Pencarian

Dunia Yang Sempurna 3

Dunia Yang Sempurna Karya Carienne Bagian 3


kenapa" Ara terdiam beberapa detik.
karena itu kesukaan gw... jawabnya pada akhirnya.
PART 34 udah, ga ada yang ketinggalan" tanya gw sambil mengunci pintu kamar.
Ara berdiri di belakang gw sambil menggeleng pelan. Dia membawa satu tas kecil yang ditenteng dan satu ransel di punggungnya. Dengan jeans ketat dan sepatu berwarna putih ditambah jaket gw yang dia pinjam, membuatnya semakin terlihat seperti anak SMA.
yaudah kalo gitu ayok... ajak gw.
Gw mengantarnya hingga ke stasiun dimana kereta yang akan ditumpanginya berhenti sebelum membawanya ke kota asal. Di stasiun yang hari itu cukup ramai, gw membantunya membawa tas.
lo laper ga" tanyanya ke gw sambil berjalan masuk ke peron. belom si. Kenapa" lo laper"
belom juga, tapi seenggaknya temenin gw makan kek sebelum gw pulang... ujarnya cemberut.
gw tertawa pelan. iya iya, yaudah ayok cari makan dulu... gw menoleh ke arahnya. mau makan apa"
Ara mengamati deretan gerai makanan di sepanjang stasiun itu, hingga akhirnya memutuskan ke satu gerai makanan ala Jepang. Dia menarik tangan gw tanpa bicara, memasuki gerai tersebut.
lo doyan ga" dia menoleh ke gw sambil berdiri di antrian pemesan.
lo nanya gw doyan apa engga tapi udah maen antri aja, harusnya nanya dari tadi... gerutu gw.
bawel ah, lo doyan kan" ya kan" yaudah si... dia berbalik menghadap ke depan lagi tanpa menunggu jawaban lanjutan dari gw. Ngasal amat nih anak, batin gw.
Ketika sudah tiba gilirannya memesan, Ara yang memesan makanan gw, tentu saja. Gw cuma bisa memilih dari belakang, sementara dia yang memutuskan di depan. Ketika makanan sudah siap, Ara membawa baki berisi makanan tadi.
mana sini gw yang bawa aja gw menawarkan. lah itu tangan lo bawa tas, emang bisa"
ah gini doang... gw mengambil baki dari tangannya. mau duduk dimana"
disono aja ucapnya sambil menunjuk salah satu meja kosong di sudut.
Sambil makan dan menunggu kereta yang Ara tumpangi itu tiba, kami ngobrol-ngobrol ringan. Setelah ini untuk beberapa waktu gw ga akan mendengar suara bawelnya di sekitar gw. Lega si, tapi di sisi lain ada rasa khawatir juga akan kesunyian yang bakal gw hadapi nantinya.
lo gapapa kan gw tinggal agak lama" tanya Ara seolah dia bisa
membaca pikiran gw. gw tertawa.
ya gapapalah, orang lo juga cuma pulang bentar ini. Lagi sebelum gw ketemu lo juga gw baik-baik aja... jawab gw sambil tersenyum lebar.
emang lo pernah ngekos sebelum ketemu gw" eh, ya engga si...
benar juga kata Ara. Sejak awal gw menginjakkan kaki di ibukota ini, membiasakan diri dengan kehidupan anak kos, dia selalu ada di sekitar gw.
nah, makanya jangan sok-sokan. Pikun aja sok-sokan... gerutunya sebal. kalo mau pergi, pintu kamar jangan lupa dikunci. Tuh handuk lo jangan digeletakin gitu aja di kasur, bauknya kemana mana ntar... dia berpesan ke gw. iyaaa, apa lagiii....
gausah kebanyakan ngeroko... iyaa, teruuus....
eh itu air galon lo tinggal dikit, jangan lupa beli lagi. lo inget aja air galon gw tinggal seberapa"
ya soalnya gw kan sering numpang ambil air dikamar lo...
sahutnya dengan cengiran lebar.
mungkin harusnya gw pasang tarif ya, gw gantungin di atas galon. Segelas lima ribu... ujar gw tertawa.
oh jadi sekarang lo maen perhitungan nih ama gw" hahaha engga engga, becanda doang gw...
Ara mencibir. Dia kemudian memandangi gw agak lama, begitu juga gw kepadanya. Gw merasakan sorot matanya memancarkan rasa khawatir.
lo disana bakal ngapain aja, Ra" tanya gw untuk kesekian kalinya.
nemenin mama aja si paling, mungkin gw juga bakal usaha kecilkecilan... dia tertawa, sama reuni...
bakal ketemu mantan lo lagi dong" goda gw. ogah gw.
ogah apa ogaaah.... dia mencibir.
gw si ga masalah ya, ketemu mantan lagi. cuma gw takut nanti lo gantung diri di kosan, hahaha.... dia balas menggoda gw. Sial, benar juga kata Ara.
emang ngapain gw gantung diri" Lo ketemu mah ketemu aja, gw
si santai-santai aja... balas gw berbohong. Aslinya si gw juga kepikiran, tapi mana mungkin lah gw tunjukkan itu ke Ara. Setidaknya bukan sekarang.
ngeles aja lo tapi muka lo kaya mau nangis... godanya sambil mencubit pipi gw pelan.
paan si... Kemudian tanpa disadari waktu berlalu cepat. Pengumuman bahwa kereta yang akan Ara tumpangi telah tiba.
nah tuh kereta gw udah dateng. Yuk... ajaknya sambil merapikan rambut, kemudian berdiri.
Gw mengikutinya tanpa bicara, sementara dia mempersiapkan tiket yang akan diperiksa oleh petugas. Akhirnya sampai pada satu titik gw dan Ara harus berpisah. Kami berdiri berhadaphadapan.
mana sini tas gw... ujarnya sambil mengulurkan tangan. Gw menyerahkan tas kecil miliknya yang sedari tadi gw bantu bawakan. Dia membawa tas itu di bahunya, dan sekali lagi merapikan rambut.
udah ya, gw tinggal dulu. Baik-baik ya disini... katanya sambil memasukkan kedua tangan ke kantong jaket.
gw mengangguk. iya, lo juga hati-hati yah. Salam gw buat orang tua lo. Kabarin gw kalo udah sampe sana...
iya, pasti... Kemudian kami berdua hanya bertatap-tatapan selama beberapa saat, tanpa berkata apapun. Sampai pada akhirnya dia tertawa kecil, kemudian mengeluarkan kedua tangannya dari kantong jaket, merentangkannya lebar-lebar.
sini... Tanpa mengucapkan apapun, gw menyambutnya. Kami berpelukan. Sebuah pelukan pertama antara gw dan dia, setelah setahun kami tinggal bersama di tanah rantau ini.
lo baik-baik ya... dia berbisik di telinga gw.
iya, jaga diri lo juga ya disana... balas gw berbisik. jangan lupa kabarin gw...
Ara mengangguk di bahu gw.
Ketika kami berdua saling melepaskan pelukan, gw memandanginya berjalan di peron, dan menaiki gerbong di depan gw. Kemudian gw mengikutinya sampai dia menemukan tempat duduknya di tepi jendela. Dia memandangi gw, dan tersenyum melambaikan tangannya. Gw balas melambaikan tangan.
Akhirnya terdengar pengumuman bahwa kereta akan segera diberangkatkan. Ara kembali melambaikan tangan ke gw, dan kali ini dia meniupkan ciuman ke gw, kemudian tertawa lebar dengan jahil. Gw hanya bisa bengong melihat tingkahnya yang tiba-tiba itu, sambil menggelengkan kepala dan tersenyum lebar.
Kereta pun akhirnya benar-benar berangkat perlahan-lahan. Gw sekali lagi melambaikan tangan ke arahnya, sebelum dia menjauh dari pandangan gw. Ketika gw memandangi kereta besi yang besar itu berjalan dengan gemuruh perlahan menjauh dari titik tempat gw berdiri, gw merasakan kesepian yang mulai melanda gw. Tapi gw tahu dalam hati gw, sejauh apapun kami terpisah, kami saling mendoakan satu sama lain.
PART 35 Siang itu, gw terbangun dengan kepala terasa pusing. Sepertinya penyebabnya adalah gw ga tidur semalaman, dan baru bisa memejamkan mata ketika matahari mulai terang. Gw bangkit dari tidur, dan duduk di tepian kasur sambil mengurut-urut pelipis. Perlahan-lahan kesadaran gw mulai terkumpul sepenuhnya, dan ketika pandangan gw mulai fokus lagi, gw menyadari kalau gw sedang memandangi tembok kamar yang berbatasan dengan kamar Ara.
Gw menghela napas dengan berat, dan mulai merindukan suara melengking dan bawel yang selalu berasal dari kamar sebelah. Gw mengambil handphone, dan menimang-nimang benda itu untuk beberapa saat. Gw bimbang antara bertanya kabarnya, atau tetap menunggu dia memberi kabar ke gw seperti kemarinkemarin. Hari ini hampir seminggu sejak kepulangan Ara ke kota asalnya. Gw memutuskan mengalahkan ego gw, dan mengirim SMS duluan kepadanya.
-sepi amat lo disana ga ada suaranya"- beberapa saat kemudian datang balasan. -maaf, ini siapa ya"-
wah, baru pulang seminggu aja udah lupa sama gw, pikir gw. Kelakuan nih cewe memang rada-rada.
-tukang somay- -maaf mang, gw ga pesen somay. byeee...-
-eh buset dah, ini gw!- -iya, hape gw juga udah canggih kali, ada nama lo disini... kenapa" kangen ya" ciyeee -
-kesepian gw... kapan balik kesini"- -kesepian" mending lo tidur deh-
-gw baru aja bangun tidur, lo suruh tidur lagi...-
-ya lo tidur aja, nanti kita berdua akan bertemu dan memadu kasih di alam mimpi... HAHAHAHAHA-
-udah gila lo ya Ra, sedih gw -
-bahahahahasikampret... eh tumben lo baru bangun jam segini" hayo abis nakal-nakal enak ya disana mentang2 ga ada gw" huh.- -sembarangan... gw tadi malem ga bisa tidur....-
-gara2 kangen gw" - -iya heheheu, sepi nih ga ada yang bawelin gw...-
-baru juga seminggu gw balik... sabar lah, kalo lo kangen ama gw kan udah gw suruh keluar kamar, udah lo lakuin belom"- -ga lah, ngavain...-
-LO LUPA AMA PESEN GW" TAU AH GW NGAMBEK-
-heheheheheh iya gw inget kok, tiap sore gw keluar kaliii, lagian mana mungkin gw ga keluar kamar, bisa2 jadi si buta dari gua hantu gw...-
-jelek.- Gw tertawa-tawa ga jelas selama SMSan dengan Ara itu. Ini anak memang selalu punya kosakatanya sendiri yang khas, yang membuat dia selalu unik di mata gw. Barangkali di mata orang lain juga terbersit hal yang sama. Sepanjang siang itu gw habiskan untuk ngobrol dengan Ara, hingga akhirnya dia bilang mau pergi sama mamanya. Mau ga mau gw mengakhiri obrolan.
Gw memutuskan untuk mandi dan turun mencari makan siang, karena sedari tadi malam perut gw belum terisi apa-apa. Gw sekalian membungkus satu porsi lagi untuk makan malam, karena gw pikir daripada malas turun nantinya mending dipersiapkan dari sekarang. Setelah makan gw kembali lagi ke kosan, dan bermain gitar di kamar dengan pintu terbuka, sementara gw sedikit membelakangi pintu.
Belum lama gw bermain gitar di kamar, gw merasakan ada seseorang yang berdiri di belakang gw, di pintu dan memandangi gw. Bulu kuduk gw merinding, mengingat hari mulai sore. Katanya si sore-sore begini adalah waktu favorit buat para setan memulai jam dinasnya. Barangkali jam enam-tujuh malam itu waktu macet-macetnya di dunia sana.
Lang... terdengar suara wanita dari balik punggung gw. Sontak gw terlonjak kaget dan nyaris melemparkan gitar gw.
eh ya ampun, lo ternyata.... ucap gw lega ketika mengetahui siapa yang memanggil gw. Dia adalah Maya, teman gw kuliah, dan se geng dengan Ara. kok tau-tau kesini May, ga kabar-kabar dulu"
Maya tertawa malu. iya tadinya gw kesini mau ngajak main Ara, tapi di jalan gw baru inget kalo Ara lagi pulang hehehe... Maya menatap gw sedih, mau balik ke kos udah kejauhan, soalnya gw ingetnya didepan sini...
Nah, sesuai dugaan gw, selalu ada yang aneh dari Maya ini. Teman-teman Ara memang rata-rata setipe dengannya. Absurd, dan ekspresif.
Gantian gw yang tertawa heran sekaligus kasihan.
Ara udah pulang seminggu yang lalu kali May, masa lo ga dikabarin" gw meletakkan gitar dan membuka pintu agak lebar. mau masuk" boleh kok kalo lo mau.... gw mempersilakan.
iya gw baru inget dulu dia pamit waktu pulang, tapi abis itu gw jarang telponan ama doi, ya wajar dong kalo gw lupa" ya kan" ucapnya membela diri.
iya-iya, wajar kok... gw mengiyakan dengan tertawa, karena gw ga tahu harus bereaksi macam apa menghadapi ini. mau masuk" tawar gw kedua kalinya.
lo ga akan ngapa-ngapain gw kan" Maya memicingkan mata dan menginterogasi gw.
yaelah kalo gw cowo macem itu, sekarang Ara udah bunting kali...
Dahi gw ditepoknya keras, mesum ga sembuh-sembuh lo!
lah gw kan cuma jawab pertanyaan lo" sahut gw sewot. Maen tepok-tepok aja nih cewe, dikira jidat gw sakelar lampu kali. Maya melangkah masuk ke kamar gw, dan duduk bersila di lantai, beralaskan tikar tipis.
mau minum apa" gw menawarkan. Maya menggeleng.
engga usah, ngerepotin lo aja.
ah apaan si gini doang kok ngerepotin, engga lah. Mau minum apa"
ya udah air putih aja gw mengambilkannya segelas air putih, dan kemudian gw duduk di kasur sambil kembali memetik gitar gw dengan asal.
emang rencananya lo mau kemana sama Ara" gw tertawa, kalo Ara ada disini...
keluar doang si, ngobrol-ngobrol cewe gitu...
ooh... gw cuma bisa mengangguk-angguk, karena gw menyadari obrolan wanita adalah satu dunia yang gw tahu ga bisa gw masuki
sampai kapanpun. Seperti sebuah alam lain bagi gw. pergi ama gw mau nggak" gw menawarkan. kemana"
gw mengangkat bahu, lo ada ide kemana" gw kesepian nih di kosan mulu...
ya udah yok keluar dulu, mau kemananya dipikir belakangan ntar di jalan aja ajaknya spontan.
ya bentar gw mandi dulu deh
lo mandi ga mandi sama aja si cibirnya. tetep ganteng kan" jawab gw dengan pedenya. ngomong tuh ama gayung...
