Pencarian

Pendekar Pemanah Rajawali 28

Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong Bagian 28


Atau diumpamakan kuda binal, kuda itu lagi diumbar oleh penunggangnya yang lihay.
Akhir-akhirnya Pheng Tiangloo yang menonton
dengan kekaguman dan keheranan, tertawa dan
berkata: "Pangcu kau telah lelah, kau istirahatlah!"
Suara itu perlahan dan halus, sedap didengar
telinga. Oey Yong benar-benar lantas merasa
tubuhnya lebih. Ia pun memikir, setelah bertempur sekian lama, sudah waktunya ia beristirahat. Begitu ia merasa, begitu ia menjadi letih dan lesu, matanya pun menjadi mata orang kantuk.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Tapi sekarang pandangannya Kan Tiangloo sudah berubah, mau ia percaya si nona adalah pangcunya yang tulen, hendak ia melindungi si nona, maka mengetahui Pheng Tiangloo lagi menggunakan Liam-sin-hoat, ilmu sihirnya itu, ia lantas membentak: "Eh, Pheng Tiangloo, kau hendak berbuat apa kepada pangcu"!"
Pheng Tiangloo tidak memperdulikannya, ia tertawa perlahan dan berkata pula: "Pangcu hendak beristirahat, ia telah sangat letih, kau jangan ganggu padanya".."
Oey Yong mengerti ia terancam bahaya akan tetapi ia merasakan tubuhnya lemas dan matanya mau
meram saja, ia merasa bahwa ia mesti beristirahat.
Hanya disaat ia separuh was-was dan separuh sadar itu, mendadak ia ingat perkatannya Kwee Ceng tadi.
Bagaikan tersadar, ia lantas tanya kawannya itu:
"Engko Ceng, bukankah kau membilang tadinya bahwa di dalam kitab ada disebut hal ilmu
memindahkan arwah?" Kwee Ceng mengerti pertanyaan itu. Ia memang
telah bercuriga terhadap Pheng Tiangloo,
kecurigaannya bertambah menyaksikan Oey Yong
berubah sikap, pertempurannya berhenti sendirinya secara demikian aneh dan romannya si nona pun sangat lesu. Ia sudah memikir untuk menghajar tiangloo itu kalau ia main gila, maka mendengar pertanyaan itu, ia segera mendekati Oey Yong dan membisiki padanya bunyinya ilmu memindah arwah itu.
Dua-dua ilmunya si tiangloo dan yang termuat di dalam Kiu Im Cin-keng ada serupa intinya, itulah ilmu sihir belaka, maka ilmu itu harus dilawan dengan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
kekuatan hati, diri sendiri harus dapat dikendalikan.
Maka Kwee Ceng telah membisiki si nona untuk
menguatkan hati, atas mana, Oey Yong yang masih sadar, lantas menuruti nasehat si pemuda. Ia lantas meramkan matanya, pemikirannya dipusatkan. Ia mengempos semangatnya, ia membikin bathinnya
kuat. Selang tidak lama, lantas lenyap rasa lesu dan kantuknya. Ketika ia membuka matanya, ia sadar seperti biasa.
Pheng Tiangloo girang sekali. Ia percaya si nona meram karena terkena pengaruh ilmunya. Ia udah lantas memikirkan daya lainnya, untuk membikin nona itu membuka matanya, ia terus diawasi sambil
tersenyum! Ia tahu mesti ada terjadi keanehan, ia lekas-lekas balas bersenyum. Ia hendak menggunakan ilmunya untuk mempengaruhi si nona itu. Tapi
sekarang ia gagal, dari tersenyum, tanpa merasa ia tertawa sendirinya.
Oey Yong melihat perubahan kepada tiangloo itu, ia mengerti yang ilmu dari Kiu Im Cin-keng telah bekerja dan memenangi si tiangloo, maka itu ia bukan cuma tersenyum, ia lantas tertawa lebar.
Pheng Tiangloo kaget. Ia masih ingat akan dirinya, ia coba mengendalikan diri. Tapi ia sudah kena dibikin kaget, tidak dapat ia menguasai dirinya. Bahkan dari berdiri diam, ia lantas berjingkrak, terus ia tertawa terbahak-bahak sambil ia memegangi perutnya! Ia tertawa haha-hihi, ia berteriak, makin lama suaranya makin keras.
Semua pengemis menjadi heran, semua dibikin
bingung karenanya. TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Eh, Pheng Tiangloo, kau bikin apa?" Kan Tiangloo menegur. "Kenapa kau begini kurang ajar terhadap pangcu?"
Pheng Tiangloo tidak memperdulikan teguran itu, ia terus tertawa terpingkal-pingkal. Ia menunjuk kepada hidungnya. Kan Tiangloo mengira ada apa-apa yang aneh pada hidungnya itu, ia mengusap. Tapi ini membuatnya rekannya itu tertawa lebih hebat.
Akhirnya Pheng Tiangloo lompat turun ke bawah panggung di mana ia terus tertawa sambil bergulingan!
Baru sekarang semua pengemis menjadi bercuriga.
Dua muridnya Pheng Tiangloo lantas lari kepada gurunya itu, untuk mengasih bangun, akan tetapi mereka ditolak, guru itu tertawa tak hentinya. Karena ini mukanya lantas menjadi merah tua.
Kalau orang biasa terkena ilmunya Oey Yong itu, paling juga dia merasa lelah dan ingin tidur, tidak demikian dengan Pheng Tiangloo, yang sendirinya tukang sihir. Karena ia melawan, kesudahannya, ialah akibatnya menjadi hebat. Ia menyerang, sekarang dia kena dibalas diserang, serangan itu dahsyat untuknya.
Kan Tiangloo menjadi tak enak hati. Ia khawatir Pheng Tiangloo mati karenanya. Maka ia lantas menjura pada Oey Yong dan berkata: "Pangcu, Pheng Tiangloo berlaku kurang ajar, dia harus dihukum berat, tetapi aku mohon dengan kemurahan hati pangcu, sukalah ia diberi ampun."
Lou Yoe Kiak juga io Tiangloo, lantas turut maju, sambil menjura, mereka pun memohonkan keampunan bagi tiangloo yang telah menjadi seperti gila itu. Hanya sekali mereka ia minta-minta ampun, di sana terdengar suara aneh dari Pheng Tiangloo sendiri?".
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Oey Yong tidak menjawab ketiga tiangloo itu, ia hanya berpaling kepada Kwee Ceng.
"Engkong Ceng, cukupkah sudah?" ia menanya.
"Cukup!" menjawab si anak muda. "Kasihlah dia ampun!"
Oey Yong lantas menghadapi ketiga tiangloo itu.
"Samwie, kamu menghendaki aku memberi ampun padanya, boleh," dia berkata. "Aku hanya minta kamu tidak dapat meludah kepada tubuhku!"
Kan Tiangloo melihat jiwanya Pheng Tiangloo
terancam, ia menjawab dengan cepat: "Aturan kami ditetapkan oleh pangcu, maka itu pangcu juga yang dapat menetapkan atau menghapuskannya. Teecu
semua menurut perintah saja."
Senang Oey Yong mendengar jawaban itu. Ia
tertawa. "Sekarang pergilah kau menotok dia pada jalan darahnya thongkok-hiat dan siang-kiok-hiat!" ia memberi petunjuk.
Kan Tiangloo lompat turun dari panggung, ia
menghampirkan Pheng Tiangloo untuk menotok kedua jalan darah yang ditunjuk. Dengan lantas tiangloo itu berhenti tertawa, hanya kedua matanya mencelik hingga terlihat putih semua, sedang jalan darahnya menjadi sulit.
Oey Yong tertawa. TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Sekarang benar-benar aku mau beristirahat!"
katanya. "Eh, mana si orang she Yo itu?" ia tanya. Ia heran melihatnya Yo Kang tidak ada di antara mereka.
"Dia sudah pergi," menyahut si Kwee Ceng.
Si nona berjingkrak. "Kenapa dikasih dia pergi?" katanya. "Dia pergi kemana?"
"Dia pergi mengikuti si tua bangka she Khiu itu,"
sahut Kwee Ceng seraya tangannya menunjuk.
Oey Yong memandang ke telaga di mana perahu
layar tengah berlayar pergi. Tentu saja tidak dapat ia menyusul Yo Kang atau Khiu Cian Jin, maka dia cuma bisa mendongkol dan menyesal sendiri. Ia mengerti itulah biasanya Kwee Ceng, yang sangat jujur.
Rupanya ini engko Ceng masih ingat persahabatan dari dua turunan, dia jadi suka memberi ampun pada pemuda she Yo yang jahat itu.
Yo Kang itu cerdik, begitu melihat pertempuran antara Oey Yong dan Kan Tiangloo, ia mengerti, jikalau ia tidak lantas mengangkat kaki, dia bakal menghadapi bahaya, dari itu, diluar tahu orang - selagi orang menonton pertempuran - ia nelusup kepada rombongannya Khiu Cian Jin dan minta pertolongan orang she Khiu itu.
Kapan Khiu Cian Jin mengetahui orang adalah
putranya Wanyen Lieh, ia menepuk dada memberikan kepastiannya untuk menolongi, kemudian sesudah melihat suasana - bahwa pastilah Oey Yong yang bakal jadi ketua Kay Pang dan si nona bersama Kwee Ceng adalah musuh-musuh tangguh, diam-diam dia
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
mengajak orangnya pangeran itu berlalu dari gunung Kun San itu.
Kemudian Oey Yong menghadapi semua orang Kay
Pang, sambil mengangkat Lek-tiok-thung, ia berkata:
"Sekarang ini, selama Ang Pangcu masih belum kembali, akulah yang buat sementara waktu mengurus partai kita. Kan Tiangloo bersama Nio Tiangloo, silahkan kau berangkat untuk menyambut pangcu.
Kamu membawa murid-murid kantung delapan dan
menyambutnya di timur sana. Lou Tiangloo sendiri berdiam di sini untuk beristirahat."
Suaranya ini wakil pangcu disambut dengan riuh oleh orang-orang Kay Pang itu.
Kemudian Oey Yong menanya: "Pheng Tiangloo ini tidak lurus hatinya, coba kamu bilang, dia harus dihukum bagaimana?"
Kan Tiangloo menjura, ia berkata: "Dosa saudara Pheng ini besar sekali, dia harus dihukum berat, akan tetapi mengingat dulu hari ia telah membantu pangcu mendirikan jasa besar untuk partai kita, teecu mohon dia diberi ampun dari hukuman mati."
Oey Yong tertawa. Ia berkata: "Aku memang telah menduga, kau bakal memintakan ampun untuknya.
Baiklah! Mengingat dia telah tertawa cukup banyak sekarang dia dipecat kedudukannya sebagai tiangloo, biar dia menjadi murid kantung delapan!"
Ketiga Tiangloo she Kan, Nio dan Lou itu
menghanturkan terima kasih, Pheng Tiangloo sendiri juga mengucapkan terima kasihnya.
Oey Yong berkata pula: "Sebenarnya sukar mencari ketika kita untuk berkumpul di sini, kamu semua
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
tentunya ingin berbicara banyak, maka itu pergilah kamu bicara asal terlebih dahulu kamu mengubur baik-baik dua saudara Lee Seng dan Ie Tiauw Hin. Aku melihat Lou Tiangloo adalah orang yang paling baik, selanjutnya semua urusan aku serahkan padanya dan kamu mesti mendengar segala perintahnya. Aku
sendiri, sekarang juga aku mau berangkat. Nanti di Lim-an kita bertemu pula!"
Begitu ia berkata, begitu Oey Yong mencekal
tangannya Kwee Ceng, untuk ditarik, buat dituntun berlalu turun gunung.
Melihat demikian, semua orang Kay Pang
mengiringinya sampai di kaki gunung, sampai nona itu berdua dibawa perahu dan lenyap di antara kabut malam, baru mereka kembali ke puncak gunung, di mana dengan dipimpin Lou Tiangloo, mereka
membicarakan segala urusan mereka.
Bab 59. Pesan Gak Bu Bok Hari sudah terang ketika Oey Yong dan Kwee Ceng kembali ke Gak Yang Lauw. Di sana mereka
mendapatkan kuda mereka, sepasang burung rajawali dan burung hiat-niauw menantikan mereka. Semua binatang itu nampak girang bertemu dengan majikan mereka.
Oey Yong memandang jauh ke timur, ia
menyaksikan sang Batara Surya seperti meloncat keluar dari gelombang telaga Tong Teng Ouw. Sinar fajar itu sangat indah dan menawan hati.
"Pemandangan begini indah, jangan kita
melewatkan," kata si nona kemudian, tertawa, "Engko Ceng, mari kita naik ke atas!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng menurut. Tapi kapan mereka tiba di
atas dan ingat kejadian kemarinnya, pengalaman itu membuatnya mereka bergidik sendiri. Kejadian itu sangat berbahaya. Hanya keindahan alam membuat mereka dengan cepat melupakan kejadian kemarin.
Belum lama lagi mereka minum arak, mendadak
Kwee Ceng melihat air muka si nona berubah,
agaknya ia bergusar. "Engko Ceng, kau jahat!" katanya tiba-tiba.
Kwee Ceng kaget, "Kenapa?" tanyannya heran.
"Kau tahu sendiri!"
Kwee Ceng berpikir tetapi ia tidak ingat apa-apa.
"Yong-jie yang baik, kau jelaskanlah," pintanya.
"Baik," menyahut si nona. "Sekarang aku tanya kau!
Tadi malam kita didesak ke jurang, jiwa kita terancam bahaya. Kenapa kau melemparkan aku" Apakah kau kira kalau kau mati aku bisa hidup" Apakah kamu masih belum tahu hatiku?"
Habis itu si nona menangis, air matanya jatuh ke dalam araknya.
Kwee Ceng terharu mendapatkan orang demikian
mencinta padanya. Ia mengulur tangannya, akan mencekal erat-erat tangan kanan nona itu. Tidak dapat ia mengucapakan sesuatu.
Oey Yong menghela napas perlahan, melegakan
hatinya. Ia sebenarnya hendak membuka mulutnya ketika ia mendengar tindakan kaki di tangga, lalu
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
terlihat nongolnya satu kepala orang. Keduanya terkejut. Itulah Tiat Ciang Siu-siang-piauw Khiu Cian Jin.
Kwee Ceng segera melompat bangun, akan
menghalangi di depan si nona. Ia khawatir orang tua itu nanti menyerang.
Tapi Khiu Cian Jin bukannya menyerang, ia hanya bersenyum, tangannya diangkat, untuk menggapai, setelah mana dia memutar tubuhnya, untuk lantas turun pula. Kelihatan nyata orang jenaka tetapi dalam keadaan ketakutan?"?"
"Dia takut pada kita, inilah aneh!" berkata Oey Yong. "Nanti aku lihat."
Tanpa menanti jawabannya, si nona lantas lari turun.
Kwee Ceng lekas membayar uang arak, lekas-lekas ia menyusul. Tapi setibanya di bawah, ia tidak mendapatkan Khiu Cian Jin atau Oey Yong. Ia menjadi kaget dan berkhawatir. Tentu sekali ia takut nona itu celaka di tangannya si Tangan Besi. Maka ia lantas memanggil-manggil: "Yong-jie! Yong-jie! Kau di mana?"
