Pencarian

Negeri Di Ujung Tanduk 5

Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye Bagian 5


Komputer ini terhubung dengan jaringan internet" aku bertanya.
Kris yang sudah berdiri mengangguk.
Aku duduk mengambil alih posisi Kris. Buka browser internetnya, Kris.
Kris menunduk, meraih keyboard, jarinya lincah bekerja. Peta raksasa itu hilang, bergantikan layar komputer biasa. Sebuah browser internet telah dibuka Kris.
Aku mengembuskan napas, sedikit tegang, ini sungguh tidak masuk akal, bagaimana mungkin jutaan data Kris tidak memuat nama musuh besarku itu. Aku mengetikkan alamat website mesin pencari, searching. Aku tiba-tiba memikirkan itu, setelah dua kali nama itu tidak ditemukan, jangan-jangan. Aku memasukkan nama Shinpei di kotak pencarian, menekan enter. Beberapa detik berlalu.
Data tidak ditemukan. Aku menepis meja komputer. Persis seperti yang aku cemaskan. Lihatlah, bahkan website mesin pencari internet tidak menemukan satu pun entri yang pernah menulis nama Shinpei, dalam berita apa pun, artikel mana pun. Jadi bagaimana mungkin Kris akan menemukan pola dalam programnya yang hanya spesifik berisi data kasus hukum dua puluh tahun terakhir.
Kita telah menemukan orangnya, Kris. Kita telah menemukan desainer besar yang mengendalikan seluruh nama di ring pertama. Aku menoleh kepada Kris, Dan aku baru saja mem- Bagaimana mungkin" Bukankah namanya tidak ada di pola" Kris tidak mengerti.
Aku menggeleng, menatap Kris. Ini memang gila. Bagaimana mungkin kalian bisa menghilangkan nama kalian di jaringan internet" Silakan ketikkan nama siapa pun di mesin pencari, pasti pernah melintas di dunia internet. Apalagi jika nama itu adalah pengusaha besar, pemilik banyak bisnis, tidak masuk akal namanya raib dari seluruh berita, liputan, artikel, tulisan, dan sebagainya. Itulah kenapa program canggih Kris, dengan jutaan data kasus hukum yang dimasukkan tidak menemukan polanya. Karena nama Shinpei tidak pernah ada. Nama itu lenyap baik di dunia maya, maupun di dunia nyata.
Kita menghadapi seseorang yang mengerikan, Thom, Kris berbisik pelan. Akhirnya dia mengerti, wajahnya sedikit pucat. Aku kira itu hanya kabar hoax antar peretas dan programmer komputer dunia. Tapi ternyata benar. Kau tahu, Thomas, hanya sedikit orang di dunia ini yang bisa menghapus namanya di seluruh jaringan internet. Shinpei, siapa pun orang ini, telah menghapus begitu saja namanya dari jejak dunia internet.
Maryam lebih dulu menyelaku sebelum aku membuka mulut. Dia menyerahkan telepon genggam, sebuah pesan pendek tertulis di layar: Nyalakan televisi. Siaran live penting.
Aku menoleh, siaran apa" Maryam mengangkat bahu, tidak tahu.
Serangan balasan dari musuh telah datang, dan kali ini benarbenar mematikan.
T IDAK ada televisi di ruang kerja Kris.
Tapi itu bukan masalah besar. Saat aku berseru butuh televisi untuk menonton berita penting yang sedang disiarkan, salah satu staf Kris mengangguk, bilang itu mudah. Dia mengetikkan sesuatu di komputernya. Dua detik, layar itu telah menampilkan streaming siaran televisi. Aku dan Maryam hendak berdiri di belakang staf Kris tersebut, menonton.
Pindahkan ke layar besar agar kita semua bisa menontonnya. Kris menjentikkan jari, menyuruh stafnya membuat layar besar di ruangan itu berubah menjadi layar televisi.
Staf Kris bergegas menekan keyboard komputer. Layar 40 inci di dinding ruangan segera menyiarkan siaran langsung tersebut.
Aku sempat berpikir itu siaran langsung dari arena konvensi. Ada kabar baru. Ternyata bukan. Breaking news itu tidak dari
Episode 27 Serangan Mematikan berasal dari kabar klien politikku, seperti boleh jadi ada kejutan tuduhan baru atasnya.
Di layar kaca terlihat hiruk pikuk, api kebakaran membubung tinggi. Bukan dari rumah atau gedung, melainkan dari tiga mobil yang terbalik di jalanan. Dua mobil pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi. Ini pukul sebelas malam. Jalanan kota sudah lengang. Mereka bisa tiba dengan cepat. Air menyembur deras dari slang-slang, berusaha memadamkan api. Puluhan anggota pasukan dengan seragam taktis terlihat di latar siaran, sebagian dari mereka dalam kondisi mengenaskan, terkapar di jalanan. Ambulans meraung, menurunkan tandu darurat, mengangkut beberapa orang yang terluka parah.
Pemirsa, saat ini kami melaporkan langsung dari salah satu jalan Jakarta. Di belakang kami saat ini sedang terjadi kekacauan luar biasa. Tiga mobil terbalik, terbakar, orang-orang terkena tembakan, dan banyak orang menjadi korban. Menurut saksi mata yang berhasil kami temui, salah satu anggota pasukan bersenjata, menjelaskan mereka sedang mengawal pemindahan salah satu tahanan paling penting di negeri ini, Liem Soerja, terhukum kasus penyelamatan Bank Semesta setahun lalu.
Tadi sore, Komisi Pemberantasan Korupsi baru saja mengeluarkan surat perintah agar Liem Soerja dipindahkan ke tahanan di bawah pengawasan mereka. Komisi Pemberantasan Korupsi akan menjadikan Liem sebagai saksi penting dalam banyak kasus yang akan mereka ungkap. Meskipun juru bicara Komisi belum bersedia bicara, karena konferensi pers baru akan diadakan besok, bisa kami pastikan salah satunya Liem akan bersaksi atas penangkapan lima anggota DPR beberapa jam lalu dari arena dalam berbagai kasus lain yang melibatkan tender barang dan jasa kepolisian, juga kasus-kasus di kejaksaan, di kehakiman, dan kasus lainnya di hampir seluruh lembaga penegak hukum negeri ini.
Menurut informasi yang kami peroleh, konvoi mobil tahanan yang membawa Liem Soerja dari penjara sipil terhenti oleh sebuah mobil yang mendadak berhenti di jalan raya, lantas dari belakang iring-iringan tersebut, sebuah mobil tanki dengan kecepatan tinggi menghantam, langsung meledak seketika, membuat terbalik dua mobil petugas. Dari mobil yang berhenti di depan konvoi, turun belasan orang bersenjata yang langsung menembaki petugas escort tahanan yang dikirim Komisi Pemberantasan Korupsi. Dua petugas meninggal di tempat, dan belasan lain luka parah, terkapar di jalanan. Tidak ada yang tahu di mana dan apa kabar Liem Soerja saat ini. Pintu belakang mobil tahanan yang dia tumpangi hancur, borgolnya tergeletak di lantai mobil dan Liem Soerja raib begitu saja.
Belum ada pihak yang bisa memberikan pernyataan terkait kejadian mengejutkan ini. Siapakah orang-orang yang telah menyerang konvoi pemindahan tahanan Liem. Tetapi ini akan menjadi pukulan telak bagi Komisi Pemberantasan Korupsi dan berbagai kasus yang sedang mereka selidiki....
Aku mengangkat tangan, menyuruh agar menghentikan siaran tersebut. Staf Kris menekan keyboard komputernya, membuat layar besar kembali seperti semula.
Maryam di sebelahku menutup mulutnya dengan kedua telapak tangan, tidak percaya dengan apa yang baru saja ditontonnya. Maggie terdiam menatapku. Wajahnya tegang. Kris meng- Apa yang harus kita lakukan, Thom" Maryam bertanya, suaranya gentar.
Aku belum tahu, Maryam. Aku menggeleng.
Ini sungguh kabar mengejutkan. Seharusnya aku bisa memperhitungkannya. Salah satu pimpinan komisi sebenarnya sudah mengirimkan pengawalan terkuat, tapi lawan kami memutuskan menggunakan segala cara untuk membajak iring-iringan mobil tahanan Liem. Tangki minyak yang meledak" Belasan orang bersenjata" Mereka menculik Om Liem dengan cara paling brutal.
Telepon genggam di tangan Maryam berbunyi nyaring sebelum ada yang membuka mulut lagi. Maryam mengangkatnya, bicara dua kalimat, lantas menyerahkan telepon itu kepadaku.
Selamat malam, Thomas. Suara di seberang terdengar serius, prihatin.
Aku mengenalinya. Itu suara Ketua KPK. Kau pasti telah menyaksikan beritanya" Iya, aku menjawab pendek.
Ini menjadi masalah serius, Thomas, mengingat Liem akan menjadi saksi mahkota yang kauberikan tadi sore. Aku cemas mereka langsung menghabisi Liem saat ini.
Tidak. Aku menggeleng, menjawab yakin. Mereka tidak akan membunuh Om Liem. Tidak sekarang. Aku amat mengenal Om Liem. Dia selalu memiliki rencana berlapis. Dan orangorang yang menyerang konvoi ini juga amat mengenal Om Liem, dalam tahun-tahun tertentu. Mereka pernah berteman baik dengan Om Liem. Mereka tahu Om Liem pasti menyimpan ribuan bukti, dokumen, rekaman pembicaraan, dan apa pun terdesak. Mereka tidak akan bertindak konyol menghabisi Om Liem sebelum mengetahui lokasi semua bukti itu tersimpan. Mereka akan memaksa Om Liem memberitahukan tempatnya, atau kemungkinan buruk lain yang akan segera kita ketahui.
Ketua KPK menghela napas. Semoga kau benar, Thom. Semoga saksi mahkota kita dalam keadaan baik. Aku minta maaf dan amat prihatin pamanmu dalam situasi pelik saat ini. Terlepas dari kecemasan kami soal kelanjutan penyelidikan kembali belasan kasus, kami lebih mencemaskan keselamatan pamanmu. Ini kekeliruan yang kami lakukan. Kami bertanggung jawab penuh atas konvoi tersebut.
Tidak. Aku lagi-lagi menggeleng. Tidak ada yang bisa menghentikan mereka menyerang konvoi tersebut, bahkan kalaupun satu kompi pasukan militer mengawalnya. Ini bukan salah siapa pun. Aku yang seharusnya minta maaf dan prihatin atas meninggalnya beberapa petugas komisi dalam misi ini. Mereka telah menunaikan tugas dengan baik.
Percakapan itu terhenti sejenak.
Terima kasih, Thomas. Terima kasih sudah ikut berbelasungkawa. Ini pukulan paling telak yang pernah kami terima. Kami akan melakukan apa pun untuk mengembalikan Om Liem. Kami akan meminta bantuan dari banyak pihak. Apakah kau punya saran" Atau rencana, Thomas"
Aku belum tahu. Ini masih mengejutkan. Aku mengembuskan napas. Mungkin menunggu sejenak adalah pilihan terbaiknya. Memperhatikan situasi.
Baik, Thomas. Aku akan menghubungimu jika ada kabar baru. Dan kau segera hubungi kami jika ada sesuatu. Selamat Percakapan itu selesai. Aku menyerahkan kembali telepon genggam ke Maryam.
Cepat atau lambat mereka akan menghubungi, aku menjawab tatapan mata Maryam yang juga ingin tahu rencanaku. Mereka akan menawarkan sesuatu kepadaku. Aku menguasai banyak informasi tentang Om Liem, dan mereka menduga aku tahu di mana Om Liem meletakkan brankas barang bukti tersebut. Mereka tidak akan berhenti hanya pada Om Liem. Mereka juga akan menyerangku.
Wajah Maryam berubah cemas, memegang lenganku. Bahkan Maggie kehilangan selera untuk berkomentar aneh demi melihat Maryam memegang tanganku.
Om Liem akan baik-baik saja. Dua puluh tahun lebih dia mengalami pasang-surut dengan mafia itu. Menjadi kawan, menjadi lawan, menjadi kawan lagi, dalam kasus tertentu Om Liem adalah bagian dari mereka. Kali ini memang situasinya lebih serius karena dia akan mengkhianati mereka. Tetapi mereka terbiasa dengan pengkhianatan, intrik-intrik jahat. Jaringan mereka adalah simbol pengkhianatan dan kejahatan itu sendiri. Mereka akan menggunakan segala cara untuk menghentikan masalah ini agar tidak berlarut-larut, menguburnya dalam-dalam, agar tidak pernah muncul kembali dan itu termasuk menyingkirkan siapa pun di sekitar Om Liem, bukan lagi hanya soal barang bukti yang tersimpan rapat.
Situasi sudah tiba di puncaknya, Maryam. Mereka memegang kendali permainan dengan menahan Om Liem. Maka menunggu adalah pilihan terbaik. Cepat atau lambat, mereka sendiri yang akan menghubungi kita. Tidak akan lama lagi.
A KU benar, mereka meneleponku.
Pukul 23.15, satu jam setelah konvoi Om Liem dibajak, telepon genggamku berbunyi. Maryam yang duduk diam di salah satu kursi segera bangkit berdiri. Juga Maggie, Kris, dan stafnya yang sejak tadi ikut tegang menunggu.
Selamat malam, Thomas. Aku mengenali suara ramah itu, milik jenderal bintang tiga, kepala badan penyidik kepolisian, orang terkuat kedua di kepolisian, yang juga menyapaku ramah kemarin malam di atas mobil taktis dengan tanganku terborgol, dan laras senjata teracung.
Aku sudah menunggu telepon ini, aku tidak menjawab salamnya.
Orang di seberang tertawa. Tentu saja kau sudah menunggu telepon ini.
Sebutkan apa yang kalian inginkan.
Episode 28 Batas Waktu Enam Jam mas. Setelah sedikit basa-basi. Suara di seberang terdengar santai. Aku tidak bisa menebak dia menelepon dari mana, latar di belakangnya lengang, tidak ada yang bisa memberikan petunjuk.