Gw mandi secepat kilat, dan beberapa waktu kemudian gw dan Maya menuruni tangga kosan, menuju keluar. Gw menoleh ke Maya.
lo naik apa kesini" naik tank...
ooh, tank... gw paham maksudnya, karena mobil Maya memang gede banget seperti tank. Ga cocok sama yang punya. Sering gw becandain kalau dia mengendarai mobilnya, tuh mobil seperti berjalan sendiri tanpa supir karena Maya ga kelihatan dari luar.
Maya mengulurkan kunci mobilnya ke gw. Gw cuma memandanginya sambil geleng-geleng kepala.
oh iya gw lupa lo belom bisa nyetir mobil yak... dia menggenggam kunci mobilnya lagi, makanya belajar dong. Cowo harus bisa nyetir mobil...
iyaa nanti kalo ada mobil yang bisa gw pake latihan...
Gw menaiki mobil Maya itu di kursi penumpang depan, sementara Maya memasang sabuk pengamannya dan menyalakan mesin. Ketika kami telah menempuh jarak yang agak jauh dan memasuki tol ibukota, barulah gw bertanya lagi.
mau kemana kita" ngegaul. jawabnya singkat dengan menaikkan alis.
PART 36 Malam itu gw dan Maya terdampar di sebuah caf di bilangan Kemang. Suasana malam itu ramai sekali, dan sebuah live music ikut menambah riuhnya suasana. Sambil menikmati interior yang mewah dan orang-orang yang berlalu lalang, gw dan Maya duduk di salah satu meja yang menempel dengan tembok, dengan sofa melingkar. Gw memesan minuman, lupa entah apa, sementara Maya memesan dua botol bir ukuran sedang.
lo pesen dua" gw terheran-heran.
satu kurang jawabnya santai. Dia mengeluarkan sebungkus rokok filter, dan menyalakannya dengan ahli. Dia memandangi gw sambil tertawa pelan. lo baru kali ini yah liat gw ngerokok"
dia membetulkan posisi duduknya, dan menyilangkan kakinya. biasanya gw ngerokok kretek si, cuma lagi abis, ya udah yang enteng aja kalo gitu...
anying nih cewe ternyata lebih gahar dari gw....
ketika minuman kami sudah datang, gw memandanginya menuangkan bir ke dalam gelas berisi es batu, dan meminumnya pelan-pelan. Gw memang ga terbiasa melihat cewe seperti ini, maklum karena gw datang dari lingkungan yang berbeda. lo ga ada acara malem ini" tanya gw.
ada lah, kan acara gw ngajak main elo, biar lo engga jamuran di kos... dia tertawa sambil menghembuskan asap rokoknya. Gw jadi tergoda untuk ikutan merokok, dan kemudian gw menyalakan
sebatang rokok gw sendiri. bukannya tadi lo nyariin Ara" .......
Maya ga langsung menjawab pertanyaan gw, dia hanya memandangi gw sambil tersenyum penuh arti. Dia kemudian meminum birnya sedikit demi sedikit.
gw jujur deh sama lo, dia tertawa pelan, gw ke kosan lo tadi emang mau ngajak main lo hahaha...
tumben lo ngajak main gw"
jangan geer dulu lo, kalo ga gara-gara sahabat gw yang minta mah gw juga ga bakal kepikiran... Maya mencibir ke gw. emang siapa yang minta ke elo"
menurut lo ada siapa lagi yang tau lo sendirian di kosan" Ara"
nah tu tau... jadi Ara yang nyuruh elo buat ke kosan gw dan ngajak main gw" dia minta ke gw, bukan nyuruh gw ralatnya.
kok bisa dia nyuruh lo" gw bertanya dengan wajah bego. Gw yakin kalau Maya ga punya stok kesabaran yang agak banyak,
mungkin gw bakal disiram bir ditangannya.
Maya menghisap rokoknya dalam-dalam dan menghembuskan asapnya ke udara. sebelumnya lo smsan sama Ara kan"
oiyaya... gw menepuk jidat. Baru ingat gw kalau tadi pagi gw emang SMS Ara panjang lebar. Gw tersenyum sendiri ketika menyadari bahwa Ara langsung meminta sahabatnya untuk datang menemani gw.
thanks ya, May.... ucap gw pelan. buat"
buat kesetiakawanan lo, hehehe... gw menjentikkan rokok, membuang abunya, dan buat kepedulian lo ke gw juga...
Maya tersenyum sendiri sambil menuangkan sedikit bir lagi ke gelasnya yang mulai kosong.
Ara udah seperti adik gw sendiri... ujarnya pelan sambil menatap dan menggoyang-goyangkan gelas birnya. karena itu gw ga perlu berpikir dua kali buat melakukan permintaan adik gw itu...
lo deket banget yah sama Ara" gw memastikan.
Dia memandangi gw dengan aneh. sebagai orang yang hidup paling deket sama Ara, harusnya lo tau dong gimana gw sama Ara...
Ara ga pernah cerita tentang itu kok... gw mengangkat bahu,
dan gw juga ga pernah tanya tentang kalian... gw meringis. oh, I see... dia mengangguk-angguk.
gw sama Ara emang biasanya saling curhat-curhatan. Gw lebih deket ke Ara daripada gw ke Rima. Dia yang tahu semua cerita hidup gw. Dan buat gw, dia seperti adik kecil yang harus gw jaga, meskipun secara umur dia lebih tua dari gw... sambungnya.
Gw mendengarkan Maya dengan seksama. Hubungan antara cewek dengan cewek memang selalu memiliki nilai tambah tersendiri.
menurut lo, Ara itu orangnya kaya apa si"
Maya menghisap rokoknya dalam-dalam, dan terlihat berpikir beberapa saat. Dia menjentikkan rokoknya ke asbak terlebih dahulu baru menjawab pertanyaan gw.
Ara itu, orangnya teledor tapi care. dia tertawa.
teledor kok bisa care" gw terheran-heran dengan kedua sifat yang kontradiktif itu bisa ada di satu tubuh manusia.
jadi gini, Ara itu di satu sisi dia teledor kalau urusan dirinya sendiri. Ehm, mungkin istilahnya bukan teledor sih, tapi ga idealis. Dia orangnya terima apa adanya. Maya menjelaskan ke gw sambil meminum birnya.
tapi di sisi lain, dia orangnya care banget kalau sama orang lain. Apalagi sama orang yang disayanginya. Bawel banget, dan segalanya harus perfect sesuai dengan standarnya... Maya
tersenyum ke gw penuh arti. lo paham kan" tanyanya.
dia ke gw juga gitu... ucap gw pelan-pelan sambil mengingatingat lagi keseharian gw dengan Ara selama ini. Memang dia selalu memaksa gw melakukan apa perintahnya, dan ga boleh terlewat satupun.
yang artinya.... Maya tersenyum ke gw, seakan menunggu gw melanjutkan kalimatnya itu.
dia sayang ama gw" Kali ini Maya ga menjawab, dia hanya tersenyum dan menghembuskan asap rokoknya ke udara.
PART 37 apa lagi yang lo tunggu" Maya bertanya ke gw sembari menuangkan sedikit bir ke gelasnya yang telah kosong.
Gw menghela napas. Pertanyaan ini selalu gw takuti, dan memang sudah gw dengar beberapa kali dari teman-teman gw yang cowok. Kali ini gw mendengarnya lagi dari sahabat Ara langsung. gw.... gw takut.... kata gw akhirnya.
apa yang lo takuti" gw sepertinya sudah nyaman dengan kehadirannya disamping gw selama ini. Gw takut kalau hubungan antara gw dengannya meningkat ke satu jenjang yang lebih tinggi, itu bakal bikin hubungan gw dengannya lebih beresiko untuk berantem... .......
buat gw, udah cukuplah gw mendengar suara bawelnya setiap hari, diingetin macam-macam, dibeliin makanan, sampe handuk gw dijemurin. gw merasa ga berhak mendapatkan yang lebih dari itu...
........ gw juga sayang Ara kok, May. Gw menyayanginya waktu dia ada disamping gw, ataupun waktu dia lagi ga ada di samping gw, seperti sekarang ini. Gw cuma berharap bisa terus menyayanginya, dan gw ingin terus seperti ini...
lo takut keluar dari zona nyaman lo" kayanya gitu si, istilahnya...
Maya terdiam. Dia tampak memikirkan kata-kata gw barusan sambil menggoyang-goyangkan gelas pendeknya yang berisi bir dan es batu. Dia kemudian menghisap rokoknya lagi, dan menghembuskannya ke udara.
gini, Lang. Menurut gw, ini menurut gw ya, apa yang lo pikir itu ga salah kok. Wajar kalo lo ngerasa ga pede buat meminta lebih. Gw tahu lo udah merasa nyaman banget dengan keadaan lo sekarang.... Maya menatap gw dalam-dalam.
....... tapi, menurut gw lagi nih, hidup lo terlalu berharga buat lo siasiakan kaya begini. Setiap orang pasti harus melangkah maju buat jadi lebih baik dan lebih deket ke tujuan. Dan pasti ada yang harus ditinggalin di belakang, dan yang ditinggalin itu pasti zona nyaman kita.
........ sekarang gini deh, dulu lo belum pernah ngekos, hidup jauh dari rumah kan sebelum ini"
gw menggeleng pelan. belum... jawab gw.
sekarang setahun lo merantau disini, apa yang lo dapet" lo lebih bisa mengatur hidup lo sendiri kan" mungkin yang tadinya lo ga kebiasa berpikir mau makan apa gw kalo dirumah, sekarang mau
ga mau lo harus mikir sendiri soal itu. Lo pasti belajar buat jadi lebih bertanggungjawab, seengganya buat diri lo sendiri... iya si May...
dan itu semua ada harga yang harus lo bayar kan" lo harus ninggalin keluarga lo, buat mengejar cita-cita lo dan demi hidup yang lebih baik, ya kan"
iya.... gitu juga antara lo sama Ara. Untuk satu yang gw dan lo harap lebih baik, gw pikir ga ada salahnya buat lo ninggalin zona nyaman lo. simpulnya sambil tersenyum ke gw.
gw cuma bisa menunduk sambil tersenyum sendiri. Betapa perasaan gw sukar untuk dilukiskan waktu itu. Maya seperti jawaban dan dukungan atas pilihan-pilihan yang gw hadapi waktu itu. Gw menyayangi Ara, ya gw sayang dia, tapi gw juga ga mau merusak apa yang sudah membuat kami berdua nyaman satu sama lain. Tapi akhirnya pun gw harus memilih.
Dan semoga pilihan gw ga salah.
PART 38 Malam itu gw pulang cukup larut. Sepertinya misi rahasia Maya membawa gw keluar dari kamar dan melihat peradaban manusia cukup berhasil. Malam itu gw juga mendapat sedikit pencerahan dari cewe gahar setengah miring yang bahkan di mobil pun masih merokok dengan santainya. Apapun itu, dia sudah mengusahakan yang terbaik buat gw.
Gw masuk ke kamar dan sedikit membersihkan diri kemudian melakukan kewajiban gw, beribadah. Ketika semuanya sudah gw lakukan, gw merebahkan diri di kasur sambil melirik jam di handphone gw yang gw letakkan di samping kepala. Sudah lewat dini hari, bahkan agak jauh. Mata gw mulai terasa berat ketika dibawah sadar gw merespons sekarang jam berapa. Gw mulai menutup mata, berharap segera tertidur.
Belum lama gw memejamkan mata, handphone gw bergetar. Memang sengaja gw pasang mode silent, karena gw ga begitu suka suara ringtone handphone. Gw melihat identitas penelepon yang tertera di layar handphone gw yang buram itu. halo" sapa gw.
halo, udah tidur lo" suara di ujung sana menyahut dengan renyah.
hampir si, lo kok belum tidur" tanya gw heran. terdengar tawa diujung sana.
belum, gw kan mau memastikan lo udah sampe kosan dulu baru
gw tidur... ciyeeeeh... hahahahaha.... lagi-lagi terdengar tawa membahana di ujung telepon. Gw sampai harus sedikit menjauhkan telinga gw dari handphone.
eh buset udah malem gini masih ngakak-ngakak aja lo, jangan keras-keras ah ga enak sama tetangga gw mengingatkan setengah menggerutu.
apaan, ga bakal kali, orang gw di lantai dua sendirian...
lo sendirian" hiii ati-ati entar ada yang nyamperin.... gw terkekeh.
sekali lagi lo ngomong ngawur, gw matiin teleponnya! ancamnya. Dan gw yakin dia bersungguh-sungguh.
hehe iya sorry-sorry, engga lagi deh. Oh iya, thanks ya Ra... buat"
buat rencana lo nyuruh Maya kesini nemenin gw Maya kesitu" Ngapain"
gw terdiam, mencoba mendeteksi apakah Ara benar-benar ga tahu menahu tentang ini, ataukah dia cuma pura-pura ga tahu. Gw mencoba mengetesnya lebih jauh.
lo nyuruh Maya ke kosan kan"
hah" engga, sumpah. Emang lo tadi sama Maya yah"
lo ga nyuruh" beneran" iya bener...
kemudian kami berdua terdiam. Ada kebisuan cukup panjang diantara kami berdua. Gw mulai merasa ada yang ga beres kali ini.
Gil... panggilnya pelan dari ujung sana. ya"
lo beneran pergi sama Maya"
gw memikirkan kemungkinan reaksi Ara selanjutnya. Antara dia ngambek gw pergi sama Maya, atau ada hal lain diluar dugaan gw. iya, kenapa emang, Ra"
........ Ra" Kenapa emang" gw mengulangi.
