Pencarian

Cowok Manja Merantau 2

Cowok Manja Merantau Karya Karnaufal Bagian 2


Gue cuma ingin sendiri hari ini...
Part 17 Kelas dan Teman Baru Menurut jadwal yang gue punya, hari ini merupakan jadwal pembagian kelas. Gue kemudian pergi ke sekolah masih dengan mengenakan seragam SMP karena gue dan siswa-siswi baru lainnya belum boleh mengenakan seragam SMA sebelum tanggal 17 Agustus, dan kalo dihitung-hitung ada sekitar 3 minggu lagi gue baru bisa mengenakan seragam SMA.
Di sekolah, gue ga tau harus nyari informasi tentang pembagian kelas kemana karena kemaren gue sama sekali ga ikut MOS hari terakhir. Akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke ruang tata usaha untuk mencari info tentang pembagian kelas. Sebelum mencapai ruang tata usaha gue melihat ada banyak kerumunan siswa-siswi baru seperti sedang mengantri sembako di depan mading. Gue urungkan langkah gue untuk pergi ke ruang tata usaha dan mendekati kerumunan tersebut.
Setelah sampai di depan mading, gue masih ga bisa melihat apa yang tertera di mading karena masih banyak orang yang melihat-lihat di depan mading. Saat gue mencoba merangsek masuk menembus barisan para siswa, ada seseorang yang menepuk tas gue.
... : Woi! Lo kemaren kuat juga ternyata ya dikerjain sama tatib-tatib kayak gitu. Gue melihat ke belakang dan ternyata orang itu adalah Ojan.
Gue: Ck, aaaah udah gausah ngomongin hal itu. Males gue.
Ojan: Hahaha iya-iya maap deh, tapi gue salut sama lo Fal. Kalo gue jadi elo, mungkin hari ini sekarang gue udah jadi siswa sekolah lain.
Gue: Iya serah lo aja lah, eh itu ada apaan" Rame bener perasaan.
Ojan: Itu pembagian kelas, santaaai lo sekelas sama gue kok. Entar di kelas juga gue punya beberapa kenalan, baru kenal kemaren pas MOS.
Gue: Kita masuk kelas berapa emang" Ojan: Kelas X-J. Kelas paling ujung brader.
Gue: Yaudah yuk kelas dulu, gue males berdiri di sini. Banyak orang.
Gue kemudian mengikuti Ojan menuju kelas baru gue. Dan bisa ditebak bahwa banyak sekali kakakkakak kelas yang memperhatikan gue. Ternyata dalam sehari gue bisa menjadi seterkenal ini.
Kelas X-J berada di lantai 3, jadi harus membutuhkan tenaga ekstra untuk turun naik tangga selama setahun kedepan. Sesampainya di kelas, Ojan menyuruh gue menyimpan tas di belakang tempat duduknya sedangkan ia menyapa teman-temannya.
Ojan: Nih kenalin Naufal. Ga usah dikenalin juga kayaknya udah pada tau deh. Yakan" Adzir: Woh kenalin Fal, Adzir!
Gue: Naufal. Reza: Ooooh ini yang namanya Naufal, gue Reza. Gue: Naufal.
Sambil mencoba tersenyum, gue hanya memberi tahu nama gue dan tanpa basa-basi lainnya kemudian ikut nimbrung memperhatikan pembicaraan mereka bertiga. Saat berbicara pun gue ga banyak ngomong, gue ngomong kalo gue ditanya dan menjawab sekenanya saja.
Adzir: Kaku amat perasaan daritadi ga ngomong-ngomong Fal. Ojan: Au nih anak, kemaren pas kenalan sama gue juga jawabnya dingin. Gue: Ehehe ini udah bawaan gue dari dulu, sorry-sorry.
Reza: Ah paling ntar kalo uda akrab juga lo bakal ceplas-ceplos, faktor baru kenalan juga mungkin.
Gue: Yaaa, mungkin juga kayak gitu...
Adzir: Eh Jan, minjem hp dong gue pengen maen Prince of Persia nih. Ojan: Masih pagi oon, uda maen game aja. Nih.
Reza: Ya elo juga bego Jan malah ngasihin hp ke si Ajir. Udah tau masih pagi gimana sih. Ojan: Daripada hp gue nganggur yaudah gue kasih aja.
Mereka bertiga tertawa, namun gue hanya tersenyum melihat kelakuan mereka bertiga. Sekarang Adzir sudah terfokus ke dalam permainan di dalam handphone Ojan dan menyisakan kami bertiga untuk mengobrol.
Ga lama kemudian bel masuk berbunyi. Adzir sekarang ngedumel gara-gara baru main sebentar tapi udah masuk lagi. Reza ga duduk deket gue dan yang lain, dia ternyata duduk di paling depan bareng sama temennya sementara Ojan dan Adzir duduk sebangku dan gue duduk sendirian di belakang mereka berdua.
Gue kemudian merebahkan kepala di atas tas yang disimpan di meja sambil memperhatikan seisi kelas. Lalu kemudian ada yang mencolek bahu gue.
... : Kursi disini kosong"
Karena gue masih memperhatikan seisi kelas, gue hanya manggut-manggut tanpa melihat orang yang mencolek bahu gue lalu terdengar ada seseorang yang duduk di sebelah gue.
... : Kenalin, aku Hanif. Gue: Hmmm, mmmm.
Gue hanya berkata 'he em' tanpa melihatnya. Dan gue ga harus mengenalkan diri gue karena gue yakin orang di sebelah gue udah tau tentang gue.
Hanif: Nama kamu siapa"
Gue: Ini nanya beneran atau emang pura-pura ga tau nama gue" Gue agak sedikit meninggikan suara gue, namun masih tetap ga melihat orang yang mengajak gue mengobrol.
Hanif: Serius, aku ga tau nama kamu.
Gue: Gue Naufal. Udah tau kan" Jangan ngajak ngobrol gue dulu.
Hanif ga membalas omongan gue, kami berdua diam seribu bahasa di dalam kelas yang ribut seperti pasar. Mungkin karena mendengar pembicaraan gue dan Hanif, Ojan kemudian membalikkan badannya dan melihat ke arah gue.
Ojan: Eh itu ada cewek mau kenalan baik-baik sama elo, jangan elo marah-marahin napa. Hah" Cewek"
Gue menaikkan kepala dan melihat ke samping. Ternyata benar kata Ojan, Hanif adalah seorang cewek. Dia berwajah lumayan manis, memiliki tahi lalat di atas bibir sebelah kanannya dan memiliki rambut bermodel bob sebahu. Setelah melihat wajah Hanif, gue kembali membenamkan kepala di atas meja.
Gue: Ooh. Ojan: Busetdaaaah dingin amat lo jadi orang. Nif, sori ya kelakuan anak ini emang kayak gitu. Kenalin, gue Fauzan. Panggil aja Ojan.
Ojan mengulurkan tangannya sambil tersenyum ke arah Hanif dan Hanif membalas uluran tangan Ojan.
Hanif: Aku Hanif, Jan. Ojan: Udah tau kok, tadi udah denger pas kamu kenalan sama anak ini hehehe. Gue: Sok imut lo.
Ojan: Lah ngapain lo sewot coba" Namanya kenalan tuh harus baik-baik, bukan kayak elo dodol.
Gue: Iyalah serah lo aja. Eh jan, anterin gue ke wc yuk. Ojan: Ayok dah.
Gue berjalan duluan menuju pintu kelas bersama Ojan. Sekilas gue melihat sekilas ke arah Adzir, dia sedang anteng bermain hp dan kemudian ke arah Hanif. Ternyata dia sedang memperhatikan gue, namun gue ga peduli dan langsung keluar meninggalkan kelas.
*** Ojan: Lo kemaren dikerjain tatib gara-gara isi 'surat cinta' itu kan" Gue: Tau darimana lo"
Ojan: Yakali gosip cepat menyebar. Isinya apaan emang sampe elo digituin sama tatib" Gue: Isinya cuma sebuah surat.
Ojan: Isi dari surat itu apa bego"! Ojan menyikut lengan gue. Karena gue pikir ga ada salahnya, akhirnya gue memberi tahu isi surat tersebut secara jelas.
Ojan: Wah gila tuh, gue tau lo berkata yang benar di dalam surat itu tapi kenapa elo masih digituin sama mereka ya"
Gue: Tau lah, ga peduli gue. Gausah ngomongin itu lagi, males gue nanggepinnya. Ojan: Oke-oke sori bos. Mau saya temenin di dalem toiletnya bos" Gue: Bas-bos-bas-bos, udah lo tunggu aja disini.
*** Bel istirahat berbunyi, anak-anak kini berhamburan keluar kelas untuk pergi ke kantin atau sekedar mencari udara segar. Ojan dan Adzir pergi keluar kelas duluan dan meninggalkan gue bersama Hanif.
Hanif: Kamu ga ke kantin Fal" Gue: Ngga.
Hanif: Mau nitip sesuatu" Aku mau ke kantin. Gue menjawab dengan gelengan kepala.
Hanif: Oh yaudah, aku ke kantin dulu.
Gue ga menjawab perkataan Hanif dan ia langsung pergi keluar kelas. Belum lama setelah Hanif keluar kelas, dia kembali ke dalam dan memanggil gue.
Hanif: Fal, ada yang manggil di luar. Gue: Siapa"
Hanif: Bentar. Hanif kembali ke luar kelas dan ga lama kemudian dia sudah berada di dalam kelas kembali. Hanif: Namanya kak Amel, Fal.
Duh ada apa lagi sih si Amel"!
Part 18 He Told Her Gue keluar kelas untuk menghampiri Amel. Saat gue baru mencapai pintu, Amel memberi isyarat untuk mengikutinya. Amel membawa gue ke depan ruang Lab Kimia.
Gue: Woi Mel, ngapain kesini" Sepi ah males gue. Amel: Aku pengen nanya tentang kemarin.
Gue: Mau nanya apa lagi" Kurang puas lo ngeliat gue digituin sama kembaran lo yang brengsek itu hah"!
Amel: EH JAGA OMONGAN YA!
Gue: Jaga omongan" Ajarin kembaran lo tuh buat ga nuduh orang sembarangan! Udah, males gue ngomong ginian. Gue balik ke kelas dulu.
Amel: Aku belom selesai ngomong, kamu jangan pergi kemana-mana dulu!!!
Sesaat sebelum gue membalikkan badan untuk kembali ke kelas, Amel menarik pergelangan tangan gue dan menggenggamnya sangat erat.
Gue: Lepasin gue akh. Amel: Bentar doang kok, bentaaar doang Fal pliss... Gue: Ck, ah mau nanya apaan sih.
Amel: Aku mau nanya yang kemaren Naufaaaal.
Gue: Bisa yang lebih spesifik" Gausah banyak basa-basi bisa" Lepasin tangan gue dulu! Amel: Iya-iya aku lepasin. Sekarang, ceritain kenapa kamu bisa sampe digituin sama Aya. Gue: Mau ngapain lagi pengen tau" Tanya aja sama sodara lo! Males gue ngomongin ginian.
Amel: Aku udah tanya sama dia, sekarang aku mau tau cerita versi kamu. Gue: Ga guna, sodara lo udah cerita tentang semuanya kan" Masalah kita juga sekarang udah selesai kan" Gue mau balik ke kelas dulu.
Gue kembali ke kelas, dan kembali meninggalkan Amel sendirian seperti hari kemarin. ***
Ojan: Muka lo kenapa lagi nih" Runyam amat Fal. Gue: Gapapa. Banyak tanya lo.
Ojan: Yaelah gue cuma nanya doang. Eh Nif, sabar ya duduk sebangku sama anak ini. Lebih baik pindah deh daripada dikacangin terus sama nih anak, batu banget soalnya. Hanif: Aku disini aja gapapa kok soalnya kalo pindah aku ga dapet tempat duduk yang lumayan enak selain disini, yang kosong cuma tinggal di belakang... Ojan: Yaudah sabar ya, atau kamu mau pindah sama aku" Biar ini si Ajir pindah sama si Naufal.
Adzir: Weits, gue merasa terpanggil nih. Adzir yang sedang bermain hp langsung menoleh ketika mendengar namanya disebut oleh Ojan.
Ojan: Lo tukeran gih sama Hanif, kasian cewek cakep duduk sama nih batu. Entar dikacangin terus.
Adzir: Kenalin, aku Adzir.
Hanif: Eh, aku Hanif. Salam kenal Dzir.
Ojan: Anjir, aing dikacangan ku duaan ieu. Ningali nu geulis weh langsung poho ka babaturan maneh Jir.
Adzir: Mumpung urang jomblo keneh, mun geus boga kabogoh mah hese euy moal bisa kieu deui hahaha.
Ngomongin apalah mereka ini, ga ada yang gue ngerti sama sekali. Sementara Ojan dan Adzir berbicara dalam mode bahasa alien, tiba-tiba Hanif bertanya kepada gue.
Hanif: Tadi kamu ada apa Fal sama kakak kelas" Gue: Ga ada apa-apa.
Hanif: Oh, eh Fal aku boleh minta nomer hp kamu" Gue: Buat"
Hanif: Ya kan kita sebangku, mungkin kalo ada apa-apa kan bisa saling ngabarin. Gue: Tanya aja si Ojan sana. Gue lupa nomer sendiri.
Gue sebenernya males buat ngasih nomer gue apalagi ke orang yang gue baru kenal, tapi karena dia memberi gue alasan yang logis jadi gue menyuruhnya untuk meminta ke Ojan, dan sebenernya juga gue emang lupa nomer sendiri sih
*** Pulang sekolah sore ini hujan turun dengan lebat, padahal tadi siang terang banget kayak ga bakal turun ujan. Karena gue ga bawa kendaraan sendiri akhirnya gue ujan-ujanan dari pas mau naik sampe turun dari angkot. Sesampainya di rumah, gue disambut oleh bibi yang sedang menyiapkan makanan di dapur.
Bibi: Alah siah acep kahujanan, mau bibi buatin air hangat cep buat mandi" Gue: Ga usah bi pake air dingin aja, kalo pake air hangat jadi lama lagi. Ada makan apa bi" Bibi: Itu bibi udah masakin ayam goreng cep, kalo acep mau makan bibi ambilin sekarang. Gue: Bentar deh bi, saya mandi dulu.
Gue langsung pergi ke kamer dengan baju basah kuyup dan langsung mandi. Setelah mandi jebarjebur gue langsung melingkarkan handuk gara-gara dinginnya sangat ekstrim.
Gue kemudian selimutan di dalem kamer, badan kedinginan, kepala berat, idung mampet duaduanya dan terpaksa gue nafas pake mulut. Mungkin karena gue ga keluar-keluar dari kamar, bibi pun menghampiri kamar gue.
Tok...tok...tok... Bibi: Cep, mau makan engga" Bibi udah siapin di atas meja. Gue: Nanti dulu bi, saya lagi ga enak badan.
Bibi pun langsung masuk dan menghampiri gue.
Bibi: Badan acep mulai panas, coba kalo tadi mandi pake air hangat. Makan dulu cep abis itu minum obat nanti bibi beliin ke warung.
Gue: Gausah bi, tidur sebentar juga paling sembuh. Bibi: Makan dulu cep, bibi suapin ya"
Gue: Yaudah deh. Sementara bibi keluar untuk mengambil makan, gue mengecek hp yang tergeletak di samping kasur dan ternyata ada sms masuk.
& . : Fal, ini nomer hp aku. Disimpan yaaa (Hanif).
