Pencarian

Legend 2

Legend Karya Marie Lu Bagian 2


Ya, ya. Aku tahu. Aku menatapnya. Aku juga ingin per gi.
Tapi kau tidak akan pergi. Aku bisa melihatnya di wa jahmu.
Selama beberapa saat, kami terdiam. Jika semuanya terserah padaku, aku akan menyeberangi seluruh negeri sendirian dan kabur ke Koloni pada kesempatan pertama yang kudapat. Aku tidak keberatan membahayakan hidupku. Tapi, ada lusinan alasan yang membuatku tak bisa me la ku kannya, dan Tess tahu itu. Misalnya, ibuku dan John ti dak bisa pergi begitu saja meninggalkan pekerjaan me re ka untuk lari bersamaku, tidak tanpa menimbulkan ke cu rigaan. Dan, Eden pun tidak bisa keluar begitu saja dari se kolah nya. Tidak, kecuali mereka ingin menjadi buronan se perti aku.
Kita lihat nanti, akhirnya aku berkata.
Tess tersenyum tragis. Kau pikir siapa yang sedang me n ca rimu" setelah beberapa saat, dia bertanya. Bagaimana mereka tahu kau ada di sektor Lake"
Aku tidak tahu. Bisa jadi orang itu adalah pedagang yang mendengar ada pencurian di rumah sakit, lalu menawar kan obat wabah karena mengira kita punya banyak uang atau apalah. Mungkin juga tentara, atau bahkan ma ta-mata. Aku kehilangan bandulku di rumah sakit aku
tak tahu bagaimana mereka akan menggunakannya untuk mencari tahu tentangku, tapi selalu ada kemungkinan. Apa rencanamu"
Aku mengangkat bahu. Bekas luka tembakku mulai berdenyut, membuatku harus bersandar ke dinding. Aku tidak akan menemuinya, siapa pun dia tapi harus ku akui, aku penasaran dengan apa yang ingin dia katakan. Bagaimana kalau dia memang punya obat wabah"
Tess membelalak padaku. Ekspresi yang sama dengan malam pertama aku bertemu dengannya penuh harap, penasaran, dan ketakutan secara bersamaan.
Yah & adakah yang bisa lebih berbahaya daripada pe nyusupan gilamu ke rumah sakit" []
a ku tak tahu aPakah komanDan jameson me lakukan ini karena kasihan padaku atau karena dia be nar-benar me rasa kehilangan Metias, salah satu prajurit ter baiknya. Apa pun itu, dia menolongku mengurus pe ma kam an Me ti as meskipun sebelumnya dia tidak per nah me lakukan ini ke pada bawahannya. Dia menolak menga ta kan sesuatu menge nai alasan dia melakukan ini.
Pemakaman dalam keluarga kaya seperti kami selalu terperinci. Pemakaman Metias mengambil tempat di dalam sebuah gedung dengan atap lengkung gaya abad ke-17 dan jendela berkaca patri. Karpet putih digelar di lantai; mejame ja bulat dengan bunga lili putih di atasnya memenuhi ru angan. Satu-satunya warna datang dari bendera Republik yang ter gantung di altar depan, serta potret agung Elector di atasnya.
Semua pelayat datang dengan setelan putih terbaik me reka. Aku memakai gaun sutra putih dengan renda dan korset yang rumit berlapis-lapis di bagian belakang. Pe nata rambut menyanggul tinggi rambutku di atas kepala, me nyisa kan sebuah ikal lepas menjuntai ke bahu. Sebatang mawar putih diselipkan di belakang telingaku dan seuntai kalung mutiara terpasang di leherku. Kelopak mataku dibubuhi celak putih berkilauan, bulu mataku bermandi bubuk seputih
salju, bengkak merah di bawah mataku dihapus oleh bedak putih. Segala sesuatu yang berwarna seperti ditarik dari di riku, seperti Metias yang ditarik dari hidupku.
Metias pernah memberitahuku bahwa dulu tidak se per - ti ini. Baru setelah terjadi banjir dan erupsi gunung be r api yang pertama kejadiannya setelah Republik memba ngun tem bok penghalang di medan perang untuk meng ha langi pembelot Koloni masuk secara ilegal ke teritori kami orang-orang mulai berkabung bagi yang mati dengan me - nge na kan pakaian putih.
Setelah erupsi yang pertama, katanya, terjadi hujan abu vulkanik putih dari langit selama beberapa bulan. Jenazah-jenazah serta orang-orang sekarat tertutup abu itu. Ma kanya sekarang, kita mengenakan pakaian putih untuk ber ka bung.
Dia memberitahuku hal itu karena aku bertanya pa danya seperti apa pemakaman orangtua kami.
Sekarang, aku berkeliling di antara para tamu, tersesat dan tanpa tujuan, merespons kata-kata simpati yang ditujukan padaku dengan jawaban yang pantas dan praktis. Turut berdukacita, begitu yang mereka katakan. Aku mengenali beberapa dosen Metias serta teman-teman dan atasannya se sama tentara. Ada juga beberapa orang teman sekelasku di Drake. Aku terkejut melihat mereka aku tidak pandai ber gaul selama tiga tahun kuliah, disebabkan beban ma ta ku liah ku serta perbedaan usia. Tapi mereka di sini, beberapa orang dari kelas latihan siang dan yang lainnya dari ke las Sejarah Republik 421. Mereka menyalamiku sambil
meng ge lengkan kepala. Pertama orangtuamu, dan sekarang ka kak mu. Aku tidak bisa membayangkan betapa beratnya ini bagimu.
Tidak, kalian tidak bisa. Tapi, aku tersenyum anggun seraya menundukkan kepala karena aku tahu mereka ber maksud baik. Terima kasih sudah datang, kataku. Kedatangan kalian sangat berarti bagiku. Aku tahu Metias akan bangga karena gugur demi negaranya.
Beberapa kali aku menangkap pandangan kagum dari seseorang di seberang ruangan, yang kuabaikan. Sentimen seperti itu tidak ada gunanya bagiku. Apa yang kukenakan sekarang bukan untuk mereka. Hanya demi Metias-lah aku memakai gaun indah yang tidak berguna ini, untuk menyatakan tanpa kata betapa aku sangat menyayanginya.
Setelah beberapa saat, aku duduk di dekat bagian depan ruangan, menghadap altar penuh bunga bertebaran yang sebentar lagi akan dipenuhi antrean orang yang akan mem bacakan puji-pujian mereka tentang kakakku. Aku me nun dukkan kepala takzim ke arah bendera Republik. Ke mudian, mataku beralih ke peti mati putih di sebelah ben dera. Dari sini aku hanya bisa melihat sekilas jenazah yang terbaring di sana.
Kau tampak cantik, June. Aku menengadah dan melihat homas membungkuk, kemudian duduk di sebelahku. Dia telah mengganti seragam tentaranya dengan setelan putih elegan dan rambutnya baru saja dicukur. Aku bisa katakan bahwa setelannya baru. Pasti dia menghabiskan banyak uang untuk membelinya.
Terima kasih. Kau juga tampan.
Itu maksudku, kau tampak baik-baik saja, mengingat semua yang telah terjadi.
Aku tahu maksudmu. Aku menggapai dan menepuk tangannya untuk menenangkannya. Dia tersenyum padaku. Kelihatannya dia ingin mengatakan hal lain, tapi tidak jadi. Lalu, dia mengalihkan pandangan.
Butuh setengah jam bagi semua orang untuk menemukan kursi mereka dan setengah jam lagi bagi para pelayan untuk mengedarkan piring makanan. Aku tidak makan apa-apa. Komandan Jameson duduk di seberangku di sisi jauh meja bundar yang menjadi tempat perjamuan kami. Di antara dia dan homas, ada tiga teman sekelasku. Kami saling bertukar senyum yang dipaksakan. Di sebelah kiriku ada seorang pria bernama Chian yang mengorganisasi dan mengawasi se mua Ujian yang diselenggarakan di Los Angeles. Dia meng atur Ujianku.
Yang tidak kumengerti adalah kenapa dia ada di sini bahkan kenapa dia peduli dengan kematian Metias. Dulu dia kenalan orangtua kami, jadi keberadaannya bukan tidak diharapkan tapi kenapa dia duduk di sebelahku"
Kemudian, aku ingat bahwa Chian adalah mentor Me tias sebelum dia bergabung dalam pasukan Komandan Ja meson. Metias membenci Chian.
Sekarang, pria itu mengerutkan alis lebatnya dan menepuk bahuku dengan sebelah tangannya. Selama beberapa saat, tangannya tetap di situ.
Bagaimana perasaanmu, Sayang" tanyanya. Kata-katanya membuat bekas luka di wajahnya berubah bentuk satu goresan yang melintang di hidung serta satu lagi yang bergerigi dari telinga sampai ke bawah dagunya.
Aku berusaha tersenyum. Lebih baik dari yang saya duga.
Kalau begitu, biarkan aku bicara. Dia mengeluarkan tawa yang membuatku ngeri. Matanya menatapku dari atas sampai bawah. Gaun itu membuatmu terlihat seperti bunga salju segar.
Aku harus mengerahkan semua kontrol diri yang kumiliki untuk mempertahankan senyum di wajahku. Tetap tenang, kataku pada diri sendiri. Chian bukan orang yang menguntungkan untuk dijadikan musuh.
Aku sangat menyayangi kakakmu, kau tahu, lanjutnya dengan simpati berlebihan. Aku ingat saat dia masih kanak-kanak seharusnya kau melihatnya. Dulu dia lari-lari me nge lilingi ruang tamu keluargamu, pura-pura menjadikan tangannya sebagai senapan. Dia memang ditakdirkan untuk menjadi tentara.
Terima kasih, Sir, sahutku.
Chian mengiris sebuah potongan besar dari daging steak-nya, lalu menyuapkannya ke mulut. Metias sangat pe nuh perhatian selama berada di bawah didikanku. Dia pe mimpin alamiah. Apa dia pernah memberitahumu"
Sekilas kenangan muncul di benakku. Malam itu hujan ketika pertama kali Metias bekerja untuk Chian. Dia membawaku dan homas, yang waktu itu masih sekolah,
pergi ke sektor Tanagashi. Di sanalah aku pertama kali ma kan edame 2 dengan spaghetti dan gulungan bawang manis. Aku ingat, Metias dan homas mengenakan seragam lengkap mereka jaket Metias tidak dikancing dan kemeja nya dikeluarkan, sedangkan jaket homas terkancing rapi dan rambutnya disisir licin ke belakang. Thomas meng godaku karena kunciran rambutku yang berantakan, tapi Metias diam saja. Seminggu kemudian, tiba-tiba saja Me t ias tidak menjadi murid Chian lagi. Metias mengajukan per mohonan dan dia pun ditempatkan di kelompok patroli Komandan Jameson.
Metias bilang semuanya sudah diatur, aku berbohong.
Chian tertawa. Anak baik, si Metias itu. Murid yang he bat. Bayangkan betapa kecewanya aku saat dia ditugaskan di patroli kota. Dia bilang padaku bahwa dirinya tidak cukup pintar untuk menilai Ujian atau mengurus anak-anak yang sudah selesai menjalaninya. Benar-benar rendah hati. Padahal, dia selalu lebih pintar daripada yang dia kira sama sepertimu. Dia nyengir padaku.
Aku mengangguk. Chian membuatku dua kali mengikuti Ujian karena aku mendapat nilai sempurna dalam wak tu rekor (satu jam sepuluh menit). Dia pikir aku curang. Jadi, selain menjadi satu-satunya orang yang mendapat nilai sem pur na di negeri ini, kemungkinan aku juga menjadi satu-satu nya anak yang mengikuti Ujian dua kali.
2 Kacang kedelai rebus. (sumber: Wikipedia)
Anda sangat baik, sahutku. Kakak saya akan selalu menjadi pemimpin yang lebih baik daripada saya.
Chian mengibaskan tangan. Omong kosong, Sayang, katanya. Kemudian dengan tidak nyaman, dia mencondong kan tubuh padaku. Ada sesuatu yang licik dan tidak me nye nangkan dalam dirinya.
Aku sendiri kecewa dengan kematiannya, ujarnya. Ma ti di tangan bocah keji seperti itu. Memalukan! Chian me nyi pitkan mata, membuat alisnya jadi terlihat lebih te bal. Aku sangat senang saat Komandan Jameson mem beritahuku kau akan memburunya. Kasus bocah itu mem bu tuhkan orang baru, dan kau hanya boneka untuk me la kukan nya. Betul-betul tes yang menyenangkan, ya"
Seluruh diriku langsung membenci Chian. homas me nyadari kekakuanku karena kurasakan tangannya menggenggam tanganku di bawah meja. Hadapi saja, begitulah yang dia coba katakan. Saat akhirnya Chian mengalihkan pan dangan dariku untuk menjawab pertanyaan dari pria di sebelahnya, homas mencondongkan tubuh padaku. Chian punya dendam pribadi pada Day, bisiknya. Begitukah" aku ikut berbisik.
Dia mengangguk. Menurutmu siapa yang memberinya bekas luka itu"
Day yang melakukannya" Aku tak bisa menahan keterke jutanku. Chian adalah pria berbadan cukup besar dan te lah bekerja di bagian administrasi Ujian sepanjang yang bi sa kuingat. Dia adalah tentara yang punya kemampuan.
Mung kin kah seorang remaja melukainya sampai seperti itu" Lalu lolos begitu saja"
Aku mengamati bekas luka Chian sebuah goresan ber sih yang dibuat oleh pisau berpinggiran halus. Pastinya luka itu terjadi dengan cepat, kalau hasilnya selurus itu. Aku tak bisa membayangkan Chian hanya diam saat ada orang meng irisnya seperti itu. Untuk sesaat hanya beberapa detik aku mendukung Day.
Aku melirik Komandan Jameson, yang sedang memper hatikanku seolah membaca pikiranku. Tatapannya membuat ku tak nyaman.
Tangan Thomas menyentuh tanganku lagi. Hei, ka ta nya. Day tidak bisa selamanya bersembunyi dari pemerintah cepat atau lambat kita akan menyeretnya keluar dan menghukumnya. Dia tidak sebanding denganmu, terutama kalau kau sudah serius menghadapinya.