Maya kan lagi liburan ke Bali sama keluarganya..... terus lo tadi pergi sama siapa" tanyanya dengan suara rendah.
Gw terhenyak, dan menelan ludah. Mendadak ada angin dingin masuk ke kamar gw entah dari mana, padahal pintu kamar gw tertutup. Gw merasakan bulu kuduk gw mulai merinding. Ra" Lo serius"
Ara ga menjawab. Gw pun terdiam dan pikiran gw berkecamuk. Apa iya tadi gw diajak jalan sama hantu" Apa iya tadi gw di caf sebenarnya cuma ngomong sendirian dan ga ada siapa-siapa di samping gw" Tapi akal sehat gw menolak mentah-mentah. Semuanya terasa nyata. Obrolan di caf itu, mobil itu, semuanya terasa begitu nyata.
Tiba-tiba di ujung sana terdengar suara tawa lirih, dan gw menjadi semakin parno, karena sejauh yang bisa gw ingat, tawa Ara ga seperti itu.
Raaa...." panggil gw pelan.
Suara tawa lirih itu semakin keras, dan membuat gw semakin berpikir yang enggak-enggak. Gw sudah berencana mematikan handphone dan tidur di kamar Bang Bolot seandainya tawa itu semakin keras lagi. Tapi mendadak suara tawa lirih dan menakutkan itu berubah menjadi tawa membahana dan menggema di telinga gw. Tawa khas Ara.
kena deh lo! semburnya di sela-sela tawanya. takut kaaan, takut kaaan.... HAHAHAHAHAHA...
Gw menghembuskan napas lega sekaligus gondok ga karuan. Ga ngerti apa dia gw disini sudah sedingin es batu"
kampret ah, au ah gw males, mau tidur sahut gw ngambek. Ara masih tertawa di ujung sana.
makanya jangan sok-sokan nakut-nakutin gw, sendirinya aja cemen... ejeknya sambil tetap tertawa. lo ga ngompol kan"
bawel. lagi-lagi tawanya membahana mendengar jawaban gw. Ini cewe memang nomor satu soal ketawa. Kelakuannya ada-ada aja ga pernah beres.
udah ah brenti ketawanya, copot gigi lo lama-lama... gerutu gw.
salah sendiri lo iseng duluan... dia menarik napas, iya, tadi emang gw nyuruh Maya ke kosan, daripada lo ga ada yang ngajak main" mending diajak nakal dikit ama Maya...
tadi kemana emang" sambungnya. Kemang
ngapain" dugem"
next time kayanya gw bakal diajakin dugem deh... sahut gw asal.
sampe gw tau lo dugem, kamar lo gw masukin uler! ancamnya. Dan kali ini gw sampai berpikir kalo dia beneran bakal melemparkan ular di kamar gw. Segalanya mungkin buat cewe kreatif cenderung psikopat macam Ara.
ke caf doang tadi, ngobrol-ngobrol gitu lah... ooh... dia terdiam sejenak, ngobrolin gw yah" kepedean lo cibir gw. ngobrolin cewe-cewe yang lewat...
sok playboy lo, ngobrol ama gw aja jarang liatin mata gw langsung, eh ini mau ngecengin cewe-cewe... ......
Kamipun ngobrol-ngobrol cukup lama malam itu, berkat paket telepon gratisan di malam hari yang lagi booming di masa itu. Sampai kemudian Ara bertanya sesuatu ke gw. Sebuah pertanyaan yang menurut gw kontroversial, karena riskan untuk ditanggapi dengan salah oleh orang lain. Tapi bagi gw, pertanyaan itu menunjukkan kepeduliannya, tanpa bermaksud merendahkan gw. Dan buat gw itu bermakna, serta menghangatkan hingga ke hati.
eh iya, tadi, di Kemang, lo bayar sendiri-sendiri" tanyanya. gw tau tanggal-tanggal segini kan lo belum dapet kiriman, Gil... Lo masih ada sisa uang" lanjutnya lembut.
Gw tersenyum mendengarnya.
iya, tadi gw dibayarin Maya kok, aslinya gw mau bayar sendiri sih, soalnya gw juga udah sengaja pesan yang ga mahal-mahal. Tapi Maya sampe ngancem ga mau nganter gw balik kalo gw ngotot bayar sendiri... ujar gw sambil tertawa pelan.
syukurlah kalo gitu, sorry tadi waktu gw minta tolong Maya, gw lupa kalo sekarang tanggal tua...
ah, engga papa kok, gw masih punya sedikit simpenan uang kok bulan ini...
udah bilang terima kasih ke Maya" tanyanya. Gw tersenyum, karena nada bicaranya mengingatkan gw ke ibu gw di kampung. iya, udah kok. Pasti itu mah....
Diujung sana, gw merasakan Ara ikut tersenyum mendengar jawaban gw. Sebuah senyum tulus yang malam ini sangat gw rindukan kehadirannya.
PART 39 Beberapa hari kemudian, di satu pagi yang buat gw biasa-biasa saja. Gw berencana untuk mencuci motor gw, sebelum gw tinggal pulang kampung. Setelah mencari sarapan di warung ga jauh dari kosan, gw mampir ke minimarket, membeli minuman dan beberapa jenis snack, baru kemudian gw balik ke kosan. Sesampai di kos, gw naik ke kamar terlebih dulu, meletakkan kantong belanjaan gw baru kemudian kembali turun untuk mencuci motor.
Sambil mencuci motor di satu sudut parkiran yang memang biasa dipergunakan penghuni kos untuk mencuci motor, gw mengamati kamar-kamar di lantai satu, yang mayoritas pintunya tertutup rapat. Lantai satu ini memang kebanyakan dihuni oleh pekerja kantoran, yang pagi ini sudah berangkat memulai kegiatannya. Gw membayangkan suatu hari nanti gw juga akan menjadi seorang pekerja kantoran, dengan rutinitas seperti yang gw lihat setiap harinya. Berangkat pagi-pagi, kemudian baru kembali ke kos setelah matahari terbenam.
Beberapa saat gw terhanyut oleh kegiatan gw sendiri, sampai kemudian gw melihat Jihan terburu-buru keluar dari kamar, masuk ke kamar mandi dengan gaduh. Ah, barangkali dia lagi sakit perut, pikir gw. Tapi pikiran gw itu seketika terbantahkan ketika sayup-sayup gw mendengar seseorang sedang memuntahkan isi perutnya beberapa kali. Gw menunggu Jihan keluar dari kamar mandi selama beberapa saat.
Akhirnya gw melihat dia keluar dari kamar mandi dengan wajah pucat, dan lemas. Dengan gontai dia berjalan kembali ke kamarnya, kemudian menutup pintunya kembali. Gw menggelengkan kepala, melanjutkan kegiatan gw mencuci motor.
Barangkali dia kecapekan dengan segala kegiatan kampusnya yang seabrek itu, batin gw. Selesai mencuci motor itu gw ga langsung kembali ke kamar, tapi gw duduk-duduk dulu di bangku bambu sambil merokok. Mendadak terdengar lagi suara seseorang memuntahkan sesuatu, kali ini dari dalam kamar.
Gw segera membuang rokok yang baru saja gw nyalakan, dan bergegas mengetuk-ngetuk pintu kamar Jihan.
Jihaaan, lo gapapa" panggil gw dari balik pintu, sambil tetap mengetuk.
sunyi ga ada jawaban dari dalam.
Jihan, lo sakit" panggil gw lagi. ini gw Gilang, lo gapapa"
tetap ga ada jawaban dari dalam, tapi gw yakin Jihan sedang dalam kondisi yang ga sehat. Setelah beberapa saat menimbangnimbang, akhirnya gw memutuskan membuka pintu kamarnya tanpa sepersetujuan pemilik kamar, apapun resikonya.
Di dalam kamar gw melihat dia sedang terduduk lemas, sambil bersandar ke tembok di salah satu sisi tubuhnya, sementara di lantai di hadapannya tampak (maaf) isi perutnya yang barusan dimuntahkannya. Rambutnya acak-acakan menutupi wajahnya, sementara baju dan celananya juga ada bekas-bekas muntahannya tadi. Gw bergegas masuk, dan mendekatinya, sambil mencari-cari barang yang bisa gw gunakan untuk membersihkan wajahnya dari sisa-sisa itu.
Gw membersihkan wajahnya, dan sekilas mata gw menemukan sebotol air mineral, yang langsung gw sambar dan gw minumkan
pelan kepadanya. Pelan-pelan gw bantu dia merebahkan kembali badannya ke kasur, dan gw pegang dahinya. Panas sekali. Gw membersihkan lagi wajahnya dari sisa-sisa isi perutnya itu, kemudian tanpa berpikir panjang lagi gw membuka lemari pakaiannya. Sebodo amat mau dibilang kurang ajar juga, pikir gw waktu itu. Gw segera menyambar kaos sekenanya, dan celana pendek yang bisa gw lihat.
Gw kemudian duduk di sampingnya. lo kuat ganti baju" ganti baju dulu gih, baju lo kotor... kata gw pelan. lo mau ganti disini aja apa di kamar mandi"
Jihan memandangi gw, kemudian dia berusaha untuk duduk. gw ganti baju di kamar mandi aja... sahutnya lemah. Buru-buru gw mencegahnya untuk berdiri.


Dunia Yang Sempurna Karya Carienne di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

eh eh ga usah, lo ganti disini aja, gw keluar dulu. Nanti kalo udah selesai ganti baju, panggil gw, oke"
Jihan mengangguk lemah, kemudian gw keluar kamarnya, menutup pintu dan menunggu diluar. Beberapa saat kemudian gw mendengar pintu terbuka dari balik punggung gw. Gw menoleh, dan melihat wajahnya yang masih sangat pucat.
lap pel dimana ya" tanyanya dengan suara lirih ke gw.
eh ga usah, lo mau ngapain" bersihin kamar" ga usah! udah biar gw aja, lo sekarang tiduran aja. perintah gw. Tanpa berkata apaapa dia menuruti perkataan gw, kemudian gw membantunya kembali ke kasur.
Gw bergegas mencari lap pel, dan membersihkan lantai kamar
Jihan. Selesai semua itu, gw duduk di sampingnya yang sedang terbaring lemah, sambil memandangi sekeliling.
lo mau teh manis" gw buatin yah... tawar gw. eh ga usah...
gw ga menggubris omongannya itu, dan gw buatkan teh manis panas untuknya. Semoga dengan ini badannya sedikit lebih enakan. Pelan-pelan dia meminum teh bikinan gw itu, dan kembali berbaring lagi setelahnya.
lo kenapa" tanya gw akhirnya.
dia menggeleng, memandangi gw dengan sayu. ga tau, kecapekan doang paling. katanya lirih. terima kasih ya, Gilang... sebentuk senyum tipis menghiasi wajahnya yang pucat itu.
udah seharusnya gw kaya gini sahut gw sambil tersenyum. Gw kemudian memegangi lagi dahinya. badan lo panas banget. Ada obat" lo udah sarapan belum" tanya gw.
Dia menggeleng. ada si obat flu, belum sarapan gw... lo mau bubur" apa mau yang lain" dengan sigap gw menawarkan. eh ga usah, ngerepotin ajah....
ahelah ga usah mikir ngerepotin-ngerepotin segala, gw beliin sarapan ya, bubur mau kan" tandas gw.
dia mengangguk lemah. iya, bubur juga boleh kok... dia berusaha
bangkit dari tidur, dompet gw dimana ya....
eh ga usah, gw beliin aja. lo tiduran aja ga usah ngapa-ngapain tapi....
ga ada tapi-tapian. Gw pergi dulu yah, lo tidur aja, tapi pintu kamar jangan lo kunci. Oke"
Jihan mengangguk pelan, dan gw bergegas keluar kamar mencari makanan yang dimaksud dan obat-obatan. Agak jauh memang, tapi ga masalah karena gw naik motor. Gw membeli dua porsi bubur ayam, rencananya untuk makan siang Jihan nanti. Setelahnya gw mampir di apotik 24 jam yang terletak ga jauh dari situ. Gw membeli obat-obatan yang diperlukan setelah berkonsultasi dengan pegawai penjaga apotik.
Sekembalinya ke kos, gw mengetuk pintu kamar Jihan, dan membuka pintunya yang memang tadi sengaja ga gw kunci.
ada mangkok atau piring" tanya gw ke Jihan yang terbaring lemah.
ada di dalem laci itu... dia menunjuk salah satu lemari yang memiliki laci. Gw mengambil mangkok plastik, dan menuang buburnya ke dalam mangkok.
sendok dimana" tanya gw. sendok di sebelah dispenser...
Gw mengulurkan semangkok bubur kepadanya. bisa makan
sendiri" apa mau gw suapin"
dia menggeleng. ga usah, gw makan sendiri aja... gw mengangguk dan membantunya duduk untuk makan. Sambil menunggu dia makan, gw buatkan lagi segelas teh manis panas.
abis makan diminum ya obatnya. Obatnya di plastik itu tuh. Tadi gw udah nanya-nanya ke orang apotik, jadi lo ga perlu khawatir gw salah beli obat... gw duduk di sampingnya sementara dia makan dengan perlahan.
terima kasih... gw mengangguk-angguk. lo kecapekan si, makanya besok-besok lagi jangan terlalu memaksakan. gw tertawa, gw jarang loh liat lo ada di kosan...
dia tersenyum malu-malu. iya kayanya gw terlalu seneng sibuk di kampus...
terlalu sibuk juga ga baik, kasihan badan lo kan kalo gini...
abisnya kalo ga ada kegiatan, gw ga betah nganggur di kos... bawaannya pengen nyibukin diri terus... dia mengaduk-aduk buburnya.
yah sibuk si boleh-boleh aja, tapi juga inget badan lo ada batasnya. Kelamaan nganggur ga baik emang, tapi terlalu sibuk juga ga baik. sahut gw sambil tertawa pelan.
iya iya, gw yang salah.... katanya sambil tertawa lirih dan mengaduk-aduk buburnya.
dimakan tuh buburnya, jangan diaduk-aduk doang... iyeee... dia memakan lagi buburnya, lo tadi lagi ngapain"
oh tadi gw lagi cuci motor waktu liat lo ke kamar mandi. Abis sarapan si gw, trus cuci motor...
ooh... Jihan memegang mangkok dengan kedua tangannya diatas pangkuan.
ditelen buburnya... iyaaa ih...