Ga lama kemudian bibi kembali dengan makanan lalu menyuapi gue. Karena lidah gue terasa pahit, gue menyuruh bibi untuk berhenti menyuapi gue dan ga lama kemudian gue tidur. ***
Jam 2 subuh gue terbangun sambil merasakan pusing yang hebat di kepala gue dan badan gue panas. Gue hanya bisa menekuk badan dibalik selimut sambil berharap kantuk agar cepat datang dan gue dapat menghilangkan pusing ini untuk sementara. Cuaca malam ini sangat dingin ditambah hujan lebat yang dari kemarin sore ga berhenti-berhenti. Gue ngerasa badan gue ga fit untuk sekolah hari ini dan gue putuskan untuk mengirim sms kepada Hanif, mengabari kalo gue hari ini sakit.
Gue hari ini ga masuk sekolah. Sakit. Tolong bilangin ke guru ya.
Dan sms terkirim, gue kembali mencoba memejamkan mata mencoba untuk tidur. Mungkin baru 10 menit gue memejamkan mata, ada sebuah sms yang masuk ke hp gue.
Hanif : Kamu sakit apa Fal" Tidur ih jam segini bukannya tidur udah tau lagi sakit. Hanif jam segini ga tidur"
Gue : Lo ga tidur" Hanif : Aku kebangun pas hp aku bunyi, jadi aku ga bisa tidur sekarang. Gue : Eh, sori lo jadi kebangun. Nanti tolong bilangin ya ke guru. Makasih. Hanif : Kamu sakit apa Fal" Cepet sembuh yaaa...
Gue ga ngebales sms terakhirnya, mata gue ga kuat untuk kembali tidur dan ga lama kemudian gue sudah kembali terlelap.
*** Sudah 2 hari gue ga masuk ke sekolah gara-gara panas gue belum turun. Ojan memberitahu gue bahwa dia bersama Adzir mau nengok gue ke rumah nanti pas pulang sekolah dan dia meminta alamat rumah gue.
Sore harinya sekitar pukul 4 sore, Ojan dan Adzir sekarang sudah berada di rumah gue.
Ojan: Lo tinggal sendiri Fal"
Gue: Ya bisa dibilang begitu. Tapi tiap pagi sama sore ada asisten rumah tangga yang kesini Adzir: Enak banget bisa bebas, orang tua lo kemana"
Gue: Mereka di Jawa Timur.
Adzir: Terus kok elo bisa disini" Gue: Gue nyoba hidup sendiri disini. Ojan: Terus yang ngurus lo siapa" Gue: Ya gue sendiri lah, aneh pertanyaan lo. Adzir: Ada PS ga"
Gue: Gue ga punya console apa-apa disini.
Adzir: Yah, kalo gitu ntar gue bawa PS aja kesini terus main bareng. Gue: Sakarepmu bae lah.
*** Mereka berdua ga lama di rumah gue, mungkin sekitar pukul setengah 6 mereka berdua pulang. Tetapi sebelum pulang Ojan berbicara kepada gue.
Ojan: Fal, kemaren si Hanif nanya-nanya banyak tentang elo ke gue. Gue: Terus"
Ojan: Terus dia nanya kenapa elo sifatnya kayak gini. Gue: Terus lo jawab apa"
Ojan: Gue ceritain mungkin elo jadi gitu gara-gara pas MOS kemaren terus si Hanif kayaknya mikir banget pas gue ceritain kayak gitu.
Gue: Mikir apaan" Ojan: Ya mana gue tau lah dodol. Yaudah ya gue balik dulu. Eh, besok lo sekolah gak" Gue: Ga tau, kalo udah enakan ya gue sekolah.
Ojan: Yaudah, duluan ya. Assalamualaikum. Gue: Waalaikum salam.
Setelah mereka berdua pulang, gue jadi mikirin si Hanif. Gue pengen tau dia mikirin apa setelah dia tau tentang cerita gue.
Peduli lah, Who cares"!
Part 19 She Told Her Malem ini gue bed rest dari sehabis isya sampe jam setengah 6 pagi, dan efeknya badan gue hari ini udah lumayan fit. Pusing-pusing udah ilang, panas udah turun, tinggal hidung yang masih ngocor kayak aer. Bibi menyarankan gue untuk mandi pake air hangat supaya bisa ngurangin flu nya dan akhirnya gue menuruti saran dari bibi. Mandi selesai, sarapan selesai, tas sudah siap, gue langsung meluncur ke sekolah.
Sesampainya di sekolah ternyata masih lumayan sepi, entah gue yang dateng kepagian atau emang hari ini siswa-siswi udah janjian buat dateng telat. Gue melewati lapangan sambil melihat ke arah podium, dan rasanya gue bisa ngeliat bayangan gue sendiri lagi diseret oleh Aya untuk naik ke atas podium. Ternyata, ga mudah buat ngelupain itu semua. Tanpa berlama-lama lagi gue langsung berjalan ke kelas.
Sesampainya di kelas, gue melihat Adzir sedang tidur beralaskan tas sambil kepalanya ditutupi oleh jaketnya. Tiba-tiba terlintas sebuah ide untuk jahil, dan tiba-tiba juga ide jahil tersebut sirna setelah mendengar Adzir mengorok. Kasian liatnya, lagian kemaren juga dia abis ngejenguk gue dirumah. Jadi gue urungkan niat jahil tersebut.
Setelah gue menyimpan tas, gue kemudian pergi ke luar kelas untuk menyegarkan paru-paru yang sudah hampir 3 hari ga menghirup udara segar. Ga lama kemudian pikiran gue melayang jauh menembus ruang dan waktu, memikirkan tentang rumah. Gue kangen dengan udara pagi yang lumayan panas disana, gue kangen suara burung peliharaan bokap gue, gue kangen dianterin sama Mas Dayat ke sekolah, gue kangen bokap, gue kangen nyokap, gue kangen rumah... & : Udara pagi ini sejuk juga ya Fal...
Gue kaget, lamunan gue pecah ketika gue mendapati seseorang sedang berdiri di samping gue sambil menatap dengan damai ke arah dedaunan yang berembun.
Gue: Eh, elo Nif. Dari kapan disini" Bikin gue kaget aja.
Hanif: Daritadi, dari pas kamu bengong sendiri sampe aku ngomong sama kamu. Gue: Oh, simpen dulu tas lo gih. Risih gue liatnya.
Hanif: Iya-iya, bentar ya...
Hanif beranjak dari tempat berdirinya dan memasuki kelas di belakang gue. Samar-samar gue dapat mencium aroma shampoo-nya atau mungkin parfumnya ketika dia melewati gue. Harum...
*** PLAKKK... Punggung gue dipukul. Ga akan jauh dari kerjaan si Ojan kalo kayak gini mah.
Ojan: Uidiiih udah masuk sekolah nih, berarti udah sembuh dong ya" Gue: Bego lo mukul gue segala, terus nanya pertanyaan aneh pula. Otak lo aneh Jan. Ojan: Yaaa lah terserah lo, si Ajir uda dateng"
Gue: Udah noh, lagi ileran di dalem.
Ojan kemudian melongok ke dalem kelas, lalu kemudian dia melihat ke arah gue sambil tersenyum nakal sambil menaik-turunkan alisnya. Gue hanya menggelengkan kepala dan membiarkan Ojan masuk ke dalam kelas beserta sejuta pikiran licik miliknya.
Dan ga lama kemudian, terdengar suara tawa yang sangat keras dari Ojan lalu dia keluar kelas sambil dikejar oleh Adzir. Dasar kelakuan bocah, batin gue dalam hati. Gue masih melihat mereka kejar-kejaran di lorong kelas dan Ojan tak henti-hentinya tertawa sampai Hanif kembali mengagetkan gue.
Hanif: Ga ikut kejar-kejaran" Gila, cewek gila! Ngagetin gue mulu!
Gue: Jangan ngagetin gue bisa gak sih"
Gue kemudian masuk ke dalam kelas dan meninggalkan Hanif di depan kelas. ***
Bel istirahat berbunyi, waktu yang sangat ditunggu anak-anak kelas agar bisa segera mengakhiri pelajaran Matematika yang digawangi oleh seorang guru yang bertampang ganas.
Ojan: Anterin gue kantin yok Fal. Gue: Ogah, males. Sama Adzir aja sana.
Ojan: Ah si Ajir kalo uda megang hape mah ribet ngajaknya. Gue: Enggak-enggak, gue di kelas aja.
Ojan: Yeeeeh elomah. Nif, anterin aku ke kantin yuk! Hanif: Enggak kayaknya Jan, aku disini aja.
Gue kemudian menahan tawa sambil berkata mampus tanpa suara ke Ojan. Ojan mendengus kesal dan langsung keluar kelas sendirian.
Gue membenamkan kepala di atas tangan yang bertumpu pada meja dan mencoba untuk tidur.
Hanif: Fal... Hanif mencolek-colek bahu gue, namun gue ga peduli dan kembali mencoba untuk tidur.
Hanif: Faaaaallllll..... Gue: Hmmmmmmmm"
Hanif: Engga, cuma iseng doang kok hehehe.
Elah, ini orang satu kenapa lagi sih" Lama-lama gue ga betah duduk sama dia.
Hanif: Fal... Gue: Apalagi"!
Hanif: Anterin aku ke kantin...
Gue: Tadi bareng Ojan katanya ga mau, males ah. Gue pengen tidur.
Hanif ga membalas omongan gue tapi dia juga masih duduk di sebelah gue. Karena gue ngerasa ada yang aneh gara-gara dia ga ngebales omongan gue, gue menengokkan kepala untuk melihat ke arah Hanif.
Terlihat Hanif sedang cemberut sambil memainkan pulpennya. Sekilas gue dapat melihat diri gue sendiri di dalam Hanif, kalo misalkan gue ga dapet apa yang gue inginkan pasti gue memasang wajah seperti itu dan diam seribu bahasa.
Gue: Ck, yaudah ayo ayo ayo cepet Nif. Hanif: Asiik, bentar ambil uang dulu di tas.
Gue melihat perubahan dalam raut wajahnya. Seketika juga dia menjadi ceria kembali, persis banget seperti gue saat keinginan sudah terpenuhi.
*** Hanif: Aku udah jelasin sama salah satu tatib. Gue: Ha"
Tiba-tiba Hanif berkata seperti itu setelah kami berdua saling menutup mulut semenjak keluar dari kelas tadi.
Gue: Ngomong apaan"
Hanif: Ngejelasin kasus 'surat cinta' kamu. Gue: Bisa kan ga ngomongin hal itu lagi"
Hanif: Kemaren aku nanya ke Ojan tentang hal itu terus pulangnya aku paksa dia buat ketemu kak Manda, buat ngejelasin semuanya. Pas aku ngejelasin juga disitu ada kak Amel. Gue: Lo sendiri aja ya ke kantin, gue tiba-tiba gak mood.
Kantin sudah di depan mata, namun karena Hanif membuka topik seperti itu mood gue langsung down dan gue langsung balik kanan menuju kelas.
Semenjak kejadian itu, di dalam kelas juga gue dan Hanif ga ngomong sama sekali sampe pelajaran selesai. Kami berdua saling diam, ga ada yang mau atau berani membuka obrolan. ***
Dua hari setelah gue masuk sekolah atau tiga hari setelah Hanif memberitahukan hal tersebut kepada Manda, ga ada perubahan sama sekali di sekolah kecuali Amel yang udah 2 hari ini engga nyari-nyari gue lagi sampe ke kelas. Mungkin karena dia sudah mendengar penjelasan dari Hanif dan Ojan.
Hari ini hari Minggu, gue meminta bibi untuk engga ke rumah dulu karena gue ingin sendirian sambil berleyeh-leyeh di rumah. Lagi asik-asiknya nonton tv, hp gue berdering menandakan sebuah sms yang masuk. Ternyata sms dari Ojan.
Ojan: Brader, ada di rumah gak" Gue: Ada, kenapa"
Ojan: Gue ke rumah ye. Sejaman lagi nyampe.
Gue melihat ke arah jam, sekarang jam 10 berarti Ojan bakal dateng sekitar jam 11-an.
Gue: Oke, ditunggu. Ojan ga membales lagi sms gue, dan gue kembali melanjutkan menonton tv.
Sekitar jam 11:30, ada yang membunyikan bel rumah gue. Gue langsung keluar rumah untuk membukakan pagar. Gue melihat Ojan dari balik pintu pagar dan ada sebuah mobil terparkir di belakangnya.
Gue: Wih, udah bisa bawa mobil lo"
Ojan: Hehe, gue ga bisa dan bukan gue yang bawa. Gue: Lah terus"
Ojan ga menjawab pertanyaan gue namun dia mengalihkan pandangan dan menganggukkan kepala ke arah mobil. Gue ga bisa melihat siapa yang berada di dalam mobil karena window tint mobil itu sangat gelap dan susah untuk dilihat dari luar.
Lalu, satu persatu penumpang di mobil tersebut keluar.
Ada Amel yang keluar dari pintu kemudi, disusul dengan Hanif dari pintu belakang dan yang terakhir keluar dari mobil itu adalah,
Aya... Part 20 She Knows, She Wants an Apologize Gue langsung menarik lengan Ojan ke dalam secara paksa.
Ojan: Eee, apa-apaan nih" Gue: Elo yang apa-apaan"! Ojan: Maksud lo"
Gue: Ya ngapain bawa mereka bertiga kesini" Ah gila lo ya si Aya juga sampe dibawa-bawa. Ojan: Hehehe, bentar lagi pelangi menghiasi hidup lo setelah hujan Fal. Gue: Pelangi imajinasi elo!
Gue berkata sambil menoyor kepala Ojan dan menyuruhnya untuk masuk ke dalam rumah sementara gue kembali keluar pagar untuk mempersilahkan mereka masuk, karena ga enak juga kalo misalkan gue marah-marah sama Aya di depan rumah.
Gue: Yuk masuk semua. Gue menggerakkan kepala gue ke arah dalam, memberi isyarat kepada mereka untuk masuk ke rumah gue. Amel masuk duluan ke dalam rumah kemudian diiringi oleh Hanif dan Aya. Hari itu gue melihat Hanif memakai kaos berwarna biru langit dipadu dengan cardigan V-neck berwarna putih polos dibalut dengan celana jeans hitam dan sepatu sneakers, ditambah lagi dengan memakai kacamata yang menambahkan kesan seksi padanya, dan sekilas juga dia tampak menjadi lebih cantik. Amel dan Hanif tersenyum saat melewati gue. Namun saat Aya melewati gue dia tampak tertunduk dan mukanya memerah, sama sekali ga menatap gue dengan tatapan sinisnya. Setelah menutup pagar, kemudian gue mengekor di belakang mereka.
Di dalam rumah, gue ga ngeliat Ojan di ruang tamu sedangkan para cewek sudah duduk manis di atas sofa ruang tamu. Setelah gue masuk ke ruang tengah, gue lihat dia sedang asik mengobrakabrik DVD player gue sambil mengeluarkan film yang dibawanya.
Gue: Gile bener lo, udah dateng bawa 3 cewek ga bilang-bilang terus sekarang juga malah mau nonton tanpa izin di rumah gue. Bayar sini lo!
Ojan: Alaaah santai aja, mereka juga gak akan macem-macem disini. Gue: Lo nonton entar aja, sekarang anterin gue dulu ke minimarket depan. Ga ada makanan apa-apa disini soalnya.
Ojan: Yaelaaaah. Ojan mendengus dan kemudian keluar duluan, gue kemudian ke kamar untuk mengganti celana boxer dengan celana jeans pendek dan tetap memakai kaos putih oblong yang dipakai tidur semalam lalu menyusul Ojan di luar.
