Pencarian

Seruling Gading 9

Seruling Gading Lanjutan Pecut Sakti Bajrakirana Karya Kho Ping Hoo Bagian 9


Pada suatu hari, pagi-pagi Wiku Menak Koncar duduk bercakap-cakap dengan Ki
Wiroboyo. Bekas demang Dusun Pakis ini sekarang tampak lebih gagah daripada dahulu ketika masih menjadi demang. Tubuhnya tinggi besar mengenakan pakaian ringkas serba hijau sebagai tanda bahwa ia adalah Ketua Klabang Wilis. Semua anak buah Klabang Wilis mengenakan pakaian hijau. Kumisnya masih tebal, sekepal sebelah dan dalam usia empat puluh lima tahun itu rambutnya sudah bercampur uban. Ketiga orang isterinya yang dahulu sudah diceraikan semua dan kini dia mempunyai seorang isteri baru yang masih muda belia.
Wiku Menak Koncar yang duduk di depannya kini sudah berusia enam puluh enam
tahun. Tubuhnya sedang dan wajahnya tidak tampak tua karena kulitnya yang hitam arang.
Pakaiannya mewah, pasang matanya sipit dan hidungnya pesek bibirnya tebal. Wajahnya yang tidak tampan itu tidak menyembunyikan kenyataan bahwa dia seorang sakti karena sepasang matanya mencorong mengeluarkan sinar yang penuh wibawa.
Serial Silat Tanah Jawa
4 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Wiroboyo, sekarang tiba saatnya bagiku untuk membalas dendam kepada musuh besarku seperti yang pernah kuceritakan padamu," kata Wiku Menak Koncar dengan suara kecil seperti suara perempuan.
"Maksud bapa Wiku, orang yang bernama Harjodento, ketua perguruan Nogodento itu?" tanya Ki Wiroboyo.
"Benar, kurang lebih sebelas tahun yang lalu, si Harjodento itu telah membunuh kakang Klabangkolo, kakak seperguruanku. Karena Harjodento mempunyai banyak murid di perguruan Nogodento sampai sekarang aku belum sempat membalas dendam kematian kakang Klabangkolo. Akan tetapi sekarang ada engkau dan anak buahmu dan musuh besar itu berada tak jauh dari sini. Selama ini aku bersabar untuk menanti saat terbaik dan.
mengajarkan ilmu kepadamu. Sekarang kulihat engkau sudah cukup kuat dan engkau dapat membantu aku membalas dendam. Kita serbu Nogodento dan akan kubunuh si
Harjodento!"
"Akan tetapi bapa Wiku belum menceritakan mengapa dan bagaimana pembunuhan atas diri kakak seperguruan bapa itu terjadi," kata Wiroboyo.
"Hemm, si Harjodento itu adalah sorang yang membantu Mataram dan ketika itu terjadi pertempuran antara orang-orang yang setia kepada Mataram melawan orang-orang dari daerah yang akan ditundukkan Mataram. Kakang Klangbangkolo menentang Mataram dan dia terbunuh oleh tombak Harjodento si keparat!"
"Baik bapa, saya akan mengerahkan anak buah dan ikut membantu bapa menyerbu perguruan Nogodento," kata Wiroboyo yang hendak membuktikan bahwa dia adalah seorang murid yang setia.
"Tidak perlu semua anak buah diajak. Sebaiknya panggil Darsikun dan Warok Surosingo ke sini untuk diajak berunding," kata Wiku Menak Koncar.
Wiroboyo bertepuk tangan tiga kali dan seorang anak buah berlari memasuki ruangan itu memenuhi tanda panggilan ketuanya.
"Cepat minta kepada kakang Darsikun dan kakang Warok Surosingo untuk datang ke sini, diundang bapa Wiku," kata Wiroboyo. Anak buah itu mengangguk dan cepat keluar.
Tak lama kemudian dua orang yang diundang itu memasuki ruangan lalu mereka
mengambil tempat duduk berhadapan dengan Wiku Menak Koncar. Darsikun yang
bertubuh tinggi kurus itu duduk di sebelah kiri Ki Warok Surosingo yang bertubuh pendek Serial Silat Tanah Jawa
5 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 akan tetapi kekar berotot, Mereka berdua memandang kepada Wiroboyo dengan mata bertanya.
"Adi Wiroboyo, ada keperluan apakah andika memanggil kami?" tanya Ki Darsikun.
"Bapa Wiku yang mengundang kalian berdua. Saya persilakan bapa Wiku yang memberi penjelasan kepada kalian," kata Wiroboyo.
"Begini, Darsikun dan Surosingo," kakek bermuka hitam itu berkata. "Aku dan Wiroboyo akan pergi menyerbu perguruan Nogodento dan membunuh ketuanya yang
menjadi musuhku. Kami akan membawa anak buah Klabang Wilis, akan tetapi tidak semua. Cukup lima puluh orang saja. Sisanya tinggal di sini dan kalian berjagalah di sini memimpin mereka selagi Wiroboyo pergi."
"Bapa Wiku, saya pernah mendengar bahwa perguruan Nogodento di daerah Ngawi itu amat kuat dan ketuanya kalau tidak salah bernama Ki Harjodento yang terkenal sakti mandraguna. Karena itu, ijinkanlah saya ikut pergi membantu," kata Warok Surosingo.
"Tidak perlu, Surosingo. Aku sendiri sudah cukup untuk membunuh Harjodento.
Wiroboyo dan anak buah Klabang Wilis kuajak untuk menghadapi pengeroyokan anak buah Nogodento. Engkau dibutuhkan di sini karena selagi Wiroboyo pergi, perkampungan Klabang Wilis ini harus dijaga. Engkau dan Darsikun bersama sisa anak buah yang bertanggung jawab untuk keamanan di sini," kata Wiku Menak Koncar. Dua orang itu mengangguk menyetujui.
Wiroboyo lalu membuat persiapan. Dia memilih lima puluh orang anak buah dan
memerintahkan mereka mempersiapkar diri dan membawa senjata. Setelah semua siap, berangkatlah rombongan itu menuruni lereng Gunung Wilis menuju ke perguruan pencak silat Nogodento yang berada di tepi Bengawan Solo di daerah Ngawi. Ki Darsikun dan Warok Surosingo tinggal di perkampungan Klabang Wilis bersama sisa anak buah yang berjumlah sekitar tiga puluh orang.
Beberapa jam setelah rombongan Wiku Menak Koncar pergi, tampak seorang wanita muda berjalan seorang diri mendak Gunung Wilis. Matahari telah naik tinggi Gadis cantik jelita yang dengan langkah tegap dan tangkas berjalan mendaki lereng Gunung Wilis itu bukan lain adalah Muryani!
Seperti kita ketahui, Muryani mendapat keterangan dari senopati Ponorogo yaitu Tumenggung Jatisurya bahwa kini Wiroboyo menjadi Ketua Perkumpulan Klabang Wilis Serial Silat Tanah Jawa
6 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 yang sarangnya berada dekat puncak Gunung Wilis. Mendengar ini, dara perkasa ini segera berangkat meninggalkan Ponorogo menuju ke Gunung Wilis dan siang hari ini ia mendaki gunung itu. Perjalanan mendaki gunung bagi seorang yang tidak mengenal medan, bukan merupakan pekerjaan mudah. Namun dara perkasa ini menggunakan kepandaiannya dan ia dapat mendaki dengan cepat. Ia bersemangat sekali untuk mencari orang yang telah membunuh ayahnya.
Bagi orang biasa yang tidak mengenal daerah Gunung Wilis, tentu akan sukar
menemukan perkampungan Klabang Wilis. Akan tetapi tidak demikian bagi seorang dara perkasa yang sakti mandraguna serti Muryani. Dengan ilmu berlari cepat dan meringankan tubuh, ia dapat berloncatan seperti seekor kijang, dapat mengayun tubuh dari pohon ke pohon seperti seekor kera dan melakukan pendakian cepat sekali. Jurang dan tebing curam tidak dapat merintanginya, juga bukit yang terjal dapat didakinya dengan mudah. Akhirnya tibalah ia di depan pintu pagar perkampungan Klabang Wilis.
Dua orang laki-laki muda berpakaian serba hijau segera berlari-lari dari dalam menyambut gadis yang berdiri di luar pintu pagar itu. Mereka berdua tertegun melihat bahwa yang datang adalah seorang gadis yang cantik jelita. Seorang gadis yang bertubuh ramping padat dalam usia dua puluh satu tahun, bagaikan bunga sedang mekar. Wajahnya bulat dengan dagu runcing sehingga tampak manis. Sepasang alis hitam dan kecil panjang melengkung melindungi sepasang mata bintang yang jeli dan bersinar tajam dihias bulu mata lentik. Hidungnya mancung kecil dan sepasang bibirnya merah membasah dan menggairahkan. Kulitnya putih kuning mulus.
Dua orang anak buah Klabang Wilis itu terpesona, merasa seolah melihat seorang bidadari yang tiba-tiba berada di depan pintu pagar perkampungan mereka Biarpun hati mereka terangsang dan timbul keinginan untuk menyapa dan menggoda dara jelita itu, namun mereka berdua meragu dan tidak berani lancang Siapa tahu dara ini masih sanak dekat Ki Wiroboyo, atau Ki Darsikun atau juga Warok Surosingo. Lebih-lebih kalau dara itu masih sanak Wiku Menak Koncar. Mereka berdua tentu akan celaka kalau berani menggoda gadis yang menjadi sanak keluarga para pimpinan itu. Karena itu, mereka menghampiri dan seorang dari mereka bertanya dengan sikap sopan walaupun pandang matanya seolah melahap semua kecantikan itu.
"Andika siapakah dan andika datang ke sini hendak mencari siapa?"
Serial Silat Tanah Jawa
7 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 Muryani tidak menjawab pertanyaan itu, sebaliknya ia malah bertanya, "Apakah ini sarang perkumpulan Klabang Wilis?"
Dua orang anak buah Klabang Wilis itu saling pandang dan seorang dari mereka
menjawab, "Benar, ini adalah perkampungan kami, Perguruan Klabang Wilis."
"Dan siapakah ketuanya" Apakah Ki Wiroboyo?" Muryani bertanya lagi.
Dua orang anak buah Klabang Wilis itu menduga bahwa gadis ayu ini tentu masih kerabat ketua mereka, maka mereka makin tidak berani bersikap kasar atau kurang ajar.
"Benar sekali. Ki Wiroboyo adalah ketua kami. Apakah andika sanak keluarga beliau yang datang berkunjung?"
Muryani memandang tajam kepada dua orang itu. "Dan kalian tentu anak buah Klabang Wilis, bukan?"
"Benar, kami berdua adalah murid Klabang Wilis!" Dua orang itu mengaku dengan suara mengandung kebanggaan. Akan tetapi pada saat itu, tubuh Muryani bergerak ke depan dengan kecepatan yang luar biasa. Dua orang itu bahkan sama sekali tidak menyadari bahwa mereka di serang. Tahu-tahu mereka telah terpelanting roboh dalam keadaan pingsan! Pada saat itu, tiga orang murid Klabang Wilis lain yang berada tidak jauh dari pintu pagar melihat robohnya dua orang teman mereka. Mereka terkejut dan segera berteriak-teriak memberi tanda bahaya. Bermunculanlah para murid lain dan tiga puluh lebih anak buah Klabang Wilis kini memenuhi pekarangan yang luas itu, mengepung Muryani yang sudah memasuki pekarangan dengan sikap tenang.
Tiga puluh orang lebih itu marah sekali melihat dua orang kawan mereka menggeletak di atas tanah tak bergerak seperti sudah tewas. Mereka sudah mencabut senjata mereka masing-masing, ada yang memegang klewang, ada yang mencabut pedang atau keris, dan ada pula yang membawa ruyung. Akan tetapi sebelum mereka bergerak menyerang karena mereka agak ragu melihat betapa orang yang dianggap membikin kacau itu ialah seorang gadis yang demikian ayu, tiba-tiba terdengar bentakan.
"Tahan semua senjata!"
Mengenal suara ini, para murid Klabang Wilis membuka jalan dan muncullah Warok Surosingo yang bertubuh pendek kekar itu. Dia menghampiri dua orang anggauta Klabang Wilis yang masih menggeletak di atas tanah. Setelah dilihatnya bahwa dua orang itu tidak mati melainkan pingsan, dia lalu menghampiri Murini dan berdiri berhadapan dengan gadis Serial Silat Tanah Jawa
8 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 itu. Sejenak keduanya saling pandang dan melihat kakek pendek kokoh itu mempunyai sebuah kolor (ikat pinggang) dari lawe yang besar, tahulah Muryani bahwa ia berhadapan dengan seorang warok.
Warok Surosingo mengerutkan alisnya dengan marah akan tetapi juga heran melihat orang yang membuat dua orang anggauta Klabang Wilis roboh pingsan dan yang kini dikepung puluhan orang tanpa kelihatan takut itu hanyalah seorang gadis muda yang cantik.
"Nona, siapakah engkau dan mengapa engkau membikin ribut di sini?"
"Panggil Wiroboyo keluar, aku hanya mau bertemu dan bicara dengan dia!" kata Muryani.
"Hemm, aku pembantunya. Katakan apa yang menjadi keperluanmu hendak bertemu dengan Ki Wiroboyo?"
Muryani tersenyum. "Keperluanku" Aku hendak membunuhnya!"
Mendengar ucapan ini, tentu saja Warok Surosingo dan semua anak buah Klabang
Wilis terkejut dan marah sekali. Akan tetapi Warok Surosingo tertawa bergelak. "Ha-ha-ha, engkau ini bocah ayu sungguh lancang mulut! Engkau hendak membunuh Ki Wiroboyo"
Ha-ha-ha! Apa yang kauandalkan" Dengan adanya aku, Warok Surosingo di sini, tak seorangun dapat berbuat sesuka hati. Bocah ayu, sebaiknya engkau menyerah untuk kelak kuhadapkan ketua kami. Engkau telah mendatangkan keributan, merobohkan dua orang anggauta kami!"
"Warok Surosingo, kalau engkau hendak menghalangi, engkaupun akan kuhajar!"
bentak Muryani.