Oey Yong mendengar panggilannya Kwee Ceng itu tetapi ia tidak menyahutinya. Ia lagi menguntit Khiu Cian Jin, kalau ia bersuara, orang akan mengetahui dirinya lagi dibayangi. Ia menguntit terus.
Ketika mereka berjalan di pinggir sebuah rumah besar, Oey Yong sembunyi di alingan tembok di pojok utara. Ia hendak menguntit terus setelah si orang tua jalan sedikit jauh. Akan tetapi Khiu Cian Jin seorang cerdik, begitu ia mendengar suara Kwee Ceng, ia
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
menduga si nona lagi mengikutinya. Maka setelah menikung di ujung tembok, ia juga menyembunyikan dirinya.
Dengan begitu, dua-dua mereka sama-sama
bersembunyi. Dengan begitu, sama-sama mereka
berdiam. Yang satu menantikan yang lain, yang lain menunggui yang satu. Selang sekian lama, karena dua-duanya tetap bersembunyi, mereka ingin melihat.
Keduanya menongolkan kepala mereka. Apa mau,
waktunya tepat, bareng sekali. Maka mata mereka bentrok sinarnya satu dengan lain. Nyatanya mereka bersembunyi dekat satu dengan lain: satu di pojok sana, satu di pojok lain - jarak di antara mereka tidak ada setengah kaki! Tentu sekali, kedua-duanya menjadi sama kagetnya.
Setelah menyaksikan peristiwa di Kun San, Oey Yong jeri terhadap orang tua itu, yang sekian lama ia mengiranya seorang penipu besar, yang cuma
namanya kesohor tapi gunanya tidak, tidak tahunya, dia sangat lihay. Khiu Cian Jin sebaliknya jeri terhadap si nona, karena sudah beberapa kali dia bercelaka di tangan si nona itu. Maka, setelah sama-sama berseru kaget, sama-sama juga mereka menyingkir masing-masing!
Oey Yong tidak puas. Segera ia kembali, untuk menguntit pula. Ia pikir jalan memutari rumah besar itu.
Karena ia khawatir Khiu Cian Jin sudah pergi jauh, ia bertindak cepat. Ia ingat tiba lebih dahulu di ujung tembok timur, untuk dapat menguntit terus.
Juga Khiu Cian Jin berpikir seperti si nona, ia pun jalan memutar seperti nona itu. Tidak heran kalau lekas juga mereka jadi bersamplokan pula! Sekarang mereka bertemu di tembok menghadap ke selatan.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Oey Yong sudah lantas berpikir: "Jikalau aku memutar tubuh dan pergi dari sini, bisa-bisa nanti ia membokong punggungku! Dia sangat lihay, mana bisa aku mengelit diri?" Maka itu, ia lantas tersenyum. Ia berkata: "Khiu Locianpwee, dunia ini benar-benar sempit! Kembali kita bertemu di sini"!" Sambil berkata begitu, si nona pun berpikir: "Baiklah aku mengulur tempo! Aku mesti menantikan engko Ceng, itu waktu aku tak usah takut lagi?""."
Khiu Cian Jin juga sama berpikir seperti si nona. Dia tertawa dan berkata: "Itu hari kita berpisah di Liam-an, siapa sangka sekarang kita bertemu pula di sini.
Apakah kau banyak baik, nona?"
Oey Yong heran tak kepalang.
"Bangsat tua, kau ngaco belo!" katanya di dalam hatinya. "Terang-terang tadi malam kita bertemu di Kun San, sekarang kau menyebut-nyebut tentang pertempuan di Lim-an itu! Baik, biarlah kau ngoceh tidak karuan! Aku ada membuat ilmu silat Tah Kauw Pang-hoat, kenapa aku tidak mau menghajar dia sebelum dia sadar?" Maka ia lantas berteriak nyaring:
"Engko Ceng, kau hajar punggungnya!"
Khiu Cian Jin kaget. Ia mengira Kwee Ceng muncul di belakangnya. Ia lantas menoleh.
Oey Yong sangat sebat, berbareng sama
teriakannya itu, tangannya mengeluarkan tongkatnya, dengan apa ia terus menyapu ke bawah!
Juga Khiu Cian Jin sangat licin. Ia menoleh dengan cepat, ia tidak melihat Kwee Ceng, lantas ia insyaf bahwa ia diperdayakan. Ia pun mendengar bersiurnya angin, maka ia lantas berlompat. Maka bebaslah ia dari sapuan itu. Akan tetapi Oey Yong tidak sudi
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
mengasih hati. Gagal sapuannya, ia mengulanginya.
Dan ia mengulanginya terus, berulang-ulang, untuk membikin orang tak dapat bernapas.
Bukan main takutnya Khiu Cian Jin. Dengan
terpaksa, ia berlompatan. Tidak ada ketikanya untuk melesat jauh, guna terus melarikan diri. Setelah tujuh atau delapan kali lompat-lompatan terus, betis kirinya kena juga oleh ujung tongkat, tidak tempo lagi, dia menjerit mengaduh dan tubuhnya terbanting.
"Tahan! Aku hendak bicara!" ia berkata, tangannya diangkat.
Oey Yong menghentikan serangannya, ia
mengawasi sambil tertawa geli, tetapi begitu lekas orang bangun sambil berlompat, tidak menanti kaki orang itu mengenai tanah, ia menyapu pula. Di dalam keadaan seperti itu, Khiu Cian Jin tidak dapat berkelit lagi, maka lagi sekali ia terguling memegang tanah. Ia bandel sekali, setiap kali jatuh, ia bangun sambil berlompat, maka itu si nona pun, saban orang
berlompat dia membarengi menyapu. Dengan
demikian, enam kali orang she Khiu itu jatuh bangun.
Habis itu, Cian Jin terus mendekam di tanah. Ia tahu percuma ia berlompat bangun. Ia pun tidak berani berkutik.
"Kau berpura-pura mampus?" kata Oey Yong tertawa.
Khiu Cian Jin menyahuti sambil ia berlompat
bangun, hanya kali ini ia berlompat seraya menarik tali celananya, hingga tali itu putus, sambil berbuat begitu, ia berteriak-teriak: "Kau mau pergi atau tidak" Hendak aku melepaskan tanganku!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Nona Oey melengak. Ia tidak menyangka bahwa
seorang ketua partai mau main gila seperti itu. Tentu sekali ia takut orang membuktikan ancamannya, itu artinya Khiu Cian Jin meloloskan pakaiannya, maka terpaksa sambil berludah ia memutar tubuhnya untuk bertindak pergi. Ia lantas mendengar suara orang tertawa kegirangan, disusul sama suara tindakan kaki.
Ketika ia mencoba menengok, ia melihat Khiu Cian Jin masih memegangi celananya itu, bahkan sekarang ia lari hendak mengejar.
Nona ini mendongkol berbareng merasa lucu, tetapi ia terpaksa lekas-lekas lari.
Khiu Cian Jin belum lari jauh ketika ia memikir sudahlag cukup ia mengusir nona itu, maka hendak ia berhenti mengejar, tetapi justru itu, Kwee Ceng muncul dari ujung rumah, ia lantas maju menghalang, kedua tangannya digeraki, tangan kirinya menjaga dada, tangan kanannya diajukan.
"Celaka!" berseru Khiu Cian Jin. Ia lantas berhenti mengejar.
"Hajar dia, engko Ceng!" Oey Yong kata. "Jangan ladeni ocehannya!"
Kwee Ceng sudah lantas bersiap. Ia tahu Khiu Cian Jin sebagai pendusta, tapi di Kun San ia telah melihat ketangguhan orang, dia tidak mau memandang
enteng. "Eh, anak-anak, kau dengar kata-katanya
kakekmu!" berkata Khiu Cian Jin sambil ia tetap memegangi celananya. "Selama beberapa hari ini kakekmu termaha gegares, dia menjadi mulas
perutnya. Sekarang pun kakekmu mau buang air
besar?" TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Engko Ceng, hajar dia!" berkata Oey Yong yang sendirinya tak berani maju bahkan ia mundur.
"Aku tahu hatimu, anak-anak," berkata pula Khiu Cian Jin. "Jikalau kamu tidak diberi ketika akan menyaksikan kepandaiaan kakekmu, kamu tentu tidak puas, kamu tidak suka menyerah, maka sayang sekali sekarang justru perut kakekmu lagi sakit, semua yang ada di dalam perutnya mau melonjor keluar. Baiklah anak-anak yang manis, aku beri tempo padamu. Lagi tujuh hari maka kakekmu akan menantikan kamu di kaki gunung Tiat Ciang San! Beranikah kamu pergi ke sana?"
Oey Yong telah menyiapkan seraup jarumnya,
hendak menyerang apabila saatnya telah tiba, akan tetapi ia mendengar orang menyebut nana gunung Tiat Ciang Pang, mendadak ia ingat huruf-huruf dalam gambar peninggalannya Kiok Leng Hong, yang
bunyinya "Tiat Ciang San-hee" atau "di bawah gunung Tiat Ciang San" - gunung Tangan Besi. Maka ia lantas menyahuti: "Baiklah, biarnya tempat itu mirip kedung naga atau gua harimau, tentu kamu nanti pergikan! Di mana adanya Tiat Ciang San itu?"
"Dari sini kau pergi ke barat," berkata Khiu Cian in menyahuti, tangannya menunjuk, kamu nanti melintasi Siang-tek, Sin-cu dan sungai Goan Kang. Kamu
ikutilah sungai itu mudik. Nanti kamu tiba di Louw-kee dan Sin-kee. Di antara itu ada sebuah gunung tinggi yang berupa seperti lima jari menunjuk ke langit, nah itulah dia gunung Tiat Ciang San. Gunung itu sangat berbahaya, kakekmu sendiri sangat lihay, maka itu kedua bocah, umpama kata kamu takut, baiklah
sekarang saja kamu mohon ampun dari kakekmu,
lantas bolehlah tak usah kamu pergi ke sana!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Oey Yong mendengar keterangan "seperti lima jari menunjuk ke langit", ia jadi bertambah girang.
"Baiklah!" ia memberikan jawabannya, "Sekarang aku memberi kepastian, di dalam tempo tujuh hari kami nanti pergi mengunjungi gunungmu itu!"
Khiu Cian Jin mengangguk-angguk, atau mendadak ia berteriak pula: "Celaka!" berulangkali dan tanpa membilang apa-apa lagi, ia lari keras ke barat!
Kwee Ceng tidak mengubar, bersama Oey Yong ia mengawasi sampai orang telah pergi jauh. Kemudian ia kata pada si nona: "Yong-jie, ada satu hal yang bagiku benar-benar tidak jelas. Cobalah kau yang menerangkannya."
"Apakah itu?" Oey Yong.
"Ini cianpwee she Khiu sangat lihay, kenapa dia gemar sekali memperdayakan orang?" Kwee Ceng mengutarakan keheranannya. "Kau lihat sendiri, ada kalanya dia berpura-pura berkepandaian sangat rendah. Di Kwie-in-chung dia telah meninju dadaku, coba dia mengeluarkan tangannya seperti tadi malam, mana bisa jiwaku bisa hidup sampai sekarang ini"
Apakah dia berlagak gila saja" Atau apakah dia ada mengundang maksud yang lain?"
Oey Yong berpikir, ia menggigit jari tangannya.
"Dalam hal ini, aku juga sangat tidak mengerti,"
sahutnya sesaat kemudian. "Tadi aku serang dia berulang kali, dia selalu roboh tak berdaya sama sekali, dia tidak mampu membalas menyerang, bahkan dia lantas main gila. Apa mungkin dia juga
memperdayakan orang diwaktu dia menekuk
melengkung tongkat baja?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng menggeleng kepala.
"Dia telah meremas tangannya Lou Toangloo," dia menambahkan. "Ketika ia menyambuti seranganku dengan tipu silat Kek San Tah Gu, itulah ilmu sejati.
Ilmu itu tak dapat dipalsukan?""
Oey Yong lantas membungkuk, dengan tusuk
kondenya, ia menggurat-gurat tanah, lalu selang sesaat, ia menghela napas.
"Benar-benar kau tidak dapat menerka tua bangka itu lagi memberi pertunjukan apa," katanya. "Biarlah, mari kita pergi ke Tiat Ciang San, setibanya di sana pasti kita akan mendapatkan pemecahannya."
"Buat apa kita pergi ke Tiat Ciang San?" tanya Kwee Ceng, bersangsi. "Benar urusan kita telah selesai tetapi kita harus mencari suhu. Tua bangka itu pandai main gila, perlu apa kita menangkapnya benar-benar?"
"Engko Ceng, mari kau tanya kau," kata si nona.
"Bukankah gambar yang ayahku berikan padamu telah basah dan huruf-huruf apakah yang telah kau lihat di dalam situ?"
"Surat itu telah rusak sampai artinya tak dapat ditangkap," kata Kwee Ceng sambil menggoyangi kepalanya.
"Habis, apakah kau tidak memikirkannya?" tanya pula Oey Yong tertawa.
Kwee Ceng benar-benar tidak dapat memikir atau menduga.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ah, Yong-jie yang baik," katanya. "Kau tentu telah dapat memikir sesuatu, maka lekaslah kau jelaskan itu padaku!"
Oey Yong lantas menggurat pula di tanah. Ia
menulis huruf-huruf di gambar, yang ia telah ingat dengan baik. Ia berkata: "Di garis pertama itu, yang kurang mestinya satu huruf Bu. Kalau keempat huruf itu lengkap, itu mestinya 'Surat wasiat Bu Bok.'
Sekarang garis yang kedua. Sekian lama aku tidak dapat pikir itu, sampai tadi si tua bangka menyebutnya.
Menurut dugaanku, huruf itu mestinya 'san' atau 'hong', ialah gunung atau puncak?".."
Kwee Ceng lantas membaca: "Jadinya, surat wasiat Bu Bok di gunung Tiat Ciang San." Ia lantas bertepuk tangan, terus ia berseru: "Bagus! Sekarang mari kita lekas pergi ke sana! Tiat Ciang Pang bersekongkol sama bangsa Kim, mungkin sekali surat wasiat Gak Hui itu mereka serahkan pada Wanyen Lieh! Hanya tinggal yang dua garis lagi?"
Oey Yong tertawa. "Kau sendiri tidak mau menggunakan otakmu, kau paling bisa mendesak orang," ia kata. "Aku rasa, garis yang ketiga itu harus dicari dari kata-katanya si tua bangka bahwa gunung itu mirip lima jeriji tangan.
Bukankah itu berbunyi 'dibawah puncak jari tengah'?"
Kembali Kwee Ceng menepuk tangan.
"Yong-jie, kau sungguh cerdik, kau cerdik!" ia memuji pula. "Sekarang tinggal garis keempat, yang keempat".."
Oey Yong berdiam, ia berpikir.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ini, inilah sukar".." sahutnya. ?".yang kedua apakah itu?" Ia memiringkan kepalanya, hingga rambutnya turun memain. "Sudahlah, nanti saja kita pikirkan pula. Sekarang kita pergi dulu."
Sampai di situ, mereka tidak berayal lagi. Maka mereka lantas cari kuda dan burung mereka, terus mereka mulai dengan perjalanan ke arah barat itu, menurut petunjuk Tiat Ciang Sui-siang-piauw Khiu Cian Jin yang aneh itu, yang sebentar temberang dan jenaka, kemudian kosen benar-benar, lalu main memutuskan tali pinggang?"?"