Gue: Eh, tunggu bentar disini ya. Mau ke minimarket depan dulu. Hanif: Aku ikut!
Gue: Ga usah, disini aja sama yang lain. Amel: Jangan kelamaan ya Fal.
Hanif kembali memasang wajah cemberutnya, biarlah.
Gue melihat Ojan sedang menjentik-jentikkan jarinya di air mancur. Setelah gue tepok pundaknya, dia berbalik dan mengikuti gue keluar gerbang.
*** Gue: Lo ngapain sih bawa-bawa mereka segala ke rumah gue"
Ojan: Ga tau, ini ide si Hanif. Gue juga tadi pagi lagi asik main PS tiba-tiba diajak buat janjian ke rumah elo. Terus Hanif minta tolong jangan kasih tau elo kalo gue bawa mereka bertiga. Gue: Yah terus mereka mau ngapain dong di rumah gue"
Ojan: Hehehe. Ojan hanya tertawa licik, sebuah jenis tawa yang sudah pernah gue lihat tempo hari saat dia akan mengerjai Adzir di kelas.
Gue: Waaah, kalo diliat dari muka lo kayaknya lo semua mau ngerjain gue lagi kan"! Ojan: Suudzon mulu lo! Udah gue bilang, bentar lagi bakal ada pelangi setelah hujan. Gimana sih.
Gue: Iyalah, terserah. Sesampainya di minimarket, gue membeli sebotol soft drink ukuran 1.5L ditambah beberapa camilan. Setelah semuanya selesai dibayar, gue dan Ojan kembali ke rumah. ***
Gue: Nih minuman sama camilannya, bentar gue ambil gelas dulu di dapur. Hanif: Sekarang aku ikut!
Gue: Ya ya ya. Hanif kemudian berdiri dan berjalan di samping gue. Dan sekali lagi gue dapat mencium aroma parfumnya yang pernah gue cium sebelumnya.
Gue: Mau lo deket-deket sama gue" Gue belom mandi loh. Hanif: Biarin aja, lagian ga kecium bau kamu juga. Gue: Nif...
Gue kemudian memanggil Hanif yang sudah melangkah mendahului gue, gue terdiam di tempat lalu menyuruh Hanif untuk mendekat. Gue mendekatkan wajah gue kepada Hanif, kepalanya agak mundur saat wajah gue semakin mendekat, matanya terpejam sangat rapat dan terlihat mukanya memerah sekali. Lalu kemudian gue membuka mulut gue.
Gue: HAAAAHHHHH. Hanif: IIIIH NAUFAL BAU TAU GAK"! BAU BAU BAUUUUUU!!!
Gue tertawa dan kemudian berlari ke arah dapur sambil punggung gue dipukul-pukul olehnya. Di dapur juga dia ga banyak berbicara, dia hanya memasang wajah cemberutnya yang kembali membuat gue tertawa.
Gue: Hahahaha udah yuk kedepan lagi, nih bawain gelasnya.
Hanif menerima gelas pemberian gue tanpa berbicara dan tetap cemberut, ya gapapalah sekali-kali gue jailin orang.
*** Sekarang gue dan yang lainnya sedang berada di ruang tamu rumah gue. Suasana tampak kikuk karena ga ada yang membuka pembicaraan. Karena gue sebagai tuan rumah, gue berinisiatif membuka pembicaraan.
Gue: Sebenernya, ada apa pada kesini semua"
Amel: Tunggu, tungguin bentar lagi. Kita sekarang lagi nunggu satu orang lagi. Gue: Siapa"
Hanif: Kak Manda. Anjrit! Ngapain juga itu si Manda kesini lagi""" Disini udah ada Aya, terus Manda juga mau dateng, gue curiga kalo gue bakal diapa-apain lagi sama mereka berdua.
Gue: Ngapain dia kesini" Engga sekalian semua tatib dibawa kesini biar gue dihukum lagi" Amel: Udah, tunggu sebentar lagi nanti kamu dapet jawabannya.
Tiba-tiba hp Amel berbunyi, Amel keluar rumah untuk mengangkat telefon dan kemudian pamit sebentar untuk menjemput Manda yang sudah menunggu di depan rumahnya Amel. Suasana kembali kikuk setelah Amel keluar, gue hanya memain-mainkan gelas yang berisi soft drink sementara Ojan sibuk ngemil kripik singkong. Gue perhatikan Hanif, dia sepertinya masih bete garagara kelakuan gue tadi. Dan Aya" Gue ga bisa melihat ekspresi wajahnya. Dia terus menunduk dan rambut panjangnya menutupi wajahnya.
Ga lama kemudian, terdengar ada suara motor yang berhenti di depan rumah gue. Lalu Amel masuk diikuti oleh Manda di belakangnya.
Amel: Sekarang semuanya udah lengkap. Aku minta kamu buat diem dulu sebentar sambil denger penjelasan dari Manda. Tolong, dengerin penjelasan Manda dulu. Ayo Mand...
Manda: Fal, gue disini sebagai ketua tatib dan mewakili seluruh tatib tahun ini mau minta maaf ke elo. Gue kemarin udah denger penjelasan dari dua temen lo, Hanif dan Fauzan. Hanif memberitahu gue kalo elo emang ga punya salah dan dia membawa Fauzan untuk menjadi saksi kalo lo ga salah karena pada saat kejadian Fauzan ada di samping elo. Gue juga minta maaf karena gue yang menyarankan hukuman yang lo lakuin pas MOS, itu sebenernya ide dari gue. Gue tau, lo pasti malu banget gara-gara hukuman kemarin. Disini gue mewakili anggota tatib yang lainnya sudah sepakat untuk membantu mengembalikan nama baik elo di sekolah. Dan kalo lo butuh apa-apa atau ada senior yang ngerendahin elo, lo bisa dateng ke kelas gue di XII IPA 2 atau ke tatib-tatib lainnya. Dan mungkin selebihnya gue kasih ke Aya. Ay...
Aya: Guu....ee... Mmm...au.... Mm...min...ta.... Mmm...ma....af....
Gue mendengar bahwa Aya kini mulai terisak-isak, tangannya yang sedari tadi disimpan dia tas pahanya kini sudah menutupi kedua wajahnya dan kemudian tangisannya semakin keras.
Gue: Minta maaf buat"
Aya: Gue mau minta maaf ke elo Faaal, gue asal nuduh aja dan ga tau kalo lo ngomong bener. Gue salah Faaal, gue maluuuu....
Aya kini membuka kedua tangannya dan menatap gue, wajahnya memerah penuh dengan air mata dan matanya sembab. Gue beranjak dari kursi dan masuk ke ruang tengah. Gue mengambil tissue yang berada di atas meja makan lalu kembali ke ruang tamu.
Gue: Nih, lap dulu muka lo.
Aya tampak kaget ketika gue memberi sehelai tissue kepadanya, perlahan tangannya mengambil tissue dari tangan gue dan mengelap air matanya.
Aya: Maafin gue Fal, maaf...maaf...maaf...
Aya berkata maaf sambil tertunduk dan terisak-isak, tangannya semakin erat menggenggam tissue yang gue beri.
Gue: Iya-iya udah, udah gue maafin. Gausah nangis lagi.
Mendengar gue berkata seperti itu, Aya menaikkan kepalanya dan wajahnya memancarkan sedikit kecerahan.
Aya: Bener lo mau maafin gue"
Gue hanya mengangguk sambil melihat ke arah lain. Tiba-tiba Aya langsung berdiri dan menerjang memeluk gue. Gue yang berdiri tanpa persiapan untuk dipeluk langsung doyong ke belakang dan hampir jatuh. Namun beruntung Ojan berada tepat di belakang gue untuk menahan punggung gue. Aya memeluk gue sangat erat sambil sedikit terisak, dan sekarang gue merasa kikuk, bingung antara harus membalas pelukan Aya atau membiarkannya.
Amel: Ehemm... Mendengar Amel berdehem, Aya kemudian melepaskan pelukannya dan kembali duduk disamping Amel. Gue lihat mukanya semakin merah setelah melepaskan gue dari pelukannya.
Manda: Jadi gimana Fal" Lo mau kan maafin gue dan yang lain"


Cowok Manja Merantau Karya Karnaufal di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Gue: Iya-iya. Gue udah maafin. Makan dulu tuh cemilannya, gue udah beli kalo ga dimakan kan sayang.
Gue mencoba mengalihkan topik agar gak terus ngomongin hal ini. ***
Manda: Fal, gue balik dulu ya. Udah sore ini, besok masih sekolah. Gue: Ya, hati-hati dijalan.
Manda: Semuanya, gue duluan ya...
Manda keluar rumah dan kemudian suara motor maticnya terdengar menjauhi rumah gue. Lalu ga lama kemudian Amel dan yang lain pamit pulang.
Amel: Fal aku pulang dulu ya, aku harus nganterin Hanif, Ojan sama Aya pulang. Gue: Lah, Aya ngapain dianterin pulang" Kan rumahnya deket"
Amel: Aku belum pernah cerita ya" Aya tinggal di rumah neneknya, udah 2 tahun ga serumah sama aku. Tadi juga aku jemput Aya dulu baru jemput yang lain. Gue: Ooh...
Dan kemudian mereka berempat pamit, Amel, Aya, dan Ojan masuk duluan ke dalam mobil sementara Hanif gue tahan di depan pintu rumah sebentar.
Gue: Nif... Hanif: Apa"!
Gue: Gue minta maaf ya tadi udah ngejailin elo hehehe. Hanif: Awas kalo gitu lagi!!!
Hanif mengepalkan tangannya di depan muka gue. Gue hanya tertawa melihat kelakuannya dan kemudian ia menyusul masuk ke dalam mobil.
Mobil menyala dan kemudian perlahan pergi menjauhi pelataran rumah gue.
Yah, masalah sudah selesai...
Part 21 Hanif Kenapa" Setelah mereka semua pulang gue, kembali sendiri di rumah. Gue merasa bahwa ada sebuah beban yang terangkat setelah Manda dan Aya meminta maaf kepada gue. Gue duduk di sofat tempat dimana Aya duduk sebelumnya. Gue merasakan ada air di lantai, gue mendekatkan kepala ke lantai untuk mengamati air tersebut. Ini bukan air dari soft drink, ini adalah air mata dari Aya yang tumpah hingga ke lantai.
Semenyesal itukah" Malam harinya, gue ga bisa tidur. Gue kembali memikirkan kejadian tadi sore. Mengingat kembali tangisan Aya dan secara tiba-tiba dia memeluk gue sambil menangis. Dan perkataan Amel sebelum pulang juga menghantui gue.
'Aya tinggal di rumah neneknya, udah 2 tahun ga serumah sama aku.' Kenapa dan bagaimana bisa mereka berdua ga tinggal serumah"
Lalu gue juga teringat dengan perkataan Ojan. 'Ga tau, ini ide si Hanif.'
Seorang Hanif yang kadang-kadang ngebuat gue kaget dan sering gangguin gue, memiliki sebuah rencana yang berhasil membuat Manda dan Aya mengetahui peristiwa yang sebenarnya dibalik tragedi 'surat cinta' gue dan dia sama sekali gak memberitahukan rencananya kepada gue, dia secara diam-diam merencanakan rencana tersebut saat gue gak masuk sekolah, seorang Hanif juga yang membuat gue terpana akan penampilannya hari ini. Yang jelas, hari ini dia sangat... Cantik...
Apa gue suka sama Hanif"
Biarkanlah sang waktu yang akan menjawabnya... ***
Bel istirahat sekolah berbunyi, seperti biasa seisi kelas berhamburan keluar dengan cepat. Dan seperti biasa juga gue menggunakan waktu istirahat ini untuk tidur.
Ojan: Fal, kantin yuk ah laper nih. Gue: Engg.....
Ojan: 'Engga ah males, gue ngantuk pengen tidur.' Gampang ditebaknya. Gue belum selesai berbicara tiba-tiba dipotong oleh Ojan, dan Ojan mengatakan hal yang sama seperti apa yang akan gue katakan. Orang ini sekarang punya semacam indera ke enam.
Ojan: Haniiif, anterin aku ke kantin yuuuk!
Gue: Jan, lo mending keluar sekarang deh. Geli gue denger nada lo digitu-gituin, cocok buat jadi bencong lampu merah.
Ojan: Daripada elo yang dingin gajelas, yuk Nif anterin aku hehehe. Hanif: Ayo deh boleh aku juga laper.
Ojan: Liat tuh, gue berhasil mengajak Hanif ke kantin! Gue: Iya terserah lo aja.
Hanif: Mau nitip sesuatu Fal" Ojan: 'Engga usah, gue ga laper.' Gue: Tuh udah dijawab Ojan. Hanif: Yaudah, yuk ke kantin.
Hanif berjalan ke arah pintu kelas duluan, sementara Ojan mengikuti di belakang Hanif sambil mengepalkan tangan kanannya dan berkata 'Yesss!' secara pelan.
Gue: Dzir... Adzir: Hmmm" Adzir masih terfokus pada game yang sedang dimainkannya di hp milik Ojan. Dia memang sangat freak dengan mobile game.
Gue: Si Ojan suka ya sama si Hanif"
Setelah gue berkata seperti itu, Adzir langsung menyimpan hp Ojan di atas meja dan berbalik melihat ke arah gue sambil menampakkan wajah yang serius.
Adzir: Seriusan lo"!
Gue: Gue nanya ke elo! Kok elo nanya balik ke gue sih" Adzir: Serius serius.
Gue: Ya mana gue tau, coba deh elo tanyain. Tadi dia seneng banget pas berhasil ngajak si Hanif ke kantin.
Adzir: Waduh, inceran gue diincer si Ojan juga ternyata. Gue: Lo suka juga sama si Hanif"!
Adzir: Eh....maksud gue....ng....
Adzir terlihat kikuk setelah dia keceplosan berkata seperti itu.
Gue: Santai, rahasia aman.
Adzir: Jangan bilang ke siapa-siapa loh ya awas aja! Sejurus kemudian dia menggerakkan jari telunjuknya seperti sedang memotong leher. Gue membalasnya dengan tersenyum sambil menaik-turunkan alis seperti apa yang dilakukan oleh Ojan, lalu gue merebahkan kepala di atas jaket, tidur.
*** Jam pelajaran terakhir hari ini kosong, guru mata pelajaran Fisika berhalangan hadir dan itu merupakan kabar baik bagi kelas gue. Gue pun memposisikan jaket di atas meja, menepuknepuknya sedikit agar menjadi empuk dan bisa digunakan sebagai bantal portabel. Dan sekarang kepala gue sudah mendarat diatasnya.
Hanif: Fal, tadi pas di kantin aku ketemu sama kak Amel. Katanya nanti dia mau ngomong sesuatu sama kamu.
Belum 5 detik gue merebahkan kepala, Hanif sudah mengajak gue mengobrol. Gue pun ga peduli dan masih tetap mencoba untuk tidur.
Hanif: Fal... Hanif mencolek-colek bahu gue.
Hanif: Faaaalllll.... Kini Hanif menggoyang-goyangkan bahu gue. Ga ngerti apa ya gue ingin tidur"
Gue: Apa sih ah ganggu orang mau tidur aja. Hanif: Iiiih dengerin kek kalo aku ngomong! Bete tau ga"! Gue: Yaudah, mau ngomong apa"
Gue kemudian memposisikan badan gue menghadap Hanif, namun Hanif malah cemberut dan ga ngomong sepatah kata pun kepada gue.
Gue: Mau ngomong gak" Hanif masih terdiam.