Si pendek itu membelalakkan mata dan membuka mulutnya tertawa.
"Ha-ha-ha, kalian dengar itu, kawan-kawan" Bocah ayu ini hendak menghajar aku!"
Mereka semua tertawa karena merasa lucu. Seorang gadis muda cantik jelita yang kelihatan ringkih seperti itu hendak menghajar Warok Surosingo yang digdaya"
Muryani mengerutkan alisnya melihat betapa semua orang mentertawakannya. Tiba-tiba ia memutar tubuh, mengerahkain tenaga dan mendorongkan telapak tangan kirinya ke arah sebatang pohon yang tumbuh di depannya. Jarak antara ia dan pohon itu sekitar dua meter. Angin bersiutan menyambar ke arah pohon itu.
"Wuuuttt krakkkkk....!" Pohon sebesar pinggang manusia itu patah dan tumbang!
Serial Silat Tanah Jawa
9 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Oohhhhh !" Banyak mulut itu ter nganga mengeluarkan seruan keget ini.
"Warok Surosingo, kalau engkau membela Wiroboyo, engkau akan tumbang seperti pohon itu!" kata Muryani sambil bertolak pinggang menghadapi jagoan pendek kokoh itu.
Surosingo adalah seorang warok, seorang jagoan kawakan yang digdaya. Melihat
demonstrasi yang dipamerkan Muryani tadi, tahulah dia bahwa gadis itu bukan orang sembarangan dan gertakannya bukan sambal belaka. Akan tetap tentu saja dia tidak gentar karena dia sendiri juga seorang gemblengan yan memiliki kesaktian. Dia tidak ingin dipandang rendah dan ditertawakan para anggauta Klabang Wilis. Maka mendengar ucapan Muryani tadi, dia segera memutar kolornya yang panjang dan besar sehingga senjata istimewa yang diputar-putar itu mengeluarkan suara bersiutan.
"Bocah sombong! Engkaulah yang akan tumbang oleh pusakaku ini!" katanya dan tanpa banyak cakap lagi dia sudah menerjang ke depan dan kolornya berubah menjadi gulungan sinar kuning yang menyambar ke arah dada Muryani.
Melihat sikap warok yang menyerangnya dengan senjata pusakanya padahal ia sendiri bertangan kosong itu, Muryani sudah dapat menilai bahwa warok itu bukan seorang yang berwatak gagah dan hal ini sudah menunjukkan bahwa kepandaiannya tentu belum
seberapa. Dia masih berwatak sewenang-wenang dan licik. Bagaimanapun juga, sambaran senjata pusaka kolor itu bukan tidak berbahaya. Muryani cepat mengelak ke belakang dan sambil memutar tubuhnya, ia balas menyerang dengan tamparan tangannya yang
mengandung Aji Gelap Sewu. Karena dara perkasa itu mengerahkan Aji Kluwung Sakti, maka gerakannya cepat sekali, tubuhnya menjadi ringan dan saking cepatnya ia bergerak, tubuh itu seolah berubah menjadi bayangan. Hampir saja pelipis Warok Surosingo terkena tamparan. Warok itu terkejut setengah mati. Gerakan gadis itu demikian cepat sehingga sukar dia mengikuti dengan pandangan matanya. Bagaikan seekor burung srikatan, gadis itu berkelebatan di sekeliling dirinya. Warok Surosingo menyerang bertujbi-tubi dengan ngawur. Ujung kolornya menyambar-nyambar ke arah bayangan yang berkelebatan itu, namun tak pernah mengenai sasaran.
Tiba-tiba kaki kiri Muryani mencuat dan dapat mencuri bagian yang kosong.
"Wuuuttt bukkkk!" perut yang gendut itu tercium kaki yang mungil itu.
Tampaknya tidak terlalu kuat tendangan dari samping itu. Akan tetapi ternyata tubuh Warok Surosingo gelayaran (terhuyung-huyung) lalu terpelanting dan terguling-guling.
Serial Silat Tanah Jawa
10 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 Namun agaknya tendangan itu tidak cukup kuat sehingga dia mampu melompat bangkit lagi, walaupun napasnya agak terengah dan mulutnya menyeringai menahan rasa nyeri dan mulas dalam perutnya. Biarpun dia sudah melindungi perutnya dengan aji kekebalan tetap saja perutnya terasa mulas karena terguncang oleh kekuatan dahsyat yang terkandung dalam tendangan kaki mungil tadi.
Melihat Warok Surosingo roboh tertendang, para anggauta Klabang Wilis menjadi terkejut dan marah. Mereka lalu maju mengepung dengan senjata siap di tangan. Warok Surosingo juga tidak menghalangi karena diapun mulai merasa jerih terhadap dara yang ternyata sakti mandraguna itu. Muryani hanya berdiri bertolak pinggang dan tersenyum melihat pengepungan mereka.
Pada saat itu terdengar teriakan seseorang. "Heii, kawan-kawan! Jangan membunuh gadis itu. Mari kita menangkapnya hidup-hidup karena ketua kita menginginkan gadis ini?"
Seorang laki-laki tinggi kurus berusia lima puluhan tahun lebih muncul dan mlihat orang ini, Muryani segera teringat bahwa orang itu adalah orang yang dulu bersama Wiroboyo telah menjatuhkannya dan menangkapnya. Untung pada waktu itu ia ditolong oleh Nyi Rukmo Petak vang kemudian menjadi gurunya selama empat tahun. Melihat musuhnya ini, Muryani menjadi marah. Memang orang ini yang dicarinya, orang ini dan Wiroboyo.
"Jahanam busuk, kebetulan engkau berada di sini!" bentaknya dan langsung saja tubuh Muryani menerjang ke arah Darsikun dengan pukulan dahsyat sekali karena dia telah menggunakan aji pukulan Gelap Sewu yang tadi telah menumhangkan sebatang pohon.
"Wuuuttt"!" Darsikun yang kini telah menjadi semakin tangguh setelah menerima gemblengan Ki Harya Baka Wulung selama hampir dua tahun, mengenal pukulan jarak jauh yang mengandung tenaga dalam yang ampuh. Dia cepat menghindarkan diri dengan elakan ke kanan dan lengannya menyambar ke depan untuk mencengkeram pundak kiri gadis itu. Namun Muryani juga sudah mengelak dengan cepat. Pada saat itu, Warok Surosingo sudah menubruk dari belakang. Juga para anggauta Klabang Wilis sudah berlomba untuk menyergap dan meringkus gadis itu. Agaknya mereka semua berlomba untuk dapat meringkus dan mendekap tubuh ranum menggairahkan itu. Akan tetapi dengan trengginas Muryani menggerakkan tubuh berkelebatan di antara para pengeroyoknya, kedua tangan dan kedua kakinya menyambar-nyambar dan berturut-turut empat orang anggauta Klabang Serial Silat Tanah Jawa
11 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 Wilis terpelanting dan roboh terbanting keras tak mampu bangkit kembali karena menderita tulang patah atau otot terkilir!
Melihat ini, para anak buah Klabang Wilis terkejut. Muryani tidak berhenti sampai di situ saja. Ia terus berkelebatan, sukar sekali untuk dapat ditangkap karena tubuhnya seolah telah berubah menjadi bayangan. Kembali serangkaian serangannya membuat empat orang lain terjungkal!
Melihat ini, Darsikun terkejut sekali. Gadis ini tidak seperti empat tahun yang lalu!
Sekarang ia memiliki gerakan yang luar biasa cepatnya dan dia teringat akan nenek berambut putih yang dulu mengalahkan dia dan Wiroboyo. Dia dapat menduga bahwa tentu gadis yang membuat Wiroboyo tergila-gila itu telah mendapat gemblengan dari nenek berambut putih dan kini merupakan seorang lawan yang amat tangguh. Dalam beberapa gerakan saja gadis itu telah merobohkan delapan orang pengeroyok, jadi semua sudah sepuluh orang anak buah Klabang Wilis yang roboh dan tidak mampu mengeroyok lagi.
Kalau diteruskan, mungkin tak lama lagi semua anak buah Klabang Wilis akan roboh, dan dia harus menghadapi gadis sakti mandraguna itu berdua saja dengan Warok Surosingo.
Ah, gadis ini amat berbahaya. Mereka tidak akan menang kalau mencoba untuk
menangkapnya hidup-hidup.
"Serang dengan senjata! Bunuh gadis setan ini!" bentak Darsikun dengan suara lantang dan diapun sudah mencabut kerisnya. Warok Surosingo tetap menggunakan senjatanya yang istimewa, yaitu kolornya. Dua puluh orang sisa anak buah Klabang Wilis ketika mendengar perintah ini, bangkit kembali keberanian mereka. Mereka mencabut senjata masing-masing lalu mulai mengeroyok Muryani.
"Mampus kau!" bentak Darsikun dan dia menerjang dengan kecepatan tinggi, kerisnya menusuk ke arah perut gadis itu dan tangan kirinya dari bawah memukul ke atas, ke arah muka Muryani. Pukulan tangan kiri itu hebat sekali, bahkan 1ebih berbahaya daripada serangan kerisnya. Itulah aji pukulan Cantuka Sakti yang dia dapatkan dari Ki Harya Baka Wulung.
Muryani terkejut juga melihat serangan ganda itu. Ia melangkah ke belakang sehingga tusukan keris luput, akan tetapi pukulan tangan kiri itu terus menghantam ke arahnya dengan tenaga pukulan jarak jauh yang dahsyat. Muryani menggerakkan tangan kanannya, dengan Aji Gelap Sewu menangkis. Pukulan tangan kiri Darsikun terpental ketika bertemu Serial Silat Tanah Jawa
12 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 dengan hawa pukulan yang menangkis dari tangan kanan gadis itu. Pada saat itu kolor Warok Surosingo menyambar dari atas, menghantam ke arah kepala Muryani.
"Wuuttt" darrr".!" Ujung kolor bertemu dengan tangan kiri Muryani yang menangkis ke atas dan kolor itu terpental. Beberapa batang klewang dan keris sudah datang menyerbu bagaikan hujan ke arah tubuh dara perkasa itu.
"Eiiittt". !" Muryani mengeluarkan suara melengking dan tubuhnya sudah mencelat ke atas, lalu membuat gerakan jungkir-balik di udara beberapa kali dan turun di luar kepungan. Akan tetapi dua puluh lebih orang anak buah Klabang Wilis, dipimpin Darsikun dan Warok Surosingo sudah mengepungnya lagi dan menyerang dengan ganas. Mereka semua menyerang dengan niat membunuh gadis yang berbahaya itu. Muryani
menggunakan kelincahan tubuhnya untuk mengelak dan terkadang menangkis dengan kedua lengannya. Agak repot juga gadis itu karena pengeroyokan banyak orang bersenjata, terutama sekali karena Darsikun ternyata cukup tangguh, dibantu warok yang juga bukan orang lemah itu. Muryani tidak terdesak, akan tetapi iapun menemui kesulitan untuk merobohkan para pengerokknya.
Pada saat itu tampak sesosok bayangan berkelebat disusul suara seorang laki laki mencela. "Puluhan orang laki-laki bersenjata mengeroyok seorang gadis bertangan kosong!
Huh, tidak tahu malu!"
Setelah berkata demikian, laki-laki itu mengamuk, menendangi mereka yang
mengeroyok Muryani. Hebat sekali sepak terjangnya. Terdengar para anak buah Klabang Wilis berteriak kesakitan dan tubuh mereka berpelantingan, roboh dan tidak mampu bangkit kembali!
Muryani melihat bahwa pemuda yang membantunya itu bertubuh tinggi tegap tidak terlalu besar namun dadanya bidang. Wajahnya tampan sekali, dengan kulit putih bersih dan rambutnya agak berombak. Tentu saja ia tidak dapat mengamati dengan jelas dan melihat betapa pemuda itu mengamuk dengan tangkasnya, Muryani menjadi semakin bersemangat dan ia pun mengerahkan kegesitan dan tenaganya untuk merobohkan para pengeroyok sebanyak mungkin. Dua orang muda itu kini seakan berlomba cepat
merobohkan para pengeroyok!
Warok Surosingo dan Darsikun kaget bukan main melihat munculnya pemuda asing
yang merobohkan banyak anak buah itu.
Serial Silat Tanah Jawa
13 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Keparat! Engkau sudah bosan hidup!" bentak Warok Surosingo dan dia pun menerjang dengan kolornya. Kolor itu berubah menjadi sinar kuning menyambar ke arah dada pemuda itu. Akan tetapi pemuda itu sama sekali tidak merasa gentar, bahkan dia membusungkan dadanya menyambut hantaman pusaka berupa kolor lawe berwarna kuning itu.
"Wuuuuttt".. darrrr".!" Kolor itu ujungnya seperti meledak bertemu dengan dada yang bidang, akan tetapi pemuda itu tidak tergetar sedikitpun juga, bahkan secepat kilat dia menangkap ujung kolor dan sekali tangannya menyentak kuat, tubuh pendek gendut Warok Surosingo yang berat itu terlontar ke atas! Warok itu mengeluarkan teriakan kaget dan tubuhnya meluncur turun, pemuda itu memapakinya dengan pukulan tangan terbuka.
"Wuuuuttt"..dessss".!!" Tubuh warok itu terlempar dan roboh tak dapat bangkit kembali, dari mulut, hidung, telinga dan matanya mengalir darah. Dia tewas seketika.
Pemuda itu melanjutkan amukannya, merobohkan para pengeroyok dan tinggal beberapa orang saja itu.
Muryani juga tidak mau kalah. Gadis ini mengamuk dan akhirnya semua anak buah Klabang Wilis yang membantu Darksikun dan ikut mengeroyoknya telah roboh satu demi satu. Kini tinggal Darsikun seorang yang masih melawan mati-matian, menggunakan kerisnya. Namun gerakan Muryani yang luar biasa cepatnya itu membuat Darsikun terdesak hebat walaupun gadis itu bertangan kosong saja. Serangan keris Darsikun tak pernah mengenai sasaran karena lawannya sukar sekali diserang, berkelebatan seperti bayang-bayang. Bahkan sebaliknya, Darsikun terdesak karena dia merasa seolah diserang oleh lawan yang bertangan banyak. Darsikun menjadi panik dan mulai ketakutan melihat betapa semua anak buah Klabang Wilis yang berjumlah tiga puluh orang lebih itu, termasuk Warok Surosingo, telah roboh! Pemuda sakti yang datang membantu Muryani itu kini berdiri menonton pertandingan antara dia dan Muryani. Darsikun maklum bahwa keadannya berbahaya sekali, akan tetapi dia tidak melihat jalan untuk melarikan diri.