Senyum homas membuatku merasa lemah, dan mendadak aku merasa Metias-lah yang duduk di sebelahku sam bil berkata bahwa segalanya akan baik-baik saja, menenang kanku bahwa Republik tidak akan mengecewakan aku. Kakakku pernah berjanji untuk terus berada di sampingku selamanya. Aku memalingkan wajah dari homas dan menatap altar sehingga dia tidak bisa melihat air mataku yang mulai menggenang. Aku tidak bisa balas tersenyum. Kurasa aku tidak akan pernah tersenyum lagi.
Mari kita selesaikan ini semua, bisikku.[]
CUACANYA SANGAT PANAS MESKIPUN SUDAH DI PENG- HUJUNG SORE. Terpincang-pincang aku berjalan di sepanjang jalanan di pinggir sektor Alta dan Winter, melewati da nau dan tempat terbuka, tersesat di tengah kerumunan orang. Lukaku masih dalam masa penyembuhan. Aku menge na kan celana panjang tentara yang diberikan penolong kami serta kemeja berkerah tipis yang Tess temukan di tem pat sampah. Topiku dibenamkan dalam-dalam dan aku telah menambah penyamaranku dengan plester di mata kiri. Ti dak ada yang tidak biasa, sungguh. Tidak di sini, di an tara laut an pekerja yang penuh luka gara-gara pabrik.
Hari ini aku keluar sendiri Tess tidak ikut agar tidak menarik perhatian. Dia berada di se bu ah bal kon lantai dua yang tersembunyi. Tak pernah ada ala san untuk membahayakan kami berdua kalau tidak men de sak.
Suara-suara yang familier terdengar di sekelilingku: para pedagang kaki lima menjajakan telur angsa, donat go reng dan hotdog sambil memanggil orang-orang yang lalu-lalang. Para pelayan berlama-lama di pintu toko bahan pangan dan warung kopi, berusaha menggaet pe langgan. Sebuah mobil tua berusia satu dekade lewat de ngan mesinnya yang berderak-derak. Para pekerja shif pagi berjalan pulang lambat-lambat. Beberapa gadis memperhatikan ku dan tersipu saat aku menatap mereka. Perahu-
pe rahu ber gerak pelan mengelilingi danau, berhati-hati meng hin dari turbin air raksasa yang berputar di sepanjang tepi da nau. Sirene peringatan banjir tidak berbunyi dan ti dak me nyala.
Ada area yang diblokir. Aku menghindarinya para tentara menandai area tersebut sebagai zona karantina.
Pengeras suara yang berjajar di atap-atap bangunan tiba-tiba meretih dan meletup. Layar JumboTrons ber hen ti di tengah-tengah iklan atau, dalam beberapa ka sus, di tengah-tengah peringatan tentang serangan pembe ron takan Patriot untuk menampilkan video bendera kami. Setiap orang berhenti berjalan dan berdiri diam saat sumpah na sio nal dimulai.
Saya bersumpah setia kepada bendera Republik Amerika, kepada Elector Primo, dan kepada negara kami yang agung, untuk bersatu melawan Koloni menuju kemenangan yang akan datang!
Saat nama Elector Primo disebut, kami menghormat ke arah ibu kota. Aku menggumamkan sumpah itu, tetapi tidak meng ucapkan dua baris terakhir ketika para polisi tidak me lihat ke arahku. Aku ingin tahu seperti apa bunyi sum pah nasional sebelum kami mulai berperang dengan Ko loni.
Setelah pembacaan sumpah berakhir, kehidupan berlan jut. Aku berjalan menuju bar bergaya China yang dindingn ya penuh graiti. Pelayan yang berdiri di pintu tersenyum lebar padaku, memperlihatkan beberapa gigi yang hilang. Dengan cepat, dia membawaku masuk.
Kami punya bir Tsingtao hari ini, bisiknya. Sisa dari ha diah yang dikirim langsung untuk Elector kita yang agung. Hanya sampai jam enam. Matanya melihat sekeliling dengan gugup saat mengatakan itu.
Aku hanya menatap pelayan tersebut. Bir Tsingtao" Yeah, betul. Ayahku akan tertawa. Republik tidak menandatangani perjanjian impor dengan China (atau, seperti yang Republik suka nyatakan, menaklukkan China dan mengambil alih bisnisnya ) hanya untuk mengirim hasil impor berkualitas ke sektor-sektor kumuh.
Kemungkinan besar, pria ini tidak punya uang untuk mem bayar pajak pemerintah yang dua bulan sekali. Tidak ada alasan lain untuk mengambil risiko menaruh label Tsing tao palsu di botol berisi bir buatan sendiri.
Meski begitu, aku berterima kasih kepada si Pelayan, dan melangkah masuk. Ini tempat yang bagus untuk menda patkan informasi.
Di dalam gelap. Bau udaranya seperti campuran asap rokok, daging goreng, dan lampu gas. Kugeser meja dan kur si yang berantakan untuk membuka jalan menyambar ma kan an dari piring-piring yang tidak diawasi, lalu menyimpannya di balik ke mejaku hingga akhir nya aku sampai di meja bar. Di be lakangku, ada ling kar an besar pengunjung yang berteriak-teriak dalam pe r ta rung an Skiz yang sedang berlangsung. Kutebak, bar ini meng izin kan judi ilegal. Kalau para penjudi itu pintar, mereka akan siap kapan pun un tuk menyogok para polisi dengan uang yang mereka menangkan kecuali mereka mau mengaku te rang-terangan bahwa mereka sedang menghasilkan uang bebas pajak.
Si Bartender tidak repot-repot menanyakan umurku, bah kan dia tidak menatapku. Mau pesan apa" tanyanya.
Aku menggelengkan kepala. Air putih saja, jawabku. Di belakang kami, aku bisa mendengar raungan sorak-sorai saat salah satu petarung roboh.
Bartender itu memandangku sekilas. Matanya langsung terpancang ke plester di wajahku. Ada apa dengan matamu, Nak"
Kecelakaan di sawah waktu menggembala sapi. Dia memasang wajah jijik, tapi sekarang dia tampak tertarik padaku. Memalukan. Kau yakin kau tidak mau bir agar lebih enak" Pasti lukanya sakit.
Aku menggeleng lagi. Terima kasih, Sepupu, tapi aku tidak minum bir. Aku tak mau mabuk.
Dia tersenyum padaku. Gadis ini cantik di bawah ge mer lap cahaya lampu, dengan bubuk hijau berkilauan di atas kelopak matanya yang halus. Rambutnya hitam pen dek, dipotong model bob. Tato bergambar tumbuhan me ram bat meliuk di bawah lehernya dan menghilang di ba lik ke mejanya yang berkorset. Sepasang goggle kotor ke mun g kinan untuk melindungi diri dari perkelahian bar ter gan tung di lehernya.
Memalukan. Kalau aku tidak sibuk mencari informasi, aku pasti menghabiskan waktu dengan gadis ini, mengobrol de ngan nya dan bisa jadi mendapat satu atau tiga ciuman dari nya.
Kau berasal dari Lake" dia bertanya. Kau ke sini mau berdansa dan mematahkan hati gadis-gadis" Atau kau ber ta rung" dia mengangguk ke arah pertarungan Skiz.
Aku nyengir. Kukembalikan pertanyaan itu padamu.
Apa yang membuatmu berpikir aku bertarung" Aku mengedikkan kepala pada bekas luka di lengannya serta memar di tangannya. Dia tersenyum lemah.
Aku mengangkat bahu. Aku tidak akan mati di arena per ta run g an semacam itu. Aku ke sini hanya ingin istirahat sejenak dari bawah sinar matahari. Kelihatannya kau teman yang menyenangkan. Maksudku, sepanjang kau tidak terjangkit wabah.
Candaan yang umum, tapi dia tetap tertawa. Dia bersan dar pada meja konter. Aku tinggal di pinggir sektor. Se jauh ini di sana sangat aman.
Kucondongkan tubuh ke arahnya. Kau beruntung, kalau begitu. Aku berubah serius. Aku kenal sebuah keluar ga yang baru-baru ini pintunya ditandai. Aku turut berduka.
Aku ingin bertanya padamu tentang sesuatu yang membuatku penasaran. Apa beberapa hari ini kau mendengar ada seorang pria yang berkata bahwa dia punya obat"
Dia mengangkat alis. Ya, aku dengar beritanya. Ada banyak orang berusaha mencarinya.
Kau tahu apa yang dia katakan pada orang-orang" Selama beberapa saat, dia ragu-ragu. Aku memperhatikan ada beberapa jerawat kecil di hidungnya.
Kudengar dia ingin memberikan obat wabah pada se se orang hanya satu orang. Orang itulah yang akan tahu si apa yang dia bicarakan.
Aku pura-pura kelihatan geli. Orang yang beruntung,
ya" Gadis itu nyengir. Dia tidak bercanda. Dia bilang dia ingin orang itu menemuinya tengah malam ini, di tempat sepuluh detik.
Tempat sepuluh detik"
Si Bartender mengangkat bahu. Aku tidak tahu apa maksudnya. Dan kurasa tidak ada seorang pun yang tahu. Dia mencondongkan tubuh padaku dan memelankan suaranya. Kau tahu apa yang kupikirkan" Kurasa pria ini gila.
Aku ikut tertawa bersamanya, tapi pikiranku berputar. Se karang, aku tidak ragu lagi bahwa pria ini memang men cari ku. Hampir setahun lalu, aku menyusup ke Bank Arca dia melalui jalan kecil di belakangnya. Salah satu dari pa suk an keamanan mencoba membunuhku. Saat dia me - lu dahi ku dan mengatakan padaku bahwa aku akan ter potong kecil-kecil oleh laser di ruang bawah tanah bank, aku mengejeknya. Kubilang padanya aku bisa masuk ke ruang bawah tanah dalam sepuluh detik. Dia tidak me mer cayaiku & tapi intinya, tidak ada yang pernah me mer ca yai apa yang kukatakan sampai aku benar-benar melaku kan nya. Setelah itu, aku membeli sepasang sepatu bot ba gus de ngan uang yang kucuri, bahkan membeli bom lis trik di pa sar gelap sebuah senjata yang menonaktifkan se nap an-senapan di sekitarnya. Sangat berguna saat aku me nye rang lapangan udara. Dan, Tess mendapat pakaian leng kap: baju, celana,
dan sepatu baru. Kami juga membeli per ban, alkohol gosok, bahkan sebotol aspirin. Masing-ma sing dari kami makan enak. Sisa uangnya kuberikan pada keluargaku dan warga Lake yang lain.
Setelah saling merayu dan bercanda selama beberapa menit berikutnya, aku mengucapkan selamat tinggal pada gadis bartender, lalu pergi. Matahari masih bersinar di langit dan aku bisa merasakan butiran keringat di wajahku.
Aku sudah tahu sekarang. Pemerintah pasti menemukan sesuatu di rumah sakit dan ingin menjebakku. Mereka mengirim seseorang ke tempat sepuluh detik nanti malam, sambil menempatkan tentara di gang belakang. Aku bertaruh mereka pikir aku benar-benar putus asa.
Barangkali mereka juga membawa obat wabahnya un t uk memancingku ke tempat terbuka. Kutekan bibir kuat-ku at sembari berpikir. Kemudian, aku mengubah arah tu ju an ku menuju distrik keuangan.
Ada janji yang harus kutepati.[]
P ukul 23.29. s ektor B atalla .
72" F ahrenheit Di Dalam .
l amPu Di aula Batalla Dingin Dan Ber Pen Dar . Aku ber gan ti pakaian di kamar mandi yang berada di lantai ana li sis dan observasi. Aku memakai kaus lengan panjang ber warna hitam ditambah rompi hitam ber garis-garis di luarnya. Celana panjang hitam dimasukkan ke dalam sepatu bot dan ju bah hitam panjang mengelilingi bahuku seperti selimut. Satu garis putih membelah jubah itu di tengah hing ga menyentuh lantai. Topeng hitam menutupi wajahku. Aku juga mengenakan goggle inframerah. Selain semua itu, ada pula mikrofon kecil dan earpiece yang bahkan lebih kecil lagi. Dan pistol. Hanya untuk jaga-jaga.
Aku harus membuat jenis kelaminku tak bisa dikenali. Aku harus terlihat seperti pedagang pasar gelap yang cukup kaya untuk membeli obat wabah.
Metias akan menggelengkan kepala kalau melihatku. Kau tidak bisa pergi sendirian dalam misi seperti ini, June, dia akan bilang begitu. Kau bisa terluka. Sungguh ironis.
Aku mengencangkan kait jubahku (terbuat dari baja yang disemprot perunggu, kemungkinan diimpor dari Texas
100 Barat), lalu pergi menuju tangga yang akan membawaku turun, keluar dari Aula Ba talla. Setelah itu, aku akan langsung ke Bank Arcadia, tempat per temuanku dengan Day.
Kakakku telah tewas selama 120 jam. Rasanya seperti su dah selamanya. Tujuh puluh jam yang lalu, aku mendapat izin untuk mencari data tentang Day di Internet dan m enemukan sebanyak mungkin yang kubisa. Empat puluh jam yang lalu, aku mengemukakan rencana perburuan Day pada Komandan Jameson. Dia menyetujuinya delapan jam setelah itu. Aku ragu apakah dia bahkan ingat rencana itu.
Tiga puluh jam yang lalu, aku mengirim satu mata-mata ke setiap sektor yang terinfeksi wabah di Los Angeles Win ter, Blue ridge, Lake, dan Alta. Para mata-mata itu me nye bar kan rumor: ada seseorang yang mempunyai obat wa bah untukmu, datanglah ke tempat sepuluh detik. Dua puluh sem bilan jam yang lalu, aku menghadiri pemakaman ka kak ku.
Aku tidak berencana menangkap Day malam ini, bahkan aku tidak berpikir bakal melihatnya. Dia pasti tahu be tul di mana tempat sepuluh detik itu, dan dia juga pasti me nebak bahwa orang yang akan menemuinya adalah agen pe merintah atau suruhan pedagang pasar gelap yang membayar pajak pada pemerintah, salah satu dari itu. Day tidak akan menunjukkan wajahnya. Bahkan Komandan Jameson, yang mengujiku de ngan tugas pertama ini, paham bahwa kami tidak akan bisa me lihatnya meskipun hanya sekilas.
