Pencarian

Sebuah Kota Banyak Cerita 7

Sebuah Kota Banyak Cerita Karya Menyingsing90 Bagian 7


Wulan : "Hahaha masih ingat aja lo... gue aja hampir lupa men..." *yakin lupa"*
Gue : "Hahaha.... Eh iya nih ncir, mungkin dalam waktu deket ini gue ada rencana mau balik ke sumatera..." Wulan : "Serius lu?"... kuliah gimana?" kan belom libur men...."
Gue : "Ya cuma bentar doang kok... gue kangen rumah.." Wulan : "Dimas sama tika udah tau?""
Gue : "Belom hehehe..."
Wulan : "Kapan men mau balik?" Gue : "Kayaknya tiga hari lagi.."
Setelah cukup lama ngobrol-ngobrol sama wulan hall tengah akhirnya gue pulang. Udah jam setengah empat sore. Gue sama wulan langsung berjalan menuju parkiran. Sebelum berpisah diparkiran tiba-tiba wulan mendekat.
Wulan : "Men.... ntar gue main ke rumah ya..." Gue : "Iya ncir... datang aja.."
Kemudian wulan pun langsung keluar dari parkiran dang menghilang dari pandangan. Dan gue pun langsung balik ke rumah. Sampai di rumah, nyapu bentar, buang sampah dan cek harga tiket pesawat buat pulang kampung. Tak lama kemudian si wulan pun datang. Seperti biasa tetap terlihat manis, dengan kaos polos hitamnya, dipadu dengan jeans warna gelap dan sepatu kets hitam putih, plus kacamata frame tebalnya yang bikin dia terlihat semakin santai namun wah.
Wulan : "Lagi ngapain men?""
Gue : "Ini lagi cek-cek harga tiket ncir... ntar temenin gue cari tiket ya, mau kan?" Wulan : "Iyo men..."
Kemudian gue lanjut browsing-browsing harga tiket. sementara si wulan langsung duduk didepan tivi sambil memainkan gitar gue. Agak canggung gue berduaan dirumah sama si kuncir setelah baca notenya dia. Jadi agak gimana gitu, gerak salah, nggak gerak malah makin salah. Selesai browsing tiket gue langsung ajak wulan buat booking tiket di travel agent, agak malas juga beli online, dan mumpung ada wulan, gak ada salahnya beli tiket jadi alasan gue buat keluar bareng dia. Gue langsung ambil jaket dan pasang sepatu, setelah itu motor si wulan gue masukkan ke rumah. Dan kita berdua pun langsung turun ke jalan menikmati suasana jogja di sore hati. Agak mendung namun tetap indah.
Tak lama kemudian sampai lah gue di sebuah travel agent, dan langsung pesan tiket , bayar dan beres. tiket udah ditangan, tinggal pulang ke sumtera aja. Setelah itu gue ajak si wulan main ke rumahnya mas anang. Kebetulan udah lama juga gue gak main ke sana. Sampai di rumah mas anang, gue lihat dia sedang dudukduduk didepan rumah sama istrinya, mbak uus. Terlihat perut mbak uus semakin membesar berkat kehamilannya. Mereka berdua lumayan kaget ngeliat gue datang sama si wulan.
Mas anang : "Woeehh.... tumben main kemari gak kabarin gue dulu men..." Gue : "Hehehe... biar surprise mas... "
Mbak uus : "Cie... datang ditemenin pacarnya ya men hehehe..."
Gue : "Hehehe enggak mbak... ini wulan, temen kampus gue... mas, lo masih ingat kan sama wulan?" orang yang pernah neriakin elo setan mas?" hahahaaha...."
Mas anang : "Hahaha inget kok men, yang waktu itu ikut kita nonton bola juga kan?" Gue : "Iyap..."
Kemudian si wulan kenalan dan salaman sama mbak uus. Kita berempat duduk didepan rumahnya mas anang. Tak lama kemudian mbak uus ke belakang diikuti wulan buat bikin kopi buat gue sama mas anang. Setelah mereka berdua ke belekang gue pun langsung di interogasi sama mas anang.
Mas anang : "Dia jado pacar elo sekarang men?" Gue : "Hah... enggak kok mas... dia temen deket gue.." Mas anang : "Anak jogja ya men?"
Gue : "Iya mas... dia asli sini..."
Mas anang : "Ooohh... enak lho men kalo pacaran sama orang asli jogja hehehe... kayak gue sama uus dulu..." Gue : "Ya enak di elonya mas, gak enak di mbak uus hahaha..."
Mas anang : "Hahaha yang penting kan sekarang dia udah jadi istri gue men..." Gue : "Oh iya mas... itu mbak uus udah berapa bulan kandungannya?""
Mas anang : "Alhamdulillah udah masuk tujuh bulan men... doain semoga lancar-lancar aja ya men..." Gue : "Amin... pasti itu mas..."
Kemudian mbak uus dan si wulan pun muncul kedepan sambil membawa minuman dan piring yang berisi mendoan. Wah mantap. Gue pun langsung sikat mendoan yang ada di piring, gue sama mas anang kebawa suasana kos kosan kalo lagi ada makanan kayak gini, cepet-cepetan ngambil yang paling gede. Mbak uus dan wulan cuma bisa ketawa ngeliat gue sama mas anang rebutan mendoan yang ukurannya paling gede.
Mbak uus : "Oh iya men... gimana kuliahnya, lancar?""
Gue : "Hehehe ya agak tersendat dikit lah mbak... maklum sering bolos..." Mbak uus : "Mbok dicepetin lulusnya, abis itu cari kerja trus nikah... " Gue : "Gue sih pengennya nikah dulu, trus lulus, baru deh kerja hahaha..." Mbak uus : "Hahaha penak banget uripmu nek koyo ngono..." Gue : "Oh iya gue tiga hari lagi balik ke sumtera mas... " Mas anang : "Lho... kok balik" kuliah mu wes rampung po?" Gue : "Belum mas... lagi kangen rumah aja..."
Mas anang : "Tapi gak lagi galau kan... kayak dulu itu waktu di tinggal siska balik ke kalimantan, elo langsung pulang kampung lama banget hahaha..."
Gue : "enggak lah... sekarang gue udah kebal sama galau mas hahaha..." Mbak uus : "Huuuu... nggaya koe men... Eh ini si wulan kok diem aja dari tadi?" Wulan : "hehehe gapapa mbak..."
Gue : "Si wulan masih trauma ketemu mas anang... soalnya menyeramkan hahaha..." Mas anang : "Asem koe men...."
Cukup lama gue sama wulan main dirumahnya mas anang, sampai sehabis maghrib dan akhrinya kita berdua pun pamit.
Mas anang : "Cepet banget men" mau pacaran kah" hahaha..." Gue : "Hussss ngawur koe mas..."
Mbak uus : "Hahaha cocok kok men elo sama wulan..."
Mas anang : "Lan... emennya dijaga yo, jangan sampai dia galau, ini anak kalau udah galau susah senengnya hahaha... "
Wulan : "Hahaha siap mas..."
Dan gue sama wulan pun langsung naik motor dan kembali menikmati jalanan jogja dimalam hari. Agak bingung juga mau kemana. Mau pulang terlalu cepat, masih jam 7, mau keliling malah bingung mau kemana. Kemudian pas dilampu merah gue tanya ke wulan.
Gue : "Ncir... kita mau kemana lagi nih?"" Wulan : "Terserah men... gue ngikut aja..." Gue : "Lo gapapa ka pulang malam-malam?""
Wulan : "Gapapa kok, gue tadi udah ijin sama orang rumah...."
Dan motor pun langsung gue arah kan ke jalanan malioboro. Namun tiba-tiba si kuncir nyeletuk.
Wulan : "Eh men... kita ke paris (parangtritis) aja yuk..." Gue : "Malam-malam gini?""
Wulan : "Iya..."
Gue : "Mau liat apa disana?"" Wulan : "Ya jalan-jalan aja men...."
Gue : "Oke deh.... pegangan yang erat ya, kita langsung kesana hehehe..." Wulan : "Ogah..."
Part 90 Bulan dan lelaki malam 2
Kemudian gue belokkan motor buat masuk ke jalan parangtritis. Karena hari masih belum terlalu malam dan ini juga bukan pas weekend jalanan menuju pantai selatan pun tidak terlalu ramai. Jadi gue bisa bawa motor sedikit kencang. Kuncir yang awalnya cuma megang jaket gue doang kali ini terasa memasukkan kedua lengannya ke kantong jaket gue. Ah, nikmatnya jalan malam-malam sambil boncengin cewek cakep. Dan sekitar dua puluh menit dijalan akhirnya kita berdua sampai di parangtritis. langsung gue parkirkan motor di spot parkir yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai. Kita berdua berjalan diatas pasir sambil menikmati suara ombak di malam hari. Gak banyak pemandangan yang bisa dilihat namun suasananya tetap menyenangkan, berjalan berdua di pinggir pantai, malam-malam pula. Wulan yang membuka kuncir rambutnya pun terlihat semakin cantik ketika rambut panjangnya dibelai angin laut. Dan refleks gue buka jaket jeans gue dan gue pasangkan ke bahunya. Dia cuma tersenyum ngeliat gue masangin jaket ke badannya. Dia hanya tersenyum manis. Pantai dimalam hari, kita memang tidak bisa menikmati indahnya hamparan lautan di malam hari, tapi seenggaknya suara deru ombak dan angin laut seakan menggantikan pemandangan indah tersebut.
Gue : "Ncir... asik juga ya, jalan-jalan diatas pasir pantai malam-malam gini..." Wulan : "Iya men... lo baru pertama kali ya ke paris malam-malam gini ?" Gue : "Iya ncir...."
Kemudian kita berdua berhenti dan berdiri diam sambil menikmati angin laut, gue lihat wulan membentangkan kedua tangannya dan memjamkan mata sambil menarik nafas dalam dan tersenyum. Dan gue pun ngikutin dia, memejamkan mata, menarik nafas panjang dan tersenyum tampa alasan yang jelas. Wulan yang ngeliat gue ngikutin tingkahnya cuma bisa tersenyum manis.
Wulan : "Men.... menurut elo cinta itu apa sih?" Gue : "Cinta itu taik kucing rasa cokelat ncir..." Wulan : "Maksudnya?""
Gue : "Ya gitu lah... kadang dengan bentuk dan aroma yang menyengat namun akan tetap terasa indah bagi sebagian orang... lagian kalau ngomongin cinta kebanyakan orang hanya mengartikan arti cinta itu hanya sekedar perasaan anatara dua insan yang sedang di landa asmara... tapi kalau kita lihat lagi, cinta lebih luas dari sekedar perasaan dari dua orang manusia.. " Wulan : "Menurut elo ruang lingkup cinta itu luas ya men?""
Gue : "Banget ncir... cinta itu gak hanya sesama manusia, cinta sama sang pencipta, cinta dengan ciptaan tuhan, cinta dengan alam, cinta dengan keadaan atau kenangan.... cinta itu bisa dirasakan dari siapa aja ncir, apa aja, dan kapan aja... terlalu naif kalau kita menafsirkan cinta hanya dalam ruang lingkup yang sempit...."
Wulan : "Kalau dipersempit menjadi perasaan antara dua manusia... menurut lo gimana?"
Gue : "Ya kalau begitu mah... kayak yang pada umumnya ncir, gak lebih dari perasaan ingin memiliki dan saling menyanyangin antara dua manusia... Meskipun menurut opini pribadi gue, cinta itu gak bisa dimiliki, semakin keras kita berusaha untuk memilikinya makan kita akan semakin dijauhi oleh cinta itu sendiri... karena cinta itu gak hanya milik pribadi, dia milik sesama, berbagi dan saling menghargai... dengan semakin banyaknya kita berbagi dengan cinta, cinta itu sendiri yang akan memiliki kita, bukan kita yang memilikinya.... " *absurd tingkat dewa*
Wulan : "Wow... ternyata pendapat elo tentang cinta expert juga ya men..." Gue : "Hahaha ini mah karangan gue doang ncir... lagian setiap orang itu pasti memiliki definisi masing-masing tentang cinta..."
Wulan : "Tapi gue suka dengan sudut pandang elo tentang cinta men... make sense, meskipun absurd tapi opini lo jitu dan akurat hahaha...."
Gue : "Kita kok malah ngomongin cinta ya ncir?" Wulan : "Mbuh...."
Gue : "Hahaha.... elo sendiri gimana ncir, pernah jatuh cinta?"" Wulan : "Ya pernah lah men... "
Gue : "Sama siapa?"
Wulan : "Mau tau aja...."
Kemudian wulan kembali berjalan didepan gue sambil sesekali melihat ke belakang. akhirnya gue susul dan kembali berjalan disamping si wulan dan langsung aja gue rangkul bahunya wulan dengan tangan kanan gue. Dia hanya diam entah menikmati atau malah risih dengan tangan gue, gue gak peduli. Gue lihat jam ditangan kiri pun udah menunjukkan jam 10 malam.
Gue : "Ncir... udah jam sepuluh, belum mau balik?"" Wulan : *menggelengkan kepala*
Gue : "Gak dimarahin sama orang rumah ntar?" Wulan : "Enggak kok men...."
Kemudian si wulan kembali menghentikan langkahnya, kali ini menhadap ke gue, kita berdiri diam dan saling hadap-hadapan. Jujur gue agak salah tingkah gara-gara diliatin terus sama si wulan dengan tatapan mata tajam. Jadi bingung sendiri, ini anak kenapa. Seolah-olah gue jadi kaku, gerak salah, gak gerak makin salah, mau ngomong tapi kayak gak bisa keluar. Dan akhirnya suasana tegang langsung hilang ketika wulan tersenyum melihat gue yang dibikin gak berkutik sama dia. Dan sebagai penutup suasana yang bikin gue gugup si wulan mengusap lembut rambut gue dan sebuah ciuman mendarat dipipi kanan. Kemudian dia mengusap pipi yang diciumnya tadi, sementara gue masih diam, bingung dan bengong sambil merasakan usapan tangannya dipipi gue dan PLAKK....!!!.
Buset gue ditampar sama si kuncir, gak keras sih tapi lumayan bikin melek. Ini anak emang gak bisa ditebak.
Gue : "Buset ncirr... kenapa sih?""
Wulan : "Abis elo bengong mulu dari tadi, makanya gue tampar hehehe... sakit ya?"" Gue : "Enggak sih... tapi kaget aja tiba-tiba ditampar..."
Wulan : "Heheehe maaf men... becanda kok..." Gue : "Hahaha gapapa ncir... kita makan mie rebus di warung sana yuk ncir... laper gue.." Wulan : "Oke... ayookk..."
Kita berdua pun langsung duduk di warung dan pesan dua mangkok mie rebus. Cukup lama gue sama wulan duduk diwarung, akhirnya jam udah nunjukkin pas tengah malam dan gue liat wajah si wulan juga udah keliatan capek dan ngantuk, kita berdua pun langsung brjalan ke parkiran motor dan bersiap pulang.
Gue : "Jaketnya dipake elo aja ncir..." Wulan : "Elo gimana?""