Gw menungguinya sementara dia menghabiskan sarapan. Setelah itu dia meminum obatnya dan kembali berbaring.
lo tidur ya, kalo butuh apa-apa gw ada di atas. SMS aja. kata gw sambil beranjak berdiri.
dia memandangi gw dengan heran. gw ga tau nomor hape lo, gimana mau SMS"
oh iya iya, ini nomor gw... kata gw malu sambil menyebutkan nomor handphone gw dan Jihan menyimpannya di kontak handphonenya.
terima kasih ya buat semuanya, sorry gw udah ngerepotin lo... dia tersenyum lemas ke gw sambil berbaring. Gw balas tertawa pelan.
iya sama-sama, lo istirahat ya. dia mengangguk dan gw kembali ke kamar gw diatas.
Pagi yang cukup melelahkan buat gw. Sambil berbaring di kasur gw merasakan mata gw mulai terasa berat. Angin sepoi-sepoi pun masuk ke kamar gw. Perlahan, gw pun tertidur.
PART 40 gw besok balik kerumah loh... kata gw ke cewek di hadapan gw yang sedang duduk bersandar sambil merapikan rambutnya yang panjang. Dia menatap gw.
berapa lama" tanyanya.
gw mengangkat bahu. paling semingguan-dua mingguan gitu si, tergantung emak gw juga biasanya. Kalo emak gw ngasi kerjaan disana ya bisa lebih lama lagi gw... gw menatapnya, lo ga balik"
dia menggelengkan kepalanya. enggak, gw jarang pulang, tiket mahal si...
terus kalo lagi libur gini biasanya lo kemana"
biasanya ke Bandung si, ada sodara gw disana. Tapi ya sama kaya gw, anak kos...
sekarang lo ga ke Bandung"
ntar lah, sodara gw lagi sibuk soalnya. Ga enak juga gw gangguin...
gw tertawa pelan, kemudian ada kebisuan yang cukup panjang diantara kami berdua. Dia memandangi bangunan kos-kosan yang kami tinggali, sementara gw menatap ke arah lain. gimana badan lo" udah enakan" tanya gw akhirnya. dia tertawa lirih. oh udah kok, kayanya cuma kurang istirahat
aja sih gw... ya kan, gw bilang juga apa... gw meluruskan kaki, kalo emang lo harus sibuk banget ya dibanyakin tuh makan lo...
iya, abis ini kayanya gw bakal ngurangin kegiatan gw di kampus deh, lagian nilai-nilai gw agak turun gara-gara itu. gw tersenyum. lo udah mau skripsi belom si" tanya gw.
belom lah, masi lama gw. Semoga aja gw bisa lulus tepat waktu yak, biar ga kelamaan nikahnya! Hahaha...
udah ada calon" tanya gw penasaran. Nih cewek rame juga ya, pikir gw, bisa membuat gw penasaran soal hidupnya.
belom ada si, tapi gw juga ga begitu mikirin kok... sahutnya sambil menjulurkan lidah. kalo lo, udah berapa lama jadian sama Ara" dia tersenyum lebar.
weits, siapa yang bilang gw jadian sama Ara" engga kali, gw sama Ara ga jadian... sanggah gw, meskipun sebenarnya dalam hati gw juga bertanya-tanya hal yang sama. gw sama dia cuma temenan kok...
iya, temenan yang deket banget kan, hahaha...
ah engga juga ah, deket banget kamarnya iya bener si, tapi gw sama Ara biasa aja kok...
Ara kemana" kok udah agak lama gw ga liat Ara, biasanya kan kalian berdua nempel terus kaya perangko. Hahaha...
Ara lagi balik ke rumahnya, udah lama kok, udah dua mingguan... ooh pantesan. Trus lo baru balik besok"
gw mengangguk. iya soalnya kemaren-kemaren ada yang harus gw kerjain dulu di kampus, jadi ga bisa langsung balik rumah...
Jihan menyilangkan satu kakinya diatas kaki yang lain, memandangi gw sambil bertopang dagu. lo ga kangen"
kangen apa" gw balas bertanya. Gw ga paham maksud pertanyaannya.
kangen Ara. gw tertawa lirih. dibilang kangen engga si, cuma aneh aja ga ada suara cemprengnya di sekitar gw...
itu namanya kangen tauk. cibirnya dengan ekspresi wajah lucu.
beda ah, gw ga sampe nangis-nangis di kamar kok. gw berkelakar, lagi ngapain kangen orang gw sama dia tiap hari masih SMSan...
ciyeee, ati-ati di Surabaya sana Ara dapet cowo baru tuh... godanya ke gw sambil tertawa. ntar disini lo dilupain deeeeh... sambungnya.
ada mantannya disana... sahut gw suram. Gw sebenarnya ga mau ngomong banyak tentang Ara ke dia, tapi entah kenapa gw ga bisa menahan mulut gw sendiri.
oya" hayoloh ntar balikan, hihihi.... dia semakin gencar menggoda gw, sementara gw cuma bisa menanggapinya dengan garuk-garuk kepala.
kalo dia mau balikan mah urusan dia, bukan urusan gw si. Kan gw ga ada apa-apa sama dia, jadi dia bebas mau ngapain aja. jawab gw santai. Gw agak risih karena dia terus-terusan ngecengin gw, sementara gw merasakan Jihan menjadi agak malu.
lo sendiri, kenapa ga cari pacar" tanya gw. Karena dia sudah memulai topik ini, ya gw juga boleh dong bertanya soal itu. belum kepikiran gw...
kenapa" abis putus yah" sahut gw sinis. Mungkin karena efek perkataannya tadi.
Dia menaikkan alis, iya, abis putus gw. Lo inget ga dulu malemmalem gw ketemu lo di depan gerbang" itu gw abis nge-gep cowok gw di kosan temen gw sendiri. dia tersenyum dan berkata apa adanya.
oh, sorry... kali ini gw yang merasa malu karena kesembronoan gw itu. sorry yah udah ngingetin lo lagi...
gapapa, bukan salah lo. Yang salah ya cowok brengsek macem dia itu. Lo kan bukan cowok brengsek" dia mencoba menenangkan gw. Mendengar itu gw cuma bisa tersenyum canggung, karena gw malu sudah berkata kasar kepadanya.
gw malah bersyukur gw ga perlu lama-lama nemenin mantan gw
itu, karena ternyata dia bukan pilihan yang baik buat gw. Selama ini gw ga pernah merasa kalo dia cinta ama gw, malah ujungujungnya ngeduain gw...
kalo boleh tau, berapa lama lo pacaran sama dia"
setahun lebih sedikit si, tapi kalo lo nanya kapan gw sama dia bener-bener sebagai pacar, paling cuma 3-4 bulan pertama. Abis itu ya dingin-dingin aja... dia tertawa pelan. wasting time banget yah gw"
mendengar pertanyaannya itu gw cuma bisa tertawa salah tingkah, karena gw ga berhak menilai dia dan kisah hidupnya. Dia pasti punya alasan untuk mempertahankan cowoknya itu sampai setahun lebih, meskipun beberapa bulan terakhir ga menyenangkan untuknya.
nanti malem lo ada acara" tanyanya ke gw. gw menggeleng. enggak kok, kenapa gitu" temenin gw cari makan malem, mau" gw berpikir sejenak.
boleh, lagian lo juga belum boleh capek-capek kan. Nanti kita naik motor gw aja. jawab gw.
terima kasih... dia tersenyum manis dan kemudian masuk kembali ke kamarnya.
PART 41 Matahari mulai terbit di timur, ketika gw meletakkan gitar dan mulai merasakan kantuk yang menyerang. Memang ritme hidup gw akhir-akhir ini berantakan. Kalau siang tidur, sementara malam hari bangun sebangun-bangunnya. Dan perubahan gw bukan tanpa alasan. Adalah Jihan yang membuat gw merubah ritme hidup gw itu. Sejak kejadian sakitnya Jihan tempo hari itu, sudah menjadi kebiasaan antara gw dan Jihan saling berbagi cerita di malam hari.
Terkadang gw sedang nongkrong di pinggir tembok balkon kamar gw, dia memanggil gw dari bawah dan kemudian kami ngobrol berdua di dekat parkiran motor. Semakin lama cerita antara gw dan dia semakin intim, membicarakan kehidupan pribadi kami masing-masing, bahkan teman-teman lama yang gw dan dia ga saling kenal. Di saat itu gw merasa gw lebih dekat dengannya daripada dengan siapapun.
Ara apa kabar" Jihan bertanya ke gw sambil duduk di lantai selasar dan bersandar pada tembok kamar gw, sementara gw duduk di hadapannya.
oh dia baik-baik aja kok, masih di Surabaya. Ga tau kayanya betah banget dia disana... jawab gw sambil tertawa. ngapain aja si dia disana"
kemarin si katanya dia lagi ngebantuin saudaranya buka caf gitu, entah caf entah restoran, gw juga kurang jelas... gw mengambil gitar yang barusan gw letakkan, yang jelas bisnis kuliner gitu... gw memetik-metik senar gitar sembarangan.
asik tuh bisnis kuliner, variasinya banyak... sahutnya sambil memainkan kuku. lo sendiri, kenapa kemaren pulangnya cepet"
gw tertawa mengingat kejadian beberapa hari yang lalu. Gw memang pulang kerumah, tapi cuma sebentar, seminggu saja. Sampai-sampai ibu gw sedikit menggerutu kenapa gw cuma sebentar dirumah. Gw memang baru merintis sebuah bisnis kecilkecilan dengan beberapa teman gw, dan itu menjadi alasan mengapa gw ga bisa lama-lama pulang kerumah. Dan yang gw ceritakan tentang bisnis kecil-kecilan gw itu tentu saja orang tua gw.
ada yang harus gw kerjakan disini... jawab gw.
apa tuh" pasti yang iseng-iseng yaaa... selidiknya sambil memasang tampang sok curiga yang lucu.
ada deh... ih sama gw sekarang rahasia-rahasiaan ih, gitu ya, okee, gw balik kamar aaah... dia mengancam gw dengan gerakan mau bangkit berdiri. Gw cuma mencibir dan tertawa-tawa.
balik kamar lah sana, udah pagi ini. Lo belum tidur kan jawab gw santai.
ih gamau ngasi tau beneran dianya rajuknya. penasaran banget"
dia mengangguk-angguk sambil menggembungkan pipinya dengan
lucu. lo tidur aja dulu nanti gw bisikin waktu lo tidur... jawab gw sambil memetik gitar lagi dan melirik Jihan dengan jahil. Dia membalas gw dengan tatapan sebal.
kasi tau napa si... nanti aja kalo udah jadi beneran baru gw kasi tau... petunjuknya aja deh
yee nawar aja nih anak, emang sini dagangan, Uniii...
makanya jadi orang jangan pelit-pelit ngasi tau, ntar rejekinya sempit, Udaaa...
ih parah ngedoain gw rejekinya sempit.... makanya kasi tau
dibilang nanti aja kalo udah jadi kelamaan, clue nya aja deh... gw berpikir sejenak. jual pulsa.
dia memandangi gw tak percaya, apalagi setelah gw tertawa berderai. Dengan kesal dia menyepak kaki gw pelan. tidur gih sana ujar gw pelan.
lo mau tidur" iya, udah mulai ngantuk gw. Perasaan hidup gw sekarang kebalikbalik yah hahaha...
subuhan dulu baru tidur... katanya sambil mengikat rambutnya ke belakang. gw juga mau tidur ah, ngantuk... dia beranjak berdiri.
oh lo bisa ngantuk juga" kirain lo udah lupa sama yang namanya tidur... gw terkekeh. Dia menendang kaki gw pelan sambil mendengus.
gw tidur dulu ya... dia berpamitan ke gw kemudian menuruni tangga dan menghilang dari pandangan gw. Dengan malas gw berdiri, meletakkan gitar di kamar kemudian ke kamar mandi untuk mengambil air wudhu.
Setelah menunaikan kewajiban, gw segera merebahkan diri di kasur dan merasakan kantuk yang semakin menghebat. Sayupsayup gw mendengar suara ayam berkokok yang berasal dari kampung di belakang bangunan kosan gw ini, yang membuat suasana semakin damai.
Baru sejenak gw memejamkan mata, mendadak handphone yang gw letakkan diatas meja bergetar dengan berisiknya. Mau ga mau dengan malas gw bangkit dan mengambil handphone gw itu. Gw membaca nama penelepon yang iseng banget menelepon gw sepagi ini. Dengan malas gw mengangkat telepon itu.
halo... sapa gw. PAAAAGIIIII..... sebuah suara melengking yang membuat telinga gw pekak keluar dari handphone gw.
malem... kok malem" ini udah pagi tauk! suara di ujung sana menggerutu dengan nada khasnya. Gw tertawa pelan. Sepagi ini dia sudah ngotot-ngototan sama gw.
buat gw ini masi malem banget.... sahut gw kalem. dasar kebo lo... baru bangun"
gw bahkan baru mau tidur, Ra...
baru mau tidur"" ngapain aja semalem hayooo... selidiknya curiga. Bahkan dalam kondisi seperti ini pun gw bisa membayangkan dengan jelas raut wajahnya ketika mengatakan itu.
berisik ah, ngantuk gw nih....
hayo ngapain aja ga tidur semaleman" dia kekeuh menginterogasi gw sepertinya.
main gitar... main gitar semaleman apa jari lo ga jadi keriting kaya mi tuh" sambil ngobrol juga si...
ngobrol sama siapa hayooo...
sama tembok gw jedotin pala lo ke tembok juga nih lama-lama... sama siapa" gw berpikir sebentar.
tadi ngobrol sama Jihan... kata gw akhirnya.
ada kesunyian cukup lama di ujung sana. Gw mulai menyesali apa yang sudah terjadi karenanya.
ooh... akhirnya dia menyahut setelah cukup lama terdiam. ngobrol apaan"
macem-macem, ga ada yang penting tapi. Segala diobrolin garagara gw sama dia sama-sama kena insomnia akut... ooh...
lo kapan balik" tanya gw. besok Minggu. jawabnya singkat. gw jemput yah"
ga usah, gw pulang sendiri aja daripada ngerepotin lo.
yaelah kaya baru kenal gw sebulan aja lo... sahut gw. gw jemput aja lah pokoknya. Kereta jam berapa" Rahasia.