Mula-mula mereka melewatkan Siang-tek, lalu
melintasi Tho-goan, sampai di Goan Kang, atau Goan-leng, mereka jalan ke hulu, dari sini mereka benar tiba di Louw-kee. Di sini mereka tanya-tanya orang di mana adanya gunung Tiat Ciang San. Mereka mendapat jawaban yang berupa gelengan kepala. Mereka
menjadi heran, hampir mereka putus asa. Maka
terpaksa mereka pergi mencari rumah penginapan.
Malam itu Oey Yong pasang omong dengan
pelayan yang bicara banyak, tetapi tidak pernah menyebutkan Tiat Ciang San. Maka kemudian si nona kata: "Semua tempat yang kau sebutkan itu ada tempat-tempat yang umum, dasar Louw-kee tempat kecil, di sini tidak ada gunung dan airnya yang bagus!"
Dengan "gunung dan air", si nona maksudkan pemandangan alam yang indah.
Kata-kata itu yang mengandung hinaan, membikin pelayan itu tak puas.
"Meskipun Louw-kee tempat keci," katanya, "Tetapi pemandangan alam di gunung Kauw Jiauw San mana ada yang dapat menandanginya?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Oey Yong ketarik sama nama gunung itu, yang
artinya gunung Kuku Kera.
"Di mana letaknya Kauw Jiauw San itu?" ia tanya.
"Maaf," berkata pelayan itu yang tidak menjawab, hanya ia mengundurkan diri.
Oey Yong memburu, di ambang pintu, ia
menjambak punggung orang, untuk menarik dia itu kembali ke dalam kamar. Ia terus merogoh keluar sepotong perak dan meletaki itu di atas meja.
"Kau omong biar jelas, uang ini untukmu," ia kata.


Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Ketarik hatinya pelayan ini, ia meraba-raba uang perak itu.
"Perak begini besar?" katanya.
"Ya," sahut Oey Yong bersenyum dan mengangguk.
"Baiklah, aku nanti menjelaskannya," pelayan itu lantas berkata, perlahan, "Cuma aku minta jangan jiewi pergi ke sana. Di atas gunung itu ada berdiam sekawanan hantu yang jahat, mereka juga memelihara banyak ular berbisa. Siapa mendekati gunung itu lima lie, jangan harap jiwanya selamat!"
Oey Yong dan Kwee Ceng saling memandang,
mereka saling mengangguk.
"Kauw Jiauw San itu terdiri dari lima puncak, yang semuanya menjulang ke langit mirip tangan kera, bukankah?" kemudian si nona tanya.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Pelayan itu girang. "Ah, kiranya nona sudah tahu!"
katanya. "Jadi itulah bukan aku yang menjelaskannya.
Lima puncak itu memang luar biasa sekali."
"Kenapa begitu?" tanya Kwee Ceng.
"Lima puncak itu berdiri rapat seperti lima jari tangan," menerangkan si pelayan. "Puncak yang di tengah ialah puncak yang paling tinggi. Puncak-puncak yang lainnya, di kedua sisinya lebih rendah. Yang aneh ialah setiap puncak itu ada garisnya, mirip sama tiga tekukan jari tangan."
Mendengar itu, Oey Yong berjingkrak-jingkrak
sambil berseru: "Yang kedua! Yang kedua!"
"Benar! Benar!" Kwee Ceng pun berseru kegirangan.
"Engko Ceng mari kita pergi!" berkata Oey Yong.
"Tempat itu terpisah dari sini tak ada enampuluh lie, dengan menunggang kuda merah, sebentar saja kita bisa sampai di sana," berkata Kwee Ceng. "Aku pikir, baiklah besok saja kita pergi berkunjung ke sana."
Si nona tertawa. "Siapa yang mau membuat kunjungan?" katanya.
"Kita mencuri buku!"
"Ah!" seru Kwee Ceng, yang baru sadar. "Kenapa aku tolol sekali, aku tidak dapat memikir sampai ke situ"!"
Dua orang ini tidak mau membikin orang
penginapan yang mengetahui perbuatan mereka,
mereka keluar dengan diam-diam dengan melompati
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
jendela. Dengan hati-hati juga mereka menuntun kuda mereka. Lalu, dengan menuruti petunjuk pelayan, mereka berangkat menuju ke arah tenggara. Jalanan ada jalanan pengunungan dan rumputnya tinggi-tinggi, jalanan sukar, tetapi kuda kecil itu dapat melalui itu. Di dalam tempo satu jam, sampailah mereka di kaki gunung.
Terlihat jelas lima puncak gunung, yang mirip dengan lima jari tangan berdiri tegak, terutama puncak yang di tengah-tengah itu.
"Puncak ini sama benar dengan puncak di dalam gambar," berkata Kwee Ceng setelah ia mengawasi sekian lama. "Lihat di puncak itu, bukankah itu pohon cemara?"
Oey Yong tertawa ketika ia menyahuti: "Ya, hanya di sana kurang seorang jenderal yang lagi bersilat dengan pedang!"
Lantas mereka meninggalkan kuda mereka dan
burung rajawali di kaki gunung itu, mereka jalan memutar ke belakang gunung. Di sini, di mana tidak tertampak ada orang lain, mereka mulai mendaki dengan berjalan cepat bagaikan lari. Beberapa lie telah dilewatkan, jalanan menikung, lalu menuju ke barat.
Mereka maju terus. Di sini jalan selanjutnya berliku-liku sampai di depan mereka, mereka tampak pohon
cemara melulu. Mereka berhenti sebentar, mereka bersangsi,
hingga mereka saling bertanya baik mereka mendaki terus atau melihat-lihat dulu. Selagi mereka berbicara, si burung merah molos dari tangan baju Oey Yong, terus ia terbang ke dalam rimba.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Si nona sangat menyayangi burungnya itu, sambil menggapai kepada Kwee Ceng, ia lari ke arah rimba itu, untuk menyusul burungnya. Hanya ia menjadi bingung ketika lekas sekali ia kehilangan hiat-niauw yang terbangnya sangat cepat. Terpaksa ia maju terus dengan Kwee Ceng mengikuti.
Sekira satu lie jauhnya, mereka tiba di satu tempat di depan mana ada cahaya api. Keduanya saling memberi isyarat, setelah mana mereka maju dengan perlahan-lahan, enteng tindakannya. Baru beberapa tindak, mendadak dari samping jalanan, di mana ada pohon-pohon besar, dua orang berlompat keluar, untuk menghadang di muka mereka. Dua orang itu sama-sama mengenakan pakaian hitam dan memegang
senjata tajam. Hanya mereka itu tidak membuka suara.
Oey Yong lantas berpikir. Ia tahu, kalau mereka bertempur, sulit untuk melakukan pencurian "buku", ialah surat wasiatnya Gak Hui itu. Ia cerdik sekali.
Maka segera ia mengeluarkan tiat-siang, ialah tangan besi dari Khiu Cian in. Ia mengangkat tinggi-tinggi, terus ia bertindak tanpa membuka suara seperti dua orang itu.
Kapan kedua orang berpakaian hitam itu
menampak tangan besi tersebut, mereka terkejut, dengan lekas mereka memberi hormat, lalu mereka menyingkir ke pinggiran untuk memberi jalan.
Oey Yong berlaku sebat luar biasa. Tepat orang mundur, tepat ia menyerang. Dengan tongkatnya, dengan dua gerakan saling susul, ia menotok kedua orang itu, hingga keduanya roboh tak berdaya lagi, hingga gampang saja mereka didupak mencelat ke dalam gompolan rumput. Habis itu, dengan cepat tetapi berhati-hati, mereka maju pula, menghampirkan api yang tadi terlihat samar-samar.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Nyatalah itu ada sebuah rumah batu dengan lima ruang dan api munculnya dari dua ruang timur dan barat. Mereka menghamprkan ruang barat itu. Segara hidung mereka menangkap bau amis. Tapi mereka tidak menghiraukannya, mereka lantas mengintai di jendela.
Di dalam kamar itu ada sebuah perapian besar, yang apinya menyala marong. Di atas situ ada sebuah kuali. Dua kacung menanti di samping perapian itu, yang satunya lagi menolak pompa anginnya, yang lainnya tengah melemparkan seekor ular yang ia jumput dari dalam karung, di lemparkan ke dalam kuali itu, di depan kuali ada seorang lain, seorang tua yang duduk numprah dengan mata dimeramkan, dengan
menggunakan tenaga besar, ia menghisap menyedot uap yang mengepul dari kuali itu, uap mana teranglah berhawa panas. Orang tua itu mengenakan baju
kuning pendek. Dan dia bukan orang lain daripa Khiu Cian Jin.
Selagi ia menyedot hawa masakan ular itu, kepala Khiu Cian Jin mengeluarkan hawa panas yang nampak bagaikan uap juga, sedang kedua tangannya yang diangkat tinggi, sepuluh jerijinya pun terlihat mengeluarkan uap serupa. Habis itu, mendadak ia bangun berdiri, kedua tangannya itu dimasuki ke dalam kuali. Di waktu begitu, maka si bocah tukang kipas lantas mengompa angin dengan luar biasa kuat hingga ia memandikan keringat pada dirinya.
Khiu Cian Jin membiarkan tangannya berada di
dalam godokan ular itu, sampai rasa panasnya sudah tak tertahankan, baru ia menarik kedua tangannya itu.
Setelah menarik, ia menyampok sebuah kantung kain yang tergantung di dalam ruangan itu, sampokannya
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
itu menerbitkan suara nyaring, tetapi kantungnya sendiri tidak bergoyang.
Kwee Ceng heran. Ia tahu betul isinya kantung itu mestinya pasir dan isi itu tak ada satu batok. Yang mengherankan ialah kantung itu tersampok tanpa bergoyang itu. Itulah menandakan lihaynya ilmu silat orang tua itu.
Oey Yong sebaliknya daripada engko Cengnya itu.
Ia tetap menganggap si orang tak lain lagi
bersandiwara, untuk mengelabui orang. Coba ia tidak lagi memikir untuk mencuri surat wasiat, pastilah ia hendak menjengeki orang tua itu.
Latihannya Khiu Cian Jin diulangi dan diulangi lagi.
Habis menyampok kantung, ia masuki pula tangannya ke dalam kuali panas itu, habis itu, ia mengangkat lagi tangannya itu dan menyampok kembali kantung pasir.
Demikian seterusnya. Setelah mengintai sekian lama, Oey Yong dan
Kwee Ceng pergi ke kamar tidur. Di sini mereka menyaksikan pula hal yang mengejutkan mereka.
Sebab disini mereka menemukan dua orang yang
mereka kenal baik, ialah Yo Kang bersama Bok Liam Cu. Sepasang muda mudi itu lagi bicara dengan asyik, atau lebih benar, Yo Kang alias Wanyen Kang lagi membujuki si nona untuk mereka menikah siang-siang.
Manis sekali bicaranya putra dari almarhum Yo Tiat Sim itu. Sebaliknya nona Bok bersikeras meminta si pemuda lebih dulu membalaskan sakit hatinya
terhadap Wanyen Lieh, supaya pangeran bangsa Kim itu dibunuh mati, untuk melampiaskan dendeman ayah dan ibunya. Katanya dengan begitu baru ia puas dan hatinya akan menjadi lega dan senang.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Ah, adik yang baik, mengapa kau tidak dapat melihat kenyataan?" kata Yo Kang manis.
"Kenapa begitu?" Liam Cu tanya heran.
"Memang! Wanyen Lieh itu terjaga kuat sekali, aku seorang diri, mana dapat aku membunuh dia begitu gampang, seperti kau menginginkannya?" menjawab Yo Kang. "Lagianya kalau aku bersendirian saja, mana bisa aku gampang bekerja" Tidak demikian setelah kau menjadi istriku. Nanti aku ajak kau menghadap dia lalu dengan mendadak kita bekerja berbareng,
menyerang padanya selagi dia tidak bersiaga.
Tidakkah dengan begitu maksud kita dapat tercapai?"
Alasan itu kuat, Bok Liam Cu lantas tunduk. Di antara sinar lampu, kelihatan nyata kedua belah pipinya yang merah, menandakan kecantikannya.
Yo Kang melihat hati orang tertarik, ia lantas mencekal tangan orang yang kiri, yang ia uasp-usap.
Menampak demikian macam, Oey Yong kehilangan
kesabarannya. Ia menganggap Liam Cu terancam
bahaya. Dengan sekonyong-konyong ia berseru: "Enci Bok, jangan kau percaya obrolannya si jahanaman!"
Yo Kang kaget sekali, segera ia meniup api hingga padam, setelah mana, dengan kedua tangannya, ia memeluk Liam Cu, kemudian, seperti disengaja seperti bukan, ia menutupi kedua kupingnya nona itu.
Di luar kamar, di saat Oey Yong hendak membuka suara pula, ia segera mendengar bentakan yang bengis: "Siapa yang berani lancang mendaki Tiat Cang San"!" Itulah suaranya seorang tua.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Oey Yong segera berpaling, demikian juga Kwee Ceng. Di situ ada sinar rembulan, maka tertampak nyata si penegur adalah Khiu Cian Jin. Sebaliknya orang she Khiu ini pun terperanjat akan mengenali sepasang muda-mudi itu.
"Khiu Looyacu!" berkata Oey Yong sambil tertawa.
Ia berlaku tabah dan manis. "Aku datang ke mari untuk memberi selamat! Bukankah aku tidak menyalahi janji kita akan bertemu dalam tempo tujuh hari?"
"Janji bertemu tujuh hari?" berseru Khiu Cian Jin.
"Ngaco belo!" "Ah, ah!" Oey Yong tertawa pula. "Kenapakah baru sekejapan mata saja, kau sudah lantas lupa" Eh, ya, apakah perutmu yang mulas sudah sembuh ke akar-akarnya?"
Nampaknya orang tua itu sudah tidak dapat
menguasai dirinya lagi, dalam murkanya, ia berseru panjang, lalu kedua tangannya melayang ke pundak kiri dan kanan si nona.
Oey Yong yang tertawa haha-hihi, ia tidak
memperdulikan ancaman itu, ia tidak mau menangkis atau berkelit. Ia sengaja hendak membikin tangan orang itu terkena duri baju lapis mustikanya. Akan tetapi ia segera mendengar suara kaget dari Kwee Ceng: "Yong-jie, minggir!" Menyusul itu, ia mendengar sambaran angin. Ia tahu tentulah pemuda itu hendak menyerang, untuk menyambuti tangan orang. Tapi ia terlambat. Disaat ia memikir untuk berkelit, hidungnya telah tercium bau amis, menyusul mana kedua
pundaknya terasa terbentur tenaga keras, maka tanpa merasa, tubuhnya terhuyung ke belakang dan belum lagi tubuhnya jatuh ke tanah, ia telah tak dasarkan diri.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Akan tetapi Khiu Cian Jin telah terluka pada kedua tangannya itu, yang terus mengucurkan darah, hanya ketika serangan Kwee Ceng sampai, ia masih sempat mengelit tangannya itu, yang terus diputar balik, untuk dipakai membalas menyerang. Maka bentroklah
tangan mereka, hingga keduanya sama-sama mundur tiga tindak. Itulah menunjuki ketangguhan mereka berimbang.
Kwee Ceng mengkhawatirkan Oey Yong, tidak mau ia melayani lebih jauh. Ia berlompat kepada
kekasihnya itu, sambil membungkuk, ia menyambar tubuh orang buat diangkat dan terus dibawa lari.