Gue : "Halah nyantai aja... gak gue tawarin pun ini jaket pasti direbut juga sama elo hahaha..." Wulan : "Hehehe makasih emen.."
Dan gue sama wulan langsung menikmati angin malam dijalanan selatan jogja. Jalanan pun gue perhatikan cukup ramai padahal udah lewat tengah malam, dari arah utara terlihat banyak motormotor yang menuju ke selatan. Ini yang gue suka dari jogja, jarang banget sepi. Wulan yang asik meluk punggung gue dibelakang kayaknya udah ketiduran. Agak was-was juga bonceng cewek ketiduran, ngerinya motor gak seimbang dan jatuh. Kemudian gue coba bangunkan wulan namun tetep aja gak gerak. Akhirnya gue cuma bisa memelankan laju motor dan sampai dirumah pun udah malam banget gara-gara gak bisa ngebut gara-gara wulan yang tidur pas di bonceng.
Sampai dirumah wulan langsung masuk kedalam, sementara gue langsung memasukkan motor ke dalam rumah. Gue lihat wulan langsung tiduran di kursi yang ada didepan tv.
Gue : "Ncir.. lo gak balik?""
Wulan : "Enggak deh men... gue tidur disini aja ya, ngantuk banget...." Gue: "Nggak dicariin orang rumah lo?"
Wulan : "Enggak kok, tenang aja..." Gue : "Ya udah kalo gitu...."
Kemudian gue masuk ke kamar untuk ambil bantal dan selimut buat si wulan. Wulan yang terlihat sudah ngantuk cuma bisa bergeser sedikit waktu gue taroh bantal dikepalanya dan selimut untuk menutupi badannya. Kemudian sejenak wajahnya tersenyum ngeliatin gue yang lagi nyelimutin dia.
Gue : "Kenapa lu ncir" senyum-senyum sendiri...."
Wulan : "Gapapa men.... makasih ya udah nemenin gue malam ini men... elo baik banget..." Gue : "Kan itu gunanya temen ncir... bisa bikin temennya seneng, sedih, tertawa, senyum bahkan nangis... Lagian itu kan yang emang seharusnya dilakukan seorang lelaki malam..." Terlihat raut wajah wulan sedikit kaget ketika gue menyebutkan kata-kata "lelaki malam". Namun setelah itu dia kembali tersenyum manis. Sepertinya dia udah tau kalau gue pernah baca isi notenya. Gak ada raut wajah marah, malah kemudian dia kembali mencium lembut pipi kanan gue.
Wulan : "Lelaki malam.... makasih ya buat malam ini...." Gue : "Hahahaha... iya wulan..."
Wulan : "Eh...tumben nih nyebut wulan... biasanya kalo gak "lan" ya "ncir" hahaha..." Gue : "Gapapa kok lan... sebagai lelaki malam yang baik... meskipun hanya sebatas lelaki malam, dia tetep harus menemani rembulan nya bukan".... meskipun kadang sang rembulan tertutup oleh awan hitam tetapi dia tetaplah seorang lelaki malam... Sang lelaki malam akan sangat senang jika melihat rembulannya bersinar terang, menemani hitamnya hati seorang lelaki malam... ya gak" " *pujangga soak*
Wulan : "Hahaha tiba-tiba puitis nih... tapi gapapa deng... gue senang ngeliat seorang yang gue kenal cuek, keras kepala dan sengak kayak elo bisa puitis hahaha..."
Gue : "Asem...."
Wulan : "Eh men... gue dinyanyiin lagu dong sebelum tidur?""
Gue pun langsung ambil gitar didalam kamar dan kembali duduk disamping wulan yang asik tidurtiduran dikursi sambil meluk guling. Entah ada perasaan dari mana seakan gue ngerasa momen seperti ini adalah dejavu waktu dengan siska dulu. Kata cinta dan sayang yang belum sempat keluar dari mulut masing-masing namun cukup jelas terasa melalui tingkah, senyuman, dan tatapan gue sama wulan. Dan gue pun duduk dilantai sambil bersender dikursi tempat wulan tidur.
What day is it" And in what month" This clock never seemed so alive I can't keep up and I can't back down I've been losing so much time
'Cause it's you and me and all of the people with nothing to do, nothing to lose And it's you and me and all of the people
And I don't know why I can't keep my eyes off of you
All of the things that I want to say just aren't coming out right I'm tripping on words
You got my head spinning I don't know where to go from here
'Cause it's you and me and all of the people with nothing to do, nothing to prove And it's you and me and all of the people
And I don't know why I can't keep my eyes off of you
Something about you now I can't quite figure out
Everything she does is beautiful Everything she does is right
Lifehouse You and Me Part 91 First kiss Selesai nyanyi gue lihat si wulan sudah memejamkan matanya. Terlihat raut lelah yang jelas terpancar di wajah manisnya. Cukup lama gue pandangi wajah manisnya dan akhirnya jadi ikutan ngantuk juga. Sejenak gue dekatkan wajah gue dan mencium keningnya. "Terima kasih sudah menjadikanku lelaki malammu...".
Dan akhirnya gue pun tertidur dilantai sambil bersender dikursi dan hanya beralaskan karpet, namun tetap nyaman, entah karena disamping gue tidur seseorang yang menganggap gue sebagi lelaki malamnya atau hanya sugesti. yang jelas malam ini indah. Setelah cukup lama tertidur duduk sambil bersender dikursi, akhirnya gue terbangun setelah merasakan wulan yang pindah duduk disamping gue. Gue lihat jam udah nunjukin jam setengah enam pagi. Melihat gue terbangun si wulan tersenyum sambil berbagi selimut dan menyandarkan kepalanya dibahu gue. Pagi yang dingin, duduk berdua satu selimut. Kemudian gue ambil remote tv dan langsung gue nyalain.
Gue : "Udah bangun dari tadi ncir?"" Wulan : "Gak kok men... baru aja..." Gue : "Nyenyak gak tidurnya?""
Wulan : "Nyenyak kok men... eh, maaf ya semalem gue ketiduran duluan gara-gara denger elo nyanyi..."
Gue : "Hahaha... nyantai aja ncir... lagian sehabis itu gue juga langsung tidur kok..." Wulan : "Men... makasih ya udah dibolehin nginap disini..."
Gue : "hahaha elo kayak baru kenal sama gue aja ncir... elo mau nginap disini kapanpun juga gak bakal kenapa-kenapa ncir..."
Wulan : "Men.... gue boleh nanya sesuatu gak?" Gue : "Boleh ncir..."
Wulan : "Elo udah baca note gue ya?"
Dan akhirnya keluar juga pertanyaan ini dari yang punya note. Dan gue cuma bisa tersenyum, sementara si wulan terlihat sedikit gugup, pandangannya lurus kedepan sambil liat tv.
Gue : "Iya ncir... gue udah baca, maaf ya gue gak ijin sama elo dulu waktu baca itu..." Wulan : "Gapapa kok men.... gue malah jadi malu sendiri kalo note gue dibaca elo, ini pasti kerjaannya si dimas kan?"
Gue : "Hehehe iya ncir.... kenapa musti malu, justru gue seneng ncir tau isi note elo, meskipun hanya lewat tulisan bukan dari mulut orangnya langsung... "
Wulan : "Sekarang lo udah tau semua kan men... Maaf kalo selama ini gue belum berani jujur sama elo... ya beginilah gue men..."
Gue : "Udah... gapapa kok, gue juga terima kasih banget ncir, seenggaknya elo nganggap gue sebagai lelaki malam... meskipun gue tau, gue gak pantes dianggap seperti itu..."
Wulan : "Men.... gue gak peduli elo mau kayak apa, mau jahat, suka main cewek, suka mukul orang, keras kepala, suka mabok... yang penting elo tetep jadi orang yang berarti banget buat gue men.... orang yang udah nyelametin hidup gue..."
Gue : "Udah lah lan... yang penting sekarang gue ada disini, disamping elo... kita nikamti aja ya momen-momen kayak gini..."
Wulan : "Iya emen... makasih ya men udah jadi lelaki malam gue..."
Gue : "Iya lan... makasih juga udah jadi kuncir nawang wulan dalam hidup gue hehehe...." Wulan : "Hahaha apaan sih..."
Gue : "Ssssstttt....."
Gue menempelkan jari telunjuk gue dibibirnya wulan. Dan kemudian momen yang gue tunggutunggu pun datang. Sebuah kecupan lembut mendarat dibibir gue, entah siapa yang mulai duluan. Setelah semua yang sudah gue lewati selama ini dengan si wulan akhirnya terangkum dalam sebuah kecupan lembut dipagi hari. Sebuah momen yang indah untuk mengawali pagi yang cerah.
Sejenak gue terbayang, apa jadinya kalau gue sampai jadian sama wulan. Agak kasihan sama dia kenapa bisa jatuh cinta begitu dalamnya dengan seseorang kayak gue. Ini seakan gak adil bagi wulan. Dia yang selama ini gue kenal baik, gak banyak tingkah, kalem, perhatian, dan gak macemmacem bisa suka sama gue yang bisa digolongkan bukan sebagai cowok baik-baik. Oh tuhan, jangan sampai nantinya gue bakal nyakitin mereka yang udah tulus sayang sama gue.
Dan jam 9 pagi barulah si wulan pamit pulang ke rumahnya. Setelah melewati malam yang indah bersama lelaki malamnya. Dengan pulangnya wulan gue kembali sibuk buka-buka komputer buat liat jadwal kuliah yang bakal gue lewatin kalau pulang ke sumatera. Jadi agak kepikiran juga seharusnya semester ini udah bisa ngambil skripsi malah harus ditunda karena setelah gue cek-cek lagi masih ada mata kuliah yang harus ngulang gara-gara tahun kemaren lebih banyak bolos karena memang sempat kehilangan semangat untuk kuliah setelah kepergian siska. Sementara dimas, tika dan wulan kayaknya bakal lebih duluan ngurus skripsi. Ah, kalau mikirin kuliah kadang emang bisa bikin mood langsung jelek. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, ini kan sebenarnya yang gue cari, bukan kuliah terus lulus cepat denga hasil memuaskan, tetapi apa yang gue dapat selama kuliah, pengalaman hidup, teman dekat, musuh, masalah-masalah yang datang, sampai bagaimana rasanya hidup jauh dari keluarga. Ah, mungkin ini hanya opini pribadi yang dikarang sendiri supaya tidak terlalu mengutuk diri sendiri. Opini sebagai penutup sebuah awal dari kegagalan atau bahkan lembaran baru sebuah kebahagiaan". Absurd, forget it.
Lagi asik-asik ngelamun didepan komputer tiba-tiba si dinda nongol didepan pintu, kayaknya baru pulang kuliah.
Dinda : "Emeennn.... " *manggil gue manja* *ada maunya* Gue : "Dalem din?"?"
Dinda : "Gue numpang online bentar dong.. buat nyari tugas... modem gue belum diisi sama pak wawan hehehe..."
Gue : "Oh iya din.... ini, dipake aja...." Kemudian gue langsung ambil handuk dan masuk ke kamar mandi, sementara si dinda masih sibuk didepan komputer. Cukup lama gue habiskan waktu dikamar mandi, boker sambil ngelamun dan mandi sambil nyanyi-nyanyi gak jelas. Keluar dari kamar mandi si dinda ngeliatin gue, alis matanya naik sebelah.
Dinda : "Hayooo... ngapain lo lama banget mandinya?"" Gue : "Boker, ngelamun trus mandi din..."
Dinda : "Yakin cuma itu doang?""
Gue : "Ya iyalah.... oh wait... elo mikir gue mandi lama karena "nananina" dikamar mandi gitu?"?" Dinda : "Hehehehe...."
Gue : "Hahaha sorry din.... kalo cuma sekedar itu mah, gue gak perlu menodai tangan sendiri.... banyak kok diluar sana yang mau bantuin gue hehehe...."
Dinda : "Dasar mesum.... oh iya, udah nih komputernya... makasih ya men..." Gue : "Oke din... mau kekampus lagi lo?""
Dinda : "Iya nih... kenapa" mau ikut?"?" Gue : "Ogah...."
Dinda : "Hahaha ya udah gue duluan ya..."
*** Hari ini, sehari sebelum pulang ke sumatera gue sempatkan untuk mampir main ke kos putri sebentar. Gue lihat jam ditangan udah jam satu siang, semoga aja dia ada dikos. Sebelum ke kosnya gue sempatkan mampir bentar di amp*as buat beliin dia donat kesukaannya. Setelah sampai didepan kosnya si putri langsung gue parkirkan motor dan langsung naik ke kamarnya yang ada dilantai dua. Sampai diatas gue lihat si putri sedang duduk didepan kamarnya sambil serius mantengin laptop, gue lihat dia masih mengenakan sepatu dan kemeja, kayaknya baru pulang dari kampus. Dia yang ngeliat gue datang pun langsung menutup laptopnya.
Putri : "Men... tumben kesini gak ngabarin dulu..." Gue : "Hehehe gapapa put... nih, ada donat..."
Putri : "Asiiikkk... makasih ya men... eittss, ini mau apalagi nih nyogok gue pake donat segala?"" Gue : "Gak mau apa-apa put... ini emang lagi inget aja elo suka donat, makanya gue beliin, kalo gak ingat ya gak bakal gue beli...."
Putri : "Asem... yo wes duduk dulu..."
Kemudian gue duduk di kursi yang ada didepan kamarnya si putri. Dia masuk kedalam kamarnya dan tak lama kemudian keluar dari kamar sambil membawa minuman, duduk disamping gue.
Putri : "Makasih lho men donatnya...."
Gue : "Hahaha nyantai aja kali put, lagian gue juga banyak hutang budi sama elo hehehe..." Putri : "Selow men.... hehehe"
Gue : "Oh iya put, gue besok mau balik ke sumatera nih...." Putri : "Serius lu?" emang kuliah udah libur?"
Gue : "Enggak sih... cuma pengen balik bentar aja, kangen rumah..." Putri : "Kangen rumah atau mau lari dari keadaan?"
Gue : "Hahaha ya kangen rumah lah..."
Putri : "Gimana sama wulan men" ada kemajuan"... trus apa kabar si tika?"
Gue : "Kemaren malam gue abis jalan-jalan sama wulan ke paris... ya gitu lah put, dia tau kalo gue udah baca notenya, tapi dia nyantai-nyantai aja... kalo si tika, gue udah beberapa hari ini gak ketemu dia, paling besok juga ke bandara diantar tiwul sama dimas..."
Putri : "Elo udah ngomong sayang belum ke wulan" heheehe..." Gue : "Belum berani put... elo tau gue gimana kan..." Putri : "Elo masih takut ya bikin mereka kecewa?"
Gue : "Iya put.... lo tau gue kan, gue orangnya gak bisa jaga komitmen, gak suka dikekang, bertingkah semaunya tampa pikir konsekuensi... kalo gue jadian sama wulan, gue takutnya dia bakal makan hati ngeliat tingkah gue put..."
Putri : "Kalo masalah itu biarkan jadi tantangan tersendiri untuk orang-orang yang berani jatuh cinta sama elo men...."
Gue : "Iya juga sih... berani jatuh cinta, harus berani sakit yakk..."