Gue: Yaudah kalo ga mau, gue mau tidur dulu. Jangan diganggu! Gue kembali merebahkan kepala di atas jaket. Tiba-tiba Hanif menginjak kaki gue.
Gue: Aw! Apa-apaan sih ganggu orang aja.
Hanif: Kamu jadi cowok kok ga peka banget siiiih kesel tau ga"!
Gue: Yeh mana gue tau lo maunya apa, tadi ngajak ngobrol terus pas gue udah serius mau ngobrol tapi elo malah diem.
Hanif: Ya bujuk aku kek apa kek biar aku mau ngomong. Gue: Nah gitu dong ngomong maunya apa. Biar gue ngerti dan tau harus gimana. Jadi, Hanif sekarang mau ngomong apa"
Hanif: Ish, bete! Kemudian Hanif berdiri dan keluar kelas. Karena gue ga ngerasa salah apa-apa, gue melanjutkan usaha gue untuk tidur di kelas.
Hingga pulang sekolah, Hanif masih ga mau berbicara kepada gue. Dia masih menutup rapat-rapat mulutnya tanpa mengeluarkan satu buah kata pun kepada gue.
*** Keesokan harinya gue datang lebih awal. Saat gue masuk ke dalam kelas, gue melihat Hanif sudah berada di dalam. Gue kemudian berjalan ke arah meja gue dan menyimpan tas di bangku sebelah Hanif dan kemudian duduk.
Gue: Nif... Gue mengajak ngobrol Hanif sambil menatap lurus ke depan. Tetapi Hanif masih diam seribu bahasa, gak menghiraukan gue sama sekali.
Gue: Oi Nif.... Gue membalikkan badan menghadap Hanif, karena dia masih diam gue langsung menggerakgerakkan telapak tangan gue di depan wajah Hanif namun dia tetap ga mau berbicara dan ga mau menatap gue. Karena gue merasa dikacangin, akhirnya gue kembali melaksanakan ritual harian gue: tidur di kelas.
Hanif: IIIH KESEL! BETE!!!
Hanif sedikit berteriak dan kemudian berdiri, berjalan ke arah pintu keluar dengan cepat. Gue menengadahkan kepala, mengikuti arah gerak Hanif hingga dia menghilang dibalik pintu.
Bel masuk berbunyi, Hanif masuk ke kelas sambil mengobrol dengan Santi. Saat mereka berdua mengobrol, gue dapat melihat dia mengeluarkan senyumnya ketika mengobrol dengan Santi. Namun senyuman itu menghilang ketika dia duduk disamping gue.
Gue: Nif, lo kenapa sih"
Hanif: Gatau! Jangan ajak ngobrol aku!
Gue menuruti permintaan Hanif. Selama jam pelajaran berlangsung, gue sama sekali ga mengajak ngobrol Hanif. Tetapi semakin lama gue ga mengajak ngobrol Hanif, semakin aneh juga sifatnya. Kadang-kadang dia mencorat-coret bukunya saat sedang menulis sambil berkata 'iiiih' dan kemudian pulpen yang dia pegang menjadi sasaran kemarahannya.
Gue bingung, gue ga ngerti harus gimana. Baru pertama kalinya gue menghadapi cewek yang aneh kayak gini.
Sebenernya, Hanif kenapa sih"! Part 22 Hanif Masih Marah Makin lama gue jadi makin bingung sendiri ngeliatin kelakuan Hanif. Pada saat itu, gue berfikir kalo Hanif sedang mendapatkan tamu bulanan karena gue pernah baca artikel kalo cewek dapet tamu pasti bawaannya pengen marah terus. Tapi apa bener si Hanif lagi dapet tamu" Gue harus cari tau kenapa Hanif tiba-tiba kayak gini atau gue harus tanya pada seseorang yang lebih mengerti tentang cewek. Orang pertama yang harus gue tanya adalah seorang cewek, tapi siapa" Oke, mungkin gue harus tanya ke Ojan pas istirahat nanti, mungkin juga dia juga ngerti tentang masalah yang gue hadapi sekarang.
*** Gue: Jan, Jan! Ojan: Wih, mau ngajak gue ke kantin" Tumben banget lo mau ke kantin. Gue: Bukan! Sotau lo! Sini ikut gue bentar.
Gue menyuruh Ojan untuk mengikuti gue keluar kelas.
Ojan: Apaan" Gue: Gue bingung... Ojan: Bingung kenapa lagi lo" Perasaan kemaren masalah lo sama tatib udah beres deh. Gue: Bukaaan, ga ada hubungannya sama tatib inimah.
Ojan: Lah terus" Gue: Hanif... Ojan mengkerutkan keningnya, dan ga lama kemudian dia tertawa terbahak-bahak.
Ojan: HAHAHAHA!! Gue: Lah kenapa lo"
Ojan: HAHAHAHahaha..... Lo suka sama si Hanif ya" Gue: Gue belom selesai ngomong terus tiba-tiba elo udah ketawa! Ojan: Udah jujur aja, kalo lo suka sama si Hanif wajar kok. Dia emang cantik soalnya. Gue: Bukan! Gue bingung kenapa si Hanif tiba-tiba ngediemin gue. Ojan: Lah emang elo ngapain dia sampe dia diem segala ke elo" Gue: Jadi gini...
Gue menceritakan apa yang terjadi kemarin secara jelas kepada Ojan. Mimik wajah Ojan yang asalnya senyam-senyum sendiri sekarang menjadi serius setelah mendengarkan cerita gue.
Gue: Gitu Jan, menurut lo gimana" Ojan: Ya elo bego bin tolol!!! Ojan menoyor kepala gue.
Gue: Lah kenapa coba"
Ojan: Dia tuh.......aduh gimana ya ngejelasinnya. Bego banget deh elo pokoknya! Gue: Iya gue bego kenapa""" Lo ngomong ke gue bego tapi ga ngasih alasan, makin bingung lah gue!
Ojan: Jadi gini, dia lagi engga kedatangan tamu. Diliat dari sikap yang elo tunjukin kemaren ke dia, itu sebenernya yang ngebuat Hanif ngediemin elo Fal.
Gue: Kok bisa" Ojan: Aduh aing boga babaturan bego-bego teuing sih. Gue: Lo ngomong jangan pake bahasa Sunda kek gue ga ngerti!
Ojan: Gini deh, elo coba aja ajak ngobrol dia terus. Kalo dia masih ga nanggepin juga gapapa, terus aja ajak ngobrol.
Gue: EH BEGO! Gue menoyor kepala Ojan. Gue: Gimana gue mau ngajak ngobrol kalo dianya gamau ngobrol bareng gue"! Ojan: Nah itu begonya elo! Cewek tuh butuh perhatian men, dan elo sama sekali ga ngasih perhatian ke dia. Pokoknya ikutin saran gue, ajak ngobrol dia sampe dia mau ngobrol lagi sama elo. Kalo bisa lo spik spik dikit deh.
Gue: Spik spik" Apaan tuh"
Ojan menepok jidatnya sendiri sambil memejamkan matanya.
Ojan: Lo ga pernah deket sama cewek ya"
Gue: Sejak kapan gue deket sama cewek" Seumur-umur gue deket sama cewek ya sama si Hanif ini.
Ojan: Pantes lo bego! Jadi spik spik itu, lo sanjung-sanjung dia, lo puji-puji dia, bilang dia cantik kek atau manis kek atau apalah yang bisa ngebuat hati si Hanif luluh lagi sama elo. Udah ya gue mau ke kantin, haus gue ngasih ceramah ke elo!
Gue: Yaudah ayo gue ikut.
Ojan: Ternyata elo bisa ke kantin cuman gara-gara masalah cewek. Bagus, peningkatan.
*** ... : Fal! Gue sedang jajan di kantin dan tiba-tiba ada yang memanggil gue dari belakang dan secara reflek gue menoleh ke arah sumber suara. Ternyata itu Amel, lalu dia menghampiri gue.
Gue: Eh, ada apa Mel" Gapapa kan gue ga manggil 'Kak Amel' disini" Amel: Gapapa kok, kemarin kamu kemana" Aku kan bilang mau ngomong sesuatu sama kamu lewat Hanif.
Gue: Dia ga bilang apa-apa, sekarang juga dia lagi ngambek sama gue. Amel: Kenapa dia bisa ngambek sama kamu Fal"
Gue: Ya.... gitulah... Amel: Yeee ditanyain bukannya jawab, coba cerita mungkin aku bisa ngasih solusi.
Cakep! Baru kepikiran kalo Amel mungkin juga bisa ngasih solusi, sama-sama cewek berarti samasama satu pemikiran!
Lalu akhirnya gue bercerita kepada Amel. Amel menanggapinya dengan serius, berbeda dengan tanggapan Ojan.
Amel: Kalo gitu sih, itu emang salah kamu sendiri Fal.
Gue: Kok semua orang nyalahin gue sih" Dari si Ojan terus ke elo juga Mel. Amel: Cewek tuh ingin diperhatiin bukan didiemin kayak kamu ngediemin Hanif kemarin! Itu yang buat dia marah.
Gue: Jadi, gue harus gimana dong"
Amel: Ya kamu kasih perhatian lebih ke dia, buat dia normal lagi dengan perhatian kamu sendiri.
Gue: Caranya" Amel: Iiiiih ya pake cara kamu sendiri lah Naufaaaaal. Kalo pacar aku nih, dia kadangkadang ngebuat surprise buat aku kayak yang tiba-tiba dateng ke rumah terus ngajakin jalan-jalan, kadang-kadang juga dia ngasih hadiah yang lucu-lucu kayak boneka. Gue: Aduh ribet banget sih. Pacaran itu ga enak ya ternyata.
Amel: Ga enak karena kamu belum ngerasain perjuangannya Fal. Coba deh nanti kamu kasih kejutan apa gitu buat si Hanif. Nanti aku bantu deh!
Gue: Yaudah deh boleh, tapi mau ngasih kejutan apa" Bingung...
Amel: Nanti pulang sekolah aku ke rumah kamu aja ya buat ngomongin ini, terus ada sesuatu yang mau aku omongin juga. Tentang Aya.
Gue mengkerutkan kening ketika Amel menyebut nama Aya. Kenapa lagi sama Aya" Masalah kan udah beres kemarin"
Gue: Aya" Kenapa lagi sama Aya" Masalah belom selesai" Gue agak meninggikan suara gue, mood gue juga langsung menurun. Amel: Bukan, bukan masalah itu. Yaudah ya entar aku ke rumah kamu. Daaaah!
Amel meninggalkan gue di kantin, gue celingukan cari Ojan. Gue lihat ke sudut-sudut kantin ternyata hasilnya nihil, Ojan mungkin sudah balik lagi ke kelas. Akhirnya gue juga memutuskan untuk meninggalkan kantin.
Di dalam kelas, Hanif masih ga ada perubahan sedikitpun. Dia bisa ketawa haha hihi bareng temennya yang lain, dan haha hihi itu menghilang ketika dia kembali duduk di sebelah gue. Gue: Nif...
Hanif masih ga menjawab. Gue: Haniiiif" Gue agak sedikit melembutkan suara gue, mungkin aja dia bisa luluh dengan cara ini.
Gue: Haaaaniiiiiiiffff" Hanif: APA"!
Gila! Gue ngomong lembut langsung dibentak!
Gue: Udahan dong marahnya, ya ya ya" Hanif: Biarin! Terserah aku!
Gue bingung harus gimana lagi, kalo menurut gue dia marahnya udah tingkat tinggi. Yaudah akhirnya gue diemin dia lagi dan merebahkan kepala di atas meja.
Hanif: NAUFAL!!!! Gue kemudian menengok ke arah Hanif.
Gue: Apa" Hanif: KESEL TAU SAMA KAMU!!! ISH!!!
Kemudian dia memalingkan wajahnya sambil cemberut, karena mungkin dia lagi kesel sama gue yaudah akhirnya gue juga memalingkan wajah gue darinya.
Dan ga lama kemudian, gue sudah bisa memejamkan mata dengan rileks...
Setidaknya, dia udah mau ngomong sama gue hari ini.
Part 23 Hanif dan Perasaan Aneh Teng...teng...teng...
Bel sekolah sudah berbunyi menandakan pelajaran hari ini sudah selesai. Anak-anak kelas sudah banyak yang berhamburan keluar seperti semut keluar dari sarangnya. Gue masih diam di kelas, mengerjakan tugas yang harus dikumpulin besok pagi. Gue males ngerjain di rumah, karena kalo udah nyampe rumah bawaannya cuma mau males-malesan dan suasananya sangat mendukung untuk ga belajar apa-apa.
Ojan: Fal, balik gak" Gue sama Ajir mau balik nih. Gue: Duluan sana, gue ngerjain PR dulu.
Ojan: Di rumah aja udah entar sekalian gue kesana bareng Ajir. Katanya dia mau bawa PS kesana.
Gue: Ah nggak ah, gue ngerjain dulu disini. Kalo mau ke rumah gue entar aja lah pas Sabtu atau Minggu.
Ojan: Yaudah gue duluan ya brader. Nif, aku duluaaaan! Hanif: Ya, hati-hati Jan.
Setelah Ojan dan Adzir keluar kelas, sekarang di dalam kelas hanya menyisakan beberapa orang siswa termasuk gue dan Hanif. Kemudian gue melanjutkan mengerjakan PR. Mungkin ada sekitar 10 menit gue mengerjakan PR dan 10 menit juga Hanif masih duduk di sebelah gue. Gue kemudian meletakkan pulpen dan berbicara kepada Hanif.
Gue: Nif... Hanif hanya melirikkan matanya kepada gue.
Gue: Ngga pulang" Hanif menggeleng dan kemudian gue mengangguk pelan, lalu kembali fokus kepada PR. ***
Hari sudah beranjak sore, sang mentari kini mulai beranjak dari singgasananya dan pergi menuju rumahnya. Cahaya oranye keemasan menyinari ruang kelas gue yang sudah mulai sepi tanpa penghuni. Tugas yang gue kerjakan kini sudah hampir selesai, gue menyimpan pulpen di atas meja dan meregangkan tangan ke udara.
Gue: Aaaahhhh.... Setelah meregangkan tangan, alat tulis gue masukkan ke dalam tas. Sisanya gue kerjain di rumah deh. Saat gue memasukkan alat tulis, gue baru sadar Hanif masih ada di sebelah gue sambil menatap kosong ke arah pintu. Ga tau kenapa dia masih ada di dalem kelas, padahal biasanya kalo udah bel pulang pasti dia juga langsung pulang.
Gue: Nif" Gue memanggil Hanif dan kemudian dia menengok namun sudah tanpa ada aura pembunuh.
Gue: Ko belum pulang" Hanif hanya menggeleng.
Gue: Laper" Hanif menundukkan kepalanya dan mengangguk kecil. Gue: Yaudah yuk pulang, kita cari makan di luar.
Hanif langsung menengadahkan kepalanya dan gue lihat wajahnya tersenyum manis lalu mengangguk antusias. Gue pun ikut tersenyum saat melihat senyuman di wajahnya, setidaknya gue merasa bahwa Hanif sekarang sudah gak marah sama gue. Kami berdua kini sudah meninggalkan sekolah sambil berjalan berdampingan dan sesekali juga kami bercanda sambil tertawa berdua.
Hanif udah ga marah lagi sama gue.
*** Gue mengamati sekeliling, terdengar suara peluit tukang parkir saling bersahut-sahutan dengan suara peluit Polisi yang sedang mengatur lalu lintas, kadang-kadang suara peluit mereka tertutupi oleh suara deru mesin yang melintas. Sore ini suasana sangat padat, mungkin karena sudah jam pulang kerja yang menyebabkan lalu lintas menjadi sepadat ini.