Hanya hampir berbareng dengan itu, ia merasakan angin menyambar punggungnya. Ia tahu itulah
penyerangan dari lawan. Dengan terpaksa, ia
menangkis sambil menyerang. Ia memeluk Oey Yong dengan tangan kiri, tanpa memutar tubuh, ia
menyerang ke belakang dengan tangan kanannya.
Itulah jurus" Sin liong pa bwee", atau "Naga sakti menggoyang ekor". Itu pula tipu silat dari Hang Liong Sip-pat Ciang - Delapanbelas Tangan menakluki Naga
- tipu silat yang diperantikan menolong diri dari ancaman bahaya. Dalam keadaan kesusu itu, ia
menggunakan tenaga berlipat ganda.
Kapan Khiu Cian Jin merasakan tangannya bentrok pula sama si anak muda, tubuhnya terhuyung di luar kehendaknya, berbareng dengan mana rasa sakit di tangannya itu nelusup hingga ke ulu hatinya. Sekarang baru ia ingat bahwa di duri bajunya Oey Yong ada racunnya, maka lekas-lekas ia mengangkat kedua tangannya, melihat di bawah terangnya sinar bulan. Ia tahu tangannya sendiri mengandung racun, ia
menduga racun musuh juga lihay, kalau ia terluka, mungkin lukanya habet. Karena itu, ia menjadi khawatir.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng menggunakan ketikanya selagi Khiu
Cian Jin memeriksa lukanya itu, ia memondong terus Oey Yong untuk dibawa kabur, tetapi ia bukannya lari turun gunung hanya sebaliknya mendaki puncak. Ia baru lari beberapa puluh tindak atau ia mendengar teriakan-teriakan riuh di belakangnya, ketika ia menoleh, ia melihat ia lagi dikejar oleh banyak sekali orang yang berpakaian hitam yang pada membawa obor yang diangkat tinggi-tinggi. Karena tidak ada jalan lain, ia terpaksa lari naik terus. Sembari lari ia masih mengambil kesempatan memegang hidung si nona.
Untuk kagetnya, ia merasakan orang tidak bernapas.
"Yong-jie, Yong-jie!" ia memanggil, hatinya cemas.
Tapi ia tidak memperoleh jawaban, hingga ia menjadi bertambah khawatir, hingga ia menjadi bingung, mendengar teriakan-teriakan riuh di belakangnya, ayal sedikit, pengejar-pengejarnya itu telah mendatangi dekat. Di antara mereka itu ada Khiu Cian Jin. Hanya jumlah mereka ini tinggal belasan. Tetapi itu menandakan kawanan pengejar itu lihay semua.
Sebab siapa tidak pandai ilmu enteng tubuh dan larinya tak keras, dia ketinggalan jauh di belakang.
"Jikalau aku seorang diri, tak sukar untuk aku nerobos turun dari sini," kata Kwee Ceng di dalam hatinya. "Sekarang aku lagi membawa-bawa Yong-jie yang lagi terluka parah ini"."
Di dalam keadaan mogok seperti itu, tidak ada pilihan lagi untuk pemuda ini. Dengan terpaksa ia lari naik terus. Ia sekarang tidak lagi memilih jalanan, ia hanya lari dan berlompat lempang langsung ke atas, ia berpegangan, melapai dengan sebelah tangan. Untung untuknya, selama di gurun pasir, ia telah melatih diri dalam hal mendaki gunung. Karena ia pun naik
lempang, maka tidak lama, dapat ia meninggalkan pula kawanan pengejarnya itu.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kembali Kwee Ceng memeriksa Oey Yong. Ia
meraba si nona. Sekarang ia merasakan hawa sedikit hangat. Ini membuat hatinya sedikit lega. Hanya tempo dipanggil beberapa kali, nona itu tetap tidak memberikan penyahutan, tetap ia tak mendusin.
Kemudian Kwee Ceng dongak, memandang ke
atas. Maka ia melihat, puncak sudah dekat. Ia lantas menggunakan pikirannya. Ia percaya sekarang ini ia sudah di kurung di sekitar puncak itu, jadi perlu sekali ia suatu tempat untuk menempatkan diri, untuk beristirahat. Terutama perlu sekali Oey Yong dibikin sadar. Ia lantas melihat ke kiri kanannya. Di sebelah kiri, sejarak duapuluh tembok lebih, ia melihat samar-samar seperti gua. Tanpa sangsi lagi, ia lari naik ke atas. Ia benar-benar mendapati sebuah gua. Tanpa jeri sedikit juga, ia berlari masuk ke dalam situ. Segera ia meletaki tubuh si nona, dengan lantas ia menekan jalan darah leng-tay-hiat di punggung si nona, guna membantu jalan pernapasannya.
Di sekitar puncak itu terdengar riuh suara orang-orang Tiat Ciang pang, yang rupanya mencari terus.
Kwee Ceng tidak menghiraukan mereka itu, ia tetap menolong Oey Yong. Itulah usaha paling utama
untuknya. Selang lamanya sepeminuman teh, mendadak Oey
Yong mengasih dengar seruan perlahan. Ia sadar.
Bahkan segera ia berkata: "Aduh".dadaku sakit"."
Suaranya itu perlahan sekali.
Tapi Kwee Ceng girang luar biasa.
"Yong-jie, jangan takut," ia berkata, menghibur.
"Aku ada bersama kau. Kau beristirahatlah dulu." Ia terus bertindak ke mulut gua, di situ ia berdiri tegak,
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
kedua tangannya disilangkan di depan dadanya, bersiap untuk mengadu jiwa.
Setelah berada di mulut gua itu, hingga ia dapat melihat luas ke sekitarnya, hati pemuda ini gentar juga.
Di pinggang gunung ia seperti menyaksikan tembok obor. Teranglah orang-orangnya Khiu Cian Jin sudah kumpul semua. Sejarak satu lie dari dia, ia melihat orang-orang yang nampak rada tedas, di paling depan berdiri satu orang yang bukan lain daripada Khiu Cian Jin. Orang banyak itu bergusar dan mencaci tidak hentinya, tetapi tubuh mereka tidak bergerak, mereka bagaikan dipantek paku, tidak ada seorang jua diantaranya yang bertindak maju sekalipun satu tindak.
Untuk sementara, Kwee Ceng mengawasi mereka
itu. Ia tidak dapat menerka maksud mereka. Oleh karena tidak ada ancaman bahaya langsung, ia
kembali ke dalam untuk melihat Oey Yong. Disaat ia membungkuk, mendadak ia mendengar suara apa-apa di belakangnya. Ia membungkuk dengan membaliki belakang kepada bagian dalam dari gua itu. Ia memutar tubuh dengan segera, kedua tangannya siap sedia, kedua matanya dipentang lebar. Tapi melihat tempat gelap, ia tidak nampak suatu apa. Entah berapa dalamnya gua itu.
"Siapa"!" anak muda ini menegur. "Lekas keluar!"
Dari dalam gua itu terdengar suara terbalik, ialah kumandangnya sendiri. Karena ia berdiam, ia
memasang mata dan kuping, tetap waspada.
Sebentar kemudian, dari dalam situ terdengar suara batuk-batuk perlahan, lalu itu disusul sama tertawa yang nyaring, yang membuatnya orang mau tidak mau bangun bulu romanya. Itulah suaranya Khiu Cian Jin.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Dengan sebat Kwee Ceng menyalakan api hwee-
cip. Maka segeralah terlihat dari pedalaman gua itu bertindak mendatangnya satu orang yang tangannya memegang kipas daun, kumis jenggotnya telah putih semua, karena dialah Tiat Ciang Sui-siang-paiuw Khiu Cian Jin. Maka kagetnya pemuda itu tak terkira-kira.
Bukankah orang itu barusan ada di sebelah bawah, lagi mencaci kalang kabutan bersama orang-orangnya" Kenapa adalam sekejap saja dia sudah berada di atas, di dalam gua ini"
Khiu Cian Jin lantas tertawa.
"Haha-haha bocah-bocah!" katanya. "Kamu benar-benar tidak takut mampus! Benar-benar kamu datang mencari kakekmu! Bagus, sangat bagus!" Habis itu, mendadak dari tersenyum berseri-seri, ia
memperlihatkan roman bengis. Ia pun membentak:
"Inilah daerah terlarang dari Tiat Ciang Pang! Siapa masuk ke mari, dia mesti mati, dia tak dapat hidup pula! Oh, bocah-bocah, benar-benar kamu sudah bosan hidup!"
Kwee Cengb berpikir keras untuk dapat menangkap maksud orang yang sebenarnya, atau Oey Yong telah mendahului padanya. Si nona membaliki kepada orang tua itu: "Jikalau tempat ini tempat terlarang, kenapa kau masuk ke mari?"
Khiu Cian Jin menyeringai. Terang ia likat. Hanya sebentar, lantas ia berkata: "Siapa mempunyai ketika senggang akan adu bicara dengan kamu, bocah-bocah!" Lantas dia bertindak cepat, untuk nerobos keluar.
Kwee Ceng melihat sikap orang, ia khawatir Khiu Cian Jin nanti membokong Oey Yong. Maka ia pikir, baiklah ia turun tangan terlebih dulu atau nanti orang
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
mendahului mereka. Maka ia berlompat maju, kedua tangannya dikasih turun dengan berbareng ke pundak jago tua itu. Ia menduga orang bakal membalik tubuh, untuk menangkis, maka ia sudah bersedia akan
meneruskan dengan sikutnya ke arah dada. Itulah ilmu silat ajarannya Biauw Ciu Sie-seng Cu Cong si Mahasiswa Tangan Lihay, Manusia Aneh kedua dari Kanglam. Serangan ke pundak hanya ancaman, yang benar ialah sikut ke dada.
Benarlah dugaan Kwee Ceng, Khiu Cian Jin
menangkis. Hanya ia merasa heran. Tangkisannya orang tua ini lunak, tak sehebat tadi waktu mereka bentrok tangan. Tapi ia berpikir cepat. Dengan lantas ia mengubah serangannya, ialah ia membatalkan sikutnya, ia berbalik menyambar kedua tangan orang, yang ia terus cekuk!
Khiu Cian Jin kaget, dia bentrok, tetapi sia-sia saja, dia tidak dapat meloloskan tangannya itu. Maka teranglah sudah, ilmu silatnya masih sangat rendah!
Sekarang Kwee Ceng tidak bersangsi pula. Ia
lantas membuat main kedua tangannya. Mulanya ia menolak, lalu ia menarik. Tepat tubuh orang maju ke depannya, ia menyambuti dada orang dengan totokan di jalan darah im-touw-hiat. Maka sedetik itu juga, lemaslah tubuhnya Khiu Cian Jin, lantas saja dia roboh di tanah, tak dapat dia berkutik lagi, cuma dari mulutnya segera terdengar suaranya yang lunak: "Ah, tuan cilikku, disaat seperti ini, mengapa kau justru bergurau denganku..?"
Justru itu suara di luar terdengar semakin nyata.
Teranglah bahwa orang-orang Tiat Ciang Pang sudah mendatangi semakin dekat. Rupanya mereka itu dapat mendaki sedikit demi sedikit.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Sekarang ini kau baik-baiklah mengantarkan kami turun gunung!" berkata Kwee Ceng kepada orang tawanannya itu. Ia berbicara perlahan tetapi bernada mengancam.
Khiu Cian Jin mengerutkan alis dan menggeleng kepala.
"Jiwaku sendiri terancam bahaya, mana dapat aku mengantarkan kau turun gunung?" katanya.
"Kau menyuruh semua murid dan cucu muridmu itu membuka jalan," berkata Kwee Ceng, tetap sabar,
"Nanti sesampainya di kaki gunung, aku akan membeaskan kau dari totokanku ini."
Orang tua itu mengerutkan alisnya pula.
"Oh, tuan kecilku," katanya, suaranya tetap suara tak berdaya, "Kenapa kau masih terus mendesak aku"
Pergi ke mulut gua, kau melihat keluar, nanti kau mengerti sendiri"."
Kwee Ceng memang heran. Ia lantas bertindak ke mulut gua. Begitu ia melihat ke bawah, ia berdiri menjublak. Di sana ia melihat Khiu Cian Jin, dengan mengibas-ibas kipas daunnya, masih saja mencaci dan mendamprat seraya membanting-banting kaki, sebab rupanya ia sangat mendongkol yang dia tidak dapat segera naik ke puncak, ke gua itu. Ia segera menoleh ke belakang. Di belakang itu ia melihat Khiu Cian Jin tetap lagi rebah tak berkutik!
"Kau"kau?" katanya, heran sangat. "Kenapa kamu ada dua?""
"Ah, engko tolol, apakah kau masih tidak mengerti?"
berkata Oey Yong perlahan. "Memang benar ada dua
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Khiu Cian Jin! Khiu Cian Jin yang satu lihay ilmu silatnya, Khiu Cian Jin yang lain si tukang mengepul!
Mereka itu terlahir sama rupa sama macamnya!"
Baru sekarang si pemuda mendusin. Tapi ia masih menanya Khiu Cian Jin di hadapannya itu:
"Benarkah?" "Si nona benar," katanya. "Katalah dua saudara kembar dan aku si kakak."
"Habis siapa Khiu Cian Jin yang sebenarnya?"
"Nama tak sama, apakah artinya itu?" kata Khiu Cian Jin, si tukang mengepul ini. "Aku dipanggil Khui Cian Jin, dia juga dipanggil Khiu Cian Jin"Kami dua saudara akur sama lain, kami berdua semenjak masih kecil telah memakai satu nama"."
"Lekas bilang, siapa yang sebenarnya Khiu Cian Jin"!" Kwee Ceng masih mendesak. Ia agak mulai habis sabar.
"Buat apa ditegaskan pula?" berkata Oey Yong.
"Tentulah ini yang palsu!"
"Hm!" Kwee Ceng mengasih dengar suara bengis.
"Eh, tua bangka, siapa namamu yang sebenarnya"!"
Khiu Cian Jin terdesak, ia rupanya takut juga. Maka ia menyahuti: "Aku samar-samar ingat ayahku almarhum pernah memberikan nama lain padaku yaitu Cian Lie. Karena nama itu aku dengarnya tak sedap, aku tidak pakai?"
"Jadilah kau Khiu Cian Lie!" bentak Kwee Ceng.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Beda dari sikapnya tadi, sekarang Khiu Cian Lie tidak lagi menunjukkan roman likat atau takut, dengan lantang ia berkata: "Orang suka sebut apa, ia menyebut apa, apakah kau berhak mencampurinya?"
Kwee Ceng tidak menggubris sikap orang ini. Ia menanya: "Kenapa mereka itu mencaci kalang-kabutan" Kenapa mereka tidak naik terus ke mari?"
"Tanpa titahku, siapa berani naik ke mari?"
menjawab Khiu Cian Lie, jumawa.
Kwee Ceng ragu-ragu. "Engko Ceng," berkata Oey Yong. "Jikalau tidak dikasih rasa yang enak, ini bangsat tua yang sangat licin tidak nanti mau mengudal isi perutnya! Kau coba totok jalan darahnya thian-kiu-hiat!"
Kwee Ceng menurut, ia dekati orang tua dan
menotok. Jalan darah thian-kiu-hiat itu letaknya di bawah tenggorakan, di atasan satu dim dari jalan darah soan-kie-hiat, itulah cabang im-wie dari delapan jalan nadi.
