan.
guo si diangkat menjadi jendral pasukan garis belakang, penguasa dari meiyang, anggota administrator istana dan meminta lambang militer sendiri.
fan chou diangkat menjadi jendral pasukan kanan dan penguasa dari wanian.
zhang ji diangkat menjadi jendral pasukan berkuda kerajaan dan penguasa dari ping yan.
li meng dan wang fang yang membuka gerbang kota, di beri jabatan panglima kekaisaran.
setelah menerima hadiah dan gelar, li jue dan guo si berterima kasih pada kaisar dan pergi ke kemah mereka dia xunung pinggiran kota chang an. pemimpin pemberontak yang lain juga diberikan pangkat atas jasa-jasa mereka dan sekali lagi ibu kota kosong dari tentara.
pengikut-pengikut dong zhuo yang sejauh ini telah berhasil, tidak melupakan tuannya itu. mereka menjahit tubuh dong zhuo untuk dimakankan, tetapi hanya bagian-bagian kecil saja yang dapat ditemukan. lalu mereka meminta seorang pemahat untuk memahat patung dari kayu cendana untuk di buat mirip dong zhuo.
jasad dong zhuo itu lalu dipakaikan pakaian seorang pangeran, dan ditaruh dalam peti mati pangeran dan diselengarakan upacara layaknya seorang pangeran. mereka memilih meiwo menjadi makamnya dan mencari hari baik untuk pemakaman itu.
tetapi tiba-tiba petir dan kilat bersambar dua kali di langit pada saat upaca tersebut, air sungai tiba-tiba banjir dan membalikan peti mati itu dan jasad dong zhuo terkena petir dan hangus. Ke dua kalinya mereka ingin Pdf By Kang Zusi
menguburkan dong zhuo juga terjadi hal yang sama dimalam hari dan untuk yang ke tiga kalinya pun bumi menolak jasad dong zhuo itu. sementara itu api telah menghanguskan seluruh jasad dong zhuo yang telah menjadi abu. jadi dapat dikatakan bahwa langit sangat marah kepada dong zhuo.
jadi sekarang li jue dan guo si memegang kekuasaan sesungguhnya dan mereka menekan rakyat. mereka juga menggeser orang-orang istana dan menggantinya dengan orang-orang mereka yang mengawasi gerak-gerik kaisar sehingga kaisar merasa tertekan dan dipermalukan. semua kenaikan jabatan dan demosi juga dilakukan oleh kedua pemberontak itu. dan demi untuk popularitas mereka memrintahkan memanggil kembali jendral veteran zhu jun kedalam istana dan menjadikannya anggota administrator istana dan pemerintahan.
suatu hari datang laporan bahwa gubernur xiliang, ma teng dan penjaga kekaisaran dari daerah bing zhou, han sui dengan 100.000 tentara, datang dengan cepat mendekati ibu kota dengan niat menyerang pemberontak atas nama kaisar.
sekarang pemimpin dari barat ini telah membuat rencana yang hati-hati. ma teng dan han sui telah mengirim 2 orang kepercayaan mereka ke ibu kota untuk mengetahui siapa saja yang mendukung mereka. mereka telah berkonspirasi dengan 3 pejabat. penasehat kerajaan ma yu dan chong shao, dan komandan kekaisaran liu fan-
-akan menjadi sekutu mereka dialam kota melawan pemberontak. ke 3 orang ini mendapat titah rahasia dari kaisar yang isinya mengangkat ma teng menjadi "jendral penakluk daerah barat" dan han sui "jendral yang menjaga daerah barat". dengan titah ini kedua jendral bergabung dan memulai perjalanan mereka.
ke empat pemimpin--- li jue, guo si, fan chou dan zhang ji mengadakan pertemuan dgn jenderal-jenderal mereka dan membahas mengenai penyerangan ini.
penasehat jia xu berkata, "karena pasukan mereka datang dari jauh, rencana kita adalah memperkuat pertahanan dan menunggu sampai persediaan makanan mereka habis. dalam 100 hari persedian makanan mereka akan habis dan mereka harus mundur. saat itu kita dapat mengejar mereka dan menangkapnya."
li meng dan wang fang berdiri dan berkata, "rencana ini buruk. berikan kami 10.000 prajurit dan kami akan menghancurkan mereka berdua dan membawa kepala mereka kembali !"
"untuk maju dan berperang dgn mereka artinya kekalahan." kata jia xu.
li meng dan wang fang berkata, "jika kami gagal kami bersedia kehilangan kepala kami. tetapi jika kami menang maka kepalamu yang jadi taruhannya."
jia xu kemudian mengusulkan pada li jue dan guo si, "70 km disebelah barat ibukota ada bukui zhou zhi.
jalannya sempit dan tebingnya cura,. kirim jendral zhang ji dan fan chou untuk menduduki daerah itu dan perkuatlah pertahanan mereka disana sehingga mereka dapat membantu li meng dan wang fang."
li jue dan guo si setuju dengan rencana itu. mereka memerintahkan 15.000 tentara infantri dan berkuda bagi li meng dan wang feng yang sangat bersemangat. mereka membuat kemah 90 m dari chang an.
pasukan dari barat tiba. ma teng dan han sui memimpin pasukan mereka menyerang. mereka menemukan lawan mereka li meng dan wang fang telah membentuk formasi perang.
ma teng dan han sui berkuda bersama kedepan pasukan mereka. menunjuk pada pemimpin pemberontak, ma teng berteriak, "mereka adalah pengkhianat, siapa yang akan menangkap mereka ?"
dari belakang langsung ada pendekar yang maju kedepang, usianya masih sangat muda 17 thn. matanya seperti meteor, badan yang kekar dan gagah. dia bersenjatakan tombak panjang dan menaiki kuda yang gagah. pemimpin muda ini bernama ma chao, anak pertama dari ma teng.
walaupun muda dia sangat pemberani. wang fang meremehkan dia karena usianya yang muda, lalu maju dan melawan ma chao. hanya dalam beberapa jurus saja, wang fang terjatuh dan tertusuk tombak ma chao. ma Pdf By Kang Zusi
chao lalu kembali kedalam formasi, tetapi belum sempat ma chao sampai, li meng mengejar ma chao untuk membalaskan dendam wang fang.
ma chao tidak mengetahui li meng mengejar tetapi ayahnya berteriak ,"kau sedang diikuti !!"
sekarang ma chao tahu bahwa dia diikuti tetapi pura-pura tidak melihat, menunggu sampai musuhnya mendekat dan li meng setelah mendekat dia mengangkat tombaknya dan akan menusuk. tetapi ketika serang li meng itu datang, ma chao telah siap, dia berputar sehingga li meng gagal menusuk ma chao dan sekarang posisinya yang terbuka. ma chao dengan tanganya yang kuat langsung menarik li meng sehingga terjatuh dari kudanya. sekarang pasukan li meng dan wang fang tidak mempunyai pemimpin dan berlarian kesegala arah. pasukan ma teng dan han sui mengejar dan kemenangan menjadi milik mereka. mereka terus menekan hingga malam, akhirnya mereka berkemah dan mereka memenggal kepala li meng dan memamerkan kepalanya di tengah kemah.
ketika li jue dan guo si mendengar bahwak kedua jendral mereka itu telah kalah oleh seorang pemuda yang tidak pernah mereka dengar sebelumnya, mereka mengetahui bahwa jia xu memberikan saran yang bagus waktu itu dan sekarang mereka sangat menghargai saran jia xu untuk bertindak defensif dan menolak ajakan perang.
dengan pasti setelah beberapa bulan, persediaan pasukan dari xiliang menipis dan pemimpinnya mulai mempertimbangkan mundur.
pada saat ini seorang pelayan dari keluarga ma yu mengkhianati tuannya itu dan menceritakan mengenai konspirasi ke 3 pejabat istana dengan para penyerang. li jue dan guo si langsung menangkap ke 3 keluarga dari konspirator tersebut-- ma yu, chong shao dan liu fan-- dan memenggal mereka di pasar. kepala mereka di gantungkan didepang gerbang kota.
karena kehabisan perbekalan dan mendengar ke3 teman mereka telah dibunuh, satu-satu jalan bagi ma teng dan han sui adalah mundur. dengan segera zhang ji mengejar ma teng dan fan chou mengikuti han sui.
pasukan ma teng yang mundur mengalami korban cukup besar dan hanya karena ma chao maka pasukan pengejar dapat dipukul mundur.
fan chou yang mengejar tentara lainnya, ketika dia telah cukup dekat, tiba-tiba han sui datang dan berani menyapanya serta berkata, "kau dan aku berasal dari daerah yang sama, kenapa kita bersikap tidak bersahabat begini ?"
fan chou menjawab "aku harus mentaati perintah atasanku."