101 Tapi, aku tahu Day akan berada di sana. Dia membutuhkan obat wabah sampai nyaris putus asa. Aku hanya berharap dia datang malam ini kedatangannya akan menjadi sebuah petunjuk, satu pijakan untuk mulai, serta mempersempit arah pencarian untuk memburu bocah kriminal ini.
Aku berhati-hati untuk tidak berjalan di bawah lampu jalanan. Malah, aku akan berjalan di atas atap se andainya aku tidak sedang menuju distrik keuangan, tempat para petugas keamanan berbaris di atap.
Di sekitarku, layar-layar JumboTrons terus menampilkan iklan warna-warni, suaranya berubah-ubah dan berguncang dari pengeras suara. Salah satu iklan itu menampilkan proil terbaru Day kali ini disertai foto seorang remaja laki-laki berambut hitam panjang.
Di samping JumboTrons terdapat lampu-lampu jalanan yang kerlap-kerlip. Di bawahnya berjalan sekelompok pekerja, polisi, dan pedagang shif malam. Setiap selang beberapa waktu, sebuah tank lewat, diikuti beberapa peleton pa suk an. (Ada strip biru di lengan baju mereka berarti ten ta ra yang baru kembali dari, atau akan pergi, ke medan pe rang. Ke dua tangan mereka memegang senapan.) Mereka se mua ter li hat seperti Metias bagiku, membuatku harus ber usa ha ber napas lebih baik dan berjalan lebih cepat, apa pun agar aku tetap fokus.
Aku melintasi jalan jauh sepanjang Batalla dan melewati pinggir sektor serta bangunan-bangunan terabaikan. Aku tidak berhenti sampai jarakku cukup jauh dari para tentara itu.
102 Polisi tidak boleh tahu aku sedang dalam misi. Kalau mereka melihatku berpakaian seperti ini, apalagi dilengkapi goggle inframerah, mereka pasti bertanya macam-macam.
Bank Arcadia berada di jalanan yang sepi. Aku mengitari bagian belakang bank hingga tiba di depan tempat parkir di ujung jalan kecil. Di situ, aku menunggu dalam kegelapan. Goggle-ku menyapu semua warna dari pandangan. Aku me lihat sekeliling dan melihat deretan pengeras suara di atap-atap, kucing tersesat yang ekornya berkedut di atas tu tup tem pat sampah, serta kios tak terurus yang seluruh din ding nya penuh dengan buletin anti-Koloni yang dipaku di sana.
Jam di layar goggle-ku menunjukkan pukul 23.53. Aku melewatkan waktu dengan memaksa diri untuk memikirkan sejarah Day. Sebelum merampok bank ini, Day telah tiga kali muncul di catatan kami. Hanya pada ketiga insiden itulah kami menemukan sidik jari aku hanya bisa mengira-ngira berapa kejahatan yang sudah dia lakukan.
Aku melihat lebih dekat ke jalan kecil. Bagaimana bisa dulu dia menerobos masuk bank ini dalam sepuluh detik, dengan empat penjaga bersenjata di pintu belakang" ( Jalan kecil itu sempit, mungkin dia memijakkan kakinya di kedua sisi dinding untuk memanjat menuju lantai dua atau tiga, sambil menggunakan senjata para penjaga untuk melawan mereka. Mungkin Day membuat mereka saling tembak satu sama lain. Mungkin juga melempar senjata-senjata itu ke
103 luar jendela. Semuanya hanya butuh waktu beberapa detik. Apa yang dia lakukan setelah tiba di dalam, aku tak tahu.)
Sekarang, aku sudah tahu betapa cerdasnya Day. Terbukti, dia bisa bertahan hidup setelah jatuh dari ketinggian dua setengah lantai. Meski begitu, pasti tidak mudah baginya tak peduli seberapa ringan kakinya. Kau tidak me lompat dari gedung sambil berharap untuk bisa berjalan de ngan benar setelahnya. Day tidak akan bisa lari memanjat dinding atau naik tangga selama lebih-kurang seminggu.
Mendadak, aku menegang. Sekarang sudah pukul 00.02. Bunyi klik menggema dari suatu tempat yang jauh, membuat kucing yang duduk di tempat sampah lari. Mungkin itu sua ra pemantik api, pelatuk senapan, pengeras suara, atau ker lip lampu jalanan; bisa apa saja. Mataku memindai atap. Belum ada apa-apa.
Tapi, bulu kudukku meremang. Aku tahu dia di sini. Aku tahu dia sedang memperhatikan aku.
Keluarlah, kataku. Mikrofon kecil di mulutku membuat suaraku terdengar seperti suara pria.
Hening. Bahkan, lapisan kertas buletin di kios tidak ber ge rak. Malam ini tidak berangin.
Kukeluarkan sebuah botol kecil dari sarung pistol di ikat pinggangku. Tanganku yang lain tidak beranjak dari pegangan senapan. Aku punya apa yang kau butuhkan, ujar ku sambil melambaikan botol kecil itu sebagai penekan an.
Tetap tidak ada apa-apa. Namun, kali ini aku mendengar suara seperti desah yang sangat pelan. Napas.
104 Mataku terpaku pada deretan pengeras suara di atap. (Dari situlah suara klik tadi. Day memodiikasi pe ngeras suara itu supaya dia bisa bicara denganku tanpa membocorkan lokasinya.)
Aku tersenyum di balik topengku. Hal itulah yang akan kulakukan kalau jadi dia.
Aku tahu kau butuh ini, ujarku, kembali memberi isyarat pada botol kecil yang kupegang dan mengangkatnya lebih tinggi. Labelnya resmi, ada stempel izinnya juga. Kuja min obat ini asli.
Napas lagi. Seseorang yang kau pedulikan berharap kau keluar me ne mui ku. Aku menatap jam di goggle-ku. Sekarang, jam dua belas lewat lima. Kuberi waktu dua menit, lalu aku per gi.
Jalan kecil itu kembali sunyi. Sekarang, setiap be berapa waktu, aku mendengar desah napas pelan dari pe ngeras suara. Mataku bergantian menatap jam di goggle dan bayangan di atap. Dia pintar. Aku tak bisa menebak dari mana dia bersuara. Bisa jadi di jalan ini bisa jadi beberapa blok dari sini, atau dari lantai yang lebih tinggi. Tapi, aku tahu dia cukup dekat untuk bisa melihatku.
Sudah pukul 00.07. Aku berbalik, memasukkan botol kecil itu kembali ke dalam ikat pinggangku, dan mulai berjalan pergi.
Kau minta imbalan apa setelah memberiku obat itu, Sepupu"
105 Suara itu tidak menyerupai bisikan, tapi lewat penge ras suara terdengar sangat pecah sehingga aku sempat mengalami masalah untuk menangkap kata-katanya.
Detail-detail segera memenuhi pikiranku. (Laki-laki. Ak sen nya ringan dia bukan berasal dari Oregon atau Ne vada atau Arizona atau New Mexico atau Texas Barat atau ne gara bagian Republik yang lain. Dia penduduk asli ba gi an selatan California. Dia menggunakan panggilan akrab se pupu yang sering digunakan penduduk sipil sektor Lake. Dia cukup dekat untuk bisa melihatku menyingkirkan bo tol kecil itu, tapi tidak cukup dekat karena pengeras suara tidak bisa menangkap suaranya dengan jelas. Dia pasti ada di blok dekat sini, di tempat yang menguntungkan baginya tempat tinggi.)
Di balik semua detail yang menyala di pikiranku, tumbuh setitik kebencian. Suara ini adalah suara pembunuh ka kak ku. Mungkin suara inilah suara terakhir yang kakakku dengar.
Aku menunggu dua detik sebelum kembali bicara. Saat melakukannya, suaraku halus dan tenang tanpa tanda-tanda kemarahan.
Apa yang kuinginkan" tanyaku. Tergantung. Kau pu nya uang"
Seribu dua ratus Notes. (Notes, bukan emas Republik. Dia merampok orangorang kelas atas, tapi tidak punya kemampuan untuk me ram -
106 pok orang yang luar biasa kaya. Kemungkinan dia be ker ja sendiri dalam setiap operasinya.)
Aku tertawa. Seribu dua ratus Notes tidak bisa membeli obat ini. Apa lagi yang kau punya" Benda berharga" Per hia s an"
Hening. Atau kau punya keterampilan untuk ditawarkan" Aku yakin kau punya
Aku tidak bekerja untuk pemerintah.
Titik lemahnya. Tentu saja. Jangan tersinggung. Anggap saja aku hanya bertanya. Dan bagaimana kau tahu aku tidak bekerja untuk orang lain" Tidakkah kau pikir kau ter lalu memandang tinggi pemerintah"
Jeda sejenak. Kemudian, suara itu kembali. Simpul jubahmu. Aku tidak tahu apa itu, yang jelas tidak cocok untuk penduduk sipil.
Kata-katanya sedikit mengejutkanku. Simpul jubahku jelas-jelas adalah simpul Canto, simpul yang suka diguna kan oleh pejabat kemiliteran. Tampaknya Day punya penge - tahuan mendetail tentang seragam pemerintahan. Peng lihat an yang bagus.
Aku segera menyembunyikan keragu-raguanku. Aku senang bisa menemukan orang lain yang tahu tentang simpul Canto. Tapi, aku sudah berkelana ke banyak tempat, Te man. Aku mengamati dan memahami banyak orang, ter utama orang yang tidak bisa kujadikan sekutu. Hening.
107 Aku menunggu, berusaha mendengar desah napas lagi dari pengeras suara. Tidak ada apa-apa, bahkan sebuah suara klik. Aku tidak bertindak cukup cepat. Kebimbangan singkat dalam suaraku sudah cukup meyakinkannya bahwa aku tidak bisa dipercaya. Kurapatkan jubah di sekeliling tubuh. Aku baru sadar, aku berkeringat dalam hangatnya malam. Di dadaku, debaran jantung bertalu-talu.
Ada suara lagi di kepalaku. Kali ini berasal dari earpiece kecil di telingaku.
Kau di sana, Iparis" Suara Komandan Jameson. Aku bisa mendengar suara bising orang-orang di belakangnya. Day pergi, bisikku. Tapi, dia memberiku petunjuk. Dan kau memberinya petunjuk pada siapa kau bekerja, kan" Yah, ini pertama kalinya kau sendirian. Bagaimanapun, aku punya rekamannya. Sampai jumpa lagi di Aula Batalla. Kemarahannya sedikit menyengatku, tapi sebelum aku sempat menjawab, hubungan terputus.
Aku menunggu sebentar untuk memastikan bahwa Day benar-benar sudah pergi. Hening. Aku berbalik dan mulai menyusuri jalan kecil.
Aku ingin mengatakan pada Komandan Jameson, solusi ter mudah adalah menangkapi semua orang di sektor Lake yang pintunya ditandai. Itu akan membuat Day keluar dari persembunyiannya. Tapi, aku sudah bisa mendengar jawaban Komandan Jameson. Tentu saja tidak, Iparis. Melakukan itu akan menghabiskan banyak uang dan markas besar tidak akan menyetujuinya. Kau harus memikirkan solusi lain.
108 Aku melirik sekilas ke belakang, berharap melihat sese orang berpakaian hitam mengikutiku. Namun, jalan kecil itu kosong.
Aku tidak akan diizinkan untuk memaksa Day datang padaku yang membuatku hanya punya satu pilihan terakhir. Akulah yang harus datang kepadanya.[]
MAU MAKAN SESUATU" Suara Tess mengembalikanku dari kewaspadaan. Aku berpaling dari danau ke arahnya. Dia mengulurkan se potong roti dan keju padaku.
Seharusnya aku lapar. Aku hanya makan setengah potong apel sejak pertemuanku tadi malam dengan si Agen aneh suruhan pemerintah. Namun, entah bagaimana roti dan keju itu masih segar dari toko tempat Tess mem belinya dengan beberapa Notes yang berharga tidak terlihat meng goda.
Meski begitu, aku tetap menerimanya. Aku tidak boleh mem buang-buang makanan yang sempurna, apalagi di sa at kami seharusnya menabung semua uang kami untuk men da pat kan obat wabah.
Tess dan aku duduk di pasir di bawah dermaga pada bagian danau yang membentang di sektor kami, merapat sedekat mungkin ke lereng tepi danau agar para tentara malas dan pekerja mabuk di atas kami tidak bisa melihat kami lewat rerumputan dan bebatuan. Kami melebur da lam bayang-bayang. Dari tempat kami duduk, kami bisa merasakan aroma garam di udara dan menyaksikan pantulan cahaya gemerlap pusat Kota Los Angeles di air.
Reruntuhan bangunan tua membuat titik-titik di danau. Para penduduk dan pemilik usaha meninggalkan ba-
110 ngun an-bangunan tersebut saat air banjir meninggi. Kincir air dan turbin raksasa berputar di sepanjang tepi danau, terselubungi asap. Bisa dibilang, itu adalah pemandangan fa voritku di sektor Lake kami yang kecil, kumuh, tetapi in dah.
Kutarik lagi kata-kata tadi. Pemandangan itu adalah pe mandangan favoritku, sekaligus pemandangan yang pa ling kubenci. Sebab, saat lampu-lampu listrik di pusat kota menciptakan pemandangan indah, di sebelah timur tam pak pula stadion tempat Ujian.
Kau masih punya waktu, kata Tess padaku. Dia bergeser cukup dekat denganku sehingga aku bisa merasakan le ngannya menyentuh lenganku. Aroma rambutnya seperti roti dan kayu manis dari toko. Mungkin sebulan atau lebih. Kita akan mendapatkan obat wabah sebelum itu, aku yakin.
Untuk ukuran gadis yang tak punya rumah dan orangtua, keoptimisan Tess cukup mengejutkan. Aku tersenyum pa danya. Mungkin, kataku. Mungkin beberapa minggu la gi ru mah sakit akan mengurangi penjagaan. Tapi, dalam hati aku tahu itu tidak mungkin.