Putri : "Tapi gue yakin, hati elo bakal luluh men.... hati elo yang terlalu lembut itu gak bakal tega ngeliat orang-orang disekitar elo sakit dan sedih men... pegang deh kata-kata gue... Keras di luar kenyal didalam, itulah elo men hahaha... "
Gue cuma bisa ketawa denger kata-kata si putri. Yang dibilang sama dia banyak benernya. Tapi salahkah kalau selama ini gue terlalu lembut dengan masalah cinta-cintaan, gak bisa tegas, dan gak konsisten. Ah, paling ini cuma perasaan khawatir yang berlebihan aja. Cukup lama gue cerita-cerita sama si putri didepan kamarnya dan akhirnya gue pamit pulang ketika hari sudah mulai sore.
Gue : "Gue pamit dulu ya put.."
Putri : "Iya men, besok kalo mau berangkat jangan lupa sms gue ya... " Gue : "Siap bro... hahaha..."
Putri : "Bra bro bra bro ja lu... salam buat orang rumah ya, sama adek lo juga.." Gue : "Iyo put... pasti itu..."
Putri : "Ya udah pulang sana... sebelum gue tahan elo lebih lama lagi disini hahaha..." Gue : "Hahaha, tenang put... gue pasti balik lagi kok... kalo elo kangen sama gue sms atau telpon aja..."
Putri : "Yeee... di becandain malah nge gas lu.... Sini sebelum pulang cium pipi gue dulu.."
Dan sore ini pun gue dapat "ciuman persahabatan" nya si putri. Dan kemudian gue langsung turun ke bawah sambil diikuti putri. Dia terlihat berdiri didepan gerbang kos nya ketika gue ngeluarin motor dari parkiran kos. Dia tersenyum dan melambaikan tangannya ketika motor gue menjauh dari kosnya. Dan gue pun dari kosan si putri langsung pulang ke rumah. Sampai dirumah gue langsung beres-beres dan nyiapin pakaian dan tas yang mau dibawa pulang ke sumatera.
part 92 Dari jogja hingga pohon pete
Siang ini setelah menitipkan kunci rumah dan motor sama si angga gue diantara ke bandara sama tiwul dan dimas. Sampai dibandara kita berempat duduk-duduk bentar di depan ruang check in.
Dimas : "Sob... salam buat orang rumah ya.." Gue : "Siap dim..."
Tika : "Pesawatnya masih lama men?" Gue : "Paling bentar lagi gue masuk tik..."
Wulan : "Jangan lama-lama lho men di rumah... kasian ntar kuliahnya..."
Dimas : "Ehehehe... kasian kuliah apa emang elonya gak bisa ditinggal lama-lama sama emen ncir?" hahaha..."
Tika : "Hehehe iya nih si wulan galau mau ditinggal sama emen... tenang aja lan, emen pasti balik lagi kok hehehe.... ya gak men?"
Gue : "Hohoho jelas... "
Tak lama kemudian nomer penerbangan yang tertera ditiket gue pun dipanggil dan gue langsung bersiap masuk ke ruang check in. Dan gue pamit sama wulan, tika dan dimas. Gue berjalan ke ruang check in diikuti mereka bertiga, sampai didepan ruangan gue berhenti sebentar.
Gue : "Dim... titip mereka berdua ya..." Dimas : "Oke sob..."
Tika : "Safe flight ya bang..." Gue : "Iya tik...."
Wulan : "Jangan lupa jalan pulang ke jogja ya men hehehe..." Gue : "Iya ncir... tenang aja, gue pamit dulu ya..."
Kemudian gue langsung masuk ke ruang check in, sementara mereka bertiga masih terlihat berdiri diluar sambil ngeliatin gue. Ah, agak berat juga ninggalin mereka bertiga, meskipun ini hanya sebatas pulang ke rumah sebentar, namun sedikit rasa sedih harus meninggalkan mereka. Terlihat dari kejauhan wulan cuma tersenyum dan melambaikan tangannya dan kemudian mulai menghilang dari pandangan ketika gue melangkah ke ruang tunggu. Tak butuh lama duduk diruang tunggu gate keberangkatan pun langsung terbuka, gue pun melangkah bersama penumpang lain masuk kedalam pesawat. Gue berharapnya dapat seat di bangku darurat biar nyaman dan luas. Namun gue lihat duat seat darurat yang ada ditengah badan pesawat sudah terisi, gue langsung mencari nomer seat yang akan gue duduki, disamping jendela. Mantap.
Penerbangan dari jogja ke jakarta lebih banyak gue habiskan dengan tidur, sampai-sampai gak sadar kalau di dua kursi sebelah gue duduk dua orang wanita yang kayaknya juga mahasiswa. Pengen ngajak ngobrol tapi rasa kantuk terlalu susah untuk dikalahkan dan akhirnya tidur. Tak terasa pesawat yang gue tumpangi sudah mendarat mulus di bandara soekarno hatta. Gue langsung bergegas turun setelah mengambil tas di bagasi kabin. Kemudian melangkah masuk ke terminal untuk mengurus transit. Boarding pass kedua sudah ditangan, tinggal terbang ke sumatera.
Akhirnya menjelang maghrib sampai juga ditujuan, dibandara gue dijemput sama icha. Kita berdua langsung menuju parkiran. Agak kaget juga setelah diparkiran ternyata dia bawa mobil, sejak kapan ini anak dibolehin bawa mobil sama orang rumah.
Gue : "Heh... kau udah dibolehin nyetir kah sama mama?" Icha : "Udah dong.... kan icha sekarang udah gede bang hehehe..." Gue : "Agak ngeri abang naik mobil kalau kau yang nyetir cha..."
Icha : "Udahlah... cepet masuk, udah baik-baik dijemput ke bandara pake banyak bacot pulak kau bang..."
Nah, akhirnya dapat ucapan selamat datang dari si icha dengan omelannya. Gue pun langsung masuk dan duduk dikursi depan, sementara icha gue lihat serius nyetir.
Gue : "Duh buk... serius banget nyetirnya hehehe...."
Icha : "Iya dong, kalo gak serius ntar kita gak nyampe rumah bang hahaha..." Gue : "Hahaha... ya udah lah, abang tidur bentar, capek....." Icha : "Iya bang... ntar icha bangunin kalo udah nyampe rumah..."
Kemudian gue rebahkan jok kebelakang dan langsung memejamkan mata, meskipun naik pesawat tapi pegel gara-gara transit lumayan bikin capek. Dan perjalanan dari bandara ke rumah pun gue habiskan buat tidur. Gue terbangun disaat icha buka pagar rumah dan memakirkan mobil digarasi. Sementara didepan pintu rumah sudah berdiri dua orang yang sangat gue rindukan selama di jogja, ayah dan emak terlihat tersenyum senang melihat anak paling tua pulang ke rumah dalam keadaan sehat. Gue langsung turun dari mobil dan mencium tangan mereka berdua, dengan pulang ke rumah aja udah bikin mereka tersenyum bahagia, apalagi kalau nanti gue pulang dengan membawa gelar sarjana.
Mama : "Akhirnya anak mama pulang juga ke rumah...." Ayah : "Pie kabare dab?""
Agak kaget juga denger ayah gue nanyain kabar pake bahasa jawa, emang sih dulu bokap pernah cerita dia kuliah S1nya juga di jawa.
Gue : "Hahah kabar baik yah... ayah sama mama sehat?" Mama : "Alhamdulillah ayah sama mama sehat nak.... "
Ayah : "Ayo masuk dulu bang.... mandi abis itu kita sholat maghrib jamaah..." Dan gue pun langsung masuk ke rumah, dan masuk ke kamar yang udah lumayan lama gue tinggal, masih bersih. Gue taruh tas diatas kasur, kemudian langsung mandi setelah itu kita sekeluarga langsung sholat maghrib jamaah di ruang tengah. Dari dulu emang udah terbiasa sholat jamaah kalau lagi ngumpul semua, terutama sholat maghrib dan subuh. Agak malu juga rasanya kalo ingat selama gue di jogja ibadah masih sering tinggal, bahkan kelakuan pun ya begitulah, banyak yang melanggar ajaran agama.
Setelah sholat maghrib icha dan emak pun langsung menyiapkan makan malam didapur, sementara gue sama bokap duduk diruang tengah sambil nonton tivi dan masih memakai sarung. Gue emang kalo lagi di rumah lebih ngerasa nyaman sarungan daripada pake celana, mungkin kebiasaan bokap turun ke anaknya. Sama-sama hobi sarungan.
Ayah : "Gimana bang di jogja" kuliah lancar?"..."
Gue : "Ya gitu lah yah... masih banyak yang kurang, kayaknya agak telat selesainya..." Ayah : "Gapapa bang... ayah sama mama gak permasalahin mau cepat atau lambat, yang penting abang gak ngerasa tertekan aja... dan abang bisa menikmati jadi diri abang sendiri tampa harus di doktrin sama ayah dan mama...."
Gue : "Iya yah, abang ngerti... "
Ayah : "Hahaha... trus masalah-masalah yang lain gimana?"" Gue : "Yang lain maksudnya yah?"
Ayah : "Ya masalah hubungan sesama teman, hubungan dengan teman lawan jenis..." Gue : "Hahaha.... ya lancar-lancar aja kok yah... "
Ayah : "Udah punya pacar belum bang?"
Gue : "Hehehe belum yah... belum bisa serius kalo untuk masalah itu..."
Ayah : "Hahaha iya bang... yang penting dinikmati aja bang, kadang ada saat dimana kita butuh perhatian dari lawan jenis lho... "
Gue : "Iya sih yah... "
Kemudian si icha nongol dari belakang ngasih tau kalo makan malam udah siap. Gue lihat di meja makan banyak makanan favorit gue, rendang, dendeng cabe ijo dan jengkol. Akhirnya nafsu makan pun langsung terpancing, masakan rumah memang gak ada tandingannya.
*** Dan pagi ini dirumah suasana sepi banget, gue yang sehabis sholat subuh tidur lagi baru bisa bangun jam sembilan pagi, suasana rumah sudah kosong, ayah sama emak udah berangkat kerja, icha juga udah ke kampus kayaknya. Gue cek hape ada sms dari icha yang ngasih tau kalo sarapan udah disiapin di meja makan. Dan bener aja, gue cek di meja makan udah ada nasi goreng dan beberapa jajanan pasar. Wuenak.
Selesai makan agak bingung juga mau ngapain, ini rumah rame lagi paling ntar sore. Kemudian gue coba
hubungin bang ipul sekalian mau main ke kebun bokap. Sedikit info tentang bang ipul dia adalah orang yang sering jadi tempat penitipan gue sama icha waktu kecil, maklum dulu waktu kecil bokap nyokap gue lebih sering diluar kota, dan gue sama icha sering dititipin sama bang ipul ini. Dia udah sering ikut sama bokap gue waktu bokap masih bujangan, udah dianggap kayak adik kandung sendiri sama bokap. Meskipun sekarang usianya mungkin sudah tiga puluhan lebih, dia belum nikah. Dan sekarang dia lebih sering nganggur namun kadang juga dapat kerjaan dari bokap buat ngurusin kebun punya bokap gue. Tak lama kemudian bang ipul muncul di rumah. Udah lumayan lama gak ketemu dia.
Bang ipul : "Woeehhh... pulang kok gak ngasih tau abang men?" kapan datang?"" Gue : "Hahaha kemaren sore bang... abang apa kabar" udah nikah belum?" hehehe" Bang ipul : "Haha gak ada yang mau sama abang kau ini men... ayok, jadi mau liat kebun kan?" Gue : "Jadi bang.... bentar siap-siap dulu..."
Dan gue pun langsung nyiapin peralatan buat ke kebun, air minum, sepatu boot, jeans lusuh, topi koboy yang udah lusuh, rokok, pisau kecil, golok gede dan terakhir motor trail. Kalo dilihat sekilas dandanan gue gak mencerminkan mahasiswa sama sekali, malah lebih mirip kayak tukang gali sumur. Gue sama bang ipul mampir bentar kerumahnyadan kemudian langsung naik motor ke kebun. Masuk hutan, melalui jalan tanah yang hanya bisa dilewati motor dan harus nyebrang sungai yang gak ada jembatannya, untungnya sungainya gak dalem banget, masih bisa dilewati motor, namun kalau pas musim hujan gak bisa lewat sama sekali. Setelah satu jam lebih berangkat dari rumah barulah gue sampai di kebun. Gue lihat kebun karet punya bokap lumayan bersih berkat kerjaannya bang ipul yang lumayan rajin bersihin kebun kalo tumbuh-tumbuhan disekitaran pohon karet mulai tinggi.
Gue sama bang ipul meletakkan barang bawaan di pondok kecil yang ada ditengah kebun, kemudian kita berdua keliling-keliling dan mata gue tertuju ke pohon pete yang sedang berbuah lebat, wah ini dijadiin lalapan enak nih.
Gue : "Bang... itu pete dipetik kayaknya enak..."
Bang ipul : "Iya men... sana di petik.... masih ingat cara naik pohon kan" hahaha" Gue : "masih lah bang..."
Bang ipul : "Hahaha kirain mentang-mentang udah kuliah di kota besar jadi lupa bakat manjat pohon hehehe..."
Kemudian gue langsung buka sepatu dan langsung menyiapkan golok untuk dibawa ketas pohon, sebenarnya agak takut juga sih. Ini pohon gedenya tiga kali tiang listrik, mana tinggi pulak. Untungnya bawa tali dan sarung tangan jadi proses manjat-memanjat jadi lebih gampang. sampai diatas langsung gue potong dahandahan kecil yang ada buah petenya. Lumayan dapat pete karena kalo nyari di jogja pete kadang bisa mahal banget, tapi disini berkat tumbuhnya dikebon sendiri, jadi gratis.
Part 93 Home sweet home Cukup banyak gue sama bang ipul dapet pete, bahkan terlalu banyak malah. Dan jam dua siang pun gue sama bang ipul langsung keluar dari kebun, pete yang lumayan banyak gue dapet sebagian gue kasih ke beberapa rumah warga sebuah desa kecil yang letaknya gak jauh dari kebun. Damai juga rasanya bisa berbagi dengan warga disini meskipun gak banyak dan hanya sebatas pete, tapi emang seharusnya seperti ini. Dan jam tiga sore pun gue pulang ke rumah dan baru sampai dirumah menjelang maghrib. Didepan rumah gue liat bokap sama icha lagi duduk berdua diteras. Mereka berdua cuma ketawa ngeliat gue bawa motor trail butut yang asepnya udah kayak fogging, baju lusuh, sepatu boot, bawa parang dan beberapa iket pete yang gue iket di stang motor. Absurd lah pokoknya.
Ayah : "Wuiihh... itu pete yang dikebun ya bang?"" Gue : "Iya yah... tadi ajak bang ipul kesana..."
Ayah : "Meskipun kuliah jauh-jauh tapi bakat manjat pohon pete kayaknya gak ilang ya hahaha..." Gue : "Hohoho iya dong... "
Icha : "Bukan kayak mahasiswa bang... malah kayak kuli abang kalo dandan gini hahaha... bawa motor bututnya ayah pulak...."