"Hyaaattt !!" Sambil mengerahkan seuruh tenaganya, Darsikun menyerang ke arah bayangan di depannya. Kerisnya meluncur cepat ke arah dada Muryani. Akan tetapi seperti juga tadi, kerisnya mengenai tempat kosong dan sebelum dia dapat menarik kembali senjatanya, dari samping tangan kanan Muryani menepis dengan bacokan tangan miring ke arah pergelangan tangan kanan Darsikun yang memegang keris.
Serial Silat Tanah Jawa
14 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Dukk'.!" Darsikun mengeluarkan seruan tertahan. Dia merasa tulang pergelangan tangannya seperti remuk dan tak dapat dicegah lagi keris yang dipegangnya terlepas dan mencelat. Cepat dia melangkah ke belakang lalu mengerahkan seluruh tenaganya untuk memukul dan mendorong ke depan dengan kedua tangan terbuka. Tubuhnya berjongkok rendah dan ketika dia mendorongkan kedua tangannya, ada hawa pukulan yang dahsyat menyambar ke depan.
"Ciaaattt".!" Itulah aji pukulan Cantuka Sakti yang dia pelajari dari Ki Harya Baka Wulung. Biarpun aji pukulan itu belum dikuasainya sepenuhnya, namun dia sudah dapat memukul dengan hebat sekali. Pukulan jarak jauh ini mampu merobohkan lawan dalam jarak tiga meter. Kini jarak antara Darsikun dan Muryani kurang dari dua meter, maka dapat dibayangkan betapa dahsyat dan berbahayanya pukulan yang dilakukan Darsikun yang sudah menjadi nekat itu.
Begitu Darsikun berjongkok rendah Muryani sudah menduga bahwa lawannya akan
melakukan pukulan ampuh, maka ia pun lalu mengerahkan tenaganya dan ketika lawan memukul dengan dorongan, ia pun mendorongkan kedua tangannya depan, menggunakan Aji Gelap Sewu yang ia pelajari dari Nyi Rukmo Petak selama empat tahun menjadi murid nenek sakti itu.
"Wuuuttt".blarrr"..!" Dua tenaga sakti yang amat kuat bertemu di udara dan akibatnya, Darsikun terpental dan roboh terguling-guling! Muryani cepat melompat mendekatinya. Ia tadi memang membatasi aji pukulannya karena ia ingin menangkap Darsikun hidup-hidup. Dan ternyata memang belum tewas. Dia menderita luka dalam yang cukup parah sehingga dia tidak mampu melawan lagi. Sambil merintih Darsikun bangkit dan duduk bersila, mengatur pernapasan. Dari ujung bibirnya mengalir darah.
"Hayo mengaku, siapa yang telah membunuh ayahku empat tahun yang lalu itu"
Mengaku atau aku akan menyiksamu!" Muryani membentak.
Darsikun maklum bahwa tidak ada harapan lagi baginya untuk dapat lolos dari
ancaman maut. Dia tersenyum mengejek dan berkata dengan tegas, "Akulah yang membunuh Ki Ronggo Bangak malam itu atas permintaan Ki Wiroboyo!"
Muryani merasa betapa dadanya panas dan hampir meledak saking menahan marah-
nya, akan tetapi ia masih dapat menahan diri. Memang hal ini sudah diduganya. Orang yang menyerangnya malam itu memang bertubuh tinggi kurus seperti ini.
Serial Silat Tanah Jawa
15 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Di mana Wiroboyo si jahanam itu sekarang" Hayo katakan atau aku akan
menyiksamu sehingga engkau akan mati perlaahan-lahan!"
"Ki Wiroboyo kini sedang menyerbu Perguruan Nogodento di Ngawi. Kalau dia berada di sini, jangan harap engkau akan dapat lolos!"
"Jahanam busuk!" bentak Muryani. Akan tetapi pada saat itu, Darsikun menggerakkan kedua tangannya. Muryani menyangka bahwa orang itu akan menggunakan tenaga terakhir untuk menyerangnya, maka ia melangkah mundur. Akan tetapi ternyata Darsikun
menggerakkan kedua tangannya ke atas dan menghantam kepalanya sendiri.
"Krakk!" Dia roboh telentang dan tewas seketika dengan kepala retak-retrik!
Muryani menghampiri seorang anggota Klabang Wilis yang belum tewas. Muryani
yang mengalami patah tulang pundaknya dan merintih-rintih itu menjadi pucat ketakutan ketika Muryani menghampirinya.
"Ampuni saya". " katanya lirih.
"Cepat katakan, di mana Perguruan Nogodento itu dan jangan bohong!"
"Di.... di tepi Bengawan Solo daerah Ngawi.... begitu yang saya dengar.... saya sendiri belum pernah ke sana, den-ajeng...."
Muryani meninggalkan orang itu. Ia melihat pemuda yang tadi membantunya masih berdiri sambil bersedakap memandang kepadanya dengan bibir tersenyum. Ia tidak perduli.
Bagaimanapun juga, ia tidak minta pemuda itu membantunya! Muryani lalu masuk rumah besar untuk mencari Wiroboyo. Akan tetapi ia hanya melihat wanita dan kanak-kanak di sebuah bangunan yang terdapat di perkampungan itu. Tadinya ia berniat untuk membakar semua rumah, akan tetapi melihat para wanita dan kanak-kanak, diurungkan niatnya.
Mereka tidak bersalah, pikirnya, tidak semestinya menjadi korban. Yang patut dibunuh hanyalah Wiroboyo dan Darsikun tadi, juga mereka yang membantu Wiroboyo. Anak buah Klabang Wilis itu pun hanya bawahan saja, maka sudah cukup kalau mereka dihajar dan dirobohkan, tidak perlu dibunuh.
Setelah melakukan penggeledahan seluruh perkampungan dan tidak menemukan
Wiroboyo, dan mendapat keterangan dari isteri Wiroboyo yang masih muda itu bahwa suaminya benar-benar pergi dengan Wiku Menak Koncar dan lima puluh orang anak buah untuk menyerang Perguruan Nogodento di tepi Bengawan Solo di daerah Ngawi, Muryani keluar dari rumah besar itu. Ia telah memeriksa semua rumah di perkampungan itu dan Serial Silat Tanah Jawa
16 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 tidak menemukan Wiroboyo, maka cepat-cepat ia berlari keluar dari perkampung itu tanpa memperdulikan pemuda yang tadi telah membantunya! Dengan mengerahkan Aji Kluwung Sakti, tubuhnya berkelebat cepat dan sebentar saja ia sudah menuruni Gunung Wilis.
Ketika ia tiba di lereng gunung ter bawah, Muryani terkejut melihat seorang pemuda duduk di atas batu besar di tepi jalan setapak yang dilaluinya. Pemuda tu bukan lain adalah pemuda tampan yang tadi telah membantunya! Bagaimana mungkin pemuda itu sudah berada di situ" Ia mempergunakan Aji Kluwung Sakti yang membuat ia dapat berlari cepat sekali. Akan tetapi pemuda itu tahu-tahu telah ada di depannya. Ini berarti bahwa pemuda itu dapat berlari lebih cepat daripadanya! Bagaimana mungkin" Pemuda itu duduk bersila dengan kedua tangan bersedakap (bersilang depan dada) seperti orang dalam samadhi!
Akan tetapi Muryan tidak perduli dan ia berlari terus. Ia merasa tidak mempunyai urusan dengan pemuda itu!
Kini Muryani mengerahkan seluruh tenaganya menggunakan Aji Kluwung Sakti
sehingga tubuhnya bagaikan terbang meluncur menuruni lereng terakhir. Akan tetapi ketika ia tiba di kaki Gunung Wilis dan berada di jalan yang dibuat oleh penduduk daerah itu, tiba-tiba tertegun melihat pemuda yang tadi telah berdiri menghadang di depannya! Karena pemuda itu berdiri di tengah jalan, sengaja menghadangnya, Muryani mengerutkan alisnya dan memandang marah. "Hei, mau apa engkau menghadang jalananku?" tegurnya ketus.
Pemuda itu tersenyum dan wajahnya sungguh tampan menarik ketika tersenyum.
"Nona, kenapa engkau begitu membenciku?"
Muryani mengerutkan alisnya, akan tetapi memandang heran mendengar pertanyaan yang tidak disangka-sangkanya itu. "Siapa membenci siapa" Aku tidak mengenalmu, tidak ada urusan di antara kita, mengapa aku harus membencimu?"
Pemuda itu membungkuk dengan sikap hormat. "Maafkan aku, nona. Akan tetapi kita saling berjumpa di sarang Klabang Wilis dan lereng tadi, nona sama sekali tidak menyapaku, bahkan memandangpun tidak seolah-olah engkau marah dan membenciku."
Ucapan pemuda itu lembut, sama sekali tidak mengandung teguran, hanya memberi alasan mengapa dia menganggap gadis itu membencinya.
Muryani menatap tajam wajah pemuda itu. Kini tampak betapa tampan dan
menyenangkan wajah yang penuh senyum dan matanya bersinar lembut dan sopan itu.
Akan tetapi ia seorang gadis yang keras hati, tidak mau memperlihatkan perasaannya.
Serial Silat Tanah Jawa
17 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Kenapa aku seorang wanita harus menyapamu" Engkau yang pria juga tidak
menyapaku!" jawabnya agak ketus.
"Aahh".. begitukah" Akan tetapi, nona, aku telah membantumu menghajar para pengeroyokmu tadi!"
"Hemmm, siapa yang minta" Aku tidak butuh bantuanmu!"
"Ahh.... benar juga. Engkau seorang wanita sakti mandraguna, tidak dibantu juga engkau akan dapat menghajar mereka semua. Maafkan kelancanganku, nona. Baiklah sekarang aku tidak mengaku telah membantumu, hanya, aku penasaran melihat banyak laki-laki mengeroyok seorang wanita, maka karena penasaran dan marah aku lalu menerjang mereka. Sekali lagi, harap engkau sudi memaafkan aku, nona."
Muryani merasa tidak enak juga hatinya melihat pemuda itu berulang minta maaf dan mengaku salah. Padahal, andaikata ia tidak kalah sekalipun, namun harus ia akui secara diam-diam bahwa pengeroyokan demikian banyaknya orang tadi membuat ia repot dan agak kewalahan. Sesungguhnya bantuan pemuda itu tadi menguntungkan dirinya.
"Sudahlah, lupakan saja. Hanya lain kali kalau ingin membantu orang, katakanlah lebih dulu," kata Muryani dan wajahnya tidak cemberut lagi, bahkan suaranya juga lembut dan sedikit senyuman membayang di bibirnya yang manis.
Melihat ini, pemuda itu kembali membungkuk dengan sikap hormat dan wajahnya
berseri gembira. "Ah, terima kasih, nona. Sejak tadi akupun sudah yakin bahwa engkau adalah seorang dara perkasa yang bijaksana. Aku akan merasa bangga dan berbahagia kalau nona sudi berkenalan dengan orang hina dan bodoh macam saya. Nona, nama saya adalah Satyabrata, seorang pengembara berasal dari Cirebon. Bolehkan saya mengetahui siapa nama nona yang mulia?"
Menghadapi sikap dan ucapan yam lembut dan penuh kesopanan itu, Muryani merasa tidak enak kalau bersikap keras. Ia mulai tersenyum dan menjawab, "Aku bernama Muryani berasal dari leeng Gunung Lawu."
"Nama yang indah sekali. Bagaimana iku harus menyebutmu" Den-ajeng Muryani, begitukah?"
"Ah, aku bukan puteri bangsawan. Sebut saja Muryani," kata Muryani yang pada dasarnya memiliki watak yang ramah dan sama sekali tidak angkuh.
"Baiklah, karena aku yakin bahwa aku jauh lebih tua darimu, usiamu sudah dua puluh Serial Silat Tanah Jawa
18 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 enam tahun, maka kalau engkau tidak keberatan, aku akan menyebutmu diajeng Muryani.
Bagaimana?"
"Sesukamulah, bagiku sama saja."
"Nah, diajeng Muryani, setelah kita berkenalan dan kalau engkau sudi menganggap aku sebagai sahabat, mari kita bicara tentang niatmu melakukan pengejaran terhadap orang yang bernama Wiroboyo ketua Klabang Wilis itu."


Seruling Gading Lanjutan Pecut Sakti Bajrakirana Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Hemm, kakangmas Satyabrata, apa hubungannya niatku itu denganmu" Aku melakukan pengejaran terhadap musuh besarku, kurasa tidak ada sangkut-pautnya denganmu."
Muryani terpaksa menyebut pemuda itu kakangmas, karena pemuda itu menyebutnya diajeng.
Satyabrata girang bukan main mendengar sebutan itu. Pemuda ini sejak dewasa,
beberapa tahun yang lalu ketika dia belum menemukan ilmu-ilmu yang hebat di sumur, ketika dia masih ikut dengan Willem Van Huisen perwira kumpeni Belanda sebagai anak angkatnya, telah merupakan seorang pemuda petualang cinta. Banyak wanita yang tergila-gila kepadanya karena dia memang tampan gagah dan pandai membawa diri dan diapun menyambut wanita-wanita yang dianggapnya cantik menarik dengan penuh gairah Satyabrata menjadi seorang pemuda mata keranjang yang suka mengejar dan mempermain-kan wanita-wanita cantik. Maka tidaklah mengherankan jika sekarang, bertemu dengan Muryani, dia seketika menjadi tergila-gila. Bukan hanya kecantikjelitaan Muryani yang membuat dia tergila-gila, terutama sekali kesaktiannya. Sepak terjang gadis itu ketika mengamuk dikeroyok banyak orang membuat dia terkagum-kagum. Biarpun sudah banyak gadis atau janda yang terkulai dalam pelukannya, namun belum pernah dia mendapatkan seorang kekasih yang memiliki kesaktian seperti Muryani. Dia kagum dan terpesona, dan seketika dia jatuh cinta.