Tadi pagi, aku mengambil risiko mengintip rumah ibuku. Tanda X aneh itu masih ada di depan pintu. Ibu dan John terlihat baik-baik saja, setidaknya cukup kuat untuk ber diri dan berjalan. Tapi, Eden & saat ini Eden ter ba ring di tempat tidur, dahinya dikompres. Bahkan dari jauh pun, aku bisa mengatakan dia kehilangan sebagian bo bot tubuh nya. Wajahnya pucat, suaranya serak dan lemah. Saat aku bertemu John di belakang rumah kami, dia bilang
111 Eden belum makan sejak terakhir kali aku da tang. Aku mengingatkan John agar sebisa mungkin jauh-jauh dari kamar Eden siapa tahu wabah ini menular. John mem peringat kan ku agar tidak melakukan tindakan berbahaya lagi, kalau tidak aku bisa terbunuh. Mau tak mau aku tertawa men de ngar nya. John tidak akan pernah mengatakannya lang sung di depanku, tapi aku tahu hanya aku satu-satunya yang bisa menolong Eden.
Wabah itu mungkin akan mengakhiri hidup Eden sebelum dia mengikuti Ujian.
Tapi, barangkali hal itu mengandung berkah terselubung. Eden tidak perlu berdiri di depan rumah pada ulang ta hun nya yang kesepuluh untuk menunggu bus yang akan mem ba wa nya ke stadion tempat Ujian. Dia tidak perlu meng ikuti lusinan anak lain menaiki tangga stadion menuju la pang an bundar di tengahnya, atau berlari mengelilingi la pang an ter sebut sementara para pengawas mempelajari na pas dan postur tubuhnya, atau menjawab halaman demi halaman soal-soal pilihan ganda, atau menghadapi tes wawancara oleh penguji-penguji yang tak sabaran di hadapan setengah stadion. Dia tidak perlu menunggu hasilnya se te lah itu, akan dimasukkan ke kelompok yang mana dari dua ke lom pok yang ada masuk ke kelompok yang akan di pu lang kan ke rumah atau kelompok yang akan dikirim ke tem pat yang di katakan sebagai kamp buruh .
Entahlah. Kalau keadaannya menjadi sangat buruk, mung kin wabah itu akan jadi cara yang lebih baik untuk mati.
112 Eden selalu sakit, tahu, kataku setelah beberapa saat. Kulahap roti dan keju itu dalam satu gigitan besar. Dia pernah hampir mati saat dia masih bayi. Dia terkena cacar air demam dan tubuhnya penuh ruam. Dia terus menangis selama seminggu. Para tentara segera datang untuk menandai pintu rumah kami. Tapi, sudah jelas penyakit itu bukan wabah, dan tidak ada orang lain di rumah kami yang tampaknya terjangkit. Aku menggelengkan kepala. John dan aku tak pernah sakit.
Kali ini Tess tidak tersenyum. Kasihan Eden. Setelah diam sejenak, dia melanjutkan. Aku sangat sakit waktu pertama kali kita bertemu. Kau ingat betapa kotornya aku sa at itu"
Mendadak aku merasa bersalah karena terlalu ba nyak membicarakan masalahku dalam beberapa hari belakang an ini. Setidaknya aku punya keluarga untuk dikhawa tirkan. Aku merangkulnya. Yeah, kau terlihat sangat me nge rikan.
Tess tertawa, tapi pandangannya tetap fokus ke arah gemerlap kota. Dia menyandarkan kepala ke bahuku. Begitu lah caranya bersandar padaku sejak minggu pertama aku mengenalnya, saat aku melihatnya di sebuah gang ke cil di sektor Nima.
Sampai sekarang pun aku tidak tahu apa yang membuat ku berhenti dan bicara padanya di masa yang silam itu. Mungkin cuaca panas melembutkanku, atau mungkin suasana hati ku sedang bagus karena menemukan sebuah restoran yang membuang semua sandwich berharga mereka.
113 Hei, aku memanggilnya. Dua kepala lain muncul dari tong sampah, membuatku tersentak kaget. Mereka, seorang remaja laki-laki serta se orang wanita yang lebih tua, bergegas meninggalkan keka cau an yang telah mereka buat dan berlari pergi dari gang kecil itu. Orang yang ketiga gadis kecil yang kelihatan nya tidak lebih dari sepuluh tahun tetap di tempatnya, ge metar saat melihatku. Dia kurus seperti rel kereta api, menge nakan baju compang-camping serta celana panjang. Rambut nya pendek dan kasar, dipotong sembarangan tepat di ba wah dagu. Warnanya merah di bawah sinar matahari.
Aku menunggu sebentar, tak mau menakutinya seperti yang kulakukan pada dua orang lainnya. Hei, ujarku lagi, keberatan kalau aku bergabung"
Dia menatapku tanpa kata-kata. Aku hampir tidak bisa melihat wajahnya karena hampir seluruhnya tertutup jelaga.
Karena dia tidak menjawab, aku mengangkat bahu dan mulai berjalan ke arahnya. Mungkin aku bisa menyelamatkan sesuatu yang masih berguna dari tempat sampah itu.
Saat aku berjarak sepuluh langkah dari gadis kecil itu, dia mengeluarkan tangisan tercekik sambil berlari ce pat meninggalkanku. Dia berlari sangat cepat sampai tersandung dan jatuh ke aspal, mengenai tangan dan lututnya. Ter pincang-pincang, aku mendekatinya. Waktu itu luka di lutut ku masih terasa buruk dan aku ingat aku terhuyunghu yung dalam ketergesaanku.
Hei! seruku. Kau tidak apa-apa"
114 Dia tersentak menjauh dan mengangkat tangannya yang tergores untuk menutupi wajahnya. Tolonglah, ujarnya. Tolong, tolong.
Tolong apa" Lalu aku mendesah, malu akan kedongkol an ku. Sekarang, aku dapat melihat air matanya berlinang. Jangan menangis. Aku tidak akan melukaimu.
Aku berlutut di sampingnya. Mulanya dia merengek dan merangkak menjauhiku, tapi saat melihatku diam saja, dia berhenti lalu menatapku. Kulit di kedua lututnya sobek, memperlihatkan daging di bawahnya yang kemerahan dan lecet.
Kau tinggal di dekat sini" tanyaku padanya. Dia mengangguk. Kemudian, seolah teringat sesuatu, dia menggeleng. Tidak, katanya.
Bisakah aku mengantarmu pulang" Aku tidak punya rumah.
Tidak punya" Di mana orangtuamu"
Dia menggeleng lagi. Aku mendesah dan menurunkan tas terpalku ke tanah, lalu mengulurkan tangan padanya. Ayo, ujarku. Kau pasti tidak mau kedua lututmu terkena infeksi. Aku akan membantumu membersihkannya, setelah itu kau bisa pergi lagi. Aku akan memberimu beberapa makanan yang kupunya. Kesepakatan yang bagus, kan"
Butuh waktu lama baginya untuk menerima ajakanku. Oke, bisiknya, sangat pelan sampai-sampai aku hampir tidak bisa mendengarnya.
Malam itu, kami tidur di belakang toko gadai. Di situ ada sepasang kursi tua dan sebuah sofa butut. Aku mem-
115 ber sihkan luka gadis kecil itu dengan alkohol yang dicuri dari bar. Kubiarkan dia menggigit kain lap sehingga dia tidak menjerit dan membuat perhatian orang-orang tertuju pada kami.
Dia tidak pernah mem biar kan ku mendekatinya, kecuali saat aku merawat lukanya. Kapan pun tanganku secara tak se ngaja menyentuh rambut atau lengannya, dia akan ter sen tak seolah-olah terbakar uap panas dari ceret mendi dih. Akhirnya, aku menyerah mencoba bicara de ngan nya. Kubiarkan dia tidur di sofa, sementara aku ber ba ring dengan kausku sebagai bantal sambil berusaha menya man - kan diri di atas jalan aspal.
Kalau besok pagi kau mau pergi, pergi saja, aku mem beri tahu nya. Kau tidak perlu membangunkanku untuk meng ucapkan selamat tinggal atau apalah.
Kelopak mataku mulai memberat, tetapi matanya tetap terbuka lebar, menatapku tak berkedip bahkan saat aku jatuh tertidur.
Dia masih di sana pada pagi harinya. Dia mengikutiku saat aku mengeruk tong sampah, memilih pakaian-pakaian tua dan bagian yang masih bisa dimakan dari makanan yang dibuang. Kucoba menyuruhnya pergi, bahkan aku berteriak padanya. Anak yatim piatu hanya akan jadi pengganggu. Namun, meskipun aku membuatnya menangis beberapa kali, dia masih mengikutiku dalam jarak tertentu.
Dua malam kemudian, ketika kami duduk bersamasama di depan api unggun sederhana, akhirnya dia bicara padaku.
116 Namaku Tess, bisiknya, kemudian menatap wajahku lekat-lekat seolah dia ingin menebak reaksiku.
Aku hanya mengangkat bahu. Senang mengetahuinya, kataku.
Dan begitulah. Tess terlonjak bangun dari tidurnya. Lengannya memukul kepalaku keras.
Ouch, gumamku sambil mengusap-usap kepala. Rasa sakit menjalari lenganku yang masih dalam masa penyembuhan, dan aku mendengar peluru perak yang melukaiku itu berkerincing di saku. Cukup menepuk saja kalau mau membangunkanku.
Dia meletakkan jari di bibir. Sekarang, aku waspada. Kami masih duduk di bawah dermaga, tapi kemungkinan saat ini sudah beberapa jam menjelang fajar. Kaki langit sudah gelap. Satu-satunya cahaya datang dari beberapa lam pu jalanan yang berjajar di tepi danau.
Aku menatap Tess. Matanya berkilat dalam kegelap-
an. Apa kau mendengar sesuatu" tanyanya. Dahiku berkerut. Biasanya, aku bisa mendengar sesuatu yang mencurigakan sebelum Tess, tapi kali ini aku tidak mendengar apa-apa. Beberapa saat lamanya kami berdua tetap diam. Kadang, aku mendengar deburan ombak dan suara logam mengaduk-aduk air. Kemudian, suara mobil lewat.
Aku menatap Tess lagi. Apa yang pertama kali kau de ngar"
117 Suara seperti & sesuatu yang berdeguk, bisiknya. Sebelum aku bisa berpikir lebih jauh tentang itu, aku mendengar langkah kaki, disusul suara manusia dari dermaga di atas kami. Aku dan Tess mun dur lebih jauh ke dalam kegelapan. Itu suara seorang pria, dan anehnya lang kah kakinya terdengar berat. Detik beri kut nya, aku sadar bahwa pria itu sedang berjalan bersama orang lain. Mereka sepasang polisi.
Kutekan punggungku lebih dalam ke lereng tepi da nau. Beberapa batuan kecil dan lumpur kering luruh, menggelin ding tanpa suara ke pasir. Aku terus menekan hingga pung gungku menyentuh permukaan yang keras tapi halus. Tess melakukan hal yang sama.
Ada sesuatu terjadi, salah satu dari polisi itu berkata. Kali ini wabah muncul di sektor Zein.
Langkah kaki mereka berdebam di atas kepala kami, dan aku dapat melihat sosok mereka berjalan di pangkal dermaga. Di kejauhan, tanda-tanda cahaya pertama mem - beri warna kelabu suram pada cakrawala.
Aku tidak pernah mendengar wabah muncul di sa-
na. Mungkin virus yang ini lebih parah. Apa yang akan pemerintah lakukan"
Aku langsung menegang saat mendengar kata-kata po lisi itu, tapi sekarang mereka berdua sudah berjalan cukup jauh sehingga suara mereka menjadi sayup-sayup. Aku meng hela napas panjang. Sektor Zein tiga puluh mil jauhnya dari sini tapi bagaimana kalau tanda merah aneh di pintu
118 rumahku menunjukkan bahwa mereka terinfeksi virus baru ini" Dan tindakan apa yang akan diambil Elector" Day, bisik Tess.
Aku menatapnya. Dia menghadap ke lereng tepi danau yang kami sandari sehingga kini punggungnya membelakangi danau. Dia menunjuk lekukan dalam yang telah kami buat di situ. Saat berbalik, aku melihat apa yang dia tunjuk.
Permukaan keras yang sedang kusandari ternyata adalah lempengan logam. Saat aku membersihkan lebih banyak bebatuan dan lumpur kering, kulihat ternyata logam itu tersangkut di dalam lereng tepi danau, jadi kemungkinan logam itulah yang menyangga lereng ini. Aku memicingkan mata ke arah permukaan logam tersebut.
Tess memandangku. Di dalamnya bergema. Bergema" kutempelkan telinga di logam yang dingin itu. Suara gaduh menyambutku--desis dan deguk yang tadi didengar Tess. Ini pasti bukan hanya kerangka logam yang me nahan tepi danau. Saat aku berhenti mendengarkan un tuk melihat logam itu lebih dekat, aku menyadari ada sim bol-simbol yang terukir pada permukaannya.
Salah satunya adalah bendera Republik, dicetak tipis di atas logam itu. Yang lainnya adalah angka kecil berwarna merah:
318 s eharusnya aku yang ke sana . B ukan kau .
Aku menggertakkan gigi, berusaha tidak menatap homas. Kata-katanya itu persis seperti yang akan keluar da ri mulut Metias. Kau akan terlihat lebih mencuriga kan daripada aku, balasku. Orang-orang akan lebih mudah per caya padaku.
Kami berdiri di depan sebuah jendela di sayap utara Aula Batalla, menyaksikan Komandan Jameson dari balik kaca. Hari ini mereka menangkap seorang mata-mata Koloni yang secara rahasia menyebarkan propaganda tentang bagaimana Republik membohongimu! . Biasanya, matamata dibawa pergi ke Denver, tapi kalau mereka ditangkap di kota besar seperti Los Angeles, kami akan menahannya se belum diserahkan ke ibu kota. Saat ini mata-mata itu diran tai dalam posisi kaki di atas dan kepala di bawah terbalik terayun-ayun di ruang interogasi. Koman dan Jameson membawa gunting di tangannya.