Gue : "Justru itu cha... bisa menyesuaikan penampilan dengan keadaan, kalo lagi dikebun ya harus dandan kayak kuli biar greget... ya gak yah.?"
Ayah : "Setuju bang... eh, mumpung abang masih dandan gini itu ayam-ayam ayah dibelakang tolong dikasih makan ya hehehe...."
Gue : "Siap yah..."
Icha : "Hehehe enak ya yah, kalo bang emen ada dirumah... kerjaan berat-berat bisa disuruh selesain sama abang hahaha..."
Selesai ngasih makan ayam gue langsung masuk lewat pintu belakang rumah dan mandi didekat cucian piring, sambil berendam di baskom gede. Ah, nikmatnya serasa di bathtub hotel-hotel mewah meskipun disekeliling gue banyak peralatan dapur dan cucian kotor. But, who gives a sh*t, mumpung dirumah sendiri dipuas-puasin absurd kayak gini.
Hari ini gue diajak sama icha buat main ke kampusnya dia, ikut nemenin dia ngumpul organisasi kampus yang dia ikutin. Dikampusnya si icha gue ketemu beberapa temen SMA yang kuliah satu kampus sama icha. Salah satunya mantan SMA, Sifa. Gue pacaran sama sifa waktu SMA bisa terbilang sangat singkat, cuma satu tahun jalan sama dia, itu pun dari kelas satu sampai kelas dua gue mati-matian buat dapetin dia dan kelas tiga baru bisa jadian. Karena alasan gue yang terlalu cuek menurut dia dan gue diputusin secara sepihak. Namun gue gak begitu kecewa, karena saat itu gue berhasil pacaran dengan salah satu siswi favorit di SMA gue, anak paskibra, ketua tim tari SMA, dan salah satu murid paling cerdas yang sering dikirim sekolah untuk ikut olimpiade antar SMA. Gak ada yang berubah dari dia, masih cantik seperti dulu. Agak canggung juga sih pas ketemu. Soalnya sejak gue ke jogja kita berdua gak pernah komunikasi. Dan sekarang dia duduk disebelah gue, sial si icha pake acara ninggalin gue sama sifa lagi. Jujur aja, bukan apa-apa tapi agak gimana gitu duduk sebelahan sama orang yang dulu sempat jadi pacar trus putus dan gak pernah komunikasi dan ketemu dalam waktu yang lama sekarang duduk tepat disebelah gue.
Sifa : "Hmmnn... apa kabar men?""
Gue : "Engg... baik sif, kamu gimana" sehat?"
Sifa : "Alhamdulillah sehat men... gimana kuliahnya" udah selesai?" Gue : "Hehehe belum sif.. masih ngadat nih heheehe..." *garuk garuk kepala* Sifa : "Udah lama ya men kita gak ketemu... terakhir pas acara perpisahan.." Gue : "Iya sif... yang penting sekarang kan udah ketemu lagi..."
Sifa : "Hahaha iya men.. kamu dari dulu gak banyak berubah ya... masih tetap malu-malu.." Gue : "Hahaha udah sifat bawaan sif.... eh, aku nyusul icha dulu ya, ntar kalo gak disusul bakal lupa pulang itu anak...."
Sifa : "Iya men...."
Agak kacau juga pikiran gue lama-lama duduk disebelahnya sifa. Gue langsung beranjak dari samping si sifa dan mulai keliling nyariin icha. Cukup lama gue muter-muter gedung kampus akhirnya ketemu sama icha, gue lihat dia lagi asik duduk-duduk sama temennya, kayaknya udah selesai rapat.
Gue : "Cha... udah selesai rapatnya?" Ayo anterin abang balik..." Icha : "Iya bang, bentar.."
Kemudian icha pamit sama temen-temennya. Kita berdua pun langsung ke parkiran dan pulang ke rumah. Di mobil gue yang udah beberapa hari ini gak ngerokok langsung menyalakan sebatang, kemudian gue buka sedikit jendela mobil supaya asapnya keluar. Icha yang lagi nyetir pun agak kaget ngeliat gue ngerokok.
Icha : "Lho... bang, ntar ketauan mama gimana?" Gue : "Gapapa cha, paling cuma dinasehatin hahaha..."
Icha : "Enak kau ya bang... cowok, bisa seenaknya tampa pikir panjang..."
Gue : "Tunggu cha... penjelasan cowok yang bisa seenaknya kayaknya kurang relevan dengan fakta abang yang lagi ngerokok didalam mobil... ada apa" ada yang mau diceritain kah" hahaha..."
Icha : "Hehehe sial kau bang... tau aja, ya gitu lah cowok bang... kadang suka seenaknya tampa pikir panjang, dan gak mikir gimana efek dari tindakannya buat orang banyak..." Gue : "Emang kenapa cha?" lagi suka sama cowok cuek" trus pacar icha yang kemaren gimana?" Icha : "Ya masih yang kemaren bang tapi sempat putus dan sekarang dia balik ngejar-ngejar icha lagi... "
Gue : "Emang dulu putus gara-gara apa?"
Icha : "Ya gitu lah bang, menurut dia icha terlalu sibuk sama urusan kampus, sibuk organisasi dan jarang ada waktu buat dia... padahal kita tiap hari juga ketemu dikampus..."
Gue : "Ketemu tiap harikan bukan berarti dekat juga cha.... gini lho, cowok kadang emang punya perasaan sensitif kayak gitu, siapa sih yang mau ngeliat pacarnya sibuk dengan orang lain... dia mungkin jadi ngerasa gak diperhatiin sama icha... "
Icha : "Trus menurut abang icha balikan sama dia lagi gitu?""
Gue : "Ya itu tergantung icha, masih ada rasa gak sama dia... kalo masih kenapa harus cari yang baru, tapi kalo udah gak ada mending sendiri dulu aja.... tapi ingat tetep jaga pertemanan, jangan sampai ada perasaan benci..."
Icha : "Lagian kita udahan itu keputusannya dia bang... makanya tadi icha bilang, cowok itu gak pikir panjang sebelum bertindak..."
Gue : "Ya wajarlah cha... cowok itu lebih sering pake logika, sementara cewek lebih banyak pake perasaan... abang aja juga kayak gitu, makanya sampai sekarang masih jomblo..." Icha : "Hehehe... oh iya bang, gimana tadi sama kak sifa?"
Gue : "Ya gitu lah cha, canggung... makanya abang langsung nyusul icha tadi.." Icha : "Duh.... sekarang sih canggung, tapi abang inget gak gimana ngebetnya abang dulu waktu SMA deketin kak sifa... hehehe..."
Gue : "Itu kan dulu... sekarang udah biasa aja..."
Jam setengah lima sore gue sama icha baru sampai dirumah. Dirumah gue lihat emak sama ayah gue lagi sibuk nyiramin bunga dihalaman depan. Gue sama icha pun langsung ikutan bantuin nyiram. Dan icha sama emak lanjut nyiramin bungan, sementara gue sama bokap langsung ke belakang ngasih makan ayam. Bokap gue emang hobi melihara ayam, bahkan saking gilanya dia pernah nyetir sendirian ke dari sumatera ke bandung cuma buat liat-liat dan beli ayam hias. Agak unik memang.
Sore ini selesai mandi gue duduk diruang keluarga sambil nonton tv. Tak lama kemudian emak gue yang masih pakai mukena kayaknya abis sholat ashar ikutan duduk disamping gue.
Mama : "Eh bang... tadi mama ketemu sama tante mei dikantor..."
Tante mei adalah mamanya sifa (mantan gue). Emak sama tante mei emang temen deket dari kuliah. Meskipun emak gue sama mamanya sifa deket, gue tetep harus mati-matian buat ngedapetin anaknya waktu masih SMA dulu. Oke cukup masa lalunya, lanjut cerita.
Gue : "Trus kenapa ma?"
Mama : "Ya gak kenapa-kenapa bang... tante mei cuma nanya abang udah selesai belum kuliahnya..."
Gue : "Oohhh... cuma nanya itu aja toh..."
Mama : "Kemaren pas ke kampus dek icha ketemu sama sifa kan?" Gue : "Iya ma... ketemu sama dia, cuma sebentar aja abis itu langsung pulang..." Mama : "Hehehe dia sebentar lagi jadi dokter lho bang ..."
Gue : "Trus....?""
Mama : "Mama pengen sih punya menantu dokter hehehe..."
Gue : "Aduh ma.... abang masih belum kepikiran kesana, ini aja kuliah masih mati-matian..." Mama : "Hahaha mama kan cuma ngomong aja bang... Abang sama sifa kan dulu waktu SMA sempet dekat..."
Gue : "Ya kan itu dulu ma.... lagian abang kayaknya nanti kalo selesai kuliah juga gak mau nikah dulu... pengen menikmati diri sendiri dulu abis itu ngumpulin modal baru nikah deh hahaha..." Mama : "Iya bang... mama kan cuma becanda, tapi inget lho.. jangan sampai keduluan sama dek icha..."
Gue : "Hahaha gak lah ma, icha masih kecil gitu...."
Akhirnya sampai menjelang maghrib gue sama emak duduk-duduk didepan tv sambil cerita-cerita. Sampai si ayah dan icha yang abru pulang pun ikutan gabung. Sore yang indah.
Udah hampir seminggu lebih gue dirumah akhirnya datang juga waktunya untuk balik ke jogja. Malam ini setelah beres-beres barang bawaan yang mau dibawa ke jogja gue sama bokap duduk diteras rumah sambil minum kopi.
Ayah : "Bang... kata dek icha katanya di jogja temen-temen abang banyak yang suka sama abang ya?""
Gue : "hahaha itu cuma menurutnya si icha aja yah..."
Ayah : "Hahaha gapapa kok bang ayah cuma nanya... malah bagus kan kalo banyak yang suka... tapi ingat jangan sampai menyakiti perasaan orang lain... kadang kita gak sadar lho ada sifat kita yang membuat orang lain nyaman ada disekitar kita, dan mereka berharap lebih dari sekedar teman, sementara kita gak tau apa-apa... ujung-ujungnya ada yang tersakiti, itu perlu diperhatikan juga bang..."
Gue : "Ayah lagi ngomogin masalah lawan jenis?"" Ayah : "Iya hahaha"
Gue : "Iya juga sih yah... kenyamanan emang nomor satu, tapi abang gak terlalu mikirin masalah kayak gitu kok...."


Sebuah Kota Banyak Cerita Karya Menyingsing90 di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Ayah : "Ingat dulu mama, waktu ayah pacaran sama mama... dia itu didekatin banyak orang, calon pejabat, pengusaha.... tapi dia tetap milih ayah, karena faktor kenyamanan... padahal pas awal-awal nikah kakek sempat gak suka sama ayah, tapi sekarang ayah malah jadi menantu paling disayang hahaha... "
Gue : "hehehe jadi intinya?""
Ayah : "Harus bisa bikin orang nyaman dalam batas sewajarnya dan bangga jadi diri sendiri... jangan berpura-pura jadi orang lain..."
Gue : "Kalo itu sih dari dulu juga kayak gitu yah hahaha...."
Part 94 Jogja dan siska Lagi asik-asik ngobrol sama ayah sambil ketawa-ketawa tiba-tiba didepan pintu muncul emak sama icha. Dan kita berempat pun lanjut cerita-cerita sambil ketawa. Ah, malam yang indah ngumpul bareng keluarga. Sebenarnya agak ngerasa bersalah juga, bokap sama nyokap mikir anaknya masih baik-baik aja selama kuliah di jogja, padahal aslinya ada banyak masalah dan gak sebaik kelihatannya. Mungkin ini lebih baik dipendam untuk diri sendiri. Mau jahat atau baik dirantau orang, yang penting orang rumah jangan sampai tau, cukup kirim kabar baik aja. Yang buruk biar diselelsaikan dan dipendam sendiri.
Siang ini gue diantar icha ke bandara, karena emang dapat pesawat siang jadi dari pagi udah pamit sama bokap nyokap sebelum mereka berangkat kerja. Sebelum check in gue sama icha makan sebentar di foodcourt sekitaran bandara.
Icha : "Bang... abang sekarang udah punya pacar belum sih?"" Gue : "Belum cha..."
Icha : "Trus lagi deket sama siapa?"
Gue : "Ya yang deket banyak lah cha... tapi bingung mau milih yang mana..." Icha : "Masih ingat sama kak siska terus ya bang?""
Agak kaget gue denger pertanyaan si icha. Gue masih sering ingat siska. Itu jelas, dan gak bakal bisa gue ngelupain dia. Sekarang yang jadi masalah itu gimana gue bisa merasakan hangatnya cinta seperti yang pernah diberikan siska dalam waktu yang singkat namun dari orang lain. Meskipun akhir-akhir ini ada perasaan yang mulai timbul berkat si kuncir, tapi rasanya gak adil jika harus membandingkan siska dengan wulan.
Icha : "Bang... woy... malah ngelamun kau...." Gue : "Hehehe sory cha..."
Icha : "Maaf lah bang... kalo icha bikin abang kepikiran kak siska lagi..."
Gue : "Hahaha nyantai aja cha.... justru abang malah terima kasih sama icha, udah ngingantin kak siska, soalnya abang akhir-akhir ini sering lupa sama dia.... orang-orang kayak kak siska gak bakal pernah abang lupain cha, dia itu bagian dari kenangan indah dalam hidup abang... jahat banget kalau abang sampai lupa sama dia..."
Icha : "Nah.... itu baru namanya abangku hahaha... gentle, gak cengeng hehehe..." Gue : "Hahaha icha juga... kalo pacaran hati-hati yo, abang gak larang icha pacaran, tapi hati-hati aja, sekarang cowok banyak mengatas namakan cinta untuk melampiaskan nafsu...." Icha : "Abang juga kan.... "
Gue : "Jujur aja, abang juga kayak gitu.... tapi abang juga liat-liat dulu... gak langsung-langsung aja..."
Icha : "Maksudnya bang?""
Gue : "Hahaha susah kalau dijelasin..."
Icha : "Tapi hati-hati lho bang... jangan sampai anak orang hamil gara-gara abang hahaha..." Gue : "Hahaha gak lah cha...."
Icha : "Mama takut banget lho bang kalo abang sampe kayak gitu.... mama sering bilang sama icha, takut aja bang terjerumus kayak gitu...."
Gue : "Hahaha gak lah... eh abang masuk dulu, bentar take off kayaknya..." Icha : "Iya bang... hati-hati... salam sama kak tika, wulan dan dimas ya...." Gue : "Iya cha... ntar kalo ketemu abang sampein..."