PART 42 Suasana stasiun siang hari itu sangat ramai dan panas. Sambil mengipas-ngipaskan koran yang tadi gw beli, gw duduk di salah satu bangku plastik di stasiun itu. Gw melihat jam besar yang tergantung di tengah-tengah tembok. Masih ada 20 menit lagi sebelum kereta Ara datang. Mau ga mau gw harus menunggu dengan sabar walaupun sebenarnya hiruk pikuk suasana stasiun dan panasnya hawa siang sudah mulai membuat gw ga sabar.
Rencana gw menjemput Ara itu memang sengaja gw rahasiakan, soalnya tempo hari dia ngotot ga mau dijemput. Daripada berabe masalahnya semakin panjang, lebih baik gw nekat jemput. Gw pikir dia akan senang hati menerima jemputan gw. Tadi pagi gw SMSan sama Ara, meskipun cuma sedikit, saling menanyakan kabar walaupun sudah tentu gw dan Ara lakukan dengan gaya yang khas.
Akhirnya pengumuman bahwa kereta yang gw perkirakan akan ditumpangi Ara itu tiba. Gw berdiri di tempat yang mudah terlihat dan memudahkan gw untuk melihat barisan penumpang yang baru turun dari gerbong. Cukup lama gw menunggu antrian yang sepertinya ga habis-habis, tapi hingga jumlah penumpang mulai menjadi semakin sedikit gw tetap ga bisa menemukan Ara. Akhirnya daripada merugikan, gw memutuskan telepon Ara. Ra, lo dimana" gw bertanya langsung ketika dia menyapa gw. hah" dimana apanya"
lo gerbong berapa si"
gerbong apaan" lo ngelindur ya"
loh" bukannya lo balik Jakarta hari ini ya" tanya gw setengah heran setengah sewot.
yang bilang siapa" lah elu kemarenan bilang balik Jakarta hari Minggu"
emang gw bilang Minggu ini" Minggu depan kaleee.... jawabnya agak berteriak, lo sekarang di stasiun emang"
gw melongo. iya gw di stasiun... jawab gw lemas. Terdengar suara tawa membahana dari ujung sana. Puas sekali tampaknya.
lo ngapaiiiiin ke stasiun elaaah.... semburnya sambil tetap tertawa.
lah gw kira lo balik sekarang, kan kemaren lo bilangnya Minggu besok"" gerutu gw kesal.
Minggu depan kan juga besok" Jadi bukan salah gw dong weee....
au ah, terus gw gimana dong nih
ya lo balik kos lah sono, ngapain juga lo nongkrong di stasiun. Keangkut satpol disangka calo baru rasa lo...
lo emang kampretnya paling juara dah...
Lagi-lagi terdengar tawa membahana di telinga gw. Bahkan di
antara keriuhan stasiun ini suara tawanya masih terasa lebih keras.
lagian ngapain lo sok-sokan ngasih surprise jemput gw, yang ada malah gw ngasi lo surprise kan" Hahahaha...
kalo gw bilang pasti lo ga mau gw jemput deh, yakin. Lo mah bukan ngasi gw surprise, lo ngejebak gw namanya... salah sendiri ga bisa bedain omongan orang, weee.... iyaiya gw lagi yang salaaaah iya deeeh
udaah, sana balik lo. Ga ada gw juga disana, ngapain. Gih sono pulang, atiati dijalan. Daaah...
iyeee, daaah... gw kemudian mematikan telepon dan menghela napas panjang. Sekali lagi ini anak berhasil ngerjain gw. Kayanya idenya ga pernah habis.
Sesampai di kosan, gw memarkirkan motor di tempat biasanya, kemudian menyimpan helm gw di jok motor. Panas sekali siang ini, dan gw berniat untuk berhibernasi sampai sore. Gara-gara Ara gw jadi terpaksa berpanas-panasan untuk sesuatu yang ga ada hasilnya, gerutu gw dalam hati.
Ketika gw membalikkan badan, menuju ke tangga, waktu itulah Jihan keluar dari kamar. Dia memandangi gw dengan heran.
loh, Ara mana" tanyanya sambil menguncir rambutnya menjadi ekor kuda. Tadi pagi memang gw cerita ke dia kalau gw mau jemput Ara di stasiun.
kelaut.... gerutu gw. dia menghampiri gw, kok kelaut" tanyanya heran.
gw dikerjain, ternyata dia baliknya Minggu depan, bukan hari ini. Jauh-jauh sampe stasiun ternyata gw dikerjain.... cerita gw bersungut-sungut. Jihan terkikih mendengar pengalaman gw siang itu.
kasian, lo kepanasan yah" tanyanya perhatian.
enggak, kedinginan. Ya panasnya macem gini pasti kepanasan atuh Uni... gw menghela napas panjang.
dia tertawa sambil bersandar ke kusen pintu kamarnya. lo mau es" tawarnya.
es" Mau gw. es apa nih"
tuh ada di kulkas dapur, tadi gw beli. Mau kan" Sini yok... dia berjalan menuju ke dapur kos-kosan itu dan gw mengikuti di belakangnya.
Ternyata benar, Jihan tadi beli sebungkus es campur yang memang sengaja dia dinginkan lagi di kulkas. Dia mengambil mangkok berukuran sedang, dan menuangkan es tersebut ke mangkok, mengambil sendok dan menyuguhkan ke gw.
ini buat gw semua" bagian lo mana" tanya gw heran. Ga enak gw, masa semangkok buat gw semua, lagian tadi Jihan kan beli buat dia sendiri.
buat lo aja semua gapapa, nanti gampang gw beli lagi... ujarnya sambil tersenyum.
ah seriusan lo" gw minta dikit aja deh, lo juga makan esnya... ga enak gw nih...
udah gapapa buat lo aja ish, dimakan aja lah ga usah berisik... kali ini dia menggerutu dengan wajah cemberut yang lucu. Gw tertawa dan duduk di bangku plastik di hadapan meja dapur. Jihan mengikuti gw, duduk di sisi meja sebelah gw.
lo sayang bener si sama Ara, sampe dibela-belain surprise jemput dia hahaha...
abisnya kalo gw ga jemput, kayanya malah gw tambah salah... sahut gw cengengesan. Jihan mengangguk-angguk pelan.
cewe emang gitu si... gumamnya. kalo gw balik Jakarta besok, lo juga jemput gw yak! katanya sambil tertawa lebar.
jemput di bandara" jauh juga yaaa hahahaha.... gw mengadukaduk es tadi, emang, lo mau balik Padang" Kapan"
dia mengangkat bahu, kepinginnya si ya hari-hari ini, tapi ntar lah, masi banyak prioritas lain yang lebih penting buat gw... pasti gw yaaa... gw nyeletuk asal sambil menjulurkan lidah. Jihan tersenyum misterius.
salah satunya. jawabnya singkat.
PART 43 ambilin penggaris dong pinta gw tanpa mengalihkan pandangan dari coretan gambar desain yang ada di hadapan gw. tolong nya mana" sahutnya sambil cemberut.
gw menoleh, memandanginya, kemudian mengangguk-angguk pelan. Dia duduk di samping gw sambil mendekap kedua lututnya dan rambutnya tergerai seperti hantu Sadako itu.
Uni Jihan, tolong ambilin penggaris dong di belakang itu jawab gw dengan senyum dibuat semanis mungkin.
gitu dong dia beranjak berdiri dan mengambilkan penggaris besi, nih...
terimakasih gw melanjutkan membuat coret-coretan gambar desain rencana bisnis gw, dan juga desain lokasi bisnis gw. Buat gw ini adalah kesempatan untuk melangkah lebih jauh di hidup, sekaligus pembuktian bahwa gw mampu untuk berbisnis. Karena itu gw berusaha semaksimal mungkin dalam perencanaannya dan hal sedetail apapun gw usahakan untuk diperhitungkan, walaupun gw tahu pasti ada satu-dua hal yang terlewati. Tapi pada intinya gw ingin ini jadi satu momen yang ga terlupakan di hidup gw.
asik ya punya bisnis sendiri celetuk Jihan di balik punggung gw. Untuk beberapa waktu gw melupakan kehadirannya di dekat gw
karena sebegitu konsentrasinya gw.
gw menoleh. ngerencanainnya si asik, tapi tunggu sampe nanti mulai ada masalah-masalah kecil atau besar, baru jadi ga asik sahut gw sambil tertawa.
gw juga mau deh punya bisnis gitu ya bikin lah.
tapi gw ga tau mau bisnis apa gitu. Bingung gw
lo sukanya apa" Clothing atau bisnis kuliner gitu" atau siapa tau lo juga mau coba bisnis yang diluar itu
nah itu, gw juga bingung hobi gw apa... Hahaha...
gw menghela napas, sementara Jihan hanya tertawa-tawa melihat gw seperti hopeless menghadapinya.
lo bisa masak" tanya gw.
bisa, tapi ga banyak apaan" jangan-jangan masak air doang, itu aja dicicipin dulu udah mateng apa belom" sahut gw sambil tertawa lebar.
ih enak aja! gw beneran bisa masak tau! dia menonjok bahu gw, orang Minang harus bisa masak katanya dengan bangga. coba bikin bisnis kuliner aja usul gw.
tapi.... tapi apaan" tapi belum tentu masakan gw enak soalnya. Hehehe... dia nyengir dengan tampang ga berdosa. Gw cuma bisa mencibir dengan gondok.
makanya test food, lo masak gitu, terus suruh temen-temen lo cicipin. Tapi pastiin temen-temen lo jujur, jangan rasanya kaya kapur barus tapi mereka bilang enak...
ish jahat bener lo ngatain masakan gw kaya kapur barus! lagilagi dia menonjok bahu gw. ....masakan gw kaya pupuk kandang tau hahahaha....
hiii bau ah hiiii.... goda gw sambil menutup hidung dengan tangan.
eh tapi seriusan, gw bisa masak kok... coba aja besok masak, ntar gw kasih komentar...
bilang aja lo mau makan gratis! gerutunya sebal. gw hanya bisa cengar-cengir karena modus gw terbongkar.
kalo gitu besok anterin gw ke pasar katanya lagi. ngapain"
beli bahan-bahan lah, katanya gw disuruh masak"
oh iya iya, besok gw anterin ke pasar deh. Mau masak apa lo" gw nyengir bego.
liat aja besok... tutupnya dengan menaikkan alis dan tersenyum penuh arti.
Keesokan harinya gw sudah berada di sebuah pasar pagi, dengan kondisi ramai dan bau daging beserta bumbu-bumbu dapur menyengat hidung gw. Jujur gw ga terbiasa berjalan-jalan di pasar tradisional, dan pagi itu gw merasa ga nyaman meskipun gw berusaha keras untuk menutupi ketidaknyamanan gw itu. Gw mengikutinya berjalan di sepanjang lorong pasar, dan di tangan gw ada beberapa kantong plastik berisi bahan-bahan memasak.
Gw mengamatinya ketika dia berhenti di salah satu pedagang daging, dan dia dengan cekatannya mengamati kondisi daging terlebih dahulu sebelum menawar. Proses tawar-menawar itu juga berlangsung seru dan lama, hingga akhirnya pedagang menyerah, dan daging itu bisa dibelinya dengan harga ga begitu jauh dari tawaran awal. Barangkali ibu-ibu pedagang itu berpikir, kalau pembelinya macam Jihan semua, dia bakal gulung tikar dalam waktu seminggu saja. Gw mengamati semuanya itu dengan takjub, sekaligus geli. Gw ga menyangka sosok Jihan ini memiliki sisi lain yang emak-emak banget seperti ini.
Di bagian bumbu dapur dan sayuran juga dia menunjukkan kecekatannya memilih jenis-jenis bumbu yang tepat, dan kondisi sayuran yang bagus. Gw yang hanya tahu sedikit-sedikit tentang masak-memasak, tentu saja merasa takjub dan kagum. Mungkin lain ceritanya kalau gw juga hobi memasak.
Sesampai di kos-kosan, kami berdua langsung menuju dapur
dengan bawaan berkantong-kantong. Dengan cekatan dia mengeluarkan daging, mencucinya, dan merebusnya di panci. Sementara menunggu daging direbus, dia mulai menangani sayuran-sayuran yang menunggu untuk dibunuh dengan cara dipotong-potong. Dia menoleh ke gw disela-sela mencuci sayuran. bikinin sambel dong. Bisa kan"
gw berpikir sejenak. bisa bisa kok tuh ambil dulu ulekannya
dimana" gw celingukan.
di lemari sebelah kanan, di bagian bawah dia hapal betul alatalat masak di kosan, batin gw. Setelah menemukan ulekan yang terbuat dari batu, gw letakkan diatas meja. terus apa aja" tanya gw.
ambil cabe beberapa, trus kasih sedikit garem, terasi, bawang putih sama bawang merah perintahnya cepat seperti rentetan petasan. bumbu-bumbunya ambil di kantong, garemnya ada di botol di sebelah kompor.
Dengan agak bingung gw menuruti semua perintahnya itu, kemudian mulai mengulek cabe pelan-pelan. Karena ga terbiasa, gerakan gw juga cukup lambat. Jihan yang baru selesai menangani daging, menatap gw dan menggeleng-geleng pelan.
gini loh caranya... dia mendekati gw dan memegang tangan gw yang juga memegang ulekan, kemudian menggerak-gerakkannya dengan ritmis. Tangan gw yang ada di dalam genggamannya mau
ga mau mengikuti gerakannya. nah nah gini, gampang kan... cerocosnya.
udah sekarang lo lanjutin sendiri.... dia kemudian meninggalkan gw dan mulai sibuk lagi di depan kompor.
Gw melanjutkan mengulek sambel sampai gw rasa sudah cukup lembut, kemudian gw cicipi sedikit, dan ternyata pedes banget. Parah lah ini sambel buatan gw.
Lang sini deh... panggilnya tanpa menoleh ke gw. Dia berada di depan kompor. Gw menghampirinya.
cobain nih... dia menyendok sedikit kuah masakan berwarna coklat dari wajan, dan menyuapkan ke gw pelan-pelan.
enak ga" tanyanya ketika gw sudah merasakan kuah masakan tersebut. Gw mengangguk-angguk sambil mengacungkan jempol. enak" tanyanya lagi.
enak kok beneran enak" iya enak kok, emang kenapa si"
padahal itu belum mateng.... jawabnya dengan tawa berderai. .....