Kami benar-benar keliru. Selama ini kami seharusnya tidak pernah menganggap remeh dirimu, Thomas. Kau bukan sejenis anjing pengecut yang bisa digertak, yang terlihat galak diawal, ketika dibentak sedikit, langsung terbirit-birit lari. Kau juga jelas bukan sekadar konsultan politik biasa, karena tidak ada konsultan politik yang bisa melenggang begitu saja lolos dari penjara, setelah meracuni makanan puluhan tahanan lain. Itu rencana kabur yang licik sekali, Thomas. Dan, hei, kenapa kau tidak pernah berterus terang padaku, Thomas, bahwa kau keponakan tersayang Om Liem" Apakah kau terlalu malu mengakuinya karena selalu bicara hebat tentang idealisme, mimpi-mimpi, blablabla membosankan itu bersama klien politikmu"
Karena kau tidak pernah bertanya, aku menjawab datar. Ah iya, kau benar. Karena aku tidak pernah bertanya. Dia pura-pura merasa bodoh. Tapi semuanya sudah tidak penting lagi, bukan" Masalah ini sudah melewati batas-batas hubungan darah dan keluarga. Masalah ini sudah telanjur serius dan menyebalkan bagi banyak orang.
Kau tahu, Thomas, pada suatu ketika, pada masa-masa damai sentosa, Liem adalah anggota keluarga kami, salah satu yang paling terhormat. Entah setan mana yang merasuki otaknya, hingga tiba-tiba dia bersedia mengkhianati keluarganya sendiri. Astaga, setelah kami membantunya dalam pengadilan kasus Bank Semesta, memberikan begitu banyak keringanan, dia justru Pemberantasan Korupsi dalam banyak kasus" Dia sepertinya sama sekali tidak perlu berpikir dua kali dan menyesal melakukan itu. Sungguh itu ide berbahaya yang harus segera dibungkam. Kau pasti tahu sekali itu, Thomas.
Om Liem tidak pernah menjadi anggota keluarga kalian. Dia tidak perlu berpikir dua kali dan merasa menyesal sedikit pun mengkhianati kalian, aku masih menjawab datar, berusaha mengendalikan emosi.
Oh ya" Dan kau, apakah kau merasa menjadi anggota keluarga Om Liem sekarang" Bukankah kau membencinya setengah mati" Ah, aku baru tahu pelajaran sejarah itu, Thomas. Tentang orangtuamu yang mati mengenaskan. Maafkan aku, Nak, aku menyesal mendengarnya. Itu tragedi. Sama tragisnya, aku juga baru tahu, sama tragisnya dengan dua orang anggota kami yang menghilang setahun lalu. Bukan main, kau sendirian mengalahkan mereka, dua orang paling kuat dalam jaringan kami. Itu mengagumkan. Kau seharusnya menjadi bagian kami, aset paling berharga, Thomas, bukan sebaliknya, menyusun rencana melawan kami, termasuk membisikkan akal bulus ke Om Liem agar mengkhianati kami.
Di mana Om Liem sekarang" aku bertanya langsung ke inti pembicaraan, mulai jengkel dengan intonasi suara di seberang telepon.
Kau seperti jutaan anak muda di luar sana, Thomas, selalu saja tidak bisa bersabar. Tidak bisakah kau menikmati percakapan ini" Jenderal bintang tiga itu menghela napas seolah kecewa. Di mana Om Liem kalian tahan" Aku tidak peduli. Kau tidak berharap aku akan menjawabnya, bukan" Dia Apa yang kalian inginkan" Aku mendesak.
Sudah jelas, bukan" Kami menginginkan semua barang bukti yang disimpan Liem. Semua dokumen, rekaman, apa pun itu harus dihancurkan segera. Liem saat ini bersama kami. Dia menolak bicara, dan melihat gelagatnya, dia boleh jadi memilih bungkam selamanya. Jadi aku terpaksa melibatkan keponakan kesayangannya. Kau jelas tahu banyak tentang kebiasaan Liem, cepat atau lambat kau bisa mengetahui lokasi barang bukti itu. Membuat membunuh Liem menjadi sia-sia.
Setiap urusan harus dituntaskan hingga ke akar-akarnya, Thomas. Kau pasti pernah mendengar nasihat orang tua itu. Maka, inilah yang kami inginkan, kau punya waktu enam jam untuk tiba di lokasi yang kami tentukan. Kau datang terlambat, maka sampaikan selamat tinggal kepada orang lain, bukan, tentu saja bukan selamat tinggal kepada pamanmu, kami masih membutuhkannya. Aku tahu kau pasti datang, kau bukan seorang pengecut, tapi sebagai pemanis undangan ini. Jika kau datang terlambat, katakan selamat tinggal kepada tantemu. Kami tahu rumahnya. Juga katakan selamat tinggal kepada Opa. Kami akan mengejarnya, mencari tahu di mana dia bersembunyi.
Aku mengeluh dalam-dalam. Mereka memutuskan membabi buta menyelesaikan kasus ini, melibatkan anggota keluarga lain. Enam jam, Thomas. Kau dengar"
Sebutkan lokasinya. Jakarta" Surabaya" Denpasar" Aku menggerung.
Bukan, Thomas. Ah, dalam kasus tertentu, kau terlalu meremehkan kami. Enam jam lagi, kami tunggu kau di Pelabuhan Kontainer Kwi Tsing, Hong Kong. Kami dalam perjalanan ini di sana. Kau bisa segera menumpang pesawat komersial apa pun, tidak akan ada yang menghalangi kau melewati pintu imigrasi, kami akan membiarkan kau tiba dengan aman di Hong Kong.
Sayangnya, tidak ada yang boleh menemanimu, Thomas. Datanglah sendirian. Kau tidak perlu mengajak gadis wartawan itu ke sini. Hingga urusan kita selesai, dia aman di Jakarta. Setelah itu, tergantung pertemuan kita, apakah dia akan dimasukkan ke penjara atau kami membuatnya menghilang begitu saja. Sekali lagi, Thomas, sekali kami melihat kau membawa orang lain, siapa pun itu, pertemuan batal, dan kau tahu risikonya. Tidak ada lagi percakapan hingga kau tiba di pelabuhan kontainer Hong Kong.
Percakapan diputus dari seberang sana. Aku mendengus menahan marah, tidak sempat bertanya lebih detail tentang pertemuan itu.
Menghela napas panjang, berusaha mengendalikan emosi. Persis seperti yang kuduga. Mereka mengundangku menyelesaikan masalah ini. Berharap, sekali tepuk semua urusan selesai hingga ke akar-akarnya. Aku menyisir rambut dengan jemari. Tentu saja mereka akan memilih Hong Kong sebagai lokasi pertemuan. Shinpei, otak dari seluruh mafia hukum berada di sana. Dia juga sekaligus orang yang menjebakku dengan seratus kilogram bubuk heroin dan senjata itu. Jenderal bintang tiga itu hanya petugas lapangan dalam permainan ini. Dia yang diperintah Shinpei menyelesaikan masalah Om Liem. Diperintahkan untuk membajak konvoi mobil tahanan Om Liem, membawa Om Liem ke Hong Kong, sekaligus memaksaku datang.
mafia. Shinpei jelas bukan hanya orang di belakang seluruh mafia hukum di negeri ini. Dia sekaligus anggota mafia dunia hitam di Hong Kong. Tidak semua orang bisa menyediakan seratus kilogram bubuk heroin, meletakkan persenjataan lengkap. Aku mengepalkan tinju, tapi aku tidak punya pilihan, mereka sudah memberikan deadline, dengan ancaman serius yang menyertainya. Ini gila, benar-benar situasi gila yang harus kuhadapi.
Aku harus segera pergi! Aku menoleh ke arah Maryam, Maggie, dan Kris yang sejak tadi menatapku, menunggu hasil pembicaraan. Wajah mereka bertiga terlihat tegang. Maryam berdiri, mengangguk.
Tidak. Kali ini kau terpaksa tinggal, Maryam. Mereka hanya memintaku datang sendiri. Kau bisa menunggu di kantor Kris hingga besok siang.
Aku mengabaikan wajah tidak mengerti Maryam, menoleh ke arah Maggie. Setelah aku pergi, kau segera hubungi Tante Liem, Meg. Segera bawa beliau ke sini, menunggu bersama Maryam. Kalian semua aman sementara waktu di sini. Aku harus melakukan semua ini sendirian.
Kau tidak nekat akan mendatangi mereka sendirian, Thomas" Maryam berseru, bertanya sambil mencengkeram lenganku.
Aku mengangguk. Itu sama saja bunuh diri, Thomas! Maryam berkata dengan suara serak. Wajahnya tegang sekali, bahkan dia hampir menangis karena perasaan tegang.
Aku akan mencari cara agar hal itu tidak terjadi, Maryam. Nah, sekarang dengarkan aku, Maryam. Aku memegang tangan menjelaskan, jadi kaudengarkan baik-baik. Mereka memintaku segera pergi ke Hong Kong, tempat Om Liem ditahan. Mereka hanya memberi waktu enam jam. Itu berarti sebelum pukul enam pagi. Jika besok sore tidak ada kabar dariku, aku tidak menghubungi, berarti hal buruk telah terjadi di Hong Kong. Kauajak Tante Liem pergi ke sekolah berasrama, temui Opa dan Kadek di sana. Bilang kepada Opa, semua sudah berakhir di Hong Kong. Aku, Om Liem, tidak ada lagi kabar beritanya. Maryam berseru cemas.
Dengarkan aku baik-baik, Maryam, dengarkan aku dulu. Aku memegang tangan Maryam erat-erat, menyuruhnya konsentrasi. Setiba di sekolah berasrama, bilang kepada Opa agar kalian segera mengemasi barang, bawa seperlunya, tinggalkan yang lain. Kalian berempat pindah ke negara lain, menetap di sana, gunakan identitas baru, nama baru, putuskan semua kontak dengan kenalan, kerabat, teman. Dengan demikian semoga mereka kesulitan mengejar kalian, karena jelas mereka akan buas mengejar kalian ke mana pun. Aku minta maaf telah melibatkanmu dalam semua kekacauan ini, Maryam. Aku telah merusak karier, masa depan, kehidupan, semua hal berharga yang kaumiliki. Aku sungguh minta maaf.
Maryam sekarang menangis, menatapku tidak percaya. Aku melepaskan genggaman tanganku padanya, menoleh ke arah Maggie. Sekarang pukul dua belas, waktuku hanya enam jam. Kau bisa bantu belikan aku tiket penerbangan ke Hong Kong, Meg, pukul satu dini hari nanti ada jadwal penerbangan salah satu maskapai ke sana. Semoga aku masih bisa mengejarnya ke bandara. Kaukirim tiketnya via e-mail.
canakan ini dengan matang. Mereka tahu persis aku harus mengejar jadwal penerbangan itu, satu-satunya penerbangan yang tersisa.
Maggie mengangguk, tidak banyak bicara. Meskipun Maggie tidak menangis seperti Maryam, aku bisa merasakan seluruh emosi yang dia rasakan. Marah, bingung, sedih, cemas, semua bercampur aduk dari tatapan matanya.
Terima kasih sudah membantuku selama enam tahun terakhir, Meg. Kau adalah staf paling membanggakan yang pernah kumiliki. Jika besok sore tidak ada kabar dariku, kaukumpulkan semua konsultan senior untuk melakukan pertemuan. Biarkan mereka yang memutuskan nasib perusahaan ini tanpa diriku lagi. Kau aman. Mereka tidak akan mengejarmu. Nah, kalau kau mau, kau juga bisa pindah bekerja di tempat lain, Meg. Sebagai bonus pemutusan hubungan kerja, kau boleh menjual satu atau dua mobil operasional kantor. Uangnya bisa kaugunakan untuk jalan-jalan ke Paris, Roma, seperti yang kaucita-citakan selama ini. Aku mencoba bergurau.
Kau akan kembali, Thom. Suara Maggie serak, matanya memerah. Kau selalu kembali ke kantor ini. Sesulit apa pun masalah yang kauhadapi. Aku akan selalu menunggu di ruangan kerjaku, menunggu kau melintas pintu ruangan, selalu tertawa menatapku, tawa yang amat kukenal.
Aku tersenyum penuh penghargaan. Selain tabiatnya yang selalu berterus terang, ceplas-ceplos, dan suara cemprengnya yang menyebalkan, Maggie adalah teman terbaik yang kumiliki. Dia tidak pernah putus harapan kepadaku. Tidak pernah. Maggie selalu yakin aku bisa melakukan apa pun.
adalah milikmu, Kris. Jadi jika aku tidak kembali dari menghajar para bedebah itu, kau berhak penuh memutuskan apa yang akan kaulakukan dengan kantor dan stafmu. Saranku, tidak semua orang nyaman berinteraksi dengan orang yang jarang mandi. Mungkin sudah saatnya kau sedikit memikirkan tentang penampilan diri sendiri. Aku tertawa, menepuk bahunya. Kris ikut tertawa meski nadanya suram dan prihatin. Aku merasa terhormat pernah bekerja denganmu, Thomas. Kris mengulurkan tangan. Kau satu-satunya orang yang tidak pernah bertanya kenapa beberapa tahun lalu aku meretas jaringan retailer jahat Singapura itu. Kau memercayaiku bahkan pada detik pertama kita berkenalan.
Aku mengangguk. Penjelasan selalu datang dari orang yang tepat, waktu yang tepat. Aku tidak pernah merasa perlu memaksa Kris menjelaskan soal itu.
Nah, saatnya berpamitan. Selamat malam, Maryam, Maggie, Kris. Semoga yang terbaik yang akan terjadi beberapa jam ke depan. Dan sebelum Maryam berseru kencang berusaha mencegahku, atau Maggie mengatakan sesuatu, atau Kris balas mengucapkan salam berpamitan, aku sudah balik kanan, melangkah cepat meninggalkan ruangan besar dengan enam layar komputer canggih. Saatnya menuju arena pertarungan yang aku tunggu sejak dua puluh tahun lalu.