Setelah pamit sama icha, gue langsung masuk ruang tunggu dan tak lama kemudian udah berada di dalam pesawat. Di pesawat gue cukup banyak ngelamunin omongan icha sama gue tadi. Sebenarnya pengen banget cerita ke dia tentang apa yang sebenarnya udah gue lewatin dengan siska, tentang pengorbanan dia lari ke kalimantan supaya gak ganggu konsentrasi kuliah gue, namun setelah dipikir-pikir lebih baik ini jadi rahasia gue aja, belum saatnya untuk icha tau tentang kelalakuan abang kandungnya. Sementara tentang apa yang gue katakan tentang siska ke icha kalau gue gak mungkin ngeplupain siska, jujur aja kata-kata itu keluar mengalir gitu aja dari mulut gue. Sejauh ini yang gue rasain tentang siska, dia memang tidak akan pernah tergantikan, namun gue selalu mengharapkan ada cinta yang hadir kembali seperti yang gue rasakan ke siska yang bisa didapat dari seseorang yang lain. Wulan, maafin gue ncir, gue udah gak adil banget kalo harus membandingkan dia dengan sosok siska. Semetara si tika, memang udah sejak lama gue suka sama dia, tapi mungkin hanya sekedar suka, mungkin.
Cinta, kalo mikirin kata yang satu ini emang selalu bikin ribet. Seakan kemakan sama omongan gue sendiri yang pernah gue bilang ke wulan, Cinta itu taik kucing rasa coklat. Disatu sisi bisa membuat kita tersenyum senang dan bahagia, namun disisi lain bikin pesakitan sendiri.
Saking lamanya gue ngelamun gak kerasa pesawat udah mendarat di jakarta. Gue langsung ambil tas di bagasi kabin dan turun masuk ke gedung terminal dan ambil boarding pass transit dan kembali berjalan menuju terminal tujuan jogja. Dan alhamdulillah kali ini gak ada delay. Gak butuh lama setelah dapat boarding pass kedua, pesawat ke jogja pun udah stand by. Gue langsung berjalan dilorong menuju pesawat. Dan kembali terbang ke jogja. Didalam pesawat ke jogja lebih banyak gue habiskan dengan tidur. Bangun-bangun udah sampai aja di bandara jogja. Langsung turun dan keluar dari pintu kedatangan. Kemudian gue telpon si angga buat jemput gue dibandara.
Sambil nunggu jemputan angga, gue duduk sebentar disekitaran pintu kedatangan. Cukup banyak mas-mas supir taksi yang menawarkan jasanya, namun gue tolak. Gue hidupkan sebatang rokok, sambil menikmati pemandangan didepan pintu kedatangan. Terlihat cukup ramai karena ada pesawat yang baru mendarat. Satu hal yang gue suka dengan suasana didepan pintu kedatangan adalah banyaknya senyum bahagia yang terpancar dari orang-orang yang mungkin bertemu sahabat, teman, pacar, anak, orang tua, istri dan suami, kakak adik. Seolah-olah pintu kedatangan merupakan sebuah wadah untuk mencurahkan rasa kerinduan dengan orang-orang yang sudah lama tidak bertatap muka. *opini absurd*
Tak lama kemudian gue di sms angga kalau dia udah ada diparkiran motor, dan gue pun langsung berjalan menuju parkiran. Gue langsung dibonceng sama angga pulang ke rumah. Sengaja gak gue kasih tau tiwul sama dimas dulu, karena kalau mereka kangen sama gue nanti juga pasti datang sendiri ke rumah. Sampai dirumah setelah beres-beres barang gue langsung ketiduran didepan tv dan baru terbangun jam 9 malam. Gue langsung bangun dari kursi dan keluar buat masukin motor ke dalam rumah, kemudian ketika masuk kedalam rumah entah ada angin apa gue langsung melangkahkan kaki ke gudang dan disana gue nyari-nyari sebingkai foto, setelah cukup lama bukabuka kardus akhirnya ketemu juga. Terlihat foto tersebut siska merangkulkan tangannya ke leher gue sambil tersenyum manis. Ah, i miss you ka... dan cukup lama gue duduk didalam gudang sambil memegang foto siska dan akhirnya teridur.
Gue terbangun ketika merasakan usapan lembut dikepala gue dan ternyata si dinda, yang ngeliatin gue dengan tatapan sedih karena tidur digudang sambil megang fotonya siska. Gue juga bingung kenapa tadi malam gue bisa langsung ingat sama siska. Gue lihat jam tangan udah nunjukin jam 8 pagi. Gue cuma bisa tersenyum malu ngeliat dinda dan keluar dari gudang.
Dinda : "Sabar ya men..."
Gue : "Hahaha iya din... ngomong-ngomong elo kok bisa masuk?"" Dinda : "Emen...emen... elo itu tidur lupa ngunci pintu, kebiasaan sih..." Gue : "Hehehe maklum din... lagi kangen sama temen elo nih..."
Dinda : "Gue yakin siska juga kangen sama elo men... sabar ya, ntar siang gimana kalo kita ke makamnya siska... elo udah lama kan gak kesana?""
Gue : "Ide bagus din... "
Dinda : "Ya udah... elo sarapan dulu sana, mandi..." Gue : "Iya din...."
Dan siangnya pun gue sama dinda pergi ke makamnya siska. Udah lumayan lama juga gak kesini. "Maaf ya ka, akhir-akhir ini gue sering sedikit melupakan elo". Gue taruh karangan bungan yang sempat dibeli sama dinda waktu jalan kesini. Kemudian gue bersihkan ranting-ranting dan dedaunan yang jatuh diatas pusaranya siska. Cukup lama gue tertunduk didepan nisannya siska sementara si dinda cuma berdiri dibelakang gue. Sebernarnya masih pengen gue untuk lebih lama disini tapi gak enak juga sama dinda. Dijalan pulang gue gak banyak ngobrol sama dinda, gue lebih banyak duduk melamun sambil menikmati suasana jalanan, sementara dinda serius nyetir.
Dinda : "Men... jangan ngelamun terus dong..." Gue : "Eh hehehehe.... iya din... maaf..."
Dinda : "Beruntung ya siska men... punya cowok kayak elo, selalu ingat dengan pacarnya..." Gue : "Bukan emang harusnya gitu din....?"
Dinda : "Iya juga sih...."
Gue : "Eh iya... cowok elo anak mana sekarang, kok gak pernah diajak ke rumah..." Dinda : "Anak kampus gue juga men... masih takut dia main ke rumah..." Gue : "Hahaha takut sama pak wawan ya..."
Dinda : "Ya gitulah... eh si angga sekarang udah punya pacar lho men..." Gue : "Wah iya kah?" kok dia gak cerita sama gue..."
Dinda : "Tauk tuh.... katanya berkat saran ampuh elo, emang elo pernah ngasih saran apa sih ke dia?"
Gue : "Hahaha ya saran-saran nyeleneh din..." Dinda : "Apaan sih... penasaran gue..."
Gue : "Ya gu kasih tau sama angga... kalo lagi suka sama cewek dia harus bisa bikin cewek yang dia suka penasaran.... dan setelah cewek tersebut penasaran gue suruh si angga buat sedikit menjauh sebentar, supaya itu cewek ngejar-ngajar si angga karena penasaran hahaha.."
Dinda : "Hahaha parah men saran lho.... tapi terbukti ya sama si angga..." Gue : "Hohoho iya dong, gue kan dokter cinta hahaha..."
Dinda : "Pantesan siska dulu sayang banget sama elo ya..." Gue : "Dan gue juga sayang banget sama dia din... " Part 95 Rara oh rara
Dan tak lama kemudian sampailah gue sama dinda di rumah, namun didepan rumah gue lihat ada mobil parkir, mobil yang cukup gue kenal. Mobilnya si rara. Ini anak ngapain kesini gak ngasih kabar dulu. Terlihat dia sedang duduk didalam mobilnya sambil nungguin gue. Gue langsung keluar dari mobil dinda dan melangkah ke pagar rumah, diikutti si rara yang keluar dari mobilnya. Gue duduk dikursi yang ada diteras dan rara pun ikutan duduk. Dia tersenyum sambil mengulurkan tangannya, salaman.
Rara : "Apa kabar men?" udah lama ya kita gak ketemu...." Gue : "Kabar baik ra... lo apa kabar?" iya nih, lama gak ketemu...." Rara : "Hehehe kabar baik ko men... maaf ya gue kesini gak ngabarin elo dulu..." Gue : "Gapapa kok ra... "
Rara : "Sibuk apa sekarang men?""
Gue : "Ya gak sibuk apa-apa ra... ini kemaren baru pulang dari sumatera...."
Rara : "Wah kemaren elo pulkam ya... untungnya gak kemaren ya gue kesininya hehehe... trus tadi dari mana?""
Gue : "Engggg... dari jengukin temen gue ra..." Rara : "Dimana men... temen elo ada yang lagi sakit ya?""
Gue : "Hahaha enggak kok ra... cuma jengukin temen yang lagi istirahat... gue datang cuma buat nayapa dia bentar aja..."
Rara : "Siapa sih men?"" Gue : "Mantan gue ra..." Rara : "Oohhhh... "
Kemudian gue ajak rara masuk ke rumah. Dia langsung duduk didepan tv, sementara itu gue ambilkan dia minuman dingin di kulkas. Kalau dilihat dari cara dandannya kelihatan dia baru habis dari kampus. Dia memakai kemeja putih dan jeans panjang, simpel.
Rara : "Men... gak kangen sama gue?""
Pertanyaan kayak gini nih yang biasanya berujung dikasur (menurut gue sih gitu). Agak gimana gitu rasanya denger rara nanya kayak gini sama gue. Gue harus bisa kontrol, tahan men tahan. Kalahkan setan-setan bejat yang mulai mendekat. Gue langsung membayangkan wajahnya siska dan alhamdulillah lumayan ampuh untuk sedikit menghilangkan pikiran negatif.
Gue : "Hahaha kangen kok ra... elo tumben nih rapi, dari kampus ya?"" *mengalihkan pembicaraan* Rara : "Iya nih men.... tadi pas pulang inget elo, trus mampir kesini deh... sebenarnya dari kemaren pengen mampir, tapi baru sempet sekarang...."
Gue : "OOhh gitu to... sibuk apa sekarang ra?"
Rara : "Gak sibuk apa-apa kok men.... cuma rutin ngampus aja..." Kemudian rara yang kayaknya emang lagi BT (birahi tinggi) mungkin. Dia langsung mendekatkan posisi duduknya dekat ke gue. Jujur aja agak kasian gue ngeliat cewek cantik kayak gini tapi punya jalan hidup kayak si rara, hidup bebas. Cinta ya cinta, kontak fisik ya kontak fisik. Dia mencium pipi gue lembut, dan ciuman ini cukup membuat pertahanan gue hampir jebol. Sesaat kemudian dia mulai terlihat sedikit agresif. Aneh aja, baru ketemu tadi, ngomong bentar terus langsung kayak gini. Kemudian gue tahan badannya si rara yang mulai naik keatas badan gue, Gue pegang kedua tangannya dan sedikit gue jauhkan dari muka gue.
Gue : "Ra... maaf, gue gak bisa kayak gini lagi..."
Rara yang agak kaget ngeliat reaksi gue langsung kembali duduk disamping gue. Dia langsung menundukkan wajahnya. Kayaknya dia malu dengan apa yang terjadi barusan, gue langsung mengusap lembut rambutnya, agak bersalah juga rasanya, tapi mau gimana lagi, ini demi kebaikan dia dan gue juga. Segini jahatnya kah gue sama si rara".Dia yang dulu sempat jadi pelarian gue, yang ngejagain gue waktu tepar dan memberikan sebuah pengalaman yang indah, sekarang malah gue tolak untuk melakukan "Hal itu" lagi.
Gue : "Ra... maaf, bukannya gue gak suka sama elo, tapi gue gak mau aja kita kayak gini terus... gue dihantui rasa bersalah ra... cuma menikmati indahnya doang..."
Rara : "Hmmnn... gapapa kok men, lagian gue juga yang udah bikin elo kayak gini kan... gue udah tau dari awal kok, hubungan kita gak bisa lebih dari ini... Mau gak mau gue udah harus siap kalo suatu saat elo udah gak mau lagi sama gue..."
Gue : "Ra... maaf, bukannya gue pengen sok jadi orang bijak... tapi elo terlalu indah untuk sekedar kayak gini sama gue ra.... elo itu cewek baik, cakep, supel dan jujur gue kagum sama elo... tapi setelah gue pikir-pikir kalo kita kayak gini terus ini gak bakal baik untuk elo dan gue... maaf ra kalo gue egois...."
Rara : "Gapapa kok men... gue juga minta maaf... justru gue yang salah kok, jujur awalnya gue berpikir elo gak peduli sama gue... tapi ngeliat elo kayak gini men, gue ngerasa dihargai banget sebagai cewek... makasih men, elo baik banget... "
Agak lirih gue mendengar kata-katanya rara. Perasaan gue seperti diputar balikkan oleh rara, setelah apa yang udah gue lakuin ke dia, dia masih bisa bilang gue sebagai cowok baik, ironis bukan". Seolah-olah itu hanya sebuah ungkapan lembut untuk mengatakan yang sebenarnya bawha gue adalah cowok bejat dan pengecut. Tapi setelah dipikir-pikir ini semua adalah salah gue, terlalu banyak memberikan harapan kepada orang lain yang akhirnya cuma disia-siakan. Maafin gue ra. Gue lihat si rara cuma duduk diam disamping gue sambil metap lurus ke depan, pandangannya kosong. Sesaat dia melihat ke arah gue dan tersenyum, kemudian pamit pulang. Didepan pagar rumah dia berhenti sebentar sebelum masuk ke mobilnya.
Rara : "Men... maafin gue ya..."
Gue : "Justru gue ra yang seharusnya minta maaf sama elo... " Rara : "Gapapa kok men.... justru elo udah menyadarkan gue men......" Gue : "Iyap... santai aja ra.."
Rara : "Thanks men... gue pamit dulu ya..." Gue : "Iya ra... hati-hati..."
Dan rara pun pulang, akhirnya bisa sedikit lega juga. Gue masuk ke rumah and i'm kinda feels good about this. Disaat dimana kita dapat menahan gejolak yang ada dan menyelesaikannya dengan halus. Oh man, it was awesome, i guess.
*** Hari ini setelah selesai mengikuti mata kuliah yang gue ambil semester ini (Ngulang), gue dudukduduk dikantin sendirian. Tiwul dan dimas, mereka kayaknya memang udah gak terlalu banyak lagi kegiatan dikampus, dan kayaknya pada sibuk dengan skripsi masing-masing. Sementara gue sendirian masih sibuk kuliah, sebenarnya gue juga udah ambil skripsi, namun belum bimbingan dengan dosen karena emang belum punya niat yang kuat buat bikin skripsi. Sempat kepikiran untuk sedikit berbuat curang dengan tugas akhir (if you know what i mean), namun kayaknya itu cuma bakal membuat gue merasa jelek dengan diri sendiri. Bukan sombong, tapi kuliah S1 cuma sekali seumur hidup alangkah baiknya masterpiece diakhir masa kuliah adalah hasil pemikiran sendiri. Akan terasa sangat puas kalau tugas akhir adalah hasil karya sendiri meskipun kadang nilai yang didapat tidak sesuai dengan harapan tapi kalau itu adalah hasil sendiri maka akan memberikan nilai sentimentil yang cukup kuat.
Bahkan seorang teman yang kena drop out sempat bercerita tentang rasa bangganya dengan hasilnya selama kuliah. Dia bahkan membuat bingkai indah dengan surat DO tersebut. Karena memang mungkin yang dicari selama kuliah bukanlah sebuah ijazah melainkan pengalaman yang bisa merubah pola pikir agar lebih baik untuk kedepannya.