Mendengar ucapan Muryani tadi, Satyabrata tersenyum. "Tentu saja, diajeng. Urusan pribadimu tidak ada sangkut-pautnya dengan aku dan aku juga tidak berhak untuk mencampuri. Akan tetapi maafkan aku, diajeng Muryani. Tadi sebelum meninggalkan sarang Klabang Wilis, aku memaksa seorang anak buah mereka mengaku dan menurut pengakuannya tadi, ketua Klabang Wilis yang bernama Wiroboyo itu pergi menyerang Perguruan Nogodento di tepi Bengawan Solo daerah Ngawi didampingi gurunya yang bernama Wiku Menak Koncar dan membawa anak buah sebanyak lima puluh orang.
Serial Silat Tanah Jawa
19 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 Berbahaya sekali kalau engkau melakukan pengejaran, diajeng."
"Hemm, aku tidak takut!" kata Muryani.
"Aku tahu, diajeng. Seorang dara sakti mandraguna seperti andika ini sudah tidak takut menghadapi lawan yang bagaimanapun juga dan aku mengagumi keberanianmu. Akan
tetapi ketahuilah diajeng Muryani. Aku sudah pernah mendengar tentang kakek yang bernama Wiku Menak Koncar ini. Dia adalah seorang datuk besar dari Blambangan yang benar-benar sakti mandraguna dan merupakan seorang lawan yang tangguh dan berbahaya.
Belum lagi Wiroboyo yang telah menjadi murid orang sakti itu, tentu juga memiliki kepandaian yang tinggi dan jangan dilupakan bahwa mereka masih dibantu lima puluh orang anak buah Klabang Wilis."
"Kalau begitu, mengapa?"
"Begini, diajeng. Kita sudah saling berkenalan dan engkau telah kuanggap sebagai seorang sahabat. Karena itu, aku merasa tidak tega membiarkan engkau seorang diri menghadapi lawan yang demikian tangguh dan banyak. Kalau engkau tidak berkeberatan, aku ingin sekali menemanimu dan membantumu menghadapi mereka."
Muryani mengamati wajah pemuda itu dan mempertimbangkan. Pemuda ini meniliki
kepandaian tinggi. Hal itu bukan hanya terbukti ketika dia tadi membantunya, akan tetapi juga telah dibuktikan bahwa pemuda itu memiliki ilmu berlari yang lebih cepat daripadanya! Tadi ia suah menggunakan Aji Kluwung Sakti, namun tetap saja pemuda itu dapat tiba di kaki gunung lebih cepat daripadanya. Bantuan pemuda ini tentu saja amat mengntungkan baginya dan pemuda inipun bersikap baik sekali dan bagaimanapun juga, Muryani harus mengakui bahwa diam-diam ia kagum dan tertarik kepada pemuda Cirebon ini. Kalau ia menolak tawaran pemuda itu yang ingin membantunya, ia akan menderita rugi. Kalau ia menerimanya, selain lebih besar harapanya untuk dapat mengalahkan Wiroboyo dan teman-temannya, juga ia akan dapat mengenal pemuda ini lebih baik lagi dan mengamati wataknya.
"Tapi".. aku tidak minta bantuanmu, kakangmas Satyabrata," katanya meragu.
Pemuda itu tersenyum. "Aku juga tidak hendak membantumu, diajeng. Aku hanya ingin menentang Wiroboyo dan kawan-kawannya dan karena tujuan kita sama, maka apa salahnya kalau kita melakukan perjalanan bersama?"
"Akan tetapi kenapa engkau menentang mereka?"
Serial Silat Tanah Jawa
20 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 "Kenapa" Engkau menentang mereka dan kenyataan itu saja sudah cukup bagiku.
Karena engkau menentang mereka maka aku yakin bahwa mereka adalah orang-orang jahat, maka aku ingin menentang mereka."
Setelah berpikir sejenak, membayangkan bahwa tentu akan jauh lebih menyenangkan melakukan perjalanan dengan pemuda yang pandai membawa diri dan sopan santun ini daripada sendirian, Muryani berkata, "Baiklah, kalau engkau ingin melakukan perjalanan bersama, aku tidak keberatan."
Satyabrata girang !sekali. "Kalau begitu, mari kita lanjutkan perjalanan, diajeng Muryani. Aku mengetahui jalan yang lebih enak, cepat dan tidak melelahkan menuju ke daerah Ngawi."
"Begitukah, kakang-mas Satyabrata?"
"Benar, kita dapat mengambil jalan melalui sungai. Di barat sana, tak jauh dari sini, terdapat Kali Ngebel. Kali itu mengalir ke utara melalui Kadipaten Madiun dan terus menuju ke Ngawi. Dengan naik perahu mengikuti aliran sungai Ngebel, kita tidak akan terlalu lelah dan perlananan dapat dilakukan lebih cepat."
Muryani merasa girang. Tidak rugi melakukan perjalanan dengan pemuda ini yang ternyata memiliki pengetahuan luas. Mereka lalu melakukan perjalanan ke arah barat dan menjelang senja tibalah mereka di tepi sebuah sungai. Itulah Kali Ngebel yang mengalir ke utara. Satyabrata mencari perahu. Setelah menemukan perahu milik seorang nelayan, dia lalu membeli perahu itu. Dia membayar mahal dan royal sekali sehingga petani nelayan itu menerima pembayaran dengan gembira. Hal ini menambah rasa suka dalam hati Muryani terhadap pemuda itu.
Setelah mendapatkan perahu, mereka lalu mulai perjalanan mereka ke utara melalui Kali Ngebel, naik sebuah perahu yang beratap sederhana.
Malam tiba. Karena malam itu gelap, tiada bulan, Satyabrata tidak berani melanjutkan perjalanan mereka. Berperahu di malam gelap seperti itu berbahaya. Kalau perahunya menabrak sesuatu dalam gelap, perahu kecil itu dapat terbalik. Terpaksa dia menunda perjalanan, mendayung perahu ke pinggir, melompat ke darat dan mengikatkan tali perahu ke sebatang pohon.
"Kita tidak melanjutkan perjalana kakang-mas?" tanya Muryani.
"Tidak mungkin, diajeng. Malam gelap sekali, kita tidak dapat melihat apa-apa di Serial Silat Tanah Jawa
21 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 depan kita. Kalau perahu membentur sesuatu, dapat terbalik, berbahaya sekali. Terpaksa kita melewatkan malam di sini. Engkau tidurlah, diajeng, aku akan membuat api unggun di tepi sungai."
Muryani merebahkan diri dalam perahu, di bawah atap anyaman bambu. Ia merasa
lelah sekali dan rebah telentang di dalam perahu yang bergoyang-goyang sedikit itu sungguh nyaman, rasanya seperti diayun-ayun.
Satyabrata mengumpulkan ranting dan daun kering lalu membuat api unggun di tepi sungai. Akan tetapi matanya sejak tadi memandang ke arah perahu. Pemuda ini merasa jantungnya berdebar-debar. Sejak tadi dia menahan perasaan hatinya. Dia tergila-gila kepada Muryani! Gairah nafsunya timbul dan kini bernyala, berkobar seperti api unggun yang mulai membesar. Sinar api unggun menerangi sampai ke atas perahu dan dia dapat melihat tubuh gadis itu dari pinggang ke bawah terjulur keluar dari bawah atap. Dia harus menundukkan gadis itu, dia ingin memiliki gadis yang membuatnya tergila-gila itu! Diam-diam Satyabrata lalu mengerahkan tenaga batinnya, memasang Aji Pengasihan Mimi Mintuno. Hawa yang dingin sejuk semilir ke arah tubuh Muryani yang rebah telentang di dalam perahu.
Gadis itu belum tidur. Tiba-tiba ia merasa seluruh permukaan kulit tubuhnya
merinding, jantungnya berdebar. Gadis itu telah digembleng dengan keras oleh mendiang Nyi Rukmo Petak. Mengalami hal aneh itu ia menjadi waspada. Bulu tengkuknya yang meremang dan rasa dingin sejuk yang dirasakannya merupaka tanda bahwa ada sesuatu yang tidak wajar, sesuatu yang tidak baik dan merupakan tanda bahaya. Mungkin hal ini terasa karena ia rebah di dalam perahu yang bergoyang-goyang, atau mungkin di tempat yang sunyi ini ada sesuatu yang angker. Tempat-tempat seperti itu memang terkadang dihuni roh-roh penasaran yang suka mengganggu manusia. Maka Muryani segera
mengerahkan tenaga batinnya untuk melindungi dirinya dari pengaruh yang tidak wajar.
Melihat betapa setelah beberapa lamanya dia mengerahkan aji Pengasihan Mimi
Mintuno namun gadis itu tidak tampak terpengaruh, masih tetap rebah dengan tenang, Satyabrata menghentikan pengerahan aji itu. Dia maklum bahwa Muryani seorang gadis sakti mandraguna Mungkin saja aji pengasihannya tidak cukup kuat untuk mempengaruhinya. Dia harus berhati-hati dan tidak boleh sembrono menghadapi gadis ini. Kalau sampai ketahuan oleh gadis itu bahwa dia mempergunakan aji pengasihan, tentu gadis itu akan Serial Silat Tanah Jawa
22 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 marah dan mengamuk. Dia tidak ingin kehilangan Muryani, tidak ingin gadis itu memusuhi dan membencinya. Dia benar-benar terpikat dan tergi-gila, jatuh cinta seperti yang belum pernah dia alami.
Satyabrata lalu mengerahkan tenaga batin untuk memasang aji yang lain sama sekali, kini ia hendak menggunakan aji Penyirepan Begonondo. Mulutnya berkemak-kemik
membaca mantera, tangan kirinya mengambil tanah, kemudian dia melemparkan tanah itu ke atas atap perahu. Dia mendengar suara berkerotoknya tanah berpasir itu ke atas atap perahu dan menunggu. Tidak terdengar atau tampak gadis itu bergerak. Dia makin memperkuat pengerahan tenaga batinnya untuk membuat gadis itu pulas senyenyak-
nyenyaknya. Setelah merasa yakin bahwa gadis itu benar-benar berada dalam pengaruh aji penyirepannya, Satyabrata lalu menambahkan ranting kering pada api unggun sehingga api bernyala lebih besar. Kemudian dia menghampiri perahu dan naik ke perahu. Dia berjongkok dekat tubuh Muryani dan melihat bahwa gadis itu benar-benar telah tidur pulas.
Aji Penyirepannya memang ampuh bukan main. Pernapasan yang panjang lembut dari gadis itu menunjukkan bahwa ia benar-benar tertidur pulas. Sinar api unggun membuat penerangan cukup sehingga dia dapat memandang wajah gadis itu dengan jelas. Muryani tersenyum dalam tidurnya tampak ayu manis menggairahkan. Bibir itu sedikit terbuka penuh tantangan. Tak terasa tangan Satyabrata bergerak menyentuh pundak gadis itu.
Sentuhan lembut itu membuat jari-jari tangannya tergetar dan getaran ini menjalar di seluruh tubuhnya, membangkitkan berahi dan gairahnya berkobar-kobar. Akan tetapi ketika perlahan-lahan dia mendekatkan mukanya untuk mencium mulut yang agak terbuka itu, tiba-tiba dia seperti tersentak dan menarik kembali mukanya ke belakang.
"Tidak"..! Tidak mungkin aku melakukan ini"!" Dia menampar kepalanya sendiri dan duduk bersila. Dia tidak tega untuk memperkosa Muryani seperti ini! Dia telah jatuh cinta kepada gadis itu, jatuh cinta dengan setulus hatinya. Dia ingin Muryani menyerahkan diri kepadanya dengan suka rela, dengan tulus, bukan karena terpengaruh aji penyirepan dan aji pengasihan, apalagi bukan karena diperkosa! Dia merindukan balasan cinta kasih Muryani.
"Jangan mengharapkan yang muluk-muluk," suara lain terdengar di kepalanya. "Kalau begitu, engkau tidak akan mendapatkannya, engkau akan kehilangan ia! Ambil saja sekarang dan ia akan menjadi milikmu. Lihat betapa indah mulutnya, betapa indah Serial Silat Tanah Jawa
23 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 tubuhnya, betapa mulus kakinya." Bisikan itu membuat gairahnya semakin berkobar membakarnya. Kembali kedua tangannya bergerak ke depan, hendak memegang, memeluk.
Akan tetapi seperti juga tadi, kasih sayangnya yang tulus membuat dia tersentak kembali, menarik kedua tangannya, bahkan dia lalu bangkit berdiri.
"Tidak! Tidak boleh! Aku cinta padanya, aku menginginkan cintanya, bukan sekedar tubuhnya!" Dia berkata dan dia melompat keluar dari perahu. Gairahnya masih berkobar, seluruh tubuhnya gemetar dan tidak kuat menahan gelora berahinya. Mukanya menjadi merah sekali dan matanya menjadi liar. Setiap kali menoleh dan memandang ke arah tubuh Muryani di perahu, rasanya ingin dia menubruknya. Akan tetapi selalu ditahannya dan akhirnya Satyabrata tidak kuat bertahan lagi dan dia melarikan diri dari tepi sungai, masuk ke dalam kegelapan malam.
Tak lama kemudian tibalah dia di tempat yang dicari-carinya, yaitu di dalam sebuah dusun. Satyabrata mengintai dari rumah ke rumah, mencari-cari. Akhirnya dia menemukan apa yang dia butuhkan dan cari. Dalam sebuah bilik bambu yang sederhana itu dia melihat seorang gadis dusun sedang rebah miring dan tidur pulas. Wajah Satyabrata tampak beringas menakutkan, terutama sepasang matanya yang bersinar-sinar seperti mata seekor harimau dalam gelap. Dia menemukan apa yang dicarinya. Dengan mudah dia
membongkar pintu belakang rumah itu dan menyelinap masuk tanpa mengeluarkan suara gaduh. Dengan mudah dia membuka pintu kamar gadis itu, melangkah masuk dan melihat gadis itu, dia lalu menerkamnya seperti seekor harimau kelaparan menerkam seekor domba! Gadis itu menjerit. Lampu kecil di atas meja, bergoyang-goyang.