Saatnya aku memasuki lingkaran merah selebar dua meter di dunia nyata bukan arena klub. Aku petarung sejati. Aku tidak akan pernah mundur selangkah, sebesar apa pun kekuatan lawan. Demi kehormatan, demi abu hitam papa-mamaku.
A KU memacu mobilku keluar dari parkiran kantor. Pukul
00.05, jalanan kota Jakarta sepi. Speedometer mobil menyentuh angka 150 km/jam, melesat di atas jalan bebas hambatan, menuju bandara. Mataku konsentrasi penuh. Kedua tanganku mencengkeram kemudi erat-erat.
Aku tiba di lobi keberangkatan internasional lima belas menit kemudian, memarkir mobil sembarangan, meloncat turun, berlari menuju pintu masuk. Mengabaikan petugas sekuriti yang meneriakiku agar memindahkan mobil. Astaga, aku tidak punya waktu untuk melakukannya. Silakan saja kalau dia hendak menderek paksa mobil itu. Maggie sudah mengirimkan e-mail berisi tiket pesawat. Aku membuka e-mail tersebut sambil berlari menuju loket check-in. Sejauh ini tidak ada masalah. Dua petugas tetap menerima tiketku meski tenggat check-in sudah lewat beberapa menit. Juga tidak ada masalah di gerbang imigrasi. Pe-
Episode 29 Mengungkit Masa Lalu nyak bicara menstempel dokumen perjalanan, mempersilakanku melintas menuju ruang tunggu keberangkatan internasional.
Mereka memegang janji, tidak ada pasukan khusus, tidak ada polisi, atau petugas apa pun yang dikirim untuk menghambatku. Aku lancar menaiki pesawat terbang. Pesawat komersial berbadan besar itu penuh, entah bagaimana Maggie mendapatkan selembar tiket di menit terakhir. Aku bisa duduk di kelas eksekutif seperti biasa. Pramugari ramah menyapa namaku, menawarkan welcome drink. Aku menggeleng. Dalam situasi seperti ini, aku tidak haus dan lapar.
Perjalanan Jakarta-Hong Kong membutuhkan waktu tempuh empat jam. Pukul 01.00 tepat, pesawat itu lepas landas, melesat terbang. Dari jendela pesawat sebelah kursiku, gemerlap cahaya kota Jakarta terlihat indah, tidak peduli berapa kali pernah melihatnya, itu tetap pemandangan yang menakjubkan, tapi aku menatapnya kosong.
Di kepalaku justru hadir kenangan masa lalu itu. Papa Edward dan Om Liem pebisnis yang baik. Mereka memiliki garis tangan yang hebat. Umur mereka baru dua puluh tahun saat mengambil alih toko tepung terigu dari Opa. Saat itu, Papa Edward dan Om Liem dengan yakinnya bilang ke Opa, Kalau hanya menjual bungkusan sekilo-dua kilo tepung terigu, sampai negeri ini mendaratkan pesawat ke bulan, toko ini hanya beginibegini saja. Kami sudah belajar banyak. Sudah tahu banyak. Biarkan kami mengembangkannya.
Opa menatap mereka berdua lamat-lamat, lantas mengangguk. Maka sejak hari itu Papa dan Om Liem penuh semangat mulai memutuskan berkongsi dengan tengkulak, petugas, dan penguasa.
jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan selama belasan tahun toko tepung terigu Opa bisa menjualnya. Maju pesatlah toko di pojok jalanan itu.
Penduduk kota mulai membicarakan nasib baik Papa Edward dan Om Liem. Dalam pesta-pesta keluarga, meja-meja makan dipenuhi tawa sanjung dan kesenangan. Astaga, bagaimana mungkin kalian tidak akan sukses" Tuan Shinpei, pedagang besar dari Jakarta, importir tepung terigu, rekanan Papa dan Om Liem tertawa lebar. Pagi-pagi tadi kau menandatangani kontrak penjualan denganku. Bilang pagi itu juga akan berangkat ke Singapura mengurus pengapalan. Malam ini, kita sudah bertemu lagi, makan-makan besar" Bagaimana mungkin kau begitu cepat bolak-balik mengurus banyak hal"
Meja makan dipenuhi tawa.
Ini anakku, Tuan Shinpei. Papa mengenalkanku dengan bangga.
Aku yang sedang membawa nampan berisi cangkir mendekat. Astaga" Sekecil ini sudah pandai sekali bekerja" Tuan Shinpei menepuk jidat, tertawa.
Kalau kau tahu apa upah yang dimintanya dengan menjadi pelayan semalam, kau akan mengerti kenapa dia sangat pandai bekerja. Papa ikut tertawa.
Memangnya apa" Sepeda. Dia minta sepeda.
Pedagang dari Jakarta itu terbahak, mengacak rambutku. Sayang, kau lupa mengancingkan pakaianmu. Malu dilihat Tuan Shinpei, Nak. Mama yang duduk di sebelah Papa berbisik, nuangkan teko ke gelas Tuan Shinpei, bersungut-sungut melihat Papa yang masih tertawa.
Itu pertemuan pertamaku dengannya. Beberapa minggu sebelum kejadian besar. Aku selalu mengingat wajahnya, senyumnya, suaranya yang terdengar khas, seperti mendengar orang bicara dari sumur yang dalam. Aku seperti mengenalnya dengan baik.
Tapi apakah aku memang mengenalnya" Aku mendesah pelan, mengusap sebutir peluh di pelipis. Bagaimana mungkin aku melakukan kesalahan elementer seperti ini"
Setahun terakhir aku meyakini aku telah mengenal musuh besarku itu. Nyatanya tidak. Nama itu memang setiap saat muncul di kepalaku saat aku tahu persis dialah yang menjadi otak pembakaran rumah dan gudang kami. Dialah pesaing yang ingin mengambil alih bisnis tepung terigu milik Papa dan Om Liem, menyuruh dua kaki tangan, seorang perwira pertama kepolisian dan seorang jaksa muda kejaksaan, sehingga jejaknya tidak terlihat. Dia juga pesaing yang ingin mengambil alih Bank Semesta milik Om Liem setahun lalu, lagi-lagi menyuruh kaki tangannya agar jejak tangan kotornya tidak terlihat. Nama itu memenuhi benakku, siang-malam, seolah aku mengenalnya dengan baik, nyatanya tidak.
Nama itu ternyata tidak ada di mana-mana.
Maryam tidak pernah mengenalnya. Wartawan lain juga tidak pernah tahu. Boleh jadi semua orang tidak tahu, kecuali yang terlibat dalam jaringan tersebut. Aku saja yang sibuk memikirkannya, seolah nama itu ada di mana-mana, tapi nama itu tidak ada di mana-mana. Aku selama ini keliru menilainya sekadar dup di balik bayangan adalah kebiasaannya. Seharusnya sejak awal aku tahu, penjebakan di Hong Kong terkait dengan jaringan dunia gelapnya. Berpuluh tahun dia hidup di balik bayangan, membangun mafia hukum di negeri ini, mencengkeram setiap sendi birokrasi, proses hukum, dan politik. Aku tidak pernah mengenalnya dengan baik.
Tuan Shinpei dua puluh tahun lalu, yang hanya importir biasa, rekanan dagang Papa dan Om Liem, sekarang tumbuh mengerikan dibanding yang aku bayangkan setiap hari.
Ayolah, jangan panggil aku Tuan Shinpei, Tommi. Kau panggil saja Om Shinpei, keluarga kalian sudah seperti keluargaku sendiri. Omong-omong, apa kaubilang tadi, Nak" Konsultan" Aku baru ingat, aku pernah melihat wajahmu sekali-dua kali di majalah atau review ekonomi Hong Kong terkemuka. Tetapi aku tidak menduga kau adalah Thomas yang itu. Aku baru tahu beberapa menit lalu, menatap wajahmu mengingatkanku pada Edward. Orang tua ini tinggal di Hong Kong, Tommi, tidak tahu banyak urusan bisnis di Jakarta. Bahkan sebenarnya aku baru tiba tadi malam. Perjalanan mendadak yang cukup melelahkan untuk orang setuaku. Perjalanan mendadak" Keperluan bisnis"
Tuan Shinpei mengangkat bahu. Iya, perjalanan bisnis mendadak, Tommi. Tidak kebetulan aku datang kemari. Ke gedung megah bank yang nyaris kolaps milik Liem. Aku terdaftar dalam nasabah besar Bank Semesta. Tadi malam aku dihubungi untuk segera berkumpul.
Alisku sedikit terangkat.
Tentu saja namaku tidak ada dalam daftar yang kaupegang. Tetapi setidaknya ada lima nama nasabah lain yang mewakili diminta. Urusan ini rumit sekali, bukan" Semua uang nasabah terancam hangus tanpa sisa. Aku sebenarnya pernah dihubungi Liem enam bulan lalu. Dia bahkan pernah datang ke Hong Kong tiga bulan lalu, mendiskusikan jalan keluar Bank Semesta, sayangnya bisnis properti milikku juga sedang bermasalah. Aku tidak bisa membantu banyak. Ini situasi rumit kedua yang harus dihadapi Liem setelah cerita lama tentang arisan berantai itu, bukan" Kau sepertinya punya rencana hebat, Tommi" Rencana hebat"
Iya, apa lagi" Rencana hebat menyelamatkan Bank Semesta" Tuan Shinpei bertanya, menyelidik dengan mata berkerut.
Aku menggeleng perlahan. Tidak ada rencana hebat. Hanya rencana nekat.
Tuan Shinpei terkekeh prihatin. Jangan terlalu merendah, Tommi. Kau pastilah yang terbaik dari ribuan konsultan keuangan yang ada, bukan" Wajahmu ada di halaman depan majalah Hong Kong. Itu pasti jaminan. Dan lebih dari itu, kau pasti akan melakukan apa pun untuk menyelamatkan bisnis keluarga, bukan" Termasuk mati sekalipun. Kalian punya lawan tangguh sekarang.
Aku terdiam, menelan ludah. Sedetik, aku seperti merasa ada yang ganjil dengan percakapan ini.
Ini kabar baik. Tentu saja kabar baik. Tuan Shinpei mengangguk-angguk, tidak terlalu memperhatikan ekspresi wajahku. Jadi aku tidak usah mencemaskan banyak hal lagi, bukan" Kehilangan sepertiga jelas lebih baik dibanding semuanya. Itu rumus baku bagi pebisnis ulung. Mengorbankan sebagian demi keuntungan lebih besar. Mundur dua langkah, untuk maju bahkan lari ribuan langkah. Kau pasti lebih dari paham tentang itu. Nah, bisa kauceritakan Aku menggeleng sopan.
Tentu saja kau tidak boleh bercerita. Tuan Shinpei tertawa kecil. Tapi bisakah kau memberitahuku, Liem sekarang berada di mana" Sejak tadi malam aku berusaha mencari tahu, tentu juga puluhan nasabah lainnya ingin tahu.
Om Liem di tempat yang aman. Tempat yang aman"
Aku lagi-lagi menggeleng sopan, tapi tegas. Sejenak aku beradu tatapan dengan Tuan Shinpei. Baiklah, Tommi. Orang tua ini sepertinya terlalu cemas, terlalu ingin tahu. Kau sepertinya sedang terburu-buru. Waktu yang tersisa sempit sekali, bukan" Kau boleh meninggalkanku sekarang. Tuan Shinpei menepuk-nepuk bahuku. Aku akan bergabung ke ruang rapat bersama nasabah lain. Setidaknya aku tidak perlu mencemaskan nasib Bank Semesta sekarang, termasuk nasib uangku, nasibnya sudah ada di tangan orang yang tepat. Aku hanya perlu mencemaskan hal lain.
Mencemaskan hal lain" aku bertanya.
Tuan Shinpei menyeka pelipis, menatapku sambil tersenyum. Apa lagi selain mencemaskanmu, Tommi" Apa pun yang sedang kaulakukan, itu pasti berbahaya. Hati-hatilah, Nak. Apa kata pepatah bijak, musuh ada di mana-mana, maka berhati-hatilah sebelum kau bisa memegang kerah lehernya. Senang bertemu denganmu lagi, Tommi.
Tuan Shinpei sudah melangkah menuju ruang rapat sebelum aku basa-basi menjawab kalimatnya. Dua ajudannya ikut bergerak. Suara tongkat mengetuk lantai keramik terdengar berirama. Aku menelan ludah. Rombongan Tuan Shinpei sudah menghilang di Itu pertemuan keduaku dengan Tuan Shinpei setahun lalu, tepat sehari sebelum kejadian besar itu. Penyelamatan Bank semesta.
Apakah aku mengenal musuhku dengan baik"
Aku tidak pernah mengenalnya, bahkan aku tidak pernah menyadarinya. Selama ini bukan hanya lima orang, melainkan ada enam orang di dunia ini yang memanggilku dengan panggilan Tommi . Orang keenam adalah Tuan Shinpei.
Dia sudah seperti keluarga bagi kami, dekat dengan Papa, akrab dengan Om Liem. Dia sudah dianggap anak kandung sendiri oleh Opa. Seharusnya aku sejak dulu mengetahui Tuan Shinpei adalah pengkhianat besar keluarga, bukan ketika kasus Bank Semesta terjadi, yang amat terlambat. Apa susahnya saat aku masih menyelesaikan gelar master di luar sana, aku memasukkan entri namanya di website pencari dan segera menyadari nama itu hilang dari dunia maya. Selama itu, bahkan sejak tinggal di sekolah berasrama aku hanya sibuk sendiri, merasa nama itu ada di mana-mana, mereka-reka siapa otak kebakaran itu, padahal nama itu dekat sekali dengan kehidupanku, bahkan untuk kedua kalinya sambil tersenyum bersahabat, mengkhianati kami dalam kasus penyelamatan Bank Semesta.