"Gue emang di DO men... tapi gue bangga dengan ini (surat DO), seenggaknya ini adalah tanda kalau gue pernah kuliah, meskipun gak selesai, meskipun yang gue dapat bukanlah ijazah yang kayaknya menjadi prestise banget dikehidupan kita sekarang... Seolah-olah paradigma tentang ijazah semakin meluruskan alur pikir kita untuk melihat orang hanya dari luarnya saja... Tapi hal-hal yang gue dapat selama kuliah, pengalaman kuliah, pertemanan, pola pikir, survive di rantau orang, tahan banting itu adalah kombinasi yang gak bisa dicantumkan didalam ijazah.... "
Setelah mendengar kata-kata tersebut gue sempat berpikir ini hanyalah sebuah statement pembelaan dari sebuah kegagalan, namun setelah sedikit dikaji lebih dalam, menurut gue ini ada benarnya juga. Sebuah kegagalan akan menjadi sangat luar biasa kalau kita berhasil mengatasi kegagalan tersebut dan sedikit demi sedikit merubahnya agar menjadi sebuah keberhasilan. Oke, cukup chit chat gak jelas tentang kuliah , lanjut cerita.
Pulang dari kampus gue sempatkan untuk mampir sebentar disebuah mini market yang gak jauh dari rumah buat beli peralatan mandi yang udah mulai kritis dan juga stok kopi yang juga udah habis. Setelah itu barulah gue pulang ke rumah. Sampai dirumah gue langsung ganti baju, pakai celana pendek dan sepatu kemudian olahraga sebentar dihalaman belakang, sekedar angkatangkat barbell, pull up, sit up, push up dan skipping rope workout. Lima belas menit pertama keringat udah mulai bercucuran, gue buka baju. Agak ngerasa seksi juga sih hehehe... Dan gue lanjut skipping, karena gue olahraga sambil ditemani headset yang nempel ditelinga, gue gak sadar kalau si tiwul dan dimas juga udah ada dihalaman belakang, kapan mereka datang".
Tika : "Wow... serius banget olahraganya, sampai gak sadar kita disini hehehe..." Dimas : "Awakmu koyo kuli le hahaha..."
Wulan : "Seksi juga ya men kalo keringetan gini..." Gue : "Hohohoho iya dong... kalian udah dari tadi disini?""
Tika : "Iya men.... elu sih serius banget, mentang-mentang keliatan sekseh gini... sana ganti dilap dulu badannya... geli gue liat keringat elo ngalir kayak gitu...."
Gue : "Hehehe sini peluk gue..."
Gue langsung mendekatkan badan gue ke tika, dia cuma bisa lari-larian menghindar dari kejaran gue yang akhirnya berhenti setelah jitakan wulan mendarat dikepala. Dan gue pun langsung masuk kerumah, ganti celana, ngeringin badan dan kembali lagi kebelakang. Mereka bertiga duduk dikursi panjang yang ada dihalaman belakang. Dan gue pun ikut gabung.
Part 96 Kita 2 Tika : "Elo kapan sampai di jogja men?" kok gak kabarin kita?" Wulan : "Iya nih... datang kok gak bilang-bilang..."
Gue : "Dua hari yang lalu kok.... sengaja gue gak ngasih kabar, karena gue tau, kalau kalian kangen pasti juga bakal datang sendiri hehehe..."
Dimas : "Kepedean lu men..."
Gue : "Hahaha...."
Tika : "Kemaren siapa yang jemput dibandara?"" Gue : "Gue dijemput si angga tik..."
Wulan : "Gimana men dirumah?" udah lepas kan rasa kangen sama orang rumah?"" Gue : "Udah kok ncir... sekarang malah rasa kangen ke kalian nih yang belum terobati hehehe... setelah seminggu lebih ditinggal... sini cium gue satu-satu... "
Dimas : "Emoh aku nek di kon nyium koe men..." Gue : "Hahaha kecuali elo dim...."
Dan dilur dugaan gue, dua cewek cantik ini langsung pindah tempat duduk disamping kiri dan kanan kemudian pipi kiri dan kanan gue pun jadi landasan mulus buat bibir mereka berdua. Wah, kayak mimpi rasanya, sensasi dicium brutal sama dua orang cewek cakep, oke tunggu ! gak brutal juga sih cuma cium biasa doang, mungkin cuma imajinasi liar gue aja yang membayangkan mereka berdua mencium gue dengan brutal. Dimas yang cuma ngeliat doang memberikan tatapan iri ke gue, dan gue cuma bisa mengacungkan jari tengah ke arah dia sambil menikmati ciuman dari tiwul.
Wulan : "Gimana men... udah terobati kan rasa kangennya?"" Gue : "Hehehe kalo lebih dari ini bisa gak..."
Tika & Wulan : *jitak kepala gue*
Dimas : "Asem... kalian bertiga njijik i...." Gue : "Hahaha koe pengen to....?""
Dimas : "Yo jelas lah.... sini tik, lan.... giliran gue..." Wulan : "Ogah...."
Tika : "Ya udah deh.... kasian juga sama si dimas..."
Dan tika pun mencium pipi kanannya si dimas, jujur aja ini agak diluar dugaan, gue sama wulan cuma bisa senyum-senyum ngeliat tingkahnya si tika. Sementara dimas yang langsung keliatan grogi waktu dicium tika cuma bisa diam dan memejamkan matanya waktu tika nyium dia.
Gue : "Cie... hahaha, akhirnya dapat ciuman dari tika... agak kasian juga gue sama si kinan..." Tika : "Eeiiittss... sekarang si dimas udah jomblo lagi lho men..."
Gue : "What?""... elo sama kinan udahan dim?"" Dimas : "Hehehe iya men..."
Gue : "Kok bisa sih?"
Wulan : "Tauk nih men si dimas... udah enak punya pacar malah pengen jomblo..." Dimas : "Ya mau gimana lagi kalo emang udah gak cocok..."
Gue : "Hahaha alasan klasik dim... ya udah kalo gitu untuk merayakan kejombloannya si dimas gimana kalo malam ini kita makan-makan bareng..." Wulan : "Wah asik tuh.... udah lama kita gak makan bareng..."
Tika : "Ditraktir sama elo ya bang.... kan baru pulang dari rumah nih, pasti masih seger hehehe..."
Gue : "Iya.... tenang aja, gue yang traktir..."
Dimas : " Wah tengkyu sob, ente emang ngerti banget kalo ada temen yang lagi bokek plus galau...."
Gue : "Galau karena diputusin apa karena cinta yang lama bersemi lagi dengan seseorang yang dulu sempet elo suka...?" *sambil ngeliat tika* *kode*
Dimas : "Hahaha bangke lo men..."
Dan mereka bertiga pun betah nongkrong dirumah gue sampai jam tujuh malam. Tika dan wulan kayaknya asik nonton tv, sementara dimas gitar-gitaran gak jelas sambil nyanyi-nyanyi lagu galau, entah karena baru putus sama kinan atau perasaan suka dengan si tika yang dulu sempat ada, dan dia keceplosan cerita sama gue waktu di dieng. Dari siang mereka bertiga betah disini, si dimas pun mandinya numpang dirumah gue sebelum lanjut makan malam, sementara si tiwul. Ah, mereka berdua mandi gak mandi pun tetap punya pesona luar biasa.
Dan jam delapan malam kita berempat pun langsung keluar dari rumah pake mobilnya si tika. Kemudian kita langsung nyari tempat makan yang suasananya enak buat makan-makan bareng temen. Dan akhirnya kita berempat makan malam disalah satu warung untuk makan steak yang lumayan terkenal di jogja. Dan kebetulan banget di tempat makan gue ketemu sama salah satu temen KKN gue si galuh, dia terlihat sedang makan berdua dengan temannya.
Galuh : "Wah... pak ketu, gak nyangka bisa ketemu disini... apa kabar?" Gue : "Kabar baik luh... lo sendiri gimana" udah lulus?""
Galuh : "Alhamdulillah baik men... kalo lancar bulan depan gue wisuda, datang ya... ajak anak-anak yang lain juga..."
Gue : "Iya luh... gue usahain datang, masak primadona kelompok KKN wisuda kita gak datang hehehe..."
Galuh : "Hahaha masih gombal aja kayak dulu men.... ada acara apa nih keluar bareng-bareng?" Gue : "Cuma makan-makan bareng doang luh... Kemaren gue pulang ke sumatera dan baru ke jogja lagi dua hari yang lalu, kayaknya mereka bertiga kangen sama gue...."
Galuh : "Hahaha siapa sih yang gak kangen sama orang super kece kayak elo men hehehe..." Gue : "Hahaha pinter gombal juga lo sekarang luh...."
Galuh : "Hahaha gak lah pak ketu.."
Gue : "Ya udah kalo gitu gue kesana dulu ya..." Galuh : "Iya men..."
Dan gue pun kembali ke meja tempat duduk anak-anak. Kita berempat pun langsung pesan makanan porsi besar, maklum gue yang baru pulang dari rumah jadi porsi makan masih sedikit mengikuti porsi bawaan dari rumah, gue pesen dua porsi. Tika dan wulan agak kaget juga ngeliat gue pesan dua, tapi bodo amat, gue laper.
Tika : "Abis makan porsi segitu men?""
Gue : "Habis kok tik, tenang aja... Paling ntar juga dibantuin dimas, biasanya orang baru putus itu porsi makannya banyak hahaha..."
Wulan : "Gimana men dirumah?" orang rumah sehat semua?"" Gue : "Sehat kok lan... kalian bertiga gimana skripsinya?" lancar?""
Dimas : "Alhamdulillah lancar sob... tinggal elo doang nih, masa ntar kita wisuda gak bareng..." Tika : "Iya nih... kalau kita wisuda cuma bertiga doang pasti gak asik..."
Gue : "Tenang aja guys... pasti asik kok, lagian gue juga tetep dateng kok, cuma bedanya gue gak pake toga itu aja hahaha..."
Wulan : "Tapi alangkah baiknya kalo kita berempat bareng men...."
Gue : " Hahaha nyantai aja... suatu saat gue juga bakal wisuda kok, lagian tokoh utama itu mau ngapain aja pasti selalu terakhir kok... ya gak" hehehe..."
Dimas : "Masih bisa ngeles aja lu...."
Wulan : "Lagian kalau gue liat-liat men, elo dua tahun belakangan ini hasrat elo dengan kuliah jadi agak gimana gitu, agak berkurang kalau dibandingkan dengan dua tahun pertama... ini menurut gue sih, gak tau juga..."
Tika : "Gue setuju sama pendapat wulan...."
Gue : "Hahaha ya mau gimana lagi, hidup terus berjalan... keadaan dan waktu bisa saja merubah jati diri seseorang bukan"... "
Seakan bisa menebak arah omongan gue bakal kemana, mereka bertiga langsung mengalihkan pembicaraan. Baguslah kalau mereka bisa ngerti. Namun tatapan wulan ke gue seakan berbicara betapa menyedihkan hidup gue. Namun pandangan tersebut hilang dengan seketika ketika gue tarik kuncir rambutnya yang malam ini terlihat sangat menggoda. Tidak ada jitakan dan pukalan namun subuah cubitan yang cukup keras dilengan gue. Tak lama kemudian pesenan kita pun datang, gue pun langsung menyantap makanan yang gue pesen, satu porsi tambahan gue bagi dua dengan dimas dan tak butuh waktu lama, piring pun bersih, tinggal noda saos dan kecap doang. Gue sama dimas duduk santai sambil nungguin tika dan wulan menghabiskan pesanan mereka. Gue colek tangannya dimas ngasih kode ke dia sambil nunjuk ke arah tika, dia cuma tersenyum malu. Gue bakal senang banget kalau akhirnya dan seandainya tika dan dimas bisa jadian, kebetulan dimas udah gak sama kinan dan tika juga jomblo. Sementara wulan, ah dirimu sama abang emen aja ya dek.
Tika : "Eh... gimana kalau habis ini kita karokean?"" Dimas : "Wah... ide bagus tuh, pie men?" Gue : "Ayo aja sih... tapi gue gak bayarin lho..."
Tika : "tenang aja bang.... kan elo udah traktir kita makan nih... giliran kita bertiga yang traktir karokean... gimana lan?"
Wulan : "Gue ngikut aja sih..."
Tika : "Oke kalo gitu fix, malam ini kita karokean..." Dan selesai makan malam pun kita berempat langsung menuju ke tempat karoke, dimas dan tika terlihat bersemangat banget mau curhat lewat lagu, dan seperti biasa si wulan tetep pasang muka cool, entah lagi dapet atau emang kalemnya gak ilang-ilang. Tapi segaris utaian rambutnya yang diselipkan ditelingan tertiup angin malam membuatnya tetap terlihat teduh namun mematikan. Mematikan dalam artian kecantikan dan seyuman yang bisa membuat jantung berdetak kencang, pandangan yang tajam selalu mengincar mangsanya. Ah, kok tiba-tiba gini... oke skip.
Dan kita berempat pun sudah berada didalam ruang karoke, gue langsung pesan bir mumpung ditraktir sama anak-anak. Gue cuma pesan satu botol, lagian cuma gue doang yang minum, agak berharap juga sih si wulan tiba-tiba jadi absurd biar ada temen minum tapi jangan sampai deh dia absurd, kasian.
Si dimas pun langsung beraksi duluan. Udah bisa ditebak dimas pasti bakal nyanyiin lagu yang sesuai suasana hatinya, dan bener aja dia nyanyi lagu jamrud pelangi dimatamu. Gue yakin ini lagu pasti buat si tika. Si tika ya entah sadar apa enggak kalau dimas nyanyiin lagu ini buat dia cuma bisa sesekali ikut mengiringi nyanyian dimas. Wulan yang dari tadi diam aja mulai ngeluarin kebiasaannya yang bikin gue gemes, yaitu tingkah spontannya yang kadang bisa di bilang gak jelas, dia terlihat mulai megangin botol bir yang gue pesen, dia ngeluarin tisu buat ngelap butiran air yang ada dibotol bir tersebut. Ah si kuncir, tingkahnya emang selalu mengundang senyum. Sadar kalau sedang diperhatiin sama gue dia ngasih kode supaya duduk disebelahnya. Dan gue pun langsung duduk disamping si wulan sambil sesekali mainin kuncirnya dia.
Part 97 Hujan, pelukan dan tangisan Gue : "Kenapa ncir?" pengen ngebir?""
Wulan : "Hehehe dibuka lah men... biar gue bisa nyicip..." Gue : "Kok elo sekarang jadi doyan ngebir sih?"" Wulan : "Kan gara-gara elo men..."
Gue : "Perasaan gue gak pernah nawarin elo ngebir ncir... malah kadang elo yang sering ngerampas bir gue..."
Wulan : "Isssshhh cepet buka nah... pengen nyicip dikit aja..."
Gue : "Haduh... ncir ncir... gue kayak cuma bisa ngasih pengaruh buruk ke elo..." Wulan : "Hehehe gapapa men... toh gue sendiri juga mau kan... jadi gak masalah.."