"aku disini karena tugas negara, kenapa kau mempersulit diriku ?" kata han sui.
fan chou lalu memutar kudanya, memerintahkan pasukanya dan meninggalkan han sui dengan tenang.
keponakan li jue yang berada didalam pasukan fan chou menyaksikan kejadian ini dan melaporkannya kepada pamannya itu. marah karena musuh telah lolos, li jue ingin mengirimkan pasukan untuk membalas jendralnya itu.
tetapi jia xu datang dan berkata, "rakyat masih belum tenang, akan sangat berbahaya untuk memprovokasi perang. tetapi undanglah fan chou kesebuah pesta dan ketika sedang berlansung, bunuhlah dia karena melalaikan tugas."
ini sepertinya adalah saran yang bagus bagi li jue, lalu dia mengadakan pesta dan mengundang zhang ji serta fan chou yang menerima undangan mereka.
Setelah beberapa saat, tiba-tiba sikap li jue berubah dan bertanya pada fan chou, "apa yang kau rencanakan dengan han sui " apakah kau sekarang telah menjadi pengkhianat ?"
Pdf By Kang Zusi tamu yg tidak senang tanpa sempat berkata apa-apa langsung di kepung pengawal dan kepalanya langsung berada dilantai.
ketakutan yang amat sangat, tamu lainnya zhang ji langsung bersujud dilantai.
"fan chou adalah pengkhianat" kata li jue, sambil membantu zhang ji yang ketakutan berdiri, "dan dia telah mendapatkan ganjarannya. kau adalah temanku dan tidak perlu takut."
li jue memberikan zhang ji komando atas pasukan fan chou dan zhang ji pun kembali ke markasnya dia hongnong.
tidak ada pemimpin yg berani menentang keinginan ke 3 jendral tersebut. tetapi jia xu tidak pernah berhenti menyarankan ke 3 jendral tersebut untuk lebih memikirkan kemakmuran rakyat dan mencari orang-orang pintar dan bijak untuk diperkerjakan. dan meyakinkan kalau hal ini penting untuk melanggengkan kekuasaan.
setelah ke 3 jendral mengambil alih kekuasaan. masalah baru muncul. pemberontak jubah kuning muncul kembali di qing zhou. mereka datang dengan dipimpin banyak pemimpin dan dalam jumlah ratusan ribu orang dan menjarah semua tempat yang mereka lewati.
administrator istana zhu jun berkata bahwa dia tahu satu orang yang dapat menghancurkan pemberontakan itu. dan ketika mereka bertanya siapakah orang itu, zhu jun berkata, "kalau kau mau menghancurkan pemberontak ini kau akan gagal kecuali kau menggunakan jasa cao-cao."
"dan dimanakah dia ?" tanya li jue.
"dia adalah gubernur di dong jun. dia mempunyai pasukan besar dan kau hanya perlu memerintahkan dia untuk bertindak dan pemberontakan akan dapat dipatahkan."
utusan dikirim secepatnya dengan perintah untuk cao-cao dan bao xin, penguasa jibei untuk bertindak dan memadamkan pemberontakan. segera setelah cao-cao menerima perintah kekaisaran, dia menyerang posisi pasukan pemberontak di shuoyang. bao xin dan pasukannya menerjang masuk kedalam pasukan musuh dan membuat kerusakan dimanapun dia bisa, tetapi akhirnya dia mati didalam medan pertempuran. cao-cao mengejar pemberontak ketika mereka lari ke ji bei. 10.000 orang menyerah dan cao-cao memasukannya kedalam barisan tentaranya. ketika pasukannya mencapai suatu tempat, banyak yang menyerah dan bergabung bersamanya. setelah 100 hari, dia telah memenangkan 3 00.000 tentara dan lebih dari 1.000.000
penduduk yang menjadi tentaranya.
dari jumlah ini yang paling kuat dan berani dijadikannya tentara qingzhou dan sisanya dikirm pulang ke rumah mereka untuk mengurus sawah. konsekuensi dari sukses cao-cao ini adalah menaikan popularitas dan prestisnya yang setiap hari terus bertambah. dia melaporkan sukses ini ke ibu kota changan dan diberi gelar
"jendral yang menjaga timur".
liu dai kemudian menyerahkan kekuasaan daerah yan zhou kepada cao-cao.
dimarkas barunya ini, cao-cao menerima orang-orang bijaksana dan pemberani. 2 orang pintar, paman dan keponakannya, datang pada saat yang bersamaan, kedua nya dari yingchuan, bernama xun yu dan xun you.
pamannya pernah berkerja bagi yuan shao.
cao-cao bergembira mendapatkan kedua orang ini dan berkata," xun yu adalah zhang liang bagiku."
dia mengangkat xun yu sebagai komandan lapangan. dan keponakannya xun you yang terkenal karena kemampuannya dan pernah menjadi pejabat istana di luo yang, tetapi membuang karirnya dan kembali ke desa. cao-cao mengangkatnya menjadi instruktur militer.
Pdf By Kang Zusi xun yu berkata kepada cao-cao, "ada seseorang yang bijak di yan zhou, tapi aku tidak tahu untuk siapa dia berkerja."
"siapakah dia ?" tanya cao-cao.
"cheng yu. dia berada dia bagian timur yan zhou."
"ya, aku juga telah mendengar mengenai dia." kata cao-cao.
lalu utusan dikirim ke tempat itu untuk mencari informasi. cheng yu sedang pergi ke bukit untuk belajar. cao-cao memerintahkan ke bukit itu dan cheng yu datang memenuhi undangan.
"aku akan membuktikan bahwa aku tidak berharga untuk rekomendasimu" kata cheng yu kepada temanya xun yu, " karena aku kasar dan ceroboh. tetapi apakah kau lupa dengan teman satu desamu, guo jia " dia sangat pandai dan hebat. kenapa tidak menyebar jala untuk menangkapnya ?"
"aku sungguh lupa !" kata xun yu tiba-tiba.
jadi dia menyampaikan hal ini kepada cao-cao dan langsung mengundangnya.
guo jia mendiskusikan masalah-masalah dunia dengan cao-cao, dia merekomendasikan liu ye dari henan, yang juga merupakan keturunan liu xiu, kaisar pertama han barat. ketika liu ye tiba, dia membawa dua orang temannya man chong dari shanyang dan lu qian dari wu cheng yang telah diketahui cao-cao dari reputasinya.
Kedua orang itu membawa sebuah nama lagi bagi cao-cao yaitu mao jie dari chen liu yang juga datang dan diberikan jabatan. lalu datangnya seorang terkenal dengan pasukannya yang berjumlah 500 orang untuk menawarkan jasanya. dia adalah yu jin dari taishan, seorang ahli berkuda dan memanah dan memiliki kemampuan lebih dalam melatih tentara. dia diangkat menjadi inspektur pasukan.
lalu suatu hari xiaohou dun membawa seseorang untuk diperkenalkan pada cao-cao.
"siapakah dia ?" tanya cao-cao.
"dia berasal dari chen liu dan namanya adalah dian we. dia adalah yang paling pemberani dan yang terberani.
dia adalah bawahannya zhang miao, tetapi bertengkar dengan beberapa orang didalam kemahnya dan membunuh selusin dari mereka dengan tangan kosong. lalu dia lari kegunung dimana kau menemukan dia.
aku sedang memanah ketika aku melihat dia sedang melawan seekor harimau di tengah arus sungai. aku membujuknya untuk bergabung dengan tentara ku dan aku merekomendasikan dia."