Hanif: Yuk Fal. Gue: Udah" Yuk!
Hanif tersenyum ke arah gue dan gue membalas senyuman Hanif. Karena lapak pecel lele yang sudah dipenuhi orang yang baru pulang kerja, gue mengajak Hanif untuk makan di rumah gue dan kebetulan rumah gue ga terlalu jauh dari tempat pecel lele tersebut.
Hanif: Kak Amel mau ke rumah kamu Fal" Ngapain"
Gue: Ga tau, katanya dia mau cerita sesuatu. Eh, beneran nih udah ga marah lagi sama gue" Hahaha.
Hanif: Tuh kan baru juga bentar terus sekarang nyebelinnya keluar, mau aku diemin lagi hah"!
Hanif mulai menampakkan wajah sangarnya kembali. Gue hanya tersenyum kecil dan menggeleng pelan.
Hanif: Ga enak kaaan aku diemin seharian" Jadi cowok tuh yang peka makanya wuuuu! Gue: Engga tuh biasa aja, terus tadi pas pulang sekolah ada yang nungguin gue selesai ngerjain PR deh. Siapa ya"
Hanif: Aku diemin beneran nih ya"!
Gue: Yaelah, becanda kali Nif, ngambek mulu kerjaannya perasaan.
Di sepanjang perjalanan menuju rumah gue, Hanif bener-bener diem sama gue. Gila! Baru juga baikan bentar sekarang udah diem-dieman lagi! Cewek satu ini maunya apasih"!
*** Sesampainya di rumah, gue lihat ada bibi sedang menyapu halaman rumah.
Bibi: Udah pulang cep" Gue: Baru pulang bi.
Bibi: Ini siapa cep" Meuni geulis kieu euy! Gue: Oh ini temen sekelas saya bi. Namanya Hanif. Hanif: Hanif bi, temennya Naufal.
Hanif kemudian tersenyum sambil salim kepada Bibi.
Bibi: Eh iya cep itu udah ada tamu di dalem, daritadi nungguin acep. Gue: Siapa bi"
Bibi: Itu, anaknya pak Rendra. Bibi lupa namanya. Gue: Oh, makasih ya bi. Saya masuk dulu ke dalem. Bibi: Iya cep...
Gue kemudian masuk ke dalam kemudian disusul oleh Hanif. Gue melihat Amel sedang memakan camilan di ruang tamu.
Amel: Lama banget kamu Fal, eh ada Hanif. Cie-cie udah baikan yaaa" Gue: Tadi udah, sekarang dia diem lagi.
Amel: Yaah kok gitu sih" Nif, si Naufal kenapa emangnya" Hanif: Tau ah. Bete sama dia.
Amel: Kenapa" Ayo cerita sama aku Nif.
Hanif: Ya gitu kak, dia jadi cowok ga peka banget! Kesel tau!!! Amel langsung berdiri dan menarik tangan gue ke dalem.
Gue: Apaan sih ah narik-narik.
Amel: Kamu coba bujuk dia gimana kek apa kek, aku bilang kan jangan diemin cewek! Gue: Ya mau gimana lagi anaknya aja gitu, yaudah aja gue diemin. Amel: GAK! Bujuk dia sekarang! Ngomong dia cantik kek apa kek, terserah! Gue mendengus kesal dan kembali ke ruang tamu diikuti Amel dari belakang. Gue: Nif, makan yuk!
Gue memberikan senyum terbaik gue kepadanya. Namun dia hanya melirik gue dengan tatapan membunuh. Gue menengok ke belakang seakan meminta ide kepada Amel. Amel hanya memelototi gue dan mendorong punggung gue sambil berbisik.
Amel: Deketin Hanifnya. Gue kemudian mendekati Hanif, mengikuti saran dari Amel. Gue: Yuk makan Nif. Kamu laper kan"
Gue kembali tersenyum kepada Hanif namun Hanif hanya menengadah melihat gue. Lalu kemudian dia memberikan bungkusan pecel lele yang dia pegang. Gue mengambil bungkusan tersebut dari tangannya dan membalikkan badan, gue lihat Amel menggenggam kedua tangannya sambil melotot ke arah gue, memberi isyarat agar gue memegang tangan Hanif. Gue menggeleng sedikit lalu kembali menghadap Hanif.
Gue: Yuk! Gue mengulurkan tangan gue. Gue lihat Hanif tersenyum dan kemudian menyambut tangan gue lalu berdiri. Akhirnya gue menggenggam tangan Hanif menuju meja makan. Saat gue melewati Amel, dia berbisik kepada gue
Good job. Abis makan, aku tunggu di depan. Amel tersenyum dan kemudian pergi ke depan.
*** Entah kenapa, gue ngerasa ada sesuatu yang berbeda pada diri gue. Gue merasakan sebuah perasaan aneh yang belum pernah gue rasakan sebelumnya ketika gue melihat Hanif tersenyum. Dan pada saat gue menggenggam tangannya, gue merasakan bahwa kedua lutut gue langsung lemas dan jantung gue berdegup lebih cepat dari biasanya.
Lalu, logika gue bermain. Gue ga mungkin suka sama Hanif, gue belom lama kenal sama Hanif dan ga mungkin dalam tempo yang secepat itu gue bisa suka kepadanya. Terlebih lagi, gue belum pernah suka sama lawan jenis selama hampir 16 tahun gue hidup di dunia.
Tapi, ga dapat gue pungkiri kalo hari ini gue senang.
Senang karena untuk pertama kalinya, gue makan berdua bareng seorang cewek...
...dan dia adalah seorang Hanif.
Part 24 The Twin s Past Sebenernya, sambel dari pecel lele yang gue makan itu rasanya hambar dan sangat jauh berbeda dengan buatan nyokap gue di rumah sana. Perbandingannya antara 1:10, jauh sekali kan" Namun entah kenapa, gue sangat menikmatinya. Gue menikmati setiap colekan sambal yang gue ambil, gue menikmati setiap suapan yang masuk ke mulut gue, gue menikmati momen ini, momen makan berdua bersama Hanif. Walaupun ini bukanlah candle light dinner, Hanif juga terlihat menikmati makanannya.
Hanif makan dengan sangat lahap, kadang dia mencocol sambal dari pecel lele tersebut sangat banyak yang menyebabkan peluh bercucuran dari dahinya. Sesekali juga dia menyeka peluh di dahinya menggunakan punggung tangannya. Sangat lucu sekali ekspresi wajahnya ketika dia menyeka peluhnya.
Hanif: Fal... Sssshhhh... Minum.... Ssshhhh... Pedeshhhh....
Muka Hanif memerah karena kepedesan, namun gue masih setia menatap wajah manisnya. Padahal menurut gue sambel ini juga ga terlalu pedas. Ternyata, Hanif bukan tipe cewek yang kuat makan makanan pedas.
Hanif: Faaalll.... Ssshhhh.... Cepet ambilin minuuuum... Gue: E...eh, iya bentar.
Gue kemudian bergegas ke dapur untuk mengambil minum di dispenser. Saat menunggu gelas terisi penuh, gue senyam-senyum sendiri membayangkan saat gue melihat senyum Hanif, saat gue menggenggam tangan Hanif, saat gue memiliki momen bersama Hanif.
Jadi, Ini yang namanya cinta"
*** Setelah makan, gue dan Hanif menghampiri Amel yang berada di teras rumah gue.
Amel: Udah makannya" Lama banget deeeh, jangan-jangan kalian tadi abis ngapa-ngapain ya" Hayo ngaku!
Gue: Iya lama, soalnya si Hanif sekali suap langsung minum. Hanif: Ih pedes tau sambelnya!
Gue: Suru siapa coba nyocol sambelnya kebanyakan. Hanif: Biarin, soalnya enak sih!
Amel: Enak soalnya ada Naufal! Iya kan" Hahahaha. Gue hanya tersenyum menanggapi candaan Amel, sementara gue lihat Hanif tersipu malu dan mukanya memerah.
Amel: Tuh kaaaan mukanya merah, cie-cieeee hahahaha. Hanif: Ih apasih kak, udah ah...
Gue: Eh Nif, ga pulang" Udah hampir isya loh ini. Ga dicariin"
Hanif: Aku pulangnya minta jemput sama Ayah, nanti katanya mau jemput di depan komplek.
Gue: Oooh.. *** Hanif sudah pulang beberapa saat yang lalu setelah ditelfon oleh Ayahnya yang mengabarkan bahwa beliau sudah berada di depan komplek. Suara jangkrik kini mulai bersahut-sahutan, udara malam kian menusuk kulit. Gue dan Amel masih berdiam diri di teras rumah, kami berdua duduk bersebelahan dan menatap ke atas sambil melihat bulan cembung yang muncul di pertengahan bulan Agustus.
Amel: Fal... Gue: Oi. Amel: Aku mau cerita, dengerin ya" Gue: Hmmm, mmm.
Amel masih menatap lurus ke arah bulan sambil terdiam, lalu ia tersenyum dan mulai bercerita.
Amel: Dulu, aku sama Aya kemana-mana selalu berdua. Dari awal masuk TK sampe ke SMP pasti selalu berdua. Aya dulu orangnya periang, sering ketawa-ketiwi sama aku, ketawaketiwi sama temennya yang lain, pokoknya dia dulu tuh beda banget sama yang sekarang. Gue: Terus bedanya apaan sama yang sekarang"
Amel: Kamu ngerasain kan pas dihukum sama dia kemarin" Sekarang dia orangnya jadi gampang emosian cuma gara-gara hal yang kecil. Tingkat sensitivitasnya lebih tinggi dari Aya yang aku kenal dulu. Dia juga sekarang lebih gampang tersentuh hatinya, pas aku sama Manda ngejelasin bahwa isi surat cinta punya kamu itu bener, awalnya dia ga percaya. Terus pas aku ketemuin dia sama Hanif terus sama temen laki-laki kamu itu... siapa namanya" Gue: Fauzan.
Amel: Iya, Fauzan, terus mereka berdua ngejelasin langsung ke Aya, dia langsung nangis. Dia ngerasa bersalah banget udah ngehukum kamu kayak gitu. Jadi pas dia meluk kamu waktu itu, menurut aku wajar.
Gue: Mmmm... Amel: Dulu juga, dia paling deket sama mamah dan aku sendiri lebih deket sama papah. Tapi saat mamah diambil sama Allah pas aku sama dia duduk di kelas 2 SMP, Aya mulai jadi pendiam. Jarang bersosialisasi, jarang ketawa-ketiwi bareng aku sama temen-temennya yang lain. Nah terus puncak perubahan Aya tuh pas papah mau nikah lagi. Aku sih setujusetuju aja sama papah, cuman Aya menolak keras keputusan papah. Beberapa bulan sebelum papah nikah lagi, Aya semakin jarang di rumah dan dia lebih memilih untuk tidur di rumah nenek. Setelah papah udah nikah, Aya bener-bener pindah dari rumah dan udah 2 tahun belum pernah balik lagi ke rumah aku. Udah aku bujuk-bujuk dia buat balik lagi ke rumah, dia tetep ga mau. Katanya, kalo di rumah itu dia sering kangen sama mamah dan sekarang udah ada 'mamah' baru yang ngegantiin mamah kandungnya, itu yang ngebuat dia ga mau balik lagi ke rumah. Aku sekarang sedih, aku kangen Aya, aku kangen Aya yang dulu...
Gue menurunkan pandangan gue dari langit dan menatap Amel dari samping. Gue melihat ada bulir air mata yang mengalir di pipinya namun Amel menengadahkan kepalanya untuk menahan laju air matanya.
Gue ga tau harus gimana setelah mendengar cerita Amel, apa gue harus berkomentar" Atau gue harus ngasih solusi"
Gue: Gue..... gue ga tau harus gimana... Jawab gue kikuk.
Amel: Kamu ga harus gimana-gimana kok Fal. Aku seneng udah bisa cerita ini sama kamu. Gue: Oh iya, kok lo cerita masalah yang termasuk pribadi sama gue sih" Amel: Aku cuma mau kamu tau sisi lain dari Aya, aku ga mau ada orang yang negative thinking terhadap Aya.
Gue: Ooh... Gue hanya berkata 'Ooh...' sambil mengangguk.
Amel: Fal, aku pulang dulu ya. Udah malem. Gue: Mau gue anter"
Amel: Hahaha ngapain dianter" Orang rumah aku cuma beda beberapa rumah doang dari sini. Aku pulang ya, daaaah!
Gue mengantar kepulangan Amel sampai ke depan pagar dan kemudian memperhatikan punggung Amel yang berjalan menjauh dari rumah gue. Kemudian gue menutup pagar dan kembali duduk di teras sambil menatap bulan. Sedikit banyak, gue bisa merasakan penderitaan yang Aya rasakan.
Hawa malam hari semakin menusuk, jaket yang gue kenakan sama sekali ga mempan untuk menahan serangan pasukan udara dingin. Lalu gue memutuskan untuk masuk ke dalam rumah dan pergi tidur.
Aya, masa lalu lo sama gue ternyata sama-sama berat...
Quote: Special For Aya Spirit of the sky, demure Sunshine casts its rays Moonlight shines pure Love dawns a new day
Brilliant are the stars Moonbeams leap forth
Vibrant is the sky Love s hand reaches nigh
Blossoms bloom in sight In the tree of love this night
Let go, surrender Faith in heart to thee
Soon to bear with love and soon to be abright Herewith lies the love of thee amidst the dreary sea
Be in the heart this night For all comes right tonight.
Open the heart of new And speak from the soul of truth Love, hope, dreams
Be strong, Aya!

Cowok Manja Merantau Karya Karnaufal di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Part 25 Makan Keluar (") Ada sesuatu yang mengganjal di dalam hati gue setelah mendengar cerita Amel tentang masa lalu mereka berdua. Atau lebih tepatnya, masa lalu Aya. Gue ngerasa bahwa sekarang gue memiliki rasa simpati kepadanya. Dan saat gue melihat Amel menangis, ada dorongan di dalam diri gue untuk bisa membawa 'sosok' Aya yang sesungguhnya untuk kembali ke permukaan yang semakin lama semakin tenggelam dalam lembah kesedihan yang tak berujung.
Namun pikiran itu gue buang jauh-jauh setelah gue kembali mengingat perlakuan Aya terhadap gue pada saat MOS. Mungkin kalo dia dulu ga ngehukum gue segila itu, pasti sekarang kejadiannya ga akan kayak gini.
Sorry, Aya. First impression lo terhadap gue sudah gagal total. Totally, fu-cked, up.
Ya, itulah yang dikatakan oleh logika dan nalar gue. Otak gue kini sedang menghipnotis gue denganhukum kausalitas, hukum sebab-akibat. Karena Aya dulu pernah melakukan hal yang sangat gue benci, maka akibatnya sekarang Aya sama sekali ga berhak mendapatkan simpati dari gue.
Tapi di satu sisi, Aya mempunyai masa lalu yang berat seperti gue dan karena itu juga hati dan perasaan gue berkata sebaliknya. Walaupun serupa tapi tak sama, gue dapat merasakan penderitaan yang dialami oleh Aya.
Ga, gue harus bisa menghilangkan semua perasaan simpati gue terhadap Aya. Logika dan nalar gue selalu benar, mereka lebih detil dalam memperhitungkan suatu hal dan sangat berbeda dengan hati dan perasaan. Dan sekarang, gue kembali mengikuti apa kata logika dan nalar gue sendiri. Your brain works better than your heart. Mark my words...