Aku menyisir rambut dengan jemari. Melirik jam di pergelangan tangan, pukul 04.30. Pesawat komersial ini sebentar lagi mendarat di Hong Kong. Aku menatap langit-langit pesawat, mencoba melemaskan badan. Pramugari gesit sedang berkeliling mengambil sampah dari setiap kursi. Aku menghela napas perlahan. Perjalanan ini terasa lambat, bukan hanya karena aku tidak sabaran ingin tiba, tapi juga karena semua kenangan masa Aku sekali lagi melirik jam hadiah Rudi di pergelangan tangan. Tidak akan lama lagi, hanya dalam hitungan menit aku akan menemui mereka. Entahlah, sejauh ini aku belum punya rencana sama sekali. Aku bahkan tidak tahu mereka persisnya akan melakukan pertemuan di mana. Apakah di salah satu dermaga pelabuhan kontainer" Rasa-rasanya tidak mungkin. Itu wilayah terlarang, banyak petugas pelabuhan yang berjaga, kecuali jika mereka juga menguasai pelabuhan itu.
Siapa saja yang akan kutemui di sana" Siapa saja yang hadir" Tuan Shinpei" Jenderal bintang tiga itu" Orang-orang bersenjata" Semua masih gelap, belum bisa kupikirkan dengan baik. Aku menatap keluar jendela pesawat, gelap sejauh mata memandang. Yang aku tahu pasti dalam urusan ini, aku sedang menuju lokasi pertarungan terakhirku.
P UKUL 05.00. Pesawat mendarat mulus di bandara Hong
Kong. Tidak ada yang menghalangiku di pintu imigrasi. Petugasnya hanya menatap sekilas, menstempel dokumen milikku. Tidak ada anggota pasukan khusus antiteror Hong Kong SAR yang dipimpin Detektif Liu yang menunggu di lobi kedatangan internasional. Aku bisa melenggang naik taksi, meninggalkan bandara seperti ribuan orang lainnya.
Pengemudi taksi bertanya tujuanku dalam bahasa Kanton pasar. Aku menjawabnya dengan bahasa yang sama, menyebut pelabuhan kontainer. Tanpa bicara lagi, taksi bergerak meninggalkan lobi kedatangan internasional. Aku menyandarkan punggung ke kursi, menatap keluar jendela, gemerlap lampu di hutan beton Hong Kong. Gedung-gedung tinggi, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan rapat satu sama lain.
Episode 3O New Panamax wongan bawah laut, keluar lagi, masuk ke jalan menuju salah satu pelabuhan terbesar di Asia Pasifik itu. Sepuluh menit, tepat pukul 05.20, mobil taksi melintasi gerbang pelabuhan. Tidak ada petugas yang lazimnya memeriksa ketat setiap mobil yang masuk ke area terbatas itu. Petugas hanya melihatku sekilas, mengangkat handy talkie, bicara cepat dengan suara pelan, tidak bisa kudengarkan. Mengangguk, mengembalikan posisi HT-nya di pinggang, menyebut Terminal CT8E kepada sopir taksi, lantas membiarkan mobil meluncur masuk.
Mereka telah mengambil alih pergerakanku sejak tiba di gerbang pelabuhan. Aku tidak tahu harus menuju ke mana. Pelabuhan itu luas. Ada puluhan ribu kontainer menumpuk, puluhan gantry crane, puluhan dermaga. Panjang garis pelabuhan itu saja 8,5 kilometer dan hampir 18 juta teu kontainer dikeluarkan dari pelabuhan itu setiap tahunnya. Lampu penerangan pelabuhan terlihat terang. Tumpukan kontainer terlihat takzim seolah menyambutku sepagi ini. Pelabuhan relatif sepi, hanya beberapa gantry crane yang bekerja lembur memindahkan kontainer ke atas kapal yang merapat. Aku menghela napas perlahan, masih menatap keluar jendela. Suasana tegang mulai terasa.
Taksi tiba di Terminal 8 Timur (8E). Dua orang dengan senjata laras panjang terlihat di salah satu dermaga, menunggu. Aku berkata ke sopir agar mendekati mereka. Sopir taksi terlihat ragu-ragu. Aku tersenyum menepuk bahunya, bilang dia bisa pergi segera setelah menurunkanku, tidak ada yang perlu dicemaskan. Aku memberikan dua lembar uang dolar Hong Kong.
kan senjata laras panjangnya. Aku turun dari taksi yang segera melesat pergi ketakutan.
Dua orang itu mengenakan kaus hitam lengan panjang dan celana jins. Kepala mereka tertutup kedok, hanya menyisakan bola mata yang menatap tajam. Salah satu dari mereka bertanya dalam bahasa Inggris patah-patah, memastikan.
Aku mengangguk. Mereka menunjuk ke arah dermaga, menyuruhku melangkah ke sana. Sebuah kapal tug (penarik) berukuran dua puluh meter merapat di bibir dermaga. Tugboat lazimnya digunakan untuk menarik kapal kontainer raksasa atau kapal-kapal besar lain keluar dari dermaga, atau menarik ribuan kayu gelondongan yang diikat menjadi satu mengambang di permukaan air, atau juga untuk menarik barge (tongkang) yang membawa batu bara, gandum, gula, dan barang curah lainnya. Tidak perlu disuruh dua kali, aku melangkah menuju tugboat. Mereka berdua mengawalku di belakang dengan senjata teracung.
Delapan orang bersenjata, berpakaian serupa, memakai kedok, berdiri menunggu di dalam tugboat. Dua orang keluar dari ruangan kemudi. Salah satu dari mereka, sepertinya pimpinan tugboat itu, berseru agar anak buahnya memeriksaku. Aku diperiksa dari kepala hingga ujung kaki.
Tidak ada senjata. Salah seorang yang memeriksaku berseru. Bersih"
Bersih, Bos. Hanya jam di pergelangan tangannya. Pimpinan tugboat itu mengangguk, berseru dalam bahasa Kanton patah-patah, dengan suara sengau ke anak buahnya, Nyalakan mesin kapal, waktu kita hanya tersisa tiga puluh me-***
Aku sejak di atas pesawat komersial tahu, pelabuhan kontainer bukan lokasi pertemuan sebenarnya. Juga tugboat berukuran sedang ini hanya kendaraan yang kunaiki menuju lokasi. Dengan kecepatan penuh, tugboat meluncur ke teluk Hong Kong, meninggalkan hutan beton di belakang. Aku disuruh duduk di salah satu kursi yang diletakkan di bagian belakang kapal tug yang terbuka. Empat orang bersenjata berjaga di sekitarku.
Angin kencang menerpa wajahku, terasa dingin. Aku menatap sekitar. Gedung-gedung tinggi bermandikan cahaya tertinggal di belakang. Kapal tug terus melaju lurus. Lima belas menit berlalu, wajahku mulai terasa kebas oleh angin kencang yang dingin. Keempat orang yang menjagaku tidak beranjak walau sesenti. Apakah kapal tug ini menuju pulau kecil terpencil" Atau menuju Makau" Atau mereka punya lokasi lain untuk pertemuan ini"
Lima menit lagi berlalu, seluruh pertanyaan itu akhirnya terjawab. Dari atas kursi plastik, aku bisa melihat di mana persisnya lokasi pertemuan dilangsungkan.
Sebuah kapal kontainer besar membuang sauh puluhan kilometer dari teluk Hong Kong. Hampir pukul enam pagi, cahaya remang sudah menerpa lautan luas, membuat kapal besar itu terlihat jelas. Terlihat gagah. Itu salah satu jenis kapal kontainer paling besar, New Panamax. Panjangnya tidak kurang dari 360 meter. Lebarnya 160 meter. Luas geladak di atasnya hampir empat kali luas lapangan sepak bola. Ribuan kontainer terlihat menumpuk di atas geladak kapal, muatan yang dibawa dengan tujuan lintas benua, melewati samudra. Kapal ini boleh jadi me-Hong Kong-Cape Town, Afrika Selatan. Tapi sepagi ini, kapal besar itu tidak bergerak, hanya diam di tempatnya, seperti takzim menungguku.
Pemimpin kapal tug menyuruh salah satu anak buahnya menyalakan lampu sorot, memberikan sinyal ke arah kapal kontainer dua kilometer di depan. Dari geladak depan kapal kontainer, sinyal balasan terlihat. Pemimpin kapal tug berteriak agar mengurangi laju kecepatan. salah satu anak buahnya yang menjadi nakhoda kapal gesit memegang kemudi kapal, berusaha merapat ke dinding kapal kontainer. Lima menit, setelah kapal merapat halus, dua anak tangga diturunkan dari atas kapal kontainer raksasa ke atas kapal tug.
Orang-orang bersenjata mendengus, menyuruhku bergerak. Tidak banyak yang bisa kulakukan sekarang. Mereka terus mengendalikan pergerakan. Aku mengangguk, menaiki anak tangga itu di bawah ancaman belasan laras senjata otomatis, termasuk enam dari atas geladak kapal kontainer.
Aku tiba di lokasi pertemuan pukul 05.52. Dua belas orang bersenjata dari kapal tug ikut naik ke kapal kontainer, mengawalku, ditambah enam orang dari kapal kontainer. Mereka tidak bisa dibedakan, menggunakan pakaian yang sama, kedok di kepala serupa. Pemimpin di kapal tug bicara cepat dalam bahasa Kanton. Salah satu dari enam orang itu mengangguk. Mereka sejak tadi sudah menunggu.
Aku diperiksa kembali oleh orang-orang bersenjata dari kapal kontainer.
Bersih! Mereka memastikan.
Tentu saja aku tidak membawa senjata, tidak membawa teman.
Rombongan orang bersenjata membawaku melewati tumpukan kontainer di atas geladak, melewati celah-celah kontainer, terus melangkah menuju salah satu ruangan kapal yang berada paling belakang. Tiba di bangunan tinggi, salah seorang dari mereka dengan kasar mendorong punggungku agar bergegas menaiki anak tangga. Kami naik satu lantai, hingga akhirnya tiba di sebuah pintu besi. Salah seorang yang membawa senjata mendorong pintu itu, terbuka dengan suara berdebam.
Kami sepertinya telah tiba di ruangan pertemuan. Saat aku melewati pintu besi itu, baru beberapa langkah masuk ke ruangan, suara yang amat kukenal itu langsung menyapaku. Halo, Thomas.
Aku mengangkat kepala, menatapnya.
Jenderal bintang tiga, petinggi kepolisian itu telah berdiri di tengah ruangan. Aku tidak tahu apa nama ruangan itu, mungkin kabin tempat berkumpul awak kapal. Ada beberapa meja dan kursi panjang yang disingkirkan di sudut-sudut ruangan. Juga beberapa lemari dan perabotan ruangan ditumpuk sembarang di tepi ruangan, menyisakan hamparan luas untuk berkumpul banyak orang.
Harus kuakui, salah satu yang menakjubkan dari tabiatmu, Thomas, adalah selalu datang tepat waktu. Pukul enam persis. Bravo. Kau tiba tanpa terlambat satu menit pun. Dia melangkah maju menyambutku.
Aku menatap ke depan, melewati jenderal bintang tiga yang sudah beberapa langkah saja dariku. Selain belasan orang memakai topeng dan membawa senjata otomatis yang terus berjaga yang kukenali di ruangan itu. Orang-orang yang sering muncul di media massa. Orang-orang yang ada dalam daftar nama ring pertama laporan dari pola yang ditemukan Kris atas jutaan data kasus hukum dua puluh tahun terakhir.
Ah, kau sedang memperhatikan sekitar, Thomas" Jenderal bintang tiga itu tersenyum. Baiklah, mari kuperkenalkan kau dengan sebagian besar anggota persaudaraan kami. Kau seharusnya tahu siapa saja mereka, karena toh mereka sudah mengenalmu.
Dua orang di sana, itu kolegaku di kepolisian. Kau pasti melihatnya saat konferensi pers. Nah, tiga orang di sebelahnya adalah jaksa agung. Tiga lagi adalah hakim tinggi, yang berdiri di sana adalah anggota DPR, di sebelahnya pejabat pemerintah, pengusaha, dan orang-orang penting lainnya. Hampir lengkap, kecuali lima anggota kami yang ditangkap kemarin sore, dan sepertinya kau tahu persis kenapa mereka tiba-tiba ditangkap. Apa pun itu, terima kasih banyak Thomas, kaulah yang membuat kami terpaksa mengadakan pertemuan mendadak di kapal kontainer ini, di perairan lepas, di luar teritorial hukum negara mana pun. Tidak ada undang-undang yang berlaku di atas kapal ini.
Di mana Om Liem" aku bertanya lugas. Sejak tadi mataku memeriksa seluruh ruangan, tidak ada Om Liem di sini, dan juga tidak ada bedebah itu, Tuan Shinpei.
Dia baik-baik saja, Thomas. Kau tidak perlu mencemaskan Liem. Tapi baiklah, kau sudah berada di ruangan ini, maka sebaiknya, Liem juga. Jenderal itu mengangkat bahu, menoleh ke Empat orang bersenjata bergerak ke pintu belakang, setengah menit, lantas keluar membawa Om Liem. Aku menelan ludah, jemari tanganku mengepal.
Om Liem terlihat tertatih, berjalan sambil meringis menahan sakit, kondisinya sama sekali tidak baik, mungkin kakinya terluka saat konvoi mobil tahanan dihantam mobil tangki, terbalik, lantas terbakar. Salah seorang mengambil sebuah kursi plastik, meletakkannya di tengah ruangan besar, di hadapan puluhan orang. Om Liem dipaksa duduk. Wajah Om Liem terlihat lebam. Dia mengangkat kepalanya, menatapku lamat-lamat yang berdiri dua puluh langkah darinya, menggeleng, berkata lirih, tapi tidak terlalu terdengar jelas.
Jenderal bintang tiga itu menepuk tangannya. Nah, lengkap sudah. Thomas dan paman tersayangnya sudah hadir di pertemuan ini. Sekarang, mari kita menunggu sejenak. Oh tidak, tentu saja bukan aku, Thomas. Kali ini kau tidak lagi berurusan denganku, kau berurusan dengan orang yang lebih penting.