Aku memiringkan kepala sedikit saat melihat matamata itu. Aku sudah membencinya sebanyak aku membenci apa pun tentang Koloni dia bukan bagian dari kelompok Patriot, tentu saja, tetapi hal itu menjadikannya lebih daripada pengecut. (Sejauh ini, setiap anggota Patriot yang kami buru selalu bunuh diri sebelum tertangkap.) Mata-
120 mata ini masih muda, mungkin usianya sedikit di bawah tiga puluh. Hampir sama dengan usia kakakku dulu. Lambat laun aku mulai berbicara tentang Metias menggunakan kata dulu.
Dari sudut mataku, aku bisa melihat homas masih menatapku. Secara resmi Komandan Jameson telah mempromosi kannya untuk mengisi jabatan kakakku, tapi homas tidak punya kuasa atas apa yang kupilih untuk kulakukan dalam misi tes ini, dan hal itu membuatnya kesal. Dia menolak keras membiarkan aku menyamar dan pergi ke sektor Lake selama beberapa hari, sendirian tanpa pasukan kuat menyertaiku.
Tapi toh aku tetap akan pergi, mulai besok pagi. Dengar. Kau tidak perlu mengkhawatirkan aku. Melalui kaca, aku bisa melihat si Mata-Mata melengkungkan punggungnya kesakitan. Aku bisa menjaga diri. Day bukan orang bodoh kalau di kota ada pasukan menyertaiku, dia akan langsung menyadarinya.
homas kembali menyaksikan interogasi. Aku tahu kau ahli dalam hal ini, sahutnya. Aku menunggu kata tapi & da lam kalimatnya. Ternyata tidak ada. Tetap nyalakan mik ro fon mu. Aku akan mengurus hal-hal lain di sini. Aku tersenyum padanya. Terima kasih.


Legend Karya Marie Lu di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Dia tidak memandangku, tapi aku bisa melihat bibirnya tertarik ke pinggir. Mungkin dia sedang mengingat-ngingat ketika dulu aku mengikuti dia dan Metias, menanyai mereka pertanyaan-pertanyaan bodoh tentang bagaimana tentara bekerja.
121 Dari balik kaca, tiba-tiba si Mata-Mata meneriakkan se sua tu pada Komandan Jameson dan dengan kasar menggun cang-guncang rantainya. Komandan menatap kami sekilas, lalu memberi isyarat pada kami dengan menjentikkan ta ngan nya. Aku tidak ragu-ragu. homas dan aku, be serta se orang serdadu lain yang berdiri di dekat pintu ru ang in te ro gasi, bergegas masuk dan langsung menyebar ke din ding be la kang. Segera saja aku merasa betapa ruangan ini se sak dan panas. Aku kembali melihat tawanan kami yang ma sih terus menjerit.
Apa yang Anda katakan padanya" tanyaku pada Koman dan Jameson.
Dia memandangku dengan tatapan sedingin es. Aku memberitahunya bahwa target pengeboman pesawat zeppelin kita yang berikutnya adalah kampung halamannya. Dia berpaling kembali pada si Tawanan. Dia akan be kerja sama setelah tahu apa yang baik baginya.
Mata-mata itu melotot pada setiap orang, satu per satu. Darah mengalir dari mulut menuju dahinya, rambutnya, lalu menetes ke lantai di bawahnya. Kapan pun dia mulai menggun cang-guncangkan rantainya, Komandan Jameson akan menginjak rantai yang mengikat lehernya hingga tawanan itu tercekik dan berhenti.
Sekarang, si Tawanan itu menggeram sambil meludahi darah ke se patu bot kami, membuatku dengan jijik mengelap botku ke lantai.
Komandan Jameson membungkuk dan tersenyum padanya. Bisakah kita mulai lagi" Siapa namamu"
122 Si Mata-Mata membuang muka tanpa mengatakan apa-apa.
Komandan Jameson mendesah, lalu mengangguk pada ho mas. Tanganku lelah, katanya. Kau yang lakukan.
Ya, Komandan. homas memberi hormat dan melang kah maju. Dia mengeraskan rahang, mengepalkan tinju, kemudian menonjok si Mata-Mata tepat di perut. Bola mata pria itu menonjol keluar dan dia memuntahkan lebih banyak darah ke lantai. Kualihkan pikiran dengan mempelajari detail pa kaian mata-mata itu. (Kancing kuningan, sepatu bot ten tara, dan pin biru di lengan bajunya, yang berarti dia te lah menyamar menjadi serdadu. Kami menangkapnya di dekat San Diego, satu-satunya kota yang mewajibkan semua orang memakai pin biru tersebut. Salah satu dari kancing ku ning an itu terlihat sedikit lebih rata daripada yang dibuat di Republik. Pastinya dia menjahit semua kancing itu sendiri sebuah kancing dari seragam tua Koloni. Bodoh. Kesalah an yang hanya dibuat oleh mata-mata Koloni.)
Siapa namamu" Komandan Jameson menanyainya lagi. homas membuka lipatan sebuah pisau dan mencengkeram salah satu jari si Mata-Mata.
Pria itu susah payah menelan ludah. Emerson. Emerson apa" Yang jelas!
Emerson Adam Graham. Mr. Emerson Adam Graham, dari Texas Timur. Ko man dan Jameson mengatakannya dengan suara ringan membujuk. Senang sekali bisa bertemu denganmu, Tuan Mu da. Beri tahu aku, Mr. Graham, kenapa Koloni mengirim-
123 mu ke Republik kami yang baik" Untuk menyebarkan kebo hong an mereka"
Si Mata-Mata tertawa lemah. Republik yang baik! se ru nya. Republik kalian tidak akan bertahan dalam satu dekade ke depan. Yang lebih bagus lagi saat Koloni mendu duki tanah kalian, mereka akan memanfaatkannya lebih baik daripada yang telah
homas memukul wajah mata-mata itu dengan gagang pisaunya. Sebuah gigi tergelincir jatuh ke lantai. Saat aku memandang homas lagi, rambut menutupi wajahnya dan ke senangan kejam menggantikan kebaikannya yang biasa. Dahiku berkerut. Aku belum pernah melihat ekspresi seperti itu di wajah homas; membuatku merasa dingin.
Komandan Jameson menghentikan homas sebelum dia sempat memukul lagi. Tidak apa-apa. Mari kita dengar apa yang akan sobat kita katakan tentang Republik.
Wajah si Mata-Mata berubah merah gara-gara terlalu la ma digantung terbalik. Kalian sebut ini republik" Kalian mem bunuh rakyat kalian sendiri dan menyiksa orang yang du lunya saudara kalian"
Mendengar itu, aku memutar mata. Koloni ingin kami berpikir bahwa membiarkan mereka mengambil alih adalah hal yang bagus. Seolah-olah mereka sedang menjajah kami dan bermurah hati pada kami. Begitulah mereka melihat kami, yaitu sebagai negara kecil pinggiran yang menyedihkan, seakan-akan mereka sendiri lebih berkuasa. Bagaimanapun, hanya gagasan itu yang paling menarik perhatian me reka,
124 sebab kudengar banjir besar telah memusnahkan tanah mereka lebih banyak daripada tanah kami.
Memang tentang itulah semua ini. Tentang tanah, ta nah, dan tanah. Namun untuk bergabung menjadi satu negara itu tak pernah terjadi, dan tidak akan pernah terjadi. Ka mi akan mengalahkan mereka terlebih dahulu atau mati saat berperang.
Aku tidak akan bicara. Kalian boleh mencoba sekeras yang kalian mau, tapi aku tidak akan bicara apa-apa.
Komandan Jameson tersenyum pada homas, yang mem ba las senyumnya. Kau dengar Mr. Graham, kata Koman dan Jameson. Cobalah sekeras yang kau mau.
homas berjalan mendekati si Mata-Mata dan setelah beberapa saat, serdadu lain dalam ruangan ini bergabung dengannya. Kupaksa diriku melihat mereka mencoba me - ngo rek informasi dari pria itu. Aku harus belajar membiasa kan diri dengan hal ini. Telingaku dipenuhi jeritan si M a ta-Mata. Kuabaikan fakta bahwa rambut mata-mata itu lu rus dan gelap seperti rambutku, kulitnya pucat, dan usia mu da nya terus mengingatkanku pada Metias. Aku berusaha meng ingat kan diri bahwa bukan Metias yang sekarang sedang disiksa homas. Itu tidak mungkin.
Metias tidak bisa disiksa. Dia sudah mati.
Malam itu, homas menemaniku pulang ke apartemen dan mencium pipiku sebelum dia pergi. Dia memperingatkanku untuk berhati-hati dan mengatakan bahwa dirinya akan memantau kabar apa pun yang dikirim melalui mikrofonku.
125 Semua orang akan mengawasimu, dia menenangkanku. Kau tidak sendirian di sana sampai kau memilih begitu.
Aku membalas senyumnya dan memintanya merawat Ollie waktu aku pergi.
Ketika akhirnya berada di dalam apartemen, aku bergelung di sofa sambil mengistirahatkan lenganku di pung gung Ollie yang sedang tertidur nyenyak. Anjing itu me ra pat kan diri di pinggir sofa. Tampaknya dia juga merasa kan ketidakhadiran Metias sebesar aku merasakannya. Di meja kopi, tumpukan foto-foto lama orangtua kami dari le mari kamar Metias bertebaran di atas kaca. Begitu pula jurnal-jurnal Me tias, serta sebuah buku kecil tempatnya du lu menyimpan ber bagai kenang-kenangan dari hal-hal yang kami lakukan ber sama opera, makan malam yang terlambat, latihan pagi-pagi di rel kereta.
Aku telah melihat semua benda itu sejak homas pergi, berharap agar mendapat petunjuk tentang apa yang ingin Metias bicarakan padaku waktu itu. Kubolak-balik halaman jurnal Metias, juga kubaca ulang catatan-catatan kecil Ayah di bawah foto-foto mereka. Foto yang paling akhir diambil menunjukkan orangtua kami berdiri bersama Metias muda di depan Aula Batalla. Mereka bertiga mengacungkan jem pol. Di sinilah karier masa depan Metias! 12 Maret. Kupan dangi tanggal itu. Foto ini diambil beberapa minggu se belum kematian orangtua kami.
Alat perekamku terletak di pinggir meja kopi. Aku me ngger ta k kan jari dua kali, kemudian memutar kembali rekaman suara Day berulang-ulang. Wajah seperti apa yang
126 cocok dengan suara ini" Kucoba membayangkan bagaimana rupa Day. Muda dan atletis, mungkin. Juga kurus, hasil dari bertahun-tahun hidup di jalanan. Suaranya terdengar sangat tidak jelas dari pengeras suara itu sehingga ada beberapa ba gian yang tidak kumengerti.
Kau dengar itu, Ollie" bisikku. Ollie mendengkur pelan sambil menggosokkan kepalanya di tanganku. Dialah yang kita cari. Dan aku akan mendapatkannya.
Aku jatuh tertidur dengan suara Day berdengung di telingaku.
P ukul 06.25. Sekarang, aku berada di sektor Lake, memperhatikan cahaya matahari menyinari kincir air dan turbin menjadi berwarna keemasan. Lapisan asap terus-menerus membubung di atas tepian danau. Lebih jauh di seberang danau ini, aku bisa melihat pusat kota Los Angeles tepat di sebelah pantai. Se orang polisi mendekatiku dan menyuruhku berhenti ber keliar an. Aku mengangguk tanpa bicara, lalu kembali me nyu suri pantai.
Dari jauh, aku terlihat sepenuhnya membaur dengan orang-orang di sekitarku. Kemeja lengan pendekku berasal dari toko hemat serbaada di perbatasan antara sektor Lake dan Winter. Celana panjangku robek dan berlumpur, kulit sepatu botku mengelupas. Aku sangat berhati-hati dengan gaya simpul yang kupilih untuk mengikat tali sepatuku, ya itu simpul Rose yang simpel dan digunakan oleh hampir
127 setiap pekerja. Kuikat rambutku menjadi satu kunciran kencang, tinggi di atas kepala. Di atasnya, kupakai sebuah topi tukang koran.
Kalung bandul Day tersimpan di sakuku.
Aku tak percaya betapa kotornya jalanan di sini, bahkan mungkin lebih buruk daripada daerah pinggiran yang bobrok di Los Angeles. Tanah di sini tidak tinggi (tidak seperti sektor kumuh lainnya, yang semuanya terlihat sama). Jadi, ka pan pun terjadi badai, kemungkinan besar danau ini akan me luap dan membanjiri jalanan dengan air kotor yang ter cemar. Setiap bangunan di sini catnya pudar dan din ding nya runtuh serta berlubang kecuali, tentu saja, mar kas besar polisi.
Orang-orang berjalan di sekitar tumpukan sampah seolah-olah sampah-sampah itu tidak ada. Lalat-lalat dan anjing liar berlama-lama di dekat tempat sampah begitu pula sebagian orang. Hidungku berkerut saat mencium bau tak enak (lentera berasap, minyak, dan kotoran). Kemudian aku sadar, kalau aku ingin dipandang sebagai penduduk Lake, aku harus pura-pura terbiasa dengan bau tidak enak itu.
Beberapa pria menyeringai saat aku lewat, bahkan ada satu orang yang memanggilku. Kuabaikan mereka dan terus berjalan. Laki-laki yang nyaris tidak lulus Ujian hanyalah sekelompok penipu. Aku bertanya-tanya apakah aku bisa ter tular wabah dari orang-orang ini meskipun aku sudah di vaksinasi. Siapa yang tahu ke mana saja mereka pergi.
128 Kemudian, aku berhenti berpikir begitu. Dulu Metias mem beritahuku untuk tidak menghakimi orang-orang miskin seperti itu. Yah, Metias memang lebih baik daripada aku, pikirku pahit.
Mikrofon kecil di dalam pipiku bergetar sedikit, lalu terdengar sebuah suara lemah di earpiece-ku. Miss Iparis. Suara homas muncul sebagai dengungan pelan yang hanya bisa didengar olehku. Semuanya berjalan baik"
Yup, gumamku. Mikrofon itu menyalurkan getaran di tenggorokanku. Sekarang aku di pusat sektor Lake. Aku belum bicara dengan siapa pun.