Begitu lekas ia ditotok, begitu lekas juga Khiu Cian Lie menjadi tidak karuan rasanya, ia merasakan sakit seperti digigit ribuan semut dan gatalnya bukan main.
Maka juga ia menjerit mengaduh-aduh dan
mengatakannya: "Apakah ini bukan siksaan hidup!
Bukankah ini perbuatan sangat melanggar
perikemanusiaan?""
"Lekas menjawab aku!" kata Kwee Ceng. "Akan aku membebaskan padamu!"
Kalah juga orang tua bandel ini.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Baiklah," katanya kemudian sambil menahan siksaan, "Kakekmu tidak sanggup melayani kamu kedua bocah" Nah, kamu dengarlah"!"
Beginilah keterangannya si tukang mengepul.
Khiu Cian Lie dan Khiu Cian Jin benar bersaudara kembar, dan semenjak masih kecil, sifat dan roman mereka tak ada bedanya. Pada waktu Khiu Cian Jin berumur tigabelas tahun, secara kebetulan dia dapat menolongi pangcu atau ketua dari Tiat Ciang Pang.
Pangcu itu mau membalas budi, maka ia mewariskan kepandaiannya kepada penolongnya itu. Cian Jin luar biasa, dalam umur duapuluh empat tahun, ia telah pandai segala apa bahkan melebihkan gurunya. Ketika pangcu itu tutup mata, dia mewariskan Tiat Ciang Pang kepada murid yang berbareng menjadi tuan penolongnya ini. Khiu Cian Jin gagah dan pintar, di bawah pimpinannya, partainya itu memperoleh
kemajuan, kemudian namanya, terutama gelarannya -
Tiat Ciang Sui-siang-piauw, si Tangan Besi
Mengambang di Air - menjadi sangat kesohor sesudah ia menindas rombongan dari Heng San Pay. Khiu Cian Jin memahamkan Go Tok Sin Ciang Sin-kang, yaitu ilmu tangan besi yang beracun, tetapi dia tidak turut dalam pertemuan besar yang pertama di Hoa San, karena itu waktu ia belum menyakinkannya sempurna ilmunya, ia jeri terhadap Ong Tiong Yang, maka ia mengambil putusan untuk melatih terus, guna nanti turut dalam pertemuan yang kedua kali. Ia sangat ingin menjadi "Boe Kong Thian Hee Tee It", ialah jago nomor satu di kolong langit ini.
Sementara itu, setelah usianya meningkat, sifat Khiu Cian Lie menjadi semakin lihay dalam ilmu mengepul, dia sangat doyan ngebrahol dan mendusta, gemar sekali ia menipu orang, dan karena roman mereka sama, dia pun dapat membawa aksi jago
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
dengan baik, sedang kalau mogok dia menggunakan kelicinannya seperti dua kali dia menggunakan akal mencoba menjual Oey Yong beramai. Peranannya ini membuat Oey Yong dan Kwee Ceng menampak
kesulitan, sampai di Kun San pemuda she Kwee ini mendapat perlawanan hebat, sedang Oey Yong baru saja merasai tangan lihay dari Khiu Cian Jin yang tulen.
Puncak tengah dari gunung Tiat Ciang San ini
dinamakan Tiong Cie Hong, artinya puncak Jari Tengah. Inilah tempat menyimpan tulang belulang dari semua ketua Tiat Ciang Pang. Kalau satu pangcu merasa umurnya bakal sampai, maka ia naik seorang diri ke atas puncak, untuk menanti penghembusan napasnya yang terakhir. Pula ada satu aturan yang sangat keras dan mesti ditaati dalam Tiat Ciang Pang itu. Ialah, siapa juga dilarang mendaki dan memasuki puncak Tiong Cie Hong bagian tekukan yang kedua atau tee-jie-ciat, dan siapa melanggar itu, dia tidak dapat turun lagi dengan masih hidup. Umpama kata terjadi pangcu mati dilain tempat, mayatnya mesti dibawa oleh salah satu muridnya naik ke puncak itu, habis itu murid ini mesti membunuh diri di atas puncak.
Kebinasaan ini oleh si murid yang bersangkutan dipandang suatu kehormatan paling besar.
Kwee Ceng telah heran kalau pihak Tiat Ciang
Pang menjadi sangat gusar hingga mereka mencaci kalang kabutan.
Kenapa Khiu Cian Lie berani mendaki puncak itu"
Ini pun ada sebabnya. Dan sebab itu begini: "Di dalam rumah atau gua batu itu, ada tersimpan banyak barang berharga, atau mustika. Sebab setiap satu pangcu yang mau mati, dia tentu naik dengan membawa satu atau lebih barang berharga, umpama golok atau pedang mustika, atau barang kuno atau barang
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
permata mulia. Setelah pelbagai pangcu, maka
dianggap di situ telah di situ telah banyak disimpan benda berharga itu. Khiu Cian Lie bersusah hati karena selama beberapa bulan belakangan ini ia gagal dengan aksi membualnya, ia tahu itu semua
disebabkan ia tidak punya guna. Maka ia memikir, kalau ia mempunyai senjata mustika, pedang atau golok, tentulah ia bisa perbaiki kehormatannya yang telah ternoda itu. Hatinya jadi semakin terdesak kapan ia ingat segera juga ia bakal menghadapi Kwee Ceng dan Oey Yong, maka disaat terdesak itu, dengan mati-matian dan dengan diam-diam ia naik ke puncak, untuk mencuri salah satu senjata. Apa lacur, ia justru kepergok Kwee Ceng dan Oey Yong sekali dan ia dirobohkan tanpa berdaya.
Mendengar keterangan itu, Kwee Ceng berpikir,
"Tempat ini tempat keramat, pasti musuh tidak bakal akan naik ke atas. Tetapi juga tidak ada bakal jalannya untuk turun, cara bagaimana aku bisa lolos dari sini?"
Selagi ia berpikir keras itu, Kwee Ceng mendengar suara kawannya: "Engko Ceng, coba kau masuk ke dalam dan melihatnya."
"Tapi marilah aku periksa dulu lukamu," berkata si pemuda. Ia lantas mencari cabang kering, untuk membikin obor, sesudah mana ia buka baju si nona, guna melihat lukanya. Di kedua pundak yang putih dan halus ada tapak dari lima jari tangan, tapak yang hitam. Luka itu bukannya enteng, maka syukur, si nona terlindung baju lapisnya itu.
Kwee Ceng menjadi bingung. Bagaimana ia dapat mengobati luka ini" Ia ingat luka gurunya disebabkan hajaran Kam Mo Kang dari Auwyang Hong. Luka
gurunya itu dan luka Oey Yong ini sama hebatnya.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Gurunya tertolong karena ketangguhan tubuhnya dan Oey Yong karena baju lapisnya.
Tengah si anak muda ini menjublak, Khiu Cian Lie menperdengarkan suaranya pula: "Eh, bocah, omonganmu barusan apa omongan angin busuk
belaka" Kenapa kau tidak lekas-lekas membebaskan kakekmu dari totokanmu?"
Kwee Ceng tidak dengar itu. Ia masih berdiam saja.
Adalah Oey Yong yang mendengarnya.
"Eh, engko tolol, kenapa kau nampaknya gelisah?"
berkata si nona tertawa. "Kau bebaskanlah tua bangka itu!"
Baru sekarang Kwee Ceng mendusin. Ia menotok
orang tua itu di jalan darah thian-kut-hiat, dengan begitu, lenyaplah rasa gatalnya Khiu Cian Lie, tetapi karena jalan darah im-touw-hiat masih tertutup, ia tetap rebah di tanah.
Kwee Ceng meninggalkan orang tua ini. Ia pergi mencari cabang cenara yang panjang dua kaki, yang ia nyalakan sebagai obor, sembari memegangi itu, ia kata kepada Oey Yong: "Yong-jie, aku mau masuk ke dalam untuk melihat-lihat. Kau takut atau tidak?"


Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Oey Yong tengah merasakan panas dingin
bergantian, hebat penderitaannya ini, tetapi karena khawatir Kwee Ceng nanti berduka untuknya, ia menahan diri.
"Di sini ada si tua bangka menemai aku, aku takut apa?" katanya, tertawa. "Kau pergilah!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Dengan lantas Kwee Ceng bertindak pergi. Ia
berlaku hati-hati. Sesudah jalan melewati dua tikungan, ia tiba di depan mulut gua yang besar. Jadi di dalam gua itu ada sebuah guanya lagi. Bahkan gua ini lebih luas lima lipat daripada yang di luar. Kalau yang di luar tadi ada bekas-bekasnya di gali, gua ini wajar.
Di dalam situ ada terdapat duapuluh lebih rangka tulang-belulang, dengan pelbagai sikapnya juga, ada yang duduk, ada yang rebah atau tidur. Di sisi setiap rangka itu ada terletak senjata seperti golok, senjata rahasia, perabaot bersantap, juga rupa-rupa barang permata. Kwee Ceng mengawasi itu semua. Jadi
benar keterangannya Khiu Cian Lie tadi. Ia kata dalam hatinya, "Beberapa puluh pangcu ini, dulu harinya semua gagah perkasa, tapi sekarang semua tinggal tulang-belulangnya, semua tinggal di sini dalam kesunyian"."
Pemuda ini bukan seorang loba, melihat semua
senjata dan permata itu, tidak pernah timbul
keserakahannya, ia tidak menghiraukan itu, ia hanya memikirkan Oey Yong. Sesudah melihat-lihat sekian lama, ia memikir untuk keluar lagi. Atau mendadak ia melihat rangka yang terakhir, di tangan siapa masih tercekal sebuah kotak besi yang nampaknya ada suratnya. Ia lantas menghampirkan, ia menyuluhi dengan obornya.
"Rahasia memukul pecah bangsa Kim," demikian ia membaca surat itu, yang diukir di tutup kotak atau peti besi kecil itu. Maka tercekatlah hatinya. Segera ia ingat. "Bukankah ini surat wasiatnya Gak Bu Bok?"
Maka ia mengulurkan tangannya, mengambil kotak itu.
Begitu menyentuh, dengan bersuara, tangan itu menyambar.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng kaget sekali, syukur ia keburu lompat mundur.
Gagal menyambar, tangan itu jatuh ke tanah,
berkumpul menjadi satu. Dengan membawa kotak itu, Kwee Ceng lari keluar.
Ia segera nancap obornya di tanah, ia lantas
memondong Oey Yong, untuk dikasih bangun, setelah mana, di depan si nona ia membuka tutupnya kotak.
"Aku menemui ini," ia memberitahukan.
Isi peti besi itu ada dua jilid buku tulisan tangan, satu tebal, yang lain tipis.
Kwee Ceng mengambil lebih dulu yang tebal. Nyata isinya itu ada salinan Han See Tiong atas pelbagai laporan atau usulnya Gak Hui yang dihanturkan kepada rajanya, ada syair dan lainnya buah kalam jenderal gagah perkasa dan setia itu, bunyinya pun penuh dengan penguraian kesetiaan dan semangat kegagahan. Maka ia menjadi sangat kagum, hingga ia menghela napas. Yang paling menawan hati ialah Gak Hui tidak pernah melupakan rakyat.
Oey Yong pun kagum sekali.
"Nah, coba periksa buku yang satunya," kemudian Oey Yong minta.
Kwee Ceng menurut, ketika ia melihatnya, lantas ia menjadi sangat girang.
"Ini dia ilmu perang yang ditulis sendiri oleh Gak Bu Bok!" katanya berseru. "Dan inilah buku yang Wanyen Lieh si bangsat senantiasa ingat sekalipun di dalam
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
mimpinya! Sungguh Thian murah, kitab ini tidak sampai jatuh di dalam tangannya jahanam itu?"
Ketika anak muda ini membuka halaman yang
pertama, ia lantas membaca delapanbelas huruf besar, yang artinya: "Mengutamakan pemilihan - Rajin berlatih - Adil dalam persenan dan hukuman - Jelas dengan perintah - Keras dengan tata tertib - Bersama-sama senang dan susah" Jadi inilah pokok untuk memilih punggawa atau serdadu, untuk mendidik dan mengatur tentara.
Selagi Kwee Ceng hendak membalik lainnya, tiba-tiba ia mendengar berhentinya cacian orang-orang Tiat Ciang Pang, yang tadinya terdengar sekarang
hanyalah suara angin. Berdua Oey Yong dan si anak muda memasang
kuping. Mereka heran bukan main.
Tidak antara lama barulah terdengar suara lainnya.
Itulah suara seperti sa-sus atau sar-ser, perlahan tetapi berisik ramai. Ketika Khiu Cian Lie mendengar itu, ia lantas mengeluh berulang-ulang, dengan suara sedih, ia berkata: "Bocah-bocah, hari ini jiwa kakekmu dihabiskan di tangan kamu?"
Kwee Ceng tidak meladeni orang tua itu, ia lompat keluar, tiba di mulut gua, setelah melihat ke bawah, ia menjadi kaget sekali. Mulanya ia tercengang. Baru sekarang ia mengerti bunyi suara yang luar biasa itu.
Di antara sinar rembulan terlihat ribuan atau puluhan ribu ular berbisa lagi merayap naik ke atas puncak, semua sambil mengangkat kepala dan mengulur,
mengulat-uletkan lidahnya!
"Mereka tidak berani memasuki tempat keramat ini, sekarang mereka menyerang dengan ular," kata Kwee
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Ceng dalam hatinya. Tidak ayal lagi, ia lari ke dalam untuk memodong Oey Yong.
Khiu Cian Lie melihat perbuatan si anak muda, lantas ia mementang bacotnya mencaci.
Kwee Ceng tidak mau melayani tukang membual
itu, hanya ketika ia lewat di sampingnya, ia mendupak pinggang orang dua kali. Dengan itu ia membebaskan totokan di jalan darah im-touw-hiat. Habis itu, dengan membawa kotak besinya, ia merayap naik ke atas puncak sekali.
Gua itu berada di tekukan yang kedua, untuk tiba di puncak tertinggi, jaraknya masih lagi beberapa puluh tombak. Kwee Ceng tidak menghiraukan itu, ia
membesarkan hatinya, ia mengerahkan tenaganya, ia mengeluarkan kepandaiannya marayap naik. Ketika akhirnya ia tiba di atas, tempo ia melongok ke bawah, ia mendapatkan rombongan ular itu telah masuk ke dalam gua. Ia tidak memikirkan lagi Khiu Cian Lie, yang ia percaya, sebagai orang Tiat Ciang Pang, tentu tahu ilmu untuk mengusir atau membinasakan ular.
Begitu lekas ia sudah merebahkan Oey Yong, Kwee Ceng lantas berpikir keras. Ia memikirkan dengan cara bagaimana ia dapat menolong nona itu dari makhluk marayap yang jahat itu. Ia sendiri tidak takut. Ia sudah makan darah ular dan ular takut kepadanya.
"Kau nyalakan api dulu," berkata Oey Yong, yang dapat menerka kesulitannya si anak muda. "Bikinlah api itu mengurung mengelilingi kita."
"Ah, benar tolol!" berseru Kwee Ceng. "Kenapa aku tidak dapat memikirkan itu?"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Ia lantas mengumpulkan cabang kering, ia
menumpuk itu mengelilingi Oey Yong dan dirinya. Ia bekerja cepat. Lantas ia menyulut api di kedua tempat, di sama tengah, agar api itu memakan masing-masing kedua jurusan. Selama itu tidak terdengar apa-apa.