Dan gue pun langsung membuka tutup bir dan gue minum beberapa teguk, lagi asik minum botol yang gue pegang langsung dirampas sama wulan dan bibir botol pun berhasil ciuman dengan bibirnya si wulan, seksi campur kasian gue liat si kuncir gara-gara gue jadi doyan ngebir. Akhirnya selesai juga si tika dan dimas nyanyi, sekarang giliran si kuncir. Di milih nyanyiin lagu yang dia nyanyikan waktu di pantai yaitu the cranberries linger. Kali ini gue denger suara si wulan merdu banget menyanyikan lirik demi lirik, seakan lirik tersebut mengungkapakan apa yang dia rasakan. Si tika dan dimas cuma bisa senyum penuh arti ngeliat gue yang serius merhatiin si kuncir nyanyi.
Tika : "Cie.... serius banget ngeliatin si wulan nyanyi..." Dimas : "Si emen lagi denger curhatannya si wulan tuh..." Gue : "Sssstttss... diem, gue lagi serius ini dengerin si kuncir..."
Tika : "Hahaha udah sih bang.... si kuncir jangan dianggurin terus, buruan ditembak..." Dimas : "Hahaha gak bakal tik si emen nembak si wulan... mereka berdua masih gengsi dengan perasaan masing-masing..."
Gue : "Kalian berdua ini ngomong apa sih?"
Tika : "Gapapa bang.... cuma ngomongin dua orang yang cocok banget jadian tapi malah belum berani nyatain perasaan masing-masing.. hehehe"
Setelah hampir satu jam kita berempat jingkrak-jingkrak gak jelas sambil nyanyi. Akhirnya datang di lagu pamungkas, lagu terakhir yang lebih enak dinyanyiin bareng-bareng. Kita berempat setuju buat nyanyiin lagunya Sheila on 7 Sahabat sejati. Dan lagu pun dimulai, dimas dan tika kompak nyanyi sambil berbagi mic, mau gak mau gue sama wulan juga ngikutin mereka berdua. Dua bibir satu mic, bahkan terlalu dekat. Ah pengen gue cium ini anak, tapi ada tika sama dimas.
Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu Di hari kita saling berbagi
Dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu Kuperlihatkan semua hartaku
Kita slalu berpendapat, kita ini yang terhebat Kesombongan di masa muda yang indah Aku raja kaupun raja Aku hitam kaupun hitam
Arti teman lebih dari sekedar materi
Pegang pundakku, jangan pernah lepaskan Bila ku mulai lelah, lelah dan tak bersinar Remas sayapku, jangan pernah lepaskan Bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu
Ku slalu membanggakanmu, kaupun slalu menyanjungku Aku dan kamu darah abadi
Demi bermain bersama, kita duakan segalanya Merdeka kita, kita merdeka
Tak pernah kita pikirkan Ujung perjalanan ini Tak usah kita pikirkan ujung perjalanan ini
Sheila on 7 Sahabat sejati
Selesai karoke kita berempat langsung pulang ke rumah, karena udah cukup malam, tika dimas dan wulan memutuskan untuk tidur dirumah gue. Mereka bertiga kompak tidur berbaris didepan tv. Gak enak juga rasanya kalau gue tidur sendirian dikamar, kemudian gue ambilkan bantal dan selimut didalam kamar dan ikutan tidur disebelahnya si tika. Karena mungkin karena dari siang main di rumah dan malamnya keluar cari makan dan karoke mereka bertiga langsung tertidur, dimas tidur didekat tembok, paling ujung, disebelahnya ada wulan kemudian tika dan gue. Namun karena ngeliat mereka bertiga tidur nyenyak banget akhirnya ikutan ngantuk juga.
Jam tiga pagi gue terbangun, gue lihat mereka bertiga masih terlelap dalam mimpi masing-masing. Terdengar diluar hujan turun cukup deras, langsung gue tutupin badan tika dan wulan dengan selimut, sementara si dimas gue timpuk pake bantal. Gue berjalan ke belakang buat bikin kopi hangat dan kemudian langsung gue buka pintu depan dan duduk diteras, ditemani kopi panas dan guyuran hujan menjelang subuh. Syahdu.
Gue hidupkan sebatang rokok dan menghebuskan asapnya keatas. Gue lihat disekeliling suasana hening, guyuran hujan mungkin membuat tidur makin nyenyak, gue lihat pos nya mas dibyo juga tutup, mungkin mas dibyo lagi ngadem didalam. Sejenak gue melamun tentang apa yang kemaren terjadi antara gue dan rara. Merasa bersalah itu jelas, tapi ini kan demi kebaikan juga, agak sulit memang namun ini keputusan yang gue ambil dan gue yakin didalam hati rara pasti marah banget sama gue. Tapi sesekali gue juga harus berani membuat keputusan yang tegas didalam urusan hubungan dengan orang lain, terutama wanita. Ah wanita, mungkin karena memang udah menjadi karakter cowok sagitarius yang punya banyak cinta untuk para wanita, meskipun cinta bukanlah sesuatu yang gue angaap penting untuk saat ini. Sedang asik-asik ngelamun tiba-tiba si tika muncul didepan pintu.
Gue : "Lho tik... udah bangun?""
Tika : "Iya men... gue bangun trus gue liat elo ngilang, ternyata lagi ngelamun sendirian hehehe..."
Kemudian si tika duduk disamping gue dan menyandarkan kepalanya dibahu gue, dia menaikkan kakinya ke kursi sambil ditutupi jaket jeans gue. Indah juga duduk berdua malam-malam dikala hujan turun.
Tika : "Lagi ngelamunin apa bang?"
Gue : "Hahaha gak ngelamunin apa-apa kok tik... cuma menikmati suasana hujan aja.. gue suka banget kalo hujan malam kayak gini..."
Tika : "Eh bang... wulan gak marah kan kalo gue nyederin kepala di bahu lo?" hehehe..." Gue : "Hahaha nyantai aja kali tik... Lagian gue sama dia kan belum jadian..." Tika : "Belum jadian.... kayaknya bentar lagi jadian nih hehehe.... oh iya men, kok elo dari dulu gak pacaran aja sih sama si wulan?"
Gue : "Gak tau... menurut elo gue cocok gak sama dia?"
Tika : "Cocok banget men.... dari dulu kan udah gue bilang, kalian berdua itu pas... yang cowok sangar kayak preman, yang cewek kalem tapi absurd... Lagian kasian juga si wulan dari dulu gak pernah pacaran cuma sebatas gebetan doang.... dan dia juga suka sama elo men..." Gue : "Hahaha gue bakal jadian sama wulan kalo elo juga jadian sama dimas...." Tika : "Whaaattt.... dimas?"
Gue : "Iyap... kalian berdua cocok kok, lagian si dimas kayak dari dulu juga udah suka sama elo..." Tika : "Tau dari mana lo dia suka sama gue?""
Gue : "Kemaren pas di dieng dia sempet keceplosan sama gue... hehehe tapi elo jangan bilangbilang sama dia ya...."
Tika : "Hahaha... tapi gue masih belum enak sama kinan men... mereka berdua kan baru putus..." Gue : "Ya gak harus sekarang juga tik.... tunggu momennya pas aja..."
Tika : "Hhhmmnn... jangan ngomongin gue sama dimas dulu deh, gue lebih tertarik ngomongin elo sama wulan men hehehe..."
Gue : "Oke bentar gue kebelakang dulu... kencing..."
Kemudian gue langsung berjalan ke kamar mandi, dan ketika lewat di ruang tengah gue lihat dimas sama wulan nyenyak banget tidurnya, dimas udah nyaman banget tiduran di pojok ruangan, sementara wulan tertidur sambil memeluk guling, rambut kuncirnya yang dilepas dan tergerai seakan bikin dia makin cantik, kalo gak ada tika sama dimas udah gue cium gemes ini anak. Selesai kencing gue balik lagi ke teras depan, gue dibikin kaget sama tika gara-gara dia menghisap rokok gue. Oh tuhan, kemaren si wulan yang jadi doyan ngebir gara-gara gue sekarang tika yang udah berani ngerokok. gue teman yang buruk. Dia cuma tersenyum gak bersalah dan kembali menyandarkan kepalanya di bahu gue.
Gue : "Lo kenapa jadi perokok sekarang tik?"" Tika : "Hehehe lagi pengen aja men... kenapa" kaget ya?"" Gue : "ya kaget lah... gue belum pernah ngeliat elo ngerokok..." Tika : "Hahaha... gue dulu pas SMA udah ngerokok kok men, tapi jarang..." Gue : "Udah ah, jangan diterusin... biar gue aja yang abisin...."
Kemudian gue ambil rokok yang ada ditangannya tika. Dia cuma tersenyum, kemudian mendekapakan wajahnya di dada gue, ini anak kenapa ya?".
Gue : "Tik... elo kenapa?"
Tika : "Hehehe gapapa kok men... lagi pengen dipeluk sama elo men.... peluk gue dong, dingin nih..."
Tampa pikir panjang gue langsung memeluk badannya tika, kayaknya dia nyaman. Gue cium dan belai lembut rambutnya, kemudian dia melihat ke arah gue, diam dan hanya pandangan kita berdua yang sekarang berbicara banyak, dia memejamkan matanya dan gue pun ikut memejamkan mata, sesaat kemudian gue rasakan hangat kecupan si tika mendarat dibibir gue. Cukup lama gue dan tika menikmati kecupan hujan, setelah itu dia melepaskan ciumannya dan tersenyum manis, agak khawatir juga kalo sampai ketahuan sama dimas dan wulan.
Tika : "Wah... akhirnya men, kita ciuman juga ya hahaha..." Gue : "Kan elo yang nyosor duluan tik..."
Tika : "Tapi elo suka kan?" hehehe...." Gue : "Ya siapa sih yang gak disuka dicium...."
Tika : "Hehehe agak ngerasa gak enak nih gue sama wulan... gara-gara nyium calon pacarnya..."
Gue : "Hahaha gue juga, jadi gak enak sama dimas...." Tika : "Husss... kok ngomongin dimas lagi sih.... " Gue : "Hahaha emang kenapa tik... kalian berdua cocok kok...." Tika : "Udah ah.... jangan ngomong lagi... kita nikmatin hujannya aja...."
Kemudian suasanan menjadi hening, gue sama tika larut dalam pikiran masing-masing. Sementara kedua tangan gue masih memeluk erat tubuhnya tika. Entah apa yang dia pikirkan sampai-sampai nyium gue segala, dan gue juga entah kenapa juga bisa jadi kayak gini. Apa karena emang dasarnya cowok sagitarius itu gampang suka sama cewek atau malah seseorang yang sempat gue kagumi di awal kuliah sekarang ada didalam dekapan gue". Gue gak tau, tapi yang jelas kita berdua menikmati suasana ini, hujan, malam dan perasaan. Kombinasi yang bikin hati dan otak jungkir balik. Sesaat kemudian gue rasakan baju gue dibagian dada sedikit basah, air hujan kah". Gue lihat ke atas, gak ada air yang netes. Namun setelah gue perhatikan lagi baju gue basah tepat di tempat tika melatakkan wajahnya. Dia nangis, oh tuhan apa lagi salah gue sampai bikin tika nangis gini.
Part 98 Sore diselatan jogja 2 Gue : "Tik... elo gak kenapa-kenapa?"
Dia hanya diam, kemudian membenamkan wajahnya di dada gue, cukup lama. Mau gue ajak ngobrol gak enak juga, akhirnya gue biarkan tika larut dalam lamunannya, wajahnya masih mendekap dada gue erat sementara kedua tangannya memeluk gue. Gue cuma bisa menghela nafas panjang menikmati hujan, pelukan dan tangisan.
Cukup lama tika ada didekapan gue, sampai akhirnya hujan mulai reda dan azan subuh mulai berkumandang. Dan gue lihat si tika kayaknya udah ketiduran didada gue, langsung gue gendong badannya kedalam, gak enak juga ntar kalo diliat sama tetangga. Didalam gue baringkan badannya tika disamping wulan yang masih tidur nyenyak. Setelah itu gue melangkah ke kamar mandi buat cuci mukan dan wudhu buat sholat subuh. Dikamar gue sholat sebentar, udah lumayan lama rutinitas ini gue tinggalkan, ah seenggaknya masih ingat. Selesai sholat gue duduk bentar diatas sajadah dan akhirnya ketiduran lagi.
Jam tujuh pagi gue rasakan badan gue di colek-colek sama wulan, gue yang masih pake sarung dan ketiduran diatas sajadah pun langsung berdiri bangun. Gue denger suara ribut si dimas sama tika yang lagi ribut dibelakang, kayaknya lagi bikin mie goreng. Sementara si wulan cuma senyum-senyum aja ngeliat gue tidur pake sarung, dia berdiri cukup lama didepan pintu kamar. Gue langsung bangun dan buka kain sarung dan melipat sajadah. Kuncir yang masih berdiri didepan pintu langsung gue cium keningnya, dia hanya bisa memejamkan mata, mumpung si tika dan dimas gak liat. Kemudian si wulan tersenyum manis.
Wulan : "Ada angin apa nih nyium gue pagi-pagi gini" hehehe..."
Gue : "Gapapa kok ncir... abis elo cakep banget kalo bangun tidur gini... makanya gue cium hehehe..." Wulan : "Elo masih ngimpi ya... bangun sih...."
Gue : "Kalo elo tetep manis kayak gini, gue rela gak bangun-bangun dari tidur ncir dan terus mimpi hehehe..."
Wulan : "Dasar cowok... pagi-pagi udah gombal..." Gue : "Hehehe tapi elo suka kan?""
Wulan : "Hmmnnn... iya sih..."
Gue : "Nah gitu dong.... " *usap-usap rambutnya*
Wulan : "Yuk ke belakang... kayaknya tika sama dimas udah kelar masak mie goreng..." Gue : "Yuk..."
Gue sama wulan melangkah ke belakang, disana gue lihat si tika sama dimas lagi sibuk nyiapin piring-piring buat sarapan. Gini nih enaknya punya teman deket, dirumah temen kayak udah dirumah sendiri, gue lihat baju dalam kotor gue yang gue letakkan didapur udah dijadiin kain lap sama tika, hadeh.
Dimas : "Cie yang dibagunin calon pacar... hehehe... gimana ncir, yang bangun gak cuma emen doang kan"
juniornya jugak" hahaha..."
Wulan : "Gak tau.... gak sempet liat, tadi dia tidur pake sarung...." Gue : "Oh... jadi pengen liat nih?""
Wulan : "Hahaha ojo men.... dasar mesum...."
Gue : "Hehehe kali aja elo penasaran mau liat "pohon pete" gue... eh tik, elo tega banget itu baju dalam favorit gue elo jadiin kain lap...."
Tika : "Eh... ini baju masih dipake men?"" aduh... sorry banget gue gak tau...." Wulan : "Salah sendiri tarok baju kotor didapur..."
Gue : "Yo wes lah... udah terlanjur..."