*** Ah, you gonna take me home tonight Ah, down beside that red firelight Are you gonna let it all hang out
Fat bottomed girls, you make the rockin' world go round
Sudah hampir satu bulan semenjak Hanif terakhir kali mengunjungi rumah gue. Malam ini gue sedang tidur-tiduran di atas kasur sambil ditemani oleh alunan lagu Fat Bottomed Girls-nya Queen, sebuah grup band era 70-an yang sangat digemari oleh bokap gue dan sekarang gue pun mulai menggemari band tersebut. Drrt...drrt...
Lagu yang diputar dari handphone gue berhenti karena ada sebuah notifikasi sms yang masuk. Gue: Ah siapa sih, ganggu mulu.
Gue beranjak dari tempat tidur dan mengambil handphone di atas meja belajar. Gue melihat nama yang tertera di layar handphone gue.
Hanif Lah, ngapain nih anak nge-sms gue" Tumben banget dia nge-sms gue. Akhirnya gue membuka sms tersebut dan membaca isinya.
Hanif: Fal, besok pulang sekolah kosong ga" Temenin aku yuk!
Salah satu kebiasaan Hanif yang mulai gue ketahui; ngomong ga pernah tuntas. Ya, contohnya aja kayak isi sms itu. Dia ngajakin gue buat nemenin dia tapi dia sendiri ga ngasih tau gue harus nemenin dia kemana. Gue pun menghela nafas dan mencoba memaklumi kebiasaan Hanif lalu mulai mengetikkan balasan untuknya.
Gue: Kemana" Setelah gue melihat bahwa sms gue sudah terkirim, gue kembali memutar lagu yang sempat terhenti akibat sms tersebut dan kembali merebahkan badan di atas kasur. Mata gue mulai kriyepkriyep mengantuk, lagu ini hampir sukses membuat gue terlelap. Namun rasa kantuk gue kembali hilang saat lagu yang diputar tiba-tiba berhenti dan digantikan oleh suara getaran yang berisi notifikasi sms.
Ck, Hanif ganggu gue mulu! Ga di sekolah ga di rumah, sama aja tukang gangguin orang! Dengan langkah gontai, gue melangkah ke depan meja belajar dan membaca isi sms tersebut.
Hanif: Temenin aku makan di luar! Ga mau tau pokoknya harus bisa! Titik! Asli, anak ini bener-bener begonya ga ketulungan. Kasih tau tempatnya dimana kek. Duh...
Gue: Iyaaa mau makan dimana Haniiiiif" Kalo nge-sms tuh yang lengkap napa"! Biar ga ngabis-ngabisin pulsa.
Belum 2 menit setelah gue membalas, Hanif sudah kembali membalas sms gue.
Hanif: Iiiih kamu bawel banget! Udah pokoknya besok temenin aku ya! Aku ngantuk mau tidur. Dadah Naufal!
Gue hanya bengong ngeliat isi sms dari Hanif. Ga sadar apa ya sendirinya yang bawel" Hadeh... ***
Gue: Jan, gue bingung nih. Ojan: Napa" Hanif lagi" Gue: Pinter!
Ojan: Kenapa lagi sekarang"
Gue: Entar pulang sekolah gue diajak makan keluar sama dia, lo ikut gue ya" Bingung gue kalo berdua sama cewek harus ngapain.
Ojan: Asli, lo begonya ga ketulungan. Dia udah ngajak elo makan berdua terus masih mau ngajak gue juga" Lah, otak lo ada yang salah berarti.
Gue: Kan gue belom pernah makan diluar berdua Jan, apalagi sama cewek. Mana gue tau entar gue harus ngapain.
Ojan: Maka dari itu! Lo harus dapet pengalamannya sekarang! Keburu tua entar hahahaha. Gue: Yaudalah, moga aja lancar.
Ojan: Santai brader, jangan tegang gitu dong. Santaaaiiii... Gue kembali melanjutkan obrolan ringan dengan Ojan sambil makan di kantin.
Hanif sekarang sudah turut andil dalam merubah pola hidup gue. Gue yang asalnya sering tidur di dalam kelas kini menjadi lebih sering keluar kelas, entah itu untuk jajan di kantin atau hanya sekedar menemani dia mengobrol di depan kelas. Pernah dia ngomong kayak gini sama gue:
Kamu di kelas kebiasaannya tidur mulu! Coba deh jalan-jalan keluar kelas. Asik tau, apalagi kalo masih pagi. Udaranya sejuuuk banget, sekarang temenin aku ngobrol di depan kelas yuk! Di kelas ga enak, sumpek.
Dan entah kenapa, gue bisa menuruti perkataannya. Seolah-olah kata-katanya dapat mempengaruhi alam bawah sadar gue. Dan tanpa sadar, gue sekarang sedang senyum-senyum sendiri saat mengingat setiap perkataannya.
Ojan: Woi! Ngapain lo senyam-senyum" Mulai gila lo" Gue: Engga, lagi pengen doang.
Ojan: Ga habis pikir, Hanif ternyata bisa ngebuat elo jadi segila ini ya. Udah ah abisin makanan lo, keburu bel masuk.
Lalu gue menghabisi makanan yang sudah gue beli dengan senyuman yang merekah tersungging di bibir.
Hanif sudah merubah dan membuat hidup gue menjadi penuh warna...
*** Beberapa saat sebelum bel berbunyi, Hanif sudah mewanti-wanti gue agar gue ga lupa dengan janji yang sudah dibuat semalem. Asli, ini cewek ngeselin banget. Semalem gue ga buat janji apa-apa sama dia, yang ada malah gue yang dipaksa sama dia buat nurutin kemauan dia. Dasar cewek...
Bel pulang berbunyi, gue kemudian bergegas membereskan peralatan yang berserakan di atas meja. Saat sedang beres-beres, gue melihat ke arah Ojan. Dia sedang memakai jaketnya lalu mengacungkan kedua jempolnya ke arah gue. Gue membalas acungan jempol Ojan dengan sebuah senyuman. Ojan mengangguk dan kemudian mengambil tas dan meninggalkan kelas bersama Adzir.
Hanif: Sekarang kita pulang dulu ke rumah kamu ya Fal! Kamu pake baju yang bagus, jangan pake seragam!
Gue: Ya siapa juga yang mau keluar pake seragam. Tapi lo gimana" Masa pake seragam sih" Hanif: Aku sekarang ikut dulu ke rumah kamu, terus kita ke rumah aku buat ganti baju aku, baru deh pergi! Hehehe.
Yowes lah, sakarepmu ae...
*** Hanif: Hmmm, engga..engga..engga, coba atasannya ganti.
Gue kembali menggantungkan baju di hanger dan memasukannya kembali ke dalam lemari. Mungkin sudah terhitung lebih dari 4x Hanif memilihkan gue baju yang pas untuk menemaninya hari ini.
Gue: Udahalaah cuma mau makan diluar doang, ga usah pake baju yang aneh-aneh. Mau makan dimana sih"
Hanif: DIEM! Aku lagi mikir baju mana yang bagus buat kamu.
Hanif mengacungkan telunjuknya ke arah gue dan kemudian kembali fokus kepada isi lemari baju gue. Dia mengambil beberapa kemeja dan menggantungkannya di udara sambil menggumam 'hmmm', lalu memasukkan kembali kemeja tersebut dan kemudian mengambil kemeja yang lain. Begitu seterusnya, hingga dia menemukan sebuah kemeja berwarna biru dengan salur-salur putih. Hanif: Nih, coba pake yang ini! Sana ganti di kamar mandi hus-hus!
Gue hanya mendengus sambil mengambil kemeja dari tangannya sementara dia hanya tertawa cengengesan. Selang dua menit, gue sudah keluar lagi dari kamar mandi dan gue lihat isi lemari gue sudah hampir dikeluarin semua. Hanif kemudian menyuruh gue untuk berputar di depannya lalu kemudian dia bertepuk tangan kecil.
Hanif: Yeeee bagus! Eh tapi kamu coba deh pake kaos yang ini terus didobel sama kemeja yang kamu pake sekarang, tapi jangan dikancingin kemejanya. Cepet aku mau liat! Gue mengambil kaos putih polos yang dia pegang dan kembali menuju kamar mandi. Rese banget anak satu ini.
*** Sekarang gue sedang gantian menunggu Hanif mengganti baju di dalam kamarnya. Rumah Hanif ternyata lumayan luas dan berlantai satu. Kamar Hanif sendiri berada di dekat halaman belakang. Sambil membunuh rasa bosan, gue melihat-lihat foto yang terpampang di dinding rumahnya. Mata gue tertuju pada sebuah foto keluarga yang berukuran besar terpasang di ruang tamu, di dalam foto tersebut ada Hanif dan kedua orang tuanya lalu gue melihat ada satu orang lagi, mungkin dia kakaknya. Dan kakaknya juga lumayan cantik, malah lebih cantik dari Hanif. Gue taksir umurnya sudah 20-22 tahunan.
Hanif: Hayooo lagi ngeliatin foto aku ya" Pundak gue ditepuk oleh seseorang, secara reflek gue membalikkan badan ke belakang. Gue: Gila lo ngagetin gue mulu! Eh...
Gue kaget dan bengong saat melihat Hanif. Saat itu, dia menggunakan kaos hitam polos dibalut dengan cardigan biru berlengan panjang yang senada dengan warna dasar kemeja gue, pipinya agak merah setelah diberi sedikit blush on, di lehernya terpasang sebuah kalung yang terbuat dari kayu berwarna cokelat, dia juga menggunakan kacamata seperti saat ke rumah gue dulu, dan dia menggunakan celana jeans hitam dan lagi-lagi warnanya senada dengan jeans yang gue pakai. Saat itu, dia sangatlah cantiksekali.
Hanif: Hoi, kok bengong"
Lamunan gue terbuyar setelah Hanif berbicara kepada gue. Ternyata ga sia-sia gue menunggu selama hampir 1 jam lebih setelah melihat penampilan Hanif yang sukses membuat gue terpukau.
Gue: Uh, eh... Gapapa. Mau makan kemana emang sekarang"
Hanif: Makan sama keluarga aku! Soalnya nanti kakak aku yang itu mau nikah 2 bulan dari sekarang, jadi bakal jarang makan sekeluarga lagi.
Hanif menunjuk ke arah foto, menunjuk ke arah kakak perempuannya.
Dan gue kembali bengong Gue diajakin makan dan ketemu keluarganya"! !#@$%#^%&*&^$#&
Part 26 Malam dan Hanif Setelah berkata seperti itu, Hanif pergi ke arah pintu keluar dengan santai dan meninggalkan gue yang masih mematung di depan foto keluarganya. Ini udah diluar perkiraan gue, sangat diluar perkiraan gue. Pikiran gue tiba-tiba bercabang saat gue memikirkan apa yang akan terjadi ketika gue bertemu dengan kedua orang tua Hanif, memikirkan bagaimana sikap yang harus gue tunjukkan di depan orang tua Hanif, dan gue memikirkan apa yang harus gue jawab ketika ditanya banyak macam oleh kedua orang tua Hanif. Pikiran yang terakhir ini ternyata membuat lutut gue lebih lemas daripada memegang tangan Hanif.
Makan bersama keluarga Hanif itu... ...sudah sangat diluar kuasa gue.
Gue pun kembali duduk di sofa untuk menenangkan pikiran sejenak. Lalu gue menoleh kepada Hanif dan memanggilnya.
Gue: Nif... Hanif membalikkan badannya, menghampiri gue lalu duduk di sebelah gue. Hanif: Kenapa Fal" Ih kok kamu kayak yang lemes gitu"
Iyalah gue lemes! Baru pertama kalinya gue diajak keluar sama cewek dan langsung ketemu sama orang tuanya!
Gue: Lo becanda kan kalo sekarang kita bakal makan bareng keluarga lo" Hanif: Aku beneran Naufaaaal, kenapa" Pasti grogi yaaa mau ketemu sama orang tua akuuu hahahaha.
Hanif tertawa sambil menutup mulutnya dengan tangan kanannya dan badannya agak sedikit condong ke belakang. Sementara gue masih berpikir keras tentang hal-hal yang akan terjadi selanjutnya, membuat rencana lengkap dari A-Z di otak gue bersama rencana cadangannya jika ada kejadian di luar rencana. Jari-jari tangan dan kaki gue mulai terasa dingin, pengen banget gue ngomong kalo tiba-tiba gue ga enak badan dan langsung pulang. Tapi bakalan ga kebayang juga kalo misalkan gue ga nemenin Hanif makan sama keluarganya, mungkin dia bakal puasa ngomong sama gue sebulan penuh. Antara pergi dan ketemu keluarga Hanif atau melihat Hanif puasa ngomong sebulan itu merupakan pilihan yang sangat sulit sekali...
Gue: Acaranya dimulai jam berapa"
Hanif: Abis maghrib, udah yuk cepet sekarang udah jam 5 lebih, bisa-bisa telat di jalan. Cepeeeet!!!
Hanif berdiri dan menarik pergelangan tangan kanan gue secara paksa, dan akhirnya sekarang kami berdua sudah dalam perjalanan menuju tempat yang dituju.
Semoga lutut gue ga lemes...
*** Gue sekarang sudah berada di depan sebuah bistro caf" yang terkenal akan hidangan steak nya, dan juga gue yakin harganya juga sangatlah selangit. Bistro ini menggunakan konsep outdoor sehingga para pelanggan dapat menikmati indahnya bintang di langit dan kerlapkerlip lampu yang berada di bawah kota.
Hanif: Ayo masuk, mamah sama ayah udah nunggu di dalem.
Hanif menggenggam tangan gue, deg! Jantung gue serasa berhenti sejenak lalu berdegup lebih cepat dari sebelumnya. Hanif selalu membuat gue seperti sedang menaiki roller coaster. Dia pandai dalam membuat gue naik darah dengan cepat karena sikapnya yang gila, dan dia juga pandai membuat lutut gue menjadi lemas seketika.
Hanif: Iiih ayo cepetaaan!
Genggaman tangan Hanif di tangan gue semakin erat sambil menarik-narik gue ke dalam. Lutut gue benar-benar susah untuk digerakkan seolah-olah gue menjadi lumpuh mendadak. Hanif: Hahaha kamu lucu Fal, tangan kamu tiba-tiba dingin gini. Aneh, hahahaha.
Hanif tertawa kecil sambil sesekali menggoda gue karena dia melihat gue yang grogi. Memang sudah tak dapat dipungkiri, saat ini gue sangat grogi. Degup jantung gue menjadi ga beraturan, kedua lutut gue lemas, dan sekarang tangan gue menjadi dingin. Hanif memang benar-benar sebuah roller coaster yang sangat memacu adrenalin.
Setelah kami berdua masuk ke dalam caf", Hanif celingukan mencari meja tempat keluarganya berada. Setelah menemukannya, Hanif melambaikan tangan ke arah keluarganya dan berjalan setengah berlari ke arah meja tersebut sambil menggenggam erat tangan kanan gue. Hanif: Kak Tamiiii!
Hanif melepaskan genggaman tangan gue dan kemudian memeluk seorang cewek, dari perkataanya gue mengasumsikan bahwa dialah kakaknya Hanif. Gue mengikuti Hanif dari belakang sambil mencoba menguatkan otot di kedua lutut gue.
Hanif: Oh iya, ini kenalin... Naufal.
Hanif menunjuk ke arah gue. Gue kemudian memperkenalkan diri gue dan menyalami mereka satu persatu. Ada bokap dan nyokapnya Hanif, kakak Hanif dan calon suaminya, serta ada om dan tante Hanif yang membawa seorang anak kecil.