Seorang laki-laki setengah tua memasuki kamar itu. "Sumi".. ada apakah...?" seru laki-laki itu.
Sebuah tamparan menyambut laki-laki lalu. Tamparan yang kuat dan cepat sekali, mengenai pelipisnya dan laki-laki dusun itupun terpelanting roboh, tak bergerak lagi.
Satyabrata yang telah merobohkan laki-laki itu lalu kembali menerobos mangsanya yang menggigil ketakutan di atas pembaringan kayu.
Nafsu berahi, seperti segala macam nafsu, apabila terkendali merupakan berkah dan nikmat, akan tetapi sekali lepas kendali, nafsu menjadi alat iblis untuk menyeret manusia ke dalam dosa sehingga manusia berubah menjadi iblis yang kejam dan jahat. Nafsu berahi adalah sesuatu yang indah, bahkan suci bagi sepasang suami isteri yang saling mencinta Serial Silat Tanah Jawa
24 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 14 suci karena selain menjadi pencurahan kasih sayang yang paling mendalam antara dua orang manusia berlawanan ke lamin, juga menjadi sarana perkembangbiakan manusia.
Akan tetapi, sekali nafsu berahi lepas kendali, menjadi alat iblis untuk memperhamba manusia, maka manusia dapat melakukan segala macam kekejian dan kehinaan sehingga terjadilah perjinaan, pelacuran, perkosaan dan sebagainya. Pada saat itu Satyabrata sudah bukan manusia lagi, melainkan iblis sendiri yang menguasai dirinya melalui nafsu binatangnya. Satyabrata dapat melakukan kekejian ini karena memang sejak berada di Cirebon dahulu dia sudah terlalu menuruti gairah nafsu berahinya sehingga dia menjadi hamba nafsunya, sering bermain gila dengan gadis, janda atau bahkan isteri orang yang menarik hatinya karena kecantikan wanita itu. Maka sekarang, ketika gairah nafsunya bangkit karena dia tergila-gila kepada Muryani namun dia tidak tega memperkosa gadis yang benar-benar telah meruntuhkan hatinya itu, gairah nafsunya menuntut pelepasan maka dia lalu mencari korban wanita mana saja asal memiliki daya tarik baginya. Dan gadis dusun yang tak berdosa itulah yang menjadi korban dan mangsanya.
Tak lama kemudian bayangan Satyabrata telah berkelebat di malam gelap, meninggalkan dusun itu, meninggalkan gadis dusun yang menangis sesenggukan, menangisi diri sendiri yang telah ternoda, dan menangisi ayahnya yang telah tewas.
Bagaikan setan Satyabrata berjalan menyusuri sungai dalam kegelapan. Kalau ada orang melihatnya, tentu orang itu akan lari ketakutan dan mengira dia setan karena memang tingkahnya tidak seperti manusia. Dia tertawa-tawa menyeramkan, tertawa penuh kepuasan seperti orang gila. Memang dia bukan manusia waras lagi. Satyabrata telah menjadi tidak waras, pikirannya telah kacau dan miring, dia telah menjadi gila setelah mempelajari semua ilmu di dalam sumur tua, ilmu-ilmu peninggalan mendiang Resi Ekomolo. Kegilaannya memang luar biasa. Dalam keadaan biasa dia bahkan dapat bersikap cerdik dan licik bukan main, pandai membawa diri sehingga tampak sopan santun, lembut dan bijaksana. Akan tetapi saat itu, ketika berjalan menyusuri sungai untuk kembali ke tempat di mana dia meninggalkan Muryani dalam perahunya, dia lebih pantas disebut iblis Suara tawanya saja sudah bukan suara tawa manusia lagi.
(Bersambung jilid XV)
Serial Silat Tanah Jawa
25 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 SERULING GADING
Jilid 15 (Lanjutan "Pecut Sakti Bajrakirana")
Karya: Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Jilid XV SETELAH tiba di dekat perahu, Satyabrata dapat
menguasai dirinya lagi. Dia melihat bahwa api
unggunnya sudah padam. Hawa udara menjelang
pagi itu dingin sekali. Dia cepat menyalakan api
dan membuat api unggun sehingga api menyala
besar menerangi keadaan sekelilingnya. Dia duduk
termenung di dekat api unggun, membelakangi
perahu. Terkadang dia tersenyum-senyum dan
jelas dia menahan gelak tawanya, agaknya dia masih bergembira mengenangkan kembali keganasannya di dalam bilik rumah dusun tadi. Sementara itu, pagi sudah hampir menyingsing di sana-sini mulai terdengar kicau burung.
Satyabrata menoleh dan melihat kedua kaki Muryani, agaknya dia baru teringat kepada gadis itu. Betapa dia amat mencinta Muryani! Perasaan hangat memenuhi dadanya. Akan tetapi kehangatan hatinya karena cintanya itu terganggu oleh bayangan kenangan di atas pembaringan di dalam bilik kamar tidur gadis dusun tadi. Tiba-tiba dia merasa betapa dia telah mengkhianati cintanya terhadap Muryani! Timbul penyesalan yang amat besar dalam hatinya, bukan menyesal karena dia telah melakukan kejahatan memperkosa gadis dusun itu, sama sekali bukan. Dia merasa amat menyesal karena dia telah mengkhianati cinta kasihnya terhadap Muryani. Inilah yang mendatangkan penyesalan luar biasa dan tak dapat ditahannya lagi, Satyabrata menangis di depan api unggun, menangis sampai mengguguk seperti anak kecil!
Lama sekali Satyabrata menangis, seakan untuk mengimbangi tawanya yang terbahak-bahak tadi. Dia tidak tahu bahwa suara tangisnya terdengar oleh Muryani dan membangunkan gadis itu dari tidurnya. Muryani bangkit duduk dan merasa heran sekali melihat dan mendengar pemuda itu menangis. Ia menjulurkan tangannya keluar perahu, menggunakan air sungai yang Serial Silat Tanah Jawa
1 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 di bagian itu amat bening untuk membasuh mukanya sehingga ia merasa segar kembali dan sudah sadar sepenuhnya. Ia tadinya masih ragu, merasa bahwa ia bermimpi melihat pemuda yang gagah perkasa itu menangis sampai mengguguk. Akan tetapi setelah membasuh mukanya ia masih melihat Satyabrata menangis, ia menjadi heran dan penasaran. Ia keluar dari perahu menghampiri pemuda yang agaknya begitu terbenam dalam kesedihannya sehingga tidak mendengar Muryani keluar dari perahu.
"Kakangmas Satyabrata !" Muryani memanggil setelah ia berdiri di belakang pemuda itu.
Satyabrata terkejut dan menengok, mengangkat mukanya. Muryani melihat betapa kedua mata pemuda itu merah dan agak membengkak oleh tangis, wajahrnya tampak memelas sekali sehingga merasa iba sekali. Wajah itu seperti wajah orang yang dilanda kedukaan yang teramat mendalam. Pada saat itu, Satyabrata telah menguasai dirinya dan dia kini menjadi seorang pemuda yang luar biasa cerdiknya. Karena merasa iba, Muryani lalu duduk di dekat pemuda itu, depan api unggun.
"Ohh?" diajeng Muryani... engkau sudah bangun...." Ah, aku.... aku". maafkan aku" "
kata pemuda itu gagap dan dengan kedua tangannya dia berusaha untuk mengusap air mata yang membasahi. mukanya.
"Kakangmas, engkau kenapakah" Apa yang membuat engkau menjadi begini sedih"
Hampir aku tidak percaya melihat engkau menangis tadi, kakangmas," tanya Muryani dan suaranya terdengar halus karena ia merasa kasihan.
Saat itu yang berhadapan dengan Muryani bukanlah Satyabrata yang gila, melainkan Satyabrata yang cerdik luar biasa. Mendengar pertanyaan itu, Satyabrata mengusap-usap air mata yang mulai menetes dari kedua matanya dan dia berkata dengan suara parau dan gemetar.
"Aduh.... diajeng.... terima kasih atas perhatianmu kepadaku.... Ketika tadi aku duduk seorang diri di sini, teringat olehku betapa hidupku.... sebatangkara... tak sorangpun memperdulikan diriku... aku terlunta-lunta, tersia-sia.... aku menjadi sedih, diajeng...."
Muryani merasa tersentuh hatinya dan terharu sekali. "Kakangmas, di manakah ayah ibumu?"
Satyabrata menutupkan kedua tangan di depan matanya dan Muryani melihat betapa air mata menetes keluar dari celah-celah jari kedua tangan itu.
"Ah, diajeng... justeru karena teringat kepada ayah ibuku maka hatiku sedih.... ayah....
ayahku seorang bangsa kulit putih, seorang Portugis... dia telah meninggal dunia.... juga ibuku, Serial Silat Tanah Jawa
2 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 seorang Jawa.... telah meninggal dunia. Aku tidak mempunyai siapa-siapa lagi, diajeng..."
Muryani merasa jantungnya seperti diremas. Semua pengakuan pemuda itu bagaikan keris menghunjam hatinya, mengingatkan ia akan keadaan dirinya sendiri.
"Kakangmas Satyabrata..." suara Muryani gemetar, matanya basah dan tangan sudah berada di ujung bibirnya yang bergerak-gerak, hatinya dipenuhi keharuan, ".... engkau tidak sendirian, kakangmas, akupun.... ibuku telah tiada dan ayahku". ayah terbunuh orang".
akupun hidup sebatangkara di dunia ini.... "
"Aduh Gusti?" ! Tak kusangka.... kasihan sekali engkau, diajeng Muryani....." kata Satyabrata sambil memegang kedua tangan gadis itu.
Muryani mulai menangis. "Engkau". engkaupun kasihan sekali, kakangmas..... "
Keduanya menangis dan saling rangkul, bertangisan dan saling menggunakan pundak masing-masing untuk bersandar. Sampai lama mereka berada dalam keadaan seperti itu, bertangisan dan berangkulan, tenggelam ke dalam keharuan.
Tiba-tiba Muryani terkejut. Ia melihat kenyataan yang terjadi dalam hatinya. Ia bukan hanya merasa kasihan, bukan hanya terharu. Ia merasa betapa ia telah jatuh cinta kepada pemuda ini! Bagaikan kilat wajah Parmadi terbayang depan matanya. Parmadi yang baik hati dan yang pernah menjatuhkan hatinya. Akan tetapi sekarang ia melihat perbedaan yang mencolok antara dua orang pemuda itu. Parmadi seorang pemuda yang berwatak gagah berani, akan tetapi dia seorang pemuda biasa yang lemah, sebaliknya Satyabrata adalah seorang pemuda yang sakti mandraguna! Seorang pemuda yang juga sebatangkara seperti ia dan Parmadi, seorang pemuda yang tidak kalah tampan dibandingkan Parmadi dan yang bersikap baik sekali, lembut, sopan dan amat menarik hati di samping kesaktiannya yang mengagumkan hatinya. Kesadaran bahwa ia telah jatuh cinta, mengejutkan hati Muryani dan dengan lembut ia merenggangkan tubuhnya, menarik kepalanya ke belakang dan melepaskan rangkulannya. Akan tetapi dengan lembut Satyabrata memegang kedua tangannya dan Muryani tidak tega menarik lepas tangannya setelah memandang wajah pemuda itu, begitu penuh duka dan harapan.
"Terima kasih kepada Tuhan, setidaknya sekarang aku tahu bahwa di dunia ada seorang yang merasa senasib dan merasa kasihan kepadaku, yaitu engkau diajeng Muryani. Aku merasa berbahagia sekali telah dapat bertemu, berkenalan dan menjadi sahabatmu. Semoga persahabatan kita akan kekal dan aku akan mempertaruhkan jiwa ragaku untuk membelamu.
Aku akan menghajar dan menangkap musuh besarmu si Wiroboyo itu untukmu diajeng.
Serial Silat Tanah Jawa
3 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 Bukankah dia yang telah membunuh orang tuamu?"
"Pembunuhnya adalah orang yang bunuh diri tadi, akan tetapi yang menyuruh adalah Wiroboyo. Dialah musuh besarku. Terima kasih untuk kesediaanmu membantuku, kakangmas.
Akupun merasa berbahagia sekali dapat bersahabat denganmu."
Dapat dibayangkan betapa gembira rasa hati Satyabrata. Dia benar-benar jatuh cinta kepada Muryani dan dia ingin sekali menguasai gadis itu secara suk rela, bukan paksaan, bukan pula dengan pengaruh aji pengasihan. Dia ingin dicintai gadis itu dan dia tahu bahwa untuk mendapatkan cinta gadis itu, dia harus pandai mengambil hatinya, pandai merayunya.
"Mari kita lanjutkan perjalanan kita, diajeng. Nanti kalau kita lewat di sebuah dusun, kita mencari makanan untuk sarapan pagi."
Mereka naik ke perahu dan Satyabrata segera mendayung perahu ke tengah sungai. Dia bersikap sopan, lembut dan amat menghormati dan menghargai Muryani. Tutur sapanya semanis madu, gerak-geriknya sopan memikat dan menarik hati, rayuannya halus dan mengelus hati. Tidak mengherankan kalau selama dalam perjalanan itu hati Muryani semakin tertarik. Ia menganggap Satyabrata seorang pemuda yang pandai, lembut, sopan, bahkan matang pengalamannya, sedikit-sedikit menyebut nama Gusti Allah seakan dia seorang yang beribadat dan saleh.
Muryani adalah seorang gadis yang berwatak keras, apalagi setelah menjadi murid Nyi Rukmo Petak yang pada dasarnya memiliki watak aneh dan keras. Akan tetapi gadis ini memiliki kelemahan, yaitu ia mudah sekali terbujuk oleh rayuan. Ia menilai orang, dalam hal ini laki-laki, dari sikap dan tutur sapanya juga dari perbuatannya. Dilihatnya pemuda yang baru dikenalnya itu selalu berbuat baik dan menentang kejahatan, bertutur sapa semanis madu, dan bersikap sopan dan lembut. Maka, menghadapi rayuan laki-laki seperti ini, runtuhlah hatinya dan ia percaya sepenuhnya bahwa Satyabrata adalah seorang laki-laki yang pantas untuk rnenjadi sahabat, bahkan pantas untuk dicintai!