Jenderal bintang tiga menoleh ke belakang, berseru pada salah seorang yang membawa senjata, Kalian bisa memanggil Bos Besar sekarang.
Orang yang disuruh mengangguk, bergegas keluar dari pintu belakang ruangan.
Kau akan bertemu dengannya, Thomas. Sebuah kehormatan besar. Aku tidak bisa memberikanmu saran terbaik selain turuti saja apa maunya, maka semua akan berakhir dengan cepat. Kita tidak ingin menyaksikan tontonan mengerikan di ruangan ini. Jenderal bintang tiga itu tersenyum kepadaku.
Lima menit menunggu dengan tegang, jemariku sudah ber-Seperti ada yang memukul dinding berulang-ulang dengan jeda teratur. Semakin lama semakin terdengar kencang. Nah, beliau sudah tiba, Thomas.
Aku menelan ludah. Aku tahu sekali siapa yang akan segera masuk ke dalam ruangan ini. Aku selalu menunggu momen ini jauh-jauh hari, membayangkannya bahkan dalam mimpiku, membayangkannya berkali-kali, apa yang akan terjadi. Sebuah pertempuran hidup-mati. Bedanya adalah aku tidak pernah membayangkan posisiku dalam situasi terjepit seperti sekarang. Om Liem disandera dan aku berdiri sendirian dengan belasan laras senjata teracung sempurna. Aku menghela napas, bergegas membuang jauh-jauh pikiran buruk sekecil apa pun melintas. Aku harus tetap berpikir positif, selalu ada kesempatan, bahkan serumit apa pun situasinya. Aku harus terus berpikir, menemukan celah, mencari kemungkinan membalik keadaan.
Ruangan besar itu lengang. Orang-orang yang berada dalam daftar nama ring pertama terlihat menahan napas. Mereka sepertinya sama tegangnya menunggu pemimpin besarnya tiba. Suara ketukan itu semakin dekat, terdengar mencekam, seperti saat sedang sendirian di ujung sebuah lorong panjang, gelap gulita, dan sesuatu itu mendekat di ujung lorong satunya.
Pintu belakang ruangan besar itu akhirnya didorong, berdebam terbuka.
Enam orang terlebih dulu masuk, bertopeng dan bersenjata lebih lengkap. Satu orang bahkan terlihat membawa senjata berat, pelontar roket.
Di belakang mereka baru menyusul seseorang itu, Bos Besar. Saat dia melangkah masuk, suara tongkatnya yang mengenai Ketegangan segera menggantung di langit-langit ruangan. Om Liem yang duduk lemah di atas kursi plastik menatapku dengan tatapan layu mungkin dia hendak bilang kau seharusnya tidak datang kemari, Thomas. Kau seharusnya lari. Aku balas menatap Om Liem, mengangguk, semua akan baik-baik saja.
Orang-orang yang berdiri di belakang kursi Om Liem menyingkir, memberi jalan. Aku mengangkat kepala, kembali menatap ke depan. Bedebah paling besar dalam seluruh cerita ini telah tiba, bos besar mafia hukum itu telah menemuiku, untuk melakukan rendezvous terakhir denganku.
P EMIMPIN mafia hukum itu melangkah melewati belasan
anak buahnya yang bersenjata dan orang-orang penting, para penegak hukum yang selama ini dia kendalikan. Dia tidak tinggi besar, rata-rata saja. Wajahnya khas keturunan, meski matanya tidak terlalu sipit. Dia mengenakan tongkat hanya sebagai aksesori, bergaya. Usianya sekitar empat-lima tahun di atas Om Liem.
Dia terus berjalan menyibak kerumunan, melintasi kursi Om Liem, mendekatiku, berhenti saat jarakku tinggal lima langkah darinya.
Dia tersenyum menatapku, senyum yang sama, yang selalu kuingat, saat aku dulu menjadi pelayan di pesta, demi sebuah sepeda. Juga senyum yang sama saat bertemu di gedung Bank Semesta, pura-pura tidak mengerti apa yang sedang terjadi, padahal dia mengirim dua anggota mafia hukumnya bekerja
Episode 3l Sepuluh Pemburu Tuan Shinpei, aku mendesiskan namanya lebih dulu. Dia menggeleng. Bukankah pernah kubilang, Tommi, kau selalu bisa memanggilku dengan Om, Om Shinpei. Jangan panggil aku Tuan Shinpei. Keluarga kalian sudah seperti keluargaku sendiri, dan sebaliknya.
Kita tidak pernah menjadi keluarga. Aku mendengus marah. Andai saja tidak ada enam laras senjata otomatis teracung sempurna di belakangku, juga sebuah pistol dari pemimpin kapal tug yang persis menempel di pelipisku, sejak tadi aku sudah meloncat, merampas salah satu senjata dari tangan orang berkedok, segera menghabisi orang yang amat kubenci itu.
Tuan Shinpei masih tersenyum. Kau selalu membuat rumit sebuah masalah sederhana, Tommi. Juga pamanmu, Liem. Selalu saja rumit. Apa susahnya menganggap kita keluarga satu sama lain" Bukankah dibandingkan di luar sana, di dalam keluarga sedarah justru lebih sering terjadi anggotanya saling menyakiti, terluka"
Rahangku mengeras, tidak menjawab kalimatnya. Tuan Shinpei mendongak, menatap sejenak dinding ruangan kapal yang tinggi, menatap sekitar, lantas mengangguk takzim. Kau mau mendengar sebuah cerita dariku, Tommi" Agar kepalamu lebih dingin, lebih mudah mengerti semuanya"
Aku diam, jemari dua tanganku terkepal. Moncong pistol yang dipegang pemimpin kapal tug semakin menekan pelipisku, seperti memberikan pesan agar tidak macam-macam, atau sebutir peluru akan membuat berhamburan isi kepala. Tidak menjawab berarti iya. Tuan Shinpei tertawa riang.
Dan tanpa kuminta, bedebah di hadapanku itu telah bercerita.
Zaman dulu kala, Tommi, ada sebuah kerajaan di daratan Cina yang makmur, kaya raya, terkenal hingga ke negeri-negeri seberang. Kerajaan itu masyhur di mata orang. Tidak ada yang tidak tahu kerajaan hebat itu.
Pada suatu hari, Sang Raja hendak menikahkan putrinya yang telah tumbuh menjadi gadis cantik jelita. Adalah kelaziman pada zaman itu, mencari jodoh melalui sebuah sayembara. Maka Sang Raja mengumumkan ke seluruh negeri, juga negara-negara sahabat, sebuah sayembara yang menarik. Barang siapa berhasil menangkap seekor rusa jantan dengan tanduk paling indah dari hutan terlarang kerajaan, dia akan menikahi putri semata wayangnya. Sekaligus mewarisi takhta dan seluruh kerajaan.
Itu sayembara yang seolah mudah, bukan" Apalagi dengan hadiah tidak terbilang. Tapi semua orang juga tahu, hutan terlarang kerajaan adalah tempat angker bukan kepalang. Tidak sembarang orang bisa masuk dan kembali dengan selamat dari hutan itu, apalagi ini berburu rusa jantan di dalamnya. Orangorang telanjur gentar bahkan saat mendengar nama hutan terlarang itu. Ketika hari sayembara tiba, tidak terlalu mengejutkan jika hanya ada sepuluh pemburu yang ikut. Sepuluh orang paling gagah, paling berani, paling cekatan, pandai melepas anak panah, berkelahi dengan tangan kosong, datang dari berbagai pelosok negeri dan negara tetangga.
Kemeriahan menyergap seluruh ibu kota. Semua penduduk bersukacita. Siapa pun yang memenangi sayembara, dia akan menikah dengan putri raja. Itu kabar baik bagi seluruh negeri.
yang terbaik. Hari yang ditentukan telah tiba. Sayembara berburu rusa jantan bertanduk paling indah itu dimulai segera. Raja memukul gong besar di halaman istana, sepuluh pemburu itu segera melesat dengan kuda-kuda terbaik, menuju hutan larangan kerajaan yang jaraknya berpuluh kilometer dari ibu kota.
Seperti yang kukatakan sebelumnya, Tommi, hutan terlarang tempat berbahaya. Maka tidak sedikit rintangan yang harus dilalui sepuluh pemburu tangguh itu. Melewati pohon rapat, onak duri, lembah dalam, jurang terjal. Menghadapi penghuni hutan, mulai dari beruang besar, singa lapar, ular buas, hingga naga, makhluk legendaris yang menjaga hutan itu. Menangkap rusa jantan lebih susah lagi. Rusa jantan berlari dua kali lebih cepat dibanding kuda. Matanya lebih awas dibanding seekor elang, dan dia bisa membunuh seekor beruang besar dengan tanduknya. Tujuh pemburu tidak pernah kembali, tewas di dalam hutan terlarang. Dua pemburu lain berhasil menangkap rusa jantan.
Siapa yang memenangi sayembara itu, Tommi" Siapa di antara dua pemburu yang berhasil menangkap rusa jantan dengan tanduk paling indah yang akhirnya menikahi putri cantik jelita" Tidak kedua-duanya.
Astaga" Bagaimana bisa" Karena kita tidak boleh melupakan pemburu kesepuluh. Dia bukan pangeran gagah perkasa. Tubuhnya paling kecil dibanding pemburu lain. Dia tidak pandai menunggang kuda, apalagi melepas anak panah, dan dia paling penakut di antara para pemburu itu. Dia hanya dibekali kepintaran, sebuah jenis kepintaran yang licik dan tega. Maka pemburu kesepuluh memutuskan hanya menunggu di gerbang hutan Ketika salah satu pemburu yang berhasil menangkap seekor rusa jantan keluar dari hutan, pemburu kesepuluh membunuhnya tanpa ampun secara licik. Juga saat pemburu kedua yang berhasil keluar membawa buruannya, pemburu kesepuluh juga membunuhnya secara tega dari belakang. Tugasnya selesai. Dia kembali membawa dua ekor rusa jantan dengan tanduk paling indah. Raja takjub melihatnya. Lihatlah, bukan hanya seekor, tapi dua ekor sekaligus" Ini sungguh hebat. Putri cantik jelita terpesona dan jatuh cinta. Seluruh undangan di halaman istana bersorak-sorai, menyambut pemburu paling gagah yang akan menikahi putri raja.
Shinpei diam sejenak, suara khasnya yang dalam, seperti suara orang bicara dari dalam sumur, menggantung di langit-langit tinggi ruangan, tersenyum kepadaku dari jarak lima langkah.
Begitulah kehidupan ini, Tommi. Sama persis. Ayahku adalah petani yang rajin di tanah Jawa. Kami memiliki kebun luas yang subur, dibantu buruh kebun. Bertahun-tahun dirawat, bertahun-tahun menjanjikan masa depan, hingga pada suatu hari pecahlah pemberontakan besar di tanah itu. Gerombolan pemberontak merampas harta kekayaan penduduk. Ternak, hasil perkebunan, semuanya. Ayahku tewas saat membela diri. Ibuku dibawa pergi entah ke mana. Ada ratusan petani yang giat bekerja siang-malam merawat kebunnya. Ada ratusan peternak yang giat bekerja pagi-sore merawat ternaknya, lantas sekejap, ada orang yang juga giat datang, tapi dia giat merampas semua hasilnya. Selesai.
Aku belajar banyak dari kisah masa lalu itu, Tommi. Tentu kisah orangtuaku yang berakhir menyedihkan. Aku mengambil sebuah pelajaran berharga, lantas memilih menjadi pemburu kesepuluh.
Hei, dunia ini sudah diatur sedemikian rupa hingga setiap orang memiliki jalan hidup masing-masing. Ada yang ditakdirkan menjadi pekerja keras, terus-menerus rajin bekerja, maka harus ada yang melengkapinya, menjadi orang kesepuluh, menggenapkan hitungan. Aku memilih menjadi penyempurna kehidupan. Itu takdirku, Tommi.
Sayangnya ayahmu Edward dan pamanmu Liem tidak sependapat denganku. Mereka dengan bodohnya memilih jalan sembilan orang kebanyakan, padahal aku menawarkan mereka bergabung denganku menjadi pemburu kesepuluh. Saat aku bicara baik-baik, menyampaikan ide itu, mereka menolak ment ah-mentah, maka aku tidak punya pilihan lain, memutuskan mengambil bisnis tepung terigu itu. Mengirim orang-orang membakar rumah dan gudang kalian.
Aku menggerung keras, berseru memotong, Bedebah kau! Tidak, tidak, Nak. Tuan Shinpei menggeleng, menyuruhku diam. Jangan sakit hati, Tommi. Aku hanya melaksanakan takdir langit. Aku melengkapi kehidupan ini. Sama seperti pemburu kesepuluh yang menikah dengan si cantik jelita, mewarisi takhta raja dan seluruh kerajaan. Dia hanya menunaikan takdir hidupnya. Apa salahnya" Dia sama berhaknya dengan sembilan pemburu lain. Bukankah Tuhan tidak menghukum seketika" Justru membiarkan dia menikmati semua kelezatan hidup" Orang banyak juga tidak pernah peduli" Semua baik-baik saja" Moncong pistol di pelipisku menekan semakin dalam, me-Tidak sekarang, aku harus menunggu kesempatan terbaiknya. Belum. Pasti ada momen terbaik bagiku untuk mulai bergerak.
Tuan Shinpei melanjutkan cerita, Nah, setahun lalu, pamanmu Liem juga menolak bekerja sama denganku, menolak mentah-mentah ide yang kusampaikan, maka lagi-lagi jangan salahkan aku jika memutuskan mengambil seluruh perusahaannya, dimulai dari membuat bangkrut Bank Semesta.
Sayangnya aku melupakan sebuah variabel kecil... kau, Tommi. Aku melupakan ternyata masih ada orang yang peduli. Kau berhasil menggagalkan rencanaku. Bahkan membunuh dua orang kepercayaanku, dua anggota terbaik jaringanku di Jakarta. Tapi aku tidak sakit hati, Tommi. Kenapa aku harus sakit hati" Kau ditakdirkan untuk melakukan itu. Entahlah, siapa kau dalam seluruh cerita ini, mungkin kau pemburu kesebelas yang tidak pernah ada dalam cerita. Siapa pun itu, kau telah melengkapi jalan cerita, menunaikan takdir langit. Aku tidak pernah sakit hati. Itu hanya bisnis biasa. Tuan Shinpei terkekeh.