Bokap Hanif: Oh ini yang namanya Naufal, Hanif sering nyeritain tentang kamu lho. Gue: E...mm, nyeritain tentang apa aja pak"
Bokap Hanif: Katanya kalo di kelas itu kerjaan kamu tiduuur terus. Benar itu" SKAK MAT!
Muka gue mungkin sekarang sudah pucat pasi, ternyata kebiasaan buruk gue sudah diketahui oleh orang tua Hanif.
Gue mengalihkan pandangan kepada Hanif, gue lihat dia hanya terkekeh sambil melihat gue.
Gue: I...iya pak, saya memang sering tidur di kelas.
Nyokap Hanif: Tapi ibu suka loh sama kamu, kata Hanif kamu juga sering pulang paling akhir buat ngerjain tugas di kelas. Ibu suka orang yang ga menunda-nunda pekerjaan. Gue: E...eh, hehe iya bu...
Gue menjadi sedikit lega saat mendengar perkataan nyokapnya Hanif. Setidaknya, perilaku baik dan buruk gue seimbang. Yaaa, walaupun gue masih kikuk dalam menjawab pertanyaan dari kedua orang tuanya.
Hanif: Jangan ditanya terus dong yah, mah, orangnya belom duduk tuh kasian. Bokap Hanif: Kamu duduk di sebelah Hanif aja sana, jangan gugup gitu Fal nanti gantengnya kamu kebanting sama cantiknya Hanif hahaha.
Kemudian seisi meja terkekeh, muka gue yang sudah pucat pasi sekarang digantikan oleh muka yang merah padam.
Tante Hanif: Oh iya, ngomong-ngomong kamu pacarnya Hanif ya Fal" Tadi tante liat kamu megang tangan Hanif terus.
Gue: Eh... Gue bingung harus jawab apa, gue melihat ke arah Hanif untuk meminta jawaban. Namun gue lihat Hanif hanya tersipu malu. Karena gue bingung harus jawab apa, yasudah gue jawab yang sejujurjujurnya.
Gue: Emmm, bukan kok tante. Saya cuma temennya Hanif. Kak Tami: Jangan malu-malu Fal. Hanif juga boleh pacaran kok, iya kan yah" Bokap Hanif: Kamu ini malu-malu segala, bapak juga ga melarang kamu untuk pacaran sama Hanif lho. Oh iya, kamu sama Hanif pesen makanan dulu sana. Bebas pilih yang mana saja.
Untung sekali bokapnya Hanif langsung mengganti topik pembicaraan, kemudian beliau memanggil pelayan dan memberi gue sebuah menu, lalu gue melihat-lihat isi menu tersebut. Gila meeen harganya kebanyakan diatas rata-rata banget! Uang jajan gue selama seminggu mungkin bakal langsung abis kalo gue bayar sendiri. Gue bingung harus milih menu makanan yang mana, akhirnya gue berbisik kepada Hanif.
Gue: Nif, lo pilih yang mana"
Hanif: Aku sih pilih yang ini, sama minumannya yang ini.
Hanif menunjuk ke arah steak sirloin dan kemudian menunjuk minuman pilihannya. Karena gue ga suka sirloin yang isinya kebanyakan lemak, akhirnya gue memesan steak tenderloin dan minumannya disamakan dengan Hanif.
Gue dan Hanif sudah memesan. Sambil menunggu pesanan datang, gue kembali diinterogasi oleh bokapnya.
Bokap Hanif: Ayahmu kerja dimana sekarang Fal"
Gue: Papah kerja di pabrik tekstil. Sekarang pusatnya ada di Jawa Timur, terus juga papah lagi ngembangin usahanya ke Kalimantan.
Bokapnya Hanif hanya menganggukkan kepalanya dan kemudian kembali bertanya.
Bokap Hanif: Kalo ibumu"
Gue: Mamah kerjanya sebagai ibu rumah tangga, tapi kadang-kadang juga bantuin usaha ayah di kantor kalo misalkan ayah lagi ga bisa.
Bokap Hanif: Terus sekarang kamu tinggal sama siapa" Gue: Saya tinggal sendiri disini pak.
Bokap Hanif: Ngekost"
Gue: Engga pak, saya tinggal di rumah sendiri. Bokap Hanif: Sendirian"
Gue: Bisa dibilang sendiri, bisa dibilang enggak. Soalnya setiap pagi sama sore ada asisten rumah tangga di rumah.
Bokap Hanif: Bagus, kamu sudah mulai belajar mandiri.
Dan bokapnya Hanif kembali menganggukkan kepala sambil tersenyum. Saat gue ditanya-tanya oleh bokapnya Hanif, Hanif memegang erat tangan gue seakan memberi kekuatan kepada gue agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh bokapnya dengan benar. Dan untungya, lutut gue sudah ga terasa lemas namun jantung gue masih berdegup kencang.
Makanan sekarang sudah terhidang di atas meja, dan sekarang kami semua sudah berkonsentrasi untuk makan dan sesekali mengobrol hal ringan yang penuh dengan candaan. Ga perlu waktu yang lama agar gue bisa bercengkrama dengan keluarga Hanif, mereka sangat terbuka dengan kehadiran gue yang notabenenya bukan siapa-siapa mereka. Dan tentunya rasa grogi itu sedikit demi sedikit kini mulai menghilang digantikan oleh rasa percaya diri yang mulai tumbuh. ***
Sekitar pukul 10 malam, acara makan keluarga sudah selesai. Gue diantarkan pulang oleh kak Tami beserta calon suaminya. Sebelum pulang, bokapnya Hanif berpesan kepada gue untuk menjaga Hanif. Sebenernya gue ingin menolak, gue masih belum pantas untuk menjaga anak orang. Tapi gue juga ga mau mengecewakan kepercayaan yang sudah diberi kepada gue. Dengan mantap gue mengangguk untuk menjaga Hanif.
Sekarang gue sudah berada di dalam perjalanan pulang. Gue duduk di kursi penumpang bersama Hanif sedangkan kak Tami di depan beserta calon suaminya yang mengendarai mobil. Di dalam mobil, Hanif menggenggam tangan kiri gue dan kemudian berbisik:
Makasih ya Fal, aku seneng banget malam ini bisa ditemenin sama kamu terus kamu ketemu sama keluarga aku. Hihihi...
Setelah Hanif berbisik, dia menyandarkan kepalanya di bahu gue sebelah kiri.
Lagi-lagi lo ngebuat lutut gue lemes, Nif.
Part 27 Pulang Kampung Jangan kelamaan brader, dia udah kebanyakan ngasih 'lampu ijo' sama lo. Kapan mau nembak" Kasian dia nungguin lo!
Nungguin apa lagi siiih"
Gila lo! Kalo gue jadi lo mungkin Hanif sekarang udah jadi pacar gue! Jangan nyesel loh ntar kalo dia diambil yang lain!
Itulah beberapa kalimat yang sering terlontar dari bibir Ojan dan Ojan selalu mendesak gue agar gue 'nembak' Hanif secepatnya. Tapi sampe saat ini, gue masih belum yakin dengan perasaan gue sendiri terhadap Hanif. Apakah ini memang benar-benar yang namanya cinta" Atau hanya cuma perasaan biasa saja" Entahlah, selama ini gue terbiasa hidup sendiri tanpa ada pasangan dan gue juga kembali berpikir apakah jika gue menyatakan perasaan gue kepadanya dan 'nembak' Hanif, apa gue bakal diterima" Kalo diterima ya syukur alhamdulillah. Kalo engga" Gue takut kalo entar hubungan gue dengan Hanif merenggang. Ya, itu yang membuat gue ragu-ragu untuk menyatakan perasaan gue kepada Hanif. Oke, mungkin sekarang gue belum siap untuk menyatakan perasaan gue secara gamblang kepada Hanif.
He will win who knows when to fight and when not to fight.
Gue menyadari bahwa sekarang bukan saatnya gue menyatakan perasaan gue kepada Hanif. Gue belum siap.
He will wins who prepared himself, waits to take the enemy unprepared. Dan sekarang, gue harus memantapkan dulu hati dan perasaan gue kepada Hanif. Once again, my brain wins over my heart...
*** Faaaal cepet pulang kesiniii nanti kita nonton! Aku belom pernah nonton sama kamu! -Gue baru nyampe kemaren masa udah mau pulang lagi" Entar gue balik minggu depan. Yaaaah jangan kelamaan doooong, bosen nih disini.
-Cuma seminggu, sabaaarrr... Yaudah ya, gue mau sarapan dulu. Assalamualaikum Oke, waalaikum salam. Inget, seminggu!
-Iyaaaa, bawel EEEH NGOMONG APA TADI"
-E..eh, engga ngomong apa-apa. Yaudah ya aku laper nih, daaah!
Klik! Telepon gue tutup secara sepihak. Sebenernya tadi gue ngomong 'bawel' dengan volume yang sangat pelan, pelan sekali, tetapi Hanif masih bisa mendengarnya, ckckck. Kemudian gue menyimpan hp di saku celana dan sekarang gue kembali fokus memakan roti bakar cokelat kesukaan gue. Baru satu hari gue berada di kampung halaman untuk menikmati masa liburan akhir semester selama seminggu kedepan disini. Melepas kangen dan melepas rindu akan rumah.
Nyokap : Kaaak sini makan dulu, sarapannya udah jadi nih keburu dingin. Gue: Iya maaam, bentar rotinya belom abis.
Nyokap gue memanggil untuk sarapan, gue kemudian bergegas menghabiskan roti bakar dan kemudian masuk ke dalam.
Gue: Waaah, sego sambel. Mamah yang bikin nih mam" Nyokap: Iya kak mamah yang bikin, makannya mau disuapin" Gue: Hahaha ya enggak lah mam, emang kakak masih kecil apa disuapin terus" Nyokap: Dulu-dulu juga kamu pas SMP masih sering mamah suapin kak hahaha.
Gue hanya tersenyum dan langsung menyantap sego sambel buatan nyokap gue yang ga ada tandingannya. Gue sampe nambah 2x dan sambelnya pun gue perbanyak, gue aduk-aduk sambal dengan nasinya agar tercampur rata dan kemudian gue melahapnya. Keringat mulai bercucuran dari kening gue, namun gue ga peduli dan gue menggilas habis sego sambel ini.
Beberapa saat setelah makan sego sambel, perut gue mulai kerasa mules. Sebenernya, sego sambel yang gue makan pedesnya ga seberapa, namun mungkin karena gue makannya yang kebanyakan membuat perut gue menjadi mules. Hampir setengah jam sekali gue ke kamar mandi untuk menuntaskan tugas yang tak tuntas-tuntas. Dan seharian itu gue habiskan dengan bolak-balik kamar mandi.
Sego Sambel: nikmat yang membawa siksa.
*** Liburan hari ke-5 Sur, gue di rumah nih. Sini ke rumah gue, ajak si Dimas kita maen nge-ps lagi sampe malem. -Ah ga ngomong-ngomong nih kalo udah pulang, oke bentar lagi gue kesana bareng si Dimas. Wokeh!
Gue mengajak Suryo dan Dimas ke rumah gue. Kangen rasanya 6 bulan ga ketemu sama mereka, gue penasaran apa si Suryo rambutnya masih keriting kribo apa udah direbonding terus si Dimas yang kulitnya udah pake bayclin apa belom. Gue yakin pasti ada perubahan diantara mereka berdua setelah ga ketemu selama 6 bulan kebelakang.
... : Kooo, Ekooo! Terdengar ada seseorang yang memanggil nama tengah gue dari depan rumah. Oh iya, gue dulu pas SMP dipanggil Eko oleh teman-teman gue karena ada 2 temen sekelas yang namanya sama dengan gue; Naufal. Karena kalo anak-anak manggil 'Naufal', 3 orang langsung menoleh. Akhirnya masing-masing dipanggil dengan nama tengah atau sebutan mereka sendiri.
Gue bergegas keluar rumah dan langsung membuka pagar. Suryo dan Dimas langsung nyengir ketika melihat gue, begitupun halnya dengan gue saat melihat mereka. Satu persatu gue menyalami mereka.
Dimas: Yo opo kabare" Suwe ora temu!
Gue membalas pertanyaan Dimas dengan jabatan tangan sambil tertawa lalu kemudian mengajak mereka masuk ke dalam rumah dan mereka berdua ngacir ke dalam kamar gue. Suryo langsung berjongkok di depan playstation gue sambil membenarkan kabel stik yang awut-awutan sementara Dimas mengambil gitar yang sudah berdebu di pojok kamar. Rasanya gue sedang bernostalgia ke beberapa tahun yang lalu, saat gue pertama kali membawa mereka ke rumah gue. Suryo pasti langsung nyamperin PS dan Dimas langsung genjreng-genjreng di atas kasur gue.
Gue: Dim, lo bersihan dikit sekarang udah ga dekil lagi. Wiiih makin klimis aja itu rambut. Suryo: Iyalah, lha wong uda punya pacar gitu si Dimas.
Si Dimas hanya tertawa sambil bermain gitar.
Dimas: Gimana disana" Lancar"
Gue: Alhamdulillah lancar, ko bisa sih lo dapet pacar Dim" Setau gue mana ada orang yang mau sama beruk item kurus kayak elo" Hahahaha.
Dimas: Jancuk koe! Gue dan Suryo tertawa, Dimas kemudian menyimpan gitar gue dan sejurus kemudian bantal-bantal di atas kasur kini sudah melayang di udara.
Dimas: Ko, udah dapet cewek disana" Gue hanya menghela nafas dan menggeleng.
Dimas: Mosok sih" Kata orang-orang kan disana banyak mojang priangan, ambil satu terus bawa sini. Gue pengen liat mukanya.
Gue: Yah Dim, ada sih yang gue suka. Cuma gue masih belom yakin doang.
Suryo yang sedang asik bermain PS di atas karpet kini mempause permainannya dan ikut mengobrol di atas kasur.
Suryo: Mana-mana liat fotonya" Gue: Ga punya fotonya.
Suryo: Ya minta laaah. Gue: Engga, ga berani gue minta fotonya. Drrt..drrt..
Gue langsung turun dari kasur dan mengambil hp yang tergeletak di samping PS. Gue tersenyum saat membaca pesan masuk yang dikirim oleh Hanif.
Inget, lusa pulang! Gue masih menatap layar handphone gue dan tanpa sadar Dimas dan Suryo sudah berada dibalik punggung gue, mengintip pada layar handphone gue. Lalu tiba-tiba Dimas mengambil handphone dari tangan gue dan menjauhi gue sementara badan gue dipegangi oleh Suryo saat gue mencoba mengejar Dimas. Gue lihat Dimas hanya tertawa-tawa sambil jarinya bermain diatas keypad handphone.
Gue: WOE JUANCUK! Dimas hanya tertawa terbahak-bahak lalu memberikan kembali hp gue dan Suryo melepaskan gue.
Gue: Ngapain aja lo"! Baca-baca inbox gue"!
Dimas: Ooooh namanya Hanif. Eh, liat aja outbox lo ada apaan.
Dimas kembali tertawa disusul dengan Suryo. Gue yakin mereka berdua sudah merencanakan sesuatu setelah melihat isi sms dari Hanif.
Buru-buru gue membuka kolom outbox di handphone gue. Dan seketika juga jari-jari tangan gue menjadi dingin dan lutut gue lemas setelah melihat isi sms yang diketik oleh Dimas untuk Hanif. 'Aku pulang dengan satu syarat, kamu mau kan jadi pacar aku"'
Gue harus gimana sekarang"!
Part 28 Ini Yang Namanya Galau"
Gue duduk di pinggiran kasur sambil memegang handphone dengan lemas, bengong, dan (masih) ditertawakan oleh dua orang kunyuk yang gila. Jantung gue berdegup dengan cepat sambil memikirkan beberapa hal di dalam otak gue.