PART 44 ah sial gw disuruh nyicipin makanan mentah, kalo gw sakit perut tanggung jawab ah.... gerutu gw. Jihan terkikih disamping gw.
becanda gw, udah mateng noh. Kalo lo gapercaya masukin aja jari lo ke kuah, ngetes panas apa enggak...
ogah gw, iya panas kok panas.... jawab gw cepat-cepat. enak ga tadi"
lupa gw rasanya... gw nyengir bego.
bilang aja lo mau nyicipin lagi... cibirnya sambil mengambil kuah seujung sendok dan menjejalkannya ke mulut gw. enak ga" agak kurang deh....
kurang apa" dia penasaran. kurang nasi.
Dengan sebal Jihan mencubit perut gw, dan itu cukup membuat gw mengaduh kesakitan. Akhirnya makanan siang itu jadi juga. Entah ayam dibumbu rendang atau apa menu siang itu, gw lupa. Dengan lahap gw memakan masakan Jihan itu, dan harus gw akui dia memang jago memasak. Rasanya setaraf dengan restoranrestoran diluar sana. Meskipun memang masih ada sedikit kekurangan disana-sini, tapi gw rasa sudah cukup memenuhi syarat.
Malamnya, gw menemaninya duduk-duduk di lantai di depan kamarnya. Gw menghembuskan asap rokok, sambil memandangi langit malam, sementara Jihan duduk di samping gw sambil menyisiri rambutnya yang panjang dan terlihat ikal. Gw melirik ke wanita di samping gw ini, dan tertawa pelan.
kenapa" tanyanya heran ketika melihat gw tertawa sendiri. Gw menggeleng.
gakpapa, gw ngebayangin aja kalo rambut lo agak panjangan dikit lagi, udah cocok tuh nangkring di pojokan parkiran, nyamar jadi kuntilanak. Hahahaha....
Jihan menepuk bahu gw pelan.


Dunia Yang Sempurna Karya Carienne di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

males gw rambut panjang-panjang... sahutnya pelan. lah ini udah panjang"
iya ini maksimal. Ga mau gw panjangin lagi. kenapa gitu"
males ngurusnya, gampang rontok juga.
Gw menghisap rokok dalam-dalam, dan menghembuskan asap putih ke udara. Cantik kok kalo rambut lo panjang... kata gw pelan.
oh ya" emang si, udah banyak yang bilang gw cantik. heheheh... katanya dengan pedenya. Gw mencibir.
ada berapa orang" goda gw.
ratusaaaan... jawabnya dengan nada iklan sebuah biskuit. gw tertawa mendengar cara bicaranya yang lucu.
bisa aja... sahut gw. eh, Lang katanya sambil menoleh ke gw. gw gendut ga si" tanyanya dengan suara manja. Gw memandanginya sesaat, kemudiang menggeleng.
engga kok, ga gendut... masa si" berat gw naik tau...
ya berarti lemaknya gaib, ga keliatan itu mah... lemak kok gaib, lo tuh yang gaib...
gw ada disini kok dibilang gaib"
muke lo kaya makhluk gaib si... katanya sambil tertawa berderai. akhir-akhir ini berat badan gw naik tau...
ya baguslah, artinya lo udah mulai sehat, ga kaya dulu lagi kurang makan kurang istirahat. gw menghisap rokok, eh, gimana kampus lo"
kampus gw masi disitu-situ aja kok, belom pindah.... godanya. bukan itu maksud gw...
Jihan tertawa. iya iya, tau gw. Sekarang gw udah konsentrasi ngejar mata kuliah yang belum gw ambil kok. Semoga aja tahun depan gw udah bisa ambil skripsi. Insya Allah deh... skripsi susah ga si"
susah kalo ga lo kerjain... yee dimana-mana itu mah...
ga susah kok, yang penting jangan putus niatnya aja. Kebanyakan mahasiswa telat lulus gitu kehambat di skripsi si, pada ilang niatnya... jelasnya sambil tersenyum dan memainkan rambutnya.
gw sekarang lagi seneng-senengnya kuliah... sahut gw pelan. gw belum bisa ngebayangin besok abis lulus kuliah terus mau kemana gw...
lo kan mau mulai bisnis"
gw tersenyum. ya iya si, tapi gw kan baru mau mulai. Yah semoga aja bisa menghasilkan lah ya...
nanti gw ikut lo aja, boleh nggak" tanyanya. ikut gw" maksud lo"
yaaa ikut, ngikut bisnis lo... dan ngikutin elo-nya.... jawabnya sambil tersenyum manis.
kalo bisnis gw ga cuma disini"
gapapa, bawa gw kemanapun lo pergi... dia menatap gw lekatlekat.
Entah apa yang merasuki pikiran dan tubuh gw, sesuatu yang ga pernah gw bayangkan sebelumnya mendadak terjadi. Memang gw selama ini sering membayangkan ini, tapi ga gw sangka akan terjadi dengannya. Dan di waktu ini.
Tubuh gw dan tubuhnya mendekat, seakan ada kekuatan yang tak terlihat yang mendorong kami berdua. Kepala gw dan kepalanya saling mendekat, hingga gw bisa merasakan hangat hembusan napasnya di wajah gw. Dan kemudian begitu saja, bibir kami sudah saling berpagutan. Untuk beberapa saat gw seperti tak mengenali diri gw lagi. Entah siapa gw malam itu. Yang gw rasakan hanyalah sentuhan bibirnya yang hangat dan basah, yang menempel di bibir gw. Dan itulah pengalaman pertama gw.
Ketika akhirnya kami saling menarik diri, gw ga bisa berkatakata apapun, karena terlalu takjub akan apa yang barusan terjadi pada kami. Jihan pun sepertinya begitu. Dia memandangi gw beberapa saat, kemudian tersenyum sedikit, dan mengikat rambutnya ke belakang.
gw tidur dulu ya... canggung, dan kikuk segera menyelimuti kami berdua. Gw hanya bisa mengangguk, tanpa bisa menjawab perkataannya barusan. Jihan beranjak berdiri, dan kemudian masuk ke kamarnya, mengunci pintunya, hingga akhirnya tinggallah gw sendirian diluar. Gw menengadah, menatap langit malam yang penuh bintang, dan gw tersenyum.
PART 45 Di suatu siang hari yang panas. Handphone di dalam kamar gw berdering, sewaktu gw sedang menjemur handuk di pagar tembok balkon di depan kamar gw. Buru-buru gw masuk ke kamar dan melihat identitas penelepon. Dari Ara. Tumben-tumbenan nih anak telepon gw jam segini, batin gw.
halo" sapa gw. halo-halo, bagus lo ya! semburnya begitu mendengar suara gw. Bahkan dia ga membalas sapaan gw.
weisss, dapanih kok tau-tau ngomel" sekarang jam berapa"
gw melihat jam di tembok. kenapa emang" sekarang hari apa"
Minggu terus" ya udah ini kan hari Minggu, emang ada apa sama hari Ming.... kalimat gw terputus, ketika gw baru menyadari keadaannya. eh, ini hari Minggu yak... gw menggaruk-garuk kepala.
oooh, gitu" baru nyadar sekarang" omelnya dari ujung sana. Gw membayangkan dia berkacak pinggang sewaktu berbicara.
elo udah sampe yak" sorry sorry sorry, gw jemput deh, tunggu disana yak"
gw udah nungguin sejam! tau gitu gw naik taksi, bego...
iyeiyeiye maap neng, astaghfirullah, gw jemput sekarang yak! gw melempar handphone dan mencari celana, bahkan teleponnya belum terputus. bentar gw pake kolor dulu! teriak gw sambil memakai celana jeans.
Sesaat kemudian gw sudah di jalan dengan kecepatan cukup tinggi diatas motor gw, menuju ke stasiun. Di sepanjang jalan itu gw mengutuki diri gw sendiri, kenapa bisa lupa hari kedatangan Ara. Padahal tadi malam dia sudah mengingatkan gw, tapi memang agak ga gw perhatikan karena ngantuk. Kemacetan siang hari itu menambah stressnya gw, karena membayangkan seperti apa omelan yang akan gw terima nantinya.
Sesampainya di stasiun, gw segera celingukan, mencari cewek bermuka jutek yang menunggu dijemput. Akhirnya gw menemukan sosok yang gw cari. Cewek mungil dengan rambut yang kali ini dipotong pendek seleher dan dibentuk dengan indah, memakai jaket berwarna hitam, dan menggendong ransel. Diatas semua itu, ya benar, dia berwajah masam. Gw menghampirinya dengan senyum cengengesan tanpa rasa bersalah.
sorry sorry, gw lupa sama sekali. Udah lama yak" pertanyaan bodoh itu otomatis keluar dari mulut gw, sementara dia memandangi gw dengan sebal.
eh siapa lo" maen nyamper-nyamper aja gerutunya.
iyaa sorry, gw lupa beneran atuh, Ra... gw menggaruk-garuk kepala, yuk pulang... ajak gw.
ogah, gw naik taksi aja gw tertegun.
lah lo mau naik taksi tapi masi disini" gw menggeleng-gelengkan kepala, dah ah yuk pulang! tanpa pikir panjang lagi gw menarik tangannya.
eeeeh eh paan nih maen tarik-tarik aja lo! sahutnya gusar sambil menepuk tangan gw pelan. ogah gw pulang bareng lo bawel ah, sorry gw lupaaa... yuk pulang yuuuk... bujuk gw. emoh...
makan KFC yuk, mau" mau. dia menatap gw dengan galak. gw tergelak. kalo soal makan mau yak"
ah berisik aaah, laper tau ga gw nungguin lo disini ish! dia memukul punggung gw, dah gih cepet bawa gw makan, lama amat si gerutunya.
Beberapa waktu kemudian gw dan Ara sudah berada di sebuah restoran fastfood ga jauh dari kosan. Kami duduk berhadaphadapan, gw memandanginya sambil tersenyum geli, sementara dia sedang makan dengan lahapnya.
apa liat-liat" tanyanya ketika dia menyadari gw memandanginya.
gw tertawa. makan lo kaya cowo emang cewe ga boleh laper" ya boleh si...
yaudah gausah bawel, gitu aja dikomentarin bawel amat si...
nah kan, salah lagi gw. Memang repot mengajak ngobrol Ara ketika dia lagi badmood seperti ini. Akhirnya gw memilih untuk diam saja.
waktu gw tinggal, lo ngapain aja" tanyanya sambil menggigiti daging ayam yang masih menempel di tulang.
banyak... ngapain" bikin rusuh"
gw mendengus. engga, kan gw udah cerita kalo gw mau bikin usaha sama Agung...
udah sampe mana progresnya" sampe situ
gw lempar pake tulang juga lo lama-lama
ya baru nego sewa kontrak tempat si, itu aja maju mundur terus ga jadi-jadi... gw menghela napas, mahal-mahal yak ternyata...
ya pasti mahal lah, kalo tempatnya strategis pasti orang matok harga seenak udelnya sendiri... sahutnya sambil mencocol daging ayam ke saus.
restoran lo gimana" tanya gw. caf kali bukan restoran...
oiya caf, gimana caf lo" sukses" rame"
belum keliatan lah, baru juga soft opening bulan lalu. Masih dalam tahap penjajagan nih, lagi riset makanan gw cocok ga sama selera orang-orang...
terus kira-kira cocok"
belum tau, cuma ya banyak feedback sana-sini. Itu yang nampung si Dita semua, gw cuma baca-baca sedikit..
gw mengangguk-angguk. Dita adalah saudara sepupunya yang ikut mendirikan caf itu. menu spesialnya apa" tanya gw lagi. sate ubur-ubur... jawabnya lempeng. Gw cuma bisa melongo.
ya engga lah, menunya yang spesial paling sandwich, burger gitulah... dia tergelak.
gw kira ubur-ubur beneran... cibir gw, dan dibalasnya dengan menjulurkan lidah.
Sesampainya di kosan, dia langsung membuka kamarnya, dan membiarkan udara di dalam kamarnya berganti. Dengan berisik dia membersihkan seisi kamar yang mulai tertutupi oleh debu. Sementara gw melanjutkan bersantai dengan bermain gitar sambil berbaring. Gw cuma mendengar berbagai macam suara benda beradu dari kamar sebelah, yang beberapa waktu ini sepi.
BANTUIN GW NAPA SIK! teriaknya dari pintu kamar gw. Dia cuma melongokkan kepalanya.
iya iya.... Dengan malas gw bangkit dan menengok kamarnya, yang memang berbau udara lama. Kesannya beda dengan kamar gw yang setiap hari selalu gw buka pintunya. Gw melihat dia sedang mengganti seprei kasurnya.
ambilin sapu gih perintahnya. Gw menurutinya tanpa berkata apa-apa, mengambil sapu di pojokan selasar.
nih... gw menyerahkan sapu ke Ara. Dia memandangi sapu di tangan gw, kemudian memandangi gw.
ya udah sapu lah lah kok gw" tadi katanya suruh ambilin sapu doang"
bantuiiiiin! lengkingan suaranya yang lama ga gw dengar secara langsung membuat telinga gw berdenging.
iya iyaaaa..... PART 46 Setelah sekian lama libur, akhirnya pagi itu gw dan Ara kembali memulai kegiatan perkuliahan. Banyak dari teman-teman seangkatan gw yang sedikit berubah penampilannya, ada yang jadi gondrong, ada yang semakin gendut, ada yang tambah cantik, dan sebagainya. Untuk semester ini memang gw dan Ara sengaja mengambil kelas yang sama semua. Tujuannya biar kami lebih gampang bekerjasama kalau ada tugas atau sewaktu ujian. Selain itu gw juga bisa terus mengandalkannya sebagai alarm pribadi gw.
Kelas pertama hari itu gw lalui dengan tanpa semangat. Maklum saja lah, otak gw masih belum bisa beradaptasi lagi dengan materi kuliah setelah sekian lama ga gw baca sama sekali. Lain gw, lain juga Ara. Dia justru kebalikan dari gw. Semangat banget dia kuliah pagi itu. Gw rasa seumur-umur gw mengenalnya, baru kali ini gw lihat dia seantusias itu mengikuti perkuliahan.
Ra... gw menyenggol sikunya dengan siku gw. Dia diam saja, ga bereaksi.