"aku melihat dia bukanlah orang biasa" kata cao-cao, "dia tampak sangat tegap dan terlihat kuat serta berani."
"dia sangat berani ! dia membunuh seseorang untuk membalaskan dendam temannya dan membawa kepalanya melewati seluruh pasar. ratusan melihat dia, tetapi tidak berani mendekat. senjata yang dia gunakan saat ini berupa 2 kampak besar, yang masing-masing beratnya 1 2 0 pon dan dia menaiku kuda dengan kedua senjata ini ditangan."
cao-cao memerintahkan dian wei untuk membuktikan kemampuannya. lalu dian wei berkuda dan dia melihat sebuah batang kayu besar sedang terombang-ambing karena angin dan akan segera jatuh. sekelompok tentara sedang berusaha keras untuk membuatnya kokoh. lalu dia turun dari kuda dan berteriak kepada orang-orang itu untuk minggir dan dia memegang batang itu dan menancapkannya ke dalam tanah hanya dengan satu tangan. dan batang itu berdiri tegak walaupun angin bertiup kencang.
"ini adalah e lai lagi !" kata cao-cao.(note: e lai adalah seorang jendral didinasti zhou yang berkerja untuk raja shang dan dia mempunyai kekuatan fisik yang tidak biasa."
Pdf By Kang Zusi dia lalu memberikan dian wei posisi sebagai komandan penjaga markas utama dan dia juga memberikan dian wei hadiah beruba jubah yang bagus dan kuda dengan sadel yang bagus.
cao-cao menyemangati orang-orang bijak agar dapat membantu dirinya dan dia memiliki penasehat yang hebat untuk urusan sipil dan jendral pemberani didalam pasukannya. dia menjadi terkenal diseluruh dataran timur.
sekarang ayah cao-cao, cao song tinggal di lang ye, dia bersembunyi di suatu tempat yang bebas dari pergolakan dunia. cao-cao berharap dapat bertemu kembali dengannya. sebagai seorang anak yang berbakti, cao-cao mengirim gubernur taishan, ying shao untuk mengawal ayahnya ke yan zhou. cao song membaca surat dari anaknya dengan gembira dan keluarga itu siap untuk pindah. mereka ber 40 seluruhnya.
jalan mereka melalui daerah xu zhou dimana penjaga kekaisaran tao qian sangat tulus dan orang yang menjunjung tinggi kebenaran berkuasa. dia telah lama ingin membangun hubungan baik dengan cao-cao tetpai belum dapat menemukan momen yang tepat. mendengar keluarga cao-cao melewati daerahnya. tao qian menyambut mereka dan memperlakukan mereka dengan baik sekali, membuat jamuan dan menyenangkan mereka selama 2 hari. dan ketika mereka pergi, tao qian mengantarnya sampai perbatasan daerahnya. lalu dia memerintahkan jendral zhang kai untuk mengantarnya lebih jauh dengan membawa 500
orang tentara. seluruh rombongan mencapai sebuah desa bernama hua fei. saat itu adalah akhir musim panas dan sedang masuk musim gugur dan saat itu mereka terhenti karena hujan yang lebat sekali dan satu-satunya tempat untuk berteduh adalah sebuah kuil tua dan mereka segera pergi kesana. keluarga cao menempati ruang utama dan pengantar mereka di ruang samping. pasukan yang mengantar kebasahan, marah dan tidak senang.
lalu zhang kai memanggil beberapa bawahannya dan berkata,"kita dulunya adalah pemberontak jubah kuning dan menyerah pada tao qian karena tidak ada pilihan lain. kita tidak pernah mendapatkan banyak dari hal itu.
sekarang disini ada keluarga cao dan kita dapat menjadi kaya. kita akan menyerang tiba-tiba nanti malam dan membunuh semuanya. lalu kita akan mendapat banyak harta dan kita akan lari kegunung."
mereka semua setuju. badai lalu terus berlanjut sampai malam. cao song menanti dengan gelisah tanda-tanda badai segera berlalu, dia tiba-tiba mendengar ada keributan diluar. adiknya, cao de mengeluarkan pedang dan keluar untuk melihat apa yang terjadi. cao de langsung terbunuh. cao song menarik tangan salah satu selirnya, keluar bersamanya dan mencari jalan dibelakang kuil untuk kabur. tetapi wanita itu tidak dapat melewati celah kecil dibelakang kuil itu, jadi mereka berdua bersembunyi di belakang sebuah rumah kecil.
akhirnya mereka ditemukan dan dibunuh.
gubernur ying shao yang gagal menjaga keluarga cao-cao lalu lari kepada yuan shao. para pembunuh itu kemudian lari keselatan sungai hui dengan hasil jarahan mereka setelah mereka membakar kuik tua itu.
beberapa pengawal yang berhasil lolos melaporkan hal ini pd cao-cao. ketika dia mendengar hal ini dia langsung jatuh ketanah dan menangis sangat keras. mereka semua lalu membantunya berdiri.
dengan marah dia berkata, "orangnya tao qian telah membunuh ayahku. langit yang sama tidak dapat menaungi aku dan dia. aku akan menhilangkan daerah xu zhou dari muka bumi ini. hanya dengan itu aku dapat memuaskan balas dendamku."
cao-cao meninggalkan pasukan berkekuatan 3 0.000 dibawah xun yu dan cheng yu untuk menjaga markas di timur dan 3 kota utama yaitu juan cheng, fan xia dan dong jun. lalu dia dengan tentara yang lainnya pergi ke xu zhou untuk membalas dendam ayahnya. xiaohou dun, yu jin dan dian wei bersama cao-cao memimpin pasukan digaris depan. cao-cao memerintahkan seluruh penduduk dibunuh disetiap kota yang ditangkap.
sekarang gubernur jiujiang, bian rang adalah teman dekat dari tao qian. mendengar xu zhou terancam, bian rang dengan 5000 tentaranya membantu tao qian. marah dengan tindakan ini cao-cao mengirim xiahou dun untuk membunuh bian rang yang masih dalam perjalanan.
Pdf By Kang Zusi pada saat ini cheng gong yang berada di dong jun juga merupakan teman tao qian. mendengar cao-cao akan menghancurkan dan membunuh seluruh penduduk, cheng gong lalu segera datang untuk menemui cao-cao.
mengetahui maksud kedatangan cheng gong, cao-cao tidak mau menemuinya. tetapi kemudian cao-cao teringat dengan kebaikan yang dia pernah terima dari chen gong akhirnya dia mempersilahkan dia menghadap.
chen gong berkata, "mereka berkata kau akan membalaskan dendam ayahmu di xu zhou, dan membunuh seluruh penduduknya. aku datang untuk mengucapkan beberapa patah kata. pelindung kekaisaran tao qian adalah orang baik. dia tidak pernah mencari keuntungan bagi dirinya sendiri atau mencelakai orang lain.
ayahmu menemui ajalnya ditangan zhang kau. tao qian tidak bersalah. dan penduduk lebih-lebih tidak bersalah apa-apa dan untuk membunuh mereka adalah suatu kejahatan, aku mohon kau memikirkan hal ini."
cao-cao membalas dgn marah," kau pernah meninggalkan aku dan sekarang kau menemuiku untuk omong kosong ini ! tao qian membunuh keluargaku, dan aku akan membelah jantungnya sebagai balas dendam. aku bersumpah ! kau dapat berbicara denganku sebagai teman. aku akan tetap seperti ini seperti aku tidak mendengar apapun."
chen gong pergi dengan menghela napas.
dia berkata, "aku tidak dapat menemui tao qian dan melihat mukanya."
lalu chen gong berkuda ke daerah chen liu dan memberikan jasanya buat gubernur zhang miao.