Manusia lemah pada umumnya mudah dirayu, menilai seseorang dari sikap tutur sapa, dan perbuatannya. Mereka itu lupa bahwa sikap, tutur sapa dan perbuatan mudah diatur, dapat berpura-pura dan hanya dipakai sebagai topeng belakang. Belum tentu semua itu mencerrninkan keadaan watak atau hati yang serupa. Semua itu hanya kulit, tak mencerminkan isinya dan semua keindahan lahiriah itu biasanya oleh para pria dipergunakan untuk memancing hati wanita, dipergunakan sebagai umpan. Kalau si wanita sudah terpancing dan Serial Silat Tanah Jawa
4 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 berhasil didapatkan, lambat-laun barulah tampak belangnya, baru tampak isinya yang busuk, baru tampak apa yang berada di balik topeng yang indah. Bagaikan musang berbulu ayam, harimau bertopeng domba. Karena itu, seorang yang bijaksana, terutama sekali para wanita, seyogianya selalu waspada terhadap rayuan manis, sikap sopan santun dan halus berlebihan, perbuatan baik yang dipamer-pamerkan. Waspada dan menjenguk lebih dalam apa yang terkandung di balik semua itu. Lebih baik berhadapan dengan orang yang sikapnya kasar namun wajar, yang tutur sapanya tidak semanis madu karena kejujuran itu terkadang tampak kasar dan tidak menyenangkan hati.
Dalam perjalanan menuju ke Ngawi ini, perlahan-lahan Muryani semakin mabok dan tenggelam oleh rayuan Satyabrata. Ia menganggap pemuda itu sakti, pandai, bijaksana dan berbudi mulia!
*** Perguruan Nogodento merupakan perguruan silat yang dahulu terkenal sebagai tempat penggemblengan para pendekar yang berjiwa patriot, pembela nusa dan bangsa. Ketuanya adalah Ki Harjodento, yang sakti mandraguna dan selalu setia kepada Mataram. Dibantu oleh isterinya Padmosari, Ki Harjodento memimpin perguruan itu dengan baik dan sudah menghasilkan banyak murid yang gagah perkasa dan yang sudah banyak berjasa terhadap Kerajaan Mataram. Suami isteri ini hanya rnempuriyai seorang anak yang bukan lain adalah Tejomanik atau Sutejo yang kini tinggal di lereng Gunung Kawi bersama isterinya, yaitu Retno Susilo.
Kini perguruan Nogodento tidaklah sebesar dahulu. Murid-murid yang kini masih belajar dan tinggal di perkampungan Nogodento hanya tinggal kurang lebih dua paluh orang, inipun merupakan murid-murid baru yang tingkat kepandaiannya masih rendah. Mereka itu baru belajar silat paling lama lima tahun. Hal ini adalah karena kini Ki Harjodento tidak lagi menerima murid baru. Dia sudah merasa terlalu tua dan tidak bersemangat lagi. Usianya memang sudah tua, sudah tujuh puluh enam tahun. Isterinya, Padmosari, yang lebih muda dua puluh tahun darinya, juqa tidak muda lagi, sudah berusia lima puluh enam tahun. Suami isteri itu ingin menikmati sisa hidup mereka dengan tenteram dan banyak istirahat. Karena inilah maka perkumpulan atau perguruan Nogodento kini tidak sebesar dahulu.
Perkampungan Nogodento terletak di lembah Bengawan Solo, di daerah Ngawi.
Serial Silat Tanah Jawa
5 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 Kehidupan Ki Harjodento kini lebih mirip kehidupan seorang pertapa. Dia lebih sering duduk bersamadhi dan para murid Nogodento yang rnengerjakan cocok tanam atau mencari ikan, lebih mirip para cantrik daripada murid-murid perguruan silat. Mereka yang menginginkan kemajuan dalam ilmu silat sudah meninggalkan perguruan itu, akan tetapi mereka yang mengutamakan ketenteraman dan kedamaian hati, menemukan semua itu di sana dan tetap tinggal di perkampungan Nogodento. Mereka lebih banyak mendengarkan wejangan Ki Harjodento tentang kehidupan daripada berlatih pencak silat
Pada suatu pagi, Ki Harjodento memanggil semua murid untuk berkumpul di pendopo rumah induk yang luas. Para murid yang jumlahnya dua puluh dua orang itu merasa heran karena tidak pernah K Harjodento memanggil mereka semua berkumpul seperti itu. Mereka yang berusia antara dua puluh sampai tiga puluh tahun itu berkumpul dan duduk bersila di lantai pendopo, menduga bahwa tentu ada hal yang amat penting maka ketua perguruan itu memanggil mereka semua untuk berkumpul.
Setelah semua murid duduk di lantai pendopo, Ki Harjodento muncul diiringi Padmosari.
Biarpun usianya sudah tujuh puluh enam tahun, Ki Harjodento masih tampak sehat, tubuhnya masih tegap dan wajahnya tidak tampak setua usianya walaupun rambut dan kumis jenggotnya sudah putih semua. Isterinya, Padmosa yang berusia lima puluh enam tahun itu pun tampak masih anggun dan jelas tampak bekas kecantikannya, juga tampak gagah perkasa karena memang wanita ini pun seorang yang sakti mandraguna. Kedua suami isteri itu duduk di atas kursi yang telah tersedia di situ, dihadapan dua puluh dua orang murid yang rnenduga-duga dengan heran apa gerangan yang akan diperintahkan guru mereka itu kepada mereka.
Ki Harjodento melayangkan pandang matanya kepada para murid itu, kemudian dia menghela napas panjang lalu berkata, "Para murid Nogodento sekalian, kalian semua tentu bertanya-tanya dan merasa heran mengapa pagi hari ini aku memanggil kalian semua berkumpul di pendopo ini."
Suwondo, berusia tiga puluh dua tahun dan merupakan murid tertua di situ dan dialah yang kadang mewakili gurunya untuk membimbing para murid lain berlatih silat, mewakili teman-temannya bertanya dengan sikap hormat. "Bapa guru, kami para murid semua sudah siap untuk menerima dan melaksanakan perintah bapa guru dengan taat."
Ki Harjodento mengangguk-angguk. "Bagus, Suwondo, itulah yang karni harapkan.
Mudah-mudahan semua murid Nogodento, sampai murid terakhir, akan tetap mengharumkan Serial Silat Tanah Jawa
6 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 nama perguruan Nogodento kita. Dengarlah kalian baik-bai Pada wnktu ini, Mataram membutuhkan bantuan kalian. Gusti Sultan Agung sedang berusaha untuk menundukkan beberapa daerah yang belum mau bersatu, di antaranya Madura dan Surabaya, agar dapat menyusun kekuatan untuk menghadapi musuh utama nusa bangsa kita, yaitu Kumpeni Belanda. Karena itu, kami minta kepada kalian agar sekarang juga meninggalkan perkampungan kita dan menjadi pasukan sukarela membantu Mataram menaklukkan daerah-darah yang belum mau tunduk itu."
Hening setelah Ki Harjodento mengakhiri ucapannya itu. Para murid itu sama sekali tidak pernah mengira bahwa mereka diperintahkan untuk pergi dan membantu Mataram berperang.
Ini berarti akan terjadi perubahan besar dalam kehiduprrn mereka. Meninggalkan perkampungan Nogodento yang aman tenteram dan menjadi perajurit menempuh bahaya maut! Padmosari dapat merasakan keheningan yang menegangkan hati ini. Ia lalu berkata dengan suara yang nyaring namun merdu dan mengandung kelembutan.
"Murid-murid Nogodento sekalian! Ingatlah bahwa guru kalian tadi hanya meminta kalian untuk membantu Mataram, berarti bahwa kami sama sekali hendak memaksak kalian. Kami tidak memaksa kalian untuk menjadi perajurit dan membantu Mataram berperang. Akan tetapi membantu Mataram merupakan kewajiban seluruh kawula Mataram dan kalian tentu tahu, membantu nusa bangsa banyak sekali caranya, di antaranya membantu dalam perang melawan musuh, membantu negara mengamankan daerah-daerah, menentang kejahatan-kejahatan.
Pendeknya, membela kebenaran dan keadilan di manapun kalian berada dengan menggunakan segala kekuatan dan kepandaian yang kalian pernah pelajari di sini. Dengan demikian kalian akan menjadi pendekar-pendekar Nogodento yang berguna bagi kepentingan bangsa dan negara. Mengertikah kalian?"
Kembali Suwondo yang mewakili kawan-kawannya. "Kami mengerti, akan tetapi kalau kami semua pergi, lalu siapa yang akan melayani bapa guru berdua?"
"Kami justeru ingin hidup menyendiri berdua saja menikmati kesunyian dan kedamaian,"
kata Ki Harjodento.
Pada saat itu, tiba-tiba terdengar suara banyak orang, gaduh dan hiruk-pikuk datang dari luar perkampungan Nogodento. Semua orang terkejut.
Biarpun suami isteri itu juga kaget namun mereka bersikap tenang dan Harjodento berkata, "Suwondo, ajak semua saudaramu keluar dan lihat apa yang terjadi. Kalau ada hal-hal Serial Silat Tanah Jawa
7 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 yang tidak baik, laporkan kepada kami dan jangan lancang bertindak sendiri-sendiri."
"Baik, bapa guru!" Suwondo lalu memberi isyarat kepada semua murid dan mereka keluar dari pendopo itu dengan tertib lalu menuju ke pintu gerbang perkampungan Nogodento.
Ketika Suwondo dan kawan-kawannya tiba di dekat pintu gerbang, mereka merasa terkejut dan heran karena ternyata puluhan orang telah memasuki pintu gerbang, dipimpin oleh seorang kakek berusia enam puluh tahun bertubuh sedang dengan kulit hitam sekali dan pakaian mewah. Di samping kakek ini berdiri seorang laki-laki berusia empat puluh lima tahun bertubuh tinggi besar dan kumisnya tebal, tampak gagah.
Melihat sikap mereka yang beringas dan marah, Suwondo bersikap hati-hati. Dia memberi isyarat kepada kawan-kawannya untuk berhenti dan dia sendiri maju dan memberi hormat kepada dua orang yang memimpin puluhan orang itu.
"Mohon tanya, andika sekalian ini siapakah dan keperluan apakah yang membawa andika mengunjungi perkampungan kami?"
Yang menjawab pertanyaan itu adalah kakek berkulit hitam. Dia adalah Wiku Menak Koncar, datuk besar dari Blambangan yang kini menjadi guru Wiroboyo. Seperti kita ketahui, datuk besar ini ditemani Wiroboyo dan lima puluti orang anak buah Klabang Wilis mendatangi perguruan Nogodento dengan niat membalas dendam kepada Ki Harjodento. Ketua
Nogodento ini sebelas tahun yang lalu telah menewaskan Ki Klabangkolo dalam sebuah pertempuran dan Ki Klabangkolo adalah saudara seperguruan Wiku Menak Koncar.
"Hayo panggil keluar Ki Harjodento untuk bertemu dengan aku!" demikian jawaban Wiku Menak Koncar dengan suaranya yang kecil seperti suara wanita. "Cepat atau kami akan membunuh kalian semua dan membakar habis perkampungan ini!"
Mendengar jawaban yang nadanya marah dan penuh permusuhan ini, Suwondo dan
kawan-kawannya tentu saja menjadi marah. Akan tetapi mengingat akan pesan Ki Harjodento dan melihat bahwa jumlah para penyerbu dua kali lebih banyak daripada jumlah mereka, Suwondo menahan kemarahannya dan dia berpesan kepada kawan-kawannya, "Kalian tunggu saja di sini, aku akan melaporkan kepada bapa guru!" Setelah berkata demikian Suwondo melompat dan berlari menuju ke bangunan induk yang menjadi tempat tinggal Ki Harjodento dan isterinya.
"Bapa guru, celaka, bapa guru!" Suwondo berlutut di depan gurunya dan berkata dengan sikap khawatir sekali.
Serial Silat Tanah Jawa
8 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 "Tenanglah, Suwondo. Engkau bersikap bukan seperti seorang murid Nogodento!" tegur Ki Harjodento. "Katakan dengan tenang, apa yang terjadi?"
"Bapa guru, perkampungan kita didatangi puluhan orang, banyak sekali, sikap mereka bermusuhan dan mereka dipimpin seorang kakek bermuka hitam yang bengis. Kakek itu minta agar bapa guru keluar menghadapinya dan dia mengancam akan membunuh kita semua dan membakar habis perkampungan kita."
Mendengar laporan ini, Nyi Padmosari melompat dan bayangannya berkelebat masuk ke bagian dalam rumah. Tak lama kemudian ia sudah keluar lagi, berpakaian ringkas membawa keris di pinggang dan tangannya memegang sebatang tombak yang ia serahkan kepada suaminya.
"Mari kita keluar menemui mereka," kata wanita itu dengan sikap gagah dan tenang.
Ki Harjodento menerima senjata tombak yang menjadi pusakanya yang ampuh, lalu bangkit berdiri dan mengangguk. "Mari kita lihat siapa yang datang mencari keributan itu.
Suwondo, atur para murid agar jangan bergerak kalau tidak diserang."
Tiga orang itu lalu keluar dari bangunan dan berjalan menuju ke pintu gerbang perkampungan. Biarpun Ki Harjodento sudah berusia tujuh puluh enam tahun, namun langkahnya masih gesit dan sikapnya tenang saja.
Para rnurid Nogodento memberi jalan dan akhirnya Ki Harjodento dan Padmosari
berhadapan dengan Wiku Menak Koncar dan Ki Wiroboyo. Sejenak mereka berempat
berhadapan dan saling pandang, kemudian Ki Harjodento berkata, suaranya mengandung penuh wibawa dan ketenangan.
"Ki-sanak sepanjang ingatan kami rasanya kami tidak mengenal andika. Siapakah andika dan ada urusan apakah andika mencari kami?"
Wiku Menak Koncar memandang ketua Nogodento itu dengan mata bersinar. "Hemmm, apakah andika yang bernama Ki Harjodento, ketua Perguruan Nogodento?"