Maka tak terkira kagetnya waktu tahu-tahu sejumlah ular, yang menjadi seperti pelopor sudah muncul di depan mereka. Dalam kagetnya ia mengeluh, tetapi ia tidak menjadi menjublak karenanya. Dengan sebat ia sambar Oey Yong untuk dipanggul.
Oey Yong terkejut melihat ular muncul begitu
banyak, tetapi yang hebat untuknya ialah baunya yang amis sekali, hingga ia lantas merasa mual, hampir ia muntah-muntah. Dengan lantas ia menutup rapat kedua matanya. Itu waktu, ia merasakan sakit di dadanya. Inilah sebab Kwee Ceng berlompatan ke sana ke mari sambil mulutnya tak hentinya berseru menggebah ular itu. Lama-lama, ia menjadi pusing, ia seperti luka akan diri sendiri. Ia baru sadar ketika hidungnya dapat mencium bau harum. Maka ia lekas membuka pula matanya. Segera ia melihat
berkelebatnya satu sinar merah. Untuknya girangnya, ia mengenali hiat-niauw, burung apinya, yang terbang datang dari arah timur.
Tadi burung itu terbang karena ia lantas mencium bau ular, maka ia pergi untuk memuasi nafsu
daharnya, sekarang ia melihat cahaya api, dia terbang dengan niatan mandi, maka tepat sekali datangnya itu selagi majikannya terancam bahaya.
Mendapatkan datangnya burung itu, semua ular
lantas berdiam, tidak ada yang berani berkutik, maka beberapa diantaranya lantas dipatuk dan dimakan.
Habis itu, burung itu terus mandi api, akan
kesudahannya terbang menclok di pundak si nona.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Dua-dua Oey Yong dan Kwee Ceng menjadi girang sekali.
"Sekarang kita tidak takuti ular!" berkata si anak muda gembira. "Sekarang kita mesti mencari jalan untuk lolos dari puncak ini, bagaimana?"
Oey Yong terus berpikir. Nyata ia lantas mendapat jalan.
"Hiat-niauw bisa naik ke mari, kalau dia dapat kenapa rajawali kita tidak?" demikian katanya. "Gak Bu Bok bernama Hui, aliasnya yaitu Peng Kie, maka kalau sekarang kita memakai Tiauw Kie, mustahil tidak dapat. Bukankah itu bagus?"
Kwee Ceng tidak mengerti.
"Apa itu Tiauw Kie?" ia menanya.
Nama Hui dari Gak Bu Bok berarti "terbang", dan aliasnya itu, Peng Kie, berarti "garuda angkat". Oey Yong menyebutnya "Tiauw Kie" itu berarti "rajawali angkat". Si anak muda memikirkan itu, di dalam waktu pendek, ia tidak menangkap maksudnya si nona.
Oey Yong tengah merasakan sakit tetapi ia
menahan itu, ia menyahuti: "Kita suruh rajawali kita membawa kita terbang pergi dari sini".!"
Kwee Ceng berjingkrak. "Benar!" ia berseru. "Itu pun bagus! Nanti aku panggil si rajawali!"
Tidak ayal lagi pemuda ini duduk bersila, untuk bersemadhi, guna mengumpulkan tenaga dalamnya, kemudian baru ia mengasih dengar siulannya yang
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
keras dan panjang, yang mengalun jauh. Inilah ilmu semadhi yang dulu hari ma Giok mengajarkan
kepadanya. Setelah memahamkan Kiu Im Cin-keng, ia memperoleh kemajuan yang luar biasa. Jarak di antara puncak dan kaki gunung ada beberapa lie, tetapi begitu siulan mendengung, burung mereka dapat mendengarnya, kedua burung itu lantas terbang mencari mereka. Maka di lain saat, berkumpullah mereka, burung dan manusia - kedua burung itu berdiri di depan si muda-mudi.
Kwee Ceng membantu Oey Yong membuka baju
lapisnya, terus ia membantu si nona mendekam di punggungnya rajawali yang betina. Karena khawatir nona itu memegang kurang keras, ia pun mengikatnya.
Sesudah beres, baru ia mendekam di punggung
rajawali yang jantan. Akhirnya, ia mengasih dengar siulannya.
Kedua burung itu mengerti orang, keduanya lantas membuka sayapnya masing-masing untuk terbang.
Mulanya hatinya pemuda dan pemudi itu kebat-
kebit, tapi tak lama, mereka menjadi tabah. Mereka dapat mendekam dengan tenang di punggung
burungnya itu. Bahkan si nona yang tetap bersifat kekanak-kanakan, lupa pada sakitnya. Ia ingin mempertontonkan diri di depan Khiu Cian Lie si tua bangka, maka ia mengutik leher burungnya, menyuruh si burung terbang ke arah gua.
Burung itu mengerti, benar-benar ia terbang ke muka gua. Di sana terlihat si tukang membual lagi rebot menggebah ular. Dia pun lantas melihat burung membawa orang terbang dan mengenali si nona. Ia kaget, ia heran, ia menjadi sangat kagum. Ia lantas memanggil: " Nona yang baik, kau bawalah juga aku
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
pergi! Kalau adikku melihat aku, maka aku si tua bangka tidak bakal dapat hidup lebih lama pula"!"
Bab 60. Wanita dari Rawa Lumpur Hitam
Oey Yong mendengar permintaan itu, ia tertawa.
"Burungku ini tidak dapat menggendong dua orang!"
ia riang gembira. "Kamu bersaudara kandung, kau baiklah minta ampun pada saudaramu itu!" Dan ia menepuk burungnya, menyuruhnya si burung terbang terus.
Melihat orang hendak pergi, timbullah hati jahat si orang tua.
"Nona yang baik," ia berseru, "Kau lihatlah permainanku ini, menarik hati atau tidak?"
Oey Yong tertarik, ia memutar balik burungnya untuk datang mendekati.
Khiu Cian Lie menanti sampai orang telah datang cukup dekat, mendadak ia berlompat menubruk,
memegang erat-erat pada si nona, hingga di lain saat, mereka telah berada bersama di punggung rajawali itu.
Ia tidak memperdulikan nona itu kaget.
Orang tua itu menjadi nekat. Ketika ular masuk ke dalam gua, ia mengusirnya. Untuk itu, ia pergi sampai di luar gua. Di sini ia dapat dilihat oleh orang-orang Tiat Ciang Pang. Itu berarti keputusan mati untuknya.
Ia telah memasuki tempat keramat dan terlarang.
Jangan kata ia, sekalipun pangcu sendiri, apabila tanpa sebab dia masuk ke situ, dia bagian mati. Maka itu, ingin ia dapat lolos.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Burung rajawali betina itu benar-benar tidak kuat membawa dua orang. Dia terbang tetapi dia bukan maju jauh, dia turun ke bawah, cuma dengan
menggeraki kedua sayapnya dengan sepenuhnya
tenaga, baru ia dapat memperlambat turunnya itu. Dia tetap turun?"?"
Khiu Cian Lie memegang erat-erat kepada Oey
Yong. Syukur dia ini diikat tubuhnya, kalau tidak tentulah telah terlepas pegangannya pada burungnya itu.
Burung betina itu mengasih dengar suaranya
berulang-ulang. Yang jantan mendengar itu, dia hendak menolongi, tetapi bagaimana"
Orang-orang Tiat Ciang Pang lantas dapat melihat peristiwa luar biasa itu. Mereka heran dan kaget, semua mengawasi dengan mata terbuka dan mulut menganga, tidak ada yang bersuara.
Disaat Oey Yong terancam bahaya itu, tiba-tiba satu sinar merah berkelebat di dekatnya. Itulah hiat-niauw, si burung api, yang menyambar dari belakang gunung.
Sebab tadi ia terbang mengikuti majikannya. Dan burung ini menyambar matanya Khiu Cian Lie.
Dalam keadaannya itu, orang she Khiu itu tidak dapat membela diri. Ia juga tidak menyangka sama sekali sang burung bakal menghajar matanya. Ia kaget dan kesakitan, lupa kepada pegagannya kepada tubuh Oey Yong, ia mengucak matanya. Tepat ia mengucak matanya, tepat terlepas pegangannya, maka sia-sialah segala dayanya pula, tubuhnya lantas terpelanting jatuh. Maka dilain saat terdengarlah suara hebat dan menyayatkan hati datangnya dari lembah. Di lain saat, burung rajawali telah dapat terbang pula seperti biasa
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
bersama nona majikannya itu, mendekati burung yang jantan, untuk terbang berendeng.
Selagi mendekati kaki gunung, Kwee Ceng
mengasih dengar siulannya yang nyaring, untuk memanggil kudanya. Ia sekarang berlega hati, sedang tadi ia kagetnya bukan main, takutnya tak terkira, sebab ia tak berdaya untuk menolongi kekasihnya.
Oey Yong sendiri tidak kurang takutnya, hingga ia menyesal yang dirinya kena diperdayakan orang tua yang sudah nekat itu.
Kuda merah itu mendengar panggilannya, dia lari mengikuti, di darat, burung di udara.
Kwee Ceng merasa ia sudah terbang kira-kira
tujuhpuluh lie, lantas ia memberi tanda kepada burungnya berdua untuk berhenti terbang, untuk turun ke tanah. Ia berkhawatir untuk Oey Yong, yang diam mendekam saja di punggung burungnya itu. Ketika ia memeriksa, benarlah si nona pingsan. Maka lekas-lekas ia menguruti, untuk membikin darahnya jalan seperti biasa.
Selang sekian lama, barulah si nona mendusin.
Ketika itu awan gelap, hingga si putri malam kena ketutupan. Kwee Ceng bingung juga. Sambil memeluki Oey Yong, ia memandang ke sekelilingnya. Ia berada di tengah tegalan, yang gelap.
Di situ terlihat tempat untuk memernahkan diri.
Karena terpaksa, kemudian ia berjalan juga. Dia menerjang rumput yang tinggi sebatas dengkul. Sudah begitu, saban-saban duri pohon menusuk betisnya. Ia merasa sakit tetapi tak ia menghiraukannya. Ia jalan terus.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Secara begini, ia jalan perlahan sekali. Jagat gelap, jalanan tak kelihatan. Itulah hebat. Hatinya
berdebaran, ia khawatir nanti kejeblos di liang atau jurang".
Sesudah menderita seperjalanan kira dua lie,
mendadak Kwee Ceng melihat satu bintang besar, munculnya dari sebelah kiri. Rendah bintang itu, seperti di ujung langit, cahaya berkelak-kelik. Ia mengawasi, niatnya untuk mengenali arah tujuan.
Karena ini ia lalu dapat melihat tegas, itulah bukan bintang hanya api.
"Ada api tentu ada rumah orang," pikirnya. Maka ia menjadi mendapat hati. Maka ia berjalan terus, tindakannya lebar menuju ke arah api itu.
Ia telah jalan kira satu lie, lalu ia tiba di sutau tempat, di mana ada banyak pohon. Sekarang
ternyata, api terlihat dari antara pepohonan. Setelah masuk ke rimba, jalanannya tak lurus lagi. Jalanan kecil itu berliku-liku. Mendadak ia kehilangan api itu.
Kwee Ceng tidak putus asa. Ia lompat naik ke atas sebuah pohon. Dari situ, ia melihat ke bawah. Ia mendapat kenyataan ia telah melewati api itu, yang sekarang berada di sebelah belakangnya. Ia turun, ia menuju balik. Kembali ia kehilangan api itu. Ia menjadi heran setelah ia mengalami kejadian itu dua tiga kali.
Ia merasakan kepalanya pusing dan matanya seperti kabur. Terus ia tidak dapat mendekati api itu. Kudanya serta tiga ekor burungnya, entah ada di mana.
Karena jengkel, Kwee Ceng ingin jalan di atas pohon saja. Tapi ini sukar dilakukan. Rimba itu gelap dan ia mesti memodong-mondong Oey Yong. Ia juga khawatir nanti kejeblok atau si nona kena kelanggar cabang-cabang pohon, yang dapat melukakannya.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Untung ia sabar, ia tidak menjadi putus asa. Ia beristirahat sebentar, lantas ia berjalan pula.
Oey Yong terluka dan tubuhnya lemah, tetapi dasar cerdik, otaknya berjalan. Ia melihat bagaimana ia dibawa putar kayun oleh Kwee ceng, dengan perlahan-lahan ia mulai mengerti jalan di dalam rimba itu. Ia menggunai otaknya, meramkan matanya.
"Engko Ceng," katanya kemudian, "Jalan ke kanan, ke samping,"
Girang si anak muda mendengar orang dapat
berbicara. "Ah, Yong-jie, kau baik?" tanyanya.
Nona itu menyahuti tetapi tidak tegas.
Kwee Ceng menurut. Ia maju ke kanan, lalu
nyamping. Oey Yong mengingat-ingat. Setelah tujuhbelas
tindak, ia berkata pula: "Engko Ceng, jalan ke kiri, delapan tindak."
Kwee Ceng menurut. "Sekarang ke kanan lagi, nyamping, tigabelas tindak."
Kwee Ceng menurut pula. Kali ini mereka berjalan dengan si anak muda
mengikuti petunjuk dari si nona. Oey Yong sudah lantas dapat menduga, jalanan bukan jalanan wajar, hanya buatan manusia. Dia adalah anak gadisnya Oey Yok Su, dan ia telah mendapatkan separuh lebih
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
warisan ayahnya itu mengenai jalan rahasia. Maka juga, meskipun ia meram, ia seperti bisa melihat tegas jalanan di dalam rimba itu.
Demikian mereka jalan sana jalan sini, maju dan mundur. Akhirnya, dengan lekas, mereka menghadapi api tadi. Kwee Ceng girang hingga ia lantas membuka tindakan lebar untuk berlari.
"Jangan kesusu!" Oey Yong mencegah.
Tapi Kwee Ceng sudah berlari.
Mendadak anak muda itu berkoak, karena kedua
kakinya sudah menginjak lumpur, bahkan kaki itu lantas terpendam dalam sebatas dengkul. Syukur ia lihay, dengan segera ia menggenjot diri dengan ilmunya ringan tubuh, untuk berlompat mundur. Ketika ia kembali ke tanah kering, hidungnya mencium bau lumpur itu. Ia berdiri diam dan mengawasi. Cahaya api itu membantu kepadanya. Ia menampak ada kabut putih di depannya itu, di situ ada sebuah rumah dengan dua ruang. Api keluar dari rumah itu, ialah rumah atap.
"Kami ada orang pelancongan!" Kwee Ceng lantas berkata, "Kami pun mendapat sakit berat, maka itu kami minta tuan rumah sukalah berlaku murah dengan mengijinkan kami menumpang beristirahat seraya meminta air hangat."
Di dalam malam yang sunyi itu, suara Kwee Ceng cukup keras, akan tetapi sampai sekian lama, ia tidak memperoleh jawaban, dari itu ia lekas berbicara pula menyebutkan permintaannya itu untuk menumpang singgah.
Lagi-lagi tidak ada penyahutan.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Ketika lewat sekian waktu, Kwee Ceng mengulangi permintaannya untuk ketiga kalinya, baru ia mendapat jawaban dari seorang perempuan, katanya: "Kamu telah dapat tiba di sini, sudah tentu kamu mempunyai juga kepandaian untuk masuk ke dalam rumahku ini.
Mustahil aku mesti keluar menyambut kamu?"
Suara itu tawar sekali, terang orang tidak sudi kedatangan tamu.