pasukan cao-cao melakukan pembalasan dendam dengan menghancurkan tempat yang dilewatinya dan membunuh rakyat serta merusak makam. diantara kota-kota yang dihancurkannya ada sebuah kota kecil yang berisi kaum pelajar, dikota itu sedang diadakan ujian tingkat daerah. yang menjadi juara daerah tahun itu adalah zhuge jin. tetapi disaat yang sama, pasukan cao-cao masuk kedalam kota dan membakar serta membantai seisi kota, keluarga zhuge yg ada didalam kota semunya terbunuh kecuali zhuge jin , zhuge liang dan zhuge jun. saat itu zhuge laing berusia 1 2 thn. dia menyaksikan ayahnya tebunuh. zhuge liang, zhuge jin dan zhuge jun berasal dari desa yang de di propinsi lang ye. setelah kejadian ini zhuge liang bersama jin dan jun pergi ketempat paman mereka zhuge xuan dia daerah nan yang. zhuge liang akhirnya meninggalkan bangku sekolah dan belajar ilmu tao untuk menenangkan dirinya dan dia mengucilkan diri di long zhong.
saat pembantaian ini terjadi adalah thn ke tiga masa pemerintahan kaisar xian (thn 193 m.) ketika tao qian mendengar masalah ini, dia melihat kelangit dan berkata, "aku pasti telah berdosa sebelumnya sehingga langit menghukum ku dan membawa petaka bagi rakyatku."
dia memanggil semua bawahannya untuk berkonsultasi.
salah satu dari mereka cao bao berkata, "sekarang musuh telah ada didepan kita. kita tidak dapat duduk dan diam saja. aku akan keluar dan melawan."
tao qian dengan ragu-ragu mengirim tentara keluar. dari kejauhan dia melihat tentara cao-cao menyebar sepajang cakrawala. diatas bendernya cao-cao menulis huruf besar sekali sehingga dapat dilihat dari jarak jauh bertuliskan "balas dendam".
ketika cao-cao telah tiba, cao-cao berpakaian putih untuk upacara kematian dan mengata-ngatai tao qian.
tetapi tao qian tidak terpancing, dan dia bersujud pada cao-cao dari atas bentengnya dan berkata, "aku berharap dapat beteman denganmu tuan, dan aku mengirim zhang kai untuk mengawal keluargamu. aku tidak tahu didalam hatinya pemberontak itu belum juga berubah. kesalahan ini bukan disebabkan karenaku seperti yang engkau lihat."
"kau keparat tua ! kau membunuh keluargaku dan sekarang kau berkata omong kosong ini !" kata cao-cao.
dan dia bertanya "siapakah yang akan mengambil kepala tao qian untukku ?"
Pdf By Kang Zusi xiahou dun maju kedepan. tao qian langsung masuk kedalam bentengnya dan cao bao keluar untuk melawan.
tetapi baru saja mereka mau berhadapan, tiba-tiba angin ribut turun ditempat itu dan debu serta kerikil berterbangan dan membuat kacau tempat itu. kedua pasukan mundur ketempat masing-masing .
tao qian segera mundur kedalam kota dan mamanggil bawahannya.
"kekuatan cao-cao terlalu kuat bagi kita" kata tao qian,"aku akan menyerahkan diriku sebagai tawanan dan biarkan dia melakukan apapun padaku sebagai balas dendamnya. aku mungkin dapat menyelamatkan rakyatku."
tetapi tiba-tiba ada orang yang berkata, "kau telah lama memerintah disini dan rakyat menyukaimu untuk memerintah mereka. musuh memang kuat tetapi mereka tidak akan dapat menerobos tembok kita, tidak jika rakyat ikut berjuang bersamamuu. aku punya rencana yang dapat membuat cao-cao mati ditempat dimana dia tidak akan dapat dikuburkan."
kata-kata yang berani ini mengejutkan ruang sidang dan mereka sangat ingin mengetahui rencana ini.
Dia adalah mi zhu yang berkata tahu bagaimana cara mengalahkan cao-cao. mi zhu lahir dalam keluarga pedagang kaya di dong hai dan berdagang di luo yang. suatu hari dalam perjalanan pulang dari kota itu didalam kereta kudanya, dia bertemu dengan wanita yang cantik sekali yang memohon padanya untuk ikut.
dia berhentu dan menyerahkan tempat duduknya keapdanya. wanita itu membagi tempat duduknya kepadanya. mi zhu lalu duduk tetapi dia berusaha memberi jarak dan tidak melihat kearah wanita itu sekalipun dan tetap bersikap sopan. mereka berpergian untuk beberap km jauhnya dan ditengah jalan wanita itu berterima kasih dan turun.
sebelum wanita itu pergi dia berkata, "aku adalah dewi api dari dataran selatan. aku sedang dalam perjalanan untuk melaksanakan perintah kaisar langit untuk membakar kediamanmu, tetapi kesopananmu dan kebaikanmu telah menyentuh hatiku. sekarang aku peringatkan dirimu. cepatlah pulang, keluarkan hartamu dan selamatkan keluargamu karena aku akan tiba nanti malam."
lalu dia menghilang, mi zhu dengan cepat pulang dan segera memindahkan seisi rumah dan barang berharganya. malam itu api menyala dari dapur dan membakar seluruh rumah. setelah ini mi zhu menyerahkan hartanya bagi orang miskin dan yang membutuhkan. tao qian memberinya jabatan kepala pengadilan.
rencana yang diusulkan mi zu adalah seperti ini,"aku akan pergi ke bei hai dan meminta gubernur kong rong untuk membantu. yang lain harus pergi ke qing zhou dan meminta bantuan pelindung kekaisaran, tian kai.
kalau kedua pasukan ini melawan cao-cao maka dia pasti akan mundur."
tao qian menyetujui rencana itu dan dia menulis 2 buah surat. dia bertanya siapa yang mau menjadi sukarelawan untuk pergi ke qing zhou dan chen deng dari guangling mengajukan dirinya. mi zhu dan chen deng keluar dari kota diam-diam pd malam hari dan tao qian serta yang lainnya berusaha bertahan semampu mereka.
kong rong berasal dari qu fu di negara bagian lu. dia adalah generasi ke 2 0 dari guru besar konfusius(kong fuzi). kong rong sangatlah pintar. ketika berusia 10 thn dia pergi untuk bertemu li ying, gubernur di he nan.
tetapi penjaga pintu tidak mengijinkannya masuk.
tetapi kong rong berkata, "aku adalah kerabat dekat menteri li ying" , lalu dia dipersilahkan masuk.
li ying bertanya pada kong rong ada hubungan apa antara keluarganya dan keluarga kong rong sehingga bisa disebut "sangat dekat".
anak itu menjawab, "leluhurku konfusius pernah bertanya pada leluhurmu lao zi mengenai upacara. jadi keluarga kita telah mengenal satu sama lain untuk sekian banyak generasi."
Pdf By Kang Zusi li ying terkejut mendengar jawaban anak ini.
kemudai menteri tinggi chen wei datang berkunjung yang dimana li ying menceritakan mengenai anak itu.
"dia adalah anak yang hebat" kata li ying menunjuk kepada kong rong.
chen wei menjawab, "tidak selalu anak yang pintar akan menjadi orang yang pintar ketika dewasa."
kong rong lalu bertanya, "dengan apa yang baru saja kau katakan pak, kau tentu saja satu dari anak-anak yang pintar itu."
menteri dan gubernur, kedua nya tertawa mendengar jawaban itu dan berkata, "anak ini akan menjadi bangsawan kelak."
jadi dari kecil kong rong telah terkenal. sebagai seorang pemuda dia naik menjadi komandan pasukan kekaisaran dan bertugas menjadi gubernur di bei hai, dimana dia sangat dikenal karena keramahannya. di gedung kerjanya dia menulis dipilar-pilar gedung dengan tulisan ,
"biarkan ruanganku penuh dengan teman-teman. dan cangkirku penuh dengan arak. itu adalah yang ku suka."
setelah 6 thn di bei hai seluruh penduduk mencintainya. ketika mi zhu tiba seperti biasa kong rong sedang duduk bersama tamu-tamunya dan utusan segera dikirim untuk mengabarkannya. mi zhu lalu menghadap dan kong rong bertanya apa keperluan mi zhu, mi zhu lalu menyerahkan surat dari tao qian yang menceritakan cao-cao sedang mengepung xu zhou dan dia memerlukan bantuan.
lalu berkatlah kong rong,"tuanmu dan aku adalah teman baik dan kehadiranmu disini membuatku harus pergi membantunya. tetapi aku tidak punya permusuhan dengan cao-cao, jadi aku akan menulis surat dulu untuk cao-cao dan memohon dia untuk berdamai. jika dia menolak ajakanku maka aku akan menyiapkan tentaraku."