Enam bulan terakhir, muncullah masalah yang lebih serius. Klien politikmu, mantan gubernur itu, memutuskan ikut konvensi partai besar. Aku tidak peduli dengannya. Dia hanya calon presiden kesekian. Atau kalaupun akhirnya menjadi presiden, dia juga hanya presiden kesekian. Kami tidak pernah punya masalah dengan presiden-presiden sebelumnya. Mereka tidak mengusik kami, maka kami tidak mengusik mereka. Tapi klien politikmu melangkah terlalu jauh. Dia terlalu ambisius. Dia terlalu berlebihan. Dia justru bermimpi menegakkan hukum di seluruh negeri. Astaga, dua puluh tahun lalu, saat dia masih berseragam sekolah, aku telah membakar keluargamu, Tommi. Membangun tilah yang kalian gunakan untuk menyebutnya di koran-koran" Mafia hukum" Ya, mafia hukum. Itu istilah yang menarik.
Kami mengirim orang untuk bicara dengannya baik-baik, menceritakan kisah sepuluh pemburu tadi, tapi dia menolak mentah-mentah. Dan lebih mengejutkan lagi, kau ternyata ada di belakangnya. Kau mendukungnya dengan semua ide brilian. Maka masalah ini tidak boleh dibiarkan berkembang di luar kendali. Aku mengirim orang-orang. Kau target pertama. Anak buahku di Hong Kong meletakkan seratus kilogram bubuk heroin dan sekarung senjata di kapal pesiar itu, lantas menghubungi satuan khusus antiteror. Kau, Opa, nakhoda kapalmu, dan gadis malang itu ditangkap. Sialnya kau berhasil lolos. Aku terlalu meremehkan seorang Tommi, sepertinya kau memang pemburu kesebelas.
Tidak ada pilihan lain, aku memerintahkan seluruh anggota penting jaringan di Jakarta mengeluarkan usaha terbaik untuk mencegah klien politikmu maju di konvensi itu. Klien politikmu ditangkap petinggi kepolisian, mudah saja merekayasa sebuah kasus hukum, perang opini digelar di media massa, posisi klien politikmu terancam didiskualifikasi di konvensi. Sepertinya kami akan menyelesaikan masalah itu, menutup buku, tapi kau muncul di Jakarta, kembali dari Hong Kong dengan banyak rencana, bahkan balas menyerang, menyakiti anggota kami, membuat semua berantakan.
Tuan Shinpei melangkah ke belakang. Tongkatnya sekarang teracung ke arah Om Liem. Kau memanfaatkan Liem untuk melancarkan serangan itu, Tommi. Kau berhasil membujuknya untuk mengkhianati kami. Aku tidak tahu kalimat apa yang setelah berpuluh tahun dia gentar pada jaringan ini, akhirnya berani berdiri tegak melawanku. Lihatlah hasilnya. Liem hanya bisa duduk lemah dengan muka lebam dan kaki terluka di ruangan kapal yang melepas sauh di luar teritorial hukum negara mana pun. Mengenaskan sekali. Entah siapa yang dia harapkan memberikan pertolongan" Ini perairan terbuka, jauh dari mana pun.
Aku tidak sakit hati karena Liem mengkhianatiku, Tommi. Buat apa" Semua orang memiliki jalan hidup dan takdir masingmasing. Pengkhianatan Liem, itu sudah takdirnya. Kau berusaha melawan, itu sudah takdirnya. Tetapi takdirku adalah menghentikan semua omong kosong ini. Jadi persis seperti pemburu kesepuluh yang menunggu di gerbang hutan terlarang. Lihatlah, aku juga sudah menunggu di sini. Maka mari kita selesaikan semuanya di sini. Hingga ke akar-akarnya, agar aku bisa kembali tidur nyenyak, menikmati seluruh kemegahan hidup dalam bayangan, tanpa seorang pun yang tahu. Bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan.
Tuan Shinpei sepertinya sudah tiba di ujung ceramahnya. Wajahnya yang selama ini pura-pura tersenyum terlihat bengis dan menakutkan. Suaranya semakin dalam dan bergema. Tongkatnya teracung sempurna ke leher Om Liem. Detak jantungku mulai kencang, tarikan napasku mulai cepat. Ketegangan menjalar di seluruh ruangan. Ini hampir tiba di puncaknya.
Nah, dengarkan aku baik-baik, Liem. Tuan Shinpei menusukkan ujung tongkat ke leher Om Liem, membuat Om Liem mengaduh kesakitan.
Aku tidak bisa lagi memercayaimu. Maafkan aku harus merang bukti, rekaman, dokumen yang kaukumpulkan selama ini, hah" Tuan Shinpei membentak.
Om Liem mengerang. Tidak menjawab.
Aku tidak mendengarnya, Liem. Tuan Shinpei menusukkan tongkatnya ke leher Om Liem.
Om Liem tersengal, kesakitan. Aku berseru marah. Pistol di pelipisku menekan lebih dalam, mencegah aku bergerak.
Baik, kaubisikkan kepadaku. Sepertinya kau kesulitan bicara. Tuan Shinpei menarik tongkatnya, mendekatkan telinga kanannya ke mulut Liem.
Di mana semua barang bukti itu, Liem"
Kau tidak akan pernah mengetahuinya. Om Liem berkata dengan suara lemah, nyaris tidak terdengar, lantas meludah.
Tuan Shinpei bangkit dengan wajah merah padam, menyeka pipinya yang terkena ludah, berseru ke jenderal bintang tiga yang sepanjang percakapan tadi selalu berdiri di belakangnya, Tembak paha kanannya!
Jenderal bintang tiga itu mencabut pistol di pinggang, bahkan sebelum aku sempat berteriak marah, berseru mencegahnya menembak, suara letusan pistol terdengar bergema di langit-langit ruangan kapal.
Om Liem mengaduh kesakitan. Dia tidak bisa lagi menjerit. Suaranya sudah parau. Tenaganya sudah lemah. Hanya tubuhnya yang bergetar menahan rasa sakit teramat sangat. Peluru itu menembus paha Om Liem, menembus kursi plastik, berkelontangan menghantam lantai. Darah segar menyembur deras dari paha Om Liem, segara membuat basah celana kain, melewati kursi plastik menetes ke lantai.
harus bertindak sebelum semua telanjur fatal. Mengeluh dalam hati, ayolah, kesempatan itu pasti ada, sedetik saja mereka lengah sudah cukup. Apa pun hasilnya, mereka atau aku yang lebih cepat, aku tidak akan pernah menyesalinya. Aku akan melawan mereka dengan sisa-sisa tenaga.
Sekali lagi, Liem, maafkan aku. Ini hanya bisnis, tidak ada yang boleh sakit hati, Tuan Shinpei berkata datar, menatap tajam Paman Liem, melemparkan sembarang saputangan untuk menyeka ludah. Kau sendiri yang membuatnya menjadi rumit. Nah, untuk kesekian kali, di mana barang bukti yang kausimpan selama ini" Katakan, Liem, maka aku akan membuatnya berakhir dengan cepat.
Om Liem menggerung. Kepalanya menggeleng. Tatapan matanya jelas sekali. Dia tidak akan memberitahu, apa pun risikonya.
Itu keputusan yang kauambil. Tembak paha kirinya! Tuan Shinpei berseru.
Jenderal bintang tiga itu kembali mendekat.
Tidak, bodoh! Kali ini bukan paha kiri dia. Kau tembak paha kiri keponakannya. Semoga dia berubah pikiran setelah menyaksikan Tommi tersungkur dengan paha tertembak! Tuan Shinpei membentak.
Jenderal bintang tiga itu mengangguk, balik kanan, melangkah cepat mendekatiku, pistol di tangannya teracung sempurna ke kakiku.
Aku mendengus pelan. Jantungku berdetak lebih kencang. Napasku tersengal oleh tensi pertarungan. Kesempatan itu akhirnya datang. Entah kenapa, moncong pistol di pelipisku menjauh. Itu memberikan momen berharga sepersekian detik.
Tanganku segera hendak bergerak cepat, merampas senjata otomatis orang di belakangku.
Tetapi aku kalah cepat. Suara letusan lebih dulu menggema di langit-langit ruangan dan jenderal bintang tiga itu telah terbanting jatuh. Peluru merobek dadanya, persis di jantungnya. Dia tewas seketika bahkan sebelum tubuhnya terkapar menyentuh lantai.
Sudah sejak lama aku ingin menembak bedebah ini. Dia salah satu jenderal yang membuatku menjadi polisi lalu lintas di perempatan setelah begitu banyak yang kulakukan untuknya. Orang di sebelahku, orang yang memegang pistol, orang yang menembak jenderal bintang tiga itu, pemimpin kapal tug yang membawaku berseru jengkel, melepas topeng di kepalanya.
Aku ternganga. Rudi"
Dan belum habis aku menyebut namanya, sebelas rekannya yang naik dari kapal tug, melepas tembakan ke depan, menyerang orang-orang bersenjata yang berasal dari kapal kontainer. Ruangan besar itu berubah seketika menjadi arena pertempuran besar. Puluhan laras senjata otomatis memuntahkan peluru. Dinding kapal robek di mana-mana. Suara peluru berkelontangan di lantai. Suara teriakan. Beberapa orang menjerit panik, berlarian menuju pintu belakang ruangan.
Dua orang bersenjata yang naik dari kapal tug bersama Rudi melempar beberapa granat asap. Meledak beruntun, dengan segera membuat ruangan besar itu dipenuhi asap pekat. Membuat situasi semakin kacau balau. Tembakan mengarah tidak terkendali. Tidak ada yang tahu dengan jelas mana kawan, mana kapal tug sama dengan orang-orang bersenjata dari kapal kontainer.
Kau tidak ingin ikut berpesta, Thomas" Rudi merangkak mendekatiku yang jongkok, menghindari peluru beterbangan di atas kepala.
Bagaimana kau bisa di sini" Aku menatapnya tidak percaya. Rudi tertawa, sambil gesit mengangkat pistol, melepas dua tembakan cepat ke depan. Dua orang yang hendak mendekati kami dengan senjata teracung jatuh terduduk. Jam tanganmu, Thomas. Itu hadiah spesial dariku. Kau lupa" Aku sengaja memberikannya.
Aku menatap Rudi, masih tidak mengerti.
Bukankah sudah kubilang, Thom. Bukan hanya faksi jenderal bintang tiga sialan itu saja yang ada di kepolisian. Juga ada faksi lain yang terbentuk karena mereka peduli dengan kesatuan. Masih banyak jenderal-jenderal yang memegang janji setia seorang polisi. Kami diam-diam membentuk satuan tugas. Menunggu momen terbaik untuk menggerakkan revolusi dari dalam. Kasusmu adalah momen paling baiknya. Aku bisa diam-diam menjadikanmu untuk memonitor situasi. Aku bisa mendengar pembicaraanmu, aktivitasmu, mengetahui lokasimu dari jam tangan ini.
Tadi malam, saat bedebah bintang tiga itu menelepon, memintamu datang ke Hong Kong dalam waktu enam jam, tentu saja aku ikut mendengarnya. Faksi kami memutuskan mengambil kesempatan, menghubungi pihak KPK, juga pihak angkatan udara. Kami bergerak lebih cepat. Sebuah pesawat Hercules langsung berangkat dari Jakarta. Empat pasukan khusus dari militer, dua petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi ikut dan dengan sedikit bantuan dari kepolisian Hong Kong, kami bisa mengambil alih kapal tug itu. Melumpuhkan orang-orang mereka, berganti kostum mereka, menunggu kau datang, membawa kau naik ke kapal kontainer ini. Sebuah rencana yang lebih brilian dibanding meracuni sarapan tahanan penjara. Rudi tertawa.
Aku masih menatapnya tidak percaya.
Hei, kau berhenti bicara atau mereka akan terus menembaki kita, Rud! Suara di sebelahku berteriak dalam bahasa Inggris. Dia mendekat dari sela-sela kepulan asap yang semakin tebal. Wajahnya memakai topeng.
Kau butuh senjata, Thomas. Orang itu berseru dalam bahasa Kanton kepadaku, lantas melemparkan dua pistol.
Aku memungut dua pistol itu. Menatapnya bingung. Aku kenal dengannya"


Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Maafkan aku telah menangkapmu di kapal pesiar itu, Thomas. Dia tertawa, melepas topeng di kepalanya, mengulurkan tangan. Kita mulai lagi dari awal, walaupun suasananya tidak lebih baik. Perkenalkan, Detektif Liu, unit pasukan khusus antiteror Hong Kong SAR. Empat anggotaku ikut serta dalam penyerbuan ini. Kami baru dua jam lalu dihubungi rekan dari Jakarta, Mayor Rudi. Terima kasih banyak, kami bisa mengetahui markas mafia ini atas bantuanmu, Thomas. Kami sudah mengejarnya bertahun-tahun.
Astaga" Detektif Liu. Ini kejutan kedua.
Ayo, Thomas, kita selamatkan pamanmu sebelum terlambat! Detektif Liu sudah berseru, memutus percakapan dan segala kejutan.
neriaki pasukannya agar terus maju ke tengah ruangan, sekaligus melepas dua tembakan beruntun ke depan, membuat tersungkur salah satu orang bersenjata yang balas menembaki kami.
Juga Rudi, sudah meloncat di tengah kepulan asap. Tangannya bergerak cepat.
Rahangku mengeras. Aku tidak akan ketinggalan ikut berpesta. Beranjak berdiri, dua pistol tergenggam erat di tanganku. Saatnya menghajar para bedebah.
D I tengah kepulan asap, hiruk pikuk suara tembakan, te-
riakan orang-orang bersenjata, suara mengaduh tertahan, aku, Rudi, dan Detektif Liu bahu-membahu terus merangsek maju, mendekati kursi plastik Om Liem.