Di hari-hari biasa, tidak suka Kwee Ceng
mengganggu orang, lebih suka ia tidur di dalam rimba atau tempat terbuka, akan tetapi sekarang ia ada bersama Oey Yong yang lagi sakit itu, ia
membutuhkan rumah. Maka dengan perlahan ia
berdamai sama si nona. Ia kata rumah dikurung lumpur. Bagaimana mereka bisa menghampirkan
rumah itu" Oey Yong membuka matanya, ia mengawasi sekian lama.
"Rumah ini dibangun di tengah-tengah rawa lumpur," katanya kemudian. "Sekarang coba perhatikanlah, bukankah benar modelnya satu bundar dan satu persegi empat?"
Kwee Ceng membuka matanya lebar-lebar, lantas ia menjadi girang sekali.
"Oh, Yong-jie, bagaimana kau ketahui itu?" ia bertanya.
"Pergi kau ke belakang rumah yang bundar itu,"
kata Oey Yong tanpa menyahuti. "Di situ kau jalan lempang ke arah api banyaknya tiga tindak, lalu nyamping lima tindak, lalu lempang lagi tiga tindak.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Dengan lurus dan nyamping itu, kau tidak bakal salah jalan."
Kwee Ceng menurut perkataan si nona. Benarlah, setiap kakinya ditaruh, kaki itu menginjak pelatok kayu, yang dapat bergerak miring ke sana ke mari, maka siapa tak pandai ilmu enteng tubuh, pastilah ia tak dapat menaruh kakinya dan berjalan di situ. Ia jalan terus, sampai seratus sembilanbelas tindak, maka dapatlah ia jalan mutar hingga di depan rumah yang persegi empat itu. Sekarang terlihat tegas, rumah itu tanpa pintunya.
Oey Yong berbisik: "Dari sini kau berlompat, kau menaruh kaki di sebelah kiri."
Kwee Ceng menurut, sambil terus menggendong si nona, ia berlompat. Sementara itu ia heran sekali.
"Semua dapat diterka Yong-jie!" katanya dalam hatinya.
Tempat di mana si anak muda menaruh kaki adalah tanah, sedang yang di sebelah kanan adalah air atau pengembang.
Berjalan di pekarangan ini, Kwee ceng masuk ke sebelah dalam. Di situ ada pintu model rembulan, yang tak ada daun pintunya.
"Masuk!" kata Oey Yong. "Tidak ada yang aneh di dalamnya."
Kwee Ceng mengangguk, terus ia berkata nyaring:
"Kami orang yang tengah membuat perjalanan lancang memasuki rumah ini, harap tuan rumah suka
memaafkannya," kata-katanya ini diikuti dengan tindakannya masuk ke dalam.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Sekarang Kwee Ceng melihat sebuah meja
panjang, di atas mana ada ditaruh tujuh buah pelita, ditaruhnya rapi seperti bintang Pak Tauw. Di depan meja, di tanah ada berduduk seorang wanita tua, yang rambutnya telah ubanan, bajunya dari kain kasar, matanya mengawasi ke tanah di mana ada banyak lembaran bambu, dia seperti sedang memikirkan lembaran bambu itu rupanya, sampai dia tidak mau mengangkat kepalanya walaupun dia mendengar
suara tetamunya. Kwee Ceng meletaki Oey Yong di atas kursi. Ia memandang mukanya, lantas ia merasa sangat
berkasihan. Wajah si nona sangat pucat dan kucal. Ia hendak membuka mulutnya, guna meminta air hangat, tetapi ia batal. Ia melihatnya si nyonya rumah tengah memusatkan perhatiannya, jadi ia khawatir
mengganggu pemusatan pikiran orang itu.
Setelah dapat berduduk beberapa saat, Oey Yong pulih sedikit kesegarannya. Maka itu, ia juga dapat memperhatikan si nyonya serta lembaran-lembaran bambu yang lagi diawasi nyonya tua itu. Setiap lembaran bambu itu panjangnya kira-kira empat dim dan lebar dua hoen. Dan si nyonya agaknya berat memikirkan itu. Ia lantas mengerti hitungan apa adanya itu. Oleh ayahnya, ia telah diajari dan ia mengingatnya dengan baik.
"Lima! Duaratus tigapuluh lima!" katanya tiba-tiba.
Si nyonya terkejut, dia mengangkat kepalanya, matanya nampak tajam sekali, agaknya ia gusar.
Hanya sebentar, ia mulai menghitung pula.
Kwee Ceng dan Oey Yong melihat kulit orang
bersih, usianya ditaksir baru tigapuluh tujuh kira-kira,
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
mungkin disebabkan banyak pikir, maka rambutnya telah ubanan.
Habis menghitung, wanita tua itu tampaknya heran.
Tepat hitungannya si nona tadi. Maka ia mengangkat pula kepalanya, memandang nona itu. Ia melihat tegas satu wajah muda cantik dan cantik, hanya lesu.
Kemudian ia tunduk pula, akan menghitung lebih jauh.
Oey Yong mengawasi, sampai sekian lama si
nyonya belum dapat memecahkan, lalu ia berkata dengan perlahan: "Duaratus duapuluh empat!"
Kembali nyonya itu terkejut. Ia lantas mengangkat kepalanya. Agaknya ia penasaran, maka ia
menghitung terus. Segera juga ia mendapat jawaban, yang akur sama perkataan si nona. Maka ia berdiri dengan melempangkan pinggangnya. Sekarang ia
nampak lebih nyata. Jidatnya sudah keriputan, usianya disangsikan sudah tigapuluhan, mungkin baru
duapuluhan lebih. Kedua matanya bersinar tajam.
"Mari ikut aku!" katanya kepada si nona, tangannya menunjuk ke dalam kamar. Ia mengambil sebuah
pelita, ia membawanya itu ke dalam kamar yang ditunjuk itu.
Kwee Ceng memepayang Oey Yong untuk
mengikuti. Hanya setibanya di mulut pintu, ia merandak, tidak berani ia turut masuk. Ia melihat kamar itu, yang temboknya bundar, lantainya penuh pasir, di atas pasir itu ada coretan tanda-tanda lurus dan bundar, ada pula guratan huruf-huruf thay, thian-goan dan lainnya, yang ia tidak tahu artinya. Ia takut nanti merusak itu semua.
Oey Yong melihat semua itu, ia mengerti itu adalah ilmu "Thian-goan Cie Soet" (yang mirip dengan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
aljabar), maka ia menarik tongkatnya dari
pinggangnya, sambil bergelendot pada Kwee Ceng, ia mencoret-coret di atas pasir itu. Ia memecahkan beberapa hitungan, yang si nyonya belum dapat menjawabnya. Maka lagi-lagi ia membuatnya nyonya itu heran.
Setelah mengawasi dengan tercengan, si nyonya menanya: "Kau siapa?"
"Itulah hitungan Thian-goan yang tidak sulit,"
berkata Oey Yong, yang tidak menjawab langsung, dan tanpa diminta, ia menjelaskan pokoknya hitungan itu.
Muka si nyonya menjadi pucat, tubuhnya
bergoyang. Mendadak ia menjatuhkan diri di atas pasirnya, tangannya memegangi kepalanya.
Kelihatannya ia berpikir keras sekali. Kemudian ia mengangkat kepalanya, lalu wajahnya menjadi terang.
"Dalam hal menghitung, kau terlebih pandai daripada aku!" katanya. "Sekarang jawab aku, bagaimana kau menghitung ini?" Dan ia menunjuki hitungannya di atas pasir.
Oey Yong mengingat baik bagaimana ayahnya
mengatur Tho Hoa To hingga menjadi pulau rahasia, pulau keder yang tidak dapat dimasuki sembarang orang.
"Gampang!" sahutnya, dan ia menggurat-gurat pula di atas pasir itu.
Muka si nyonya itu menjadi pucat pula, lalu ia menghela napas.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Aku kira inilah ciptaan sendiri, kiranya lain orang pun telah mengetahuinya," katanya masgul.
"Semua itu gampang," kata pula Oey Yong, dan ia membacanya di luar kepala. "Kau boleh coba."
Si nyonya menghitung menuruti ajaran si nona dan ia berhasil!
"Semua ini mengenai pat-kwa," kata Oey Yong pula. Ia menjelaskan terlebih jauh. "Rupanya kau belum jelas dengan petanya." Terus ia menggurat-gurat lagi.
Nyonya itu menjublak, matanya terpentang,
mulutnya terbuka lebar. Lantas ia berbangkit, tubuhnya nampaknya bergemetar.
"Nona, kau siapa?" akhirnya ia tanya. Tapi, sebelum ia menanti jawaban, mendadak ia menekan ulu
hatinya, mukanya meringis, tanda ia menahan sakit.
Dari sakunya lekas-lekas ia mengeluarkan satu peles obat, yang terisi pil warna hijau, ia mengeluarkan sebutir dan terus dimakannya. Lewat sesaat,
wakahnya menjadi sedikit tenang.
"Habis sudah"!" katanya tiba-tiba, lalu ia mengucurkan air mata.


Pendekar Pemanah Rajawali Sia Tiauw Eng Hiong Karya Jin Yong di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Oey Yong dan Kwee Ceng saling memandang.
Mereka heran untuk sikap nyonya ini.
Tidak lama, kelihatannya si nyonya mau bicara, atau ia batal karena kupingnya lantas mendengar suara berisik yang datang dari jauh, lalu datang semakin dekat.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng dan Oey Yong tahu itulah barisan
pengejar dari Tiat Ciang Pang.
"Musuh atau sahabat?" tiba-tiba si nyonya tanya.
"Musuh yang lagi mengejar kami," sahut Kwee Ceng terus terang. Suara berisik itu mendekati terus.
"Tiat Ciang Pang toh?" tanya pula si nyonya.
"Benar," menjawab Kwee Ceng.
Nyonya itu memasang kupingnya lalu ia berkata:
"Khiu Pangcu memimpin sendiri orang-orangnya itu,"
katanya sesaat kemudian. "Sebenarnya kamu ini siapa"!"
Pertanyaan ini luar biasa, saking bengisnya.
Kwee Ceng maju di depan Oey Yong, untuk
menghalangi, lalu ia menjawab dengan nyaring:
"Kamilah murid-muridnya Khiu Cie Sin Kay Ang Pangcu. Ini adik seperguruanku telah kena dilukai Khiu Cian Jin dari Tiat Ciang Pang, karena itu kami menyingkir ke mari, maka umpama kata cianpwee ada punya sangkutan sama Tiat Ciang Pang itu dan tak sudi menerima kami, sekarang juga kami meminta diri."
Habis berkata, pemuda ini menjura, lalu ia
memegangi Oey Yong, untuk dibawa pergi.
Nyonya itu tertawa tawar.
"Usia begini muda tetapi sudah keras kepala!"
katanya. "Kamu dapat bertahan tetapi adikmu ini tidak, kau mengerti" Aku kira kamu siapa, tidak tahunya kamu murid-murid Ang Cit Kong. Pantas kamu lihay!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Habis berkata, si nyonya memasang kuping. Ia
mendengar suara berseru-seru orang-orang Tiat Ciang Pang itu, sebentar jauh sebentar dekat, sebentar tinggi sebentar rendah. Kemudian ia kata: "Mereka itu tidak menemui jalanan, mereka tidak dapat masuk ke mari.
Umpama kata mereka toh dapat masuk, kamulah
tetamu-tetamuku, kamu boleh melegakan hati. Apakah kau kira Sin".Sin" Eng Kouw dapat dibuat
permainan?" Sebenarnya dialah Sin-soan-coe Eng Kouw, si ahli hitung, tetapi mengingat si nona jauh terlebih pandai daripadanya, setelah menyebut Sin, ia tidak berani meneruskannya.
Kwee Ceng menjura, ia menghanturkan terima
kasih. Eng Kouw menghampirkan Oey Yong, ia membuka
baju orang, untuk memeriksa lukanya. Ia mengerutkan keningnya, tanpa membuka suara, ia mengambil
sebutir obatnya yang hijau itu, setelah melumerkan itu di air, ia mengangsurkan pada Oey Yong.
"Kau minum ini," katanya.
Oey Yong menyambuti obat itu, tetapi ia bersangsi untuk meminumnya. Ia belum kenal nyonya ini.
Eng Kouw mengawasi, lalu ia tertawa dingin dan berkata: "Kau terlukakan tangan jahat Khiu Cian Jin, apakah kau masih memikir untuk sembuh pula"
Umpama kata aku berniat mencelakakan kau, tidak perlu aku membuat begini. Inilah obat untuk
menghentikan rasa sakit, kau tidak meminumnya pun tidak apa!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Mendadak ia merampas pulang obatnya itu dan
membuangnya ke tanah! Kwee Ceng gusar melihat orang begitu kurang ajar terhadap kekasihnya.
"Adikku lagi terluka parah, mengapa kau membikin dia gusar begini macam"!" ia menegur.
"Yong-jie, mari kita pergi!"
Nyonya ini tertawa dingin pula. Ia kata: "Kamar Eng Kouw ini kecil tetapi apa kamu kira kamu dua orang muda bisa bilang pergi lantas dapat pergi dan bilang keluar lantas keluar" Hm!" Ia lantas memegang dua batang bambunya dan menghadang di ambang
pintunya. Kwee Ceng berpikir: "Tidak dapat dengan jalan halus, terpaksa aku mesti menerjang?" Maka ia berkata: "Cianpwee, maafkanlah aku!" Sembari berkata begitu, dengan gerakannya Hang Liong Yu Hui ia nerobos keluar. Ia menggunai setengah tenaganya karena ia khawatir nyonya itu tidak dapat
mempertahankan diri. Ia pun tidak berniat melukakan nyonya itu.
Atas datangnya terjangan, si nyonya berkelit, tangan kirinya berbareng menolak dengan enteng, dengan begitu gampang saja ia mengasih lewat
serangan itu. Kwee Ceng menjadi heran sekali. Inilah ia tidak menyangka. Ia pun kaget karena tanpa perlawanan tubuhnya terjerunuk. Syukur ia bisa lantas
mempertahankan diri. TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Melihat demikian, si nyonya juga nampaknya heran.
Ia tidak menyangka si anak muda bisa menahan diri hingga sampai jatuh ngusruk. Maka berserulah dia:
"Ha, bocah, rupanya kau telah mewariskan semua kepandaian gurumu!" Ia lantas menggunai bambunya menotok jalan darah kiok-tek-hiat di sambungan tangan si anak muda.
Kwee Ceng melihat totokan itu, yang berbahaya, ia membebaskan diri dengan satu jurus lain dari Hang Liong Sip-pat Ciang juga. Sekarang ia mengerti ilmu silat si nyonya adalah dari pihak lunak. Karena ini, ia tidak berani alpa. Beberapa kali ia diserang secara berbahaya. Syukur ia telah mendapatkan ajaran Pek Thong, kedua tangannya dapat memecah diri, maka selalu ia lolos dari ancaman itu.
Selang beberapa jurus, Kwee Ceng kena terdesak dua tindak. Karena terancam, ia menjadi terpaksa.
Maka ia lantas membalas menyerang dengan "Siang liong chio cu", atau "Sepasang naga merebut mustika".
Inilah ajaran dari Ang Cit Kong yang ia peroleh semasa si Poo-eng, di dalam rumah abu keluarga Lauw.