"cao-cao tidak akan mendengar usulan perdamaian. dia terlalu yakin dengan kekuatannya." kata mi zhu.
kong rong tetap menulis surat dan pada saat yang sama juga memerintahkan tentaranya bersiap. pada saat ini tiba-tiba pasukan pemberontak jubah kuning berjumlah kurang lebih 10.000 orang merampok dan menjarah daerah bei hai. kong rong harus berurusan dengan mereka terlebih dahulu.
kepala pemberontak, guan hai, maju kedepan dan berkata, "aku tahu kota ini subur dan makmur. aku ingin meminta 10.000 kereta berisi beras. berikan apa yg aku mau dan kami akan pergi. menolak dan kami akan merobohkan tembok kota dan menghancurkan setiap mahluk hidup !"
kong rong berteriak balik, "aku adalah pelayan dari dinasti han, dipercayakan untuk menjaga tanah ini.
apakah kamu pikir aku akan memberi makan pemberontak ?"
guan hai mememcut kudanya dan mengayunkan pedangnya dan berkuda menuju depan. zong bao, salah satu jendral kong rong, mengambil tombaknya dan keluar melawannya. tetapi setelah beberapa ronde, zong bao terbunuh. lalu pasukan kong rong menjadi panik dan kembali kedalam kota untuk berlindung. pemberontak lalu mengepung kota dari segala sisi. kong rong sangat terpukul atas kejadian ini dan mi zhu yang melihat tidak ada harapan untuk sukses dalam misinya ini, sangat bersedih.
pemandangan dari tembok kota sangatlah menyedihkan karena pemberontak tak terkira banyaknya. suatu hari ketika sedang berdiri ditembok kota, kong rong melihat satu orang dengan tombaknya berkuda melewati pemberontak jubah kuning dan membantai mereka seperti rerumputan yang diterbangkan oleh angin.
tidak terlalu lama, orang itu sampai di pintu gerbang kota dan berteriak , "bukan gerbangnya !"
tetapi penjaga gerbang tidak mau membuka gerbang untuk seseorang yang tidak dikenal dan dalam penantian itu tentara pemberontak mulai mendekati sipengendara kuda. tiba-tiba pengendara kuda itu Pdf By Kang Zusi
berputar dan menerjang mereka semua serta berhasil membunuh selusin dari orang-orang itu. hal ini membuat pemberontak yang lain mundur ke belakang parit2. kong rong akhirnya memerintahkan untuk membuka pintu gerbang dan membiarkan orang itu masul. setelah dia didalam, lalu orang itu turun dari kuda dan memberi hormat pada gubernur kong rong.
"namaku adalah taishi ci dan aku berasal dari lai huang. aku sedang pulang kerumah kemarin dari daerah utara untuk menemui ibuku dan aku mendengar kota mu dalam bahaya dari serangan pemberontak. ibuku berkata kau telah sangat baik padanya dan bilang padaku bahwa aku harus membantumu. jadi aku pergi sendirian ke sini dan disinilah aku sekarang."
ini adalah berita yang menggembirakan, kong rong sudah mengetahui mengenai taishi ci sebagai petarung yang hebat dan pemberani walaupu kedua nya tidak pernah bertemu. ketika taishi ci jauh dari kotanya, kong rong merawat ibunya yang tinggal beberapa km dari kota, dengan penjagaan khusu darinya, dia memastikan ibunya tidak kekurangan apapun. ini telah menarik simpati dari hati wanita itu dan dia mengirimkan putranya sebagai tanda terima kasih.
kong rong menujukan penghargaanya dengan memperlakukan tamunya dengan sangat hormat, meberikannya hadiah pakaian dan baju zirah, sadel, dan kuda.
lalu taishi chi berkata,"berikan aku 1000 tentara dan aku akan pergi keluar dan mengusir orang-orang ini."
"kau adalah pendekar yang berani tetapi mereka terlalu bnyak, ini adalah masalah serius untuk keluar dan berhadapan dengan mereka." kata kong rong.
"ibuku mengirimku karena kebaikanmu pada nya. bagaiman aku dapat bertemu kembali dengannya bila aku tidak menghentikan pengepungan ini " aku lebih baik menang atau aku mati."
"aku dengar liu bei adalah salah satu pahlawan didunia ini. kalau saja kita dapat meminta bantuannya, yang aku tidak ragukan lagi dia pasti membantu, hanya saja siapakah yg dapat kita utus menemuinya ?"
"hmm...aku akan pergi begitu aku menerima surat darimu !"
lalu kong rong menulis surat untuk liu bei dan memberikannya untuk taishi ci.
taishi ci memakai baju zirahnya, naik kekudanya dan mengambil busur serta anak panah serta membawa tombaknya. dia keluar kota sendirian.
didepan parit, para pengepung kota berkumpul dan mereka segera menghalangi jalan taishi ci. tetapi taishi ci langsung menerjang mereka dan membunuh beberapa lusin dari mereka dan akhirnya berhasil keluar dari kepungan.
guan hai yang melihat hal ini geram dan berkata, "monster apakah dia sehingga bisa masuk dan keluar kota seenaknya seperti kita ini hanyalah patung !!!", dia lalu mengirimkan orang untuk mengikutinya. dan guan hai menyuruh mereka untuk mengepug taishi ci. taishi ci yang sadar dirinya diikuti dan dalam formasi yang mengepungnya. lalu sambil berkuda, taishi ci mengikat tombaknya, mengambil busur dan menembakan panahnya. lalu satu demi satu pasukan pengejarnya berjatuhan, melihat hal ini para pengejarpun tidak berani mengikutinya lagi.
akhirnya dia sampai di tempat liu bei di ping yuan dan setelah memberi hormat lalu dia menyampaikan keadaan kong rong dan menyerahkan surat pada liu bei.
"dan siapakah dirimu ?" tanya liu bei.
"aku taishi chi dari lai huang. aku tidak ada hubungan apapun dgn kong rong tetapi karena ibuku aku mau berbagi duka dan ketidakberuntungan dengan dirinya. pemberontak jubah kuning telah mengepung kotanya Pdf By Kang Zusi
dan dia tidak dapat meminta bantuan siapapun lagi, kehancuran kotany sudah sangat dekat. karena itu dengan perintahnya aku memberanikan diri melintasi semua bahaya dan kesini untuk memohon bantuanmu, aku mohon tuan mau menolongnya."
liu bei tersenyum dan menghela napas dan berkata, "dan apakah dia tahu bahwa ada liu bei didunia ini ?"
lalu liu bei bersama dengan guan yu dan zhang fei, membawa 3 .000 tentara dan pergi untuk melawan pemberontak yang mengepung ktoa. ketika pemimpin pasukan pemberontak guan hai melihat pasukan yang baru tiba ini, dia langsung melawan mereka, berpikir bahwa dia dapat segera menghancurkan pasukan kecil ini.