"Tidak keliru, ki-sanak. Aku adalah Harjodento dan ini adalah isteriku, Nyi Padmosari.
Siapa gerangan andika?"
"Aku adalah Wiku Menak Koncar!" Kakek bermuka hitam itu memperkenalkan diri, suaranya meninggi membayangirn kecongkakan dan kesombongan karena dia yakin bahwa namanya amat terkenal.
Diam-diam Harjodento dan Padmosari terkejut. Tentu saja mereka pernah mendengar Serial Silat Tanah Jawa
9 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 nama ini. Akan tetapi Harjodento masih bersikap tenang dan dia berkata sambil mengamati wajah berkulit hitam itu, "Hemm, pernah kami mendengar bahwa Sang Wiku Menak Koncar adalah seorang datuk besar dari Blambangan yang sakti mandraguna! Akan tetapi kami tidak pernah mempunyai urusan dengan andika. Kenapa sekarang andika datang membawa sekian banyaknya anak buah berkunjung ke perkampungan kami?"
"Ki Harjodento, aku merasa yakin bahwa andika belum lupa akan nama Ki Klabangkolo, Bahurekso Gunung Ijen?" kata Wiku Menak Koncar dan suaranya mengandung ejekan.
"Ki Klabangkolo?" Ki Harjodento mene ingat-ingat, lalu mengangguk-angguk. "Ya aku masih ingat. Ki Klabangkolo adala seorang di antara para tokoh yang memberontak kepada Mataram, sepuluh tahu lebih yang lalu."
"Bagus kalau andika masih ingat. Tentu andika ingat pula siapa orangnya yang telah membunuh Ki Klabangkolo?"
Ki Harjodento mengerutkan alisny yang putih. "Aku masih ingat bahwa dalam pertempuran antara mereka yan memberontak terhadap Mataram dan mereka yang setia kepada Mataram, Ki Klabangkolo roboh dan tewas. Tidak kusangkal bahwa dia tewas oleh senjata pusakaku ini."
"Babo-babo, keparat Harjodento. Bagus bahwa andika telah mengaku sebagai pembunuh Ki Klabangkolo! Ketahuilah bahwa dia adalah saudara seperguruanku dan sekarang aku datang untuk membalas dendam atas kematiannya di tanganmu!"
Ancaman ini tidak menggoyahkan ketenangan Ki Harjodento. "Wiku Menak Koncar, pertempuran dalam perang hanya mempunyai dua akibat. Menang atau kalah, terluka atau tewas dalam perang merupakan hal yang biasa saja. Tidak ada persoalan pribadi dalam perang karena semua itu adalah urusan negara. Ki Klabangkolo bukan tewas karena bermusuhan dengan aku pribadi, melainkan karena dia berpihak kepada pemberontak!"


Seruling Gading Lanjutan Pecut Sakti Bajrakirana Karya Kho Ping Hoo di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Memang benar! Kerajaan Mataram yang menyebabkan saudara seperguruanku mati dalam perang dan karena itu pula aku akan selalu menentang Kerajaan Mataram. Akan tetapi dia tewas di tanganmu, maka aku harus membalaskan kematiannya dan membunuhmu agar arwahnya dapat tenang di alam baka!"
"Kalau itu yang telah menjadi tekadinu yang sesat, terserah kepadamu, Wiku Menak Koncar. Apakah untuk maksud itu andika membawa sekian banyaknya anak buah untuk mengeroyokku?"
Serial Silat Tanah Jawa
10 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 "Heh, Harjodento manusia sombong. Kaukira aku tidak mampu membunuhmu dengan kedua tanganku sendiri" Maju dan bersiaplah untuk mampus dan bertemu dengan saudaraku, Ki Klabangkolo!"
"Wiku Menak Koncar, andika yang menantang bertanding, andika pula yang harus mulai!"
kata Ki Harjodento sambil melintangkan tombaknya di depan dada.
"Baik, sambutlah ajiku Bayu Bajra. Heeeehhhhh?" !" Kakek bermuka hitam itu mengembangkan kedua tangan, mendorong ke depan dan muncul angin yang menyambar ke depan dengan dahsyat sekali sehingga anak buah Nogodento yang berdiri agak jauh di belakang Ki Harjodento juga tak mampu bertahan dan banyak di antara mereka yang terhuyung dan terjengkang, terdorong oleh angin ribut yang keluar dari kedua telapak tangan Wiku Menak Koncar.
Ki Harjodento maklum akan dahsyat dan kuatnya serangan angin ribut ini maka diapun cepat memutar tombaknya di depan dada sanibil mengerahkan tenaga saktinya. Tombak berputar, berubah menjadi gulungan sinar yang menjadi perisai di depan tubuhnya. Ki Harjadento merasa betapa angin serangan lawan itu menghantam gulungan sinar tombaknya.
Terasa berat, namun angin serangan itu tidak sampai mampu menembus gulungan sinar tombaknya, hanya lewat di kanan kiri tubuhnya.
Melihat serangannya, dapat digagalkan lawan, Wiku Menak Koncar menjadi penasaran.
Dia menghentikan Aji Bayu Bajra itu dan kini dia menyerang dengan aji pukulan Nandaka Kroda. Kedua tangannya menyambar-nyambar dengan pukulan tangan terbuka atau tamparan yang luar biasa kuatnya, yang mendatangkan angin bersuitan. Ki Harjodento cepat bergerak, mengelak dan membalas dengan tusukan tombaknya. Namun Wiku Menak Koncar juga dapat mengelak dan terjadilah serang-menyerang yang amat seru dan mati-matian. Karena keduanya maklum bahwa berhadapan dengan lawan tangguh, maka masing-masing mengerahkan seluruh tenaga dan melakukan serangan maut. Gerakan kedua orang sakti mandraguna ini demikian kuatnya sehingga tidak ada yang berani mencampuri. Bahkan mendekatpun berbahaya karena angin serangan mereka menyambar-nyambar sampai jauh.
Wiroboyo merasa penasaran. Tak disangkanya bahwa musuh besar gurunya itu ternyata seorang yang sakti mandraguna, yang agaknya mampu menandingi gurunya sehingga mereka kini bertanding dengan seru dan sukar diduga siapa antara mereka yang akan keluar sebagai pemenang. Dia pikir, apa artinya dia dan lima puluh orang anak buahnya ikut datang ke tempat Serial Silat Tanah Jawa
11 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 itu kalau tidak membantu Wiku Menak Koncar" Dia melihat isteri musuh gurunya, Nyi Padmosari, berdiri dengan gagahnya, juga para murid Nogoderito yang jumlahnya dua puluh orang lebih itu tampak sudah siap siaga. Maka Wiroboyo lalu mencabut kerisnya dan memberi aba-aba kepada anak buahnya.
"Serbuuu Dia sendiri, dibantu lima orang murid utama Klabang Wilis, sudah maju menerjang Padmosari. Wanita perkasa ini dengan trengginas lalu mencabut keris dan melakukan perlawanan. Sementara itu, anak buah Klabang Wilis sudah serentak maju menyerang anak buah Nogodento sehingga terjadi pertempuran yang hiruk-pikuk.
Akan tetapi segera ternyata bahwa pertempuran itu berat sebelah. Pertanrlingan antara Ki Harjodento melawan Wiku Menak Koncar memang semula tampak ramai seolah mereka itu setanding atau setingkat. Akan tetapi segera ternyata bahwa Ki Harjodento kini sudah amat tua dan dia pun sudah jarang berlatih olah raga, maka setelah melawan mati-matian dia mulai terdesak dan nafasnya mulai terengah-engah, sementara itu lawannya, Wiku Menak Koncar semakin beringas penyerangannya. Aji Nandaka Kroda yang dikerahkan datuk besar Blambangan itu memang dahsyat sekali dan makin lama serangan-serangannya terasa semakin berat bagi Ki Harjodento yang mulai lelah dan kehabisan tenaga.
Melihat keadaan lawan yang mulai payah, Wiku Menak Koncar mengerahkan seluruh tenaganya dan kembali dia menyerang dengan Aji Nandaka Kroda. Kedua tangannya didorongkan ke depan dan angin pukulan menyambar dahsyat.
Karena maklum bahwa putaran tombaknya tidak akan mampu menahan serangan dahsyat itu, Ki Harjodento lalu bertindak nekat untuk mengadu tenaga sakti. Dia menancapkan tombaknya ke tanah lalu mengerahkan seluruh tenaga Nogo Dento, mendorong dengan kedua tangan terbuka ke depan menyambut pukulan Aji Nandaka Kroda dari lawan.
"Wuuuuttt.... blaarrrr".. !" Hebat bukan main pertemuan kedua tenaga sakti itu. Akan tetapi, tingkat kekuatan Wiku Menak Koncar memang lebih tinggi, apalagi pada saat itu Ki Harjodento yang sudah tua mulai kehabisan tenaga sehingga tenaga sambutannya tadi kurang kuat. Begitu kedua tenaga itu bertemu, jarak antara kedua pasang tangan itu masi ada setengah depa, tubuh Ki Harjodento terpental dan dia terjengkang dan terbanting roboh telentang, tak mampu bergerak lagi dan dari mulutnya mengalir darah segar!
Melihat keadaan lawannya, Wiku Menak Koncar tertawa. Dia tahu bahwa lawanmnya telah Serial Silat Tanah Jawa
12 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 menderita luka yang parah dan nyawanya tak mungkin dapat terselamatkan lagi. Dia lalu memandang ke arah muridnya. Dilihatnya Wiroboyo tidak mampu menandingi kesaktian wanita itu yang biarpun dikeroyok oleh Wiroboyo dan lima orang murid kepala perguruan Klabang Wilis, Nyi Padmosari masih tampak tangguh dan sama sekali tidak terdesak. Melihat ini, Wiku Menak Koncar menjadi penasaran sekali. Apalagi melihat betapa para murid perguruan Nogo Dento yang hanya berjumlah dua puluh lebih itu mampu menahan serbuan lima puluh orang murid Klabang Wilis, dia menjadi marah.
"Haiiiiittt"..ahhhh!" Dia melompat dan langsung memukul dengan Aji Nandaka Kroda ke arah Nyi Padmosari. Wanita perkasa ini sudah merasa gelisah sekali melihat suaminya roboh. Ia bingung dan panik, apalagi karena ia tidak mampu membantu atau menengok suaminya. Ia hanya dapat melampiaskan kemarahanya dengan mengamuk dan pada saat itu pukulan ampuh Wiku Menak Koncar melandanya.
"Wuuuuttt...... desss!!" Tubuh wanita itu terpental dan iapun roboh terbanting, tidak mampu bangkit kembali. Setelah suami isteri pimpinan Nogodento itu rboh, para murid Nogodento menjadi terkejut. Akan tetapi mereka masih melakukan perlawanan mati-matian.
Tak sorangpun dari mereka meragu untuk melawan sampai titik darah terakhir, sesuai dengan jiwa kependekaran yang telah ditanam dalam hati mereka oleh Ki Harjodento dan Nyi Padmosari.
Tiba-tiba terdengar lecutan meledak-ledak dan teriakan melengking-lengking dan banyak anak buah Klabang Wilis berpelantingan sehingga keadaan menjadi kacau.
"Tar-tar-tar-tarrr"..!!" tampak sinar hitam berkelebatan menyambar-nyambar sambil mengeluarkan suara meledak-ledak ketika sebuah pecut (cambuk) di tangan seorang laki-laki gagah perkasa berusia tiga puluh tiga tahun mengamuk dengan dahsyatnya.
"Haiiiittt". yaaaahhh ". !" Segulung sinar hijau menyambar-nyambar merobohknn beberapa orang anak buah Klabang Wills dan sinar hijau itu adalah sebatang pedang yang digerakkan oleh seorang wamita cantik berusia kurang lebih tiga puluh dua tahun.
Mereka yang baru datang dan mengamuk ini bukan lain adalah Sutejo atau Tejomanik, pendekar dari lereng Gunung Kawi dan isterinya, Retno Susilo. Seperti kita ketahui, suami isteri pendekar ini dalam perjalanan mencari anak mereka yang hilang diculik orang. Mereka meninggalkan perguruan Jatikusumo di daerah Pacitan lalu pergi menuju perguruan Nogodento di daerah Ngawi. Harjodento dan Padmosari adalah ayah dan ibu kandung Sutejo Serial Silat Tanah Jawa
13 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 dan kunjungan suami isteri pendekar itu selain menengok orang tua, juga ingin menceritakan tentang diculiknya anak mereka Bagus Sujiwo dan ingin minta agar orang tua itu suka membantu mengerahkan anak buah Nogodento untuk mencari jejak penculik anak rnereka.
Dapat dibayangkan betapa kaget hati mereka ketika tiba di perkampungan Nogodento mereka melihat pertempuran hebat yang sedang terjadi di situ. Apalagi melihat Ki Harjodento dan Nyi Padmosari telah menggeletak dan banyak pula anak buah Nogodento sudah roboh.
Tanpa banyak cakap lagi suami isteri pendekar ini menerjang dan mengamuk, merobohkan banyak anak buah Klabang Wilis dengan senjata mereka.
Sutejo mengamuk dengan senjata pusakanya, yaitu Pecut Bajrakirana yang menyarnbar-nyambar dan meledak-leda seperti halilintar. Adapun isterinya, mengamuk dengan senjatanya yang menggiriskan, yaitu pedang pusaka Nogo Wilis yang berubah menjadi gulungan sinar hijau Sepak terjang suami isteri yang marah melihat Nogodento diserang dan kedua orang tua mereka menggeletak roboh itu bagaikan sepasang naga dari angkasa yang mengamuk.
Melihat para anak buah Klabang Wilis roboh bergelimpangan diterjang suami isteri itu, Wiku Menak Koncar dan Ki Wiroboyo terkejut dan marah sekali. Sang Wiku Menak Koncar dan Ki Wiroboyo lalu berlompatan. Kakek datuk Blambangan itu menghadapi Sutejo dan Ki Wiroboyo menghadapi Retno Susilo.