Apa yang bakal Hanif jawab"
Apa gue bakal diterima"
Atau, Ditolak" Kalo misalkan gue ditolak, dia bakal jawab kayak gimana"
Bisa-bisa gue ga tidur semaleman buat mikir ginian doang, untuk pertama kalinya gue 'nembak' cewek dengan cara aneh seperti ini. Setahu gue, dulu pas SMP gue sering lihat ada cewek sama cowok saling lempar-lempar kertas di dalem kelas dan pada saat pulang sekolah mereka berdua pulang bareng sambil pegangan tangan. Gue mengasumsikan bahwa si cowok yang 'nembak' cewek lewat kertas yang dilempar-lempar lalu diterima oleh si cewek tersebut lalu mereka berdua pacaran. Simple like that" Hell no. Dan sekarang gue 'nembak' cewek lewat sms. Hal yang menurut gue sendiri tabu, berbeda dengan proses 'tembak menembak' lewat kertas yang dilempar seperti apa yang pernah gue lihat di kelas dulu. Apa gue bakal diterima ya"
Dimas: Hahaha udah lah Ko, tunggu jawabannya saja dari dia. Lo bakal diterima, gue jamin deh.
Suryo: Bener kata si Dimas, dia aja nembak ceweknya yang sekarang lewat hp kok. Dan buktinya aja dia udah pacaran 2 bulanan.
Dimas: Gausah dikasih tau juga Sur!
Dimas menoyor kepala Suryo. Namun jawaban mereka berdua belum dapat memuaskan pertanyaan-pertanyaan di otak gue.
Gue: Gue takut ditolak nih...
Dimas: Mending lo maen PS dulu yok sama gue daripada lo mikirin gituan terus. Suryo: Yongkru!
Suryo menimpali sambil mengacungkan jempol.
Gue: Hmmm, okelah. Dan ga lama kemudian gue dan mereka berdua sudah asyik bermain PS walaupun pandangan gue kadang-kadang berpaling dari depan tv ke arah handphone, berharap-harap cemas Hanif akan segera menjawab isi sms tersebut dengan jawaban 'Iya, aku mau jadi pacar kamu Fal'.
Hah, gue hanya berangan-angan...
*** Tidak terasa bahwa sekarang sudah pukul 9 malam, hampir 4 jam lebih gue bermain PS bersama mereka berdua, dan selama hampir 4 jam pula layar hp gue tetap hitam tanpa ada notifikasi apapun. Disini gue mulai cemas, gue takut kalo Hanif marah sama gue.
Gue: Dim, gue takut nih... Dimas: Takut kenapa"
Gue: Tuh hp gue daritadi masih diem aja ga bunyi-bunyi, gue takut dia marah sama gue... Dimas: Ah penakut amat jadi cowok, tenang aja Ko tenaaaang.
Gue kembali terdiam sambil memandang ke arah handphone.
Suryo: Dim, pulang yu. Ngantuk nih. Dimas: Ah masih jam segini udah pulang.
Suryo: Ngantuk Dim, kalo gue kuat mah sampe subuh juga gue masih maen PS. Dimas: Ah cemen lo, yaudah ayo. Ko, gue balik dulu ya.
Suryo: Iya Ko, gue ngantuk banget nih.
Gue: Et, tanggung jawab lo Dim malah maen balik aja. Ini nasib gue gimana"
Gue menahan mereka berdua yang sudah berada di depan pintu kamar sambil menggoyanggoyangkan hp di depan muka Dimas.
Dimas: Tunggu aja Ko, cewek butuh waktu buat ngejawabnya. Gue jamin, lo diterima.
Jawab Dimas mantap sambil memegang kedua pundak gue, sementara si Suryo udah nguap-nguap ga jelas.
Suryo: Cepet laaah ngantuk nih.
Dimas: Yaudah, kita balik dulu ya Ko. Sukses!
Dimas mengacungkan jempol kirinya sambil tersenyum pede lalu gue mengantarkan mereka berdua hingga ke depan pagar. Sesaat sebelum mereka berdua pulang, Dimas kembali meyakinkan gue bahwa gue akan diterima oleh Hanif sementara Suryo sudah merem melek di atas motor. Lalu mereka berdua berpamitan dan ga lama kemudian motor yang mereka berdua tumpangi sudah menghilang di ujung jalan.
Malam harinya gue ga bisa tidur. Gue khawatir sama Hanif karena semenjak gue (atau Dimas) ngirim sms kayak gitu, sampe sekarang dia belum ngebales sms dari gue. Biasanya kalo gue sms dia pasti langsung bales sekitar 2-5 menit kemudian. Tapi sekarang udah hampir 8 jam Hanif masih belum ngebales sms dari gue. Gue bangun dari kasur dan mengambil hp di atas PS, jari gue mulai mengetik sebuah sms untuk menanyakan kabar Hanif. Baru beberapa patah kata yang gue ketik, gue langsung menghapusnya dan mengurungkan niat untuk mengirim sms kepada Hanif.
Gue berdiri sambil melempar-lempar kecil hp gue di atas telapak tangan, berpikir keras untuk mengirim sms apa engga. Sosok, bukan, mereka berdua ga bisa dibilang sebuah 'sosok'. Entitas, kini entitas antara logika dan perasaan gue sedang beradu argumen, saling mengadu kekuatan dengan opininya masing-masing; logika berargumen 'jangan kirim' dan perasaan berargumen 'kirim'. Dan jawaban pemenangnya adalah: jangan kirim.
Gue kembali menyimpan hp di atas PS dan naik ke kasur sambil mencoba untuk tidur. Baru merem sebentar, mata gue langsung melek dan melihat ke arah hp. Begitu seterusnya hingga kantuk mulai menguasai tubuh gue.
*** Sore ini, gue sedang memasukkan barang-barang bawaan gue ke dalam mobil karena hari ini merupakan hari terkahir gue berada di kampung halaman. Sudah dua hari kami berdua tidak bertegur sapa lewat sms atau telepon dan sudah dua hari ini pula gue susah tidur, khawatir memikirkan tentang seorang cewek yang bisa membuat gue gila secara perlahan; Hanif. Emang sih beberapa hari kemaren kalo dia nge-sms gue, gue jarang dan hampir ga pernah ngebales sms dia. Tapi kok sekarang ga biasanya dia ga ngebales sms gue sampe 2 hari" Apa bener dia marah sama gue setelah dia dapet sms kayak gitu" Jadi, gini ya rasanya nunggu jawaban dari cewek. Tidur ga nyenyak, makan ga nafsu, khawatir iya, kangen iya...
Ah, pengen rasanya gue maki-maki si Dimas sekarang. Dan kalo ternyata gue ditolak terus Hanif ngejauhin gue, gue bakal santet tuh si beruk item. Liat aja lo Dim!
Bokap: Udah siap semua kak" Mau berangkat sekarang" Gue: Udah pap, yuk sekarang berangkat takut telat di stasiunnya. Gue menjawabnya dengan lesu.
Bokap: Kamu kenapa kak" Ko lemes gitu"
Gue: Iya pap, ngantuk nih semalem begadang main PS. Gue jawab asal-asalan.
Bokap: Makanya jangan kebanyakan main PS terus, udah nanti tidur aja di kereta. Yuk sekarang berangkat.
Gue diantarkan ke stasiun oleh bokap. Nyokap gue ga bisa ikut soalnya harus ngejenguk saudara yang masuk ke rumah sakit.
Beberapa bulan yang lalu, gue berada di mobil yang sama, menatap kosong ke arah jendela mobil dengan berjuta pertanyaan yang setia berputar di kepala, menanyakan kesiapan gue untuk hidup sendiri dan mandiri, jauh dari kampung halaman, jauh dari teman-teman, jauh dari rumah, jauh dari orang tua...
Dan sekarang, pertanyaan-pertanyaan itu kini sudah berubah, berubah menjadi pertanyaan yang lebih kompleks.
Apa yang bakal gue lakukan saat gue ketemu sama Hanif nanti" Apa yang bakal Hanif jawab"
Apa Hanif bakal nerima gue sebagai pacarnya" Apa Hanif bakal menolak gue"
Kalo misalkan gue ditolak, nanti gue harus gimana"
Tanpa sadar, jari-jari tangan dan kaki gue mulai menjadi dingin dan jantung gue berdegup tak beraturan. Gue masih khawatir dengan ini semua. Rasa khawatir gue terhadap Hanif lebih besar dari sebelumnya.
Gue mengambil hp dari saku celana dan mencari nama 'Hanif' di contact list. Jempol gue sudah siap menekan tombol call, sedikit demi sedikit gue dekatkan jempol gue dengan tombol call secara perlahan, jempol gue sekarang gemetaran. Dan klik! Tombol call sudah ditekan.
Gue: Ck, aaaarrrghhh! Bokap: Kenapa kak"
Gue: Oh, ini hp mati tadi lupa di cas. Bokap: Ooh...
Gue menjawab sekenanya dan langsung memencet tombol end call di handphone lalu memasukkan kembali ke kantong celana. Saat ini gue sedang merasakan apa yang namanya 'galau', bahasa keren yang dipakai oleh anak muda zaman sekarang untuk menggantikan kata 'khawatir'. Dan ya, rasanya ga enak.
Mobil kini sudah terpakir di tempat parkir stasiun. Gue menurunkan barang bawaan dari bagasi dibantu dengan bokap gue lalu berjalan berdampingan hingga ke depan pintu masuk stasiun.
Bokap: Hati-hati dijalan kak, kalo udah sampe langsung kabar-kabarin orang rumah. Gue: Iya pap.
Bokap: Uang masih ada toh" Gue: Masih ada pap.
Bokap: Yaudah, sana masuk ke dalem. Gue: Iya pap...
Gue salim kepada bokap dan memeluknya. Setelah gue berpelukan, gue langsung menenteng barang bawaan dan masuk ke dalam kereta. Dan ga beberapa lama, gue sudah kembali diatas kereta yang melaju dengan cepat.
Sekarang, gue akan pergi dari rumah.
Namun, Gue akan kembali pulang...
Gue akan kembali pulang kepada Hanif...
Gue akan kembali pulang kepada Hanif untuk mendapatkan sebuah jawaban... Apakah Hanif akan menjadi 'rumah' gue yang baru sebagai tempat gue untuk pulang"
Entahlah... Semoga... Part 29 Boys Talks Sinar mentari menyeruak masuk ke dalam kereta melalui celah-celah gorden yang tertutup. Gue mengerjap-ngerjapkan mata, membenarkan posisi duduk dan kemudian membuka sedikit gorden. Cahaya matahari yang sudah cerah langsung menyilaukan mata gue. Sesaat setelah mata gue sudah beradaptasi, gue langsung melihat hamparan gunung menjulang tinggi dibalik kaca yang sedikit berembun yang menjadi ciri khas jalur selatan pulau jawa saat memasuki bumi priangan. Badan gue sedikit gemeteran karena AC yang dingin ditambah dengan sejuknya udara pagi hari ini. Gue menaikkan resleting jaket hingga ke leher dan melirik ke arah jarum jam di tangan.
Pagi ini, pukul 06:10, gue kembali mengecek handphone yang tersimpan di saku celana. Ternyata nihil, masih tidak ada notifikasi sama sekali. Gue hanya menghela nafas, memasukkan hp ke saku celana dan kembali memejamkan mata sambil mengapit jari-jari tangan diantara ketiak.
... : Dek, dek, bangun dek... Gue terbangun saat ada seseorang yang menepuk pundak gue.
Gue: Eh, iya mas"

Cowok Manja Merantau Karya Karnaufal di http://cerita-silat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

... : Ini keretanya sudah sampe. Gue: Oh makasih ya mas.
Orang tersebut hanya tersenyum dan pergi meninggalkan kereta. Ternyata orang yang membangunkan gue adalah penumpang yang duduk di kursi sebelah gue. Gue melirik ke arah jam, kereta eksekutif yang gue tumpangi ternyata ngaret sekitar 20 menit dari jadwal yang tertera di tiket, sangat Indonesia sekali.
Gue masih duduk di dalam kereta sambil memperhatikan para porter yang setia menjajakan jasanya kepada para penumpang yang hendak turun dari kereta. Mungkin setelah 5 menit kereta berhenti dancleaning service mulai melaksanakan tugasnya, gue baru beranjak dari tempat duduk, mengambil koper dan bersiap-siap untuk turun. Sudah cukup lelah rasanya selama hampir 11 jam lebih duduk di atas kereta, memepuh jarak lebih dari 700km yang dimulai dari ujung sebelah timur pulau jawa hingga ke sebelah barat pulau jawa dengan perasaan tak menentu, perasaan ingin cepat bertemu dengannya, perasaan ingin cepat bertemu dengan Hanif...
*** Gue: Ini pak uangnya, makasih ya pak.
Gue memberikan uang kepada supir taksi yang sudah mengantar gue hingga ke depan rumah. Bener, rasanya seperti deja vu. Namun sekarang bedanya tidak ada lagi supir taksi yang menolak pemberian gue, gue tidak harus memencet bel dan menunggu seperti pertama kali datang kesini, dan tidak ada lagi bibi yang tergopoh-gopoh membukakan pagar karena gue sudah memiliki kunci rumah sendiri. Gue langsung masuk sambil menenteng barang bawaan kemudian menyimpannya di dalam kamar, lalu gue merebahkan diri di atas kasur.
Gue melipat tangan kanan di atas kening dan kemudian... bengong. ***
Siang harinya setelah gue selesai unpacking barang bawaan, gue langsung ngacir ke telepon rumah untuk mengabarkan Ojan bahwa gue sudah berada di rumah.
Gue: Halo, assalamualaikum. Ojan: Waalaikum salam, ini siapa ya" Gue: Ini gue, Naufal.
Ojan: Woh, udah balik brader" Kapan nyampenya" Gue: Tadi pagi, sini lah ke rumah gue. Sepi nih ga ada orang. Ojan: Yaudah, sekalian gue bawa film boleh yak" Gue: Iyalah sok, jangan lama-lama gue bosen disini nih. Tut...tut...tut...
Telfon ditutup sepihak dari ujung, gue menggoyangkan gagang telepon sebentar lalu kemudian menyimpannya kembali. Setelah menelpon Ojan, gue mengambil handphone di dalam kamar untuk kembali mengecek apakah ada kabar dari Hanif atau tidak. Dan seperti biasa, sama sekali tidak ada notifikasi apapun dari Hanif. Gue melempar handphone ke atas kasur lalu gue duduk di tepiannya, dan bengong (lagi).
Entah sudah berapa gue memandang dengan tatapan kosong ke arah lantai, lalu gue mendengar ada seseorang yang membunyikan bel rumah. Gue yakin itu Ojan, lalu gue buru-buru keluar rumah dan membukakan gerbang. Prediksi gue gak meleset, Ojan datang dengan membawa kresek berisi minuman dingin dan snacknya, tidak lupa dia membawa tas kecil yang gue asumsikan berisi film yang akan ditontonnya.
Ojan: Oleh-oleh" Ojan langsung menjulurkan telapak tangan, meminta oleh-oleh dari gue.
Gue: Beli sendiri sono. Gue menoyor kepala Ojan sambil mengambil jajanan yang dibawa olehnya. Ojan: Giliran gue bawa makanan, tangan lo cepet banget ngambilnya.
Jaka Lola 5 Kisah Kisah Beedle Si Juru Cerita The Tales Of Beedle The Bard Karya Jk Rowling Misteri Di Teater Kecil 2
^