3 bersaudara dan taishi ci berada di barisan paling depan dari pasukan mereka. guan hai segera maju kedepan, taishi ci telah siap melawan tetapi guan yu telah maju didepannya. dia maju kedepan dengan kudanya dan kedua orang ini bertarung. pasukannya berteriak memberi semangat. setelah beberapa jurus saja akhirnya golok naga hijau guan yu mendarat di badannya dan dia jatuh.
ini adalah tanda bagi zhang fei dan taishi ci untuk ikut ambil bagian. dengan tombak mereka masing-masing , mereka menerjang maju dan liu bei bersama pasukan ikut maju. gubernur ayng melihat bala bantuan telah datang dan membantai pemberontak seperti harimau memangsa kawanan lembu. tidak ada yang dapat menahan mereka dan dia mengirim pasukanya sendiri untuk bergabung dalam pertempuran. jadi pemberontak terkepung diantara 2 pasukan. pasukan pemberontak akhirnya dapat dipatahkan dan banyak pasukannya yang menyerah, yang lainnya melarikan diri kesegala penjuru.
perjamuan disiapkan untuk merayakan kemenangan ini. mi zhu diperkenalkan pada liu bei. mi zhu menceritakan kejadian yang dialamai tao qian.
liu bei berkata, "tao qian adalah orang yang baik dan memiliki integritas tinggi. dan sangat menyedihkan apabila dia harus menderita akibat kesalahan orang lain."
"kau adalah masih famili kekaisaran" kata gubernur kong rong,"dan cao-cao ini melukai orang-orang , seorang kuat yang menggunakan kekuatannya untuk bertindak sewenang-wenang. kenapa tidak ikut denganku dan menolong yang tertindas ?"
"aku tidak dapat menolak tetapi pasukanku lemah dan aku harus bertindak hati-hati." kata liu bei.
"walaupun keinginanku untuk menolong karena persahabtanku dengan dia tetapi juga karena rasa kebenaran.
i rasa hatimu juga memiliki rasa kebenaran itu bukan ?" kata kong rong.
liu bei berkata, "jika memang begitu, kau pergi dahulu dan berikan aku waktu untuk menemui gongsun zan untuk meminta pinjaman pasukan dan kuda. aku akan segera datang."
"kau tidak akan melanggar janjimu bukan ?" kata sang gubernur.
"orang macam apa kau kira aku ini ?" kata liu bei,"kata orang bijak, 'kematian adalah suatu hal yang umum; orang yg tidak jujur tidak akan dapat mengatur dirinya', apakah aku akan mendapatkan pinjaman tentara atau tidak, aku pasti akan datang."
lalu rencana itu disetujui. mi zhu kembali lebih dahulu dan kong rong menyiapkan pasukannya untuk ekspedisi kali ini.
taishi ci memohon pamit, "ibuku memohon aku untuk datang membantumu dan sekarang kau telah selamat.
surat datang dari atasanku liu yao, penjaga kakaisaran dari yang zhou, aku harus segera datang. aku harap akan dapat menemui lagi ."
kong rong ingin memberikan hadiah bagi taishi ci, namun taishi ci menolak dan segera pergi.
Pdf By Kang Zusi ketika dia bertemu dengan ibunya, ibunya sangat senang dan berkata, "aku sangat senang kau dapat membuktikan balas budimu !"
setelah ini taishi ci berangkat ke yang zhou.


Kisah Tiga Kerajaan Sam Kok Romance Of The Three Kingdom Karya Luo Guan Zhong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

liu bei pergi ke tempat sahabatnya gongsun zan dan menceritakan keperluannya untuk membantu daerah xu zhou.
"cao-cao dan kau bukanlah musuh. kenapa kau mengorbankan dirumu demi orang lain?" kata gongsun zan.
"aku telah berjanji" jawab liu bei," dan aku tidak akan mengingkarinya."
"aku akan meminjamkanmu 2 .000 pasukan kuda dan infantri terbaikku." kata gongsun zan.
"juga, aku ingin meminjam jasa zhao zhao yue." kata liu bei.
gongsun zan menyetujui hal ini juga. mereka berangkat, pasukan liu bei dipimpin oleh guang yu dan zhang fei berada didepan sedangkan pasukan yang dia pinjam dipimpin zhao zhao yue berada dibelakang.
mi zhu yang kembali mengatakan bahwa kong rong telah setuju untuk membantu dan juga telah membawa liu bei dan pasukannya. chen deng yang jg telah kembali melaporkan bahwa tian kai setuju unutk membantu.
kedua berita ini dapat menenangkan hati tao qian.
tetapi kedua pemimpin itu walaupun telah berjanji membantu, berkemah cukup jauh diperbukitan karena takut terlalu dekat dengan pasukan cao-cao. cao-cao tahu mengenai kedatangan mereka dan membagi pasukannya untuk melawan mereka. sehingga menunda penyerangan kota.
pada saat ini liu bei datang menemui kong rong dan berkata, "pasukan musuh sangat kuat dan cao-cao sangat ahli dalam urusan perang. kita harus berhati-hati. mari kita melakukan pengintaian dan sebelum melakukan tindakan."
"apa yang aku takutkan adalah kelaparan didalam kota" kata liu bei, "mereka tidak akan dapat bertahan terlalu lama, aku akan menaruh pasukanku dalam komandomu, sementara aku dan zhang fei akan mencoba menerobis masuk kota untuk menemui tao qian untuk berkonsultasi dengannya."
kong rong menyetujui hal ini, lalu dia dan tian kau mengambil posisi membentuk fromasi "tanduk banteng"
semetara guan yu dan zhao zi long berada disisi-sisinya untuk membantunya.
Ketika liu bei dan zhang fei serta 1000 tentaranya menerjang melewati pasukan cao-cao. mereka hampir berhasil mencapai sisi benteng tetapi tiba-tiba bunyi genderang perang bertabuhan dan keluarlah yu jin.
yu jin lalu berkata,"kalian adalah orang gila mau menerobos pasukan ini, kalian kira kalian akan kamana ?"
zhang fei yang mendengarnya langsung marah dan dia langsung memacu kudanya kearah yu jin. mereka bertarung beebrapa jurus dan liu bei yang mengeluarkan pedang kembarnya langsung berusaha menerobos lagi bersama tentaranya dan akhirnya mereka berhasil menerobos kepungan musuh itu. zhang fei yang ada dibelakangnya tidak dapat dihalangi oleh pasukan yu jin yang ketakutan melihat zhang fei yang besar dan sangar itu.
akhirnya mereka sampai di depan gerbang benteng dan setelah mereka masuk kedalam kota. liu bei langsung disambut dan sebuah perjamuan diadakan untuknya. pasukannya juga di jamu.
tao qian sangat senang dengan liu bei, dia menyukai semangat liu bei. tao qian memerintahkan mi zhu untuk mengambil stempel dan lambang jabatannya. tetapi liu bei sangat terkejut.
Pdf By Kang Zusi "apakah maksud semua ini ?" kata liu bei.
tao qian berkata,"sekarang banyak masalah diseluruh penjuru negeri dan perintah kaisar sepertinya sudah tidak ada lagi. anda, tuan adalah masih keluarga kaisar dan sangat tepat untuk membantu dan menolong kekaisaran. aku sudah tua dan tidak mampu berbuat banyak dan aku ingin pensiun. aku berharap kau tidak menolak, aku akan melaporkan tindakan ku ini kepada istana."
liu bei langsung bersujud dihadapan tuan ruah dan berkata, "aku mungkin masih keluarga kaisar, tetapi jasa ku masih kecil dan kurang bijaksana. aku meragukan bahwa aku adalah orang tepat dan hanya karena aku merasa adalah hal yg benar untuk membantumu makanya aku datang kesini. untuk mendengan kata-kata seperti tadi membuatku ragu, tentu anda mengira ada keserakahan dalam hatiku. biarkan langit menghukumku bila aku berpikir seperti itu !"