Diterima, sahut homas, lalu tidak ada balasan lagi. Aku membuat suara klik dengan lidahku untuk mematikan mikrofon.
Kuhabiskan sebagian besar pagi pertama ini dengan berpura-pura mengais-ngais tempat sampah. Dari pengemis lain aku mendengar cerita-cerita tentang para korban wabah, area-area mana saja yang paling dicemaskan polisi, serta area yang mulai membaik. Mereka juga mengobrol ten tang tempat terbaik untuk menemukan makanan, tempat ter baik untuk mendapatkan air, juga tempat terbaik untuk ber sem bunyi selama badai. Sebagian dari pengemis itu terlihat terlalu muda untuk mengikuti Ujian. Beberapa yang paling muda berbicara tentang orangtua mereka atau cara mencopet tentara.
Tapi, tidak ada yang membicarakan Day.
Sore tiba, disusul malam. Saat aku menemukan gang ke cil sunyi untuk beristirahat bersama beberapa pengemis
129 lain yang sudah tertidur di tempat-tempat sampah, aku bergelung di satu sudut gelap dan menyalakan mikrofonku. Lalu, kukeluarkan kalung bandul Day dari sakuku dan kuang kat perlahan sehingga aku bisa mempelajari permukaannya yang halus.
Panggilan malam hari, aku bergumam. Tenggorokanku hampir tidak bergetar.
Earpiece-ku bergemeresik pelan, seperti ada gangguan. Miss Iparis" suara homas. Hari ini beruntung"
Tidak, belum beruntung. Besok akan kucoba ke tempat-tempat umum.
Oke. Kami punya petugas 24 jam di sini. Aku tahu, maksud dari kata-kata petugas 24 jam itu adalah homas sendiri yang sedang mendengarkan aku. Te rima kasih, bisikku. Aku harus pergi. Kumatikan mi kro fon ku.
Perutku berbunyi. Kuambil seiris daging ayam yang kutemukan di belakang sebuah kafe, lalu memaksa diri me ngunyahnya dengan mengabaikan ampas minyak dingin yang menempel di situ. Kalau harus hidup seperti pendu duk Lake, aku harus makan seperti mereka. Mungkin aku ha rus mencari kerja, pikirku. Gagasan itu membuatku men de ngus.
Ketika akhirnya aku tertidur, aku bermimpi buruk dengan Metias di dalamnya.
Keesokan harinya aku tidak menemukan sesuatu yang penting, begitu juga sehari setelahnya. Rambutku mu lai ku sut dan kasar gara-gara udara panas dan asap, dan wajah ku kini tertutup kotoran. Saat kutatap bayanganku di
130 da nau, kusadari sekarang aku terlihat sangat mirip dengan pengemis jalanan. Segalanya terasa kotor. Pada hari keempat, kuputuskan untuk pergi ke pinggiran Lake dan Blueridge agar aku bisa mengunjungi bar-bar.
Di sanalah sesuatu terjadi. Aku terlibat dalam pertarung an Skiz.[]
PERATURAN UNTUK MENONTON DAN BER TARUH dalam pertarungan Skiz cukup simpel.
Kau pilih siapa yang kau pikir akan menang. 1. Kau bertaruh untuk orang tersebut. 2.
Begitulah. Satu-satunya masalah yang muncul adalah ketika reputasimu terlalu buruk untuk bertaruh di muka umum sehingga ada kemungkinan ditangkap polisi.
Siang ini aku meringkuk di balik cerobong asap se buah gudang berlantai satu yang sudah hancur. Dari sini aku bisa melihat kerumunan orang yang berkumpul di ba ngun an tak terpakai di sebelah. Bahkan, aku cu kup dekat untuk men dengar sebagian percakapan me reka.
Dan Tess. Tess di bawah sana bersama mereka, tu buh kecilnya hampir tenggelam dalam kerumunan. Dia mem - bawa sekantong uang sambil tersenyum. Aku me lihat nya mendengarkan para penjudi lain berdiskusi ten tang pertarungan ini. Beberapa kali dia bertanya pada me reka. Aku tidak berani melepaskan pandangan darinya. Terka dang, polisi-polisi yang tidak puas dengan sogokan akan menghentikan pertarungan Skiz dan menangkapi orang-orang saat mereka melarikan diri. Karena itulah, aku tidak berdiri bersama Tess di kerumunan itu. Seandainya mereka menang kapku dan memeriksa sidik jariku, habislah kami ber dua. Tess memang kecil, cerdik, dan bisa kabur dari
132 peng gere bekan lebih mudah daripada aku, tapi itu tidak ber arti aku akan membiarkannya pergi sendiri.
Jangan terpengaruh, Sepupu, gumamku saat Tess berhen ti tertawa mendengar lelucon seorang penjudi muda. Ja ngan dekat-dekat dengan Tess, dasar berengsek.
Suara ribut datang dari ujung kerumunan, membuatku memicingkan mata ke sana selama beberapa saat. Salah satu dari para petarung melambaikan tangan dan berteriak ke pe nonton, membuat suasana riuh. Aku tersenyum. Ga dis pe tarung itu bernama Kaede, atau begitulah yang ku tang kap dari koor penonton. Kaede adalah bartender yang sa ma dengan yang kutemui saat melewati sektor Alta be be rapa hari yang lalu. Dia menegangkan otot-ototnya, lalu mengentakkan kakinya dan menggoyang-goyangkan le ngan nya.
Kaede sudah memenangi satu pertarungan. Dalam peraturan tak tertulis Skiz, sekarang dia harus terus bertarung sampai mengalami kekalahan sampai musuhnya menjatuhkannya. Setiap kali menang, dia mendapat ba gi an dari seluruh jumlah uang yang dipertaruhkan untuk la wan - nya. Kupandangi gadis yang baru saja dia pilih un tuk menjadi penantang berikutnya. Gadis itu berkulit kecoke lat an, alisnya berkerut dan ekspresinya tak terbaca. Aku me mutar mata. Para penonton pasti paham betul bahwa hasil dari per tarungan ini sudah sangat jelas. Gadis penantang itu ber untung kalau Kaede membiarkannya hidup.
Tess menunggu sebentar sampai tidak ada yang memper hatikannya, kemudian melirik cepat ke tempatku berada. Kuangkat satu jari. Dia nyengir, lalu mengedip padaku
133 dan mengarahkan pandangannya kembali ke kerumunan. Dia memberi uang pada pengurus taruhan seorang pria be sar dan tegap. Kami mempertaruhkan hampir seluruh uang kami, seribu Notes, untuk Kaede.
Kurang dari semenit, pertarungan itu berakhir. Kaede me nyerang terlebih dahulu sambil berteriak keras, lalu dengan licik memukul penantangnya tepat di wajah. Gadis itu sempoyongan. Kaede mempermainkannya seperti ku cing bermain dengan makanannya sebelum menyerang lagi dengan tinjunya. Si Penantang roboh, kepalanya mem bentur lantai semen tempat dia terbaring linglung. K.O.
Kerumunan bersorak. Beberapa orang menolong gadis yang kalah itu terhuyung-huyung keluar arena. Aku dan Tess bertukar senyum kecil. Tess mengumpulkan uang kemenang an kami dan menyimpannya di kantong uang.
Seribu lima ratus Notes. Susah payah aku menelan lu dah, mengingatkan diri agar tidak terlalu senang. Satu lang kah lebih dekat untuk bisa mendapatkan sebotol kecil obat wabah.
Kualihkan perhatian kembali ke sorak-sorai kerumunan. Kaede mengibaskan rambutnya ke arah penonton sambil melakukan gerakan mengejek, membuat mereka menjadi liar. Siapa selanjutnya"
Pilih! Pilih! koor penonton.
Perlahan Kaede menatap sekeliling, menggeleng atau sesekali memiringkan kepala ke satu sisi. Aku tetap memper hatikan Tess. Dia berjinjit di belakang beberapa orang yang lebih tinggi, berusaha agar bisa melihat lebih baik. Dia
134 menepuk bahu mereka ragu-ragu, mengatakan sesuatu, lalu menerobos maju. Melihat itu rahangku mengeras. Lain kali aku akan ada di sana bersamanya sehingga dia bisa du duk di bahuku dan dapat menonton pertarungan de ngan jelas, daripada harus membuat orang-orang jadi memperhatikan nya.
Beberapa detik kemudian, tubuhku menegang. Tess membuka jalannya maju melewati salah satu dari segerombolan penjudi bertubuh besar. Pria itu meneriakkan sesuatu ber nada marah padanya, dan sebelum Tess sempat min ta maaf, kulihat dia mendorong Tess kasar ke tengah-tengah arena. Tess tersandung, membuat kerumunan itu ter tawa.
Kemarahan memenuhi dadaku. Kaede terlihat geli de ngan semua itu. Kau menantangku, Nak" teriaknya. Se ri ngai muncul di wajahnya. Kau terlihat lucu.
Tess menatap sekeliling, bingung. Dia berusaha me - lang kah kembali ke kerumunan, tapi orang-orang itu mengha langi jalannya. Saat kulihat Kaede mengangguk ke arahnya, aku berdiri. Si Berengsek ini akan memilih Tess.
Tidak. Tidak saat aku menonton. Tidak, kalau Kaede ma sih ingin hidup.
Tiba-tiba, sebuah seruan terdengar dari bawah, membuat ku berhenti bergerak. Beberapa orang menyingkir, mem buka jalan bagi gadis yang tadi berseru itu menuju arena. Dia menatap Kaede. Sepertinya ini bukan pertarungan yang adil, teriaknya.
Kaede tertawa. Sekelilingnya hening.
135 Lalu Kaede balas teriak, Kau pikir siapa dirimu, bicara padaku seperti itu" Kau pikir kau lebih baik dariku" Dia me nunjuk gadis itu, dan kerumunan kembali bersorak. Aku melihat Tess berjalan cepat kembali ke kerumunan, aman. Gadis baru itu telah mengambil alih tempat Tess, entah dia bermaksud begitu atau tidak.
Aku mengembuskan napas panjang. Setelah berhasil menenangkan diri, kucoba melihat lawan baru Kaede lebih dekat.
Dia hanya sedikit lebih tinggi daripada Tess dan jelasjelas lebih ringan daripada Kaede. Selama beberapa detik, terlihat bahwa menjadi pusat perhatian membuatnya tidak nyaman. Tadinya aku siap menganggapnya bukan saingan Kaede, sampai aku mengamatinya lagi. Tidak, gadis ini sama sekali berbeda dengan gadis yang dikalahkan Kaede tadi. Gadis ini bimbang bukan karena dia takut bertarung atau takut kalah, melainkan karena dia sedang berpikir dan mengalkulasi.
Rambut gadis itu hitam, dikuncir tinggi di atas ke pala. Po tongan tubuhnya kurus tapi atletis. Sengaja dia ber diri de ngan satu tangan di pinggang, seolah-olah tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat meruntuh kan per tahanan nya. Aku terkesima kagum menatap wajah nya. Selama sesaat, aku lupa sekelilingku.
Gadis itu menggeleng ke arah Kaede. Hal ini juga membuat ku terkejut sebelumnya aku tak pernah melihat siapa pun menolak bertarung. Semua orang tahu peraturan nya: kalau kau sudah dipilih, kau bertarung. Gadis ini tam pak ti dak takut dengan kemarahan penonton. Kaede me nerta-
136 wa kannya, lalu mengatakan sesuatu yang tidak dapat kutangkap jelas. Namun, Tess mendengarnya dan dia menoleh cepat padaku dengan tatapan khawatir.
Kali ini gadis itu mengangguk. Para penonton kembali bersorak, dan Kaede tersenyum. Aku mencondongkan tubuh dari balik cerobong asap. Ada sesuatu pada gadis ini & aku tak tahu apa itu. Tapi, matanya menyala-nyala, dan mes kipun mungkin hanya imajinasiku, kupikir aku melihat se nyum tipis di wajahnya.
Tess menatapku, bertanya. Aku ragu-ragu sejenak, ke mu di an mengangkat satu jari lagi. Aku berterima kasih pada gadis misterius itu karena telah menolong Tess, tapi se karang uangku dipertaruhkan, jadi kuputuskan untuk ber main aman. Tess mengangguk, lalu bertaruh untuk Kae de.
Tapi, saat gadis itu maju ke arena dan kulihat sikap nya & aku tahu aku telah membuat kesalahan besar. Kae de menyerang seperti banteng, seperti meriam. Gadis ini menyerang seperti ular.[]
a ku tiDak khawatir akan kalah .
Aku lebih khawatir kalau aku akan membunuh lawanku tanpa sengaja.
Meski begitu, kalau aku lari sekarang, matilah aku. Aku merutuki diri dalam hati bisa-bisanya aku terlibat dalam permainan semacam ini. Saat pertama kali aku melihat kerumunan penjudi ini, aku sudah ingin meninggal kan nya, tidak ingin ribut-ribut. Tempat ini sama sekali bukan tempat yang bagus untuk ditangkap polisi dan digi ring ke pusat kota untuk ditanya-tanya. Tapi kemudian, kupikir aku bisa menggali beberapa informasi berharga dari sekelompok orang ini begitu banyak penduduk lokal, siapa tahu ada yang mengenal Day secara pribadi. Sudah pasti Day bukan sepenuhnya orang asing bagi setiap orang di Lake. Kalau ada orang yang kenal siapa dia, pastilah orang itu juga menonton perkelahian Skiz yang ilegal ini.
Tapi, seharusnya aku tidak berkata apa-apa tentang ga dis kurus yang mereka dorong ke arena. Seharusnya kubiar kan dia mengurus masalahnya sendiri.
Sekarang sudah terlambat.
Gadis bernama Kaede itu memiringkan kepalanya pada ku sambil menyeringai saat kami berhadapan di arena. Aku menghela napas panjang. Sekarang, dia mulai berjalan
138 me mu tariku, seperti pemburu mengikuti mangsanya. Ku pelajari sikap berdirinya. Dia melangkah dengan kaki kanan, yang berarti dia kidal. Biasanya, dia memanfaatkan hal itu untuk mengalahkan lawan-lawannya, tapi aku sudah terla tih untuk menghadapi ini. Kuubah arah jalanku sambil me na jam kan telinga.