"Teja-teja sulaksana! Siapakah andika yang begini lancang berani mencampuri urusan kami dan menyerang anak buah kami?" kakek itu membentak dan mengamnati Sutejo dengan sinar mata tajam penuh selidik. Kakek itu diam-diarn merasa heran. Belum pernah dia bertemu dengan pria yang berusia kurang lebih tiga puluh tiga tahun, bertubuh tinggi tegap dan kokoh ini. Wajahnya tampan gagah, matanya lebar penuh semangat, alisnya hitam tebal, hidungnya mancung dan mulutnya membayangkan keramahan. Kulitnya bersih dan rambutnya yang panjang ditekuk menjadi gelung ke atas.
Sutejo juga memandang kakek itu penuh perhatian. Seorang kakek yang usianya sekitar enam puluh enam tahun, tubuhnya sedang saja akan tetapi mukanya berwarna hitam arang mengerikan, dan ketika bicara tadi, suaranya melengking seperti suara wanita. Pakaiannya mewah. Matanya agak sipit, hidungnya pesek dan bibirnya tebal. Sungguh merupakan wajah yang aneh akan tetapi sama sekali tidal menarik, bahkan dapat dikatakan buruk sekali dan menakutkan.
"Kakek jahat, akulah yang sepatutnya bertanya padamu. Siapakah andika yang begini jahat Serial Silat Tanah Jawa
14 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 datang menyerang Nogodento?"
"Babo-babo! Aku adalah Wiku Menak Koncar, datuk besar Blambangan! Aku datang menyerbu Nogodento karena aku mempunyai permusuhan pribadi dengan Ki Harjodento!
Siapa andika berani lancang rnencarnpuri urusan pribadiku?"
"Hemm, kiranya Wiku Menak Koncar jagoan Blambangan. Sekarang aku mengerti.
Andika tentu masih ada hubungan dengan Ki Klabangkolo dan Resi Wisangkolo!"
"Benar! Mereka adalah saudara-saudara seperguruanku. Kematian Klabangkolo di tangan Harjodento yang membuat aku datang membalas dendam kepada Harjodento."
"Wiku Menak Koncar! Mereka itu tewas dalam perang karena mereka membela para pemberontak terhadap Mataram. Ketahuilah, aku adalah Sutejo, putra Bapa Harjodento!"
"Bagus, kaupun harus mampus!" bentak Wiku Menak Koncar dan diapun sudah menerjang ke depan, menyerang dengan Aji Bayu Bajra. Angin yang dahsyat menyambar ke arah Sutejo. Pendekar ini sudah siap siaga. Dia maklum bahwa lawannya memiliki kesaktian.
Maka diapun sudah mengerahkan tenaganya dan mendorongkan kedua tangan, menyambut dengan Aji Bromokendali.
"Wuuuttt". desss ".!!" Keduanya terorong ke belakang, dan mereka tahu betapa kuatnya tenaga lawan. Wiku Menak Koncar terkejut dan marah. Ki Harjodeno saja sudah dapat dia robohkan, masa dia tidak mampu mengalahkan anaknya"
"Aji Nandaka Kroda?" !" bentaknya dan dia menyerang lagi dengan aji yang lebih dahsyat ini. Kedua telapak tangannya mengandung tenaga yang teramat kuat.
"Wuuuttt"..tar-tar-tarrr".!!" Sang Wiku Menak Koncar terkejut bukan main. Kedua telapak tangannya yang ampuh itu bertemu dengan ujung cambuk yang menyambar bagaikan halilintar dan kedua tangannya terasa panas sekali.
"Pecut Bajrakirana
!" serunya dan suaranya mengandung perasaan gentar Dia sudah
mendengar akan pecut sakti yang ampuh itu.
Sutejo yang mengkhawatirkan keadaa ayah ibunya yang menggeletak tak bergerak lalu menerjang dengan pecut saktinya, membuat Wiku Menak Koncar repot mengelak dan berusaha menangkis dengan kedua tangannya sambil mengerahkan tenaga sakti.
Sementara itu, tanpa banyak cakap lagi Wiroboyo sudah menggunakan kerisnya
menyerang Retno Susilo. Akan tetapi, wanita perkasa ini juga sudah marah bukan main melihat ayah dan ibu mertuanya menggeletak di atas tanah.
Serial Silat Tanah Jawa
15 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 "Jahanam anjing keparat!" bentaknya dan pedangnya berubah menjadi gulungan sinar hijau menyambut serangan Wiroboyo.
"Cring-cring-traanggg?"!" Wiroboyo cepat melompat ke belakang dan matanya terbelalak, wajahnya berubah pucat Pertemuan antara keris dan pedang wanita itu membuat kerisnya terpental dan nyaris pergelangan tangannya terbabat pedang! Maklumlah dia bahwa lawannya itu adalah seorang wanita yang sakti mandraguna. Padahal sekarang Wiroboyo telah memperoleh kemajuan pesat dalam hal ilmu kanuragan, setelah dia menjadi murid Wiku Menak Koncar. Namun, berhadapan dengan Retno Susilo, dia segera kewalahan.
Retno Susilo tidak memberi kesempatan kepadanya dan wanita perkasa ini sudah
menerjang lagi dan pedangnya melakukan serangan maut bertubi-tubi yang membuat Wiroboyo berlompatan ke sana sini dalam usahanya untuk menghindarkar diri dari sambaran sinar hijau.
Maklumlah Wiroboyo bahwa maut mengancam dirinya, maka setelah mendapatkan
kesempatan, dia melompat jauh ke belakang sambil berseru, "Bapa Wiku, lari".!"
Mendengar ini, Wiku Menak Koncar yang juga jerih menghadapi kedahsyatan Pecut Sakti Bajrakirana, melompat dan mengejar Wiroboyo yang melarikan diri. Para anak buahnya melihat ini segera melarikan diri ketakutan. Retno Susilo marah dan mengamuk, merobohkan banyak anak buah Klabang Wilis yang berusaha melarikan diri. Setelah semua anak buah Klabang Wilis lari dan dapat menyusul pimpinan mereka, jumlah mereka tinggal setengahnya atau kurang lebih tiga puluh orang saja.
Retno Susilo hendak melakukan pengejaran, akan tetapi Sutejo berseru, "Tak usah dikejar!"
Retno Susilo menoleh dan melihat Sutejo berlutut dekat tubuh Harjodento, kemudian suaminya itu mengangkat tubuh bagian atas kakek itu dan merangkulnya. Retno Susilo lalu cepat menghampiri Padmosari yang juga menggeletak tak jauh dari situ. Wanita inipun masih hidup walaupun napasnya sudah terengah-engah dan darah segar mengalir keluar dari ujung mulutnya, mukanya pucat sekali.
"Bapak". !" Sutejo yang memeluk tubuh Harjodento memanggil dan mengguncang tubuh itu.
Ki Harjodento membuka matanya, nafasnya terengah-engah dan darah keluar dari mulut, hidung dan telinganya. Sutejo maklum bahwa ayahnya terluka parah sekali dan sulit untuk Serial Silat Tanah Jawa
16 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 dapat menyembuhkannya. Melihat puteranya, Ki Harjodento tersenyum.
".... Tejo.... bantulah... Mataram yang menghadapi.... Madura... dan Surabaya." Setelah mengeluarkan ucapan itu, tubuh Ki Harjodento terkulai dan diapun tewas dalam rangkulan puteranya!
"Bapak". !" Sutejo mendekap tubuh ayahnya, maklum bahwa ayahnya telah menghembuskan napas terakhir.
Padmosari yang berada dalam rangkulan Retno Susilo juga membuka matanya dan melihat mantunya, iapun berbisik, "Mana.... mana anakku... Tejo....?"
Retno Susilo menoleh ke arah suaminya dan berseru, "Kakangmas! Ibu memanggilmu!"
Sutejo menurunkan tubuh ayahnya dengan lembut ke atas tanah, lalu dia bangkit dan menghampiri isterinya yang masih merangkul tubuh ibunya. Dia mengantikan Retno Susilo memeluk dan menahan tubuh atas ibunya. Dengan hati terasa hancur pria perkasa inipun melihat kenyataan betapa keadaan ibunya parah sekali, tidak ada harapan untuk dapat ditolong seperti halnya ayahnya tadi karena orang tua ini telah terkena pukulan maut yang dahsyat sekali sehingga dari mulut, hidung dan telinganya keluar darah.
"Ibu?". !" Sutejo memanggil lirih dan mendekap tubuh Padmosari yang lunglai. Wanita itu membuka mata memandang.
"Tejo... di mana bapakmu?" tanya wanita itu dengan suara berbisik. Jantung dalam dada Sutejo seperti ditusuk oleh pertanyaan ini. Ayahnya telah mati, baru saja hal itu terjadi dan kini ibunya yang terluka parah menanyakannya. Bagaimana dia tega untuk memberi tahu bahwa ayahnya telah meninggal"
"Bapak". bapak berada di sana, bu...." katanya sambil menggerakkan kepalanya ke arah di mana ayahnya rebah tak bernyawa lagi.
"Bawa aku dekat". bawa aku kepadanya...." kata wanita itu.
Sutejo tak dapat berkata apa-apa lagi dan juga tidak ingin membantah. Dia memondong tubuh ibunya dan membawanya menghampiri jenazah ayahnya, diikuti oleh Retno Susilo yang mengerutkan alis dan menahan hatinya agar jangan menangis karena matanya sudah terasa panas dan bibirnya gemetar.
Dengan lembut Sutejo merebahkan tubuh ibunya di samping jenazah ayahnya. Padmosari menoleh ke kiri dan menggerakkan tangan kirinya, perlahan tangan kirinya mencari sampai bertemu dengan tangan kanan Ki Harjodento lalu digenggamnya tangan itu dan ia tersenyum.
Serial Silat Tanah Jawa
17 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 ".... aku... aku tak ingin... berpisah". darinya".." Ia memandang wajah suami isteri yang berlutut di dekatnya itu, lalu dengan napas terengah-engah ia menguati diri dan berkata,
"Tejo". Retno" jaga"..cucuku Bagus Sujiwo?"baik-baik....." Tubuh wanita itu terkulai dan ia menghembuskan napas terakhir, mati dengan tangan masih menggenggam tangan suaminya.
"Ibuuu".. bapaaak?". ?" Sutejo menjerit dan menangis. Retno Susilo juga menangis tersedu-sedu, akan tetapi ia masih berusaha untuk menghibur suaminya yang seperti anak kecil merangkul jenazah kedua orang itu bergantian sambil memanggil-manggil mereka.
"Kakangmas, ingatlah".. sebutlah nama Gusti Allah..." kata Retno Susilo sambil merangkul pundak suaminya dan air matanya membanjiri kedua pipinya.
Sutejo menahan tangisnya. "Duh Gusti" mohon kekuatan, Gusti ?"!" keluhnya lirih dan dia merangkul isterinya. Suami isteri itu berangkulan dan menangis. Hati mereka seperti diremas-remas rasanya, apalagi pesan terakhir Padmosari tadi mengingatkan mereka akan putera mereka yang lenyap. Mereka berdua kehilangan anak tunggal mereka dan mereka datang ke Nogodento hendak melapor dan bersambat kepada orang tua, mengadukan nasib mereka dan minta pertolongan. Akan tetapi setibanya di Nogodento mereka malah dihadapkan dengan kematian ayah ibu mereka!
Tiba-tiba Retno Susilo yang tak dapat menahan kemarahannya, bangkit dan mengacungkan tangan yang terkepal di udara, "Aku bersumpah akan membalaskan kematian bapak dan ibu, membalaskan sakit hati ini! Aku akan mencari mereka!"
Sutejo juga bangkit dan merangkul isterinya. "Sabar dan tenanglah, diajeng. Aku telah mengetahui siapa kakek tadi. Kita bicarakan hal itu nanti saja. Sekarang, yang terpenting adalah mengubur jenazah bapak dan ibu."
Mereka lalu mengumpulkan sisa anak buah Nogodento. Masih ada dua belas orang murid yang hidup. Dengan dibantu para murid, Sutejo dan Retno Susilo mengubur jenazah Ki Harjodento dan Nyi Padmosari dengan baik, juga jenazah para murid Nogodento yang menjadi korban dalam pertempuran itu. Bahkan pasangan pendekar perkasa ini rnenyuruh para murid Nogodento untuk mengubur pula jenazah para anak buah Klabang Wilis sebagaimana mestinya.
Setelah semua penguburan selesai, dari para murid Nogodento sepasang suami isteri pendekar itu mendengar akan penyerbuan gerombolan Klabang Wilis itu. Juga mereka Serial Silat Tanah Jawa
18 Asmaraman S. Kho Ping Hoo
Seruling Gading
Created by syauqy_arr@yahoo.co.id
Jilid 15 mendengar akan pesan Ki Harjodento kepada para murid agar pergi dan membantu Mataram dengan menjadi perajurit sukarela.
"Mendiang bapak benar," kata Sutejo kepada para murid itu. "Kalian harus mempergunakan semua ilmu yang dengan susah payah kalian pelajari untuk melakukan hal-hal yang benar.
Sekarang ini Mataram sedang membutuhkan bantuan para pemuda seperti kalian, maka sudah sepantasnyalah kalau kalian membantu seperti yang dipesan mendiang bapak. Sekarang bagi-bagilah di antara kalian semua barang berharga yang ditinggalkan orang tuaku, untuk bekal kalian dalam perjalanan. Juga jangan lupa, dalam perjalanan kalian, bantulah kami dengan membuka mata dan telinga, melihat dan mendengar kalau-kalau kalian dapat menemukan jejak putera kami Bagus Sujiwo, yang diculik orang seperti telah ka ceritakan kepada kalian tadi.
Nah, laksanakan perintah kami itu dan segera berangkatlah. Kami akan pergi lebih dulu."
Setelah meninggalkan pesan dan banyak nasihat kepada para murid Nogodento, Sutejo dan Retno Susilo meninggalkan tempat itu dan melakukan perjalanan ke timur.
"Kakangmas, kita sekarang melakukan pengejaran terhadap Wiku Menak Koncar yang telah membunuh ayah dan ibu" Kita harus membalas dendam itu secepatnya, kakangmas!" kata Retno Susilo setelah mereka keluar dari perkampungan Nogodento.
Anak Berandalan 2 Pendekar Pengejar Nyawa Karya Khu Lung Burung Hoo Menggetarkan Kun Lun 13
^