"ini benar-benar harapanku " kata tao qian.
tao qian terus dan terus memaksa untuk menyerahkan xu zhou pada liu bei tetapi liu bei terus menolak.
didalam kekacauan itu, datanglah mi zhu dan berkata, "musuh telah mencoba menembus tembok kota dan sesuatu harus segera dilakukan. masalah ini dapat menunggu hingga keadaan benar-benar tenang."
kata liu bei, "aku akan menulis surat pada cao-cao dan memohon padanya untuk melepaskan pengepungan, jika dia menolak maka kita akan menyerangnya."
pesan itu sampai kepada cao-cao ketika mereka sedang rapat. surat itu dibawa dan diserahkan pada cao-cao.
ketika dia membuka dan membacanya ternyata surat itu dari liu bei.
surat itu berbunyi, "sejak kita bertemu dahulu, takdir telah memberikan pada kita tempat yang berbeda didunia ini dan aku belum dapat memberi hormat padamu. tersentuh oleh kematian ayahmu, itu karena kebiadaban zhang kai dan bukan salah tao qian. sekrang ketika sisa-sisa tentara pemberontak jubah kuning masih mengganngu negeri ini dan pengikut-pengikut dong zhuo masih menguasai ibu kota, aku harap kau, tuan yang mulia, dapat mempertimbangkan kepentingan istana dibandingkan dengan kepentingan pribadi dan oleh karena itu mundurkanlah pasukanmu dari xu zhou untuk menyelamatkan negara. tindakan seperti itu akan merupakan kebahagiaan bagi kota ini dan bagi seluruh kekaisaran."
cao-cao merobek surat itu dan berkata,"siapakah liu bei ini berani menulis dan menghinaku " "
cao-cao memerintahkan agar utusan itu dihukum mati dan menyuruh meningkatkan pengepungan.
tetapi guo jia berkata, "liu bei telah datang dari jau untuk membantu tao qian dan dia mencoba untuk bertindak sopan sebelum menggunakan kekuatan. aku harap tuanku, balaslah surat ini dengan kata-kata halus dam biarkan hatinay merasa aman. lalu seranglah dengan kekuatan penuh dan kota akan jatuh."
cao-cao melihat saran ini bagus, lalu dia mengampuni utusan itu dan menyuruhnya menunggu untuk membawa surat balasan.
ketika hal ini sedang berlangsung, seekor penunggang kuda datang membawa berita kurang baik, "lu bu menyerang yan zhou dan sekarang menduduki pu yang. ke3 daerah --- juan cheng, fan xia dan dong jun sedang diserang !"
ketika li jue dan guo si menyerang ibu kota, lu bu kabur ketempat yuan shu. tetapi yuan shu menolak menerimanya. lu bu lau pergi ke yuan shao yang merupkan saudara yuan shu. yuan shao menerimanya dan menggunakanya untuk menyerang zhang yan dia changshan. tetapi keberhasilan lu bu membuatnya terlalu bangga. dan sifat sombongnya mengesalkan jendral lain dibawah yuan shao, yuan shao sedang akan memerintahkan hukuman mati baginya. tetapi lu bu telah pergi dan mengabdi pada zhang yang, gubernur shangdang yang mau menerimanya.
Pdf By Kang Zusi pada saat ini pang shu, yang bersembunyi dan melindungi keluarga lu bu di chang an, mengembalikan mereka padanya. hal ini mengakibatkan kemarahan li jue dan guo si sehingga mereka menghukum mati pang shu dan menulis surat pada pelindung lu bu akan melakukan tindakan yang sama pada mereka. untuk menghindari ini lu bu pergi lagi dan kali ini dia mengikuti zhang miao, gubernur chen liu.
lu bu tiba pada saat adik zhang miao, zhang chao memperkenalkan chen gong.
chen gong berkata pada zhang miao, "keruntuhan kekaisaran telah dimulai dan para panglima perang telah mengambila apapun yang dapat mereka kuasai. sangat aneh apabila tuankum dengan keuntungan populasi penduduk yang besar dan persediaan makanan yang banyak tidak berusaha memerdekakan diri. cao-cao telah melakukan ekspedisi ke timur dan meninggalkan daerah tidak terjaga. lu bu merupakan salah satu pendekar paling hebat pada saat ini dan jika kalian berdua menyerang dan mendapatkan yan zhou maka kita dapat menjadikannya batu pondasi kekuasaan kita."
zhang miao sangat senang mendengarnya. dia memerintahkan untuk menyerang dan segera lu bu merebut wilayah yan zhou dan sekitarnya, semua tetapi tinggal 3 kota-- juan cheng, fan xia dan dong jun yang dipertahankan mati-matian oleh xun yu dan cheng yu. sepupu cao-cao, cao ren telah bertempur berulang-ulang tetapi selalu dapat dikalahkan dan utusanpun dikirim agar segera dapat memberikan bantuan.
cao-cao langsung merasa gelisah, "jika daerahkun sendiri hilang, aku tidak mempunyai rumah untuk kembali
! aku harus segera melakukan sesuatu ."
"hal yang terbaik adalah menjadi teman liu bei dan kembali ke yan zhou" kata guo jia.
lalu cao-cao menulis surat pada liu bei dan memberikannya pada utusan yang menunggu dan cao-cao pun memerintahkan pasukannya untuk membongkar kemah dan mundur. berita mengenai pasukan musuh yang mundur sangat menyenangkan tao qian yang lalu mengadakan pesta dan perjamuan sebagai ucapan terima kasihnya.
ketika perjamuan berakhir, dia meneruskan dengan permintaanya untuk pensiun dan menyerahkan kekuasaan pada liu bei.
menempatkan liu bei pada kursi kehormatan, tao qian bersujud dihadapannya dan lalu berkata dihadapan yang hadir, "aku tua dan lemah, kedua anakku tidak memiliki cukup kemampuan untuk memegang tanggung jawab dan jabatan tinggi ini. liu bei adalah masih keturunan keluarga kaisar. dia memiliki kebajikan dan bakat. aku memberikan kekuasaan kepadanya untuk memrintah daerah ini dan kepadanya lah aku akan pensiun untuk merawat kesehatanku ini."
liu bei menjawab, "aku datang atas permintaan gubernur kong rong, karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. xu zhou telah aman, tetapi jika aku mengambilnya, pasti seluruh dunia akan mengatakan aku pria licik."
mi zhu berkata, "kau tidak boleh menolaknya, dinasti han sedang runtuh dan ini adalah saatnya untuk mengembalikan kajayaanya. daerah ini adalah daerah subur dan kaya, populasinya cukup besar dan kau adalah orang yang tepat untuk memerintah daerah ini."
"tetapi aku tidak dapat menerimanya." kata liu bei.
"penjaga kekaisaran sedang sangat menderita." kata chen deng, "dan tidak dapat mengurusi semua permasalahan, kau tidak boleh menolak tuan."
kata liu bei, "yuan shu berasal dari keluarga yang berkuasa, yang telah memegang jabatan tinggi di negara selama 4 generasi. banyak orang yang menghormati dirinya, mengapa tidak mengundangnya untuk tugas ini
?" Pdf By Kang Zusi "karena yuan shu hanya seorang mayat berjalan dari kuburannya yang gelap, dan namanya tak layak untuk disebut. ini adalah kesempatan dari langit dan kau akan menyesal jika melewati kesempatan ini." kata kong rong.
tetepi liu bei tetap menolaknya.
tao qian membujuk sambil mengeluarkan air mata, berkata, "aku akan mati jika kau meninggalkanku dan tidak akan ada orang yang akan menutup mataku."
"kakak, kau harus menerima permohonan ini" kata guan yu.
"kenapa ribut sekali " " kata zhang fei, "kita tidak merebutnya, ini adalah harapannya untuk memberikan kepada kakak, lebih baik diterima dan semua dapat tidur dengan tenang malam ini."