Anggota pasukan yang dibawa Rudi dan Detektif Liu menembaki sisi-sisi ruangan, ke arah tumpukan kursi, meja panjang, dan perabotan yang digunakan untuk bersembunyi. Belasan undangan, orang-orang penting anggota mafia hukum yang hadir dalam acara itu lari berserabutan melewati pintu belakang, menyisakan puluhan orang bersenjata. Mereka terus menembaki kami di antara kepulan asap.
Rudi di sebelah kananku melemparkan granat sungguhan ke salah satu pojok ruangan. Granat itu meledak, mengeluarkan nyala api bersama kepingan kayu. Terdengar jeritan dari pojok ruangan, tiga orang yang terus menembaki kami dari pojok itu
Episode 32 Bantuan Terakhir menerobos kepulan asap, meloncat melepaskan enam tembakan beruntun. Tiga orang roboh lagi dari pojok ruangan yang berbeda. Aku mengurus orang-orang bersenjata yang datang dari depan. Lawan kami pasti mulai tersudut. Mereka mulai berhitung. Beberapa menyusul lari ke pintu belakang ruangan.
Aku sudah tiba di kursi plastik, mendekat sambil melepas empat tembakan beruntun. Dua orang bersenjata yang masih menjaga Om Liem terbanting jatuh, bahkan sebelum dia menyadari dari mana asal peluru di tengah kepulan asap. Aku melompat mendekati kursi plastik. Om Liem terkulai di atasnya. Tubuhnya semakin lemah, terlihat mengenaskan. Tapi dia masih bernapas. Dengan bantuan dua anggota pasukan Rudi yang muncul dari belakangku, kami mengangkat Om Liem. Bertahanlah, Om. Bertahanlah, aku berbisik.
Mata layu Om Liem mengerjap-ngerjap menatapku. Dia sesak entah karena apa, atau hendak bilang apa. Dua anggota pasukan Rudi menggotong Om Liem mundur ke pintu depan. Kau.... kau memanggilku Om, Tommi" Om Liem berbisik. Matanya basah oleh air mata. Aku menggenggam erat tangan Om Liem.
Tentu saja aku akan memanggilnya dengan sebutan Om. Dia telah menunjukkan kemauan kuat untuk berubah. Dia bertahan begitu jauh untuk membuktikan dia layak dipanggil dengan sebutan itu.
Lima menit berlalu sejak Rudi menembak jenderal bintang tiga yang tubuhnya terkapar di kakiku. Ruangan besar dengan kepulan asap itu kembali lengang. Tidak ada lagi suara tembakan, teriakan, atau suara mengaduh. Seluruh sudut ruangan tangan. Percik darah menyiram lantai dan dinding. Sebagian besar lawan kami memilih menyingkir dari ruangan, entah kabur, boleh jadi sedang melakukan konsolidasi sebelum menyerang balik.
Kita harus segera pergi, Liu! Rudi berteriak.
Detektif Liu mengangguk, meneriaki anak buahnya, Kembali ke kapal tug segera. Cepat atau lambat mereka akan datang dengan jumlah berlipat ganda. Kapal kontainer ini markas mereka, kita tidak tahu ada berapa orang anggota mafia mereka di sini.
Aku melangkah di sebelah Om Liem yang dibawa keluar dari ruangan penuh kepulan asap, menuruni anak tangga.
Move! Move! Detektif Liu berseru, menyuruh kami bergerak lebih cepat.
Rombongan sekarang melintasi geladak yang dipenuhi tumpukan ribuan kontainer. Detektif Liu dan Rudi memimpin di depan, berlari-lari kecil. Senapan mengacung, terus siaga dengan segala kemungkinan.
Bertahanlah, Om! Bertahanlah demi Tante, aku berbisik panik. Celana Om Liem basah kuyup oleh darah. Napasnya mulai tersengal. Kita akan segera tiba di kapal tug, segera menuju Hong Kong, dan Om akan mendapatkan pertolongan medis.
Om Liem mengangguk lemah.
Empat orang bersenjata terlihat berdiri menjaga tangga yang terjulur ke kapal tug. Rudi dan Detektif Liu tanpa banyak cakap melepas empat tembakan. Mereka tersungkur roboh. Kami sudah dekat sekali dengan kapal tug, tinggal belasan meter. Aku Rudi menyuruh dua anggota pasukannya yang menggendong Om Liem agar maju, bergerak lebih dulu menuruni tangga tali.
Sial, justru saat itulah, sebuah roket ditembakkan lebih dulu dari geladak helipad, dari tempat paling tinggi di kapal kontainer. Roket itu menghantam telak kapal tug, membuatnya meledak, hancur berkeping-keping. Rudi berteriak menyuruh tiarap. Kobaran api menjilat hingga ke atas kapal kontainer. Panasnya terasa. Ribuan pecahan dinding kapal tug merekah ke udara. Dua anggota pasukan Rudi refleks melindungi tubuh Om Liem.
Situasi menjadi di luar kendali. Keunggulan kami sebelumnya musnah begitu saja. Satu-satunya kendaraan untuk meninggalkan kapal kontainer hancur lebur. Dan yang lebih serius, lepas hantaman roket ke kapal tug itu, dari setiap sudut kapal kontainer itu muncul puluhan orang bersenjata. Lebih banyak dibanding yang ada di ruangan sebelumnya.
Rudi berpikir cepat, berteriak, Ambil posisi berlindung! Take cover! Everybody take cover! Detektif Liu meneriaki anggota pasukannya.
Om Liem digotong ke salah satu sudut geladak kapal, berlindung di balik tumpukan kontainer. Aku, Rudi, dan Detektif Liu berdiskusi cepat, segera membagi posisi bertahan. Aku, Rudi, dan anggota pasukannya menjaga serangan dari sisi sebelah kanan. Detektif Liu dan anggota pasukannya dari sisi sebelah kiri.
Puluhan orang bersenjata, anggota mafia anak buah Tuan Shinpei mulai melepaskan tembakan. Mereka merangsek maju melewati kontainer demi kontainer. Sepertinya seluruh isi kapal keluar ke geladak, menyerbu tempat kami berlindung. Peluru pukan kontainer tempat kami berlindung. Ingar-bingar peluru menghantam dinding kontainer terdengar memekakkan telinga.
Kapan bantuan dari kepolisian Hong Kong tiba, Liu" Rudi berteriak dari sebelahku, berusaha menahan gerakan orang-orang bersenjata, balas menembak.
Setengah jam lagi! Detektif Liu balas berteriak. Rudi mengeluarkan seruan kesal sambil terus melepas tembakan ke depan, Setengah jam kau bilang" Jika kita tidak tertembak duluan, kita sudah kehabisan peluru, Liu!
Lima menit berlalu, posisi rombongan semakin terjepit, gelombang demi gelombang serangan puluhan orang bersenjata itu tidak berhenti, semakin ganas. Dan belum sempat kami memperhitungkan situasi, memikirkan jalan keluar, termasuk kemungkinan loncat ke lautan, sebuah roket ditembakkan lagi dari geladak helipad.
Tiaraaap! aku dan Rudi berteriak nyaris serempak. Roket itu menghantam kontainer tempat kami berlindung, meledak, menghancurkan dinding luarnya, membuat isi kontainer sabun dan pasta gigi terbang ke mana-mana. Dua anggota pasukan Rudi terpental satu meter, menghantam dinding kontainer di belakang, terkapar tidak berdaya, entah bagaimana kondisinya. Dua rekan lainnya bergegas membantu. Kau tidak apa-apa" Rudi bertanya padaku. Aku menggeleng, segera bangkit.
Ada yang harus melumpuhkan orang yang membawa pelontar roket di atas helipad itu. Atau kita lebih dulu hancur berkeping-keping seperti pasta gigi ini. Rudi mengeluh. Kami bersandar rapat, berlindung di kontainer yang tersisa dari ren-Aku bergumam pelan. Tidak ada solusinya. Tidak ada jalan keluar untuk melumpuhkan orang yang membawa pelontar roket di atas sana. Jaraknya terlalu jauh dan kami sedang terdesak habis-habisan oleh puluhan orang yang terus merangsek semakin dekat.
Amunisimu sisa berapa" Rudi menoleh. Hanya yang ada di dalam pistol.
Rudi memaki lagi. Pelurunya juga tinggal sedikit. Rudi menggeleng pelan, menatapku lamat-lamat. Beberapa anggota pasukannya terkapar terkena tembakan. Juga anggota pasukan Detektif Liu. Pertahanan kami semakin ringkih, hanya menyisakan peluru terakhir.
Sepertinya kita akan habis di sini, Thomas" Rudi tertawa. Aku balas menatap Rudi.
Aku selalu bangga bisa bertarung bersisian bersamamu, Thomas. Rudi menatapku penuh penghargaan. Kau petarung terbaik yang pernah kuhadapi.
Aku menelan ludah, kehabisan kata-kata untuk menjawab kalimat Rudi.
Biarlah kita berakhir di sini, Kawan. Mari kita selesaikan pertarungan ini dengan baik. Seperti menari indah di atas arena, seperti menyanyikan lagu terakhir. Rudi tertawa, mendongak. Cahaya matahari pagi menyiram kapal kontainer itu, lembut membasuh wajah-wajah kami, wajah Rudi yang begitu mengesankan.
Rudi sungguh polisi paling terhormat yang pernah kukenal. Aku menatap Rudi, juga penuh penghargaan, ikut tertawa.
Aku juga selalu bangga bisa bertarung bersisian bersamamu, Rud.
Kami berdua saling mengangguk untuk terakhir kalinya. Menggenggam senjata erat-erat, siap meloncat keluar dari perlindungan kontainer, melepaskan peluru terakhir.
*** Tapi suara kelepak baling-baling dari kejauhan terdengar lebih dulu.
Semakin lama semakin kencang, gerakanku dan gerakan Rudi tertahan. Kami menoleh ke sisi kanan kapal kontainer. Lihatlah, di atas lautan, bergerak cepat dua buah helikopter pemburu. Itu helikopter milik kepolisian Hong Kong" Mereka datang lebih cepat" Bukan, itu jelas bukan helikopter milik kepolisian Hong Kong"
Aku bergumam mengeluh, jangan-jangan bala bantuan untuk Tuan Shinpei. Kondisi kami sudah terdesak sedemikian rupa, ditambah dua helikopter mendekat cepat, tidak akan ada kesempatan lagi. Orang-orang bersenjata yang mengepung dan terus menembaki kami menahan tembakan. Mereka ikut menoleh ke atas lautan. Berseru satu sama lain, berusaha memastikan siapa yang datang.
Sebelum orang-orang di atas kapal tahu di pihak siapa helikopter itu, dua helikopter itu sudah mengambil posisi mengambang di udara, empat puluh meter dari kapal kontainer, dengan pintu sisi-sisinya terbuka lebar. Dan dari pintu terbuka itu, dua senapan mesin alias mitraliur, dengan peluru kaliber tidak kunapan paling mematikan. Bisa melepaskan ratusan peluru dalam satu menit.
Sedetik berlalu. Bagai melukis dinding dengan kuas, atau seperti melukis di atas pasir, dua mitraliur dari dua helikopter pemburu menyalak, memuntahkan peluru, menerpa tumpukan kontainer, menghabisi orang-orang bersenjata yang mengejar kami, juga orang-orang yang membawa senjata berat pelontar roket, yang berada di helipad, semua tumbang hanya dalam hitungan detik, menyisakan teriakan parau, jeritan kesakitan. Beberapa orang bersenjata berusaha membalas tembakan, tapi mereka kalah posisi, kalah cepat, dan senjata mereka tidak memadai untuk peperangan jarak jauh seperti itu.
Pertempuran telah berakhir.
Siapa pun orang di atas sana, yang membawa dua helikopter dan mitraliur, telah memberikan kemenangan kepada kami.
Rudi menatapnya setengah tidak percaya, menyeka peluh di dahi.
Detektif Liu mengembuskan napas lega. Aku bergegas memeriksa kondisi Om Liem. ***
Lengang di atas geladak kapal. Sisa-sisa orang bersenjata sebagian besar kabur masuk ke kapal, sebagian lagi panik meloncat ke lautan.
Salah satu helikopter pemburu mendekati posisi kami. Satu meluncur di tali tersebut. Satu meter sebelum kakinya menjejak geladak, dia sudah cekatan melompat ke atas geladak kapal.
Aku mengenalinya. Orang yang kukalahkan dalam pertarungan di klub petarung Makau beberapa hari lalu. Lee si Monster.
Lee melepas sarung tangannya, mengulurkan tangan. Apa kabar, Thomas"
Aku menepuk dahi, sungguh kejutan besar. Memeluknya. Dia melepas pelukan sejenak, menatapku sambil tersenyum, mengangguk takzim. Tidak ada, tidak ada satu orang pun yang boleh menyakiti keturunan Opa Chan di Hong Kong, Makau, dan daratan Cina.
Bagaimana kau tahu kami berada di sini"
Kami mengirim tim khusus untuk mencari informasi sejak penjebakan di kapal pesiar dua hari lalu. Tadi malam tim khusus kami melaporkan ada kegiatan besar jauh di teluk Hong Kong. Sumber kami di kantor imigrasi juga melaporkan dokumen perjalanan sementara yang kaugunakan melintas masuk Hong Kong jam lima pagi, ditambah sumber rahasia di kepolisian yang menyebutkan Detektif Liu sedang melakukan penyerbuan, maka informasi yang kami miliki menjadi lengkap. Aku bisa mengambil kesimpulan, sesuatu sedang terjadi.
Aku segera berangkat dengan membawa dua helikopter pemburu militer Cina kau tahu, Kakek Chai dekat dengan banyak pihak di Guangzhou, termasuk dengan jenderal di markas militer. Aku pernah mengikuti pelatihan di barak tentara selama delapan belas bulan, meski tidak meneruskan karier tersebut. Terimalah bantuan kecil dari keluarga kami, Thomas. kah kau selalu datang dengan bergaya seperti ini, Lee" Mobil SUV itu. Lolos dari tiga ratus dinamit. Gedung yang runtuh. Dan sekarang, kau datang dengan dua helikopter pemburu.