Ra... senggol gw lagi. paan si"
tumben lo merhatiin banget kuliahnya"
ssstt, diem ah. Dosennya ganteng tau. dia kemudian melanjutkan memandangi dosen yang menurutnya ganteng itu, dengan senyum-senyum sendiri.
yaelah... Gw kemudian ikut-ikutan memperhatikan dosen baru kami itu. Berapa lama pun gw lihat, ga satupun aspek di dirinya yang bisa gw sepakati kalau dia itu ganteng. Barangkali karena gw masih normal.
gw ngantuk... kata gw. bobo lah jawabnya acuh tanpa memperhatikan gw. ga ada yang nutupin nih, ntar ketauan gw... gw tutupin pake buku
mana cukup aish ya udah pake tas gw dia mengambil tasnya yang sebelumnya diletakkan dibawah kursi, nih, jangan diilerin tapi iyaiyaa, paling cuma tidur-tidur ayam doang gw. jawab gw.
Gw pun melipat tangan diatas meja, dan meletakkan kepala gw diatasnya. Posisi kepala gw menghadap ke arah Ara. Beberapa saat gw memejamkan mata, tapi tetap ga bisa terlelap sesuai harapan gw. Akhirnya yang bisa gw lakukan adalah diam-diam memandangi Ara yang sedang serius mengikuti perkuliahan di samping gw. Hidungnya tampak semakin mancung dari samping, dengan rambut ikalnya dibiarkan tergerai. Di tangannya masih ada gelang pemberian gw sewaktu ulang tahunnya beberapa bulan yang lalu.
Gw menyadari kembali betapa cantiknya cewek yang selama ini selalu ada disamping gw ini. Selama ini gw selalu digerutui oleh teman-teman cowok, katanya gw beruntung banget bisa satu kosan dengan Ara. Bahkan ada juga yang sudah berencana pindah ke kosan gw, seandainya ada kamar kosong disana. Sayangnya sampai sekarang belum ada yang kosong.
Hampir dua bulan gw ga bertemu Ara, kali ini gw melihat dia agak bertambah gemuk. Sebelum pulang ke Surabaya gw merasa dia ga seperti ini. Pipinya agak gembil, tangannya pun agak semakin berisi. Buat gw, dia semakin lucu dan menarik. Entah berapa lama gw memandanginya, sampai akhirnya dia sadar bahwa gw dari tadi memperhatikannya lekat-lekat.
ngapain lo" tanyanya.
eh, gapapa... gw kikuk karena kepergok. Tapi meskipun begitu, gw tetap memperhatikannya. lo gendutan yak"
Dia kemudian memandangi perutnya sendiri, kemudian memegang-megang pipinya, dan tertawa malu. keliatan yak" emang si gw naik 3 kilo disana... dia menjulurkan lidah, masakan mama enak-enak soalnya...
perbaikan gizi ya... gw nyengir lebar. masakan mama kok ga nyampe ke kosan"
keburu basi, mau makanan basi" celetuknya jahil. lo ngeracun gw itu mah namanya....
Dia terkikih, kemudian menggoyang-goyangkan badannya dengan
aneh. Barangkali dia lagi dalam mood iseng.
Ketika akhirnya kuliah hari itu selesai, gw dan Ara langsung melangkah keluar dari kelas, bergabung dengan teman-teman lain di kantin. Gw dan Ara langsung menyapa mereka dengan heboh, karena kami sama-sama merindukan teman-teman yang sudah lama ga kami lihat batang hidungnya.
nih duduk sini, Lang kata Rizal, temen gw sekelas sejak semester satu. Di satu meja panjang itu gw melihat banyak teman-teman lama, seperti Rizal, Irfan, Agung, Maya, Rima dan yang lainnya.
Dulu di semester awal, mereka masih canggung untuk bergabung seperti ini. Kebanyakan bergabung berdasarkan gender. Yang cowok ya semeja sama cowok, yang cewek ya cewek semua. Kali ini semua berbaur jadi satu. Mungkin karena sudah cukup lama saling mengenal, dan ga ada rasa canggung lagi diantara kami semua.
ciyeeee, hari pertama masuk langsung berduaan yah" goda Maya. Dia memandangi gw dan Ara berganti-ganti. Terlalu kentara buat diabaikan oleh yang lain.
ciyeee.... celetuk salah satu teman. ciyeeeee.... timpal yang lain.
berarti makan-makan dong nih, mumpung di kantin usul Rima. Usul ngawur dan mematikan buat gw. Sementara itu gw melihat Ara cuma tertawa-tawa ga jelas.
Gil... Ara memanggil gw sambil tertawa, emang kita kapan jadian si" Gw kok ga tau...
gw mengangkat bahu. tau tuh, ngawur nih pada...
barangkali lo terhanyut perasaan sampe ga tau kapan jadian... lagi-lagi Maya melancarkan serangan. atau mau dijadiin aja sekarang" gimana nih temen-temen" Sepakat" Sah" Sah" SAAAAHHH..... kata mereka serempak.
pada jadi penghulu sama saksi dadakan ni ya semua... gerutu Ara pelan. May, lo gausah jadi kompor gitudeh... Maya terkikih. abisnya lo berdua bikin gw geregetan si...
gw juga geregetan... timpal Rima sambil mengaduk-aduk mie ayam.
iya, sama, gw juga geregetan kaya Rima... Agung ikut-ikutan sambil sok serius. Gw tahu ini mah Agung yang modus nyamanyamain seperti Rima, soalnya dia diam-diam naksir Rima. masa setahun kemana-mana bareng ga jadian-jadian" Kalo gw sih langsung sikaaat...
Gung, lo diem. Ara melotot ke Agung. Seketika itu juga nyali Agung langsung ciut, dan dia pura-pura mengaduk-aduk mie ayamnya. Mampus lo, Gung, batin gw puas.
Sorenya, ketika kami sudah berada di kosan lagi, gw dan Ara duduk berdua sambil menonton TV di kamar Ara. Gw memetikmetik pelan senar gitar, sementara dia mendekap kedua lututnya
yang disilangkan, dan menyandarkan kepalanya ke bahu gw. Sesekali dia mengomentari berita yang sore itu sedang kami tonton.
Ra... panggil gw pelan. hm" sahutnya tanpa menggerakkan kepalanya. lo percaya omongan anak-anak tadi"
yang mana" dia mengangkat kepalanya, memandangi gw. ah yang itu tuh, yang tadi di kantin...
ooh... dia kembali menyandarkan kepalanya di bahu gw, biarin aja lah...
kalo lo gimana" gw si ga ambil pusing, apalagi omongan Maya kan emang suka kompor gitu tuh. Kaya ga kenal Maya aja lo... sahutnya pelan. emangnya, lo mikirin itu yah"
gw terdiam sesaat. iya sih, gw kepikiran itu. jawab gw jujur.
Ara mengangkat kepalanya, dan memandangi gw lekat-lekat. Dia tersenyum ke gw. Sebuah senyum yang cantik.
emangnya, dia memegang pipi gw lembut, lo udah siap"
gw mengangkat bahu. ya mungkin cuma lo sih cerita di hidup gw selama ini. gw tersenyum, gw rasa gw punya banyak waktu
untuk mempersiapkan diri...
dia mengangguk-angguk kemudian memandangi gw dengan senyum tenang, kita liat deh, lo udah siap beneran apa belum...
PART 47 emangnya... gw menatapnya heran, menurut lo gw belum siap apanya" tanya gw.
sepertinya lo terlalu serius ngelihat semua yang ada di sekitar lo... jawabnya sambil tersenyum.
maksud lo" dia menggeleng-gelengkan kepala kemudian membuang tatapannya dari wajah gw. gw ga tahu persis itu apa, tapi gw merasakan kalo lo seperti selalu dibawah bayang-bayang ekspektasi lo sendiri tentang hidup lo. Lo seperti selalu merasa lo ga pantas meraih sesuatu... dia terdiam sejenak, .....termasuk tentang gw...
gw menatapnya lekat-lekat, mencoba mencerna ucapannya barusan yang memang benar. Tanpa gw duga dia bisa memperhatikan gw sampai ke level seperti itu. Gw kira dia cuma memperhatikan gw sebatas tentang kehidupan gw dan tetek bengeknya. Tapi ternyata dia memperhatikan gw sampai jauh ke dalam hati dan pikiran gw.
gw... gw selalu berpikir tentang lo... ucap gw terbata-bata. Dia tersenyum di samping gw, dan mengangguk-angguk, seakan dia bisa membaca pikiran gw.
iya, gw tahu kok... jawabnya lembut. gw tahu bahkan tanpa lo ngomong apa-apa ke gw...
ga peduli seberapa cerewetnya lo ke gw, gw akan selalu dengan
senang hati mendengarkan semua ocehan lo. Barangkali karena lo lah hidup gw disini masih teratur dan gw masih jadi anak baik tanpa tergoda buat terjerumus ke hal yang enggak-enggak... urai gw.
Gil.... apapun yang lo lakuin ke gw, baik yang sudah ataupun yang akan lo lakuin ke gw, itu karunia terindah yang pernah gw terima, diluar keluarga gw. Seandainya lo tahu, Ra, gw ga pernah bermimpi bisa mengenal orang sebaik lo di hidup gw. Tapi sekarang, lo selalu ada di sekitar gw...
...... setiap hari gw merasa damai kalo ada suara lo dari sebelah, gw merasa nyaman kalo pergi ke kampus bareng lo. Bahkan gw merasa seperti anak kecil lagi ketika lo ingetin gw soal mandi... gw menghela napas panjang, dan menatapnya dalam-dalam. lo tahu, Ra" itu arti lo buat gw...
....terima kasih.... jawabnya pelan.
sekarang ketika lo bilang gw merasa belum siap buat meraih segala sesuatu di sekitar gw, gw pikir itu ada benarnya.... gw mendadak kelu, .... gw takut kehilangan lo, itu aja.
Ara terdiam, sementara tangannya memainkan ujung-ujung bantal yang dipeluknya. Malam ini gw sudah mencoba mengungkapkan apa yang ada di dalam hati gw tentang dirinya. Meskipun ga semuanya bisa gw ungkapkan, tapi setidaknya dia tahu betapa besar arti dirinya buat gw. Dia terlalu berharga
buat gw, dan gw terlalu takut untuk kehilangan dirinya.
semoga gw juga seindah itu buat lo yah.... celetuk gw sambil tertawa pelan. Menertawakan nasib gw sendiri.
lo tau, Gil.... dia berkata dengan suara pelan. .... apapun yang ada di dalam diri lo ini sekarang, itu juga yang jadi penyemangat gw buat hidup disini....
tanpa lo sadari, gw juga banyak belajar dari lo. Gw juga banyak mengingat lo ketika gw mau melangkah ke arah yang salah. Dan lo juga jadi obat gw ketika gw kangen rumah. lanjutnya. ......
gw sadar, gw dan lo ga selamanya akan seperti ini, ada di koskosan ini, hidup bersebelahan berdua kaya begini... dia tersenyum, karena itu gw berusaha menikmati setiap detiknya disini, selagi kita masih bisa...
jadi" tanya gw. jadi" dia balik bertanya, kemudian tertawa sendiri. jadi kesimpulannya"
gw mempersiapkan hati gw sebisa mungkin, untuk mendengar jawaban apapun yang akan keluar dari mulut Ara. Degup jantung gw bertambah kencang.
ya kita jalanin dulu aja seperti sekarang.... dia tersenyum cantik ke gw. Amat cantik. sampai nanti waktunya buat kita
menutup buku lama dan membuat cerita baru. Dan gw yakin itu akan tiba ketika kita bener-bener udah siap...
PART 48 lama amat si, gw tinggal ntar! seorang cewe mengultimatum gw, sementara gw sedang mengikat tali sneakers yang memang pagi itu agak kusut.
iyee bentar astaga gw iket ini dulu bentar nih! gw menunjuk ke tali bulukan yang terpasang di sneakers gw. Selesai mengikat, gw menjejak-jejakkan kaki, sekedar agar posisi kaki dan sepatu gw jadi nyaman.
lo mau sarapan apa" tanyanya ke gw sambil merapikan rambutnya. kalo gw si pingin nasi uduk...
ya udah nasi uduk aja kalo gitu sahut gw. "lo maunya apa"
udah samain aja kaya lo lah ish ga kreatif nyama-nyamain
daripada ribet, laper gw nih, apa aja gw makan... dia tertawa pelan.
makan ati aja, mau" sahutnya sambil nyengir jahil. udah makan ati gw, kan gw udah ditolak... jawab gw asal. eh....
ah elo mah lagi-lagi pundung. Malu ah udah gede pundungan. Lagian kan gw masi ada disini buat lo... dia menonjok bahu gw
pelan. makanya sabar yah.... dia gelendotan di bahu gw sambil menjulurkan lidah.
iya iya gw sabar kok iyaaa. Udah ah turun berat nih. Mau makan apa lo jadinya" Nasi uduk" tanya gw.
nasi uduk boleh, lainnya juga boleh... ya udah nasi uduk aja kalo gitu... jiaaah ngikut-ngikut aja dianya...
daripada lo bawel" mending gw ikutin deh... gw menggendong tas ransel gw. udah ah berangkat yuk, laper nih gw...
oke boss.... dia memberi hormat ke gw kemudian mendahului gw menuruni tangga. Duh yak, ini anak....
Perasaan gw kepadanya sekarang dalam fase campur aduk. Gw tahu gw masih sayang kepadanya, tapi ga bisa gw pungkiri kalau penolakannya tempo hari itu berdampak besar ke gw. Ga terhitung gw memikirkan kejadian itu, dan bertanya-tanya ke diri gw sendiri, apa yang harus gw persiapkan lagi untuknya. Sampai pada satu kesimpulan di diri gw sendiri, kalau sepertinya Ara memang ga memiliki perasaan yang sama seperti gw terhadapnya. Yah, inilah cinta, pikir gw getir. Pengalaman pertama gw mengungkapkan perasaan ke wanita, berujung pahit. Tapi setidaknya gw berusaha memperbaiki diri dari situ.
Setelah sarapan itu, gw dan Ara pergi ke kampus. Perkuliahan semester lanjut itu memang banyak jadwal yang kebetulan siang hari, jadi kami bisa sedikit lebih santai ke kampusnya. Selain itu
kami udah memiliki junior, sehingga mau ga mau harus bersikap lebih dewasa supaya bisa dijadikan contoh oleh mereka. Gw semakin menikmati dunia perkuliahan, dan mulai terjun ke kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, seperti yang disarankan oleh Jihan dulu. Gw menemukan kesenangan tersendiri ketika berkecimpung di dunia organisasi.