"kalian semua memaksaku melakukan sesuatu yang salah." jelas liu bei.
melihat liu bei tidak dapat dibujuk, tao qian berkata, "karena kau telah mengeraskan hatimu, mungkin kau mau menetap di xiao pei. itu hanya sebuah kota kecil, tetapi disana kau dapat menjaga dan mengawasi daerah ini."
mereka semua satu suara berharap liu bei menerima, lalu liu bei pun akhirnya menyetujui. pesta kemenangan sekarang berakhir, waktunya untuk mengucapkan selamat jalan. ketika zhao zilonog berpamitan, liu bei memegang tangannya dan ketika dia pergi, air mata turun dari wajah liu bei. kong rong dan tian kai juga berpamitan dan kembali ke daerah masing-masing .
ketika liu bei dan saudaranya memasuki kota xiao pei, pertama yang mereka lakukan adalah memperbaiki pertahanan mereka dan mereka menenangkan penduduk.
pada saat ini cao-cao sedang memimpin 100.000 pasukannya untuk kembali kedaerahnya. saat ini terjadi adalah thn ke 4 masa pemerintahan kaisar xian (thn 194 m).
cao ren segera menyambut dan bertemu dengan cao-cao dan memberitahukan padanya, "lu bu sangat kuat dan dia mempunyai chen gong sebagai penasehat. yan zhou sudah dapat dikatakan telah kalah kecuali ke 3
daerah yang oleh xun yu dan cheng yu dipertahankan mati-matian.
cao-cao berkata," aku mengakui lu bu sebagai orang yang pemberani tetapi tidak lebih. dia tidak pintar menggunakan taktir, jadi kita tidak perlu terlalu takut padanya."
lalu dia memerintahkan untuk membuat perkemahan dan pertahanan yang kuat dan berdiskusi dengan penasehatnya untuk membuat rencana.
lu bu yang mengetahui cao-cao telah kembali memanggil 2 bawahannya, xue lan dan li fan. kepada mereka diserahkan tugas untuk mempertahankan kota yan zhou, berkata "aku telah lama menunggu kesempatan untuk menggunakan kemampuanmu. sekarang aku memberimu 10.000 tentara, dan kau harus mempertahankan kota, sementara aku pergi dan menyerang cao-cao."
mereka menerima tugas itu.
tetapi chen gong, ahli strategi lu bu, datang terburu-buru dan berkata, "jendral, kau akan pergi kemana ?"
"aku akan pergi ke kemah pasukanku di pu yang, untuk menyusun formasi perang."
"kau membuat kesalahan," kata chen gong, " kedua orang yang telah kau pilih untuk mempertahankan kota ini tidak akan mampu menjalankan tugasnya. di selatan 60 km jauhnya ada sebuah jalan berliku menuju gunung taishan, ini adalah posisi yang menguntungkan dimana kau harusnya menaruh orang-orang Pdf By Kang Zusi
terbaikmu disana untuk melakukan serang tiba-tiba. cao-cao akan segera kembali apabila dia mendengar hal ini. jika kau serang ketika 1/ 2 pasukannya telah melewati tempat ini, kau akan dapat menangkapnya."
kata lu bu, "aku akan menduduki pu yang dan melihat apa yang terjadi kemudian. bagaimana kau dapat mengetahui rencana besarku ?"
di pu yang ketika chen gong mendengar musuh mendekat, dia berkata, "musuh akan kelelahan setelah perjalanan jauh, seranglah secepatnya sebelum mereka mempunyai waktu untuk beristirahat."
lu bu menjawab, "aku, seorang diri denga kudaku, tidak takut apapun juga. aku datang dan pergi sesukaku.
pikirmu aku takut pada cao-cao ini " biarkan dia membangung kemahnya. aku akan mengurusnya setelah itu."
sekarang cao-cao telah mendekati pu yang dan dia membangun kemah. keesokan harinya dia memimpin para jenderal-jenderalnya dan menempatkan mereka dalam formasi perang didataran terbuka. cao-cao memperhatikan musuhnya yang tiba dan menyiapkan formasi mengepung.
lu bu ada dibarisan paling depan diikuti oleh ke 8 jendralnya yang semuanya orang-orang kuat. zhang liao dari mayi, hao meng, cao xing dan cheng lian, zang ba dari hua ying, wei xu, song xian dan hou cheng.
mereka semua memimpin 50.000 tentara totalnya.
cao-cao menunjuk pada musuhnya dan berkata, "kau dan aku tidak punya permusuhan, kenapa kau menyerang daerahku ?"
" kota-kota han adalah milik semua orang. apa yg membuat daerah ini menjadi milikmu " " kata lu bu.
berkata seperti itu lu bu memerintahkan zang ba untuk maju dan menantang duel. cao-cao memerintahkan yue jin untuk maju dan melawan. kedua kuda itu mendekat dan kedua tombak itu saling menyrang lawannya.
mereka telah berduel sekitar 3 0 jurus dan tidak ada yang menang. lalu xiahou dun maju untuk membantu rekannya dan zhang liao juga maju membantu rekannya. dan mereka ber 4 bertarung.
lu bu yang marah lalu menerjang maju dengan kudanya ketempat mereka ber 4 bertarung. melihatnya mendekat yue jing dan xiahou dun langsung kabur tetapi lu bu tetap mengejar mereka dan diikuti seluruh pasukannya. cao-cao mundur sejauh 10 km dan hari itu dia menderita kekalahan.
cao-cao memanggil bawahannya untuk membahas masalah ini dan yu jin berkata, "dari bukit diatas aku dapat melihat kemah musuh di sebelah barat pu yang. mereka hanya ada sedikit orang didalam kemah itu.
dan setelah kemenangan hari ini, kemah itu tidak akan dijaga. mari kita serang dan jika kita bias merebut kemah ini, kita dapat memberikan rasa takut bagi pasukan lu bu. ini adalah rencana terbaik kita."
cao-cao juga berpikir begitu, dia dan 6 jendral lainnya--cao hong, li dian, mao jie, lu qian, yu jin dan dian wei-- dan 2 0.000 pasukan berkuda dan infantri pergi diam-diam melewati jalur rahasia menuju kemah lu bu.
didalam kemahnya lu bu sedang bergembira atas kemenangan hari itu, ketika chen gong mengingatkannya dan berkata, "kemah disebelah barat sangat penting, dan itu mungkin akan diserang."
tetapi lu bu membalas, "musuh tidak akan berani menyerang setelah kekalahan hari ini."
"cao-cao adalah komandan yang hebat," balas chen gong, "kau mesti waspada,jika tidak dia akan menyerang titik terlemah kita."
lalu rencana dibuat untuk mengatur pertahanan. jendral gao shun, wei xu dan hou cheng diperintahkan untuk membawa pasukan dan berjaga di kemah sebelah barat.
Pdf By Kang Zusi pada subuh hari cao-cao telah sampai dikemah musuh dan melakukan serang tiba-tiba dari empat penjuru.
pasukan yang bertahan tidak dapat menahan laju mereka. semuanya kabur kesegala arah, dan kemahnya berhasi direbut. tiba-tiba pasukan yang dikirim untuk mempertahankan kemah tiba, cao-cao langsung maju kearah mereka dan melihat gao shun. pertempurang dilanjutkan lagi hingga hari mejelang sore. pada saat itu bunyi genderang perang terdengar disebelah barat dan ada yg melaporkan padanya bahwa lu bu memimpin pasukannya sendiri. cao-cao langsung memerintahkan pasukannya mundur.
gao sun, wei xu dan hou cheng mengejarnya, sementara lu bu menutup rute pelariannya. 2 jendral cao-cao yu jin dan yue jing, menyerang pasukan lu bu tetapi tidak dapat menembusnya. cao-cao pergi lewat utara, tetapi dari belakang bukit keluarlah zhang liao dan zang ba untuk menyerang. lu qian dan cao hong melawan kedua orang itu. cao-cao pergi melewati jalur barat, disini dia bertemu dengan hou meng, cao xing, cheng liang dan song xian.
pertarugan hidup dan mati terjadi, cao-cao menerjang masuk kedalam pasukan musuh. panah berterbangan diantar mereka dan mereka tidak dapat keluar dari kepungan tentara musuh.
cao-cao yang sudah terdesak dan ketakutan berteriak, "siapa yang dapat menyelamatkan aku ?"
lalu dari jauh, ada orang berkuda yang menerjang maju membawa 2 kampak besar membuka jalan bagi tuannya. disepanjang jalan yang dia lewati banyak mayat terbelah menjadi 2 atau mayat dengan tubuh terkoyak-koyak. banjir darah terjadi disepanjang jalur yang dia lewati, padahal dia hanya seorang diri
Anak Pendekar 9 Sepasang Garuda Putih Seri Keris Pusaka Sang Megatantra 5 Karya Kho Ping Hoo Tiga Mutiara Mustika 2
^