Nyonya itu terkejut atas serangan itu, diwaktu berkelit, ia sampai mengeluarkan seruan. Walapun ia gesit, kali ini ia tidak dapat meloloskan diri sepenuhnya. Ia bebas dari tinju kanan yang lurus tetapi ia tidak dapat menyingkir dari serangan tangan kiri. Maka pundak kanannya kena tertekan tangan kiri si anak muda. Kwee Ceng tidak menggunai tenaga, sebab ia tahu, umpama si nyonya terbentur, tubuhnya bakal terlempar menabrak rumah dan rumah atapmya itu bisa roboh. Tapi juga dugaan si anak muda meleset. Ketika tangannya mengenai pundak orang, tangan itu seperti mengenai benda yang licin, yang terus meluncur lewat. Untuk kagetnya, tubuh si nyonya seperti tertegar dan dua batang bambunya
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
dilemparkan ke tanah. Ia mengira nyonya itu terkena hebat, lekas-lekas ia menahan tangannya itu.
Nyatanya Eng Kouw menggunai tipu. Selagi si anak muda menarik pulang tangannya, sebab sekali ia membalas menyerang. Lima jarinya menusuk ke dada, di mana ada dua jalan darah sin-hong dan giok-sie.
Kwee Ceng terdesak, ia lantas berkelit, terus kedua tangannya dipakai menolak seperti tadi.
Itulah serangan membalas yang hebat. Si nyonya mengetahui itu, maka kembali ia membebaskan diri seperti tadi. Nyata ia telah menggunai "Nie-ciu Kang", ialah ilmu silat si Lindung.
Sampai di situ, keduanya sama-sama berlompat
mundur dan sama-sama bersiaga. Mereka telah
menginsyafi lihaynya masing-masing. Kwee Ceng berpikir: "Aneh ilmu silat si nyonya ini. Dengan dia tidak bisa dihajar, bukankah tinggal aku sendiri yang setiap saat bisa diserang olehnya?" Dan si nyonya kata di dalam hatinya: "Ini anak masih muda sekali, cara bagaimana dia sudah jadi begini lihay". Di sini aku telah bersembunyi sepuluh tahun lebih, aku telah mendapatkan ilmu yang luar biasa, aku memikir aku bisa menjagoi, hingga tak lama lagi, aku bisa pergi untuk menuntut balas, siapa tahu, bocah bau susu ini pun aku masih belum bisa merobohkannya".
Tidakkah ini berarti sia-sia belaka aku menyiksa diri sepuluh tahun lebih. Bagaimana aku bisa nanti membalas sakit hatiku itu?" Ingat begini, ia menjadi berduka, tanpa merasa, matanya menjadi merah, air matanya lantas mengalir turun".
Kwee Ceng berhati mulia, ia mengira si nyonya telah terhajar keras olehnya, ia lantas berkata: "Maaf, cianpwee, aku yang muda berbuat kurang ajar
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
terhadapmu, tetapi inilah bukan disengaja. Sekarang aku minta sukalah cianpwee mengijinkan kami
berlalu?" Eng Kouw mendapatkan sambil bicara si anak
muda itu saban-saban melirik si nona, agaknya ia sangat menyayang dan memperhatikan, melihat
begitu, ia jadi ingat akan nasibnya sendiri yang tidak beruntung, yang terpisah jauh dari kekasihnya, yang tidak mempunyai harapan akan dapat berkumpul pula.
Kapan ia ingat akan nasibnya, mendadak timbul rasa julesnya. Maka ia kata dengan dingin: "Anak perempuan ini telah terkena tangan beracun Ngo Tok Sin-ciang dari Khiu Cian Jin, paling lama ia hidup hanya tiga hari, perlu apa kau masih menyayangi dan melindunginya?"
Mendengar itu, Kwee Ceng kaget sekali, lekas-
lekas ia menoleh kepada Oey Yong. Ia melihat muka si nona seperti ditawungi sinar guram. Dengan lantas ia lompat kepada kekasihnya itu.
"Yong-jie, bagaimana kau rasa?" ia menanya, suaranya menggetar.
Oey Yong merasai dada dan perutnya panas,
sebaliknya kaki tangannya dingin. Ia menyahuti:
"Engko Ceng, selama tiga hari ini, jangan kau meninggalkan aku pergi sekalipun cuma setindak.
Dapatkah?" "Setengah tindak juga aku tidak akan tinggalkan kau?" menjawab si anak muda cepat sedang hatinya mencelos. Rupanya si nona telah mendengar
perkataannya si nyonya tua itu.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Sekalipun tidak berpisah setengah tindak, temponya cuma lagi tigapuluh enam jam"! berkata si nyonya dingin.
Kwee Ceng mengangkat kepalanya, memandang
nyonya itu. Ia tidak bisa berbuat lain daripada menunjuk roman minta dikasihani, ialah agar nyonya itu jangan mengeluarkan kata-kata yang dapat melukai hatinya Oey Yong".
Sebenarnya Eng Kouw masih hendak memuasi
kejelusannya ketika ia menampak roman si anak muda ang lesu itu, ia lantas berpikir: "Adakah Thian mengirim dua orang ini ke mari untuk aku membalas sakit hatiku ini?" Ia mengangkat kepalanya, memandang langit.
"Oh, Thian, Thian"." keluhnya.
Justru itu di luar terdengar pula suara berisik dari orang-orang Khiu Cian Jin, rupanya mereka masih mencari di sekitar situ dan sekarang kembali
mendekati rumah yang dikurung dengan rawa lumpur, yang pepohonannya merupakan rahasia keder. Terang mereka menyangka si muda-mudi berada di dalam rumah tetapi mereka tidak berdaya untuk
memasukinya. Lewat lagi sesaat dari arah rimba terdengarlah suaranya Khiu Cian Jin, si ketua Tiat Ciang Pang: "Sin-soan-coe Eng Kouw, Kiu Tiat Ciang mohon bertemu denganmu!"
Suara itu datang dengan melawan angin tetapi
karena dikeluarkannya dengan bantuan tenaga dalam yang mahir, terdengarnya terang sekali.
Eng Kouw bertindak ke jendela. Ia pun mengempor tenaga dalamnya. Ia menyahuti dengan suara yang panjang: "Aku ini biasanya tidak menerima kunjungan
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
orang luar. Apakah kau tidak ketahui bahwa siapa datang ke tempatku ini, rawa lumpur hitam, dialah bagiannya mati, tidak bagian hidupnya"!"
Di sana terdengar pula suaranya Khiu Cian Jin:
"Ada dua orang muda, satu pria dan satu wanita, masuk ke dalam rawa lumpr hitam kau ini, maka aku minta sukalah kau menyerahkan mereka padaku!"
"Siapakah yang dapat masuk ke dalam rawa lumpur hitamku ini?" berkata Eng Kouw. "Sekarang ini ada tengah malam buta rata, maka janganlah kau
mengganggu tidur orang yang nyenyak!"
"Baiklah kalau begitu!" terdengar lagi suara Khiu Cian Jin. "Jangan kau berkecil hati!"
Suara itu bernada tak berani memandang enteng kepada si nyonya. Habis itu terdengarlah suara berisik yang pergi jauh.
Eng Kouw berpaling pada Kwee Ceng. "Kau ingin menolongi adikmu ini atau tidak?" ia tanya.
Kwee Ceng melengak, lalu ia menjatuhkan dirinya berlutut.
"Jikalau locianpwee suka menolong?" katanya.
"Locianpwee!" kata si nyonya, bengis. "Apakah aku sudah tua?"
"Tidak, tidak terlalu tua," sahut Kwee Ceng cepat.
Sinar matanya Eng Kouw berpindah dari si anak muda ke jendela, dari mulutnya terdengar kata-kata ini:
"Tidak terlalu tua"Hm, itu artinya sudah tua"!"
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Kwee Ceng menjadi bingung. Rupanya
perkataannya itu telah menyinggung si nyonya. Ia tidak tahu mesti membilang apa.
Eng Kouw menoleh pula. Sekarang ia melihat
kepala orang berkeringatan.
"Kalau orangku itu dapat menyayangi aku satu persepuluh saja dari si bocah tolol ini," pikirnya. "Ah, tidakkah sia-sia belaka hidupku ini?" Lalu ia bersenandung dengan perlahan:
"Empat buah perkakas tenun"maka tenunan
burung wanyoh bakal terbang berpasangan".Sayang, belum lagi tua tetapi kepala sudah putih". Gelombang musim semi, rumput hijau, di musim dingin di dalam tempat yang tersembunyi, saling berhadapan mandi baju merah?".."
Mendengar itu Kwee Ceng heran.
"Ah, rasanya aku kenal syair ini?" pikirnya. Tapi ia tidak ingat, siapa pernah membacakan itu. Itulah bukannya Cu Cong, gurunya yang nomor dua dan juga bukan Oey Yong. Maka dengan perlahan, ia menanya si nona: "Yong-jie, siapakah yang mengarang syair ini"
Apakah artinya itu?"
Si nona menggeleng kepala.
"Aku mendengar ini baru untuk pertama kali,"
sahutnya. "aku tidak tahu siapa pengarangnya. Sayang belum tua tetapi kepala sudah putih"Sungguh suatu kata-kata yang bagus!"
Kwee Ceng masgul, sudah ia tidak ingat, Oey Yong pun tidak tahu, sedang si nona terpelajar, luas pengetahuannya. Pikirnya: "Syair bukan buatan Oey
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
Yong, tentu bukan karya ayahnya. Habis siapakah"
Toh aku ingat aku pernah mendengarnya?"
Eng Kouw pun lantas berdiam. Ia lagi memikirkan segala apa yang telah berlalu. Ia nampak sebentar bergirang sebentar berduka. Kemudian ia mengangkat kepalanya dan berkata: "Adikmu ini terhajar tangannya Kiu Tiat Ciang Pang, entah ada benda apa yang menghalanginya sehingga ia tidak mati lantas, meski begitu, tidak peduli bagaimana dia tidak bakal dapat bertahan lewat tiga hari. Ah, lukanya ini cuma ada satu orang yang dapat menolongnya?"
Kwee Ceng lagi menjublak ketika ia mendengar
kata-kata terakhir itu, hatinya lantas memukul keras saking girangnya, maka ia lantas menjatuhkan diri berlutut pula di depan nyonya itu, ia mengangguk tiga kali hingga kepalanya membentur tanah. Ia lantas memohon: "Tolong loo"oh, tidak, tidak! Tolong kau menolongi adikku ini, budimu tidak nanti aku lupai?"
"Hm!" bersuara Eng Kouw, dingin. "Mana aku mempunyai kepandaian untuk menolongi orang" Kalau aku pandai, musahil aku berdiam di ini tempat membeku menderita kesengsaraan ini?"
Kwee Ceng berdiam saja. "Nyata kau beruntung," kemudian nyonya itu berkata pula: "Kamu telah bertemu denganku yang mengetahui tempat kediaman orang itu, dan beruntung pula, tempatnya tidak jauh, maka di dalam tempo tiga hari, kamu dapat tiba di sana"Hanyalah sukar untuk dibilang orang itu suka menolongi atau tidak."
Kwee Ceng girang bukan kepalang.
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
"Aku nanti meminta, memohonnya!" ia berkata. "Aku percaya tidak nanti ia tidak menolong kalau ia melihat bahaya lagi mengancam"."
"Apa itu melihat bahaya mengancam tidak
menolong?" kata Eng Kouw. "Kebaikan apa kau telah berikan padanya" Kenapa dia mesti menolong kamu?"
Suara itu menggenggam kegusaran.
Kwee Ceng mengerti, ia tidak berani menyahuti.
Si nyonya bertindak ke kamar luar, di sana ia duduk di kursi, kepalanya ditunduki. Ia memegangi pit, entah dia menulis apa. Habis menulis, surat-suratnya itu dilepit, lantas dibungkus rapi dengan masing-masing sepotong cita, yang terus ia jahit, kemudian ia menjahit dan menjahit lagi hingga merupakan tiga kantung.
Habis itu, baru ia kembali ke kamar bundar itu.
"Sekeluarnya dari rimba ini, menyingkirlah kamu dari kepungannya Tiat Ciang Pang," ia berkata. "Kamu menuju langsung ke timur laut, terus sampai di kecamatan Tho-goan. Di sana barulah kamu membuka kantung yang putih itu. Seterusnya tindakan apa yang kamu harus lakukan, di dalam situ ada ditulis jelas.
Sebelum kamu sampai di sana, ingat baik-baik, jangan kamu buka surat ini!"
Kwee Ceng girang sekali, ia menghanturkan terima kasih berulangkali. Kemudian ia menyodorkan
tangannya untuk menerima kantung-kantung itu.
Eng Kouw menarik pulang tangannya.
"Tunggu dulu!" katanya. "Jikalau orang itu tidak sudi menolong, yah sudah saja, tetapi apabila dia suka
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
menolongi hingga adikmu ini ketolongan, aku hendak minta suatu apa."
"Budi ini mesti dibalas," berkata Kwee Ceng.
"Cianpwee menitahkan saja!"
Eng Kouw tertawa dingin ketika ia berkata: "Jikalau adikmu ini tidak binasa, maka di dalam tempo satu bulan ia mesti kembali ke mari dan di sini ia mesti tinggal bersama aku selama satu tahun!"
Kwee Ceng heran. "Kenapa begitu?" tanyanya.
"Kenapa begitu?" balik tanya si nyonya. "Apakah sangkutannya itu sama aku" Aku cuma tanya kau, kau suka atau tidak?"
"Kau menghendaki aku mengajari kau ilmu hitung Kie-bun-sut, bukan?" Oey Yong campur bicara.
"Apakah susahnya itu" Baik, aku memberikan janjiku!"
Eng Kouw mendelik kepada si anak muda.
"Percuma jadi laki-laki, kau tak bisa melawan kecerdikan adikmu satu persepuluh!" ia mengejeknya tetapi ia menyerahkan tiga kantung kainnya itu.
Kwee Ceng menyambuti. Ia melihat satu kantung putih, satu merah dan satu lagi kuning. Ia lantas menyimpan itu baik-baik. Ia memberi hormat sambil menjura tetapi Eng Kouw menyingkir, tak mau ia menerima hormat itu. Ia kata: "Tak usah kau mengucap terima kasih padaku, aku juga tidak sudi menerimanya. Kamu dan aku bukan sanak bukan
kandung, perlu apa aku menolongi adikmu ini" Taruh kata kita bersanak, juga tak usah kau menjadi begini
TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/
bersyukur. Adalah janji kita yang mesti ditepati. Aku bilang padamu, aku menolongi adikmu untuk diriku juga. Hm, siapa tidak berbuat untuk dirinya, dia dimusnahkan Langit dan Bumi!"
Kwee Ceng heran sekali. Suara itu pun tak sedap untuk kupingnya. Oleh karena ia memang tidak pandai bicara, ia tidak tahu mesti membilang apa. Ia sekarang cuma mengingat keselamatannya Oey Yong.
Eng Kouw mengawasi pula si pemuda dengan mata mendelik.
"Kau telah bercapai lelas satu malaman," katanya.
"Kau juga tentu telah lapar, maka baiklah kamu dahar bubur!"
Oey Yong sudah lantas merebahkan diri di atas pembaringan, ia beristirahat separuh pulas separuh sadar. Kwee Ceng menjagai dia di sampingnya,
Misteri Kapal Layar Pancawarna 19 Si Kumbang Merah Ang Hong Cu Karya Kho Ping Hoo Tujuh Pedang Tiga Ruyung 11
^