Siang itu, ketika gw sedang berkumpul dengan teman-teman BEM di ruang kesekretariatan, mendadak Ara menghampiri gw. Wajahnya tampak sedih, dan panik.
Gil, pulang yuk. katanya singkat begitu dia menemukan gw.
sekarang" Kenapa" Lo kenapa" Ada apa" tanya gw ketika gw mendapati ekspresinya yang ga biasa itu.
anterin gw pulang sekarang, bisa"
iya, bisa kok. gw mengangguk kemudian menoleh ke anak-anak, gw tinggal dulu ya.
Di sepanjang perjalanan pulang itu gw bertanya ke dia, apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia cuma menggeleng. Nanti aja di kosan gw ceritain... jelasnya.
Sesampai di kosan dia langsung naik ke kamarnya, dan mengambil tas yang cukup besar untuk diisi dengan baju-bajunya. Gw memandanginya sambil bertanya-tanya. Ga biasanya dia seperti ini.
ada apa, Ra" tanya gw untuk kesekian kalinya.
Papa kena serangan jantung. Tadi di kampus gw ditelpon nyokap. Gw mau pulang sekarang. jawabnya sambil memasukkan bajubajunya dengan terburu-buru. Lo bisa anterin gw ke stasiun" dia tiba-tiba mendongak dan memandangi gw.
bisa kok. Nanti gw anterin. Lo belum beli tiket kan" gw mengangguk, mengiyakan pertanyaannya.
Dia menggeleng. belum, ntar gw cari langsung disana.
terus& . gw memandanginya dengan hati-hati, gimana keadaan papa"
tadi sih kata mama udah di UGD, cuma masih belum dapet perawatan lanjutan&
tapi sadar kan" tadi sih tidur& dia menenteng tasnya, dan berjalan ke arah gw yang sedang berdiri bersandar di balkon. yuk&
Gw memandanginya sambil berpikir. Cukup lama. yuk ah, udah jam segini nih Ara ga sabar. lo disana sama siapa"
sendirian lah, sama mama doang. Kenapa emang" ga ada yang bantuin"
Ara menggeleng. kenapa"
kalo gw ikut lo, boleh" Kali-kali aja ada yang bisa gw bantubantu disana& kata gw.
Ara memandangi gw dan kemudian tersenyum lebar. boleh banget. Kalo gitu lo siap-siap sekarang gih oke boss! sahut gw senang.
PART 49 Gw menarik retsleting jaket hingga ke leher, dan memasukkan tangan ke dalam kantong karena kedinginan. Suhu AC di gerbong yang gw tumpangi itu sepertinya disetel terlalu rendah. Gw menoleh ke sesosok cewek disamping gw, yang sedang tertidur meringkuk, menempel ke jendela dan berbantal. Pulas sekali tampaknya, sepertinya dia kelelahan. Perlahan rasa kantuk juga mulai menjalari gw, dan gw ga melawannya. Entah kapan, akhirnya gw jatuh tertidur.
Suara gemuruh dari luar gerbong ketika kereta yang kami tumpangi melewati jembatan membangunkan gw. Seketika gw berkedip-kedip dan menoleh ke Ara. Ternyata dia sudah bangun, dan sedang melamun memandangi pemandangan di luar jendela. Sepertinya dia ga menyadari kalau gw sudah terbangun juga. lo mau makan apa" tanya gw.
Ara menoleh ke gw. eh, udah bangun aja lo. Engga usah, gw lagi ga pengen makan... jawabnya sambil tersenyum.
emang lo udah makan" belum kan. Dari kampus tadi lo belum makan tau. Makan gih.
lo sendiri udah makan"
belum juga, makanya gw ngajakin lo makan, hehehe... gw cengar-cengir tanpa dosa.
bilang aja lo laper aish...
emang... mau makan apa lo" adanya apa"
bentar gw tanyain dulu....
Akhirnya datang juga dua porsi mi rebus instan yang gw pesan tadi. Gw dan Ara yang sama-sama kelaparan, makan dengan lahap. Dan gw akui memang itu yang gw butuhkan untuk menghangatkan perut dan badan gw yang kedinginan. Setelah sama-sama kenyang, gw mulai mengantuk karena dinginnya suhu di dalam gerbong. Gw menoleh ke Ara, dia sedang sibuk SMSan entah dengan siapa. Ga berapa lama, gw pun tertidur lagi.
Mata gw terbuka ketika kereta yang kami tumpangi berhenti sebentar di salah satu stasiun di antara Jakarta dan Surabaya. Gw berkedip-kedip sebentar, sebelum menyadari ada sesuatu yang membebani bahu gw. Disamping gw, Ara tertidur nyenyak dengan bersandar pada bahu gw. Melihat wajahnya yang damai, mau ga mau gw tersenyum. Bersyukur setidaknya gw masih bisa melihat wajahnya sedekat ini, walaupun gw tahu sepertinya perasaan gw kepadanya ga berbalas.
Ketika kami telah sampai di Surabaya, kami langsung menuju ke sebuah rumah sakit di tengah kota dengan menggunakan taksi. Di rumah sakit itu gw mengikutinya melalui lorong-lorong panjang, dengan berbagai belokan, hingga pada akhirnya kami tiba di sebuah ruangan bersih dan rapi, yang hanya berisi satu orang pasien. Begitu pintu kamar terbuka, dan tampak seorang wanita cantik paruh baya yang sedang duduk di sofa, Ara langsung menghambur masuk dan memeluk wanita tersebut. Beliau tidak lain adalah mamanya Ara.
Mereka berdua berpelukan beberapa saat, kemudian Ara menoleh ke papanya, yang sedang tertidur nyenyak dengan salah satu selang oksigen pada hidungnya. Ara berdiri di samping tempat tidur, berpegangan pada besi di samping tempat tidur, dan mengelus-elus tangan sang ayah dengan lembut dan penuh kasih sayang. Gw melihat matanya berkaca-kaca. Selama itu gw hanya berdiri di salah satu sudut ruangan, menunggu Ara memperkenalkan gw kepada mamanya.
Setelah beberapa saat, Ara mengusap kedua matanya, dan barulah dia menyadari kembali kehadiran gw di ruangan itu. Dia kemudian memperkenalkan gw ke mamanya.
mah, kenalin nih, ini Gilang, temen sekos Acha...
gw tersenyum, mengangguk dan mencium tangan mamanya Ara. saya Gilang, tante... kata gw sopan.
terimakasih ya mas Gilang, udah nemenin Acha kesininya. Jadi merepotkan... mamanya Ara tersenyum ramah. ayo duduk mas, mau minum apa" tawarnya.
eh, eh, ga usah tante, jangan repot-repot. Tante duduk aja, nanti saya gampang kok... ucap gw cepat-cepat. Gw ga mau dianggap tamu oleh beliau, karena gw tahu kondisi beliau. Gw ga sampai hati merepotkannya.
Ara mendekati gw, kemudian meraih lengan gw. lo laper" mau cari makan"
gw ga laper kok. Lo laper" tanya gw.
lumayan si... di depan situ ada warung kaki lima agak banyak. Kalo kamu laper makan dulu disitu, Cha... mamanya menyarankan. ada uang"
ada kok, ma... dia menarik lengan gw lagi, yuk temenin gw makan, Gil...
Ternyata benar kata mamanya Ara, di depan rumah sakit memang berderet beberapa warung kaki lima meskipun agak jauh. Kami memasuki salah satu warung, dan Ara segera memesan makanan sementara gw cuma memesan minum. Sambil menunggu makanan, kami berdua tenggelam dalam kebisuan. Acha" gw memecahkan kebisuan diantara kami. Ara menoleh. hm"
itu panggilan lo kalo dirumah ya" Acha"
dia tertawa pelan. iya, itu panggilan gw dari kecil. Acha. kenapa di kampus lo ga dipanggil Acha"
gw ga mau ajah... gw tersenyum. kenapa" tanya gw penasaran.
buat gw, panggilan itu lebih terasa pribadi, seperti representasi masa lalu gw, masa kecil gw. Tempat pelarian gw ketika gw lelah menghadapi hidup di masa sekarang. Kalo itu juga gw share ke
kampus, ke dunia di Jakarta, gw ga mau. Biarlah gw di kampus dikenal sebagai Ara yang cerewet, yang urakan. Tapi ketika dirumah, gw mau jadi Acha-nya papa mama.... jelasnya sambil tersenyum.
gw tertawa dan mencibir sedikit ke arahnya. dasar manja... kata gw bercanda.
Gil... panggilnya. ya"
thanks ya... buat"
buat yang udah lo lakuin, sampe lo mau nemenin gw pulang kesini...
gw menghela napas, kemudian tersenyum lembut. lo pasti tahu kan kenapa gw ngelakuin ini semua"
Ara menatap gw lekat-lekat, dan dia juga tersenyum ke gw. Senyuman yang selalu ada di hati gw.
iya, gw tahu kok.... dia mengangguk-angguk.
PART 50 Malam itu, Ara menggantikan mamanya berjaga di rumah sakit, karena paginya rumah Ara ditinggal begitu saja tanpa ada persiapan apapun. Selain itu mama Ara pulang juga untuk mengambil pakaian-pakaian dan keperluan lain. Jadilah Ara menemani papanya di rumah sakit, sementara gw tentu saja ada disampingnya. Gw duduk di sofa yang ada di ruangan itu, sementara Ara sedang melaksanakan ibadah sholat. Gw dan Ara bergantian melaksanakan ibadah sholat itu, kemudian kami berdua sama-sama duduk di sofa. Entah apa yang harus kami lakukan pada waktu itu.
maaf ya lo jadi harus ikut sampe sini.... katanya.
kenapa minta maaf" kan gw yang mengajukan diri buat ikut kesini. Harusnya gw yang berterimakasih ke elo karena gw udah diperbolehkan ikut sampe sini... gw menenangkannya.
dia melirik gw dan tersenyum. lo khawatir yaaa gw disini ketemu mantan" heheheh....
yah waktu-waktu gini malah lo ngomongin mantan.... iya apa enggak" godanya.
enggak tuh. kata gw sok cool.
ah masasiiii, muka lo tuh ga bisa ditutupin... emang muka gw ga ditutupin....
bisa aja lo kampret.... dia terkikih. ssst, gaboleh berisik ah ntar papa bangun! bisiknya sambil menempelkan telunjuk di bibir.
lah yang berisik juga dia kan yak, kenapa jadi gw yang disalahin.... iya maaf deh gw ga berisik... bisik gw pasrah.
kuliah kita gimana yah" tanyanya.
gimana apanya" kan belum ijin... lo juga gimana tuh"


Dunia Yang Sempurna Karya Carienne di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

ah gampang itu mah, gausah dipikirin ntar udah ada yang mikir sendiri...
kok bisa" dia menoleh.
itu Rizal kan bisa gw suruh ngabsenin gw hehehe... lah gw siapa yang ngabsenin dong"
Maya lah tuh, atau Rima, atau siapa kek yang bisa malsuin tanda tangan lo...
tanda tangan gw susah, gimana dong" tanyanya khawatir. salah sendiri tanda tangan kaya cacing... gw terkekeh.
dengan sebal dia menepuk bahu gw. enak aja cacing apanya! gerutunya sengit dengan volume agak keras. Agaknya dia lupa
kalau lagi di rumah sakit.
sssttt! jangan berisik! gw buru-buru mengingatkan. oh iya lupa....
bego.... kok lo ngatain gw bego"" lagi-lagi dia sewot.
udah ah ngobrol diluar aja yuk ah... ajak gw, dengan pertimbangan kelamaan ngobrol di dalam kamar bisa-bisa papanya Ara terganggu istirahatnya.
Ga lama kemudian kami sudah duduk di sebuah ruangan yang diperuntukkan bagi penunggu pasien. Gw duduk bersandar sambil menonton TV yang terpasang di dinding, sementara Ara sedang memainkan handphone entah dengan siapa.
nanti setelah lulus kuliah, lo mau balik sini lagi, Cha" tanya gw.
dia mengangkat kepala, memandangi gw dengan agak aneh. kok lo ikut-ikutan manggil gw Cha " tanyanya.
hehehe, ga papa, iseng aja. Boleh ga nih" gw cengengesan. lucu aja denger itu dari lo, hahaha. Eh apa tadi pertanyaan lo" ntar kalo udah lulus kuliah, lo mau balik Surabaya lagi"
dia terdiam beberapa saat, kemudian memandangi TV dengan tatapan kosong.
entahlah, gw juga belum tahu. Terserah nanti kemana Allah mengarahkan hidup gw... jawabnya pelan. gw belum punya planning apa-apa si...
tapi lo pinginnya jadi wanita karir atau gimana"
gw pinginnya jadi istri pejabat, hahahahaha.... tawanya meledak.
yah, elo mah standarnya tinggi amat...
bercita-cita boleh dong.... kan katanya harus bercita-cita setinggi langit... sanggahnya.
ya iya si, tapi jangan gitu juga.... kata gw murung. emangnya kenapa"
....susah di gw nya... emang lo mau ngajakin gw nikah" tanyanya sambil mengangkat alis dan memasang senyum misterius.
ya kalo lo mau aja si.... gw tertawa aneh. Entah apa yang ada di pikiran gw sampai gw bisa membicarakan hal seperti ini, dan di waktu semacam ini.
tapi sayangnya untuk sekarang gw belum mau tuh.... lagi-lagi tawanya membahana di selasar rumah sakit itu.
yah..... dia melihat dengan jelas raut muka putus asa dari gw, dan menepuk-nepuk paha gw.
makanya berusaha dong, yang namanya usaha ga pernah bohong kok. Yakin deh...
iya-iya gw berusahaaa....
dia tersenyum lucu ke gw, dan mengikatkan rambutnya ke belakang. emangnya, kok lo ngebet banget ngajakin gw nikah ada apaan"
kan lo itu love of my life.... balas gw ga kalah jahilnya, kemudian gw tertawa terbahak-bahak.
geli gw dengernya tau ga si... Ara menyeringai sambil memegang kedua tangannya, seakan lengannya merinding.
Senopati Pamungkas 4 Lupus Interview With The Nyamuk Pendekar Naga Mas 7
^