Tika : "Hehehe maaf ya bang... "
Dan kita berempat pun langsung makan mie goreng buatannya tika sama dimas, enak. Disaat sedang makan gue sempat kepikiran dengan tangisan si tika semalam, Dia kenapa tiba-tiba nangis dipelukan gue". Apakah akhir-akhir ini ada tingkah gue yang bikin dia sedih". Atau selama ini gue yang gak peka dengan perhatian dia ke gue, atau malah gara-gara masalahnya si miko yang gue pukul trus hubungan mereka berdua jadi berakhir. ah, entahlah. Lagi asik-asik ngelamun tiba-tiba wulan nepok pundak gue, alhasil mie goreng yang mau gue suapin ke mulut nyaris masuk kehidung. bangke nih si kuncir, bikin kaget aja, mereka bertiga ketawa ngakak keras banget ngeliat hidung gue kena bumbu mie goreng.
Gue : "Buset ncir.... kaget gue..."
Wulan : " Hehehe sori men.... abis elo dari tadi ngelamun mulu sih...."
Dimas : "Tauk nih... makan kok sambil ngelamun... kasian tuh makanannya ntar malah jadi kayak si kuncir yang lo anggurin terus dari dulu hahaha...."
Tika : "Hahaha atau jangan-jangan bang emen lagi ngelamunin si galuh nih.... " Gue : "Do ngomong opo toh...."
Gue langsung bediri ngambil tisu buat ngelapin hidung yang kena bumbu. Setelah itu kita berempat lanjut makan. Gak lama selesai makan mereka bertiga pamit pun pamit pulang ke rumah masing-masing, dan sekarang tinggal gue sendiri. Jujur, gue masih penasaran dengan tangisan si tika semalam, dan gue putuskan untuk harus cari tau kenapa dia bisa nangis sebelum melangkah lebih jauh. Sebelum gue sama wulan yang sekarang udah semakin-semakin aja. If you know what i mean.
Siang menjelang sore selesai mandi gue langsung sms tika nanyain dia lagi dimana. Dan sms gue pun langsung dibalas sama dia. Setelah dapat balasan sms dari si tika gue langsung memacu motor gue ke rumahnya dia. hari ini gue harus tau alasan si tika nangis, rencananya dia mau gue ajak ke tempat yang dulu pernah gue datangin sama dia waktu dia sedih, selatan jogja. Sampai didepan rumahnya gue lihat tika lagi duduk santai di teras, dia yang melihat gue datang langsung membukakan pintu pagar rumahnya.
Tika : "Eh mau kemana nih?""
Gue : "Ikut gue yuk tik, sore ini.... elo lagi gak sibuk kan?"" Tika : "kemana men?"... gue lagi santai kok..."
Gue : "Biasa tik... ke tempat yang dulu pernah kita kunjungin...." Tika : "Hahaha oke deh... gue siap-siap dulu ya..."
Kemudian tika masuk ke rumah buat ganti baju dan gue langsung duduk didepan ters rumahnya sambil menyalakan sebatang rokok. Tak lama kemudian dia muncul didepan pintu rumah dengan mengenakan pakaian santai, hoddie plus jeans panjang dan sepatu kets, simple. Tak terlihat seperti biasanya, dia gak bawa apa-apa, biasanya si tika kalo mau keluar selalu bawa tas, seperti cewek pada umumnya, kali ini dia terlihat santai sambil memasukka tangan kedalam kantong jaketnya.
Tika : "Yuk bang.... gue udah siap nih..." Gue : "Ayok.... "
Gue dan tika pun langsung menyusuri jalanan jogja, gue mengarahkan motor menuju jogja selatan, ke tempat dimana dulu pernah gue kunjungin bareng tika waktu dia sedih karena putus sama arya. Di jalan kita gak banyak ngobrol gue sibuk memperhatikan jalan dan memacu motor dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tika yang gue takut agak takut naik motor ngebut cuma bisa memeluk punggung gue dari belakang sambil menyandarkan kepalanya di punggung gue. Setelah cukup lama dijalan akhirnya kita berdua sampai juga di gerbang pantai parangtritis, gue langsung mengarahkan motor menuju jalanan yang mnegarah ke atas pantai parang tritis. Sampai ditujuan gue memarkirkan motor didekat warung yang udah tutup, mungkin karena udah sore. Gue lihat cuma ada beberapa motor yang parkir disini, berarti diatas suasananya sepi, pas lah kalau gitu. Gue dan tika mulai berjalan melangkahkan kaki menyusuri jalan setapak berbatu, dan seperti yang udah gue bayangkan dia pasti bakal manja banget kalau udah kayak gini.
Tika : "Bang.... gendong dong......"
Gue : "Buset tik... nanjak gini elo minta gendong...?"" Tika : *Ngangguk*
Dia berdiri diam sambil menunjukkan wajah lucunya. Ah, terlalu indah untuk bilang enggak. Kemudian dia langsung naik ke punggung gue, agak takut juga gendong tika pas melewati jalan kecil kayak gini, kalau jatuh bisa-bisa aja kita berdua terjun bebas masuk ke jurang. Setelah cukup lama gendong si tika akhirnya kita berdua sampai diatas. Hanya ada beberapa orang disana yang lagi pacaran. Gue sama tika pun langsung duduk di pinggir bibir beton sambil menikmati pemandangan pantai parangtritis dan depok dari ketinggian ditambah dengan sinar matahari sore yang menambah indah suasana.
Tika : "Udah lama ya men kita gak kesini...."
Gue : " Iya tik... kan kita kesininya pas elo putus doang hahaha..." Tika : "Tapi kemaren gue putus sama miko kok elo gak ngajak kesini?"..." Gue : "Hehehe lupa tik...."
Tika : "Ihh... dasar... trus sekarang pas gue lagi jomblo kayak gini kenapa elo malah ngajak kesini?"" Gue : "ya lagi pengen ke sini aja tik.... kenapa" elo gak suka ya gue ajak kesini?""
Tika : "Bukan gitu men... justru gue seneng banget elo ngajak gue kesini... gue cuma penasaran aja, elo tadi siang tiba-tiba ngajak gue kesini..."
Gue : "Hahaha gapapa tik.... lagian udah lama kan kita berdua gak jalan berdua... jadi kangen juga gue jalan berdua sama elo.... ngomong-ngomong jangan kasih tau dimas ya, ntar dia ngamuk hehehe..." Tika : "Ihhh... kenapa sih jodohin gue sama dimas muluk.... gue juga gak enak nih sama si kuncir, calon pacarnya nyulik gue sore-sore kayak gini ketempat romantis lagi hahaha...."
Gue : "hahaha berarti posisi kita sekarang sama kan.... lari dari calon pasangan masing-masing..." Tika : "hahaha jadi sekarang kita ceritanya backstreet nih?"
Gue : "hahaha bukan gitu tik.... gue ngerasa romantis dan gila aja, hampir mirip kayak selingkuh tapi indah untuk dikenang..."
Tika : "Cie.... kok tiba-tiba puitis sih bang" hahaha..." Gue : "Gak tau tik... mungkin gara-gara backstreet kayaknya...." Tika : *Senyum*
Kemudian tika menyandarkan kepalanya di bahu gue. Kita berdua menikmati sinar matahari sore yang sedikitsedikit mulai meredup ditambah dengan hamaparan laut dan pantai selatan. Gue nyakalan sebatang rokok, sementara tika terlihat asik tiduran diatas beton sambil kepalanya disandarkan di kaki gue. Gue sama tika seakan-akan berlomba dengan pasangan lain yang ada disana siapa yang kelihatan lebih romantis. Agak lucu juga, orang-orang yang lagi pada pacaran ngeliat gue sama tika langsung pada mesra dengan pasangan masingmasing. Kemudian gue pandangi wajah tika yang sedang asik bersender dikaki gue. Dia cuma tersenyum manis.
Part 99 Sore selatan jogja 3
Tika : "bang... tuh di idungnya ada upil... hahaha..." Gue : "Hah... beneran?"" *Langsung ngupil* Tika : "Ihhh... jijay ah... malah langsung ngupil...."
Setelah cukup lama jari telunjuk berkelana didalam lubang hidung demi mencari seonggok harta karun, akhirnya dapat juga bongkahan emas kering yang cukup besar. Tika yang ngeliat gue ngupil cuma bisa nutupin mukanya pake tangan, mungkin takut kalau gue jahil nempelin upil diwajah mulusnya.
Sinar matahari mulai meredup, satu persatu orang-orang yang ada disini mulai turun ke bawah, sementara gue sama tika masih asik dengan lamunan masing-masing, tika masih betah menyandarkan kepalanya di kaki gue. kemudian gue angkat kepalanya tika agar bersandar dibahu gue. Dan dia mulai menyandarkan kepalanya dibahu gue sambil menatap jauh kehamparan laut.
Gue : "Tik...."
Tika : "Iya men?""
Gue : "Gue boleh nanya sesuatu gak sama elo?""
Tika : "Boleh kok men.... kok pake ijin segala sih?" nyantai aja kali men..." Gue : "Jawab jujur ya tik..."
Tika : "Iya men...."
Gue : "Kemaren waktu kita duduk berdua didepan rumah.... terus elo nangis, itu gara-gara gue ya tik?""
Raut wajah tika sedikit berubah mendengar pertanyaan gue, namun pandangannya masih tetap jauh kedepan menatap matahari yang mulai sedikit menghilang dan meninggalkan warna khas sore hari. Kemudian gue lihat dia menarik nafas panjang, kemudian memandang wajah gue dan tersenyum manis. Dan dia menarik kepalanya dari bahu gue.
Tika : "Enggak kok men... bukan salah elo kok...." Gue : "Terus kenapa bisa nangis?"..."
Tika : "Gak tau men... paling cuma terbawa suasana aja..." Gue : "Suasana apa tik?"
Tika : "........."
Gue : "Ya maaf lah tik... kalo gue kemaren malam terlalu jauh tik, sampe nyium elo segala..." Tika : "Gapapa kok men.... justru gue senang banget kita bisa kayak gitu... seakan-akan apa yang gue rasain selama ini terangkum dalam satu moment kayak kemaren malam men.... "
Gue : "........"
Tika : "Men.... maaf ya, gue gak seharusnya kayak gini sama elo... gue tau elo sekarang udah mulai dekat dengan wulan..."
Gue : "Udah lah tik.... gapapa kok, wulan pasti juga ngerti kok...." Tika : "Men gue boleh jujur gak?"" Gue : "Boleh tik...."
Tika : "Gue sayang banget sama elo men..." Gue : "Iya tik... gue tau..."
Kemudian tika langsung memeluk badan gue erat sambil melepaskan tangisannya. Gue cuma bisa diam mendengar isak tangisnya, gue belai lembut rambut panjangnya yang tergulai tertiup angin. Dekapannya semakin kuat, sepertinya dia menumpahkan apa yang selama ini dia rasakan. Cukup lama buat tika untuk menghilangkan isak tangisnya dan mulai bicara lagi.
Tika : "Dari awal kita ketemu.... kenalan, gara-gara telat kekampus... terus dari cara elo perhatian ke gue, cara elo bikin gue senyum, pokoknya banyak lah men tingkah laku elo yang bikin gue sayang sama elo... tapi selama ini gue terlalu egois dengan perasaan sendiri.... sampai akhirnya rasa cemburu harus gue pendam sendiri" *Mulai reda*
Gue : "Tik.... asal elo tau.... jauh sebelum gue kenal sama siska, dari semenjak elo nepuk pundak gue didepan mading, gue juga udah suka sama elo tik, pandangan pertama.... Tapi elo tau sendiri kan, gue orangnya pengecut, sampai-sampai elo jadian sama orang lain pun gue cuma bisa diam... malah saking menyedihkannya gue malah mendukung elo jadian sama orang lain.... Jujur tik, gue cemburu banget waktu elo jadian sama mas arya, tapi akhirnya rasa cemburu gue bisa terobati dengan hadirnya siska dalam hidup gue meskipun akhirnya dia ninggalin gue pergi ke kalimantan.... dan sampai dia benar-benar pergi untuk selamanya... Jujur dengan hadirnya siska gue sedikit bisa rela elo jadian sama orang lain, tapi setelah siska pergi gue benar-bener hilang kontrol... Putri yang sempat hadir pun sepertinya gak bisa mengobati luka yang ditinggal siska dengan kepergiannya.... butuh waktu lama buat gue ikhlasin kepergian siska tik.... sampai akhirnya semua udah mulai biasa lagi.... dan gue lagi-lagi harus ngeliat elo jadian sama orang lain, gue pesakitan... dan sekarang gue mulai dekat lagi dengan wulan.... jujur aja, kedepannya gue gak tau harus berbuat apa tik.... "
Tika : "Maafin gue ya men.... "
Gue : "Gapapa tik yang penting sekarang kita udah jujur satu sama lain... gak ada yang harus disembunyiin lagi..."
Tika : "Iya men.... gue juga dukung banget kok elo jadian sama wulan... dia orang yang pas buat elo men..." Gue : "Terus elo gimana tik?""
Tika : " Ya gue gak gimana-gimana.... mungkin mulai mencari orang lain, orang yang baru tapi rasa yang lama.... "


Sebuah Kota Banyak Cerita Karya Menyingsing90 di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Gue : "Dimas ya?""
Tika : "Hehehe mungkin... tapi kayaknya harus adaptasi dulu..." Gue : "Hahaha iya tik... gue setuju banget kalau sama dimas...."
Tika : "Hahaha tenang aja, gue sama dia kayaknya juga bakal nyusul kalau elo jadian duluan sama wulan bang hehehe..."
Gue : "Kita lihat aja tik...."
Kemudian tika kembali menyandarkan kepalnya dibahu gue dan kali ini kedua tangannya memeluk gue erat. Dan tangan kanan gue pun ikut merangkul bahunya. Suasana pun mulai terasa sepi, disini hanya tinggal gue berdua sama tika. Kemudian kita berdua berdiri untuk bersiap-siap turun ke bawah.
Tika : "Men... sebelum kita pulang gue boleh minta satu kecupan lagi?"" sebelum kecupan itu jadi milik wulan?" hehehe..."
Gue : "Gak minta pun gue juga bakal nyium elo tik...."
Dan kita berdua pun berdiri hadap-hadapan. Gue sibakkan rambut si tika yang menutupi wajahnya karena tertiup angin dan dia pun mulai memejamkan matanya. Dan sebuah momen indah pun tercipta, semua cerita dengannya dari awal kuliah pun seakan terkumpul dalam satu momen menjelang malam di selatan jogja ini. Gue mulai melepaskan ciuman gue dari bibir tika, kita berdua cuma tersenyum dan tertawa kecil mengingat apa yang udah kita lakukan.
Tika : "Wulan.... maaafin gue ya..."
Gue : "Iya nih dim... sori, cewek pujaan lo gue cium.." Tika : "Hahaha... udah yuk turun, udah mulai gelap..." Gue : "Tunggu tik, sini gue gendong...."
Tika : "Hehehe asik..."
Sambil menggendong tika turun kebawah kita berdua sedikit bercanda sambil cekikikan.
Hijaunya Lembah Hijaunya 34 Interpretation Of Murder Karya Jed Rubenfeld Dirty Little Secret 5
^