Kubiarkan dia menyerang duluan. Dia memperlihatkan giginya padaku dan menyerang cepat, tinjunya terangkat. Ta pi, aku bisa melihat dia bersiap melayangkan tendangan. Aku menghindar. Tendangannya berdesing di atas kepalaku. Kugunakan momentumnya untuk balas memukul ketika pung gungnya berbalik. Dia kehilangan keseimbangan dan hampir jatuh. Para penonton bersorak.
Kaede berputar cepat untuk menghadapiku lagi. Kali ini dia tidak tersenyum aku berhasil membuatnya marah. Dia menyerangku lagi. Aku menahan dua pukulan pertamanya, tapi pukulan ketiganya mengenai rahangku, membuat kepalaku pusing.
Setiap otot di tubuhku ingin mengakhiri ini sekarang. Tapi, sekuat tenaga kuredam amarahku. Kalau aku bertarung terlalu bagus, orang-orang mungkin akan curiga. Gayaku sa at ini sangat persis dengan pengemis jalanan biasa.
Kubiarkan Kaede memukulku untuk kali terakhir. Pe non ton bergemuruh. Senyumnya muncul lagi, rasa percaya dirinya kembali. Kutunggu sampai dia kembali siap ber ta rung. Kemudian, aku berlari cepat, merunduk, dan men je gal kakinya. Dia tidak melihat gerakanku dia jatuh, pung gung nya berdebam. Para penonton menjerit senang.
139 Kaede memaksa berdiri, meskipun kebanyakan pertarung an Skiz akan menyebut jatuhnya itu sebagai akhir ron de. Dia menyeka darah dari ujung mulutnya. Sebelum bisa ber napas dengan benar lagi, dia berteriak marah sambil me nye rang ku. Seharusnya aku melihat sesuatu yang berkilat di per ge langan tangannya. Kepalan tangan Kaede mengenai ping gang ku dan aku merasakan rasa sakit yang menyengat. Ku do rong dia menjauh. Dia mengedipkan mata padaku dan mu lai memutariku lagi. Kuraba pinggangku dan kurasakan se sua tu yang hangat dan basah. Aku melihat ke bawah.
Luka tusukan. Hanya pisau bergerigi tajam yang bisa me robek kulitku seperti itu. Aku menyipitkan mata ke arah Kaede. Seharusnya senjata bukan bagian dari pertarungan Skiz & tapi dalam pertarungan macam ini jarang sekali ada orang yang mematuhi peraturan.
Rasa sakit membuatku pusing dan marah. Tak ada per atur an" Baiklah.
Waktu Kaede mendekatiku lagi, aku bergerak cepat dan memelintir lengannya erat-erat. Dalam satu gerakan, aku mematahkannya. Dia menjerit kesakitan. Saat dia mencoba melepaskan diri, aku tetap mencengkeramnya sambil mengun ci lengannya yang patah di belakang punggungnya sampai kulihat wajahnya pucat pasi. Sebuah pisau jatuh ke lantai dari bawah tanktop-nya, berkelontangan. (Pisau bergerigi tajam, tepat seperti dugaanku. Kaede bu kan pengemis jalan an biasa. Dia punya kemampuan untuk menda pat kan senjata seperti itu yang berarti ada kemungkinan dia juga melakukan hal-hal seperti yang Day lakukan. Se an dai nya
140 aku tidak sedang dalam penyamaran, aku akan me nangkap nya sekarang juga dan membawanya untuk ditanyai.) Lu ka ku terasa membakar, tapi kugertakkan gigi sambil mem per ta han kan peganganku pada lengannya.
Akhirnya, dengan kalut Kaede menepuk lenganku dengan tangannya yang lain. Kulepaskan dia, yang langsung jatuh ke tanah dengan bertumpu pada lutut serta lengannya yang sehat. Para penonton menggila. Aku mencengkeram ping gangku yang berdarah seerat yang kubisa. Saat ku li hat sekeliling, ternyata uang sedang berpindah tangan. Dua orang membantu Kaede keluar dari arena (dia memandang ku penuh kebencian sebelum memalingkan muka), dan penonton yang tersisa mulai berteriak lagi. Pilih! Pilih! Pilih!
Mungkin rasa sakit yang memusingkan dari lukaku inilah yang menyebabkanku jadi nekat. Aku tidak bisa me nahan amarahku lagi. Aku berbalik tanpa bicara, menggulung lengan baju sampai siku, dan menaikkan kerah ke mejaku. Kemudian, aku melangkah keluar arena sambil mem buka jalan menerobos lingkaran kerumunan.
Teriakan para penonton berubah. Mereka mulai mencemooh ku. Aku tergoda untuk menyalakan mikrofon dan me minta homas mengirim orang untuk menolongku, tapi tidak kulakukan. Aku telah berjanji pada diriku sendiri untuk tidak memanggil bantuan kecuali aku tak punya pilihan lain, dan tentu saja aku tidak akan merusak penyamaranku demi sebuah perkelahian jalanan.
141 Saat kucoba keluar dari bangunan itu, kurasakan tatapan tajam di belakangku. Setengah lusin penonton mengikutiku dan kebanyakan dari mereka terlihat sangat marah. Kupikir mereka adalah para penjudi, orang yang paling peduli terhadap masalah ini. Kuabaikan mereka seraya terus berjalan.
Kembali kau! salah satu dari mereka berseru. Kau tidak bisa pergi begitu saja seperti itu!
Aku mulai berlari sambil menyumpahi luka tusukan di pinggangku. Kuayunkan tubuh ke atas sebuah tempat sampah besar, bersiap melompat ke jendela lantai dua di atasnya. Kalau aku bisa memanjat cukup tinggi, mereka tidak akan bisa menangkapku. Aku melompat secepat yang kubisa dan berusaha menggapai ambang jendela dengan satu tangan.
Tapi, luka ini memperlambat gerakanku. Seseorang me narik kakiku dengan satu sentakan keras. Peganganku ter lepas, kukuku menggores tembok dan aku jatuh. Kepalaku terbentur, membuat dunia tampak berputar. Kemudian, mereka menyeret kakiku, kembali ke teriakan penonton.
Aku berusaha menjernihkan kepala. Dalam penglihatanku, titik-titik kecil berseliweran. Kucoba menyalakan mi krofon, tapi lidahku terasa lamban dan dipenuhi pasir. homas, bisikku, tapi yang terucap malah Metias. Tanpa sadar, tanganku menggapai-gapai mencari kakakku, ke mudi an aku ingat dia sudah tidak ada.
Tiba-tiba aku mendengar letupan dan detik berikutnya, me reka melepaskanku. Aku kembali jatuh. Kucoba berdiri, tapi aku terhuyung dan jatuh lagi. Dari mana semua debu ini" Aku mengejapkan mata, berusaha melihat dengan jelas.
142 Aku masih mendengar suara-suara ribut dan kekacauan dari arah para penonton. Pasti ada seseorang yang melempar bom debu.
Kemudian, sebuah suara menyuruhku bangkit. Waktu menoleh, kulihat seorang pemuda mengulurkan tangan padaku. Matanya biru cerah, wajahnya kotor dan dia memakai topi yang sudah usang. Namun, pada saat ini kupikir mungkin dia adalah pemuda paling elok yang pernah kulihat.
Ayo, desaknya. Kusambut uluran tangannya. Siang itu, saat bayangan lebih panjang daripada bendanya, kami berlari sepanjang jalan, lalu menghilang dalam debu dan kekacauan ini.[]
DIA TIDAK AKAN MENGATAKAN NAMANYA PADAKU.
Aku sangat mengerti itu. Banyak anak jalanan di Lake yang tetap merahasiakan identitasnya, terutama setelah berpartisipasi dalam sesuatu yang ilegal seperti pertarungan Skiz. Di samping itu, aku tidak ingin tahu namanya. Aku masih marah karena kalah taruhan. Kekalahan Kaede membuat ku kehilangan ribuan Notes, padahal uang itu untuk mem beli obat. Waktuku semakin sedikit, dan se mua nya adalah kesalahan gadis ini. Bodohnya aku. Sean dai nya dia tidak menolong Tess keluar arena, aku akan mem biarkannya mengurus dirinya sendiri.
Tapi aku tahu, sepanjang hari Tess akan terus-terusan menatapku dengan pandangan memohon kalau aku melaku kan itu. Makanya, aku tidak melakukannya.
Tess terus bertanya sambil menolong si Gadis kurasa aku akan memanggilnya begitu membersihkan luka di ping gangnya semampu yang dia bisa. Aku diam saja, tetap waspada. Setelah pertarungan Skiz dan bom debu tadi, kami bertiga kini berada di balkon sebuah perpustakaan tua. (Apa masih bisa dibilang balkon kalau semua dindingnya sudah runtuh sehingga lantainya tersambung ke udara ter buka")
Kenyataannya, dinding di hampir semua lantai sudah runtuh. Perpustakaan ini merupakan bagian dari sebuah
144 ba ngunan kuno bertingkat yang sekarang berada di air, be berapa ratus meter dari tepi danau timur, ditum buhi rerumputan liar. Tempat ini bagus untuk orang-orang seperti kami yang mencari tempat berlindung. Aku menatap jalanan di sepanjang lereng tepi danau, berjaga-jaga seandainya ada penjudi-penjudi marah yang masih mencari si Gadis. Setelah itu, aku menoleh dari tem patku duduk di pinggir balkon. Si Gadis sedang me nga ta kan sesuatu pada Tess, dan Tess tersenyum hati-hati se ba gai balasan.
Namaku Tess, katanya. Dia paham untuk tidak memper kenalkan namaku, tapi dia tetap bicara. Kau berasal dari bagian Lake mana" Atau kau dari sektor lain" Dia mem per hatikan luka si Gadis. Itu luka yang buruk, tapi tidak ada luka yang tidak bisa sembuh. Akan kucoba menda pat kan susu kambing untukmu besok pagi. Itu bagus un tuk mu. Sampai saat itu, kau ludahi saja lukamu agar ti dak infeksi.
Wajah si Gadis mengatakan bahwa dia sudah tahu. Trims, bisiknya pada Tess, lalu melirikku. Terima kasih sudah menolongku.
Tess tersenyum lagi, tapi aku bisa katakan bahwa dia pun merasa sedikit tidak nyaman dengan pendatang baru ini.
Aku juga berterima kasih.
Rahangku mengeras. Sebentar lagi malam tiba, dan sekarang ada tambahan satu orang asing terluka yang harus kujaga.
Setelah beberapa saat, aku bangkit untuk bergabung dengan Tess dan si Gadis. Entah di mana dari kejauhan,
145 sum pah Republik mulai bergaung dari pengeras suara. Kita akan tinggal di sini malam ini. Aku menatap si Gadis. Bagaimana perasaanmu"
Oke, sahutnya. Namun sudah jelas dia kesakitan. Dia tidak tahu apa yang harus dia lakukan dengan tangannya, jadi dia terus memegang lukanya sebelum akhirnya berhenti. Mendadak aku ingin sekali menghiburnya. Kenapa kalian menyelamatkanku" tanyanya. Aku mendengus. Kau berutang padaku ribuan Notes.
Mulanya si Gadis tersenyum, tapi matanya selalu me ngan dung suatu kewaspadaan. Kelihatannya dia menang kap dan menganalisis setiap kata-kataku. Dia tidak me mer cayaiku. Taruhanmu besar, ya" Maaf tentang itu. Kae de mem buatku marah. Dia bergeser. Kurasa dia bukan tem an kalian.
Dia bartender dari pinggiran Alta dan Winter. Kami be lum lama kenal.
Tess tertawa dan memandangku dengan tatapan yang tak bisa kubaca. Dia senang berkenalan dengan gadisgadis manis.
Aku memberengut. Jaga lidahmu, Sepupu. Belum cu - kup kah kau hampir mati hari ini"
Tess mengangguk, tersenyum kecil. Aku akan mencari air. Dia melompat bangun dan menuruni lorong tangga yang ter buka untuk menuju tepian air.
Saat dia pergi, aku duduk di sebelah si Gadis. Secara tak sengaja tanganku menyentuh pinggangnya. Dia mena-
146 han napas. Aku buru-buru pindah, takut membuatnya kesa kit an.
Luka itu akan segera sembuh, kalau tidak infeksi. Tapi, kau mungkin ingin istirahat selama beberapa hari. Kau boleh tinggal bersama kami.
Si Gadis mengangkat bahu. Terima kasih. Kalau aku sudah baikan, aku akan memburu Kaede.
Aku bersandar, lalu mempelajari wajah si Gadis. Dia lebih pucat daripada gadis-gadis lain yang kulihat di sektor ini. Matanya yang hitam dan besar memantulkan titik-titik keemasan dalam cahaya remang-remang. Aku tidak tahu dia apa, karena dia terlihat tidak biasa penduduk asli, mungkin, atau ras Kaukasia. Atau yang lain. Dia cantik dengan ke cantikan yang mengacaukan pikiranku seperti waktu di arena Skiz. Tidak, cantik bukan kata yang tepat. Elok. Dan tidak hanya itu. Dia mengingatkanku pada seseorang. Mung kin ekspresi di wajahnya, campuran antara sikap logis yang tenang dan sikap menantang yang ganas ....
Aku merasakan pipiku memanas. Segera saja kualihkan pandangan, bersyukur karena hari mulai gelap. Benar-benar kacau. Saat ini yang kupikirkan hanyalah apa aku harus menyerah untuk mencari kesempatan menciumnya atau membelai rambutnya.
Jadi, Nona, aku berkata setelah beberapa lama, terima kasih atas pertolonganmu hari ini. Untuk Tess, maksudku. Dari mana kau belajar bertarung seperti itu" Kau me matahkan lengan Kaede tanpa kesulitan.
Si Gadis bimbang. Dari sudut mataku, aku bisa melihat nya memperhatikanku. Aku menoleh padanya. Dia
147 pura-pura memandangi air, seolah-olah malu tertangkap ba sah sedang memperhatikan. Cepat-cepat dia menyentuh ping gang nya, lalu membuat suara klik dengan lidahnya seakan-akan itu di luar kebiasaannya. Aku sering berkeliaran di sekitar Batalla. Aku senang menonton para taruna ber latih.