Kau tahu, Thomas, tapi ini rahasia di antara kita saja. Aku tidak bisa menahan diri untuk tidak melakukannya. Itu selalu menyenangkan. Lee tertawa kecil. Nah, sebelum kita bicara lebih banyak, termasuk membahas kapan pertarungan ulang antara kau dan aku segera dilakukan, sepertinya ada hal mendesak yang harus diurus.
Aku mengangguk. Om Liem, dia harus segera mendapatkan pertolongan.
Beberapa tali diturunkan lagi dari atas helikopter. Beberapa orang mengikat tubuh Om Liem dengan hati-hati. Helikopter itu tidak bisa mendarat di atas kapal, helipad sudah hancur lebur. Hampir seluruh tumpukan kontainer berantakan. Satu menit berlalu, Om Liem dengan dijaga satu orang anggota pasukan Detektif Liu yang ikut bergelantungan, dibawa secepat mungkin ke Hong Kong.
Enam kapal cepat milik kepolisian Hong Kong tiba beberapa saat kemudian, langsung mengepung kapal kontainer itu. Puluhan polisi naik ke atas kapal. Mereka langsung menyisir seluruh kapal kontainer, menangkap Tuan Shinpei yang bersembunyi di salah satu ruangan bersama belasan anak buahnya yang mengenakan topeng dan belasan orang lainnya, termasuk anggota mafia hukum.
Kapal kontainer New Panamax itu telah resmi dikuasai. Pasukan khusus antiteror Hong Kong SAR yang dipimpin Detektif Liu menyita kapal dan seluruh isinya. Semua kekacauan Aku melepas jam tangan dari pergelangan, melemparkannya kepada Rudi.
Terima kasih banyak telah meminjamiku, Rud. Tapi maaf, sudah cukup kau mengintai kehidupanku, menguping pembicaraan, bahkan tahu di mana aku berada. Aku kembalikan jam tanganmu.
Hei, kau bisa menyimpannya, Thom. Kenang-kenangan. Kalau kau keberatan diawasi, aku dengan mudah bisa mematikan alat penyadap dan pelacaknya.
Aku tertawa, menggeleng. Aku tidak percaya denganmu soal itu, Rud.
Rudi ikut tertawa. D ENGAN menumpang helikopter Lee, setengah jam kemu-
dian aku tiba di rumah sakit tempat Om Liem lebih dulu dibawa. Menurut informasi dokter, kondisi Om Liem stabil meski fisiknya amat lemah, harus banyak tidur, beristirahat. Situasi terburuk baginya adalah harus berjalan dengan tongkat jika ternyata kaki kanannya tidak bisa digerakkan lagi seperti semula karena tertembus peluru. Itu tidak terlalu buruk, mengingat masih banyak kemungkinan yang lebih mengerikan yang bisa terjadi di atas kapal kontainer itu.
Rudi dan Detektif Liu masih di atas kapal, mengurus penangkapan besar-besaran. Seluruh tersangka dinaikkan ke atas kapal polisi, dibawa ke markas besar kepolisian Hong Kong. Jika semua urusan administrasi selesai, pesawat Hercules milik angkatan udara yang dibawa Rudi sepertinya penuh sesak saat kembali ke Jakarta, membawa sebagian besar anggota mafia hu-
Episode 33 Epilog kasus hukum yang menunggu mereka, proses pengadilan massal telah menunggu di Jakarta.
Tuan Shinpei, yang memiliki paspor Hong Kong, ditahan satuan khusus antiteror Hong Kong SAR. Lebih banyak tuntutan yang harus dia hadapi di sini, termasuk jebakan yang dia lakukan di kapal pesiar. Dia mengakui sendiri hal itu sebelum baku tembak terjadi dan Detektif Liu merekam semuanya itulah kenapa Rudi terus menahanku bertindak, dengan menempelkan moncong pistol di pelipis lebih keras, agar lebih banyak informasi yang diperoleh. Tuan Shinpei, pemilik bisnis besar di Hong Kong, penguasa dunia hitam di Hong Kong, orang nomor satu dalam mafia hukum di Jakarta telah tamat riwayatnya, tidak ada celah hukum yang bisa dia rekayasa.
Aku tidak akan menembaknya di kapal kontainer, bahkan jika aku punya berkali-kali kesempatan dan Detektif Liu tidak keberatan, pembalasan terbaik bagi Tuan Shinpei adalah menjalani proses hukum dengan adil tanpa ampun, sesuatu yang selama ini berkali-kali dia hinakan. Tidak ada yang lebih menyakitkan bagi Tuan Shinpei, selain menghabiskan sisa hidupnya dalam penjara, hukuman dari proses pengadilan yang benar, sesuatu yang tidak pernah dipercayainya. Hukum bisa ditegakkan.
Om Liem dirawat di salah satu ruangan rumah sakit. Sedang beristirahat, dokter melarang kami mengganggunya. Aku mengangguk, membiarkan Om Liem tidur, meminjam telepon genggam Lee yang masih menunggu bersamaku, segera menghubungi Maggie.
Belum genap satu kali nada panggil, Maggie sudah mengangdengan intonasi penuh cemas dan harap, Thomas" Dia pasti mengenali kode negara di layar teleponnya.
Iya, ini aku, Meg, aku menjawab pelan.
Maggie menangis. Membuat orang-orang di ruangan kerja Kris menoleh, termasuk Maryam dan Tante Liem yang menunggu cemas sejak tadi malam.
Aku baik-baik saja. Hanya lecet, lebam, sedikit bengkak, aku mencoba bergurau. Bukankah kau selalu bilang, Thomas akan selalu kembali ke kantornya, apa pun yang terjadi di luar sana.
Maggie tidak menjawab, dia berusaha menghentikan tangisnya.
Suruh staf kantor segera menjemput Kadek dan Opa di sekolah berasrama, Meg. Aku mulai memberikan tugas, dan Maggie bergegas menyeka pipinya, cekatan meraih notes dan bolpoin. Kausiapkan perjalanan mereka ke Hong Kong, juga tiket untuk Tante Liem. Mereka bisa membesuk Om Liem. Nah, khusus yang satu ini, kau boleh ikut serta. Kau sudah lama tidak berlibur, bukan" Kau bisa mengambil cuti selama yang kau mau, memilih hotel terbaik, berkunjung ke lokasi wisata, tagihkan semuanya ke kantor.
Maggie tidak berkomentar, tapi aku tahu, itu sesuatu yang layak dia terima atas banyak bantuan yang telah dia berikan.
Bilang ke Maryam, semua tuduhan di Hong Kong telah dicabut oleh kepolisian. Dia bisa mengambil seluruh dokumen perjalanan, paspor, dan barang-barang yang disita. Kalau kau tidak keberatan satu perjalanan dengan nenek lampir itu, kau pesankan tiket sekalian untuknya ke Hong Kong bersama yang hari lalu kau masih meributkan prospek disuruh-suruh untuk keperluan Maryam.
Maggie mendengus pelan. Aku bisa mendengarnya. Aku sempat bicara dengan Tante setelah memberikan satudua tugas lain ke Maggie. Suara Tante terdengar serak. Sejak tadi malam dia amat mencemaskan Om Liem. Aku tahu, sebenci apa pun, tetap jauh lebih besar rasa sayang Tante pada Om Liem. Sayangnya, Om Liem sedang tidur, jadi aku tidak bisa memberikan telepon genggam kepadanya agar Tante bisa bicara.
Aku juga bicara dengan Maryam. Suaranya juga serak, kurang tidur, berantakan, cemas, tegang, tapi di luar itu, dia baik-baik saja. Dalam urusan ini, bukan Maryam, akulah yang menghela napas lega, karena Maryam tidak jadi kehilangan karier, masa depan, semuanya. Dia tidak kehilangan kehidupannya. Aku akan merasa amat bersalah jika Maryam harus menghabiskan hidupnya menjadi buronan hanya karena dia datang di tempat dan waktu yang keliru.
Kita memenangi konvensi, Thomas..., Maryam menyampaikan kabar hebat itu. Maksudku klien politikmu telah memenangi konvensi partai di Denpasar.
Kau tidak sedang bergurau"
Tidak, Thom. Baru setengah jam lalu voting kandidat presiden selesai dilaksanakan. Disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi. Klien politikmu menang telak dalam penghitungan suara, nyaris sembilan puluh persen. Itu sungguh mengharukan. Kemenangan besar. Kau berhasil, Thomas. Kaulah yang membuatnya terjadi.
Aku menutup telepon setelah satu dua kalimat lagi tentang kabar hebat dari Maryam. Dengan kabar baik dari konvensi partai, semua urusan rampung sudah. Aku menyerahkan telepon genggam kepada Lee.
Aku menghela napas panjang, menatap lorong rumah sakit tempat kamar Om Liem berada. Lorong itu lengang, hanya sesekali dokter dan perawat melintas memeriksa pasien.
Ada seseorang yang ingin bertemu denganmu, Thomas. Lee menepuk bahuku.
Aku menoleh. Siapa" Sebentar lagi tiba. Sebelum kau menelepon, beliau sudah menuju kemari.
Siapa" aku bertanya.
Kau akan suka bertemu dengannya, Thomas. Kecuali bagian yang itu, cerita-cerita lama. Maksudku tentu saja itu penting, tapi ayolah, diceritakan berkali-kali seperti kaset rusak. Aku sampai hafal setiap kalimatnya. Lee tertawa.
Aku ikut tertawa, aku tahu siapa yang dimaksudkan Lee. Tapi kau jangan bilang-bilang padanya aku mengeluh soal ini, Thomas.
Aku menggeleng. Aku juga punya masalah yang sama dengan Lee.
*** Lima menit menunggu, pintu lorong terbuka. Ditemani beberapa staf, orang yang ingin menemuiku itu melangkah masuk. Aku Ten, kakek Lee, teman perjalanan Opa saat mengungsi dari tanah kelahiran mereka enam puluh tahun lalu.
Wajah Chai Ten teduh, tatapan matanya bercahaya. Usianya sama dengan Opa. Perawakannya saja yang berbeda. Kakek Lee lebih tinggi dan tubuhnya lebih berisi. Lee benar, aku menyukainya. Dalam banyak hal, kakek Lee mirip dengan Opa. Suaranya yang bersahabat, gestur wajah yang menghargai.
Ini kebahagiaan besar, Thomas, bertemu dan memeluk langsung cucu orang yang pernah menyelamatkan hidupku. Kakek Lee menatapku penuh penghargaan.
Aku mengangguk, bilang terima kasih banyak atas bantuannya.
Kakek Lee menggeleng, semua itu tidak seberapa. Kakek Lee menatapku takzim, lantas dia berkata pelan, Kau tahu, Nak, sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal: suhu dan tekanan tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yang diterimanya, semakin tinggi tekanan yang diperolehnya. Jika dia bisa bertahan, tidak hancur, dia justru berubah menjadi intan yang berkilau tiada tara. Keras. Kokoh. Mahal harganya.
Sama halnya dengan kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yang kita alami, semakin dalam dan menyedihkan rasanya, jika kita bisa bertahan, tidak hancur, kita akan tumbuh menjadi seseorang yang berkarakter laksana intan. Keras. Kokoh. Seperti jalan hidupmu, Thomas. Aku tahu dari cerita Lee. Orangtuamu dibakar, masa kanak-kanak dan remajamu penuh kesedihan, dibebani kenangan abu orangtua. Tapi lihatlah, kau menjadi seseorang yang begitu gagah, amat membanggakan.
Thomas. Dia juga pernah mengalami masa-masa sulit pada masa mudanya. Perjalanan dengan kapal nelayan itu, mengungsi dari tanah kelahiran, tidak saja membuatnya menjadi kokoh, mampu bertahan dari kesulitan hidup, tapi lebih dari itu, membuktikan opamu memiliki hati yang mulia.
Kau tahu, Thomas, jarak antara akhir yang baik dan akhir yang buruk dari semua cerita hari ini hanya dipisahkan oleh sesuatu yang kecil saja, yaitu kepedulian. Opamu memilih peduli, maka dengan seluruh kesusahan, dengan keterbatasan yang dia miliki, dia tetap memutuskan menolongku yang sakit parah di atas kapal nelayan itu, meskipun itu bisa menyulitkan bahkan membahayakan dirinya sendiri. Dengan kepedulian dia bersedia membagi jatah makanannya yang sedikit, memberikan air minum yang susah payah didapat. Dengan kepedulian dia bersedia merawatku siang-malam, berhari-hari. Apa untungnya bagi opamu saat itu" Tidak ada. Tetapi panggilan hatinya membuatnya melakukan semua itu. Enam puluh tahun kemudian, sepotong kejadian tersebut memberikan perbedaan. Kita tidak tahu apa yang terjadi hari ini kalau opamu memilih tidak peduli. Aku sakit keras, sekarat, tidak ada pertolongan berarti hanya soal waktu tubuh dinginku dilempar ke lautan.
Begitu juga hidup ini, Thomas. Kepedulian kita hari ini akan memberikan perbedaan berarti pada masa depan. Kecil saja, sepertinya sepele, tapi bisa besar dampaknya pada masa mendatang. Apalagi jika kepedulian itu besar, seperti yang dilakukan opamu terhadapku, lebih besar lagi bedanya pada masa mendatang.
anak muda yang peduli, memilih jalan suci penuh kemuliaan. Kau akan menjalani kehidupan ini penuh dengan kehormatan. Kehormatan seorang petarung.
Untuk pembelian online: e-mail: cs@gramediashop.com website: www.gramedia.com
Gramedia Pustaka Utama Ikuti Kisah Sebelumnya
Sekuel NEGERI PARA BEDEBAH Anugerah Pembaca Indonesia 2012
Pendekar Terkutuk Pemetik 1 Pendekar Naga Putih 50 Sang Penghancur Tak Putus Dirundung Malang 1
^