Wow, ternyata kau seorang pengambil risiko. Tapi, ga ya ber tarungmu sangat mengesankan. Aku bertaruh kau ti dak ba nyak mengalami masalah kalau sendirian.
Si Gadis tertawa. Hari ini kau bisa melihat betapa ba ik nya aku kalau sendirian. Dia menggelengkan kepala. Kun cir kudanya yang panjang berayun-ayun di belakang. Se harus nya aku tidak menonton pertarungan Skiz sama se kali, tapi apa yang bisa kukatakan" Temanmu terlihat sangat butuh bantuan. Kemudian, dia menatapku. Ekspresi was pada masih menyelimuti matanya. Dan bagaimana de ngan mu" Apa tadi kau ada di kerumunan penonton"
Tidak. Tess yang ada di sana karena dia suka menonton pertarungannya dan dia rabun jauh. Aku sendiri lebih suka tidak melihat dari dekat.
Tess. Apakah dia adikmu"
Aku ragu-ragu. Yeah, seperti itulah. Hanya Tess-lah yang kuharap selamat dari bom debuku, kau tahu.
Si Gadis mengangkat sebelah alis. Aku menatap bibirnya yang tersenyum. Kau sangat baik, ujarnya. Dan apakah semua orang di sini tahu cara membuat bom debu"
Kukibaskan tangan dengan santai. Oh, tentu saja, bah kan anak-anak pun bisa. Itu mudah. Aku memandangnya. Kau bukan dari sektor Lake, ya"
148 Si Gadis menggeleng. Sektor Tanagashi. Maksudku, dulu aku tinggal di situ.
Tanagashi sangat jauh dari sini. Kau datang ke sini hanya untuk menonton pertarungan Skiz"
Tentu saja tidak. Si Gadis menyandarkan tubuh, lalu berbaring perlahan-lahan. Aku bisa melihat perbannya berubah warna menjadi merah gelap. Aku mengais sampah di jalanan dan akhirnya jadi berkelana ke mana-mana.
Sekarang ini Lake tidak aman, kataku. Kilasan warna turquoise di ujung balkon menarik perhatianku. Ada sekuntum ke cil bunga daisy yang tumbuh di retakan lantai. Bunga kesuka an Ibu. Kau bisa saja tertular wabah di sini.
Si Gadis tersenyum, seolah-olah dia tahu sesuatu yang tidak kuketahui. Kuharap aku bisa mencari tahu dia mengingatkanku pada siapa. Jangan khawatir, ujarnya. Aku sangat hati-hati kalau tidak sedang marah.
Ketika malam akhirnya tiba dan si Gadis tertidur dengan gelisah, kuminta Tess untuk tetap bersamanya sehingga aku bisa menyelinap untuk melihat keadaan keluargaku. Tess dengan senang hati melakukannya. Pergi ke area yang ter infeksi wabah membuatnya takut, dan dia selalu kem bali sam bil menggaruk-garuk lengannya seolah dia bisa merasa kan ada infeksi yang sedang menyebar di kulitnya.
Kumasukkan serumpun bunga daisy ke lengan baju dan beberapa Notes ke saku sebagai tambahan. Tess mem bantuku membungkus kedua tanganku dengan kain
149 se belum aku pergi, agar sidik jariku tidak tertinggal di mana-mana.
Di luar dugaan, malam itu dingin. Tidak ada pasukan patroli wabah di jalan. Suara yang ada hanyalah deru mobil serta iklan JumboTrons di kejauhan. Tanda X yang aneh ma sih ada di pintu rumah, masih semencolok sebelumnya. Se benarnya aku hampir yakin para tentara itu pernah kembali ke sini setidaknya satu kali, karena tanda X itu lebih cerah dan catnya masih baru. Para tentara itu pasti sudah melakukan pengecekan ulang di daerah sini. Rupanya, apa pun yang dulu membuat mereka menandai pintu rumah kami, masih ada.
Dalam kegelapan, aku menunggu di dekat rumah ibu ku cukup dekat sehingga aku bisa mengintip melalui celah di pagar reyot di halaman belakang. Saat aku yakin tidak ada yang berpatroli di jalan, aku berlari cepat menuju rumah dan merangkak ke arah papan rusak yang menutupi lubang rahasia di bawah serambi. Ku do rong papan itu ke samping, mengungkapkan lubang gelap berbau apak. Aku merangkak ke dalamnya, lalu meng ge ser kembali papan itu ke tempatnya sehingga me nu tup di belakangku.
Secercah cahaya kecil datang dari celah-celah papan lan tai kayu di ruangan di atasku. Aku bisa mendengar suara ibu ku di belakang, tempat satu-satunya kamar tidur kami berada. Aku berjalan ke sana, kemudian mendekam di samping celah yang mengarah ke kamar tidur dan mengintip ke dalam.
John duduk di pinggir tempat tidur dengan lengan terlipat. Postur tubuhnya menunjukkan bahwa dia lelah.
150 Sepatunya berlumur kotoran aku tahu Ibu pasti memarahinya karena itu. John menatap sisi lain kamar, pastinya ke arah Ibu berdiri saat ini.
Aku mendengar suara Ibu lagi, kali ini cukup keras un tuk dapat kutangkap. Kita berdua tidak sakit, ujar nya. John berpaling, kembali menatap tempat tidur. Kelihatannya penyakit itu tidak menular. Dan kulit Eden masih terlihat bagus. Tidak berdarah.
Belum, sahut John. Kita harus berjaga-jaga untuk ke mungkinan terburuk, Bu. Kalau-kalau Eden ....
Suara Ibu menegas. Kau tidak boleh mengatakan itu di rumahku, John.
Eden butuh lebih dari sekadar obat supresan. Siapa pun yang dulu memberikannya pada kita sangat baik hati, tapi sayangnya itu tidak cukup. John menggelengkan kepala, lalu bangkit. Bahkan sekarang, terutama sekarang, dia harus melindungi ibuku dari kebenaran tentang keber ada an ku. Saat dia menyingkir dari ranjang, aku bisa me lihat Eden terbaring di sana. Meski suhu badannya panas, selimut menutup tubuhnya sampai ke dagu. Kulitnya terlihat berminyak karena keringat. Warnanya pun aneh: pucat kehijauan. Aku tidak ingat ada gejala wabah yang se perti itu. Tenggorokanku tercekat.
Kamar itu terlihat benar-benar sama seperti dulu. Be berapa barang di dalamnya sudah tua dan rusak, tapi ma sih nyaman dipakai. Misalnya saja kasur robek yang se dang ditiduri Eden, dan lemari baju penuh goresan yang dulu sering kucoret-coret. Potret Elector yang wajib di mi liki setiap keluarga tergantung di dinding, dikelilingi
151 be b e rapa foto kami sendiri seakan-akan dia juga bagian dari ke luarga kami.
Hanya itulah yang kami punya di kamar ini. Saat Eden masih balita, John dan aku sering menggandeng tangannya dan membantunya berjalan dari satu sudut kamar ini ke sudut lain. John akan tos dengannya kalau dia bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan.
Sekarang, aku melihat bayangan Ibu berhenti di tengah-tengah kamar. Ibu tidak bicara sepatah kata pun. Ku bayangkan bahunya merosot, tangannya memegang ke pala, dan keberaniannya lenyap dari wajah.
John mendesah. Suara langkah kaki bergema di atas ku, dan aku tahu dia pasti telah mendekati Ibu untuk me meluknya. Eden akan baik-baik saja. Mungkin virus ini ti dak terlalu berbahaya dan dia akan segera sembuh sendiri. Dia berhenti sebentar. Aku akan mengecek bahan apa saja yang kita punya untuk membuat sup. Kudengar dia meninggalkan kamar.
Aku yakin John benci bekerja di pabrik kompor, tapi se tidaknya dia bisa pergi dari rumah dan mengistirahatkan pikirannya sejenak dari hal-hal ini. Sekarang, dia terjebak di sini, tanpa bisa melakukan apa-apa untuk menolong Eden. Pastinya dikarantina seperti ini sangat membuatnya frustrasi. Kuambil segenggam tanah di bawahku dan kucengkeram erat-erat dalam kepalan tangan.
Seandainya saja rumah sakit itu punya obat wabah. Beberapa saat kemudian, aku melihat Ibu berjalan menyeberangi ruangan dan duduk di pinggir tempat tidur Eden. Lagi-lagi kedua tangannya diperban. Ibu membisikkan
152 kata-kata penghibur untuk Eden dan mencondongkan tubuh untuk menyingkirkan rambut dari wajahnya. Aku meme jamkan mata. Memori tentang wajah Ibu terbayang di pikiranku: lembut, cantik, dan penuh kekhawatiran. Ma ta - nya biru, bibirnya merah jambu dan tersenyum. Dulu Ibu meng gendongku ke tempat tidur, menyelimutiku, lalu membisik kan kata-kata tentang mimpi indah. Aku bertanya-tanya apa yang sedang dia bisikkan pada Eden saat ini.
Mendadak diriku dipenuhi kerinduan terhadapnya. Aku ingin keluar dari bawah sini dan mengetuk pintu rumah kami.
Kukepalkan tangan lebih kencang. Tidak. Risikonya terlalu besar. Aku akan mencari cara untuk menolongmu, Eden. Aku janji. Aku merutuki diri yang terlalu banyak bertaruh dalam pertarungan Skiz alih-alih mencari cara yang le bih menjanjikan untuk mendapatkan uang tunai.
Kukeluarkan bunga daisy air yang tadi kumasukkan ke dalam lengan baju. Beberapa di antaranya kini kusut, ta pi ku sangga bunga-bunga itu sehati-hati yang kubisa dan pe r lahan kutanam ke tanah. Mungkin Ibu tidak akan pernah melihat bunga-bunga ini. Tapi, aku tahu mereka di sini. Bunga-bunga ini adalah bukti untukku bahwa aku masih hidup dan masih mengawasi keluargaku.
Sesuatu berwarna merah di tanah di sebelah bunga daisy itu menarik perhatianku. Keningku berkerut, lalu aku membersihkan lebih banyak tanah untuk dapat melihatnya lebih jelas. Ada sebuah simbol di situ, sesuatu yang terukir di bawah tanah dan bebatuan.
153 Simbol itu ternyata sederetan angka, seperti yang Tess dan aku lihat di lereng tepi danau di bawah dermaga. Kali ini angkanya adalah: 2544
Dulu aku sering bersembunyi di sini waktu masih kecil, saat aku dan kedua saudaraku bermain petak umpet. Tapi, aku tidak ingat pernah melihat angka ini. Aku membungkuk dan menempelkan telingaku ke tanah.
Mulanya tidak terdengar apa-apa. Kemudian, samarsamar kudengar suara desing desis dan deguk. Seperti cairan, atau uap. Kemungkinan itu adalah sistem pipa ba wah tanah, sesuatu yang ujungnya mengarah ke danau. Barangkali pipa-pipa itu terhubung ke seluruh sektor. Aku menyingkirkan lebih banyak tanah, tapi tidak ada simbol atau kata-kata lain yang muncul. Angka itu terlihat pudar termakan waktu, catnya terkelupas menjadi serpihan kecil.
Selama beberapa saat, aku tetap di situ, mempelajari angka tersebut dalam diam. Untuk terakhir kalinya, aku me natap sekilas ke kamar melalui celah, setelah itu keluar dari bawah serambi menuju kegelapan, menuju kota.[]
a ku terBangun saat Fajar . C ahaya mem buat ku mengerjap (dari mana cahaya itu datang dari be la k angku"). Untuk beberapa saat, aku kebingungan, tak tahu kena pa aku tidur di bangunan tak terpakai yang meng ha dap ke perairan dengan bunga daisy tumbuh di de kat kakiku. Rasa sakit yang tajam di perutku membuatku ter eng ah. Aku ditusuk, kusadari itu dalam kepanikan. Kemu dian, aku ingat pertarungan Skiz, pisau, dan pemuda yang menyelamat kanku.
Tess datang mendekat saat dia melihatku bergerak. Apa yang kau rasakan"
Dia masih terlihat waspada terhadapku. Sakit, gumam ku. Aku tidak ingin dia berpikir dia membebat lukaku dengan buruk, jadi aku menambahkan, Tapi lebih baik dari kemarin.
Butuh beberapa menit bagiku untuk menyadari bahwa pemuda yang menyelamatkanku duduk di sudut ruangan. Kakinya berjuntai ke bawah balkon dan tatapannya terarah ke air.
Aku harus menyembunyikan rasa maluku. Pada hari biasa, tanpa luka tusuk ini, aku tidak akan pernah membiarkan detail seperti itu terlewatkan. Semalam pemuda itu per gi entah ke mana. Waktu aku masih tidur-tidur ayam,
155 da lam hati kucatat arah yang diambilnya (selatan, menuju Sta siun Union).
Kuharap kau tidak keberatan menunggu beberapa jam sebelum kita bisa makan, ujarnya padaku. Dia memakai topi tuanya, tapi aku bisa melihat beberapa helai rambut pirang platina di bawahnya. Kami kalah taruhan Skiz, jadi saat ini tidak ada uang tersisa untuk membeli makanan.
Dia menyalahkanku atas kerugiannya. Aku hanya mengang guk. Kuingat-ingat suara pecah Day dari pengeras suara wak tu itu dan diam-diam kubandingkan dengan suara pe mu da ini. Selama beberapa saat, dia menatapku tanpa se nyum, seolah-olah dia tahu apa yang sedang kulakukan. Se telah itu, dia kembali ke sikap waspadanya. Tidak, aku ti dak bisa yakin itu suaranya. Ada banyak orang di Lake yang mung kin saja cocok dengan suara itu.
Aku sadar, mikrofon di dalam pipiku masih dalam keadaan mati. homas pasti marah padaku. Tess, panggilku. Aku akan turun ke air. Beberapa menit lagi aku kembali. Kau yakin bisa melakukannya sendiri" tanyanya. Aku akan baik-baik saja, aku tersenyum. Tapi, kalau kau melihatku terapung pingsan di danau, tolong aku, ya.
Dibalik Keheningan Salju 10 Pendekar Naga Putih 65 Beruang Gunung Es Laila Majnun 1
^